Thursday, December 22, 2011

[sehat] Digest Number 16747

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: Trauma abdomen?? dan demam kipi typhoid?? From: siti amatullah mutmainah
1b.
Re: Trauma abdomen?? dan demam kipi typhoid?? From: Sativa Huang
1c.
Re: Trauma abdomen?? dan demam kipi typhoid?? From: ~A D E .M.~
1d.
Re: Trauma abdomen?? dan demam kipi typhoid?? From: Sativa Huang
1e.
Re: Trauma abdomen?? dan demam kipi typhoid?? From: ~A D E .M.~
1f.
Re: Trauma abdomen?? dan demam kipi typhoid?? From: Endah
1g.
Re: Trauma abdomen?? dan demam kipi typhoid?? From: ~A D E .M.~
2a.
Re: OOT : Happy Anniversary From: thita f puspitasari
2b.
Re: OOT : Happy Anniversary From: hanny.firany@gmail.com
2c.
Re: OOT : Happy Anniversary From: wulan
2d.
Re: OOT : Happy Anniversary From: umialiyah_dzatil@yahoo.co.id
3.
Viral Conjuctivitis vs Bacterial -> was  Mata merah dan keluar darah From: aee_78@yahoo.com
4a.
Re: Flu Singapore From: Tina Dariyan
4b.
Re: Flu Singapore From: heidy_jo@yahoo.com
4c.
Re: Flu Singapore From: ChiciErnest
5a.
Mulut anak bengkak berjamur From: mamikila@yahoo.com
5b.
Re: Mulut anak bengkak berjamur From: arianyhy@gmail.com
5c.
Re: Mulut anak bengkak berjamur From: Dita Parakitri
6a.
(Sharing) Cerita Pesat Aceh 2 From: niea_152@yahoo.com
6b.
Re: (Sharing) Cerita Pesat Aceh 2 From: umialiyah_dzatil@yahoo.co.id
6c.
Re: (Sharing) Cerita Pesat Aceh 2 From: Inta
7a.
TB bayi umur 4bln From: re hani
7b.
Re: TB bayi umur 4bln From: niea_152@yahoo.com
7c.
Re: TB bayi umur 4bln From: Inta
7d.
Re: TB bayi umur 4bln From: re hani

Messages

1a.

Re: Trauma abdomen?? dan demam kipi typhoid??

Posted by: "siti amatullah mutmainah" amianakbinus@yahoo.com   amianakbinus

Wed Dec 21, 2011 3:55 am (PST)



Hi mba a.d.e.m
Maaf sy krg ikuti threadnya..

Diagnosa tonsilfaringitis nama kerennya batuk bukannya ya? :)
Penyebabnya umumnya virus ..
Hmm, referensi dokternya perihal "bukan infeksi virus krn sdh lwt 24 jam." Drmna ya? Smpt ditnykan?
Kalau sy sih, tdk akan buru2 swab, mba .. Sebelum klinisnya mengarah ke infeksi bakteri..

Utk hasil lab urine nya maaf sy ga paham :)

Maaf jk ada yg krg berkenan

Rgds,
Ami



Sent from AmiBerry® via Smart 1x / EVDO Network.
1b.

Re: Trauma abdomen?? dan demam kipi typhoid??

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Wed Dec 21, 2011 4:02 am (PST)



Hi Bu Ade,
Gimana kondisi anak Mom,
semoga semakin membaik.

Di sini ada bacaan mengenai diabetes pada anak, khususnya mengenai
test apa yang dilakukan:
Type 1 diabetes in children
http://www.mayoclinic.com/health/type-1-diabetes-in-children/DS00931/DSECTION=tests-and-diagnosis

Type 2 Diabetes in Children - Exams and Tests
http://diabetes.webmd.com/tc/type-2-diabetes-in-children-exams-and-tests

Untuk hasil lab yang keton postif 1 apakah mungkin disebabkan oleh
karena nggak mau makan (sakit). Glukosanya juga nggak tinggi, jadi
mungkin perlu dikonsultasikan dengan dokternya, apakah perlu
dipastikan anak memang diabetes. Mungkin dokter atau para SPs bisa
memberikan saran lebih lanjut mengenai hal ini.

Salam,

2011/12/20 ~A D E .M.~ <daffa.kayyisa@gmail.com>:
> Waahh, terimakasih pencerahan nya ya dok anto.
> Saya liat tadi sih ga sampe bernanah tonsilnya, dan anak ga kesulitan menelan,mudah2n mmg infeksi virus aja.
>  Untuk dbd, karena trobositnya oke,bs di singkarkan ya doc?
>
> Daffa nya sih masih lemas, menolak makan krn cape, dan mengeluh perutnya yg kebentur di lantai tadi masih sakit aja.
>
> Hasil urin rutinnya,adakah yg harus saya waspadai?
> Terimakasih doc anto.
>
> Salam :)
>
> ~* A D E .M.*~

1c.

Re: Trauma abdomen?? dan demam kipi typhoid??

Posted by: "~A D E .M.~" daffa.kayyisa@gmail.com   bunda.daffyisa

Wed Dec 21, 2011 6:28 am (PST)



Dear pak sativa,
Terimakasih utk atensinya :)

Alhamdulillah panas terakhir jam 1 dini hari tadi,39,2.
Hanya dikompres, bangunkan utk minum, ananda berangsur adem, sampai seharian ini.
Tinggal lesunya saja, yg semakin sore semakin membaik :)

Kalo spt ini kasusnya, jelas bukan infeksi bakteri spt yg di tegaskan dsa nya kan ya pak?Beliau beri batasan, infeksi virus max panasnya 3 hari saja.
Saya tdk tebus resepnya.

Saya mmg agak bertanya2 dng hasil urinnya dmn glukosa +1, dan keton +2
Terpikir utk medical check up anak saya, tp saya harus siapkan anaknya dulu utk bbg pemeriksaan nanti.

Terimakasih link nya ya pak, segera akan saya pelajari begitu bs buka PC. Belakangan sinyal bb menyedihkan,ditinggal nyuci piring eh masi loading *curlong

Really appreciate for your kindness, pak :)
Salam :)

~* A D E .M.*~

Powered by DaffyisaBerry®
1d.

Re: Trauma abdomen?? dan demam kipi typhoid??

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Wed Dec 21, 2011 6:35 am (PST)



Sama-sama.
Glad to hear udah mendingan. :)
Seperti yang dr. Anto nyinggung sebelumnya, strep throat kecil
kemungkinannya kalau cuma sekedar merah dan tonsil bengkak, mestinya
penyebabnya bukan bakteri.

Fokus selanjutnya mungkin memastikan apakah memang perlu cek lebih
lanjut masalah diabetes.

Semoga sehat.

Salam,

1e.

Re: Trauma abdomen?? dan demam kipi typhoid??

Posted by: "~A D E .M.~" daffa.kayyisa@gmail.com   bunda.daffyisa

Wed Dec 21, 2011 6:51 am (PST)



Aamiin,

Siap Pak :) -sol
Salam :)

~* A D E .M.*~

Powered by DaffyisaBerry®
1f.

Re: Trauma abdomen?? dan demam kipi typhoid??

Posted by: "Endah" endahgunawan@ymail.com

Wed Dec 21, 2011 6:59 am (PST)



Cb deh nanti habis selesai demam, ulang urine rutinnya.

Endah


1g.

Re: Trauma abdomen?? dan demam kipi typhoid??

Posted by: "~A D E .M.~" daffa.kayyisa@gmail.com   bunda.daffyisa

Wed Dec 21, 2011 7:01 am (PST)



Siap dok endah :)
Terimakasih :)
Salam :)

~* A D E .M.*~

Powered by DaffyisaBerry®
2a.

Re: OOT : Happy Anniversary

Posted by: "thita f puspitasari" kalamalf@gmail.com

Wed Dec 21, 2011 4:40 am (PST)



happy anniversary milis sehat...

Teringat 4,5 th lalu yg saat masih hamil diajak gabung ke milis ini oleh ibu intan utoyo, kemana ya blio skrg?

Alhamdulillah ilmunya kepake banget sampe skrg brojol anak ke 2.

Cinta banget ama milis ini *pelukan*

Salam
Thita
thita f puspitasari follow me @pecahtelor

2b.

Re: OOT : Happy Anniversary

Posted by: "hanny.firany@gmail.com" hanny.firany@gmail.com   pink_honey_1999

Wed Dec 21, 2011 5:20 am (PST)



Happy Anniversary milis sehat..

Ini tahun ke 2 ikutan milis sehat. Diajak gabung dg mba mida (ibunya sasa & raya) saat sy hamil 2 bln. Skrg athena 1 hari lg berusia 1th (bearti mo lulus S2 ASI).
Terimakasih atas semua ilmu yg diberikan & dukungannya.
Semoga bola saljunya terus bergulir.

Love u all members, doctors, momods..

Warm regards,
Hanny
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
2c.

Re: OOT : Happy Anniversary

Posted by: "wulan" wulan.wuls@gmail.com   wulanokey

Wed Dec 21, 2011 8:05 am (PST)



"Semoga Allah senantiasa merihoi kita dan membimbing kita dan melimpahkan berkah dan rahmatnya kepada bangsa ini, kepada keluarga2 Indonesia, kepada anak2 indonesia"

Amiiiiin. Lapak kecil2annya laku ya bun, skrg udh jd lapak besar2an. :D Smoga ke depannya bertumbuh terus, makin subur makin besar dan makin berkualitas

Love
Rgds,
- Wulan -
@wulsnih

2d.

Re: OOT : Happy Anniversary

Posted by: "umialiyah_dzatil@yahoo.co.id" umialiyah_dzatil@yahoo.co.id   umialiyah_dzatil

Wed Dec 21, 2011 8:55 am (PST)



Thx a lot Gak nyangka - "usaha lapak" kecil2an ini bisa berlangsung terus sampai saat ini Alhamdulillah Semoga bisa terus hadir di antara kalian dengan basis cinta dan kejujuran

=» aaaammmiiiinnnnn


Tentunya, banyak kekurangan kami
Tentunya, banyak kesalahan kami
Laiknya orang berkumpul dalam satu keluarga
Tetapi percayalah, ada cinta yang sangat besar buat kalian semua

=» we luv u tooo


Semoga Allah senantiasa merihoi kita dan membimbing kita dan melimpahkan berkah dan rahmatnya kepada bangsa ini, kepada keluarga2 Indonesia, kepada anak2 indonesia

=» aaaammmmiiinnnn


Hepi eniversery milissehat.... Moga makin banyak doctors & parents tercerahkan untuk selalu RUM....


Atun
no puyer please


Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
3.

Viral Conjuctivitis vs Bacterial -> was  Mata merah dan keluar darah

Posted by: "aee_78@yahoo.com" aee_78@yahoo.com   aee_78

Wed Dec 21, 2011 4:43 am (PST)



Dear dr Rina n Sps,

Wah pas bener topik nya dan penjelasan dari dr Rina ..

Kebetulan aku baru aja pulang dari dokter mata anak (dipaksa Bapaknya ke dokter) dan di diagnosa conjictivitis ods (salah baca nda ya ?) & diresepin CendoHyalub n Gentamicin 0,3%

Aku tanya penyebabnya virus apa bakteri, jawabnya virus .
Aku tanya bedanya karena virus dan bakteri, jawabnya kotoran mata karena bakteri lebih kental dan ada selaput kuning panjang di bawah mata.
Aku tanya kenapa Gentamicin kan virus nda perlu antibiotik, jawabannya karena ini ada bakterinya
*bingung langsung*

dan terjadilah pembicaraan yang nda nyambung dan makin membingungkan ..

Coba search conjunctivitis ods, kok nda nemu penjelasannya .. Pengen memastikan bahwa ini karena virus dan bukan bakteri .. :( Coba cari" hasilnya dikasih gambar kalo karena bakteri itu bengkak (kebetulan bengkak juga) .. Konon seperti penjelasan dr Rina, dokter mata punya alat" khusus yang bisa menerawang.. *tapi kalo nda percaya ama dokternya begimana ya*

Bisakah minta referensi dokter mata anak yang bisa diajak diskusi tanpa pasien merasa tertekan ?

Kondisinya anaknya (9 mo) mata merah, rada bengkak, kotoran kuning sedikit kehijuan jumlah relatif banyak, berair, ada demam (mungkin juga karena abis imunisasi campak 10 des lalu), batuk pilek relatif negatif, perilaku sedikit lebih rewel (namanya juga sakit ya .. )

Maaf ya kalo kepanjangan dan membingungkan .. mohon masukan dan penguatan diagnosa nya .. *takut salah juga kan nda pernah sekolah kedokteran*

Ma kasih ya ..
*berharap ada yang jawab* :D

ai
4a.

Re: Flu Singapore

Posted by: "Tina Dariyan" tina.dariyan@gmail.com

Wed Dec 21, 2011 5:21 am (PST)



Bunda Wafa,

Anak2ku pernah kena flu Singapore, sariawan di seluruh bagian mulut kan...
jangankam makan n minum, buka mulut aja mereka sampai nangis saking
perihnya.
Penanganku waktu itu HT dgn memberikan nasi tim dan jus, pokoknya makanan
yg lembut spy mereka g perlu mengunyah. Jus yg saya kasih yg banyak
mengandung vit. C dan buah yg berkhasiat meredakan panas dalam, seperti
jeruk, wortel, timun, dan buah naga.
Alhamdulillah dlm wkt 4 hr anak2 sembuh tanpa berobat ke dokter.
Memang dibutuhkan kesabaran ekstra krn anak jd susah makan, jd diberikan
dlm porsi kecil tapi sering.
Mudah2an Wafa cepat sembuh ya...

Salam
Tina
On Dec 21, 2011 6:15 PM, "Britania Sari" <bajajtingkat@yahoo.com> wrote:

> Salam
>
> Bagaimana penanganan u balita 14 bln yg terkena flu singapore? Selain
> minum obat dr dokter.
>
> Terimakasih
>
> Bunda Wafa
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>
> ------------------------------------
>
> Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
> - Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal
> FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.
>
> Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland,
> dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program
> kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>
> "Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
> =================================================================
> Milis Sehat thanks to:
> - AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS
> SEHAT 2011.
>
> Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk.
> who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi
> Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
> "SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.
>
> Kunjungi kami di (Visit us at):
> Official Web : http://milissehat.web.id/
> FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
> Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
> ==================================================================
> Donasi (donation):
> Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
> Bank Mandiri
> Cabang Kemang Raya Jakarta
> Account Number: 126.000.4634514
> ==================================================================Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

4b.

Re: Flu Singapore

Posted by: "heidy_jo@yahoo.com" heidy_jo@yahoo.com   heidy_jo

Wed Dec 21, 2011 5:26 am (PST)



Ngomong2 ttg flu singapore, adakah vaksinnya?

Setahun lalu salah satu temanku ada yg anaknya kena flu singapore, udah sekolah dan akhirnya satu sekolah diliburkan krn 1 anak kena. Lebay ga sih?

Sory malah kebanyakan tanya persiapan kalo anakku sekolah 4 th lagi.

Thanks,
Erika
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
4c.

Re: Flu Singapore

Posted by: "ChiciErnest" chici.ernest@gmail.com

Wed Dec 21, 2011 6:04 am (PST)



Mbak Erika,

Setau saya sih blm ada vaksinnya. Cmiiw

Sebenernya gak lebay bgt sih sekolahnya. Krn kejadian kyk gitu pernah terjadi di spore.. Virus HFMD jd Kejadian Luar Biasa (KLB) disana. Saking banyaknya anak2 yg tertular, akhirnya pemerintah spore sampai meliburkan anak sekolah. Makanya knp HFMD disebut flu spore yaa krn kejadian tsb.. Cmiiw ^^

Regards,
@chiciernest

5a.

Mulut anak bengkak berjamur

Posted by: "mamikila@yahoo.com" mamikila@yahoo.com   mamikila

Wed Dec 21, 2011 6:13 am (PST)



Dear Bunda Wati,docs&SP,

Saya mau tanya lanjutan kondisi anak saya minggu kemarin. Setelah senin sd kamis minggu lalu akila (16mos) demam 39-40 dercel (lebih dari 76 jam),saya bawa ke dokter dan didiagnosis faringitis. Diberi AB cefixime,ibuprofen,dan puyer kenacort (slh satu isinya) tdk ada yg diminumkan.

Esoknya setelah dari dokter (jumat),demam turun dan muncul ruam merah di muka&badan. Ciri2nya mirip roseola atau campak,jelas ada batuk. Atas dukungan SP di sini,akila tdk dibawa ke dokter agar tdk dpt penyakit tambahan.

2hari kemudian (minggu) ruam merah hilang,tapi lidah bentol2 putih seperti jamur&akila sulit makan. Batuk makin jelas&suara serak.Saya dorong agar terus makan minum,tp agak sulit &hari ini jamurnya semakin meluas ke bibir serta bibir menjadi bengkak merah:( hal ini membuat akila makin sulit makan.

Mohon sarannya apakah bisa terus dibiarkan sampai sembuh sendiri,atau kpn perlu obat/ke dokter.

Terima kasih.

Thia
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
5b.

Re: Mulut anak bengkak berjamur

Posted by: "arianyhy@gmail.com" arianyhy@gmail.com   ariany_hy

Wed Dec 21, 2011 6:20 am (PST)



Seperti nya kok mengarah ke HMFD / flu singapore ya ..

Coba ada thread salah satu mama juga barusan dibahas lengkap.. Judulnya flu singapore..

Smoga lekas sembuh yaaa...

Regards,
Ariany

Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

-----Original Message-----
From: mamikila@yahoo.com
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Wed, 21 Dec 2011 14:11:59
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] Mulut anak bengkak berjamur

Dear Bunda Wati,docs&SP,

Saya mau tanya lanjutan kondisi anak saya minggu kemarin. Setelah senin sd kamis minggu lalu akila (16mos) demam 39-40 dercel (lebih dari 76 jam),saya bawa ke dokter dan didiagnosis faringitis. Diberi AB cefixime,ibuprofen,dan puyer kenacort (slh satu isinya) tdk ada yg diminumkan.

Esoknya setelah dari dokter (jumat),demam turun dan muncul ruam merah di muka&badan. Ciri2nya mirip roseola atau campak,jelas ada batuk. Atas dukungan SP di sini,akila tdk dibawa ke dokter agar tdk dpt penyakit tambahan.

2hari kemudian (minggu) ruam merah hilang,tapi lidah bentol2 putih seperti jamur&akila sulit makan. Batuk makin jelas&suara serak.Saya dorong agar terus makan minum,tp agak sulit &hari ini jamurnya semakin meluas ke bibir serta bibir menjadi bengkak merah:( hal ini membuat akila makin sulit makan.

Mohon sarannya apakah bisa terus dibiarkan sampai sembuh sendiri,atau kpn perlu obat/ke dokter.

Terima kasih.

Thia
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links

5c.

Re: Mulut anak bengkak berjamur

Posted by: "Dita Parakitri" anindita.parakitri@yahoo.com   anindita.parakitri

Wed Dec 21, 2011 6:35 am (PST)



Dear Mbak Thia,

Sepertinya HFMD. Coba cek thread sebelum ini ada e-mail dr mbak Britany Sari yang subject-nya "Flu Singapore". Sudah dibahas lengkap kok oleh SP yg lain.
Salam,
Dita
@DitaParakitri

Sent from Malik'sMomBerry®
6a.

(Sharing) Cerita Pesat Aceh 2

Posted by: "niea_152@yahoo.com" niea_152@yahoo.com   niea_152

Wed Dec 21, 2011 8:37 am (PST)



Dear all,

Di ultahnya milis, nyempetin share cerita dari Pesat Aceh 2. Sekalian nyolek medan :)

*PRA PESAT

Dimulai dr dapat jadwal yg fixed setelah ketunda 8bln dr jadwal awal di februari lalu (aq ajuin jadwal dari sebelum lahiran ragha) mulai grasak grusuk ama medan.
Sounding2 di socmed nyari temen utk jd panitia baru selain ranti dan aku, yg daftarin diri cuma 1org. Yuni/ninin pengen jd sukarelawan utk pesat aceh meski belum berkeluarga.

Mulai prepared yg kecil2. Alamat email pesat aceh lama ga bs diakses. Ranti siapin email baru, buat akun twitter pesat aceh, keluar dr beberapa BBG biar hape ga tereak. Begitu medan sounding di milis,baru inget untuk sounding jg.
Besoknya ngekor medan, dan k'ratu edit lalu brotkes via BBM. Mulai satu hari satu org yg daftar. Waktu jalan terus,tp jumlah yg daftar bikin deg2an.
Kali ini ga buka pendaftaran di tempat2 tertentu,via email dan sms doank.
Sponsor?? Sama sekali ga dapat..hehehe..

1minggu menjelang hari H, bunda usul undang kader posyandu. Kebetulan suami kerja di kecamatan,putusin untuk undang bides dan kader posyandu di kecamatan suamiku kerja. Kali ini undang 10 bides dan 10 kader posyandu.
(Mudah2an taon dpn kalo dapat jadwal lagi bisa undang lbh banyak..amin)
Komunikasi ama ranti yg tinggal di lhokseumawe jalan terus,via wattsap,sms,telpon. Kopian materi dikirim dari sana :D
Ama medan tiap hari colek2an..panas dingin terus ya mak..

Begitu pesat aceh punya logo,temen yg kerja di salah satu bank baru ngeh. Nanya apa bisa jadi sponsor, padahal dari kapan tau udh aq tanyain :( tp berhubung udh mau dekat acara,mereka akhirnya ga bisa.

Ninin mulai print brosur,dan nitip di beberapa sekolah,tempat2 umum.
Sampe hari H kita dapat 50peserta.
Jujur sedikit kecewa,pengennya lebih banyak, biar yg dapat pencerahan lebih banyak. Tapi tetap disyukuri yaa..

Yg bikin deg2an lagi,H-3 suami dapat surat resmi dari ibu camat,aku ditunjuk jd manajer kecamatan kegiatan HUT DW di tanggal 18 itu jg karna ketua. DW kecamatannya aku. Duuuhhh...beraniin diri cerita ke bunda (maap ya bun bikin kesel :D), akhirnya ngobrol ke temen2 di kantor suami, mereka ga masalah aq ga datang. jadi aku bisa full di pesat.

Pas jemput dr.anto pun sempet panik. Tadinya mau jemput ama suami dan 2R ikut krna baru jemput mereka di rumah kakakku,eh razan ngantuk ga mau ikut ke bandara.sementara ga mungkin ditinggal di rumah.akhirnya udh jam 3.30 sore itu kabari ninin ikut jemput dr.anto. 2R di rumah ama bapaknya.
Alhasil nyampe bandara pesawat udh landing, dan dr.anto udh duduk maniss nungguin...maaaaapp ya dr.anto.

Oiya,di jalan menuju hotel,sempetin singgah makan tahu goreng. Kata dr.anto makanan sehat, seger lagi..:)

Turunin dr.anto di hotel, kami langsung ke aula,berberes dan janjian ama peserta bazar utk cek tempat. Menjelang magrib,nganter ninin dan pulang.
Abis magrib langsung jalan lagi. Jemput ninin,lalu dr.anto pergi ngopi. Tadinya mau ngajak makan bistik ayam GS,tp pilihan enak duduk di kedai kopi.
Sempet muter2 liat kota juga

Yang bikin deg2an lagi malam minggu itu hujan lebat sampe paginya. Kekhawatiran ada 2: peserta ga semua datang atau acara molor.

*PESAT

Bener!! Ada 11 peserta ga datang, dan jadwal molor 45menit :(
Malah ada peserta yg baru datang di topik terakhir.

Pagi jam 6.30 suami udh ke venue,siapin infocus dan pernak perniknya,sekalian kasi baju panitia ama OB kantor yg diminta sstand by dr hari sabtu. (Bajunya kekecilan semua hehehe)
Jam 8.20 jemput dr.anto sendiri,karna ninin stand by utk peserta yg registrasi ulang. Dr.anto mutusin acara mulai jam 9. Sambil nunggu peserta yg masih berdatangan.

Ada sedikit insiden,10menit mau mulai baru inget microphone lupa disiapin ama suamiku. Minta tolong OB beli baterai mic lagi ujan deres,pake acara motor ninin ngadat. Untung ga jauh tokonya. Takut juga pada tutup karna hari minggu dan ujan pula.

Masuk ke materi MPASI, tadinya mau aku yg bawain,dr.anto blg gpp bliau yg bawain aja, aq selingin doorprize aja.
Padahal malemnya udh bergadang siapin materi lho dok :D

sementara temen2 yg ikut bazar mulai ga sabar,udh jam 12 acara belum menunjukkan tanda2 usai. Yaiyalah, materi padat, dan ga ada peserta yg curi2 cuci mata di bazar. Semua betah di dalam nyimak. Oiya,ada 2 peserta bapak2nya juga. Yg satu malah ikut maju jawab quiz.

Ga tau sukses tidaknya, cuma sedikit kecewa dengan jumlah peserta aja. Tapi terbayar dengan antusiaSnya peserta. Kami terpaksa hanya membuka 4x sesi bertanya karna waktu. Dan dr.anto masih di kelilingi ibu2 abis acara selesai..

*POST PESAT

sampe sekarang ada yg sms minta dibuat lg dan dr.anto tampil lagi :D

Buat bbg sehat aceh. Untuk rangkul alumni pesat. Biar tetap kumpul dan apdet informassi. Mulai bulan depan buat kopdar yg bahas 1 topik (nyontek JPC yak)

Masih banyak yg ga ngeh juga pesat itu apa.meski bolak balik aq kasi link di fb/twitter, jelassin langsung. Pas acara udh kelar baru ngeh dan nyesel maksimal..ckckck..
Jd curcol di twitter,untung di kuatin ama teh dinny,mb ria,dan banyak lg (maap ga ketulis)

Salah satu alumni yg juga member milis mau buat pesat di kantor suami. Mudah2an bisa terealisasi ya..amin

Sudah ada panitia utk pesat aceh 3. Ini inisiatif sendiri bun. Mudah2an dapat jadwal utk 2012..amin

Tinggal kirim laporan pelaksanaan ke mb nia dan bunda..

Support ranti untuk pesat company. Ayo maak..

*UCAPAN TERIMA KASIH

Alhamdulillah member milis asal aceh yg tinggal di lampung bantuin panitia. Amat sangat membantu kebutuhan kami. Langsung bisa di manfaatkan.. (Makasih banyak kak..jd tempat curhat jg pdhl lagi banyak kerja ya kak..maapkeun)

Alhamdulillah dapat bantuan lagi dr temen milis juga, mamanya 2R..tadinya mau beli tas utk materi kit,krna budget ga cukup di cancel. Eh malah di kasih..(˘̩̩̩⌣˘̩̩̩)..thx ya da

Alhamdulillah bisa buat barengan ama medan,dibantuin sangad sama panitia medan..*peluk kenceng satu2 panitia medan*

Terima kasih untuk mba nia yg udh kita "rewelin" minta jadwal.
Terima kasih untuk bunda yg ssupport kita dari jauh.
Terima kasih utk temen2 bbg dan miliss yg udh semangatin kita secara japri,di grup,fb,twitter. Means a lot.
Terima kasih utk dr.anto yg udh mau hadir ditengah segala kekurangan kami..(Mudah2an bisa kerja di aceh or medan..uhuyy)
Terima kasih utk ranti n ninin, yg udh rela capek.cuma dapat tengkiu lagi xixixi..
Terima kasih utk peserta yg udh betah duduk 4jam,mohon maaf atas segala kekurangan panitia.mudah2an ilmunya bermanfaat dan bisa di bagi kpd yg lain (Yg udh join milis,muncul ya)
Terima kasih utk temen2 yg mengisi bazar,mudah2an lancar usahanya abiss ikut bazar.
Terima kasih utk camat baiturrahman, yg bolehin kami pakai aulanya dan segala fasilitasnya..

Mudah2an ketemu lagi di Pesat Aceh 3
(Colek dr.endah :D )

Maap kepanjangan sharingnya. Nunggu medan sharing juga.

Salam


-nia-ibunya Razan Ragha®
@nieafardina
6b.

Re: (Sharing) Cerita Pesat Aceh 2

Posted by: "umialiyah_dzatil@yahoo.co.id" umialiyah_dzatil@yahoo.co.id   umialiyah_dzatil

Wed Dec 21, 2011 8:56 am (PST)



Keprok keprok keprok keprok *hujan kertas warna warni*
Bravo! Bravo! Bravo!
*big hug for all members of committee plus the presenter and also the members*


Atun
no puyer please

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
6c.

Re: (Sharing) Cerita Pesat Aceh 2

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Wed Dec 21, 2011 9:16 am (PST)



Iiiih hebaaat makciiiik. 4 jempol buaaat kamu dan panitia lain. Kadang suka mikir deh, itu panitia PESAT daerah hebat2 deh. Udah cuma segelintir biasanya, cari peserta pun pasti gak segampang kita2 yang di Jakarta dan sekitarnya. Hebaat lah kalian pokoknya salut berat.

Semoga makin besar yaah bola salju bergulir disana.

Cheers, Inta
@Intamardwityo
terkirim dari henponkuh

7a.

TB bayi umur 4bln

Posted by: "re hani" retno.handayani@gmail.com   re_hani

Wed Dec 21, 2011 8:41 am (PST)



dear dokter dan sp's,

saya ingin menanyakan mengenai kecurigaan TB pd bayi berumur 4bln.
seorg teman,BBL bayinya 2650gr dilahirkan scr SC krn pengapuran
placenta. diusia 2bln BB 3700gr.
diusia 3bln 3800gr.kmdn diusia 4bln 3900gr.
sblm ini pernah demam 2x sampai suhu diatas 38dc,digempur asi dan
paracetamol mereda.
kl ga slh demam pertama ada pileknya.
td mlm demam lg hingga hari ini sempat 39dc.
utk BAK selama ini lbh dr 6x,pup kekuningan.
brsan di bw k slh satu dsa senior,kmdn diminta tes darah krn ada kecurigaan TB.
ketika ibu bayi menyampaikan bhw dirumah semua sehat,dsa mengatakan
bhw skg dilingkungan smkn byk tbc.

saya menyarankan utk tes urin dl guna singkirkan kemungk isk.
pertanyaan saya,apa saja kah kemungkinan penyebab BB seret naik diusia 4bln?
bayi full asi,dr BAK mestinya menunjukkan asi cukup.
dr BAB kekuningan menunjukkan bayi dpt lemak asi.
adakah hal lain yg sy missed dlm hal ini?

kmdn kl mmg ada kemungkinan TB, dr yg sy baca,urutannya tes mantoux br
tes darah utk kmdn scoring.
krn dsa tdk melakukan tes mantoux ttp lgsg mt bayi tes darah,apa yg bs
diketahui dr tes darah ini ya?

tepatkah saran sy utk tes urin dan 2nd opinion dl sblm tes darah?
bgmn dng kemungkinan ADB? krn diumur 3bln,dsa sdh memberi ferriz.
sebaiknya bgmn urutan langkah yg hrs ditempuh utk menemukan penyebab
demam berulang dan BB seret naik pd bayi 4bln?

TIA,
retno

7b.

Re: TB bayi umur 4bln

Posted by: "niea_152@yahoo.com" niea_152@yahoo.com   niea_152

Wed Dec 21, 2011 8:48 am (PST)



Hi mb,

Lahirnya cukup bulan?
Ibunya anemia tidak selama hamil?
Pola makan ibunya selama menyusui high iron ga?
Pasti tidak ada org dewasa yg TB di rumah kan?
Pertumbuhan yg lain gimana?
Ssudah plot ke GC?

Untuk TB,susun dulu tabel skoringnya mb,baru tau apa aja yg mau dinilai.

Demam di suhu berapa?
udh tepat 2nd opini mba.

Utk ADB buka seputar ADB di web milis.maaf ga bisa kasi link. Cukup jelas.

Maaf banyak pertanyaan lagi. Untuk melengkapi info.

Salam


-nia-ibunya Razan Ragha®
@nieafardina
7c.

Re: TB bayi umur 4bln

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Wed Dec 21, 2011 8:59 am (PST)



Mba Retno,

Salah satu indikator asi cukup kan juga BB yang naik baik. Apalagi selama 0-6 bulan kenaikan bb yang baik penting buat bayi. Bisa juga memang asupan asinya kurang. Ibunya wm atau ftm? Dari sini bisa dilihat berapa per hari yang sudah diminumkan ke bayinya.

Untuk TB pada anak harus dengan sistem skoring penegakannya. Kontak dengan penderita adalah salah satu yang krusial. Dlm hal ini kontak jelas dengan penderita satu rumah dan dalam sehari min 8jam berinteraksi. Jadi bila dalam 1 rumah tidak ada yg TB, bisa dipastikan anaknya juga sehat. Lebih jelasnya bisa ke www.tbindonesia.com atau bongkar2 arsip milis deh.

Cheers, Inta
@Intamardwityo
terkirim dari henponkuh

7d.

Re: TB bayi umur 4bln

Posted by: "re hani" retno.handayani@gmail.com   re_hani

Wed Dec 21, 2011 9:25 am (PST)



dear mb inta,

iya,sy setuju sekali bhw pertumb 6bln pertama ini penting.hal inipun
sy sampaikan k ibu.
waktu minggu2 pertama BB agak lambat naik sptnya mslh pelekatan.
krn stlh pelekatan diperbaiki,stlh usia 1bln naik lmyn byk.
stlh itu sy hanya bantu memantau via sms,asumsi sy pelekatan sdh baik.
ibu bayi saat ini tdk bekerja,sdg melanjutkan kuliah lg tp seminggu
hanya 2hr msk.
utk eliminasi kemungk asupan kurang,sejak sktr sebulan lalu sdh sy
sarankan memerah asi lbh sering agar produksi asi jg bertambah.
sptnya sdh dilakukan dan mmg dirasa ada perub bg ibu dan pup bayi
bbrp hr terakhir yg kehijauan asumsi sy krn peningkatan produksi shg
bayi dpt foremilk lbh byk.
memang sy agak concern ketika ibu bercerita durasi menyusu yg cukup
lama dan sering walau tdk pd masa growth spurt.
ibu bayi ketika bulan lalu kontrol k dsa yg jg konselor
laktasi,disarankan menyusui dlm posisi duduk,dimana sblmnya lbh srg
sambil berbaring.
krn keterbatasan waktu sy blm melihat lg pelekatan dan apakah bayi
bnr2 menyusu atau hanya ngempeng.
sy hanya berpatokan dr info ibu bhw BAK nya banyak dan BABnya kuning.
tp sy jg sdh menyarankan utk tes urin.
ketika td sy mendpt info bayinya demam lg,sy msh berpikir ttg kmgknan isk.
tp ketika ibu mengabari bhw dsa mt tes darah atas kecurigaan tb,sy jd
ingin cr tau ttg hal ini.
mgknkah ada yg sy lewatkan,atau mmg tes darah adlh lgkh yg tepat saat
ini.dan bukan tes urin.
krn itu sy brharap bs mendpt pencerahan,scr pribadi ada rasa bersalah
krn walau sdh sy bantu pantau dan support ibu trnyata BB bayi msh
seret naik.

rgds,
retno

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Health

Memory Loss

Are you at risk

for Alzheimers?

Drive Traffic

Sponsored Search

can help increase

your site traffic.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: