Friday, December 2, 2011

[sehat] Digest Number 16619

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1.1.
Re: (OOT) Selamat! From: risma
1.2.
Re: (OOT) Selamat! From: kieramanis@yahoo.com
1.3.
Re: (OOT) Selamat! From: ChiciErnest
1.4.
Re: (OOT) Selamat! From: yulianto
1.5.
Re: (OOT) Selamat! From: mutiara.santoso@yahoo.co.id
1.6.
Re: (OOT) Selamat! From: purnamawati.spak@cbn.net.id
1.7.
Re: (OOT) Selamat! From: alifah davida
1.8.
Re: (OOT) Selamat! From: aries3_dee84@yahoo.com
1.9.
Re: (OOT) Selamat! From: /ghz
1.10.
Re: (OOT) Selamat! From: Siska
1.11.
Re: (OOT) Selamat! From: vanessa sutopo
1.12.
Re: (OOT) Selamat! From: vemy trisnawaty effendy
1.13.
Re: (OOT) Selamat! From: feby eboy
2.1.
Bls: [sehat] (OOT) Selamat! From: Mutiara Santoso
3a.
Re: Virus Sakit Mata pada Anak From: tika tk
4.
Ekstra: [sehat] (OOT) Selamat! From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
5a.
[Sharing] Mamalia ASI From: Yeptirani Syari
5b.
Re: [Sharing] Mamalia ASI From: Lies
5c.
Re: [Sharing] Mamalia ASI From: Lies
6a.
Re: Kaget baru liat jadwal imunisasi IDAI 2011 From: Yeptirani Syari
7a.
vaksin influenza From: Lovely Aysha
7b.
Re: vaksin influenza From: F.B.Monika
7c.
Re: vaksin influenza From: F.B.Monika
8a.
[OOT] terima kasih milis sehat From: nada.arini@yahoo.com
8b.
Re: [OOT] terima kasih milis sehat From: feby eboy

Messages

1.1.

Re: (OOT) Selamat!

Posted by: "risma" bunda_fazil@yahoo.com   bunda_fazil

Thu Dec 1, 2011 5:24 pm (PST)




Congratulation buat semua..
You all are good doctors
Sukses buat semua juga.

Doc hafiz and doc jhon...titi dj ya...drive safely.

-risma-

1.2.

Re: (OOT) Selamat!

Posted by: "kieramanis@yahoo.com" kieramanis@yahoo.com   chaerani_n

Thu Dec 1, 2011 5:24 pm (PST)



Selamat kembali sekolah, semoga semuanya dilancarkan. Lulus dengan cepat dan tanpa hambatan yg berarti. Sekali lagi, selamat yah:).

Salam,

Era, KieRania's Mom

1.3.

Re: (OOT) Selamat!

Posted by: "ChiciErnest" chici.ernest@gmail.com

Thu Dec 1, 2011 5:24 pm (PST)



Selamat yaaa para dokter!!

Belajar yg rajin, sukses terus... Amiinnn!!

Jgn lupain kami2 disini :)

Regards,
@chiciernest

1.4.

Re: (OOT) Selamat!

Posted by: "yulianto" yuliantosk@gmail.com   anto_sk

Thu Dec 1, 2011 5:28 pm (PST)



dear dr.wati dan smart parents semua,

wah, pagi-pagi saya jadi kaget baca email :)
selamat untuk dr.hafiz dan dr.john, semoga dimudahkan dan dilancarkan
semua perjuangannya; keluarga yang ditinggalkan (sementara) diberi
kekuatan dan kemudahan juga.

untuk saya sendiri mau klarifikasi,hehe, belum ada kabar diterima atau
tidak, jadi belum tentu sekolah lagi, secara pas wawancara ga bisa jawab
pertanyaan prof penguji,hehehe.
tapi kalau didoain mah seneng banget :)

have a nice day all,
-anto-

1.5.

Re: (OOT) Selamat!

Posted by: "mutiara.santoso@yahoo.co.id" mutiara.santoso@yahoo.co.id   mutiara.santoso

Thu Dec 1, 2011 5:32 pm (PST)



Dear Dr.Anto

Doa kami selalu unt anda semua dokter muda... Selamat berjuang

*^_^*
-Mutiara- (mbok'e Raf,Rif,Deo n Miracle)
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

-----Original Message-----
From: yulianto <yuliantosk@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Fri, 02 Dec 2011 08:28:11
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] (OOT) Selamat!

dear dr.wati dan smart parents semua,

wah, pagi-pagi saya jadi kaget baca email :)
selamat untuk dr.hafiz dan dr.john, semoga dimudahkan dan dilancarkan
semua perjuangannya; keluarga yang ditinggalkan (sementara) diberi
kekuatan dan kemudahan juga.

untuk saya sendiri mau klarifikasi,hehe, belum ada kabar diterima atau
tidak, jadi belum tentu sekolah lagi, secara pas wawancara ga bisa jawab
pertanyaan prof penguji,hehehe.
tapi kalau didoain mah seneng banget :)

have a nice day all,
-anto-



[Non-text portions of this message have been removed]

1.6.

Re: (OOT) Selamat!

Posted by: "purnamawati.spak@cbn.net.id" purnamawati.spak@cbn.net.id

Thu Dec 1, 2011 5:36 pm (PST)



To
Didoakan sekolah!
Kalau gak ilmu kes anak, ya ilmu penyakit dalam

Love
Wati
Patient Safety, first

1.7.

Re: (OOT) Selamat!

Posted by: "alifah davida" alifah.davida@gmail.com   alifah_davida

Thu Dec 1, 2011 5:36 pm (PST)



Pagi-pagi, sambil sarapan sambil baca email.
Ikut menitikkan air mata, sedih dan gembira campur aduk.
Good luck to you all doctors, God bless you.

dokter Anto, you'll get it, don't worry too much.

dokter Windhi, semoga cepat sembuh, banyakin makan, tambah kurusan niyy.

Bunda, as always, please take care yah. Semoga segera ditemukan
dokter-dokter muda lain yang mau bergabung dengan YOP, mengemban misi yang
mulia ini.

Love,

--Alifah--

[Non-text portions of this message have been removed]

1.8.

Re: (OOT) Selamat!

Posted by: "aries3_dee84@yahoo.com" aries3_dee84@yahoo.com   aries3_dee84

Thu Dec 1, 2011 5:40 pm (PST)



untuk saya sendiri mau klarifikasi,hehe, belum ada kabar diterima atau

tidak, jadi belum tentu sekolah lagi, secara pas wawancara ga bisa jawab

pertanyaan prof penguji,hehehe.

tapi kalau didoain mah seneng banget :)

>>Kami doakan semoga Dokter Anto diterima untuk sekolah lagi, dan Insyallah doa sp's disini diijabah sama Allah.. Amin Ya Rabb

Rgds
@dianariestri
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

-----Original Message-----
From: yulianto <yuliantosk@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Fri, 02 Dec 2011 08:28:11
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] (OOT) Selamat!

dear dr.wati dan smart parents semua,

wah, pagi-pagi saya jadi kaget baca email :)
selamat untuk dr.hafiz dan dr.john, semoga dimudahkan dan dilancarkan
semua perjuangannya; keluarga yang ditinggalkan (sementara) diberi
kekuatan dan kemudahan juga.

untuk saya sendiri mau klarifikasi,hehe, belum ada kabar diterima atau
tidak, jadi belum tentu sekolah lagi, secara pas wawancara ga bisa jawab
pertanyaan prof penguji,hehehe.
tapi kalau didoain mah seneng banget :)

have a nice day all,
-anto-



[Non-text portions of this message have been removed]

1.9.

Re: (OOT) Selamat!

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Thu Dec 1, 2011 5:42 pm (PST)



On 12/2/2011 8:28 AM, yulianto wrote:
> untuk saya sendiri mau klarifikasi,hehe, belum ada kabar diterima atau
> tidak, jadi belum tentu sekolah lagi, secara pas wawancara ga bisa jawab
> pertanyaan prof penguji,hehehe.
> tapi kalau didoain mah seneng banget
didoakan yg terbaik om anto.

semoga sukses selalu.

salamku
bapakeghozan

1.10.

Re: (OOT) Selamat!

Posted by: "Siska" blue_for_sure@yahoo.com   blue_for_sure

Thu Dec 1, 2011 5:43 pm (PST)



Ya Allah senangnya denger kabar ini.

Semoga dilancarkan semuanya ya dokters

Regards,


Siska ¤Mamae FayzaNamira¤
Powered by the Love of God®
1.11.

Re: (OOT) Selamat!

Posted by: "vanessa sutopo" psycho_laziale@yahoo.com   psycho_laziale

Thu Dec 1, 2011 5:45 pm (PST)



Slmt pagi bunda

Tentu kita warga milis sehat akan sll mendoakan..

Bagi semua yg sedang dan akan menuntut ilmu disoakan lancar..gak da halangan dan menjadi yg terbaik untuk negri kita

Vanessa
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
1.12.

Re: (OOT) Selamat!

Posted by: "vemy trisnawaty effendy" vemytrisnawaty@yahoo.com   vemytrisnawaty

Thu Dec 1, 2011 6:09 pm (PST)





Dear Bunda dan dokter Windhi cepet sembuh ya....
Saya juga udah sebulan nih ping pong virusnya sama anak dan suami >-<
 
Dear Dr Hafiz dan Dr John selamat ya... sukses untuk sekolahnya dan bisa segera melanjutkan tongkat estafet dari bunda....

Untuk Dokter Anto mudah2an juga segera nyusul Dr Hafiz dan Dr John...

regards,
vemy
 

[Non-text portions of this message have been removed]

1.13.

Re: (OOT) Selamat!

Posted by: "feby eboy" fetriplef@gmail.com

Thu Dec 1, 2011 6:09 pm (PST)



Selamat buat dr hafiz dan dr john... Semoga sekolahnya lancar smp selesai
:-)
Dr anto, mudah2an lulus yah, kan udah didoain orang semilis.. :-)
Bunda.. Get well soon.

Feby

[Non-text portions of this message have been removed]

2.1.

Bls: [sehat] (OOT) Selamat!

Posted by: "Mutiara Santoso" mutiara.santoso@yahoo.co.id   mutiara.santoso

Thu Dec 1, 2011 5:27 pm (PST)



Wah seneng deh denger nya...buat Bunda (salam kenal...telat ya) cepet sembuh..
All Doc's congrats....

*^_^*
_
-Mutiara- (Mbok'e Raf,Rif,Deo n Miracle)

[Non-text portions of this message have been removed]

3a.

Re: Virus Sakit Mata pada Anak

Posted by: "tika tk" tika_ktk@yahoo.com   tika_ktk

Thu Dec 1, 2011 5:32 pm (PST)



Dear mba Rahma,

kita juga kurang tahu ya, nangis darah yang dialami oleh anak temannya Mba Vera disini seperti apa.
apakah akibat dari peradangan pada mata nya, karena disebutkan
kompilkasi dapat menyebabkan peradangan pada kornea mata, tapi apakah
sampai mengeluarkan darah, mungkin Docs disini ada yang bisa
menjelaskan.

"In both children and adults, pink eye can cause inflammation in the
cornea that can affect vision. Prompt evaluation and treatment by your
doctor can reduce the risk of complications"

sedangkan kasus bloody tears (haemolacria) saya pernah baca, jarang namun ada, Ini saya baru nemu di wikipedia.
http://en.wikipedia.org/wiki/Haemolacria
"Haemolacria is a symptom of a number of diseases,[1] and may also be indicative of a tumor in the lacrimal apparatus. It is most often provoked by local factors such as bacterial conjunctivitis, environmental damage or injuries.[2]"

Warm Regards,
Tika-

[Non-text portions of this message have been removed]

4.

Ekstra: [sehat] (OOT) Selamat!

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Thu Dec 1, 2011 5:39 pm (PST)



Doa ekstra buat dr Anto
Ammmiiiin
Semoga lancar seganya.

Regards,
Marcella
*nambah
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
5a.

[Sharing] Mamalia ASI

Posted by: "Yeptirani Syari" sehat.syari@gmail.com

Thu Dec 1, 2011 5:48 pm (PST)



Dapet dari milis sebelah, di mana sang TS juga copas dari note kawan
FB-nya, secara sudah diposting di milis sebelah, asumsinya sudah diijinin
untuk sharing donk sama di empunya note?

semoga ada manfaatnya
-------

Mamalia ASI

Sore itu hujan turun cukup lebat di Jogja utara. Kulihat adikku yang
cantik, winantika, bengong2 saja menatap hujan sambil nyruputin teh anget.
Iseng2, kuajak dia ngobrol. Oiya, winantika ini mahasiswi tingkat akhir di
fak kedokteran hewan ugm sodara2. so cekidot, obrolan kami menarik deh,
sumpeh... karena waktu itu obrolan mengalir begitu saja, di tulisan ini
kukelompokkan gitu deh, ada yang tentang mastitis pada hewan, kolostrum,
komposisi susu hewan, dan donor asi hewan, juga sapi yang dipaksa nggak
nyusu induknya...

Fitri Titi (FT) : Dek Win, ada pelajaran tentang mamalia pastinya ya..

Winantika (W) : yoiiii

FT : Mamalia itu anaknya nyusu khan ya?

W : yup

FT : Nah mamalia yang asi itu adakah kasus yang induknya gak bisa menyusui ?

W : Ada mbak , biasanya kena mastitis. Kayak kucing, sapi, babi, anjing ,
dsb , biasanya gak menyusui karena mastitis

FT: Artinya asi-nya ada, tapi karena penyumbatan jadi mastitis,gitu-kah?

W: Iya, sebenernya asi-nya ada , makanya kalau mastitis, payudaranya jadi
bengkak . Ada juga sih yang mastitis subklinis, gakda nimbulin gejala.

FT: Okay. Pertama yang mastitis dulu, itu kalau dibedah, setelah itu
induknya bisa nyusuin-kah?

W: Biasanya kalau mastitis , gak dioperasi , tapi diobatin saja, pake
antibiotik gitu.

FT: Ooo, habis diobatin terus lancar menyusui D?

W: Iya , tapi terapinya lumayan agak lama lho ya. Mastitis ada juga yang
masih teteup keluar air susunya , yang begini malah bahaya karena anaknya
yang bakal kena bakterinya dari mastitis induknya.

FT: Lah kalu yg subklinis pertolongannya gimana? Khan tanpa gejala tuh?

W: Sama lah mbak disuntik antibiotik intramamari. Karena nggak ada
gejalanya makanya harus cek lab. Biasanya positif bakteri. Dan kalau sudah
akut ya tandanya tiba2 saja air susunya gak keluar mbak.

FT: Kalu sampe asi gak keluar (pada yang subklinis atopun bukan) njuk piye
bayi mamalia nya?

W: Biasanya kalau pada sapi, khan anak sapi baru lahir butuh kolostrum tuh,
ya biasanya kita kasih ke induk lain mbak. Ato pake kolostrum buatan. Khan
bisa dibuat mbak.

FT: Kolostrum buatan? Kaya susu sapi bubuk pada bayi manusia dunk hehehe…
Itu berlaku pada sapi saja atau juga kucing, anjing, gajah dll?

W: Yaaa kadang pake susu dari induk sapi lainnya, trus ditambah ramuan ,
kayak madu dll, aku lupa je ramuan resepnya hehehe. Trus abis itu
diminumin, disuapin sama mahasiswa2 gitu mbak. Kalau kucing juga dicari ibu
pengganti, soalnya kalu kucing khan nggak boleh pake susu sapi. Lebih susah
lagi mbak kalau untuk anjing ato kucing, karena susunya harus non laktosa.
Khususnya kucing, bener2 harus non laktosa, jadi ada khusus susu kucing.
Jadi bayi kucingnya nggak boleh dikasih susu formula apapun, kecuali anak
kucing itu udah lumayan gede

FT: Maksudnya kalau di hewan yang jadi masalah itu perbedaan laktosa? *sori
gak mudeng sisan sinau*

W: misalnya itu. Gini deh, kalau susu sapi kan ada kandungan laktosanya,
nah kalau kucing tuh nggak ada laktosanya di dalam susunya. So kalau anak
kucing itu dikasih susu yang mengandung laktosa wah kasian abis deh.
soalnya harusnya non laktosa, itu kalau kucing karena bisa berakibat
kematian mbak. Jadi imunosupresi ( kekebalan imun turun )

FT: Haaah? Sampai kematian? Wih ngeri juga ya. Kalu kucing kena laktosa
gitu, diare gak? *maap pertanyaan lugu*

W: hadeh plis deh, ya eyalah. Kalau kucing kena laktosa bisa diare parah,
trus bikin kerusakan sistem pencernaan, terus ya mati mbak, gak ada
pertahanan tubuh juga kan. Soalnya buat anak hewan baru lahir, pertahanan
tubuh itu ada di kolostrum, nah kolostrum cuma dihasilkan pada pertama susu
keluar. Kalau dari awal udah nggak disusui , berarti daya tahan tubuh si
bayi kucing ato bayi hewan lain itu ga ada.

FT: Subhanallah, artinya sebetulnya Allah sudah mendesain kebutuhan asi
yang spesifik untuk setiap jenis spesies ya. Asi kucing ya cocoknya untuk
bayi kucing, asi sapi untuk sapi dst.

W: hahahaha, Iyaaap , betul sekali. Ya eyalah ,susu sapi ya buat sapi ,
sebenernya memang nggak boleh kalau hewan lain harus dikasih susu sapi
walaupun manusia minum susu sapi juga ya,,hihi hehe haha. Lebih rentan mbak
kalau hewan, soalnya komposisi susu sapi ato susu hewan lain itu masing2
beda lho mbak

FT: Nah lho, ini dia nih, antar hewan saja beda komposisi susunya, apalagi
antara susu hewan dengan manusia ya *menerawang*

W : Iyaaa lah mbak beda bangeting banget. Makanya kasihan banget ya kalau
bayi nggak dikasih asi. Termasuk bayi manusia lho, meskipun aku gak belajar
banyak bayi manusia, tapi manusia mamalia juga khan hahahahaha... Nggak
cuma laktosa saja lho mbak yang jadi masalah kalau di hewan.

FT: persis plek lho d Win karo pelajaranku asi, sampe merinding dengerinnya

W: Oalaaaah, iya mbak, aku juga dapat yang manusia, tapi nggak begitu
banyak, cuma buat pembanding aja. Aku juga merinding sama nelangsa dulu pas
kuliah yang mamalia-mamalia gitu. Kasian puoool. Apalagi sapi perah, sejak
pertama lahir langsung dipisah dari induknya mbak. Jadi bayi sapi perah
diminumin pake kolostrum buatan dan harus dijatah kalau minum. Soalnya khan
susu induknya buat manusiaaa. Jadi anak2 sapi perah dari pertama lahir
udah langsung nggak dapet susu induknya langsung mbak

FT : *nangis guling-guling* Jahatnya manusia ya. Terus sapi2 itu nyusu apa?
Ato nyusu siapa?

W: Iyaaa sebenernyaaa jahat, hiks. Ya pake susu sapi yang udah diperah
manusia itu dan minumnya dijatahin. Aku dulu setiap sore nyusuin bayi sapi
pake dot. Kasiaaaaaan banget. pertama-pertama nglakuinnya, aku sampe nangis
Mbak ngedotin bayi sapi. Wong ya induknya ada kok harus minum asi perah
induknya dan dijatah. Aku ngebayangin kayak manusia gitu. Apapun khan sapi
juga makhluk hidup tho. Kan harusnya dia bisa minum sepuasnya dari
induknya. Tapi karena komersil, ya mending diperah buat manusia, khan
dijual ngedatengin duit bo.

FT: Sapi perah itu apa menghasilkan susu setiap saat? Kalu pas ora lahiran
opo yo metu susune?

W : yo nggak lah mbak, cuma pas masa laktasi aja dia keluar susunya. Trus
kalu abis masa laktasi, masuk masa kering dulu, abis itu baru sapi
dikawinkan lagi. Nah kalau dia ngelahirkan khan berarti susunya keluar
lagi, and diperah lagiii , gitu deh seterusnya

FT: Berarti opo disuntik sesuatu supaya bisa keluar susu terus?

W: Ya ga mbak . Ga disuntik apa2 mbak , cuma ditunggu masa laktasinya ajaaa

FT : Nah tuh sapi tadi, jaraknya dari melahirkan, kering, dikawinkan lagi,
sampai melahirkan lagi berapa bulan :D?

W: Bagusnya satu tahun mbak , soalnya mempengaruhi kualitas susunya

FT : Berarti dalam setahun masa panen perahnya sekali ya. Selama berapa
bulan D Win masa perahnya?

W: Masa laktasi 10 bulan mbak

FT : *mulut mangap udah napsu maw tanya2 lagi niy* eh winantikanya sudah
keburu beberes mau nengok ayam2 di kandang katanya. Padahal hujan masih
dueres L (lebih tepatnya ngobrolku belum puas tuntas neeeh).

Okay deh, thanks d winantika. Kapan2 terusin lagi yak...

------------------------

jogja utara,

obrolan di awal nopember 2011

Source: note fb mom fitri titi.

--
Yeptirani Syari, ~Dandanya Zee~
"kalo mo japri, ke *y.syari@gmail.com* ajah... biar gak nyelip :p"

[Non-text portions of this message have been removed]

5b.

Re: [Sharing] Mamalia ASI

Posted by: "Lies" lilies_pcs@yahoo.com   lilies_pcs

Thu Dec 1, 2011 6:00 pm (PST)



Mba Fitri...jadi merinding juga bacanya...kasian ya anaknya sapi2 perah hiks hiks...
Gimana kalo anak manusia yang ga disusuin sama ibunya...
*speechless....alhamdulillah dikasi rejeki ASI untuk bisa nyusuin si kaka sampe skr kaka 19 bulan dan masih terus berjalan, smoga bisa weaning with love...ga kebayang kl dipaksa ga nyusu...

Regards,
Lies

________________________________
From: Yeptirani Syari <sehat.syari@gmail.com>
To: sehat <sehat@yahoogroups.com>
Sent: Friday, December 2, 2011 8:48 AM
Subject: [sehat] [Sharing] Mamalia ASI

Dapet dari milis sebelah, di mana sang TS juga copas dari note kawan
FB-nya, secara sudah diposting di milis sebelah, asumsinya sudah diijinin
untuk sharing donk sama di empunya note?

semoga ada manfaatnya
-------

Mamalia ASI

Sore itu hujan turun cukup lebat di Jogja utara. Kulihat adikku yang
cantik, winantika, bengong2 saja menatap hujan sambil nyruputin teh anget.
Iseng2, kuajak dia ngobrol. Oiya, winantika ini mahasiswi tingkat akhir di
fak kedokteran hewan ugm sodara2. so cekidot, obrolan kami menarik deh,
sumpeh... karena waktu itu obrolan mengalir begitu saja, di tulisan ini
kukelompokkan gitu deh, ada yang tentang mastitis pada hewan, kolostrum,
komposisi susu hewan, dan donor asi hewan, juga sapi yang dipaksa nggak
nyusu induknya...

Fitri Titi (FT) : Dek Win, ada pelajaran tentang mamalia pastinya ya..

Winantika (W) : yoiiii

FT : Mamalia itu anaknya nyusu khan ya?

W : yup

FT : Nah mamalia yang asi itu adakah kasus yang induknya gak bisa menyusui ?

W :  Ada mbak , biasanya kena mastitis. Kayak kucing, sapi, babi, anjing ,
dsb , biasanya gak menyusui karena mastitis

FT: Artinya asi-nya ada, tapi karena penyumbatan jadi mastitis,gitu-kah?

W: Iya, sebenernya asi-nya ada , makanya kalau mastitis, payudaranya jadi
bengkak . Ada juga sih yang mastitis subklinis, gakda nimbulin gejala.

FT: Okay. Pertama yang mastitis dulu, itu kalau dibedah, setelah itu
induknya bisa nyusuin-kah?

W:  Biasanya kalau mastitis , gak dioperasi , tapi diobatin saja, pake
antibiotik gitu.

FT: Ooo, habis diobatin terus lancar menyusui D?

W: Iya , tapi terapinya lumayan agak lama lho ya. Mastitis  ada juga yang
masih teteup keluar air susunya , yang begini malah  bahaya karena anaknya
yang bakal kena bakterinya dari mastitis induknya.

FT: Lah kalu yg subklinis pertolongannya gimana? Khan tanpa gejala tuh?

W: Sama lah mbak disuntik antibiotik intramamari. Karena nggak ada
gejalanya makanya harus cek lab. Biasanya positif bakteri. Dan kalau sudah
akut ya tandanya tiba2 saja air susunya gak keluar mbak.

FT: Kalu sampe asi gak keluar (pada yang subklinis atopun bukan) njuk piye
bayi mamalia nya?

W: Biasanya kalau pada sapi, khan anak sapi baru lahir butuh kolostrum tuh,
ya biasanya kita kasih ke induk lain mbak. Ato pake kolostrum buatan. Khan
bisa dibuat mbak.

FT: Kolostrum buatan? Kaya susu sapi bubuk pada bayi manusia dunk hehehe…
Itu berlaku pada sapi saja atau juga kucing, anjing, gajah dll?

W:  Yaaa kadang pake susu dari induk sapi lainnya, trus ditambah  ramuan ,
kayak madu dll, aku lupa je ramuan resepnya hehehe. Trus abis itu
diminumin, disuapin sama mahasiswa2 gitu mbak. Kalau kucing juga dicari ibu
pengganti, soalnya kalu kucing khan nggak boleh pake susu sapi. Lebih susah
lagi mbak kalau untuk anjing ato kucing, karena susunya harus non laktosa.
Khususnya kucing, bener2 harus non laktosa, jadi ada khusus susu kucing.
Jadi bayi kucingnya nggak boleh dikasih susu formula apapun, kecuali anak
kucing itu udah lumayan gede

FT: Maksudnya kalau di hewan yang jadi masalah itu perbedaan laktosa? *sori
gak mudeng sisan sinau*

W: misalnya itu. Gini deh, kalau susu sapi kan ada kandungan laktosanya,
nah kalau kucing tuh nggak ada laktosanya di dalam susunya. So kalau anak
kucing itu dikasih susu yang mengandung laktosa wah kasian abis deh.
soalnya harusnya non laktosa, itu kalau kucing karena bisa berakibat
kematian mbak. Jadi imunosupresi ( kekebalan imun turun )

FT: Haaah? Sampai kematian? Wih ngeri juga ya. Kalu kucing kena laktosa
gitu, diare gak? *maap pertanyaan lugu*

W: hadeh plis deh, ya eyalah. Kalau kucing kena laktosa bisa diare parah,
trus bikin kerusakan sistem pencernaan, terus ya mati mbak, gak ada
pertahanan tubuh juga kan. Soalnya buat anak hewan baru lahir, pertahanan
tubuh itu ada di kolostrum, nah kolostrum cuma dihasilkan pada pertama susu
keluar. Kalau dari awal udah nggak disusui , berarti daya tahan tubuh si
bayi kucing ato bayi hewan lain itu ga ada.

FT: Subhanallah, artinya sebetulnya Allah sudah mendesain kebutuhan asi
yang spesifik untuk setiap jenis spesies ya. Asi kucing ya cocoknya untuk
bayi kucing, asi sapi untuk sapi dst.

W: hahahaha, Iyaaap , betul sekali. Ya eyalah ,susu sapi ya buat sapi ,
sebenernya memang nggak boleh kalau hewan lain harus dikasih susu sapi
walaupun manusia minum susu sapi juga ya,,hihi hehe haha. Lebih rentan mbak
kalau hewan, soalnya komposisi susu sapi ato susu hewan lain itu masing2
beda lho mbak

FT: Nah lho, ini dia nih, antar hewan saja beda komposisi susunya, apalagi
antara susu hewan dengan manusia ya *menerawang*

W : Iyaaa lah mbak beda bangeting banget. Makanya kasihan banget ya kalau
bayi nggak dikasih asi. Termasuk bayi manusia lho, meskipun aku gak belajar
banyak bayi manusia, tapi manusia mamalia juga khan hahahahaha... Nggak
cuma laktosa saja lho mbak yang jadi masalah kalau di  hewan.

FT: persis plek lho d Win karo pelajaranku asi, sampe merinding dengerinnya

W: Oalaaaah, iya mbak, aku juga dapat yang manusia, tapi nggak begitu
banyak, cuma buat pembanding aja. Aku juga merinding sama nelangsa dulu pas
kuliah yang mamalia-mamalia gitu. Kasian puoool. Apalagi sapi perah, sejak
pertama lahir langsung dipisah dari induknya mbak. Jadi bayi sapi perah
diminumin pake kolostrum buatan dan harus dijatah kalau minum. Soalnya khan
susu induknya buat manusiaaa. Jadi  anak2 sapi perah dari pertama lahir
udah langsung nggak dapet susu induknya langsung mbak

FT : *nangis guling-guling* Jahatnya manusia ya. Terus sapi2 itu nyusu apa?
Ato nyusu siapa?

W: Iyaaa sebenernyaaa jahat, hiks. Ya pake susu sapi  yang udah diperah
manusia itu dan minumnya dijatahin. Aku dulu setiap sore nyusuin bayi sapi
pake dot. Kasiaaaaaan banget. pertama-pertama nglakuinnya, aku sampe nangis
Mbak ngedotin bayi sapi. Wong ya induknya ada kok harus minum asi perah
induknya dan dijatah. Aku ngebayangin kayak manusia gitu. Apapun khan sapi
juga makhluk hidup tho. Kan harusnya dia bisa minum sepuasnya dari
induknya. Tapi karena komersil, ya mending diperah buat manusia, khan
dijual ngedatengin duit bo.

FT: Sapi perah itu apa menghasilkan susu setiap saat? Kalu pas ora lahiran
opo yo metu susune?

W : yo nggak lah mbak, cuma pas masa laktasi aja dia keluar susunya. Trus
kalu abis masa laktasi, masuk masa kering dulu, abis itu baru sapi
dikawinkan lagi. Nah kalau dia ngelahirkan khan berarti susunya keluar
lagi, and diperah lagiii , gitu deh seterusnya

FT: Berarti opo disuntik sesuatu supaya bisa keluar susu terus?

W: Ya ga mbak . Ga disuntik apa2 mbak , cuma ditunggu masa laktasinya ajaaa

FT : Nah tuh sapi tadi, jaraknya dari melahirkan, kering, dikawinkan lagi,
sampai melahirkan lagi berapa bulan :D?

W: Bagusnya satu tahun mbak , soalnya mempengaruhi kualitas susunya

FT : Berarti dalam setahun masa panen perahnya sekali ya. Selama berapa
bulan D Win masa perahnya?

W: Masa laktasi 10 bulan mbak

FT : *mulut mangap udah  napsu maw tanya2 lagi niy* eh winantikanya sudah
keburu beberes mau nengok ayam2 di kandang  katanya. Padahal hujan masih
dueres L (lebih tepatnya ngobrolku belum puas tuntas neeeh).

Okay deh, thanks d winantika. Kapan2 terusin lagi yak...

------------------------

jogja utara,

obrolan di awal nopember 2011

Source: note fb mom fitri titi.

--
Yeptirani Syari, ~Dandanya Zee~
"kalo mo japri, ke *y.syari@gmail.com* ajah... biar gak nyelip :p"

[Non-text portions of this message have been removed]

------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB          : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links

[Non-text portions of this message have been removed]

5c.

Re: [Sharing] Mamalia ASI

Posted by: "Lies" lilies_pcs@yahoo.com   lilies_pcs

Thu Dec 1, 2011 6:01 pm (PST)



Mba Fitri...jadi merinding juga bacanya...kasian ya anaknya sapi2 perah hiks hiks...
Gimana kalo anak manusia yang ga disusuin sama ibunya...
*speechless....alhamdulillah dikasi rejeki ASI untuk bisa nyusuin si kaka sampe skr kaka 19 bulan dan masih terus berjalan, smoga bisa weaning with love...ga kebayang kl dipaksa ga nyusu...

Regards,
Lies

________________________________
From: Yeptirani Syari <sehat.syari@gmail.com>
To: sehat <sehat@yahoogroups.com>
Sent: Friday, December 2, 2011 8:48 AM
Subject: [sehat] [Sharing] Mamalia ASI

Dapet dari milis sebelah, di mana sang TS juga copas dari note kawan
FB-nya, secara sudah diposting di milis sebelah, asumsinya sudah diijinin
untuk sharing donk sama di empunya note?

semoga ada manfaatnya
-------

Mamalia ASI

Sore itu hujan turun cukup lebat di Jogja utara. Kulihat adikku yang
cantik, winantika, bengong2 saja menatap hujan sambil nyruputin teh anget.
Iseng2, kuajak dia ngobrol. Oiya, winantika ini mahasiswi tingkat akhir di
fak kedokteran hewan ugm sodara2. so cekidot, obrolan kami menarik deh,
sumpeh... karena waktu itu obrolan mengalir begitu saja, di tulisan ini
kukelompokkan gitu deh, ada yang tentang mastitis pada hewan, kolostrum,
komposisi susu hewan, dan donor asi hewan, juga sapi yang dipaksa nggak
nyusu induknya...

Fitri Titi (FT) : Dek Win, ada pelajaran tentang mamalia pastinya ya..

Winantika (W) : yoiiii

FT : Mamalia itu anaknya nyusu khan ya?

W : yup

FT : Nah mamalia yang asi itu adakah kasus yang induknya gak bisa menyusui ?

W :  Ada mbak , biasanya kena mastitis. Kayak kucing, sapi, babi, anjing ,
dsb , biasanya gak menyusui karena mastitis

FT: Artinya asi-nya ada, tapi karena penyumbatan jadi mastitis,gitu-kah?

W: Iya, sebenernya asi-nya ada , makanya kalau mastitis, payudaranya jadi
bengkak . Ada juga sih yang mastitis subklinis, gakda nimbulin gejala.

FT: Okay. Pertama yang mastitis dulu, itu kalau dibedah, setelah itu
induknya bisa nyusuin-kah?

W:  Biasanya kalau mastitis , gak dioperasi , tapi diobatin saja, pake
antibiotik gitu.

FT: Ooo, habis diobatin terus lancar menyusui D?

W: Iya , tapi terapinya lumayan agak lama lho ya. Mastitis  ada juga yang
masih teteup keluar air susunya , yang begini malah  bahaya karena anaknya
yang bakal kena bakterinya dari mastitis induknya.

FT: Lah kalu yg subklinis pertolongannya gimana? Khan tanpa gejala tuh?

W: Sama lah mbak disuntik antibiotik intramamari. Karena nggak ada
gejalanya makanya harus cek lab. Biasanya positif bakteri. Dan kalau sudah
akut ya tandanya tiba2 saja air susunya gak keluar mbak.

FT: Kalu sampe asi gak keluar (pada yang subklinis atopun bukan) njuk piye
bayi mamalia nya?

W: Biasanya kalau pada sapi, khan anak sapi baru lahir butuh kolostrum tuh,
ya biasanya kita kasih ke induk lain mbak. Ato pake kolostrum buatan. Khan
bisa dibuat mbak.

FT: Kolostrum buatan? Kaya susu sapi bubuk pada bayi manusia dunk hehehe…
Itu berlaku pada sapi saja atau juga kucing, anjing, gajah dll?

W:  Yaaa kadang pake susu dari induk sapi lainnya, trus ditambah  ramuan ,
kayak madu dll, aku lupa je ramuan resepnya hehehe. Trus abis itu
diminumin, disuapin sama mahasiswa2 gitu mbak. Kalau kucing juga dicari ibu
pengganti, soalnya kalu kucing khan nggak boleh pake susu sapi. Lebih susah
lagi mbak kalau untuk anjing ato kucing, karena susunya harus non laktosa.
Khususnya kucing, bener2 harus non laktosa, jadi ada khusus susu kucing.
Jadi bayi kucingnya nggak boleh dikasih susu formula apapun, kecuali anak
kucing itu udah lumayan gede

FT: Maksudnya kalau di hewan yang jadi masalah itu perbedaan laktosa? *sori
gak mudeng sisan sinau*

W: misalnya itu. Gini deh, kalau susu sapi kan ada kandungan laktosanya,
nah kalau kucing tuh nggak ada laktosanya di dalam susunya. So kalau anak
kucing itu dikasih susu yang mengandung laktosa wah kasian abis deh.
soalnya harusnya non laktosa, itu kalau kucing karena bisa berakibat
kematian mbak. Jadi imunosupresi ( kekebalan imun turun )

FT: Haaah? Sampai kematian? Wih ngeri juga ya. Kalu kucing kena laktosa
gitu, diare gak? *maap pertanyaan lugu*

W: hadeh plis deh, ya eyalah. Kalau kucing kena laktosa bisa diare parah,
trus bikin kerusakan sistem pencernaan, terus ya mati mbak, gak ada
pertahanan tubuh juga kan. Soalnya buat anak hewan baru lahir, pertahanan
tubuh itu ada di kolostrum, nah kolostrum cuma dihasilkan pada pertama susu
keluar. Kalau dari awal udah nggak disusui , berarti daya tahan tubuh si
bayi kucing ato bayi hewan lain itu ga ada.

FT: Subhanallah, artinya sebetulnya Allah sudah mendesain kebutuhan asi
yang spesifik untuk setiap jenis spesies ya. Asi kucing ya cocoknya untuk
bayi kucing, asi sapi untuk sapi dst.

W: hahahaha, Iyaaap , betul sekali. Ya eyalah ,susu sapi ya buat sapi ,
sebenernya memang nggak boleh kalau hewan lain harus dikasih susu sapi
walaupun manusia minum susu sapi juga ya,,hihi hehe haha. Lebih rentan mbak
kalau hewan, soalnya komposisi susu sapi ato susu hewan lain itu masing2
beda lho mbak

FT: Nah lho, ini dia nih, antar hewan saja beda komposisi susunya, apalagi
antara susu hewan dengan manusia ya *menerawang*

W : Iyaaa lah mbak beda bangeting banget. Makanya kasihan banget ya kalau
bayi nggak dikasih asi. Termasuk bayi manusia lho, meskipun aku gak belajar
banyak bayi manusia, tapi manusia mamalia juga khan hahahahaha... Nggak
cuma laktosa saja lho mbak yang jadi masalah kalau di  hewan.

FT: persis plek lho d Win karo pelajaranku asi, sampe merinding dengerinnya

W: Oalaaaah, iya mbak, aku juga dapat yang manusia, tapi nggak begitu
banyak, cuma buat pembanding aja. Aku juga merinding sama nelangsa dulu pas
kuliah yang mamalia-mamalia gitu. Kasian puoool. Apalagi sapi perah, sejak
pertama lahir langsung dipisah dari induknya mbak. Jadi bayi sapi perah
diminumin pake kolostrum buatan dan harus dijatah kalau minum. Soalnya khan
susu induknya buat manusiaaa. Jadi  anak2 sapi perah dari pertama lahir
udah langsung nggak dapet susu induknya langsung mbak

FT : *nangis guling-guling* Jahatnya manusia ya. Terus sapi2 itu nyusu apa?
Ato nyusu siapa?

W: Iyaaa sebenernyaaa jahat, hiks. Ya pake susu sapi  yang udah diperah
manusia itu dan minumnya dijatahin. Aku dulu setiap sore nyusuin bayi sapi
pake dot. Kasiaaaaaan banget. pertama-pertama nglakuinnya, aku sampe nangis
Mbak ngedotin bayi sapi. Wong ya induknya ada kok harus minum asi perah
induknya dan dijatah. Aku ngebayangin kayak manusia gitu. Apapun khan sapi
juga makhluk hidup tho. Kan harusnya dia bisa minum sepuasnya dari
induknya. Tapi karena komersil, ya mending diperah buat manusia, khan
dijual ngedatengin duit bo.

FT: Sapi perah itu apa menghasilkan susu setiap saat? Kalu pas ora lahiran
opo yo metu susune?

W : yo nggak lah mbak, cuma pas masa laktasi aja dia keluar susunya. Trus
kalu abis masa laktasi, masuk masa kering dulu, abis itu baru sapi
dikawinkan lagi. Nah kalau dia ngelahirkan khan berarti susunya keluar
lagi, and diperah lagiii , gitu deh seterusnya

FT: Berarti opo disuntik sesuatu supaya bisa keluar susu terus?

W: Ya ga mbak . Ga disuntik apa2 mbak , cuma ditunggu masa laktasinya ajaaa

FT : Nah tuh sapi tadi, jaraknya dari melahirkan, kering, dikawinkan lagi,
sampai melahirkan lagi berapa bulan :D?

W: Bagusnya satu tahun mbak , soalnya mempengaruhi kualitas susunya

FT : Berarti dalam setahun masa panen perahnya sekali ya. Selama berapa
bulan D Win masa perahnya?

W: Masa laktasi 10 bulan mbak

FT : *mulut mangap udah  napsu maw tanya2 lagi niy* eh winantikanya sudah
keburu beberes mau nengok ayam2 di kandang  katanya. Padahal hujan masih
dueres L (lebih tepatnya ngobrolku belum puas tuntas neeeh).

Okay deh, thanks d winantika. Kapan2 terusin lagi yak...

------------------------

jogja utara,

obrolan di awal nopember 2011

Source: note fb mom fitri titi.

--
Yeptirani Syari, ~Dandanya Zee~
"kalo mo japri, ke *y.syari@gmail.com* ajah... biar gak nyelip :p"

[Non-text portions of this message have been removed]

------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB          : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links

[Non-text portions of this message have been removed]

6a.

Re: Kaget baru liat jadwal imunisasi IDAI 2011

Posted by: "Yeptirani Syari" sehat.syari@gmail.com

Thu Dec 1, 2011 5:50 pm (PST)



saya sejak Zee umur 2 bulan sudah dibujukin untuk ambil PCV sama dsa-nya..
tapi ngeles terus coz emang gak mau ngasih PCV. Mending MMR dan Hep-A tepat
waktu walo mesti debat sama dsa-nya gara2 jadwal IDAI bilang Hep-A 24
bulan, tapi aku pengen ngasih Hep-A ke Zee di 12 bulan (ikut jadwal CDC).
Dua hari habis Zee di Hep-A, ada kabar wabah Hep-A di depok (-_-)"

--
Yeptirani Syari, ~Dandanya Zee~
"kalo mo japri, ke *y.syari@gmail.com* ajah... biar gak nyelip :p"

[Non-text portions of this message have been removed]

7a.

vaksin influenza

Posted by: "Lovely Aysha" lovelyaysha@ymail.com   lovelyaysha@ymail.com

Thu Dec 1, 2011 5:56 pm (PST)



hi moms/docs,
 
butuh infonya donk... jadi rencananya minggu depan kantor akan mengadakan vaksin influenza utk semua karyawan.
kondisinya skrg ini saya lagi meler2... awalnya krn alergi debu
apakah dgn kondisi yg lg meler2 gini bisa utk vaksin...
soalnya 1th yg lalu, pernah ada tmn ktr yg lg flu ada dikit demam katanya ga boleh di vaksin ma dokternya...
 
mohon pengutannya ya moms/docs
 
 
nita

[Non-text portions of this message have been removed]

7b.

Re: vaksin influenza

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Thu Dec 1, 2011 6:12 pm (PST)



Dear Mba Nita,

Batuk pilek demam ringan bukan kontraindikasi untuk vaksin, bisa cek site satgas imunisasi IDAI.

Referensi lain bisa buka cdc, n info tambahan sbb :

"The inactivated vaccine should not be administered to persons known to have anaphylactic hypersensitivity to eggs or other components of the vaccine. A person with an acute febrile illness should not be vaccinated until their symptoms have resolved.

Minor illness with or without fever is not a contraindication to administering the influenza vaccine, especially among children with mild upper respiratory tract infections or allergic rhinitis."

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1069103/

Btw sudah paham kan ya vaksin influenza ini buat apa? :)

F.B.Monika

7c.

Re: vaksin influenza

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Thu Dec 1, 2011 6:14 pm (PST)



Dear Mba Nita,

Batuk pilek demam ringan bukan kontraindikasi untuk vaksin, bisa cek site satgas imunisasi IDAI.

Referensi lain bisa buka cdc, n info tambahan sbb :

"The inactivated vaccine should not be administered to persons known to have anaphylactic hypersensitivity to eggs or other components of the vaccine. A person with an acute febrile illness should not be vaccinated until their symptoms have resolved.

Minor illness with or without fever is not a contraindication to administering the influenza vaccine, especially among children with mild upper respiratory tract infections or allergic rhinitis."

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1069103/

Btw sudah paham kan ya vaksin influenza ini buat apa? :)

F.B.Monika

8a.

[OOT] terima kasih milis sehat

Posted by: "nada.arini@yahoo.com" nada.arini@yahoo.com   nada.arini

Thu Dec 1, 2011 6:09 pm (PST)



Saya mau mengucapkan terima kasih yg amat sangat buanyaaak kepada milis sehat. Anak saya Alma (13bln) sejauh ini sudah mengalami :
- BCGitis (memilih observasi dan lama2 mengecil sendiri)
- Dermatitis Atopi ( pencetus DA nya sudah makin sedikit )
- Ear dermatitis (diresepin hidrocortison tp akhirnya sembuh sendiri setelah dijagain supaya tidak digaruk2 jadi ga tearing)
-imunisasi lengkap dan tepat waktu(dikasi paracetamol cuman 1 kali pas DPT pertamakali krn nangis udah jerit2 itupun dimuntahin)
- gastroentritis tanpa demam 2 kali, dikasi oralit
- meler tp ga pake demam, masih mencari pencetusnya
-common cold 1 kali (cuman banyakin asi dan air putih)
-bakat alergi (sampe ayampun alergi tp sekarang makanan tinggal seafood aja yg blum lulus, yg lain udah bisa)
-jatuh sudah sering bgt krn anaknya aktif buanget. Dari benjol, bibir gusi berdarah, sampe gigi kiri depan atas rada cuil *tepok jidat cuman di kompres/air dingin/es krim
-screening ADB di 1 tahun dan ternyata defesiensi zat besi skrang lg terapi
-dan masih byk lg di soal berat badan dan GTM :p

Semua dilewati dgn tenang dan tidak panik berkat email2 yg rajin membanjiri inbox saya. Betul2 pengetahuan yg sangat berharga. Mudah2an ujian selanjutnya tetap bisa seperti ini dan saya makin berani aktif berpartisipasi :p. Sekali lg terima kasih semuanya yg rajin berbagi. Pengalaman member2 disini sangat membantu saya *peluk semuanyaaaaaaaaaaa :D

Regards,
Nada
*menunggu pesat jakarta/depok biar tambah mantep
Powered by Telkomsel BlackBerry®
8b.

Re: [OOT] terima kasih milis sehat

Posted by: "feby eboy" fetriplef@gmail.com

Thu Dec 1, 2011 6:13 pm (PST)



Komen saya cuma "Wow kerennn :-) "

Feby

[Non-text portions of this message have been removed]

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Health

Memory Loss

Are you at risk

for Alzheimers?

New business?

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: