Friday, November 18, 2011

[sehat] Digest Number 16528

Messages In This Digest (25 Messages)

1.1.
Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga From: anggita cinantya
1.2.
Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga From: Rika Eswandari
1.3.
Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga From: aina
1.4.
Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga From: tristanathan.amadeo@gmail.com
1.5.
Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga From: Rika Eswandari
1.6.
Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga From: umialiyah_dzatil@yahoo.co.id
1.7.
Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga From: aina
1.8.
Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga From: umialiyah_dzatil@yahoo.co.id
1.9.
Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga From: umialiyah_dzatil@yahoo.co.id
1.10.
Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga From: umialiyah_dzatil@yahoo.co.id
1.11.
Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga From: -imelda
2a.
Re: R/ AB Setelah pasang KB From: asamisunt@gmail.com
3.1.
Re: curhat MPASI From: majid.zikra@gmail.com
4a.
Re: Sakit Tenggorokan - panas 39C sudah lebih dr 48jam. From: florentz11
5.
(no subject) From: intan sari bulan
6a.
Re: Imunisasi Tetanus Toksoid utk kls 2 SD From: Anggi
7.1.
Re: Selamat buat mba chichi ernest From: ChiciErnest
7.2.
Re: Selamat buat mba chichi ernest From: asriani_hari@yahoo.com
7.3.
Re: Selamat buat mba chichi ernest From: Lydia Amrina
8a.
KELAS PERSIAPAN KELAHIRAN & MENYUSUI BANDUNG 3-4 Desember 2011 From: klasibdg
9a.
Re: Butuh penguatan:ofloxacin otic untuk otitis From: luluk alwiyah
10a.
PESAT 6 Jawa Timur Coming Soon! :) From: pesatsby@gmail.com
11a.
Re: Obat Batuk dan AB From: farida
12a.
Bls: [sehat] Sop lobak dan flu was  Berkah ... From: Ita Sulistiyana
13a.
Re: [TANYA] : Mulai MPASI From: Yeptirani Syari

Messages

1.1.

Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga

Posted by: "anggita cinantya" anggi_1984@yahoo.com   anggi_1984

Thu Nov 17, 2011 7:36 am (PST)



Wah abis baca share dari SPs ternyata udh ada beberapa sekolah yg tidak menerapkan tes masuk di SD dan mulai mengajarkan calistung baru di SD. Alhamdulillah semoga makin banyak. Kadang saya ngeliat hal ini seperti belajar tentang RUM, krn mayoritas masyarakat dan dokter masih IRUM. Tapi SPs dan docs disini berjuang untuk RUM. Semoga hal ini berlaku juga di dunia pendidikan. Semakin banyak SPs yg menolak calistung waktu TK bisa mendorong praktisi pendidikan yg "keliru" untuk segera membenahi diri. Saya sering becanda ke ibu saya biar bikin sekolah yg "bener" jelas kurikulumnya, sesuai dan tepat dengan kebutuhan anak di usianya. Sayang belum ada modal hahaha. Ibu saya juga sering diremehkan praktisi pendidikan yg ngotot calistung dari TK ato PG ataupun sekolah yg ngaku RSBI dengan berbagai macam alasan. Padahal ini baru calistung, belum tentang kurikulum, cara belajar dan mengajar, suasana belajar dan mengajar yg mendukung, dll. 

Mirisnya juga profesi guru sering diremehkan dan seringnya (tidak semua) orang2 yg menjadi guru ato kuliah untuk menjadi guru dari kalangan yg kurang (kurang mampu ato kurang secara intelegensi)

[Non-text portions of this message have been removed]

1.2.

Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga

Posted by: "Rika Eswandari" rika.eswandari@gmail.com   rikaeswandari

Thu Nov 17, 2011 12:32 pm (PST)



Saya setuju dengan metode tanpa test masuk SD seperti SD Negeri di Jogja (yg menerapkan batasan umur dg akta kelahiran). Namun yg jadi kendala adalah pelajaran kelas 1 SD sekarang ini sudah langsung buku pelajaran yg tebal2 dan pelajaran banyak. Masih bingung sampai saat ini yg buat kurikulum itu kok gak mikir tingkat stress anak2 sekolah... Hiks...

Anak kedua saya,Abror (6th) -laki-laki, saat ini kelas TK B di deket rumah yg tidak menuntut anak2nya segera bisa calistung. Kadang sy yg senewen sendiri,udah mau SD kok belum lancar baca. Beda bgt sama kakaknya,Arvi - perempuan (9th) kelas 3 SD - yg sudah lancar calistung di TK B. Tp sy gak mau membanding2kan,emang dasarnya anaknya masih seneng main,main bola,petak umpet,lari kesana kemari. Mudah2an menjelang masuk SD nanti di usianya yg 6,9th akan semakin matang dan bisa lancar calistungnya.

Kebingungan sy yg lain adalah pemilihan sekolah SD buat adiknya. Apakah akan satu sekolah dg kakaknya tidak. Karena sy agak kuatir dg tingkat kemandirian si adik apabila satu sekolah dg kakaknya. Pasti akan ada intervensi kakak utk "ngaruhke" atau memperhatikan lebih adiknya. Sy ada pemikiran utk tidak menyatukan dg kakaknya agar bisa melatih kemandirian si adik. Kebetulan ada SD deket rumah jg atau yg sejalan dg sekolah si kakak. Bagaimana menurut Sps sekalian? Mgk mb.Oke bisa kasih saran?
Maaf kalo numpang thread ini dan kepanjangan...

Terima kasih sebelumnya.




Warm Regards,
:: Rika ::
1.3.

Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Thu Nov 17, 2011 1:54 pm (PST)



Mba rika,
Sy 1 skola sm ade dr tk sd smp. Sy beda 1y dg adik. Ga mslh tuh mba, idup nya msg2 kl dskola....ktmu dwkt istirahat aja jrg bgt.

Hope its help

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

1.4.

Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga

Posted by: "tristanathan.amadeo@gmail.com" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Thu Nov 17, 2011 2:13 pm (PST)



Bukan mbak Oke nih, gpp ya mb Rika :)
Menurut saya, gak ada hub sama sekali antara kemandirian sama sekolah yg sama atau beda dg kakak. Tidur sekamar atau tidur pisah kamarpun gak ada hub dg kemandirian kok :)

Kalo abror udah lulus 3 kriteria siap sekolah yg mb Oke sebutkan itu, dia pasti bisa mbak sekolah dimana aja, ada Arvi ataupun gak. Btw, soal ngaruhke ini memang abror yg minta atau arvi yg mau melakukan ini?

-ria-


Powered by Telkomsel BlackBerry®
1.5.

Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga

Posted by: "Rika Eswandari" rika.eswandari@gmail.com   rikaeswandari

Thu Nov 17, 2011 2:29 pm (PST)



Makasih responnya mb.Aina dan mb.Ria...

Sebenernya yg "ngaruhke" itu si kakak - sebagai wujud perhatian ke adek. Karena dulu waktu Arvi TK B dan Abror PG satu sekolah, Arvi suka banget ngajak temen2nya nyambangi ke kelas adiknya. Kadang malah diajak main bareng temen2 Arvi - dan malah gak main sama temen sekelasnya. Itu yg jadi dasar pemikiran sy utk misahin sekolahnya karena sepertinya kok adiknya malah jadi "ngekor" kakaknya.

Warm Regards,
:: Rika ::

1.6.

Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga

Posted by: "umialiyah_dzatil@yahoo.co.id" umialiyah_dzatil@yahoo.co.id   umialiyah_dzatil

Thu Nov 17, 2011 2:34 pm (PST)



Kebingungan sy yg lain adalah pemilihan sekolah SD buat adiknya. Apakah akan satu sekolah dg kakaknya tidak. Karena sy agak kuatir dg tingkat kemandirian si adik apabila satu sekolah dg kakaknya. Pasti akan ada intervensi kakak utk "ngaruhke" atau memperhatikan lebih adiknya. Sy ada pemikiran utk tidak menyatukan dg kakaknya agar bisa melatih kemandirian si adik. Kebetulan ada SD deket rumah jg atau yg sejalan dg sekolah si kakak. Bagaimana menurut Sps sekalian? Mgk mb.Oke bisa kasih saran?

=> aku sd-smp satu sekolah sama kaka tetep bisa mandiri kooo, soale walopun kita pulang&pegi bareng2 tapi kalo kaka lagi gabung sama temen2nya aku males ngedeketin atopun kakaku juga nganggap aku & temen2 anak2 kecil jadi ga level main sama kami hahahaa.


Atun
no puyer please

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
1.7.

Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Thu Nov 17, 2011 2:34 pm (PST)



You know the best mba rika ;)

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

1.8.

Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga

Posted by: "umialiyah_dzatil@yahoo.co.id" umialiyah_dzatil@yahoo.co.id   umialiyah_dzatil

Thu Nov 17, 2011 2:40 pm (PST)



Semoga ada perbaikan system pendidikan dinegara kita ini dlm wkt dekat ini.


=> Aaaaaammmmmmmiiiiiinnnnnnnn


Atun
no puyer please

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
1.9.

Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga

Posted by: "umialiyah_dzatil@yahoo.co.id" umialiyah_dzatil@yahoo.co.id   umialiyah_dzatil

Thu Nov 17, 2011 2:55 pm (PST)



Temen saya malah cerita, ada sd yg smester pertama, tes-nya msh lisan :)


=> di SD pilihan aliyah kalo tes gurunya masi bacain soal anak2 tinggal silang pilihan gambar yang ada.


Atun
no puyer please

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
1.10.

Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga

Posted by: "umialiyah_dzatil@yahoo.co.id" umialiyah_dzatil@yahoo.co.id   umialiyah_dzatil

Thu Nov 17, 2011 3:20 pm (PST)



Masih adakah sd yg mau menerima murid tanpa tes calistung?
Mau pg aja pake test2an segala

=> aliyah masuk PG observasi wawancara sama guru plus diajak main, untuk SD-nya *belom melaksanakan sich, baru hasil nanya2 ortu2 yang uda masukin anaknya ke situ* tes wawancara & menjodohkan gambar *sikat gigi & pasta giginya, supir & mobil*... Jadi ga ada calistung.


Atun
no puyer please

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
1.11.

Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga

Posted by: "-imelda" imelda.santos@gmail.com   imeldamarliana

Thu Nov 17, 2011 3:22 pm (PST)



Masih adakah sd yg mau menerima murid tanpa tes calistung?
Mau pg aja pake test2an segala

=> PG mana tuh? Anak saya masuk PG cuma dilihat akta lahir aja. Supaya tau umurnya ga kelewat kecil...

-imelda
Sent from my smartphone supported by my lovely hubby

2a.

Re: R/ AB Setelah pasang KB

Posted by: "asamisunt@gmail.com" asamisunt@gmail.com   floreanwl

Thu Nov 17, 2011 8:57 am (PST)



Wah ternyata begitu ya..dulu saya pas pasang spiral dkasi anti sakit dan ab yg katanya aman untuk busui .. *baru tau ternyata g kaya gt.. Hiks..
Btw mba aina boleh japri ya dsognya?

Thanks
Salam
Santy
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
3.1.

Re: curhat MPASI

Posted by: "majid.zikra@gmail.com" majid.zikra@gmail.com   deedee_ntu

Thu Nov 17, 2011 10:55 am (PST)



Dear mba Shinta,

Mau ikutan sharing ya..anakku (8bln3mg) malah kebalikan nih..sampe skrg pisang masih jg ga mau (kbnykn berujung dgn muntah, apa krn teksturnya lengket ya?)
Semakin kesini ku cobain apel (tdnya ga mau), pir, mangga, anggur dah mulai mau secuil2 *dah bersyukur bgt kl dia mau makan anggur<1/2buah, apel secuil ukuran 1/3 sdt:D*. Makannya pas 2bln awal jg bnykn dilepeh/tutup mulut/dimuntahin huhuhu. Tetep semangat terus ya mba *ngingetin diri sndr jg* insyaAllah lama2 jd biasa & mau makannya:)

Mengenai jenis sayur & buah bisa liat di wholesomebabyfood, disitu lengkap deh jenis sayur & buah, gambar, apa aja kandungannya & gmn cara ngolahnya. Kalo sayur mgkn bs nyoba butternut squash, beet, zuchini. Trus buahnya mgkn bs coba pear, melon, peach/nectar?
Dl pas anak pertama sy krg browsing2 nih, jd MPASI sayur muter2 di wortel/brokoli/buncis doank, pdhl bnyk sayur lokal yg bs diolah tp sayanya ga kenal heheh. Nah skrg lg berjuang MPASI anak ke3, browsing2 di wholesomebabyfood baru ngeh ternyata bnyk sayur+buah lokal sini yg bisa diolah tp ga awam dilidah ortunya:D.
Selamat bereksplore ya mba:)


-dianti-


Sent from my BlackBerry® smartphone provided by mobily
4a.

Re: Sakit Tenggorokan - panas 39C sudah lebih dr 48jam.

Posted by: "florentz11" budiflorence@yahoo.com   florentz11

Thu Nov 17, 2011 11:37 am (PST)



Thanks mba Alifah,

Iya, sebenernya cukup yakin cuma batuk. Saya sudah lihat tenggorokannya, menurut penglihatan saya sih normal semua, tidak ada merah, bengkak atau bercak2 apa. Cuma kenapa ya panas manteng di 39C lebih, bikin anaknya lemes n teler terus, minum parcetnya ga mempan.

Barusan batuknya udah mulai bisa buang dahak, dan muntah sekaligus keluar banyak lendir.

Besok ke dsa deh buat tegakkan diagnosa kalo panas masi blom bisa turun. Mudah2an ga dioleh2in aneh2..

HTnya cuma minum banyak, mandi air hangat sama parcet kl uda 39C lewat n anaknya teler.

Terima kasih
Florence
>

5.

(no subject)

Posted by: "intan sari bulan" intan26@yahoo.com   intan26

Thu Nov 17, 2011 12:19 pm (PST)

6a.

Re: Imunisasi Tetanus Toksoid utk kls 2 SD

Posted by: "Anggi" anggi.sehat@gmail.com   anggi_ade

Thu Nov 17, 2011 3:37 pm (PST)



Makasih bu dokter,
Iya, kakak pingin disuntik.
Mungkin kebayang suntik di markas yang menurut dia enak dan gak sakit.
Kalau tetap ikutan bias ini bermasalah gak dok?
Apakah kelebihan vaksin TT berdampak buruk?
Thanks,

Anggi

-----Original Message-----
From: dr.windhi@gmail.com
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Thu, 17 Nov 2011 13:18:54
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Imunisasi Tetanus Toksoid utk kls 2 SD

Malam,

Hahaha, kakak kepingin disuntik? :)

Anjurannya demikian:
Kalau mengikuti jadual idai, sampai 5 tahun dapat DPT 5 kali kan? Dianjurkan ikut bias usia 12 tahun dT.

Kalau ikut jadual pemerintah, usia 5 tahun baru dapat 3x DPT, jd diulang usia 5 tahun, dan 12 tahun seperti yg diatas.

Nah, si kakak sudah dapat 5 kali kan? Diperkirakan protektif sampai usia 12 tahun. Jd bias kali ini belum perlu.

Windhi
Powered by Telkomsel BlackBerry®

------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links

7.1.

Re: Selamat buat mba chichi ernest

Posted by: "ChiciErnest" chici.ernest@gmail.com

Thu Nov 17, 2011 4:18 pm (PST)



To All:

Terima kasih atas dukungan dan doa selama masa kehamilan hingga kelahiran..

Maaf yaa... Baru bales skr. Agak heboh pasca melahirkannya. Nanti di share deh cerita lengkapnya :)

Pak'e, anak kedua pak. Lahir normal spontan 16nov'2011 jam 16.50, BB/TB: 3kg/46cm.
Alhamdulillah sudah mendapat haknya: IMD, Rooming In, imun HepB. Pas plg nanti (skr msh di rs) BCG & Polio.

Doa'kan ASI lancar yaa... :)

terima kasih sekali lagi...

Regards,
@chiciernest

7.2.

Re: Selamat buat mba chichi ernest

Posted by: "asriani_hari@yahoo.com" asriani_hari@yahoo.com   asriani_hari

Thu Nov 17, 2011 4:34 pm (PST)




Selamat tuk Mba Chici. Semoga menjadi anak yg berguna n menambah kebahagiaan kel. Ditunggu ceritanya ya Mba.

Ani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
7.3.

Re: Selamat buat mba chichi ernest

Posted by: "Lydia Amrina" l_amrina@yahoo.com   l_amrina

Thu Nov 17, 2011 5:57 pm (PST)



senengnya mbak bisa dapat memenuhi semua haknya..
ditunggu sharingnya yach..

Selamat ya mbak.. (menjelang lahiran masih ol di twitter lagi ya mbak..wuiiih..salut deh..)

Salam
Lydia

[Non-text portions of this message have been removed]

8a.

KELAS PERSIAPAN KELAHIRAN & MENYUSUI BANDUNG 3-4 Desember 2011

Posted by: "klasibdg" klasibdg@yahoo.com   klasibdg

Thu Nov 17, 2011 4:19 pm (PST)



Dear Smart Parents,

Dengan ini kami dari Tim KLASI YOP Bandung memberitahukan bahwa Notification ini akan muncul beberapa kali sehari. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan.
Terimakasih

-Tim KLASI YOP Bandung

******

Dear Smart Parents,

Sadarkah kita bahwa ASI, TataLaksana Kehamilan & Kelahiran dan juga Penangananan Bayi Baru Lahir ternyata sangat berkaitan? Alangkah baiknya jika kesadaran itu kita munculkan sekarang, sebelum tugas sebagai orangtua kita jalani.

Yuk, maksimalkan setiap usaha dalam memberikan yang terbaik dan juga benar sesuai tata laksana kepada buah hati kita.

Klub Peduli ASI YOP hadir untuk memfasilitasi orangtua menjalani salah satu perannya dengan menyediakan informasi seputar persiapan kelahiran dan menyusui serta media support group orangtua peduli ASI.

KELAS PERSIAPAN KELAHIRAN & MENYUSUI BANDUNG

Pelaksanaan :Hari : Sabtu , 3 Des  dan Minggu, 4 Des 2011
Waktu : Pukul 09:00 â€" 13:30 WIB
Tempat : ‎​Restoran Bebek Garang.
Jl.Riau 114 Bandung.
Tel : (022) ‎​‎​4204336

Materi di dalam Kelas Persiapan Kelahiran & Menyusui ini adalah semua hal yang penting diketahui setiap orangtua/calon orangtua, atau siapapun yang berhubungan erat dengan pengasuhan anak. 

Kelas ini dibagi menjadi 2 Sesi.
Sesi I: ASI dan Seputar Kehamilan (3 Des 2011)
- Inisiasi Menyusu Dini (IMD)
- Keuntungan ASI
- Posisi Menyusui (latch-on)
- Prinsip dasar
- Persiapan menjelang kelahiran
- Hamil ≠ sakit, suplemen, makanan, mitos-mitos
- Indikasi caesar
- Perawatanbayi baru lahir
- Kegawatdaruratan pada kehamilan 

Sesi II: Masalah-masalah Menyusui dan Pasca Kehamilan (4 Des 2011)
- Memerah ASI
- ASI Perah dan Penyimpanannya
- Mastitis, Inverted Nipple , Cracked Nipple
- Nursing Strike
- Self Weaning
- Hal-hal penting dalam check-up bayi sampai dengan 6 bulan.
- Kecukupan ASI dari segi nutrisi, terutama ASI perah
- Mengenali dan mencegah gagal tumbuh pada neonatus
- Jaundice
- Cara memantau pertumbuhan dengan kurva pertumbuhan
- Cara memantau perkembangan dan milestones
- Prinsip Rational Use of Medicines (RUM) 

Materi akan disampaikan oleh dokter dan TIM KLASI YOP disertai dengan praktek, pemutaran video dan diskusi grup.

Melalui kelas ASI ini diharapkan peserta akan memperoleh pengetahuan yang komprehensif mengenai persiapan kelahiran dan menyusui sekaligus mendapatkan kelompok support yang bisa saling mendukung dan berbagi.

Biaya Rp 130.000,- per orang, atau Rp. 230.000 untuk pasangan. Biaya ini sudah termasuk handout materi, CDmateri, snack dan makan siang. Bagi yang berminat menjadi peserta, silakan mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran di bawah ini kirim ke :
klasibdg (at) yahoo.com
dengan Subject: “Kelas Persiapan Kelahiran & Menyusui”.

Untuk informasi lebih lanjut dapat hubungi : Monika . Tlp : 081320678893

http://klasibandung.com/kelas-persiapan-kelahiran-menyusui-bandung-3-4-desember-2011

Tempat Terbatas!
Salam SEHAT, Tim KLASI YOP (Bandung) Proudly Supports Breastfeeding

FORMULIR PENDAFTARAN KELAS PERSIAPAN KELAHIRAN &MENYUSUI 3-4 Desember 2011

Nama Lengkap 1 :_____ (diisi oleh peserta perorangan)

Nama Lengkap 2 :_____ (diisi apabila mengajak pasangan)

Alamat :_____

Telepon/HP :_____

Email aktif :_____ (untuk mengingatkan peserta)

Jumlah anak:_____

Usia anak:_____ bulan/tahun

Due Date (tanggal perkiraan kelahiran): ____ (jika sedang hamil)

Ibu bekerja di luar rumah:_____ (ya/tidak)

Apakah sudah pernah mengetahui ilmu tentang laktasi / menyusui?_____ (ya/tidak)

Jika ya, dari mana sumbernya?_____ (buku/milis/tenaga kesehatan/lainnya …)

Apakah sudah pernah menyusui?_____ (ya/tidak)

Jika ya, apakah berhasil melakukan ASI eksklusif?_____

Permasalahan yang sedang atau pernah dihadapi dalam proses menyusui:_____

Apa yang diharapkan dari kelas Persiapan Kelahiran dan Menyusui yang akan

diikuti?_____

Salam SEHAT,

Tim KLASI YOP (Bandung) Proudly Supports Breastfeeding

klasibdg (at) yahoo.com

http://klasibandung.com/kelas-persiapan-kelahiran-menyusui-bandung-3-4-desember-2011
Powered by Telkomsel BlackBerry®
9a.

Re: Butuh penguatan:ofloxacin otic untuk otitis

Posted by: "luluk alwiyah" lulukbmm@gmail.com

Thu Nov 17, 2011 5:10 pm (PST)



trimakasih Dr. Windhi atas sarannya..
demam sudah tidak ada. akan saya observasi dulu kondisinya.

luluk

[Non-text portions of this message have been removed]

10a.

PESAT 6 Jawa Timur Coming Soon! :)

Posted by: "pesatsby@gmail.com" pesatsby@gmail.com   pesat6surabaya

Thu Nov 17, 2011 5:11 pm (PST)



Selamat pagi Smart Parents,

Sebagai wujud kepedulian pada kesehatan anak serta meningkatnya keinginan orang tua akan pengetahuan yang komprehensif tentang kesehatan anak, maka kami panitia PESAT (Program Edukasi Sehat bagi Orang Tua) Jawa Timur didukung oleh YOP, akan mengadakan PESAT 6 Jawa Timur.

PESAT 6 Jawa Timur akan diselenggarakan dalam 4 sesi sebagai berikut: 

 

Sesi I –28 Januari 2012 

Topik 1 : Seputar ASI
Merupakan anugerah yang tak ternilai,ketika bisa memberikan yang terbaik bagi buah hati kita. ASI adalah yang terbaik. Mengapa ASI yang terbaik? Bagaimana supaya ASI saya keluar? Apakah ASI saya cukup untuk anak saya? Sampai umur berapa harus ASI?

Topik 2 : MPASI (Perkembangan terkini termasuk penambahan suplemen zat besi pada MPASI pertama bayi dan isu-isu tentang Anemia Defisiensi Besi)
Umur berapa anak saya boleh mulai makan? Makanan apa yg diberikan pertama kali? Seberapa banyak porsi yang diberikan? Bagaimana cara menyiapkan MPASI yg sehat untuk anak saya? Bagaimana perkembangan tata cara pemberian MPASI yang benar saat ini? Dan masih banyak pertanyaan lain, akan dibahas tuntas disini.

Topik 3 : Tumbuh Kembang (Pertumbuhan pada anak termasuk gagal tumbuh)
Apakah tumbuh kembang anak saya normal? Apakah anak saya terlalu langsing/kurus? Apakah anak langsing/kurus itu pasti kurang gizi? Perlukah saya memberinya suplemen dan vitamin tambahan? Bagaimana cara membaca growth chart yang benar? Apa itu Body Mass Index (BMI) dan apa fungsinya? Bagaimana menilai perkembangan anak dengan bijak dan obyektif? Bagaimana memberikan stimulasi dini yang tepat pada anak? Temukan jawabannya disini.

Sesi II – 29 Januari 2012 

Topik 1 : Common Problems I
Diare, muntah, sakit perut, adalah beberapa penyakit yang sering diderita anak-anak. Kebanyakan penyakit anak-anak disebabkan oleh infeksi virus. Sudah tahukah kita tata laksana yang tepat untuk itu? Does my child really need drugs? Apa gejalanya dan bagaimana tatalaksana yang tepat? Perlukah saya panik? Kapan saya harus merujuknya ke Dokter atau Rumah Sakit? Semua didiskusikan disini!

Topik 2 : Serba-serbi Imunisasi
Bagaimana kerja vaksin dalam melindungi tubuh? Apakah imunisasi ada efek sampingnya? Apa yang dimaksud dengan catch-up immunization? Apa itu imunisasi simultan? Dan banyak pertanyaan lainnya. Diskusi ini akan menambah pengetahuan Anda tentang serba-serbi imunisasi.

Topik 3 : Common Problems II
Sama halnya dengan diare, muntah, dan sakit perut. Batuk dan pilek adalah penyakit yang sering membuat para orangtua cemas. Apa yang menyebabkan anak kita terkena batuk pilek? Apakah harus segera diobati? Mungkinkah batuk yang berkelanjutan akan mengarah ke TB? Apa itu OMA dan OME? Bagaimana tata laksana pengobatannya yang benar? Semua dibahas di sini. 

Sesi III – 25 Februari 2012

Topik 1 : Demam, Demam dengan Ruam dan Kejang Demam
Tuhan menciptakan mekanisme demam, pasti ada maksudnya. Tahukah kita bahwa demam bukan penyakit, melainkan gejala atau petunjuk adanya suatu penyakit atau infeksi? Kapan saat yang tepat untuk memberikan obat penurun demam? Ketika demam disertai dengan ruam pada tubuh, apa yang perlu diwaspadai? Berbahayakah kejang demam? Apakah tiap kali anak mengalami demam perlu diberi obat anti kejang? Bagaimana tatalaksana yang tepat untuk kejang demam? Mari kita diskusikan.

Topik 2 : Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak
Kapan sebaiknya anak mulai dibawa ke dokter gigi? Bagaimana membersihkan gigi anak dengan baik dan benar? Kapan ya anak perlu pasta gigi? Tahukah Anda bahwa kesehatan gigi susu akan mempengaruhi gigi tetap anak kelak? Temukan jawabannya di sini.

Topik 3 : Demam Berdarah, Demam Berdarah Dengue, Demam Dengue dan Demam Tifus
Apa itu Demam Berdarah, Demam Berdarah Dengue, Demam Dengue dan Demam Tifoid? Bagaimanakah mengetahui gejala demam berdarah sejak dini? Perlukah test darah? Apakah jumlah trombosit yang turun berarti positif demam berdarah? Dan bagaimana tata laksana penanganan demam berdarah? Apakah gejala typhus merupakan diagnosis yang valid? Bagaimana mengetahui seorang pasien positif typhus? Semua akan dibahas panjang lebar disini. Bagaimana cara penanganan yang tepat untuk keadaan gawat darurat seperti ini pada Anak? Temukan jawabannya pada sesi ini.

Sesi IV – 26 Februari 2012

Topik 1 : Berteman dengan Antibiotik
Apa itu antibiotik? Bagaimana sejarah ditemukannya? Apa sebenernya fungsi dari pemberian antibiotik? Benarkah semua penyakit butuh antibiotik? Apa efek samping dari pemberian antibiotik yang tidak tepat? Temukan semua jawabannya disini.

Topik 2 : Parenting and Sex Education for Children
Ketika jaman bertambah maju, ketika ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat, tentu akan berdampak pula pada perkembangan buah hati kita. Bagaimana cara mendidik anak yang tepat? Apa yang harus dilakukan ketika anak mulai tantrum? Atau masih bingung ketika anak menanyakan dari mana dia berasal? Apa itu pacaran? Kenapa alat kelaminku berbeda bentuknya dengan punya adik? Bagaimana cara yang tepat untuk menyampaikan pada anak tentang perubahan bentuk tubuhnya? Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan oleh kita sebagai orangtua? Temukan solusinya disini.

Topik 3 : Rational Use of Medicines
Apakah setiap gejala penyakit harus diobati (a pill for an ill)? Perlukah kita mengetahui efek samping dari obat? Apa beda obat paten dengan obat generik? Apa itu polifarmasi? Dan banyak pertanyaan lainnya. Jangan sampai ketinggalan diskusi ini agar kita dapat lebih bijak dan rasional menggunakan obat.

Lokasi:
Gedung TELKOM
Jln. Ketintang 156, Surabaya (tentative)

Biaya:
Per orang: Rp.100.000,-/sesi atau Rp.300.000,- untuk terusan 4 sesi.
Per pasangan : Rp.180.000,-/sesi atau Rp.500.000,- untuk terusan 4 sesi.

Mekanisme Pendaftaran:
1. Calon peserta dapat mendaftar ke:
- email resmi panitia: pesatsby@gmail.com (pendaftaran melalui milis tidak dilayani, harap maklum)
- mendaftar melalui SMS ke Sdri. Irma 0856 4822 6861

Formulir Pendaftaran (silahkan copy-paste di bawah ini)

Nama Lengkap:
Nama Lengkap Pasangan: (apabila mendaftar untuk pasangan)
Status: (single/married)
Jenis Kepesertaan: (paket/sesi, sebutkan sesi berapa saja)
Alamat:
No. tlp yang mudah dihibungi:
Email yang aktif digunakan: (sebagai reminder calon peserta)
Jumlah anak : (jika ada)
Usia anak:

2. Pembayaran dilakukan setelah mendapat konfirmasi dari email bagi yang melakukan pendaftaran melalui email, atau dari SMS bagi yang melakukan pendaftaran melalui SMS.

3. Melakukan pembayaran dengan transfer ke (pilih salah satu):

   - Rekening BCA Cab Sidoarjo: 018-300-7791BCA atas nama Alfa Kurnia Angga Dewanti

   - Rekening Bank CIMB Niaga Cab. Sidoarjo: 034-01-07317-14-8 Kode bank utk transfer dr bank lain 022 atas nama Alfa Kurnia Angga Dewanti

4. Konfirmasi pembayaran dengan email atau SMS dengan format sbb.:
   [nama pendaftar] 
   [rekening panitia pilihan pendaftar (BCA/Mandiri)]
   [nama bank dan pemilik rekening pembayar]
   [jumlah uang yg ditransfer ] 
   [tanggal transfer]
 
5. Jumlah nominal uang yang ditransfer peserta akan ditambah dengan nomer urut pendaftaran. Misal nomer urut peserta 1 untuk paket pasangan terusan, maka nominal yang harus ditransfer adalah Rp 500.001,- Mohon perhatikan konfirmasi dari panitia setelah mendaftar.

Yuk, cerdas bersama untuk anak-anak kita!
Segera daftarkan diri anda dan pasangan anda :)

Salam sehat,
Panitia PESAT 6 Jawa Timur
pesatsby@gmail.com 
Twitter: @PESATSby
Powered by Telkomsel BlackBerry®
11a.

Re: Obat Batuk dan AB

Posted by: "farida" sheva_mj@yahoo.com   sheva_mj

Thu Nov 17, 2011 5:31 pm (PST)



Dear Docs n SP's especially mbak ninit,

Sekedar sharing, kebetulan casenya sama bgt nih sama anakku (cessa) dia ALL tipe 3, memang suka dilema disaat dia batpil. Memang kl batpil karena virus kan tdk ada obatnya, hanya mengandalkan daya tahan tubuh, tapi untuk anak2 yang menderita Leukemia, justru daya tahan tubuh ini yang mereka ngga punya, ibaratnya badan mereka ini terbuka lebar2 untuk masuknya segala virus dan bakteri. memang yang paling baik pencegahan, cessa jg kmn2 pake masker dan jarang skali dibawa2 keluar terutama k tempat keramaian, tapi tetep aja sekali2 masuk juga tuh yang namanya virus.  so apabila virusnya sdh masuk, dengan apa mereka bisa mematikan virus2nya karena kondisi badan yang hampir tdk punya daya tahan tubuh?
Beberapa kali dia batpil saya coba tetap home treatment apabila batpilnya ringan, memang bisa sembuh tapi cukup lama n mesti stok sabar yang banyak. tapi ada juga sempat dia batpil hampir sebulan dan ketika saya terapkan home treatment tidak ada kemajuan dan semakin parah, akhirnya dibawa ke hematolognya dan diberi AB plus dinebulizer krn nafas sdh sesak. Ketika saya tanyakan ke dokternya apakah batpil perlu dikasi AB, dia bilang untuk anak2 ALL dia tidak berani ambil resiko. memang kejadian dengan teman2 seperjuangan cessa, yang sbenarnya kondisi kankernya sudah stabil tapi justru karena serangan2 virus yang membuat mereka tidak survive.

saya  masih tetap mau menerapkan RUM tapi juga lihat keadaan anak, karena anak ALL agak berbeda dengan anak2 pada umumnya.

Regards,

ida

________________________________

[Non-text portions of this message have been removed]

12a.

Bls: [sehat] Sop lobak dan flu was  Berkah ...

Posted by: "Ita Sulistiyana" ita_sulistiyana@yahoo.co.id   ita_sulistiyana

Thu Nov 17, 2011 5:39 pm (PST)



Makasih banyak atas infonya terkait sayur lobak yang banyak kahasiatnya untuk kesehatan bagi tubuh kita.

________________________________
Dari: F.B.Monika <f_monika_b@yahoo.com>
Kepada: Milis Sehat <sehat@yahoogroups.com>
Dikirim: Kamis, 17 November 2011 19:11
Judul: Re: [sehat] Sop lobak dan flu was Berkah ...

Mba Mi Yun:
Ngga tau jg ya apa kandungan dari lobak shg sering bgt dibikinin sop
sama mama klo ada anak2 yg bapil, radang tenggorokan...

Monik :
Iseng2 baca ini :

Radishes are very low calorie root vegetables; contains only 16 calories per 100 g. However they are very good source of anti-oxidants, minerals, vitamins and dietary fiber.

Fresh Radishes are rich in vitamin C; provide about 15 mg or 25% of DRI of vitamin C per 100 g.  Vitamin C is a powerful water soluble anti-oxidant required by the body for synthesis of collagen. Vitamin C helps body scavenge harmful free radicals, prevention from cancers, inflammation and helps boost immunity.

In addition, they contain adequate levels of folates, vitamin B-6, riboflavin, thiamin and minerals such as iron, magnesium, copper and calcium. 

They contain many phytochemicals like indoles which are detoxifying agents and zeaxanthin, lutein and beta carotene which are flavonoid antioxidants.

http://www.nutrition-and-you.com/radish.html

F.B.Monika

------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB          : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links

[Non-text portions of this message have been removed]

13a.

Re: [TANYA] : Mulai MPASI

Posted by: "Yeptirani Syari" sehat.syari@gmail.com

Thu Nov 17, 2011 6:17 pm (PST)



bersyukur, Zee lahir 30 oktober 2010 n 6 bulannya tanggal 30 April 2011
(sabtu).. tapi ayahnya gak ada, n karena dia lahirnya tengah malem, jadi si
ayah bilang, suapan pertamanya tanggal 1 mei aja (minggu) yaudadeh.. Zee
disuapin tanggal 1 mei ^_^

lah ultah pertamanya (30okt2011) jatuh hari minggu, kalo mo ngikutin
jamnya, dia baru boleh minum susu UHT (tanda udah lulus ASI 1 tahun :p)
hari senin, nah loh, kita kan pengen nyaksiin dia minum UHT pertamanya
*apaan coba? lebay! :p*

akhirnya tetep dikasih UHT tanggal 30 oktober 2011 hehehe...

--
Yeptirani Syari, ~Dandanya Zee~
"kalo mo japri, ke *y.syari@gmail.com* ajah... biar gak nyelip :p"

[Non-text portions of this message have been removed]

Recent Activity
Visit Your Group
Drive Traffic

Sponsored Search

can help increase

your site traffic.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Yahoo! Health

Asthma Triggers

How you can

identify them.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: