Tuesday, November 29, 2011

[sehat] Digest Number 16600

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: tristanathan
1b.
Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: dyah prima
1c.
Bls: [sehat] [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE From: Mutiara Santoso
2a.
Re: PESAT 6 Jawa Timur Coming Soon! ;) From: Ratna
3a.
Re: Sekedar sharing From: ChiciErnest
4a.
Re: Benjolan di ketiak From: Hari Rahmi
4b.
Benjolan di ketiak From: dewi_boim02@yahoo.com
4c.
Benjolan di ketiak From: dewi_boim02@yahoo.com
4d.
Re: Benjolan di ketiak From: Ida Rifai
4e.
Re: Benjolan di ketiak From: dewi_boim02@yahoo.com
5a.
Re: (tanya) minum OAT selalu diresepin vit. oleh dsa From: F.B.Monika
6.
Obat Pencegahan Kaki Gajah From: Yuli
7a.
Re: Tanya brinjilan di leher & test mantoux From: mamadhawy-hafiz
7b.
Bls: [sehat] Tanya brinjilan di leher & test mantoux From: D Suha
8a.
ASI: Cairan Ajaib Yang Selamatkan Bayiku From: Hari Rahmi
8b.
Re: ASI: Cairan Ajaib Yang Selamatkan Bayiku From: dewi_boim02@yahoo.com
9a.
Re: Tanya: penanganan kanker payudara From: ferry
9b.
Re: Tanya: penanganan kanker payudara From: fifiejohan@yahoo.com
9c.
Re: Tanya: penanganan kanker payudara From: Endah
10a.
Donor asi From: ambar.wardhani@gmail.com
11a.
Usus Luka From: sehatqu@rocketmail.com
11b.
Re: Usus Luka From: niken qinen
12a.
Re: cradle cap pada bayi 18 bulan? From: Novi
13a.
IMD pada bayi prematur From: goofypinkku83@yahoo.com
13b.
Re: IMD pada bayi prematur From: Hilda

Messages

1a.

Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "tristanathan" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Mon Nov 28, 2011 7:45 pm (PST)



mbak mutiara,

gimana update hari kedua?
ikut seneng kalo cara ini efektif buat miracle :), krn gak semua anak bisa
dg cara dipaksa spt ini.

bbrp hari lalu, saya udah baca email mbak, udah kasih tanda mau reply, tapi
kelewatan melulu.
mudah2an belum basi ya kalo skrg sharing, hehe..

yg kepikiran sih, saya akan mulai liat dari apa 'keluhan' yg ada, apa yg
saya keluhin kalo anak saya masih terus ngempeng/ngedot? dari situ saya
akan liat situasi tsb dari mata anak saya.'
saya juga cari tau apa tujuan anak saya ngempeng/ngedot, supaya saya bisa
bantu ajarin mereka bagaimana mencapai tujuan mereka itu dengan cara lain,
bukan dg ngedot/ngempeng.

maap kalo beda, krn cara ini pasti gak berhasil buat ntan maupun nat :)
efek atas ketidak berhasilan pun tetep beda, kalo nat pasti akan jd
semaunya dia, sementara ntan bakalan stress.

selamat buat miracle yg udah berhasil melewati satu tahapan dalam hidupnya
ya...

-ria-

2011/11/28 Mutiara Santoso <mutiara.santoso@yahoo.co.id>

>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

1b.

Re: [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "dyah prima" dyahprima@gmail.com   dyahprima

Mon Nov 28, 2011 7:59 pm (PST)



mbak mutiara...
gimana, kemaren nenek bisa melewati episode deraian air mata miracle?
klo lewat dg sukses selamat ya....
selamat buat miracle, mbak mutiara dan buat nenek... perjuangan paling
berat sebenernya adalah si nenek.
krn biasanya nenek paling ga tega liat cucunya nangis apalagi sampe
sesegukan.

--
salam,
Prima - mama gita & colin

"Prepare your mind to received the best that life has to offer." ~Ernest
Holmes~

http://mamagita.multiply.com/

[Non-text portions of this message have been removed]

1c.

Bls: [sehat] [OOT] Maaf nih....akhir nya HOORREEE

Posted by: "Mutiara Santoso" mutiara.santoso@yahoo.co.id   mutiara.santoso

Mon Nov 28, 2011 9:38 pm (PST)



Dear Mbak Ria n Mama Gita,
kemarin siang jam 14.55 aku telp nenek kata nya Miracle gak nangis cuma agak rewel pas mo bobo siang...nah pas pulang kerja, biasanya Miracle menyambut dipintu dengan teriakan "Bundaku..bundaku..." tapi kemarin sore sembari memasukkan motor, aku gak denger suara itu...padahal pas aku melongok  dari pintu Miracle ada lagi lihat TV...aku berikan salam, dijawab tapi mata tetep ke TV, pas dideketin langsung teriak..."Ama Nenek aja..ma nenek aja..." oh...rupanya dia sadar bahwa penyebab dia gak ketemu EMPENG ma DOT itu Bundanya (*sedih banget tapi harus KUAT)...samapi datang waktu tidur kakak2 nya (20.00wib) Miracle tetep nolak dideketin aku dan mulai marah, sama ayahnya diajak jalan2 bentar. sampai rumah nangis sekenceng2 nya 5...10...15 menit tetep gak ada yg bisa nenangin Miracle, biskuit,susu dah dibuat ttp tantrum, habis sudah kesabaran aku....akhirnya jurus terakhir (22.30wib) (jurus paling JAHAT, JANGAN DITIRU) aku angkat Miracle aku rebahkan sambil
aku bilang "Mbak, kalo masih nangis Bunda tidurin digarasi motor barengan sama tikus n kecoa, Mbak mau?".....si Mbak jawab,"Nggak Ma...nggak ma..." dan tidurlah dia .....duh berulang-ulang aku minta maaf lewat bisikan....

*^_^*
-Mutiara-

[Non-text portions of this message have been removed]

2a.

Re: PESAT 6 Jawa Timur Coming Soon! ;)

Posted by: "Ratna" ratnaumry@gmail.com   c_ratna_sd

Mon Nov 28, 2011 7:48 pm (PST)



Nah, bisa gantian kan. Ada 4 sesi. Sesi mana yg mbak belajar, sesi mana yg suami belajar. Ujungnya saling mengajari. Hasilnya tango, kalo anak sakit mama-papa bisa kompak saling menguatkan untuk RUM. Semangat yuk. See you at pesat ;) *hugs*

Ratna • MamaWiLou
3a.

Re: Sekedar sharing

Posted by: "ChiciErnest" chici.ernest@gmail.com

Mon Nov 28, 2011 7:52 pm (PST)



Mbak Rini,

Nambahin yaa... Anak pertama saya juga tipe yg klo saya bilang "comfort zonenya pendek" hehehe.. Sampe Keenan umur 1thn tidur msh harus di timang2 sambil gendong.. Kadang gantian saya & ayahnya yg gendong + nyanyi2. Seiring tambah besar, mulai bisa tidur sendiri tapi yaa gitu deh.. Perlahan2. Sekarang anaknya udah 3thn 3bln.. Klo ngantuk udah bs ngomong, trus tidur sendiri deh.

Sabar ya mbak.. Tiap anak unik & berbeda. Kalau "comfort zone-nya pendek" kitanya aja yg melebarkan comfort zone kita.. Hehehehe!

Regards,
@chiciernest

4a.

Re: Benjolan di ketiak

Posted by: "Hari Rahmi" hari.rahmi@ericsson.com   cute_dazzling_girl

Mon Nov 28, 2011 7:54 pm (PST)



Dear Mbak Dewi,

Sebaiknya di cek mbak, ke dokter bedah, bisa di USG / Mamo...soalnya Alm Adik Iparku mengalami hal yang sama, kelenjar getah beningnya membengkak dan ternyata terkena lymphoma...maaf ya mbak bukan menakut nakuti...Cuma sharing pengalaman saja.

Salam,
Rahmi

[Non-text portions of this message have been removed]

4b.

Benjolan di ketiak

Posted by: "dewi_boim02@yahoo.com" dewi_boim02@yahoo.com   dewi_boim02

Mon Nov 28, 2011 8:10 pm (PST)



Dear all

Mau tanya klo ad yg tau atau pernah nglamin...ud 3 tahun ini saya ad benjolan di ketiak...slama ni ga pernah periksain k dokter..krn klo dpegang ga terlalu sakit..tp ak perhatiin ko skrg makin besar benjolannya...agak worry jg...kata mamaku sih mungkin kelenjar getah bening yg kelebihan atau kurang...

Ad masukan ga ya??plis infoooo ya....
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
4c.

Benjolan di ketiak

Posted by: "dewi_boim02@yahoo.com" dewi_boim02@yahoo.com   dewi_boim02

Mon Nov 28, 2011 8:25 pm (PST)



Dear all

Mau tanya klo ad yg tau atau pernah nglamin...ud 3 tahun ini saya ad benjolan di ketiak...slama ni ga pernah periksain k dokter..krn klo dpegang ga terlalu sakit..tp ak perhatiin ko skrg makin besar benjolannya...agak worry jg...kata mamaku sih mungkin kelenjar getah bening yg kelebihan atau kurang...

Ad masukan ga ya??plis infoooo ya....

Sent from my BlackBerry 3 jimatku

4d.

Re: Benjolan di ketiak

Posted by: "Ida Rifai" riffatriffan@gmail.com   farida_indriyani

Mon Nov 28, 2011 8:25 pm (PST)



Hai mba Dewi,

Idealnya, segala benjolan yg tidak normal harus segera dicari tau apakah benjolan itu.
Mba bisa datang ke dokter bedah onkologi untuk pemeriksaan lebih lanjutnya. Mba ada dimana? Kalau di Jkt bisa ke YKI atau ke Dharmais ambil paket deteksi dini.

1 poin penting, jangan takut untuk periksa yaa..

Rgds,

Ida
Mama 2R

4e.

Re: Benjolan di ketiak

Posted by: "dewi_boim02@yahoo.com" dewi_boim02@yahoo.com   dewi_boim02

Mon Nov 28, 2011 8:28 pm (PST)



Dear mbak ida,

Iya makasih mbak...ak worry jg ko baru ngej klo makin gede...​‎​◦†нªηк's◦ masukannya...

BR.


Dewisa
Sent from my BlackBerry 3 jimatku

-----Original Message-----
From: "Ida Rifai" <riffatriffan@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Tue, 29 Nov 2011 04:07:23
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Benjolan di ketiak

Hai mba Dewi,

Idealnya, segala benjolan yg tidak normal harus segera dicari tau apakah benjolan itu.
Mba bisa datang ke dokter bedah onkologi untuk pemeriksaan lebih lanjutnya. Mba ada dimana? Kalau di Jkt bisa ke YKI atau ke Dharmais ambil paket deteksi dini.

1 poin penting, jangan takut untuk periksa yaa..


Rgds,

Ida
Mama 2R


[Non-text portions of this message have been removed]

5a.

Re: (tanya) minum OAT selalu diresepin vit. oleh dsa

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Mon Nov 28, 2011 7:55 pm (PST)



Dear Mba Nani,

Pengalaman anak pertama menjalani terapi OAT juga diresepkan vitamin,tapi Multivitamin biasa. Karena anak saya masih dapat makanan fresh saya buat sendiri lengkap sesuai piramida makanan jadi vitamin tsb tidak saya tebus. Alhamdulilah sembuh total n BB naik secara perlahan.

F.B.Monika

6.

Obat Pencegahan Kaki Gajah

Posted by: "Yuli" youngyulie@gmail.com

Mon Nov 28, 2011 7:59 pm (PST)



Pagi dokter and smart parents

Ada yg ingin saya tanyakan

Kemaren minggu sore, saya dapat obat-obatan dr ibu RT

Katanya untuk pencegahan penyakit kaki gajah….

Dan semua warga Bekasi diwajibkan meminumnya.

Masing-masing untuk jumlah anggota keluarga yg tinggal di rumah kami…

Saya, suami, anak (4,5 tahun), anak (1 tahun)

Dan dua orang ART usia 20 tahunan….

Setelah Saya sudah browsing, saya temukan file milis.

Dan berikut saya copas jawabah dari dokter windhi :

*"Windhi Kresnawati <dr.windhi@...>
> malam, saya belum pernah dengar vaksin utk kaki gajah, tapi ada program
pemerintah utk mencegah menyebarkan cacing penyebab kaki gajah tersebut,
(bukan
virus lho penyebabnya, tapi cacing yang penularannya melalui gigitan nyamuk
yg
membawa benih cacing filaria tersebut)
>
> maaf bgt klo saya lupa detailnya, tapi secara garis besar begini: jika
ditemukan penderita filariasis di suatu tempat tertentu, maka sekian
kilometer
(nah ini saya lupa, dr.John, anto cmiiw ya) dari si penderita tersebut harus
diberikan profilaksis dengan DEC dan albendazole, lama pemberiannya bisa dua
tahun,setiap 6 bulan. (klo gak salah ya.. maaf lupa persisnya berapa).
>
> jadi, kalau memang benar ada penderita filariasis di depok apalagi
dinyatakan
KLB oleh puskesmas atau dinkes setempat, perlu minum profilaksis bagi warga
>*

Yg ingin saya tanyakan

apabila saya tidak mengetahui apakah ada orang yang terkena penyakit ini

di sekitar wilayah tinggal kompleks perumahan kami.

Apakah kami tetap perlu meminum obat tersebut

(maksud ditimbang dr sisi plus minusnya)

Khususnya buat suami, anak pertama dan ART saya.

Karena setelah saya baca di selebaran yg dibagikan Ibu RT

Usia kurang dr 2 tahun dan Ibu menyusui (Saya) tidak boleh minum obat ini.

Terimakasih untuk responnya.

--
Yulie

[Non-text portions of this message have been removed]

7a.

Re: Tanya brinjilan di leher & test mantoux

Posted by: "mamadhawy-hafiz" indri18@gmail.com

Mon Nov 28, 2011 8:24 pm (PST)



Dear Umi Dzikri & Suha,

Terima kasih responnya. Hasil scoring yg saya lakukan sendiri sbb:

Kontak TB = 0

Mantoux = 3 (let say positif krn
diameter hampir 1 cm mba, jadi 10 mm ya?)

Berat Badan = 0 (ada kenaikan)

Demam tdk jelas = 0

Batuk = 0 (kebetulan sih skrg mang
lg batuk agak lama, tp sebelumnya jarang)

Pembesaran Kelenjar = 1

Pembengkakan tulang = 0 (tepatnya belum tau)

Foto Rontgent = - (belum dilakukan)

Duh…kalo lewat 72 jam dah pasti gak akurat yah? Kmrn sempat di foto jg sih.
Biar dokter bs liat pas 48 jamnya kyk gmn. Dokternya baru praktek lg rabu
soalnya. Kalo ke arah TB sih kyknya aku sama sekali gak yakin yah. Coz
factor utamanya yaitu kontak lama dgn penderita TB dewasa sepertinya tdk
ada samsek. Cuma krn sdh niat kami utk mencari tau apakah brinjilan ini
wajar atau tidak, ya mau gak mau dijalani dh.

Trims
Indri

2011/11/29 D Suha <d_suha@ymail.com>

> **
>
>
>
>
>
>
>
>
> lebih dr 72 jam kan mba? :) ndak akurat
> pembesaran KGB lebih dari satu itu masuk scoring TB loh mba, Berat badan
> gimana? kontak penderita TB? coba mba cek lagi hasil scoringnya, jk
> berkenan disampaikan di sini, biar Sps dan para dokter bisa lihat hasil
> skoring nya.
> rontgen ga usah deh..hasil tdk begitu akurat yaw... cmiiw :)
>
> maaf ga banyak bantu
>
> cheers
> -uminya dzikri n suha-
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

7b.

Bls: [sehat] Tanya brinjilan di leher & test mantoux

Posted by: "D Suha" d_suha@ymail.com   d_suha@ymail.com

Mon Nov 28, 2011 8:51 pm (PST)



Oooo mantoux tes 1 cm toh, salah baca saya yak.. hihihihi. Hmmm apa pembesaran KGB multiple nya krn herediter mungkin yah.... cmiiw

cheers maning dah ah
-uminya dzikri n suha-

________________________________
Dari: mamadhawy-hafiz <indri18@gmail.com>
Kepada: sehat@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 29 November 2011 11:24
Judul: Re: [sehat] Tanya brinjilan di leher & test mantoux

Dear Umi Dzikri & Suha,

Terima kasih responnya.  Hasil scoring yg saya lakukan sendiri sbb:

Kontak TB                                  = 0

Mantoux                                    = 3 (let say positif krn
diameter hampir 1 cm mba, jadi 10 mm ya?)

Berat Badan                                = 0 (ada kenaikan)

Demam tdk jelas                          = 0

Batuk                                          = 0 (kebetulan sih skrg mang
lg batuk agak lama, tp sebelumnya jarang)

Pembesaran Kelenjar                    = 1

Pembengkakan tulang                  = 0 (tepatnya belum tau)

Foto Rontgent                              = - (belum dilakukan)

Duh…kalo lewat 72 jam dah pasti gak akurat yah? Kmrn sempat di foto jg sih.
Biar dokter bs liat pas 48 jamnya kyk gmn.  Dokternya baru praktek lg rabu
soalnya.  Kalo ke arah TB sih kyknya aku sama sekali gak yakin yah. Coz
factor utamanya yaitu kontak lama dgn penderita TB dewasa sepertinya tdk
ada samsek.  Cuma krn sdh niat kami utk mencari tau apakah brinjilan ini
wajar atau tidak, ya mau gak mau dijalani dh.

Trims
Indri

2011/11/29 D Suha <d_suha@ymail.com>

> **
>
>
>
>
>
>
>
>
> lebih dr 72 jam kan mba? :) ndak akurat
> pembesaran KGB lebih dari satu itu masuk scoring TB loh mba, Berat badan
> gimana? kontak penderita TB? coba mba cek lagi hasil scoringnya, jk
> berkenan disampaikan di sini, biar Sps dan para dokter bisa lihat hasil
> skoring nya.
> rontgen ga usah deh..hasil tdk begitu akurat yaw... cmiiw :)
>
> maaf ga banyak bantu
>
> cheers
> -uminya dzikri n suha-
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>

>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB          : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links

[Non-text portions of this message have been removed]

8a.

ASI: Cairan Ajaib Yang Selamatkan Bayiku

Posted by: "Hari Rahmi" hari.rahmi@ericsson.com   cute_dazzling_girl

Mon Nov 28, 2011 8:38 pm (PST)



ASI: Cairan Ajaib Yang Selamatkan Bayiku

KOMPAS.com - Ini adalah kisah luar biasa tentang perjuangan seorang ibu yang ingin memberikan ASI kepada sang buah hati yang lahir dalam kondisi kritis.

Walau dalam keadaan terbaring lemah pascaoperasi dan terpukul setelah kehilangan salah satu bayinya, ibu bernama Lia Muzdalifah ini tidak gampang menyerah. Ia terus berupaya keras untuk mengeluarkan ASI dari payudaranya.

Dengan modal semangat dan dukungan dari orang terdekat, kerja keras Lia akhirnya membuahkan hasil yang manis. Secara bertahap ia mampu meningkatkan produksi ASI-nya dan menyelamatkan sang buah hati yang kini sudah tumbuh dan berkembang menjadi bayi sehat.

Berikut ini adalah kisah inspiratif Lia seperti yang ia tuturkan dalam website AIMI :

Ketika mengetahui bahwa aku hamil kembar identik (satu kantung kehamilan), rasanya aku bahagia sekali. Aku akan dikarunia dua bayi sekaligus! Setiap bulan aku rutin memeriksakan kandungan ke dokter, untuk memastikan kedua bayiku tumbuh sehat di dalam rahimku. Kedua bayi tampak sangat sehat menurut dokterku, hingga kontrol terakhir pada usia kandungan 6 bulan.

Ternyata Tuhan berkehendak lain

Pada usia kandungan sekitar 6,5 bulan, keluar cairan bening yang banyak sekali dari vagina. Aku hubungi dokter dan beliau bilang tidak apa-apa, kemungkinan hanya akibat peregangan. Namun aku kemudian merasa kesakitan dan ada flek berupa darah segar. Pada hari Senin, 28 Maret 2011, dari kantor, aku segera dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa, sesuai arahan dokter kandungan.

Ternyata menurut hasil USG, salah satu bayiku sudah meninggal. Rasa sedih tak terkira kurasakan waktu itu.

Setelah berkonsultasi dengan dokter, kami sepakat untuk menahan kelahiran bayi yg selamat setidaknya hingga berat badannya cukup dan usia kandungan lewat 7 bulan. Tapi ternyata badanku sudah tidak sanggup menahan kontraksi-kontraksi yang terjadi. Ternyata sudah ada pembukaan 3 cm yang terhalang dengan semacam balon.

Pada hari ke-3 aku dipindahkan ke RS yang lebih besar karena aku semakin kesakitan, demam, kontraksi terus menerus, dan HB turun terus. Kondisiku semakin melemah ditambah lagi harus menahan semua obat-obatan yang masuk (termasuk penahan kontraksi yang akhirnya membuat jantungku tidak kuat). Di RS ini aku bertahan hingga hampir 2 minggu. Namun kondisiku terus melemah sehingga keluarga memutuskan agar aku segera melahirkan bayiku.

Hari Jum'at, 8 April 2011 aku menjalani operasi caesar dan melahirkan bayi kembarku. Annabelle (Abelle) selamat dengan berat badan 934 gram. Sedangkan Isabelle meninggal dan dimakamkan esok harinya oleh suami dan ibuku serta keluarga besarku.

ASI untuk hidup bayiku

Saat dirawat pasca melahirkan, para perawat bertanya apakah ASI sudah keluar. Dalam suasana duka yang terasa berat, aku kebingungan. Perawat mencoba memencet dan memijat payudaraku, tidak ada ASI yang keluar hingga beberapa hari. Sempat terpikir untuk menghubungi AIMI untuk meminta bantuan, tapi waktu itu rasanya aku tidak punya tenaga untuk berpikir. Padahal aku baru saja menjadi anggota AIMI dan menerima paket member saat dirawat di RS.

Aku baru bisa menemui Abelle pada hari ke-3, di ruang NICU. Dia begitu mungil dan kelihatan tidak berdaya. Banyak yang dialami Abelle, mulai dari kuning, menjalani cuci darah, nyaris menjalani operasi penutupan saluran jantung dan lain-lain. Syukurlah beberapa teman kantorku bersedia menjadi donor darah buat Abelle. Sementara ASI ku belum keluar, Abelle diberikan cairan NaCl (kalau tidak salah) melalui tali pusarnya yang disambung dengan semacam selang kecil seolah-olah tali pusar masih tersambung dengan ibu.

Aku berniat tidak membiarkan Abelle diberi formula. Aku bertekad bagaimanapun caranya, ASI ku harus keluar! Hanya ASI yang baik untuk perkembangan berat badan dan kesehatannya. Semua dokter dan perawat mengatakan bahwa ASI penting sekali untuk perkembangan bayi prematur.

Mendengar penjelasan dokter dan perawat, aku makin stress karena ASI masih belum keluar. Tapi aku terus berusaha. Memijat, mengompres terus aku lakukan walau belum kelihatan hasilnya. Semua teman dan keluarga selalu memberi dukungan, khususnya Mamaku dan suamiku.

Akhirnya suatu hari keluar sedikit cairan bening seperti susu. Subhanallah. Aku meneteskan air mata saat itu. ASI hanya keluar setetes demi setetes, namun aku terus berusaha. Dalam waktu 2-3 jam aku berhasil mendapatkan 5-6 ml ASI. Walau sedikit, aku merasa sangat bahagia dan langsung aku antar untuk Abelle di ruang NICU. Keesokan harinya aku pompa lagi dan dalam 2 jam dapat 10 ml. Aku makin semangat.

Hari demi hari, aku jalani dengan niat dan semangat. ASI-ku harus ada untuk asupan bayiku yang sangat membutuhkannya. Alhamdulillah, hari demi hari ASI terus bertambah. Dari 2 jam 10 ml, menjadi 20 ml, 30ml. Dari 2 jam menjadi 1 jam. Sekarang aku bisa memompa 100-250 ml dalam 15 - 20 menit. Subhanallah.

Saat itulah aku percaya, jika kita terus berusaha, pasti akan berhasil, dalam keadaan apapun. Ternyata benar kata orang, setiap wanita pasti bisa menyusui, termasuk aku. Melahirkan bayi prematur, dalam keadaan sakit. Dengan semangat dan niat, akhirnya berhasil juga memproduksi ASI yang cukup.

Abelle akhirnya bisa pulang ke rumah pada 3 Juni 2011 di usia hampir 2 bulan dengan BB 1,770 kg.

Menikmati perjuangan

Alhamdulillah hingga kini Abelle hanya minum ASI dari aku saja. Selama 3 hari pertama ia dipuasakan, dan hanya dengan cairan NaCl melalui tali pusar hingga aku dapat menyetor ASI kepada Abelle.

Sekarang Abelle sudah menginjak usia 7 bulan sejak usia kelahirannya dan masih full ASI. Berat badannya sudah lebih dari 5 kg! Abelle belum diberikan MPASI, karena dokter menyarankan untuk menunda MPASI dulu.

Aku sadar perjuanganku tidak berhenti sampai disini. Setelah cuti dari pekerjaan selama 6 bulan lamanya, aku kembali bekerja sebulan yang lalu. Rasa khawatir sempat menyerang, pikiran dipenuhi akan cukup atau tidak ASI-ku untuk Abelle serta bagaimana manajemen ASIP di hari-hari yang sangat sibuk.

Aku menyampaikan pada rekan kerja dan atasan bahwa pada jam kerja aku akan meminta izin untuk memompa ASI. Syukurlah mereka bisa mengerti. Sekarang tugasku adalah semangat dan rajin memompa!

Walau kadang-kadang jumlah ASIP yang diminum Abelle lebih banyak daripada yang aku perah, namun Alhamdulillah hingga hari ini ASIP untuk Abelle cukup dan ready stock hehehe. Namun, aku selalu susui Abelle langsung jika aku di rumah. Sempat mesin pompa rusak, masya Allah paniknya setengah mati, karena sudah sangat cocok dengan produk tersebut. Akhirnya aku mulai belajar memerah dengan tangan, Subhanallah ternyata mudah!

Menyusui itu berkah

Untuk para ibu dan calon ibu, semangat terus yaaa. Never give up! Give the best for your baby(ies). Anak adalah berkah dan amanat dari Tuhan yang tak ternilai. ASI lah yang terbaik untuk anak kita.

Merasa sedih, ketakutan hingga menangis, berkali-kali aku alami tapi aku berusaha untuk kembali positive thinking. Suami terus mendukung dan menyemangatiku. Sekarang aku percaya bahwa setiap Ibu pasti bisa menyusui.

Mohon doa agar anakku Annabelle Maleeka Victoria Putransyah selalu disehatkan dan disempurnakan tumbuh kembangnya. Semoga aku bisa lanjuuuutt menyusuinya sampai semaksimal yang aku mampu. Aamiin.

PS. Terimakasih Ayah Alfa yang sudah sangat baik dan sangat supportive selama ini, Ibu tidak bisa lakukan ini semua tanpa dukungan Ayah... (hiks hiks terharu lagi)...

Anda memiliki kisah dan pengalaman menarik tentang menyusui dan ASI, kirimkan tulisan dan foto-foto Anda ke email : laktasikompashealth@gmail.com

[Non-text portions of this message have been removed]

8b.

Re: ASI: Cairan Ajaib Yang Selamatkan Bayiku

Posted by: "dewi_boim02@yahoo.com" dewi_boim02@yahoo.com   dewi_boim02

Mon Nov 28, 2011 8:45 pm (PST)



Dear mbak hari rahmi,

Terharu bgt ak dengernya mbak...never give up for ASI ya??soalnya ak sempet nyerah...jadi mikir lg buat ngasih ASi utk anakku..smoga bisa ya mbak..
Sent from my BlackBerry 3 jimatku

-----Original Message-----
From: Hari Rahmi <hari.rahmi@ericsson.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Tue, 29 Nov 2011 12:38:13
To: sehat@yahoogroups.com<sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] ASI: Cairan Ajaib Yang Selamatkan Bayiku

ASI: Cairan Ajaib Yang Selamatkan Bayiku

KOMPAS.com - Ini adalah kisah luar biasa tentang perjuangan seorang ibu yang ingin memberikan ASI kepada sang buah hati yang lahir dalam kondisi kritis.

Walau dalam keadaan terbaring lemah pascaoperasi dan terpukul setelah kehilangan salah satu bayinya, ibu bernama Lia Muzdalifah ini tidak gampang menyerah. Ia terus berupaya keras untuk mengeluarkan ASI dari payudaranya.

Dengan modal semangat dan dukungan dari orang terdekat, kerja keras Lia akhirnya membuahkan hasil yang manis. Secara bertahap ia mampu meningkatkan produksi ASI-nya dan menyelamatkan sang buah hati yang kini sudah tumbuh dan berkembang menjadi bayi sehat.

Berikut ini adalah kisah inspiratif Lia seperti yang ia tuturkan dalam website AIMI :

Ketika mengetahui bahwa aku hamil kembar identik (satu kantung kehamilan), rasanya aku bahagia sekali. Aku akan dikarunia dua bayi sekaligus! Setiap bulan aku rutin memeriksakan kandungan ke dokter, untuk memastikan kedua bayiku tumbuh sehat di dalam rahimku. Kedua bayi tampak sangat sehat menurut dokterku, hingga kontrol terakhir pada usia kandungan 6 bulan.

Ternyata Tuhan berkehendak lain

Pada usia kandungan sekitar 6,5 bulan, keluar cairan bening yang banyak sekali dari vagina. Aku hubungi dokter dan beliau bilang tidak apa-apa, kemungkinan hanya akibat peregangan. Namun aku kemudian merasa kesakitan dan ada flek berupa darah segar. Pada hari Senin, 28 Maret 2011, dari kantor, aku segera dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa, sesuai arahan dokter kandungan.

Ternyata menurut hasil USG, salah satu bayiku sudah meninggal. Rasa sedih tak terkira kurasakan waktu itu.

Setelah berkonsultasi dengan dokter, kami sepakat untuk menahan kelahiran bayi yg selamat setidaknya hingga berat badannya cukup dan usia kandungan lewat 7 bulan. Tapi ternyata badanku sudah tidak sanggup menahan kontraksi-kontraksi yang terjadi. Ternyata sudah ada pembukaan 3 cm yang terhalang dengan semacam balon.

Pada hari ke-3 aku dipindahkan ke RS yang lebih besar karena aku semakin kesakitan, demam, kontraksi terus menerus, dan HB turun terus. Kondisiku semakin melemah ditambah lagi harus menahan semua obat-obatan yang masuk (termasuk penahan kontraksi yang akhirnya membuat jantungku tidak kuat). Di RS ini aku bertahan hingga hampir 2 minggu. Namun kondisiku terus melemah sehingga keluarga memutuskan agar aku segera melahirkan bayiku.

Hari Jum'at, 8 April 2011 aku menjalani operasi caesar dan melahirkan bayi kembarku. Annabelle (Abelle) selamat dengan berat badan 934 gram. Sedangkan Isabelle meninggal dan dimakamkan esok harinya oleh suami dan ibuku serta keluarga besarku.

ASI untuk hidup bayiku

Saat dirawat pasca melahirkan, para perawat bertanya apakah ASI sudah keluar. Dalam suasana duka yang terasa berat, aku kebingungan. Perawat mencoba memencet dan memijat payudaraku, tidak ada ASI yang keluar hingga beberapa hari. Sempat terpikir untuk menghubungi AIMI untuk meminta bantuan, tapi waktu itu rasanya aku tidak punya tenaga untuk berpikir. Padahal aku baru saja menjadi anggota AIMI dan menerima paket member saat dirawat di RS.

Aku baru bisa menemui Abelle pada hari ke-3, di ruang NICU. Dia begitu mungil dan kelihatan tidak berdaya. Banyak yang dialami Abelle, mulai dari kuning, menjalani cuci darah, nyaris menjalani operasi penutupan saluran jantung dan lain-lain. Syukurlah beberapa teman kantorku bersedia menjadi donor darah buat Abelle. Sementara ASI ku belum keluar, Abelle diberikan cairan NaCl (kalau tidak salah) melalui tali pusarnya yang disambung dengan semacam selang kecil seolah-olah tali pusar masih tersambung dengan ibu.

Aku berniat tidak membiarkan Abelle diberi formula. Aku bertekad bagaimanapun caranya, ASI ku harus keluar! Hanya ASI yang baik untuk perkembangan berat badan dan kesehatannya. Semua dokter dan perawat mengatakan bahwa ASI penting sekali untuk perkembangan bayi prematur.

Mendengar penjelasan dokter dan perawat, aku makin stress karena ASI masih belum keluar. Tapi aku terus berusaha. Memijat, mengompres terus aku lakukan walau belum kelihatan hasilnya. Semua teman dan keluarga selalu memberi dukungan, khususnya Mamaku dan suamiku.

Akhirnya suatu hari keluar sedikit cairan bening seperti susu. Subhanallah. Aku meneteskan air mata saat itu. ASI hanya keluar setetes demi setetes, namun aku terus berusaha. Dalam waktu 2-3 jam aku berhasil mendapatkan 5-6 ml ASI. Walau sedikit, aku merasa sangat bahagia dan langsung aku antar untuk Abelle di ruang NICU. Keesokan harinya aku pompa lagi dan dalam 2 jam dapat 10 ml. Aku makin semangat.

Hari demi hari, aku jalani dengan niat dan semangat. ASI-ku harus ada untuk asupan bayiku yang sangat membutuhkannya. Alhamdulillah, hari demi hari ASI terus bertambah. Dari 2 jam 10 ml, menjadi 20 ml, 30ml. Dari 2 jam menjadi 1 jam. Sekarang aku bisa memompa 100-250 ml dalam 15 - 20 menit. Subhanallah.

Saat itulah aku percaya, jika kita terus berusaha, pasti akan berhasil, dalam keadaan apapun. Ternyata benar kata orang, setiap wanita pasti bisa menyusui, termasuk aku. Melahirkan bayi prematur, dalam keadaan sakit. Dengan semangat dan niat, akhirnya berhasil juga memproduksi ASI yang cukup.

Abelle akhirnya bisa pulang ke rumah pada 3 Juni 2011 di usia hampir 2 bulan dengan BB 1,770 kg.

Menikmati perjuangan

Alhamdulillah hingga kini Abelle hanya minum ASI dari aku saja. Selama 3 hari pertama ia dipuasakan, dan hanya dengan cairan NaCl melalui tali pusar hingga aku dapat menyetor ASI kepada Abelle.

Sekarang Abelle sudah menginjak usia 7 bulan sejak usia kelahirannya dan masih full ASI. Berat badannya sudah lebih dari 5 kg! Abelle belum diberikan MPASI, karena dokter menyarankan untuk menunda MPASI dulu.

Aku sadar perjuanganku tidak berhenti sampai disini. Setelah cuti dari pekerjaan selama 6 bulan lamanya, aku kembali bekerja sebulan yang lalu. Rasa khawatir sempat menyerang, pikiran dipenuhi akan cukup atau tidak ASI-ku untuk Abelle serta bagaimana manajemen ASIP di hari-hari yang sangat sibuk.

Aku menyampaikan pada rekan kerja dan atasan bahwa pada jam kerja aku akan meminta izin untuk memompa ASI. Syukurlah mereka bisa mengerti. Sekarang tugasku adalah semangat dan rajin memompa!

Walau kadang-kadang jumlah ASIP yang diminum Abelle lebih banyak daripada yang aku perah, namun Alhamdulillah hingga hari ini ASIP untuk Abelle cukup dan ready stock hehehe. Namun, aku selalu susui Abelle langsung jika aku di rumah. Sempat mesin pompa rusak, masya Allah paniknya setengah mati, karena sudah sangat cocok dengan produk tersebut. Akhirnya aku mulai belajar memerah dengan tangan, Subhanallah ternyata mudah!

Menyusui itu berkah

Untuk para ibu dan calon ibu, semangat terus yaaa. Never give up! Give the best for your baby(ies). Anak adalah berkah dan amanat dari Tuhan yang tak ternilai. ASI lah yang terbaik untuk anak kita.

Merasa sedih, ketakutan hingga menangis, berkali-kali aku alami tapi aku berusaha untuk kembali positive thinking. Suami terus mendukung dan menyemangatiku. Sekarang aku percaya bahwa setiap Ibu pasti bisa menyusui.

Mohon doa agar anakku Annabelle Maleeka Victoria Putransyah selalu disehatkan dan disempurnakan tumbuh kembangnya. Semoga aku bisa lanjuuuutt menyusuinya sampai semaksimal yang aku mampu. Aamiin.

PS. Terimakasih Ayah Alfa yang sudah sangat baik dan sangat supportive selama ini, Ibu tidak bisa lakukan ini semua tanpa dukungan Ayah... (hiks hiks terharu lagi)...

Anda memiliki kisah dan pengalaman menarik tentang menyusui dan ASI, kirimkan tulisan dan foto-foto Anda ke email : laktasikompashealth@gmail.com



[Non-text portions of this message have been removed]



[Non-text portions of this message have been removed]

9a.

Re: Tanya: penanganan kanker payudara

Posted by: "ferry" sehat@bbuser.org   ferrytjen77

Mon Nov 28, 2011 8:38 pm (PST)



Dear SP's dan dokters
Barusan kami konfirmasi hasil mamo ke dokter yang memberikan rekomendasi, pada intinya dokter melihat malign tumor karena ada penyebaran (terlihat dari hasil radiologi) dan menyarankan pencarian informasi lebih jauh ke spesialis.

Pilihannya, ke RSCM or Dharmais, beliau tidak merekomendasikan biopsi, dikarenakan dalam pengalaman beliau kanker menyebar cepat setelah biopsi, sehingga lebih menyarankan penyinaran.

Ke spesialis ini untuk memastikan stadium dan rekomendasi lebih lanjut.

Ada beberapa point yang ingin kami tanyakan:

1. Apakah memang lebih baik mengabaikan biopsi, dan meneruskan dengan penyinaran
2. Apakah ada rekomendasi dokter spesialis yang bisa ditemui dan mintakan pendapat di RSCM atau Dharmais?
Lebih baik lagi dengan informasi jadwal
3. Apakah pengobatan alternatif layak dicoba, dengan indikasi yang sudah diketahui? Ibu saya cukup takut dengan kata2 operasi.

Terima kasih sebelumnya utk kebaikan dokter Endah yang telah memberikan pencerahan.

Salam

Ferry
9b.

Re: Tanya: penanganan kanker payudara

Posted by: "fifiejohan@yahoo.com" fifiejohan@yahoo.com

Mon Nov 28, 2011 8:44 pm (PST)



Mba,

Bisa hub jakarta breast center di jl. Kramat 6. Disana ada dokter evert. No. Telpon 3106681.
Pengalaman saya ada tumor dan saya berobat disana

Τĥªήќ y☺ũ .. °⌣°
Fifie
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
9c.

Re: Tanya: penanganan kanker payudara

Posted by: "Endah" endahgunawan@ymail.com

Mon Nov 28, 2011 8:49 pm (PST)



No 1 dan 2 tdk bs bantu, silakan konsultasi ke RSCM atau Dharmais
No 3 mohon jgn buang waktu utk terapi alternatif. Pada kanker, kita berpacu melawan penyebaran kanker. Semakin dini ditangani, prognosisnya semakin baik

Endah

10a.

Donor asi

Posted by: "ambar.wardhani@gmail.com" ambar.wardhani@gmail.com   arw_ville

Mon Nov 28, 2011 8:45 pm (PST)



Dear moms,

Saya ada kelebihan asi sebanyak 8 plastik @180 ml dr awal okt.bayi saya perempuan 3m22d.saya muslim,tidak merokok,tidak minum minuman keras.

Jikalau berminat,bisa japri ke saya ya.

Trims
Ambar
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
11a.

Usus Luka

Posted by: "sehatqu@rocketmail.com" sehatqu@rocketmail.com

Mon Nov 28, 2011 8:47 pm (PST)



Dear Docs, Sps dan teman2 di milist,

Saya mau bertanya, sudah beberapa bulan terakhir saya khawatir dengan keadaan suami saya yang turun berat badan drastis hingga 15kg, awalnya dia terserang penyakit typhus awal bulan february 2011 dan sebelumnya dibulan November 2010, setelah terkena penyakit thypus yg kedua, suami saya tiap makan selalu merasa mual dan akibatnya selalu *maaf* muntah.. Hingga sekarang suka kambuh perasaan mual tersebut yg menyebabkan badannya semakin kurus. Beberapa saat yg lalu saya sempat bawa ke rs utk di check dan ternyata diagnosa bilang bahwa usus suami saya luka.

Pertanyaan saya, apakah nama kedokteran usus luka? Saya ingin browsing utk pencegahan dan penanganannya, dan apakah beratnya yg turun drastis disebabkan oleh itu ya? Saya penasaran krn sudah hampir 9bln tdk kunjung sembuh.

Oya docs, sps, suami juga sempat mengkonsumsi obat sebivo dikarenakan hvdnanya sempat + namun sekarang sudah tdk terdeteksi, apakah karena efek minum obat tersebut?


Mohon pencerahannya ya Docs, SPs dan teman2 dimilist.. Walaupun dia dapat beraktivitas seperti biasa, saya khawatir dengan keadaan fisiknya. Terima kasih banyak atas bantuannya.


Salam sehat,
Alea

Powered by Telkomsel BlackBerry®
11b.

Re: Usus Luka

Posted by: "niken qinen" nikenqinen@gmail.com   qinen_q9

Mon Nov 28, 2011 9:30 pm (PST)



Mba Alea, minta dokternya utk menjelaskan dalam bahasa medis,kejar trs
ya dokternyaaa

Salam,
-Niken-

On 11/29/11, sehatqu@rocketmail.com <sehatqu@rocketmail.com> wrote:
> Dear Docs, Sps dan teman2 di milist,
>
> Saya mau bertanya, sudah beberapa bulan terakhir saya khawatir dengan
> keadaan suami saya yang turun berat badan drastis hingga 15kg, awalnya dia
> terserang penyakit typhus awal bulan february 2011 dan sebelumnya dibulan
> November 2010, setelah terkena penyakit thypus yg kedua, suami saya tiap
> makan selalu merasa mual dan akibatnya selalu *maaf* muntah.. Hingga
> sekarang suka kambuh perasaan mual tersebut yg menyebabkan badannya semakin
> kurus. Beberapa saat yg lalu saya sempat bawa ke rs utk di check dan
> ternyata diagnosa bilang bahwa usus suami saya luka.
>
> Pertanyaan saya, apakah nama kedokteran usus luka? Saya ingin browsing utk
> pencegahan dan penanganannya, dan apakah beratnya yg turun drastis
> disebabkan oleh itu ya? Saya penasaran krn sudah hampir 9bln tdk kunjung
> sembuh.
>
> Oya docs, sps, suami juga sempat mengkonsumsi obat sebivo dikarenakan
> hvdnanya sempat + namun sekarang sudah tdk terdeteksi, apakah karena efek
> minum obat tersebut?
>
>
> Mohon pencerahannya ya Docs, SPs dan teman2 dimilist.. Walaupun dia dapat
> beraktivitas seperti biasa, saya khawatir dengan keadaan fisiknya. Terima
> kasih banyak atas bantuannya.
>
>
> Salam sehat,
> Alea
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>
> ------------------------------------
>
> Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
> - Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal
> FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.
>
> Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland,
> dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami,
> PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>
> "Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
> =================================================================
> Milis Sehat thanks to:
> - AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS
> SEHAT 2011.
>
> Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk.
> who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi
> Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
> "SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.
>
> Kunjungi kami di (Visit us at):
> Official Web : http://milissehat.web.id/
> FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
> Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
> ==================================================================
> Donasi (donation):
> Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
> Bank Mandiri
> Cabang Kemang Raya Jakarta
> Account Number: 126.000.4634514
> ==================================================================Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>

12a.

Re: cradle cap pada bayi 18 bulan?

Posted by: "Novi" novi.lauw@yahoo.com   novi.lauw

Mon Nov 28, 2011 9:16 pm (PST)



thanks mbak alifah. setelah browsing kayaknya baby c dermatitis seborrheic.

mbak lea, baby c masih pakai shampo baby. apa ini pengaruh juga ya?
yg saya baca di mayo jika keluhan tambah banyak dan mengganggu bisa gunakan shampo yang mengandung ketoconazole (shampo anti dandruft cmiiw).
tapi sementara saya observe dulu aja deh, sapa tau tidak lama lagi menghilang.

Thanks all

regards
novi

13a.

IMD pada bayi prematur

Posted by: "goofypinkku83@yahoo.com" goofypinkku83@yahoo.com   goofypinkku83

Mon Nov 28, 2011 9:35 pm (PST)



Membaca cerita berjudul ASI: Cairan Ajaib Yang Selamatkan Bayiku, saya jadi terfikir apakah mungkin bayi prematur menjalani IMD.

Tentunya bayi prematur tidak dengan kondisi ibu seperti di cerita taadi yg lemah dan lain lain serta prematur dengan berat 900 gram-an.

Maksud saya, jika ada bayi dilahirkan prematur di usia kandungan 32w keatas dengan berat 1,8 kilo apakah mungkin kita tetap meminta pihak RS agar membiarkan kita menjalani prosedur IMD?

Saya ibu hamil 32w, ntah kenapa akhir akhir ini selalu khawatir dengan kelahiran prematur. Dengan membaca artikel tadi, saya jadi semangat bahwa apapun yg terjadi semua itu diatur yang diatas. Bahkan bayi dengan berat lahir 900 gram bisa bertahan hidup atas mukjizat Nya. Tapi kemudian saya jd berfikir kalau nanti kejadian di saya (semoga tidak Ya Allah) apakah mungkin saya tetp minta prosedur IMD?

Terima kasih.
Nanda, bunda Qinan.
Powered by Telkomsel BlackBerry®
13b.

Re: IMD pada bayi prematur

Posted by: "Hilda" hilda.iriany@gmail.com   h_iriany

Mon Nov 28, 2011 9:39 pm (PST)



Mba nanda, setau saya, bayi premmie perlu perlakuan khusus segera setelah lahir.
Jadi kalau imd, rasanya kurang memungkinkan.
Cmiiw.

-hilda-

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Health

Early Detection

Know the symptoms

of breast cancer.

Drive Traffic

Sponsored Search

can help increase

your site traffic.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: