Saturday, November 19, 2011

[sehat] Digest Number 16539

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: Bagaimana dg Inhalasi jika tdk dg obat? From: Putri
2a.
(Ask) batu ginjal From: Fitri Mahdarina
2b.
Re: (Ask) batu ginjal From: F.B.Monika
2c.
Re: (Ask) batu ginjal From: F.B.Monika
2d.
Re: (Ask) batu ginjal From: bundae_arsya
3.1.
Re: [OOT] Mendidik Anak Menjadi Tangguh From: feby eboy
4.
kotoran telingan bayi umur 6bulan From: Novi Gian Lianawati
5a.
kampanye RUM di FB kadang bikin adu argumen dengan dokter From: kristiyanti -
5b.
Re: kampanye RUM di FB kadang bikin adu argumen dengan dokter From: tristanathan.amadeo@gmail.com
5c.
Re: kampanye RUM di FB kadang bikin adu argumen dengan dokter From: /ghz
5d.
Re: kampanye RUM di FB kadang bikin adu argumen dengan dokter From: Nizma Armila
6.
OMA belum sepenuhnya sembuh sudah pilek lg From: azimah
7a.
Re: [ask]: ibu menyusui sakit gigi... Adoohhhh.... From: Farisda P.M.
8a.
Vaksin campak vs Alergi telur From: vetta_imoet@yahoo.com
8b.
Re: Vaksin campak vs Alergi telur From: Endah
8c.
Re: Vaksin campak vs Alergi telur From: angel.encis@gmail.com
9a.
Re: (Tanya) Catch up utk Imunisasi Hib & PVC From: ucy1402
9b.
Re: (Tanya) Catch up utk Imunisasi Hib & PVC From: Endah
9c.
Re: (Tanya) Catch up utk Imunisasi Hib & PVC From: hanny.prasetyo@gmail.com
9d.
Re: (Tanya) Catch up utk Imunisasi Hib & PVC From: ucy1402
9e.
Re: (Tanya) Catch up utk Imunisasi Hib & PVC From: ucy1402
9f.
Re: (Tanya) Catch up utk Imunisasi Hib & PVC From: F.B.Monika
9g.
Re: (Tanya) Catch up utk Imunisasi Hib & PVC From: ucy1402
10.
Selamat datang member baru milis sehat From: /ghozansehat
11a.
KELAS PERSIAPAN KELAHIRAN & MENYUSUI BANDUNG 3-4 Desember 2011 From: klasibdg

Messages

1a.

Re: Bagaimana dg Inhalasi jika tdk dg obat?

Posted by: "Putri" uut_fight@yahoo.com   uut_fight

Fri Nov 18, 2011 7:22 pm (PST)



Terimakasih pencerahannya Mbak Ira, sehingga membuat saya mengenal beberapa istilah dengan lebih benar.
dan juga terimakasih respon Rulinovich (meskipun kayake bagian balasannya hilang saat pesan terkirim)...

1) Jadi, sebenarnya bissolvon (mukolitikum) itu tidak terbukti efektif mengencerkan dahak,ya? Tapi kalau saya sedang batuk berat, dan saya minum bisolvon, koq cepet kerasa encer dan mudah mengeluarkannya,ya?
Dan kawan yang biasa membawa anaknya nebulisasi kalau pilek, mengatakan biasanya setelah nebulisasi anaknya lebih mudah tidur, ngga sempit jalan napasnya oleh lendir.
Dan setelah diterapi 3kali bisa sembuh (dalam arti sudah tidak ingusan dan berdahak lagi)? beliau mengatakan, selain terapi nebulisasi, punggung dan dada juga dihangatkan dengan alat, diurut dadanya,gitu.

2) Kalau meneteskan cairan NaCL Breathy ke hidung anak bisa membantu melegakan napas/melembabkan selaput tipis di hidung, saya pikir cairan sejenis itu juga yang digunakan untuk nebulisasi. Kalau nebulisasi pakai bronkodilator pun, kan ada pelarut obatnya, ngga cuma obat itu aja yang diuapin,kan?
istilahnya, kita bisa mengencerkan dahak dengan air minum, tapi dengan nebulisasi, uap air itu kita usahakan sampai daerah pernapasan yang tidak terjangkau saat minum, sehingga dahak di daerah itu terlarut dalam uap dan ikut keluar bersama uap.
jadi reaksinya bukan kimiawi (dahak encer karena obat) tapi reaksinya fisikawi (yg kentel karena ditambah pelarut jadi encer dan mudah dialirkan keluar).

Maaf nanya-nya njelimet ya mba Ira.
Penasaraaan banget...
Kalau tanya orang terapi-nya, pasti dong, dibilangnya terapi ini membantu. Makanya tanya ke moms yg punya point of view baru.

Thankyou a lot
Putri

--- In sehat@yahoogroups.com, Ira Indrawati <ira.tgh.indrawati@...> wrote:
>
> Mbak Putri, mau urun rembug boleh ya..
>
> Sebelumnya, yuk, kita kembalikan nebulisasi di posisi yang sebenarnya.
> Yaitu sebagai cara penanganan serangan asma sedang-berat.
>
> Yang paling penting dipahami dalam serangan asma adalah terjadinya 3
> masalah khas di bronkhus, yaitu
> 1.otot polos bronkhus berkontraksi/menegang sehingga tidak elastis lagi
> 2.saluran pelapis bronkhus mengalami peradangan/inflamasi ('membengkak'),
> 3.jaringan mukosa/lendir di dinding bronkhus menghasilkan lendir yg
> berlebihan.
> Kombinasi ketiganya membuat saluran pernapasan semakin sempit dan kaku yg
> membuat penderita kesulitan bernapas, bahkan sampai sesak napas. Inilah
> bedanya gejala/serangan asma dgn batuk biasa.
>
> Penanganan serangan asma perlu dengan cara inhalasi karena yang memerlukan
> obat adalah saluran pernapasan di paru-paru, yaitu bronkus. (inhalasi =
> penghirupan; obatnya dihirup melalui mulut, bukan ditelan). Obat hirupan
> langsung mencapai paru-paru sehingga tepat sasaran. Karena tepat sasaran,
> efek sampingnya lebih kecil daripada obat asma yang harus ditelan.
>
> Obat yang ditelan (obat 'oral') akan ikut beredar melalui sistem peredaran
> darah ke seluruh tubuh sebelum mencapai paru-paru. Ia tidak langsung ke
> sasaran yang dituju. Karena sudah sempat 'jalan-jalan' dulu di dalam tubuh
> melalui sistem peredaran darah, obat asma yang ditelan memberi efek samping
> yg lebih besar ke tubuh kita.
> Untuk mengembalikan kondisi bronkus dalam serangan asma menjadi normal
> kembali, dibutuhkan obat yang disebut bronkodilator. Obat ini
> 'melonggarkan' kembali otot bronkus yang kaku. Salah satu jenis
> bronkodilator adalah salbutamol; salah satu merk sabutamol adalah Ventolin,
> yg tersedia dalam format MDI maupun cairan untuk nebulisasi (baca
> penjelasan di bawah ini).
>
> Serangan asma ringan umumnya cukup ditangani dengan inhalasi obat
> bronkodilator menggunakan inhaler jenis MDI (gambarnya bisa dilihat di
> sini:
> http://www.aboutkidshealth.ca/En/ResourceCentres/Asthma/AsthmaMedicines/Pages/Using-a-Metered-Dose-Inhaler-MDI-with-a-Spacer.aspx).
> MDI ini lebih 'pasif' sifatnya. Penderita perlu melakukan usaha
> normal menarik-mengeluarkan napas untuk mendapatkan hirupan obat yang
> cukup, dan penderita serangan asma ringan masih mampu melakukan usaha itu.
>
> Dalam kasus serangan asma sedang-berat, penderita sudah sedemikian sesak
> napas sehingga usahanya nggak cukup lagi untuk mendapatkan dosis yang
> sesuai melalui MDI. Bayi dan anak kecil kadang-kadang juga belum dapat
> menggunakan MDI dengan benar (walaupun sudah dibantu dengan spacer). Karena
> itu digunakan cara nebulisasi (nebulisasi = inhalasi menggunakan
> nebulizer). Mesin nebulizer lebih 'aktif', ia bisa menghantarkan uap obat
> dalam dosis tetap ke saluran pernapasan tanpa penderita berusaha
> menarik-mengeluarkan napas secara normal. Obatnya bronkodilator cair
> khusus utk nebulizer.
>
> Sekarang, apabila kita menghadapi kasus batuk biasa (yaitu batuk karena
> infeksi virus ISPA/common cold dan terjadi pada anak non-asma),
> pertanyaannya:
> 1. Apakah kita perlu melakukan nebulisasi dengan obat-obatan asma?
> ---Tentu tidak, karena jelas tidak RUM. Pada batuk biasa anak non-asma,
> saluran pernapasannya tidak mengalami ketiga hal tersebut diatas. Jadi
> tidak butuh bronkodilator, tidak butuh nebulisasi.
>
> 2. Apakah nebulisasi tanpa obat-obatan dapat menolong?
> ---Untuk serangan asma ringan saja tidak dibutuhkan nebulisasi. Jadi untuk
> apa nebulisasi dalam kasus batuk biasa, walaupun tanpa obat-obatan?
> Termasuk tidak RUM, karena kriteria RUM adalah juga cost effective.
>
> Berkaitan dengan Bissolvon (obat golongan mukolitikum = 'pengencer dahak')
> vs Ventolin (obat golongan bronkodilator), masalahnya bukan 'less side
> effect' vs 'more side effect'. Masalahnya adalah: perlu atau tidak perlu?
>
> Bronkodilator dalam kasus batuk biasa, tentu nggak perlu.
> Mukolitikum dalam kasus batuk biasa tidak perlu, karena pada dasarnya
> mukolitikum nggak terbukti efektifitasnya untuk mengencerkan dahak. Jadi,
> buat apa juga nebulisasi dengan mukolitikum saja? Atau nebulisasi tanpa
> obat-obatan? (memangnya pakai cairan apa ya, kalau bukan cairan obat?).
>
> Maaf kalo saklek ya mbak... plis jangan ditimpuk, hehe..
>
> Ira
> maaf nggak potek.
>
>
>
>
>
>
> 2011/11/18 <uut_fight@...>
>
> > Dear doc's dan SP's,
> > Salam-ku (2y10m) batuknya sdh 2.5bln datang dan kadang pergi sebentar.
> > HTnya dg fluids dan buah2an,madu dan melembabkan ruangan.
> > Flu berkepanjangan ini cukup menghambat mobilitasku ngajak2 si kecil ke
> > rumah eyangnya di bogor(dr jkt),atau ngajak jln2 or main2 air.dianggap sbg
> > penyebab,gitu...
> > Skrg dengar suara batuk yg penuh dahak dan hidung yg tersumbat,saya jadi
> > ingin mengajaknya inhalasi supaya terbantu mengeluarkan lendir. Kalau
> > request ke terapist spy inhalasi tanpa obat,boleh ngga,ya?
> > Kl dengan obat(spt bisolvon) pun,katanya less side effect dibanding obat
> > minum kan yh?
> > Kalau saya baca dr thread diskusi inhalasi, ventolin misalnya bikin dada
> > berdebar kan...jd ngga baik.
> > Please pencerahannya.
> >
> >
> >
> >
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>

2a.

(Ask) batu ginjal

Posted by: "Fitri Mahdarina" fitri_arsa@yahoo.com   fitri_arsa

Fri Nov 18, 2011 7:40 pm (PST)



Dear sp n docs,

Sesuai judul, sy ingin menanyakan segala sesuatunya mengenai batu ginjal, penyebab-ciri-pengobatan-dll. Mohon sharing n link nya ya :) ..

Saya 3mnggu lalu anyang"an.. Terakhir smp kluar darah dr pipisnya (dan ini bukan pertama kali nya). tes urin lengkap positif bakteri. Bawa hasil ke dokter lalu d minta kultur urin. Lalu di usg tnyata tlihat di dalam ginjalnya malah terlihat ada seperti bayangan (ada sesuatu).. Dokter curiga batu ginjal. Tapi beliau masi terus observasi. Hasil kultur baru selesai siang ini (blum sya ambil). sy pagi ini di rongent.

pdhal anyang"an malah dah ilang sama sekali.. Tapi yah saya mau tuntasin aja seandainya masalahnya lebih dari sekedar bakteri.

Mohon sharingnya ya. Trims in advance

Regads,


F i t r i
Mamanya Arsa

Sent from my ChocoBerry®
2b.

Re: (Ask) batu ginjal

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Fri Nov 18, 2011 7:51 pm (PST)



Dear Mba Fitri,

Beberapa bacaan yg lengkap (symptom, causes,diagnosis,treatment,dll) diantaranya :

http://kidney.niddk.nih.gov/Kudiseases/pubs/stonesadults/

http://www.medicinenet.com/kidney_stone/article.htm

http://www.mayoclinic.com/health/kidney-stones/DS00282

Bisa dipelajari untuk bahan diskusi dengan dr selanjutnya.

HTH
F.B.Monika

2c.

Re: (Ask) batu ginjal

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Fri Nov 18, 2011 7:52 pm (PST)



Dear Mba Fitri,

Beberapa bacaan yg lengkap (symptom, causes,diagnosis,treatment,dll) diantaranya :

http://kidney.niddk.nih.gov/Kudiseases/pubs/stonesadults/

http://www.medicinenet.com/kidney_stone/article.htm

http://www.mayoclinic.com/health/kidney-stones/DS00282

Bisa dipelajari untuk bahan diskusi dengan dr selanjutnya.

HTH
F.B.Monika

2d.

Re: (Ask) batu ginjal

Posted by: "bundae_arsya" myunialutami@yahoo.co.id   bundae_arsya

Fri Nov 18, 2011 8:31 pm (PST)




Dear mbak fitri

mbak yang sama kasusnya spt aku ya?
sudah tes darah juga mbak, untuk mengetahui ginjal terinfeksi apa tidak?
kl aku dah tes darah normal,rontgen dan usg jg normal.
kultur urineku ada E.coli, ntar info y mbak hasil kultur urine-nya,,,

Thanks

Regads,
Yunial

3.1.

Re: [OOT] Mendidik Anak Menjadi Tangguh

Posted by: "feby eboy" fetriplef@gmail.com

Fri Nov 18, 2011 7:45 pm (PST)



Hehehehe....
Jadi inget, beberapa waktu yg lalu sy pernah ditegor sm fathan, soalnya
dalam 24 jam omongan sy berbeda tentang dia.. Waktu malam saya bilang"
fathan itu udah besar masa ke kamar mandi minta ditemenin". Siangnya saya
bilang " jangan nonton, itu bukan buat anak kecil.. Langsung fathan protes
" bunda, aku ini sebenarnya udah gede ato masih kecil sih. Smalem katanya
udah gede sekarang masih kecil.. Gimana sih bunda!!... :-P

[Non-text portions of this message have been removed]

4.

kotoran telingan bayi umur 6bulan

Posted by: "Novi Gian Lianawati" novigian@yahoo.com   novigian

Fri Nov 18, 2011 8:30 pm (PST)



dear smart parents,

kemarin waktu maen2 saya nemuin telinga anak saya bagian kiri ada kotoran banyak banget. trs saya bersihin. setelah itu saya melihat dengan seksama bagian dalem. saya bandingin dengan yang kanan sepertinya bagian yang kiri ini lebih lembap. pagi ini setelah bangun tidur, telinga kirinya ngeluarin kotoran lagi.warnanya coklat kehijauan. kira2 itu termasuk infeksi ato bukan ya? anak saya umurnya 6,5 bulan. baru belajar mpasi. selama ini baru makan pure buah mangga dan jeruk baby. kondisi aktif. tidak demam. parno niy kalo anak saya kena macem2. mohon bantuannya ya. makasih.

[Non-text portions of this message have been removed]

5a.

kampanye RUM di FB kadang bikin adu argumen dengan dokter

Posted by: "kristiyanti -" kristiyanti_ed@yahoo.com   kristiyanti_ed

Fri Nov 18, 2011 8:41 pm (PST)



Assalaamu'alaikum wr wb
bunda wati, bapak e ghozan, SP dimanapun berada...mau mulai dari mana saya bingung untuk cerita?....
berawal dari pertama kali kenal dengan milis ini dari seorang kakak yang bekerja di LG Elektronik, kemudian dia memberikan hadian buku Q n A, dan kemudian saya mempraktekkan teori2 RUM dan semuanya semuanya...hingga saya sudah punya 2 anak, anak pertama umur hampir 4 tahun, anak ke2 umur 1 tahun,...masya Allah...RUM adalah kebenaran, RUM adalah cahaya titik terang tentang kesehatan anak, tak ada tempat lain kita belajar ttg RUM selain di milis ini, karena bunda wati dkk adalah pelopornya...kemudian saya sudah mulai membuktikan 4 tahun merawat anak benar2 tidak pernah minum obat kala sakit (paling paracet saat diatas 38.5) krn anak2 saya hanya infeksi virus biasa dan benar2 merasakan manfaat dan ilmu RUM yg luar biasa...., kemudian saya sering sampaikan perihal RUM ini ke adik, tetangga, majelis taklim, dll...dan juga di FB...tapi pasti selalu ketika pasang status di FB, ada seorang teman yang dia juga dokter selalu mengatakan: Hati2 kena batunya nanti
kata-kata kamu, jangan sombong, jangan menyudutkan satu sisi, dll...sampai akhirnya temen2 FB yang tidak suka RUM mulai juga membuat pernyataan untuk mematahkan RUM, untuk melawan RUM....
sahabat milis, terkadang saya berpikir, ah kampanye RUM bisa membuat saya sesak...bisa membuat pertemanan menjadi renggang...tapi saya coba tahan...,ketika saya menangis dan sedih krn ujian patahan dari mereka, suami saya menguatkan dan teman juga menguatkan...
untuk dokter dan SP disini, mohon saran, informasi, nasehat, dan semuanya...rasanya kalo kita kampanye ASI akan menyudutkan produsen sufor, kalo kita kampanye RUM, akan menyudutkan DSA, lalu bagaimana baiknya kita dalam mensosialisasikan atau mengkampanyekan RUM ini?...
makasih byk udah nanggapi,
kristiyanti, semarang

[Non-text portions of this message have been removed]

5b.

Re: kampanye RUM di FB kadang bikin adu argumen dengan dokter

Posted by: "tristanathan.amadeo@gmail.com" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Fri Nov 18, 2011 9:03 pm (PST)



Mbak krisyanti,
Salut dg semangat mbak buat berbagi. Gak usah putus asa ya mbak.
Kalo saya, tarik ulur aja mbak, gak akan saya terusin kalo nadanya udah tinggi, jd saya pilih sharing aja, tanpa menggurui.

Salah kaprah yg ada udah terlanjur mendarah daging :( RUM kan bukan anti dokter ataupun anti dokter.
Tetep semangat ya mbak.

-ria-

Powered by Telkomsel BlackBerry®
5c.

Re: kampanye RUM di FB kadang bikin adu argumen dengan dokter

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Fri Nov 18, 2011 9:28 pm (PST)



On 11/19/2011 11:41 AM, kristiyanti - wrote:
> sahabat milis, terkadang saya berpikir, ah kampanye RUM bisa membuat saya sesak...
==> hehehehe....
tarik nafas dulu bu'e
duduk santai minum air putih dingin.....
glek...glek....glek...alhamdulilah,

kalau sampeyan sesak...gimana dengan dokter wati...dkk se profesi.....yg
beliau hadapi TS/Teman Sejawat loh
coba bayangpun......dan itu bukan setahun dua tahun...bertahun-tahun
konsisten.
intimidasi mah dah biasa buat beliau.......
kita paling di block accountnya...atau di banned sama moderator....

kalau boleh berpesan:
1. kuasai ilmunya......ini menjadi penting...manakala kita lempar issue
ada pertanggung jawaban dari kita.
betul kita bukan malaikat yg serba tahu.....minimal apa yg kita
lempar sedikit banyak sudah kita kuasai.
2. niatkan dengan tulus ikhlas tanpa pamrih.....
diterima syukur alhamdulillah...tdk diterima kita
doakan...diolok-olok.....bersabar...yg mengolok-olok belum tentu lebih
ngerti dari kita.
3. jangan kapok...teruskan berjuang saudaraku...

salam hangat
bapakeghozan

5d.

Re: kampanye RUM di FB kadang bikin adu argumen dengan dokter

Posted by: "Nizma Armila" nizma.armila@gmail.com   niu_niz

Fri Nov 18, 2011 10:40 pm (PST)



Mba ria,
Maksudnya bukan anti obat dan anti dokter gitu ya mba hehehe

Mba kristiyanti, yuk sama2 belajar dan berjuang, minimal kampanye utk keluarga sendiri dan lingkungan terdekat.

:)

Mummynya AIA, AdamIsyaAlif
http://keluarga-iskandar.blogspot.com
Fb/twttr: @nizmaarmila

6.

OMA belum sepenuhnya sembuh sudah pilek lg

Posted by: "azimah" azi_75@yahoo.com   azi_75

Fri Nov 18, 2011 8:59 pm (PST)



dear SP's

mohon maaf nih minta masukan lagi.sudah browsing2 tp kok ya masih tetap bingung.

kembar saya baru seminggu lepas dr antibiotik (sembuh??) krn menderita OMA tp sudah kena pilek lg. dan kini pileknya (hidung meler) sdh berlangsung seminggu. tanpa demam, tanpa rewel. so far cuma sy kasih breathy utamanya jika keliatan mampet.

saya khawatir kena OMA lg, krn sebaiknya anak yg sdh pernah OMA hingga keluar cairan (gendang telinga bolong) sebaiknya jgn sampe pilek krn OMA-nya bisa berulang.

nah, pdahal obat pilek kan biasanya hny dekongestan, apakah perlu sy beri dekongestan dan mucolitik agar pileknya cepat sembuh? atau hal lain apa yg bs saya lakukan agar mereka cepat sembuh? saya khawatir jika berlarut2 nanti akan kena OMA lg

terimakasih

salam
az

7a.

Re: [ask]: ibu menyusui sakit gigi... Adoohhhh....

Posted by: "Farisda P.M." faris.dr01@yahoo.co.uk   faris.dr01

Fri Nov 18, 2011 9:31 pm (PST)



Setuju dengan Mbak Chitra,
Parasetamol masih aman untuk ibu menyusui. Tidak perlu jeda untuk pemberian ASInya. ASI lanjut terus ya...
Selain itu, dicari tahu kenapa sakit gigi? Penyebab sakit gigi diterapi sesuai dengan penyebabnya. Parasetamol kan cuman analgetik/antinyeri, tidak menyembuhkan. Jadi penyebabnya harus di atasi.
Sakit giginya kenapa ya?

Faris

--- In sehat@yahoogroups.com, chitra.tifanny@... wrote:
>
> Hi mba lucy,
> Sama nih aku jg lagi menyusui Alya 2bln. Boleh koq mba minum parasetamol, beli aja yg generiknya di apotik mba.
> Utk jarak antara minum obat dgn menyusui atau meras langsung ga ada koq, cmiiw ya sps.
> Jd stlh minum obat bs langsung menyusui.
> Saya kebetulan jg kena influenza dan krn ga bs nahan pusingnya akhirnya minum parasetamol deh.
>
> Semoga cpt sembuh ya mba.
>
> Salam,
> Chitra
> Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
>

8a.

Vaksin campak vs Alergi telur

Posted by: "vetta_imoet@yahoo.com" vetta_imoet@yahoo.com   vetta_imoet

Fri Nov 18, 2011 9:33 pm (PST)



Dear Bunda Wati..

Hari ini, dgn semangat saya membawa anak kedua sy (9bln) ke RS untuk mendapat imunisasi campak, namun kecewa sekali sesampainya disana, vaksin campak untuk anak sy ditunda, dgn alasan anak sy blum pernah dikasih telur ayam, jd tdk tahu apakah ada alergi atau tidak. Memang u makanannya sy blum pernah kasih makan telur. Dan baru tahu kalo ada hubungannya alergi telur dgn vaksin campak. Waktu anak pertama lsg suntik2 aja deh, ga ada membahas msl alergi2 telur sgala.

Apakah memang demikian bunda, untuk vaksin campak ini, ada ketentuan khusus dgn msl alergi telur?
Kalau ternyata anak saya tdk ada alergi telur, maka tdk apa2 untuk vaksin? Tapi kalau ternyata anak saya ada alergi telur? Apakah yg selanjutnya dilakukan? Apakah Vaksin campak tdk dapat diberikan?

Semoga saya mendapat pencerahan dan masukan atas msl ini,, untuk yg mau share silahkan.
Terima kasih..
Vetta
Powered by Telkomsel BlackBerry®
8b.

Re: Vaksin campak vs Alergi telur

Posted by: "Endah" endahgunawan@ymail.com

Fri Nov 18, 2011 9:56 pm (PST)



Haduh, kok begitu?
Pindah ke bidan atau puskesmas aja Bu, minta vaksin campak di sana, mereka gak akan tanya udah dikasi telur atau tidak.

Endah
*surprised*

8c.

Re: Vaksin campak vs Alergi telur

Posted by: "angel.encis@gmail.com" angel.encis@gmail.com   indahlife

Fri Nov 18, 2011 10:04 pm (PST)



Seperti kata dokter endah mending pindah aja dah.ga ada hubungan antara campak dan alergi telur.

Angel
Emaknya encis n twinnies inside

9a.

Re: (Tanya) Catch up utk Imunisasi Hib & PVC

Posted by: "ucy1402" ucy1402@yahoo.com   ucy1402

Fri Nov 18, 2011 10:03 pm (PST)



Mbak Nia & Mbak Endah,

Terimakasih utk infonya y..
Hari ini si Dede jdi vaksin Hib1, dan saya memutuskan jg utk memberikan PVC (bisa pesan dgn harga yg lbih murah tyta dgn kandungan strain yg sama) tpi utk PVC baru djadwalkan 2minggu lagi bareng sama HepB, krn mnurut DSA nya, satu kaki kmrn sdh suntik DPT, dan hri ini utk suntik Hib, 'n sptinya DSA jg kliatan ragu utk ksih PVC saat itu, walau dia blg sbnrnya gpp, so saya manut saja. Semalam mo print jadwal CDC nya tpi keabisan tinta, jdi saya gak bisa diskusi jadwal berdasar CDC tsb. Menurut DSAnya, intervalnya ttp 2bln, walau sdh terlambat, tpi gpp slama dosisnya ttp 4x. Jdi Hib2 baru nanti di bln Jan. Nah, saya jdi bingung niy, apakah sama saja interval 2bln dgn 4minggu pengaruhnya?

Mohon infonya y.

Terimakasih.

Regards,
Ucy

9b.

Re: (Tanya) Catch up utk Imunisasi Hib & PVC

Posted by: "Endah" endahgunawan@ymail.com

Fri Nov 18, 2011 10:12 pm (PST)



Catch up utk Hib itu minimal 4 minggu. Boleh gak, saya usul:
1. Bulan depan (4 minggu mendatang): Hib 2 + PCV 1 (ngapain sih bolak-balik 2 minggu lagi?). Kalau mau pake 8 minggu silakaaan, bisa langsung aja di 6 bulan, DPT 3, Polio 3, Hib 1, PCV 1, Hep B 3. Mengenai paha, kan bisa paha atas-bawah, lengan, kanan dan kiri. Tuh, bisa banyak kan setiap kali kunjungan?
2. Hep B 3 nanti saja usia 6 bulan, krn jarak ideal adalah 6 bulan dari Hep B 1.

Mbak, dibaca yg teliti jadwal CDC dan jadwal catch up. Karena kalau tidak menguasai, ntar dokternya bilang apa, mbak nurut lagi, jadi beda dari tujuan semula.

Maaf jk tdk berkenan,

Endah

9c.

Re: (Tanya) Catch up utk Imunisasi Hib & PVC

Posted by: "hanny.prasetyo@gmail.com" hanny.prasetyo@gmail.com   nyai_loh

Fri Nov 18, 2011 10:18 pm (PST)



Mbak Ucy,



Nambahin dokter Endah soal bolbal ke RS. Minimalisir mbak kunjungan ke RS yak atau klinik atau apapun deh. Inget bahaya nya infeksi nosokomial mbak. Kalo bs simultan, simultan ajah mbak.. :)


Happy imunisasi..



Cheers,


Hanny Prasetyo
Sent from my cuteBerry®
9d.

Re: (Tanya) Catch up utk Imunisasi Hib & PVC

Posted by: "ucy1402" ucy1402@yahoo.com   ucy1402

Fri Nov 18, 2011 10:39 pm (PST)



Mbak Endah,

Terimakasih, nanti saya akan teliti lgi jadwal CDC nya. Maklum mbak, saya masih tahap belajar :D
PVC djadwalkan 2minggu lgi krn vaksinnya harus pesan dlu.
Saya awalnya ok saja krn pikir hrs kejar PVC sdh telat, ternyata tdk masalah klo diberikan PVC1 di usia 6bln sekaligus.
Jarak idel 6bln dr HepB1 berarti di bln Feb saat usia 7bln donk y? krn Hep B1 di bln Agt.

Terimakasih.

Regards,
Ucy

9e.

Re: (Tanya) Catch up utk Imunisasi Hib & PVC

Posted by: "ucy1402" ucy1402@yahoo.com   ucy1402

Fri Nov 18, 2011 10:49 pm (PST)



Oops Dr. Endah y, gak ngeh :) maafkan bu Dokter.

Iya Mbak Hanny, ini saya lgi pelajari jadwal CDC nya lgi. DSA nya sih jg tdi agak2 bingung, mau gabung PVC dgn Hib apa tdk, smbl buka vaksinnya, baca2 boleh apa engganya, jdi sptinya sama2 gatau :D Harusnya lbih bisa diajak diskusi, cman mang tdi saya krg nguasain materi aja jdi ikut bingung2 d :D

Terimakasih.

Regards,
Ucy

9f.

Re: (Tanya) Catch up utk Imunisasi Hib & PVC

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Fri Nov 18, 2011 10:49 pm (PST)



Dear Mba Ucy,

Mba Endah si biasa kita panggil dr Endah hehe..
Maaf mau koreksi sedikit, bukan PVC (ini jenis paralon ya kalo g salah hehe) tapi PCV : Pneumococcal Conjugate Vaccine, untuk IPD : Invasive Pneumococcal Disease.

Met simultan :)

F.B.Monika

9g.

Re: (Tanya) Catch up utk Imunisasi Hib & PVC

Posted by: "ucy1402" ucy1402@yahoo.com   ucy1402

Fri Nov 18, 2011 11:02 pm (PST)



Mbak Monika,

Saya tulis PVC soalnya ngikutin di buku anak spti itu..tyta salah yak? hehhehe... Terimakasih utk koreksinya.

Terimakasih.

Regards,
Ucy

10.

Selamat datang member baru milis sehat

Posted by: "/ghozansehat" ghozansehat@yahoo.com.sg   ghozansehat

Fri Nov 18, 2011 10:11 pm (PST)



dear sp's

hari ini kami menyetujui puluhan member baru.
tercatat sampai detik ini ada 12322 member milis sehat
dan ada 1483 calon member yang masuk daftar tunggu.

mohon kiranya kalau ada temen atau saudara yang merasa sudah join kok
belum disetujui bisa bertanya ke kami (sehat-owner@yahoogroups.com)
sebagian besar belum mengisi kuesioner.

selamat datang kami ucapkan untuk member yang baru bergabung
jangan sungkan untuk bertanya, sharing atau menjawab pertanyaan.
kita semua sedang dalam proses belajar.

setiap hari ada ratusan email yang masuk.
pesan kami silakan mengatur inboxnya dengan sebaik-baiknya
bila perlu membuat folder khusus.
mungkin saja postingan dari milis belum bermanfaat buat diri kita,
namun siapa tahu bermanfaat buat kita kelak dikemudian hari, atau
bermanfaat untuk teman atau saudara kita.

selamat berdikusi....
dan jadikan anda menjadi bagian dari perubahan itu.

salam sehat
sehat-owner@yahoogroups.com

Moderator Milis Sehat
dr. Purnamawati S Pujiarto SpA (K), MMPed.
Romzy Alkatiri
Gendi Jatikusumah
Vida Surataruna
Luluk Lely Soraya Ichwan
Samsul Abidin
M. Hafiizh
Bapake Ghozan
Alifah Davida

11a.

KELAS PERSIAPAN KELAHIRAN & MENYUSUI BANDUNG 3-4 Desember 2011

Posted by: "klasibdg" klasibdg@yahoo.com   klasibdg

Fri Nov 18, 2011 11:03 pm (PST)



Dear Smart Parents,

Sadarkah kita bahwa ASI, TataLaksana Kehamilan & Kelahiran dan juga Penangananan Bayi Baru Lahir ternyata sangat berkaitan? Alangkah baiknya jika kesadaran itu kita munculkan sekarang, sebelum tugas sebagai orangtua kita jalani.

Yuk, maksimalkan setiap usaha dalam memberikan yang terbaik dan juga benar sesuai tata laksana kepada buah hati kita.

Klub Peduli ASI YOP hadir untuk memfasilitasi orangtua menjalani salah satu perannya dengan menyediakan informasi seputar persiapan kelahiran dan menyusui serta media support group orangtua peduli ASI.

KELAS PERSIAPAN KELAHIRAN & MENYUSUI BANDUNG

Pelaksanaan :Hari : Sabtu , 3 Des  dan Minggu, 4 Des 2011
Waktu : Pukul 09:00 â€" 13:30 WIB
Tempat : ‎​Restoran Bebek Garang.
Jl.Riau 114 Bandung.
Tel : (022) ‎​‎​4204336

Materi di dalam Kelas Persiapan Kelahiran & Menyusui ini adalah semua hal yang penting diketahui setiap orangtua/calon orangtua, atau siapapun yang berhubungan erat dengan pengasuhan anak. 

Kelas ini dibagi menjadi 2 Sesi.
Sesi I: ASI dan Seputar Kehamilan (3 Des 2011)
- Inisiasi Menyusu Dini (IMD)
- Keuntungan ASI
- Posisi Menyusui (latch-on)
- Prinsip dasar
- Persiapan menjelang kelahiran
- Hamil ≠ sakit, suplemen, makanan, mitos-mitos
- Indikasi caesar
- Perawatanbayi baru lahir
- Kegawatdaruratan pada kehamilan 

Sesi II: Masalah-masalah Menyusui dan Pasca Kehamilan (4 Des 2011)
- Memerah ASI
- ASI Perah dan Penyimpanannya
- Mastitis, Inverted Nipple , Cracked Nipple
- Nursing Strike
- Self Weaning
- Hal-hal penting dalam check-up bayi sampai dengan 6 bulan.
- Kecukupan ASI dari segi nutrisi, terutama ASI perah
- Mengenali dan mencegah gagal tumbuh pada neonatus
- Jaundice
- Cara memantau pertumbuhan dengan kurva pertumbuhan
- Cara memantau perkembangan dan milestones
- Prinsip Rational Use of Medicines (RUM) 

Materi akan disampaikan oleh dokter dan TIM KLASI YOP disertai dengan praktek, pemutaran video dan diskusi grup.

Melalui kelas ASI ini diharapkan peserta akan memperoleh pengetahuan yang komprehensif mengenai persiapan kelahiran dan menyusui sekaligus mendapatkan kelompok support yang bisa saling mendukung dan berbagi.

Biaya Rp 130.000,- per orang, atau Rp. 230.000 untuk pasangan. Biaya ini sudah termasuk handout materi, CDmateri, snack dan makan siang. Bagi yang berminat menjadi peserta, silakan mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran di bawah ini kirim ke :
klasibdg (at) yahoo.com
dengan Subject: “Kelas Persiapan Kelahiran & Menyusui”.

Untuk informasi lebih lanjut dapat hubungi : Monika . Tlp : 081320678893

http://klasibandung.com/kelas-persiapan-kelahiran-menyusui-bandung-3-4-desember-2011

Tempat Terbatas!
Salam SEHAT, Tim KLASI YOP (Bandung) Proudly Supports Breastfeeding

FORMULIR PENDAFTARAN KELAS PERSIAPAN KELAHIRAN &MENYUSUI 3-4 Desember 2011

Nama Lengkap 1 :_____ (diisi oleh peserta perorangan)

Nama Lengkap 2 :_____ (diisi apabila mengajak pasangan)

Alamat :_____

Telepon/HP :_____

Email aktif :_____ (untuk mengingatkan peserta)

Jumlah anak:_____

Usia anak:_____ bulan/tahun

Due Date (tanggal perkiraan kelahiran): ____ (jika sedang hamil)

Ibu bekerja di luar rumah:_____ (ya/tidak)

Apakah sudah pernah mengetahui ilmu tentang laktasi / menyusui?_____ (ya/tidak)

Jika ya, dari mana sumbernya?_____ (buku/milis/tenaga kesehatan/lainnya …)

Apakah sudah pernah menyusui?_____ (ya/tidak)

Jika ya, apakah berhasil melakukan ASI eksklusif?_____

Permasalahan yang sedang atau pernah dihadapi dalam proses menyusui:_____

Apa yang diharapkan dari kelas Persiapan Kelahiran dan Menyusui yang akan

diikuti?_____

Salam SEHAT,

Tim KLASI YOP (Bandung) Proudly Supports Breastfeeding

klasibdg (at) yahoo.com

http://klasibandung.com/kelas-persiapan-kelahiran-menyusui-bandung-3-4-desember-2011

Powered by Telkomsel BlackBerry®
Recent Activity
Visit Your Group
Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Yahoo! Health

Memory Loss

Are you at risk

for Alzheimers?

Biz Resources

Y! Small Business

Articles, tools,

forms, and more.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: