Monday, January 2, 2012

[sehat] Digest Number 16838

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: Baby 10.5m demam MALAM saja 37.5-39dercel, sudah 1w, apakah Typh From: kusuma_ayu3@yahoo.com
2.1.
Re: Batuk alergi From: Sisilia
2.2.
Re: Batuk alergi From: Sisilia
3a.
Tangan bengkak From: baretaramadhani@gmail.com
4a.
Re: Gatal-gatal disekitar leher From: Evvy - bunda mamas-
5a.
Re: [oot]Mengatasi Mual pada Kehamilan From: Dibbie Soedibyo
6a.
Titipan teman yg bingung sakit anaknya From: Asty
6b.
Re: Titipan teman yg bingung sakit anaknya From: Sativa Huang
6c.
Re: Titipan teman yg bingung sakit anaknya From: Ratna
6d.
Re: Titipan teman yg bingung sakit anaknya From: w_febryanti@yahoo.com
6e.
Re: Titipan teman yg bingung sakit anaknya From: Dwiana
6f.
Re: Titipan teman yg bingung sakit anaknya From: Asty
6g.
Re: Titipan teman yg bingung sakit anaknya From: polarlander74@yahoo.co.id
6h.
Re: Titipan teman yg bingung sakit anaknya From: Sativa Huang
7a.
Re: Usul ganti judul - Tongue Tie : [sehat] Re: Informasi dr. di Mar From: Liza Setiawan
7b.
Re: Usul ganti judul - Tongue Tie : [sehat] Re: Informasi dr. di Mar From: Sativa Huang
7c.
Re: Usul ganti judul - Tongue Tie : [sehat] Re: Informasi dr. di Mar From: Dwiana
7d.
Re: Usul ganti judul - Tongue Tie : [sehat] Re: Informasi dr. di Mar From: Ade Novita Juliano
7e.
Re: Usul ganti judul - Tongue Tie : [sehat] Re: Informasi dr. di Mar From: yulianto
7f.
Re: Usul ganti judul - Tongue Tie : [sehat] Re: Informasi dr. di Mar From: tristanathan.amadeo@gmail.com
7g.
Re: Usul ganti judul - Tongue Tie : [sehat] Re: Informasi dr. di Mar From: alifah.davida@gmail.com
8a.
Re: Osteoporosis From: alifah.davida@gmail.com
9a.
Syaraf kejepit From: viera910@yahoo.com
9b.
Re: Syaraf kejepit From: diahutama@gmail.com
9c.
Re: Syaraf kejepit From: purnamawati.spak@cbn.net.id

Messages

1a.

Re: Baby 10.5m demam MALAM saja 37.5-39dercel, sudah 1w, apakah Typh

Posted by: "kusuma_ayu3@yahoo.com" kusuma_ayu3@yahoo.com   kusuma_ayu3

Mon Jan 2, 2012 4:50 am (PST)



Dear all, klo stepping ladder berarti demam sepanjang hari (+semakin meningkat),
insyAllah baby saya tidak begitu (agak lega deh..), dia demamnya ON OFF cuman malam saja.
Klinis secara umum: tidak lemas,msh lincah,makan minum mau. Saat demamnya muncul,mmg agak rewel makanya saya beri parcet.

Flashback wkt saya divonis thypus,iya sih menurut tes widal, Internist nya bilang begitu. Tidak murni msh seger sih klinis saya,tp saya msh kuat naik motor wkt itu. menurut temen saya yg dokter,mmg titernya msh sedikit (lupa datanya)..

Duh..virus apa sih ya yg kuat betul itu sampe demamnya seminggu :(

Powered by Telkomsel BlackBerry®
2.1.

Re: Batuk alergi

Posted by: "Sisilia" sisil.mahadaya@gmail.com   caeciliapudjiastuti

Mon Jan 2, 2012 4:54 am (PST)



Mbak Meiin,

Sambil mengurangi asupan susu, sambil evaluasi pola makan juga. Apakah cukup serat dan minum air putih?

Sisil
@sisilmahadaya

2.2.

Re: Batuk alergi

Posted by: "Sisilia" sisil.mahadaya@gmail.com   caeciliapudjiastuti

Mon Jan 2, 2012 5:07 am (PST)



Dear Bunda Raia,

Saya sama deh, setiap pagi/malam apalagi pas udara dingin pasti batpil, bersin. Dulu2 malah pakai sesak nafas.

Karena nggak ada obatnya sekarang cuma bisa mencegah. Kalau udara dingin banget saya anget2in badan, pakai sweater, selimut tebel. Anak saya sampai misah tidur wkt usianya 3 tahun karena dia suka banget pakai kipas angin dan saya nggak bisa.

Kalau sy baca ada obat sesak, apakah memang asma? Jika iya, harus dapet treatment asma yg tepat. Mbak sudah pernah baca2 soal asma? Coba buka www.ginasthma.org

Waktu sy bayi balita jg kenyang sama obat batuk dan puyer racikan, yang ternyata memang nggak pernah menyembuhkan ya... Bahkan sampai sebelum kenal milis sehat masih sangu obat batuk, pilek dan sesak kemana2,karena pasti kambuh dan terus ada selama musim penghujan. Dulu nggak tahu sebabnya jadi nggak maksimal pencegahannya.

Itu sharing saya mbak, bisa baca2 soal allergy di mayoclinic jg ya... Intinya sih hindari pencetusnya

Maaf kalau nggak membantu


Salam,
Sisil
@sisilmahadaya
3a.

Tangan bengkak

Posted by: "baretaramadhani@gmail.com" baretaramadhani@gmail.com

Mon Jan 2, 2012 5:42 am (PST)



Dear docs & Sps..

Mau tanya, adikku sudah 2 hari ini tangannya bengkak yg sebelah kanan sampai jari2pun bengkak.. Dia jatuh waktu main basket & posisi jatuhnya tangannya nahan, jd mungkin tertumpu disitu..

Apakah ada treatment-nya? Aku pernah baca thread yg menyebutkan ttg RICE, tp sepertinya itu cuma khusus untuk muscle pain aja ya?

Kalau mau browsing apa ya keyword-nya?

Oiya, rasanya skrg nyut2an tangannya, tp badan tdk panas/demam..

Thank youu..
-bareta


Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
4a.

Re: Gatal-gatal disekitar leher

Posted by: "Evvy - bunda mamas-" bunda.bangray@yahoo.com   bunda.bangray

Mon Jan 2, 2012 5:44 am (PST)



Lehernya agak ndut gitu ga mbak?
Bisa iritasi atau infeksi jamur candida..
Coba lihat di dermz.net aja mbak..
Smoga membantu..

-evvy-

Sent from my BlackBerry®powered by Sinyal Kuat INDOSAT
5a.

Re: [oot]Mengatasi Mual pada Kehamilan

Posted by: "Dibbie Soedibyo" dslr.design@gmail.com   dyslexia81

Mon Jan 2, 2012 6:19 am (PST)



weiihh, banyak yaaa trips and ticknya hihihi

maap baru muncul, tepar2an niihh ama mual :D yah emang dinikmatin aja, eneg
dingin, ganti anget, eneg anget ganti dingin. yang pasti emang lagi musuhan
ama yang namanya nasi huhuhu. mudah2an gak sampe meriang dsbnya dan
bawaannya males kekekek, mau masak juga idung tambah sensitip abiss. malah
tambah mual waddouuhh...
tapi alhamdulillah saya jalanin aja, tiap masih bisa makan ya dikebut
makannya hehehe kalo gak bisa yo wis sruput2 dikit2 paling banter yo
crackers. yang pasti selalu gosokan kayu putih hehehe.

makasii juga doanya yaaa. yang lagi hamil sama2 semoga lancar dan sehat2
ajah ya sampe lahiran.
dr. anto makasih juga buat linknya. abis ini sayah baca.

thank you parents!

dibbie

[Non-text portions of this message have been removed]

6a.

Titipan teman yg bingung sakit anaknya

Posted by: "Asty" rastiya_shafa@yahoo.com   rastiya_shafa

Mon Jan 2, 2012 6:29 am (PST)



Dear docs n sps,

Tadi saya liat foto obat2an anak temen saya. Kaget krn banyaaaak. Saya tanyakan kronologisnya. Sepertinya cc dan tak memerlukan obat2an yg diberikan dsa-nya (6 macam, termasuk AB dan puyer).
Mohon tambahan "penguatan" utk teman saya. Klu hanya pendapat saya, mungkin kurang "meyakinkan". Respon docs n moms akan saya forward ke dia. Makasih sebelumnya.

Berikut saya copy email dr teman saya tsb:

Saya bingung dgn obat anak saya yg buanyak bgt sampek 6 obat, neysa umur 1,1thn, berat badab 9.3. Ini kronologis anak saya sakit, Jumat 30-12-10. Tiba2 jam 10wib badannya anget, tanpa batuk dan pilek. lalu panas(39.0)jam 13.00wib saya minumkan sanmol(1cc sanmol yg saya berikan),jam 19.00(suhu 39)minum sanmol,jam 00(suhu 39.2)minum sanmol lagi.06.00(39.2)lagi2 saya minumkan sanmol....

Paginya tgl 31/12/11 jam 8.30 saya ke dokter. Dokter belom bisa mendiagnosa krn baru 1hari panas, dianjurkan minum sanmol jarak minimum 4jam,24 jam 5x sanmol,dan diberi proris untuk jaga2 kl panas lagi sebelum 4jam+rhinos(krn sempet meler anakku, tapi setelah aku pikir lagi meler itu krn nangis terus). Ternyata dihari ke dua(31-12-11) panas anakku makin menjadi, jam 12.00(suhu39) minum sanmol,jam16.00(39.5)sanmol lagi,jam17.00(39.4)sanmol lagi, jam 02.00 muntah banyak dan panas (39.7)sanmol lagi, ini sepertinya klimak anak saya, lemas tak berdaya. Lalu Jam 10.00pagi(39.4) sanmol lagi...setiap hari saya sampai 5x sanmol.

Akhir senin pagi(hari ini saya ke dokter)dan dikasih AB cefat dry syrup+rhinos+sanmol+mercotil(batuk)+vometa(muntah)+puyer(radang)-->total 6 obat, buanyak bgt obatnya. Sampek rumah anakku udah ga panas dan kembali ceria. Aku belum minumin antibiotik. aku cuma minumin mercotil drops+puyer radang+vomena...aku bingung krn obatnya terlalu banyak.

Saya bingung sebenernya anak saya sakit apa? Karena hari ke 4 pulang dari dokter tiba tiba udah ga panas dan ceria lagi. Batuk juga cuma sesekali,pilek juga enggak...saya bingung dgn 6 obat anak saya itu....maaf ya nak..mama bingung dan tdk bisa berpikir kl anak sdh panas.

Asty #mamahnya Shafa#
klu mau JAPRI, ke arastiya@yahoo.com ya
6b.

Re: Titipan teman yg bingung sakit anaknya

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Mon Jan 2, 2012 6:42 am (PST)



>>Sampek rumah anakku udah ga panas dan kembali ceria.

Kalau dengan kondisi begitu, jika saya, tidak akan saya berikan obatnya.
-sol-

Salam,

[Non-text portions of this message have been removed]

6c.

Re: Titipan teman yg bingung sakit anaknya

Posted by: "Ratna" ratnaumry@gmail.com   c_ratna_sd

Mon Jan 2, 2012 6:47 am (PST)



Mbak asty punya file common problems dr moderator kan? Coba diforward ke temennya. Plus suruh baca2 soal demam di milissehat.web.id ya. Kalo punya bukunya bunda Q&A bisa juga tuh dipinjemin bentar buat baca2. Semoga temennya bs dpt pencerahan.

Ratna • MamaWiLou
*siaga 1, loui demam*
6d.

Re: Titipan teman yg bingung sakit anaknya

Posted by: "w_febryanti@yahoo.com" w_febryanti@yahoo.com   w_febryanti

Mon Jan 2, 2012 6:48 am (PST)



Mba, spt nya anak temen nya just CC saja ya. Kl di lihat behaviour anak nya hari ke 4 dah ceria dan gak panas lagi...atau bisa jd banyak aktifitas liburan akhir tahun jd kecapek an....

Utk obat2an nya bs minta temen nya utk cek di drugstore...kandungan nya apa saja. (Sdh sempat di minumkan puyer segala yah....)

Aku bantu link batuk-pilek yah
http://milissehat.web.id/?p=1480

Maaf kl ga berkenan, mungkin nanti ada Sp's or Doc's yg bs ksh penjelasan lbh lanjut

Hth, GWS utk anak teman nya

Thanks,

Wiwin (BundAby & baby safiy)
follow@wiwinfebryanti

6e.

Re: Titipan teman yg bingung sakit anaknya

Posted by: "Dwiana" dwiana7179@yahoo.com

Mon Jan 2, 2012 6:48 am (PST)



Mbak asty

Maap tanya dulu, setiap panas lgs dikasih sanmol? Sdh baca kan, jika parcet hanya diberikan jika kondisi klinis anak tdk nyaman dan parcet jg tdk menyembuhkan demem.

>>>Sampek rumah anakku udah ga panas dan kembali ceria.
Demam tjd krn respon infeksi, infeksi sembuh ya demam hilang.

>>>Aku belum minumin antibiotik. aku cuma minumin mercotil drops+puyer radang+vomena...aku bingung krn obatnya terlalu banyak.
Saya ngeri mbak dg obatnya, bisa browsing di www.drugs.com. Bs liat postingan mbak monik ttg cefat ini.

>>>Saya bingung sebenernya anak saya sakit apa? Karena hari ke 4 pulang dari dokter tiba tiba udah ga panas dan ceria lagi. Batuk juga cuma sesekali,pilek juga enggak...saya bingung dgn 6 obat anak saya itu....maaf ya nak..mama bingung dan tdk bisa berpikir kl anak sdh panas
Cc mbak, kan batuk tuh. Mumpung badai sdh lewat, mari kita belajar. Jd anak tdk jd korban kepanikan ortu dan percaya pasrah dg dokter.


Temen mbak sdh disharing file dr moderator? Ttg mekanisme demam, cc, tatalaksana dan kegawatdaruratan. Atau ajak join milis saja.



Cmiiw sps
Ana
*sedang belajar di milis, sambil nungguin anak tidur
power by RedBerry®
6f.

Re: Titipan teman yg bingung sakit anaknya

Posted by: "Asty" rastiya_shafa@yahoo.com   rastiya_shafa

Mon Jan 2, 2012 7:17 am (PST)



Dear pak sativa, mbak ratna, mbak dwiana, mbak wiwin

Makasih banyak atas responnya. Sudah saya forward ke teman saya. Dia merasa sangat takjub dg respon cepat dan banyak dr milis, dan langsung ingin gabung milis sehat. Padahal udah dari bbrp bulan lalu saya ajak dia join milis ini, tp dulu dia belum teryakinkan. Salah satunya krn ada teman saya yg bilang ke dia klu gak setuju dg milis ini krn anti obat. Saya udah jelaskan seperti apa milis ini sebenarnya. Tp saat itu sepertinya belum membuatnya tertarik utk join. Tp malam ini, tadi dia langsung tanya gimana cara bergabung.

Soal file cc, saya save di laptop. Kebetulan modem sdg gak bisa dipake, dan saya tidak save filenya di-hp. Tp td saya sdh jelaskan soal cc ini ke dia (dg segala keterbatasan ilmu saya heheh).

Makasih semuanya :)

Asty #mamahnya Shafa#
klu mau JAPRI, ke arastiya@yahoo.com ya

6g.

Re: Titipan teman yg bingung sakit anaknya

Posted by: "polarlander74@yahoo.co.id" polarlander74@yahoo.co.id   polarlander74

Mon Jan 2, 2012 8:14 am (PST)



Temen mbak Asty: saya bingung sebenernya anak saya sakit apa? Karena hari ke 4 pulang dari dokter tiba tiba udah ga panas dan ceria lagi. Batuk juga cuma sesekali,pilek juga enggak...saya bingung dgn 6 obat anak saya itu....maaf ya nak..mama bingung dan tdk bisa berpikir kl anak sdh panas

Me: ada juga demam yg namanya demam unknown origin atau demam tanpa sebab.
Kuncinya ya sama. Jangan panik dan buru-buru dikasih parcet krn yg penting juga perhatikan klinis anak. Anak saya pernah demam tinggi 39-40 derajat selama 48 jam. Terus terang panik. Tapi melihat klinisnyaa yg pecicilan, agak tenang. Parcet hanya massuk waktu dia rewel banget dan gak nyaman setelah upaya kompres, rendem gak berhasil. Jadi yg penting stay calm, observe.
Maaf kalu gak membantu
Bests
Fitri
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
6h.

Re: Titipan teman yg bingung sakit anaknya

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Mon Jan 2, 2012 8:24 am (PST)



Thanks for sharing Bu Asty.
Menurut saya, ini karena infeksi virus sehingga menyebabkan demam 2-3 hari.
Jadi kalau panik,
hari pertama ke dokter, diberikan obat, tar kesimpulannya obat yang
menyembuhkan demamnya. :).

Demikian juga, jika pas pulang masih demam,
maka diberikan obat, terus sebentar demamnya reda, kesimpulannya juga
obat yang berperanan, hal ini tentunya tidak valid.

-----------

Dear all,
Ada pendapat bahwa milis sehat anti obat, sebaiknya kita renungkan
kenapa begitu, :)
apakah cara penyampaian kita perlu diperbaiki, khususnya terhadap member baru?
Jika kita bisa membimbing dengan lebih sabar, perlahan-lahan, akan
lebih banyak orang yang terhindar dari iRUM.

Selamat bergabung! :)

Salam,

7a.

Re: Usul ganti judul - Tongue Tie : [sehat] Re: Informasi dr. di Mar

Posted by: "Liza Setiawan" lizachantique@yahoo.com   lizachantique

Mon Jan 2, 2012 6:40 am (PST)



Malam sp's
Maaf jd ikutan curcol,
Stlh mengikuti thread TT ini dan mem forward beserta link nya kpd teman sy yg anaknya usia 2bln,diagnosa TT dan akan di insisi hari sabtu ini :(
Slm ini pertambahan BB nya 500gr /bln mnrt sy cukup cmiiw,,slm ini msh menyusu langsung krn ibu msh cuti melahirkan,,tp tetap akan di insisi krn mnrt DSA nya akan menyebabkan cadel pd anak nantinya.
Apakah benar? Ada hubungan TT dg pelafalan kata / cadel nantinya?
Mohon bantuannya, mudah2an sisa 5hari lg bsa dipertimbangkan masak2.
Krn klo sperti kasus rekan pak Sativa yg stlh insisi jd keloid bgmn,kasian anaknya.
Trmksh,
Liza Setiawan
Sent from BlackBerry0…3 on 3
7b.

Re: Usul ganti judul - Tongue Tie : [sehat] Re: Informasi dr. di Mar

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Mon Jan 2, 2012 6:46 am (PST)



Hi Bu Liza,
Thanks for sharing.
Kalau boleh ditunjukkan data pertumbuhan bayi, bisa dilihat apakah
pertumbuhannya normal/nggak.

Salam,

7c.

Re: Usul ganti judul - Tongue Tie : [sehat] Re: Informasi dr. di Mar

Posted by: "Dwiana" dwiana7179@yahoo.com

Mon Jan 2, 2012 6:57 am (PST)



Mbak Liza

Ttg GC sy serahkan kpd ahlinya.. Hello pak Sativa.


>>Apakah benar? Ada hubungan TT dg pelafalan kata / cadel nantinya?
bs discrol kebawah mbak, cari email mbak pam or bapake gozan

Sdh second opinion? Jika sy diposisi sang ibu, sy akan ikuti saran doc anto untuk mencari 2nd,3rd,4th opinion. Walopun termsk operasi ringan, tp sy hrs memastikan resiko minimal yg akan terjadi.

Maaf jika ada yg tdk berkenan

Salam
Ana
power by RedBerry0…3
7d.

Re: Usul ganti judul - Tongue Tie : [sehat] Re: Informasi dr. di Mar

Posted by: "Ade Novita Juliano" ade.novita.juliano@gmail.com   novita_ade

Mon Jan 2, 2012 7:18 am (PST)



Dear All

Selamat Tahun baru semua... semangat baru... tapi tetap dong yaa semangat
patientsafety dan RUM

tanpa bermaksud memperpanjang thread email soal TT yg memang sudah panjang

saya mau ikutan mendongeng :)

panjangnya setiap kali bahasan soal TT... semoga memberi dampak positif
bagi kita semua menjadi mengenai Tongue Tie... salah satu kondisi yg dulu
mungkin kita sebagai orang awam hampir tidak pernah dengar ya

dan memang sebagaimana sudah disampaikan dalam link2 yg dibagi dan
digarisbawahi mba Alifah bahwa prevalensi TT sangat jarang, dan lebih
jarang lagi yang butuh tindakan

coba liat ponakan Anceu, yg bisa menemukan bagaimana mengatasi kondisi TT
nya tanpa operasi

lalu Anind dan bayinya, yang juga telah berhasil melalui tahapan meyakinkan
bahwa diagnosa TT yang diterima dapat dibuat strategi tersendiri bagi
mereka berdua untuk tetap sukses memberikan ASI

dan ibu2 lain di milis ini yang mungkin ga ikutan sharing mengenai
pengalaman2 mereka terkait TT, yang tentunya beda2

jadi memang sangat case per case

Milis ini sangat mengedepankan Patient Safety dan Pola Pengobatan yang
Rational, dimana kita diajak untuk mengetahui dan menimbang risk and
benefit, meminimalisir resiko, tidak anti dan menghargai suatu tindakan
beresiko sekalipun kalau itu dapat menyelamatkan hidup.

Milis ini sejak awal juga sangatttt menyadari bahwa ga ada sekolahan untuk
jadi orangtua, bahwa begitu banyak yang akan dihadapi orangtua, beragam
informasi dengan kemudahan internet saat ini, butuh kedamaian tersendiri
untuk dapat memilah info secara bijak, mulai dari kehamilan, kelahiran.,
menyusui, membesarkan anak, commons problem sampai ketika anak2 ini makin
lucu ceriwis dan cerdas

Ayah dan Ibu adalah individu unik dan beragam satu sama lain, bahkan
kembarpun tak ada yg benar2 sama kan? (jd inget film jack & Jill :D)

ada yang baby blues ada yang tidak, ada yang tegar, ada yang sensitif, ada
yang paranoid, ada yang punya beban kerjaan banyak, ada yang mudah
dipengaruhi, belum lagi sajian2 di media massa, pergaulan di sosial media,
etc

tapi riset membuktikan 9 dari 10 ibu menyusui ingin menyusui dan mereka
memang menyusui di awal kelahiran

tapi tak semua berhasil sampai 2 tahun, karena beragam hal yang dihadapi
mereka

kenapa ya? padahal Menyusui itu kodrat kan ya?

kenapa ya kira2 bermunculan grup ibu2 seperti Kellymom?

kira2 kenapa ya sampai WHO & UNICEF menyusun modul untuk memastikan
pendukung2 ASI memiliki tehnik konseling, dan menghasilkan konselor ASI di
berbagai belahan dunia?

gerakan ini pun harus berhadapan dgn pihak2 yang mengambil keuntungan,
memainkan dan memanfaatkan rasa cinta ibu pada anak, sampai akhirnya ibu2
banyak yang tidak yakin pada diri dan bahkan bayinya sendiri untuk dapat
menjalani tahapan hidup yaitu menyusui

karena riset membuktikan, ibu butuh dukungan, butuh didengar, bukan
ditakut-takuti, ibu butuh info yang dia perlukan saja, ibu butuh didengar
saja, sering banget ibu2 udah tau kok harus apa, hanya mereka butuh teman
utk membantu menyusun langkah2 efektifnya atau sekedar butuh pelukan atau
telinga tambahan

dulu waktu saya ikut pelatihan konselor saya kira saya akan kuliah seperti
PESAT, dapat ilmu2 medis terkait menyusui, ternyata disitu seperti belajar
di fakultas ilmu komunikasi atau ilmu hukum, karena informasi ilmiah ASI
kewajiban konselor untuk belajar, sama dgn ibu2 disini dari berbagai
sumber, ya ada materi2 ilmiah, tapi bukan itu fokus utamanya. yang
dipelajari Bagaimana membantunya, bagaimana memberi informasinya, agar
dapat membantu ibu memberikan ASI 2 tahun atau lebih

karena dengan menguasai ilmunya maka kita dapat membantu dengan optimal

saya sangat berharap, kita... semua disini tidak pernah berhenti
berkomitmen untuk bantu para ibu menyusui

siap jadi pendengar

kurangi beban para ibu menyusui, jauhkan mereka dari hal-hal yang ga perlu
mereka pikirkan

biar mereka bisa tenang belajar bersama bayinya untuk menyusu dan menyusui

menikmati setiap waktunya, menjalani setiap tantangannya, agar mampu
memilah mana informasi bermanfaat mana informasi menyesatkan,
mengingat jaman terus berkembang

yukk kita dukung dan yakinkan para ibu bahwa menyusui itu anugerah, hadiah
yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa dan bukan perkara "sulit"

apapun yang dihadapi dan bila ada beban di pikiran ibu... soal
perekonomian, berita2 di tv, mengatur rumah tangga, mengatur anak2 kesatu
kedua ketiga :), belum lagi info2 menyesatkan dari produsen pesaing ASI :D,
sebisa mungkin jangan sampai mempengaruhi oksitosin nya

kebayang ga ibu yang udah dari sananya paranoid.... trus dia dapat info
setengah2 juga? padahal dia sangat jauh dari kondisi yang dijabarkan dalam
info tresebut? habis harinya ketakutan yang tidak perlu, apa akan lancar
oksitosinya?

mari renungkan apa sih yang penting dalam produksi ASI?

1. supply & demand

2. oksitosin & prolaktin

liat dehhh dari 4 kata itu (supply, demand, oksitosin, priolaktin) coba
renungkan bagaimana cara kerjanya?

semakin sering disusui semakin bertambah produksi ASI, semakin sering
diperah semakin bertambah produksi ASI

oksitosin hormon cinta, damai di hati dan pikiran ibu

prolaktin hormon yg dihasilkan pada sistem kerja tubuh ibu

kami di KLASI selalu menekankan hal berikut

- masing2 ibu punya cara sendiri
- butuh penyesuaian sampai menemukan cara yang paling aman
- mungkin ada Tantangan, tapi bisa diatasi
- jangan ragu bertanya dan cari informasi

bagaimana bersiap diri menghadapi tantangan

1. CEGAH
bagaimana?
- cari informasi jauh hari
- pilah informasi (pilah disini, bedakan yang umum & sering dengan yang
langka)

cari tau pencegahan2nya

lalu buat diari menyusui, untuk bekal kita mengenail tantangan yg kita
hadapi

ketika sudah melahirkan > PERAH ASI.. untuk jaga2 nanti bila perlu

2. bagaimana kalau sudah kejadian? maka KENALI

coba kenali, apa kira2 penyebab masalahnya, temukan masalah utamanya, buat
skala prioritas, ubek2 informasi yang sebelumnya kita cari

buka diari menyusuinya

3. ATASI
setelah menemukan masalahnya, atasi, gunakan skala prioritas tadi sebagai
pegangan... singkirkan sebab2 umum, baru curiga ke masalah langka
utamakan kondisi bayi, karena apa?

saya selalu ingat kata2 di puisi yang sering digunakan dr utami kalau
bicara ASI, "bayi tidak bisa menunggu"

ya.. bayi terus tumbuh dan berkembang, golden period nya jangan sampai
sia2, kita orangtua bertanggungjawab memastikan pertumbuhan dan
perkenbangannya

tak bisa dipungkiri sebagaimana diawal tadi, menyusui butuh belajar

tidak hanya bayi yang harus belajar latch on, ibu pun butuh waktu untuk
belajar memposisikan latch on, itu kerjaan berdua, it takes 2 to tango
lalu dimana peran Ayah, Ayah.. pastikan oksitosin ibu lancar, pastikan
waktu yang dibutuhkan ibu & bayi untuk belajar cukup, ambil alih peranan
sementara misalnya. (kalau yg pernah hadir di Pengadilan Agama, mungkin
sering denger, suami isteri itu saling melengkapi, saling mengisi, gantian,
berbagi peran)

nah... butuh bantuan tambahan nutrisi kan?

saatnya gunakan ASI Perah, (lihat email dr anto)

ga ada asi perah, cari asi donor (pastikan suami isteri & keluarga setuju,
dan tau manfaat & baik buruknya)

ga ada asi donor, kenapa tidak susu formula?

apa kah kita jadi ibu yang gagal? tentu saja tidak, cinta kasih ibu tdk
hanya dgn beri ASI kok, tugas ibu adalah memastikan bayi dapat nutris
terbaik dan tumbuh berkembang secara optimal

4. Pertahankan
kalau sudah ketemu solusi pertahankan

misal... hasil analisa bahwa latch on kurang tepat,. ketika butuh bantuan,
segera hubungi pihak yang dipercaya, lalu pelajari dan praktikkan

sebagaimana Tango, ketrampilan menyusui butuh latihan, tak hanya bayi
ibupun butuh laltihan

ketika ketemu konselor, rekam, foto, lalu lihat ulang2 dirumah, dicoba
pastikan sama kondisi menyusui yg tepat, motivasi bayi, yakinkan bahwa
kalian berdua sanggup melewati tantangan ini

kirim ke konselornya via email bila perlu, utk menyakinkan apakah sudah
tepat

selain itu pegang petunjuk2 kecukupan ASI

sebagaimana Ayah dan Ibu, bayipun individu yg unik

kalau latch on nya sering lepas, maka ibu perlu sering koreksi

bagaimana menghindari lecet?

gunakan informasi yang dikumpulkan tadi misal, cari tau bagaimana
memanfaatkan jari2 ibu, ibu waspada, bantu pelepasan latch on dgn jari ibu,
utk meminimalisir beban pd puting

coba praktikan informasi manfaat mengoles puting dengan ASI sebelum dan
sesudah

rajin peras ASI, selalu dan akan selalu ada gunanya, ibu ga mungkin 24 jam
menyusui, mereka akan kelelahan... ada saat2 dimana ibu butuh mandi...
makan dengan tenang
dipaksa pun... oksitosin ibu akan terpengaruh, hasilnya apa? hanya akan
membuat produksi ASI menurun

ASI yang diperah awal 2-3 menit pertama biasanya foremilk dan menit2
berikutnya hindmilk

jadi... tak perlu khawatir kalau sering lepas lalu ga dapat hindmilk kan..
kalau anak sudah berhasil menyusu selama 5 menit di 1 payudara

selain itu lepas2 pun bukan berarti akan kembali hidungan dari foremilk lagi

bayi menyusu sebentar dan PD masih terasa penuh, juga bisa diperah atau
dipompa kan ya? penting banget lo ini

coba simpan terpisah hindmilk, lalu minta bantuan pasangan untuk
memberikan asi hindmilk itu ketika kita menikmati mandi segar, menikmati
nutrisi yang akan di asupan ibu dan disalurkan melalui ASI, ya kan bu

asi hindmilk pun sangat bermanfaat untuk mengatasi lecet pd puting

bagaimana untuk yg gagal tumbuh?

kembali ke kalimat "bayi tak bisa menunggu"

ketika semakin kejar tayang berat, semakin lemah pula kondisi bayi, padahal
di usianya kebutuhan meningkat, maka kalau mengedepankan patientsafety,
apakah kita akan membuat bayi menunggu ibunya terampil menyusui?
apakah kita harus menunggu bayi kita terampil menyusui

balik keatas berikan segera nutrisi tambahan, ini bukan perkara sabar tidak
sabar, tapi perkara menyelamatkan bayi

coba search failure to thrive? apa aja resikonya

coba baca penuh link2 TT tadi, rasanya hampir semua mengatakan sebagian
besar TT yg ditemui self corecting, hanya TT berat saja yang perlu bantu
frenotomy, dan TT merupakan hal terakhir yg dicurigai sebagai penghambat
menyusui, semua meminta dipastikan dulu pelekatannya

rasanya berulangkali dr wati bilang, tak ada satupun di milis ini yang
menolak frenotomy bila itu dapat menyelamatkan nyawa bayi dari ancaman
gagal tumbuh (jd mungkin di diskusi berikutnya keep this in my mind)

sama dengan tdk satupun yang menolak obat, atau operasi caesar bila itu
penyelamat hidup pasien

hampir semua pakar bilang "know your babies" bukan "judge your babies" ya
kan?

jadi kangen Mba Tika Wulandari yang mengingatkan kita untuk "Stop Judging,
Start Supporting"

salam,
@Ade_Novita
"Stop Judging Start Supporting"
KLASI YOP

[Non-text portions of this message have been removed]

7e.

Re: Usul ganti judul - Tongue Tie : [sehat] Re: Informasi dr. di Mar

Posted by: "yulianto" yuliantosk@gmail.com   anto_sk

Mon Jan 2, 2012 7:18 am (PST)



dear bu liza,

kalau menurut saya, liat trend berat badan, panjang badan.
kalau sesuai kurva berarti tidak terpenuhi indikasi BB tidak naik.
Kalaupun belum naik maksimal,konsultasi untuk memaksimalkan manajemen
laktasi, suplementasi ASIP, ibu memerah agar menambah produksi ASI.

nah, kalau takut cadel tunggu dulu, jadi indikasi utama insisi apa? BB
sulit naik atau takut cadel? jangan sampai tidak terpenuhi indikasi yg
satu, eh dicari indikasi yg lain.
pertama: tanya tongue tie tipe berapa? cocokan gambarnya, second opinion
kedua : tanya skor hazelbaker berapa? <11? itu frenotomy baru
dipertimbangkan JIKA manajemen gagal (artinya usaha maksimal dulu
manajemen laktasinya) kalau skor <8 frenotomy necessary. tapi second
opinion dulu.
nah skor hazelbaker untuk membantu menilai TT pun dikaitkan dengan
breastfeeding problem jadi tidak ada kaitan dengan cadel.

jadi kalau growth chart sesuai kurva, ataupun kalau belum maksimal maka
second opinion MANAJEMEN LAKTASI dahulu semaksimal mungkin :)

ga usah takut bu, dan jangan buru-buru frenotomy ya. TT bukan emergency bu.

salam sayang buat bayi kecilnya, cup cup (titip cium juga deh buat
bayinya biar ga buru" di frenotomy)

tanya diagnosisnya dulu, second opinion dulu, usaha manajemen laktasi
maksimal dulu ya.

salam,
-anto-

7f.

Re: Usul ganti judul - Tongue Tie : [sehat] Re: Informasi dr. di Mar

Posted by: "tristanathan.amadeo@gmail.com" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Mon Jan 2, 2012 7:19 am (PST)



Mbak Liza,
Setuju sama mbak ana, rencana incisi ini worth the 2nd n 3rd opinion.
Cadel kan bukan cacat yg berat, dan imho, blm tentu terjadi (yg pasti gak dalam waktu 1-2th ini).

Dukung terus temennya ya mbak, buat menimbang risk n benefit atas keputusan ini.

-ria-

Powered by Telkomsel BlackBerry0…3
7g.

Re: Usul ganti judul - Tongue Tie : [sehat] Re: Informasi dr. di Mar

Posted by: "alifah.davida@gmail.com" alifah.davida@gmail.com   alifah_davida

Mon Jan 2, 2012 7:37 am (PST)



Thanks Mbak Ade,
You made me cry :)
Mbak Liza, come on, forward deh email Mbak Ade ke temannya yah. Ayo semangat.

Mbak Tika Wulandari itu malaikat saya dan anak saya lho SPs, dia datang ke rumah di tengah kegalauan saya. Kenal saya? Tidak. Saya masih pasif di milis saat itu. Gak kenal sapa2.
Makanya ketika Mbak Tika Wulandari hadir di depan rumah, saya bengong, OMG, ada yah malaikat sebaik itu?
Setelah ngobrol sana sini, eh kok jadi seperti diangkat pergi itu beban di pundak separonya. Diajarinya saya posisi menyusui yg nyaman, cara memerah, diajaknya saya ngobrol ngalorrr ngidull.

Kacaunya lagi di akhir sesi saya tanya "jadi saya mesti bayar berapa Mbak?"
Anda tahu jawabnya "no charge at all, ini sukarela, ibu membantu dan mendukung ibu" katanya sambil tersenyum lebar.

Jederr, malu dong saya yah. Ini yg datang konselor laktasi beneran, diantar sopir, gak mau dibayar, transportnya aja gak mau tuw diganti. From that moment on, saya janji, I will pass along the deed.
Hanya itu cara saya membalas budinya, selain tentu saja selalu berdoa agar dia dan keluarganya selalu dilindungi dan diberkahi Allah swt.


Regards,

-alifah-
Regards,
--Alifah--
challenge yourself, being smart never hurt
8a.

Re: Osteoporosis

Posted by: "alifah.davida@gmail.com" alifah.davida@gmail.com   alifah_davida

Mon Jan 2, 2012 7:14 am (PST)



Mbak Kika,
Mbak sudah browsing2 belom mengenai osteoporosis ini?

Ini saya bantu ya link-nya:
http://www.mayoclinic.com/health/osteoporosis/DS00128/DSECTION=tests%2Dand%2Ddiagnosis

Sudah ke symptomp checkernya untuk melihat kira2 sakit apa?

Dari situ dapat kok kesimpulan vonis diagnosa oestoporosis tidak bisa dengan selayang pandang yah.

Nah nyeri di seluruh badan nyerinya bagaimana? Kesemutan? Kalau iya ke syaraf dulu?
Seyogyanya memang ke dokter umum dulu yah. Beliau nanti seharusnya merujuk ke spesialis yg tepat. Bukan asal injeksi yang tidak jelas dan mendiagnosa.
Makanya biar tidak salah, kita sebagai pasien mesti cerdas ya. Nah coba baca2 dan belajar bareng temannya tentang osteoporosis. Nanti share di sini yah.

Regards,

-alifah-
*tidak benar kok kalau hanya yg terkenal yg ditanggapi. Kalau tidak atau belom ada menanggapi, please consider below possibilities:
1. Sps yg sedang online tidak menguasai topiknya, jadi meskipun pengen jawab, tapi tidak berani
2. Sebagai guidelines bersama, diharapkan penanya sudah membuka arsip milis atau nanya mbah google
3. Bahwasanya sps dan doktter tidak online terus menerus dalam sehari, meskipun pakai bb, ya kan butuh makan, minum, bercengkerama dengan keluarga, yg tentu saja di dalamnya ada aturan, No Gadget involved :)
Regards,
--Alifah--
challenge yourself, being smart never hurt
9a.

Syaraf kejepit

Posted by: "viera910@yahoo.com" viera910@yahoo.com   viera910

Mon Jan 2, 2012 8:36 am (PST)



Mohon info mengenai syaraf kejepit selengkapnya.
Trmksh.

= Vira =

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
9b.

Re: Syaraf kejepit

Posted by: "diahutama@gmail.com" diahutama@gmail.com   diahfa

Mon Jan 2, 2012 8:49 am (PST)



Mba vira,
Ttg syaraf kejepit ato HNP Bs baca2 disini :

http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/000442.htm

http://emedicine.medscape.com/article/1263961-overview

Mungkin nantti mba monika bs share ttg pengalamannya (panggil ceu monik :) )

Salam,
Diah
@diahapt
Powered by Telkomsel BlackBerry®
9c.

Re: Syaraf kejepit

Posted by: "purnamawati.spak@cbn.net.id" purnamawati.spak@cbn.net.id

Mon Jan 2, 2012 8:49 am (PST)



Dear Vira

Maaf - sulit menjawabnya karena tidak ada data yang jelas
Misalnya:
- apa keluhan pasien?
- apa saja gejala yg muncul?
- sudah berkonsultasi dg siapa?
- apa diagnosis dari dokter (diagnosis dalam bahasa medis)
Apakah diagnosisnya HNP?

Maaf ya malah balik bertanya
Kalau HNP, dimana lokasinya?
Untuk HNP nya sendiri bisa baca di mayoclinic

Wati
Patient Safety, first

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Health

Healthy Aging

Improve your

quality of life.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Share Photos

Put your favorite

photos and

more online.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: