Friday, December 2, 2011

[sehat] Digest Number 16621

Messages In This Digest (25 Messages)

1.1.
Re: (OOT) Selamat! From: wulan
1.2.
Re: (OOT) Selamat! From: tristanathan
1.3.
Re: (OOT) Selamat! From: Inta
1.4.
Re: (OOT) Selamat! From: shanti artha
1.5.
Re: (OOT) Selamat! From: wurihandayani@indosat.blackberry.com
1.6.
Re: (OOT) Selamat! From: Vera
2a.
Re: Info pendonor asi From: Yosy Natalya
3a.
Re: [Sharing] Mamalia ASI From: rezka MommaAZKA
3b.
Re: [Sharing] Mamalia ASI From: wulan
3c.
Re: [Sharing] Mamalia ASI From: Yudi
3d.
Re: [Sharing] Mamalia ASI From: Inta
3e.
Re: [Sharing] Mamalia ASI From: Yudi
3f.
Re: [Sharing] Mamalia ASI From: Dina_Bundadanishali
3g.
Re: [Sharing] Mamalia ASI From: wurihandayani@indosat.blackberry.com
4a.
Re: (TANYA) mata silinder pada anak From: putri suhendro
4b.
Re: (TANYA) mata silinder pada anak From: s_thasya@yahoo.com
4c.
Re: (TANYA) mata silinder pada anak From: -imelda
4d.
Re: (TANYA) mata silinder pada anak From: -imelda
4e.
Re: (TANYA) mata silinder pada anak From: s_thasya@yahoo.com
5a.
Re: [OOT] terima kasih milis sehat From: wulan
5b.
Re: [OOT] terima kasih milis sehat From: mutiara.santoso@yahoo.co.id
6a.
Re: [HELP] Pertama diberi MPASI beras merah+ASI ada bercak merah di From: wulan
7.
[news]  Epidemi HIV/AIDS Mengerikan From: /ghz
8.
(Tanya)Batuk bunyinya "kung" From: Siska
9.
Belum daftar PESAT 6 Jawa Timur 2012? Daftar segera yuk Smart Parent From: pesatsby@gmail.com

Messages

1.1.

Re: (OOT) Selamat!

Posted by: "wulan" wulan.wuls@gmail.com   wulanokey

Thu Dec 1, 2011 7:11 pm (PST)



Selamat untuk dr Hafiz n dr John!

Didoakan yg terbaik buat dr. Anto, semoga bs segera nyusul sekolah..

Cepet sembuh untuk bunda n dr. Windhi

Dan spt doa2 sps lainnya, semoga semakin bnyk dokter2 muda lainnya yang mau dan bisa bergabung dgn YOP

Rgds,
- Wulan -
@wulsnih

1.2.

Re: (OOT) Selamat!

Posted by: "tristanathan" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Thu Dec 1, 2011 7:14 pm (PST)



waaaahhh...
kalo gitu kita ikut ndoain om anto sekolah ilmu penyakit dalam deh, hehe..
biar punya referensi internis yang asyik :D

baca email bunda, rasanya campur aduk, seneng, sedih, bingung
seneng buat para dokter
sedih dan bingung buat bbrp temen saya yg udah jatuh cinta sama mereka,
hehe.. pasti mereka akan kehilangan dokter yang selama ini asyik diajak
tango.

wish all of you a good luck...!!

-ria-

2011/12/2 <purnamawati.spak@cbn.net.id>

> **
>
> Didoakan sekolah!
> Kalau gak ilmu kes anak, ya ilmu penyakit dalam
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

1.3.

Re: (OOT) Selamat!

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Thu Dec 1, 2011 7:15 pm (PST)



Baca email bunda pagi2 mellow.

Selamat yaaah dr. Hafiz, dr. Jon.

dokter Anto, asiiik kembali praktek di markas kah *winkwink*
dokter windhi cepeeeeet sehat yah. Bunda semoga sehat selalu yaah bun.

Doa kami menyertakan setiap langkah kalian.

Cheers, Inta
@Intamardwityo
terkirim dari henponkuh

1.4.

Re: (OOT) Selamat!

Posted by: "shanti artha" shanti_nartha@yahoo.com   shanti_nartha

Thu Dec 1, 2011 7:27 pm (PST)



Dear Buuun....dr. Windhi....cepet sehat yaaa...(special wishes for both of you who could change my hubby to be a RUM father and pharmacist :) )
 
dr. John dan dr. Hafizh...selamat yaa...
saya cukup beruntung bertemu dokter2 ini waktu baru melahirkan akhir tahun 2010 kemarin...
semoga di tempat yang baru, dokter2 bisa membuat wabah RUM makin meluas...IMD dan ASI juga semakin memasyarakat :)
 
Salam,
Shanti
-Bradhna's Mom-

[Non-text portions of this message have been removed]

1.5.

Re: (OOT) Selamat!

Posted by: "wurihandayani@indosat.blackberry.com" wurihandayani@indosat.blackberry.com   riri_bubunnyarama

Thu Dec 1, 2011 7:33 pm (PST)



Dr. Anto,

Pastinya dong didoain,biar Indonesia makin kebanjiran dokter2 pintar dan baik yg lebih berfokus/peduli terhadap kesehatan&keselamatan pasien.

All d best for all great doctors here...and evrywhere!

Cheers,


Wuri
Bumil 17m+Bubunnya Rama 3thn 6bln.


Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
1.6.

Re: (OOT) Selamat!

Posted by: "Vera" vera.sinaga@yahoo.com   vera.sinaga

Thu Dec 1, 2011 8:08 pm (PST)



Mau ikutan ucapin selamat jugaaa buat dr Hafiz(ketemu 2x ya kl ga salah buat imunisasi:)) dan dr John (ketemu sekali di ugd waktu anak saya sakit mata:)) Seneneg banget bisa kenal sama dokter-dokter yang hebat ini :)

Semoga semuanya berjalan lancar dan sukses sampai nantinya bisa mencapai cita-cita. Amin.

Nyelip dikit tanya dr Wati, dok saya setiap mau ke dr Wati selalu ada halangan, dari dulu (sekarang anak saya sudah 3 th). Dulu bisa dapet jadwal, eh dpt telp dr Wati ga praktek, dr Wati praktek eh ga bisa karena full :(
Barusan telp sudah full juga untuk besok. Semoga sabtu minggu depan bisa ketemu ya dok, mau konsultasi aja.

Thanks

Vera-Mamanya Chelsea :)

--- In sehat@yahoogroups.com, purnamawati.spak@... wrote:
>
> Dear all
>
> Selamat pagi
> Maaf pagi2 OOT dan bikin penuh inbox
>
> Lagi flu berat (tumbang juga setelah satu persatu anggota keluarga tumbang - hiks)
>
> Kemarin sore, jalan kaki ke KMC
> Duduk di cafe - sudah menunggu dr Hafiz dan dr John (dr Farisda ada pasien)
> Ceritanya ... A very simple gathering untuk wishing those two guys good luck!
>
> Iya!
> Dr Hafiz hari ini berangkat dg Xenia hijaunya ke Palembang
> Sekolah! Anestesi
> Doakan saja setelah masa "kritis pertama" (biasanya 2 tahun pertam$a sekolah), dr Hafiz bisa buka klinik sehat di Palembang. Aamiiin
>
> Senin - dr John berangkat ke Solo. Sekolah! ObGyn
> Jadi warga Solo ada harapan nih ketemu obgyn pro IMD, asi eksklusif, RUM
>
> Doakan mereka sukses dan gak lupa sama kita ya hehehe
>
> Posisi YOP ... Semua sedang sekolah
> Dr Anto sebentar lagi sekolah (aamiin) - untung dr Anto sudah mulai praktek lagi (didoakan banyak pasien biar ada tabungan buat sekolah - kan sekolah mahal!)
>
> Dr Windhi - mg2 kemarin sakit (pls jaga kesehatan dan muakaaannnn!!!) - kan rakyat papua kepingin Windhi cepat selesai dan bantu mereka
>
> Yuk sama2 kita doakan
> Semoga dimudahkan, lancar
> Bisa berbuat banyak buat orang Indonesia (gak melulu kuratif tapi di preventif promotif - meski bidang inoi "tidak populer" dan "kering")
>
> Wishing you all "good luck"
> Be strong
> Daaan ingat kita2 terus yaaa
>
> Love
> Wati
>
> Patient Safety, first
>

2a.

Re: Info pendonor asi

Posted by: "Yosy Natalya" yosy_nana@yahoo.com   yosy_nana

Thu Dec 1, 2011 7:11 pm (PST)



Coba dinenenin langsung aja dulu, mbak. -sol

Cheers,
Yosy Natalya
@mizzwabbit
http://bubblegumberry.tumblr.com

3a.

Re: [Sharing] Mamalia ASI

Posted by: "rezka MommaAZKA" lopelope_funky@yahoo.com   lopelope_funky

Thu Dec 1, 2011 7:12 pm (PST)



Baca ini,,
Tekad tambah kuat,,
Utk gak boleh gagal lg kasih ASIX bwt ade nya azka ntr kl dksh rezeki lg,,
Jaman azka dl msh jaman kegelapan,,
Maafkan mama ya nak !

rezka
sent from mommaazkaberry

3b.

Re: [Sharing] Mamalia ASI

Posted by: "wulan" wulan.wuls@gmail.com   wulanokey

Thu Dec 1, 2011 7:19 pm (PST)



ga perlu panik dong pak. Susu sapi ga segitu mengerikannya kok. Lah, WHO pun menyebutkan kl asi ibu tdk memungkinkan, disarankan asi donor. Jk asi donor tdk ada diperbolehkan untuk konsumsi sufor dari susu sapi kok.

*gak potek
Rgds,
- Wulan -
@wulsnih

-----Original Message-----
From: Yudi <usercourant@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Fri, 2 Dec 2011 10:46:54
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] [Sharing] Mamalia ASI

Apakah berarti minum susu UHT pun tidak boleh? Kalau tidak boleh kacau deh
secara anak saya suka sekali minum susu UHT. Bisa2 saham produsen susu pada
jeblok semua nih :P

2011/12/2 Yeptirani Syari <sehat.syari@gmail.com>

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

3c.

Re: [Sharing] Mamalia ASI

Posted by: "Yudi" usercourant@gmail.com   usercourant

Thu Dec 1, 2011 7:29 pm (PST)



Ga panik kok, hanya bertanya :P cuma berempati dan ber-perikebinatangan
dengan para sapi :D

Ini konteksnya saya adalah anak yang sebetulnya sudah selesai ASI dan
sekarang sedang suka dengan UHT. Kalau memang tidak disarankan mau saya
hentikan sedikit-sedikit.

2011/12/2 wulan <wulan.wuls@gmail.com>

> ga perlu panik dong pak. Susu sapi ga segitu mengerikannya kok. Lah, WHO
> pun menyebutkan kl asi ibu tdk memungkinkan, disarankan asi donor. Jk asi
> donor tdk ada diperbolehkan untuk konsumsi sufor dari susu sapi kok.
>
> *gak potek
> Rgds,
> - Wulan -
> @wulsnih
>

[Non-text portions of this message have been removed]

3d.

Re: [Sharing] Mamalia ASI

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Thu Dec 1, 2011 7:32 pm (PST)



Pak Yudi,

Intinya mah cuma satu. Gak berlebihan. Silahkan dikonsumsi seperlunya. Saya termasuk yang percaya apapun yang diciptakan Tuhan itu yang disediakan untuk kita. Gak usah pusing macem2 laaah.

Cheers, Inta-penyuka susu UHT, bangetttt!
@Intamardwityo
terkirim dari henponkuh

3e.

Re: [Sharing] Mamalia ASI

Posted by: "Yudi" usercourant@gmail.com   usercourant

Thu Dec 1, 2011 7:33 pm (PST)



sip. thanks. sol

2011/12/2 Inta <dini.maesarinta@gmail.com>

[Non-text portions of this message have been removed]

3f.

Re: [Sharing] Mamalia ASI

Posted by: "Dina_Bundadanishali" danishapramesvari@gmail.com   adin_zahra

Thu Dec 1, 2011 8:06 pm (PST)



hehe,

ga tahan kepengen nimbrung...

cmiiw ya....

IMHO, Kalo saya, mikirnya gini....

Suatu organisme hidup akan selalu membutuhkan organisme lain dan
lingkungan hidupnya. Dan, Tuhan menciptakan sesuatu adalah dengan
tidak sia-sia. Semuanya ada tujuan. Semuanya diciptakan dengan penuh
hikmat. Semuanya diciptakan dengan manfaat-manfaat yang dapat dipetik
oleh manusia yang beriman dan berilmu.

Kebetulan saya muslim, jelas bangett di Quran, bahwa susu adalah salah
satu manfaat yg bisa didaptkan dari hewan oleh manusia...

Nah terus?

Yaa gituu, memang semua makluk di bumi ini diciptakan dengan kodratnya masing2.

Coba inget2 ttg pelajaran biologi dulu, inget2 soal rantai makanan,
ekosistem, simbiosis mutualisma/parasitisma dll.Semuanya saling
terhubung dan Alhamdullilahh, dunia bisa terus berputar...:)

kalo liat singa mangsa rusa di hutan. Mungkin ada yg mikirr, ya ampunn
tuh singaaa kejemmm bangeettt yaaaa...huhuhuu (terharu liat rusa
mungil yg lucu dimangsa ama singa), Kalo yg kena mangsa ibu rusa,
anak2 rusa gimana? Kasiannn yaaa...dll..dll...
lhah tapi kalo ga makan rusa, si singa makan apa? Lhah kodratnya dia
makan rusa (daging).

itu cuman contohh simpleee bangett yaaa. Bukan berarti trus, semua2
kondisi disama2in ama yang diatas...

balik lagi soal susu sapi. Kalo kita lihat emang manusia kebablasen
kok kadang2 (ga semuaaa, oknuummm...:)
Dulu awal2 manusia ada di bumi, kebuthan susu mungkin cuma sedikit.Dan
ekosistem + rantai makanan masih seimbang. Seiring berjalannya
waktu,hukum ekonomi berbicara : SUPPLY VS DEMAND...

Nah harus dipertanyakan kenapa demandny banyakk bangettt. Kenapaa
manusia jadi bannyak bangett butuh susu sapi---> produsen susu sapi
jadi produksi banyak juga dong---> duitt ---> promosi gencar2an --->
duittt---> promosis gencar ---> ASI kalah dgn susu sapi ---> Susu is
everything and the best ---->demand meningkat--->
duittt....dll2...efeknya? yaa salahsatunya ya yang diceritakan oleh
dek win di email pertama

Nahh, kompleksss kannn.....
Bukan berarti membela diri kita sebagai manusia ya, cuman memang 2
kadang manusia itu mikirnya enaknya doang...dan hilanglah itu peri
kemanusiaan dan perikehewanan kita...hehehe

jadi kesimpulannya: ya balik lagi bahwa semuanya diciptakan dengan
penuh hikmat. Ya sapi, ya kambing, ya nyamuk, singa, dlll...Semuanya
diciptakan dengan manfaat-manfaat yang dapat dipetik oleh manusia yang
beriman dan berilmu.

prihatin sekali dgn praktek2 pemanfaatan makhluk hidup yang tidak
berperikemanusiaan (dan berperikehewanan:).

Lhah, terus untuk case diatas,langkah real yg bisa kita lakukan apa?

yaa, mungkin lho ya mungkinn (IMHO-menurut sayaa yaa:) bisa dengan:
Menggunakan ASI hehe, Minum susu hewan secukupnya saja tidak
berlebih2an, kampanyekan dgn tidak mengenal lelah ttg ASI ke temen,
sodara , tetangga dsb dan coba ubah mindset masyarakat tentang susu
bukan yg utama....dll...dll....

Saya yakin kita2 disini, InsyaAlloh adalah manusia yg beriman dan
berilmu (Smart Parents kan ya :p), InsyaAlloh kita bisa mengambil
langkah yg bijak dan bermanfaat bagi sesama dan alam sekitar. Aminnn
Ya Robbal Alamin...

salam sehat,

maaf kalo panjang
(ngingetin diri sendiri juga soalnya-hehehe)

--
Dina Kurniasari
"Semoga semua bayi di dunia mendapat ASI dari ibunya"

3g.

Re: [Sharing] Mamalia ASI

Posted by: "wurihandayani@indosat.blackberry.com" wurihandayani@indosat.blackberry.com   riri_bubunnyarama

Thu Dec 1, 2011 8:09 pm (PST)



Setuju....segala yg berlebihan itu gak baik...:)

Yg penting bismillaaaahh,minta sm Tuhan supaya diberikan yg terbaik..lagian,Tuhan kan nyiptain org2 pinter ada alasannya,sampe bisa bikin vaksin,bs bikin antibiotik, bikin susu formula yg 'katanya' menyerupai ASI...artinya kl emang mentok gak bs kasih ASI, gak bs dpt donor ASI, dan emang kudu kasih sufor, ya insyaAllah itu jg bs jd baik utk anak...

Semua asal dikonsumsi sesuai dgn porsi dan sesuai fungsi,InsyaAllah baik kok...

Don't over-think evrything...

Cheers,


Wuri-pecinta susu sapi pasteurisasi....:p (*nggak mo kalah sm Mbak Inta)
Bumil 17m+Bubunnya Rama 3thn 7bln

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
4a.

Re: (TANYA) mata silinder pada anak

Posted by: "putri suhendro" poetpoetrie@gmail.com   poet_poetrie

Thu Dec 1, 2011 7:15 pm (PST)



Dear ibu Rafic,

Saya dulu ketahuan silider usia 6 tahun. Waktu itu silinder 1 minus 1 untuk
masing2 kanan dan kiri. Sebetulnya kecurigaan ibu saya ada kelainan mata
pada saya udah sejak saya usia 4 tahun. Cuma waktu itu dokternya belum
yakin karena, waktu usia segitu belum terlalu ngeh sama huruf2, jadi mau
ditesnya juga sulit.

Dokter mata menjelaskan silinder itu kelainan bentuk pada bola mata. Bila
orang normal itu bola matanya bulat, sedang pada yang silinder bola matanya
agak lonjong. Nah, tingkat silinder itu berdasarkan pada kelonjongannya.
Semakin lonjong maka silinder akan semakin tinggi. Karena bola mata yang
lonjong inilah yang menyebabkan bayangan yang masuk tidak fokus tertangkap
retina.
Silinder pada anak yang masih muda begini umumnya kelainan bola mata sudah
terjadi sejak lahir. Alasannya apa, pencetusnya umumnya genetik. Tapi di
luar itu dokternya nga tahu. Kebetulan juga ayah saya silinder, ibu saya
pun pakai kacamata.

Apakah silinder bisa sembuh? Kebetulan di saya sembuh, walau setelah 20
tahun, ehhehehe. Itu pun berangsur2 dan tampaknya disebabkan pemakaian
contact lens saat dewasa. Dan yang jelas saya sampai sekarang tetap minus.
Minus 9 dan 10 ;-))
Oya, di-laser juga bisa sembuh pada beberapa orang. Tapi kata dokter lagi
untuk silinder yang sifatnya progresif di-laser pun hanya menolong
sementara, karena bisa juga setelah di-laser perlahan bisa silinder lagi.

Ini ada artikel sederhana berbahasa indonesia mengenai silinder
http://www.blogdokter.net/?s=MATA+SILINDER

PUTRI

[Non-text portions of this message have been removed]

4b.

Re: (TANYA) mata silinder pada anak

Posted by: "s_thasya@yahoo.com" s_thasya@yahoo.com   s_thasya

Thu Dec 1, 2011 7:47 pm (PST)



Hehe....
Jadi senyam-senyum malu sendiri...anakku yg 7thn...baru seminggu ini akhirnya pake kacamata.
Gak ada minusnya,tp silindrisnya gede (kanan 1,kiri 2). Saya juga bingung...kalo tanya dr sp.matanya,katanya keturunan(saya mmg silindris agak besar juga),trus pas browsing,katanya karna terpapar sinar dari media elektronik (tv,komputer)..
Padahal,kalo diinget2...anakku itu cuma dapet 'jatah' utk pake komputer (browsing) selama 1jam/minggu,nonton TV juga sangat terbatas....trus sayur favoritnya wortel kukus. Jadi bingung juga penyebabnya apa ya...? Trus,bisa dicegah gak siy sebenernya?
Oiya,satu lagi....anakku ini buta warna parsial...bisa 'dilatih' gak ya matanya supaya lebih 'normal'. Hehe,sbtlnya ini lucu-lucu-enggak siy...dia klo ambil baju suka ga matching warnanya....karna dia pikir itu celana biru-padahal ijo....trus dia pasangin sama baju coklat-karna dia kira merah....kalo di-intervensi terus milih warna bajunya,kan jadi gak baik ya...

Eh,maaf ya mbak...bukannya bantuin malah ikut nanya...
Powered by Telkomsel BlackBerry®
4c.

Re: (TANYA) mata silinder pada anak

Posted by: "-imelda" imelda.santos@gmail.com   imeldamarliana

Thu Dec 1, 2011 7:49 pm (PST)



Buat mbak thasya,

Sudah cek buta warna? Bukannya nakut2in, tp kok gejalanya sama ma temen saya yg buta warna dr kecil...

-imelda

Sent from my smartphone supported by my lovely hubby

4d.

Re: (TANYA) mata silinder pada anak

Posted by: "-imelda" imelda.santos@gmail.com   imeldamarliana

Thu Dec 1, 2011 7:54 pm (PST)



Silinder termasuk dalam cacat mata. Jadi ga bisa disembuhkan.

Penyebabnya? Masih belum jelas. Keturunan, pemakaian barang elektronik yg sering dipersalahkan.

Pengalaman saya sendiri, saya mempunyai minus karena terbiasa memakai kacamata kakak saya. Sepertinya, keren banged bisa pake kaca mata, jd saya suka pinjam kacamata kakak saya. Buat main jadi guru atau pura-pura belajar membaca.

Sedangkan saya mulai silindris, sejak suka pakai kacamata yg kacanya kecil. Jd suka memaksakan melihat jarak jauh di luar batas kaca (mudah2an ngerti maksud saya ya)

-imelda
Sent from my smartphone supported by my lovely hubby

4e.

Re: (TANYA) mata silinder pada anak

Posted by: "s_thasya@yahoo.com" s_thasya@yahoo.com   s_thasya

Thu Dec 1, 2011 8:04 pm (PST)



@mba imelda: sudah cek buta warna mbak....dan hasilnya memang buta warna parsial. Nah...itu bisa dilatih/ disembuhkan gak ya? Udah browsing,tp blm nemu info yg tepat....

-thasya-
Powered by Telkomsel BlackBerry®
5a.

Re: [OOT] terima kasih milis sehat

Posted by: "wulan" wulan.wuls@gmail.com   wulanokey

Thu Dec 1, 2011 7:15 pm (PST)



Jempol yang banyak buat mba nada! Hebat! Semangat terus yaaa..

Rgds,
- Wulan -
@wulsnih

5b.

Re: [OOT] terima kasih milis sehat

Posted by: "mutiara.santoso@yahoo.co.id" mutiara.santoso@yahoo.co.id   mutiara.santoso

Thu Dec 1, 2011 7:36 pm (PST)



Milis sehat super duper...

*^_^*
-Mutiara-
(Ibu yg bru sadar RUM)
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
6a.

Re: [HELP] Pertama diberi MPASI beras merah+ASI ada bercak merah di

Posted by: "wulan" wulan.wuls@gmail.com   wulanokey

Thu Dec 1, 2011 7:24 pm (PST)



Mba sudah coba ke www.milissehat.web.id ? Ke kolom pencarian, ketik mpasi. Lengkap dan jelas kok

Rgds,
- Wulan -
@wulsnih

7.

[news]  Epidemi HIV/AIDS Mengerikan

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Thu Dec 1, 2011 8:02 pm (PST)



fyi





[Click To Enlarge]
<http://pmlseaepaper.pressmart.com/mediaindonesia/PUBLICATIONS/MI/MI/2011/12/02/ArticleHtmls/Epidemi-HIVAIDS-Mengerikan-02122011001007.shtml?Mode=1#>

*Beberapa kebijakan soal penanggulangan HIV perlu dikoreksi, terutama
perubahan strategi sosialisasi kondom yang efektif.*

PENGETAHUAN ma syarakat tentang HIV/ AIDS (human immuno deficiency
virus/acquired immune deficiency syndrome) dan kesadaran menggunakan
kondom pada hubungan seks berisiko tinggi menurun jika dibandingkan
dengan tahun-tahun sebelumnya. Penurunan itu berkontribusi besar
terhadap tingginya epidemi HIV/AIDS di Indonesia (lihat grafik).

Demikian hasil Surveilans Terpadu Biologis dan Perilaku (STBP) di 11
provinsi, yaitu Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Lampung, DKI Jakarta,
Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTT, Maluku, dan Papua.
Pengumpulan data dilakukan pada Januari-Maret 2011.

"Untuk itu perlu dilakukan koreksi terhadap beberapa kebijakan soal
penanggulangan HIV, terutama perubahan strategi sosialisasi kondom yang
efektif dan pengurangan risiko narkoba," kata Dirjen Pengendalian
Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes)
Tjandra Yoga, kemarin di Jakarta.

Menurut Direktur Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes M
Subuh, responden yang disurvei 7.034 pekerja seks komersial (PSK), 4.899
pria berisiko tinggi tertular HIV, 1.089 waria, 1.250 lelaki suka seks
dengan lelaki, 200 narapidana LP, dan 7.022 pelajar SLTA.

Dari survei tergambar pengetahuan HIV/AIDS di kalangan pengguna jarum
suntik narkoba turun dari 60% pada 2007 menjadi 43%. Di lingkungan
remaja juga turun dari 22% menjadi 19%, dan di kalangan homosek sual
dari 37% menjadi 26%.
Rendahnya pengetahuan kaum muda akan HIV/AIDS juga terjadi di Kalimantan
Tid mur. Padahal, penderita HIV/ AIDS di provinsi itu sebagian besar
berusia produktif. Begitu juga dengan di Klaten, Bali, dan daerah lainnya.

"Baru 30% siswa SLTP dan SLTA yang mengerti mengenai HIV/AIDS," ujar
Sekretaris i Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kalimantan Timur Jurs
nanto, di tempat terpisah.

Saat menanggapi hasil survei tersebut, Tjandra Yoga menam, bahkan
beberapa strategi baru a dalam mencegah penyebaran , HIV telah
dilakukan. Misal . nya, pemerintah menyediakan puskesmas yang melayani
kon sultasi dan pengobatan HIV.

Di samping itu, pemerintah juga telah menerapkan standar baru pemberian
terapi antiretro viral (ARV), yakni pada pengidap HIV dengan kondisi CD4
(sel T pembantu) dalam tubuh berada di ukuran 350. "Dulu terapi ARV baru
diberikan jika konsentrasi CD4 menurun hingga 200 per sel , (sudah
AIDS)," ujarnya lagi.

Hari AIDS setiap 1 Desember, diperingati di berbagai daerah dengan
berbagai kegiatan.

Di Semarang, aktivis membas gi-bagikan bunga kepada peng guna jalan
raya. Di Sleman di9 lakukan pemberian pita, dan di NTT kampanye memutus
rantai , penularan HIV. Di Purwokerto, aktivis membagikan selebaran
kepada pengguna jalan dan mengampanyekan penggunaan a kondom. (Tim/X-8)

http://pmlseaepaper.pressmart.com/mediaindonesia/PUBLICATIONS/MI/MI/2011/12/02/ArticleHtmls/Epidemi-HIVAIDS-Mengerikan-02122011001007.shtml?Mode=1

Donasi Peduli Dik Faisal 'Bocah Belatung'
http://alturl.com/wey5o
Update 2 Des 2011 terkumpul Rp 1.831.000
Terima kasih.

[Non-text portions of this message have been removed]

8.

(Tanya)Batuk bunyinya "kung"

Posted by: "Siska" blue_for_sure@yahoo.com   blue_for_sure

Thu Dec 1, 2011 8:03 pm (PST)



Dokters n SP,

Anakku kalo batuk kok bunyinya ampe "kung" begitu ya? Kmrn ketemu sodara yg dokter, mnrt beliau perlu di beri steroid selama 3 hari???

Mohon sharingnya
Siska ¤Mamae FayzaNamira¤
Powered by the Love of God®
9.

Belum daftar PESAT 6 Jawa Timur 2012? Daftar segera yuk Smart Parent

Posted by: "pesatsby@gmail.com" pesatsby@gmail.com   pesat6surabaya

Thu Dec 1, 2011 8:13 pm (PST)



Dear Smart Parents,

Sebagai wujud kepedulian pada kesehatan anak serta meningkatnya keinginan orang tua akan pengetahuan yang komprehensif tentang kesehatan anak, maka kami panitia PESAT (Program Edukasi Sehat bagi Orang Tua) Jawa Timur didukung oleh YOP, akan mengadakan PESAT 6 Jawa Timur.

PESAT 6 Jawa Timur akan diselenggarakan dalam 4 sesi sebagai berikut: 

 

Sesi I –28 Januari 2012 

Topik 1 : Seputar ASI
Merupakan anugerah yang tak ternilai,ketika bisa memberikan yang terbaik bagi buah hati kita. ASI adalah yang terbaik. Mengapa ASI yang terbaik? Bagaimana supaya ASI saya keluar? Apakah ASI saya cukup untuk anak saya? Sampai umur berapa harus ASI?

Topik 2 : MPASI (Perkembangan terkini termasuk penambahan suplemen zat besi pada MPASI pertama bayi dan isu-isu tentang Anemia Defisiensi Besi)
Umur berapa anak saya boleh mulai makan? Makanan apa yg diberikan pertama kali? Seberapa banyak porsi yang diberikan? Bagaimana cara menyiapkan MPASI yg sehat untuk anak saya? Bagaimana perkembangan tata cara pemberian MPASI yang benar saat ini? Dan masih banyak pertanyaan lain, akan dibahas tuntas disini.

Topik 3 : Tumbuh Kembang (Pertumbuhan pada anak termasuk gagal tumbuh)
Apakah tumbuh kembang anak saya normal? Apakah anak saya terlalu langsing/kurus? Apakah anak langsing/kurus itu pasti kurang gizi? Perlukah saya memberinya suplemen dan vitamin tambahan? Bagaimana cara membaca growth chart yang benar? Apa itu Body Mass Index (BMI) dan apa fungsinya? Bagaimana menilai perkembangan anak dengan bijak dan obyektif? Bagaimana memberikan stimulasi dini yang tepat pada anak? Temukan jawabannya disini.

Sesi II – 29 Januari 2012 

Topik 1 : Common Problems I
Diare, muntah, sakit perut, adalah beberapa penyakit yang sering diderita anak-anak. Kebanyakan penyakit anak-anak disebabkan oleh infeksi virus. Sudah tahukah kita tata laksana yang tepat untuk itu? Does my child really need drugs? Apa gejalanya dan bagaimana tatalaksana yang tepat? Perlukah saya panik? Kapan saya harus merujuknya ke Dokter atau Rumah Sakit? Semua didiskusikan disini!

Topik 2 : Serba-serbi Imunisasi
Bagaimana kerja vaksin dalam melindungi tubuh? Apakah imunisasi ada efek sampingnya? Apa yang dimaksud dengan catch-up immunization? Apa itu imunisasi simultan? Dan banyak pertanyaan lainnya. Diskusi ini akan menambah pengetahuan Anda tentang serba-serbi imunisasi.

Topik 3 : Common Problems II
Sama halnya dengan diare, muntah, dan sakit perut. Batuk dan pilek adalah penyakit yang sering membuat para orangtua cemas. Apa yang menyebabkan anak kita terkena batuk pilek? Apakah harus segera diobati? Mungkinkah batuk yang berkelanjutan akan mengarah ke TB? Apa itu OMA dan OME? Bagaimana tata laksana pengobatannya yang benar? Semua dibahas di sini. 

Sesi III – 25 Februari 2012

Topik 1 : Demam, Demam dengan Ruam dan Kejang Demam
Tuhan menciptakan mekanisme demam, pasti ada maksudnya. Tahukah kita bahwa demam bukan penyakit, melainkan gejala atau petunjuk adanya suatu penyakit atau infeksi? Kapan saat yang tepat untuk memberikan obat penurun demam? Ketika demam disertai dengan ruam pada tubuh, apa yang perlu diwaspadai? Berbahayakah kejang demam? Apakah tiap kali anak mengalami demam perlu diberi obat anti kejang? Bagaimana tatalaksana yang tepat untuk kejang demam? Mari kita diskusikan.

Topik 2 : Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak
Kapan sebaiknya anak mulai dibawa ke dokter gigi? Bagaimana membersihkan gigi anak dengan baik dan benar? Kapan ya anak perlu pasta gigi? Tahukah Anda bahwa kesehatan gigi susu akan mempengaruhi gigi tetap anak kelak? Temukan jawabannya di sini.

Topik 3 : Demam Berdarah, Demam Berdarah Dengue, Demam Dengue dan Demam Tifus
Apa itu Demam Berdarah, Demam Berdarah Dengue, Demam Dengue dan Demam Tifoid? Bagaimanakah mengetahui gejala demam berdarah sejak dini? Perlukah test darah? Apakah jumlah trombosit yang turun berarti positif demam berdarah? Dan bagaimana tata laksana penanganan demam berdarah? Apakah gejala typhus merupakan diagnosis yang valid? Bagaimana mengetahui seorang pasien positif typhus? Semua akan dibahas panjang lebar disini. Bagaimana cara penanganan yang tepat untuk keadaan gawat darurat seperti ini pada Anak? Temukan jawabannya pada sesi ini.

Sesi IV – 26 Februari 2012

Topik 1 : Berteman dengan Antibiotik
Apa itu antibiotik? Bagaimana sejarah ditemukannya? Apa sebenernya fungsi dari pemberian antibiotik? Benarkah semua penyakit butuh antibiotik? Apa efek samping dari pemberian antibiotik yang tidak tepat? Temukan semua jawabannya disini.

Topik 2 : Parenting and Sex Education for Children
Ketika jaman bertambah maju, ketika ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat, tentu akan berdampak pula pada perkembangan buah hati kita. Bagaimana cara mendidik anak yang tepat? Apa yang harus dilakukan ketika anak mulai tantrum? Atau masih bingung ketika anak menanyakan dari mana dia berasal? Apa itu pacaran? Kenapa alat kelaminku berbeda bentuknya dengan punya adik? Bagaimana cara yang tepat untuk menyampaikan pada anak tentang perubahan bentuk tubuhnya? Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan oleh kita sebagai orangtua? Temukan solusinya disini.

Topik 3 : Rational Use of Medicines
Apakah setiap gejala penyakit harus diobati (a pill for an ill)? Perlukah kita mengetahui efek samping dari obat? Apa beda obat paten dengan obat generik? Apa itu polifarmasi? Dan banyak pertanyaan lainnya. Jangan sampai ketinggalan diskusi ini agar kita dapat lebih bijak dan rasional menggunakan obat.

Lokasi:
Gedung TELKOM
Jln. Ketintang 156, Surabaya (tentative)

Biaya:
Per orang: Rp.100.000,-/sesi atau Rp.300.000,- untuk terusan 4 sesi.
Per pasangan : Rp.180.000,-/sesi atau Rp.500.000,- untuk terusan 4 sesi.

Mekanisme Pendaftaran:
1. Calon peserta dapat mendaftar ke:
- email resmi panitia: pesatsby@gmail.com (pendaftaran melalui milis tidak dilayani, harap maklum)
- mendaftar melalui SMS ke Sdri. Irma 0856 4822 6861

Formulir Pendaftaran (silahkan copy-paste di bawah ini)

Nama Lengkap:
Nama Lengkap Pasangan: (apabila mendaftar untuk pasangan)
Status: (single/married)
Jenis Kepesertaan: (paket/sesi, sebutkan sesi berapa saja)
Alamat:
No. tlp yang mudah dihibungi:
Email yang aktif digunakan: (sebagai reminder calon peserta)
Jumlah anak : (jika ada)
Usia anak:

2. Pembayaran dilakukan setelah mendapat konfirmasi dari email bagi yang melakukan pendaftaran melalui email, atau dari SMS bagi yang melakukan pendaftaran melalui SMS.

3. Melakukan pembayaran dengan transfer ke (pilih salah satu):

   - Rekening BCA Cab Sidoarjo: 018-300-7791BCA atas nama Alfa Kurnia Angga Dewanti

   - Rekening Bank CIMB Niaga Cab. Sidoarjo: 034-01-07317-14-8 Kode bank utk transfer dr bank lain 022 atas nama Alfa Kurnia Angga Dewanti

4. Konfirmasi pembayaran dengan email atau SMS dengan format sbb.:
   [nama pendaftar] 
   [rekening panitia pilihan pendaftar (BCA/Mandiri)]
   [nama bank dan pemilik rekening pembayar]
   [jumlah uang yg ditransfer ] 
   [tanggal transfer]
 
5. Jumlah nominal uang yang ditransfer peserta akan ditambah dengan nomer urut pendaftaran. Misal nomer urut peserta 1 untuk paket pasangan terusan, maka nominal yang harus ditransfer adalah Rp 500.001,- Mohon perhatikan konfirmasi dari panitia setelah mendaftar.

Yuk, cerdas bersama untuk anak-anak kita!
Segera daftarkan diri anda dan pasangan anda :)

Salam sehat,
Panitia PESAT 6 Jawa Timur
pesatsby@gmail.com 
Twitter: @PESATSby
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Health

Achy Joint?

Common arthritis

myths debunked.

Biz Resources

Y! Small Business

Articles, tools,

forms, and more.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: