Sunday, December 25, 2011

[sehat] Digest Number 16776

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: (Tanya)Sariawan From: siti amatullah mutmainah
1b.
Re: (Tanya)Sariawan From: Nataria
2a.
Re: Impetigo atau alergi susu? From: Ira Indrawati
3a.
Prosedur pengajuan komplain pd RS From: WienTha
3b.
Re: Prosedur pengajuan komplain pd RS From: Evvy - bunda mamas-
3c.
Re: Prosedur pengajuan komplain pd RS From: yoga pranata
3d.
Re: Prosedur pengajuan komplain pd RS From: Ratna Sari
3e.
Re: Prosedur pengajuan komplain pd RS From: WienTha
3f.
Re: Prosedur pengajuan komplain pd RS From: yoga pranata
4a.
Re: Cacar pada bayi 8 Bulan From: egi chandra
5a.
Re: Selamat Natal & Tahun Baru From: retnoprima@ymail.com
5b.
(tanya) jerawat pada bayi berhubugan dengan ASI? From: Sarlita Mega
5c.
(tanya) jerawat pada bayi berhubugan dengan ASI? From: sarlitamega
5d.
Re: (tanya) jerawat pada bayi berhubugan dengan ASI? From: siti amatullah mutmainah
5e.
Re: (tanya) jerawat pada bayi berhubugan dengan ASI? From: alifah davida
5f.
Re: (tanya) jerawat pada bayi berhubugan dengan ASI? From: Anind
6a.
Re: -->Update, Help:demam 32 jam,suhu tubuh 40 dercel From: fatimah Syam
6b.
Re: -->Update, Help:demam 32 jam,suhu tubuh 40 dercel From: yoga pranata
6c.
Re: -->Update, Help:demam 32 jam,suhu tubuh 40 dercel From: aku_pilar@yahoo.com
6d.
Re: -->Update, Help:demam 32 jam,suhu tubuh 40 dercel From: fatimah Syam
6e.
Re: -->Update, Help:demam 32 jam,suhu tubuh 40 dercel From: fatimah Syam
7a.
Bls: Re: [sehat]-->Update, Help:demam 32 jam,suhu tubuh 40 dercel From: fatimah Syam
7b.
Re: -->Update, Help:demam 32 jam,suhu tubuh 40 dercel From: yoga pranata
8a.
KIPI BCG From: teracota79@yahoo.com
8b.
Re: KIPI BCG From: Pamelia Yulianto

Messages

1a.

Re: (Tanya)Sariawan

Posted by: "siti amatullah mutmainah" amianakbinus@yahoo.com   amianakbinus

Sat Dec 24, 2011 7:06 pm (PST)



Mba,
Bs jadi demamnya jg komplikasi dgn viral infection pas barengan sariawan ..
HT nya tetep kok mba, spt yg sdh disampaikan seblmnya ..


Sent from AmiBerry® via Smart 1x / EVDO Network.
1b.

Re: (Tanya)Sariawan

Posted by: "Nataria" tari.romzi@gmail.com   tari_romzi

Sat Dec 24, 2011 7:57 pm (PST)



Iya mbak ami,HT jalan terus sambil terus diobservasi.semoga aja rayi cepet sembuh..thx ya mbak..:)
Powered by TariBerry®
2a.

Re: Impetigo atau alergi susu?

Posted by: "Ira Indrawati" ira.tgh.indrawati@gmail.com   ira_indrawati

Sat Dec 24, 2011 7:14 pm (PST)



Dear dokter Apin, terima kasih infonya.
Memberi gambaran bahwa strategi penanganan lini pertama, kedua, dst, memang
(spt yg bunda tulis) bergantung pd pola kuman setempat. Saya jadi berharap,
optimis, bahwa yg pernah diberikan kepada kami adalah strategi penanganan
lini pertama sesuai guideline lokal (btw waktu itu obatnya efektif, tidak
perlu diganti dgn ab jenis lain).
Pada tahun 2008 saya tinggal di Belgia (ditangani oleh dokter keluarga),
tahun lalu di Singapura (ditangani oleh dokter umum/general practitioner).
Mungkin mereka punya guideline masing-masing, tapi kebetulan sama-sama
menetapkan asam fusidat sebagai penanganan lini pertama? Semoga...

Salam,
Ira

2011/12/24 Ratna Sari <ratnasari00@gmail.com>

> **
>
>
> Wah, diskusinya ternyata berkembang ya... Baru baca lagi.
> Jadi informasi yg sy dapatkan dr 2 orang kawan yg pernah spesialisasi kulit
> di RSCM, di Dept Kulit RSCM, utk impetigo: first line topical ABnya adlh
> asam fusidat. Kalo tdk respon, baru pake mupirocin.
>

>

[Non-text portions of this message have been removed]

3a.

Prosedur pengajuan komplain pd RS

Posted by: "WienTha" Muhammad.athaya@gmail.com

Sat Dec 24, 2011 7:29 pm (PST)



Dear docs+sps
Butuh masukannya,
jam 8 pagi ibu sy (62th) menjalani ct scan di RS swasta di bdg buat pemeriksaan vertigo+bengkak di lehernya,disuntik kontras,pd wkt disuntikan cairannya ibu sy merasa kesakitan shg dihentikan injeksinya oleh perawat dan tangan yg diinjeksi lgsg bengkak,leher merah2,pusing,,kt suster bag radiologi utk tgn bengkaknya tdk apa2 & diberi thrombop
Sekitar Jam 12 siang tangan ibu sy mulai bengkak,kaku,jari2 tdk bisa digerakan dan
Keluar blister2 merah berisi air, smpt kepikiran kena SJS,lgsg saya bawa ke ugd,smp di ugd oleh dokter jaga dibilang alergi obat,wkt sy ty apakah sjs kt beliau bkn krn tdk kena mukosa mulut(?), krn ibu sy diinjeksi oleh bag radiologi jd suster+dokter penanggungjwbnya dipanggil oleh dokter jaga dan mrk berulang2 selalu bilang bhw mrk sdh melakukan sesuai prosedur(tes alergi sblm suntik,dll)
Dan mrk terkesan lepas tanggungjwb, sehingga akhirnya ibu sy hrs dirawat krn kondisinya yg memburuk dan saat ini ditangani oleh dokter spesialis kulit+penyakit dalam,, dan dokter hy memberikan diagnosa alergi obat :'(

Pertanyaan saya:
1.Apakah kondisi tersebut masuk sjs,krn dokter bilang kondisi ibu sy bukan steven jhonson syndrome
2. Bagaimana ya prosedur komplain apakah hanya dengan mengirimkan surat ke manajemen rs?karena kami merasa tdk puas dgn pelayanan rs,dari sulitnya akses ke MR ibu(tmsk record suntikan+jmlh mg suntikan yg masuk)serta pihak rs terutama bag radiologi yg berulang2 bilang sudah sesuai prosedur,sampai susternya bilang saya ga bisa dituntut karena sdh sesuai prosedur? Apakah kejadian pada ibu saya bisa dimasukan dlm hal kelalaian dr pihak RS?

Terimakasih atas saran+masukannya

Br
Wiwinn
*yg bt ngedenger 'sudah sesuai prosedur' diomongin sama semua bagian'
Powered by AthayArkanaBerry®
3b.

Re: Prosedur pengajuan komplain pd RS

Posted by: "Evvy - bunda mamas-" bunda.bangray@yahoo.com   bunda.bangray

Sat Dec 24, 2011 8:02 pm (PST)



Mbak wientha turut prihatin ya mbak..
Saya coba bantu ya mbak..
Untuk alergi obat itu range penyakitnya sangat luas mulai yg ringan sampe mengancam jiwa..
SJS merupakan salah satu yg mengancam jiwa.. Disebut SJS kalo ada triasnya mbak.. Kelainan pada kulit, kkelainan pada mukosa mulut juga genital trus ada kelainan pada mata..
Dan untuk alergi obat memang ga bisa diduga dan bisa terjadi pada semua orang..

-evvy-
*Masih blajar juga*
Sent from my BlackBerry®powered by Sinyal Kuat INDOSAT
3c.

Re: Prosedur pengajuan komplain pd RS

Posted by: "yoga pranata" doyogh@gmail.com   doyogh

Sat Dec 24, 2011 8:11 pm (PST)



Saya rasa, cukup ketemu langsung ke manajemen RS, menyampaikan keluhan
secara lisan dan tulisan...yang lebih penting lagi, segera dipastikan apa
penyebabnya?

Sepertinya alergi terhadap cairan kontras yang diberikan untuk pemeriksaan
CT-scan...
Dan betul, alergi bisa muncul kapan saja, meskipun sebelumnya sudah
dilakukan tes alergi (biasanya sebelum disuntik kontras ke dalam pembuluh
darah, mereka suntikan dulu sub kutan lalu dilihat ada reaksi alergi lokal
atau tidak).
Itulah sebabnya kita selalu mengajarkan bahwa segala sesuatu harus ada
indikasinya, karena bukan tanpa resiko.

Kejadian ini harus dicatat di rekam medis ibu mba bahwa beliau alergi
terhadap kontras sehingga kejadian serupa bisa dihindari di kemudian hari...

Mohon maaf jika tidak membantu.
Bagaimana kondisinya sekarang?

--
Yoga
yang lagi sama-sama belajar
Yayasan Orang Tua Peduli
www.milissehat.web.id

[Non-text portions of this message have been removed]

3d.

Re: Prosedur pengajuan komplain pd RS

Posted by: "Ratna Sari" ratnasari00@gmail.com

Sat Dec 24, 2011 9:39 pm (PST)



Mau komentarin Dr Yoga.
Memperkirakan akan terjadi reaksi alergi obat berdasarkan uji penyuntikan
zat intrakutan seperti yg sudah Dr Yoga tuliskan, khususnya hanya dapat
memprediksi reaksi alergi yg akan muncul lewat jalur hipersensitivitas tipe
1. Tapi tidak memprediksi yg akan muncul lewat jalur tipe 4, 2, 3 yg lebih
jarang.
Artinya meskipun skin test hasilnya negatif, tidak menyingkirkan
kemungkinan tetap akan timbul alergi obat. Di Departemen Ilmu Kesehatan
Anak sendiri tidak pernah melakukan uji skin test, berbeda dg pd orang
dewasa.

CMIIW ya, khususnya mengenai tipe2 hipersensitifnya.

Apin

[Non-text portions of this message have been removed]

3e.

Re: Prosedur pengajuan komplain pd RS

Posted by: "WienTha" Muhammad.athaya@gmail.com

Sat Dec 24, 2011 10:19 pm (PST)



Dear docs(yoga,evvy,apin)
Makasih buat responnya
Hari ini sdh msk 30 jam sejak reaksi alergi timbul tangan sdh mulai tidak bengkak tinggal bengkak+kaku di pergelangan tangan dan buku jari,cairan di blister sdh disedot, tapi pagi ini muncul blister2 baru di buku2 jari, kondisi membaik tapi masih lemah dan msh pusing2
Mengenai keberatan sdh kami sampaikan sesuai dgn saran dr yoga,sebenernya yg bikin keluarga (khususnya ayah+ibu) kecewa karena kesimpang siuran informasi mengenai kondisi ibu, nakes yg saling lempar tanggung jawab dgn alasan baru menangani pasien dg alergi spt ibu sy,hingga kebingungan ortu yg melihat nakes(ugd-radiologi)yg saling menyalahkan tata cara penangan alergi yg seharusnya tdk dilakukan di dpn pasien
Terimakasih untuk penjelasannya jadi tercerahkan, bahwa hal ini ga bisa dihindarin ya meski udah skin test :'( ,,sempet panik kemarin apalagi ibu smpt pingsan

Br,
Wiwinn
*baru tau efek alergi obat bisa separah itu :'(*
Powered by AthayArkanaBerry®
3f.

Re: Prosedur pengajuan komplain pd RS

Posted by: "yoga pranata" doyogh@gmail.com   doyogh

Sun Dec 25, 2011 12:37 am (PST)



Mungkin di rumah sakit tersebut baru itu aja kasusnya bu, mengingat memang
reaksi alergi tidak bisa diprediksi dan sangat jarang memang, tapi bisa
timbul kapan aja, meskipun sudah pernah atau biasa memakai obat yang sama...

Lesson learnednya buat kita semua sekali lagi: kalo tidak ada indikasi,
jangan gunakan obat sembarangan yah...

semoga kondisinya cepat membaik...

--
Yoga
yang lagi sama-sama belajar
Yayasan Orang Tua Peduli
www.milissehat.web.id

[Non-text portions of this message have been removed]

4a.

Re: Cacar pada bayi 8 Bulan

Posted by: "egi chandra" egichandra777@gmail.com

Sat Dec 24, 2011 7:58 pm (PST)



All,

Trims kasih atas responnya.mengenai sumber ny sy juga bingung. Di rumah Dan
tetangga yg deket2 ga Ada ya lg Kena Cacar air. Tp bbrp waktu yang lalu
sempat Ke mall. Apa dr sana Kali ya.tp terlepas dr itu sy mau coba jalankan
usul2 ny tadi.trima kasih Semuanya..

Salam,
Egi

[Non-text portions of this message have been removed]

5a.

Re: Selamat Natal & Tahun Baru

Posted by: "retnoprima@ymail.com" retnoprima@ymail.com   retnoprima@ymail.com

Sat Dec 24, 2011 9:09 pm (PST)



Selamat Natal rekan terkasih milis sehat yang merayakannya
Selamat Menyambut Tahun Baru 2012 untuk semua dr n sps semuanya

Semoga kita senantiasa diberikan berkat yang melimpah dari Tuhan


Salam dari kami sekeluarga
Retno Prima

Powered by Telkomsel BlackBerry0…3
5b.

(tanya) jerawat pada bayi berhubugan dengan ASI?

Posted by: "Sarlita Mega" sarlitamega@yahoo.com   sarlitamega

Sat Dec 24, 2011 9:41 pm (PST)





dear docs and sps,

saya mau tanya, anak saya baru 3 minggu dan wajah serta lehernya tumbuh seperti jerawat.
menurut ibu saya sih "sawan bayi" yaitu hormon yang keluar gitu, karena bawaan dari dalam rahim, yang nantinya akan hilang sendiri.

anak saya yang pertama juga dulu timbul jerawat2 juga, tapi tidak begitu banyak dan cepat hilangnya.
awalnya timbul di bagian daerah selangkangan dan pantat, saya tanyakan ke dsa, katanya diaper rash.  saya diminta ganti merk diapernya dan diberi salep.
saya akhirnya mengganti sabun mandi dengan lactac*d.  dan air mandinya pun saya masak (air keran biasa sih..ga sampe mandi pakai aqua juga..heheeh)
tapi ternyata tidak membuat jerawatnya menghilang juga.

saya sempat diberi masukan oleh adik saya yang dulu anaknya juga sempat jerawatan seluruh wajah.  menurut dsa adik saya, bisa jadi karena anaknya alergi dengan asupan makanan ibunya dan terminum lewat asi.

dia menyarankan saya untuk tidak makan seafood, telur, susu dan turunannya serta coklat.  karena mnrt dsa anaknya itu pemicu alergi pada anak.
tapi saya jadi binung, kalau tidak mengkonsumsi makanan2 tersebut, gizinya nanti darimana yaa...?masa hanya sayuran, ayam dan daging saja..?

apakah jerawatnya nanti akan hilang sendiri yaa..?atau saya memang harus diet makanan2 tersebut diatas sampai jerawatnya menghilang?
tetapi setau saya, kalau memang alergi makanan tersebut, ketika saya konsumsi lagi, otomatis jerawat akan timbul lagi dong..kan judulnya saja alergi.  benar tidak..?

mohon pencerahannya...

mega

[Non-text portions of this message have been removed]

5c.

(tanya) jerawat pada bayi berhubugan dengan ASI?

Posted by: "sarlitamega" sarlitamega@yahoo.com   sarlitamega

Sat Dec 24, 2011 9:45 pm (PST)



dear docs and sps,

saya mau tanya, anak saya baru 3 minggu dan wajah serta lehernya tumbuh seperti jerawat.
menurut ibu saya sih "sawan bayi" yaitu hormon yang keluar gitu, karena bawaan dari dalam rahim, yang nantinya akan hilang sendiri.

anak saya yang pertama juga dulu timbul jerawat2 juga, tapi tidak begitu banyak dan cepat hilangnya.
awalnya timbul di bagian daerah selangkangan dan pantat, saya tanyakan ke dsa, katanya diaper rash. saya diminta ganti merk diapernya dan diberi salep.
saya akhirnya mengganti sabun mandi dengan lactac*d. dan air mandinya pun saya masak (air keran biasa sih..ga sampe mandi pakai aqua juga..heheeh)
tapi ternyata tidak membuat jerawatnya menghilang juga.

saya sempat diberi masukan oleh adik saya yang dulu anaknya juga sempat jerawatan seluruh wajah. menurut dsa adik saya, bisa jadi karena anaknya alergi dengan asupan makanan ibunya dan terminum lewat asi.

dia menyarankan saya untuk tidak makan seafood, telur, susu dan turunannya serta coklat. karena mnrt dsa anaknya itu pemicu alergi pada anak.
tapi saya jadi binung, kalau tidak mengkonsumsi makanan2 tersebut, gizinya nanti darimana yaa...?masa hanya sayuran, ayam dan daging saja..?

apakah jerawatnya nanti akan hilang sendiri yaa..?atau saya memang harus diet makanan2 tersebut diatas sampai jerawatnya menghilang?
tetapi setau saya, kalau memang alergi makanan tersebut, ketika saya konsumsi lagi, otomatis jerawat akan timbul lagi dong..kan judulnya saja alergi. benar tidak..?

mohon pencerahannya...

5d.

Re: (tanya) jerawat pada bayi berhubugan dengan ASI?

Posted by: "siti amatullah mutmainah" amianakbinus@yahoo.com   amianakbinus

Sat Dec 24, 2011 10:37 pm (PST)



Dear mba sarlita..
Bayinya baru 3mgg kan?
Sabar ya, hormonnya tertinggal bs sampai usia 3-4bln ..
Ga usah pusingin soal makan, hajar aja deh, tapi boleh jg sih di-observe, ga b'arti lgsg smua dipantang.. (Hmm, tmn2 jg byk ni baru plg dr rs lgsg pantaaaang, anak'e alergi)

Cmiiw ya all

Rgds,
Ami


Sent from AmiBerry® via Smart 1x / EVDO Network.
5e.

Re: (tanya) jerawat pada bayi berhubugan dengan ASI?

Posted by: "alifah davida" alifah.davida@gmail.com   alifah_davida

Sat Dec 24, 2011 10:38 pm (PST)



Dear Mbak Mega,
Selamat ya atas kelahiran bayinya, selamat breastfeeding.
Mbak Mega sudah kumpulkan riwayat alergi keluarga? Karena alergi kan bakat
ya, diturunkan. Apakah suami Mbak alergi, atau mungkin mbak Mega-nya yg
alergi?

kenapa kok anak pertama dan kedua berbeda, ya karena bahasa kasarnya
meskipun berasal dari 2 sumber yg sama, tapi adonannya beda :P.

Cara paling mudah memang eliminir suspek2 alergi ya, merujuk terhadap itu
tadi, riwayat alergi keluarga. Kalau saya dulu memang harus pantang ayam
dan telur negeri(ganti ayam dan telur kampung) dan seafood selama menyusui,
karena memang anak saya alergi, menurun dari saya dan ayahnya.
Satu-satu di-eliminir. Dilihat apakah membaik atau tidak.

Kalau benar alergi, ya memang satu2-nya cara menghindari-nya adalah
menghindari pencetusnya.

Masalah gizi, saya pikir gak ada masalah ya. Banyak kok subtitute-nya.
Coba Mbak browsing2 ajah.

semoga membantu.

regards,

--alifah--

[Non-text portions of this message have been removed]

5f.

Re: (tanya) jerawat pada bayi berhubugan dengan ASI?

Posted by: "Anind" mamahararya@yahoo.co.id   anind3x

Sat Dec 24, 2011 11:30 pm (PST)



Helo mba,

Kalau pengalaman saya dulu, babyku jg jerawatnya kaya anak abg, gede2 bgt di muka :(
Tp ga aku kasih apa2, ga pake diet2an, hanya dlm waktu beberapa minggu hilang dgn sendirinya.


-Anind-
6a.

Re: -->Update, Help:demam 32 jam,suhu tubuh 40 dercel

Posted by: "fatimah Syam" ifat_syamtr@yahoo.com   ifat_syamtr

Sun Dec 25, 2011 12:43 am (PST)




Dear Docs & Sps

Atas saran dan masukan para Sps kemarin,saya coba tunggu demam Hafiz sampai 72 jam(saat ini masih 68 jam),tapi demamnya tetap tinggi,sempat turun di 38,6 tapi hanya 1 jam,kemudian hingga saat ini masih di 39,1 C. Rencananya nanti mlm akan kami bw ke RS,krn Hafiz dari rabu,hanya 3 sendok makan nasi yang mau,roti dan buah tidak mau,minum juga susah sekali,sekarang hanya mau tidur dan tidur karena mengeluh kepala bagian belakang sangat pusing,dan sekarang tampak sangat gelisah. Untuk bekal ke RS nanti malam,saya sempat baca ttg DD dan DBD,dari artikel tsb disebutkan krn keduanya penyebabnya adalah virus maka tdk butuh antibiotik yg terpenting hanya cairan,selain pemeriksaan lab Hb,Leukosit dan Hitung jenis,hematokrit dan trombosit,apa ada perlu pemeriksaan lain? (Hafiz tdk ad batpil) dan bagaimana cara memastikan ke para medis bahwa anak saya tidak butuh AB?
Terimakasih sebelumnya..

Salam
-ifat-

------------------------------
>
>Sent from AmiBerry® via Smart 1x / EVDO Network.
>
>------------------------------------
>
>Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
>- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
>- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.
>
>Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>
>"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
>=================================================================
>Milis Sehat thanks to:
>- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
>- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.
>
>Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.
>
>Kunjungi kami di (Visit us at):
>Official Web : http://milissehat.web.id/
>FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
>Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
>==================================================================
>Donasi (donation):
>Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
>Bank Mandiri
>Cabang Kemang Raya Jakarta
>Account Number: 126.000.4634514
>==================================================================Yahoo! Groups Links
>
>
>

6b.

Re: -->Update, Help:demam 32 jam,suhu tubuh 40 dercel

Posted by: "yoga pranata" doyogh@gmail.com   doyogh

Sun Dec 25, 2011 12:52 am (PST)



Sory...saya ga ngikutin threadnya...

Tapi kok minumnya sedikit sekali yah, buang air kecilnya gimana?
tanda-tanda dehidrasi uda dievaluasi belum? mata cekung? turgor kulit?
bibir kering? tampak kehausan? penurunan kesadaran? ubun-ubun kepala cekung
(kalo masih dibawah 18 bulan)? TANYA diagnosisnya jangan lupa, jangan cuma
dikasih obat aja tapi diagnosisnya ga jelas...

semoga baik-baik aja...

--
Yoga
yang lagi sama-sama belajar
Yayasan Orang Tua Peduli
www.milissehat.web.id

[Non-text portions of this message have been removed]

6c.

Re: -->Update, Help:demam 32 jam,suhu tubuh 40 dercel

Posted by: "aku_pilar@yahoo.com" aku_pilar@yahoo.com   aku_pilar

Sun Dec 25, 2011 1:02 am (PST)



Cek urin Mbak? Singkirkan ISK?

Mbak, pengalaman terakhir saya,cukup katakan ke pihak rs saya mau setiap tindakan harus seijin orang tua,alhamdulillah semua yg akan diberikan dan dilakukan diberitahukan dulu.tdk semua suster jadi galak kok, meski saya selalu ditanya kerja dimana bagian kesehatannya,saya jawab saya hanya relawan YOP hihihi. Dokter anak yg saya pilih pun tdk memaksa saya utk memberikan obat2an yg beliau pilih.ketika saya tolak diagnosa beliau klo anak saya tipus,dgn santun tentunya, beliau jg menerima argumen saya. Intinya di rasa percaya Mbak atas ilmu Mbak. Jangan terlihat panik dan ragu.
Saya tdk gamang ketoika tanda tangan menolak AB dan antimuntah, karena saya tahu dan yakin tdk diperlukan.

Semoga membantu dan semoga anaknya segera membaik.

Maaf klo ada yg tdk berkenan.
Salam
Santi
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
6d.

Re: -->Update, Help:demam 32 jam,suhu tubuh 40 dercel

Posted by: "fatimah Syam" ifat_syamtr@yahoo.com   ifat_syamtr

Sun Dec 25, 2011 1:22 am (PST)




Dear Mbak Santi..
Makasih sharingnya,bisa jadi contoh buat saya nanti, relawan YOP:)

salam
-ifat-

------------------------------
Pada Min, 25 Des 2011 01.03 Waktu Baku Pasifik aku_pilar@yahoo.com menulis:

>Cek urin Mbak? Singkirkan ISK?
>
>Mbak, pengalaman terakhir saya,cukup katakan ke pihak rs saya mau setiap tindakan harus seijin orang tua,alhamdulillah semua yg akan diberikan dan dilakukan diberitahukan dulu.tdk semua suster jadi galak kok, meski saya selalu ditanya kerja dimana bagian kesehatannya,saya jawab saya hanya relawan YOP hihihi. Dokter anak yg saya pilih pun tdk memaksa saya utk memberikan obat2an yg beliau pilih.ketika saya tolak diagnosa beliau klo anak saya tipus,dgn santun tentunya, beliau jg menerima argumen saya. Intinya di rasa percaya Mbak atas ilmu Mbak. Jangan terlihat panik dan ragu.
>Saya tdk gamang ketoika tanda tangan menolak AB dan antimuntah, karena saya tahu dan yakin tdk diperlukan.
>
>Semoga membantu dan semoga anaknya segera membaik.
>
>Maaf klo ada yg tdk berkenan.
>Salam
>Santi
>Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
>
>------------------------------------
>
>Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
>- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
>- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.
>
>Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>
>"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
>=================================================================
>Milis Sehat thanks to:
>- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
>- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.
>
>Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.
>
>Kunjungi kami di (Visit us at):
>Official Web : http://milissehat.web.id/
>FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
>Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
>==================================================================
>Donasi (donation):
>Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
>Bank Mandiri
>Cabang Kemang Raya Jakarta
>Account Number: 126.000.4634514
>==================================================================Yahoo! Groups Links
>
>
>

6e.

Re: -->Update, Help:demam 32 jam,suhu tubuh 40 dercel

Posted by: "fatimah Syam" ifat_syamtr@yahoo.com   ifat_syamtr

Sun Dec 25, 2011 1:52 am (PST)




Minum parcet juga gak mau dok,kamis kemaren sempat mau,hanya sekali saja mau parcetnya,sampai sekarang gak mau klo mau dikasih parcet dia jerit2,badannya ditelungkupin,gitu juga dengan minum,saya juga harapannya jgn sampai diinfus, ini masih bujuk2 untuk minum (akhirnya minta susu coklat dingin,kemarin ditawarin semua ditolak),kemaren seperti kejang tapi bukan kejang,menggenggam kedua tangannya kontak mata tidak ada,gak respon bila dipanggil,pipis gak bisa kontrol,tidur terus menerus mengigau..,skrg Alhamdulillah ada kontak mata,bilang klo mau pipis dan sudah mau bicara..

Siap dok,nanti saya minta tes rumpel leednya,dan diagnosanya.
Terimakasih Dokter Yoga ..

Salam
-ifat-

------------------------------
Pada Min, 25 Des 2011 01.24 Waktu Baku Pasifik yoga pranata menulis:

>Dibujukin yah buat minum...kasih apa aja yang dia mau...kasian kan kalo
>sampe diinfus...tapi kalo emang terpaksa apa boleh buat...
>Paracetamolnya uda dikasih belum, biar dia lebih nyaman...
>Penurunan kesadarannya kaya apa waktu itu? sekarang masih?
>
>Sebelum cek darah dan urin, coba nanti minta tes Rumpel Leed sama
>dokternya...
>Diagnosisnya yang penting...kalo dibilang DB terus dikasih AB, patut
>dipertanyakan...
>Singkirkan ISK, kultur urin...liat hematokrit bukan cuma trombosit...
>
>Semoga ga ada yang serius...
>
>--
>Yoga
>yang lagi sama-sama belajar
>Yayasan Orang Tua Peduli
>www.milissehat.web.id
>
>
>[Non-text portions of this message have been removed]
>

7a.

Bls: Re: [sehat]-->Update, Help:demam 32 jam,suhu tubuh 40 dercel

Posted by: "fatimah Syam" ifat_syamtr@yahoo.com   ifat_syamtr

Sun Dec 25, 2011 1:11 am (PST)




Dear dr. Yoga
anak saya 4,8 y, hari pertama sempat penurunan kesadaran,karena panas smpai 40,5 dan hanya turun selama 1 jam di 39,5 C, hari ini klinisnya bibir kering,dari subuh sampai saat ini baru 4 kali buang air kecil,minum susah sekali, dan baru saja saya ukur panasnya naik lagi ke 39,5 C,dikompres hangat juga sudah tidak mau,terimakasih untuk advicenya Dokter..

------------------------------
Pada Min, 25 Des 2011 00.52 Waktu Baku Pasifik yoga pranata menulis:

>Sory...saya ga ngikutin threadnya...
>
>Tapi kok minumnya sedikit sekali yah, buang air kecilnya gimana?
>tanda-tanda dehidrasi uda dievaluasi belum? mata cekung? turgor kulit?
>bibir kering? tampak kehausan? penurunan kesadaran? ubun-ubun kepala cekung
>(kalo masih dibawah 18 bulan)? TANYA diagnosisnya jangan lupa, jangan cuma
>dikasih obat aja tapi diagnosisnya ga jelas...
>
>semoga baik-baik aja...
>
>--
>Yoga
>yang lagi sama-sama belajar
>Yayasan Orang Tua Peduli
>www.milissehat.web.id
>
>
>[Non-text portions of this message have been removed]
>

7b.

Re: -->Update, Help:demam 32 jam,suhu tubuh 40 dercel

Posted by: "yoga pranata" doyogh@gmail.com   doyogh

Sun Dec 25, 2011 1:24 am (PST)



Dibujukin yah buat minum...kasih apa aja yang dia mau...kasian kan kalo
sampe diinfus...tapi kalo emang terpaksa apa boleh buat...
Paracetamolnya uda dikasih belum, biar dia lebih nyaman...
Penurunan kesadarannya kaya apa waktu itu? sekarang masih?

Sebelum cek darah dan urin, coba nanti minta tes Rumpel Leed sama
dokternya...
Diagnosisnya yang penting...kalo dibilang DB terus dikasih AB, patut
dipertanyakan...
Singkirkan ISK, kultur urin...liat hematokrit bukan cuma trombosit...

Semoga ga ada yang serius...

--
Yoga
yang lagi sama-sama belajar
Yayasan Orang Tua Peduli
www.milissehat.web.id

[Non-text portions of this message have been removed]

8a.

KIPI BCG

Posted by: "teracota79@yahoo.com" teracota79@yahoo.com   teracota79

Sun Dec 25, 2011 1:47 am (PST)



Dear smart parents, mohon informasinya perihal KIPI imunisasi BCG.
Anak saya Daryl diimunisasi BCG pada saat usia 1 bulan. Setahu saya KIPI BCG akan muncul 1-2 minggu setelah disuntik. Kasus pada anak saya, 2 bulan setelah disuntik BCG, pada lengan atas timbul benjolan merah (skrg dah lumayan matang). Apakah benjolan tersebut adalah KIPI BCG? Secara munculnya baru 2 bulan sejak disuntik. Saat ini tidak ada keluhan apa2, dan anak tidak demam.
Terima kasih sebelumnya atas penjelasannya.

Ingke
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
8b.

Re: KIPI BCG

Posted by: "Pamelia Yulianto" hidupsehat.pam@gmail.com   pamelia_yulianto

Sun Dec 25, 2011 2:10 am (PST)



Mb Ingke
Anak sy stlh sebulan blm muncul jg jendolannya. Wkt tanya DSA nya n dia diskusi sama DSA lain yg baru seminar ttg imunisasi katanya mmg bisa baru muncul 2bulanan kemudian

Maaf ga pake link.. Tp ga berbekas pun BCG nya tetap efektif kok. Dokter Windhi pernah posting dgn link, bs browse di arsip

CMIIW

- p a m e l i a -
"No Labelling, Stop Judging, Start Supporting"

Powered by my children's existance

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Health

Heartburn or Worse

What symptoms

are most serious?

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Ads on Yahoo!

Learn more now.

Reach customers

searching for you.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: