Monday, December 12, 2011

[sehat] Digest Number 16682

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: (sehat) (ASK) Bingung atas hasil Second Opinion Bronkhopneumonia From: F.B.Monika
1b.
Re: (sehat) (ASK) Bingung atas hasil Second Opinion Bronkhopneumonia From: purnamawati.spak@cbn.net.id
1c.
Re: (sehat) (ASK) Bingung atas hasil Second Opinion Bronkhopneumonia From: siti amatullah mutmainah
2a.
Re: Tanya DSA yg pro ASI dan RUM di Hermina Arcamanik From: kania kania
3.1.
Re: (Tanya) metode glen domand From: Muhammad Arief Budiman
3.2.
Re: (Tanya) metode glen domand From: alifah.davida@gmail.com
3.3.
Re: (Tanya) metode glen domand From: Oke Mieske
3.4.
Re: (Tanya) metode glen domand From: Oke Mieske
3.5.
Re: (Tanya) metode glen domand From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
3.6.
Re: (Tanya) metode glen domand From: Erieka
3.7.
Re: (Tanya) metode glen domand From: vanessa sutopo
3.8.
Re: (Tanya) metode glen domand From: Muhammad Arief Budiman
3.9.
Re: (Tanya) metode glen domand From: nia2R
3.10.
Re: (Tanya) metode glen domand From: asamisunt@gmail.com
3.11.
Re: (Tanya) metode glen domand From: Ade Novita Juliano
3.12.
Re: (Tanya) metode glen domand From: Oke Mieske
3.13.
Re: (Tanya) metode glen domand From: ChiciErnest
4.
/;4,(?&)&)!!6$$()gt3rscvvc c. n gmg rktm &$))())($)656;)!(!( From: Irawati Lie
5a.
Re: Kaleidoskop ujung tahun 2011. Bag I: bergumul dg rasa tak nyaman From: siti amatullah mutmainah
5b.
Re: Kaleidoskop ujung tahun 2011. Bag I: bergumul dg rasa tak nyaman From: ursula_maniez@yahoo.com
5c.
Re: Kaleidoskop ujung tahun 2011. Bag I: bergumul dg rasa tak nyaman From: asamisunt@gmail.com
6a.
Tutorial: Growth Chart Software WHO Anthro From: Sativa Huang
6b.
Re: Tutorial: Growth Chart Software WHO Anthro From: oktavera_rahardi
6c.
Re: Tutorial: Growth Chart Software WHO Anthro From: Sativa Huang
6d.
Re: Tutorial: Growth Chart Software WHO Anthro From: Oktavera Prasetyowati

Messages

1a.

Re: (sehat) (ASK) Bingung atas hasil Second Opinion Bronkhopneumonia

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Sun Dec 11, 2011 3:43 am (PST)



Dear Mba Dini,

Kalau ciri khas pneumonia itu :
harus ada SESAK NAPAS BERAT (bedakan dengan hidung bumpet)

Kalau anak sesak napas akan lemas, tidak bisa tidur, tidak bisa makan minum.

Saya bantu copaskan penjelasan dr Faris :

"Bagaimana membedakan pneumonia virus dan bakteri? Tidak mudah membedakan
pneumonia virus dan bakteri. Karena tidak ada pemeriksaan yang spesifik untuk
pneumonia bakteri. Leukosit tinggi tidak selalu bakteri. CRP tinggi tidak selalu
bakteri. Sesak napas tidak selalu bakteri. Adanya infiltrat di roentgen
(bronkopneumonia) juga tidak selalu bakteri. Jadi ya, gak mudah juga untuk
menentukan bakteri apa virus.
Kalau menurut saya, untuk menentukan pnemonia bakteri itu seperti puzzle. Perlu
banyak data yang mendukung ke arah bakteri. Contoh bila anak sesak napas,
diperiksa dengan stetoskop terdengar rongki, demam, leukosit tinggi, dan CRP
tinggi --> kemungkinan besar infeksi bakteri.
Yang perlu dipertimbangkan juga, pnemonia itu ada ringan, sedang, dan berat.
Karena tidak mudah membedakan virus dan bakteri, pneumonia sedang dan berat,
sebaiknya dianggap infeksi bakteri dan diberikan antibiotik. Pnemonia ringan
masih bisa wait and see. Bila pnemonia ringan tanpa antibiotik membaik dalam 1-2
hari, berarti infeksi virus. Wait and see perlu pemahaman ortu untuk melihat
tanda-tanda perburukan. Jadi selama wait and see, bila
Pnemonia ringan
masih bisa wait and see. Bila pnemonia ringan tanpa antibiotik membaik dalam 1-2
hari, berarti infeksi virus. Wait and see perlu pemahaman ortu untuk melihat
tanda-tanda perburukan. Jadi selama wait and see, bila kondisi memburuk
segeralah ke dokter, karena kemungkinan besar pneumonia bakteri."

Tambahan link, bisa juga masuk ke site bronchopneumonia.org

http://www.mayoclinic.com/health/pneumonia/DS00135/DSECTION=treatments-and-drugsHospital

Batuk mengi itu salah satu batuk khas asma.
Jadi diagnosisnya pneumonia n or asma?

Semoga bisa menjadi pertimbangan ya..


F.B.Monika
1b.

Re: (sehat) (ASK) Bingung atas hasil Second Opinion Bronkhopneumonia

Posted by: "purnamawati.spak@cbn.net.id" purnamawati.spak@cbn.net.id

Sun Dec 11, 2011 6:01 am (PST)



Dear Dini

Maaf saya bingung mau menjawab apa
Begini saja deh ...

Kalau kamu baca baik2 email saya "kaleidoskop" perihal bergumul dg rasa tak nyaman
Maksudnya ya kalau harus menjawab email semacam email Dini ini

Gak nyaman harus mengomentari tindakan yg diambil teman sejawat. Nah dsa paru itu, sudah berusaha maksimal memberi tahu kamu tapi beliau pastinya tidak merasa nyaman kalau harus berkomentar perihal tatalaksana sebelumnya dari teman sejawatnya (dsa mu itu)
Oleh karena itu saya bisa memahami statement beliau sbb:
"beliau menjawab tidak dapat berko-mentar apapun tentang diagnosa keputusan DSA sebelumnya (pera-watan yang sudah diberikan tidak
perlu dibicarakan) tetapi saran dia tidak perlu diberi obat apapun
tetapi harus menghindari pencetus asma ..."

Contoh kedua: ketika kamu mengatakan setahu kamu AB tdk boleh dihentikan, beliau: "beliau menjawab "kata siapa AB tidak bisa dihentikan?",

Mestinya kamu bisa menarik kesimpulan dg mudah dari kedua statement tsb
Saya tdk setuju kalau beliau dianggap tdk terbuka
Beliau sudah maksimal menolong ... Tdk bisa terlalu blak2an karena ya itu tadi ... Tidak nyaman

Oleh karena itu, di email kaleidoskop itu saya bolak balik bilang, mbok tanya tuh sebelum ke dokter, sebelum di ronsen, sebelum dirawat inap.
Jadi jawabnya lebih nyaman karena kami tidak dihadapka pada kondisi men"cela" tindakan dokter lain.

Terakhir, justru saya bingung membaca pertanyaanmu,
1. Ab bagaimana ..
Lho bukannya sdh dijawab jelas oleh dsa paru
2. balik ke dokter yang mana? Yg ahli paru atau dsa kamu
Lho ...

Maaf ya kalau kurang berkenan

Wati



Patient Safety, first
1c.

Re: (sehat) (ASK) Bingung atas hasil Second Opinion Bronkhopneumonia

Posted by: "siti amatullah mutmainah" amianakbinus@yahoo.com   amianakbinus

Sun Dec 11, 2011 1:52 pm (PST)



Hi momme akhtar (baru baca nih thread awalnya) ..
Akhtar dah sehat2 kan ya .. Syukurlah.

Bunda dan SP's sdh byk membantu dan m'ingatkan tuh ya :) ..

momme akhtar, coba deh mumpung anaknya dah mendingan, pelajari soal BP dan asma, eh alergi jg.. kalau sy start awalnya di mayoclinic krn paling ringan (versi sy), nanti cari2 lg di situs terpercaya lainnya..
Nah cuman, bljrnya jgn separo2, yg tuntas, kalau ada yg blm jls bs tny2 lagi disini, insya allah dokter2 disini siap membantu..
Jadi, utk konsul berikutnya (jk diperlukan) "nyambung" dgn dsanya.

Email mba dan jwban dari bunda serta SP's dibaca lg deh, kesimpulannya jelas kok, perlu tdk ab nya?bnrkah BP/asma/alergi?dsa 1 atau dsa paru?

Maaf jk krg berkenan

Rgds,
Ami




Sent from AmiBerry® via Smart 1x / EVDO Network.
2a.

Re: Tanya DSA yg pro ASI dan RUM di Hermina Arcamanik

Posted by: "kania kania" kanidut@yahoo.com   kanidut

Sun Dec 11, 2011 3:52 am (PST)



mba intan saya skr sudah 32wk mba..alhamdulillah kemaren sempet ikutan klasi di bandung..
skr karena udah mulai deket due date maunya si nanti pas lahiran udah ketemu DSA yg cocok dan pas di hati hehe..
karena pengalaman sm ponakan DSAnya suka gampang kasih obat mba..
thanks ya mba infonya..mohon doanya semoga semua dilancarkan..amiin :)

________________________________
From: IntanAriestya <intanariestya@yahoo.co.id>
To: Sehat Milis <sehat@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, December 7, 2011 7:03 PM
Subject: Re: [Sehat] Tanya DSA yg pro ASI dan RUM di Hermina Arcamanik


 
Hai mbak Kania,

Selamat ya atas kehamilannya. Sudah brapa bulan mbak hamilnya?

Untuk dokter, maaf sy ga bisa bantu referensi nama. Tp buat saya, siapapun dokternya, syaratnya utamanya (ini sekali lg buat sy ya..) adalah open utk berdiskusi dan kita nyaman. Lalu pelajari dan pahami ilmu kehamilan, melahirkan, menangani new born baby dan asi dan imunisasi, dan lain-lain (buanyakk hehe). Setelah itu, diskusi deh sm dsog dan dsanya..

Btw, sdh pernah ikutan KLASI? Kl belum, sy sih sarankan ikut utk lebih paham ttg kehamilan, persiapan kelahiran dan menyusui. Ada lho di Bandung, tunggu tanggal mainnya di awal tahun depan ya.. Rajin pantengin milis aja :)

Wish you a happy pregnancy, mbak..
-Intan

[Non-text portions of this message have been removed]

3.1.

Re: (Tanya) metode glen domand

Posted by: "Muhammad Arief Budiman" feira24@yahoo.com   feira24

Sun Dec 11, 2011 4:07 am (PST)



"patut ditanya, knp ingin anaknya bisa baca di umur 3y?"

Menurut gw, metode GD ga menitik beratkan anak supaya bisa baca or matematika..

GD cuma ngasih tau, bahwa ada metode belajar sambil bermain..dan harus dilakukan anak dan ortunya..

Sebenernya ya sama aja, waktu ngajak anak ke supermarket/pasar, trus ortunya bilang "nak, ini namanya tomat, warnanya merah, bentuknya bulat dll"

Masa ditanya "ngapain ngajarin anak nama sayuran, emang mau masak..nanti2 ajaa"

Tapi emang GD itu relatif mahal, tapi ya sesuai dgn riset dan usaha dialah..

Kebetulan gw jg pake GD waktu raffi kecil, dan beneran, niatnya bukan utk raffi jago baca or matematika..(Niatnya apa yaa..hmm..awalnya cuma ikut2an Dewa, anak sahabat gw yg emang terapin metode GD)

Jadi knp anak mesti diajarin baca dr kecil? Why not?? (Walaupun beneran deh, sama sekali bukan ttg ngajarin baca kalo gw sih..hihihihi (Ú"ײ))

Peace,
Arief
Sent from BlackBerry® on 3
3.2.

Re: (Tanya) metode glen domand

Posted by: "alifah.davida@gmail.com" alifah.davida@gmail.com   alifah_davida

Sun Dec 11, 2011 4:45 am (PST)



Mbak Dina,
Menyentil sekali :D.
Sepakat dengan Mbak Sisil deh untuk masalah baca tulis dini. Kalau semuanya pada share dari sisi ortu, saya share dari sisi anak yah.

Saya ini 'korban' bisa baca tulis sejak usia dini, bisa baca mulai umur 3 tahun(sudah baca koran), bisa nulis umur 4 tahun, meskipun masih cakar ayam. Saya yakin ortu saya juga tak tau tentang glen domand.

Saya masih ingat banget dulu jaman kecil, saking sibuknya ortu mencari nafkah, kalau pagi sarapannya itu hanya 2 jenis macamnya. Nasi pecel bungkus koran, atau nasi lodeh pincuk. Nah koran yg dipake bungkus nasi pecel ini adalah koran2 grade B and C, yg ceritanya notabene kisah kriminal dan tetek bengeknya, kadang stensilan juga. Bahasanya aduh amburadul. Kalau makan saya hobi sambil baca itu, karena ortu belom sanggup beliin buku berkualitas, dan sejak bisa baca, saya hobiii banget baca, jadi apa saja diembat.
Kalau ada kata2 yg tidak saya mengerti, ya tentu saja saya tanya, dan dengan ortu konvensional, bisa dibayangkan jawabannya seperti apa. Rasa curious yg besar ya membuat saya tidak berhenti bertanya ke ortu saja, tapi ke semua orang yg saya anggap ngerti. Bayangkan bagaimana seorang anak umur 12 tahun, lelaki menjelaskan kata 'menghabisi' dan 'menjagal' ke anak perempuan umur 4 tahun? He's my cousin. Belom lagi kata menggagahi (maaf yah) dll.
Intinya, pikiran saya dewasa lebih cepat, dan itu sering membuat saya frustasi.
Tidak ada tempat bertanya, yg ada semua bilang 'belom waktunya kamu tahu'.

Jadinya saya larinya ke buku2, apapun macamnya, they were my only windows. Mau stensilan, komik, buku cerita, majalah orang dewasa, anything. Beruntung saya bukan pribadi yg suka bereksperimen, apa jadinya kalau saya suka mencoba langsung, tapi kalau bereksperimen di otak siy jangan tanya. And fyi, ini termasuk pengetahuan tentang sex jg, dengan segala informasi yg luar biasa salah dan kaprahnya.

Kalau ingat saya sering bergidik ngeri.
Tak hentinya saya bersyukur, Tuhan selalu melindungi saya.

Novel pertama saya adalah 'di bawah lindungan ka'bah' lanjut 'dengan tenggelamnya kapal van der wicjk' karya hamka. Saya baca tuntas di kelas 1 SD. Saya bingung 'kenapa bisa ada orang yg bisa bernasib begitu?, apakah Tuhan begitu kejam?' Again, tak ada yg mampu menjelaskan, tidak juga teman2 sebaya saya. Semua memandang aneh saya yg sepertinya overloaded dengan kata2 dan ucapan yang tidak seharusnya diucapkan oleh anak seumur saya. Saya juga bingung, pemahaman saya tentang kehidupan belum cukup untuk membantu saya mengerti apa maksud sebuah karya sastra sebesar itu.

Bacaan saya selanjutnya luarr biasa deh, tidak tega saya share-nya. Apakah ortu tahu? Tentu tidak, saya cukup lihai berkelit, pandai memanipulasi, they were not on my league. Saya punya teman2 khusus yg mostly sudah teenager, mereka membantu saya dengan mensuplai bahan bacaan yg mungkin mereka sendiri malas membacanya, bacaan tak bergambar, which implies one thing, you need to have a very good imagination to actually enjoy it, I wish they were harry potter books. Di mata orang, I'm the best kid ever, the most prominent student in school, if only they knew better.

Dari segi psikologis, saya tertekan. Merasa dipenjara dan tak terpuaskan. Beruntunglah, saya sudah dewasa ketika kenal internet, bayangkan jika saya sudah mengenalnya pula di usia dini. Dengan situasi seperti masa kecil saya, I don't know what I would be come.

Pendek kata, saya tidak ingin masa kecil saya terulang di anak2 lain, it was not a pleasant one. Kalau memang ortu siap dengan konsekwensi baca dini, silahkan. Tapi please, tulung diconsider dari sudut pandang anak anda. Sejenak bayangkan anda jadi mereka. Bagaimana rasanya dibukakan jendela dengan mata setengah ditutup paksa, bagaimana rasanya kalau ingin tahu sesuatu tapi tak ada tempat bertanya, bagaimana rasanya terpapar hal2 yang seharusnya memang belum waktunya. Membaca adalah membuka dunia, baik dan buruk, kadang kita sebagai ortu tak mampu memfilternya secara terus menerus, jadi pastikan anda, anak anda dan tidak ketinggalan lingkungan anda siap.
Yg paling penting, bangun komunikasi yang baik dengan anak, sebelum anda mengajarkannya membaca.

Regards,

-alifah-
*maaf kalau tidak berkenan
Regards,
--Alifah--
challenge yourself, being smart never hurt
3.3.

Re: (Tanya) metode glen domand

Posted by: "Oke Mieske" okemieske@gmail.com   yoenx

Sun Dec 11, 2011 5:01 am (PST)



Arief :
GD cuma ngasih tau, bahwa ada metode belajar sambil bermain..dan harus dilakukan anak dan ortunya..
Sebenernya ya sama aja, waktu ngajak anak ke supermarket/pasar, trus ortunya bilang "nak, ini namanya tomat, warnanya merah, bentuknya bulat dll"

Saya :
Berarti, bisa di ikuti, bisa engga...
Berarti, ada cara stimulasi yg pake cost... Ada yg cost-free...

Arief :
Kebetulan gw jg pake GD waktu raffi kecil, dan beneran, niatnya bukan utk raffi jago baca or matematika..(Niatnya apa yaa..hmm..awalnya cuma ikut2an Dewa, anak sahabat gw yg emang terapin metode GD)

Saya :
Ga komen deh... Cuma mesem aja... :)

Arief :
Jadi knp anak mesti diajarin baca dr kecil? Why not??

Saya :
Betul.... Why not?....
Kalo memang si anak yg "meminta".... Kalo si anak yg membutuhkan itu (bisa membaca).

Bunda wati jungkir balik ngajarin kita utk IRUM.... Utk paham EBM dan EBP.... Ngajarin juga soal MPasi yg bergizi tp ga mahal/local content.... Dll....

Apa sih inti dari IRUM vs RUM? Inti dari EBM? Inti dari EBP? Imho.... Saya pikir adalah : efisiensi.... Efisien dalam semua hal....

tapi ya... Balik lg ke orang tua masing2... Kalo memang si-kon memungkinkan utk beli "paket GD".... Yeah why not? Go ahead... :)

Satu lagi.... Bunda wati sering bilang : kita kalo mau beli AC saja, rela meluangkan waktu utk ngecek harga, ngecek spesifikasi tiap2 AC, mencocokkan sicalon AC dg kebutuhan kita. sampe akhirnya mutusin utk beli merek A....kenapa hal ini ga diterapkan dalam menangani anak2 tercinta?

Maaf kalo ada salah2 kata ya.... :)

Salam,

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
3.4.

Re: (Tanya) metode glen domand

Posted by: "Oke Mieske" okemieske@gmail.com   yoenx

Sun Dec 11, 2011 5:06 am (PST)



Maap...
Ada ralat....

Tertulis : Bunda wati jungkir balik ngajarin kita utk IRUM.... Utk paham EBM dan EBP....

HARUSNYA : utk RUM....Utk paham EBM dan EBP....

Salam,

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
3.5.

Re: (Tanya) metode glen domand

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Sun Dec 11, 2011 6:01 am (PST)



Bro
Analoginya sama dengan gini :
Ngapain tebus tuh ab, kalo nanti juga masuk tong sampah. Yang secara gak langsung, identik dengan masukin aja langsung tuh uang ke tong sampah, he2.

Btw, anakku gak pake gd, rankingnya gak kalah sama yang ikut gd....cost effective for quality parenting gitu istilahnya.

Regards,
Marcella
*lagi oot nih... Apa kabar bro. ?
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
3.6.

Re: (Tanya) metode glen domand

Posted by: "Erieka" E_prue@yahoo.com   e_prue

Sun Dec 11, 2011 6:24 am (PST)



Aah repot2... Balik lagi aja ke ortunya deh. Intinya sesuaikan perkembangan anak dgn usianya aja.

Saya pake GD wkt Shabii 6 bln murni iseng main doang yg berakhir dirobek tuh kartu2 :p. Lah wong tangan anaknya lg pengen explore sobek2. Getun? Ndak jg, wong pake flash card gak bertarget, cm ngenalin by glance warna, bentuk barang. Durasi cm 3 menit. Anaknya bosen ya main yg lain.
Smp skrg (3,8 thn) ya blm bisa baca :D, ya biarin aja.. :p.

Rgds,
Erieka
*santaaaiii
Powered by 6¦1QueenholicShabiiaddict6¦1 BlackBerry0…3
3.7.

Re: (Tanya) metode glen domand

Posted by: "vanessa sutopo" psycho_laziale@yahoo.com   psycho_laziale

Sun Dec 11, 2011 6:52 am (PST)



IMHO

Baiknya klo mau menggunakan metode glen doman, haruslah tahu tujuan dr metode ini krn setau saya glen doman menciptakan metode ini bukan agr anak cpt baca..saya pernah baca di koran jaman duluu bgt klo awalnya metode ini diciptakan untuk anak berkebutuhan khusus..

Pelajari baik2 buat apa, jgn sampai berburuk sangka sama si glen ini..
Gimana cara ngegunainnya..
Doman jg bilang bisa ko flash card2 itu dibuat sendiri,jd semua berpulang ke ortu masing2..

Gak semua ortu yg pake metode ini pgn anak bs baca, tp ada jg ortu yg salah kaprah malah pgn anak bs cpt baca..

So before we beggin judging someone for their choices..

Pelajari dl..pahami dl..the reasons behind it so we can look from a different view how others ppl thingking

Vanessa
Life is a matter of choices
*bukan pengguna metoda GD tp ngerasa diskusi ini memanas
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry0…3 smartphone
3.8.

Re: (Tanya) metode glen domand

Posted by: "Muhammad Arief Budiman" feira24@yahoo.com   feira24

Sun Dec 11, 2011 6:54 am (PST)



GD ga mesti mahal kok. Emang ada yg murah kok, bahkan dikasih tau detilnya bikin kartu sendiri..

Kalo masalah efisiensi harga selalu dimajuin akan susah deh krn sangat relatif. (Nanti yg sekolahin play group anaknya mahal2 bisa 'kesentil' juga)

Kebetulan aja gw punya dua sahabat baik yg anaknya belajar di glen doman, sementara di indonesia anaknya di vonis sama yg "pinter2" adlh anak idiots. Dan perkembangan mereka bagus bgt. (Satu cerebral palsy satunya autis)

dan secara personal, gw emang ga setuju kalo diblg anak 'pinter' entah bisa baca or bisa ngitung or apalah, dikatakan rentan dgn yg jelek2..buat gw semua anak pinter.

Toh value dirumah beda dgn di sekolah, dgn tiap2 temannya yg bawa value masing2..jadi sangat na0Š7ve kalo DALAM HAL ini dikatakan anak pinter baca dr kecil bikin repot. Dan iya, ranking blm tentu lebih bagus (siapa juga yg ngomongin soal ranking or harus pinter ini itu)

Dan emang iya gw dulu cuma ikut2an secara dulu duitnya ada (walaupun skrg seneng bgt). Oiyaa sekalian, gw jg dulu ikut2an nyimpen darah tali puser. 0š10š10«70š10š10«70š10š10«7 "0Á2

Sekali lg punten, cuma pengen bicara dr sudut pandang gw aje..

Sekali lg gw bukan soal pro kontra GD, tp gw ga setuju kalo semua dikaitkan dgn efisiensi harga (dibacanya: kudu murah)

Apalagi buat cewek2..soal tas, rela tuh beli tas mahal2, pdhl fungsinya sama aja..giliran beli tas ga ngomongin efisiensi..(Gw emang minta ditimpuk nih)..

Mpok cella, aye baik2 ajee..lg sensi ajeee..(Maaf yaa ibu2 or cewek2)

Tidur dulu yee..
Hv a gudnite,

Arief
Sent from BlackBerry0…3 on 3
3.9.

Re: (Tanya) metode glen domand

Posted by: "nia2R" niea_152@yahoo.com   niea_152

Sun Dec 11, 2011 6:56 am (PST)



Mods,

Boleh di close aja? Ini bisa rembet kemana2. Udh bnyk masukan tho..
Ikut monggo, ga ikut sumonggo.


-nia-ibunya Razan Ragha
@nieafardina
3.10.

Re: (Tanya) metode glen domand

Posted by: "asamisunt@gmail.com" asamisunt@gmail.com   floreanwl

Sun Dec 11, 2011 7:12 am (PST)



Hehehe,duh jadi malu, saya termasuk korban gd sempet beliin anak saya gd karena "pengennya" saya supaya anak saya bisa berhitung dan membaca (memaksimalkan masa keemasan 3tahun pertama kehidupan)..
Tapi saya malas maininnya dan ahirnya numpuk aja.. *tepok jidat

Well,sebenernya kalau mau ngajarin anak ga meski pake flashcard gd ko saya liat banyak dijual versi murmernya di toko2 buku(sayang gd mahal, apalagi kalo ortunya males kaya saya, tapi kalo mau beli ya silahkan)

Btw jadi mau tanya, sebenarnya usia berapa sebaiknya mengajarkan anak membaca,menulis dan berhitung serta mengaji al quran atau iqra, mengingat sistem pendidikan sekarang ini yang menurut saya amat berat (menurut teman saya ada beberapa sd yang mensyaratkan anak bisa memahami isi bacaan yang dia baca dan bisa baca iqra)
Maaf kepanjangan dan maaf jika kurang berkenan


Salam
Santy


Sent from my BlackBerry0…3 smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
3.11.

Re: (Tanya) metode glen domand

Posted by: "Ade Novita Juliano" ade.novita.juliano@gmail.com   novita_ade

Sun Dec 11, 2011 7:44 am (PST)



ihh seru ya kalau ngomongin anak-anak belajar

ikutan curhat yaa

saya termasuk yang rada terserah soal waktu kapan dan dimana anak belajar,
patokannya tetap sesuai umur, sesuai kapan anak nanya kapan anak butuh

kalau dia tanya info, aku gali info, lalu beri info

kalau anakku umur 3 tahun nanya pelajaran kakaknya yang kelas 5 SD, yaa
udah.. dijelaskan

wira di TKB Paham banget soal useful plants, efek pemanasan global, dan
bikin ibu2 dan guru bingung dengan pengetahuan wira. saya ibunya biasa aja,
ya karena kakaknya pernah belajar da dia ikut dalam forum belajar dirumah
itu. lagi baca koran pun ya kita bahas bareng2 kalau dia nimbrung diskusi
saya dengan ayahnya.

kalau saya yang penting caranya, mau seberat apapun materinya, matematika
integral sekalipun, ngomongin ilmu hukum selengkap ilmu anak kuliahan pun
saya terbuka aja umur berapa aja, asal anak yang merasa butuh, anak yang
siap dan caranya fun, seru, ga berat

yang penting juga buat saya, ukuran kecerdasan jangan sampai dilihat dari
angka, jangan sampai cuma dibandingin sama anak lain

begitupun tingkat pemahamannya

kalau yang ada di sistem sekarang kan, kecerdasan anak diliat dari nilai
raport, diliat mana yang paling tinggi. yang matematikanya 9 dianggap lebih
pinter dari anak yang cuma dapat 6. ga diliat, jumlah soal, kualitas soal,
cara menjawab dll

ga diliat dari kelas 1 sampai kelas 5 rekam perkembangan kemampuan anak itu
bagaimana, bertambah? datar atau menurun?

yang ada cuma diliat pokoknya stiap pembagian rapor nilai tertinggi jadi
ranking 1

metode belajar jaman dulu juga ga bisa copy paste aja ke jaman sekarang.
karena kita jaman dulu itu, jaman telpon aja belum ada, kalau sekarang info
sekali klik dapat di internet

contoh lain, mana yang dibutuhkan tau pulau komodo ada di daerah mana? atau
tau ada apa aja di pulau komodo, apa keunikannya, bagaiamana kehidupan
masyarakat sekitarnya

soal baca tulis saya ga pernah ajarin, tau2 pada bisa aja...

kliatan perkembanganya, dari megang pinsil masih di genggam sampai akhirnya
udah bisa memegang pinsil dengan 2 jari

baca? saya selalu ingat almarhum shereen, "de.. anak lo ga perlu diajarin
baca... cukup lo ajak baca buku, ntar juga bisa baca sendiri"

jadilah anak2 saya ga pernah belajar baca, adanya read aloud dan kegiatan2
sehari2 sambil mengenal benda2 sekitarnya

termasuk pengenalan warna, saya juga ga pernah khusus, semua ya sambil
main, sambil makan, contoh "ini sayur bayam warnanya hijau bagus lohhh buat
kulit naya biar cantik" (ini saya kenalkan saat MPASI, artinya umurnya baru
6 bulan)

salam,
@Ade_Novita

[Non-text portions of this message have been removed]

3.12.

Re: (Tanya) metode glen domand

Posted by: "Oke Mieske" okemieske@gmail.com   yoenx

Sun Dec 11, 2011 7:49 am (PST)



Vanessa :
Pelajari dl..pahami dl..

Saya :
Setuja (setuju sejuta)....

Itu yg saya coba ingatkan... Sama aja kan dg ajaran bunda wati....
Pelajari...pelajari...pelajari....makin banyak mengetahui fakta2nya, maka diharapkan keputusan yg diambil bukan sekedar "ikut ikutan"...."Lagi trend"...."Ga membahayakan"...."Ada uangnya kok".....dll, dsb

Mungkin.... (Ini cuma pemikiran saya aja loh) sama kayak inhalasi.... Awalnya inhalasi, diterapkan utk kondisi asma....makin sini makin berkembang (entah gimana caranya).....batpil biasa aja, bisa jadi alasan utk inhalasi.... Salah satu alasannya : "Kan ga pake obat, cuma nacl doang, utk encerin dahaknya, kasian anaknya, bumpet, batuk hebat".... "Kantor kok yg bayarin".... Bla bla bla....

Trus soal "efisiensi".... Bukan cuma masalah duitnya loh....

Mungkin... Ini mungkin yaaaa....
Ada yg berpikir begini : kalo metode GD ini berhasil diterapkan pd anak berkebutuhan khusus (contohnya : anak temannya pak arief, yg CP dan autis)....bayangkan pasti akan lebih dahsyat hasilnya kalo diterapkan juga sm anak yg tidak berkebutuhan khusus....

Ah sudahlah...jd ngelantur lagi.... Parent semua (terutama mba dyan) pasti sudah bisa menimbang : jadi beli pake GD or ga.

Awal nyaut lagi cuma mau bilang setuju dg mba vaness... Pelajari...pelajari....pelajari....

Salam,

Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
3.13.

Re: (Tanya) metode glen domand

Posted by: "ChiciErnest" chici.ernest@gmail.com

Sun Dec 11, 2011 3:53 pm (PST)



Setuju bgt sama mbak Ade.. :)

Selama ini saya jg (mungkin) memakai metode GD.. Tapiii gak pernah pake flash cardnya. Saya pake poster yg beli di 'abang seribu' hehehe.. Emang hrganya 1000 posternya. Kadang kalo lg ada duit, beli poster di toko buku yg agak bagusan.. :) dr situ Keenan udah bisa warna, angka, aneka vehicle dll..

Saya ajarin dr usia dini (6bln kyknya) klo soal warna.. Belajar pake lampu lalu lintas. Belajar vehicle dari tunjuk2 macam2 mobil di jalan tol! skr pun masih pake metode 'tunjuk2' unt rambu2 lalu lintas :) bkn saya yg ngotot mau ngajarin, tp anaknya yg tanya2..

Jd saya mikir jg.. Ooo.. Jgn2 ini metode GD hanya saja saya gk pake flash card. Hanya mengadopsi metodenya aja.. Tujuannya puunn bkn supaya anak saya cpt baca. Krn saya tau banget ada 'waktunya'!

Regards,
@chiciernest

4.

/;4,(?&)&)!!6$$()gt3rscvvc c. n gmg rktm &$))())($)656;)!(!(

Posted by: "Irawati Lie" irawati_l@yahoo.com   irawati_l

Sun Dec 11, 2011 4:19 am (PST)





ferrarif430sepider

5a.

Re: Kaleidoskop ujung tahun 2011. Bag I: bergumul dg rasa tak nyaman

Posted by: "siti amatullah mutmainah" amianakbinus@yahoo.com   amianakbinus

Sun Dec 11, 2011 5:01 am (PST)



Dear bunda, all docs ..
Terima kasih tak terhingga sudah mau berbagi waktu, ilmu utk kami semua disini ..
Tak terasa sudah 9bulan bergabung dgn keluarga besar milist sehat, begitu byk yg didpt..
Semoga kemauan utk terus belajar semakin kuat ..

SalamSehat :)

Ami



Sent from AmiBerry® via Smart 1x / EVDO Network.
5b.

Re: Kaleidoskop ujung tahun 2011. Bag I: bergumul dg rasa tak nyaman

Posted by: "ursula_maniez@yahoo.com" ursula_maniez@yahoo.com   ursula_maniez

Sun Dec 11, 2011 5:24 am (PST)



Dear Bunda n all docs n SPs

Baca email Bunda jd tertampar juga.
Cumaa, ada yg ingin sy sampaikan juga Bun.
Sjak kenal milis ini mmg byak membuka cakrawala pengetahuan sy mengenai ksehatan (thanks God).
Meski tergoda tiap kali ada masalah with my baby or people around me utk ngambil jalan pintas: bertanya aja lgsg ke milis, alesan minta maaf ga sempat searching (uuppssss), tapi puji Tuhan bisa kalahkan kemalasan tsb, ubek2 file Milissehat lg meskipun agak oon pake keyword-nya.
Naaahh, tapi Bunda masalah utamanya tiap kali saya menyampaikan ilmu yg sy dapet d milis ini maupun dr sumber2 yg banyak d kasih SPs lainnya, seringkali kena semprotan dr orang2 skitar yg msih merasa 'dokter itu dewa kesehatan--masa sih kamu lebih tau?'
Pernah pas Ichi skit, krn ga mau bertengkar dgan mertua ya sy bawa dia ke dokter (pdhl dah tau CC n ga ada yg kukhawatirkan). Pas d oleh2in AB+puyer (copy resep kuminta jg), sampe d rmah kutahan ga sy kasih dl krn mau sy googling obat2an yg d kasih.
Eh ada jg omongan yg pedes kluar "yaelah ngapain sih repot2, kalu dokter yg ngasih pasti dia dah taulah. Dia kan ahli, dl si A anknya lgsg smbuh stelah 2 hari dari dokter itu." Waduuuuuhhhh.
Sometimes kutunjukin print2an or tulisan2 dr berbagai sumber, yg kluar adl " ah mana kamu tau itu tulisan bener n bisa dipercaya. Iya kalu dokternya (yg nulis) bener2 ada n kompeten. Di Internet kan gmpang aja org nulis sesuka hati, ga di tau mana yg bener mana yg palsu. Mending langsung tanya ke dokter langganan yg laris"
Sedih...
Duuuh Buuun kok susah ya masyarakat kita bisa di ajak untuk melihat wawasan yg lebih luas, tdak hanya berdasarkan 'katanya' or 'dulu begini-begitu'

Sy baca email Bunda itu td siang n terpikirkan terus, sampe akhirnya brani nulis ini.
Dalam hati bertekad n berdoa smoga bisa ikut ambil bagian dlm peluncuran bola salju yg d rintis Bunda n docs n tman2 SPs di milis ini.
Bukan cm buat diri sendiri n org2 terdekat tapi juga buat masyarakat d sekeliling.

Thanks Bunda...
Hug from Kota Daeng-Makassar

Ursula-- sempet2in nulis di antara rengekan Ichi yg hari ini nempeeell terus kyak perangko.
Powered by Telkomsel BlackBerry®
5c.

Re: Kaleidoskop ujung tahun 2011. Bag I: bergumul dg rasa tak nyaman

Posted by: "asamisunt@gmail.com" asamisunt@gmail.com   floreanwl

Sun Dec 11, 2011 6:43 am (PST)



Dear mba ursula,

Same with me, kalo mau kampanye ngajak rum orang2, seringkali nemuin yang g berkenan, saya bisa pahami karena siapa sih saya yang ga ada latar belakang ilmu kesehatan dan tiba2 sok ngasi tau ini itu tentang kesehatan, sedih juga sih malah sempet ada beberapa orang yang bilang saya meski hati2 jangan terlalu percaya sama bunda, pasti ada maksud/kampanye terselubung di balik semua ini, duh hemat saya bunda dan dokter2 serta para sp di milist ini tujuannya mulia sekali ingin mengeducate masyarakat dan para orang tua tentang kesehatan dan so on tanpa pamrih, selain itu ada yang bilang juga kalo milist ini aliran anti obat, hehehe berkali2 jelasin bukan anti obat tapi obati jika memang diperlukan..

Trus ketemu lagi temen yang bilang kalo dokter juga ga mungkin ngasi obat yang ga perlu karena mereka toh dah sekolah selama bertahun2 dan ada sumpah jabatan masa iya bertindak overtreated..jadi ya percaya aja sama dokter ngapain pusing2 mengkhawatirkan tindakan dokter, padahal jelas2 iya anaknya common cold tapi dokternya resepin macem2 obat yang ga perlu...

Yah, emang merupakan tantangan berat kalo anak sakit,kadang meski sudah tau guideline masih juga kurang yakin, kuatir salah liat dan salah menilai kondisi kalo anak sakit..sehingga masih aja perlu meyakinkan diri dengan kembali bertanya ke milist meski topik yang dtanyakan sudah berulang-ulang diposting..duh maaf ya.. :(

Dan Maaf juga curcolnya kepanjangan

Salam
Santy

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
6a.

Tutorial: Growth Chart Software WHO Anthro

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Sun Dec 11, 2011 12:19 pm (PST)



Dear all,
Ada Moms yang sudah download, berhasil install tapi masih belum ketemu
caranya dalam menggunakan WHO Anthro. Tadi sore saya telah buatkan video
tutorial singkatnya.

Untuk melihat bisa di sini:
http://www.youtube.com/watch?v=xG3Jg6bPCBs
Jika akses internetnya lumayan cepat bisa diganti ke 720p HD.

Jika mau download, bisa didapatkan di sini (18.3 mb | format: wmv)
http://ypc-riau.sch.id/who_anthro.zip

Saya rekomendasikan software ini, karena bisa monitor pertumbuhan bayi
sejak lahir, sehingga bisa menghilangkan banyak kekhawatiran. :)

Cheers,

[Non-text portions of this message have been removed]

6b.

Re: Tutorial: Growth Chart Software WHO Anthro

Posted by: "oktavera_rahardi" oktavera02ub@yahoo.co.id   oktavera_rahardi

Sun Dec 11, 2011 3:05 pm (PST)



Apakah program ini hanya berlaku di windows? Saya menggunakan ubuntu, sudah setahun yang lalu berusaha meng-install tapi blm berhasil. Ada saran?

Terimakasih,
Vera

6c.

Re: Tutorial: Growth Chart Software WHO Anthro

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Sun Dec 11, 2011 4:16 pm (PST)



Hi Bu Vera.
Ya, hanya untuk PC dan mobile yang menggunakan windows. Kalau mau coba bisa
pakai Wine (saya belum pernah nyoba):
https://help.ubuntu.com/community/Wine

Selain itu bisa juga ditanyakan langsung ke WHO:

WHO Anthro
Department of Nutrition
World Health Organization
Avenue Appia 20
1211 Geneva 27
Switzerland
fax: +41 22 791 4156
who_anthro@who.int

2011/12/12 oktavera_rahardi <oktavera02ub@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Apakah program ini hanya berlaku di windows? Saya menggunakan ubuntu,
> sudah setahun yang lalu berusaha meng-install tapi blm berhasil. Ada saran?
>
> Terimakasih,
> Vera
>

[Non-text portions of this message have been removed]

6d.

Re: Tutorial: Growth Chart Software WHO Anthro

Posted by: "Oktavera Prasetyowati" oktavera02ub@yahoo.co.id   oktavera_rahardi

Sun Dec 11, 2011 4:24 pm (PST)



Sepertinya saya pernah mencoba di wine Pak... dan belum sukses. Mungkin harus saya tanyakan langsung ke WHO..

Terimakasih,
Vera

[Non-text portions of this message have been removed]

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Health

Asthma Triggers

How you can

identify them.

Sell Online

Start selling with

our award-winning

e-commerce tools.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: