Thursday, January 5, 2012

[sehat] Digest Number 16857

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: Tentang test makanan From: Pamelia Yulianto
1b.
Re: Tentang test makanan From: vanessa sutopo
2a.
Re: (tanya) penanganan herpes zoster From: Oki Febriyanti
2b.
Re: (tanya) penanganan herpes zoster From: purnamawati.spak@cbn.net.id
3a.
Obat utk kehamilan From: Sam
3b.
Re: Obat utk kehamilan From: purnamawati.spak@cbn.net.id
3c.
Re: Obat utk kehamilan From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
3d.
Re: Obat utk kehamilan From: melly damayanti
3e.
Re: Obat utk kehamilan From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
3f.
Re: Obat utk kehamilan From: -imelda
3g.
Re: Obat utk kehamilan From: Pamelia Yulianto
3h.
Re: Obat utk kehamilan From: Fariska Krisna
3i.
Re: Obat utk kehamilan From: ragakalbun@yahoo.com
3j.
Re: Obat utk kehamilan From: Sativa Huang
3k.
Re: Obat utk kehamilan From: Sativa Huang
4.1.
Re: [LAGI] Maaf klo diulang, tentang Rotavirus From: Sativa Huang
5a.
Penanganan Dermatitis Atopic pd bayi 16bln From: rosshy77@yahoo.com
5b.
Re: Penanganan Dermatitis Atopic pd bayi 16bln From: nada arini
5c.
Re: Penanganan Dermatitis Atopic pd bayi 16bln From: rosshy77@yahoo.com
6.
(share) Reseola Hanifqu di Tahun Baru From: Bessa Puteri
7a.
Re: Infeksi Paru pada bayi From: Elia Wati
7b.
Re: Infeksi Paru pada bayi From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
7c.
Re: Infeksi Paru pada bayi From: Elia Wati
8.
KELAS PERSIAPAN KELAHIRAN dan MENYUSUI, Bandung 4-5 Feb 2012. From: klasibdg@yahoo.com
9a.
Re: (Tanya) Korelasi Jemur bayi dan Pilek From: Dina_Bundadanishali

Messages

1a.

Re: Tentang test makanan

Posted by: "Pamelia Yulianto" hidupsehat.pam@gmail.com   pamelia_yulianto

Wed Jan 4, 2012 3:58 pm (PST)



Mb Vanes
Sekedar share.. Wkt Liam newborn n mukanya merah2 n berusaha sy cari alergennya cuma dgn stop makan yg diduga pencetus. Kebeneran 'nge-tes'nya hal2 yg ga rutin sy makan n mrpkn alergen umum. Tersangka pertama: koko krunch (coklat). Stop makan mendingan, makan lg jd parah. Stop samsek

Kedua stroberi. Pas mnm jus bsknya muka Liam merah2. Cm krn mnm di resto jd mmg ga tiap hari sedia. Msh blm sadar alergi stroberi. Pas mulus, makan buahnya jd lg. Lgs stop jg

Ketiga kismis, pas makan roti kismis yg jarang dikonsumsi. Pas Liam merah2 sy review makan apa aja kmrn nya, n makanan plg 'aneh' ya si kismis.coba stop mendingan. Krn msh ada stok (hehehe) tes makan lg 2hr kemudian, jd lg *yahhh*, puasa deh

Umur 2bln an, lupa makan bolu marmer (ada coklat), eh mulus.. Lanjut makan biscotti mengandung kismis, aman jg.. Ga lama makan ciskek toping stroberi, aman jg hehehehe hepi, skr Liam msh blm alergi apa2 lg, smg jgn, amin

Jd sy sih ga pake detox yg bnr2 lama. Krn begitu alergen dihindari lgs keliatan perbaikan

Skr 3bln udah pass semua, sbnrnya yg coklat-stroberi-kismis kmrn itu termasuk golongan 'alergi' ga sih? *jd ikutan nanya*

Maap panjang :)

*ihhh si leon demam*
- p a m e l i a -
"No Labelling, Stop Judging, Start Supporting"

Powered by my children's existance
1b.

Re: Tentang test makanan

Posted by: "vanessa sutopo" psycho_laziale@yahoo.com   psycho_laziale

Wed Jan 4, 2012 5:13 pm (PST)



Makasih mba ira

Nnt sy baca2..sy forward jg ketemen saya


Vanessa
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
2a.

Re: (tanya) penanganan herpes zoster

Posted by: "Oki Febriyanti" okifebriyanti@gmail.com   febriyanti2222

Wed Jan 4, 2012 4:34 pm (PST)



bolh minta link nya mb...bayinya baru 1 bulan n balita 17bulan...agak
khawatir sama mereka..dengan konsumsi obat2 anti viral tersebut.
thanks

2012/1/4 wulan <wulan.wuls@gmail.com>

> **
>
>
> Pagi,
>
> Mba oki email pertamanya sdh dijawab oleh sps kn yah? Kl mau lebih lengkap
> lagi, bs jalan2 ke mayo. Di situ enak bgt bacanya dan lengkap bgmn
> penanganannya. Bayinya usia brp?
> Rgds,
> - Wulan -
> @wulsnih
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

2b.

Re: (tanya) penanganan herpes zoster

Posted by: "purnamawati.spak@cbn.net.id" purnamawati.spak@cbn.net.id

Wed Jan 4, 2012 5:04 pm (PST)



Dear Oki

Maaf saya tdk mengikuti thread sejak awal
Bai 17 bulan herpes zoster??
Yakin??
Sudah dicocokkan dengan dermnet?

Memangnya pernah kena cacar air?
Maaf tidak membantu malah bertanya
Wati

Patient Safety, first

3a.

Obat utk kehamilan

Posted by: "Sam" samsulna@gmail.com   samsul_na

Wed Jan 4, 2012 4:39 pm (PST)



Dear all,

Mohon di bantu share dari temen dibawah yg sedang proses join milis.

Seberapa perlu penguat kandungan, sejauh yg saya tahu berlaku seleksi alam.

Thanks,

Sam

===================

Saya pasangan muda yang baru saja di anugerahi calon titipan anak.

Saat ini istri saya sedang mengandung (insya Allah) calon anak pertama kami dimana usia kehamilan nya adalah genap 6 minggu per hari ini.

Sebelumnya, ketika usia kandungan 3 minggu, saya sudah pernah memeriksakan kepastian kehamilan istri saya ke bidan.

Dan pada saat itu, bidan tersebut memberikan hanya vitamin (vice natal) untuk masa kehamilan.

Kemaren malam, saya check up kembali kehamilan istri saya ke dokter di salah satu RS di dekat rumah.

Hasil pemeriksaan nya, kini usia kandungan istri sudah genap sudah 6 minggu.

Setelah selesai pemeriksaan, saya diberikan 4 macam jenis obat yg terdiri dari :

1. Silex --> Obat batuk (kebetulan istri sedang menderita ISPA)

2. Vitamam --> Vitamin

3. Anvomer B6 --> Obat untuk pencegah mual & muntah

4. Cygest 200mg --> Obat penguat kandungan (menurut dokter)

Mengenai obat terakhir, Cygest 200mg.

Cara pakai nya cukup unik, yakni dengan memasuk kan obat yang bentuknya seperti rudal berdiameter 1 cm & panjang ± 4cm,

ke dalam dubur.

Yang ingin saya tanaykan adalah

1. Apakah obat ini adalah obat yang lazim digunakan untuk memperkuat kandungan (minal di trimester pertama).

2. Apakah benar cara pakai nya harus melalui dubur, yang (menurut saya) agak kurang lazim.

3. Apakah ada obat penguat kandungan lain (atau obat yang sama) yang cara pemakaian nya melalui mulut / diminum.

Apakah ada saran2 khusus yang harus saya lakukan selama istri dalam trimester pertama ini?

Mohon info nya.

Terima kasih sebelum nya.

Have a nice day

Ramon

[Non-text portions of this message have been removed]

3b.

Re: Obat utk kehamilan

Posted by: "purnamawati.spak@cbn.net.id" purnamawati.spak@cbn.net.id

Wed Jan 4, 2012 4:55 pm (PST)



Dear Oom Sam

Sampaikan salam dan ucapan selamat buat teman kamu
Didoakan semua baik2 saja

Kalau saya sih, makan asam folat saja
Kasih artikel pregnancy dari mayoclinic

Nanti setelah 7 bulan - ikut klasi ya

Wati
Patient Safety, first

3c.

Re: Obat utk kehamilan

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Wed Jan 4, 2012 5:06 pm (PST)



Holaa oom
Temennya sayang istri ya
Pertanyaannya :

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: "Sam" <samsulna@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Thu, 5 Jan 2012 07:37:14
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] Obat utk kehamilan

Dear all,



Mohon di bantu share dari temen dibawah yg sedang proses join milis.

Seberapa perlu penguat kandungan, sejauh yg saya tahu berlaku seleksi alam.



Thanks,

Sam



===================



Saya pasangan muda yang baru saja di anugerahi calon titipan anak.

Saat ini istri saya sedang mengandung (insya Allah) calon anak pertama kami dimana usia kehamilan nya adalah genap 6 minggu per hari ini.

Sebelumnya, ketika usia kandungan 3 minggu, saya sudah pernah memeriksakan kepastian kehamilan istri saya ke bidan.

Dan pada saat itu, bidan tersebut memberikan hanya vitamin (vice natal) untuk masa kehamilan.



Kemaren malam, saya check up kembali kehamilan istri saya ke dokter di salah satu RS di dekat rumah.

Hasil pemeriksaan nya, kini usia kandungan istri sudah genap sudah 6 minggu.

Setelah selesai pemeriksaan, saya diberikan 4 macam jenis obat yg terdiri dari :

1. Silex --> Obat batuk (kebetulan istri sedang menderita ISPA)

2. Vitamam --> Vitamin

3. Anvomer B6 --> Obat untuk pencegah mual & muntah

4. Cygest 200mg --> Obat penguat kandungan (menurut dokter)



Mengenai obat terakhir, Cygest 200mg.

Cara pakai nya cukup unik, yakni dengan memasuk kan obat yang bentuknya seperti rudal berdiameter 1 cm & panjang ± 4cm,

ke dalam dubur.

Yang ingin saya tanaykan adalah

1. Apakah obat ini adalah obat yang lazim digunakan untuk memperkuat kandungan (minal di trimester pertama).

2. Apakah benar cara pakai nya harus melalui dubur, yang (menurut saya) agak kurang lazim.

3. Apakah ada obat penguat kandungan lain (atau obat yang sama) yang cara pemakaian nya melalui mulut / diminum.



Apakah ada saran2 khusus yang harus saya lakukan selama istri dalam trimester pertama ini?

Mohon info nya.

Terima kasih sebelum nya.







Have a nice day



Ramon


[Non-text portions of this message have been removed]



[Non-text portions of this message have been removed]

3d.

Re: Obat utk kehamilan

Posted by: "melly damayanti" emaknya_najma@yahoo.co.id   emaknya_najma

Wed Jan 4, 2012 5:11 pm (PST)



Dear Pak Raymon via Pak Sam,

Setahu saya Cygest dimasukkan ke vagina pak,

logikanya kan penguat kandungan, salurannya kan dari vagina,

kalo dubur salurannya ke pencernaan.

Dan pula setahu saya cygest dipakai untuk yang kandungannya ada masalah
missal flek dsb,

kalo kandungannya baik2 saja biasanya pake yang diminum aja.

CMIIW ya Sp's

b/r

Melly

[Non-text portions of this message have been removed]

3e.

Re: Obat utk kehamilan

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Wed Jan 4, 2012 5:16 pm (PST)



Yaaa, ter send gak sengaja
Padahal mau copas
Ulang ya

Pertanyaannya :
1. Apakah obat ini adalah obat yang lazim digunakan untuk memperkuat kandungan (minal di trimester pertama).

Gini
Temannya ditanya kenapa kok bisa dapat
Cygest ? Indikasi dan diagnosanya apa ?
Di brosurnnya kan ada tuh kandungan aktifnya, tolong dibacakan ke oom, trus oom share ke milis, gimana ?

2. Apakah benar cara pakai nya harus melalui dubur, yang (menurut saya) agak kurang lazim.

Ada kan preparat yang memang lewat dubur. Tergantung cara kerja obatnya sih, makanya balik ke pertanyaan pertama deh, itu isinya apa dulu, jadi bisa dicari cara kerjanya.


3. Apakah ada obat penguat kandungan lain (atau obat yang sama) yang cara pemakaian nya melalui mulut / diminum.

Ada dong, tapi kenapa dulu butuh penguat kandungan ? Indikasinya apa ? Balik lagi ke pertanyaan pertama

Apakah ada saran2 khusus yang harus saya lakukan selama istri dalam trimester pertama ini

Itu udah dijawab dr Wati, he2.

Terus pertanyaan oom sendiri :
Seberapa perlu penguat kandungan, sejauh yg saya tahu berlaku seleksi alam

Maksudnya seleksi alam ? Oom penganut teori evolusi ya, he2.
Kayaknya indikasi medis istri teman oom belum jelas deh, jadi gak sampai ke seleksi alam dulu kali ya saat ini. Gimana kalo observasi dulu. Mungkin aja gak sampai sefatal seleksi alam.

Gitu aja ya oom
Selamat mendampingi teman dan istri.

Regards,
Marcella
*udah kerja lagi
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
3f.

Re: Obat utk kehamilan

Posted by: "-imelda" imelda.santos@gmail.com   imeldamarliana

Wed Jan 4, 2012 5:16 pm (PST)



Saya bantu jawab, semampu saya yaaa


------------
Yang ingin saya tanyakan adalah

1. Apakah obat ini adalah obat yang lazim digunakan untuk memperkuat kandungan (minal di trimester pertama).

» Setahu saya, selama kehamilan yang dibutuhkan hanya vitamin asam folat saja. Penguat rahim dan anti mual ga diperlukan.

2. Apakah benar cara pakai nya harus melalui dubur, yang (menurut saya) agak kurang lazim.

» Ada beberapa obat yg dimasukkan melalui dubur, penurun panas dan penghilang rasa sakit. Untuk lebih jelasnya, bisa browsing.

3. Apakah ada obat penguat kandungan lain (atau obat yang sama) yang cara pemakaian nya melalui mulut / diminum.

» Ada, silahkan browsing.
Tetapi skali lagi, menurut saya ga diperlukan penguat rahim. Baik yg diminum ataupun yg dimasukkan ke dubur.

Apakah ada saran2 khusus yang harus saya lakukan selama istri dalam trimester pertama ini?

» Untuk menghilangkan mual, lebih baik ngemil cracker atau permen jahe drpd minum obat
» Untuk penguat rahim, kayaknya ga diperlukan deh.
» Makanan yg bergizi ya
» Asam folat jangan lupa. Ga usah yg bermerek, yg generik aja
» Kontrol rutin yaks


-imelda
Sent from my smartphone supported by my lovely hubby
3g.

Re: Obat utk kehamilan

Posted by: "Pamelia Yulianto" hidupsehat.pam@gmail.com   pamelia_yulianto

Wed Jan 4, 2012 5:16 pm (PST)



Congrats buat temennya om Sam..

Kl dari hasil saya dl baca2 pas diresepin 'obat penguat kandungan' wkt hamil Liam, kesimpulannya adalah ini (cmiiw): obat yg isinya hormon tersebut scr teori/in vitro bs mempertahankan kehamilan, tp de facto ga terbukti

Setuju bahwa kehamilan adalah seleksi alam. Kita baca dlm minggu2 kemarin berita duka janin meninggal dlm kandungan pdhl udah cukup besar (di atas 20mggu). Mungkin karena sang ibu kecapean baik pesawat. Pdhl members banyak jg yg share bolak balik ke luar negeri pake plane ada yg hamil muda sampe hamil tua sehat walafiat

Jd lbh ke obat psikologi. Dsog merasa telah menenangkan ortu n ortu merasa tlh melakukan segala hal sehingga kl gugur pun (smg temannya diberi kelancaran) mereka 'ga menyesal'.

Kl ga salah obat2 gitu mahal banget ya?

Maaf ga pake link :)

- p a m e l i a -
"No Labelling, Stop Judging, Start Supporting"

Powered by my children's existance

3h.

Re: Obat utk kehamilan

Posted by: "Fariska Krisna" fariska_afb@yahoo.com   fariska_afb

Wed Jan 4, 2012 5:19 pm (PST)



Dear mba melly,
Kmrn waktu saya hamil alde 3 bln pertama ga lepas cygest krn riwayat keguguran 2x sebelumnya dan ada flek. Cygestnya dimasukkan via dubur kok mba. Ga pernah nanya jg sih knp lewat dubur ga lewat vagina. Asumsi sy sih biar lebih cepat terserap dan bekerja saja obatnya. ​​​​​​‎​​"̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮



Fariska Dyanis Anitasari, M.Psi
(Uminya Alde Krisna || 4m 2d)
3i.

Re: Obat utk kehamilan

Posted by: "ragakalbun@yahoo.com" ragakalbun@yahoo.com

Wed Jan 4, 2012 5:19 pm (PST)



Dok..

Makan asam folat brp kali sehari sih dosisnya?

-----Original Message-----
From: purnamawati.spak@cbn.net.id
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Thu, 5 Jan 2012 06:55:52
To: sehat@yahoogroups.com<sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Obat utk kehamilan

Dear Oom Sam

Sampaikan salam dan ucapan selamat buat teman kamu
Didoakan semua baik2 saja

Kalau saya sih, makan asam folat saja
Kasih artikel pregnancy dari mayoclinic

Nanti setelah 7 bulan - ikut klasi ya

Wati
Patient Safety, first

[Non-text portions of this message have been removed]

3j.

Re: Obat utk kehamilan

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Wed Jan 4, 2012 5:24 pm (PST)



Hi Pak Sam, Pak Ramon,

Silex-nya banyak banget kandungannya, meskipun esktrak
Guaifenesin: Category C
Mungkin banyak minum aja kali ya, nggak usah obat ini.

SILEX SYRUP
*KOMPOSISI*
Per 5 mL : Guaifenesin 37.5 mg, thyme extr 250 mg, extr primulae 50 mg,
extr althaea 175 mg, extr droserae 25 mg, extr serpylli 175 mg, eucalyptus
oil 0.5 mg, anise oil 1.25 mg. / Guaifenesin 37,5 mg, Ekstrak Thymi 250 mg,
Ekstrak Primulae 50 mg, Ekstrak Althaea 175 mg, Ekstrak Droserae 25 mg,
Ekstrak Serpylli 175 mg, Minyak Eucalyptus 0,5 mg, Minyak Anisi 1,25 mg.

*INDIKASI*
Batuk akibat bronkhitis, flu, faringitis, batuk rejan, batuk pada perokok.
http://medicastore.com/obat/6830/SILEX_SYRUP.html

[Non-text portions of this message have been removed]

3k.

Re: Obat utk kehamilan

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Wed Jan 4, 2012 5:40 pm (PST)



Dear all,
Kalau menurut di sini, boleh lewat vagina ataupun dubur (keduanya
nanti akan diserap ke dalam darah).
Apakah sekarang belum keliatan isi kantung janin, sehingga diberikan obat ini?
Setuju dengan Pak Sam, ~ Seleksi alam.
Kecuali obat ini memang sudah dibuktikan bisa membuat janin berkembang.

Salam,

Contents:
Progesterone

Indications:
Treatment of dysfunctional uterine bleeding or luteal phase support in
assisted conception cycles or in vitro fertilization, threatened
abortion, pregnancy w/ history of habitual abortion; premenstrual
syndrome.

Special Precautions
Hormone-sensitive conditions. Use rectally if barrier methods of
contraception are used. Vag infection (esp moniliasis) or recurrent
cystitis, or recent delivery. Use vaginally if patients suffer from
colitis or fecal incontinence. Hepatic dysfunction. May cause
threatened abortion in pregnancy; history of habitual abortion.

In oral use.
Category B: Either animal-reproduction studies have not demonstrated a
foetal risk but there are no controlled studies in pregnant women or
animal-reproduction studies have shown an adverse effect (other than a
decrease in fertility) that was not confirmed in controlled studies in
women in the 1st trimester (and there is no evidence of a risk in
later trimesters).
http://www.mims.com/Indonesia/drug/info/Cygest/Cygest%20pessary

4.1.

Re: [LAGI] Maaf klo diulang, tentang Rotavirus

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Wed Jan 4, 2012 4:51 pm (PST)



Thanks dr. Yovita buat infornya, :)
Maaf, sebelumnya cuma kebata posting Bu Ria.

Jadi kalau 1 strain saja lebih cepat menginduksi sistem kekebalan tubuh
dibandingkan 5 strain ya?

Dear Bu Pam,
Kalau menurut FDA & CDC keduanya sama efektif dan aman, jadi nggak lebih
merekomendasikan Rotarix maupun Rotateq.

OOT: Leon demam karena apa? :)

Salam,

http://www.fda.gov/BiologicsBloodVaccines/Vaccines/ApprovedProducts/ucm205547.htm
Are the rotavirus vaccines safe to give to my child?
Yes, both vaccines have a successful track record of safety and
effectiveness. FDA has evaluated laboratory results from testing
performed by the manufacturers and in its own laboratories. Based on
a careful evaluation of these results, a thorough review of the
scientific literature, and input from scientific and public health
experts, FDA has no evidence that either PCV1 or PCV2 poses a safety
risk. Neither PCV1 nor PCV2 is known to cause infection or illness in
people. The benefits of the vaccines for infants are substantial, and
include prevention of hospitalization for severe rotavirus disease in
the U.S. The patient information for Rotarix and RotaTeq is posted on
FDA’s web site.

http://www.cdc.gov/rotavirus/about/prevention.html
Both rotavirus vaccines are given orally, but they differ in the number of
doses given. The vaccines are very effective (85% to 98%) in preventing
severe rotavirus disease in infants and young children, including rotavirus
infection that requires hospitalization.

[Non-text portions of this message have been removed]

5a.

Penanganan Dermatitis Atopic pd bayi 16bln

Posted by: "rosshy77@yahoo.com" rosshy77@yahoo.com   mommynyaarion

Wed Jan 4, 2012 5:10 pm (PST)



Pagi dear all,

Butuh penguatan dan saran ni
Adek Josh sejak umur menjelang 1thn muncul ruam kemerahan di siku kedua tangan bagian dalam dan bagian penis.
Selama ini aku kompres NaCl dan kompres air dingin.
Awalnya aku kira kr alergi makanan laut dan keju, walopun di awal2 pemberian ikan2 laut, ruam tsb ga langsung muncul
Tp walau sdh saya stop ternyata malah skrg ruam tsb makin melebar, berkerak, menebal, bersisik dan kadang berair, dan bagian penisnya ada bentol2 kecil berair. Kemarin saya kasih larutan l*ct*cyd dlm air mandiannya, dan sorenya saya kasih c*l*d*n* cair tp malah tadi malam makin gatal sampai tidurnya terganggu (sblmnya ga sampai terganggu),
terpaksa emaknya begadang mengompres pakai NaCl dan lengket nenen terus menerus.
Menjelang pagi adek josh baru bisa tidur dan lelap sampai sekarang.

Ruam yg paling parah di siku kedua tangan bagian dalam
Posisi memerah dan menebal saat ini selain ditangan, dilipatan paha sedikit, penis, belakang telinga, dada sedikit dan leher.
Dari gambar di dermnet.com dan baca2 di web sehat, sepertinya atopic dermatitis childhood

Saat ini baju adek josh saya pisahin dan pake detergen khusus pakaian bayi, blm saya kasih makanan laut, sering2 kompres.

Mohon saran spers sekalian, apa lg yg harus saya lakukan ya?
Ada ref dokter yg cocok utk hal ini? Kl bisa, daerah bekasi.

Terima kasih atas saran dan perhatiannya sebelumnya


Salam
Rusmina hutapea
Kasian banget liat adek josh gelisah pdhl anaknya anteng banget dlm segala hal :(
Powered by Telkomsel BlackBerry®
5b.

Re: Penanganan Dermatitis Atopic pd bayi 16bln

Posted by: "nada arini" nada.arini@yahoo.com   nada.arini

Wed Jan 4, 2012 5:21 pm (PST)



Mbak,
Anak saya yg jg DA, kalo dikasi antiseptic dan produk bayi lainnya yg maksud hati biar ga gatal justru bikin tambah parah krn termasuk irritant. Jadi memang sebaiknya hindari. Sabun mandi dan deterjen yg keras jg bisa jadi pemicu. Jd Nacl is the best untuk mengurangi gatalnya

salam,
nada

5c.

Re: Penanganan Dermatitis Atopic pd bayi 16bln

Posted by: "rosshy77@yahoo.com" rosshy77@yahoo.com   mommynyaarion

Wed Jan 4, 2012 5:30 pm (PST)



Dear mba Nada,

Thanks utk sharing n advisenya
Anak mba umur brp kena?
Apa makanan ada dipantangin?
Trus, perlu ga ke dokter ya?

Salam
Rusmina
Powered by Telkomsel BlackBerry®
6.

(share) Reseola Hanifqu di Tahun Baru

Posted by: "Bessa Puteri" momhanif@gmail.com

Wed Jan 4, 2012 5:18 pm (PST)



Selamat Pagi Member Milis Sehat,

Maaf mo menuh2in inbox u/ share pengalaman ttg sakit reseola anakku Hanif.
- Tgl 29/12/11 : sore nya Hanif tiba2 demam ringan suhu di 37-38 dercel
(naik turun), KGB membengkak » sm suami lgsg baca arsip tatalaksana :
demam, batuk-pilek, demam tifoid, reseola, campak, rubella.
*Kesimpulan sementara : coret demam tifoid, krn demamnya ga step ladder.

- Tgl 30-31/12/11 : demam, suhu di 38-39,2 dercel. Sesuai tatalaksana demam
: pbyk asupan cairan, lbh byk d kmr skin 2 skin contact (n dia jg ga mau
lepas neteknya).

- Tgl 1/1/12 : demam turun, suhu normal, makan susah, sdkt yg msk dt
biasanya, ga ada tanda2 batpil, BAB 3x sdkt2 tekstur normal.

- Tgl 2-5/1/12 : timbul ruam/bintik2 merah di dada, mnyebar ke punggung,
muka dan leher, tdk gatal, BAB 3x sm spt sehari sblmnya.

*Kesimpulan suspect RESEOLA (coret batpil-campak-rubella), krn muncul ruam
saat demam turun, KGB mbengkak, keinginan BAB tdk tkontrol. Tinggal tunggu
ruam hilang dgn sndirinya, tdk ada treatment khusus, psiapkan stok sabar
krn aga lama hilangnya.

Alhamdulillah 3hr ruam hilang dgn sendirinya, nafsu makan berangsur mbaik.
Sy dan suami berterima kasih sm para SPs, Docs-milis ini atas ilmu n
sharingnya sgt membantu n bermanfaat sekali. Htr nuhun jg sm Mbak Monik n
Dok Endah u/ diskusinya :)

Salam sy,
Bessa (mo siap2 ikutan PESAT Tangerang, InsyaAlloh lgsg 4 sesi, smg bs jd
ajang silaturahmi)

[Non-text portions of this message have been removed]

7a.

Re: Infeksi Paru pada bayi

Posted by: "Elia Wati" elia_kho@id-iphone.org   elia_kho

Wed Jan 4, 2012 5:24 pm (PST)



Iya nih mba, ƍα logis bgt. Cm keluarga sudah mengikhlaskan. Untuk meninggal nya si kakak juga alasan nya ga logis. Tau2 Ï'i vonis flu burung aja.

Sampai hasil lab aja ƍα Ï'i ksh, hari ini temen ku lagi berusaha untuk minta hasil lab yang ada ke pihak RS.

Perlu data apa saja, buat kejelasan diagnosa nya ya? Ada dokter yang recomended, yang biasa menangani bayi infeksi paru dengan biaya terjangkau tidak?

Makasih sebelum nya ....

Salam,
Elia
7b.

Re: Infeksi Paru pada bayi

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Wed Jan 4, 2012 5:29 pm (PST)



Kalau rs yang disebut dr Endah : Coba ke RSCM atau RS Pemerintah lainnya deh (Harkit, Fatmawati, RSPI Sulianti Saroso).

Mestinya biayanya terjangkau deh mbak.

Regards,
Marcella
*cuma copas ulang aja
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
7c.

Re: Infeksi Paru pada bayi

Posted by: "Elia Wati" elia_kho@id-iphone.org   elia_kho

Wed Jan 4, 2012 5:33 pm (PST)



Oh mba endah Itu dokter ya. maap ya bu dokter, maklum newbie :p

Makasih mba Marcella, aku dah ksh tau ke pihak keluarga.

Salam,
Elia
8.

KELAS PERSIAPAN KELAHIRAN dan MENYUSUI, Bandung 4-5 Feb 2012.

Posted by: "klasibdg@yahoo.com" klasibdg@yahoo.com   klasibdg

Wed Jan 4, 2012 5:37 pm (PST)



Dear Smart Parents,

Sadarkah kita bahwa ASI, TataLaksana Kehamilan & Kelahiran dan juga Penangananan Bayi Baru Lahir ternyata sangat berkaitan? Alangkah baiknya jika kesadaran itu kita munculkan sekarang, sebelum tugas sebagai orangtua kita jalani.

Yuk, maksimalkan setiap usaha dalam memberikan yang terbaik dan juga benar sesuai tata laksana kepada buah hati kita.

Klub Peduli ASI YOP hadir untuk memfasilitasi orangtua menjalani salah satu perannya dengan menyediakan informasi seputar persiapan kelahiran dan menyusui serta media support group orangtua peduli ASI.

KELAS PERSIAPAN KELAHIRAN & MENYUSUI BANDUNG

Pelaksanaan :

Hari : Sabtu dan Minggu, 4 dan 5 Feb 2012
Waktu : Pukul 09:00 â€" 13:30 WIB
Tempat : ‎​‎​Resto Bali Seafood
Jln. Wastukencana No. 55-57 Bandung
Tlp 022-4213729

Materi di dalam Kelas Persiapan Kelahiran & Menyusui ini adalah semua hal yang penting diketahui setiap orangtua/calon orangtua, atau siapapun yang berhubungan erat dengan pengasuhan anak. 

Kelas ini dibagi menjadi 2 Sesi.
Sesi I: ASI dan Seputar Kehamilan (4 Feb 2012)
- Inisiasi Menyusu Dini (IMD)
- Keuntungan ASI
- Posisi Menyusui (latch-on)
- Prinsip dasar
- Persiapan menjelang kelahiran
- Hamil ≠ sakit, suplemen, makanan, mitos-mitos
- Indikasi caesar
- Perawatanbayi baru lahir
- Kegawatdaruratan pada kehamilan 

Sesi II: Masalah-masalah Menyusui dan Pasca Kehamilan (5 Feb 2012)
- Memerah ASI
- ASI Perah dan Penyimpanannya
- Mastitis, Inverted Nipple , Cracked Nipple
- Nursing Strike
- Self Weaning
- Hal-hal penting dalam check-up bayi sampai dengan 6 bulan.
- Kecukupan ASI dari segi nutrisi, terutama ASI perah
- Mengenali dan mencegah gagal tumbuh pada neonatus
- Jaundice
- Cara memantau pertumbuhan dengan kurva pertumbuhan
- Cara memantau perkembangan dan milestones
- Prinsip Rational Use of Medicines (RUM) 

Materi akan disampaikan oleh dokter dan TIM KLASI YOP disertai dengan praktek, pemutaran video dan diskusi grup.

Melalui kelas ASI ini diharapkan peserta akan memperoleh pengetahuan yang komprehensif mengenai persiapan kelahiran dan menyusui sekaligus mendapatkan kelompok support yang bisa saling mendukung dan berbagi.

Biaya Rp 130.000,- per orang, atau Rp. 230.000 untuk pasangan. Biaya ini sudah termasuk handout materi, CD materi, snack dan makan siang. Bagi yang berminat menjadi peserta, silakan mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran di bawah ini kirim ke :
klasibdg (at) yahoo.com
dengan Subject: “Kelas Persiapan Kelahiran & Menyusui”.

Untuk informasi lebih lanjut dapat hubungi : Intan (081802084200)

http://klasibandung.com/kelas-persiapan-kelahiran-menyusui-bandung-4-5-februari-2012

Tempat Terbatas!
Salam SEHAT, Tim KLASI YOP (Bandung) Proudly Supports Breastfeeding

FORMULIR PENDAFTARAN KELAS PERSIAPAN KELAHIRAN &MENYUSUI 4-5 Februari 2012

Nama Lengkap 1 :_____ (diisi oleh peserta perorangan)

Nama Lengkap 2 :_____ (diisi apabila mengajak pasangan)

Alamat :_____

Telepon/HP :_____

Email aktif :_____ (untuk mengingatkan peserta)

Jumlah anak:_____

Usia anak:_____ bulan/tahun

Due Date (tanggal perkiraan kelahiran): ____ (jika sedang hamil)

Ibu bekerja di luar rumah:_____ (ya/tidak)

Apakah sudah pernah mengetahui ilmu tentang laktasi / menyusui?_____ (ya/tidak)

Jika ya, dari mana sumbernya?_____ (buku/milis/tenaga kesehatan/lainnya …)

Apakah sudah pernah menyusui?_____ (ya/tidak)

Jika ya, apakah berhasil melakukan ASI eksklusif?_____

Permasalahan yang sedang atau pernah dihadapi dalam proses menyusui:_____

Apa yang diharapkan dari kelas Persiapan Kelahiran dan Menyusui yang akan diikuti?_____

Salam SEHAT,

Tim KLASI YOP (Bandung) Proudly Supports Breastfeeding

klasibdg (at) yahoo.com

http://klasibandung.com/kelas-persiapan-kelahiran-menyusui-bandung-4-5-februari-2012
9a.

Re: (Tanya) Korelasi Jemur bayi dan Pilek

Posted by: "Dina_Bundadanishali" danishapramesvari@gmail.com   adin_zahra

Wed Jan 4, 2012 5:41 pm (PST)



Pagiiii

Dari kemren, browsing2 soal jemur matahari pagi pas batpil, korelasinya apa...

Pake keyword sun bathing when common cold, lmyan banyak artikelnya
tapi dari website2 yg aliran natural2an...hehehehehe

hari ini lmyan nemu soal si " sun bathing when common cold"

"Cold viruses thrive in low humidity and cold temperatures. They
cannot survive at elevated temperatures. The sun bathing can be
helpful to keep the temperature of your mucous membranes warmer " --->
Dr Michio Abe -https://www.healthtap.com/user_questions/21520-does-the-sun-help-a-common-cold-how-can-sunbathing-help-relieve-a-common-cold

Sunbathe in moderation. Exposing yourself to excessive heat and UV
rays can have an impact on your immune system, making you more prone
to summer colds. Enjoy the great outdoors. Colds spread in crowded
indoor environments, so try to spend more time on the beach or in the
countryside to reduce your risk of exposure.
-->http://www.britannica.com/blogs/2009/08/tips-for-beating-the-summer-cold-sun-sea-and-sore-throats/

smoga bermanfaat yaa...cmiiw

--
Dina Kurniasari
"Semoga semua bayi di dunia mendapat ASI dari ibunya"

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Health

Asthma Triggers

How you can

identify them.

Sell Online

Start selling with

our award-winning

e-commerce tools.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: