Tuesday, November 29, 2011

[sehat] Digest Number 16601

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1.1.
Re: Bls: [sehat] [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: Oke Mieske
1.2.
Re: Bls: [sehat] [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: Ade.M
1.3.
Re: Bls: [sehat] [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: Ida Rifai
1.4.
Bls: Bls: [sehat] [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: Mutiara Santoso
1.5.
Bls: Bls: [sehat] [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: Mutiara Santoso
2.1.
Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: Esti Handayani
2.2.
Bls: [sehat] [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: Mutiara Santoso
2.3.
Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: tristanathan
2.4.
Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
2.5.
Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: dyah prima
2.6.
Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: Sam
2.7.
Bls: [sehat] [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: Mutiara Santoso
2.8.
Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: Ratna
2.9.
Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: Ade Novita Juliano
2.10.
Bls: [sehat] [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: Mutiara Santoso
2.11.
Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: Ade Novita Juliano
3a.
Re: IMD pada bayi prematur From: mentari.lunaira@gmail.com
3b.
IMD pada bayi prematur From: goofypinkku83@yahoo.com
4a.
Re: ASI: Cairan Ajaib Yang Selamatkan Bayiku From: annisa wulandari
5a.
Dari Bu Putri untuk Bu Mutiara From: /ghz
5b.
Bls: [sehat] Dari Bu Putri untuk Bu Mutiara From: Mutiara Santoso
6a.
Re: (Tanya) cara menyusui baby prematur + konselor laktasi klasi-yop From: lilis nurindah sari
6b.
Re: (Tanya) cara menyusui baby prematur + konselor laktasi klasi-yop From: Ade Novita Juliano
7.
Leukosit tinggi gapapakah? From: vjlollipop@gmail.com
8a.
Re: File - [REMINDER] Mohon Segera Diisi Kuesioner Untuk Calon Anggo From: titin.komariah@gmail.com

Messages

1.1.

Re: Bls: [sehat] [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "Oke Mieske" okemieske@gmail.com   yoenx

Mon Nov 28, 2011 10:01 pm (PST)



Mutiara :
pulang kerja, biasanya Miracle menyambut dipintu dengan teriakan "Bundaku..bundaku..." tapi kemarin sore sembari memasukkan motor, aku gak denger suara itu...padahal pas aku melongok  dari pintu Miracle ada lagi lihat TV...aku berikan salam, dijawab tapi mata tetep ke TV, pas dideketin langsung teriak..."Ama Nenek aja..ma nenek aja..." oh...rupanya dia sadar bahwa penyebab dia gak ketemu EMPENG ma DOT itu Bundanya

Saya :
Waaah... Sayang ya... Bonding yg indah selama ini, jadi sedikit diwarnai oleh noda "sakit hati si miracle thdp bundanya" (walopun minggu depan keadaan sudah "back to normal").

Mutiara :
habis sudah kesabaran aku....akhirnya jurus terakhir (22.30wib) (jurus paling JAHAT, JANGAN DITIRU) aku angkat Miracle aku rebahkan sambil aku bilang "Mbak, kalo masih nangis Bunda tidurin digarasi motor barengan sama tikus n kecoa, Mbak mau?".....si Mbak jawab,"Nggak Ma...nggak ma..." dan tidurlah dia .....duh berulang-ulang aku minta maaf lewat bisikan....

Saya :
Waaaaa makin sedih saya bacanya... :(

Ada 2 cara menghadapi problem empeng, easy way & hard way...

Easy way -> waktunya cepat, tp hasil akhirnya "ga manis"....
Ortu memaksakan maunya, dg menghadapkan situasi "no empeng" sm si anak (tanpa menyodorkan pilihan selain no empeng)...
Tanpa si anak diajak utk "belajar" berpikir-memilih-menerima konsekuensinya
Memang makan waktu cuma sebentar.... 2 atau 3 hari si anak akan meraung2.... Tantrum.... Sedih kehilangan saluran emosinya.
Stlh itu, sianak spt "lupa" dan kehidupan berjalan spt biasa....
Tapi...... si anak kehilangan kesempatan utk belajar berpikir-memilih-berjuang-menerima konsekuensi-mengelola emosi-dll.

Kalo Hard way -> ya kurleb kebalikan dari easy way....
makan waktu lama.... Mungkin hasil akhirnya terlihat sama aja , yaitu : sama2 lepas dr empeng....
Tapi, disini anak belajar utk berpikir-memilih-menerima konsekuensi-mengelola emosi-dll

Terlihat sepele... Tp memang begitulah cara nya kita mengajarkan anak2 utk jd pribadi yg mandiri-sanggup berjuang-sanggup kecewa...
Dari hal2 kecil seperti : lepas empeng, lepas nenen, dll....

Tapiiiii... Ya back to masing2 ortu ya...
Ini cuma pemikiran saya aja kok...

Salam,

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
1.2.

Re: Bls: [sehat] [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "Ade.M" bunda.daffyisa@yahoo.com   bunda.daffyisa

Mon Nov 28, 2011 10:09 pm (PST)



Ikut nyimak ya mba...

Memang perlu kuat2an ati klo ngeberesin rasa nyandu.
Kebayang betenya miracle,kerasa juga sedih tapi harusnya mba mutiara misahin miracle dari mpengnya.
*peluk dulu ah...

Memang ya mba klo esmosi udah meletup, ujung2nya pasti nyesel deh udah keras sama anak.
Aku pernah belajar di suatu training orang tua, bahwa saat anak2 akan tidurr adalah saat yg penting bagi kita utk mengurai keseharian anak: menanamkan yg baik ke dalam otaknya dan menghapus pengalam atau input negatif yg masuk ke dlm pikirannya pd hari itu.

Jadi, sangat sayang jika si anak terlelap dg pikiran bahwa ibunya udah ga sayang dan merampas kesenangannya, apalagi dg tambahan akan tidurr di garasi dg kecoak misalnya. Dia mungkin saja berhenti menangis, tapi hatinya mungkin tidak.

Meski kita akhirnya menyesal dan membisikkan kata maaf, itu hanya utk ketenangan batin kita saja, toh dia sudah tidak mendengar.
Kalau saya biasanya, sebelum terlambat anak jatuh tertidur dg hati yg sedih, bagaimana caranya saya akan ajak dia bicara, dia harus tau apapun yg terjadi hari ini, saya tetap sayang padanya.
Saya pastikan dia mendengar dg sadar bahwa saya meminta maaf utk ketidaknyamanan yg harus dia jalani.Sambil ucapkan doa,semoga besok semua jd lebih baik utk semua.

Hanya urun pendapat,

Salam,
Ade.M

Powered by Telkomsel BlackBerry®
1.3.

Re: Bls: [sehat] [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "Ida Rifai" riffatriffan@gmail.com   farida_indriyani

Mon Nov 28, 2011 10:16 pm (PST)



Duhh sediih :(. Masak tidur sama tikus mbaa :(

Aku sharing aja yaa krn lg proses weaning nenen jg sama Ipan. Kalo mau cepet emg prosesnya kayak mba. Langsung lepasss tanpa persetujuan anak. Tp rasanya gak fair buat dia, nenen-nya Ipan skrg cenderung untuk kenyamanan saja krn dia dah 2.5th.
Mirip sama Miracle kan? Empeng buat nyaman.

Rasanya gak fair kalo tiba2 saya renggut kenyamanan dia. Jd yg saya lakukan ya bikin kesepakatan. Kesepakatan yg saya buat: nenen sehari 2x. Biasanya siang dan malam sebelum tidur. Kalo siang dah minta, trus sore minta, saya ingatkan kesepakatan, kalo nen skrg brati nanti mallam ga nen. Biasanya dia mikir tuh, dieem sebentar trus milih. Saya jg harus konsisten, kalo anak lihat ortu konsisten, dia akan konsisten juga kok.

Rencana mau saya bikin 1x sehari, itupun akan saya bicarakan dulu sama Ipan. Dan apapun yang menyangkut dia, selalu saya bikin kesepakatan berdua. Hasilnya anak-anak makin nyaman sama saya. Gampang pun dikelola :).


Maaf kalo gak berkenan ya..



Ida
Mama 2R
1.4.

Bls: Bls: [sehat] [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "Mutiara Santoso" mutiara.santoso@yahoo.co.id   mutiara.santoso

Mon Nov 28, 2011 10:20 pm (PST)



Dear Mbak Ade....

Makasih buat penguatannya...sampai sekarang masih kebayang kok wajah Miracle yg bete...

-Mutiara-
*lagi sedihh neehhh....

[Non-text portions of this message have been removed]

1.5.

Bls: Bls: [sehat] [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "Mutiara Santoso" mutiara.santoso@yahoo.co.id   mutiara.santoso

Mon Nov 28, 2011 10:26 pm (PST)



Dear All.....
Iya... penyesalan datang terlambat.....sore ini akan ku balas dengan sejuta kebaikan buat Miracle...

thanks buat semua masukkan nya , makin aku cinta Milis ini

-Mutiara-

[Non-text portions of this message have been removed]

2.1.

Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "Esti Handayani" ehandayani@gmail.com   esti_fgj

Mon Nov 28, 2011 10:08 pm (PST)



Maaf Mba...

Setelah empengnya direnggut paksa, Miracle masih harus diancam? Aduh Mba,
jangan dong...kebayang ketakutannya Miracle. Please, jangan lakukan itu ke
anak ya Mba.

Wajar kan dia tantrum, karena dia dipisahkan paksa dari sesuatu yang selama
ini membuat dia nyaman. Harusnya sih, orang tua justru memberikan
kenyamanan pengganti, bukannya diancam. Agak ironi, dia kenal empeng kan
bukan maunya dia, tapi dkenalkan oleh orang dewasa di sekitarnya, lha
kok dia yang dihukum 2x?

Maaf ya Mba...

Esti
2011/11/29 Mutiara Santoso <mutiara.santoso@yahoo.co.id>

> **
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

2.2.

Bls: [sehat] [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "Mutiara Santoso" mutiara.santoso@yahoo.co.id   mutiara.santoso

Mon Nov 28, 2011 10:18 pm (PST)



Dear Mbak Esti...

Emang bener..maka itu penyesalan aku sampai sekarang.....

-Mutiara-
*lagi nyesel neeehhhhh...

[Non-text portions of this message have been removed]

2.3.

Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "tristanathan" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Mon Nov 28, 2011 10:25 pm (PST)



>> aku bilang "Mbak, kalo masih nangis Bunda tidurin digarasi motor
barengan sama tikus n kecoa, Mbak mau?".....si Mbak jawab,"Nggak Ma...nggak
ma..." dan tidurlah dia .....duh berulang-ulang aku minta maaf lewat
bisikan.... <<

:'(
ikut nangis saya kebayang tangisan miracle.
lagi2 mbak mutiara 'beruntung', karena miracle pilih untuk diam (walau
entah apa yg dia rasakan saat itu), karena kalau dia nolak, terpaksa harus
tegar untuk membiarkan miracle tidur dengan tikus dan kecoa, karena kalau
gak, ini akan sekedar jd ancaman, dan miracle bisa mempelajari pola ini
untuk melanjutkan aksinya.

setuju dengan mbak oke, the hard way is not always bad.

-ria-

2011/11/29 Mutiara Santoso <mutiara.santoso@yahoo.co.id>

> **
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

2.4.

Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Mon Nov 28, 2011 10:30 pm (PST)



Setuju juga dengan the hard way is not always bad...SOL.

Regards,
Marcella
*buru2, cuma komen
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
2.5.

Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "dyah prima" dyahprima@gmail.com   dyahprima

Mon Nov 28, 2011 10:49 pm (PST)



duh.... pakek acara sakit hati?
bunda harus ganti rugi nih..... kasian miracle, kecewa ples ketakutan.
--
salam,
Prima - mama gita & colin

"Prepare your mind to received the best that life has to offer." ~Ernest
Holmes~

http://mamagita.multiply.com/

[Non-text portions of this message have been removed]

2.6.

Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "Sam" samsulna@gmail.com   samsul_na

Mon Nov 28, 2011 10:54 pm (PST)



Juga sedang mencari kesepakatan sama danish juga buat lepas dari botol nya yg sudah bulukan
Kalo aku tanya alasannya karena aroma susu UHT nya gak enak ( bukan basi lho )
trus tak tawarin pakai training cup, blum mau juga.
untungnya doi rajin gosok gigi dg teratur so tidak ada caries.

any ide buat dagang sama doi ?

Thanks,
Sam

----- Original Message -----
From: tristanathan
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, November 29, 2011 1:25 PM
Subject: Re: [sehat] [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

gak, ini akan sekedar jd ancaman, dan miracle bisa mempelajari pola ini
untuk melanjutkan aksinya.

setuju dengan mbak oke, the hard way is not always bad.

-ria-

[Non-text portions of this message have been removed]

2.7.

Bls: [sehat] [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "Mutiara Santoso" mutiara.santoso@yahoo.co.id   mutiara.santoso

Mon Nov 28, 2011 10:59 pm (PST)



Pak Sam...

Dah coba pake sedotan???

-Mutiara-

[Non-text portions of this message have been removed]

2.8.

Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "Ratna" ratnaumry@gmail.com   c_ratna_sd

Mon Nov 28, 2011 11:06 pm (PST)



Om sam,
Saya dulu ngedot sufor sampe usia 7 thn. Menjelang ultah ke 7 bikin agreement sama alm papa, stop pake dot pas ultah. Saya ingat tuh pagi2 di hari ultah saya, begitu bangun diajak papa ke belakang untuk bakar dot berdua. Sejak saat itu saya berhenti minum susu, sama kayak anak si om, saya ga suka bau susu kalo diminum dr gelas. Saya baru mau minum susu lg pas udah SMA. Sampe skrg periode 8thn tanpa susu itu yg dijadikan kambing hitam kuntetnya badan saya (saya 157cm, kakak dan adik saya diatas 180cm) hehe.

Kalo dagang ga laku, gimana kalo pake agreement aja kayak saya dan papa (alm)? Just share.

Ratna • MamaWiLou
2.9.

Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "Ade Novita Juliano" ade.novita.juliano@gmail.com   novita_ade

Mon Nov 28, 2011 11:07 pm (PST)



seingatku dulu Reva anak pertama saya itu pisah dari dot memakan waktu
hampir 1 tahun

mulai dari cerita tentang bunda dulu juga pakai dot

menggunakan buku cerita, majalah, dan media2 lain tentang dot, tentang
media apa aja yang bisa digunakan untuk minum susu, sampai diskusi minum
susu itu apa untuk apa dan perlu ga perlunya

kemudian memilih kotak penyimpanan dot yang dia pilih sendiri

sampai akhirnya dia sendiri yang menentukan untuk menyimpan dot tersebut
dalam kotak

selesai dot masuk kotak penyimpanan, kita janjian boleh intip2 kotak, buka,
untuk dipegang aja

begitupun bonekanya juga mengintip kotak tempat botol susunya

trus berhenti sendiri deh ga usah ngintip2 dot di kotak lagi, dan dia
sendiri juga yang meminta neneknya untuk nyimpen kotak dot nya di lemari
lain yang dia ga bisa ngintip lagi

salam,
@Ade_Novita

[Non-text portions of this message have been removed]

2.10.

Bls: [sehat] [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "Mutiara Santoso" mutiara.santoso@yahoo.co.id   mutiara.santoso

Mon Nov 28, 2011 11:14 pm (PST)



Pak Sam...
 Minggu malam (27.11) aku ajak Miracle bob pake dongeng...
Senin malam (28.11) dah gak mempan terpaksa kekerasan (hehehehe...)
Selasa malam...belum tahu semoga ada cara lebih baik

-Mutiara-

________________________________
Dari: Sam <samsulna@gmail.com>
Kepada: sehat@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 29 November 2011 13:52
Judul: Re: [sehat] [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE


 
Juga sedang mencari kesepakatan sama danish juga buat lepas dari botol nya yg sudah bulukan
Kalo aku tanya alasannya karena aroma susu UHT nya gak enak ( bukan basi lho )
trus tak tawarin pakai training cup, blum mau juga.
untungnya doi rajin gosok gigi dg teratur so tidak ada caries.

any ide buat dagang sama doi ?

Thanks,
Sam

[Non-text portions of this message have been removed]

2.11.

Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "Ade Novita Juliano" ade.novita.juliano@gmail.com   novita_ade

Mon Nov 28, 2011 11:15 pm (PST)



oh iya

dulu itu yang bikin saya lebih percaya diri memulai weaning Reva dari dot
adalah, keyakinan bahwa susu itu tidak harus dikonsumsi, jadi ya.. lebih
tenang aja memulai weaningnya

untuk empeng, mungkin bisa ditanya kenapa atau dlihat kapan saja butuh
empeng

seperti menyapih wira dan naya, itu kan dulu tangannya sering menggenggam
baju atau tangan saya ketika menyusu, nah, saya tawarkan penggantinya,
mainan2 kecil

tapi mainannya terus berganti, agar tidak berubah jadi ketergantungan pada
1 mainan

selamat mengenali keunikan anak masing-masing ya

nanti ada masa dimana kita sangat kangen dengan masa2 sebelum weaning

[Non-text portions of this message have been removed]

3a.

Re: IMD pada bayi prematur

Posted by: "mentari.lunaira@gmail.com" mentari.lunaira@gmail.com   mentari_mayang

Mon Nov 28, 2011 10:12 pm (PST)



Mba nanda,

Anak saya aira (3th) dulu lahir premature di usia 32 minggu, dgn berat 2,1 kg...kelahiran premature nya memang sudah diprediksi krn saya mengalami kontraksi terus menerus.

aira lahir secara SC, sebelum SC dr anak menerangkan kepada saya kalau beliau tidak bisa melakukan prosedur IMD dikarenakan kondisi anak sy yg lahir premature, sehingga harus cepat diobservasi, dibersihkan jalan nafas dan dihangatkan..

Pada saat anak saya diangkat keluar dokter anaknya menaruh anaksaya di dada sebentar (tdk sampai 5menit) beliau memencet payudara saya agak keras sehingga keluar kolostrumnya, kemudian anak saya diarahkan mulutnya untuk menjilat dan meminum kolostrum, sehabis itu langsung diangkat utk diobservasi lbh lanjut.

Saya juga kurang paham,apakah memang itu prosedur yg benar :) namun saya mengerti memang anak dengan berat lahir hanya 2,1 kg dan belum cukup umur, berbeda perlakuannya dengan yg cukup umur

Kalau boleh tau, kenapa mba khawatir anaknya lahir premature?apakah ada indikasi ke arah situ?coba didiskusikan dengan dsog nya..sekalian baca2 tentang apa saja yg menjadikan kehamilan beresiko premature :)

Saya skr juga sedang hamil 12W, resiko saya untuk melahirkan premature lebih besar,mengingat anak pertama saya premature, namun bagaimanapun mari kita berpositif thinking, menjalani kehamilan dengan senang hati sambil terus berikhtiar
Semoga membantu

Regards,
Mayang
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
3b.

IMD pada bayi prematur

Posted by: "goofypinkku83@yahoo.com" goofypinkku83@yahoo.com   goofypinkku83

Mon Nov 28, 2011 11:03 pm (PST)



Dear Mba Mayang dan Mba Hilda,

Makasiy ya infonya.. Saya agak kuatir sebenernya saya gak tau penyebabnya. Apa mungkin hanya negative thinking aja yah, perasaan takut. Karena tiap malam saya sering kram kaki yg berakibat perut saya tegang. Lalu semakin hari semakin susah tidur dan susah napas, dada terasa sesak dan vagina rasanya nyus nyus ngilu. Setiap mau ke kamar mandi saya selalu deg2an melihat underwear saya. Belum lagi saat ini kondisi saya sedang flu, batuk terus menerus dan pagi ini saya demam.
Tapi mungkin benar yg Mba Mayang bilang, kita harus positive thinking.

Jadi back to bayi premature, ternyata memang tdk dimungkinkan untuk menjalani IMD yah.

Baiklah kalo bagitu.

Terima kasih banyak atas sumbang pikirannya :)

Nanda.
Powered by Telkomsel BlackBerry®
4a.

Re: ASI: Cairan Ajaib Yang Selamatkan Bayiku

Posted by: "annisa wulandari" arwball_82@yahoo.co.id   arwball_82

Mon Nov 28, 2011 10:17 pm (PST)





Subahanallah...benar2 cerita yg begitu mengharukan...semoga bisa menjadi inspirasi utk kita semua n semakin banyak ibu2 yg memberikan ASI utk anak2x.

Salam

Annisa 

________________________________
Dari: Hari Rahmi <hari.rahmi@ericsson.com>
Kepada: "sehat@yahoogroups.com" <sehat@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 29 November 2011 11:38
Judul: [sehat] ASI: Cairan Ajaib Yang Selamatkan Bayiku


 
ASI: Cairan Ajaib Yang Selamatkan Bayiku

KOMPAS.com - Ini adalah kisah luar biasa tentang perjuangan seorang ibu yang ingin memberikan ASI kepada sang buah hati yang lahir dalam kondisi kritis.

Walau dalam keadaan terbaring lemah pascaoperasi dan terpukul setelah kehilangan salah satu bayinya, ibu bernama Lia Muzdalifah ini tidak gampang menyerah. Ia terus berupaya keras untuk mengeluarkan ASI dari payudaranya.

Dengan modal semangat dan dukungan dari orang terdekat, kerja keras Lia akhirnya membuahkan hasil yang manis. Secara bertahap ia mampu meningkatkan produksi ASI-nya dan menyelamatkan sang buah hati yang kini sudah tumbuh dan berkembang menjadi bayi sehat.

Berikut ini adalah kisah inspiratif Lia seperti yang ia tuturkan dalam website AIMI :

Ketika mengetahui bahwa aku hamil kembar identik (satu kantung kehamilan), rasanya aku bahagia sekali. Aku akan dikarunia dua bayi sekaligus! Setiap bulan aku rutin memeriksakan kandungan ke dokter, untuk memastikan kedua bayiku tumbuh sehat di dalam rahimku. Kedua bayi tampak sangat sehat menurut dokterku, hingga kontrol terakhir pada usia kandungan 6 bulan.

Ternyata Tuhan berkehendak lain

Pada usia kandungan sekitar 6,5 bulan, keluar cairan bening yang banyak sekali dari vagina. Aku hubungi dokter dan beliau bilang tidak apa-apa, kemungkinan hanya akibat peregangan. Namun aku kemudian merasa kesakitan dan ada flek berupa darah segar. Pada hari Senin, 28 Maret 2011, dari kantor, aku segera dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa, sesuai arahan dokter kandungan.

Ternyata menurut hasil USG, salah satu bayiku sudah meninggal. Rasa sedih tak terkira kurasakan waktu itu.

Setelah berkonsultasi dengan dokter, kami sepakat untuk menahan kelahiran bayi yg selamat setidaknya hingga berat badannya cukup dan usia kandungan lewat 7 bulan. Tapi ternyata badanku sudah tidak sanggup menahan kontraksi-kontraksi yang terjadi. Ternyata sudah ada pembukaan 3 cm yang terhalang dengan semacam balon.

Pada hari ke-3 aku dipindahkan ke RS yang lebih besar karena aku semakin kesakitan, demam, kontraksi terus menerus, dan HB turun terus. Kondisiku semakin melemah ditambah lagi harus menahan semua obat-obatan yang masuk (termasuk penahan kontraksi yang akhirnya membuat jantungku tidak kuat). Di RS ini aku bertahan hingga hampir 2 minggu. Namun kondisiku terus melemah sehingga keluarga memutuskan agar aku segera melahirkan bayiku.

Hari Jum'at, 8 April 2011 aku menjalani operasi caesar dan melahirkan bayi kembarku. Annabelle (Abelle) selamat dengan berat badan 934 gram. Sedangkan Isabelle meninggal dan dimakamkan esok harinya oleh suami dan ibuku serta keluarga besarku.

ASI untuk hidup bayiku

Saat dirawat pasca melahirkan, para perawat bertanya apakah ASI sudah keluar. Dalam suasana duka yang terasa berat, aku kebingungan. Perawat mencoba memencet dan memijat payudaraku, tidak ada ASI yang keluar hingga beberapa hari. Sempat terpikir untuk menghubungi AIMI untuk meminta bantuan, tapi waktu itu rasanya aku tidak punya tenaga untuk berpikir. Padahal aku baru saja menjadi anggota AIMI dan menerima paket member saat dirawat di RS.

Aku baru bisa menemui Abelle pada hari ke-3, di ruang NICU. Dia begitu mungil dan kelihatan tidak berdaya. Banyak yang dialami Abelle, mulai dari kuning, menjalani cuci darah, nyaris menjalani operasi penutupan saluran jantung dan lain-lain. Syukurlah beberapa teman kantorku bersedia menjadi donor darah buat Abelle. Sementara ASI ku belum keluar, Abelle diberikan cairan NaCl (kalau tidak salah) melalui tali pusarnya yang disambung dengan semacam selang kecil seolah-olah tali pusar masih tersambung dengan ibu.

Aku berniat tidak membiarkan Abelle diberi formula. Aku bertekad bagaimanapun caranya, ASI ku harus keluar! Hanya ASI yang baik untuk perkembangan berat badan dan kesehatannya. Semua dokter dan perawat mengatakan bahwa ASI penting sekali untuk perkembangan bayi prematur.

Mendengar penjelasan dokter dan perawat, aku makin stress karena ASI masih belum keluar. Tapi aku terus berusaha. Memijat, mengompres terus aku lakukan walau belum kelihatan hasilnya. Semua teman dan keluarga selalu memberi dukungan, khususnya Mamaku dan suamiku.

Akhirnya suatu hari keluar sedikit cairan bening seperti susu. Subhanallah. Aku meneteskan air mata saat itu. ASI hanya keluar setetes demi setetes, namun aku terus berusaha. Dalam waktu 2-3 jam aku berhasil mendapatkan 5-6 ml ASI. Walau sedikit, aku merasa sangat bahagia dan langsung aku antar untuk Abelle di ruang NICU. Keesokan harinya aku pompa lagi dan dalam 2 jam dapat 10 ml. Aku makin semangat.

Hari demi hari, aku jalani dengan niat dan semangat. ASI-ku harus ada untuk asupan bayiku yang sangat membutuhkannya. Alhamdulillah, hari demi hari ASI terus bertambah. Dari 2 jam 10 ml, menjadi 20 ml, 30ml. Dari 2 jam menjadi 1 jam. Sekarang aku bisa memompa 100-250 ml dalam 15 - 20 menit. Subhanallah.

Saat itulah aku percaya, jika kita terus berusaha, pasti akan berhasil, dalam keadaan apapun. Ternyata benar kata orang, setiap wanita pasti bisa menyusui, termasuk aku. Melahirkan bayi prematur, dalam keadaan sakit. Dengan semangat dan niat, akhirnya berhasil juga memproduksi ASI yang cukup.

Abelle akhirnya bisa pulang ke rumah pada 3 Juni 2011 di usia hampir 2 bulan dengan BB 1,770 kg.

Menikmati perjuangan

Alhamdulillah hingga kini Abelle hanya minum ASI dari aku saja. Selama 3 hari pertama ia dipuasakan, dan hanya dengan cairan NaCl melalui tali pusar hingga aku dapat menyetor ASI kepada Abelle.

Sekarang Abelle sudah menginjak usia 7 bulan sejak usia kelahirannya dan masih full ASI. Berat badannya sudah lebih dari 5 kg! Abelle belum diberikan MPASI, karena dokter menyarankan untuk menunda MPASI dulu.

Aku sadar perjuanganku tidak berhenti sampai disini. Setelah cuti dari pekerjaan selama 6 bulan lamanya, aku kembali bekerja sebulan yang lalu. Rasa khawatir sempat menyerang, pikiran dipenuhi akan cukup atau tidak ASI-ku untuk Abelle serta bagaimana manajemen ASIP di hari-hari yang sangat sibuk.

Aku menyampaikan pada rekan kerja dan atasan bahwa pada jam kerja aku akan meminta izin untuk memompa ASI. Syukurlah mereka bisa mengerti. Sekarang tugasku adalah semangat dan rajin memompa!

Walau kadang-kadang jumlah ASIP yang diminum Abelle lebih banyak daripada yang aku perah, namun Alhamdulillah hingga hari ini ASIP untuk Abelle cukup dan ready stock hehehe. Namun, aku selalu susui Abelle langsung jika aku di rumah. Sempat mesin pompa rusak, masya Allah paniknya setengah mati, karena sudah sangat cocok dengan produk tersebut. Akhirnya aku mulai belajar memerah dengan tangan, Subhanallah ternyata mudah!

Menyusui itu berkah

Untuk para ibu dan calon ibu, semangat terus yaaa. Never give up! Give the best for your baby(ies). Anak adalah berkah dan amanat dari Tuhan yang tak ternilai. ASI lah yang terbaik untuk anak kita.

Merasa sedih, ketakutan hingga menangis, berkali-kali aku alami tapi aku berusaha untuk kembali positive thinking. Suami terus mendukung dan menyemangatiku. Sekarang aku percaya bahwa setiap Ibu pasti bisa menyusui.

Mohon doa agar anakku Annabelle Maleeka Victoria Putransyah selalu disehatkan dan disempurnakan tumbuh kembangnya. Semoga aku bisa lanjuuuutt menyusuinya sampai semaksimal yang aku mampu. Aamiin.

PS. Terimakasih Ayah Alfa yang sudah sangat baik dan sangat supportive selama ini, Ibu tidak bisa lakukan ini semua tanpa dukungan Ayah... (hiks hiks terharu lagi)...

Anda memiliki kisah dan pengalaman menarik tentang menyusui dan ASI, kirimkan tulisan dan foto-foto Anda ke email : laktasikompashealth@gmail.com

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

5a.

Dari Bu Putri untuk Bu Mutiara

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Mon Nov 28, 2011 10:53 pm (PST)





-------- Original Message --------
Subject: email kirimanku ditolak milis sehat terus ya ....
Date: Tue, 29 Nov 2011 13:31:09 +0700
From: putri suhendro <poetpoetrie@gmail.com>
To: /ghz <ghozan10032005@gmail.com>

Pak'e ....

Kok seharian ini email yang ku kirim ke milis sehat ditolak meluluk ya.
Aya naon?
Padahal emailku nga berisi hal2 asusila lho ...... ;-)

Tolong donk pak, apa yg harus kulakukan

thanks.

oya ..... aku mo respon masalah empeng itu. kliatannya statusnya urgent,
heheheh
tolong emailku ini di-fwd ke milis ya.

thanks lagi
PUTRI
========================================================================================================================================

Dear Mba Mutiara ....
Mmmm ...... sebelumnya maaf ya kalo respon saya ini bikin mba nga berkenan

Saya bisa ngerti bangeds tindakan mba sampai begitu.
Pertama, pulang kerja pasti capek. Belum lagi masih kepikiran sama
status empeng Miracle yang belum tuntas.
Kedua, penolakan Miracle membuat mba sedih dan kecewa
Ketiga, tantrumnya Miracle membuat jadi nga berdaya, dan justru jadi
klimaks emosi di Mba Mutiara sehingga keluar kata2 itu.

Kesimpulannya Miracle memang menyerah tidur semalam tanpa empeng, tapi
kasus empeng itu sebenarnya belum tuntas dan malah timbul masalah baru:
Mba Mutiara sangat kecewa dengan sikap mba sendiri dan Miracle jadi
makin kebingungan kenapa Mama menghukumnya terus (melepas empeng dengan
paksa, dan berniat "menyingkirkannya" ke garasi)

Maaf, saya memang nga sepenuhnya ngikutin thread ini, hanya selintas2.
Sudahkah ada komunikasi antara mba Mutiara dgn Miracle ttg empeng ini.
Berapa pun usia anak selama kita mengedepankan diskusi sebagai
bargaining dgn mereka pasti bisa kok. Memang tidak mudah karena sifatnya
nga selalu on the spot dan langsung clear.

Misal ..... seandainya saja sewaktu semalam saat Miracle tantrum ada
penjelasan dari mba ke Miracle.
"Mba, mama tahu persis kamu sedang marah sama mama, karena keputusan
mama tidak memperbolehkan kamu pakai empeng lagi. Tapi dengan mba marah2
gini bukan berarti mama jadi ngebolehin kamu pakai empeng. Mama nga
bolehin pakai empeng lagi karena alasan kesehatan gigimu. Mba mau
giginya nanti jelek. Kalo gigi jelek mba kalo senyum juga jadi nga
cantik lho. Gini dey, mama minta maaf ya kalo nga akan kasih mba empeng
lagi, gimana kalo sebagai gantinya besok kita main berdua di Timezone.
Kita pergi berdua aja, nanti mba bisa main sama mama disana. Setuju?"

Pertama, anak (Miracle) jadi tahu alasan kenikmatannya (bersama empeng)
dicerabut semena-mena
Kedua, komunikasi terjalin dgn sistem bargaining, tapi win2 solution
Tiga, anak tahu sikap tantrum selamanya tidak akan ditolerir ortu, tapi
dia jadi tahu bagaimana menyalurkan tantrumnya (dalam hal ini kekecewaan
empeng dilepas diganti dengan main berdua bersama mama di Timezone)
Keempat, kasus ini jadi benar2 selesai, anak paham, ortu menjaga amanah
menjalin komunikasi yang sehat.
Ini sangat penting, karena seiring anak dewasa jalan keluar yang
selintas segera menyelesaikan masalah seperti yang mba lakukan ini bisa
jadi boomerang.

sekali lagi maaf ya bila tidak berkenan

PUTRI

[Non-text portions of this message have been removed]

5b.

Bls: [sehat] Dari Bu Putri untuk Bu Mutiara

Posted by: "Mutiara Santoso" mutiara.santoso@yahoo.co.id   mutiara.santoso

Mon Nov 28, 2011 11:03 pm (PST)



Mbak Putri...makasih masukannya...pasti akan aku pelajari semua nya dan aku belajar juga dari kesalahan...

thanks buat masukannya, semoga hari ini Miracle (terutama Nenek nya) bisa melewati hari dengan baik...dan sore nanti dah ada sambutan hangat buat aku....

tolong sampaikan ya Pak'e Ghozan...matur nuwun tararengkyu
-Mutiara-

________________________________
Dari: /ghz <ghozan10032005@gmail.com>
Kepada: sehat@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 29 November 2011 13:53
Judul: [sehat] Dari Bu Putri untuk Bu Mutiara


 

-------- Original Message --------
Subject: email kirimanku ditolak milis sehat terus ya ....
Date: Tue, 29 Nov 2011 13:31:09 +0700
From: putri suhendro <poetpoetrie@gmail.com>
To: /ghz <ghozan10032005@gmail.com>

Pak'e ....

Kok seharian ini email yang ku kirim ke milis sehat ditolak meluluk ya.
Aya naon?
Padahal emailku nga berisi hal2 asusila lho ...... ;-)

Tolong donk pak, apa yg harus kulakukan

thanks.

oya ..... aku mo respon masalah empeng itu. kliatannya statusnya urgent,
heheheh
tolong emailku ini di-fwd ke milis ya.

thanks lagi
PUTRI
========================================================================================================================================

Dear Mba Mutiara ....
Mmmm ...... sebelumnya maaf ya kalo respon saya ini bikin mba nga berkenan

Saya bisa ngerti bangeds tindakan mba sampai begitu.
Pertama, pulang kerja pasti capek. Belum lagi masih kepikiran sama
status empeng Miracle yang belum tuntas.
Kedua, penolakan Miracle membuat mba sedih dan kecewa
Ketiga, tantrumnya Miracle membuat jadi nga berdaya, dan justru jadi
klimaks emosi di Mba Mutiara sehingga keluar kata2 itu.

Kesimpulannya Miracle memang menyerah tidur semalam tanpa empeng, tapi
kasus empeng itu sebenarnya belum tuntas dan malah timbul masalah baru:
Mba Mutiara sangat kecewa dengan sikap mba sendiri dan Miracle jadi
makin kebingungan kenapa Mama menghukumnya terus (melepas empeng dengan
paksa, dan berniat "menyingkirkannya" ke garasi)

Maaf, saya memang nga sepenuhnya ngikutin thread ini, hanya selintas2.
Sudahkah ada komunikasi antara mba Mutiara dgn Miracle ttg empeng ini.
Berapa pun usia anak selama kita mengedepankan diskusi sebagai
bargaining dgn mereka pasti bisa kok. Memang tidak mudah karena sifatnya
nga selalu on the spot dan langsung clear.

Misal ..... seandainya saja sewaktu semalam saat Miracle tantrum ada
penjelasan dari mba ke Miracle.
"Mba, mama tahu persis kamu sedang marah sama mama, karena keputusan
mama tidak memperbolehkan kamu pakai empeng lagi. Tapi dengan mba marah2
gini bukan berarti mama jadi ngebolehin kamu pakai empeng. Mama nga
bolehin pakai empeng lagi karena alasan kesehatan gigimu. Mba mau
giginya nanti jelek. Kalo gigi jelek mba kalo senyum juga jadi nga
cantik lho. Gini dey, mama minta maaf ya kalo nga akan kasih mba empeng
lagi, gimana kalo sebagai gantinya besok kita main berdua di Timezone.
Kita pergi berdua aja, nanti mba bisa main sama mama disana. Setuju?"

Pertama, anak (Miracle) jadi tahu alasan kenikmatannya (bersama empeng)
dicerabut semena-mena
Kedua, komunikasi terjalin dgn sistem bargaining, tapi win2 solution
Tiga, anak tahu sikap tantrum selamanya tidak akan ditolerir ortu, tapi
dia jadi tahu bagaimana menyalurkan tantrumnya (dalam hal ini kekecewaan
empeng dilepas diganti dengan main berdua bersama mama di Timezone)
Keempat, kasus ini jadi benar2 selesai, anak paham, ortu menjaga amanah
menjalin komunikasi yang sehat.
Ini sangat penting, karena seiring anak dewasa jalan keluar yang
selintas segera menyelesaikan masalah seperti yang mba lakukan ini bisa
jadi boomerang.

sekali lagi maaf ya bila tidak berkenan

PUTRI

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

6a.

Re: (Tanya) cara menyusui baby prematur + konselor laktasi klasi-yop

Posted by: "lilis nurindah sari" nyonya.zaky@gmail.com   lilo_chantiq

Mon Nov 28, 2011 11:05 pm (PST)



Mamanya leika,

Thank u for reply ya. Nanya Doº°˚˚°ºooNG, dulu nyoba pake metode KMC
(kangaroo mother care) ga? Klo baca2 browsing soal metode KMC kan
babynya all day digendong dgn model kanguru gitu, dan babynya
digendong posisi kepala upright dan dibebat pake kain spy nempel di
dada ibunya dan ga jatuh tuh (apa ya bahasa tepatnya?), nah bebatnya
pake apa ya? Ada kain khusus kah? Or kain apa aja? Or pake babywrap
gitu jg bisa? Trus
mimiin dlm posisi KMC gimana ya? Maap ya klo banyak nanya, msh blum
kebayang persisnya gimana. Saya blum search video di youtube, nanti
deh di rumah (di kantor ga dpt akses internet, hiks2). Klo pake bebe,
hang heng hong mulu ;p

‎​​​​​♥·♡☺•.•ŤћªªŇќķ•.•ўººU•.•☺♡·♥

Lilis

On 11/29/11, puriz_mail@yahoo.com <puriz_mail@yahoo.com> wrote:
> Mba Lilis,
>
>
> Anak saya juga lahir premature di W 35 D 1, berat 2.280gr. Sewaktu di RS,
> diajarin cara menyusui oleh konselor laktasinya. Bilirubin pas sblm
> ninggalin RS, 7 kemudian seminggu kemudian 11. Pasca oprasi, alhamdulilah
> tidak difototerapi dan tidak masuk inkubator, lgsg rooming in. Memang sih
> bayi saya dulu pas 1 bln, masi terlihat kuning pada bagian keningnya,tetapi
> DSA-nya bilang disusui sesering mungkin dan tidak dijemur lama lama juga
> tidak apa apa. Jaundice kemudian bener hilang sendiri and the baby is fine.
> Mungkin mau coba liat di youtube yah cara menyusui yang nyaman bagi ibu dan
> bayinya. Goodluck buat adiknya. Maaf kalo tidak membantu.
>
>
> Regards,
>
>
> Mamanya Leika
> (20 mos W 2)
> Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
> Teruuusss...!
>
> ------------------------------------
>
> Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
> - Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal
> FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.
>
> Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland,
> dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami,
> PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>
> "Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
> =================================================================
> Milis Sehat thanks to:
> - AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS
> SEHAT 2011.
>
> Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk.
> who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi
> Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
> "SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.
>
> Kunjungi kami di (Visit us at):
> Official Web : http://milissehat.web.id/
> FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
> Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
> ==================================================================
> Donasi (donation):
> Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
> Bank Mandiri
> Cabang Kemang Raya Jakarta
> Account Number: 126.000.4634514
> ==================================================================Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>

--
Sent from my mobile device

6b.

Re: (Tanya) cara menyusui baby prematur + konselor laktasi klasi-yop

Posted by: "Ade Novita Juliano" ade.novita.juliano@gmail.com   novita_ade

Mon Nov 28, 2011 11:19 pm (PST)



Dear Mba Lilis

sudah dihubungi teman2 klasi kan ya?

kalau belum silahkan hubungi nomor telepon teman2 klasi ya.. kalau belum
dapat silahkan japri ke saya

salam,
@Ade_Novita

[Non-text portions of this message have been removed]

7.

Leukosit tinggi gapapakah?

Posted by: "vjlollipop@gmail.com" vjlollipop@gmail.com   vionajasin

Mon Nov 28, 2011 11:13 pm (PST)



Dear docs n sps,
Ini ada titipan teman, saya copas langsung :
Mula2 Batuk kering badan mulai hangat setelah seminggu batuk tambah parah, suhu badan setiap hari menjadi panas +-38 (antibiotik gol cefat sdh habis 1 resep) ... Tgl 21 (setelah panas 1mg ) ke dokter cek darah leukosit 27800 minum obat +antibiotik lg. Hari kamis dicek leukosit tgl 11rb. Sekarang masih hrs minum antibiotik ga?

Dr kemarin sakit sih saya sarankan ga usah beli AB. Tp mungkin dia kuatir, trus menurut dsa nya bla..bla..akhirnya dia tebus..yg terakhir sih rasanya dia gga tebus..
Cuma skrg leukositnya msh tinggi, tp anaknya ok, knp ya ?
Berhubung anak orang, takut salah...:p

Tq ya
Viona
Powered by Telkomsel BlackBerry®
8a.

Re: File - [REMINDER] Mohon Segera Diisi Kuesioner Untuk Calon Anggo

Posted by: "titin.komariah@gmail.com" titin.komariah@gmail.com

Mon Nov 28, 2011 11:24 pm (PST)



Saya sudah pernah isi pak, apakah tdk ter record?

Thx
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Health

Healthy Aging

Improve your

quality of life.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Sell Online

Start selling with

our award-winning

e-commerce tools.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: