Wednesday, December 28, 2011

[sehat] Digest Number 16803

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: (tanya) treatment untuk menggigil From: imelda
1b.
Re: (tanya) treatment untuk menggigil From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
1c.
Re: (tanya) treatment untuk menggigil From: tika tk
1d.
Re: (tanya) treatment untuk menggigil From: Elga Soeardi
2a.
Re: (sehat) Mohon pencerahan Demam Flu pada anak From: Novi
3a.
Re: Gandarusa, Pil KB Khusus Pria Siap Diproduksi From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
4a.
Update rahma pasca operasi From: diahutama@gmail.com
4b.
Re: Update rahma pasca operasi From: niken qinen
4c.
Re: Update rahma pasca operasi From: Elga Soeardi
4d.
Re: Update rahma pasca operasi From: tika tk
4e.
Re: Update rahma pasca operasi From: Dita Parakitri
4f.
Re: Update rahma pasca operasi From: diahutama@gmail.com
4g.
Re: Update rahma pasca operasi From: fifiejohan@yahoo.com
4h.
Re: Update rahma pasca operasi From: diahutama@gmail.com
4i.
Re: Update rahma pasca operasi From: fifiejohan@yahoo.com
5a.
Re: Ruam merah d leher From: Novi
6a.
Re: Ragu istilah : hypertropic pyrolic sinosis From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
7a.
Re: Tanya : Diare Berulang Sudah 14 Hari From: Devi
7b.
Re: Tanya : Diare Berulang Sudah 14 Hari From: Devi
7c.
Re: Tanya : Diare Berulang Sudah 14 Hari From: ChiciErnest
7d.
Re: Tanya : Diare Berulang Sudah 14 Hari From: F.B.Monika
8a.
BB bayi usia 5bln 13 hari di P13, haruskah ditambah sufor? From: dinovianthi@gmail.com
8b.
Re: BB bayi usia 5bln 13 hari di P13, haruskah ditambah sufor? From: Sativa Huang
8c.
Re: BB bayi usia 5bln 13 hari di P13, haruskah ditambah sufor? From: ChiciErnest
9a.
Re: Antibiotik ..Siapa Takut? From: ambar.wardhani@gmail.com

Messages

1a.

Re: (tanya) treatment untuk menggigil

Posted by: "imelda" imelda.samjkt@gmail.com   antisosial16810

Wed Dec 28, 2011 2:09 am (PST)



Jadi bisa dibilang kesimpulannya: kalaupun menggigil hebat treatment tetap spt demam biasa, selimuti/pakaian tebal, dan tidak perlu panik ya?

(Sebab kalo lihat balita dalam kondisi menggigil begitu kadang serem juga ya, hehehe)

1b.

Re: (tanya) treatment untuk menggigil

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Wed Dec 28, 2011 2:20 am (PST)



Kalau udah biasa gak serem jeung
Selimuti aja
Kelonin, pijitin, elus2, apa kek biar dia nyaman.
Obat belaian paling ampuh.

Regards,
Marcella
*sama juga ya semua ibu...saya juga kok, he2
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
1c.

Re: (tanya) treatment untuk menggigil

Posted by: "tika tk" tika_ktk@yahoo.com   tika_ktk

Wed Dec 28, 2011 2:22 am (PST)




"(Sebab kalo lihat balita dalam kondisi menggigil begitu kadang serem juga ya, hehehe)"
--> panik pasti lahh..tp harus tetep usaha rasional.. selain HT dengan kompres hangat, diselimuti, dll.. mungkin akan lebih nyaman lagi klo tambahan -> di pelukkkkkkk...angett!! :)
semoga si kecil cepet sehat lagi..

warm regards,
Tika

[Non-text portions of this message have been removed]

1d.

Re: (tanya) treatment untuk menggigil

Posted by: "Elga Soeardi" elgasoeardi@yahoo.com   elgasoeardi

Wed Dec 28, 2011 2:23 am (PST)



Mbak imel, menggigil itu perjalanan dari "demam biasa" kok.
serem? mungkin iya tp rasional harus..spt melihat anak kejang ajah. Lebih serem mana liat anak menggigil atau liat anak udah menggigil jd korban obat2an yg gak perlu?

Atala pernah kok menggigil hebat pas demam kita HT spt yg udah dsebutkan sp's td..dan bener aja abis itu suhunya lsg tinggi. Kita semaleman waspada tp gak buru2 lari k UGD karena gak ada tanda gawat darurat

Trnyata emang demam karena mau batpil lama ajah..(Demam biasa kan?)

Salam
Elga
@ elgasoeardi Sent from BlackBerry®
2a.

Re: (sehat) Mohon pencerahan Demam Flu pada anak

Posted by: "Novi" novi.lauw@yahoo.com   novi.lauw

Wed Dec 28, 2011 2:10 am (PST)



Dear mbak H.Febriana,

Mbak demam kan "berguna", jangan takut sama demam mbak. Demam berguna untuk membunuh virus nya mbak. Virus gak tahan di suhu tinggi. Jadi saya sih mikir nya ya gak apa-apa deh demam biar virus nya keok hehe

Saya sih kalau anak demam mulai meninggi ajak berendem aer anget atau skin to skin. Jangan lupa intake cairan di utamakan.

Pemberian obat penurun panas gunanya bukan buat menyembuhkan tetapi hanya untuk menyamankan anak (kalau anak nya rewel banget nget). Selama anak nya ok ok aja sih saya gak kasih obat penurun panas.

Soal dosis ibuprofen maaf saya gak ngerti mbak, saya belum pernah pake ibuprofen. saya biasa pakai paracetamol. dosis tidak berdasarkan umur tapi berdasarkan berat badan.
Di balur bawang tujuan nya biar apa ya mbak, apa gak pedes kulit nya di balurin bawang dari kepala sampai kaki?

Ke dokter tujuannya apa ya mbak? Maaf jadi balik tanya.
Demam dari senin jam 19 berarti belum 72 jam kan ya?
Klinis anak nya gimana sekarang mbak?
Intake cairan nya gimana? lancar?

Maaf kalau kurang berkenan.

Semoga lekas sembuh ya mbak untuk si kembar.

Regards
Novi

3a.

Re: Gandarusa, Pil KB Khusus Pria Siap Diproduksi

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Wed Dec 28, 2011 2:14 am (PST)



Iya oom Sativa
Ntar abis baca sharing ya
Lagi sibuk dampingin teman yang anaknya didiagnosa HPS. Bagian gandarusa oom Sativa yang urus ya, he2.

Regards,
Marcella
*sesama pengguna kalender, he2
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
4a.

Update rahma pasca operasi

Posted by: "diahutama@gmail.com" diahutama@gmail.com   diahfa

Wed Dec 28, 2011 2:20 am (PST)



Dear docs and sps,
Hari selasa minggu lalu rahma sdh menjalani operasi tahap 1.

Sebagian massa sdh diangkat sekaligus dilakukan biopsi.
Bengkak di pipi dan leher sdh berkurang 50%. Kondisi rahma stabil sampai saat ini.
Hasil biopsi kmrn sdh keluar dan rahma terdiagnosis menderita rhabdomyosarcoma (kanker jaringan otot).
Utk ke depannya rahma dijadwalkan utk menjalani proses kemoterapi.
Sebagian sumbangan sdh sy bayarkan ke RS.

Orang tua rahma menyampaikan banyak terimakasih atas bantuan dana dan doa dari semuanya.
Dan mereka terus memohon dukungan doa dari kita semua agar proses terapi selanjutnya memberikan hasil yg menggembirakan.

Ttg apa itu rhabdomyosarcoma bs dibaca disini :

http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/001429.htm


Salam,
Diah
@diahapt

Powered by Telkomsel BlackBerry®
4b.

Re: Update rahma pasca operasi

Posted by: "niken qinen" nikenqinen@gmail.com   qinen_q9

Wed Dec 28, 2011 2:38 am (PST)



Mba diah...terima kasih atas up date brt ttg Rahma.
Smg Rahma mendapat kesembuhan, amiiin...

Salam,
-Niken-

On 12/28/11, diahutama@gmail.com <diahutama@gmail.com> wrote:
> Dear docs and sps,
> Hari selasa minggu lalu rahma sdh menjalani operasi tahap 1.
>
> Sebagian massa sdh diangkat sekaligus dilakukan biopsi.
> Bengkak di pipi dan leher sdh berkurang 50%. Kondisi rahma stabil sampai
> saat ini.
> Hasil biopsi kmrn sdh keluar dan rahma terdiagnosis menderita
> rhabdomyosarcoma (kanker jaringan otot).
> Utk ke depannya rahma dijadwalkan utk menjalani proses kemoterapi.
> Sebagian sumbangan sdh sy bayarkan ke RS.
>
> Orang tua rahma menyampaikan banyak terimakasih atas bantuan dana dan doa
> dari semuanya.
> Dan mereka terus memohon dukungan doa dari kita semua agar proses terapi
> selanjutnya memberikan hasil yg menggembirakan.
>
> Ttg apa itu rhabdomyosarcoma bs dibaca disini :
>
> http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/001429.htm
>
>
> Salam,
> Diah
> @diahapt
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>
> ------------------------------------
>
> Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
> - Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal
> FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.
>
> Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland,
> dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami,
> PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>
> "Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
> =================================================================
> Milis Sehat thanks to:
> - AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS
> SEHAT 2011.
>
> Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk.
> who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi
> Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
> "SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.
>
> Kunjungi kami di (Visit us at):
> Official Web : http://milissehat.web.id/
> FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
> Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
> ==================================================================
> Donasi (donation):
> Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
> Bank Mandiri
> Cabang Kemang Raya Jakarta
> Account Number: 126.000.4634514
> ==================================================================Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>

--
Sent from my mobile device

4c.

Re: Update rahma pasca operasi

Posted by: "Elga Soeardi" elgasoeardi@yahoo.com   elgasoeardi

Wed Dec 28, 2011 2:42 am (PST)



Insya Allah banyak doa dan rejeki terus mengalir buat rahma ya di..sehingga bayi munggil ini bisa benar2 sembuh

Salam
Elga
@ elgasoeardi Sent from BlackBerry®
4d.

Re: Update rahma pasca operasi

Posted by: "tika tk" tika_ktk@yahoo.com   tika_ktk

Wed Dec 28, 2011 2:51 am (PST)



Dear Mba Diah,

terima kasih update info nya ttg rahma..
semoga segala urusan dilancarkan..rejeki mengalir terus.. rahma bisa lekas pulih dan sehat tanpa kurang suatu apapun..aminn.

warm regards,
Tika

[Non-text portions of this message have been removed]

4e.

Re: Update rahma pasca operasi

Posted by: "Dita Parakitri" anindita.parakitri@yahoo.com   anindita.parakitri

Wed Dec 28, 2011 2:58 am (PST)



Thanks update-nya ya.
Insya Allah doa dan rizki terus mengalir agar Rahma dapat menjalani pengobatan sampai benar2 sembuh. Amin.

Titip cium buat Rahma ya, Di.
Salam,
Dita
@DitaParakitri

Sent from Malik'sMomBerry®
4f.

Re: Update rahma pasca operasi

Posted by: "diahutama@gmail.com" diahutama@gmail.com   diahfa

Wed Dec 28, 2011 3:10 am (PST)



Elga,niken,tika dan dita serta semuanya..
Terimakasih banyak.
Doa dan dukungan moral dr kita semua sangat menguatkan ortunya.

OOT,msh terbayang masuk bangsal rahma isinya banyak anak2 pasca operasi usus, apa ini salah satunya bs disebabkan krn MPASI yg terlalu dini?

Salam,
Diah
@diahapt

Powered by Telkomsel BlackBerry®
4g.

Re: Update rahma pasca operasi

Posted by: "fifiejohan@yahoo.com" fifiejohan@yahoo.com

Wed Dec 28, 2011 3:16 am (PST)



Mba Diah,
Sori karena saya tidak mengikuti dari awal, gejalanya apa ya?

Τĥªήќ y☺ũ .. °⌣°
Fifie

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: diahutama@gmail.com
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Wed, 28 Dec 2011 11:10:51
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Update rahma pasca operasi

Elga,niken,tika dan dita serta semuanya..
Terimakasih banyak.
Doa dan dukungan moral dr kita semua sangat menguatkan ortunya.

OOT,msh terbayang masuk bangsal rahma isinya banyak anak2 pasca operasi usus, apa ini salah satunya bs disebabkan krn MPASI yg terlalu dini?

Salam,
Diah
@diahapt

Powered by Telkomsel BlackBerry®

------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links

4h.

Re: Update rahma pasca operasi

Posted by: "diahutama@gmail.com" diahutama@gmail.com   diahfa

Wed Dec 28, 2011 3:21 am (PST)



Mba fifie,
Rahma,baby usia 6bln,dr umur sebulan awalnya ada benjolan kecil di leher atas dekat telinga,
Makin lama makin besar sampe sblm operasi kmrn besarnya hampir sama dg kepala nya.

Awalnya diagnosa limphoma
Melihat hasil ct scan berharapnya itu jinak.
Ternyata dr hasil biopsi diketahui ada keganasan yg mengarah ke diagnosis rhabdomyosarcoma (kanker jaringan otot)..cmiiw ya docs dan SPs.

Minggu lalu sdh operasi.

Mohon doanya ya mba.

Salam,
Diah
@diahapt

Powered by Telkomsel BlackBerry®
4i.

Re: Update rahma pasca operasi

Posted by: "fifiejohan@yahoo.com" fifiejohan@yahoo.com

Wed Dec 28, 2011 3:40 am (PST)



Mba Diah,

Pasti saya akan doakan supaya baby rahma sehat selalu selesai operasi. Btw dioperasi dimana ya?

Salam,
Fifie
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
5a.

Re: Ruam merah d leher

Posted by: "Novi" novi.lauw@yahoo.com   novi.lauw

Wed Dec 28, 2011 2:21 am (PST)



Dear mbak ursula,

Mbak apa Ichi baru mencoba jenis makanan baru?
Sudah browsing urticaria/hives?

Maaf kalau gak bantu.

Regards
Novi

6a.

Re: Ragu istilah : hypertropic pyrolic sinosis

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Wed Dec 28, 2011 2:44 am (PST)



Jeung Niken
Tks a lot yaaa

Regards,
Marcella
*peluk...terharuuu
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
7a.

Re: Tanya : Diare Berulang Sudah 14 Hari

Posted by: "Devi" devi_ksari@yahoo.com   devi_ksari

Wed Dec 28, 2011 2:47 am (PST)




Mba Chici sebelumnya terima kasih banyak atas replynya.

Iya ini dari tadi juga terus baca2 ttg diare/ BAB berulang.

Oiya benar pemilihan kata saya salah ya, bahwa Diare itu lebih dr 6x tanpa ampas, sementara yg tjd pada Raffi pupnya bisa 6-7x dengan konsistensi yang lembek masih ada ampas. Mungkin saya ganti kata diare dengan BAB ya...

Sampai sore ini BAB-nya sudah 5x. hari 2 pertama sudah sempat saya rayu2 minum pharolit tapi baru seruput sedikit langsung ditolak mentah2 sama anaknya, malah ngamuk2 setiap kali saya bawain gelasnya. Untungnya karena BAB-nya juga tidak cair (bukan kategori diare ya) makanya pharolitnya blom saya kasih lagi. dan anaknya pun so far tetep ceria dan ngga loyo.

Yang jadi pikiran saya sebenarnya BAB yang sering ini penyebabnya karena apa? Kalau dr hasil lab sabtu lalu spt-nya infeksi virus, krn tdk mengarah ke bakteri / amuda, sudah sempat sembuh3 hari (BAB hanya 1-2x sehari) tapi hari ini berulang lagi BABnya.

Kalau untuk zinc, dr DSA sendiri disarankan untuk diteruskan selama 10 hari. Dan untuk dialac saya masih tunggu jawaban dr DSA apakah dgn kondisi skrg yang kembali BAB berulang apakah perlu diberikan kembali atau tidak. Saya terus obeservasi mba. Makanannya akan saya coba diet BRATY, krn waktu konsul jumat kemaren pun katanya tidak perlu pantang makanan atau susu. Cuma saya bingung penyebabnya apa kenapa hari ini berulang lagi? dan sudah masuk 14 hari (walau di hari 9-12 sudah sembuh).

Kalau untuk efek antibiotik Cesfam (5 hari, terakhir tgl 7 Des, dan Zibramax terakhir minum tgl 10 Des). Waktu itu Raffi didiagnosis radang tenggorokan, hasil tes darah hari ke-5 lekosit 15.000, adenoid membesar & merah krn tiba2 ketika tidur siang & malam ngorok kencang bgt dlm berbagai posisi tidur, tarikan napas di dada turun naik kuat.Saya panik bgt waktu itu karena ngga pernah sebelumnya Raffi tidur ngorok segitu kencangnya. sampe2 ada ludah ngumpul di mulutnya. Waduuh maaf jadi melebar kemana 2 ceritanya. Dan dikasih obat semprot hidung Nasonax.

Terima kasih,

Devi

--- In sehat@yahoogroups.com, "ChiciErnest" <chici.ernest@...> wrote:
>
> Mom Devi,
>
> Hari ini sedang ada thread yg sama ttg diare. Coba di baca2 lagi.. :)
>
> Coba bantu yaa..
>
> 1. Yg dinamakan diare adalah: BAB >6x sehari tanpa ampas. Jd kalau konsistensi feses lembek masih berampas namanya. (Cmiiw)
>
> 2. Isi dr dialac apa? Diagnosa dokter apa? Kalau gastroenteritis disebabkan virus no need obat2an.
>
> 3. Tata laksana gastroenteritis (GE) hanya oralit. Apakah sudah diberikan oralit?
>
> 4. Behaviour anak gmn? Kalau baik2 saja.. Insya Alloh aman mbak. Jgn berpatokan pd hasil lab krn kita tdk mengobati hasil lab..
>
> 5. Efek samping AB (cefspan): diare. Coba cari email mbak Monik ttg re-post email dr. Wati judulnya: Antibiotik? Siapa takut?
>
>
>
> Regards,
> @chiciernest
>

7b.

Re: Tanya : Diare Berulang Sudah 14 Hari

Posted by: "Devi" devi_ksari@yahoo.com   devi_ksari

Wed Dec 28, 2011 2:49 am (PST)




Mba ARy, terima kasih banyak replynya. Iya ini saya kan baca2 link-nya mba.

Devi

--- In sehat@yahoogroups.com, ary ratna santika <arsantika@...> wrote:
>
> Mbak devi, dibaca di imelnya klo memang diare ko gak dikasih oralit ya??
> Kan pertolongan pertama ketika diare adalah oralit, karena yg paling
> bahaya dari diare adalah dehidrasi. Jadi point penting ketika diare adalah
> minum cairan yg banyak (oralit).
>
> Seputar diare secara lengkap dibahas di : http://milissehat.web.id/?p=511
>
> ada jg yg membahas ttg zinc: http://milissehat.web.id/?p=1868
>
> ada jg yg membahas ttg probiotik: http://milissehat.web.id/?p=1865
>
> silakan dibaca-baca dulu mbak...
>
> 1. apakah Dialac perlu diberikan kembali ?
> 2. apakah ini infeksi virus atau jika sudah lebih dr 14 hari pemeriksaan
> lanjutan apa sajakah untuk melihat ada gangguan pencernaan atau sisa
> bakteri terdahulu
>
> Oiya untuk pup-nya yg lembek sudah coba diet BRATY (Banana, Rice, Apple,
> Toast, Yogurt) ??? diet ini berfungsi untuk memadatkan feses. Untuk
> pertanyaan No 1 dan 2,mungkin bisa dicoba dulu diet BRATY-nya sebelum tes
> macem2 lagi.
>
> Trus yg ada yg mau sy highlight:
> Anak saya memang sudah 2 bulan bolak balik sakit batuk pilek, sempat radang
> tenggorokan dan minum antibiotik selama 7 hari (Cesfam 5 hari & Zibramax 2
> hari), tapi itu kira2 3 minggu yang lalu.
>
> Batuk pilek kan sudah jelas karena virus,jadi tidak perlu antibiotik. Untuk
> lebih jelasnya mengenai common cold (batuk pilek),pengaruh pemberian
> antibiotik yg tidak tepat, dsb, bisa digoogling ato diliat di arsip milis.
>
> Semoga berkenan ya mbak....
> best regards,
>
>
> ary
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>

7c.

Re: Tanya : Diare Berulang Sudah 14 Hari

Posted by: "ChiciErnest" chici.ernest@gmail.com

Wed Dec 28, 2011 3:25 am (PST)



Mbak Devi,

Oke,, berarti kondisi saat ini anaknya ceria yaa.. Hanya BAB yg sering. Karena bukan diare & tidak ada demam, behaviour anak ceria.. Dialac kyknya gk perlu yaa.. Zinc juga tdk perlu. Krn tata laksana zinc diberikan apabila diare dlm kondisi gizi buruk.

Patokan kekhawatiran harusnya behaviour anak bukan BABnya. Kecuali diare berdarah, baru butuh tes lab & kalau positif disentri terapi AB.

Selama anaknya ceria.. Berarti baik2 aja mbak. ^^

Regards,
@chiciernest

7d.

Re: Tanya : Diare Berulang Sudah 14 Hari

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Wed Dec 28, 2011 3:47 am (PST)



Dear Mba Devi,

Menambahi Mba Chichi ya...
Sekilas saya tangkap klinis/behaviour anak baik ya? Maaf umur berapa anaknya? Bagaimana pola makan n minum sehari2 ?

Soal Zinc sudah dibantu Mba Chi..
Soal Dialac :

Kandungannya bermacam2,salah satunya bakteri baik which is sudah ada di dalam tubuh/organ pencernaan kita ya..

http://www.mims.com/Indonesia/drug/info/Dialac/Dialac%20powd%20for%20oral%20liqd

Makan minum normal masih mau kan? Pharolit boleh ditawarkan, coba bekukan, bikin kristal es, emut2..

Sekilas soal radang tenggorokan. Sudah pernah baca2 soal sore throat vs strep throat? Untuk penegakannya yg strep perlu didukung Swab tenggorok?

Yuuk baca2 lagi, saya baru saja posting kemaren soal : Antibiotik, Siapa takut? Mungkin bisa menambah bahan diskusi dengan dr / dsa anak2 Mba.

Maaf kalau ada yg kurang berkenan

F.B.Monika

8a.

BB bayi usia 5bln 13 hari di P13, haruskah ditambah sufor?

Posted by: "dinovianthi@gmail.com" dinovianthi@gmail.com

Wed Dec 28, 2011 2:54 am (PST)



Dear doktor n smart parents yth

Mohon maaf banget ya kalo treat BB bayi ini sering dibahas, tp sy bener2 lg bingung n hasil dr ngoprek file milis (ttg gagal tumbuh maupun BB bayi blum dpt jawaban)

10 hr lalu anak sy imunisasi skaligus timbang. Pd usia 5 bln 2 hari beratnya 5,9 menurut dsa nya kurang gizi harus mulai makan. Smpai saat ini anak sy asi exclusif

Sy cari second opinion, mnurut dsa 2 ini memang gizi kurang. Asupan asinya harus ditambah jd 1400 cc perhari. Dlm sminggu harus naik 250 gr, kalau tdk naik harus nambah sufor yg kalorinya 85 kal/cc.
Nah pg ini timbang berat faiza naik 220 gr, jd 6172 gr. Sy konfirm ke dsa nya .. Tetep disarankan sufor krn kenaikannya kurang

Mohon masukan ya sp .. Apa harus sy tmbhkan sufor ? Pdhal 2 mggu lg sudh mpasi. Prkembangan motorik anak baik dan anaknya cukup aktif

Riwayat BB
- lahir BB 3,3 kg P 55,8 TB 49 P 46.8
- 1 bln 10 hr BB 4.1 kg P23.8
- 2 bln 8 hr BB 4.7 kg P16.3
- 3 bln 7 hr BB 5.3 kg P16.8
- 5 bln 2 hr BB 5.95 kg P 9.5 TB 67 cm P94.6
- 5 bln 13 hr BB 6.17 kg P 13.1

Mohon masukan ya

Thanks
Dian
Sent from my HP Jadull
8b.

Re: BB bayi usia 5bln 13 hari di P13, haruskah ditambah sufor?

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Wed Dec 28, 2011 3:29 am (PST)



Hi Mom,
Saya plot data di WHO Anthro juga, dan upload di sini, biar bisa dibahas
bersama, semoga nggak keberatan:

http://ypc-riau.sch.id/BB2.pdf
http://ypc-riau.sch.id/TB.pdf

TB di persentil 90.6 dan BB dipersentil 13.4, jadi anak pasti kelihatan
kurus.
Lahir 3.5 kg, setelah beberapa hari mestinya terjadi penurunan, bisa hingga
10%. Jadi menilai kenaikan BB tidak bisa menggunakan 3.5 kg, mestinya pakai
yang sudah turun.

Dokter menilai kurang gizi dari mana?
Setahu saya ada kriteria medisnya, sehingga dibilang kurang gizi.

Berdasarkan kurava, dari usia 1 bulan hingga sekarang terlihat penambahan
BB relatif stabil, meskipun ada kecenderungan menurun.

Apakah bayi bisa abiskan 1,4 L ASI?
Yang saya tahu rata-rata asupan asi untuk anak 1-6 bulan adalah 750-950 mL,
1,4 L sepertinya angka yang fantastis, tapi kalau bisa, tentunya baik untuk
penambahan BB-nya. 1 minggu tambah 220g bagus banget, jika bisa bertambah
170g per minggu sudah oke. Menurut saya 250g nggak berbeda nyata dengan
220g. :)

Pemberian MPASI dini juga tidak akan membantu, karena biasanya ASI akan
lebih bergizi dan porsi makan anak juga kecil pada awal MPASI, selain itu
ASI tetap menjadi yang utama pada tahun pertama.

Kecuali asi tidak cukup, sehingga asupan kalori kurang, maka perlu
dipikirkan apakah perlu diberikan sufor.
Jika ASI bukan masalah/cukup, maka pendapat saya: tetap asi dan ngenjot
ASI-nya, MPASI juga sesuai jadwal, nggak perlu dimajuin.

Salam,

[Non-text portions of this message have been removed]

8c.

Re: BB bayi usia 5bln 13 hari di P13, haruskah ditambah sufor?

Posted by: "ChiciErnest" chici.ernest@gmail.com

Wed Dec 28, 2011 3:36 am (PST)



Nambahin pak Sativa ya mbak Dian.. :) pola makan ibunya gimana? Apakah gizi busui-nya terpenuhi? Sesuai dgn piramida makanan?

Setuju dgn pak sativa.. MPASI tidak menyelesaikan masalah krn dibawah 1thn tetap ASI yg diutamakan krn ASI meng-cover 70-80% kebutuhan gizi bayi.

Maaf kalau kurang membantu

Regards,
@chiciernest

9a.

Re: Antibiotik ..Siapa Takut?

Posted by: "ambar.wardhani@gmail.com" ambar.wardhani@gmail.com   arw_ville

Wed Dec 28, 2011 3:39 am (PST)



Ijin copas juga ya mba :)
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
Recent Activity
Visit Your Group
Sitebuilder

Build a web site

quickly & easily

with Sitebuilder.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Yahoo! Health

Achy Joint?

Common arthritis

myths debunked.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: