Friday, December 9, 2011

[sehat] Digest Number 16672

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (13 Messages)

Messages

1a.

Re: DACRIOCYSTITIS OS + Dokter Mata RUM di JEC

Posted by: "rosshy77@yahoo.com" rosshy77@yahoo.com   mommynyaarion

Fri Dec 9, 2011 3:39 am (PST)



Dear mba monik, mba mutiara n mba les,

Makasi banyak infonya ya

Ini lg khusuk membaca link yg dikasi mba monik biar ada modal ke dokter mata besok

Tenkyu semuanyaa

Selamat berakhir pekan dgn keluarga tercinta

Salam
Rusmina
menunggu feeder terakhir dan macet makin menggila
Powered by Telkomsel BlackBerry®
2a.

HELP! ASI mencair harus bagaimana?

Posted by: "arie wiryawan" atanasius.arie@gmail.com

Fri Dec 9, 2011 3:54 am (PST)



Dear All,

Barusan pulang dari kantor aku menemukan kalau stock asiku di frezer
mencair semua (total ada 50 botol)...... Tidak tahu apakah menutup
kulkasnya tidak rapat, atau kulkasnya yang rusak.
Mohon masukannya harus saya apakan asi yang sudah mencair tersebut, karena
setahu saya asi yang sudah mencair tidak boleh dibekukan kembali, sementara
jumlahnya cukup banyak dan saya sangat sedih bila harus dibuang.... Kalau
dari frezer kemudian mencair dan ditaruh di kulkas bagian bawah, berapa
lama asi tersebut bisa bertahan?
Mohon masukannya harus bagaimana.......
Terima kasih sebelumnya.

--
Mamanya Jason & Mackenzie yang masih shock lihat ASI satu freezer mencair

[Non-text portions of this message have been removed]

2b.

Re: HELP! ASI mencair harus bagaimana?

Posted by: "Diana" diana.bachtiar@gmail.com   diebachtiar

Fri Dec 9, 2011 4:15 am (PST)



Hi mom,

Bagaimana jika didonorkan?
Bbrp botol utk diminumkan langsung sampai lusa and mom pompa lagi. Memang sedih sekali krn sy pun pernah spt itu. Tp drpd dibuang, lbh sedih lagi

HIH


Diana
@diebachtiar

Sent from BlackBerry® on 3
2c.

Re: HELP! ASI mencair harus bagaimana?

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Fri Dec 9, 2011 4:34 am (PST)



Hi Mom,
Apakah sudah mencair semua?
Yang nggak boleh setahu saya nggak boleh membekukan kembali asi yang
sudah mencair sempurna.

http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/002451.htm
Do not refreeze breast milk once it has been thawed.

Bacaan lebih lanjut:
How long can breastmilk sit out -can you refreeze breastmilk?
http://www.mothering.com/community/t/785866/how-long-can-breastmilk-sit-out-can-you-refreeze-breastmilk

Salam,

3.1.

Re: Anak jatuh

Posted by: "Qiqie Mama Nayla" deswita.nashwa@gmail.com   rizkie3

Fri Dec 9, 2011 4:01 am (PST)



mba mutiara, serem banget mba.. itu maksudnya dilantai 2 ya? saran saya sih
klo di lantai atas jendelanya dipasangin teralis.. untuk menghindarkan hal2
yang tidak diinginkan..

salam,
qiqie

[Non-text portions of this message have been removed]

4a.

Re: tonsil detritus = ISPA = perlu antibiotik?

Posted by: "niken qinen" nikenqinen@gmail.com   qinen_q9

Fri Dec 9, 2011 4:04 am (PST)



Mba Larasti...
Diagnosisnya ISPA yaaa
Dan sptnya ISPA atas.
Penyebab ISPA atas itu hmpr 90%virus mba, jadi tidak butuh AB, aplg
cefadroxil. Serem ah mba...

Bila sdg ISPA, sptnya wajar koq kl tonsilnya spt itu. Maaf tidak bisa
bantu browsing.
Perbanyak cairan aja mba, utk mslh makannya, nanti kl uda sembuh jg
balik lg nafsu makannya.

Semua obatnya tidak diperlukan oleh anak yaa mba.

Salam,
-Niken-

On 12/9/11, Larasati <adhya.larasati@yahoo.com> wrote:
> Dear Doctor,
>
> Tadi siang akhirnya saya ke dokter anak. Kronologisnya begini:
> Senin 28 nov anak saya (14 bulan) mulai batuk pilek. ngga saya kasi obat
> sama sekali. cuma mengandalkan doa, ASI, dan makan bergizi yg cukup pd hari
> Senin 5 Desember alhamdulillah udah ngga ada batuk pilek sama sekali. dugaan
> saya common cold tuntas. ini termasuk flu paling lama yg pernah dia alami.
>
> Senin 5 Desember malem anak saya agak anget, 37,7 derajat. sebelum tidur,
> dia saya balurin bawang merah+minyak telon, besoknya udah ngga anget lagi.
> tapi Selasa 6 Desember pagi dia nangis keras dan saya liat mukosa di pangkal
> mulut yg mengelilingi tonsil merah2. tapi tonsil (yg menggantung itu)
> ukurannya tampak normal dan tak tampak meradang. tadinya saya sempet ngira
> mukosanya mengalami sariawan biasa karna wujudnya kayak luka2 gitu, walo
> agak curiga karna lokasinya di pangkal mulut.
>
> Senin 5 Desember sampai Jumat 9 Desember beratnya turun 3 ons. memang sejak
> pangkal mulutnya merah2 porsi makannya jadi lebih dikit dr biasanya. tp
> tetep doyan buah dan sayur. cuma saya akalin jadi makannya sering tapi
> dikit2. setelah hari selasa sampai jumat badannya udah ngga anget lagi.
>
> Karna beratnya turun 3 ons, akhirnya tadi siang saya tergerak buat ke dokter
> anak untuk tau sebetulnya merah2 di pangkal mulutnya apa. dia bilang: TONSIL
> DETRITUS. dia menjelaskan bahwa itu bentuk infeksi karna bakteri. dia setuju
> bahwa seminggu pertama anak saya memang flu karna virus dan dia bilang
> memang ngga perlu obat. tapi akibat virus itu, daya tahan anak saya menurun,
> jadi bakteri akhirnya masuk, nyebabin detritus itu tadi. penjelasan bu
> dokter itu: sel darah putih menangkap bakteri dgn membentuk detritus di
> situ. bisa dikatakan ISPA. saya coba search di milis sehat ngga nemu,
> googling nemunya istilah tonsilitis dan detritus tp terpisah. belum puas
> mengenai info ini, jadi saya tanya jg ke milis ini.
>
> apalagi beliau kasi resep: CEFADROXIL, Likurmin, dan Lemocin Citrun dengan
> alasan:
> Cefadroxil utk menyembuhkan si ISPA supaya ngga lebih jauh masuk ke paru2
> sehingga nyebabin infeksi paru2.
> Likurmin & Lemocin katanya berisi vitamin utk meningkatkan daya tahan tubuh.
>
> Apa perlu semua obat itu saya minumkan? apa benar jika detritusnya ngga
> diobati bisa menyebabkan infeksi paru2? maksud hati nyari second opinion di
> sini sekaligus penguatan.
>
> Mohon kebaikan hati dokter2 untuk menanggapi email ini. terimakasih :)
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>

4b.

Re: tonsil detritus = ISPA = perlu antibiotik?

Posted by: "Siska" blue_for_sure@yahoo.com   blue_for_sure

Fri Dec 9, 2011 4:31 am (PST)



Dear dokter n SP,

Menyambung trit ini, seperti yg mba niken blg kalo 90% ISPA krn virus, kalo bodoh2nya saya ni yg org awam denger penjelasan spt itu,saya akan bertanya berarti yg 10% nya bisa krn bakteri kan?
Kita bisa tau kalo ISPA nya masuknya yg 90% gimana ya?
Kalo ternyata masuk yg 10% alias krn bakteri?

Tolong di koreksi ya, misal saya sakit menelan n batuk2, datang ke dokter, didiagnosa ISPA, biasanya nii kan lgs dibilang radang tenggorokan dan dioleh2in AB. Trus apa yg harus saya lakukan utk memastikan ISPA nya yg virus ato bakteri gimana? Langsung minta swab kah? Ato kita PD aja menganggap masuk yg 90% itu?ato gimana ya?

Maaf kalo pertanyaannya ndableg ya hehehe

Regards,


Siska ¤Mamae FayzaNamira¤
Powered by the Love of God®

-----Original Message-----
From: niken qinen <nikenqinen@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Fri, 9 Dec 2011 19:04:38
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] tonsil detritus = ISPA = perlu antibiotik?

Mba Larasti...
Diagnosisnya ISPA yaaa
Dan sptnya ISPA atas.
Penyebab ISPA atas itu hmpr 90%virus mba, jadi tidak butuh AB, aplg
cefadroxil. Serem ah mba...

Bila sdg ISPA, sptnya wajar koq kl tonsilnya spt itu. Maaf tidak bisa
bantu browsing.
Perbanyak cairan aja mba, utk mslh makannya, nanti kl uda sembuh jg
balik lg nafsu makannya.

Semua obatnya tidak diperlukan oleh anak yaa mba.

Salam,
-Niken-


On 12/9/11, Larasati <adhya.larasati@yahoo.com> wrote:
> Dear Doctor,
>
> Tadi siang akhirnya saya ke dokter anak. Kronologisnya begini:
> Senin 28 nov anak saya (14 bulan) mulai batuk pilek. ngga saya kasi obat
> sama sekali. cuma mengandalkan doa, ASI, dan makan bergizi yg cukup pd hari
> Senin 5 Desember alhamdulillah udah ngga ada batuk pilek sama sekali. dugaan
> saya common cold tuntas. ini termasuk flu paling lama yg pernah dia alami.
>
> Senin 5 Desember malem anak saya agak anget, 37,7 derajat. sebelum tidur,
> dia saya balurin bawang merah+minyak telon, besoknya udah ngga anget lagi.
> tapi Selasa 6 Desember pagi dia nangis keras dan saya liat mukosa di pangkal
> mulut yg mengelilingi tonsil merah2. tapi tonsil (yg menggantung itu)
> ukurannya tampak normal dan tak tampak meradang. tadinya saya sempet ngira
> mukosanya mengalami sariawan biasa karna wujudnya kayak luka2 gitu, walo
> agak curiga karna lokasinya di pangkal mulut.
>
> Senin 5 Desember sampai Jumat 9 Desember beratnya turun 3 ons. memang sejak
> pangkal mulutnya merah2 porsi makannya jadi lebih dikit dr biasanya. tp
> tetep doyan buah dan sayur. cuma saya akalin jadi makannya sering tapi
> dikit2. setelah hari selasa sampai jumat badannya udah ngga anget lagi.
>
> Karna beratnya turun 3 ons, akhirnya tadi siang saya tergerak buat ke dokter
> anak untuk tau sebetulnya merah2 di pangkal mulutnya apa. dia bilang: TONSIL
> DETRITUS. dia menjelaskan bahwa itu bentuk infeksi karna bakteri. dia setuju
> bahwa seminggu pertama anak saya memang flu karna virus dan dia bilang
> memang ngga perlu obat. tapi akibat virus itu, daya tahan anak saya menurun,
> jadi bakteri akhirnya masuk, nyebabin detritus itu tadi. penjelasan bu
> dokter itu: sel darah putih menangkap bakteri dgn membentuk detritus di
> situ. bisa dikatakan ISPA. saya coba search di milis sehat ngga nemu,
> googling nemunya istilah tonsilitis dan detritus tp terpisah. belum puas
> mengenai info ini, jadi saya tanya jg ke milis ini.
>
> apalagi beliau kasi resep: CEFADROXIL, Likurmin, dan Lemocin Citrun dengan
> alasan:
> Cefadroxil utk menyembuhkan si ISPA supaya ngga lebih jauh masuk ke paru2
> sehingga nyebabin infeksi paru2.
> Likurmin & Lemocin katanya berisi vitamin utk meningkatkan daya tahan tubuh.
>
> Apa perlu semua obat itu saya minumkan? apa benar jika detritusnya ngga
> diobati bisa menyebabkan infeksi paru2? maksud hati nyari second opinion di
> sini sekaligus penguatan.
>
> Mohon kebaikan hati dokter2 untuk menanggapi email ini. terimakasih :)
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>


[Non-text portions of this message have been removed]

4c.

Re: tonsil detritus = ISPA = perlu antibiotik?

Posted by: "Larasati" adhya.larasati@yahoo.com   adhya.larasati

Fri Dec 9, 2011 4:32 am (PST)



bu Niken, diagnosa yg ditulis di buku pasien "tonsil detritus". menurut penjelasan DSA td karna bakteri. sebetulnya kalo saya sendiri liat tonsil (yg menggantung kan ya?) ukurannya normal, ngga tampak meradang. cuma memang mukosa yg melingkari si tonsil kayak sariawan, merah2 ada putihnya di tengah gitu. tapi di sekujur lingkaran mukosa. kata si dokter, itu wujud sel darah putih melawan bakteri.
saya udah bilang ke dokternya bahwa anak saya cuma sempet anget 1 malem aja dan cuma 37,7 derajat dan tanya apa bener2 perlu antibiotik.
tapi si dokter bilang "flu yg seminggu sebelum detritus muncul memang karna virus. karna ada virus, daya tahan tubuh menurun, jadi masuk bakteri. jadi lah muncul detritus itu. kalo ISPA seperti itu ngga diobatin bisa jadi infeksi paru2" -> benarkah?

[Non-text portions of this message have been removed]

5a.

Re: Duodenal Atresia-Stenosis pada Newborn Tidak Boleh Diberi ASI

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Fri Dec 9, 2011 4:23 am (PST)



Dear Bunda,dr Yoga,all docs n SPs,

Berikut hasil kunjungan dan diskusi saya sore tadi (maaf kalau kurang runut/ada yg terlewat) :

1. Kenapa tidak segera dioperasi setelah lahir ?
Jawab:
Setelah lahir bayi di rontgen tapi tidak tergambar jelas , diulang rontgen hari ke3 juga masih sama. Hari ke-5 dilakukan rontgen + CT Scan baru bisa dipastikan diagnosisnya.

2.Dari lahir sampai hari ke7 (H-1 sebelum operasi :
Infus + dicoba glukosa , muntah stop.
Dicoba diberi sedikit ASI (Ibu berusaha menyusui bayinya sebentar), muntah, stop.
Sufor tidak terlalu jelas diminumkan oleh suster/tidak.

3.Hari ke - 8
Operasi, ditemukan pula polip di luar usus halus. Hasil pa menyatakan tidak ada keganasan untuk polip nya.

4.Pasca operasi
Infus 2 macam : NaCl dan Nutrisi (amino dll).
Hari kedua pasca operasi: dicoba dimasukkan Glukosa 50 cc melalui NGT, keluar kembali cairan hijau.
Hari ketiga dicoba dimasukkan Glukosa 25 cc efeknya sama sehingga diputuskan sampai saat ini puasa dengan dosis infus nutrisi nya ditambah (hitung2annya saya tidak dapat).

Walau sudah puasa sampai saat ini cairan hijau masih keluar, walau sempat berubah warna menjadi kuning n sedikit bening,tapi kemudian jadi hijau lagi.

5.Kondisi bayi sejak operasi sampai saat ini dalam bahasa medis belum berhasil ditanyakan Ibu ybs, akan dikejar malam ini katanya.
Kondisi klinis lainnya : Perut masih kembung, belum ada gerakan peristaltik. Komplikasi yg Bunda tanyakan sudah saya sampaikan untuk ditanyakan ke tim dr yg menangani.
Bayi tidak dapat dilihat dari dekat saya hanya ambil foto dari kaca luar ruangan (Ibu ybs sendiri tidak boleh masuk ke dalam).

6.Ibu ybs terus disupport untuk pumping walau sedikit tapi masih terus mengusahakan untuk bisa memberikan ASI bila bayi telah siap. Opsi ASI donor juga sudah saya sampaikan.

Mungkin begitu dulu updatenya, bila ada info tambahan dari Ibu ybs akan saya kabari lagi.
Terimakasih


F.B.Monika
6a.

Re: Lab Terpercaya was Re: [sehat] Re: ISK

Posted by: "purnamawati.spak@cbn.net.id" purnamawati.spak@cbn.net.id

Fri Dec 9, 2011 4:24 am (PST)



Dear all

Boleh nimbrung ya
Untuk pemeriksaan kultur urin, memang sebaiknya di lab besar
Mengapa demikian?
Karena tidak semua lab punya fasilitas untuk membiakkan spesimen. Jadi akan dikirim ke lab besar

Untuk kultur urin, kadang tidak cukup satu kali
Mis apabila kumannya bukan kuman yg biasa menyebabkan ISK, sebaiknya diulang
Lain halnya kalau sample urinnya diambil dg cara SPP (supra pubic puncture, disedot pakai jarum langsung dari kandung kemih).
Kalau urin pancar tengah, risiko kontaminasi dari kuman kulit dan anus, sangat besar

Untuk kultur urin, saya pribadi prefer tidak di lab RS untuk mengurangi risiko kontaminasi

Wati
------Original Message------
From: shanti artha
To: sehat@yahoogroups.com
ReplyTo: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: Lab Terpercaya was Re: [sehat] Re: ISK
Sent: Dec 9, 2011 3:51 PM

  Dear Mba Putri,   Lab yg terpercaya ini saran Bunda beberapa bulan yang lalu adalah lab yang besar, punya nama, dan punya sumber daya yang bisa mengambilkan sampel urin pada bayi dan anak-anak (kebetulan bayi saya waktu itu usianya 5 bulan). Sebaiknya tidak di lab RS karena ada resiko kontaminasi.   Bun, please cmiiw ya   Salam, Shanti "Bradhna's Mom" [Non-text portions of this message have been removed]
Reply to sender | Reply to group | Reply via web post | Start a New Topic Messages in this topic (2) Recent Activity: New Members 31 Visit Your Group Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada: - Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011 - PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011. Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)." "Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website. ================================================================= Milis Sehat thanks to: - AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011 - PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011. Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)." "SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website. Kunjungi kami di (Visit us at): Official Web : http://milissehat.web.id/ FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238 Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/> ================================================================== Donasi (donation): Rekening Yayasan Orang Tua Peduli Bank Mandiri Cabang Kemang Raya Jakarta Account Number: 126.000.4634514 ================================================================== MARKETPLACE
Patient Safety, first
6b.

Re: Lab Terpercaya was Re: [sehat] Re: ISK

Posted by: "ira yusnita" ira.yusnita@gmail.com   ziorava

Fri Dec 9, 2011 4:42 am (PST)



Maaf bunda wati, nanya lagi, terkontaminasi itu artinya hasil lab
menunjukkan ada bakteri tapi sebenarnya bukan dari urine, begitukah? Kalau
tes di rs kemudian hasilnya normal tidak ada bakteri apakah harus diulang?
Kalau suatu lab punya fasilitas pembiakan spesimen berarti boleh di lab
tersebut kan, tidak harus yang besar dan punya nama misal prodia kramat?

Makasih
Ira

[Non-text portions of this message have been removed]

7a.

Re: ASK (Kerusakan Batang Otak)

Posted by: "shintatriwarna@yahoo.co.id" shintatriwarna@yahoo.co.id   shintatriwarna

Fri Dec 9, 2011 4:28 am (PST)



Trimakasih mba Cella, saya coba japri ke dokter Laksmi... Trimakasih jg atas do'anya...


Powered by Telkomsel BlackBerry0…3
8a.

Re: Ask: Mata anakku kena tepian kertas yg tajem

Posted by: "Lydia Amrina" l_amrina@yahoo.com   l_amrina

Fri Dec 9, 2011 4:40 am (PST)



Mom vee,
Sepertinya emang matanya tdk kena tepi kertas tp yg kena kulit wajahnya.
Itu kesimpulan sy setelah membaca emailnya mom vee.
Dan itu emang perih kl kena air, tp akan berangsur baik.
Semoga bener ya.

Salam
Lydia
*Bunda Abyan n Lubna*
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Recent Activity
Visit Your Group
Biz Resources

Y! Small Business

Articles, tools,

forms, and more.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Yahoo! Health

Achy Joint?

Common arthritis

myths debunked.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: