Wednesday, December 14, 2011

[sehat] Digest Number 16694

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: Anak belum bisa bicara From: zoe_getme@yahoo.com
1b.
Re: Anak belum bisa bicara From: roxiefoxy@yahoo.com
1c.
Re: Anak belum bisa bicara From: Oke Mieske
2a.
Re: Sharing..anak bisa makan banyak dengan main air... Bolehkah From: Pamelia Yulianto
2b.
Re: Sharing..anak bisa makan banyak dengan main air... Bolehkah From: Inta
2c.
Re: Sharing..anak bisa makan banyak dengan main air... Bolehkah From: nisriin usman
2d.
Re: Sharing..anak bisa makan banyak dengan main air... Bolehkah From: roxiefoxy@yahoo.com
3a.
Re: Pengalaman pertama *mencoba* RUM utk suami From: Pamelia Yulianto
4a.
Re: Simultan. From: ms_marchainy@yahoo.com
5a.
[Tanya] Baby 7Mo3W panas tidak turun-turun From: Dinie
5b.
Re: [Tanya] Baby 7Mo3W panas tidak turun-turun From: Bong Mi Yun
5c.
Re: [Tanya] Baby 7Mo3W panas tidak turun-turun From: Dinie
5d.
Re: [Tanya] Baby 7Mo3W panas tidak turun-turun From: aina
5e.
Re: [Tanya] Baby 7Mo3W panas tidak turun-turun From: Dinie
5f.
Re: [Tanya] Baby 7Mo3W panas tidak turun-turun From: aina
5g.
Re: [Tanya] Baby 7Mo3W panas tidak turun-turun From: Pamelia Yulianto
5h.
Re: [Tanya] Baby 7Mo3W panas tidak turun-turun From: siti amatullah mutmainah
6a.
Re: domperidone From: Sativa Huang
7.1.
Re: Fwd: Pesat Medan 2011 From: purnamawati.spak@cbn.net.id
8.
[sehat] isk pd bayi 5 bln .͡▹ was please advice urgent,,CRP 5 From: WienTha
9a.
UPDATE SAUSAN - Innalillahi Wa Innailaihirojiun From: Dina Kurniasari
9b.
Re: UPDATE SAUSAN - Innalillahi Wa Innailaihirojiun From: siti amatullah mutmainah
9c.
Re: UPDATE SAUSAN - Innalillahi Wa Innailaihirojiun From: piep71@ymail.com
9d.
Re: UPDATE SAUSAN - Innalillahi Wa Innailaihirojiun From: F.B.Monika
9e.
Re: UPDATE SAUSAN - Innalillahi Wa Innailaihirojiun From: Mutiara Santoso

Messages

1a.

Re: Anak belum bisa bicara

Posted by: "zoe_getme@yahoo.com" zoe_getme@yahoo.com   zoe_getme

Tue Dec 13, 2011 6:05 am (PST)



Mba veronica,
Coba juga biasakan membacakan cerita atau mendongeng untuk anak,krn buanyakkkk manfaatnya selain untuk merangsang anak bicara,saya yakin kalau perangkat bicaranya sdh bisa dia akan mengeluarkan kata2 yg sering didengarnya. Semoga bermanfaat :)

Bunda etzel
Powered by Telkomsel BlackBerry�
1b.

Re: Anak belum bisa bicara

Posted by: "roxiefoxy@yahoo.com" roxiefoxy@yahoo.com   roxiefoxy

Tue Dec 13, 2011 9:21 am (PST)



Hi mom vero,

Lebih bawel sih ok tapi usahain pengucapannya yg jelas yah ke anaknya, jgn dicadel2in. Kalo anaknya sukA nonton tv kartun dsb , didampingin, dan usahain kata2 nya diulang dgn jelas krn biasa nya voice over karakter kartun kan suara2 lucu2 aneh ga jelas gitu hehe..

Smg membantu

Menda
Powered by Telkomsel BlackBerry�
1c.

Re: Anak belum bisa bicara

Posted by: "Oke Mieske" okemieske@gmail.com   yoenx

Tue Dec 13, 2011 9:53 am (PST)



Saran saya :
- pelajari milestone
- singkirkan kemungkinan adanya masalah fisik
- pelajari...pelajari...pelajari.... Semakin banyak. fakta yg sudah dipahami, diharapkan keputusan yg akan diambil ortu betul2 sudah melalui pemikiran yg matang (maksudnya : keputusan utk mengintervensi sianak dg terapi wicara atau lebih tekun menstimulasi di rumah).
- kalaupun opsi terapi wicara yg dipilih, rasanya baru 8x ikut sesi terapi, masih terlalu dini utk bilang "terapi ini ga berhasil pd anak saya"

Mean while, saya repost.... Ada 4 artikel... Baca dulu artikel nomer #3 dan 4... Lalu lanjut ke artikel #1 dan 2.
Repost :
#1 FUNGSI ORAL PADA TERAPI WICARA
Kemampuan fungsi oral adalah dasar untuk pergerakan menggigit, mengunyah dan menelan pada proses makan dan pengucapan dalam berbicara. Bila ada keterbatasan/kesulitan pada fungsi oral dapat berdampak pada kurang sempurnanya kemampuan untuk diskriminasi sensory di dalam dan sekitar struktur oral, kurangnya kontrol motorik, menurunnya kekuatan dari otot pada oral mekanisme dan atau sensifitasi sensory terhadap tekstur dan penciuman.

Dasar dari ketrampilan oral motor termasuk gerakan rahang, lidah dan bibir. Patokan yg dipakai adalah pada bentuk, kekuatan dan pergerakan.

Indikasi adanya permasalahan pada pondasi ketrampilan oral motor bisa termasuk antara lain:

1. Keluarnya liur yang berlebihan
2. Bernafas melalui mulut
3. Lidah yang terlalu menjulur
4. Kebiasaan makan yang tidak dikunyah
5. Pilihan makanan terbatas
6. Pengucapan yang tidak jelas, dll

Latihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan fungsi oral antara lain,  :

A. Stabilitas Rahang
• Mempertemukan rahang atas dan bawah. Latihan ini untuk mmbantu meningkatkan kekuatan otot2 rahang. Anak diminta untuk memegang bagian rahangnya dengan jari. Perintahkan untuk melakukan gerakan menggigit memakai gigi geraham, tujuannya anak dapat merasakan bagaimana pergerakan otot-otot masternya bekerja.
• Katakan "ah", perintahkan anak untuk membuka mulut sambil ucapkan "ah". Ketika melakukannya bantu dengan memegang belakang kepala agar tidak ikut bergerak ketika melakukannya.
• Turunkan rahang, perintahkan anak untuk meletakkan jari-jarinya pada rahang dan ibu jari di dagu, anak menggerakkan rahang ke bawah dan ke atas (seperti buka tutup mulut)• Mendorong rahang, dalam hal ini terapis meletakkan ibu jari di dagu anak, minta anak untuk membuka mulutnya, lalu terapis mendorong/menahan gerakan tersebut dengan ibu jarinya
• Menarik rahang, letakkan jari tengah terapis di depan dagu anak, minta anak untuk menutup mulutnya, terapis mencoba menarik/menahan agar rahang tidak menutup
• Menggigit stik es krim di bagian geraham belakang, perintahkan anak untuk mengucapkan "tah, tah, lah, lah, nah, nah, dah, dah" (konsonan yg berhubungan dengan rahang). Lakukan kegiatan ini di depan cermin, anak dapat melihat bagaimana pergerakan naik turun stik es krim itu
• Letakkan stik es krim horisontal, dijepit di antara gigi atas dan bawah bagian depan. Katakan pada anak untuk menahannya agar tidak lepas ketika stik itu ditarik
• Masukkan stik es krim ke dalam mulut anak, lalu minta anak untuk menggerakkan stik tersebut ke kanan dan ke kiri dengan bantuan pergerakan lidah dan rahang. Pemakaian cermin sebagai alat bantu visual sangat membantu anak untuk meniru gerakannya  

B. Stabilitas Bibir
• Menggetarkan bibir, yaitu latihan meniup dengan bibir ditutup kuat. Beri contoh terlebih dahulu, dengan bantuan visual anak umumnya lebih mudah meniru
• Menekan stik es krim memakai bibir dengan kuat, letakkan stik es krim secara horisontal dijepit pakai bibir
• Meniup peluit
• Mencium stik es krim, letakkan stik es krim di depan mulut anak yang tertutup secara vertikal, perintahkan anak untuk menyentuh/mencium stik es krim tersebut
• Mengunyah makanan ringan, perintahkan anak untuk menutup mulut selama mengunyah
• Produksi suku kata dengan konsonan /p,b,m/ dengan variasi vokal
• Produksi kata-kata yang mengandung konsonan /p,b,m/, misalnya "mama dan papa membeli bola"  

C.  Pergerakan Lidah
• Menjulurkan lidah keluar semaksimal mungkin
• Menggerakkan lidah menjulur ke kanan dan ke kiri
• Mendorong pipi kanan dan kiri dari dalam mulut dengan menggunakan lidah
• Menjilat selai/madu/es krim/SKM/coklat yang diletakkan di 4 sudut mulut (atas, bawah, kanan, kiri)
• Mendecak
• Mendetak

#2. mengembangkan kemampuan berbahasa Dari : majalah parents indonesia, edisi november 2010 :
1. Cari kesempatan utk bicara
2. Katakan, lalu ulangi
3. Ikuti kemauan anak
4. Bergantian bicara
5. Bicara bahasa ibu
6. Lakukan kontak mata
7. Biarkan dia menyampaikan keinginannya
8. Narasikan apapun
9. Bacakan buku
10. Gunakan bahasa isyarat

5 kesalahan berbahasa yg paling umum terjadi,
1. Andalah yg selalu bicara
2. Anda memaksa bayi berkata kata
3. Anda memperbaiki ucapan anak
4. Anda menggunakan bahasa bayi
5. Anda bicara terlalu banyak

Metode berikut dikembangkan oleh patolog wicara bagi anak yg punya kesulitan mempelajari bahasa, tapi bisa diterapkan utk semua anak.
1. Teknik memberi contoh,
Cara menggunakan : gunakan kata yg ingin diucapkan anak tanpa mengoreksinya
Contoh :
anak (sambil menunjuk ke botol susu) : baba !
Ibu : adik mau ambil botol?

2. Teknik bicara sendiri,
Cara nya : gambarkan apa yg sedang anda kerjakan, pikirkan, rasakan, lihat, dengar.
Contoh : "mama memasukan pakaian kotormu kedalam keranjang. Mama ingin pakaian ini bersih saat kamu pakai lagi"

3. Teknik bicara paralel,
Cara nya : gambarkan apa yang sedang dikerjakan anak
Contoh : shayla sedang membereskan mainan.

4. Teknik perluasan,
Caranya : kembangkan lontaran anak menjadi kalimat lengkap
Contoh :
Anak : mama makan
Anda : ya, mama sedang makan siang bersama ashley

5. Teknik penambahan,
Cara nya : tambahkan topik pembicaraan tanpa perlu membuat kalimat lengkap
Contoh :
Anak : pesawat !
Ibu : pesawat besar di langit yg tinggi

#3 Mengapa Anak Mengalami Kesulitan dalam Belajar Berbicara
=======================
Ini hanyalah sedikit dari sekian banyak masalah yang kami temui:
KETERBATASAN dalam PENDENGARAN
Seringkali ditemui kondisi medis sementara maupun kerusakan permanen dalam
pendengaran anak

PERKEMBANGAN OTOT yang LAMBAT
Beberapa anak mengalami kesulitan melakukan gerakan mulut/rahang cepat untuk mengkombinasikan dan mengkoordinasikan apa yang ingin mereka katakana dengan suara & bahasa yang harus mulut mereka hasilkan

KELAMBANAN dalam MENGERTI BAHASA ORANG DEWASA
Tidak mudah bagi anak untuk memproses panjang (dan cepat)-nya informasi yang di-'ekspos' oleh orang dewasa melalui bahasa 'rumit' yang mereka pakai

SEDIKITNYA LATIHAN DALAM BERINTERAKSI dengan ORANG LAIN
Anak kurang mendapat kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain guna melatih kemampuan komunikasi mereka

PERAN yang TERLALU PASIF dalam KEHIDUPAN SOSIAL
Kebanyakan anak lebih sering ditempatkan dalam posisi "menerima" dan tidak "memberi" dalam hubungannya dengan orang lain. Hal ini mengakibatkan tidak terbiasanya mereka berpartisipasi secara aktif; hal yang dibutuhkan dalam perkembangan bicara mereka

CARA KOMUNIKASI "KUNO" SUDAH TERLALU NYAMAN DIPAKAI
Beberapa anak, khususnya dalam hubungan di dalam keluarganya, terbiasa dengan nyaman berkomunikasi menggunakan gerakan, bahasa tubuh maupun bunyi-bunyian saja. Hal ini boleh jadi merupakan cara komunikasi yang efektif di dalam rumah, namun tidak dalam lingkup masyaarakat, di mana anak butuh menggunakan bahasa secara verbal sampai ke tingkat kata-kata yang rumit

ORANG DEWASA TIDAK MENGANGGAP ANAK MAMPU
Banyak orang dewasa tidak melibatkan anak dalam berkomunikasi, karena memiliki pemikiran bahwa anak tersebut belum mampu berpartisipasi aktif ataupun mengerti pembicaraan yang berlangsung.

ORANG DEWASA BICARA ATAS NAMA MEREKA
Seringkali orang dewasa bicara atas nama anak, sehingga mereka kelihatan tidak berbicara

TIDAK CUKUP WAKTU untuk BERBICARA
Sering terjadi bahwa dalam suatu proses komunikasi, orang dewasa tidak menunggu cukup lama guna memberi kesempatan pada anak untuk merespon. Kebanyakan anak bersikap pasif dalam berkomunikasi, sepertinya mereka mengerti bahwa mereka tidak akan diberi kesempatan untuk bicara.

TERLALU BANYAK RANGSANGAN
Sekalipun untuk niat dan tujuan yang baik, seringkali anak di'jejali' dengan terlalu banyak bahasa, sehingga mereka kewalahan. Rasanya seperti anak yang sedang belajar menangkap bola, lalu dilempari beberapa bola sekaligus.

TERLALU BANYAK BAHASA "SEKOLAH"; KURANG BAHASA yangv"KOMUNIKATIF"
Kebanyakan anak pada awal usianya diajarkan bahasa yang mencakup 'warna', 'angka', yang sebetulnya tidak terlalu bermanfaat dalam komunikasi sehari-hari. Anak membutuhkan rangsangan bahasa yang sifatnya praktis; mencakup kosa kata yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, karena mereka akan melatih kemampuan berbahasanya melalui kehidupan sehari-hari.

TERLALU BANYAK BAHASA "PERTUJUKAN"; KURANG "OBROLAN"
SOSIAL
Kebanyakan anak menggunakan bahasa untuk menunjukkan kemampuannya meniru
sesuatu kepada orang dewasa; apakah itu sajak pendek, syair lagu, mengulang cerita yang didongengkan kepada mereka, dll. Hanya sedikit yang mendapatkan kesempatan untuk 'ngobrol' dan bertanya jawab secara santai, sehingga terbangun hubungan 'pertemanan' dengan orang yang berkomunikasi dengan mereka.

TERLALU BANYAK BERMAIN SENDIRIAN
Tentunya anak belajar banyak melalui permainannya dengan boneka, robot atau mainan lainnya. Namun untuk melatih kemampuannya berkomunikasi, ia akan membutuhkan juga manusia yang melakukan pembicaraan timbal balik sesuai dengan kemampuan si anak.

Disadur bebas; HS(9/03)
------------------

#4 Kapankah Anakku akan Mulai Bicara?    by : Dr. James MacDonald
Entah sudah berapa sering saya mendapat pertanyaan di atas, sepanjang perjalanan karir saya selama 20 tahun sebagai ahli patologi bahasa.

Sepertinya, para orangtua menunggu munculnya kemampuan berbahasa pada anak-anak mereka seperti menunggu sebuah angkutan umum. Mereka merasa tidak memiliki kontrol untuk mengetahui kapan kemampuan itu akan muncul. Namun justru sebetulnya, kemampuan berbahasa pada anak sangat dipengaruhi oleh orangtuanya.

Secara umum, di'rumus'kan bahwa seorang anak akan mengucapkan kata pertamanya antara usia 10 sampai dengan 18 bulan. Tidak ada tabel waktu yang bisa secara persis menyatakan kapan seorang anak akan bicara. Cukup banyak anak yang mulai berbicara di usia lebih dari 18 bulan dan masih terus mengembangkan kemampuan berbahasanya, terutama dalam hal percakapan. Kita juga sering luput mengamati, bahwa anak anak-anak yang bicara dengan orang tertentu, tetapi tidak dengan yang lainnya. Nah, ketika pada usia ke-2 anak terlihat tidak menggunakan kata-kata dalam bermain dan memenuhi

kebutuhan/keinginannya, maka kita harus teliti menelaah bagaimana kemampuannya dalam pra-berbahasa.

Oleh karena itu, pertanyaan yang harus diajukan sebenarnya adalah ; "Apa yang dibutuhkan dan harus dilakukan oleh seorang anak sebelum ia bisa bicara dan menggunakan bahasa dalam berkomunikasi?"

Dari pengalaman bertahun-tahun mewawancarai para orangtua, saya bisa membuat kesimpulan bahwa kebanyakan orangtua menganggap kemampuan anak berbahasa muncul secara otomatis, seperti halnya tumbuhnya rambut, bertambahnya berat badan dll, tanpa harus ada bantuan khusus dari orangtua, anggota keluarga maupun orang yang sehari-hari berhubungan dengan si anak.

Jadi apabila Anda cemas bahwa anak Anda terlambat bicara, saya harap Anda tidak berpikir bahwa kemampuan bahasanya akan tumbuh sendiri tanpa bantuan Anda, seperti halnya tubuhnya yang tumbuh dan berkembang tanpa bantuan Anda

Untuk dapat mengembangkan kemampuannya bicara dan berbahasa, Anak Anda perlu memiliki beberapa kebiasaan yang kita, orang dewasa tak pernah pikirkan sebagai kebiasaan yang dibutuhkan untuk dapat berbicara. Kebiasaan tersebut antara lain adalah bermain dengan orang lain, bermain secara bermakna dengan benda-benda yang ada, meniru, bergiliran / bergantian, melakukan interaksi (timbal balik), berkomunikasi secara non-verbal, dan menikmati hubungan dengan orang lain.

Seringkali orangtua membawa anaknya yang berusia 3,4,5,6 tahun atau lebih untuk menemui saya dengan keluhan bahwa mereka belum bisa bicara atau kalaupun bicara hanya bicara sendiri saja. Para orangtua ini biasanya merasa bahwa mereka sudah melakukan segala hal yang bisa mereka lakukan, dari mulai mengajak bermain sampai mengajarkan bicara, sebagaimana mereka melakukannya dengan anak-anak mereka yang lainnya. Tetapi karena segala cara itu tak juga berhasil, maka mereka menyimpulkan bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan anak mereka tersebut.

Beberapa keluhan dari para orangtua yang lazim saya temui adalah :
"Anakku tidak bermain seperti halnya anak lain bermain"
"Dia jarang memperhatikan hal-hal yang terjadi di sekelilingnya"
"Ia tidak tertarik pada hal-hal baru"
"Apa yang dia lakukan, pasti dilakukannya berulang-ulang"
"Dia mendapatkan apa yang dibutuhkannya dengan cara menuntun kami ke hal yang dia inginkan atau dengan membuat suara-suara yang tidak jelas"
"Anakku tidak menikmati kebersamaan dengan orang lain jika tanpa kegiatan"
"Anakku lebih senang menyendiri"
"Ia tidak mempedulikan orang lain"
"Dia tidak bisa bermain bersama dengan sesamanya"

Semua keluhan di atas menunjukkan kekhawatiran dan kecemasan dari pada orangtuanya mengenai anak-anaknya yang belum berbicara.

Jadi, apa jawaban dari pertanyaan "Kapan Anakku Akan Bicara?" Dari pengalaman saya mengikuti perkembangan kemampuan berkomunikasi anak-anak di lebih dari 500 keluarga, maka jawabannya adalah :
Ketika anak-anak itu sudah mengembangkan hubungan dengan orang-orang yang masuk ke dalam dunia mereka dan menjadi mitra mereka yang memiliki laju kecepatan sama dengan mereka.

Saya sudah berkali-kali mengatakan kepada para orangtua untuk berhenti berharap Anaknya dapat sekonyong-konyong bicara. Sebaliknya, saya meminta mereka untuk melihat ke dalam diri mereka sendiri dan mereka akan menemukan betapa besar kekuatan yang mereka miliki untuk membantu anak mereka bicara. Tujuan utama saya adalah mengajarkan para orangtua apa yang anak mereka butuhkan sebelum bicara dan yang sama pentingnya, mengajarkan mereka cara-cara ALAMI untuk mengubah diri mereka sehingga anak bisa lebih banyak belajar BERSAMA dengan mereka.

Sekarang saya akan mengingatkan Anda tentang beberapa hal penting yang Anda dan anak Anda dapat lakukan secara rutin. Hal ini telah membantu anak-anak lain mempersiapkan diri mereka untuk bicara. Perhatikanlah, ketika Anda membaca daftar di bawah ini Anda mungkin akan mengatakan dua hal :

Pertama, bahwa Anda dan anak anda telah melakukan hal-hal tersebut. Mungkin saja pernyataan Anda itu benar, tetapi mungkin saat melakukannya, anak Anda belum siap menjadikannya suatu kebiasaan rutin.

Kedua, anda mungkin mengatakan bahwa hal-hal ini dilakukan hanya oleh anak-anak usia bayi, sementara anda merasa bahwa anak anda sudah besar, lalu anda tidak merasa ingin melakukan hal-hal seperti itu lagi.

Jika itu pernyataan Anda, maka jawaban saya adalah bahwa anak, dalam usia berapapun, dapat belajar mengenai hal-hal yang mereka tidak pernah pelajari sebelumnya, asalkan mereka memiliki mitra yang antusias mendukung dan melakukan kegiatan itu bersama-sama dengan mereka.

Lihatlah daftar di bawah ini, lalu dengan menggunakan skala 1 sampai 5 :

(1=tidak pernah, 3=jarang, 5=rutin dilakukan) tulislah berapa sering hal ini dilakukan

YANG PERLU DILAKUKAN OLEH ANAK
• Sering bermain dengan orang lain• Bermain dengan benda-benda secara bermakna (telpon2an, masak2an, minum teh, mengendarai mobil dll)
• Menirukan tingkah laku dan bunyi-bunyian orang lain
• Bergiliran / bergantian
• Berinteraksi dengan orang lain, secara berkala semakin lama jangka waktunya
• Menggunakan bahasa tubuh dan bunyi-bunyian dalam berkomunikasi
• Aktif terlibat dalam permainan dengan orang lain dan menikmatinya
∙  Menunjukkan minatnya terhadap hal-hal yang baru

YANG PERLU ANDA LAKUKAN
• Sering bermain, sesering anak Anda
• Menyamai gerak-gerik dan cara komunikasi anak
• Menunggu - memberi waktu kepada anak untuk melakukan gilirannya dalamberinteraksi
• Menunjukkan kepada anak, langkah selanjutnya
• Bergiliran dan membiarkan giliran anak lebih lama dibanding Anda
• Merespon terhadap setiap gerakan dan bunyi yang dibuat anak, sekecil apapun itu
• Menjadikan permainan sebagai suatu hal yang menyenangkan dan bukan sebagai pelajaran / keharusan  

Disadur bebas (HS 9/03)
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
2a.

Re: Sharing..anak bisa makan banyak dengan main air... Bolehkah

Posted by: "Pamelia Yulianto" hidupsehat.pam@gmail.com   pamelia_yulianto

Tue Dec 13, 2011 6:12 am (PST)



Kl kita berenang jd lapar sih krn kita mengeluarkan bnyk energi *walau ga kerasa*

Tp kl anak cm rendeman trs bs makan banyak kl kata sy sih krn pd dasarnya anak2 suka n amazed sama yg namanya air. Jd disuapin jg ya ga sadar, konsentrasinya bkn disitu

Mgkn kl terpaksa maen aer bs dgn cara lain yg lbh simpel kayak nuang2 air, mancing ikan2an, gelembung dll sambil pelan2 kelak dijadiin 'dagangan' aja alias hadiah kl dia udah beres makan di tempatnya

- p a m e l i a -
"No Labelling, Stop Judging, Start Supporting"

Powered by my children's existance

2b.

Re: Sharing..anak bisa makan banyak dengan main air... Bolehkah

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Tue Dec 13, 2011 6:16 am (PST)



Mba Diba,

Susu kan udah bukan yang utama lagi yah untuk anak diatas 1 thn. Jadi kalau saya, kalau mau anak saya makan yah mesti kuat2an deh ma anaknya soal susu. Jadi no susu kalau belum makan. Itu sih kalau saya pas kasusnya bita minta susu di jam makannya.

Cheers, Inta
@Intamardwityo
terkirim dari henponkuh

2c.

Re: Sharing..anak bisa makan banyak dengan main air... Bolehkah

Posted by: "nisriin usman" nisriinusman@gmail.com

Tue Dec 13, 2011 7:55 am (PST)



Soal susu menarik.nih mba inta n another mom's. Sedih juga sayabkarena
buta ilmmu n pengalaman kurang. Sebelum gabung k millist ini sedih saya
ramai orang teriak "kasih susu!" ngeliat badn anak saya yg kecil padahal
sebelum disapih susaaah minum susu. Pas sapih dr asi baruvdeh kena sufor..

Ygblebih sedih lg ada sodara mau menghibahkan sufor yg muhhaal coz dia tahu
sufor buat anak anaknya dah ga perlu lg hiks...
Mereka beralih ke uht.

Mba inta mba pam n others... Gpp ya akushring ygvbeginian buat penguatan
dan pasti adabmasukan ygvberguna jd dpt ide solving problem ke anak anak.

Ga ada sekolah buat jadi orang tua...

I do really appreciated....

[Non-text portions of this message have been removed]

2d.

Re: Sharing..anak bisa makan banyak dengan main air... Bolehkah

Posted by: "roxiefoxy@yahoo.com" roxiefoxy@yahoo.com   roxiefoxy

Tue Dec 13, 2011 9:12 am (PST)



Hi mom Diba,

Imho, Baiknya sih emg kalo makan dibiasakan duduk dikursi. Di jelaskan aja ke anaknya misalnya kalo makan sambil lari2 nanti bisa keselek, atau perutnya jadi sakit. kalo sambil main hujan nanti bahaya ada petir or main air ntar malahan sakit.. Kalo anaknya lari lagi, dibalikin lg ke kursinya. Yg penting harus konsisten. Lama2 juga nanti terbiasa.
Smg membantu.

Menda


Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: nisriin usman <nisriinusman@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Tue, 13 Dec 2011 20:08:01
To: sehat@yahoogroups.com<sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] Sharing..anak bisa makan banyak dengan main air... Bolehkah

Dear smart parents, dr n sp

Mau share...aja nih. ..
Anak saya ibrahim 4 y 5m agak sulit makannya. Harus nunggu dia lapeer
banget baru mau makan dan porsinya keciil. Sama kali dengan adiknya yang 20
bulan.malah kadang banyakkan adiknya.

Tadi hujan besar dia mandi hujan. Wah kesempetan nyuapin nih kalo kayak
gitu kayak dihipnotis.

Biasanya makanya kering aja misal
Nasi dan ayam goreng. Itu menu favoritnya. Meski saya buat sup ga dicolek.

Tadi saya g pake nanya lagi langsung aja hap hap hap nasi sup sapi lengkap
daging dan sayurannya.tapi harus rela lari lari dan berbasah ria kecipratan
dia mandi hujan. Saya agak cemas juga dia ada asma. Khawatir terlalu
dingin. Bismillah deh yang penting dia bisa makan banyak.

Kira kira apakah anak makan dengan cara seperti itu lazim. Saya juga
pengnnya dia makan duduk di meja. Cuma anaknya aktif banget.

Mohon masukannya ya. Siapa tahu ada pencerahan.

Diba

Mamany ibrahim n nisriin


[Non-text portions of this message have been removed]



[Non-text portions of this message have been removed]

3a.

Re: Pengalaman pertama *mencoba* RUM utk suami

Posted by: "Pamelia Yulianto" hidupsehat.pam@gmail.com   pamelia_yulianto

Tue Dec 13, 2011 6:23 am (PST)



Nyeri sendi ya.. Kayaknya kena influenza.. Sy setuju parcet cukup, ranitidine buat melapisi dinding usus ya? Cmiiw, biasa dipake org maag?

Btw, sumagesic isinya parcet jg, mereknya doang. N kalau bener 600mg maka lbh tinggi dr panadol n parcet generik yg biasanya 500mg

Artinya, kalau katakanlah suami mb mona gemuk atau merasa dosisnya krg bs pake sumagesic, selama BB x 15mg kurang atau samadengan 600mg

Cmiiw.. Lg ga bs browse buat ricek kandungan sumagesic nya

- p a m e l i a -
"No Labelling, Stop Judging, Start Supporting"

Powered by my children's existance

4a.

Re: Simultan.

Posted by: "ms_marchainy@yahoo.com" ms_marchainy@yahoo.com   ms_marchainy

Tue Dec 13, 2011 6:36 am (PST)



Terima kasih bak niken
Powered by Telkomsel BlackBerry�
5a.

[Tanya] Baby 7Mo3W panas tidak turun-turun

Posted by: "Dinie" plasmolisa@gmail.com   plasmolisa

Tue Dec 13, 2011 6:44 am (PST)



Para Docs, Sps, dan suhu2 milis sehat,

Maaf nih malem-malem nanya..
Baby saya dari kemarin anget badannya. Tadi pagi saya cek suhunya 38.6 C. Saya tinggal Gregg dan pesen sama pengasuhnya untuk cek suhu tiap jam dan beri parcet jika di atas 38.5 tiap 5 jam plus sering2 dilap air anget dan matikan AC.

Malem ini saya pulang kerja, saya cek suhunya malah naik jadi 39.5 C. Padahal sudah minum parcet dan dilap air anget.

Kondisi baby terlihat lemes, diem aja. Sempat saya susui, setelahnya malah muntah sampai 2x.

Saya barusan dari dokter anak di Woman n Children Hospital deket rumah. Mau yg ke Ampera, macetnya gak nahan malam ini :(

Dikasih Amoxsan drops sama Alco Drops/obat flue (karena saya bilang kemarin dia bersin sesekali disertai lendir). Saya tanya, AB untuk apa. Kata dokternya untuk pencegahan, dan supaya cepat sembuh, karena 39.2 itu sudah tinggi. Saya males berdebat. Tapi kedua obat tadi gak saya tebus, yg saya tebus cuma transpulmin BB.

Saya bingung, baby saya kenapa ya? Hiks..pusing..

Btw, 2 minggu yang lalu baby saya kena flue singapore (hand mouth foot disease). Gak minum apa-apa, ditunggu sembuh sendiri karena penyebabnya virus kan.

Apa yang sekarang ini masih kelanjutan flue singapore itu ya?

Kok panasnya baby saya gak turun-turun ya? Tadi saya sudah coba skin to skin contact saat menyusui, baby gak saya pakein baju, biar bisa dipeluk. Maksud saya sih supaya panasnya pindah ke saya aja. Tapi kok belum ngaruh.

What should I do next?

Makasih sebelumnya...

*Mommy Aila yg lagi sedih*


Sent from my DakotaBerry� powered by XL
5b.

Re: [Tanya] Baby 7Mo3W panas tidak turun-turun

Posted by: "Bong Mi Yun" bongmiyun@gmail.com   bongmiyun

Tue Dec 13, 2011 6:52 am (PST)



Babynya umur berapa ya mbak?

Mi yun -Sol

5c.

Re: [Tanya] Baby 7Mo3W panas tidak turun-turun

Posted by: "Dinie" plasmolisa@gmail.com   plasmolisa

Tue Dec 13, 2011 7:28 am (PST)



7MO3W (7 bulan 3 minggu)


Sent from my DakotaBerry� powered by XL

-----Original Message-----
From: Bong Mi Yun <bongmiyun@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Tue, 13 Dec 2011 21:51:54
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] [Tanya] Baby 7Mo3W panas tidak turun-turun

Babynya umur berapa ya mbak?

Mi yun -Sol


------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links



5d.

Re: [Tanya] Baby 7Mo3W panas tidak turun-turun

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Tue Dec 13, 2011 7:37 am (PST)



Blm 72jam kan yah.....diajak berendem mau ga?? Minumnya diperbnyk ajah mba....kn blm 72jam...mdh2 cc ajah

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,
aina.

5e.

Re: [Tanya] Baby 7Mo3W panas tidak turun-turun

Posted by: "Dinie" plasmolisa@gmail.com   plasmolisa

Tue Dec 13, 2011 8:08 am (PST)



Mom Aina, iya mom belum 72 jam. Baru sekitar 36 jam. Belum coba berendem, karena ketemu lg baru malem. Besok pagi saya coba ajak berendem air anget.

Ini akhirnya mau tidur. Saya balurin transpulmin di dadanya. Cuma kok napasnya bunyi ya, seperti berat. Biasanya gak pernah. Bukan bunyi "ngik" atau "grok" sih, cuma bersuara agak berat.


Sent from my DakotaBerry� powered by XL
5f.

Re: [Tanya] Baby 7Mo3W panas tidak turun-turun

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Tue Dec 13, 2011 8:13 am (PST)



Ini akhirnya mau tidur. Saya balurin transpulmin di dadanya. Cuma kok napasnya bunyi ya, seperti berat. Biasanya gak pernah. Bukan bunyi "ngik" atau "grok" sih, cuma bersuara agak berat.

-- ada dahak sptnya.....mdh2 cm cc

Met bobo

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,
aina.

5g.

Re: [Tanya] Baby 7Mo3W panas tidak turun-turun

Posted by: "Pamelia Yulianto" hidupsehat.pam@gmail.com   pamelia_yulianto

Tue Dec 13, 2011 12:22 pm (PST)



Mb, sabar ya.. Ga instan penyembuhannya

Ksh mnm yg banyak n baca2 lg ttg demamnya oke

- p a m e l i a -
"No Labelling, Stop Judging, Start Supporting"

Powered by my children's existance

5h.

Re: [Tanya] Baby 7Mo3W panas tidak turun-turun

Posted by: "siti amatullah mutmainah" amianakbinus@yahoo.com   amianakbinus

Tue Dec 13, 2011 1:36 pm (PST)



Dear mba dinie,
Sabar ya..
Tetap observasi, intake fluidnya dijaga..

Get well soon

Rgds,
Ami


Sent from AmiBerry� via Smart 1x / EVDO Network.
6a.

Re: domperidone

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Tue Dec 13, 2011 8:12 am (PST)



Dear all,
Berbicara mengenai induced lactation, dalam artikel ini disebutkan
bahwa hal ini bisa terjadi dengan bantuan partner/suami. Apakah bisa
diandalkan, dilarang secara medis?

Tips On How To Induce Lactation
http://stargatelibraries.com/TipsToInduce001.html

How To Induce Lactation
http://stargatelibraries.com/HowToInduce001.html

Salam,

On 12/13/11, aina <aina.anwar@yahoo.com> wrote:
> Thanks mba tika
>
> Gapotek
>
>
> ------Original Message------
> From: tika tk
> Sender: sehat@yahoogroups.com
> To: sehat@yahoogroups.com
> ReplyTo: sehat@yahoogroups.com
> Subject: Re: [sehat] domperidone
> Sent: Dec 13, 2011 17:03
>
>   Dear mba aina, memang ada "gunanya" untuk laktasi (increasing prolactin
> hormone).. tp tetep ada side effect nya.. mungkin lebih baik dibaca2 dulu..
> ini ada beberapa link: http://www.breastfeedingonline.com/domperidone.shtml
> http://www.patient.co.uk/medicine/Domperidone.htm
> http://www.drugs.com/cons/domperidone.html HTH. warm regards.. Tika
> [Non-text portions of this message have been removed]
> Reply to sender | Reply to group | Reply via web post | Start a New Topic
> Messages in this topic (2) Recent Activity: New Members 36 Visit Your Group
> Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada: - Asuransi AIA atas
> partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011 - PT LG Electronics Indonesia
> atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.
> Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland,
> dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami,
> PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)." "Milis SEHAT
> didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
> ================================================================= Milis
> Sehat thanks to: - AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011 - PT LG
> Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT
> 2011. Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank
> Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi
> Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)." "SEHAT mailing list is supported by CBN
> Net for Internet Access &Website. Kunjungi kami di (Visit us at): Official
> Web : http://milissehat.web.id/ FB           :
> http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238 Twitter      :
> @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
> ================================================================== Donasi
> (donation): Rekening Yayasan Orang Tua Peduli Bank Mandiri Cabang Kemang
> Raya Jakarta Account Number: 126.000.4634514
> ==================================================================
> MARKETPLACE
> merci beaucoup
> wassalamu'alaikum wr wb,
> aina.
>
> ------------------------------------
>
> Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
> - Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal
> FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.
>
> Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland,
> dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami,
> PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>
> "Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
> =================================================================
> Milis Sehat thanks to:
> - AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS
> SEHAT 2011.
>
> Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk.
> who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi
> Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
> "SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.
>
> Kunjungi kami di (Visit us at):
> Official Web : http://milissehat.web.id/
> FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
> Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
> ==================================================================
> Donasi (donation):
> Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
> Bank Mandiri
> Cabang Kemang Raya Jakarta
> Account Number: 126.000.4634514
> ==================================================================Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>

7.1.

Re: Fwd: Pesat Medan 2011

Posted by: "purnamawati.spak@cbn.net.id" purnamawati.spak@cbn.net.id

Tue Dec 13, 2011 9:56 am (PST)



Dear all

Pesat daerah perjuangannya luar biasa (maaf bukan berarti kalau pesat jakarta dan sekitarnya tidak berat melainkan "medan"nya berat.

Bantu panitia please
Teman, saudara, kenalan, coba di "panas"2i supaya mau jadi smart patient

Semakin banyak yg jadi smarter n wiser kan semakin nyaman nasib keluarga besar ini

Pesat medan dan Aceh belum tentu bisa diselenggarakan 3 tahun sekali. Muahaallll
Jadi ... Ayo manfaatkan
Kerahkan sebanyak2nya kenalan dan kerabat

semoga semua memperoleh manfaat

Wati
Patient Safety, first

8.

[sehat] isk pd bayi 5 bln .͡▹ was please advice urgent,,CRP 5

Posted by: "WienTha" Muhammad.athaya@gmail.com

Tue Dec 13, 2011 1:39 pm (PST)



Dear docs and sps
Update perkembangan arka
Stlh dilakukan observasi ketauan penyebab tingginya crp dari isk, stlh 48jam pertama menggunakan taxegram 0.5,, hr ini cek urin kembali+darah dari hsl lab darah lekosit awal 27rb naik ke 28rb dsanya memutuskan buat ganti AB mjd jenis Cephalosporin setau sy ini mrp board spectrum ab apakah pemberiaanya sama slama 48jam kmudian diliat apakah ab ini efektif/tdk apa lgsg ke penggunanaannya sbg penanganan isk?,,
pertanyaannya
1.Smp dgn kemarin sore arka msh demam smp 39,pas dicek infusnya sering berenti(tdk menetes jln) krn kondisi kakinya yg bengkak(pembuluh venanya arka tipis&pendek2 sehingga sulit utk memasukan jarum infus),sy minta infus dicabut dan sejak infus dicabut slama 12 jam arka tdk panas lagi(suhu kisaran 36-37c) apakah demam+naiknya nilai lekosit mrp pengaruh dr bengkak di kakinya?
2.Sejak infus dicabut slama 12jam,sdh 8 kali dicari pembuluh darah yg bisa dimasukin infus tp slalu gagal krn pembuluh darah yg tipis(tiap ditusuk malah ga kluar darah),hingga akhirnya diputuskan injeksi AB lwt paha,,biasanya tindakan medisnya gimana ya buat bayi yg ga bisa diinfus sama sekali?*ga tega liat efek suntik paha buat arka :'(*
3.Dr hsl observasi infeksi mengarah ke isk,selain pemberian ab treatment apa yg biasa dilakukan?

Thx b4 ya,,sy bth masukan buat bhn diskusi dgn dsanya pagi ini

Br
Wiwinn

Powered by AthayArkanaBerry�
9a.

UPDATE SAUSAN - Innalillahi Wa Innailaihirojiun

Posted by: "Dina Kurniasari" danishapramesvari@gmail.com   adin_zahra

Tue Dec 13, 2011 3:16 pm (PST)



Dear all,

Masih inget, gadis kecil Sausan yg kena Retinoblastoma (Kanker Retina Mata)?

Innalillahi Wa Innailaihirojiun, petang ini Sang Pemilik Jiwa meminta miliknya kembali.

Setelah memburuk beberapa hari yang lalu, akhirnya perjuangan Sausan berakhir hari ini.

Pesan dari keluarga sausan: Terimakasih untuk semua doa, dan segala bantuan dalam bentuk apapun.. Semoga dibalas berlimpah..

Terima kasih...

Salam,

Dina Kurniasari_emake Danisha & Lintang
@Dinadanishali

9b.

Re: UPDATE SAUSAN - Innalillahi Wa Innailaihirojiun

Posted by: "siti amatullah mutmainah" amianakbinus@yahoo.com   amianakbinus

Tue Dec 13, 2011 3:19 pm (PST)



Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un..



Rgds,
Ami


Sent from AmiBerry� via Smart 1x / EVDO Network.
9c.

Re: UPDATE SAUSAN - Innalillahi Wa Innailaihirojiun

Posted by: "piep71@ymail.com" piep71@ymail.com

Tue Dec 13, 2011 3:21 pm (PST)




اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَجِعُوْنََ

Sarica
9d.

Re: UPDATE SAUSAN - Innalillahi Wa Innailaihirojiun

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Tue Dec 13, 2011 3:21 pm (PST)



Innalillahi wa inna ilaihi rojiun..Semoga semua keluarga , kerabata, tabah n ikhlas Aamiin..
Thx FYI Mba Din..

Skalian numpang trit mengenai Bayi Rahma, yg rencananya di operasi di RS Carolus kemarin terpaksa diundur (info dari Mba Nhu n Mba Diah apt) karena demam, semoga kondisinya segera stabil dan dapat segera dioperasi mengingat pertumbuhan kanker nya yg cepat. Mari sama2 doakan untuk kelancaran n kesehatannya, mengenai dana Alhamdulilah sudah cukup terkumpul..

F.B.Monika

9e.

Re: UPDATE SAUSAN - Innalillahi Wa Innailaihirojiun

Posted by: "Mutiara Santoso" mutiara.santoso@yahoo.co.id   mutiara.santoso

Tue Dec 13, 2011 3:23 pm (PST)



اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَجِعُوْنَ


-Mutiara-Bundane Raf,Rif,Deo n Miracle
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Health

Memory Loss

Are you at risk

for Alzheimers?

Sitebuilder

Build a web site

quickly & easily

with Sitebuilder.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: