Saturday, January 7, 2012

[sehat] Digest Number 16873

Messages In This Digest (25 Messages)

Messages

1.

OOT; tanya klink Yasmin di RSCM

Posted by: "Regia D" regia_d@telkomsel.blackberry.com   reggie_zain

Fri Jan 6, 2012 6:53 pm (PST)



Dear Smart parents,

Maaf pagi2 OOT :-)
Mau tanya, apa ada yg punya pengalaman ikutan program kehamilan/ inseminasi di klinik Yasmin RSCM?
Soalnya sahabat saya sdh menikah hampir 7thn dan blum punya momongan.

Mohon sharingnya: keberhasilan dan biayanya gimana ya?
Dia udah dtg kesana sekali, buat konsul, lalu tanya2 sm susternya kl buat inseminasi kabarnya biaya sekitar 6-7jtn, tp blum termasuk lain2.

Boleh japri aja biar gak ganggu lalu lintas milis.

Thanks a lot, and have a nice weekend.

Best regards,
Regia

Best regards,
Régiä
2a.

Re: Hasil Tes Urine Albumin dan Glukosa Tinggi

Posted by: "Dina Kurniasari" danishapramesvari@gmail.com   adin_zahra

Fri Jan 6, 2012 7:08 pm (PST)



Pagi dok....

Selama ini tdk ada keluhan, tes lab dilakukan dlm rangka pengajuan asuransi...

Karena hasilnya seperti ini, jdnya di tolak...huhuhuhu....

Suami ga ada riwayat DM sebelum maupun skrg.Org tua kandung juga tidak DM. Tidak merokok (sudah 7 thn ini). Tdk ada keluhan berkemih.Obesitas dikit dgn tinggi 175 cm BB 88/89 kg.Pas sy tanya, apakah ada masalah berkemih selama ini katanya ngga, warna urine juga kebanyakan bening jernih, ga pernah melihat ada darah di urin. Pernah sakit pinggang, tapi jarang.
Oh ya, suami jg sudah sangat mengurangi konsumsi gula. Minum jus/teh tanpa gula. Kbanyakan minum air putih.

Makanya heran sekali dgn hasil tes lab ini. Oh iya, suami jg rutin minum air rebusan daun salam.

Saya curiga, air rebusan daun salam yg bikin tes labnya jd aneh.Next step sy akan coba ulangi tes lab nya, dengan ngga minum rebusan daun salam sama sekali.


Any other suggestion dok?


Terima kasih banyak atas tanggapannya


Dina Kurniasari_emake Danisha & Lintang
@Dinadanishali
3a.

Re: Q: Phymosis ato isk yah

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Fri Jan 6, 2012 7:15 pm (PST)



Hi Bu Feby,

http://majalahkesehatan.com/apakah-fimosis/
Fimosis adalah penyempitan atau perlengketan kulup penis sehingga kepala
penis tidak bisa terbuka sepenuhnya. Dalam kebanyakan kasus, fimosis adalah
bawaan lahir. Pada kasus yang lebih jarang, fimosis terjadi karena kulup
kehilangan kemampuan peregangan, misalnya karena peradangan atau luka
akibat pembukaan paksa kepala penis. Pembentukan jaringan parut dari bekas
luka itu mencegah peregangan kulup.

Untuk bayi seperti anak saya, kulupnya baru terbuka sempurna ketika usia
3.5 tahun, yang tahu sudah terbuka malah dia sendiri, karena dijadikan
mainan sama dia. :)
Jadi untuk anak kecil, khususnya bayi phimosis merupakan hal yang normal.
Untuk anak Mom, jika kulupnya bisa terbuka dengan baik, maka bukan fimosis.

Mungkiin iritasi?
Saya pernah ditanyakan teman, yang paling ditakutki burung apa?
Jawabannya: zip :)
Bisa jadi penis anak terjepit zip dari celana (dugaan aja).

Coba dibuka kulupnya dan periksa penisnya.

Mengenai pengambilan sampel urin untuk tes ISK, yang paling sering terjadi
adalah kontaminasi bakteri di sekitar kulit, sehingga hasilnya jadi
positif, padahal negatif. Namun jika yang tadinya positif jadi negatif
hanya karena pengambilan sampel, berarti bakterinya mati di tengah jalan.
Saya rasa hal ini kemungkinannya kecil.

Sekedar sharing.
cmiiw.

Salam,

[Non-text portions of this message have been removed]

3b.

Re: Q: Phymosis ato isk yah

Posted by: "feby eboy" fetriplef@gmail.com

Fri Jan 6, 2012 8:02 pm (PST)



Dear pak Sativa,

Thanks buat responnya. Fathan pernah kena si zip :-P, Sejak itu dia juarang
banget pake yg ada resleting, kecuali celana skolah.. Coba nanti saya
periksa lagi penisnya. Tapi saya perlu cek urin lagi gak yah buat pastiin
Isk ?

Thanks
Feby

[Non-text portions of this message have been removed]

3c.

Re: Q: Phymosis ato isk yah

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Fri Jan 6, 2012 8:07 pm (PST)



>>Fathan pernah kena si zip :-P,
Jadi ini salah satu kerugiannya ya kalau jadi cowok? :)

Rileks, bisa aja iritasi. :)

Kalau kejadiannya pada anak saya, nggak akan saya cek ISK.
Saya akan amati lagi perkembangannya, tar baru lihat lagi.

Semoga ngapapa.

Salam,

[Non-text portions of this message have been removed]

3d.

Re: Q: Phymosis ato isk yah

Posted by: "Agus F Surya" afsurya92@yahoo.com

Fri Jan 6, 2012 9:50 pm (PST)



Emang knp kalau disunat? Gak pa pa kan? Anakku gak fimosis, tp kusunat :) drpd tunggu bsar makin susah



Best Regards,
Agus F Surya

-----Original Message-----
From: feby eboy <fetriplef@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Sat, 7 Jan 2012 09:51:40
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] Q: Phymosis ato isk yah

Dear all,

Lagi butuh advice sm sakitnya fathan 5 yo, dia sudah seminggu ini suka
ngeluh kalo "maaf" penisnya sakit kalo dipegang. Waktu saya tanya bagian
mana yg sakit, dia nunjuk kulupnya. Waktu saya tanya sakit ato gak waktu
bak, dia bilang tidak. Nanya ke saudara saya yg dokter, malah disuruh
sunat,..
Apa mungkin phymosis yah? Tapi ujungnya gak merah dan gak sakit waktu bak,
kira2 perlu tes urin gak yah buat negakin isk,
oh yah kira2 6 bulan yg lalu fathan juga prn kena isk tapi anehnya waktu sy
tes urin kultur bt tau bakteri apa, malah hasilnya gak ada bakterinya. Krn
itu fathan cuma ngabisin ab yg pertama kali dikasih stlah urin rutin. Apa
mungkin kmaren cara ambil urin salah yg buat hasilnya ngaco, jadi fathan
kena Isk lagi yahh..

Thanks before
Feby


[Non-text portions of this message have been removed]



[Non-text portions of this message have been removed]

3e.

Re: Q: Phymosis ato isk yah

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Fri Jan 6, 2012 10:26 pm (PST)



>>Emang knp kalau disunat? Gak pa pa kan?

Hi Pak Kiai. :)
Benar Pak.
Mungkin ada kesalahpahaman lagi nih.

Yang saya tanyakan bukan perlu disunat atau nggak,
tapi apakah ada hubungan antara sunat dengan ISK?
Jadi apakah anak yang disunat tingkat kejadian ISK-nya akan lebih rendah
dibandingkan yang nggak disunat. Just curious aja Pak Agus, dari sudut
medis, bukan agama. :)

Salam,

[Non-text portions of this message have been removed]

3f.

Re: Q: Phymosis ato isk yah

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Fri Jan 6, 2012 10:38 pm (PST)



Pak Sativa :
Jadi apakah anak yang disunat tingkat kejadian ISK-nya akan lebih rendah
dibandingkan yang nggak disunat

Monik :
What increases my child's risk for a urinary tract infection?
Blockages: A blockage may not allow your child's urine to flow freely, trapping germs in the urinary tract. Causes of a blockage include tissue growths or narrowed areas in your child's urinary tract. Stones that form in your child's kidney (kidney stones) also may cause a blockage in his urinary tract.

No circumcision: Baby boys have a higher UTI risk in the first six months of life if they are not circumcised. Circumcision is a procedure that removes the foreskin from the tip of a baby boy's penis. Talk to your child's caregiver for more information about circumcision.

http://www.drugs.com/cg/urinary-tract-infection-in-children.html

F.B.Monika

3g.

Re: Q: Phymosis ato isk yah

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Fri Jan 6, 2012 10:43 pm (PST)



On 1/7/2012 1:26 PM, Sativa Huang wrote:
> Yang saya tanyakan bukan perlu disunat atau nggak,
> tapi apakah ada hubungan antara sunat dengan ISK?
> Jadi apakah anak yang disunat tingkat kejadian ISK-nya akan lebih rendah
> dibandingkan yang nggak disunat.
==> tadi pak agus pamit mau bak ke belakang, saya mewakili pak agus :)
sok atuh a'a :
http://aappolicy.aappublications.org/cgi/content/full/pediatrics;103/3/686

saya quote sedikiiiiiiit aja:

"There have been several studies published in the medical literature
over the past 15 years that address the association between^
circumcision status and UTI.^62-68
<http://aappolicy.aappublications.org/cgi/content/full/pediatrics;103/3/686#B62>
^ Because the majority of UTI in males occur during the first year^ of
life, almost all the studies that examine the relationship^ between UTI
and circumcision status focus on this period. All^ studies have shown an
increased risk of UTI in uncircumcised males,^ with the greatest risk in
infants younger than 1 year of age."
--------

saya quote juga sedikiiiiit rekomendasi aap :

" Analgesia is safe and effective in reducing the procedural^ pain
associated with circumcision; therefore, if a decision for^ circumcision
is made, procedural analgesia should be provided.^ If circumcision is
performed in the newborn period, it should^ only be done on infants who
are stable and healthy."

-------------------

*Statement of reaffirmation:*

*AAP Publications Retired and Reaffirmed*
American Academy of Pediatrics
Pediatrics 2005 116: 796. [Extract]
<http://pediatrics.aappublications.org/cgi/content/extract/pediatrics;116/3/796>
[Full Text]
<http://pediatrics.aappublications.org/cgi/content/full/pediatrics;116/3/796>
[PDF]
<http://pediatrics.aappublications.org/cgi/reprint/pediatrics;116/3/796>

salamku
ghz

--
"Knowing is not enough, We must apply. Willing is not enough, We must
do."--Goethe

[Non-text portions of this message have been removed]

3h.

Re: Q: Phymosis ato isk yah

Posted by: "feby eboy" fetriplef@gmail.com

Fri Jan 6, 2012 11:27 pm (PST)



Mas Agus,
Bukannya gak mo di sunat tapi anaknya blom siap. Insya Allah secepatnya di
sunat.. Lagi sounding dulu ke bocah :-)

Feby
On Jan 7, 2012 12:50 PM, "Agus F Surya" <afsurya92@yahoo.com> wrote:

> **
>
>
> Emang knp kalau disunat? Gak pa pa kan? Anakku gak fimosis, tp kusunat :)
> drpd tunggu bsar makin susah
>
>
>
> Best Regards,
> Agus F Surya
>
> -----Original Message-----
> From: feby eboy <fetriplef@gmail.com>
> Sender: sehat@yahoogroups.com
> Date: Sat, 7 Jan 2012 09:51:40
> To: <sehat@yahoogroups.com>
> Reply-To: sehat@yahoogroups.com
> Subject: [sehat] Q: Phymosis ato isk yah
>
> Dear all,
>
> Lagi butuh advice sm sakitnya fathan 5 yo, dia sudah seminggu ini suka
> ngeluh kalo "maaf" penisnya sakit kalo dipegang. Waktu saya tanya bagian
> mana yg sakit, dia nunjuk kulupnya. Waktu saya tanya sakit ato gak waktu
> bak, dia bilang tidak. Nanya ke saudara saya yg dokter, malah disuruh
> sunat,..
> Apa mungkin phymosis yah? Tapi ujungnya gak merah dan gak sakit waktu bak,
> kira2 perlu tes urin gak yah buat negakin isk,
> oh yah kira2 6 bulan yg lalu fathan juga prn kena isk tapi anehnya waktu
> sy
> tes urin kultur bt tau bakteri apa, malah hasilnya gak ada bakterinya. Krn
> itu fathan cuma ngabisin ab yg pertama kali dikasih stlah urin rutin. Apa
> mungkin kmaren cara ambil urin salah yg buat hasilnya ngaco, jadi fathan
> kena Isk lagi yahh..
>
> Thanks before
> Feby
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

3i.

Re: Q: Phymosis ato isk yah

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Sat Jan 7, 2012 12:13 am (PST)



Thanks Bu Monik.
Orang lain balas pantun, kita balas link aja ya. :)

A statement of reaffirmation for this policy was published on September 1, 2005.
POLICY STATEMENT
PEDIATRICS Vol. 103 No. 3 March 1999, pp. 686-693
AMERICAN ACADEMY OF PEDIATRICS:
Circumcision Policy Statement
http://aappolicy.aappublications.org/cgi/content/abstract/pediatrics;103/3/686

Task Force on Circumcision

Existing scientific evidence demonstrates potential medical benefits
of newborn male circumcision; however, these data are not sufficient
to recommend routine neonatal circumcision. In circumstances in which
there are potential benefits and risks, yet the procedure is not
essential to the child's current well-being, parents should determine
what is in the best interest of the child. To make an informed choice,
parents of all male infants should be given accurate and unbiased
information and be provided the opportunity to discuss this decision.
If a decision for circumcision is made, procedural analgesia should be
provided.

Salam,

4a.

Re: Kasus teman : Bayi lelaki 3 bulan didiagnosa infeksi saluran ken

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Fri Jan 6, 2012 7:20 pm (PST)



Dear all,
Ikutan ya... :)

Just curious,
Untuk ISK, apakah kebanyakan kasus penyebab isk adalah kuman yang ada
di dalam kulup? Seberapa besar penurunan risiko isk jika anak sudah
disunat, dibandingkan dengan yang tidak disunat?

Trims.

Salam,

5a.

Re: Jatuh tengkurap dan fraktur iga

Posted by: "Pamelia Yulianto" hidupsehat.pam@gmail.com   pamelia_yulianto

Fri Jan 6, 2012 7:47 pm (PST)



Mb, udah baca ttg hairline fracture belon? Baca dulu aja jd tau apa yg hrs dikhawatirkan

- p a m e l i a -
"No Labelling, Stop Judging, Start Supporting"

Powered by my children's existance

6a.

Re: Merah-merah setelah demam hilang-Please advice

Posted by: "Vanda idelia" vandaidelia@yahoo.com   vandaidelia

Fri Jan 6, 2012 8:09 pm (PST)





Dear All,
Iya makasih ya atas sarannya..Aku juga menghindri obat2an ke dokter cuma mau mastiin ini gpp (maklum tipe panik kdg)dan aku mentingin asupAN aja untuk bagusin pertahanan dari dalem.thx ya utk link ttg roseola.Emang sih aku pernah diingetin utk ga maksa makan anak tapi aku cuma ga mau dia laper n BB turun lagi.FYI,dia lg terapi Ferriz dan sempet ISK jd BB dia ga sesuai chart.Naikinnya suseh bener..
Sekali lagi makasih banyak :) HV a nice wiken

7a.

Re: Re : Merah-merah setelah demam hilang-Please advice

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Fri Jan 6, 2012 8:21 pm (PST)



Dear Moms,
Ikutan lagi ya... :)

Setuju Moms.
Kemungkinan besar roseola.
Untuk anak saya, 2 hari setelah demam turun, masih rewel.
Amati ketat lagi aja Mom, tidak perlu ke dokter jika masih oke.

Salam,

[Non-text portions of this message have been removed]

8a.

KELAS PERSIAPAN KELAHIRAN dan MENYUSUI, Bandung 4-5 Feb 2012.

Posted by: "klasibdg@yahoo.com" klasibdg@yahoo.com   klasibdg

Fri Jan 6, 2012 8:25 pm (PST)



Dear Smart Parents,

Sadarkah kita bahwa ASI, TataLaksana Kehamilan & Kelahiran dan juga Penangananan Bayi Baru Lahir ternyata sangat berkaitan? Alangkah baiknya jika kesadaran itu kita munculkan sekarang, sebelum tugas sebagai orangtua kita jalani.

Yuk, maksimalkan setiap usaha dalam memberikan yang terbaik dan juga benar sesuai tata laksana kepada buah hati kita.

Klub Peduli ASI YOP hadir untuk memfasilitasi orangtua menjalani salah satu perannya dengan menyediakan informasi seputar persiapan kelahiran dan menyusui serta media support group orangtua peduli ASI.

KELAS PERSIAPAN KELAHIRAN & MENYUSUI BANDUNG

Pelaksanaan :

Hari : Sabtu dan Minggu, 4 dan 5 Feb 2012
Waktu : Pukul 09:00 â€" 13:30 WIB
Tempat : ‎​‎​Resto Bali Seafood
Jln. Wastukencana No. 55-57 Bandung
Tlp 022-4213729

Materi di dalam Kelas Persiapan Kelahiran & Menyusui ini adalah semua hal yang penting diketahui setiap orangtua/calon orangtua, atau siapapun yang berhubungan erat dengan pengasuhan anak. 

Kelas ini dibagi menjadi 2 Sesi.
Sesi I: ASI dan Seputar Kehamilan (4 Feb 2012)
- Inisiasi Menyusu Dini (IMD)
- Keuntungan ASI
- Posisi Menyusui (latch-on)
- Prinsip dasar
- Persiapan menjelang kelahiran
- Hamil ≠ sakit, suplemen, makanan, mitos-mitos
- Indikasi caesar
- Perawatanbayi baru lahir
- Kegawatdaruratan pada kehamilan 

Sesi II: Masalah-masalah Menyusui dan Pasca Kehamilan (5 Feb 2012)
- Memerah ASI
- ASI Perah dan Penyimpanannya
- Mastitis, Inverted Nipple , Cracked Nipple
- Nursing Strike
- Self Weaning
- Hal-hal penting dalam check-up bayi sampai dengan 6 bulan.
- Kecukupan ASI dari segi nutrisi, terutama ASI perah
- Mengenali dan mencegah gagal tumbuh pada neonatus
- Jaundice
- Cara memantau pertumbuhan dengan kurva pertumbuhan
- Cara memantau perkembangan dan milestones
- Prinsip Rational Use of Medicines (RUM) 

Materi akan disampaikan oleh dokter dan TIM KLASI YOP disertai dengan praktek, pemutaran video dan diskusi grup.

Melalui kelas ASI ini diharapkan peserta akan memperoleh pengetahuan yang komprehensif mengenai persiapan kelahiran dan menyusui sekaligus mendapatkan kelompok support yang bisa saling mendukung dan berbagi.

Biaya Rp 130.000,- per orang, atau Rp. 230.000 untuk pasangan. Biaya ini sudah termasuk handout materi, CD materi, snack dan makan siang. Bagi yang berminat menjadi peserta, silakan mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran di bawah ini kirim ke :
klasibdg (at) yahoo.com
dengan Subject: “Kelas Persiapan Kelahiran & Menyusui”.

Untuk informasi lebih lanjut dapat hubungi : Intan (081802084200)

http://klasibandung.com/kelas-persiapan-kelahiran-menyusui-bandung-4-5-februari-2012

Tempat Terbatas!
Salam SEHAT, Tim KLASI YOP (Bandung) Proudly Supports Breastfeeding

FORMULIR PENDAFTARAN KELAS PERSIAPAN KELAHIRAN &MENYUSUI 4-5 Februari 2012

Nama Lengkap 1 :_____ (diisi oleh peserta perorangan)

Nama Lengkap 2 :_____ (diisi apabila mengajak pasangan)

Alamat :_____

Telepon/HP :_____

Email aktif :_____ (untuk mengingatkan peserta)

Jumlah anak:_____

Usia anak:_____ bulan/tahun

Due Date (tanggal perkiraan kelahiran): ____ (jika sedang hamil)

Ibu bekerja di luar rumah:_____ (ya/tidak)

Apakah sudah pernah mengetahui ilmu tentang laktasi / menyusui?_____ (ya/tidak)

Jika ya, dari mana sumbernya?_____ (buku/milis/tenaga kesehatan/lainnya …)

Apakah sudah pernah menyusui?_____ (ya/tidak)

Jika ya, apakah berhasil melakukan ASI eksklusif?_____

Permasalahan yang sedang atau pernah dihadapi dalam proses menyusui:_____

Apa yang diharapkan dari kelas Persiapan Kelahiran dan Menyusui yang akan diikuti?_____

Salam SEHAT,

Tim KLASI YOP (Bandung) Proudly Supports Breastfeeding

klasibdg (at) yahoo.com

http://klasibandung.com/kelas-persiapan-kelahiran-menyusui-bandung-4-5-februari-2012
9.

dr kandungan recommended di RSCM

Posted by: "Rahma Dewi" r4hmadewi@yahoo.com   r4hmadewi

Fri Jan 6, 2012 8:40 pm (PST)



Dear, Docs, Sps, members

Maaf saya mau tanya, singkat saja, teman saya didiagnosa oleh dr ada kista di rahim. Sudah berobat dengan suntik dan konsul juga ke Siloam, kata dr di sana untuk suntik itu tidak bisa untuk menghilangkan hanya mencegah agar tidak menyebar si bibit kistanya salah satu tindakan yg bisa diambil adalah operasi. Rencananya tmn saya ingin ke RSCM, dokter kandungan yg bisa diajak diskusi dan rekomen siapa ya?

Trims....ya

[Non-text portions of this message have been removed]

10a.

Re: ( Sehat ) Pengencer dahak (maaf)  untuk ibu hamil 8 bulan

Posted by: "ela.batubara@gmail.com" ela.batubara@gmail.com

Fri Jan 6, 2012 9:07 pm (PST)



Iya nih, kayak banyak lendir jd batuk2 saya berusaha keluarin lendirnya dan produksi air liur yg bertambah banget, akibatnya makan saya jg jd ga nafsu. Setiap batuk2, perut rasanya kram dan kenceng.

Kirain ada ya, spy ngencerin dahak dan aman u bumil :(

Tq,
Ela

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
11a.

Re: (Tanya) Korelasi Jemur bayi dan Pilek

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Fri Jan 6, 2012 9:57 pm (PST)



>>jam 11 an kali...kata opanya : " ini penelitian terbaru, justru hrs djemurnya 10-14 (kalo ga salah), yg pagi justru menyebabkan cancer, penelitian ini bahkan byk dokter yg tdk tau

Sinar pagi aja nggak dianjurin, apalagi siang sinar?
Penelitian terbaru?!?!?! TingTongTingTong :)

>>kalo yg jaundice ada beberapa bidan bilg, kalo ga ada matahari, pake lampu aja. Bener ga sih?kata kakak ipar sih, pake lampunya yg kuning, lbh manjur katanya.

Dear SPs,
Setahu saya yang diperlukan untuk menghancurkan bilirubin sinar u.v.
Saya pernah baca, menurut penelitian terbaru juga :), jika selama 1
tahun, sehari 8 jam kita disinari lampu neon yang biasa kita gunakan,
maka tingkat radiasinya setara dengan 10 menit-nya sinar matahari.
Jadi kacian anaknya, disinari terus tapi nggak ada gunanya, tar malah
nggak bisa bedain siang dan malam.

Disamping itu, penggunaan lampu untuk fototerapi harus dengan
pengawasan tenaga kesehatan, nggak bisa sembarangan.

Salam,

12a.

Demam hari ketiga - need advice

Posted by: "Rio" asiatic.r10@gmail.com   rio_gent

Fri Jan 6, 2012 10:00 pm (PST)



Dear para dokter dan anggota milis sehat,

Saya mau minta advice. Anak saya, Matteo, usia 4.5 tahun sejak kamis,5 jan lalu jam 8 pagi mulai demam, home treatment dgn banyak minum dan kompres air hangat. Jam 3 sore suhunya 39 derajat, kami berikan parasetamol, demamnya turun, tapi mulai demam lagi sejak jam 8 malam, sekitar jam 9, suhu 39 derajat lagi jadi kami berikan parasetamol lagi. Sejak saat itu demamnya turun sedikit saja tapi segera naik kembali. Home treatment tetap dilakukan dengan minum air banyak, kompress air hangat, Vitamin, dan makan. Sempat 2 kali mimisan saat kemarin malam dan pagi ini ketika di dokter. Tapi anaknya masih mau makan.

Karena parasetamol tidak mempan lagi maka pagi ini kami memutuskan ke dsa.
Diagnosa: Tarsitis akut dan Rhinitis alergi
Dsa-nya bilang amandelnya merah dan bengkak sekali (setahu saya kalo demam memang amandel membengkak ya?)
Obat yang diberikan:
- Breathy drops
- Proris forte sirup (karena menurut dsa-nya, parasetamol sdh tidak mempan lg)
- Puyer sirup yg berisi (Rhinos junior syrup, Triamcort 4mg tablet, Heptasan tab, Interhistin tablet, Nonflamin caps)
- Clabat forte dry syrup 60ml (antibiotik yg diminum kalo setelah diberi proris dan puyer sirupnya sampai jam 9 malam masih demam)

Mohon pendapatnya mengenai sakit anak saya dan obat yang diberikan oleh dokter karena dari seminar pesat dan baca di milis dan web sehat, sepertinya agak ragu memberikan puyer syrup dan antibiotik yang diresepkan oleh dsa-nya.

Thanks in advance.
Rio

Sent from my iPad
12b.

Re: Demam hari ketiga - need advice

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Fri Jan 6, 2012 10:58 pm (PST)



On 1/7/2012 1:00 PM, Rio wrote:
> Diagnosa: Tarsitis akut dan Rhinitis alergi
> Dsa-nya bilang amandelnya merah dan bengkak sekali (setahu saya kalo demam memang amandel membengkak ya?)
> Obat yang diberikan:
> - Breathy drops
> - Proris forte sirup (karena menurut dsa-nya, parasetamol sdh tidak mempan lg)
> - Puyer sirup yg berisi (Rhinos junior syrup, Triamcort 4mg tablet, Heptasan tab, Interhistin tablet, Nonflamin caps)
> - Clabat forte dry syrup 60ml (antibiotik yg diminum kalo setelah diberi proris dan puyer sirupnya sampai jam 9 malam masih demam)
>
=> coba urun rembug dikit yah pak
mohon maaf diagnosisnya kok double yah?
sepengetahuanku kalau alergi seperti RA/rhinitis alergi ini ndak ada demam.
saya kurang tahu perihal tarsitis ini......apa yg dimaksud sinusitis/
inflamasi pada tarsal?

coba bapak masuk web sehat dan searching tonsilitis atau sore throat?

untuk obat2annya setuju dengan bapak...cukup paracetamol saja.
dan berikian sesuai petunjuknya?

kira2 itu dulu yah pak
mohon maaf kl kurang membantu

semoga lekas baikan

cmiiw

salamku
ghz

--
"Knowing is not enough, We must apply. Willing is not enough, We must
do."--Goethe

13a.

Jika termometer pecah...

Posted by: "g4br_lla@yahoo.com" g4br_lla@yahoo.com   g4br_lla

Fri Jan 6, 2012 10:36 pm (PST)



Dear sp's...
Nitip pertanyaan dari teman:
‎​Termometer pecah. Air raksanya keluar. Apa yg harus dilakukan kalo kena kulit ya? Kok susah bersihin air raksanya dr lantai y?. Trus kalo kena zat lain bisa ada reaksi kimia?

Mohon sharingnya...

Thanks
Dessy
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
13b.

Re: Jika termometer pecah...

Posted by: "Regia D" regia_d@telkomsel.blackberry.com   reggie_zain

Fri Jan 6, 2012 10:42 pm (PST)



Dear mbak Dessy,

Saya copas dari e-how:
http://www.ehow.com/m/how-does_4869267_cleaning-up-broken-thermometer.html

Cleaning Up a Broken Thermometer

By Tammy Quinn Mckillip, an eHow Contributing Writer

Clear the Room

Remove children and pets from the room if you break a mercury-filled thermometer. Mercury is extremely toxic and can cause damage to the brain, kidneys and lungs. Exposure to mercury can cause vision impairment, lack of coordination, and hearing and speech problems, as well as central nervous system damage. Close all doors to the room to prevent mercury from escaping into other parts of your home. Open the windows and turn off the heating or air conditioning to prevent air in the contaminated room from traveling into other parts of the house.

Prepare Yourself

Remove any metal jewelry so that the mercury does not bind with your silver, copper or gold. Change into clothing that you don't mind tossing after the cleanup. Put plastic bags over your shoes and rubber gloves on your hands. Put the clothes you were wearing into an airtight bag outside the door of the room where you have the mercury spill.

Use the Right Cleaning Tools

If the thermometer broke on a hard surface, scrape the mercury bead or beads onto an index card, using another card to push it. If the bead breaks into more parts, use a piece of tape to capture as many beads as possible, or use an eye dropper to suck the beads up. You may need to shine a flashlight on the surface to see all of the tiny beads of mercury. Do not use a vacuum cleaner, towel or broom to clean a mercury spill. This will only break the beads into smaller parts, making it more difficult to clean. Do not use common household cleaning agents, as they may react with the mercury and create a toxic vapor. Once you feel confident that you have removed all of the beads, sprinkle zinc or sulfur-based powder onto the surface. (You can purchase these powders at your local hardware store.) Any remaining mercury will bind with the powder. Use a spray bottle to moisten the powder, then use index cards to pick up the mess. Put any mercury or powder into a resealable plastic bag, and dispose of it into a larger trash bag.

Dispose of the Waste

When you have cleaned the mercury spill, dispose of the mess, including any clothing, gloves and plastic boot covers, into a plastic garbage bag. Seal it tightly. Carefully remove the bag from your home, and contact your municipality to find out where you should drop the hazardous waste. Do not throw mercury out with your normal garbage, as it will end up in a landfill and pollute the groundwater. If your spill occurred on a carpeted surface, you will need to cut around the spill, and carefully remove and dispose of the carpeting in a tightly closed plastic bag. If the spill occurred in a sink, you will need to drain the pipes into a bucket, remove the mercury from the bucket with a medicine dropper, double bag it into a resealable plastic bag, and dispose of it, along with the rest of your cleaning material and cleanup clothing, in a large, tied plastic bag. Do not leave mercury in a sink trap, as it will contaminate the air and water for years. Hang the clothing you were wearing when the spill occurred outside to air out for a day or two, then wash normally. Unless the clothing came into direct contact with the mercury, you won't need to dispose of it, as long as you removed it quickly from the area after the spill.

Hth,
Regia
Best regards,
Régiä
14.

Hidung sll gatal

Posted by: "LiNa" lina.twin09@yahoo.com

Fri Jan 6, 2012 11:14 pm (PST)



Dear all,

Ini pertanyaan titipan dr tmn, dia bingung dg hidung yg setiap hr setiap saat sll gatal. Dia prnh ke doktr THT dan kt ny tdk ada apa2.
Jd kira2 knp y?

Krn gara2 hdg gatal ini aktivitas jd terganggu,
Mau masak atau mau mkn kdg hdg gatal, kn gak sopan lg mkn kok ngupil (krn gatal) atau lagi msak gak mgkn dong sambil gosok2 hdg, kesan ny jorok.kl ke mall atau dpn umum jg hdg ny kdg jg gatal, kdg di tahan tp kl udah kelewat gatal dia gak bs nahan utk tdk gosok hdg,

Ada yg bs bantu? Atau ada yg prnh ngalamin hal yg sama?
Thx shring ny.



« LiNa »
♏☺ммγ̥ $ï Kƺ♏ßÉ'̤̥̈̊R
powered BlackBerry® by INDOSAT
15.

Batita gagap

Posted by: "LiNa" lina.twin09@yahoo.com

Fri Jan 6, 2012 11:19 pm (PST)



Dear all,

Mau nanya neh, twin ku knp y sampai skrg umur 2thn 10 bln ngmg ny kok msg gagap. Tp hanya adek ny yg bgtu, kakak ny skali2 kl memang lg seru bgt tp jrgggg bgt, nah kl adek ny selalu, setiap ngmg sll gagap.

Misal, mama dd mau mkn roti, nah dia ngmg ny " maaaaaaaaaama, deeeeeeeedek maaaaaaaaau maaaaaakkkkaaaannnn roooooti"

Nah kalimat atau awal dpn ny sll gagap atau ngmg ny pjggg bgt.

Kdg aku suka suruh ulang dan ngmg pelan2, tp tetep aja bgtu. Kdg ulang ampe 5 6x tp y gt tetep aja, malah kdg aku suruh ngmg cpt, eh malah bs, hanya kata dpn aja diulang dikit.

Kira2 ampe kpn y ngmg gagap gni, atau saya sdh harus khawatir. Tkt ny kebawa ampe gede.
Kira2 hrs di terapi wicara gak y?

Thx sharing ny.



« LiNa »
♏☺ммγ̥ $ï Kƺ♏ßÉ'̤̥̈̊R
powered BlackBerry® by INDOSAT
Recent Activity
Visit Your Group
Sell Online

Start selling with

our award-winning

e-commerce tools.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Yahoo! Health

Early Detection

Know the symptoms

of breast cancer.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: