Friday, December 9, 2011

[sehat] Digest Number 16669

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: Diare kronis From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
2a.
Re: Anak jatuh From: zulfi.sehat@gmail.com
2b.
Re: Anak jatuh From: Sativa Huang
3a.
Re: panik..anakku demam 38.9 dercel lsg diberi penurun panas kah?--> From: nada.arini@yahoo.com
3b.
Re: panik..anakku demam 38.9 dercel lsg diberi penurun panas kah?--> From: ChiciErnest
3c.
Re: panik..anakku demam 38.9 dercel lsg diberi penurun panas kah?--> From: Dwiana
3d.
Re: panik..anakku demam 38.9 dercel lsg diberi penurun panas kah?--> From: mentari.lunaira@gmail.com
3e.
Re: panik..anakku demam 38.9 dercel lsg diberi penurun panas kah?--> From: gita Nasution
3f.
Re: panik..anakku demam 38.9 dercel lsg diberi penurun panas kah?--> From: aina
4a.
Re: Herpes zooster pada anak 2thn. From: vanessa sutopo
4b.
Re: Herpes zooster pada anak 2thn. From: purnamawati.spak@cbn.net.id
4c.
Re: Herpes zooster pada anak 2thn. From: vanessa sutopo
5.1.
[update] Bilirubin Naura Sudah 20 From: anggita cinantya
5.2.
Re: [update] Bilirubin Naura Sudah 20 From: nia2R
5.3.
Re: [update] Bilirubin Naura Sudah 20 From: Anind
5.4.
Re: [update] Bilirubin Naura Sudah 20 From: Sativa Huang
6a.
Ask: Mata anakku kena tepian kertas yg tajem From: thescorpio24@gmail.com
6b.
Ask: Mata anakku kena tepian kertas yg tajem From: thescorpio24@gmail.com
7a.
Re: [Konsultasi] Mengantuk Tiap kali habis makan From: ewi
8a.
Re: [tanya] ada yang tahu kista pada sub korion plasenta? From: drjohanwidj
9.
( help)badan anak kluar bercak2 spt biang keringat tp timbul diselur From: soraya sofa
10.1.
Re: ISK From: purnamawati.spak@cbn.net.id
11a.
[Tanya] Maaf, (lagi2) soal imunisasi > catchup utk anak 2y10m From: Yanie Yuliani Rohsanti
11b.
Re: [Tanya] Maaf, (lagi2) soal imunisasi > catchup utk anak 2y10m From: rully875@gmail.com
12a.
Re: [TANYA] penyebab dan cara mengatasi motorik delay? From: mamameyva@gmail.com

Messages

1a.

Re: Diare kronis

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Thu Dec 8, 2011 4:34 pm (PST)



Nambahin dr Yoga ya
Dengan periksa faeces, bisa memberi dasar buat dokter menegakkan diagnosa. Daripada langsung kasih anti diare dan antibiotik tanpa dasar (yang untungnya gak langsung diminum).

Jadi untuk pertanyaan : ada pemeriksaan diagnostik lainnya tidak ya? Jawabannya : pasti ada, dan akan ditegakkan dari hasil test faecesnya.

Gimana kalau pakai symtom checker nya mayo clinic ? Lumayan buat dasar diskusi sama dokter.

Gitu kalau pendapat saya sih ya.
Semoga cepat sembuh.

Regards,
Marcella
*otw ke kantor
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
2a.

Re: Anak jatuh

Posted by: "zulfi.sehat@gmail.com" zulfi.sehat@gmail.com   zulfi_novriandi

Thu Dec 8, 2011 4:41 pm (PST)



Kl trauma ringan saja tidak, sepertinya percuma bu dibawa ke dokter

Waktu anak saya jatuh dan dibawa ke dokter, cuma disuruh observasi dalam 2 hari kedepan mengalami muntah atau tidak...kl ada muntah, diminta datang kembali ke RS

Salam,
Z
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "nalita" <nals_oil99@yahoo.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Fri, 9 Dec 2011 00:14:53
To: Milis sehat<sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Anak jatuh

Pak sativa,
Thaank U for quick respond.
Setelah ku baca2 link nya, alhamdulillah trauma ringan pun ga termasuk.

Ga ada muntah, anaknya pun 10mnt stelh jatuh ga kapok udh merangkak lg ke ujung tempat tidur (*fiuuufff).
Malam td tidurnya juga tetep nyenyak, kec bangun mnta susu.

Jd ga ada yg perlu saya khawatirkan ya?
Atau msh hrs check ke RS?




• nalita •
~ I gave a born to a KING ~

------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links

2b.

Re: Anak jatuh

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Thu Dec 8, 2011 7:16 pm (PST)



Sama-sama Bu.
Syukurlah, ngapapa.
Setuju dengan Mom Z, observasi aja, nggak perlu ke dokter.

Jatuh merupakan hal yang sangat biasa untuk anak, apalagi yang aktif
seperti halnya pada anak saya, sampai sekarang kalau benjol, udah
nggak nangis, langsung minta dikompres es. :) Yang penting jaga
kondisi rumah, jika terjatuh tidak mengalami luka/cedera parah, selain
itu perhatikan letak tv set yang berat, hindari anak memanjat tv set,
sehingga jatuh dan tertimpa tv set.

Semoga sehat.

Salam,

2011/12/9 nalita <nals_oil99@yahoo.com>:
> Pak sativa,
> Thaank U for quick respond.
> Setelah ku baca2 link nya, alhamdulillah trauma ringan pun ga termasuk.
>
> Ga ada muntah, anaknya pun 10mnt stelh jatuh ga kapok udh merangkak lg ke ujung tempat tidur (*fiuuufff).
> Malam td tidurnya juga tetep nyenyak, kec bangun mnta susu.
>
> Jd ga ada yg perlu saya khawatirkan ya?
> Atau msh hrs check ke RS?

3a.

Re: panik..anakku demam 38.9 dercel lsg diberi penurun panas kah?-->

Posted by: "nada.arini@yahoo.com" nada.arini@yahoo.com   nada.arini

Thu Dec 8, 2011 4:44 pm (PST)



Diutamakan ORSnya mbak untuk mengganti cairan tubuh yg hilang. Kalau memang anaknya minta air putih di selang seling saja dengan ORS. Sabar ya mbak.. Tetap observasi ketat..

Salam,
Nada

Powered by Telkomsel BlackBerry®
3b.

Re: panik..anakku demam 38.9 dercel lsg diberi penurun panas kah?-->

Posted by: "ChiciErnest" chici.ernest@gmail.com

Thu Dec 8, 2011 4:54 pm (PST)



Mom Gita,

Cairannya jgn dibatasi mom.. Yg kita cegah adalah dehidrasi. Setujuu.. Ganti2an dgn ORS & air putih.

Regards,
@chiciernest

3c.

Re: panik..anakku demam 38.9 dercel lsg diberi penurun panas kah?-->

Posted by: "Dwiana" dwiana7179@yahoo.com

Thu Dec 8, 2011 5:09 pm (PST)



Mbak Gita,
>> soalnya anakku terus2an minta minum dan ak membatasi takut muntah lg..tp masih takut slh bener atau tidak.


Cairannya jangan dibatasi. Bagus dong, anaknya ttp minta.

Perhatikan tanda2 dehidrasi

Regards
Ana
power by RedBerry®
3d.

Re: panik..anakku demam 38.9 dercel lsg diberi penurun panas kah?-->

Posted by: "mentari.lunaira@gmail.com" mentari.lunaira@gmail.com   mentari_mayang

Thu Dec 8, 2011 5:21 pm (PST)



Mba gita,

anak dengan dehidrasi sedang memang haus terus, tapi kalau bisa diberikannya satu sendok satu sendok, krn kebanyakan air secara sekaligus akan membuat muntah lagi.

Posisi anak kalau bisa ditinggikan kepalanya, jadi posisi lambung dan mulutnya agak tinggi...

Perhatikan tanda2 kegawat daruratan ya mba...
Semoga cepat sembuh

Regards,
Mayang
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
3e.

Re: panik..anakku demam 38.9 dercel lsg diberi penurun panas kah?-->

Posted by: "gita Nasution" gitamuu@yahoo.com   gitamuu

Thu Dec 8, 2011 5:46 pm (PST)



terima kasih Sps semuanya..
masih observasi..
tadi sih diarenya masih encer dan pucat..
blm muntah..ya 1 sendook/menit membantu sekali..dan mungkin semalaman muntah2 terus karena posisi kepalanya..
dan minum sekali banyak..
terima sekali para SPs disini..aku jadi berkurang paniknya.

Gita

________________________________
From: "nada.arini@yahoo.com" <nada.arini@yahoo.com>
To: "sehat@yahoogroups.com" <sehat@yahoogroups.com>
Sent: Friday, December 9, 2011 7:44 AM
Subject: Re: [sehat] panik..anakku demam 38.9 dercel lsg diberi penurun panas kah?-->diare+muntah

Diutamakan ORSnya mbak untuk mengganti cairan tubuh yg hilang. Kalau memang anaknya minta air putih di selang seling saja dengan ORS. Sabar ya mbak.. Tetap observasi ketat..

Salam,
Nada

Powered by Telkomsel BlackBerry®

------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB          : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links

[Non-text portions of this message have been removed]

3f.

Re: panik..anakku demam 38.9 dercel lsg diberi penurun panas kah?-->

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Thu Dec 8, 2011 6:21 pm (PST)



Lanjut terus mba cairannya meski muntah - sol

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,
aina.

4a.

Re: Herpes zooster pada anak 2thn.

Posted by: "vanessa sutopo" psycho_laziale@yahoo.com   psycho_laziale

Thu Dec 8, 2011 4:57 pm (PST)



Ibu
Impetigo terbagi 2:
Impetigo krustosa
Biasanya di daerah muka dan kepala dg ciri khas koreng berwarna kuning tebal spt madu.
Impetigo vesikobulosa/bulosa
Biasa pada anak dan dewasa, menyerang anggota badan biasanya badan ke bawah,
Kelainan klinisnya: pada awalnya ditandai adanya vesikel(lenting) yg pecah dan menjadi koreng spt kesundut rokok khas sekali (spt melepuh).

Herpes zoster sendiri:memiliki bentuk khas berupa lenting2 kecil berkelompok di satu bagian saraf dermatom dan gejala khasnya nyeri dan panas.

Jika anak ibu terbukti benar impetigo bulosa terapi pengobatannya butuh AB krn impetigo disebabkan bakteri streptococcus aureus (impetigo merupakan bagian dr pioderma)
Bs diberikan klindamisin,linkomisin,eritromisin.
Diberikan oral.
Untuk kelainan kulitnya diberikan salep AB seperti getamycin,garamycyn dll.

Jika ibu menggunakan salepnya sebelumnya luka nya dibersihkan dl ya bu..jika sdh mengelupas kelupas sedikit tp jgn dipaksa.tujuannya agr salepnya mudah terserap



Vanessa
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
4b.

Re: Herpes zooster pada anak 2thn.

Posted by: "purnamawati.spak@cbn.net.id" purnamawati.spak@cbn.net.id

Thu Dec 8, 2011 6:03 pm (PST)



Dear Vanessa n all

Maaf boleh nimbrung ya
Perihal statement berikut:

"Jika anak ibu terbukti benar impetigo bulosa terapi pengobatannya butuh AB krn impetigo disebabkan bakteri streptococcus aureusm Bs diberikan klindamisin,linkomisin,eritromisin.
Diberikan oral. Untuk kelainan kulitnya diberikan salep AB seperti getamycin, garamycyn dll".

Maaf, referensi nya ada?
Di web milis sehat ada guideline nya.

Sebetulnya, impetigo tidak otomatis harus AB oral
Kedua, pemakaian salep kulit AB - sedapat mungkin dihindari (dari sisi efektivitas dan sisi possibilty AMR)

Wati


Patient Safety, first

-----Original Message-----
From: "vanessa sutopo" <psycho_laziale@yahoo.com>
Date: Fri, 9 Dec 2011 00:55:26
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Herpes zooster pada anak 2thn.

Ibu
Impetigo terbagi 2:
Impetigo krustosa
Biasanya di daerah muka dan kepala dg ciri khas koreng berwarna kuning tebal spt madu.
Impetigo vesikobulosa/bulosa
Biasa pada anak dan dewasa, menyerang anggota badan biasanya badan ke bawah,
Kelainan klinisnya: pada awalnya ditandai adanya vesikel(lenting) yg pecah dan menjadi koreng spt kesundut rokok khas sekali (spt melepuh).

Herpes zoster sendiri:memiliki bentuk khas berupa lenting2 kecil berkelompok di satu bagian saraf dermatom dan gejala khasnya nyeri dan panas.

Jika anak ibu terbukti benar impetigo bulosa terapi pengobatannya butuh AB krn impetigo disebabkan bakteri streptococcus aureus (impetigo merupakan bagian dr pioderma)
Bs diberikan klindamisin,linkomisin,eritromisin.
Diberikan oral.
Untuk kelainan kulitnya diberikan salep AB seperti getamycin,garamycyn dll.

Jika ibu menggunakan salepnya sebelumnya luka nya dibersihkan dl ya bu..jika sdh mengelupas kelupas sedikit tp jgn dipaksa.tujuannya agr salepnya mudah terserap



Vanessa
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links

4c.

Re: Herpes zooster pada anak 2thn.

Posted by: "vanessa sutopo" psycho_laziale@yahoo.com   psycho_laziale

Thu Dec 8, 2011 6:06 pm (PST)



Maap bunda

Saya berdasarkan buku ajar penyakit kulit dan kelamin FKUI edisi ke 4..
Apakah sdh ada terapi terbaru bunda?

Vanessa
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
5.1.

[update] Bilirubin Naura Sudah 20

Posted by: "anggita cinantya" anggi_1984@yahoo.com   anggi_1984

Thu Dec 8, 2011 5:01 pm (PST)



Dear sps n docs,

Terima kasih untuk jawabannya kemarin moms, pak Sativa dan dr. Endah. Ini sudah hari ke-2 Naura menjalani fototerapi. Kemarin cek ulang bilirubin udah turun menjadi 18.0 untuk gol darah ibu O dan Naura juga sama2 O. Berarti bukan ABO incompability. DSA jg mencurigai breastfeeding jaundice seperti kata dr. Endah cuma masalahnya sekarang ditambahi sufor :( karena bb nya turun 100 gram yg tadinya 2.6 kg setelah 1x24 jam fototerapi menjadi 2.5 kg. Entah kata dokter ato suster (saya tidak bisa menemani karena anak saya sendiri Aimee sedang GE) kalo menyusui kan Naura harus diambil dari tempat fototerapi jadinya fototerapi tidak maksimal dan asupan ASInya kurang maksimal.

Lalu untuk hasil G6PD sudah keluar dan angkanya 196, dari patokan lab harusnya yg normal 261-350. Apakah ini berarti defisiensi? Hasil sudah diberikan ke DSA tapi krn sampe skrg belum visite jadi belum ada kejelasan. Karena kalo baca2 salah satu gejala defisiensi ini adalah jaundice tapi gejala yg lain tidak ada. Lalu menghindari pencetusnya kan salah satunya parasetamol dan beberapa antibiotik. Sedang kakak saya kemarin kan masih mengkonsumsi paracetamol dan antibiotik. Jika berefek ke ASI, berarti obat2annya harus dihentikan kan ya?

Terima kasih.

Regards,

Anggie

[Non-text portions of this message have been removed]

5.2.

Re: [update] Bilirubin Naura Sudah 20

Posted by: "nia2R" niea_152@yahoo.com   niea_152

Thu Dec 8, 2011 5:10 pm (PST)



Mb,

Penasaran aja,kenapa sufor bs diberikan sementara AsI ga?
Apa beda cara pemberiannya?
Kenapa ga AsIP?

Bukannya kalo FT memang pake AsIP? Dan anaknya ga perlu dipindahin?

-nia-ibunya Razan Ragha
@nieafardina

5.3.

Re: [update] Bilirubin Naura Sudah 20

Posted by: "Anind" mamahararya@yahoo.co.id   anind3x

Thu Dec 8, 2011 5:37 pm (PST)



Cuma mau sharing, waktu anakku di fototerapi, saya tetep kasih asi terus, kalau siang susuin langsung, sambil saat duduk, si anak & saya di sinar juga.

Kecuali malam, saya pumping & minta donor asi.

Bukannya kalau kuning lebih bagus asi yah? Cmiiw

-Anind-
5.4.

Re: [update] Bilirubin Naura Sudah 20

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Thu Dec 8, 2011 7:10 pm (PST)



>>Lalu menghindari pencetusnya kan salah satunya parasetamol dan beberapa
antibiotik. Sedang kakak saya kemarin kan masih mengkonsumsi paracetamol
dan antibiotik. Jika berefek ke ASI, berarti obat2annya harus dihentikan
kan ya?

Hi Bu Anggie,
Trims buat infonya.
Obat antibiotik apa yang dikonsumsi oleh Mamanya?
Ada gejaja infeksi bakteri?

Semoga cepat sembuh.

[Non-text portions of this message have been removed]

6a.

Ask: Mata anakku kena tepian kertas yg tajem

Posted by: "thescorpio24@gmail.com" thescorpio24@gmail.com   kaysan19

Thu Dec 8, 2011 5:06 pm (PST)



Anakku sminggu lbih kira2 ga sengaja lagi main2 kertas, kayanya yg bagian tepian kertasnya itu yg tipis dan tajam, tau2 menyabet matanya...duh itu kan tajem bgt ya :(, kdg kena kulit ajah bisa luka

Anakku lgs nangis kejerrrrrr ksakitan

Stlh itu aku liat bola matanya gpp sih ga ada merah atau kliatan luka dalam...

Tp besok2nya anakku jd nangis mullu kalo dikeramasin, apalg kalo air netes matanya kaya ktakutan bgt kaya sakit, apalg shampoo

Aku ga ngerti ni , apa ada hub-nya krn matanya abis kesabet tepi kertas itu jd bikin rd ga enak/iritasi atau emang uda usianya ga mau kesiram air palanya

Pdhl dulu aÃ'akku berani2 aja dikeramasin malah mukanya dihadepin ke shower ktawa2

Skr jd antipati bgt kepalanya disiram dr atas :(

Tp kalo hari2 biasa aja sih, ga ngucek2 mata ato ngedip2x, spt biasa aja, bola
mata jg normal, putih bening

Apa ada yg hrs sy khawatirkan...mksdnya tetep hrs diperiksakan ke dokter mata anak atau gmana ya? Kejadiannya uda sminggu lebih sih

Mhn saran ya, makasih semuanya...

Salam,
MoM Vee
:: yg mulai bingung gmana ngebujuk adek dikeramasin rambutnya :(
​SÑ"ит Fяoм мy ‎​BÑ"яяyJavÑ"®
PowÑ"яÑ"d вy TELKOMSEL
6b.

Ask: Mata anakku kena tepian kertas yg tajem

Posted by: "thescorpio24@gmail.com" thescorpio24@gmail.com   kaysan19

Thu Dec 8, 2011 5:06 pm (PST)



Anakku sminggu lbih kira2 ga sengaja lagi main2 kertas, kayanya yg bagian tepian kertasnya itu yg tipis dan tajam, tau2 menyabet matanya...duh itu kan tajem bgt ya :(, kdg kena kulit ajah bisa luka

Anakku lgs nangis kejerrrrrr ksakitan

Stlh itu aku liat bola matanya gpp sih ga ada merah atau kliatan luka dalam...

Tp besok2nya anakku jd nangis mullu kalo dikeramasin, apalg kalo air netes matanya kaya ktakutan bgt kaya sakit, apalg shampoo

Aku ga ngerti ni , apa ada hub-nya krn matanya abis kesabet tepi kertas itu jd bikin rd ga enak/iritasi atau emang uda usianya ga mau kesiram air palanya

Pdhl dulu aÃ'akku berani2 aja dikeramasin malah mukanya dihadepin ke shower ktawa2

Skr jd antipati bgt kepalanya disiram dr atas :(

Tp kalo hari2 biasa aja sih, ga ngucek2 mata ato ngedip2x, spt biasa aja, bola
mata jg normal, putih bening

Apa ada yg hrs sy khawatirkan...mksdnya tetep hrs diperiksakan ke dokter mata anak atau gmana ya? Kejadiannya uda sminggu lebih sih

Mhn saran ya, makasih semuanya...

Salam,
MoM Vee
:: yg mulai bingung gmana ngebujuk adek dikeramasin rambutnya :(
​SÑ"ит Fяoм мy ‎​BÑ"яяyJavÑ"®
PowÑ"яÑ"d вy TELKOMSEL
7a.

Re: [Konsultasi] Mengantuk Tiap kali habis makan

Posted by: "ewi" papinyarajwa@yahoo.com   papinyarajwa

Thu Dec 8, 2011 5:46 pm (PST)



Dear Pak Fahmi,
 
Sedikit comment ya, kalo habis makan trus mengantuk itu adalah reaksi alami tubuh yang wajar, kenapa? kalodalam kondisi normal darah tersebar keseluruh tubuh termasuk ke otak, dimana setelah makan darah terkonsentrasi banyak ke lambung untuk proses pencernaan dan penyerapan nutrisi oleh usus sehingga konsentrasi darah yang ada di otak berkurang yang otomasi kadar oksigen juga berkurang sehingga bikin kantuk cmiiw. Jadi menurut saya lebih ke reaksi metabolisme biasa.
 
Kecuali pak Fahmi menderita penyakit diabetes melitus akan lebih buruk lagi kejadiannya/konteks kantuknya (seperti almarhum bapak saya). Semoga bukan ya! Untuk itu perlu perbaikan pola hidup dan makan. Pada saat makan perlu diatur untuk tidak berlebihan dimana makan pada saat lapar dan berhenti sebelum kenyang.
 
Mohon maaf kalo tidak berkenan.
 
wasalam,
ewi
papinyarajwashaqaraufayangmasihdihutansumatra

[Non-text portions of this message have been removed]

8a.

Re: [tanya] ada yang tahu kista pada sub korion plasenta?

Posted by: "drjohanwidj" drjohanwidj@yahoo.com   drjohanwidj

Thu Dec 8, 2011 5:56 pm (PST)



subchorionic bleeding atau placental surface cyst ya.
Placental cyst mestinya gak sebahaya hematoma pada subchorionic. Tetap perlu bedrest.
Baiknya dicatat ukuran massanya, dalam panjang kali lebar kali tinggi dan dalam ukuran volume ml.
Perbaikan, salah satu jurnal bilang kalau ada penurunan volume lebih dari 50 persen. Sayangnya ada resiko perdarahan berulang & plasenta akreta. Komplikasi pada janin adalah PJT: perkembangan janin terhambat. Utk ukuran anak ibu sekarang masuk di persentile 40 th menurut grafik Hadlock IV. Disebut PJT , salah satu kriterianya, bila persentile di bawah 10. Apakah bisa ditanyakan doppler arteri umbilikalis, mengingat sudah pakai mesin 4D? Kalau iya, catat dan pantau.

Semoga membantu.
Johan Widjaja

9.

( help)badan anak kluar bercak2 spt biang keringat tp timbul diselur

Posted by: "soraya sofa" sorayasofa@gmail.com

Thu Dec 8, 2011 6:11 pm (PST)



Selamat pagi...

Dear doc's and smart parents

ingin tanya, dr kmrn keluar bercak2 spt biang keringat di badan anak
saya.. sy kira krn gerah, tp pas diperhatikan ada muka , lengan, paha
sampai kaki.. tp tanpa disertai demam. gatal kalo cuaca aga panas
aja.

sy jadi bingung, krn kasihan aja ngeliatnya. jd aga kasar kulitnya

sblm keluar bercak memang habis makan udang tp sangat sedikit,
sblumnya jg tidak ada riwayat alergi udang

mohon info dan sharingnya...

terimakasih sebelumnya..

salam,

bunda reivan

10.1.

Re: ISK

Posted by: "purnamawati.spak@cbn.net.id" purnamawati.spak@cbn.net.id

Thu Dec 8, 2011 6:22 pm (PST)



Bravo -
Iya
Diagnosis tak jelas, ya jangan dikonsumsi obatnya

Mungkin phymosis (browsing deh)
Itu mah kondisi yang dialami semua bayi laki2
Kira2 sampai usia 3 tahunan

Fimosis gak butuh AB
Kan bukan penyakit
Bukan infeksi bakteri

Kalau curiga ISK, urin rutin dan urin kultur ya

Wati
------Original Message------
From: yuluvdhi@gmail.com
To: sehat@yahoogroups.com
ReplyTo: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] ISK
Sent: Dec 8, 2011 4:32 PM

  Maaf kalo saya jadi ikut bertanya.. Anak saya cowok 13m2w, hari sabtu kalo pipis nangis dan kayak nahan sakit... Kemudian saya pijat, الÙ'Ø­ÙŽÙ…Ù'دُ لِلÙ'َهِ رَبÙ'ِ الÙ'عَالَمِين hari senin pipis.nya mulai ndak nangis tapi masih menunjukkan muka yg menahan sakit... Malam.nya saya bawa ke DSA, di kasih antibiotik dan di rujuk ke dokter bedah anak... Kata pak dokter "lubang saluran kencing terlalu kecil" Hingga skrg antibiotik blm saya kasih dan pipis.nya mulai normal cuman jarang... Apa yg haruz saya lakukan.. Saya cuman ndak mau penanganan yg berlebihan.. Makasie sebelum.nya.. Dian mommy Dzaki... Powered by Telkomsel BlackBerry®
Reply to sender | Reply to group | Reply via web post | Start a New Topic Messages in this topic (67) Recent Activity: New Members 24 Visit Your Group Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada: - Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011 - PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011. Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)." "Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website. ================================================================= Milis Sehat thanks to: - AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011 - PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011. Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)." "SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website. Kunjungi kami di (Visit us at): Official Web : http://milissehat.web.id/ FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238 Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/> ================================================================== Donasi (donation): Re
Patient Safety, first
11a.

[Tanya] Maaf, (lagi2) soal imunisasi > catchup utk anak 2y10m

Posted by: "Yanie Yuliani Rohsanti" fab_fabiana@yahoo.com   yanie_yuliani

Thu Dec 8, 2011 6:45 pm (PST)



Assalamu'alaikum. Wr. Wb.

Selamat pagi buat smua Super Parents & Super Doctors,

Maaf saya mau menanyakan topik yg sudah basi bgt, tp saya bnr2 bth pencerahan & penjelasan.

Anak perempuan saya skrg usia 34bln (2th 10bln), hanya mengikuti imunisasi lengkap prog.wajib pemerintah. Terakhir vaksin Campak usia 9 bln. Sebelumnya saya buta sama skali soal adanya vaksinasi lanjutan/yg dianjurkan (baru tahu setelah join milis ini dan ubek2 file). Walau terlambat, saya bertekad harus segera memberikan vaksinasi lanjutan buat proteksi anak saya, a.s.a.p.

Saya sudah ubek2 file milis, menemukan ada thread soal vaksinasi catch-up. Ada yg pernah memiliki kasus sama spt saya (anaknya hanya imun wajib). Saya jg sudah download + isi software imunisasi versi IDAI di milis dan jadwal catch-up versi CDC. Tapi ada 2 versi, dan ini yg membuat saya super mumet bin bingung....

Versi 1: Anak saya harus catch-up:
* DPT+Hib (combo)
* Polio
* MMR
* Thyphoid
* Hep. A.

Versi 2:
* DPT+HiB (combo)
* Hep. A.
* Hep. B.
* MMR.
* Varicella.

Manakah yg harus saya ikuti? Atau adakah yg berkenan memberi info yg tepat soal vaksin2 apa yg hrs diambil, dan vaksin2 mana yg harus saya prioritaskan & bisa minta simultan?

Maaf saya super blank, dan saya makin panik krn umur anak saya sudah mendekati 3 thn dan makin banyak korban KLB penyakit campak dan difteri di lingkungan sekitar saya..

Terimakasih byk atas responnya


Yanie - ibunya 'icha' Azizah (3yo)
@lengkiii
~Stop judging, start supporting~
11b.

Re: [Tanya] Maaf, (lagi2) soal imunisasi > catchup utk anak 2y10m

Posted by: "rully875@gmail.com" rully875@gmail.com   rully027

Thu Dec 8, 2011 6:53 pm (PST)



Mbak kalau emang sudah ambil imunisasi dasar artinya Hep B sudah masuk dong ya? Mungkin mbak bisa cek dulu daftar imunisasi yg sudah diberikan pada anaknya.

Kalau Hep B sudah lengkap berarti bisa dimulai dg memberikan lanjutan DPT dan Polio yg seharusnya diberikan di usia 18bl, lalu MMR, Varicella, Typhoid dan Hep A nya. Sekiranya bisa sih sebaiknya diberikan secara simultan, cuma peernya memang memberi pengertian pada anak karena jadinya banyak suntikan termasuk biayanya juga besar.

Rully
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "Yanie Yuliani Rohsanti" <fab_fabiana@yahoo.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Fri, 9 Dec 2011 02:46:13
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [Sehat] [Tanya] Maaf, (lagi2) soal imunisasi > catchup utk anak 2y10m

Assalamu'alaikum. Wr. Wb.

Selamat pagi buat smua Super Parents & Super Doctors,

Maaf saya mau menanyakan topik yg sudah basi bgt, tp saya bnr2 bth pencerahan & penjelasan.

Anak perempuan saya skrg usia 34bln (2th 10bln), hanya mengikuti imunisasi lengkap prog.wajib pemerintah. Terakhir vaksin Campak usia 9 bln. Sebelumnya saya buta sama skali soal adanya vaksinasi lanjutan/yg dianjurkan (baru tahu setelah join milis ini dan ubek2 file). Walau terlambat, saya bertekad harus segera memberikan vaksinasi lanjutan buat proteksi anak saya, a.s.a.p.

Saya sudah ubek2 file milis, menemukan ada thread soal vaksinasi catch-up. Ada yg pernah memiliki kasus sama spt saya (anaknya hanya imun wajib). Saya jg sudah download + isi software imunisasi versi IDAI di milis dan jadwal catch-up versi CDC. Tapi ada 2 versi, dan ini yg membuat saya super mumet bin bingung....

Versi 1: Anak saya harus catch-up:
* DPT+Hib (combo)
* Polio
* MMR
* Thyphoid
* Hep. A.

Versi 2:
* DPT+HiB (combo)
* Hep. A.
* Hep. B.
* MMR.
* Varicella.

Manakah yg harus saya ikuti? Atau adakah yg berkenan memberi info yg tepat soal vaksin2 apa yg hrs diambil, dan vaksin2 mana yg harus saya prioritaskan & bisa minta simultan?

Maaf saya super blank, dan saya makin panik krn umur anak saya sudah mendekati 3 thn dan makin banyak korban KLB penyakit campak dan difteri di lingkungan sekitar saya..

Terimakasih byk atas responnya


Yanie - ibunya 'icha' Azizah (3yo)
@lengkiii
~Stop judging, start supporting~

[Non-text portions of this message have been removed]

12a.

Re: [TANYA] penyebab dan cara mengatasi motorik delay?

Posted by: "mamameyva@gmail.com" mamameyva@gmail.com

Thu Dec 8, 2011 6:47 pm (PST)



Makasihh banyaakk buat dr.Anto dan bu indri atas sharingnya..
Berarti harus menemui DSA neurologi yah?

Utk kemampuan motorik halus yg saya tahu, anak tsb sudah bisa menjimpit benda kecil, bisa menuang air dr botol ke gelas, bisa memindahkan barang dr satu wadah ke wadah lainnya, bisa memasukkan mainan cincin berwarna, namun blm bisa mengancingkan baju, pernah berusaha memasukkan kaki ke sepatu tp tdk berhasil.. (Kira2 sesuai ga ya utk anak 2y2m?)
Kemampuan berbahsa anak bisa memanggil mama,papa,mimik,maem,bubuk,pus, mamoh (sebutannya utk semua jenis hewan), buah,mbem(mobil), Mengerti perintah, trkdg berbicara spt sebuah rangkaian kalimat tp tdk jelas artinya, tdk pernah mau menjawab jika ditanya siapa namanya (sekali lg apakah ini sesuai utk anak 2y2m? Sy blm ktmu link yg cocok)

Menganai asupan nutrisi,
apakah sama sekali tidak makan n
asi ?
>Jawabnya ya. MP ASI pertama bubur susu usia 6 bln, hampir tdk pernah berhasil membuka mulutnya, jika dpt itu hanya 1-2 hari dg kuantitas max 2 sdk bayi. Usia 7 blnan berhasil dipaksa masuk tim saring 5sdt/hari smpe usia 1 thn, setelah itu macet lg. Saat ini mau makan jika makan sendiri tp itupun hanya bbrpa butir nasi yg masuk krn dia ambil pake tangan blm bisa pake sendok..
Jika saya hitung kebutuhan kalorinya sktar 1200 kalori sehari. Sbnarnya terpenuhi dari kalori 5x210ml sufor dan 4x225 UHT per harinya.. Namun tetap lebih baik jika ada makanan padat ya dok..
Fyi: anak tidak lemas, aktif dan ceria. Move on dengan cara duduk mengesot

Berarti saat ini, langkah yg harus dilakukan saudara sy adl menemui DSA neurologi yah? Mungkin ada info DSA neuro yg ada di sby RS mana? atau jika ada link ttg pemeriksaan MRI dan seputar neurologi anak

Terima kasih banyak atas bantuannya sahabat sehat tercinta

BR
Dina
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Recent Activity
Visit Your Group
Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Search Ads

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Yahoo! Health

Achy Joint?

Common arthritis

myths debunked.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: