Thursday, December 8, 2011

[sehat] Digest Number 16665

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: Anakku lebih deket (bahkan bergantung) sama neneknya :( From: vemy trisnawaty effendy
1b.
Re: Anakku lebih deket (bahkan bergantung) sama neneknya :( From: ai.cantique@gmail.com
2a.
Re: OPERASI GIGI BUNGSU From: sari_paprika@yahoo.com
2b.
Re: OPERASI GIGI BUNGSU From: vanny.unmehopa@gmail.com
2c.
Re: OPERASI GIGI BUNGSU From: yoga pranata
3a.
Re: Bls: [sehat] Anakku lebih deket (bahkan bergantung) sama nenekny From: syakira.azra@yahoo.com
3b.
Re: Bls: [sehat] Anakku lebih deket (bahkan bergantung) sama nenekny From: sehatqu@rocketmail.com
4a.
Bayi 13 bln, SGOT SGPT tinggi From: m_maulina@yahoo.com
4b.
Re: Bayi 13 bln, SGOT SGPT tinggi From: yoga pranata
4c.
Re: Bayi 13 bln, SGOT SGPT tinggi From: Inta
5a.
Re: Fw: [e-drug] Study: GP attitudes to generic medicines in Malaysi From: yoga pranata
5b.
Re: Fw: [e-drug] Study: GP attitudes to generic medicines in Malaysi From: /ghz
5c.
Re: Fw: [e-drug] Study: GP attitudes to generic medicines in Malaysi From: wurihandayani@indosat.blackberry.com
6.1.
Re: ISK From: purnamawati.spak@cbn.net.id
6.2.
Re: ISK From: eny zetrey
6.3.
Re: ISK From: yuluvdhi@gmail.com
7a.
Fw: [e-drug] Are antibiotics neglected essential medicines? From: purnamawati.spak@cbn.net.id
7b.
Re: Fw: [e-drug] Are antibiotics neglected essential medicines? From: Sam
8.1.
Re: Pesat Medan 2011 From: hilda iriany
8.2.
Re: Pesat Medan 2011 From: mamameyva@gmail.com
9a.
Re: Jogja, yuk belajar tentang MPASI From: purnamawati.spak@cbn.net.id
10a.
Penyakit autoimun kah, bagaimana treatment nya? From: Rahma Dewi
10b.
Re: Penyakit autoimun kah, bagaimana treatment nya? From: niken qinen
11.
(tanya) Mulut rahim dalam keadaan terbuka From: ellinda dories samosir
12a.
Re: Tanya hasil papsmear From: wening2007@yahoo.co.id

Messages

1a.

Re: Anakku lebih deket (bahkan bergantung) sama neneknya :(

Posted by: "vemy trisnawaty effendy" vemytrisnawaty@yahoo.com   vemytrisnawaty

Wed Dec 7, 2011 11:50 pm (PST)




Dear Mba Yeni,
 
Ikutan sharing ya...
Sebelumnya sabar ya mba, saya pun pernah mengalami hal seperti ini. Saya dan suami bekerja, begitu pulang anak saya (calista) cuek aja gak begitu perduli dengan saya. Malah langsung teriak "nenek mau ini mau itu dst" padahal saya sudah dirumah dan siap memberikan apa yang dia minta.
 
Tapi alhamdulillah-nya saya punya mama yang mengerti, jadi ketika saya dan ayahnya pulang maka mama saya akan menyerahkan semua kepengurusan anak saya kepada saya, mama saya akan bilang: "calista mama-nya sudah pulang, sekarang waktunya nenek istirahat". Setiap hari seperti itu dan ketika hari libur saya terus berusaha bersama calista dan akhirnya alhamdulillah sampai sekarang tetap lengket dengan saya. meskipun saya pulang malam dan calista sudah tidur denagn neneknya, dia pasti akan bangun dan pindah untuk tidur bersama saya. Walaupun terkadang ada di waktu tertentu ketika saya sudah pulang calista masih belum mau dengan saya, tapi pelan2 saja saya dekati dan akhirnya pasti mau dengan saya lagi.
 
Jadi kalau saran saya, coba terus manfaatkan waktu bersama anatara mba yeni dengan putranya, komunikasikan kenapa mba yeni harus bekerja dan komunikasi juga dgn nenek. Infokan bahwa ketika mba yeni sudah pulang, mohon bisa memberikan waktu untuk mba yeni dengan sang buah hati.... dan senantiasa manfaatkan waktu libur, waktu luang dengan sang buah hati, pintar2 mencari cara mendekati anak denagn penuh kasih sayang :)
 
Tetap semangat ya mba, maaf kalau kurang berkenan...
 
salam
vemy-mama calista.

[Non-text portions of this message have been removed]

1b.

Re: Anakku lebih deket (bahkan bergantung) sama neneknya :(

Posted by: "ai.cantique@gmail.com" ai.cantique@gmail.com

Thu Dec 8, 2011 12:03 am (PST)



Ikutan sharing ya.
Sy jg menitipkan anak sy dr lahir sampe skrng 2y ke mamah sy. Walo ada nanny nya tapi ttp ortu sy yg dominan thdp pengasuhan anak sy.

Dan alhamdulilah juga kl sy dan suami ngantor, anak sy dadah bye bye dgn happy nya tapi kalo yangti nya ngaji dia malah nangis minta ikut. Hehehehe

Tp setuju sm SP yg lain, sblm cemburu coba disyukuri dulu masih punya ortu yg sehat dan bs mjd team yg solid mjaga anak kita. Repot loh kl ga ada beliau. Dan lbh intenskan saja kualitas kebersamaan kita sama anak. Insyaalloh pasti nt lengket lagi sama mama nya.

Salam hormat buat para yangkung yangti. Terima kasih utk bantuannya.

Wassalam,
SariSusanti

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
2a.

Re: OPERASI GIGI BUNGSU

Posted by: "sari_paprika@yahoo.com" sari_paprika@yahoo.com

Wed Dec 7, 2011 11:59 pm (PST)



Dear Nita,
Salam kenal sblmnya, saya Sari, baru gabung di milis ini.

Dulu sejak saya SMA (1996) sudah di-rontgen, bahwa gigi bungsu semua-nya udah ga ada ruang sisa lg di gusi. Jd harus dioperasi sebelum nongol.
Sependek pengalaman saya, sebelum operasi ga ada dikasiy obat sama sekali.
Hanya 6 jam puasa sblmnya.
Tapi sesudahnya kurang ingat, apa ada obat2an yg harus diminum.

Maaf apabila kurang membantu.
:)
Semangat!


Sari _ Muttinya baby ZiZi ♥
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: Lovely Aysha <lovelyaysha@ymail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Wed, 7 Dec 2011 22:58:58
To: sehat@yahoogroups.com<sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] OPERASI GIGI BUNGSU

dear moms/docs
 
Mohon sharingnya donk, klo ada yg pernah melakukan operasi gigi bungsu...
terutama utk obat2annya..., tentunya yg RUM apa aja
rencananya sore ini mo operasi gigi bungsu
 
thx b4 for share/infonya
 
 
nita

[Non-text portions of this message have been removed]



[Non-text portions of this message have been removed]

2b.

Re: OPERASI GIGI BUNGSU

Posted by: "vanny.unmehopa@gmail.com" vanny.unmehopa@gmail.com

Thu Dec 8, 2011 12:34 am (PST)



Halo mom,

Saya baru saja operasi gigi bungsu yg kanan. Sebelumnya dikasih obat krn bengkak,mefinal dan ciproflosaxyn (sepertinya ejaannya salah,maaff :) ),tp tdk saya minum. Saya tunggu sampai reda bengkak dan nyerinya,baru bikin jadwal operasi. Setelah operasi diberikan pereda nyeri dan AB,kalau tdk salah AB nya clamysidin 300mg. Saya minum krn sangat nyeri dan menghindari infeksi setelah operasi.juga kumur dgn betadine gargle. Maaf jika kurang berkenan.

Vanny,mama melody
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
2c.

Re: OPERASI GIGI BUNGSU

Posted by: "yoga pranata" doyogh@gmail.com   doyogh

Thu Dec 8, 2011 1:37 am (PST)



saya belum pernah operasi gigi bungsu, tapi berikut saya berikan link
mengenai operasi gigi bungsu dari mayoclinic.com, bagus banget, dibaca
yah :)

http://www.mayoclinic.com/health/wisdom-tooth-extraction/MY01212

semoga bermanfaat

--
Yoga
yang lagi sama-sama belajar
Yayasan Orang Tua Peduli
www.milissehat.web.id

3a.

Re: Bls: [sehat] Anakku lebih deket (bahkan bergantung) sama nenekny

Posted by: "syakira.azra@yahoo.com" syakira.azra@yahoo.com   syakira.azra

Thu Dec 8, 2011 12:18 am (PST)



Maap ya telat nimbrung..
Sy jg mommy yg bekerja dan anak full senin sampe jumat ma pengasuh..alhamdulillah pengasuhnya orang yg udah kyk sodara (udah ikut mama sy dr saya msh SMP). Saya msh suka ngimpi, andaikan mama sy yg diluar kota mau ikut saya, pasti deh dirumah lebih menyenangkan n hati jg lebih tenang. Nurut saya mbak, ga usah dibicarakan. Karena hati org tua tu lebih sensitif, sy jg yakin ortu kt ga da mksd apa2 nyayangi cucunya.kt ja yg mesti
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: Sri yeni Maesaroh <sriyenimaesaroh@rocketmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Thu, 8 Dec 2011 14:41:50
To: sehat@yahoogroups.com<sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Bls: [sehat] Anakku lebih deket (bahkan bergantung) sama neneknya :(

Saya jadi pengen nangis sendiri, merasa bersalah....bener kata moms smua, harusnya saya dan suami bisa lbh positif thinking dg masalah ini. Sebenernya bukan juga kami ga sadar betapa amat sangat besar jasa orang tua qt udh dr kecil qt diurusin skr msh jg mau ngurusin cucu2nya....saya sepenuhnya sadar ats hal ini, bener jg mgkn krn saya ga bener2 fokus nemenin Abil pas drumah disambi ngerjain ini itu yg mama blom sempet lakuin krn udh kcapean...hiks...maafin ak ya ma,ngerepotin mama teruss....;(

Makasih ya buat smua masukannya, semoga ayahnya Abil juga bisa menerima kondisi spt skr ini dg lbh positif thinking.....




[Non-text portions of this message have been removed]



[Non-text portions of this message have been removed]

3b.

Re: Bls: [sehat] Anakku lebih deket (bahkan bergantung) sama nenekny

Posted by: "sehatqu@rocketmail.com" sehatqu@rocketmail.com

Thu Dec 8, 2011 12:42 am (PST)



U
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: syakira.azra@yahoo.com
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Thu, 8 Dec 2011 08:18:29
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: Bls: [sehat] Anakku lebih deket (bahkan bergantung) sama neneknya :(

Maap ya telat nimbrung..
Sy jg mommy yg bekerja dan anak full senin sampe jumat ma pengasuh..alhamdulillah pengasuhnya orang yg udah kyk sodara (udah ikut mama sy dr saya msh SMP). Saya msh suka ngimpi, andaikan mama sy yg diluar kota mau ikut saya, pasti deh dirumah lebih menyenangkan n hati jg lebih tenang. Nurut saya mbak, ga usah dibicarakan. Karena hati org tua tu lebih sensitif, sy jg yakin ortu kt ga da mksd apa2 nyayangi cucunya.kt ja yg mesti
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: Sri yeni Maesaroh <sriyenimaesaroh@rocketmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Thu, 8 Dec 2011 14:41:50
To: sehat@yahoogroups.com<sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Bls: [sehat] Anakku lebih deket (bahkan bergantung) sama neneknya :(

Saya jadi pengen nangis sendiri, merasa bersalah....bener kata moms smua, harusnya saya dan suami bisa lbh positif thinking dg masalah ini. Sebenernya bukan juga kami ga sadar betapa amat sangat besar jasa orang tua qt udh dr kecil qt diurusin skr msh jg mau ngurusin cucu2nya....saya sepenuhnya sadar ats hal ini, bener jg mgkn krn saya ga bener2 fokus nemenin Abil pas drumah disambi ngerjain ini itu yg mama blom sempet lakuin krn udh kcapean...hiks...maafin ak ya ma,ngerepotin mama teruss....;(

Makasih ya buat smua masukannya, semoga ayahnya Abil juga bisa menerima kondisi spt skr ini dg lbh positif thinking.....




[Non-text portions of this message have been removed]




[Non-text portions of this message have been removed]



[Non-text portions of this message have been removed]

4a.

Bayi 13 bln, SGOT SGPT tinggi

Posted by: "m_maulina@yahoo.com" m_maulina@yahoo.com   m_maulina

Thu Dec 8, 2011 12:50 am (PST)



Dear Sps & docs,

Saya ada titipan pertanyaan dr adik aku γαηƍ lg bingung ttg bayinya.
Mohon masukan dr Sps & docs semua Æ"Ã¥. Semua email γαηƍ msk akan saya forward lgs ke adik aku.

Berikut titipan pertanyaannya:

Dear docs and sps,

Mohon masukannya untuk kasus anak saya perempuan usia 13 bulan.
Awal cerita nya kenapa saya bisa tahu SGOT SGPT anak saya tinggi krn ada rencana mau dilakukan tindakan pada saluran air mata kiri yang tersumbat. Singkat cerita, krn akan di bius total, dokter mata yg menangani meminta saya u/ cek darah demi kepentingan tindakan tersebut.

Ini hasil lab I yg bermasalah :
*leukosit 12.700 (nilai normal 5000-10.000)
* sgot 70 (nilai normal <35)
*sgpt 47 (nilai normal <35)

Solusi dari dokter pertama adalah antibiotik. Tp tidak saya tebus krn tidak jelas antibiotiknya u/ apa.

Saya 2nd opinion ke dokter kedua. Disarankan u/ kultur urine dan hasilnya ditemukan 2 bakteri, positif ISK (menjelaskan mengapa leukosit bisa tinggi). Pengobatan dilanjutkan dengan antibiotik sesuai dgn bakteri yg ditemukan.
Untuk menurunkan SGOT SGPT, dokter memberikan vitamin u/ hati.

Setelah antibiotik dan vitamin habis, kembali cek darah dgn hasil :
*leukosit 11.6 (nilai normal 5.00-10.00)
* sgot 54 (nilai normal 15-37)
* sgpt 45 (nilai normal 32-65)

Dokter kembali meresepkan antibiotik berbeda dgn yg pertama dan melanjutkan vitamin hati nya.

Yg ingin saya tanyakan mengapa sgot dan sgpt anak saya bisa tinggi ya?

saya sudah tanyakan ke 2 dokter tersebut dan ada beberapa kemungkinan :
* kecapekan (seminggu sebelum cek darah pertama, kami baru pulang dari luar negri selama 4 hari)
* penggunaan obat penurun panas yg terlalu sering ( seminggu sebelum cek darah pertama baru sembuh flu. Tidak mengkonsumsi obat apapun, hanya paracetamol 1x krn rewel sekali dan demam)
* fatty liver akibat sering memakan makanan berlemak atau di goreng (terkadang saya memasak scrambled egg, atau ayam goreng u/ anak saya tp dengan minya sayur yg bagus -canola oil- dan hanya 1x pakai)

Mohon masukannya kira2 apa yg bisa menyebabkan sgot sgpt tinggi supaya hal ini tidak terjadi lagi.

Saya dengar HEP A sedang epidemik di wilayah depok dan jakarta. Tapi saya sendiri tidak tahu kebenarannya krn belum sempat browsing. Apakah mungkin itu salah satu penyebabnya?
Saya khawatir juga krn kalau kami sedang makan di resto, kami menggunakan alat makan milik resto.
Oya anak saya sudah imunisasi HEP A dan HEP B.

Terima kasih banyak atas bantuannya

- astrid maharani -
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
4b.

Re: Bayi 13 bln, SGOT SGPT tinggi

Posted by: "yoga pranata" doyogh@gmail.com   doyogh

Thu Dec 8, 2011 1:13 am (PST)



dear mba astrid...

ISK positif itu kesimpulannya dari mana yah? ditemukan 2 bakteri apa
aja dan berapa jumlahnya? kalo boleh tahu boleh dishare hasil kultur
urinnya?

IMHO, hasil lab anak mba baik-baik aja, leukosit segitu untuk umur
segitu normal-normal aja. SGOT/SGPT segitu ga kita anggap meningkat
mba, biasanya peningkatan lebih dari 3 kali nilai normal baru kita
anggap meningkat (CMIIW ya bun).

jadi menurut saya, anak mba sehat-sehat aja, ga ada gejala klinis apa
pun kan? demam juga engga kan? kuning juga engga kan? seringkali
diingatkan sama teman-teman yang lain bahwa kita tidak semata-mata
mengobati hasil lab tapi perlu diliat klinisnya juga.

mohon maaf bila tidak berkenan

On 12/8/11, m_maulina@yahoo.com <m_maulina@yahoo.com> wrote:
> Dear Sps & docs,
>
> Saya ada titipan pertanyaan dr adik aku γαηƍ lg bingung ttg bayinya.
> Mohon masukan dr Sps & docs semua Æ"Ã¥. Semua email γαηƍ msk akan saya forward
> lgs ke adik aku.
>
> Berikut titipan pertanyaannya:
>
> Dear docs and sps,
>
> Mohon masukannya untuk kasus anak saya perempuan usia 13 bulan.
> Awal cerita nya kenapa saya bisa tahu SGOT SGPT anak saya tinggi krn ada
> rencana mau dilakukan tindakan pada saluran air mata kiri yang tersumbat.
> Singkat cerita, krn akan di bius total, dokter mata yg menangani meminta
> saya u/ cek darah demi kepentingan tindakan tersebut.
>
> Ini hasil lab I yg bermasalah :
> *leukosit 12.700 (nilai normal 5000-10.000)
> * sgot 70 (nilai normal <35)
> *sgpt 47 (nilai normal <35)
>
> Solusi dari dokter pertama adalah antibiotik. Tp tidak saya tebus krn tidak
> jelas antibiotiknya u/ apa.
>
> Saya 2nd opinion ke dokter kedua. Disarankan u/ kultur urine dan hasilnya
> ditemukan 2 bakteri, positif ISK (menjelaskan mengapa leukosit bisa tinggi).
> Pengobatan dilanjutkan dengan antibiotik sesuai dgn bakteri yg ditemukan.
> Untuk menurunkan SGOT SGPT, dokter memberikan vitamin u/ hati.
>
> Setelah antibiotik dan vitamin habis, kembali cek darah dgn hasil :
> *leukosit 11.6 (nilai normal 5.00-10.00)
> * sgot 54 (nilai normal 15-37)
> * sgpt 45 (nilai normal 32-65)
>
> Dokter kembali meresepkan antibiotik berbeda dgn yg pertama dan melanjutkan
> vitamin hati nya.
>
> Yg ingin saya tanyakan mengapa sgot dan sgpt anak saya bisa tinggi ya?
>
> saya sudah tanyakan ke 2 dokter tersebut dan ada beberapa kemungkinan :
> * kecapekan (seminggu sebelum cek darah pertama, kami baru pulang dari luar
> negri selama 4 hari)
> * penggunaan obat penurun panas yg terlalu sering ( seminggu sebelum cek
> darah pertama baru sembuh flu. Tidak mengkonsumsi obat apapun, hanya
> paracetamol 1x krn rewel sekali dan demam)
> * fatty liver akibat sering memakan makanan berlemak atau di goreng
> (terkadang saya memasak scrambled egg, atau ayam goreng u/ anak saya tp
> dengan minya sayur yg bagus -canola oil- dan hanya 1x pakai)
>
> Mohon masukannya kira2 apa yg bisa menyebabkan sgot sgpt tinggi supaya hal
> ini tidak terjadi lagi.
>
> Saya dengar HEP A sedang epidemik di wilayah depok dan jakarta. Tapi saya
> sendiri tidak tahu kebenarannya krn belum sempat browsing. Apakah mungkin
> itu salah satu penyebabnya?
> Saya khawatir juga krn kalau kami sedang makan di resto, kami menggunakan
> alat makan milik resto.
> Oya anak saya sudah imunisasi HEP A dan HEP B.
>
> Terima kasih banyak atas bantuannya
>
>
> - astrid maharani -
> Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
> Teruuusss...!

--
Yoga
yang lagi sama-sama belajar
Yayasan Orang Tua Peduli
www.milissehat.web.id

4c.

Re: Bayi 13 bln, SGOT SGPT tinggi

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Thu Dec 8, 2011 1:50 am (PST)



Quote:
rencana mau dilakukan tindakan pada saluran air mata kiri yang tersumbat.

Mba,

Mau tanya tindakannya apa yah untuk keluhan diatas? Boleh tahu nama medisnya? Soalnya dari yang saya dengar sumbatan air mata gak perlu tindakan apapun, atau saya salah mengerti?
Kalau ada bantu key wordnya (bahasa medisnya) supaya saya bisa browsing2.

Cheers, Inta
@Intamardwityo
terkirim dari henponkuh

5a.

Re: Fw: [e-drug] Study: GP attitudes to generic medicines in Malaysi

Posted by: "yoga pranata" doyogh@gmail.com   doyogh

Thu Dec 8, 2011 12:50 am (PST)



hahahaha....ternyata ga jauh beda yah ama di Indonesia.

saya 100% yakin kalo di Indonesia dilakukan survey cross-sectional
yang sama, pasti hampir sebagian besar GP menganggap obat generik
lebih ga bisa dipercaya dibanding yang branded, bahkan di rumah sakit
pendidikan sekalipun sebesar RSCM....padahal uda ada plangnya di rumah
sakit segitu gedenya ajakan untuk menggunakan obat generik....

menurut saya yang sulit diubah, ga cuma di kalangan pasien tapi juga
di kalangan dokter, adalah bahwa "yang lebih mahal (branded) pasti
lebih baik".

hadeuh...capek deh...

thx bun bwt sharingnya.

On 12/8/11, purnamawati.spak@cbn.net.id <purnamawati.spak@cbn.net.id> wrote:
> Masih hutang scientific report ke kalian
>
> Wati
>
> Patient Safety, first
>
> -----Original Message-----
> From: E-Drug@healthnet.org
> Date: Thu, 08 Dec 2011 08:38:47
> To: E-Drug<e-drug@healthnet.org>
> Reply-To: Essential Drugs in English <e-drug@healthnet.org>
> Subject: [e-drug] Study: GP attitudes to generic medicines in Malaysia
>
> E-DRUG: Study: GP attitudes to generic medicines in Malaysia
> ------------------------------------------------------
> [The following study was presented at ICIUM. The authors believe the
> study provides a fair assessment of GPs' knowledge of generic medicines
> in spite of the fairly low response rate. A community and GP education
> campaign will continue, facilitated by the booklet 'What you should know
> about generic medicines' which explains well all aspects of generic
> medicines and clears up any confusion. It is available from the
> Universiti Sains Malaysia (USM) bookshop http://www.penerbit.usm.my/ or
> contact Dr Mohamed Azmi Hassali <azmihassali@usm.my>]
>
> Facilitators and Barriers for Generic Drug Use Among General
> Practitioners in Northern State of Malaysia: Findings from a
> Cross-Sectional Mail Survey
>
> Mohamed Azmi Hassali, Gin Nie Chua, Asrul Akmal Shafie, Ahmad Awaisu,
> Imran Masood, Fahad Saleem, Harith Al-Qazaz;
> Universiti Sains Malaysia, Malaysia
>
> Problem statement: The provision of health care has traditionally been
> managed based on the philosophy that, where the patient is concerned,
> price should not be a hindrance. With the global escalation of health
> care costs, however, governments in many countries have adopted ongoing
> series of cost-containment attempts in an effort to spend their limited
> financial resources efficiently so that equitable access to health care
> can be provided. One of the many ways to control health care expenditure
> is to promote the use of cheaper generic drugs instead of the more
> expensive branded equivalents. In the context of Malaysia's health care
> system, where currently no separation of dispensing has been
> implemented, the general practitioners (GPs) are important players in
> the medication distribution chain because their core activities revolve
> around the prescribing and dispensing of medications. Although, the
> recently adopted Malaysian National Medicine Policy has advocated
> generic prescribing and substitution to improve the affordability of
> medicines, the onus of prescribing and dispensing generics lies on the
> attending physician. To date, no studies have been done to evaluate the
> understanding and perceptions of GPs in Malaysia on issues surrounding
> the safety, efficacy, and quality of generic medicines.
>
> Objectives: The present study's objectives are to evaluate perceptions
> held among general practitioners on the concept of generic medicine use
> and to assess the current state of knowledge among general practitioners
> on issues related to generic medicine prescribing.
>
> Design: A postal cross-sectional survey involving registered GPs (n=325)
> in Penang, Malaysia, was undertaken. The survey questionnaire consisted
> of 23 items, and it was validated accordingly before being sent to the
> GPs. At the end of the survey period, a total of 87 GPs responded to the
> survey, a response rate of 26.8%.
>
> Setting: The survey was conducted with all registered private GPs who
> currently practice in the State of Penang, Malaysia.
>
> Results: The majority of the respondents (85.1%) claimed that they
> actively prescribed generic medicines in their practice. Conversely,
> only 4.6% of the respondents correctly identified the Malaysia's
> National Pharmaceutical Control Bureau's bioequivalence standard for
> generic products. The respondents had misconceptions about the concepts
> of bioequivalence, efficacy, safety, and manufacturing standards of
> generic medicines. GPs in this survey believed that a standard guideline
> on brand substitution process, collaboration with pharmacists, patient
> education, and information on safety and efficacy of generic medicines
> were necessary to ensure quality use of generics. Furthermore,
> advertisements and product bonuses offered by pharmaceutical companies,
> the patient's socioeconomic status, and the credibility of manufacturers
> were all factors that influenced their choice of medicine.
>
> Conclusions: Although it appeared that GPs have largely accepted the use
> of generic medicines, they still have concerns regarding the reliability
> and quality of such products. GPs need to be educated and reassured
> about the generic products approval system in Malaysia concerning
> bioequivalence, quality, and safety.
> _______________________________________________
> E-Drug, an e-forum on essential drugs, is moderated by a team of
> international experts, and hosted by the FHI360-SATELLIFE Center
> for Health Information and Technology (www.healthnet.org).
>
> To subscribe: e-drug-join@healthnet.org
> To unsubscribe: e-drug-leave@healthnet.org
> To discuss (subscribers only): e-drug@healthnet.org
> For help: e-drug-owner@healthnet.org
> For archives: www.essentialdrugs.org/edrug/archives.php
>

--
Yoga
yang lagi sama-sama belajar
Yayasan Orang Tua Peduli
www.milissehat.web.id

5b.

Re: Fw: [e-drug] Study: GP attitudes to generic medicines in Malaysi

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Thu Dec 8, 2011 12:59 am (PST)



On 12/8/2011 3:50 PM, yoga pranata wrote:
> hahahaha....ternyata ga jauh beda yah ama di Indonesia.
>
> saya 100% yakin kalo di Indonesia dilakukan survey cross-sectional
> yang sama, pasti hampir sebagian besar GP menganggap obat generik
> lebih ga bisa dipercaya dibanding yang branded, bahkan di rumah sakit
> pendidikan sekalipun sebesar RSCM....padahal uda ada plangnya di rumah
> sakit segitu gedenya ajakan untuk menggunakan obat generik....
>
> menurut saya yang sulit diubah, ga cuma di kalangan pasien tapi juga
> di kalangan dokter, adalah bahwa "yang lebih mahal (branded) pasti
> lebih baik".
>
> hadeuh...capek deh...
>
quote dari prof iwan dp:

Lingkaran setan

Lalu, bagaimana dengan dokter? Mengapa mayoritas dokter lebih senang
meresepkan obat merek dagang? Bukan rahasia lagi, ada insentif tak
kasatmata di balik peresepan obat merek dagang. Tiket dan akomodasi
gratis di hotel bintang lima untuk menghadiri seminar atau kongres
yang didanai industri farmasi. Sarapan pagi ala Eropa, makan siang
sepuasnya, makan malam di restoran mahal, siapa yang tak suka?

----
belum lagi issue obat palus yg bisa tembus jaringan resmi farmasi....
dst...dsb..

salam

5c.

Re: Fw: [e-drug] Study: GP attitudes to generic medicines in Malaysi

Posted by: "wurihandayani@indosat.blackberry.com" wurihandayani@indosat.blackberry.com   riri_bubunnyarama

Thu Dec 8, 2011 1:14 am (PST)



Hmmmm....emang sangat mengawatirkan

SOL

Cheers,


Wuri
Bumil 18m+Bubunnya Rama 3thn 6bln (karyawan swasta di salah satu perusahaan farmasi PMA)

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
6.1.

Re: ISK

Posted by: "purnamawati.spak@cbn.net.id" purnamawati.spak@cbn.net.id

Thu Dec 8, 2011 12:55 am (PST)



Dear Lina

Sering sejkali masalh serupa di posting di milis ini (pinkish staining di popok)

Coba bongkar arsip

Coba baca - apa patokan diagnosis ISK
Bukan hasil urin rutin spt yg kamu kemukakan
Kalau menurut saya, anakmu gak bisa dibilang ISK atas dasar urin rutinnya
Kalau saya jadi kamu, saya gak akan berikan ABnya melainkan, pastikan dulu masalahnya
Kalau urin rutin nya sih menunjukkan kurang minum aja anakmu tuh

Wati
Patient Safety, first

6.2.

Re: ISK

Posted by: "eny zetrey" zetrey@yahoo.com   zetrey

Thu Dec 8, 2011 1:02 am (PST)





sepertinya ada indikasi ISK ya mbak, karena bakteri positif tapi untuk lebih yakin tes kultur urine ya mbak
supaya pemberian antibiotik dan penanganannya lebih tepat ^_^ maaf kalo ga banyak bantu

salam,

-eny-

________________________________
From: "linz8id@yahoo.com" <linz8id@yahoo.com>
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thursday, December 8, 2011 2:48 PM
Subject: [sehat] ISK

Dear Sps,

Mohon petunjuknya,
Anak saya usia 6bln 3mgg, perempuan, bbrp wkt lalu ada noda pink di pampersnya. Kemarin sudah cek urin, dgn hasil ( yg diluar normal) :
Keton : positif 2
Kristal : amorf pos 3
Bakteri : positif 1

Kmrn baru mulai diberikan antibiotik cefila utk 7hari kedepan, sambil menunggu hasil kultur.

Klinis anak sejauh ini seperti biasa, hanya saja memang frekuensi pipis jd berkurang..

Sementara itu, minggu depan, kami keluarga ada rencana utk liburan keluar kota selama 1minggu. Apakah memungkinkan utk tetap liburan, ataukah harus dipending?

Terima kasih utk responnya.
Lina
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB          : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links

[Non-text portions of this message have been removed]

6.3.

Re: ISK

Posted by: "yuluvdhi@gmail.com" yuluvdhi@gmail.com

Thu Dec 8, 2011 1:32 am (PST)



Maaf kalo saya jadi ikut bertanya..
Anak saya cowok 13m2w, hari sabtu kalo pipis nangis dan kayak nahan sakit...
Kemudian saya pijat, الÙ'Ø­ÙŽÙ…Ù'دُ لِلÙ'َهِ رَبÙ'ِ الÙ'عَالَمِين hari senin pipis.nya mulai ndak nangis tapi masih menunjukkan muka yg menahan sakit...
Malam.nya saya bawa ke DSA, di kasih antibiotik dan di rujuk ke dokter bedah anak...
Kata pak dokter "lubang saluran kencing terlalu kecil"
Hingga skrg antibiotik blm saya kasih dan pipis.nya mulai normal cuman jarang...
Apa yg haruz saya lakukan..
Saya cuman ndak mau penanganan yg berlebihan..
Makasie sebelum.nya..

Dian mommy Dzaki...

Powered by Telkomsel BlackBerry®
7a.

Fw: [e-drug] Are antibiotics neglected essential medicines?

Posted by: "purnamawati.spak@cbn.net.id" purnamawati.spak@cbn.net.id

Thu Dec 8, 2011 12:56 am (PST)



Dear all

Coba pelan2 dibaca email dari e-drug yg saya forward
Tang bbp key messages nya saya kutip terpisah di bawah inu
Coba pelan2 baca link yg disebut2 di sini

Wati
It is clear that industry is not very eager to develop new antibiotics,

The golden days of antibiotics are clearly over.

Can we still delay the loss of these life-saving products? Mankind is very irresponsible.
Our grand children may never see effective antibiotics any more if we continue like this.

http://www.imi.europa.eu/
http://ecdc.europa.eu/en/EAAD/Pages/Home.aspx/
http://www.bioworld.com/content/drug-sales-help-fund-rd-europe-fight-antibiotic-resistant-infections


Patient Safety, first

-----Original Message-----
From: "Wilbert Bannenberg" <wilbert.bannenberg@gmail.com>
Date: Wed, 7 Dec 2011 22:42:46
To: 'Essential Drugs in English'<e-drug@healthnet.org>
Reply-To: Essential Drugs in English <e-drug@healthnet.org>
Subject: [e-drug] Are antibiotics neglected essential medicines?

E-DRUG: Are antibiotics neglected essential medicines?
------------------------------------------------------
[Anti-microbial resistance is a fast growing and very serious problem that needs more analysis in E-drug. It is clear that industry is not very eager to develop new antibiotics, as the immediate response will be to keep them as a last resort and use them as little as possible to delay the forming of resistance (which is probably related to over-use). This does not bring them enough turnover within the patent period. Another complication is that it also more difficult to find new antibiotics. The golden days of antibiotics are clearly over.

Trying to motivate big farma to start researching again with more (financial) incentives is one approach. See the newspaper article below. Obviously we need new antibiotics, but is this the right approach?

More info on the EU/EFPIA initiative at http://www.imi.europa.eu/ E-drug welcomes debate on this topic.

We should also look at reasons why we are losing our current (more affordable?) antibiotics so fast! Can we still delay the loss of these life-saving products? Mankind is very irresponsible.

Our grand children may never see effective antibiotics any more if we continue like this. Mankind will in 30 years remember the period in which we still had effective, safe and affordable antibiotics, and wonder why we misused and overused them so much (not only humans, also animal industry is a big user for commercial reasons). On 18 November, when E-drug was busy working at ICIUM, the EU also had an "Antibiotics awareness day". Check out http://ecdc.europa.eu/en/EAAD/Pages/Home.aspx/. There are toolkits for the general public, primary care prescribers and hospital-based prescribers.

Can organisations like ReAct and APUA present themselves at the E-drug platform?

And maybe also some action groups who think that financial incentives and professional guidelines alone are not enough?

Article below posted as fair use. WB]

Drug Sales Help Fund R&D: Europe to Fight Antibiotic-Resistant Infections

http://www.bioworld.com/content/drug-sales-help-fund-rd-europe-fight-antibiotic-resistant-infections

By Nuala Moran
BioWorld Today Correspondent

LONDON – Europe's pharmaceutical companies have thrown their weight behind a European Commission action plan to pool efforts in the fight against antibiotic-resistant infections, and are demanding higher prices for their drugs in return for this support.

Andrew Witty, CEO of GlaxoSmithKline plc, said the industry will work with the commission and others to find a "new approach" that will allow research in the field to be "re-stimulated" and "re-started." The platform for doing this will be the €2 billion (US$2.69 billion) Innovative Medicines Initiative (IMI), which is funded half by the European Commission, with the balance coming from in-kind contributions by the industry.

At present big pharma has little interest in developing antibiotics, but the IMI is now drawing up a new large-scale program in the discovery and development of antibiotics, to "kick start" the process of reviving research in the field. At the same time, the commission pledged more public money for research and said it will encourage national R&D funding bodies to set up joint research programs.

Richard Bergström, director-general of the European Federation of Pharmaceutical Industry Association (EFPIA) welcomed the commission's plan and said the IMI program needs to involve large and small pharmaceutical companies and academic researchers.

"Above all, we need to ensure that investment in antibiotic R&D is strengthened," said Bergström.

One of the main ways of ensuring that happens will be higher prices for antibiotic drugs, Bergström, said, noting, "there are contradictions in relying on volume sales to earn revenue" when preserving the effectiveness of antibiotics depends on limiting their use. The industry wants to see an alternative approach in which it is engaged with public health bodies in monitoring use, incentivized to conserve effectiveness of existing antibiotics and adequately rewarded for developing new ones.

Bergström said the IMI antibiotics program needs to involve large and small pharma and researchers in a collaboration that enhances efficiency and has the potential to lead to "unprecedented sharing" of information about success, failures and older products.

As the current president of EFPIA, a body which represents 2,000 pharma companies, Witty said antibiotic resistance "is a challenge that the pharmaceutical industry wants to be part of solving." GSK is one of the few large pharma companies to have retained an interest in antibiotics and currently has a couple of programs in Phase II.

Antibiotic-resistant infections are now responsible for 25,000 deaths per annum in the European Union, said John Dalli, health commissioner, announcing the commission's Strategy and Action Plan to Tackle the Threat of Antibiotic Resistance. Resistance is easily spread across borders and between veterinary and human medicines, underlining the need for cooperation and a coordinated policy, Dalli said. Apart from spurring development of new drugs, the program also seeks to ensure antibiotics are used appropriately and to improve infection control. "[Coming out] with new antibiotics is important, but it is not the solution. The solution is in the use of antibiotics," Dalli said.

Over the past seven years, the European Commission has awarded €600 million for R&D in antimicrobial resistance and antibiotic drugs, noted R&D Commissioner Maire Geoghegan-Quinn.

"Excellent research is being carried out across Europe, but efforts are still too fragmented," she said at the launch of the plan.

Geoghegan-Quinn called on EU member states to develop a common program around which to coordinate national research efforts.

"There is a clear need for an effective strategy to combat antimicrobial resistance. It is increasingly difficult both strategically and commercially to develop new antibiotics," she said. The next round of grants awarded under the EU's R&D Framework Program 7 will include money for antibiotics, with the aim of "mobilizing [biotechs] to carry out research in this area," Geoghegan-Quinn said.
_______________________________________________
E-Drug, an e-forum on essential drugs, is moderated by a team of
international experts, and hosted by the FHI360-SATELLIFE Center
for Health Information and Technology (www.healthnet.org).

To subscribe: e-drug-join@healthnet.org
To unsubscribe: e-drug-leave@healthnet.org
To discuss (subscribers only): e-drug@healthnet.org
For help: e-drug-owner@healthnet.org
For archives: www.essentialdrugs.org/edrug/archives.php
7b.

Re: Fw: [e-drug] Are antibiotics neglected essential medicines?

Posted by: "Sam" samsulna@gmail.com   samsul_na

Thu Dec 8, 2011 1:09 am (PST)



Sedih bacanya..
kudu semakin aware sama AB & menularkannya ke komunitas yg lebih luas ...

Btw, volunteer AB & React gimana Dok ?

Thanks,
Sam

----- Original Message -----
From: purnamawati.spak@cbn.net.id
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thursday, December 08, 2011 3:55 PM
Subject: [sehat] Fw: [e-drug] Are antibiotics neglected essential medicines?

Dear all

Coba pelan2 dibaca email dari e-drug yg saya forward
Tang bbp key messages nya saya kutip terpisah di bawah inu
Coba pelan2 baca link yg disebut2 di sini

Wati

[Non-text portions of this message have been removed]

8.1.

Re: Pesat Medan 2011

Posted by: "hilda iriany" hilda.iriany@gmail.com   h_iriany

Thu Dec 8, 2011 1:24 am (PST)



PESAT (Program Edukasi Sehat bagi Orang Tua) Medan didukung oleh YOP, akan
diselenggarakan tgl 17 Des 2011

»Topik 1 : Common Problems (demam, batpil, diare, muntah)
-Kebanyakan penyakit anak-anak disebabkan oleh infeksi virus.
-Sudah tahukah kita tata laksana yang tepat untuk itu?
-Does my child really need drugs?
-Kapan harus ke Dokter atau RS?

»Topik 2 : MPASI (Makanan Pendamping ASI)
-Umur berapa anak boleh mulai makan?
-Makanan apa yg diberikan pertama kali?
-Seberapa banyak porsi yang diberikan?

»Topik 3 : Rational Use of Drugs dan Antibiotik
-Apakah setiap gejala penyakit harus diobati (a pill for an ill)?
-Perlukah kita mengetahui efek samping dari obat?
-Apa beda obat paten dengan obat
generik?
-Apa itu polifarmasi?
Jangan sampai ketinggalan diskusi ini agar kita dapat lebih bijak dan
rasional
menggunakan obat.

Pembicara: dr. Yulianto SK (YOP)
Lokasi: Gedung IKATSI, FT USU, Jln. Perpustakaan USU
Pukul: 08.00-14.00 WIB
Biaya: Rp.100.000/org atau Rp.180.000/pasangan

Pendaftaran:
- daftar via SMS ke Irma
085296414454 / Hilda 0818815866.
Pembayaran dilakukan setelah ada konfirmasi dari panitia.

Yuk, cerdas bersama untuk anak-anak kita!
Segera daftar agar tdk kehabisan seat :)

Salam sehat,
Panitia PESAT 2 Medan

*ada bazaarnya juga loooh, mulai dari clodi, kosmetik sampai hijab gaul
masa kini ;)

[Non-text portions of this message have been removed]

8.2.

Re: Pesat Medan 2011

Posted by: "mamameyva@gmail.com" mamameyva@gmail.com

Thu Dec 8, 2011 1:46 am (PST)



Dear all sp's & docs..
Maaf sy anggota baru
Mau tanya apakah PESAT sudah pernah / akan diadakan di surabaya?
Sgt berminat utk hadir
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: hilda iriany <hilda.iriany@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Thu, 8 Dec 2011 16:24:07
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] Re: Pesat Medan 2011

PESAT (Program Edukasi Sehat bagi Orang Tua) Medan didukung oleh YOP, akan
diselenggarakan tgl 17 Des 2011

»Topik 1 : Common Problems (demam, batpil, diare, muntah)
-Kebanyakan penyakit anak-anak disebabkan oleh infeksi virus.
-Sudah tahukah kita tata laksana yang tepat untuk itu?
-Does my child really need drugs?
-Kapan harus ke Dokter atau RS?

»Topik 2 : MPASI (Makanan Pendamping ASI)
-Umur berapa anak boleh mulai makan?
-Makanan apa yg diberikan pertama kali?
-Seberapa banyak porsi yang diberikan?

»Topik 3 : Rational Use of Drugs dan Antibiotik
-Apakah setiap gejala penyakit harus diobati (a pill for an ill)?
-Perlukah kita mengetahui efek samping dari obat?
-Apa beda obat paten dengan obat
generik?
-Apa itu polifarmasi?
Jangan sampai ketinggalan diskusi ini agar kita dapat lebih bijak dan
rasional
menggunakan obat.

Pembicara: dr. Yulianto SK (YOP)
Lokasi: Gedung IKATSI, FT USU, Jln. Perpustakaan USU
Pukul: 08.00-14.00 WIB
Biaya: Rp.100.000/org atau Rp.180.000/pasangan

Pendaftaran:
- daftar via SMS ke Irma
085296414454 / Hilda 0818815866.
Pembayaran dilakukan setelah ada konfirmasi dari panitia.

Yuk, cerdas bersama untuk anak-anak kita!
Segera daftar agar tdk kehabisan seat :)

Salam sehat,
Panitia PESAT 2 Medan

*ada bazaarnya juga loooh, mulai dari clodi, kosmetik sampai hijab gaul
masa kini ;)


[Non-text portions of this message have been removed]



[Non-text portions of this message have been removed]

9a.

Re: Jogja, yuk belajar tentang MPASI

Posted by: "purnamawati.spak@cbn.net.id" purnamawati.spak@cbn.net.id

Thu Dec 8, 2011 1:46 am (PST)



Bravo Jogja
Kabar2i
Kirim liputannyaa yaaa
Suksesss

Wati

Patient Safety, first

-----Original Message-----
From: Diani Rahman <dianikul@gmail.com>
Date: Wed, 7 Dec 2011 07:44:23
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] Jogja, yuk belajar tentang MPASI

Assalamualaikum SPs
atas seijin mods mau ngiklan dikit ya..heheheh

Mengundang SP jogja dan sekitarnya...yuk ikut Kelas Belajar Bersama JPC

kali ini dengan tema:

Prinsip MPASI Sehat Alami (home made)

Hari Tanggal : Minggu 18 Desember 2011
Jam : 09.00 sd. 11.00
Tempat : di ruang pertemuan cv. liana sanjaya
jl. Sultan Agung no. 39 Yogyakarta

Kontribusi 25.000,-

Pendaftaran
dilakukan via sms ke 085879970566 (Diani) atau email ke dnajwa@gmail.com

Paling lambat 15 Desember 2011 atau sampai kuota terpenuhi (25 orang)

Terimakasiih

Wasalam,
Diani

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

10a.

Penyakit autoimun kah, bagaimana treatment nya?

Posted by: "Rahma Dewi" r4hmadewi@yahoo.com   r4hmadewi

Thu Dec 8, 2011 1:48 am (PST)



Dear Sps, Docs, dan Bapak/Ibu,

Maaf mau bertanya sekalian perkenalan y (blum pernah)hee. Aku rahma bunda dari 1 putri usia 1th 2bln. Mau bertanya ttg penyakit autoimun,apakah penyakit ini susah disembuhkan,bila sudah sembuh bisa berulang? bagaimana treatment nya? teman ku sejak hamil usia 6 bulan sampai anaknya usia hampir 2 th sekarang tidak bisa berjalan. tapi tidak lumpuh (ini pengakuannya, aku gak lihat langsung, krn tinggal berjauhan sekali). menurut temanku dr nya bilang antibodi di tubuhnya menyerang sel syaraf di badannya. sd skarang minum obat, fisiotherapy dan terakhir di rumah saja terapi dengan infra merah. obat yg diminum katanya lumayan membantu krn kakinya suka sakit, dan skarang sudah tidak sakit, juga sudah latihan jalan juga. Apakah bisa sembuh seperti sedia kala lagi? dia juga minum obat diluar obat medis yaitu jelly gamat dari teripang.

Terima kasih untuk inputannya ^^

[Non-text portions of this message have been removed]

10b.

Re: Penyakit autoimun kah, bagaimana treatment nya?

Posted by: "niken qinen" nikenqinen@gmail.com   qinen_q9

Thu Dec 8, 2011 1:56 am (PST)



Mba Rahmi....
Diagnosisnya apa yaaa?
utk kasus autoimun ini ada bbrp penyakit, salah satunya GBs (*Guillain-Barre
Syndrome).
*Mba bisa browsing dgn keyword tsb.

Salam,
-Niken-

2011/12/8 Rahma Dewi <r4hmadewi@yahoo.com>

> **
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

11.

(tanya) Mulut rahim dalam keadaan terbuka

Posted by: "ellinda dories samosir" ellin@dnpi.co.id

Thu Dec 8, 2011 1:48 am (PST)



Dear doctors & SP's,

Dari informasi yg saya terima, pemasangan / pencabutan spiral sebaiknya dilakukan pada saat
sedang mens, karena mulut rahim dalam keadaan terbuka / lunak.
Yang ingin saya tanyakan, berapa lama dari hari pertama haid, mulut rahim dalam keadaan lunak..?
Apakah hanya pada saat darah mens dalam jumlah banyak ?
Atau pada saat penghabisan ( flek coklat ) mulut rahim masih dalam keadaan terbuka ?
Terimakasih untuk jawaban yang diberikan.

Salam,
Ellin

[Non-text portions of this message have been removed]

12a.

Re: Tanya hasil papsmear

Posted by: "wening2007@yahoo.co.id" wening2007@yahoo.co.id   wening2007

Thu Dec 8, 2011 1:55 am (PST)



Untuk keluhan tersebut bisa cek urin buat indikasi ISK mba...cmiiw :d

Iin aka Wening
Sent from my BlackBerry® smartphone from my hunnybunny ^_¤
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Health

Early Detection

Know the symptoms

of breast cancer.

Sitebuilder

Build a web site

quickly & easily

with Sitebuilder.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: