Monday, December 26, 2011

[sehat] Digest Number 16784

Messages In This Digest (7 Messages)

Messages

1a.

(Share) Susah nya mau vaksin varicella 2 :(

Posted by: "Diana Yogaswara" danggraeny1908@yahoo.com

Mon Dec 26, 2011 3:51 am (PST)



Dear sp n doc

Sebel bgt saya :(
Udah 2x ke dsa yang berbeda dan 22 nya nolak vaksin varicella 2

Vaksin varicella 1 ny keen itu pas usia 13bulan
Sekarang dia usia 23bulan

Kemana lagi ya dsa yg mau vaksin varicella 2? Kalo bisa seputaran depok
Pls japri me yaaaa
Trims ya
Sent from YogaswaraBerry® powered by gaji suami
1b.

Re: (Share) Susah nya mau vaksin varicella 2 :(

Posted by: "siti amatullah mutmainah" amianakbinus@yahoo.com   amianakbinus

Mon Dec 26, 2011 4:06 am (PST)



Hi mba diana..
Sharing imunisasiku jum'at minggu lalu yaa..
Sy kembali ke dsa langganan, tdnya mau ke markas krn males deh mau diskusi dgn dsanya..
Tapiii sy liat KMS adik kok meragukan ya (sk ketglan KMS pas vaksin)..
Akhirnya memutuskan ke dsa langganan, hari itu imunisasi utk kaka MMR 2 dan varicella 2, adik hep A 2,typhoid,varicella 1 ..
Utk kaka, dah prnh ditolak vaksin 2macem itu, ktnya bs menyebabkan kejang krn dua2nya vaksin hidup..
Well, kali ini sdh lbh siap utk diskusi lg..
Jreng2, pas masuk trs liat record imunisasi adik.. Hihihi ternyata udah smua -alhamdulillah-
Nah giliran kaka ni
Sy: "dok, varicella nya gmn ni? Msh ga blh jg booster nya? Skrg kan varicella ga cm kena anak2 yg lbh bsr loh"
Dsa : " hm, byk ya skrg yg kena varicella?"
Sy : "iya dok, mencegah kan lbh baik, selagi blm kena"
Dsa: "ya dah deh gpp skalian ya MMR"
Sy : (gubraaaakkkkkk ... Knp ga dari kmrn yaaaaa???pk blg kejang..
Pdhal daku dah tny brp persen emang yg kena kejang krn kdua vaksin ini?..halaaah)

Ya sudah deh, yeay finally lunas jg imunisasi anak2, tgl dede nanti pas 5thn ..

Tips nya sih mba: bekal diskusinya dimantapin, krn mmg rata2 pasti yg diangkat adalah jdwl cdc dan idai, klo sy tdk menekankan cdc atau idai nya..

Maaf ya jd curcol, menuh2in inbox..

Smoga berkenan

Rgds,
Ami
*hiiiks stress fuel


Sent from AmiBerry® via Smart 1x / EVDO Network.
2a.

Re: Bumil 30w dgn Glukosa PP 2 jam 163 mg/dl

Posted by: "yulianto" yuliantosk@gmail.com   anto_sk

Mon Dec 26, 2011 3:54 am (PST)



dear mba mila,
kalau dari panduan AAFP mengenai gestational diabetes :
setelah pemeriksaan Test 2 jam setelah puasa di atas 140 mg/dl maka
dilakukan pemeriksaan ulang dengan minum 100 gram glukosa lalu dicek
ulang gula darahnya.
Gestational diabetes is diagnosed if two or more plasma glucose
measurements meet or exceed the following thresholds: fasting level of
95 mg per dL (5.25 mmol per L), one-hour level of 180 mg per dL (10.00
mmol per L), two-hour level of 155 mg per dL (8.60 mmol per L), or
three-hour level of 140 mg per dL (Table 1 <#afp20090701p57-t1>14
<#afp20090701p57-b14>--17 <#afp20090701p57-b17>)
kalau panduan WHO satu nilai tidak normal antara puasa dan 2 jam setelah
puasa untuk diagnosis deabetes gestational.
selengkapnya:
http://www.aafp.org/afp/2009/0701/p57.html

menurut saya ditanyakan ke dsog apakah perlu pemeriksaan ulang untuk
menegakan diagnosis diabetes gestational? karena glukosa darah 2 jam PP
merupakan pemeriksaan penyaring pada diabetes gestational (menurut
artikel di atas). Didiskusikan untuk diagnosis pakai panduan mana : WHO
atau American diabetic association.
bila benar diabetes gestational maka yang pertama adalah mengontrol
nutrisi, bila tidak berhasil maka diberikan insulin sebagai terapi.
mohon maaf saya bukan ahlinya, bisa didiskusikan lebih lanjut dengan
dsog ya bu mila.

salam,
-anto-

[Non-text portions of this message have been removed]

3a.

Re: Botol kaca tutup karet amankah u/ simpan asi?

Posted by: "esty wiria" kejora_iksi@yahoo.com   kejora_iksi

Mon Dec 26, 2011 3:56 am (PST)



Waktu baru beli, disteril pakai sterilizer / direbus; setelah pakai dicuci bersih dan kembali disteril. Kalau takut pop-up saat jadi es, jumlah asinya max 100ml/botol yg 120ml. Semoga aman2 saja. Semoga berkenan

-esty-
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
4a.

Re: (mulai panik) Naqiyya divonis Pneumonia - dehidrasi ?

Posted by: "fatimah Syam" ifat_syamtr@yahoo.com   ifat_syamtr

Mon Dec 26, 2011 4:04 am (PST)




Mbak,klo baca postingan dr.Wati utk thred saya kmrn wkt hafiz dmam 40 C,saat itu Hafizh dari subuh sampai sore pipis hanya 4 kali,kt dr. Wati,itu msh bagus,trus aja sendoki dikit2 airnya,kmrn saya ngakalin kasi ice cream coklat (kebetulan kesukaan hafiz) setelah itu kan mulut agak lengket,dia minta air putih,spt anaknya Mbak blm masuk kategori dehidrasi deh,masih ada kontak mata juga,tp pantau terus ya Mbak klinisnya Naqiyya..

GWS Naqiyya

Salam
-ifat-

------------------------------
On Mon, Dec 26, 2011 2:49 AM PST Desi Junaidi wrote:

>Mba Cy, makasih banyak atas sharingnya..
>
>Mbak Ifat, makasih banyak sharingnya mba, email mba sebelumnya soal
>pengalaman 'hampir kena pneumonia juga saya baca ulang sebelum ke dsa,
>bikin rada tenang soale heee...
>
>Mba BR, iyaaa.. saya gak pengen durhaka ama dokter (aduh maafkeun bahasanya
>hehe) karena gak nurut ama diagnosanya padahal dsa nya sudah pelayanan
>tingkat tinggi kemarin periksa Naqiyya... bahasanya pun halus dan lembut...
>
>..tapi gimana yaa, saya masih ragu, saya berikan obatnya tidak... karena
>'bunyi khas yang terdengar dari cek napas stetoskop oleh dokternya' saya
>rasa tidak optimal, karena Naqiyya saat itu tidak mau mengambil napas
>panjang... tapi saya jadi merasa sok tahu gak ya, meragukan kemmapuan
>dokter mendengar lewat stetoskop... jadi dilema banget..
>
>pagi ini, resmi demam Naqiyya berhenti, frekuensi napas hitungan normal 25x
>per menit, tadi pagi dia muntah banyak dan yang keluar dahak-dahak
>berlendir... alhamdulillah yang ditunggu2 keluar juga.. Naqiyya mau minum
>susu coklat beberapa teguk paginya.. tapi sisanya tutup mulut.. akhirnya
>sekarang saya 'bujuk' masuk minum lewat pipet beberapa biar terisi
>cairan... tapi sekarang saya malah khawatir dia dehidrasi.. saya baca
>berkali2 artikel dehidrasi berikut ini ...
>
>------------------------------------------------
>
>Berdasarkan klasifikasi WHO dehidrasi dibagi tiga
>- dehidrasi ringan : tidak ada keluhann atau gejala mencolok, anak agak
>lesu,
>hasu dan agak rewel
>- dehidrasi sedang : ditemukan 2 gejala :
>a. gelisah, cengeng
>b. kehauasan
>c. mata cekung
>d. kulit keriput misalnya bila kita cubit kulit dinding perut tidak segera
>kembali ke semula
>- dehidrasi berat ditemukan dua atau lebih gejala :
>a. kesadaran menurun, lemas luar biasa, terus mengantuk
>b. tidak bisa minum
>c.mata cekung, bibir kering
>d. frekuensi pipis < 6 kali/hr
>
>tata laksana
>plan A, tanpa dehidrasi, pengobatan di rumah
>- cairan ekstra (minum lbh banyak dr biasanya)
>a. asi ekslusif: lebih sering, lebih lama, tambah CRO
>b. Tidak ASIX : CRO, makanan cair : sup, air tajin, yogurt, minum
>c. pemberian caoran setiap abis BAB cair :
>- 0 - 2 tahun : 50 - 100 ml
>- > 2 tahun : 100 - 200 ml
>d. cara pemberian :
>- sedikit2 sering
>- bila muntah tunggu 10 menit lanjutkan perlahan
>- cairan ekstra diteruskan smapai diare berhenti
>- makanan spt biasa
>
>plan B, dehidrasi sedang - obati dehidrasi sedan dnegan CRO
>- CRO - jangka waktu 4 jam
>
>usia 12 bln - 2tahun, BB 10 -12 kg > 700 - 900 ml
>
>cara minum sering sedikit2, bila muntah tunggu 10 menit lanjutlan lebih
>perlahan, bila minta CRO berikan
>
>-lanjutkan asi on demand
>- setelah 4 jam
>* evaluasi ulang
>* mulai pemberian makan
>* aturan home care (cairan tambahan, makana, kapan kembali)
>
>Plan C segera obati dehidrasi berat
>-pasang infus (120 ml/kg/6 jam)
>- evaluasi 1-2 jam
>- tambahkan CRO segera stlh anak minum
>- evaluasi ulang
>
>---------------------------------------------
>
>Kalau dilihat dari list dehidrasi berat :
>
>a. kesadaran menurun, lemas luar biasa, terus mengantuk --- Naqiyya iya
>lemas dan terus mengantuk, tapi gak lethargi alias masih bisa dibangunin
>b. tidak bisa minum -- sekarang mulai nolak minum, dan nagis kalo diminumin
>pake ppet, tapi saya usaha terus masukin minum lewat pipet, tapi ya
>masuknya kan cuma dikit, gak jamin menghindari dehidrasi dong ya?
>c.mata cekung, bibir kering -- Saya gak tahu definisi mata cekung ini, tapi
>bibir kering banget
>d. frekuensi pipis < 6 kali/hr -- Saya hitung kemarin dia BAK < 6 kali/hari
>
>Berarti Naqiyya sudah dehidrasi ya, saya jadi makin panik nih, mesti ke
>dokter untuk infus ya? Atau karena saya 'durhaka' gak minumin Amoxilin-nya
>sesuai perintah dokter?
>
>Duuh, mohon masukannya ya...
>
>Desi
>*mulai panik
>
>
>[Non-text portions of this message have been removed]
>

4b.

Re: (mulai panik) Naqiyya divonis Pneumonia - dehidrasi ?

Posted by: "fatimah Syam" ifat_syamtr@yahoo.com   ifat_syamtr

Mon Dec 26, 2011 4:06 am (PST)




Mbak,klo baca postingan dr.Wati utk thred saya kmrn wkt hafiz dmam 40 C,saat itu Hafizh dari subuh sampai sore pipis hanya 4 kali,kt dr. Wati,itu msh bagus,trus aja sendoki dikit2 airnya,kmrn saya ngakalin kasi ice cream coklat (kebetulan kesukaan hafiz) setelah itu kan mulut agak lengket,dia minta air putih,spt anaknya Mbak blm masuk kategori dehidrasi deh,masih ada kontak mata juga,tp pantau terus ya Mbak klinisnya Naqiyya..

GWS Naqiyya

Salam
-ifat-

------------------------------
On Mon, Dec 26, 2011 2:49 AM PST Desi Junaidi wrote:

>Mba Cy, makasih banyak atas sharingnya..
>
>Mbak Ifat, makasih banyak sharingnya mba, email mba sebelumnya soal
>pengalaman 'hampir kena pneumonia juga saya baca ulang sebelum ke dsa,
>bikin rada tenang soale heee...
>
>Mba BR, iyaaa.. saya gak pengen durhaka ama dokter (aduh maafkeun bahasanya
>hehe) karena gak nurut ama diagnosanya padahal dsa nya sudah pelayanan
>tingkat tinggi kemarin periksa Naqiyya... bahasanya pun halus dan lembut...
>
>..tapi gimana yaa, saya masih ragu, saya berikan obatnya tidak... karena
>'bunyi khas yang terdengar dari cek napas stetoskop oleh dokternya' saya
>rasa tidak optimal, karena Naqiyya saat itu tidak mau mengambil napas
>panjang... tapi saya jadi merasa sok tahu gak ya, meragukan kemmapuan
>dokter mendengar lewat stetoskop... jadi dilema banget..
>
>pagi ini, resmi demam Naqiyya berhenti, frekuensi napas hitungan normal 25x
>per menit, tadi pagi dia muntah banyak dan yang keluar dahak-dahak
>berlendir... alhamdulillah yang ditunggu2 keluar juga.. Naqiyya mau minum
>susu coklat beberapa teguk paginya.. tapi sisanya tutup mulut.. akhirnya
>sekarang saya 'bujuk' masuk minum lewat pipet beberapa biar terisi
>cairan... tapi sekarang saya malah khawatir dia dehidrasi.. saya baca
>berkali2 artikel dehidrasi berikut ini ...
>
>------------------------------------------------
>
>Berdasarkan klasifikasi WHO dehidrasi dibagi tiga
>- dehidrasi ringan : tidak ada keluhann atau gejala mencolok, anak agak
>lesu,
>hasu dan agak rewel
>- dehidrasi sedang : ditemukan 2 gejala :
>a. gelisah, cengeng
>b. kehauasan
>c. mata cekung
>d. kulit keriput misalnya bila kita cubit kulit dinding perut tidak segera
>kembali ke semula
>- dehidrasi berat ditemukan dua atau lebih gejala :
>a. kesadaran menurun, lemas luar biasa, terus mengantuk
>b. tidak bisa minum
>c.mata cekung, bibir kering
>d. frekuensi pipis < 6 kali/hr
>
>tata laksana
>plan A, tanpa dehidrasi, pengobatan di rumah
>- cairan ekstra (minum lbh banyak dr biasanya)
>a. asi ekslusif: lebih sering, lebih lama, tambah CRO
>b. Tidak ASIX : CRO, makanan cair : sup, air tajin, yogurt, minum
>c. pemberian caoran setiap abis BAB cair :
>- 0 - 2 tahun : 50 - 100 ml
>- > 2 tahun : 100 - 200 ml
>d. cara pemberian :
>- sedikit2 sering
>- bila muntah tunggu 10 menit lanjutkan perlahan
>- cairan ekstra diteruskan smapai diare berhenti
>- makanan spt biasa
>
>plan B, dehidrasi sedang - obati dehidrasi sedan dnegan CRO
>- CRO - jangka waktu 4 jam
>
>usia 12 bln - 2tahun, BB 10 -12 kg > 700 - 900 ml
>
>cara minum sering sedikit2, bila muntah tunggu 10 menit lanjutlan lebih
>perlahan, bila minta CRO berikan
>
>-lanjutkan asi on demand
>- setelah 4 jam
>* evaluasi ulang
>* mulai pemberian makan
>* aturan home care (cairan tambahan, makana, kapan kembali)
>
>Plan C segera obati dehidrasi berat
>-pasang infus (120 ml/kg/6 jam)
>- evaluasi 1-2 jam
>- tambahkan CRO segera stlh anak minum
>- evaluasi ulang
>
>---------------------------------------------
>
>Kalau dilihat dari list dehidrasi berat :
>
>a. kesadaran menurun, lemas luar biasa, terus mengantuk --- Naqiyya iya
>lemas dan terus mengantuk, tapi gak lethargi alias masih bisa dibangunin
>b. tidak bisa minum -- sekarang mulai nolak minum, dan nagis kalo diminumin
>pake ppet, tapi saya usaha terus masukin minum lewat pipet, tapi ya
>masuknya kan cuma dikit, gak jamin menghindari dehidrasi dong ya?
>c.mata cekung, bibir kering -- Saya gak tahu definisi mata cekung ini, tapi
>bibir kering banget
>d. frekuensi pipis < 6 kali/hr -- Saya hitung kemarin dia BAK < 6 kali/hari
>
>Berarti Naqiyya sudah dehidrasi ya, saya jadi makin panik nih, mesti ke
>dokter untuk infus ya? Atau karena saya 'durhaka' gak minumin Amoxilin-nya
>sesuai perintah dokter?
>
>Duuh, mohon masukannya ya...
>
>Desi
>*mulai panik
>
>
>[Non-text portions of this message have been removed]
>

5a.

Re: Q : Bagaimana cara menghentikan kebiasaan memasukan benda atau j

Posted by: "VIE" home_vie@yahoo.com   home_vie

Mon Dec 26, 2011 4:06 am (PST)



Blom jd SPs yg pinter, tp mau bantu jawab boleh?
Seperti mba bilang sebelumnya, mungkin si anak stress krn jatah nenennya berkurang? Kalau boleh tau apa selama ini mba sdg berusaha menyapih dia atau dia menyapih dirinya sendiri?

Saya ikutin cara temen yg nyuruh anaknya masukin semua jarinya ke mulutnya, baru dibilangin aja belum dimasukin udah nangis duluan..dan ternyata solusinya yg seperti belum bhasil,
» Imho mba, ini sih menurut saya ga akan berhasil selama ga diketahui penyebabnya apa.
Mendingan mba ajak ngomong dia baik2, ajak kontak mata. Umurnya uda 3th 8bln kan? Pastinya udah bs mengerti.

Semoga terselesaikan ya, dan maaf kalau ada kata yg kurang berkenan




•BR•
K's Mom


Sent from my KiMChiBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
Recent Activity
Visit Your Group
Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Drive Traffic

Sponsored Search

can help increase

your site traffic.

Yahoo! Health

Asthma Triggers

How you can

identify them.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: