Saturday, November 26, 2011

[sehat] Digest Number 16584

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1.
Medela harmony 2nd From: dyan.widyastuti@yahoo.com
2.
Dilarang jualan : [sehat] M** harmony 2nd From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
3a.
Re: (ASK) Bejolan antara ketiak dan payudara From: pritameani syafa'at
4.
Tanya benjolan di ketiak From: dewi_boim02@yahoo.com
5a.
Batuk pada anak From: violika
5b.
Re: Batuk pada anak From: Ratna
5c.
Re: Batuk pada anak From: dewijagoan@yahoo.co.id
5d.
Re: Batuk pada anak From: w_febryanti@yahoo.com
5e.
Re: Batuk pada anak From: Regia D
5f.
Re: Batuk pada anak From: rosshy77@yahoo.com
6a.
Butuh Penguatan Anak Demam From: Cantika Fakhira
6b.
Re: Butuh Penguatan Anak Demam From: dewijagoan@yahoo.co.id
6c.
Re: Butuh Penguatan Anak Demam From: Esti Handayani
7.
Tanya benjolan ketiak From: dewi_boim02@yahoo.com
8a.
Bls: Re: [sehat] Butuh Penguatan Anak Demam From: Cantika Fakhira
8b.
Bls: Re: [sehat] Butuh Penguatan Anak Demam From: thita f puspitasari
8c.
Re: Bls: Re: [sehat] Butuh Penguatan Anak Demam From: Ade.M
9a.
Re: Sex education dan etiquette education From: der1_h@yahoo.com
9b.
Re: Sex education dan etiquette education From: yulianto
10.
PESAT 6 Jawa Timur Coming Soon! ;) From: pesatsby@gmail.com
11a.
Hubungan antara cegukan & operasi hernia From: Anindita Natasuminta Andrian
11b.
Re: Hubungan antara cegukan & operasi hernia From: yulianto
12a.
feses hijau pekat From: vidya
12b.
Re: feses hijau pekat From: rulinovich94@yahoo.com
13.
Q: harus perah asi kah? From: asamisunt@gmail.com

Messages

1.

Medela harmony 2nd

Posted by: "dyan.widyastuti@yahoo.com" dyan.widyastuti@yahoo.com

Fri Nov 25, 2011 10:12 pm (PST)



Dear all mom's,

Aku mo jual medela harmonyku br 1x pakai & msh bergaransi, br 1x pakai. Alasan jual krn aku lbh nyaman pk medela swing.
Ku buka harga 400rb boleh kurang
Powered by Telkomsel BlackBerry®
2.

Dilarang jualan : [sehat] M** harmony 2nd

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Fri Nov 25, 2011 10:14 pm (PST)



Jeung
Baca netiket yaaa

Regards,
Marcella
*duuh...
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
3a.

Re: (ASK) Bejolan antara ketiak dan payudara

Posted by: "pritameani syafa'at" yazieta@yahoo.co.uk   yazieta

Fri Nov 25, 2011 11:00 pm (PST)



Temen Mbak sudah cobla SADARI? ADa benjolan di payudara tidak?

Saya dulu pernah ada tumor payudara, ketahuannya pas SADARI dan ada benjolan kecil juga di ketiak (biasanya sih berhubungan). Ketika itu PD rasanya nyeri banget.

Saya langsung ke dokter bedah kalau gak salah (dah lama banget, zaman masih SMA belasan tahun yang lalu).

 

Salam
-Prita-

________________________________

[Non-text portions of this message have been removed]

4.

Tanya benjolan di ketiak

Posted by: "dewi_boim02@yahoo.com" dewi_boim02@yahoo.com   dewi_boim02

Fri Nov 25, 2011 11:05 pm (PST)



Dear mom,

Saya ad benjolan di ketiak..persis di ketiak.
Sudah lama...dr ak kuliah...skrg ak umurnya 27 tahun...belum pernah periksa k dokter sih..dan sepertinya makin membesar..kalau dipegang sakit...tapi ga sakit2 bgt sih...qra2 ap y??ap perlu segera k dokter??tapi spesialis ap??
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
5a.

Batuk pada anak

Posted by: "violika" violika@yahoo.com   violika

Fri Nov 25, 2011 11:12 pm (PST)



Dear All SPs & Docs,

Anak saya (2y7m) sudah 1 minggu batuk.
Yang saya baca, kl cm batpil ga perlu ke dokter, hanya dengan HT bisa sembuh dengan sendirinya.
Sampai batas mana ya kita ga perlu ke dokter? Melihat batuk anak saya kl cuma malam jam 1 s/d set4 batuk2 tp dia masih bisa tidur, tapi kita yang dengernya jadi kasian :( (kalo siang batuknya ga separah pas malam)
Selama saya tinggal kerja (yang bantuin jaga ibu saya) dan oleh ibu saya dikasih mucopect, ini dah habis 1 botol mucopect sirup, tp masih belum sembuh2 juga :(
Pas jul-Agt juga pernah spt ini dan saya ke dokter (Dokter hanya bilang ini karena radang tenggorokan) dikasih obat AB & Puyer, tp hbs obat2 itu juga ga sembuh2 akhirnya sembuh dengan sendirinya.

Bukannya saya anti ke dokter, tp biasanya kl ke dokter cm periksa bentar, cm ngomong radang terus buka resep udah selesai.. tinggal bayar... :(
Apa saya perlu ke dokter lagi dan minta obat??
Mohon masukannya yah, saya bingung harus ngapain?
Thanks,

Fenny

5b.

Re: Batuk pada anak

Posted by: "Ratna" ratnaumry@gmail.com   c_ratna_sd

Fri Nov 25, 2011 11:44 pm (PST)



Mbak, efek samping obat batuk tuh lbh serem drpd suara batuknya. Common cold akan sembuh dgn sendirinya. Treatmentnya banyak minum saja. Atau coba singkirkan kemungkinan batuk alergi (alergi dingin misalnya, krn batuknya parah saat malam). Baca lg file dr moderator pas awal join atau buka di www.milissehat.web.id ya. Obat batuk cuma 1 : sabar :)

Ratna • MamaWiLou
5c.

Re: Batuk pada anak

Posted by: "dewijagoan@yahoo.co.id" dewijagoan@yahoo.co.id   dewijagoan

Fri Nov 25, 2011 11:50 pm (PST)



Sama APH mba air putih hangat .. Memang sedih n menguji kesabaran kalo anak sakit .. #saya pernah merasakan apa yang mba rasakan #

Mungkinkah ada virus pingpong disekitar anak jd ga sembuh2 batuknya?

Dewi
Powered by Telkomsel BlackBerry®
5d.

Re: Batuk pada anak

Posted by: "w_febryanti@yahoo.com" w_febryanti@yahoo.com   w_febryanti

Fri Nov 25, 2011 11:51 pm (PST)



Mba fenny, ini ada link bagus utk referensi
http://milissehat.web.id/?p=1480
mengenai batuk pilek

Baby safiy (almost 7m) 2mgg lalu batuk kering, kebayang kan bayi batuk kering ampe bungkuk2 batuk nya

Ht saya: asi asi asi + air putih hangat + SABAR (ini memang yg agak susah)

Gws ya mba anak nya
Thanks,

Wiwin (BundAby & baby safiy)

5e.

Re: Batuk pada anak

Posted by: "Regia D" just.regia@gmail.com   reggie_zain

Sat Nov 26, 2011 12:59 am (PST)



Dear mbk Fenny,

Bisa coba baca link ini:
http://purnamawati.wordpress.com/2009/01/06/anak-batuk-tak-perlu-panik/

Sama kayak Sps yg lain, kl anak sy sakit, obatnya air putih hangat dan stok sabar yg byk. Sediain air di kmr mbk, tiap habis batuk, ksh minum.. Sy jg lgsg cek ac/kipas angin mgkn kotor, sedot debu di kmr/ spring bed.. Takutnya kotor jd mancing batuk..
Maaf kalau krg berkenan.

Salam,
Regia

5f.

Re: Batuk pada anak

Posted by: "rosshy77@yahoo.com" rosshy77@yahoo.com   mommynyaarion

Sat Nov 26, 2011 2:27 am (PST)



Dear mba fenny,

Panik dan bingung ya kl anak sakit
Pengennya cepat sembuh dan hati kita lega.
Tapi jangan sampai over treatment, akibatnya anak kita jg yg lebih menderita.
Aku sll ingat kata bunda, "kl anak sakit jangan kita mengobati kepanikan orang tuanya" dan "tidak ada short cut utk sembuh"

Mba fenny ga sendiri koq
Aku awal2nya jg suka maju mundur utk bersikap rasional kl anak sakit.
Intinya, batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh utk mengeluarkan benda asing dr tenggorokan (cmiiw ya)
Batuk akan sembuh sendiri asal penanganannya tepat.
Sp-ers yg lain sdh memberikan caranya, tinggal ketekunan mba aja menjalaninya.
Intake cairan sering2 dan makan minum yg bergizi serta istrahat yg cukup.
Sedikit2 gpp, asal sering2.
Batuk umumnya virus, tidak memerlukan obat.
Abang ogie (4.7y) jg baru demam batuk, dan sukses pingpong ke adeknya josh (1.2y), demam sampai 39.3derC.

Walo lelah kr harus berjaga terus dan nempel, tp rasanya legaaa banget ketika anak2 sembuh sendiri dgn penangan diatas.

Lama2 kl mba tekun ikuti rule yg benar dlm menangani anak sakit, daya tahan tubuhnya makin mantap dan anak kita akan aman dr paparan obat2an yg tidak perlu.

Keep rational ya bun
Semoga anaknya lekas sembuh


#hug#
Rusmina

Powered by Telkomsel BlackBerry®
6a.

Butuh Penguatan Anak Demam

Posted by: "Cantika Fakhira" c_fakhira@yahoo.com   c_fakhira

Fri Nov 25, 2011 11:41 pm (PST)



Dear Doctor n SP's,
Butuh masukan dr doc n SP's nih, anakku demam sejak 42 jam yg lalu..temperatur berkisar 38.7 sampai 39.3 der..semalam sempat 39.7 der, aku bawa ke ugd..sebelumnya aku udh kasih parasetamol dan home treatment demam anak tapi panasnya tetap di kisaran itu..semalam dikasih obat penurun panas yg dimasukkan ke anus (maaf)oleh tenaga medis, trus periksa darah..hasil labnya leukosit normal begitu jg yg lainnya tdk menunjukkan tanda penyakit lainnya..sekarang panasnya 39.3 der..oya, saya nanti disuruh balik kerumah sakit jika masih panas stlh 2hari, untuk tes darah kembali. Dokternya mengatakan kalo terkena malaria baru bisa terdeteksi stlh 4hr demam, benarkah??oya, anakku skr minum n makannya susah..apa yg mesti sy lakukan sementara home treatment masih terus sya lakukan? Makasihh masukkannya

Rgrd,
Mama Nai

6b.

Re: Butuh Penguatan Anak Demam

Posted by: "dewijagoan@yahoo.co.id" dewijagoan@yahoo.co.id   dewijagoan

Fri Nov 25, 2011 11:46 pm (PST)



Apakah ada batuk pilek mba ?
Anak saya juga pernah panas tinggi sampai 2 hari sampai 40 derajat.. Hanya saya kasih sanmol drop .. Kompres, minum disuapin sendok dikit2 tapi banyak.. Hari berikutnya turun keluar ra tnyata roseola ..

Mungkin ndak anak mba gejalanya mengarah ke roseola ??

Dewi
Powered by Telkomsel BlackBerry®
6c.

Re: Butuh Penguatan Anak Demam

Posted by: "Esti Handayani" ehandayani@gmail.com   esti_fgj

Sat Nov 26, 2011 12:00 am (PST)



Halo...

Tarik napas dulu Mba, biar bs sedikit tenang, karena kalo panik, nanti gedubrakan gak karuan.. :)

Soal demam, saya mau bantu highlight beberapa hal aja :
1. Tinggi rendahnya demam itu BUKAN patokan parah tidaknya suatu penyakit
2. Demam akan terus berlangsung selama infeksi masih ada, sehingga demam gak bakal menghilang hanya dgn obat penurun panas. Obat penurun panas hanya sejenak menurunkan demam 1-2 derajat, supaya anak sedikit nyaman.
3. Demam hanya gejala. Oleh karena itu perlu dilakukan observasi untuk melihat gejala2 lain. Ruam, batuk, pilek, diare adalah gejala-gejala lain yg harus juga diobservasi. Begitu juga dengan pola demamnya.
4. Bahaya terbesar dari demam adalah dehidrasi. Jadi pastikan kecukupan cairan untuk anak, demi mencegah dehidrasi.
5. Yuk belajar untuk tau kapan harus ke dokter, gejala-gejala apa saja yang harus diwaspadai.

Nah Mba, semoga dengan beberapa hal di atas itu, bisa membantu Mba mencermati kondisi si kecil.

Titip cium ya....semoga segera sembuh.

Esti

Powered by JempolBerry®
7.

Tanya benjolan ketiak

Posted by: "dewi_boim02@yahoo.com" dewi_boim02@yahoo.com   dewi_boim02

Fri Nov 25, 2011 11:56 pm (PST)



Dear mom,

Saya ad benjolan di ketiak..persis di ketiak.
Sudah lama...dr ak kuliah...skrg ak umurnya 27 tahun...belum pernah periksa k dokter sih..dan sepertinya makin membesar..kalau dipegang sakit...tapi ga sakit2 bgt sih...qra2 ap y??ap perlu segera k dokter??tapi spesialis ap??
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
8a.

Bls: Re: [sehat] Butuh Penguatan Anak Demam

Posted by: "Cantika Fakhira" c_fakhira@yahoo.com   c_fakhira

Sat Nov 26, 2011 12:11 am (PST)



Gak αÏ'α batuk mba, tp td muncul meler sedikit warna bening (sebelumnya gak pilek).

Baik mba browsing ttg roseola skrg..makasiiihh..
Oya, skr sy lg berada di daerah yg 'subur' malaria, apakah benar malaria baru bisa terdeteksi lewat tes darah stlh demam 4 hr?mudah2an bukannn :(

Rgd,
Mama Nai

Pada Sab, 26 Nov 2011 09.51 Waktu Eropa Tengah dewijagoan@yahoo.co.id menulis:

>Apakah ada batuk pilek mba ?
>Anak saya juga pernah panas tinggi sampai 2 hari sampai 40 derajat.. Hanya saya kasih sanmol drop .. Kompres, minum disuapin sendok dikit2 tapi banyak.. Hari berikutnya turun keluar ra tnyata roseola ..
>
>Mungkin ndak anak mba gejalanya mengarah ke roseola ??
>
>Dewi
>Powered by Telkomsel BlackBerry®
>
>------------------------------------
>
>Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
>- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
>- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.
>
>Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>
>"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
>=================================================================
>Milis Sehat thanks to:
>- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
>- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.
>
>Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.
>
>Kunjungi kami di (Visit us at):
>Official Web : http://milissehat.web.id/
>FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
>Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
>==================================================================
>Donasi (donation):
>Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
>Bank Mandiri
>Cabang Kemang Raya Jakarta
>Account Number: 126.000.4634514
>==================================================================Yahoo! Groups Links
>
>
>

8b.

Bls: Re: [sehat] Butuh Penguatan Anak Demam

Posted by: "thita f puspitasari" kalamalf@gmail.com

Sat Nov 26, 2011 2:27 am (PST)



Ikutan nimbrung,

Butuh penguatan juga hiks...

Anak saya Pelangi (5M) on off demam dari minggu lalu, paling tinggi 38 der.
Ada dahak (sptnya kentel bgt), ada batuk (tp ga terus2an), tidak ada pilek, behavior anak ceria kecuali pas demam agak rewel.
4 hari berturut turut setiap malam keluar belek (maaf) yg kuning bgt, sampe mata rapet kalo bgn tidur. Sekarang udah ga belekan lagi.
Pup biasanya sekali, jadi 3x, berlendir dan kadang ada hijau2nya.

Dahaknya terdengar grok grok saat menyusui (masih asi eksklusif).
Yg saya lakukan:
Saya rendam air hangat, beri asi sebanyak mungkin, dada dan punggung pake transpulmin, dan si adek nih saat dikasi obat parset lgs keluar lagi beserta dahak2nya. Jadi ga pernah sukses ngasi parset..

Daaaaan anak sodara, umur sama, gejala sama, dibawa ke puskesmas, dikasi puyer, sembuh 2 hari!

Udah sih curhatnya itu aja,
HT saya udah bener blm? Saya harus nambah stok sabar ya??

Helb..!
Thita

thita f puspitasari follow me @pecahtelor
8c.

Re: Bls: Re: [sehat] Butuh Penguatan Anak Demam

Posted by: "Ade.M" bunda.daffyisa@yahoo.com   bunda.daffyisa

Sat Nov 26, 2011 2:56 am (PST)



Dear Mom thifa,

Usia baby kita hampir sama.
Gejala yg dialami hampir sama juga.
Mulai sumeng sejak rabu malam.
Ada grok2 di nafasnya.
Panas berkisar di 38 - 38,5

Yang saya lakukan, skin to skin, kompres seluruh badan spt yg di ajarkan mom vanessa (tq ya mom) dan usahakan kasi minum yg sering. ( Dan ini yg susah, anak saya malas minum)
Ac di matikan, pakaian anak cuma singlet dan celdam.

Alhmdulillah, mulai kemaren udah ga demam.
Alhamdulillah ga sempat masuk parcet.apalagi antibiotik.

Self limitimg disease mom :)
Tiap anak mungkin beda daya tendang virusnya.

Semoga bs menguatkan,
Salam

Ade.M

Powered by Telkomsel BlackBerry®
9a.

Re: Sex education dan etiquette education

Posted by: "der1_h@yahoo.com" der1_h@yahoo.com

Sat Nov 26, 2011 1:12 am (PST)




Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "Inta" <dini.maesarinta@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Sat, 26 Nov 2011 01:56:07
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Sex education dan etiquette education

Quote mba Dewijagoan:
Trus distelin lagu2 dewasa,, n bangga aja anak2 kecil dah bisa nyanyi lagu band2 tema cinta2an..


Saya:
Jadi inget jaman saya kecil sampe saya smp belum boleh loh denger lagu2 orang dewasa sama mama saya. Sampe dirumah hari2 tuh dengerinnya kasetnya Julius Sitanggang sama Chica koeswoyo aja :p

Cheers, Inta-maaf OOT
@Intamardwityo
terkirim dari henponkuh

------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links



9b.

Re: Sex education dan etiquette education

Posted by: "yulianto" yuliantosk@gmail.com   anto_sk

Sat Nov 26, 2011 1:53 am (PST)



dear smart parents,
menenangkan mengetahui banyak parents yang aware persoalan sex
education, kesehatan reproduksi sejak dini.
namun seringkali banyak orang tua yang mungkin belum mempersiapkan diri
maksimal menjadi orang tua :)
saya sempat mendapat kesempatan berbagi memberikan kesehatan reproduksi
kepada kelas 4-6 SD, dan saya belajar banyak dari adik-adik di SD.
Mereka share bahwa mereka membaca majalah gaya hidup 18+ di rumah; yang
digeletakkan begitu saja di rumah. Dan saat menanyakan arti-arti yang
dibaca di majalah tersebut orang tua tidak menjelaskan; sehingga terbuka
kemungkinan anak-anak mencari di sumber informasi lain yang belum tentu
dapat dipertanggung jawabkan.
Seringkali anak-anak membutuhkan penegasan, dan mereka tidak menanyakan
kembali. Misal : bagaimana bisa hamil? mereka sudah tahu mengenai alat
reproduksi dan fungsinya, yang dibutuhkan adalah penegasan bahwa ada
kontak antara penis dan vagina. Namun seringkali orang dewasa berusaha
menyamarkan proses tersebut yang jadinya makin tidak jelas dan
membingungkan. Tentu penjelasan tersebut sesuai dengan tingkat
perkembangan anak, dengan berbagai syarat yang mengikuti proses hubungan
seksual sesuai norma adat dan agama; dan dengan berbagai alat bantu
(buku anatomi, ensiklopedia, dll) bila diperlukan (mohon koreksi bila
keliru karena saya juga bukan ahlinya).
Sangat menarik proses edukasi kesehatan reproduksi untuk anak-anak,
karena proses pubertas semakin cepat; arus informasi sulit dibendung;
ancaman kepada anak-anak semakin besar; sehingga wajib sekali anak
dibekali pengetahuan mengenai reproduksi.

Peran guru di sekolah juga harus diperkuat, seringkali anak bingung,
istilah biologi tanya guru, kemudian guru minta tanya ke orang tua;
sampai di rumah tanya orang tua anak malah diminta tanya ke guru :)
akhirnya tanya ke dokter saat kesehatan reproduksi, jadilah kita yang
harus jelaskan semua,hehehe.sementara sesi kespro hanya satu tahun satu
kali.
Alasan yang seringkali didapat adalah, merasa bukan ahlinya, diserahkan
kepada yang mengerti reproduksi. Kalau menurut saya, yang paling
mengerti adalah orang tua; karena mereka yang paling mengenal anak
mereka; orang tua yang tahu anaknya dalam fase apa; apa yang perlu
diketahui sekarang; apa yang belum perlu diketahuai; apa cara paling
mudah memberitahu, apa yang anak paling tidak suka.

Satu pengalaman saya yang ingin saya share adalah : beberapa anak
perempuan bertanya tentang siklus haid; mereka bilang ibu mereka bilang
tidak boleh minum air es; kemudian ada yang bilang mama bilang minum
soda agar cepat selesai; ada lagi yang bilang kata mama tidak boleh
keramas :) waduuuh, gawat juga ya, klo 1 minggu ga keramas? hehe
Saya belajar :
1. ternyata orang tua pun perlu mendapat sesi kesehatan reproduksi,
karena mereka sumber utama informasi anak. Mungkin perlu pesat kesehatan
reproduksi :) wajib orang tua update seputar kespro untuk menghilangkan
mitos" yang menyesatkan.
2. Ibu masih diposisikan sebagai pengasuh anak perempuan. Menurut saya
peran ayah harus mulai ditingkatkan. Hal yang sama juga, anak laki-laki
mendapat pengetahuan reproduksi dari ibu.

just my 2 cents, happy parenting,

salam,
-anto-

10.

PESAT 6 Jawa Timur Coming Soon! ;)

Posted by: "pesatsby@gmail.com" pesatsby@gmail.com   pesat6surabaya

Sat Nov 26, 2011 1:22 am (PST)



Dear Smart Parents,

Sebagai wujud kepedulian pada kesehatan anak serta meningkatnya keinginan orang tua akan pengetahuan yang komprehensif tentang kesehatan anak, maka kami panitia PESAT (Program Edukasi Sehat bagi Orang Tua) Jawa Timur didukung oleh YOP, akan mengadakan PESAT 6 Jawa Timur.

PESAT 6 Jawa Timur akan diselenggarakan dalam 4 sesi sebagai berikut: 

 

Sesi I –28 Januari 2012 

Topik 1 : Seputar ASI
Merupakan anugerah yang tak ternilai,ketika bisa memberikan yang terbaik bagi buah hati kita. ASI adalah yang terbaik. Mengapa ASI yang terbaik? Bagaimana supaya ASI saya keluar? Apakah ASI saya cukup untuk anak saya? Sampai umur berapa harus ASI?

Topik 2 : MPASI (Perkembangan terkini termasuk penambahan suplemen zat besi pada MPASI pertama bayi dan isu-isu tentang Anemia Defisiensi Besi)
Umur berapa anak saya boleh mulai makan? Makanan apa yg diberikan pertama kali? Seberapa banyak porsi yang diberikan? Bagaimana cara menyiapkan MPASI yg sehat untuk anak saya? Bagaimana perkembangan tata cara pemberian MPASI yang benar saat ini? Dan masih banyak pertanyaan lain, akan dibahas tuntas disini.

Topik 3 : Tumbuh Kembang (Pertumbuhan pada anak termasuk gagal tumbuh)
Apakah tumbuh kembang anak saya normal? Apakah anak saya terlalu langsing/kurus? Apakah anak langsing/kurus itu pasti kurang gizi? Perlukah saya memberinya suplemen dan vitamin tambahan? Bagaimana cara membaca growth chart yang benar? Apa itu Body Mass Index (BMI) dan apa fungsinya? Bagaimana menilai perkembangan anak dengan bijak dan obyektif? Bagaimana memberikan stimulasi dini yang tepat pada anak? Temukan jawabannya disini.

Sesi II – 29 Januari 2012 

Topik 1 : Common Problems I
Diare, muntah, sakit perut, adalah beberapa penyakit yang sering diderita anak-anak. Kebanyakan penyakit anak-anak disebabkan oleh infeksi virus. Sudah tahukah kita tata laksana yang tepat untuk itu? Does my child really need drugs? Apa gejalanya dan bagaimana tatalaksana yang tepat? Perlukah saya panik? Kapan saya harus merujuknya ke Dokter atau Rumah Sakit? Semua didiskusikan disini!

Topik 2 : Serba-serbi Imunisasi
Bagaimana kerja vaksin dalam melindungi tubuh? Apakah imunisasi ada efek sampingnya? Apa yang dimaksud dengan catch-up immunization? Apa itu imunisasi simultan? Dan banyak pertanyaan lainnya. Diskusi ini akan menambah pengetahuan Anda tentang serba-serbi imunisasi.

Topik 3 : Common Problems II
Sama halnya dengan diare, muntah, dan sakit perut. Batuk dan pilek adalah penyakit yang sering membuat para orangtua cemas. Apa yang menyebabkan anak kita terkena batuk pilek? Apakah harus segera diobati? Mungkinkah batuk yang berkelanjutan akan mengarah ke TB? Apa itu OMA dan OME? Bagaimana tata laksana pengobatannya yang benar? Semua dibahas di sini. 

Sesi III – 25 Februari 2012

Topik 1 : Demam, Demam dengan Ruam dan Kejang Demam
Tuhan menciptakan mekanisme demam, pasti ada maksudnya. Tahukah kita bahwa demam bukan penyakit, melainkan gejala atau petunjuk adanya suatu penyakit atau infeksi? Kapan saat yang tepat untuk memberikan obat penurun demam? Ketika demam disertai dengan ruam pada tubuh, apa yang perlu diwaspadai? Berbahayakah kejang demam? Apakah tiap kali anak mengalami demam perlu diberi obat anti kejang? Bagaimana tatalaksana yang tepat untuk kejang demam? Mari kita diskusikan.

Topik 2 : Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak
Kapan sebaiknya anak mulai dibawa ke dokter gigi? Bagaimana membersihkan gigi anak dengan baik dan benar? Kapan ya anak perlu pasta gigi? Tahukah Anda bahwa kesehatan gigi susu akan mempengaruhi gigi tetap anak kelak? Temukan jawabannya di sini.

Topik 3 : Demam Berdarah, Demam Berdarah Dengue, Demam Dengue dan Demam Tifus
Apa itu Demam Berdarah, Demam Berdarah Dengue, Demam Dengue dan Demam Tifoid? Bagaimanakah mengetahui gejala demam berdarah sejak dini? Perlukah test darah? Apakah jumlah trombosit yang turun berarti positif demam berdarah? Dan bagaimana tata laksana penanganan demam berdarah? Apakah gejala typhus merupakan diagnosis yang valid? Bagaimana mengetahui seorang pasien positif typhus? Semua akan dibahas panjang lebar disini. Bagaimana cara penanganan yang tepat untuk keadaan gawat darurat seperti ini pada Anak? Temukan jawabannya pada sesi ini.

Sesi IV – 26 Februari 2012

Topik 1 : Berteman dengan Antibiotik
Apa itu antibiotik? Bagaimana sejarah ditemukannya? Apa sebenernya fungsi dari pemberian antibiotik? Benarkah semua penyakit butuh antibiotik? Apa efek samping dari pemberian antibiotik yang tidak tepat? Temukan semua jawabannya disini.

Topik 2 : Parenting and Sex Education for Children
Ketika jaman bertambah maju, ketika ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat, tentu akan berdampak pula pada perkembangan buah hati kita. Bagaimana cara mendidik anak yang tepat? Apa yang harus dilakukan ketika anak mulai tantrum? Atau masih bingung ketika anak menanyakan dari mana dia berasal? Apa itu pacaran? Kenapa alat kelaminku berbeda bentuknya dengan punya adik? Bagaimana cara yang tepat untuk menyampaikan pada anak tentang perubahan bentuk tubuhnya? Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan oleh kita sebagai orangtua? Temukan solusinya disini.

Topik 3 : Rational Use of Medicines
Apakah setiap gejala penyakit harus diobati (a pill for an ill)? Perlukah kita mengetahui efek samping dari obat? Apa beda obat paten dengan obat generik? Apa itu polifarmasi? Dan banyak pertanyaan lainnya. Jangan sampai ketinggalan diskusi ini agar kita dapat lebih bijak dan rasional menggunakan obat.

Lokasi:
Gedung TELKOM
Jln. Ketintang 156, Surabaya (tentative)

Biaya:
Per orang: Rp.100.000,-/sesi atau Rp.300.000,- untuk terusan 4 sesi.
Per pasangan : Rp.180.000,-/sesi atau Rp.500.000,- untuk terusan 4 sesi.

Mekanisme Pendaftaran:
1. Calon peserta dapat mendaftar ke:
- email resmi panitia: pesatsby@gmail.com (pendaftaran melalui milis tidak dilayani, harap maklum)
- mendaftar melalui SMS ke Sdri. Irma 0856 4822 6861

Formulir Pendaftaran (silahkan copy-paste di bawah ini)

Nama Lengkap:
Nama Lengkap Pasangan: (apabila mendaftar untuk pasangan)
Status: (single/married)
Jenis Kepesertaan: (paket/sesi, sebutkan sesi berapa saja)
Alamat:
No. tlp yang mudah dihibungi:
Email yang aktif digunakan: (sebagai reminder calon peserta)
Jumlah anak : (jika ada)
Usia anak:

2. Pembayaran dilakukan setelah mendapat konfirmasi dari email bagi yang melakukan pendaftaran melalui email, atau dari SMS bagi yang melakukan pendaftaran melalui SMS.

3. Melakukan pembayaran dengan transfer ke (pilih salah satu):

   - Rekening BCA Cab Sidoarjo: 018-300-7791BCA atas nama Alfa Kurnia Angga Dewanti

   - Rekening Bank CIMB Niaga Cab. Sidoarjo: 034-01-07317-14-8 Kode bank utk transfer dr bank lain 022 atas nama Alfa Kurnia Angga Dewanti

4. Konfirmasi pembayaran dengan email atau SMS dengan format sbb.:
   [nama pendaftar] 
   [rekening panitia pilihan pendaftar (BCA/Mandiri)]
   [nama bank dan pemilik rekening pembayar]
   [jumlah uang yg ditransfer ] 
   [tanggal transfer]
 
5. Jumlah nominal uang yang ditransfer peserta akan ditambah dengan nomer urut pendaftaran. Misal nomer urut peserta 1 untuk paket pasangan terusan, maka nominal yang harus ditransfer adalah Rp 500.001,- Mohon perhatikan konfirmasi dari panitia setelah mendaftar.

Yuk, cerdas bersama untuk anak-anak kita!
Segera daftarkan diri anda dan pasangan anda :)

Salam sehat,
Panitia PESAT 6 Jawa Timur
pesatsby@gmail.com 
Twitter: @PESATSby
Powered by Telkomsel BlackBerry®
11a.

Hubungan antara cegukan & operasi hernia

Posted by: "Anindita Natasuminta Andrian" anindita.natasuminta@gmail.com   nindhyta

Sat Nov 26, 2011 1:45 am (PST)




Dear SPs & Docs,
Anak saya, Nafeeza (21bln), diumur 1 minggu dideteksi terdapat
Inguinal Hernia oleh DSA nya. Stlh itu diumur 3minggu, Nafeeza lgsg
menjalankan operasi Inguinal Hernia tsb. 3bln stlh operasi, Nafeeza
dinyatakan dlm kondisi yg baik, hernia diharapkan tidak akan muncul lg.

Stlh Nafeeza dpt berinteraksi, tepatnya tertawa saat bercanda, Nafeeza
lgsg cegukan. Ayah saya menyarankan untuk memeriksakan ke dokter
mengenai hal itu, krn beliau "curiga" ada hubungannya antara cegukan
ketika tertawa & hernia nya. Awalnya saya gak menganggap penting, tp
saya perhatikan, semakin Nafeeza besar & sering tertawa, lgsg diikuti
dgn cegukan (walaupun cegukannya hanya sebentar)

Yg saya mo tanyakan, apakah benar ada hubungannya antara cegukan stlh
tertawa dengan hernia tsb.

Terima kasih banyak SPs & Docs..

Warm regards,
Anindita Natasuminta Andrian
-ANIN-

Sent from my iPhone

11b.

Re: Hubungan antara cegukan & operasi hernia

Posted by: "yulianto" yuliantosk@gmail.com   anto_sk

Sat Nov 26, 2011 2:16 am (PST)



dear bu anin,
tidak ada hubungan cegukan dengan hernia inguinal.
Bila sudah dioperasi maka tidak ada masalah bila cegukan. (sebelum
operasi pun, cegukan tidak memperberat hernia. Bila sebelum operasi maka
hal yang dapat meningkatkan tekanan rongga perut yang dapat meningkatkan
risiko keluar hernia misal : Menangis keras, mengedan bila BAB keras).
cegukan tidak meningkatkan tekanan di dalam rongga perut; jadi tidak
perlu khawatir.

salam,
-anto-

12a.

feses hijau pekat

Posted by: "vidya" vidya_risma@yahoo.co.id   vidya_risma

Sat Nov 26, 2011 2:16 am (PST)



dear all,
sy mau tanya, aqilla 7m2w asi+mpasi udah hampir 1minggu ini fesesnya berwarna hijau tua, namun frekuensi bab normal, 1hari 1x, bentuknya seperti pasta ada biji2nya..
knp y?apakah normal atau tidak?
thx

12b.

Re: feses hijau pekat

Posted by: "rulinovich94@yahoo.com" rulinovich94@yahoo.com   rulinovich94

Sat Nov 26, 2011 2:21 am (PST)



Mba,aqilla sudah mulai MPASI kan?makannya apa mba?waktu andra makan MPASI (msh blom ngeh milis sehat :( ) kalo dia makan makanan yg berwarna hijau,pasti babnya ikut hijau,misalnya dia makan jagung,di babnya ada bulir2 jagung,begitu pula kalo makan jeruk.tp seiring perkembangan umurnya,babnya ya sdh seperti org dewasa,gt mba..
Maaf yah kalo gak berkenan

Regards
-ibunya andra-
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
13.

Q: harus perah asi kah?

Posted by: "asamisunt@gmail.com" asamisunt@gmail.com   floreanwl

Sat Nov 26, 2011 3:01 am (PST)



Dear sp

Saya working mom, Anak saya sudah 3th 7bln, pengennya weaning with love, untuk frekuensi nenennya belakangan ini dalam sehari kadang jarang banget kadang rasanya sering banget, sejak usia 3th saya sudah tidak pernah pumping asi lagi.. Saya sediakan uht jika anak ingin susu..
Nah yang ingin saya tanyakan 4hari ke depan saya harus ke luar kota dan tidak memungkinkan membawa anak, yang ingin saya tanyakan selama 4hari ke depan nanti haruskah saya melakukan pumping? Atau dbiarkan saja ya?
Oia, Saya yakin benar ketika bertemu sepulang dari luar kota nanti pasti saya dicuekin abis sama anak saya..ga mau langsung nyapa ataupun gendong, pasti marah2 dan ga mau deket2 *pengalaman dulu pernah dtinggal dinas 1 hari 1malam, begitu nyampe rumah dicuekin abis :(..
Atau apa ini justru kesempatan untuk berhenti menyusui ya?jadi bgitu pulang tidak usah dberi nenen jika meminta?

Mohon sarannya ya, terima kasih.
Salam
Santy
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Health

Achy Joint?

Common arthritis

myths debunked.

Sell Online

Start selling with

our award-winning

e-commerce tools.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: