Sunday, December 4, 2011

[sehat] Digest Number 16631

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1.1.
Re: (OOT) Selamat! From: dh1ta_27@yahoo.com
2a.
Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto From: wening2007@yahoo.co.id
2b.
Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto From: wulan
2c.
Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto From: yuli1307@yahoo.com
2d.
Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto From: F.B.Monika
2e.
Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto From: F.B.Monika
2f.
Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto From: aina
2g.
Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto From: mutiara.santoso@yahoo.co.id
2h.
Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto From: shinta.wahyuni09@gmail.com
2i.
Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto From: chitra.tifanny@gmail.com
2j.
Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto From: aries3_dee84@yahoo.com
2k.
Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto From: vanessa sutopo
2l.
Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
3a.
Re: Film 'Awakening' penyakit apa ? From: alifah davida
4a.
Re: OOT: mhn share Toddler tidur gelisah From: alifah davida
5a.
Re: [ask] berat badan kurang From: F.B.Monika
5b.
Re: [ask] berat badan kurang From: nisriin usman
6.
Re: (OOT) Selamat!-Tes Mantoux Mba Dhita From: F.B.Monika
7a.
Re: Butuh Penguatan demam hingga 40dercel From: F.B.Monika
8a.
panas sejak hari senin From: yana
8b.
Re: panas sejak hari senin From: asamisunt@gmail.com
8c.
Re: panas sejak hari senin From: chitra.tifanny@gmail.com
8d.
Re: panas sejak hari senin From: yana
8e.
Re: panas sejak hari senin From: nisriin usman
9a.
Re: Ga suka tengkurep From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Messages

1.1.

Re: (OOT) Selamat!

Posted by: "dh1ta_27@yahoo.com" dh1ta_27@yahoo.com

Sat Dec 3, 2011 9:31 am (PST)



Baru akan di tes mantoux, bunda wati..
Kmrn baru selesai disibukkan dengan "mengungsikan" anak ke rumah mertua. Karena kami sepakat, ART tetap di rawat sampai sembuh total, jadi harus bolak balik urus sana sini.
Nah, sekalian tanya bunda wati, kemarin habis konsul juga ke DSA anakku. Ia bilang ga perlu tes mantoux kalo tidak ada gejala2 signifikan. Such as, demam tidak jelas, BB ga naik, dan batuk2 ( tapi ini katanya jarang ditemui pada TB anak2). Ketiga gejala itu Allhamdulilaaah so far ga ada di anakku. Jadi bingung juga sebenernya perlu/ tidaknya. Tapiiii...mengingat ART ku ini selama 3 minggu (krn dia baru kerja) intens ketemu anakku. Akhirnya aku putuskan untuk tes mantoux. Udah bener blm ya??

-dita
Bunda nya B
Powered by Telkomsel BlackBerry®
2a.

Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto

Posted by: "wening2007@yahoo.co.id" wening2007@yahoo.co.id   wening2007

Sat Dec 3, 2011 9:32 am (PST)



Selamaat buat dr. Apin sekeluarga...
Smg makin menambah kebahagiaan kelg....amiin

Matur tengkiu
Iin aka Wening
Sent from my BlackBerry® smartphone from my hunnybunny ^_¤
2b.

Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto

Posted by: "wulan" wulan.wuls@gmail.com   wulanokey

Sat Dec 3, 2011 9:38 am (PST)



Wowww, selamat dokter apin!

Semoga tumbuh jd anak yg bakti dg ortu, sholeh, pinter, sehat dan happy.

Semoga istri tercinta segera pulih

Rgds,
- Wulan -
@wulsnih

2c.

Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto

Posted by: "yuli1307@yahoo.com" yuli1307@yahoo.com

Sat Dec 3, 2011 9:56 am (PST)



Dokter Apin...
Selamat yaaaa.. Senangnyaa.. ^_^
Semoga menjadi anak yang patuh dan sayang kepada kedua orang tua amin...

Yuli bunda Davina Devaney Diva
Wassalam,
Yuli bunda 3D

2d.

Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Sat Dec 3, 2011 12:59 pm (PST)



Selamat ya dr Apin..Semoga sehat selalu semuanya

F.B.Monika

2e.

Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Sat Dec 3, 2011 1:02 pm (PST)



Selamat ya dr Apin..Semoga sehat selalu semuanya

F.B.Monika

2f.

Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Sat Dec 3, 2011 1:55 pm (PST)



Waahh, dokter satu2 nya yg br sy kenal pny baby....felicitation...smoga jd anak soleh. Aammiinn

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,
aina.

2g.

Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto

Posted by: "mutiara.santoso@yahoo.co.id" mutiara.santoso@yahoo.co.id   mutiara.santoso

Sat Dec 3, 2011 2:12 pm (PST)



Dr. Apin dan keluarga salam kenal sblmnya.
Selamat Atas Kelahiran Putranya Semoga diBerikan Kebaikan dan Keberkahan Amin.

-Mutiara-
(Bundane Raf,Rif,Deo n Miracle)
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
2h.

Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto

Posted by: "shinta.wahyuni09@gmail.com" shinta.wahyuni09@gmail.com   mama_dika

Sat Dec 3, 2011 3:00 pm (PST)



Selamat ya dr Apin + dr Ratna + kakak alya

Semoga selalu sehat, ASIX-nya lancar

Salam
Shinta-eko-dika


~selalu ada warna yang indah diakhir pelangi~

2i.

Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto

Posted by: "chitra.tifanny@gmail.com" chitra.tifanny@gmail.com

Sat Dec 3, 2011 3:26 pm (PST)



Dr Apin selamat ya, smg ananda mjd anak sholeh dan penyejuk hati orangtua nya, amin.

Salam,
Chitra
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
2j.

Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto

Posted by: "aries3_dee84@yahoo.com" aries3_dee84@yahoo.com   aries3_dee84

Sat Dec 3, 2011 3:44 pm (PST)



Seneng deh denger bulan Desember ini penuh dengan kegembiraan.

Selamat untuk Dr Apin dan keluarga...



Rgds
@dianariestri
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
2k.

Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto

Posted by: "vanessa sutopo" psycho_laziale@yahoo.com   psycho_laziale

Sat Dec 3, 2011 4:02 pm (PST)



Dr apin

Selamat ya..selamat menjadi breasteeding father..


Vanessa
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
2l.

Re: OOT. Selamat untuk kel dr Arifianto

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Sat Dec 3, 2011 4:09 pm (PST)



Selamat ya dok
Semoga makin seru hari2nya, nambah anak nambah bahagia dan sejahtera..

Regards,
Marcella
*kebayang bau newborn tiba2...wangiiii
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
3a.

Re: Film 'Awakening' penyakit apa ?

Posted by: "alifah davida" alifah.davida@gmail.com   alifah_davida

Sat Dec 3, 2011 9:45 am (PST)



Wah pada ngomongin 'Awakening' yah. Akting Robert De Niro luar biasa di
film ini, hehehe...kok jadi review film :)
Film ini terinspirasi dari kisah non fiksi yang ditulis oleh Oliver Sacks,
MD, berdasarkan pengalamannya, judul bukunya sama dengan judul film-nya
'Awakening'. Nama penyakit yang dimaksud adalah encephalitic lethargica
yang memang pernah jadi endemik di dunia setelah World War I (1917-1928).
apa sih itu, bisa dilihat di sini yah:
http://www.ninds.nih.gov/disorders/encephalitis_lethargica/encephalitis_lethargica.htm
http://www.medlink.com/subscribe_server.asp?UID=MLM002QH

regards,

--Alifah--

[Non-text portions of this message have been removed]

4a.

Re: OOT: mhn share Toddler tidur gelisah

Posted by: "alifah davida" alifah.davida@gmail.com   alifah_davida

Sat Dec 3, 2011 9:49 am (PST)



Mbak Liza,
Kalau menurut teman psikolog saya, mengigau itu adalah upaya emosi
tersumbat untuk mengeluarkan diri. Karena dalam keadaan sadar tersumbat
atau disumbat, jadinya mengalir di bawah sadar. Apapun itu, bisa menangis,
berteriak, tertawa, dan lain-lain.
Mungkin bisa diobservasi kondisi-nya, dibereskan sibling
rivalry-nya, difasilitasi rasa 'marah'/kecewa-nya dengan benar.

regards,

--Alifah--

[Non-text portions of this message have been removed]

5a.

Re: [ask] berat badan kurang

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Sat Dec 3, 2011 12:58 pm (PST)



(Maaf kalau masuk beberapa kali, email sedang error)

Dear Mba Diba,

Maaf g ngikuti threadnya sejak awal. Saat ini anaknya umur berapa? Sudah positif penegakan diagnosis asmanya?
Penanganannya sudah banyak dibantu Mbak Ira ya.
Mba sudah download dari www.ginasthma.com ? Di situ lengkap sekali guideline / tata laksananya.

Mau komen sedikit mengenai pernyataan Mba berikut :

" iya ibrahim usia 20 bulan sempat di mantoux karena bb tidak naik dan
sebelumnya batpil disertai panas setelah imunisasi campak. pengobatan 3
bulan dan menurut dsa sudah bagus "

Monik :
Maksudnya Tes Mantoux nya positif? Pengobatan 3 bulan itu maksudnya Terapi TB / OAT?
BB tidak naik kan bukan hanya/belum tentu karena TB, banyak faktor.
Batpil + panas setelah imunisasi campak: Panas = KIPI Campak. Batpil: common cold infeksi virus.

Maaf banyak bertanya

F.B.Monika

5b.

Re: [ask] berat badan kurang

Posted by: "nisriin usman" nisriinusman@gmail.com

Sat Dec 3, 2011 4:09 pm (PST)



sebelumnya mau ucapkan terima kasih ke mas anto atas banyak masukannya.

kalau menggunakan inhaller. apa ada efek sampingnya. maksud saya jadi
ketergantungan. dihirup apa bisa dengan nebulizer (inhalasi) juga?

iya. sekarang 4 tahun 5 bulan. januari genap 4.5 tahun kelahiran 1 juli
2007.

terima kasih

[Non-text portions of this message have been removed]

6.

Re: (OOT) Selamat!-Tes Mantoux Mba Dhita

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Sat Dec 3, 2011 2:14 pm (PST)



Dear Mba Dhita,

Sebenarnya baiknya ganti subject ya..
Quote dari Mba :

" Ia bilang ga perlu tes mantoux kalo tidak ada gejala2 signifikan"

Monik :
Jadi ART yg kontak dekat dengan anak Mba sudah Positif TB berdasarkan hasil Tes BTA?
Kalau ya, maka anak Mba harus segera di Tes Mantoux agar dapat ditentukan mendapat OAT dosis Profilaksis / Terapi (Bila Scoring 6).

F.B.Monika

7a.

Re: Butuh Penguatan demam hingga 40dercel

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Sat Dec 3, 2011 2:27 pm (PST)



Dear Mba Indah,

Pertama, tingginya demam tidak berbanding lurus dengan keparahan penyakit. Walau waspada bila demam >41 Cn itupun perlu di crosscheck keakuratan termometer pengukur suhunya. Yg penting perhatikan klinis anak, adakah tanda2 kegawatdaruratan.

Salah satu efek demam adalah dehidrasi, kulit kering, bibir pecah2 sudah mulai tahap awal sekali dehidrasi ringan. Genjot intake cairannya ya.

Setuju seingat saya Bye bye Fever itu cold compress, ganti dengan kompres hangat terutama di selangkang, ketiak. Bila keringatan segera ganti bajunya, pakaian baju yg nyaman ya..

Semoga cepat sembuh anaknya


F.B.Monika
8a.

panas sejak hari senin

Posted by: "yana" yantul_imoet@yahoo.com   yantul_imoet

Sat Dec 3, 2011 3:00 pm (PST)



Dear docs and sps...

Anakku maleeq 2yr 5mo sejak hr senin lalu badannya panas. Awalnya minggul lalu dia batpil dan hr seninnya badannya panas di sekitar 38dercel, aku ga ksh parcet krn gejala klinis anak baik2 aj dan aku pikir wajar klo batpil jg biasanya panas shari doang. Hr selasa suhu badan normal msh agak batpil tp dia mainan semprotan air sm spupunya. Hr rabu panas lg. Hr kamis msh tetep panas malah naik hingga 39dercel, klinis anak mulai lemas, mengeluh perutnya sakit, badan menggigil dan masih batpil jd aku ksh parcet. Dahaknya byk tp alhamduliah dia minta air putih terus. Oya panasnya on off. Pagi-siang sumeng2, sore normal, menjelang tidur sumeng lg, tengah mlm panas manteng di 39. Hr jumat aku bw k dsa krn udh lebih dr 3x24jam. Oleh dsa di diagnosa ISPA di oleh2in ventolin.

Biasanya maleeq batpil ga pernah minum obat, mentok cm parcet doang klo demam. Karena ini pertama kalinya maleeq batpil dgn suhu panas badan yg sudah lebih dr 5hr jd aku ksh obatnya. Tapi hingga tengah mlm td tdk ada perubahan justru suhu badannnya hingga 40.2dercel, badan menggigil dan masih ngeluh perutnya sakit. Udh di ksh parcet panas ga turun hanya keringetan aj

Hari ini berarti hr ke-3 minum ventolin+parcet dan hr ke-5 minum parcet. Kira2 aku mesti gmn ya ? Hr ini hr ke-7 dia demam. Apa hrs cek darah dan urin ? Pgn k markas tp lokasi aku jauh, markas di ragunan aku di jkt timur. Ga yakin klo k UGD ntar obatnya aneh2 lg.

Maaf kepanjangan, ini bnr2 pengalaman yg menyedihkan. Mohon bantuannya. Thx


yana
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
8b.

Re: panas sejak hari senin

Posted by: "asamisunt@gmail.com" asamisunt@gmail.com   floreanwl

Sat Dec 3, 2011 3:22 pm (PST)



Maaf g bisa bantu banyak, cuma mau tanya batuknya seringkah?jika ya bisa jd perutnya sakit karena ketarik2 saat batuk, pengalaman anak saya beberapa waktu lama mengeluh perutnya sakit setelah ia batuk2..

Untuk demam selama masih terjadi infeksi, demam akan terus berlangsung, demam itu salah satu bentuk pertahanan tubuh untuk melawan penyakit. Penyebab batpil umumnya karena virus (virus akan mati di suhu yg tinggi)...
Pemberian parcet sifatnya menyamankan tidak baik jika dilakukan berlebihan dan terlalu lama,parcet tidak menyembuhkan,dia hanya menurunkan demam beberapa derajat dalam beberapa waktu.beri parcet jika benar2 dperlukan (demam tinggi,anak rewel) selain parcet bisa jg dlakukan skin to skin kontak,kompres hangat (d tengkuk,selangkangan dan ketiak),dan berendam air hangat.

Saat anak batpil dan demam usahakan banyak cairan yg masuk, cairan bisa mempermudah dahak keluar dan mencegah dehidrasi.

Untuk behaviour lainnya bagaimana?observasi terus ya..
untuk tes urin dan cek darah tidak perlu ya..sebab sepertinya demam karena batpil.. Cmiiw


Salam
Santy
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
8c.

Re: panas sejak hari senin

Posted by: "chitra.tifanny@gmail.com" chitra.tifanny@gmail.com

Sat Dec 3, 2011 3:36 pm (PST)



Mba yana,
Yang sabar ya, emang kalo anak sakit kita khawatir ya. Tapi jgn sampe kita jadi panik krn bs membuat kita jadi irum. Mba masih punya file waktu awal join kan ? Coba dibaca2 lagi mba, kalo diagnosa dari dokternya ISPA kan penyebabnya virus jd self limitting deasses, akan sembuh dgn sendirinya.
Dan sependek pengetahuan saya utk obat batuk hanya perbanyak fluid aja.
Saya pernah tergoda membeli obat batuk waktu anak saya batpil tp setelah saya baca2 lagi efek sampingnya koq ya ngeri dan memang tdk perlu jadi saya perbanyak sabar sama observasi ketat aja.
Ga ada tanda kegawatdaruratan kan mba ? Kalo demamnya lama ya mungkin krn memang virusnya masih ada.

Smg cpt sembuh ya

Salam,
Chitra
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
8d.

Re: panas sejak hari senin

Posted by: "yana" yantul_imoet@yahoo.com   yantul_imoet

Sat Dec 3, 2011 3:37 pm (PST)



Batuknya saat ini tdk terlalu sering. Tdnya aku pikir jg krn batpil sakit perutnya, krn ketarik-tarik. Tp ini ngeluh perutnya sakit hanya ketika demam tinggi dan menggigil. Untuk kompres br td mlm, skin 2 skin sejak hr kamis sudah di lakukan krn dia maunya tidur di gendong sambil aku posisi setengah duduk. Panasnya udh nempel bgt ke badanku.

BAK dan BAB normal. Tidak mengeluh sakit. Minum air putih byk krn dia jg minta minum terus. Saat ini dia msh tdr, bagaimana ya klo pas bangun dan klinisnya msh lesu dan demam? Hrs parcet lg kah ? Jg bagaimana nanti mlm klo seperti td mlm yg hingga 39dercel lebih dan menggigil ? ‎​ƮƕǎƞƙƴÇ'ǘ


yana
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
8e.

Re: panas sejak hari senin

Posted by: "nisriin usman" nisriinusman@gmail.com

Sat Dec 3, 2011 4:18 pm (PST)



dearmama maleeq

maaf ga bisa bantu banyak coba balurkan minyak zaitun sesering mungkin.
untuk redakan panasnya. coba kasih obat herbal mba. kunyit airnya saja
dengan madu. anakku yg kedua jarang kena obat. semoga bermanfat

diba (mama ibrahim)

[Non-text portions of this message have been removed]

9a.

Re: Ga suka tengkurep

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Sat Dec 3, 2011 4:07 pm (PST)



Gpp jeung, gak suka tengkurep.
Kalau dia kagetan, puterin musik yang tenang mengayun, lampu gak terlalu terang, syukur2 ada baby monitor, kalu dia bunyi: huaaaa...(*nyari mamanya), mbak bisa denger dan langsung lari masuk kamar : aim hirrr beibee...gitju misalnya.

Sekedar usul hasil trawangan, kalau saya jadi si liam, kayaknya enaknya diapain sama emakku tersayang... Tapi berhubung beda pribadi, trawangan saya bisa aja gak cucok, he2.

Regards,
Marcella
*slamat ke Gereja jeung
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Health

Early Detection

Know the symptoms

of breast cancer.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Biz Resources

Y! Small Business

Articles, tools,

forms, and more.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: