Wednesday, December 28, 2011

[sehat] Digest Number 16802

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1.
[Tanya] ASI agak keruh dan lengket From: nunu enha
2a.
Re: (Tanya) kontrasepsi From: Yeptirani Syari
3a.
Re: Tanya hasil Screening ADB From: Yeptirani Syari
4a.
Re: Gandarusa, Pil KB Khusus Pria Siap Diproduksi From: Qiqie Mama Nayla
4b.
Re: Gandarusa, Pil KB Khusus Pria Siap Diproduksi From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
4c.
Re: Gandarusa, Pil KB Khusus Pria Siap Diproduksi From: Sativa Huang
4d.
Re: Gandarusa, Pil KB Khusus Pria Siap Diproduksi From: arianyhy@gmail.com
5.1.
Re: Apakah anakku diare lagi? From: tika tk
6a.
Re: [news] New mothers ignore breastfeeding guidelines From: Yeptirani Syari
7.
[news] 60 Persen Bayi di Kota Kediri Tanpa ASI From: /ghz
8.
[news]  Bulan Cegah Kanker Serviks Diluncurkan From: /ghz
9.
[news]  Jangan Malu Periksa Serviks From: /ghz
10.
[news] Kanker Payudara, Terbanyak di Indonesia From: /ghz
11.
[news]  Tetap Bugar saat Pergantian Tahun From: /ghz
12.
[news]  5 Jurus Baru Berhenti Merokok From: /ghz
13.
[news]  Kanker Hantui Anak dari Ayah Perokok From: /ghz
14.
Hypertrophic Pyloric Stenosis (HPS)was :: Ragu istilah : hypertropic From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
15a.
Tanya : Diare Berulang Sudah 14 Hari From: Devi
15b.
Re: Tanya : Diare Berulang Sudah 14 Hari From: ary ratna santika
15c.
Re: Tanya : Diare Berulang Sudah 14 Hari From: ChiciErnest
16a.
Re: Penggunaan Shampoo dan krim creambath bagi ibu hamil From: Novi
17a.
(tanya) treatment untuk menggigil From: imelda
17b.
Re: (tanya) treatment untuk menggigil From: wulan
17c.
Re: (tanya) treatment untuk menggigil From: Siska
17d.
Re: (tanya) treatment untuk menggigil From: niken qinen

Messages

1.

[Tanya] ASI agak keruh dan lengket

Posted by: "nunu enha" nunumedia@gmail.com

Wed Dec 28, 2011 12:39 am (PST)



dear Docs & SPs,

Maaf klo sblmnya prnh ditanyakan, begini:
Sy busui Kirana 21 bln dan bumil 14 minggu. Barusan sy perah asi tapi
sy baru ngeh (duhh kata yg tepat apa ya?) klo asi sy trnyta warnanya
agak keruh (maaf, spt nan*h tp tdk terlalu kuning ya) tdk putih spt
biasanya dan wkt sy pegang tekturnya kental dan lengket.
Oia, bbrp hari ini daerah sktr aerolanya kering+gataaal. Anakku tdk
mau nenen lsg tp hanya sesekali dia tempel aja ke mulutnya.
Mohon bantuan info atau sharingnya, kira2 knp ya?
Terima kasih sblmnya :)

Cheers,
Nunu

--
Sent from my mobile device

2a.

Re: (Tanya) kontrasepsi

Posted by: "Yeptirani Syari" sehat.syari@gmail.com

Wed Dec 28, 2011 12:42 am (PST)



yang boros pembalut.. ayo..ayo.. kaian ibu pertiwi, ganti dengan pembalut
kain modern (washable menspad)... kalo mo beli cari aja sendiri di OS-OS
langgangan yak! aku gak juwalan soalnya, tapi pengguna...

lumayan, makin dicintai ibu pertiwi karena gak nyumbang sampah pembalut
lagi.. hihihi...

*jadi inget kali Surabaya yang 15% sampahnya adalah sampah pembalut wanita
dan pospak*

OOT agak nyambung :p

--
Yeptirani Syari, ~Dandanya Zee~
"kalo mo japri, ke *y.syari@gmail.com* ajah... biar gak nyelip :p"

[Non-text portions of this message have been removed]

3a.

Re: Tanya hasil Screening ADB

Posted by: "Yeptirani Syari" sehat.syari@gmail.com

Wed Dec 28, 2011 12:45 am (PST)



owh.. oke deh kalo gitu..

Zimam, kita masih harus berjuang nak!!! :)

--
Yeptirani Syari, ~Dandanya Zee~
"kalo mo japri, ke *y.syari@gmail.com* ajah... biar gak nyelip :p"

[Non-text portions of this message have been removed]

4a.

Re: Gandarusa, Pil KB Khusus Pria Siap Diproduksi

Posted by: "Qiqie Mama Nayla" deswita.nashwa@gmail.com   rizkie3

Wed Dec 28, 2011 12:48 am (PST)



ngakak baca komennya pa'e..

mba ami, waktu pake IUD sampe ga bisa senyuum ya? pake kondom aja saya udah
susah senyum.

qiqie
*di luar hujan deras, di dalam hujan lokal.. bocoooor...

[Non-text portions of this message have been removed]

4b.

Re: Gandarusa, Pil KB Khusus Pria Siap Diproduksi

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Wed Dec 28, 2011 1:48 am (PST)



Oom sativa :
Bener nih gak mau di baca sama istri ?
Pan ditulis di situ : The study also notes that some men experienced a boosted sexdrive after taking the pill
He2...bonus tuh.

Pak E
Eh, ini ideh bagus gak, ntu petani tembakau disuruh ganti tanam gandarusa aja kali ya ? Berkah pengganti musibah kan namanya. Coba colek2 Bu Endang, kali aja stuju, pasal RUU tentang rokok bisa aman dan gak raib lagi deh, he2

Soal :
> yasudahlah... pake KB "diatur si ayah" deh==> buruan bu di patenken nih produk...jangan sampai keduluan negeri tetangga. :

Kayaknya gak semua ayah mau kooperatif. Lagian gak populer buat pria konservatif, jadi tetangga belum tentu mau, he2. Gak perlu paten kayaknya.

Regards,
Marcella
*lucu nih tread
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
4c.

Re: Gandarusa, Pil KB Khusus Pria Siap Diproduksi

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Wed Dec 28, 2011 1:54 am (PST)



> Oom sativa :
> Bener nih gak mau di baca sama istri ?
> Pan ditulis di situ : The study also notes that some men experienced a boosted sexdrive after taking the pill
> He2...bonus tuh.

Hehehe,
Tambah satu lagi alasan nggak boleh dibaca ama istri. :)
Wah, obatnya terkesan serba bisa. Jadi ingin baca hasil penelitiannya.

Salam,

4d.

Re: Gandarusa, Pil KB Khusus Pria Siap Diproduksi

Posted by: "arianyhy@gmail.com" arianyhy@gmail.com   ariany_hy

Wed Dec 28, 2011 1:59 am (PST)



Agak2 serem pake pil hormonal ya..
Soalnya baca2 ada efek samping apalagi kalo pil hormonal wanita, kl ada bibit kanker payudara pil kb bisa memicu (duh maaf ga bs kasi link soalnya signal sos mulu).
Kalo liat di box warning biasanya ada sih warningnya :(

Jadi skrg pake kalender+ kondom aja.. Moga2 ga kejadian spt tempo hari yg menghasilkan anak kedua haha...

Pil kb utk pria, kayanya suami jg ga bakalan teratur kl disuruh minum, plus efek sampingnya jg masih blm tau ya...

*takut pake iud,serem kb hormonal, ya sud paling aman lah*

Regards,

Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
5.1.

Re: Apakah anakku diare lagi?

Posted by: "tika tk" tika_ktk@yahoo.com   tika_ktk

Wed Dec 28, 2011 12:51 am (PST)



Dear Mba Tatum,

berarti kalau aku baca anak mba udah MPASI ya.. diet BRAT(Y) mba? sudah diberikan belum ya mba? *maaf lagi kalau udah pernah dibahas :|
akur sama mba Tatum, emang susahh kalau lagi dapet ujian trus ga ada tempat
tukar pikiran dan susahh/riweuhh mau buka2 link yang dikasi SPs..
been there.. :) cuma jadi pelajaran aja.. kalau belajar emang jangan pas ujian..hehe..

sekarang observasi terus.. terutama klinis anak nya.. Zinc sepertinya ngga perlu kalau udah MPASI ya.. HT nya diterusin ya mba.. :)

semoga si kecil lekas sembuh ya.jangan terlalu panik.. ntar malah over treatment..

warm regards,
Tika
*kelamaan ga mampir ke milis sehat :(

[Non-text portions of this message have been removed]

6a.

Re: [news] New mothers ignore breastfeeding guidelines

Posted by: "Yeptirani Syari" sehat.syari@gmail.com

Wed Dec 28, 2011 12:51 am (PST)



Mbak epik...

syukurlah kalo di kantor pemerintah sudah ada yang bikin nursing room :)
berarti sudah mulai konsisten sama ASI eksklusif 6 bulan dan ASI lebih baik
daripada susu formula... :)

semoga kantor2 lain nyusul ya mbak.. :)
at least.. smoking room T_T

--
Yeptirani Syari, ~Dandanya Zee~
"kalo mo japri, ke *y.syari@gmail.com* ajah... biar gak nyelip :p"

[Non-text portions of this message have been removed]

7.

[news] 60 Persen Bayi di Kota Kediri Tanpa ASI

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Wed Dec 28, 2011 12:59 am (PST)



60 Persen Bayi di Kota Kediri Tanpa ASI

Jum'at, 23 Desember 2011 00:45:46 WIB
Reporter : Nanang Masyhari

Kediri (beritajatim.com) - Tingkat kesadaran ibu menyusui terhadap
bayinya di Kota Kediri masih rendah. Terbukti, dari hasil penelitian
yang dilakukan Forum peduli Air Susu Ibu (ASI) Kota Kediri, sedikitnya
600 dari seribu ibu melahirkan di Kota Kediri, tidak memberikan ASI
eksklusif kepada bayinya.

Seperti dijelaskan Ketua forum peduli ASI Kota kediri Sulaimi Putra,
banyaknya ibu tidak menyusui bayinya karena kesibukan pekerjaan. Para
ibu cenderung menggunakan susu forumula kemasan sebagai pengganti ASI
karena dinilai lebih praktis. Para ibu yang tidak memberikan ASI
eksklusif kepada bayinya mulai usia nol sampai enam bulan rata-rata
bekerja sebagai buruh pabrik.

"Rata-rata kesibukan ibu menjadi faktor utama mereka tidak mau
memberikan ASI eksklusif kepada bayinya," ujarnya, Kamis (22/12/2011).

Berdasarkan data forum peduli ASI Kota Kediri, tingkat kesadaran ibu
menyusui eksklusif tahun ini sekitar 40 persen. jumlah itu tergolong
tinggi dibanding tahun kedasaran ibu tingkat nasional yang hanya sekitar
18 persen.

Sulaimi putra menghimbau para ibu tidak takut memberikan asi eksklusif
kepada bayinya dan menghindari susu formula kemasan sampai bayi berusia
diatas enam bulan. "Kami berharap adanya kesadaran para ibu agar
memberikan ASI eksklusif, karena dengan mmberikannya ASI, akan terhindar
dari segala macam penyakit yang diderita sang anak," harapnya. [nng/but]

http://www.beritajatim.com/detailnews.php/11/Pendidikan_&_Kesehatan/2011-12-23/121660

Salam ASI
http://asiku.wordpress.com
--
"Knowing is not enough, We must apply. Willing is not enough, We must
do."--Goethe

8.

[news]  Bulan Cegah Kanker Serviks Diluncurkan

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Wed Dec 28, 2011 1:03 am (PST)



fyi

Untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat, khususnya kaum perempuan
terhadap bahaya kanker serviks, Dinas Kesehatan DKI Jakarta meluncurkan
Bulan Cegah Kanker Serviks, pekan lalu. Acara ini dihadiri Ketua Panitia
Bulan Cegah Kanker Seviks (BCKS) dr Laila Nuranna SpOG (K), Ketua
Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Prof Dr dr Nila Moeloek SpM(K), serta
Ketua Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dr Ari Kusuma
SpOG.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emawati, mengatakan kegiatan
ini diharapkan bisa mendeteksi kanker serviks pada enam ribu wanita di
seluruh DKI Jakarta. Program BCKS dilaksa nakan dari 20 Desember 2011
hingga 15 Januari 2012. Pasien dilayani mulai pukul 08.00 WIB sampai
12.00 WIB di 34 titik layanan yang berada di 25 puskesmas, tiga kantor
YKI yaitu YKI Pusat-Menteng, YKI DKI Sunter, YKI Lebak Bulus, dan enam
jaringan RS Budi Kemuliaan. “Layanan ini digratis kan bagi masyarakat,”
kata Dien.

Agenda BCKS, lanjutnya, merupakan pilot project tahap dua. Sebelumnya
pernah dilakukan hal yang sama di Bali. Salah satu bentuk pencegahan
yang bisa dilakukan adaah Deteksi Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).
Cara ini dinilai akurat dalam mencegah terjadinya kanker serviks.
Tingkat keakuratannya mencapai 90 persen. “IVA juga tergolong murah
karena menggunakan asam asetat dengan kadar tiga sampai lima persen,”
imbuh Dien.

Ketua YKI, Prof Dr dr Nila Moeloek SpM(K), mengatakan apabila program
pencegahan ini berhasil maka akan diterapkan di seluruh Indonesia. â–  c11
ed: anjar fahmiarto

http://republika.pressmart.com/PUBLICATIONS/RP/RP/2011/12/27/ArticleHtmls/Bulan-Cegah-Kanker-Serviks-Diluncurkan-27122011028021.shtml?Mode=1

Indonesia Lakukan Studi Tentang Kanker

Indonesia menjadi negara pertama yang memulai fase II studi Action
(ASEAN Costs in Oncology). Peluncuran studi ini dilakukan di Jakarta,
beberapa waktu lalu. Acara ini dihadiri oleh Menteri Kesehatan Endang
Rahayu Sedyaningsih.

Endang mengatakan, studi ini dilatarbelakangi belum adanya data pasti
akibat yang ditimbulkan oleh kanker. Terutama dari segi ekonomi.

Padahal penelitian tentang hal tersebut penting untuk bahan pengambil
keputusan. “Penelitian ini diharapkan bisa mengetahui berapa biaya yang
dikeluarkan pasien dan keluarganya.

Hal ini tentu bisa jadi pertimbangan penyusunan rencana berdasarkan
fakta meliputi upaya promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, dan
paliatif,“ katanya.

Dijelaskan Endang, program studi Action ini melibatkan 2.400 pasien dari
12 rumah sakit pusat (RS) kanker seluruh Indonesia. Yaitu RS Dharmais,
RSCM, RS MRCCC, RS Medistra, RS Hasan Sadikin, RS Karyadi, RS Sardjito,
RS Dr Soetomo, Klinik Onkologi, RS Sanglah, RS Wahidin Soedirohusodo,
dan RS Adam Malik. Studi dilakukan selama satu tahun, yaitu dari Januari
2012 hingga Januari 2013.

Kriteria pasien yang disurvei adalah yang didiagnosa terkena kanker
selama enam bulan terakhir, pasien di 12 rumah sakit pusat kanker, dan
berumur lebih dari 18 tahun. Pasien juga diharapkan memiliki kualitas
hidup yang baik, bisa berpatisipasi aktif, dan tidak diikutkan dalam uji
klinik pengobatan.

c11 ed: anjar fahmiarto

http://republika.pressmart.com/PUBLICATIONS/RP/RP/2011/12/27/ArticleHtmls/Indonesia-Lakukan-Studi-Tentang-Kanker-27122011028022.shtml?Mode=1

Deteksi Kanker Serviks di Puskesmas

DETEKSI dini kanker serviks dengan metode inspeksi visual asam asetat
(IVA) bisa diperoleh secara gratis di 34 titik layanan di wilayah DKI
Jakarta, menyusul Program Bulan Cegah Kanker Serviks (BCKS), yang
diluncurkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kamis (22/12).

Ke-34 titik layanan gratis itu tersebar di 25 Puskesmas, 3 kantor YKI di
Menteng, Sunter, dan Lebak Bulus, serta 6 jaringan Rumah Sakit Budi
Kemuliaan.

Pelayanan akan dilakukan pada periode 20 Desember 2011 hingga 15 Januari
2012, dari pukul 08.00­12.00 WIB.

Laila Nuranna, Ketua Panitia Program BCKS, menjelaskan deteksi dini
kanker serviks dapat dilakukan dengan tes pap smear atau IVA. Metode IVA
terbukti baik, cost effective, dan dapat dilakukan di daerah-daerah di
Indonesia secara luas.

“Karena hanya memerlukan peralatan sederhana, biaya sangat rendah dan
dapat dilakukan oleh dokter umum, bidan, bahkan perawat terlatih,“
ungkapnya.

Metode IVA dilakukan dengan cara mengoleskan asam asetat/cuka dapur yang
diencerkan (3%-5%) ke serviks untuk melihat kondisi serviks.

Jika ditemukan kelainan prakanker (IVA positif), dengan izin sang suami
perempuan yang terkena dapat langsung ditangani dengan krioterapi.

Kanker serviks merupakan salah satu kanker yang menjadi ancaman bagi
perempuan di Indonesia. Di Indonesia, setiap 1 jam, seorang perempuan
meninggal akibat kanker serviks. Semua berisiko Lebih dari 70% perempuan
memeriksakan diri ketika sudah berada pada stadium lanjut sehingga
mengakibatkan kematian. Itu karena kanker serviks tidak menimbulkan gejala.

Semua perempuan berisiko terkena kanker serviks.

Kanker serviks menimbulkan beban yang sangat besar bagi kaum perempuan
Indonesia. Padahal kanker ini sangat dapat dicegah. Pencegahan primer
kanker serviks dilakukan dengan edukasi/sosiali sasi dan vaksinasi.
Pencegahan sekunder bisa dilakukan dengan deteksi dini kanker serviks
untuk mengetahui dan menangani kondisi prakanker.

Sejumlah organisasi yang turut membantu menyukseskan program ini adalah
Female

Cancer Program Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Inisiatif
Pencegahan Kanker Serviks Indonesia (Ipkasi), Pemprov DKI Jakarta, PKK
DKI Jakarta, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Pusat, YKI DKI, Perhimpunan
Obstetri Ginekologi Indonesia DKI Jakarta, Himpunan Onkologi Ginekologi
Indonesia (HOGI), serta Kementerian Kesehatan.

“Kami menyambut baik koalisi berbagai pihak ini demi mewujudkan
cita-cita pencapai an target 1,4 juta perempuan penduduk Jakarta yang
diperiksa untuk mendeteksi dini kanker serviks di tahun 2017,” ungkap Dr
Dien Emawati MKes, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Program ini ditargetkan da pat menjangkau sedikitnya 6.000 perempuan di
DKI Jakarta.

Ketua Ipkasi Prof Dr dr M Farid Aziz SpOG(K) menyatakan ini adalah upaya
untuk menyadarkan perempuan Indonesia akan bahaya kanker serviks.

“Pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Pemeriksaan dini harus
menjadi inisiatif perempuan sendiri dalam melindungi dirinya dari
terkena kanker serviks yang mematikan,” sebutnya. (*/S-5)

http://pmlseaepaper.pressmart.com/mediaindonesia/PUBLICATIONS/MI/MI/2011/12/28/ArticleHtmls/Deteksi-Kanker-Serviks-di-Puskesmas-28122011026019.shtml?Mode=1

9.

[news]  Jangan Malu Periksa Serviks

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Wed Dec 28, 2011 1:04 am (PST)




*Hampir setiap jam wanita Indonesia meninggal akibat kanker serviks.

Padahal biaya pendeteksiannya sangat murah.

*

Asnah, sebut saja begitu, merasa hidup sehat dan baik-baik saja selama
ini. Ia juga tidak suka "jajan" selama pernikahannya.

Tapi, dua bulan lalu, petir serasa menyambar kepalanya: Asnah terdeteksi
kanker serviks atau kanker mulut rahim.

"Saya hampir saja mengira, kalau bukan saya, jangan-jangan suami saya
yang suka jajan," ujar Asnah. Perempuan berusia 45 tahun ini mengaku,
kehidupan pernikahannya dengan sang suami selama 26 tahun selalu
berjalan harmonis.

Asnah terdeteksi kanker serviks setelah menjalani pemeriksaan sederhana
di puskesmas di dekat tempatnya tinggal. Metodenya sederhana, hanya
menggunakan asam asetat. Metode ini dikenal dengan sebutan inspeksi
visual dengan asam asetat (IVA)."Seharusnya saya dari dulu melakukan tes
ini, tidak perlu malu," kata Asnah dalam peluncuran "Bulan Cegah Kanker
Serviks" di Puskesmas Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis lalu.

Perasaan malu adalah masalah terbesar perempuan Indonesia untuk
memeriksakan diri ke dokter atau puskesmas terdekat guna menjalani
deteksi dini kanker servis. Kanker jenis ini patut diwaspadai. Sebab,
diperkirakan ada 15 ribu kasus baru setiap tahun, 8.000 di antaranya
meninggal dunia. Data dari Female Cancer Fakultas Kedokteran Indonesia
(FKUI) menunjukkan hampir setiap jam perem

puan Indonesia meninggal akibat kanker serviks. Padahal, untuk
mendeteksi dini penyakit ini, biayanya cukup murah, hanya Rp 5.000.

"Bukan karena tidak punya uang. Ibu-ibu enggan memeriksakan diri karena
malu"ujar Ekarini Aryasatiani, dokter spesialis obstetri dan ginekologi
Rumah Sakit Tarakan, Jakarta, di tempat yang sama.

Malu yang dimaksud Ekarini bermacam-macam. Ada yang malu karena harus
membuka baju. Ada pula yang malu karena takut ketahuan pernah "jajan".
Yang terakhir, malu yang sering terjadi pada pasien perempuan muda,
yaitu mereka malu ketahuan pernah berhubungan seks sebelum
menikah."Padahal, metode yang paling efektif saat ini adalah see and
treat, lihat dan langsung diobati atau dirujuk ke rumah sakit apabila
terdeteksi kanker serviks,"ujarnya.

Demi menyiasati permasalahan "malu" ini, Ekarini memiliki metode unik
yang dinamakan metode ABCD atau "Ayo Buka Celana Dalammu". Di ruang
kerjanya, setelah pasien buka celana, dokter langsung membuka organ yang
perlu diinspeksi, lalu mengolesi dengan asam asetat. Dan hasilnya akan
terlihat dalam beberapa menit.

Menurut Ekarini, metode IVA bukanlah metode baru dalam mendeteksi kanker
serviks. Iva sudah ada sejak 2003. Sebelum metode IVA disosialisasikan,
ada metode lain

yang disebut dengan Pap Smear.

Namun, menurut Laila Nuranna, dokter spesialis obstetri ginekologi, yang
juga Ketua Pusat Pengkajian Kanker Perempuan FKUI, metode Pap Smear
lebih ribet dan memakan waktu cukup lama untuk mengetahui hasilnya.
"Harus ada alat yang harus dimasukkan," ujarnya, "Tidak hanya itu,
metode Pap Smear membutuhkan biaya yang lebih banyak." Kanker serviks
adalah jenis kanker yang disebabkan oleh virus bernama human papilloma
(HPV). Virus ini membuat kerusakan organ mulut rahim pada perempuan.
Kerusakan ini kemudian menimbulkan luka dan berkembang menjadi kanker.
Virus ini mudah sekali masuk ke mulut rahim lantaran letak mulut rahim
yang hanya berjarak 20 sentimeter dari vagina.

Umumnya kanker serviks diderita oleh perempuan berusia produktif (25-50
tahun), dan sangat berisiko pada perempuan yang melakukan hubungan seks
di usia muda, sering berganti pasangan, mengalami keputihan, dan
merokok. Gejala kanker serviks sulit diketahui, sehingga wanita kerap
tidak menyadari kehadirannya.

Agar deteksi dini bisa dilakukan, Laila bersama Yayasan Kanker Indonesia
dan Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia menargetkan, pada 2017,
tak ada lagi perempuan Indonesia yang kesulitan memeriksakan diri
melalui IVA. ? CHETA NILAWATY

http://epaper.tempo.co/PUBLICATIONS/KT/KT/2011/12/26/ArticleHtmls/Jangan-Malu-Periksa-Serviks-26122011145016.shtml?Mode=1

[Non-text portions of this message have been removed]

10.

[news] Kanker Payudara, Terbanyak di Indonesia

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Wed Dec 28, 2011 1:05 am (PST)





Kanker Payudara, Terbanyak di Indonesia
16/12/2011 09:00:00

Kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian global dengan angka
mencapai 13% (7,4 juta) dari semua kematian setiap tahunnya (WHO, 2010).

Menurut Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS), Jenis kanker tertinggi di
RS seluruh Indonesia pasien rawat inap tahun 2008 adalah kanker payudara
(18,4%), disusul kanker leher rahim (10,3%)

"Besarnya permasalahan kanker tersebut ditambah lagi dengan kondisi
sebagian besar (70%) kasus kanker ditemukan pada stadium lanjut yang
tentunya selain angka bertahan hidup (survival rate) rendah juga akan
menyerap anggaran yang cukup besar. Dari data penyerapan PT Askes,
Kanker menempati urutan ke-4 penyerapan biaya Rawat Jalan dan Tindak
Lanjut pada tahun 2010," ujar Menkes RI, dr. Endang Rahayu Sedyaningsih,
MPH, Dr.PH saat membuka kegiatan ACTION (ASEAN CosTs in Oncology) study
di Jakarta (16/12).

Tujuh puluh persen dari kematian akibat kanker terjadi di negara
berpenghasilan rendah dan menengah. Pada tahun mendatang, angka
mortalitas kanker diperikaran akan meningkat secara signifikan.

Pada tahun 2030, kematian akibat kanker akan mencapai sekitar 13 juta
pertahun di seluruh dunia. Kecenderungan ini lebih mencolok di negara
Asia dimana jumlah kematian pertahun pada tahun 2002 sebesar 3,5 juta
dan diperkirakan akan meningkat menjadi 8,1 juta pada tahun 2020.

Pada tahun 2008 tercatat 700.000 kasus kanker baru di negara-negara
anggota ASEAN dan setengah juta kematian akibat kanker terjadi pada
tahun yang sama. (abd)

http://sehatnews.com/berita/8993-Kanker-Payudara-Terbanyak-Indonesia.html

11.

[news]  Tetap Bugar saat Pergantian Tahun

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Wed Dec 28, 2011 1:06 am (PST)





[Click To Enlarge]
<http://pmlseaepaper.pressmart.com/mediaindonesia/PUBLICATIONS/MI/MI/2011/12/28/ArticleHtmls/Tetap-Bugar-saat-Pergantian-Tahun-28122011026023.shtml?Mode=1#>

*Tahun Baru identik dengan sukacita, dan pesta semalam suntuk. Jagalah
pola makan dan istirahat, agar tidak menyesal di kemudian hari.*

HANYA dalam hitungan hari lembaran tahun 2011 bakal segera berakhir.
Masyarakat di berbagai belahan dunia kini tengah sibuk menyongsong
datangnya tahun yang baru.

Tak lupa, sejumlah menu makanan dan minuman disusun untuk menemani
datangnya detik-detik pergantian tahun dari 2011 menuju 2012. Namun,
jangan sampai selepas perayaan kita menjadi jatuh sakit akibat
mengonsumsi makanan yang tidak sehat secara berlebihan.

Praktisi klinis, dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH MMB, mengemukakan
sejumlah tips agar sukacita di Tahun Baru tidak berujung pada penyesalan
dan duka lantaran jatuh sakit dan bobot badan melonjak drastis akibat
mengonsumsi makanan secara tidak terkontrol.

Ari mengatakan boleh-boleh saja perayaan dilakukan dengan mengonsumsi
makanan yang dibakar/dipanggang

secara bersama-sama. Namun, sebaiknya pastikan makanan yang dipilih
adalah bahan makanan yang bergizi seperti ikan dan tidak mengandung
kolesterol tinggi seperti daging kambing.

Menurut dia, ikan yang kaya dengan kandungan protein tinggi bisa menjadi
salah satu pilihan bahan baku makanan untuk dibakar.

"Makan daging berlebihan ditambah tidak memperhatikan waktu yang tepat
dalam mengonsumsinya dapat membawa dampak yang tidak sehat untuk
pencernaan kita," ingatnya.

Berbagai penyakit pencernaan akan tercetuskan setelah kita mengonsumsi
daging yang berlebihan, baik gangguan pada saluran cerna atas maupun
gangguan saluran cerna bawah.

Agar terhindar dari sakit tersebut, Ari memberikan sedikit tips yaitu
jangan mengonsumsi daging secara berlebihan dalam waktu singkat.
Selain itu, jangan tidur dalam waktu 2 jam setelah makan.

Ia juga menekankan, larang an mengonsumsi makanan terlalu larut karena
memicu obesitas. "Hindari mengonsumsi makanan dalam bentuk porsi yang
besar dan tinggi protein serta lemak karena selain akan meningkatkan
kadar kolesterol juga bakal menyebabkan kantuk," bebernya.

Penyakit lain akibat makan terlalu larut adalah timbulnya gangguan
pencernaan seperti gastroesophageal reflux (GERD) ditandai sensasi rasa
terbakar ringan di dada dan nyeri daerah jantung.

Makanan berbalik naik ke atas karena belum sepenuhnya sampai di lambung,
tapi sudah langsung tidur.
Pada orang dengan diabetes, makan terlalu larut bisa memenga ruhi
kemampuan resistensi insulin.

Selain makanan dan minuman, kurang tidur akibat begadang saat Tahun Baru
juga akan membuat badan lesu.
Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses
pembuangan zat-zat tidak berguna.

Bahkan, pada individu tertentu kurangnya porsi tidur bisa bermuara pada
hadirnya penyakit migrain. Dalam jangka waktu lama, kebiasaan tidur
terlalu malam dan bangun terlalu siang dapat memicu penyakit kanker hati.
Perbanyak air putih Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan
Penyehatan Lingkungan Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H,
DTCE melalui surat elektroniknya memberikan beberapa tips agar tubuh
tetap bugar dalam merayakan Tahun Baru.

Bagi masyarakat yang ingin merayakan pergantian tahun dengan bersukaria
di jalanjalan, Tjandra berpesan agar mereka menyiapkan fisik yang prima
dan periksa kesehatan sebelum mengemudikan kendaraan. "Hindari alkohol
dan obat yang menyebabkan kantuk agar terhindar dari kecelakaan," sarannya.

Meminum terlalu banyak alkohol hingga mabuk dapat meningkatkan risiko
terjadinya kecelakaan di jalan raya ketika sedang mengemudi kendaraan.
Dia menyarankan, dalam merayakan pergantian tahun, sebaiknya masyarakat
banyak minum air putih untuk menjaga stamina.

Penelitian juga menyebutkan mengonsumsi air putih jauh lebih sehat saat
merayakan pergantian tahun daripada mengonsumsi minuman bersoda yang
umumnya berkalori tinggi.

Selain berasal dari gula, soda juga telah diketahui banyak menyebabkan
gangguan kesehatan, salah satunya adalah hipertensi dan gangguan pada
lambung. (S-5)

http://pmlseaepaper.pressmart.com/mediaindonesia/PUBLICATIONS/MI/MI/2011/12/28/ArticleHtmls/Tetap-Bugar-saat-Pergantian-Tahun-28122011026023.shtml?Mode=1

[Non-text portions of this message have been removed]

12.

[news]  5 Jurus Baru Berhenti Merokok

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Wed Dec 28, 2011 1:06 am (PST)





Selasa, 27 Desember 2011 | 11:38 WIB
5 Jurus Baru Berhenti Merokok

TEMPO.CO,- Berhenti merokok menjadi salah satu resolusi tiap tahun baru
datang bagi banyak orang. Tapi hal itu sering lebih mudah dikatakan
daripada benar-benar dilakukan.

Asosiasi Paru-paru Amerika mengungkapkan enam dari 10 perokok menjalani
berbagai percobaan sebelum bisa menghentikan kebiasaan buruk itu.
Asosiasi juga menyatakan berhenti merokok dapat memberikan pengaruh pada
tingkat kesuksesan karier seseorang selain untuk kesehatan.

"Berhenti merokok menjadi satu langkah utama bagi perokok untuk
memperbaiki kesehatan mereka," kata Kepala Medis Asosiasi Paru-paru
Norman Edelman seperti dilansir dari HealthDay News, Senin 26 Desember 2011.

Berikut tip yang dapat digunakan untuk memenuhi resolusi tahun baru Anda
itu:

1. Berbagai pengobatan dan obat untuk berhenti merokok telah tersedia.
Temui dan bicara dokter Anda untuk meminta bantuan itu.

2. Pilih satu hari dalam seminggu untuk Anda tetapkan sebagai hari tanpa
merokok.

3. Berolahragalah tiap hari. Jalan kaki menjadi salah satu cara untuk
mengurangi stres karena usaha berhenti merokok. Selain itu olahraga
dapat meningkatkan energi dan "mood" Anda, sekaligus membantu menurunkan
berat badan.

4. Makan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Minum air putih yang banyak dan
jangan lupa tidur yang cukup.

5. Tak kalah penting minta dukungan dari keluarga, teman, dan kolega
Anda. Ikut ke dalam program berhenti merokok juga dapat dipertimbangkan
agar Anda tidak merasa sendirian menjalani usaha ini.

HEALTHDAY NEWS | RIRIN AGUSTIA

http://www.tempo.co/read/news/2011/12/27/060373861/5-Jurus-Baru-Berhenti-Merokok

13.

[news]  Kanker Hantui Anak dari Ayah Perokok

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Wed Dec 28, 2011 1:06 am (PST)





Kanker Hantui Anak dari Ayah Perokok
Muhammad Ali

26/12/2011 16:51 | Rokok
Liputan6.com, New York: Jangan racuni kami dengan asap rokokmu! Demikian
tulisan itu terpampang di bagian bus kota yang sepatutnya direnungkan
bagi para orangtua yang kecanduan merokok. Terlebih sebuah studi terbaru
menyatakan orangtua yang "ahli isap", akan mewariskan penyakit leukemia
pada anak dengan risiko 15 persen lebih tinggi untuk berkembang.

"Bahaya paparan tembakau terhadap kanker anak telah diabaikan hingga
saat ini," ujar Buffler di laman ZeeNews, baru-baru ini. "Jadi saya
pikir temuan ini penting dalam menambah bukti yang semakin kuat," imbuhnya.

Tim peneliti yang dipimpin Dr Elizabeth Milne, di Institut Telethon
untuk Penelitian Kesehatan Anak di Australia, melakukan survei pada
keluarga yang hampir 400 anak-anaknya menderita penyakit leukemia
limfoblastik akut.

Dalam lembaran survei, peneliti menanyakan tentang kebiasaan merokok
dari kedua orangtua mereka. Hasilnya, anak-anak yang ayahnya merokok
sekitar 15 persen akan lebih mungkin mengembangkan leukemia. Ayah mereka
merokok sedikitnya 20 batang per hari setidaknya empat persen lebih
mungkin didiagnosis dengan kanker.

"Temuan ini masuk akal, merokok adalah penuh dengan racun, termasuk
karsinogen," kata Buffler. "Sperma DNA (asam deoksiribonukleat) yang
rusak, masih dapat mencapai dan membuahi sel telur seseorang, yang dapat
menimbulkan penyakit pada keturunannya," kata peneliti lain, Milne,
melengkapi fakta.

Sang peneliti menambahkan, temuannya itu tidak bermaksud digunakan untuk
menyalahkan atau membuat orangtua merasa bersalah. Namun, ada baiknya
para orangtua mulai menyadari betapa dahsyatnya bahaya rokok terhadap
keturunan dan buah hati.(ALI/ANS)

http://kesehatan.liputan6.com/read/369201/kanker-hantui-anak-dari-ayah-perokok

14.

Hypertrophic Pyloric Stenosis (HPS)was :: Ragu istilah : hypertropic

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Wed Dec 28, 2011 1:12 am (PST)




Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: "KASIH Marcella" <Marcella.KASIH@MANE.com>
Date: Wed, 28 Dec 2011 16:08:49
To: <marcella.kasih@indosat.blackberry.com>
Subject: [sehat] Re: Ragu istilah : hypertropic pyrolic sinosis

Dokter Andi,
Tks untuk artikel emedicine nya, atas bantuan teman yang dapat fasilitas
connect ke internet, diterjemahkan pakai google translate, gak akurat
terjemahannya, tapi lumayan membantu sederhana.
Buat Sps, nanti saya coba bereskan terjemahannya, saya share di milis
ya.

Riwayat sejak kelahiran, awalnya tidak tampak masalah menyusui. Minggu
ke-4 berat badan sudah balik ke berat badan lahir. Dan terus bertambah
sampai usia 6 minggu. Berat badan normal, tidak dibawah garis rata2.

Bayi masih full asi sampai sekarang usia 8 minggu.

Mulai muntah pada usia 6 minggu. Awalnya muntahnya jarang. Memasuki
akhir usia 7 minggu muntah makin sering. Sampai akhirnya setiap habis
menyusui, bayi muntah (bukan gumoh). Dan berlanjut sampai usia 8 minggu
ini.

Kamis 22/12/2011
Pukul 01.00 rawat inap karena bayi dahidrasi
Bayi di infus
Masih muntah setiap habis menyusui
Bayi puasa untuk persiapan USG

Jumat 23/12/2011
USG hasilnya tidak tampak kelainan
tapi bayi masih terus muntah tiap selesai menyusui

Sabtu 24/12/2011
minum asi mulai diatur
dicoba bertahap 10, 15, 20 dan 25 ml, tiap 2 jam
berat anak naik 30g

Minggu 25/12/2011
minum asi 50 ml, tidak muntah sampai pukul 11.00, dicoba menyusu
langsung dari ibunya, dan muntah
jeda 30 menit, menyusu langsung lagi sampai lepas dari puting sendiri,
sampai pukul 12.00 tidak muntah.
18.30 pulang ke rumah
menyusu langsung tiap 1 jam (19.00, 20.00 dan 21.00)
21.30 suhu bayi 37.8 C, kompres air hangat, menyusu langsung, suhu lalu
turun 36C
23.30 menyusu langsung dan mnutah

Senin 26/12/2011
02.30 muntah, menyusu, dan muntah lagi
05.30 muntah menyemprot 2 x
06.00 dan 09.00 minum asi 20 ml, tidak muntah
09.30 suhu bayi 37.6C, menyusu, muntah
11.00 suhu tetap 37.6C, ke RS langsung disuruh ke IGD, diinfus karena
dehidrasi.
Bayi tidak BAK sejak 02.30, BAB hujau coklat, baru pukul 15.00 BAK lagi
Bayi puasa untuk USG dan barium meal

Selasa 27/12/2011
14.00-15.00 Bayi dibawa ke RS rujukan (karena RS tempat rawat inap
alatnya kurang memadai) untuk USG dan barium meal oleh dokter radiologi
yang biasa untuk bayi
Kalau menurut dokter radiologi, ada kemungkinan lambung bayi bisa
berkembang membaik setelah usia 3 bulan

Setelah kembali ke RS tempat rawat inap, minum asi 15 ml tiap 2 jam

Rabu 28/12/2011
kondisi bayi sampai saat ini baru muntah 1 kali
suhu normal, tidak demam
test darah tidak menunjukkan adanya infeksi apapun

Hasil USG dan barium meal tidak diberikan ke orang tua, cuma dibacakan
DSA mengatakan mesti operasi

Baru saja bertemu dokter bedah umum, juga mengatakan mesti operasi
Dokter bedah anak baru pulang tanggal 1 Januari 2012, jadi keputusan
bedah ditunda sampai saat itu

Baru saja, orang tua diminta untuk USG bayinya lagi, di RS lain yang
masih satu grup dengan RS tempat bayi di rawat.
USG yang kemarin mau diulang untuk melihat ketebalannya (?)
Karena dari hasil kemarin ada yang disebut : double strech size (?)
Dibagian tengah ada otot (?)
Harusnya yang ditengah tidak ada (?)
Maaf ya dok, saya tulis berdasarkan yang saya dengar, maaf kalau bikin
bingung.

Kebetulan tempat USG sekarang ini dekat rumah saya, saya akan kesana,
sudah pesan minta dibawa hasil radiologi yang pertama sekalian

Begitu ceritanya dok.

Rgds,
Marcella







[Non-text portions of this message have been removed]

15a.

Tanya : Diare Berulang Sudah 14 Hari

Posted by: "Devi" devi_ksari@yahoo.com   devi_ksari

Wed Dec 28, 2011 1:39 am (PST)



Dear Smart Parents..

Anak saya Raffi 4.5 tahun dari hari Kamis 15 Desember mulai pup beberapa kali, hari Kamis 4x, jumat 5x, sabtu 6x. Behaviour masih aktif, normal, dan lincah dan tidak mengeluh sakit perut.Pupnya konsistensi lembek tapi tidak mencret dan tidak ada muntah. Anaknya tetap aktif dan nggak lesu. Saya kasih Dialac 1x sehari. Hari Minggu sempet tidak pup, tapi senin 6x pup. Hari selasa saya ke DSA, diresepkan Dialac sehari 2x dan puyer isinya racikan zinc dan enzim. Setelah itu, BAB nya berkurang jadi 2x sehari (selasa-rabu).
Nah hari kamis mulai dr jam 12.00 - 15.00 ada 6x pup, dan sore 1 x. Saya perhatikan pup-nya ada lendirnya sepanjang jari telunjuk bbrapa kali, konsistensinya lembek, tapi tidak mencret,tidak terlihat darah, dan memang tidak mengeluh sakit perut, msh tetap ceria.

Akhirnya hari Jumat pagi saya konsul lagi ke DSA lain yg RUM, dr beliau , dialac tetap diteruskan 2x sehari , puyer dr DSA yg lalu diganti krn saya lupa isinya apa saja diganti dgn Zinckid 1x sehari @ 5 mili. Hari Sabtu pagi dilakukan tes feses. Hasilnya :
Amuba negatif, darah negatif, lendir negatif (walaupun pas jumat malam saya lihat pupnya masih ada lendir), telur cacing negatif, kista negatif, eritrosit 0-1 (rujuan 0-1), lekosit 0-1 (rujukan 0-1), lain2 negatif. Dan juga TIDAK TERTULIS : ditemukan Bakteri.

DSA saya bilang kalau tidak ditemukan bakteri / amuba, kemungkinan besar karena virus jadi tidak perlu antibiotik. Kalau infeksi virus bisa jadi sampai 14 hari. Lega rasanya baca hasilnya. Ditambah lagi pas sabtu pun pup-nya hanya 2x dengan konsistensi yg terlihat normal, ngga lembek, ngga keras dan tidak lagi ada lendir. Sampai minggu, senin, sudah normal pup hanya 1x sehari - 2x sehari.

Dialac sudah saya stop di hari Senin, sementara Zinc diteruskan sampai 10 hari (sampai hari minggu ini). Tapi tiba2 hari selasa kemaren pupnya jadi 3x lagi. dan hari ini ini, sudah 5x pup lagi. Saya lihat tadi pupnya kembali ada lendir sedikit, konsistensi lembek tapi tidak mencret.anak tetap ceria.

Saya bingung kenapa diarenya terulang lagi setelah 3 hari sembuh, sekarang mulai lagi . Apakah karena Raffi mulai minum susu lagi (UHT plain 2 kotak sehari) ditambah sedikit koko cruch, buahnya kemaren pisang, makan pagi ayam goreng, siang sore soto ayam. Jadi dia pup pagi2 setelah bangun tidur, lalu habis sarapan langsung pup, habis minum susu pup, dan habis makan siang langsung pup. Sepertinya setelah perutnya diisi anaknya langsung BAB.

Hari ini berarti total sudah masuk hari ke-14 diarenya. DSA saya bilang jika lebih dr 14 hari harus dilakukan tes yang lebih lengkap untuk melihat apakah ada gangguan pencernaan atau ada sisa dr bakteri yg terdahulu. Anak saya memang sudah 2 bulan bolak balik sakit batuk pilek, sempat radang tenggorokan dan minum antibiotik selama 7 hari (Cesfam 5 hari & Zibramax 2 hari), tapi itu kira2 3 minggu yang lalu.

Oya selama diare berlangsung memang Raffi pilek sampai sekarang. Dia diberikan Intrizine 1x sehari @ 5 mili untuk pileknya dr DSA yang pertama.

Pertanyaannya :
1. apakah Dialac perlu diberikan kembali ?
2. apakah ini infeksi virus atau jika sudah lebih dr 14 hari pemeriksaan lanjutan apa sajakah untuk melihat ada gangguan pencernaan atau sisa bakteri terdahulu
3. Apakah susu UHT harus distop dulu
4. Apakah harus ke dokter spesialis Gastro?

Maaf banget kalo kepanjangan emailnya.Mohon pencerahan dr smart parents dan dokter.

Terima kasih banyak sebelumnya,

Devi

15b.

Re: Tanya : Diare Berulang Sudah 14 Hari

Posted by: "ary ratna santika" arsantika@gmail.com   ry_na_ta

Wed Dec 28, 2011 2:04 am (PST)



Mbak devi, dibaca di imelnya klo memang diare ko gak dikasih oralit ya??
Kan pertolongan pertama ketika diare adalah oralit, karena yg paling
bahaya dari diare adalah dehidrasi. Jadi point penting ketika diare adalah
minum cairan yg banyak (oralit).

Seputar diare secara lengkap dibahas di : http://milissehat.web.id/?p=511

ada jg yg membahas ttg zinc: http://milissehat.web.id/?p=1868

ada jg yg membahas ttg probiotik: http://milissehat.web.id/?p=1865

silakan dibaca-baca dulu mbak...

1. apakah Dialac perlu diberikan kembali ?
2. apakah ini infeksi virus atau jika sudah lebih dr 14 hari pemeriksaan
lanjutan apa sajakah untuk melihat ada gangguan pencernaan atau sisa
bakteri terdahulu

Oiya untuk pup-nya yg lembek sudah coba diet BRATY (Banana, Rice, Apple,
Toast, Yogurt) ??? diet ini berfungsi untuk memadatkan feses. Untuk
pertanyaan No 1 dan 2,mungkin bisa dicoba dulu diet BRATY-nya sebelum tes
macem2 lagi.

Trus yg ada yg mau sy highlight:
Anak saya memang sudah 2 bulan bolak balik sakit batuk pilek, sempat radang
tenggorokan dan minum antibiotik selama 7 hari (Cesfam 5 hari & Zibramax 2
hari), tapi itu kira2 3 minggu yang lalu.

Batuk pilek kan sudah jelas karena virus,jadi tidak perlu antibiotik. Untuk
lebih jelasnya mengenai common cold (batuk pilek),pengaruh pemberian
antibiotik yg tidak tepat, dsb, bisa digoogling ato diliat di arsip milis.

Semoga berkenan ya mbak....
best regards,

ary

[Non-text portions of this message have been removed]

15c.

Re: Tanya : Diare Berulang Sudah 14 Hari

Posted by: "ChiciErnest" chici.ernest@gmail.com

Wed Dec 28, 2011 2:08 am (PST)



Mom Devi,

Hari ini sedang ada thread yg sama ttg diare. Coba di baca2 lagi.. :)

Coba bantu yaa..

1. Yg dinamakan diare adalah: BAB >6x sehari tanpa ampas. Jd kalau konsistensi feses lembek masih berampas namanya. (Cmiiw)

2. Isi dr dialac apa? Diagnosa dokter apa? Kalau gastroenteritis disebabkan virus no need obat2an.

3. Tata laksana gastroenteritis (GE) hanya oralit. Apakah sudah diberikan oralit?

4. Behaviour anak gmn? Kalau baik2 saja.. Insya Alloh aman mbak. Jgn berpatokan pd hasil lab krn kita tdk mengobati hasil lab..

5. Efek samping AB (cefspan): diare. Coba cari email mbak Monik ttg re-post email dr. Wati judulnya: Antibiotik? Siapa takut?

Regards,
@chiciernest

16a.

Re: Penggunaan Shampoo dan krim creambath bagi ibu hamil

Posted by: "Novi" novi.lauw@yahoo.com   novi.lauw

Wed Dec 28, 2011 1:47 am (PST)



Ingeee akhirnya posting juga hehehe

Kalau saya sih creambath aja. Enak di pijitin hehehe. Lagian di creambath nya juga gak setiap hari toh ;p

Kalau soal shampo sih rasanya belum pernah denger ada shampo khusus ibu hamil. jadi ya shampo yang biasa aja deh :)

Regards
Novi
*lagi mikir enak nya ngemil apa di sore hari*

17a.

(tanya) treatment untuk menggigil

Posted by: "imelda" imelda.samjkt@gmail.com   antisosial16810

Wed Dec 28, 2011 1:50 am (PST)



Dear SP's,

Saya tertarik dan ingin tau, apakah ada treatment yang bisa kita lakukan jika mendapati anak kita (balita) menggigil karena demam? Ada anak teman saya (4 thn), pas demam suhunya 39,9 dercel, menggigil. Sudah diberi banyak minum/cairan, ditunggu 5 menit anaknya malah makin menggigil, badannya sangat panas krn demam. Karena ortunya panik, langsung dilarikan ke UGD, dan ujung-ujungnya kena antibiotik dan didiagnosis radang oleh dokternya.

Inti pertanyaan saya : adakah Home Treatment jika kita menghadapi situasi seperti teman saya tadi? Jika sudah diberi banyak cairan dan masih menggigil juga, apakah harus langsung ke dokter atau bagaimana? Butuh pencerahannya
Thanks all SP's

Rgrds
Imelda

17b.

Re: (tanya) treatment untuk menggigil

Posted by: "wulan" wulan.wuls@gmail.com   wulanokey

Wed Dec 28, 2011 1:55 am (PST)



Mba imelda, kl demam lalu menggigil, biasanya itu krn suhu tubuh mau naik lg. Treatmentnya ya biasa aja, spt penanganan demam aja
Rgds,
- Wulan -
@wulsnih

17c.

Re: (tanya) treatment untuk menggigil

Posted by: "Siska" blue_for_sure@yahoo.com   blue_for_sure

Wed Dec 28, 2011 1:57 am (PST)



Mba Imelda,

Sependek ilmu saya nih, obat penurun panas itu bukan buat menyembuhkan tapi hanya membantu menyamankan saja.

Kalau udah minum obat penurun panas tp masih demam, ya berarti infeksi msh ada dan tubuhnya masih berjuang utk melawan si kuman.

HT sudah ok kok, ya memang perjalannya kalo demam tinggi begitu, bisa mengigil :)

Msl ke UGD?mm selama tidak ada yg gawat darurat mgkn blm perlu. Tetap observasi ketat ya mba, HT jalan terus dan perhatikan klinis si anaknya dan pelajari kegawatdaruratan anak kalo demam.

Semoga berkenan.

Regards,

stok sabar aja ya
Siska ¤Mamae FayzaNamira¤
Powered by the Love of God®
17d.

Re: (tanya) treatment untuk menggigil

Posted by: "niken qinen" nikenqinen@gmail.com   qinen_q9

Wed Dec 28, 2011 1:59 am (PST)



Mba Imelda, kl anak menggigil ya diberi selimut atw pakaian yg tebal
biar hangat.
Menggigil itukan ciri suhu tubuh akan naik.
Selimuti anak jika menggigil, jika sdh tdk menggigil selimutnya dilepas.

Salam,
-Niken-

On 12/28/11, imelda <imelda.samjkt@gmail.com> wrote:
> Dear SP's,
>
> Saya tertarik dan ingin tau, apakah ada treatment yang bisa kita lakukan
> jika mendapati anak kita (balita) menggigil karena demam? Ada anak teman
> saya (4 thn), pas demam suhunya 39,9 dercel, menggigil. Sudah diberi banyak
> minum/cairan, ditunggu 5 menit anaknya malah makin menggigil, badannya
> sangat panas krn demam. Karena ortunya panik, langsung dilarikan ke UGD, dan
> ujung-ujungnya kena antibiotik dan didiagnosis radang oleh dokternya.
>
> Inti pertanyaan saya : adakah Home Treatment jika kita menghadapi situasi
> seperti teman saya tadi? Jika sudah diberi banyak cairan dan masih menggigil
> juga, apakah harus langsung ke dokter atau bagaimana? Butuh pencerahannya
> Thanks all SP's
>
>
> Rgrds
> Imelda
>
>

--
Sent from my mobile device

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Health

Early Detection

Know the symptoms

of breast cancer.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Share Photos

Put your favorite

photos and

more online.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: