Saturday, November 19, 2011

[sehat] Digest Number 16540

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: (Tanya)baby 12hari BAB malam ni berbusa wrna kuning From: meuthia.maharani@yahoo.com
2a.
WTB: buku Q & A, urgently From: esther siregar
2b.
Re: WTB: buku Q & A, urgently From: risma
2c.
Re: WTB: buku Q & A, urgently From: esther siregar
3a.
Re: Vaksin campak vs Alergi telur From: dewijagoan@yahoo.co.id
3b.
Re: Vaksin campak vs Alergi telur From: risma
3c.
Re: Vaksin campak vs Alergi telur From: dewijagoan@yahoo.co.id
4a.
Re: (Tanya) Catch up utk Imunisasi Hib & PVC From: ucy1402
5a.
Re: kampanye RUM di FB kadang bikin adu argumen dengan dokter From: vanessa sutopo
5b.
Re: kampanye RUM di FB kadang bikin adu argumen dengan dokter From: Khonic
5c.
Re: kampanye RUM di FB kadang bikin adu argumen dengan dokter From: F.B.Monika
6a.
Re: anak terdiagnosa rubela, apa perlu antivirus? dan saya sedang ha From: nikka primiastri
7a.
tanya:darah tinggi kah? From: Puti Stephania
7b.
Re: tanya:darah tinggi kah? From: Sativa Huang
8a.
Common Cold & HT utk org dewasa From: Ria Standa
8b.
Re: Common Cold & HT utk org dewasa From: Diana
8c.
Re: Common Cold & HT utk org dewasa From: umialiyah_dzatil@yahoo.co.id
9.
[news]  Memperjelas Peran Puskesmas From: /ghz
10a.
Re: Tips Kasih Obat ke Baby From: Dessy Dwi Tantono
11a.
Free eBook: The Pregnancy Book 2009 From: Sativa Huang
11b.
Re: Free eBook: The Pregnancy Book 2009 From: heidy_jo@yahoo.com
12.
KIPI varicella? bintik berair 1 hari setelah vaksin From: Christine Widjaya
13a.
Re: OMA belum sepenuhnya sembuh sudah pilek lg From: F.B.Monika
14.1.
Re: [OOT] Mendidik Anak Menjadi Tangguh From: leny kurnia sari
15.
Hubungan antara Batuk dan Cacingan - helpppp From: Nurbaiti Hafmaya

Messages

1a.

Re: (Tanya)baby 12hari BAB malam ni berbusa wrna kuning

Posted by: "meuthia.maharani@yahoo.com" meuthia.maharani@yahoo.com   meuthia.maharani

Fri Nov 18, 2011 11:06 pm (PST)



Makasi infonyaa bunda misaki :)

SOL
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: yume_gakusei2@yahoo.com
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Fri, 18 Nov 2011 16:11:03
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] (Tanya)baby 12hari BAB malam ni berbusa wrna kuning

Cb bantu jwb mba,pup bayi asi yg berbusa it normal krn it mrpkn laktosa yg berasal dr asi:)
Cmiiw

AiBundamisaki
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: meuthia.maharani@yahoo.com
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Fri, 18 Nov 2011 13:40:10
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] (Tanya)baby 12hari BAB malam ni berbusa wrna kuning

Dear Sp's dan doc..

Mau tanya sesuai subject diatas..baby sy usia 12hari baru mlm ni BAB agk berbusa tp warnanya tetap kuning..itu normal apa tidak yah?penyebabnya apa yaa?apakah krn kedinginan ato krn makanan yg sy konsumsi ya?

Makasi

New Bunda
Mey
Powered by Telkomsel BlackBerry®

------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links

------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links

2a.

WTB: buku Q & A, urgently

Posted by: "esther siregar" esther_72gar@hotmail.com   esther_sisca

Fri Nov 18, 2011 11:12 pm (PST)




Dear Sps,
apakah buku ini sudah keluar lag?kebetulan ada yang mau dtg, jadi mau nitip dibawain buku ini, ada yang tau kalo bisa dibeli lewat online shopping? biar yg bawain gk perlu keliling nyari buku ini...
terimakasih banyak ya,
*Esther Siregar



[Non-text portions of this message have been removed]

2b.

Re: WTB: buku Q & A, urgently

Posted by: "risma" bunda_fazil@yahoo.com   bunda_fazil

Fri Nov 18, 2011 11:49 pm (PST)




Coba liat di web milis sehat, merchandise
Sol

-risma-

2c.

Re: WTB: buku Q & A, urgently

Posted by: "esther siregar" esther_72gar@hotmail.com   esther_sisca

Sat Nov 19, 2011 12:07 am (PST)




mba Risma,
sudah beberapa hari ini, aku gk bisa buka website milis sehat...*bingung...apakah ini di block dari sini? atau memang lagi ada masalah di website nya*

tc,
*Esther Siregar



[Non-text portions of this message have been removed]

3a.

Re: Vaksin campak vs Alergi telur

Posted by: "dewijagoan@yahoo.co.id" dewijagoan@yahoo.co.id   dewijagoan

Fri Nov 18, 2011 11:39 pm (PST)



Maap ya kalo saya salah dalam menafsirkan kalimat di Buku Q&A.. Cuma saya pernah baca di buku Q&A di bagian catatan penting imunisasi halaman 484-485 ttg imunisasi ditunda atau tidak diberikan dalam kondisi :
poin 1-4 ... Nah poin 4 disebutkan : "Alergi terhadap kandungan vaksin (telur,antibiotik)"

Monggo dibuka buku nya bagi yg punya..

Nah sekalian tanya apakah maksud dari poin 4 ini ya ? Apakah sama dg kl alergi telur ga boleh imunisasi semuanya atau bgmn?

Mohon penjelasannya

Dewi
Powered by Telkomsel BlackBerry®
3b.

Re: Vaksin campak vs Alergi telur

Posted by: "risma" bunda_fazil@yahoo.com   bunda_fazil

Fri Nov 18, 2011 11:46 pm (PST)




Mba dewi,
Cuma vaksin influenza yg mengandung protein putih telur.
Jd cuma vaksin ini yg hrs dipertimbangkan utk ditunda ato dibatalkan klo emang ada alergi telur.
Campak....sok di njuusss....

-risma-

3c.

Re: Vaksin campak vs Alergi telur

Posted by: "dewijagoan@yahoo.co.id" dewijagoan@yahoo.co.id   dewijagoan

Fri Nov 18, 2011 11:48 pm (PST)



Ou gitu y mb risma.. Makasih jd tercerahkan.. :D
Powered by Telkomsel BlackBerry®
4a.

Re: (Tanya) Catch up utk Imunisasi Hib & PVC

Posted by: "ucy1402" ucy1402@yahoo.com   ucy1402

Fri Nov 18, 2011 11:46 pm (PST)



Dr. Endah,

Setelah saya pelajari, saya putuskan jadwalnya akan spti ini:
1. Bln Des (4minggu kdpn) : Hib2+PCV1
2. Bln Jan (8minggu kdpn) : DPaT3+Polio4+HepB3+Hib3+PCV2
3. Bln Feb (12minggu kdpn) : PCV3

Kalau spti diatas sdh okekah? Maklum, blm pernah buat jadwal imunisasi sndiri :D

Terimakasih.

Regards,
Ucy

5a.

Re: kampanye RUM di FB kadang bikin adu argumen dengan dokter

Posted by: "vanessa sutopo" psycho_laziale@yahoo.com   psycho_laziale

Sat Nov 19, 2011 12:01 am (PST)



Mba ria
Yang semangat ya...

Seperti yg dijelaskan sps lain bukan anti obat atau anti dokter yah..

Kadang ketika kita berkampanye/berdakwah/menyampaikan isi pikiran kekuatan kita bertumpu pada bahasa dan kalimat yg kita gunakan..

Jd hendaklah apa yg kita sampaikan dg bahasa sehalus,sesopan mungkin,tdk memprovokasi,tdk ekstrim,tdk nge judge sehingga apa yg kita inginkan tersampaikan tersurat maupun tersirat..

Tetap semangat menyebarkan kebaikan ya mba..so many support u..
Pelan-pelan mba menyampaikannya..dr yg baik pasti mau menerima masukan dr pasiennya..berdiri sejajar,berdiskusi dg baik..

Vanessa
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
5b.

Re: kampanye RUM di FB kadang bikin adu argumen dengan dokter

Posted by: "Khonic" khonic@gmail.com   khonic_ds

Sat Nov 19, 2011 12:41 am (PST)



Saya malah kadang berantem ama suami dan keluarga besar, apalagi karena saya anak paling kecil, punya anak paling terakhir jd dianggap sok tau hehehe..
Tp paling ga saya RUM buat diri saya dan anak saya baim 15bln (telat sih baru join pas baim udh 10bln) yg lain mau IRUM ya monggo, silahkan meskipun tetep sambil lalu mencoba menerangkan hehehe..

Makasih buat milis sehat yg membuka mata saya..

Khonic
-seringdituduhemaksadisnelantarinanaksakit-

Sent from my Freegift-Berry® supported by my lovely hubby (^__^)
5c.

Re: kampanye RUM di FB kadang bikin adu argumen dengan dokter

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Sat Nov 19, 2011 1:18 am (PST)



Dear Mba Kristiyanti,

Sudah banyak yg mendukung, menguatkan, memberi saran ya..
Kalau saya, bekali diri dengan ilmu dan ilmu tsb bukan ilmu milis sehat (Bunda sering ingatkan hal ini ya), tapi belajar dari web2 kesehatan reliable (sudah tau kan ya apa saja, seperti who, aap, cdc, dll). Karena..saya hanya ibu rumah tangga biasa, bukan tenaga kesehatan, jadi setiap kampanye saya melalui media apapun : email, BBG, FB, twitter,dll, penjelasan saya selalu saya sertakan link referensinya.

Jadi..tetap semangat, tetap konsisten, gulirkan pelan2 bola salju RUM nya..:)

F.B.Monika

6a.

Re: anak terdiagnosa rubela, apa perlu antivirus? dan saya sedang ha

Posted by: "nikka primiastri" nikka_preem@yahoo.com   nikka_preem

Sat Nov 19, 2011 12:10 am (PST)



iya mbak, makasih banyak buat pencerahannya :)

--- In sehat@yahoogroups.com, "nankrist" <nankrist@...> wrote:
>
> Gak bermaksud nakut2in ya, mbak.
>
> ada baiknya mbak baca2
> http://www.rsi.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=325:infeksi-rubella-pada-kehamilan-&catid=5:artikel-kesehatan&Itemid=6
> http://milissehat.web.id/?p=1613
>
> googling keyword "rubella pada ibu hamil"
> ada banyak artikel lainnya.
> bukan bermaksud menyakinkan bhw anak mbak rubella;
> tp dlm hal belum pasti rubella atau roseola ada baiknya mbak baca2 segala hal yg mungkin tjd.
>
> btw :
> bbrp bulan yg lalu temen saya baru aj positif hamil,
> gak lama anaknya ruam2.
> dibawa ke dsa untuk mastiin diagnosis nya (krn gak pasti rubella or roseola),
> temen saya sendiri ke dsog fetomaternal.
>
> di link pertama yg saya kasih ada tertera
> "Pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi infeksi Rubella yang lazim dilakukan adalah pemeriksaan anti Rubella IgM dan anti Rubella IgG pada contoh darah dari ibu hamil."
> temen saya akhirnya test darah untuk anti rubella igm dan anti rubella igg.
>
> mohon maaf kl tdk berkenan.
> cy
> (*mudah2an semakin bnyk ibu2 yg mengimunisasi diri sebagai persiapan hamil*)
>

7a.

tanya:darah tinggi kah?

Posted by: "Puti Stephania" puti.stephania@gmail.com

Sat Nov 19, 2011 12:29 am (PST)



Dear all,
saat ini saya tengah hamil 6w,anak kedua.saya sering sekali mengalami sakit kepala,diikuti pegal di daerah leher dan pundak.
Kemarin saya cek tensi pada saat kontrol kehamilan,ternyata tensinya normal 120/80.

Apakah saya perlu khawatir ini adalah darah tinggi?atau hanya gejala kehamilan saja?
Kapan saya perlu aware jika sakit kepala tsb mengarah ke darah tinggi?

Terima kasih sebelumnya..

Salam,
---
Puti

7b.

Re: tanya:darah tinggi kah?

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Sat Nov 19, 2011 1:02 am (PST)



Hi Bu Puti,
Tekanan darah 120/80 normal.
Sakit kehamilan bisa jadi karena efek dari perubahan hormon.
Detilnya baca di sini:

Blood pressure in pregnancy
http://www.babycentre.co.uk/pregnancy/complications/bloodpressure/

Pregnancy and Headaches
http://www.americanpregnancy.org/pregnancyhealth/headaches.html

Sebaiknya memang kontrol ketat tekanan darah selama pregnancy, untuk
mencegah kemungkinan komplikasi dari pre-eclampsia, misalnya.

Salam,

2011/11/19 Puti Stephania <puti.stephania@gmail.com>
> Dear all,
> saat ini saya tengah hamil 6w,anak kedua.saya sering sekali mengalami sakit kepala,diikuti pegal di daerah leher dan pundak.
> Kemarin saya cek tensi pada saat kontrol kehamilan,ternyata tensinya normal 120/80.
>
> Apakah saya perlu khawatir ini adalah darah tinggi?atau hanya gejala kehamilan saja?
> Kapan saya perlu aware jika sakit kepala tsb mengarah ke darah tinggi?
>
> Terima kasih sebelumnya..
>

8a.

Common Cold & HT utk org dewasa

Posted by: "Ria Standa" riaisria@yahoo.com   riaisria

Sat Nov 19, 2011 12:36 am (PST)



Dear Docs and SPs,

Sejak sy mulai concern mengenai RUM, sy selalu terapkan HT pd anak2 sy, terutama disaat common cold. Alhamdulillah dampaknya sangat baik sekali utk mereka.
Yg sy mau tanyakan, apakah penerapan ht ini berlaku jg utk org dewasa selagi terkena common cold (terutama flu, sore throat & cough)?
Jika iya, sampai brp lama batas aman ht ini, sehingga diperlukan konsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis?
Perlu atau tdknya paracetamol dan AB utk common cold pd org dewasa apakah sama dgn anak2?
mohon pencerahannya.

Regards,
Ria Standa
t: @riastanda

8b.

Re: Common Cold & HT utk org dewasa

Posted by: "Diana" diana.bachtiar@gmail.com   diebachtiar

Sat Nov 19, 2011 12:40 am (PST)



Hi mom,

Utk dewasa tentu saja prinsipnya berlaku jg. HT ttp bs dijalankan,mis : saat flu cukuo byk istirahat, mnum air putih dan pbanyak buah2an (vit c terutama). Jk sore throat dan cough, stop makanan gorengan, byk konsumsi cairan dan buah2an vit c. Utk brp lama, tiap case n org dpt berbeda tgantung situasi dan lingkungan. Jk tnyata kita suda HT tapi ttp sibuk kerja, ya pasti lama sembuhnya. Atau kita uda giat HT dan konsumsi buah2an tp sekeliling kita ada yg batuk pilek :(

Hope it helps

Diana
Diana
@diebachtiar

Sent from BlackBerry® on 3
8c.

Re: Common Cold & HT utk org dewasa

Posted by: "umialiyah_dzatil@yahoo.co.id" umialiyah_dzatil@yahoo.co.id   umialiyah_dzatil

Sat Nov 19, 2011 2:35 am (PST)



Aku sejak hamil anak pertama uda ga minum obat di saat sakit CC, walopun throat-nya sore banget & cough-nya banyak, bener2 cuma tritmen air anget plus buah2an, bahkan saat diare bener2 cuma nenggak oralit & minum teh hangat, bukan karna aku uda tau soal RUM tapi karena aku ga mao kehilangan janin di perutku karena obat2an itu *soale anak pertama kena intervensi puyer juga pas CC*.

Kalo soal lama/cepetnya ilangnya itu virus ya tergantung daya tahanku lagi bagus ato jelek, kalo bagus cepet sembuh kalo jelek aga lama baru sembuh. Dan baru sadar sekarang tenyata virus mang ga pelu obat.

Aku konsultasi lebih lanjut ke dr paru ketika batuk yang aku derita mengganggu pernapasanku alias ASMAku kambuh.


Atun
no puyer please

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
9.

[news]  Memperjelas Peran Puskesmas

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Sat Nov 19, 2011 12:51 am (PST)




Wacana
19 November 2011
Share :Facebook Twitter
Memperjelas Peran Puskesmas

* Oleh Awaluddin Abdussalam

MENGUSUNG tema ''Indonesia Cinta Sehat'' untuk Hari Kesehatan Nasional
(HKN) pada 12 November lalu, Indonesia masih saja terbelit berbagai
masalah kesehatan yang justru kontraproduktif dengan citra yang hendak
dibangun.

Dalam setahun ini diperkirakan ada 1,7 juta kematian pada anak atau 5
persen pada balita akibat penyakit yang sebenarnya bisa dicegah lewat
imunisasi, seperti campak, polio, difteri, pertusis (batuk rejan),
tetanus, dan tuberkulosis (tb). Laporan terakhir menyebutkan pada
januari-Oktober 2011 terjadi ledakan atau kejadian luar biasa difteri di
Jatim, menjangkiti tak kurang dari 328 anak dan menewaskan 11 anak
(Irwan Julianto, 2011).

Negara ini pun lagi-lagi gamang melindungi masyarakat yang ingin sehat
karena tidak termasuk dari 172 negara yang dirilis WHO meratifikasi The
World Health Organization (WHO) Framework Convention on Tobacco Control
(WHO FCTC). Padahal Komnas Pengendalian Tembakau melaporkan bahwa jumlah
laki-laki perokok berusia di atas 15 tahun mencapai 66%, sedangkan
perempuan 4%. Diperkirakan terjadi peningkatan jumlah dari tahun ke tahun.

Hilangnya pasal tembakau menjadi contoh betapa sulitnya melindungi
keluarga agar tetap sehat terbebas dari asap rokok. UU Nomor 36 Tahun
2009 tentang Kesehatan menjadi sangat kontroversial ketika dalam
pembahasannya pasal mengenai tembakau dihilangkan.

Walaupun ada niat baik pemerintah merampungkan pembahasan mengenai
Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Pengendalian Dampak
Penggunaan Tembakau pada tahun ini.
Terkait dengan pencapaian target MDGs, kita tetap merasa khawatir.
Memang dilaporkan target beberapa keberhasilan sektor kesehatan, antara
lain selama hampir 10 tahun tingkat prevalensi tuberkulosis bergeser
dari 443 kasus per 100.000 penduduk (1990) menjadi 244 kasus (2009).

Angka kematian anak-anak di bawah usia 5 tahun juga mengalami penurunan
dari 97 kasus per 1.000 kelahiran hidup (1991) menjadi 44 kasus (2007).
Target angka kematian anak di bawah umur 5 tahun yang harus dicapai
tahun 2015 sebesar 32 per 1.000 kelahiran hidup.

Walaupun sangat kontroversial mengenai angka kematian ibu melahirkan di
Indonesia (Wahyu Susilo, 2010), data 2009 dari Komisi Ekonomi dan Sosial
PBB untuk Asia Pasifik (UNESCAP), Program Pembangunan PBB (UNDP), UNFPA,
dan WHO (data juga dikonfirmasi oleh ADB dan Bank Dunia), sebenarnya
terjadi kenaikan angka kematian ibu melahirkan dari 307 kasus per
100.000 kelahiran hidup menjadi 420 kasus.

Fungsi Puskesmas

Kekhawatiran sulitnya program pemerintah diterima masyarakat adalah
terhadap fenomena makin banyaknya pusat kesehatan masyarakat (puskesmas)
berubah status menjadi puskesmas perawatan.
Pelayanan kesehatan di puskesmas makin mengedepankan upaya pengobatan
(kuratif) ketimbang pencegahan (preventif) dan promotif.

Sebenarnya puskesmas sebagai pelayanan kesehatan terdepan di masyarakat,
dapat dijadikan tolok ukur pengamatan. Apakah upaya preventif dan
promotif dikerjakan dengan sungguh-sungguh, atau semaunya. Puskesmas
yang berubah menjadi miniatur rumah sakit, dengan mengubah statusnya
menjadi puskesmas dengan perawatan, menjadikan tenaga kesehatan
terkonsentrasi pada upaya mengelola rawat inap.

Kebijakan sejumlah daerah di Jateng meningkatkan status puskesmas
menjadi puskesmas rawat inap, sebagai prioritas utama, jangan-jangan
merupakan pengabaian fungsi yang lebih luhur, yaitu sebagai pusat
penggerak pembangunan kesehatan dan pemberdayaan masyarakat. Puskesmas
dengan rawat inap memang perlu dibangun, tetapi ada baiknya hal itu
hanya diterapkan untuk daerah yang jauh dari sarana pelayanan rujukan.
Tidaklah membanggakan misalnya puskesmas rawap inap dengan pelayanan
yang sangat bagus, dengan embel-embel akreditasi maupun bersertifikat
internasional, tetapi masalah kesehatan masyarakat di sekitarnya masih
tidak dapat terpecahkan.

Pasalnya, puskesmas dituntut tidak hanya melakukan upaya pengobatan yang
baik tetapi bertanggung jawab menggerakkan pembangunan kesehatan dan
memberdayakan masyarakat agar mampu mengatasi permasalahan kesehatannya
sendiri. (10)

— Awaluddin Abdussalam, epidemiologis, sanitarian, Kabid Bina Program
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Brebes

http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/11/19/166990/10/Memperjelas-Peran-Puskesmas

10a.

Re: Tips Kasih Obat ke Baby

Posted by: "Dessy Dwi Tantono" dessy.dwi@gmail.com   denna_7980

Sat Nov 19, 2011 1:17 am (PST)



thanks mb. Marcella.. SOL

11a.

Free eBook: The Pregnancy Book 2009

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Sat Nov 19, 2011 1:19 am (PST)



Dear all,
Kalau ada yang butuh bacaan mengenai masalah sekitar pregnancy bisa
download gratis di sini:
The Pregnancy Book 2009 (updated 30 June 2010) (PDF, 11801K)
Your complete guide to:
a healthy pregnancy
labour and giving birth
life with your new baby
http://www.dh.gov.uk/prod_consum_dh/groups/dh_digitalassets/@dh/@en/@ps/@sta/@perf/documents/digitalasset/dh_117166.pdf

Websitenya ada di sini:
Department of Health, UK
http://www.dh.gov.uk/en/Publicationsandstatistics/Publications/PublicationsPolicyAndGuidance/DH_107302

Salam,

11b.

Re: Free eBook: The Pregnancy Book 2009

Posted by: "heidy_jo@yahoo.com" heidy_jo@yahoo.com   heidy_jo

Sat Nov 19, 2011 2:08 am (PST)



Pak Sativa,

Punya ebook 'baby led weaning' gaa? Lg cari versi soft copynya nih.

Thanks before.
Erika
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
12.

KIPI varicella? bintik berair 1 hari setelah vaksin

Posted by: "Christine Widjaya" mommy.timothy@gmail.com   mommy_timothy

Sat Nov 19, 2011 1:22 am (PST)



Dear Docs dan SPs

Jeremy (13 bulan) mendapat vaksin varicella hari Kamis lalu (2 hari lalu)
lalu Jumatnya bercak2 merah nya bertambah banyak, tadinya kami pikir dari
gigitan nyamuk atau dari air (kami baru sebulan di Jakarta dan sejak pindah
ke Jakarta kulitnya yg tadinya mulus jadi ada bercak2 merah di wajah,
tangan dan dada saja).
lalu tadi pagi ada salah satu bercak merah di lengannya yg berair

apakah yg perlu dilakukan? saya baca kalau chicken pox jg termasuk penyakit
yg tidak perlu diberikan obat, let it run its course hanya perlu diberikan
antihistamine bila gatal, atau calamine, atau mandi dng baking soda/
oatmeal...

sepertinya Jeremy tidak terganggu dng bercak2 merahnya itu, tidak
menggaruk, tidak demam dan tidak rewel

Terima kasih sebelumnya

Salam
Christine

[Non-text portions of this message have been removed]

13a.

Re: OMA belum sepenuhnya sembuh sudah pilek lg

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Sat Nov 19, 2011 1:36 am (PST)



Dear Mba Az,

"OMA-nya bisa berulang.
nah, pdahal obat pilek kan biasanya hny dekongestan, apakah perlu sy beri dekongestan dan mucolitik agar pileknya cepat sembuh? atau hal lain apa yg bs saya lakukan agar mereka cepat sembuh"

Monik :
Maaf ya Mba sebelumnya. Sudah khatamkan file common problem, common cold dari moderator? Obat pilek kan tidak ada ya Mbak, self limited disease karena virus.

Mengenai dekongestan..
Dekongestan adalah agen simpatomimetik yang mengurangi hidung tersumbat dengan menyebabkan penyempitan pembuluh darah.
Kalau untuk meringankan hidung tersumbat ya bisa coba saran sps mengenai HT lembabkan udara, baskom air panas/magic jar tetes minyak kayu putih, tidur bantal lebih tinggi.
Efek samping dekongestan banyak ya, silahkan baca2 di sini :

http://milissehat.web.id/?p=1482

Mengenai Mukolitik..
Mukolitik adalah obat yang bekerja dengan mengurangi kekentalan dahak sehingga diharapkan dahak tersebut menjadi lebih mudah dikeluarkan.
Padahal pengencer dahak yg murah aman adalah : Cairan..kalau ada singkatan dari sps obat pengencer dahak APH itu maksudnya Air Putih Hangat :)
Side effect mukolitik silahkan baca2 :

http://milissehat.web.id/?p=1276

Mengenai OMA ..
Bagaimana penegakan diagnosanya, kapan memerlukan terapi medis, silahkan baca2 :

http://milissehat.web.id/?p=89&wpmp_tp=3

Bila ada yg kurang jelas bisa didiskusikan lagi di sini.

HTH



F.B.Monika
14.1.

Re: [OOT] Mendidik Anak Menjadi Tangguh

Posted by: "leny kurnia sari" leny1804@yahoo.com   leny1804

Sat Nov 19, 2011 2:11 am (PST)



Mutia :
"...saya tanyakan gimana ya cara ngasih pengertian keanak 16 bln utk ga meniru misalnya ikutan sholat pake mukena scr dia terus2an liat saya sholat pake mukena n jarang liat cowok shalat, jadi yg ada...*


Me :
Emang Adiknya Ga sekolah Mba? Karena klo bergaul ma temen sebaya juga pasti ngerti kok klo perempuan sholat pake mukena n laki2 pake peci n sarung. Tiap jumat di suruh ke mesjid sholat jumat pasti mengerti kok perbedaan berpakaian untuk sholat.
Soal klo pipis jongkok, anakku farhat justru diajarin oleh ayahnya supaya klo pipis jongkok.

Just cerita aja, aku punya ponakan perempuan, waktu kecil selalu sholat pake sarung n peci, Trus begitu besar Ga jadi kaya laki2 kok, malah berjilbab layaknya perempuan. Pergaulan kan bukan di rumah aja tapi ada sekolah juga...




Love 'n Peace

n!@


Sent from my CuteSexyBerry®
powered by My Aat Love
15.

Hubungan antara Batuk dan Cacingan - helpppp

Posted by: "Nurbaiti Hafmaya" nurbaiti.h.p@gmail.com

Sat Nov 19, 2011 2:28 am (PST)



Dokter yang terhormat dan SPs,

Ada yang bisa membantu penjelasan untuk artikel ini? Sumbernya dari tabloid tentang kesehatan. Kebetulan mertua saya meminta terus anak saya untuk minum obat urus-urus karena merasa mendapatkan sumber dari tabloid kesehatan tersebut, dan anak saya saat ini sedang batuk. Baru 1 hari, saya dan suami tenang2 saja sih hanya batuk pilek. Tapi mertua saya terus mencoba dengan membawa2 artikel tersebut. Menurut beliau sewaktu beliau kecil, setiap 6 bulan sekali selalu diberi obat cacing untuk anak oleh orangtuanya dengan alasan yang sama. Ada jawaban ilmiahnya? Saya tolak baik-baik dan dijelaskan hanya batuk pilek biasa, tapi ibu saya ngotot karena menurut beliau saya tidak bisa bedakan batuk pileknya.

Menurut kami orangtuanya, anak saya tidak cacingan dan saya tidak akan berikan obat urus-urus. Batuk pilek dalam 1 tahun sekitar 3-4 kali dan sembuh sendiri dalam beberapa hari. Lagipula pernyataan di artikel tersebut ada yang sangat tidak masuk akal sbb:

"Jadi kalau anak sering batuk pilek dan diobati antibiotika tidak sembuh juga, waspadalah bisa jadi anak  menderita cacingan"

Mungkin ada sumber untuk kontak tabloidnya? Terima kasih sebelumnya :)

Salam,
Betty

Ini artikelnya:

Cacingan Sebabkan Batuk Tak Sembuh-Sembuh

Sumber : Gaya Hidup Sehat

Infeksi cacing gelang paling banyak terdapat di Indonesia. Infeksi cacing gelang ini dapat menimpa semua umur, namun paling banyak diderita anak balita. Cacing gelang tersebut hidup di rongga usus halus. Cacingan jadi menular ketika telur yang keluar bersama feses berkontak dengan tanah dan tertelan. Telur itu masuk ke lambung, lalu ke usus halus, telur itu akan menetas di usus halus. Larvanya masuk ke pembuluh darah dan jantung dan kembali ke usus sebagai cacing dewasa.

Selama penderita cacingan buang air besar di toiletdengan septink tank, tidak terjadi penularan. Namun feses yang mengalir di got potensial menyebabkan penularan. Terlebih ketika air got digunakan menyiram jalanan. Telur tersebut kemudian terbang hinggap di makanan jajanan anak-anak.

Larva cacing yang sempat hinggap diparu-paru anak bukannya tidak menimbulkan masalah. Larva cacing di paru-paru itu akan menimbulkan pendarahan kecil, anak bisa mengalami batuk, demam dan sakit panas. Jadi kalau anak sering batuk pilek dan diobati antibiotika tidak sembuh juga, waspadalah bisa jadi anak  menderita cacingan.

Cacing di dalam usus anak juga menyebabkan anak menderita anemia dan kurang gizi. Sebab cacing mengisap gizi yang masuk ke perut anak. Hati-hati dengan infeksi berat cacingan. Infeksi berat bisa menyumbat usus dan menyebabkan kelumpuhan. Penderita infeksi berat harus dioperasi agar tidak meninggal dunia.
Recent Activity
Visit Your Group
Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Search Ads

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Yahoo! Health

Achy Joint?

Common arthritis

myths debunked.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: