Tuesday, November 29, 2011

[sehat] Digest Number 16604

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: [sharing] weaning process, a journey for parent and child From: Sisilia
1b.
Re: [sharing] weaning process, a journey for parent and child From: Lies
1c.
Re: [sharing] weaning process, a journey for parent and child From: Hilda
1d.
Re: [sharing] weaning process, a journey for parent and child From: F.B.Monika
2a.
Re: [ASK] side efect makanan pabrik/instan untuk bayi From: alifah davida
2b.
Re: [ASK] side efect makanan pabrik/instan untuk bayi From: Inta
2c.
Re: [ASK] side efect makanan pabrik/instan untuk bayi From: Anind
2d.
Re: [ASK] side efect makanan pabrik/instan untuk bayi From: denella.hadibroto@sumitomocorp.co.jp
2e.
Re: [ASK] side efect makanan pabrik/instan untuk bayi From: Sativa Huang
2f.
Re: [ASK] side efect makanan pabrik/instan untuk bayi From: lisvi_na@yahoo.co.id
2g.
Re: [ASK] side efect makanan pabrik/instan untuk bayi From: Sisilia
3a.
Re: Benjolan di ketiak From: dewi_boim02@yahoo.com
4.1.
Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: Esti Handayani
4.2.
Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: putri suhendro
5a.
[Sharing] Imunisasi Bita From: Inta
5b.
[Sharing] Imunisasi Bita From: Inta
5c.
Re: [Sharing] Imunisasi Bita From: niken qinen
5d.
Re: [Sharing] Imunisasi Bita From: F.B.Monika
5e.
Re: [Sharing] Imunisasi Bita From: mia.amalia@yahoo.com
5f.
Re: [Sharing] Imunisasi Bita From: alifah davida
5g.
Re: [Sharing] Imunisasi Bita From: niken qinen
5h.
Re: [Sharing] Imunisasi Bita From: Sisilia
5i.
Re: [Sharing] Imunisasi Bita From: w_febryanti@yahoo.com
6a.
Re: Usus Luka From: sehatqu@rocketmail.com
7.
Cedera lutut From: Shiervy Utama

Messages

1a.

Re: [sharing] weaning process, a journey for parent and child

Posted by: "Sisilia" sisil.mahadaya@gmail.com   caeciliapudjiastuti

Tue Nov 29, 2011 1:24 am (PST)



Alifah...

Terharuu deh, si kakak pinter sekali.
Semoga ke depannya makin lancar yaaa. Kelihatan banget nih, ibunya sudah lebih dulu menyiapkan diri :)
Damai pun lama prosesnya, dan selama proses itu banyak sekali yang kami alami dan pelajari bersama.


Sounding ke Damai soal berhenti mimik mama sejak 20 bulan(pd saat yng sama saya berhenti memerah), dan Damai memutuskan berhenti sendiri pada 34 bulan, tapi menyusu terakhirnyanya baru 3 bulan kemudian. Dari 34-37 masih menyusu sekali2.

Dan karena papanya pernah bilang(waktu itu saya terlihat heboh rayuannya agar Damai berhenti): "mama, jangan gitu ah, siapa dulu yang nyuruh Damai nyusu mama aja, biarin aja. " Di bahasan lain, papanya pernah bilang, bukan salah Damai kalau dia jd tergantung, wong kita yang bikin dia begitu.

Mak jleb rasanya waktu itu. Akhirnya ya sudah, saya jalani dengan gembira saja, sampai tgl 14 juni 2009 sy tersadar, haa?? Sudah berapa lama Damai nggak nyusu lagi... Sy cek kalender, terakhir 28 mei 2009. Itu pun selama 3 bln sebelumnya nggak nyusu tiap hari... Cukup buat Damai dan saya menyesuaikan diri... Menetralisir rasa kangen yang kadang muncul, walau secara mental saya pun sudah menyiapkan sejak lama.

Oiya, dalam proses yg Damai sadari, tiap pagi saya dan Damai 'evaluasi', biasanya dia yg tanya duluan: mama, semalam aku minta mimik mama nggak?

Eh, kok jadi sy yg curhat. Yang jelas, semua smooth, kami sama2 siap dan PD saya pun siap, gak kerasa beda setelah sapih(ga rasa sakit maksudnya)


Kakak A... Tambah pinter yaaaa *peluk*


Sisil
@sisilmahadaya
1b.

Re: [sharing] weaning process, a journey for parent and child

Posted by: "Lies" lilies_pcs@yahoo.com   lilies_pcs

Tue Nov 29, 2011 1:38 am (PST)



Duuuuhhh...mba Alifah...ceritanya bikin terharu menjelang pulang kantor niy...
Jadi teringat si kaka di rumah...(sejak dalam kandungan, ayahnya membiasakan memanggil Alvaro dengan sebutan "kaka" alasannya...karena nantinya dia akan punya adik, masa kakanya dipanggil dede juga)

Sama, mba..Alvaro sekarang 18 bulan sudah sejak usia 1 tahun saya perkenalkan kl sudah besar ga nen lagi tapi mimik pake gelas...masih begong2 manggut2 ajah siy anaknya, maklum belum ngerti kali ya waktu itu..

Habit-nya
kaka kalo bunda pulang kerja, habis salim langsung teriak dengan
semangat dan mata berbinar2 ala sinchan :P "nenennnnnnnnnnnn...."
Dowenkkkkkkkk...gubrakkkkk
*kembali berpikir kalo proses weaning akan lama sekali..fyuuuhhhhhh....

So far siy kalo lagi nen selalu di sounding seperti itu..mudah2an proses weaningnya berjalan dengan baik dan tanpa paksaan...walau kadang bundanya siy yang belum siap kehilangan momen berduaan sama si kaka heheheheee.....

Smangat terus ya,mbaaaaa u/weaning with love-nya :)

Cheers,
Lies>>BundAlvaro
*kepengenbangetweaningwithlove

[Non-text portions of this message have been removed]

1c.

Re: [sharing] weaning process, a journey for parent and child

Posted by: "Hilda" hilda.iriany@gmail.com   h_iriany

Tue Nov 29, 2011 2:02 am (PST)



Aaaaah seru sekaliiiiii bunda alif....
(˘̩̩̩^˘̩ƪ)
Makasih sharingnya.


-hilda-
1d.

Re: [sharing] weaning process, a journey for parent and child

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Tue Nov 29, 2011 2:14 am (PST)



TFS Mba Alifah..
Semoga bisa menginspirasi banyak Moms ya..
(2 anak saya Weaning sendiri tanpa saya minta walau belum persis 2 tahun,g ada cerita menarik untuk di share:) )

F.B.Monika

2a.

Re: [ASK] side efect makanan pabrik/instan untuk bayi

Posted by: "alifah davida" alifah.davida@gmail.com   alifah_davida

Tue Nov 29, 2011 1:25 am (PST)



Mbak Dini,
Kalau saya niy mikirnya siy begini siy Mbak
"nutrisi terbaik untuk bayi adalah ASI, agar cadangan besi cukup, perlu
diberi suplemen besi pada usia 4 bulan untuk bayi lahir cukup bulan"
Jadi saya sama sekali tidak punya pikiran, bahwa ASI adalah segala-nya, ini
adalah pemikiran yang naif sekali.
"Sudah ASIX kok, jadi saya tidak perlu worry yang lainnya, tidak perlu
imunisasi, tidak perlu suplemen zat besi, dll"
sama dengan pemikiran
"Saya kan sudah menyusui, pastilah tubuh saya akan segera langsing dengan
otomatis"

Suatu hal yang baik, tidak bisa berdiri sendiri untuk menopang segalanya,
butuh penunjang lho.
Semangat yah..tidak ada nutrisi lain yang melebihi ASI manfaatnya untuk
bayi.

regards,

--Alifah--

[Non-text portions of this message have been removed]

2b.

Re: [ASK] side efect makanan pabrik/instan untuk bayi

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Tue Nov 29, 2011 1:28 am (PST)



Mba Dini,

Pertama, HB saat sakit memang cenderung turun. Gak coba cek pas anaknya sudah sehat? Cmiiw yah docs.

Soal zat besi yah, sharing aja yah mba. Alluna saat 4m, konsumsi suplemen zat besi sampai 6 bulan. Setelah itu berhenti dan dilanjutkan dengan mpasi homemade tinggi zat besi misalnya memberikan daging merah di 6.5m, mengenalkan serealia yang tinggi zat besinya seperti beras merah, dll. Setelah setahun tetap harus skrining zat besi nya. Buat saya ini gak masalah. Toh ini bukan karena kualitas asi yang menurun kok. Tapi karena memang cadangan zat besi yang dibawa ibu sejak hamil sang bayi sudah berkurang. Saya gak merasa rugi memberikan asi saya dan memerah asi sampai saat ini (alluna 1y), karena Alluna memang masih butuh asi saya dimana didalamnya masih terkandung: 29% energy, 43% protein, 36% kalsium, 75% vit A, 76% asam folat, 94% vit B12, dan 60% vit C. Mba menyusui bayi mba bukan hanya sekedar ingin dapat zat besi aja kan yah?

Soal sufor dan makanan instan, memang banyak makanan instan yang mengklaim tinggi zat besi. Sayangnya zat besi yang terkandung didalamnya, zat besi artifisial, yang lebih sukar diserap tubuh, alhasil gak banyak juga yang bermanfaat buat bayi mba. Silahkan direview kembali pemberian mpasi nya mba.

Maaf bila tak berkenan.

Cheers, Inta
@Intamardwityo
terkirim dari henponkuh
2c.

Re: [ASK] side efect makanan pabrik/instan untuk bayi

Posted by: "Anind" mamahararya@yahoo.co.id   anind3x

Tue Nov 29, 2011 1:31 am (PST)



Hai Mom Dini,

Setau saya, kandungan zat besi dlm sufor memang dibikin tinggi krn yg bisa terserap dlm tubuh memang sedikit. Cmiiw

Anak asix pun sekarang usia 4-6 bulan ada tambahan vit zat besi & diharapkan usia 6bln keatas zat besi bisa di dpt dari mpasinya.

Apa masih perlu sufor kalau sudah ada vit tambahan zat besi? *maap jadi balik nanya

Gimana kalau mpasi nya diperbanyak asupan zat besi nya juga?

-Anind-
2d.

Re: [ASK] side efect makanan pabrik/instan untuk bayi

Posted by: "denella.hadibroto@sumitomocorp.co.jp" denella.hadibroto@sumitomocorp.co.jp

Tue Nov 29, 2011 1:36 am (PST)



Dear Mb. Dini,

HBnya dicek pas lagi demam? Pas udah sembuh dicek lagi gak? Yg lain2 juga, udah dicek? Dulu MPASI awal buah apa serealia? Dulu udah kasih protein hewani dr early atau di 8m (follow pola FC)?

Ella Bundanya Talita
2e.

Re: [ASK] side efect makanan pabrik/instan untuk bayi

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Tue Nov 29, 2011 1:36 am (PST)



Hi Bu Dini,
Sebelumnya harus dipastikan dulu bahwa Hb rendah ini memang disebabkan
oleh zat besi bukan yang lain, misalnya sakit, thalasemia dll.

Mengenai 'ASI sekarang miskin zat besi' tidak benar sama sekali,
kandungan ASI 'mature' hanya sekitar 0.2-0.8 mg/L, dari dulu memang
tidak banyak. Bayi mengandalkan cadangan zat besi yang dibawa dari
Mamanya, sehingga bisa dinilai resiko mengalami defisiensi zat
besinya.

Is Iron-Supplementation Necessary?
By Kelly Bonyata, IBCLC
http://kellymom.com/nutrition/vitamins/iron.html

Jika sudah usia 6 bulan, maka perlu diperhatikan asupan zat besinya
dari makanan. Iron fortified cereal (misalnya wetbix kids, tanpa
pengawet, pewarna, pemanis) merupakan salah satu pilihannya (tidak
berarti mutlak), per serving (30g) memberikan 3mg zat besi.

Salam,

2f.

Re: [ASK] side efect makanan pabrik/instan untuk bayi

Posted by: "lisvi_na@yahoo.co.id" lisvi_na@yahoo.co.id   lisvi_na

Tue Nov 29, 2011 1:38 am (PST)



Setau aku memang yang bagus itu ASI dan makanan homemade.kalau udah sufor dan makanan pabrikan aku kurang sreg ya.karena udah terbukti sama anak kakakku dan anak temenku.anaknya jadi gampang sakit2an dan aneh2 penyakitnya.coba search di google mungkin ada efek samping makanan pabrikan.
Kalau mengenai DSA & dr.gizi yg menyarankan sufor & makanan pabrikan,setau saya dokter tersebut sedang mempromosikan produk & dapat bonus dari pabrikan tersebut.coba cari alternatif dokter lainnya utk perbandingan saran ga ada salahnya kan :)

Maaf ya kalau kurang berkenan dengan tanggapan saya.

Regards,
Vina moms Qila.

Powered by Telkomsel BlackBerry�
2g.

Re: [ASK] side efect makanan pabrik/instan untuk bayi

Posted by: "Sisilia" sisil.mahadaya@gmail.com   caeciliapudjiastuti

Tue Nov 29, 2011 1:41 am (PST)



Mbak Dini,

salut untuk mbak Dini yang memberikan asi eksklusif dan makanan homemade. Hebat lho :) Banyak ibu yang nggak cukup dapat informasi sehingga nggak bs asi eksklusif dan memberi makanan rumahan.

Sudah banyak dijelaskan teman2 ya mbak... Memang pada usia 4 bulan direkomendasikan pemberian suplemen zat besi dosis pencegahan, karena zat besi yang di asi kurang mencukupi. Hal ini tidak perlu membuat kita merasa menyesal memberi asi, kan bisa ditimbang2 risk dan benefitnya antara memberi asi dan susu formula.

Untuk saat ini, suplemennya dikonsumsi sesuai dosis ya mbak, kemudian beri makanan yang tinggi zat besi. Jangan lupa sertakan vitamin c alami saat mengkonsumsinya, supaya zat besi lebih mudah terserap.

Jangan sedih dan galau ya mbak. Tetap memerah dan memberi asi :)

Salam,
Sisil
@sisilmahadaya

3a.

Re: Benjolan di ketiak

Posted by: "dewi_boim02@yahoo.com" dewi_boim02@yahoo.com   dewi_boim02

Tue Nov 29, 2011 1:25 am (PST)



Dear mbak,

Benjolannya ad terus kok...ga pernah ilang...malah makin besar..
Sent from my BlackBerry 3 jimatku

-----Original Message-----
From: icon_stars@yahoo.com
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Tue, 29 Nov 2011 09:21:01
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Benjolan di ketiak

Mbak, benjolannya ada terus atau kdg ada kdg hlg? Dan skt tdk kalo dipegang? Saya kdg jg punya benjolan, prnh periksa ke rs darmais, kata dktrny itu krn kelenjar keringatnya tersumbat kotoran, jd hrs dikompres air hangat dan rjn dibersihkan, krn saya sk pke bedak d ketiak. Maaf kalau tdk membantu.

[Non-text portions of this message have been removed]

4.1.

Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "Esti Handayani" ehandayani@gmail.com   esti_fgj

Tue Nov 29, 2011 1:29 am (PST)



hehhee.....bapake shock :p

Aku gak kejem kok Pakde.

Umur 18 bulan, udah kampanye dong, bahwa seru lho minum susu dari gelas,
sama kayak ayah ibu. Kita sering tuh sengajain tos gelas susu dan minum
susu bareng2 J, supaya dia ngerasa 'setara'. Meski, teteeeeppp kadang dia
milih ngedot. Kami juga kampanyekan target lepas dotnya, yaitu setelah tiup
lilin (yang mana itu umur 2 tahun). J kadang nanggepin ceria, kadang bilang
gak mau, meski ditawarin nanti boleh bobo sambil gendong ibu. Sejak 18
bulan itu juga, dot akan ada kalo dia minta, itupun coba dialihin dulu,
supaya dia tahu beratnya perjuangan ngedot.

Sebulan sebelum hari H, dia diajakin untuk stop dot kalo bobo siang. Sambil
yel-yel kayak MLM gitu : siapa mau minum susu dari gelaaaass??? Ayah ibunya
teriak kenceng sambil ngacung : sayaaaaa!! trus teriak rame-rame :
yeeeeeaaaayyyy!!!
Sengaja pilih wiken, supaya dia gak perlu jauh dari ibunya, di hari dia
harus merelakan dot nya. Siang itu, dia sukses tidur tanpa dot, meski
ibunya gendong sambil dia tidur. Besokannya, Minggu, masih gitu juga, dia
rewel menjelang tidur siang. Tapi udah, 2 hari doang, besokannya aman damai
sejahtera.

Abis tiup lilin (sengaja diramein, biar dia dapet momentumnya), malemnya
diingetin lagi soal no dot. Tetep dipilih pas wiken, dengan alasan yang
sama kayak pas lepas dot siang. Malem ultah itu aman gak rewel. Dia
kecapekan abis tebar pesona di hari ultah, makanya tidur tanpa minta dot
nya. Eh besoknya, dia minta susu. Dikasih pake gelas lah. Dia gak mau. Ya
sudah, karena gak mau pake gelas, ya no susu. Dia mikir keras (kebayang gak
sih, anak 2 tahun mikir). Akhirnya dia mau minum susu dari gelas, trus
sikat gigi, trus bobo. Sudah. Gitu doang. Gak pake rewel, gak pake tantrum.
Aman ampe hari ini.

Gak kejem kan? Saat itu belom diajak tawar menawar sih, tapi diusahain dia
ngeh bener bahwa gak ngedot itu keren abis.

Esti
2011/11/29 Sam samsulna@gmail.com

[Non-text portions of this message have been removed]

4.2.

Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "putri suhendro" poetpoetrie@gmail.com   poet_poetrie

Tue Nov 29, 2011 1:58 am (PST)



2011/11/29 Inta <dini.maesarinta@gmail.com>

> **
> Mba Inta ....
>

Caramu mirip dgn caraku.
Waktu kakaknya siy nga langsung sukses kayak Bita.
Ada acara nego2 segala. Tapi kemudian 3bulan kemudian lah dot tersimpan
rapi di kardus.
Sedang dengan adiknya, persis kayak Bita hari itu juga semua beres. Dan
adiknya nga pernah kangen ngedot lagi.

sekedar dari itu mengingatkan saya kembali: tiap anak unik!! cuma
komunikasi yang membantu ortu memahami sekiranya cara apa yang tepat
bersikap dalam mendidik/mengasuh tiap2 anak

PUTRI

[Non-text portions of this message have been removed]

5a.

[Sharing] Imunisasi Bita

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Tue Nov 29, 2011 1:45 am (PST)




@Intamardwityo
terkirim dari henponkuh

5b.

[Sharing] Imunisasi Bita

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Tue Nov 29, 2011 1:51 am (PST)



Maaf tadi main klik send ajaaaa :D

Pengen sharing soal imunisasi boleh yaaah..Sebenernya gak spektakular spektakular amaaaat siiih, tapi lagi kepengen cerita aja (jng ditimpuk yaa).�Sebelum Bita 4 thn, saya emang udah mulai buka buka lagi contekan jadwal imunisasinya Bita. Maklum, lama gak bawa2 bita buat imunisasi takut kelewatan tau2 utangnya numpuk :D. setelah dicek di jadwalnya IDAI dan CDC ternyata untuk umur 4-6 tahun imunisasi lanjutan yang �harus dan bisa� saya ambil adalah: Typhoid2, MMR2, DPT5, Polio 5, Varicella2. Alamaaaaaak banyak kaliiiiiii. Mikirin berapa kali njusnya, belum duitnya (pingsaaaan). Akhirnya saya buat jadwal sendiri deh hehehehe. Berhubung semuanya sudah bisa diambil sejak 4 thn. Akhirnya saya putuskan saya ambil MMR2 dan DPT5 dulu. Sisanya saya ambil di umur 5 thn.�Eng ing eng, peer bener nih ngomong ke anaknya kalau nanti dia mau disuntik sehat (saya pakai istilah ini untuk menjelaskan imunisasi ke bita). Sebenarnya bita sih gak pernah susah kalau mau diajak suntik sehat. Terakhir imunisasi dilewati dengan sukses tanpa drama tanpa tangisan tanpa iming2 hadiah eh kecuali plester dari tante dokter :D. Tapi semakin besar kan pasti ambang rasa sakit biasanya semakin meningkat, si anak juga gak mungkin lagi dibujuk pake segala rupa rayuan. Saya pikir menjelaskan rasa sakit imunisasi itu harus selogis mungkin bisa diterima sama bita. Akhirnya saya bilang ke bita seminggu sebelum imunisasi. Hampir setiap hari terjadi percakapan seperti ini:�

Me: kak, nanti mau disuntik sehat lagi yah, bareng adek.

Bita: Sakit gak ma?

Me: Sakit lah. Tapi gak apa2 yah kan supaya kakak sehat

Bita: *Meringis* enggak aaah�

Me: Gak papa yah kak..mama takut kakak sakit jadi kakak disuntik sehat supaya penyakitnya gak berani deket2 yah. Kalau sakit boleh nangis kok. Mama gak marah. Nanti peluk mama deh.�

Saat imunisasi, saya sengaja imunisasi di markas, males repot berdebat macem2 ma dsa lain hehehehe. Hari itu rencananya imunisasi Alluna juga (Varicella dan HepA). Kebetulan hari itu markas lagi supeeeeeer rame. Antri beraaaat. Saat menunggu giliran yang biasanya gak sampe lihat2 ke rak buku kali ini saya sempet liat2 bahkan baca2 dikit buku2 disana. Saat antri itu juga bita kadang merengek gak mau ikutan disuntik sehat. Eh gak disangka2 saya tertarik baca yang kalau gak salah judulnya Hastakarya Anak. Saya pikir isinya macam DIY (Do It Yourself) gituuu, jadi macam bikin dough sendiri atau bikin mainan kardus dll. Ealaaah ternyata isinya macam ensiklopedia merawat bayi. Dari mulai baru lahir sampai toddler. Nah saya ajak tuh bita baca buku itu. Karena kebetulan dia liat dan tertarik sama gambar2nya. Saya langsung buka bagian imunisasi, saya bacain. Trus langsung lari ke diphteri, saya bilang suntik sehatnya kakak nanti supaya kakak gak sakit ini. Saya bacain juga pertusis dan mumps. Kebetulan pas bagian mumps ini ada gambarnya. Disitu juga ditulis kalau mumps membuat tenggorokan sakit untuk menelan dan berbicara. Saya langsung deh: Nih kak, kalau kakak gak mau disuntik sehat ini nanti sakitnya. Kakak gak mau makan nanti gak bisa nelan susah deh kalau makan. Waks, bita langsung mengiyakan dengan semangat, iya deh aku mau. Secara dia emang takut banget klo sampe gak boleh/gak bisa makan hihihihi�..�Sampai didalam, setelah selesai dicek semuanya oleh om dok, akhirnya ke bagian suntik sehat nya deh. Saya Tanya: kakak mau ditemenin mama? Dipangku?peluk? Bita: gak usah sendiri aja. Akhirnya masuk satu suntikan di bahu/lengan kiri. Muka bita langsung berubah, matanya berkaca kaca, saya langsung meluk dia, �sakit kak? Boleh kok kalau nangis. Tapi bita diem aja geleng2, trus disusul suntikan ke dua, sama kayak yang pertama langsung meringis dan berkaca kaca, setelah plester ditempel langsung nyengir lebar dan bilang: gak sakit cuma pegel kok. Alhamdulillaaaah lancar dua shoot hari ini untuk kakak. Setelah itu bita malah sibuk nenang2in adiknya yang nangis karena disuntik.�Senang banget karena bisa bawa bita imunisasi lancar. Dan ternyata anak saya udah besar yaaah huhuhuhuhuhu�..�

Cheers, Inta � maaaaf panjang banget��
@Intamardwityo
terkirim dari henponkuh

-----Original Message-----
From: "Inta" <dini.maesarinta@gmail.com>
Date: Tue, 29 Nov 2011 09:45:52
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: dini.maesarinta@gmail.com
Subject: [Sharing] Imunisasi Bita


@Intamardwityo
terkirim dari henponkuh
5c.

Re: [Sharing] Imunisasi Bita

Posted by: "niken qinen" nikenqinen@gmail.com   qinen_q9

Tue Nov 29, 2011 1:54 am (PST)



Mba inta, mana isi emailnya? -SOL-

Salam,
-Niken-

On 11/29/11, Inta <dini.maesarinta@gmail.com> wrote:
>
> @Intamardwityo
> terkirim dari henponkuh
>

5d.

Re: [Sharing] Imunisasi Bita

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Tue Nov 29, 2011 1:55 am (PST)



TFS Mba...Salut..tim yg kompak :)
Setuju banget dengan gak bohongin anak bilang disuntik Imunisasi itu gak sakit :), dan gak harus maksa supaya anak kuat nahan sakit..Nangis / apapun sebagai bentuk pelepasan emosi selama aman n ditemani is ok :)

F.B.Monika

5e.

Re: [Sharing] Imunisasi Bita

Posted by: "mia.amalia@yahoo.com" mia.amalia@yahoo.com   mia.amalia

Tue Nov 29, 2011 1:57 am (PST)



Mbak inta...kakak bita kerennnn ;)
TFS..sol

Sent from my BlackBerry� smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
5f.

Re: [Sharing] Imunisasi Bita

Posted by: "alifah davida" alifah.davida@gmail.com   alifah_davida

Tue Nov 29, 2011 1:58 am (PST)



Kerenn.
Salut buat team yang luarr biasa kompak.
huehehe...hebattt.
Peluk cium buat Bita dan Alluna, maknya gak usah yee :D

regards,

--Alifah--
'masih iklanin thypoid'

[Non-text portions of this message have been removed]

5g.

Re: [Sharing] Imunisasi Bita

Posted by: "niken qinen" nikenqinen@gmail.com   qinen_q9

Tue Nov 29, 2011 2:00 am (PST)



Kakak Bita hebat, Ϟƍƍαќ pake nangis.
TFS ya mba Inta, pe-er saya neh utk ajak dhaffin imunisasi. Setiap
diajak pst geleng...
*hutangHepA&Tifoid

Salam,
-Niken-

On 11/29/11, Inta <dini.maesarinta@gmail.com> wrote:
> Maaf tadi main klik send ajaaaa :D
>
> Pengen sharing soal imunisasi boleh yaaah..Sebenernya gak spektakular
> spektakular amaaaat siiih, tapi lagi kepengen cerita aja (jng ditimpuk
> yaa). Sebelum Bita 4 thn, saya emang udah mulai buka buka lagi contekan
> jadwal imunisasinya Bita. Maklum, lama gak bawa2 bita buat imunisasi takut
> kelewatan tau2 utangnya numpuk :D. setelah dicek di jadwalnya IDAI dan CDC
> ternyata untuk umur 4-6 tahun imunisasi lanjutan yang "harus dan bisa" saya
> ambil adalah: Typhoid2, MMR2, DPT5, Polio 5, Varicella2. Alamaaaaaak banyak
> kaliiiiiii. Mikirin berapa kali njusnya, belum duitnya (pingsaaaan).
> Akhirnya saya buat jadwal sendiri deh hehehehe. Berhubung semuanya sudah
> bisa diambil sejak 4 thn. Akhirnya saya putuskan saya ambil MMR2 dan DPT5
> dulu. Sisanya saya ambil di umur 5 thn. Eng ing eng, peer bener nih ngomong
> ke anaknya kalau nanti dia mau disuntik sehat (saya pakai istilah ini untuk
> menjelaskan imunisasi ke bita). Sebenarnya bita sih gak pernah susah kalau
> mau diajak suntik sehat. Terakhir imunisasi dilewati dengan sukses tanpa
> drama tanpa tangisan tanpa iming2 hadiah eh kecuali plester dari tante
> dokter :D. Tapi semakin besar kan pasti ambang rasa sakit biasanya semakin
> meningkat, si anak juga gak mungkin lagi dibujuk pake segala rupa rayuan.
> Saya pikir menjelaskan rasa sakit imunisasi itu harus selogis mungkin bisa
> diterima sama bita. Akhirnya saya bilang ke bita seminggu sebelum imunisasi.
> Hampir setiap hari terjadi percakapan seperti ini:
>
> Me: kak, nanti mau disuntik sehat lagi yah, bareng adek.
>
> Bita: Sakit gak ma?
>
> Me: Sakit lah. Tapi gak apa2 yah kan supaya kakak sehat
>
> Bita: *Meringis* enggak aaah…
>
> Me: Gak papa yah kak..mama takut kakak sakit jadi kakak disuntik sehat
> supaya penyakitnya gak berani deket2 yah. Kalau sakit boleh nangis kok. Mama
> gak marah. Nanti peluk mama deh.
>
> Saat imunisasi, saya sengaja imunisasi di markas, males repot berdebat
> macem2 ma dsa lain hehehehe. Hari itu rencananya imunisasi Alluna juga
> (Varicella dan HepA). Kebetulan hari itu markas lagi supeeeeeer rame. Antri
> beraaaat. Saat menunggu giliran yang biasanya gak sampe lihat2 ke rak buku
> kali ini saya sempet liat2 bahkan baca2 dikit buku2 disana. Saat antri itu
> juga bita kadang merengek gak mau ikutan disuntik sehat. Eh gak disangka2
> saya tertarik baca yang kalau gak salah judulnya Hastakarya Anak. Saya pikir
> isinya macam DIY (Do It Yourself) gituuu, jadi macam bikin dough sendiri
> atau bikin mainan kardus dll. Ealaaah ternyata isinya macam ensiklopedia
> merawat bayi. Dari mulai baru lahir sampai toddler. Nah saya ajak tuh bita
> baca buku itu. Karena kebetulan dia liat dan tertarik sama gambar2nya. Saya
> langsung buka bagian imunisasi, saya bacain. Trus langsung lari ke diphteri,
> saya bilang suntik sehatnya kakak nanti supaya kakak gak sakit ini. Saya
> bacain juga pertusis dan mumps. Kebetulan pas bagian mumps ini ada
> gambarnya. Disitu juga ditulis kalau mumps membuat tenggorokan sakit untuk
> menelan dan berbicara. Saya langsung deh: Nih kak, kalau kakak gak mau
> disuntik sehat ini nanti sakitnya. Kakak gak mau makan nanti gak bisa nelan
> susah deh kalau makan. Waks, bita langsung mengiyakan dengan semangat, iya
> deh aku mau. Secara dia emang takut banget klo sampe gak boleh/gak bisa
> makan hihihihi….. Sampai didalam, setelah selesai dicek semuanya oleh om
> dok, akhirnya ke bagian suntik sehat nya deh. Saya Tanya: kakak mau
> ditemenin mama? Dipangku?peluk? Bita: gak usah sendiri aja. Akhirnya masuk
> satu suntikan di bahu/lengan kiri. Muka bita langsung berubah, matanya
> berkaca kaca, saya langsung meluk dia, "sakit kak? Boleh kok kalau nangis.
> Tapi bita diem aja geleng2, trus disusul suntikan ke dua, sama kayak yang
> pertama langsung meringis dan berkaca kaca, setelah plester ditempel
> langsung nyengir lebar dan bilang: gak sakit cuma pegel kok.
> Alhamdulillaaaah lancar dua shoot hari ini untuk kakak. Setelah itu bita
> malah sibuk nenang2in adiknya yang nangis karena disuntik. Senang banget
> karena bisa bawa bita imunisasi lancar. Dan ternyata anak saya udah besar
> yaaah huhuhuhuhuhu…..
>
> Cheers, Inta – maaaaf panjang banget
> @Intamardwityo
> terkirim dari henponkuh
>
> -----Original Message-----
> From: "Inta" <dini.maesarinta@gmail.com>
> Date: Tue, 29 Nov 2011 09:45:52
> To: <sehat@yahoogroups.com>
> Reply-To: dini.maesarinta@gmail.com
> Subject: [Sharing] Imunisasi Bita
>
>
> @Intamardwityo
> terkirim dari henponkuh
>
> ------------------------------------
>
> Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
> - Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal
> FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.
>
> Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland,
> dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami,
> PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>
> "Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
> =================================================================
> Milis Sehat thanks to:
> - AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS
> SEHAT 2011.
>
> Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk.
> who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi
> Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
> "SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.
>
> Kunjungi kami di (Visit us at):
> Official Web : http://milissehat.web.id/
> FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
> Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
> ==================================================================
> Donasi (donation):
> Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
> Bank Mandiri
> Cabang Kemang Raya Jakarta
> Account Number: 126.000.4634514
> ==================================================================Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>

5h.

Re: [Sharing] Imunisasi Bita

Posted by: "Sisilia" sisil.mahadaya@gmail.com   caeciliapudjiastuti

Tue Nov 29, 2011 2:02 am (PST)



Haha, Inta, emaknya yah yang melow

Tim yang hebat deh pokoknya.

Setuju bgt untuk ga bohongin soal sakit. Kalau Damai sempet tanya sakit kayak apa, aku bilang kayak digigit semut. Dulu dia pernah digigit semut jadi bisa bayangin sakitnya. Nah, beberapa hari sebelum suntik, kamu berdua cubit2an keciiil, Tapi ya sambil bercanda: kayak gini ya ma sakitnya?, damai tanya sambil cubit tangannya dan tangan mamanya, trus gantian. Seru aja hehehe

Sehat terus ya Bita dan Alluna!

Sisil
@sisilmahadaya

5i.

Re: [Sharing] Imunisasi Bita

Posted by: "w_febryanti@yahoo.com" w_febryanti@yahoo.com   w_febryanti

Tue Nov 29, 2011 2:36 am (PST)



Mumpung ada trit ini, mao share juga mengenai imunisasi abyan (5yo9m)

Semenjak abyan kena kawasaki waktu usia 11m2w....sejak itu pula kita (lalai) mengimuniasasi abyan...hikshikshiks (maap ya mas..)

Akhirnya pd saat baby safiy lahir dan pertama vaksin, kita konsul ke DSA safiy kita ceritain bla bla bla...

Ternyata utang imunisasi abyan banyak banget *huuuaaaaaaaaaa untung ga pengsan dpn DSA nyah*

Utang imunisasinya :
Dpt/polio v
MMR I dan II
Hep A I dan II
Typhoid

Varicela ga perlu krn abyan sdh kena cacar air tahun lalu (cuman keluar 5 mlentingan)

Sdh lama di sounding ke abyan bahwa abyan blm imunisasi, mao ya di imunisasi...
Abyan: sakitan mana sm di ambil darah nya (dia pernah diambil darah utk cek widal)
Bunda: ya sakitan ambil darah donk, kl di imunisasi kan cuma 5detik....boleh nangis koq hehehe
Abyan: ngga ahk, abyan mao diambil darah nya ajah
Bunda: *tepokjidat* ya sakitan diambil darah donk mas

Maka yg ada terjadilah perdebatan kecil diakhiri dgn kalimat tegas abyan: pokoknya kl diambil darah abyan mao, kl di imunisasi abyan gak mao *huhuhuhu*

Terakhir kmrn vaksin baby safiy, akhir nya stlh konsul sm DSA (thx Dr En*ah) saya dan ayah nya utk bln des ini ambil:
DPT/polio V dan MMR I....

Sdh di sounding setiaaaaaapp hari dan jawaban abyan blm brubah :(

mudah2an pas waktunya nanti abyan brubah jawaban nya....

Hehehe maap SP's critanya panjang bener


Thanks,

Wiwin (BundAby & baby safiy)
6a.

Re: Usus Luka

Posted by: "sehatqu@rocketmail.com" sehatqu@rocketmail.com

Tue Nov 29, 2011 1:56 am (PST)



Terima Kasih bapak /(dr.) Anto untuk tanggapannya,
Kurang lebih 2 bulan lalu, sudah sempat difibroscan hatinya dan alhamdulillah tdk ada kerusakan hanya diagnosa tertera sedikit lemak.
Atau perlu tes lagi apa ya selain fibroscan?

Baiklah, saya akan coba membaca dan browsing dari link yang bapak berikan. Apabila ada yg kurang jelas boleh ya nanti saya bertanya lagi.

Ibu Niken, terima kasih atas supportnya.. Iya waktu itu nggak sempat nanya istilah medical krn keburu panik suami gak bs makan.

Terima kasih..

Alea

Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: yulianto <yuliantosk@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Tue, 29 Nov 2011 16:16:25
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Usus Luka

dear bu alea,
perlu dipastikan bagaimana kondisi hati suami? sudah tes fungsi hati?
apakah ada pembesaran hati?
kemudian bila mual, begah megnarah ke dyspepsia; dyspepsia pun dicari
tahu lagi penyebabnya. bila dyspepsia ada warning sign / red flag;
penurunan berat badan termasuk red flag, harus dievaluasi menyeluruh
kondisi saluran cerna.

�red flags� for malignancy or complicated ulcer (e.g., dysphagia, early
satiety, protracted vomiting, anorexia, loss of more than 10 percent of
body weight, melena, rectal bleeding, abdominal mass, previous peptic
ulcer disease, jaundice, family history of gastric cancer).
sumber lain:
http://www.fpnotebook.com/gi/Exam/DyspsRdFlgs.htm
http://www.patient.co.uk/doctor/Dyspepsia.htm

Menurut saya dipastikan dahulu kondisi lambung dan hati.

salam,
-anto-



[Non-text portions of this message have been removed]



------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links



7.

Cedera lutut

Posted by: "Shiervy Utama" shiervy_u@yahoo.com   shiervy_u

Tue Nov 29, 2011 2:46 am (PST)



Dear all,
Hari sabtu kemarin, suami saya jatuh saat sedang menggendong anak kami dan posisi jatuhnya adalah dengan lutut membentur lantai. Sampai hari ini suami masih mengeluh lututnya sakit bahkan walau sekedar tersenggol atau diusap. Saya sudah menyarankan untuk ke dokter tetapi suami masih mau menunggu beberapa hari (just in case membaik). Apakah SPs atau doctors mempunyai masukan tentang cedera yang dialami suami saya.
FYI, sehari sebelumnya suami baru saja ke dokter dan didiagnosa osteoarthritis.
Thanks

Shiervy

[Non-text portions of this message have been removed]

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Health

Heartburn or Worse

What symptoms

are most serious?

Drive Traffic

Sponsored Search

can help increase

your site traffic.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: