Wednesday, December 7, 2011

[sehat] Digest Number 16658

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Bilirubin Naura Sudah 20 was Tanya Jaundice pada newborn 6 day From: sita
1b.
Re: Bilirubin Naura Sudah 20 was Tanya Jaundice pada newborn 6 day From: niken qinen
1c.
Re: Bilirubin Naura Sudah 20 was Tanya Jaundice pada newborn 6 day From: Sativa Huang
1d.
Re: Bilirubin Naura Sudah 20 was Tanya Jaundice pada newborn 6 day From: sita
2a.
Re: pendarahan di kehamilan 17 weeks From: Veny Yosephine
2b.
Re: pendarahan di kehamilan 17 weeks From: ekawati.astuti@yahoo.com
2c.
Re: pendarahan di kehamilan 17 weeks From: meetha_munaf@yahoo.com
2d.
Re: pendarahan di kehamilan 17 weeks From: cy
2e.
Re: pendarahan di kehamilan 17 weeks From: Johan Widjaja
3a.
Re: ayam n ikan di pasar-->THX From: Jeny Chen
4a.
Re: Pengalaman Kursus post natal di salah satu RSIA From: ade.novita.juliano@gmail.com
4b.
Re: Pengalaman Kursus post natal di salah satu RSIA From: ms_marchainy@yahoo.com
5a.
Re: Jadwal imunisasi From: m_maulina@yahoo.com
6a.
trombosit tinggi pada bayi From: Acha ummi ghifar
6b.
trombosit tinggi pada bayi From: Acha ummi ghifar
6c.
Re: trombosit tinggi pada bayi From: nia2R
6d.
Re: trombosit tinggi pada bayi From: Acha Niez
6e.
Re: trombosit tinggi pada bayi From: nia2R
6f.
Re: trombosit tinggi pada bayi From: Acha Niez
6g.
Re: trombosit tinggi pada bayi From: nia2R
6h.
Re: trombosit tinggi pada bayi From: Acha Niez
7a.
Re: kafein bagi ibu hamil From: drjohanwidj
8.
Tanya: Medical Check Up pd Balita From: wurihandayani@indosat.blackberry.com
9a.
Re: Mata kecolok pensil From: yosephine@suryamandiricomputer.co.id
10a.
Re: Duodenal Atresia-Stenosis pada Newborn Tidak Boleh Diberi ASI From: yoga pranata

Messages

1a.

Bilirubin Naura Sudah 20 was Tanya Jaundice pada newborn 6 day

Posted by: "sita" sit4@yahoo.com   sit4

Wed Dec 7, 2011 5:05 am (PST)




Dear Sps dan docs,

saya sangat berterima kasih atas masukan dari rekan-rekan di milis. Setelah sempat dibawa ke rumah, ternyata pemeriksaan bilirubin keponakan saya Naura malam ini mencapai 20,5. Setelah berkonsultasi ke dokter anak dan sesuai tabel, mulai malam ini Naura difototerapi. Mohon doanya ya Sp dan docs, semoga kondisinya semakin membaik...

Best Regards,

Sita (Mama Ara 3 thn 6 bln)

--- In sehat@yahoogroups.com, sita aquadini <sit4@...> wrote:
>
> Dear SP dan docs,
>
> keponakan saya Naura (6day) hari ini skor bilirubinnya 14,8. Dokter yang menanganinya meminta untuk difototerapi. Untuk diketahui, Naura lahir dengan BB 3,3 kg Panjang 48 cm. Apakah fototerapi harus dilakukan sekarang? Menurut adik saya, dia tidak lethargy tapi sempat demam. Terima kasih sebelumnya sp dan docs..
>
> Sita (mama Ara 3y 6m)
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>

1b.

Re: Bilirubin Naura Sudah 20 was Tanya Jaundice pada newborn 6 day

Posted by: "niken qinen" nikenqinen@gmail.com   qinen_q9

Wed Dec 7, 2011 5:56 am (PST)



Mba Sita, sudh cek G6PD blm?
Hasilnya?

Salam,
-Niken-

On 12/7/11, sita <sit4@yahoo.com> wrote:
>
> Dear Sps dan docs,
>
> saya sangat berterima kasih atas masukan dari rekan-rekan di milis. Setelah
> sempat dibawa ke rumah, ternyata pemeriksaan bilirubin keponakan saya Naura
> malam ini mencapai 20,5. Setelah berkonsultasi ke dokter anak dan sesuai
> tabel, mulai malam ini Naura difototerapi. Mohon doanya ya Sp dan docs,
> semoga kondisinya semakin membaik...
>
> Best Regards,
>
> Sita (Mama Ara 3 thn 6 bln)
>
> --- In sehat@yahoogroups.com, sita aquadini <sit4@...> wrote:
>>
>> Dear SP dan docs,
>>
>> keponakan saya Naura (6day) hari ini skor bilirubinnya 14,8. Dokter yang
>> menanganinya meminta untuk difototerapi. Untuk diketahui, Naura lahir
>> dengan BB 3,3 kg Panjang 48 cm. Apakah fototerapi harus dilakukan
>> sekarang? Menurut adik saya, dia tidak lethargy tapi sempat demam. Terima
>> kasih sebelumnya sp dan docs..
>>
>> Sita (mama Ara 3y 6m)
>>
>>
>> [Non-text portions of this message have been removed]
>>
>
>
>

1c.

Re: Bilirubin Naura Sudah 20 was Tanya Jaundice pada newborn 6 day

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Wed Dec 7, 2011 6:17 am (PST)



Trims untuk sharingnya Bu Sita.
Kalau boleh tahu, dijelasin sama dokternya nggak, kenapa naik bilirubinnya?
Bagaimana dengan kecukupan asi, BAK dan BAB berapa kali sehari?

Salam,

[Non-text portions of this message have been removed]

1d.

Re: Bilirubin Naura Sudah 20 was Tanya Jaundice pada newborn 6 day

Posted by: "sita" sit4@yahoo.com   sit4

Wed Dec 7, 2011 7:20 am (PST)



Dear mbak Niken dan pak Sativa,Sp dan doc

Naura tadi sudah dites G6PD, tapi hasilnya baru diketahui besok. Maaf, fungsi tes ini untuk apa ya mbak? Kalau untuk ASI, sejak dibawa ke rumah sangat cukup pak Sativa. Karena selain ibunya, adik saya yang lain (anggota milis Sehat juga Astri Anggita) juga membantu mendonorkan ASI. BAK dan BAB nya dalam sehari menurut adik saya sangat baik (Naura dan keluarganya di Semarang, saya di Jakarta). Bahkan saat tadi siang dibawa ke dokter sebetulnya dari anamnesis cukup baik. Tapi hasil tesnya sangat mengejutkan kok bilirubinnya mencapai 20,5. Mungkin dari sp lain ada saran dan sharing? terima kasih banyak sebelumnya..

Salam,

Sita

2a.

Re: pendarahan di kehamilan 17 weeks

Posted by: "Veny Yosephine" venyyosephine@gmail.com

Wed Dec 7, 2011 5:07 am (PST)



Ada klinik spesialis fetomaternal juga di jl.kimia no.5 - salemba, belakang nya rscm, no.telp 31924404.
Sol.
VeNy

Sent from my LoveBerry®
2b.

Re: pendarahan di kehamilan 17 weeks

Posted by: "ekawati.astuti@yahoo.com" ekawati.astuti@yahoo.com   ekawati.astuti

Wed Dec 7, 2011 5:12 am (PST)



Dear mba fanny,

Saya kebetulan di Bali dan kemarin baru saja abis berhubungan dengan fetomaternal. Bs dengan Dr. Tjok suwardewa, di RS Sanglah atau RSIA puri bunda.

Hth

Salam,
Eka


Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: Fanny TJ <fanny_tj@yahoo.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Wed, 7 Dec 2011 04:41:35
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Cc: <drjohanwidj@yahoo.com>
Subject: Re: [sehat] pendarahan di kehamilan 17 weeks

dear Dr.Johan, terima kasih banyak responnya, bisa tolong kasih info atau rekomendasi RS mana saja yang menyediakan layanan divisi fetomaternal, prefer lokasinya di bali dan jakarta. Terima kasih sebelumnya


[Non-text portions of this message have been removed]

2c.

Re: pendarahan di kehamilan 17 weeks

Posted by: "meetha_munaf@yahoo.com" meetha_munaf@yahoo.com   meetha_munaf

Wed Dec 7, 2011 5:18 am (PST)



Dear mba fanny,

Coba konsul ke dr nowoyono wibowo ,mba. Beliau ahli fetomaternal. Kl tidak salah beliau kepala dept fetomaternal UI,msh aktif mengajar sp skrg di obgyn UI

Saya 2x hamil kena pre eklampsia. Pas hamil si kembar 4 thn lalu kena PEB di 28w, bedrest total 3 minggu tp akhrnya si kembar trpaksa disectio di usia 31w krn kondisi saya trs memburuk waktu itu
Hamil kedua , adiknya si kembar , baby nara. Saya kena pre eklampsia lagi di 36w tp. Bedrest seminggu tp krn tensi terus tinggi dan albumin di urin + nya brtambah trs akhrnya disectio pas 37w bulan juni lalu

Dr bowo praktek di rs bunda menteng jg tiap senin,rabu, dan sabtu sore.
Beliau komunikatif.enak diajak diskusi dan mau bls sms pasiennya:)
Oya teman saya ada yg perdarahan di dalam rahim waktu hamil anak keduanya konsul ke dr bowo jg hingga usia kehamilan 6 bln kmrn

Mita
Ibunya si kembar(aya kei 4Y3m) dan baby nara(6m)
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
2d.

Re: pendarahan di kehamilan 17 weeks

Posted by: "cy" nankrist@yahoo.com   nankrist

Wed Dec 7, 2011 5:49 am (PST)



Dr azen salim jg dsog fetomaternal.
Praktek di rs pondok indah.

Cy
Sent from my BlackBerry®
powered by sinyal cinta JordyNara
2e.

Re: pendarahan di kehamilan 17 weeks

Posted by: "Johan Widjaja" drjohanwidj@yahoo.com   drjohanwidj

Wed Dec 7, 2011 6:00 am (PST)



Pada prinsipnya, dr fetomaternal siapa pun boleh. Menurut sumpah, kami ini saudara, teman sejawat, jadi ya sama saja. Dgn dr.Tjok juga boleh. Seingat saya beliau PTTnya dulu di TimTim. Jadi ke Bali aja.
Good luck ya.

Sent from Johan Widjaja's iPhone

On 7 Des 2011, at 20:12, ekawati.astuti@yahoo.com wrote:

> Dear mba fanny,
>
> Saya kebetulan di Bali dan kemarin baru saja abis berhubungan dengan fetomaternal. Bs dengan Dr. Tjok suwardewa, di RS Sanglah atau RSIA puri bunda.
>
> Hth
>
> Salam,
> Eka
>
> Sent from my BlackBerryĂ‚®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
> From: Fanny TJ <fanny_tj@yahoo.com>
> Sender: sehat@yahoogroups.com
> Date: Wed, 7 Dec 2011 04:41:35 -0800 (PST)
> To: <sehat@yahoogroups.com>
> ReplyTo: sehat@yahoogroups.com
> Cc: <drjohanwidj@yahoo.com>
> Subject: Re: [sehat] pendarahan di kehamilan 17 weeks
>
> dear Dr.Johan, terima kasih banyak responnya, bisa tolong kasih info atau rekomendasi RS mana saja yang menyediakan layanan divisi fetomaternal, prefer lokasinya di bali dan jakarta. Terima kasih sebelumnya
>

[Non-text portions of this message have been removed]

3a.

Re: ayam n ikan di pasar-->THX

Posted by: "Jeny Chen" jeny9974@yahoo.com   jeny9974

Wed Dec 7, 2011 5:07 am (PST)



 Thx a lot ya infonya moms: )

besok kalo ke pasar di cek lagi.

[Non-text portions of this message have been removed]

4a.

Re: Pengalaman Kursus post natal di salah satu RSIA

Posted by: "ade.novita.juliano@gmail.com" ade.novita.juliano@gmail.com   novita_ade

Wed Dec 7, 2011 5:20 am (PST)



Dear Mba Imelda

Bersediakah japri kesaya

Data konselor dan RSnya


Salam,
@Ade_Novita

@Ade_Novita

-----Original Message-----
From: "-imelda" <imelda.santos@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Wed, 7 Dec 2011 10:57:37
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] Pengalaman Kursus post natal di salah satu RSIA

Hi,

Cuman mau share pengalaman kursus post melahirkan di salah satu RSIA di Jakarta.

Setelah melahirkan, saya dan suami diajak salah satu suster (yg juga konsulor ASI) untuk ikut kursus mengurus bayi.

Saat mengikuti, smua ga ada yg aneh. Perawatan bayi, tanda-tanda kegawat daruratan, ASI, perawatan payudara dan senam nifas.

Setelah itu, ada materi PASI (pengganti ASI), sang konselor mengajukan beberapa merk sufor dan diakhiri dengan "saya tidak mempromosikan susu formula, saya mempromosikan ASI. Tapi ada beberapa mama yang bingung dengan sufor yg baik, yg td saya sebutkan termasuk yg terbaik"

Setelah semua materi selesai, diberikan tester susu ibu menyusui. Ketika saya bilang, UHT lebih bagus kan? Dia blg, "Ga, karena yg ini komposisinya sudah pas untuk membuat ASI yg bergizi cukup. Lagian yg ini bisa diminum hangat"

Setelah selesai minum dan diberikan no telp sang konselor jika ingin bertanya lebih lanjut. Sang konselor juga memberi pengumuman, "kalau ada yg beli susu formula merk X dan susu ibu menyusui merk X di kantin RS, bisa menghubungi saya untuk mengambil bonus. Pembelian 1 box sufor berhadia 1 box lagi"


OMG
-imelda
*masih shock denger kursus tadi*
Sent from my smartphone supported by my lovely hubby

[Non-text portions of this message have been removed]

4b.

Re: Pengalaman Kursus post natal di salah satu RSIA

Posted by: "ms_marchainy@yahoo.com" ms_marchainy@yahoo.com   ms_marchainy

Wed Dec 7, 2011 6:16 am (PST)



Mungkin jika terulang kejadian seperti ini bisa kita video in. (Boleh. Gak ya? Untuk bukti)


Powered by Telkomsel BlackBerry®
5a.

Re: Jadwal imunisasi

Posted by: "m_maulina@yahoo.com" m_maulina@yahoo.com   m_maulina

Wed Dec 7, 2011 5:33 am (PST)



R
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: "Inta" <dini.maesarinta@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Tue, 6 Dec 2011 04:55:28
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Jadwal imunisasi

Mba Carol,

Kalau saya kemarin, bandingin antara jadwal IDAI dan CDC. Mana yang memungkinkan di ambil di 12M, saya ambil sekalian supaya gak bolak balik atau supaya nanti di 24M gak terlalu banyak vaksinnya (pertimbangan di biaya sih kalau saya). Jadi saya combine aja keduanya.

Soal efektifitas kayaknya pernah dibahas deh saya lupa tapi persisnya. Nanti coba diubek2 deh arsip milis + webnya cdc.

Cheers, Inta
@Intamardwityo
terkirim dari henponkuh


[Non-text portions of this message have been removed]

6a.

trombosit tinggi pada bayi

Posted by: "Acha ummi ghifar" acha_niez@ymail.com   acha_niez@ymail.com

Wed Dec 7, 2011 5:42 am (PST)



Dear all
mau sharing nich...
1 minggu yang lalu bayi saya (2minggu) ga sengaja tertelan air mandi, karna posisi tangan saya yang terlalu rendah jadilah air mandi terminum... sempat batuk2, saya balikkan dan tepuk2... alhamdulillah ada cairan yang keluar dari mulut dan hidung. namun yang buat saya panik adalah anak saya tsb tidak menangis, wajah pucat, tangan dan kaki yg menegang dan biru. lalu segera saya bawa ke RS terdekat(disini sempat menangis tapi sebentar saja) dan dinyatakan tidak apa2 hanya perlu observasi dan dirawat beberapa hari, krn anak saya lahir tdk di RS tersebut maka saya pun membawa kembali ke RS dimana anak saya dilahirkan. dan langsung ditangani, di periksa RRnya dan denyut nadinya kurang lebih 1 jam... alhamdulillah normal... namun anak saya diambil darahnya untuk diperiksa... karna minimnya pengetahuan maka saya mengangguk saja... selang 1 jam hasil lab pun keluar. dan dokter menyatakan berdasarkan hasil lab dan dikarnakan trombositnya tinggi yaitu 630.000 maka anak saya pun diharuskan untuk rawat inap... dan anak saya pun diberikan antibiotik dg alasan untuk menurunkan trombositnya dan dikarnakan anak saya mengalami aspirasi jd dikhawatirkan ada bakteri yang masuk ke dalam paru2... dihari kedua saya tanya pada perawat keadaan anak saya alhamdulillah membaik. lalu saya pun meminta untuk supaya anak saya dibawa pulang saja namun dokter tidak mengijinkan karna obatnya harus habis dalam waktu 3hari jd boleh pulang hari minggu. setelah hari ketiga anak saya pun dichek kembali darahnya, dan hasilnya cukup membuat saya kaget dan marah, karna trombositnya malah naik jadi 657.000 ...
yang jadi pertanyaan saya
1.apakah yang dilakukan tim medis tersebut benar?
2.mengapa trombosit anak saya tinggi? padahal suhu badan normal apa penyebabnya?
3. menurut DSA untuk mengetahui penyebabnya darah anak saya harus dichek darah kembali untuk dikultur darahnya... hasilnya masih menunggu 1 minggu...

mohon sarannya...

Ummi Ghifar Erdo

6b.

trombosit tinggi pada bayi

Posted by: "Acha ummi ghifar" acha_niez@ymail.com   acha_niez@ymail.com

Wed Dec 7, 2011 5:44 am (PST)



Dear all
mau sharing nich...
1 minggu yang lalu bayi saya (2minggu) ga sengaja tertelan air mandi, karna posisi tangan saya yang terlalu rendah jadilah air mandi terminum... sempat batuk2, saya balikkan dan tepuk2... alhamdulillah ada cairan yang keluar dari mulut dan hidung. namun yang buat saya panik adalah anak saya tsb tidak menangis, wajah pucat, tangan dan kaki yg menegang dan biru. lalu segera saya bawa ke RS terdekat(disini sempat menangis tapi sebentar saja) dan dinyatakan tidak apa2 hanya perlu observasi dan dirawat beberapa hari, krn anak saya lahir tdk di RS tersebut maka saya pun membawa kembali ke RS dimana anak saya dilahirkan. dan langsung ditangani, di periksa RRnya dan denyut nadinya kurang lebih 1 jam... alhamdulillah normal... namun anak saya diambil darahnya untuk diperiksa... karna minimnya pengetahuan maka saya mengangguk saja... selang 1 jam hasil lab pun keluar. dan dokter menyatakan berdasarkan hasil lab dan dikarnakan trombositnya tinggi yaitu 630.000 maka anak saya pun diharuskan untuk rawat inap... dan anak saya pun diberikan antibiotik dg alasan untuk menurunkan trombositnya dan dikarnakan anak saya mengalami aspirasi jd dikhawatirkan ada bakteri yang masuk ke dalam paru2... dihari kedua saya tanya pada perawat keadaan anak saya alhamdulillah membaik. lalu saya pun meminta untuk supaya anak saya dibawa pulang saja namun dokter tidak mengijinkan karna obatnya harus habis dalam waktu 3hari jd boleh pulang hari minggu. setelah hari ketiga anak saya pun dichek kembali darahnya, dan hasilnya cukup membuat saya kaget dan marah, karna trombositnya malah naik jadi 657.000 ...
yang jadi pertanyaan saya
1.apakah yang dilakukan tim medis tersebut benar?
2.mengapa trombosit anak saya tinggi? padahal suhu badan normal apa penyebabnya?
3. menurut DSA untuk mengetahui penyebabnya darah anak saya harus dichek darah kembali untuk dikultur darahnya... hasilnya masih menunggu 1 minggu...

mohon sarannya...

Ummi Ghifar Erdo

6c.

Re: trombosit tinggi pada bayi

Posted by: "nia2R" niea_152@yahoo.com   niea_152

Wed Dec 7, 2011 5:48 am (PST)



Mb,
Gimana kalo 2nd opini, dan tanda tgn utk keluar dr RS itu?

Minta diagnosa medisnya juga ya.

-nia-ibunya Razan Ragha
@nieafardina

6d.

Re: trombosit tinggi pada bayi

Posted by: "Acha Niez" acha_niez@ymail.com   acha_niez@ymail.com

Wed Dec 7, 2011 5:52 am (PST)



permasalahannya ini sudah terjadi, kejadiannya seminggu yang lalu. selama rawat inap saya ga sempat untuk curhat ke milis ini... cuma bisa bertanya2... coz waktu saya full di RS... dan baru sempat curhat sekarang ini karna saya pun ikutan sakit...

[Non-text portions of this message have been removed]

6e.

Re: trombosit tinggi pada bayi

Posted by: "nia2R" niea_152@yahoo.com   niea_152

Wed Dec 7, 2011 5:54 am (PST)



Terus maksudnya, mba mau gimana?
Melanjutkan perawatan disitukah?

-nia-ibunya Razan Ragha
@nieafardina

6f.

Re: trombosit tinggi pada bayi

Posted by: "Acha Niez" acha_niez@ymail.com   acha_niez@ymail.com

Wed Dec 7, 2011 5:59 am (PST)



maksudnya saya mau sharing aza, apa yang dilakukan dsa di RS tsb apakah sdah benar? trus apa penyebab dari tingginya trombosit anak saya? jujur ini jadi ganjalan untuk sya...

[Non-text portions of this message have been removed]

6g.

Re: trombosit tinggi pada bayi

Posted by: "nia2R" niea_152@yahoo.com   niea_152

Wed Dec 7, 2011 6:07 am (PST)



IMHO mb,
Mustinya dr awal mereka kaSi tau diagnosanya apa. Lalu tritmen yg tepat bagaimana, penyebab trombosit tinggi itu kan bisa krn virus ataupun bakteri.
Mustinya yg jadi patokan bukan hasil lab,kita ga mengobati hasil lab, tapi klinis anaknya.

Selain itu RS sarangnya bakteri nosokomial. Bukan ga mungkin kita malah terkena penyakit krna berada di RS.

Saran saya,cb baca soal trombositoSis (mohon maaf kalo salah tulis), lalu diskusi ama suami utk sepakat mau gimananya, trus diskusi ama dsa yg menangani.

Semoga berkenan ya

-nia-ibunya Razan Ragha
@nieafardina

6h.

Re: trombosit tinggi pada bayi

Posted by: "Acha Niez" acha_niez@ymail.com   acha_niez@ymail.com

Wed Dec 7, 2011 6:10 am (PST)



ooo gt ya mba... waah saya saat itu bener2 panik... trimaksih y mba. nnti saya coba buka dech...

[Non-text portions of this message have been removed]

7a.

Re: kafein bagi ibu hamil

Posted by: "drjohanwidj" drjohanwidj@yahoo.com   drjohanwidj

Wed Dec 7, 2011 6:07 am (PST)



Aduh Bu, terima kasih ya link nya.
Jadi, jelas ya: harus dibatasi! Saya gak suka pakai kata "jangan banyak-banyak".
Sekali lagi trims. Saya catat deh di notes saya, nanti saya konversi ke takaran gelas Indonesia.

Johan Widjaja

8.

Tanya: Medical Check Up pd Balita

Posted by: "wurihandayani@indosat.blackberry.com" wurihandayani@indosat.blackberry.com   riri_bubunnyarama

Wed Dec 7, 2011 7:14 am (PST)



Malam Bunda, Docs, and SPs tersayaaanngg...

Beberapa hari terakhir saya mengikuti thread di milis mengenai screening ADB...sudah buka2 jg links yg diberikan para Docs+SPs di sini..tapi jujur,kyknya emang daya tangkap rada kurang,maklum pentium jadul :D...jadi masih agak kurang ngerti.

Yg saya ingin tanyakan:

1. Apakah kalau selama ini anak (3thn 6bln) saya tidak menunjukkan gejala ADB (seperti lemas, krg nafsu makan, berat badan sulit naik) tetap sebaiknya dilakukan screening ADB

2. Apakah secara rutin ada pemeriksaan (misalnya 1thn sekali atau 6bln sekali) yg hrs/sebaiknya dilakukan untuk balita (sejenis medical check up)?..kalau ada apa saja? Kalau tidak ada,apa alasannya?

Semoga bisa dikasih ilmu lg sm Bunda,atau Docs,atau SPs di sini....

Terima kasih.

Cheers,


Wuri
Bumil 18m+Bubunnya Rama 3thn 6bln

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
9a.

Re: Mata kecolok pensil

Posted by: "yosephine@suryamandiricomputer.co.id" yosephine@suryamandiricomputer.co.id   yosephinecristanti

Wed Dec 7, 2011 7:25 am (PST)



Dear mbak pam,

Makasih bgt buat share nya. Ga pake link tp cukup buat hati tenang.

Sekali lg makasih ya.

Rgds,
Pi2n
*senengnya jd bgan milis ini, sll ada sharing & opini
Sent from BlackBerry® on 3

-----Original Message-----
From: "Pamelia Yulianto" <hidupsehat.pam@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Wed, 7 Dec 2011 12:12:13
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Mata kecolok pensil

Temen sy pernah kecolok ama anaknya n bagian putih matanya merah gt. Dia ke dokter mata n ga dikasih apa2. Katanya mmg itu pembuluh darah yg pecah, tp nanti darahnya diserap lg oleh tubuh n sembuh sendiri

Maaf ga pake link n cm share pengalaman org.. Cmiiw :)


- p a m e l i a -
"No Labelling, Stop Judging, Start Supporting"

Powered by my children's existance


[Non-text portions of this message have been removed]

10a.

Re: Duodenal Atresia-Stenosis pada Newborn Tidak Boleh Diberi ASI

Posted by: "yoga pranata" doyogh@gmail.com   doyogh

Wed Dec 7, 2011 7:28 am (PST)



dear all...

mencoba nambahin dikit penjelasan yang uda dikasih bunda.
jadi, seperti bunda bilang, setelah operasi sambung usus, maka sebelum
usus mulai dipakai untuk mencerna makanan lagi, ASI misalnya,maka
harus dicobakan dulu ususnya uda siap atau belum, karena takutnya kalo
belum siap dikasih makanan terus dikasih maka bisa aja sambungan
usunya jebol lagi dan malah bikin tambah bahaya.

nah, tau ususnya uda siap atau belum seperti yang bunda bilang, dari
selang yang masuk ke usus (NGT) dimasukin clear fluid, biasanya berupa
air gula, biasanya dari cairan infus, biasanya yang dipake infus D5%
(dekstrose 5%). cairan infus ini dimasukin lewat selang NGT secara
bertahap lalu dievaluasi. tidak ada patokan berapa lama evaluasinya,
yang jelas kalo dari selang NGT keluar lagi, apalagi warnanya
kehijauan, artinya ususnya belum siap untuk dipake diberi ASI, malah
harus dievaluasi lagi kenapa kehijauan...

demikian, semoga membantu

--
Yoga
yang lagi sama-sama belajar
Yayasan Orang Tua Peduli
www.milissehat.web.id

Recent Activity
Visit Your Group
Drive Traffic

Sponsored Search

can help increase

your site traffic.

Yahoo! Health

Heartburn or Worse

What symptoms

are most serious?

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: