Thursday, November 17, 2011

[sehat] Digest Number 16522

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: curhat MPASI From: irma-mama zafran
1b.
Re: curhat MPASI From: hanny.firany@gmail.com
1c.
Re: curhat MPASI From: Sisilia
1d.
Re: curhat MPASI From: Shinta Oktaviana
1e.
Re: curhat MPASI From: Sisilia
1f.
Re: curhat MPASI From: cheril mycat
2a.
Re: [tanya] mata gatal From: Yoyoh Komariah
3a.
Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga From: Bong Mi Yun
3b.
Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga From: dewi_bundAtha
3c.
Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga From: tristanathan
3d.
Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga From: ursula_maniez@yahoo.com
3e.
Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga From: Oke Mieske
3f.
Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga From: Bong Mi Yun
3g.
Bls: [sehat] OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga From: Elisabeth Dianita
3h.
[Tanya] ITP gejala, faktor pemicu dan resiko-nya apa yah ? From: eny zetrey
3i.
Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga From: Bong Mi Yun
4a.
[news]  Perawatan di Salon Bisa Tularkan Hepatitis From: /ghz
4b.
Re: [news] Perawatan di Salon Bisa Tularkan Hepatitis From: hilda iriany
5.
[news] 21 Juta Warga Terancam Diabetes From: /ghz
6a.
Benjolan di leher balita 13m From: yolani rizki
6b.
Re: Benjolan di leher balita 13m From: nia2R
6c.
Re: Benjolan di leher balita 13m From: yolani rizki
7a.
VinaFluor From: Lusiana Lioe
7b.
Re: VinaFluor From: michael_michael99@yahoo.com
8a.
Curhatan bayi kuning From: endah oktaviani

Messages

1a.

Re: curhat MPASI

Posted by: "irma-mama zafran" irmayantidwilestari@yahoo.com   irmayantidwilestari

Wed Nov 16, 2011 5:57 pm (PST)



si KK aja ampe bosen sawi, brokoli, wortel dan toge

»»Wortel&brokoli buat adik bayi nya aja kl gitu ^^ red meat&oatmeal juga bisa masuk daftar menu ^^

Semangat mbak..saya juga baru 2mingguan mpasi,, ngenalin daging,bayam&brokoli minggu ini,panen lepeh-sembur-tampel :D
Kemarin pagi sempat ini wajah cemberut kena sembur mluluuuu beruntuuung suami mau bantu gantiin nyuapi..hihihi


-irma♡mama zafran-
Sent from my whiteberry
Powered by ♡ luvly husby ♡
1b.

Re: curhat MPASI

Posted by: "hanny.firany@gmail.com" hanny.firany@gmail.com   pink_honey_1999

Wed Nov 16, 2011 5:59 pm (PST)



Dear mba shinta,

Udh cb bubur beras putih? Lsg dr beras putih,disaring, or oat.. Daging merah udh dikenalin? Unt buah, ada pepaya ga, pear? Memang ga semua bayi bs langsung makan banyak. Tp namanya mpasi,yg utama tetap asi,makanan hanya sebagai pendamping.
Pelan2 ya mba..jgn stress. Bayi bs ngrasain lho, smkn stress ibunya,bayinya jg akan lebih sulit.

Semangat ya mba
Warm reagrads,
Hanny
Powered by Telkomsel BlackBerry�
1c.

Re: curhat MPASI

Posted by: "Sisilia" sisil.mahadaya@gmail.com   caeciliapudjiastuti

Wed Nov 16, 2011 6:00 pm (PST)



Dan wulan kayaknya faseh muka lempeng yah lan :)

Tuh mbak shinta, temennya banyak yah :)


Moga jadi semangat baru setelah curhat di sini. Sawi, wortel, togenya berarti udah dikenalin ke si adek ya?


Tetap smangat!

Sisil
@sisilmahadaya

-----Original Message-----
From: "wulan" <wulan.wuls@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Thu, 17 Nov 2011 01:47:35
To: Sehat<sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] curhat MPASI

Mba shinta, sabar ya. Been there, bahkan sampe sekarang anak saya usia 2th (oops, tambah bikin stres ga ya? Hehehe) Baca cerita mba, bener2 seperti flash back dg pengalaman saya dl.

So far yg bs saya lakukan hanya:
1. Tetep usaha memberikan asupan yg baik buat anak, bener kata mba sisil, pny catetan sukanya anak apa. Kl saya, yg anak saya ga suka, kapan2 saya cobain lagi. Kadang2 mau, kadang ada yg tetep ogah
2. Monitor tumbang
3. Suabaaar plus muka lempeng
4. Terus ngareeeeep, suatu hari appetitenya membaik.

Pegangan saya itu tadi, oiya satu lagi, saya jg dl ga doyan makan, betah ngemut sampe sd. Semakin kesini, segala macem di makan -_-" Jadi, ya itu td, sabar n terus ngarep aja :D

Maap jika ada yg ga berkenan

Rgds,
- Wulan -
@wulsnih


[Non-text portions of this message have been removed]

1d.

Re: curhat MPASI

Posted by: "Shinta Oktaviana" vian199@gmail.com   vian199

Wed Nov 16, 2011 6:06 pm (PST)



nah itu dia mba..
tolong dikoreksi ya, kan sependek pemahaman saya.
pengenalan makanan itu dicoba selama 3 kali.
jd aku belum sempat eksplore banyak, krn 2 hari ini masih stagnan di
ngenalin wortel.
gmn sih baiknya?
kenalin wortel, hari 1 tolak, besok ganti selain wortel ?
sekarang balik lg ke makan 2 kali, krn lg susah banget.
satu sesi yg pengenalan, 1 sesi yg kira2x udah kenal (maksudnya aku cari
aman biar tau dia gak alergi ama makanan tersebut)

mohon masukannya ya mba sisil
fyi. krn 2 mgg pertama itu menurutku hampir gak ada yg masuk makanan yg
dikenalin itu.
jd aku baru benar2x kyk memulai mpasi di usia 6 bulan 2 mgg.

salam
~Shinta

2011/11/17 Sisilia <sisil.mahadaya@gmail.com>

> **
>
>
> Dan wulan kayaknya faseh muka lempeng yah lan :)
>
> Tuh mbak shinta, temennya banyak yah :)
>
>
> Moga jadi semangat baru setelah curhat di sini. Sawi, wortel, togenya
> berarti udah dikenalin ke si adek ya?
>
>
> Tetap smangat!
>
> Sisil
> @sisilmahadaya
>
> -----Original Message-----
> From: "wulan" <wulan.wuls@gmail.com>
> Sender: sehat@yahoogroups.com
> Date: Thu, 17 Nov 2011 01:47:35
> To: Sehat<sehat@yahoogroups.com>
> Reply-To: sehat@yahoogroups.com
> Subject: Re: [sehat] curhat MPASI
>
> Mba shinta, sabar ya. Been there, bahkan sampe sekarang anak saya usia 2th
> (oops, tambah bikin stres ga ya? Hehehe) Baca cerita mba, bener2 seperti
> flash back dg pengalaman saya dl.
>
> So far yg bs saya lakukan hanya:
> 1. Tetep usaha memberikan asupan yg baik buat anak, bener kata mba sisil,
> pny catetan sukanya anak apa. Kl saya, yg anak saya ga suka, kapan2 saya
> cobain lagi. Kadang2 mau, kadang ada yg tetep ogah
> 2. Monitor tumbang
> 3. Suabaaar plus muka lempeng
> 4. Terus ngareeeeep, suatu hari appetitenya membaik.
>
> Pegangan saya itu tadi, oiya satu lagi, saya jg dl ga doyan makan, betah
> ngemut sampe sd. Semakin kesini, segala macem di makan -_-" Jadi, ya itu
> td, sabar n terus ngarep aja :D
>
> Maap jika ada yg ga berkenan
>
> Rgds,
> - Wulan -
> @wulsnih
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

1e.

Re: curhat MPASI

Posted by: "Sisilia" sisil.mahadaya@gmail.com   caeciliapudjiastuti

Wed Nov 16, 2011 6:17 pm (PST)



Udah bener kok mbak Shinta. Walau ditolak besoknya kenalin bahan yang sama. Bisa coba sambil disajikan bareng makanan yang sdh pernah dikenal.

Untuk daging sapi dan ayam, silakan dikasih aja mbak, direbus/kukus trus saring/cincang halus

Terus pantau tumbangnya. Kalau merasa memang minim sekali yang masuk berhari2, boleh tambah frekwensi makannya, karena mungkin si adek model yang mau makan sedikit2. Di panduan mpasi unicef: 6-9 bulan, frekwensi makan 2-3x, setelah mpasi berjalan bs ditambahkan selingan 1-2x.

Salam,
Sisil
@sisilmahadaya

1f.

Re: curhat MPASI

Posted by: "cheril mycat" cheril.mycat@gmail.com   ceril_cute

Wed Nov 16, 2011 7:24 pm (PST)



halo mba Shinta....
pertama - tama mba harus relax dulu ya ....jgn dibuat stress.....kasihan
kan babynya kl kita stress dia juga bisa ga nyaman. kl saya sih waktu awal2
MPASI (6-7 bulan) masih kasih gasol tapi dittambah buah/ sayur/ proteinya.
dari sharing mba anaknya masih suka gasol pake susu ya...nah coba aja mba
gasol + susu+ buah / sayur/ protein yang sudah dikukus...cuma ganti2 aja
tepung gasolnya dan buah/ sayur biar variasi. trus jangan putus asa kl anak
kita ga suka sama salah satu makanan..lain waktu bisa dicoba lagi. atau
coba aja sayur ditambah buah pisang (kan babynya suka pisang ya).oya mba
maaf aku taunya kl wortel itu bukannya lebih baik untuk 8 bulan keatas
ya..pokoknya pinter2 kita deh variasiin....tetep semangat ya mba....

Sriyani (ibunya Hafiz)

[Non-text portions of this message have been removed]

2a.

Re: [tanya] mata gatal

Posted by: "Yoyoh Komariah" yoyoh@fim.co.id   yoyoh_112

Wed Nov 16, 2011 5:59 pm (PST)



makasih mbak Ira,
alergi debu n dingin sepertinya mbak....soale ga dites hehe
tp emang klo sprei blm ganti siap2 garuk sana-sini
ga separah tmn2 yg laen sih, Alhamdulillah....
klo ke puncak....meleer ga bisa tidur deh
tp kadang jg ga kambuh...
nah udah 1 bln ini mata sy yg gatel2....sy kucek2 jd merah banget
sy takut malah nnt mata sy rusak...

salam,
yoyoh

----- Original Message -----
From: Ira Indrawati
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, November 16, 2011 7:21 PM
Subject: Re: [sehat] [tanya] mata gatal

[Non-text portions of this message have been removed]

3a.

Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga

Posted by: "Bong Mi Yun" bongmiyun@gmail.com   bongmiyun

Wed Nov 16, 2011 6:03 pm (PST)



Dear mbak Oke,

Trims banyak tips nya... anak saya baru 16 bulan. Rencana sih mau
langsung masuk TK krn saya ibu yg bekerja dirumah jadi skrg masih bisa
ngasuh sendiri(is it Ok?).

Walau anak baru 16 bulan, tapi saya sangat bingung nantinya mau sekolah
dimana nih anak..saya tinggal di BSD, terus terang disini banyak
sekolah2 yg "katanya" mutunya bagus... Tapi dari sekian anak2 tetangga
saya yg sekolah2 ini bikin saya miris diantaranya : kurikulum buanyak
banget, PR seabrek2 sampai harus dibantuin emak babenya, ulangan hampir
tiap hari (nah klo ulangan mulu kapan belajarnya?). Jadilah nih anak
bisa belajar kadang sampai jam 2 pagi, kadang klo ada ulangan, pagi2
sampai anak ini muntah saking setressnya...padahal anaknya cukup
cerdas... yah terbukti rankingnya minimal 3. melihat disekeliling kayak
gitu, rasanya tidak kepengen anakku mengalami hal yg sama... tapi
masukan dari tetangga sana-sini, rata2 memang begitu... belum ektra
kulikulernya... hadoh... sedihnya liat anak2 yg kehilangan waktu
bermain2 nya...

Hahaha.. mbak Oke, saya dulu malah sekolah disekolah negeri yg bayarnya
cuma gopek (500 perak), saya menganut aliran kalo anak juga punya
keinginan/kemauan juga yg harus kita hargai. Buat saya yg penting
sekolahnya aman, bersih, bisa nuntut ilmu dgn tenang, guru2 bisa
memahami kalo setiap anak itu unik tanpa dibanding2kan dgn anak lain,
tidak pake kurikulum yg terlalu padet, syukur2 ngga pake sistem
ranking2an...selain belajar masih ada waktu buat dia bermain...label
sekolah bukan masalah, mau negeri, sekolah plus, sekolah internasional
hayoo saja ...prmintaan yg terlalu berlebihan ngga yah?

Ohya, saya pengen sekolah dgn kriteria seprti diatas bukan krn anak saya
lambat, umur 16 bulan sekrg, kalo liat langit mendung dia bisa bilang:
"awan gelap mau hujan" dgn jelas... nanya hilang huruf "H". Tapi konsen
saya memang tidak mau anak saya menganggap sekolah jadi beban yg malah
bikin dia stress...makanya skrg saya sama papanya sudah mulai mikirin...
kalo ngga ada sekolah yg cocok mungkin homeschooling jadi pertimbangan.
Satu2nya kelemahan homeschooling buat saya adalah susah pindah dari
homeschooling ke sekolah formal...

Please mbak Oke, saya bener2 bingung nih... untungnya memang waktu masih
lumayan banyak buat tengok sana-tengok sini.

Regards,
Mi Yun

3b.

Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga

Posted by: "dewi_bundAtha" bundatha@gmail.com   abri_fajar

Wed Nov 16, 2011 6:19 pm (PST)



Pagiiii :)

Sekedar curhat yaa... :)

Enaknya yg bisa pilih2 sekolah dr jauh2 hari (bahkan bulan)... :)
Agak repot kalo seperti sy..karna tugas + kewajiban suami jd harus siap ditempatkan di seluruh Indonesia tercinta (sekalipun di pulau terpencil) jd agak susah "window shopping" sekolahan... :(

Sekarang lg bingung,karna suami pindah ke Tj.Balai Karimun (�� 1jam nyebrang dr Batam) dan rencananya tahun depan anakku mo masuk TK..
Dilema...antara ikut suami kesana atau tetap di Batam dg resiko ketemu suami 1-2 minggu sekali... :(


Maaf malah jadi curhat panjang :p
- Dewi -
*langit biru-awan putih...baru bisa liat di Batam...di Jkt,langitnya keabu2an pdhl ga mendung :p
3c.

Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga

Posted by: "tristanathan" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Wed Nov 16, 2011 6:28 pm (PST)



setuju banget sama mbak oke
yg jadi patokan buat kami (saya + suami) bukan kemampuan anak akan
calistung, tapi 3 poin itu yg jd ukuran kami buat masukin ntan-nat ke SD

buat kami, sekolah itu perlu, tapi gak harus
yg perlu anak sekolah itu ortu :) bukan anak, krn oru butuh sekolah sebagai
salah satu sistem pendukung pola asuh didik ortu ke anak.

penting sekali buat melibatkan anak dalam pemilihan sekolah, oleh karena
itu, kemampuan buat tau apa dimau, kempuan utk tau bahwa ada usaha yg harus
dilakukan buat memenuhi yg di mau, serta kesanggupan buat melakukan usaha
tsb, sangat penting sebelum anak masuk sekolah.

-ria-

2011/11/17 Oke Mieske <okemieske@gmail.com>

>
> Idealnya, ketika anak masuk SD :
> - dia tau apa yg dia MAU
> - dia TAU bahwa harus berusaha utk dpt yg dia mau
> - dia SANGGUP berusaha (sanggup = mau + mampu)
>
> *libatkan anak dalam memilih sekolah
> *ketika sudah ada pilihan, pelajari ttg sekolah tersebut (mis : nilai
> minimum naik kelas, poin2 penilaian, jarak rumah-skul, dll)
> *setelah mengetahui semua fakta, maka bersepakatlah dg si anak, mau
> sekolah yg mana
>
> Ingat, "sekolah" itu cuma alat bantu pendidikan. Bukan "bengkel" yg bisa
> mereparasi seorang anak jadi solehah, jadi rajin, jadi tekun, jadi berjiwa
> pemimpin, jadi bersosialisasi dg baik, jadi punya multiple intelegensi,
> jadi 'berkarakter' dan 1001 alasan lainnya.
>

[Non-text portions of this message have been removed]

3d.

Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga

Posted by: "ursula_maniez@yahoo.com" ursula_maniez@yahoo.com   ursula_maniez

Wed Nov 16, 2011 6:34 pm (PST)



Sekedar pemikiran sj
Blum punya pengalaman sekolahin anak tp dah mlai liat2 dr skrg.
Jujur sy jg binun liat kurikulum anak2 skrg trutama SD.
Sepertinya 'berat' bget ya?
Slama ini liat tman2 kantor yg anak2nya dah SD kok pada ikutan stress trutama kl ada ulangan.
Tapi kl sy pribadi (stidaknya anggapanku skrg yaa) rasanya kok berlebihan skali menuntut 'nilai' yg tinggi dr anak ya? Mksdku, byak ortu yg mati2an les-in anak ini-itu biar bs rangking d sekolah. Jd terpikirkan, rangking itu buat siapa? Malah keliatannya lebih untuk meningkatkan gengsi si ortu biar bisa pamer ke sesama ortu lainnya.

Blajar dari pengalaman sy bersaudara dl, ortu ga pernah sama skali nuntut kita hrus juara, or harus les ini-itu. (Sy br kenal ada jadwal 'blajar' d luar sekolah itu pas SMU d Jogja). Sekolah jman SD n SMP itu menyenangkan skali bagiku. Ga ada beban. Bahkan kl misalx besok masuk ulangan caturwulan, sy ingat papa sy malah manggil kdua kakak cowok sy main catur! Kl sy malah sibuk dgan bacaan komik :p
Tapi nilai2 kami justru bagus d sekolah. Dari SD ampe SMP itu kmi bertiga sll rangking 1 tanpa tekanan tanpa paksaan. Jam blajar hy d sekolah (kbetulan sekolahx disiplin skali, ga ada waktu terbuang)
Jd sy bercermin mungkin, mungkin ya SPs jk nanti sy terapkan hal yg sama ke anak2 sy betapa sekolah itu menyenangkan dan tdak menuntut terlalu byak, mrk pun akn menikmati masa sekolah mrk dgan menyenangkan.

Kadang kasian liat tman2 sy, para ibu2 muda yg blanja sekolah preschool itu kyak blanja baju. Sll berpatokan 'ada harga ada kualitas' smakin mahal skolah tsb lantas d promosiin d anggap paling bgus. Hedeeeww
Trus kl ga cocok atau dpet bocoran dr ortu lain ada skolah lbih bgus (means lbih mehong krn ada fasilitas plus) ya udah pindah lg.
Hedeeeww kedua.


Ursula--prihatin liat kurikulum ank SD skrg.

Powered by Telkomsel BlackBerry�
3e.

Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga

Posted by: "Oke Mieske" okemieske@gmail.com   yoenx

Wed Nov 16, 2011 6:35 pm (PST)



Bongmiyun :
Rencana sih mau langsung masuk TK krn saya ibu yg bekerja dirumah jadi skrg masih bisa
ngasuh sendiri(is it Ok?).

Saya :
Maksudnya?
Kenapa terkesan ragu mbak? Ragu kalo si anak "ga siap" TK, karena ga lewat pra-TK dulu? Gitu bukan?

Bongmiyun :
kurikulum buanyak banget, PR seabrek2 sampai harus dibantuin emak babenya, ulangan hampir tiap hari (nah klo ulangan mulu kapan belajarnya?). Jadilah nih anak bisa belajar kadang sampai jam 2 pagi, kadang klo ada ulangan, pagi2 sampai anak ini muntah saking setressnya...

Saya :
Hah? Ini anak TK ? Atau SD?

Bongmiyun :
prmintaan yg terlalu berlebihan ngga yah?

Saya :
Kayaknya engga ya...
Namanya juga "kepengen/permintaan"... Apa aja disebut boleh dong... Hehehe

Bongmiyun :
kalo ngga ada sekolah yg cocok mungkin homeschooling jadi pertimbangan.
Satu2nya kelemahan homeschooling buat saya adalah susah pindah dari homeschooling ke sekolah formal...

Saya :
Susah ya? Masak sih?
Kalo menurut komunitas HS, sepertinya ga gitu tuh...

Bongmiyun :
Please mbak Oke, saya bener2 bingung nih...

Saya :
Aiih... Jangan binun2 gitu ah... Hehehe
Kan mbak udah punya poin2/pandangan2 sendiri dalam memilih TK nanti... Dan memilih SD.

TK itu tempat utk menjadi "terbiasa".
SD (dan seterusnya) adalah tempat utk menjadi "bisa".

Siapkan anak. pastikan anak sudah khatam :
- ilmu memilihnya
- ilmu kecewanya
- ilmu sanggup berjuangnya

Salam,

Sent from my BlackBerry�0�3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
3f.

Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga

Posted by: "Bong Mi Yun" bongmiyun@gmail.com   bongmiyun

Wed Nov 16, 2011 7:03 pm (PST)



On 17/11/2011 9:32, Oke Mieske wrote:
> Oke:
> Maksudnya?
> Kenapa terkesan ragu mbak? Ragu kalo si anak "ga siap" TK, karena ga lewat pra-TK dulu? Gitu bukan?
==> ngga ragu sih mbak, cuma butuh penguatan hahaha... jaman dulu malah
saya langsung SD.. skrg saya baik2 aja...
>
> Oke:
> Hah? Ini anak TK ? Atau SD?

==> Kelas 4 SD mbak.
> Bongmiyun :
> kalo ngga ada sekolah yg cocok mungkin homeschooling jadi pertimbangan.
> Satu2nya kelemahan homeschooling buat saya adalah susah pindah dari homeschooling ke sekolah formal...
>
> Saya :
> Susah ya? Masak sih?
> Kalo menurut komunitas HS, sepertinya ga gitu tuh...

==> Ini mbak yg agak membuat ragu
http://edukasi.kompas.com/read/2011/08/11/09463770/Menunggu.Pemerintah.Ramah.Homeschooling

> Bongmiyun :
> Please mbak Oke, saya bener2 bingung nih...
>
> Saya :
> Aiih... Jangan binun2 gitu ah... Hehehe
> Kan mbak udah punya poin2/pandangan2 sendiri dalam memilih TK nanti... Dan memilih SD.

==> Ya. Kalo ngga dapet sekolah sesuai kriteria, HS bisa menjadi solusi
walaupun emak bapaknya harus agak repot dikit.
>
> TK itu tempat utk menjadi "terbiasa".
> SD (dan seterusnya) adalah tempat utk menjadi "bisa".
>
> Siapkan anak. pastikan anak sudah khatam :
> - ilmu memilihnya
> - ilmu kecewanya
> - ilmu sanggup berjuangnya
>
>
==> Trims mbak, memang ilmu parenting itu menarik, krn kita membesarkan
seorang anak yg unik, yg bisa marah, kecewa, lelah, sedih, senang,
gembira, bahagia,yg banyak maunya hehehe...

Regards,
Mi Yun

3g.

Bls: [sehat] OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga

Posted by: "Elisabeth Dianita" ita_sehat@yahoo.com   ita_sehat

Wed Nov 16, 2011 7:04 pm (PST)



Mbak Ria:
buat kami, sekolah itu perlu, tapi gak harus
yg perlu anak sekolah itu ortu :) bukan anak, krn oru butuh sekolah sebagai
salah satu sistem pendukung pola asuh didik ortu ke anak.

Saya:
suka banget dengan statement ini.
 
Anak pertama saya, Saka, saat ini hampir 4 tahun dan belum sekolah, hanya ikut Sekolah Bina Iman (sama dengan Sekolah Minggu) tiap hari Jumat di deket rumah. Itupun juga kalau sesekali dia menolak hadir juga tidak saya paksakan masuk. Pernah saya tanya "Saka sudah pingin sekolah belum?". Saya tanya ini karena teman-teman sebayanya sudah sekolah semua (semacam sekolah ngaji gitu, seminggu masuk 3 kali kalo gak salah). Tapi dia jawabnya : "Ndak, Saka kan sudah sekolah tiap hari Jumat". Ya sudah alhasil sampai saat ini hanya 'sekolah' itu yang Saka ikuti.
Pertanyaan saya, kapan kita bisa tahu anak siap sekolah? Apakah cukup dengan ditanya seperti yang saya tanyakan ke Saka? Atau saya masukkan dulu ke sekolah (PG ataupun TK) baru kemudian lihat reaksi dia?
 
salam,
ita (ibuke Saka & Ambar)

.

[Non-text portions of this message have been removed]

3h.

[Tanya] ITP gejala, faktor pemicu dan resiko-nya apa yah ?

Posted by: "eny zetrey" zetrey@yahoo.com   zetrey

Wed Nov 16, 2011 7:18 pm (PST)



dear sp and doc's,

bisa tolong dibantu untuk informasi, anak temen-ku umur 3thn didiagnosis kena ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purpura) dan sekarang sedang dirawat di salah satu RS di pontianak, dengan kondisi sudah di transfusi darah sampai 3x (600cc) dan sebelumnya sempat mimisan (sekarang sudah berhenti) dan ada lebam besar di paha-nya.
aku sudah coba2 cari info dari internet di link http://dranak.blogspot.com/2006/10/itp-idiopathic-thrombocytopenic.html#!/2006/10/itp-idiopathic-thrombocytopenic.html dan http://ummuauliya.multiply.com/reviews/item/44
cuma koq ya belum puas kalo ga tanya di milis ini ^_^ tolong ya para sp n doc's dibantu untuk info gejala, faktor pemicu dan resiko jangka panjang dari ITP. kalo ada informasi dokter di jakarta yang spesialis menangani ini bisa juga di share, karena minggu depan anak-nya akan dibawa ke jakarta untuk second opinion

thanx,

-eny-

[Non-text portions of this message have been removed]

3i.

Re: OOT : Sekolah anak vs kesehatan jiwa keluarga

Posted by: "Bong Mi Yun" bongmiyun@gmail.com   bongmiyun

Wed Nov 16, 2011 7:24 pm (PST)



*Dear mbak Ursula,*

Slama ini liat tman2 kantor yg anak2nya dah SD kok pada ikutan stress
trutama kl ada ulangan. Tapi kl sy pribadi (stidaknya anggapanku skrg
yaa) rasanya kok berlebihan skali menuntut 'nilai' yg tinggi dr anak ya?
Mksdku, byak ortu yg mati2an les-in anak ini-itu biar bs rangking d
sekolah. Jd terpikirkan, rangking itu buat siapa? Malah keliatannya
lebih untuk meningkatkan gengsi si ortu biar bisa pamer ke sesama ortu
lainnya.

==> *ini terjadi sama tetangga2 ku, salah satu nya baru skrg nyesel krn
anaknya jadi peragu,padahal dulu waktu ngajari anaknya sampai keluar
kata2 ajaib : goblok, bego dan sebangsanya.
Setelah sering saya ingatkan ' kalo dapet rangking terus mau buat apa?
klo anak malah setress sampai muntah2 kayak gitu'.
*
Blajar dari pengalaman sy bersaudara dl, ortu ga pernah sama skali
nuntut kita hrus juara, or harus les ini-itu. (Sy br kenal ada jadwal
'blajar' d luar sekolah itu pas SMU d Jogja). Sekolah jman SD n SMP itu
menyenangkan skali bagiku. Ga ada beban. Bahkan kl misalx besok masuk
ulangan caturwulan, sy ingat papa sy malah manggil kdua kakak cowok sy
main catur! Kl sy malah sibuk dgan bacaan komik :p

==>*hahaha ini aku banget, suka baca sam kok yg masih buku kecil2 itu...
yg sampai 100 jilid lebih...untungnya ulangan ngga dapet kursi
terbalik...jangan ditiru ya.. mama papa memang ngga menargetkan harus
ranking atau harus apa... yg penting kalo bisa naik kelas. Ini kita
bertiga memang ngga pernah tinggal kelas sih, saya malah ranking satu
mulu dan dapet beasiswa tapi ngga ngerasa ada yg lebih kok, pokoknya
bahagia bgt jaman masih SD dan SMP... ortu kita jg ngga pernah beli
mainan secara khusus... yg ada dialam deh kita jadiin mainan. Pelepah
kelapa, batang rumbia bikin mobil-mobilan.. main pasir buat bikin
rumah... oh ya, dulu jg piara kucing bisa jadi temen main, kecil2 kita
sudah belajar bercocok tanam juga.
*

Kadang kasian liat tman2 sy, para ibu2 muda yg blanja sekolah preschool
itu kyak blanja baju. Sll berpatokan 'ada harga ada kualitas' smakin
mahal skolah tsb lantas d promosiin d anggap paling bgus. Hedeeeww Trus
kl ga cocok atau dpet bocoran dr ortu lain ada skolah lbih bgus (means
lbih mehong krn ada fasilitas plus) ya udah pindah lg. Hedeeeww kedua.

==>*Stt..... kalo saya kasian sama anak2 nya... *

Regards,
Mi Yun

[Non-text portions of this message have been removed]

4a.

[news]  Perawatan di Salon Bisa Tularkan Hepatitis

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Wed Nov 16, 2011 6:04 pm (PST)





Perawatan di Salon Bisa Tularkan Hepatitis
Lusia Kus Anna | Rabu, 16 November 2011 | 15:27 WIB

Kompas.com - Memanjakan tubuh di salon dengan berbagai perawatan
kecantikan seperti perawatan kuku atau penataan rambut sudah menjadi
bagian dari gaya hidup sebagian besar perempuan. Walau
perawatan-perawatan itu bisa meningkatkan rasa percaya diri namun
ternyata ada bahaya kesehatan yang mengintai.

Menurut laporan terbaru yang disampaikan dalam pertemuan the American
College of Gastroenterology ke-76 di Washington D.C, AS, terungkap
risiko penularan hepatitis melalui alat-alat yang biasa dipakai di salon.

Alat-alat yang bisa menjadi sumber penularan infeksi antara lain alat
untuk manicure, pedicure, dan pisau cukur. Menurut Dr.David A.Johnson,
seorang peneliti, bila tidak disterilkan alat-alat tersebut bisa menjadi
tempat berkumpulnya kuman bahkan menularkan penyakit yang ditularkan
oleh darah seperti hepatitis B dan C.

"Kuncinya adalah pada kepatuhan pemilik salon untuk membersihkan dan
menggunakan disinfektan untuk mencegah penyebaran penyakit," kata
Johnson, ketua divisi gastroenterologi dari Eastern Virginia Medical School.

Ia menambahkan isu mengenai infeksi lewat alat salon memang bukan hal
baru. Evaluasi dilakukan setelah adanya kasus penularan hepatitis C akut
yang diduga kuat disebabkan karena perawatan manicure/pedicure. Dalam
penelitiannya ia menganalisa 18 studi yang menyebutkan ada kemungkinan
penularan hepatitis B dan C dari alat salon.

Memastikan bahwa alat-alat salon yang dipakai sudah steril memang agak
sulit, tetapi Dr.Johnson menyarankan agar kita membawa alat menicure
atau pedicure sendiri, terutama jika Anda termasuk orang yang gemar
melakukan perawatan di salon.

http://health.kompas.com/read/2011/11/16/15274917/Perawatan.di.Salon.Bisa.Tularkan.Hepatitis

4b.

Re: [news] Perawatan di Salon Bisa Tularkan Hepatitis

Posted by: "hilda iriany" hilda.iriany@gmail.com   h_iriany

Wed Nov 16, 2011 6:07 pm (PST)



Memastikan bahwa alat-alat salon yang dipakai sudah steril memang agak
sulit, tetapi Dr.Johnson menyarankan agar kita membawa alat menicure
atau pedicure sendiri.
---------
Alhamdulillah. Ini saya banget. Hehehehe

-hilda-

[Non-text portions of this message have been removed]

5.

[news] 21 Juta Warga Terancam Diabetes

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Wed Nov 16, 2011 6:11 pm (PST)



21 Juta Warga Terancam Diabetes PDF Print
Thursday, 17 November 2011
JAKARTA� Penyebaran penyakit diabetes melitus di Indonesia sangat
mengkhawatirkan. Data badan kesehatan dunia (WHO) menyatakan, jumlah
penyandang diabetes di Indonesia pada 2000 mencapai 8,4 juta orang dan
akan meningkat menjadi 21,8 juta pada 2030.

Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Sidartawan Soegondo
mengatakan, masyarakat Indonesia perlu mendapatkan edukasi
(pembelajaran) terhadap bahaya diabetes melitus.

�Masyarakat harus menyadari bahwa seseorang yang memiliki gen penyakit
ini dapat menjadi penderita diabetes melitus setelah melalui proses yang
panjang, mulai dari fase awal dengan gaya hidup sedentary (bermalas-
malasan) diikuti pola makan yang buruk sehingga mengakibatkan kegemukan
di daerah perut,� katanya di Jakarta kemarin. (dyah ayu pamela)

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/444327/

6a.

Benjolan di leher balita 13m

Posted by: "yolani rizki" yolani_r@yahoo.com   yolani_r

Wed Nov 16, 2011 6:27 pm (PST)



Dear SP's and Doc's
 
Teman saya, Tina bunda nya Aisyah (13m) curhat pagi ini :
 
" Yola, anak ku ada benjolan di leher sebelah kanan nya, udh cek k dktr anak nya rs gandaria, d ksi antibiotik...ga kempes jg, cek tht d bilang amandel, d ksi antibiotik, ga kempes jg...skr malahan kyk melebar&memerah...kliatan kyk bisul, tp koq d dalem...

knp yah ? ku musti cek kmn lg ya? ga tenang bgt neh"

*>boleh di share ke milis ga? kronologisnya mulai dari kapan? dan antibiotiknya apa?

"silakaaaaaaannn,
kliatan benjolan nya udh ada 1 bln ini,
di ksi antibiotik amoxan drops&cefixime puyer gitu
tp hari ini lg ga bawa bb, klupaan.."
 
Kira-kira ada yang bisa bantu untuk kasih masukan ga buat temanku Tina, kasian soalnya Aisyah udah bertubi-tubi kena AB.. 
 
Regards,
yola mummy nya kyla dan Radin 

.

[Non-text portions of this message have been removed]

6b.

Re: Benjolan di leher balita 13m

Posted by: "nia2R" niea_152@yahoo.com   niea_152

Wed Nov 16, 2011 6:30 pm (PST)



Mb coba broSing Soal KGB (kelenjar getah bening)..SOL

-nia-ibunya Razan Ragha
@nieafardina

6c.

Re: Benjolan di leher balita 13m

Posted by: "yolani rizki" yolani_r@yahoo.com   yolani_r

Wed Nov 16, 2011 6:35 pm (PST)



Baiklah mba Nia.. trims atas responnya..

cheers,
 
yola

[Non-text portions of this message have been removed]

7a.

VinaFluor

Posted by: "Lusiana Lioe" lusiana_lioe@yahoo.com   lusiana_lioe

Wed Nov 16, 2011 6:37 pm (PST)



Dear SP's & Doc's,

Anakku 5Y 6M ke dktr gigi, karena giginya banyak yg karies, dikasih resep VINAFLUOR selama 1 bln dosis 1x sehari, lalu berenti 6 bulan, trus lanjut lagi 1 bulan sampai 3xperiode.

Apakah VINAFLUOR ini aman ya? soalnya setau saya pasta gigi yg dianjurkan kan yg tidak mengandung fluoride karena takut tertelan, nah vinafluor ini kan isinya sodium fluoride.

please sharing ya.... thx :)

Regards,
Lusi

[Non-text portions of this message have been removed]

7b.

Re: VinaFluor

Posted by: "michael_michael99@yahoo.com" michael_michael99@yahoo.com   michael_michael99

Wed Nov 16, 2011 7:23 pm (PST)



Hi docs and sps,

Aku juga pengen tahu merek2 pasta gigi yg mana boleh dipakai untuk anak umur 3y,soalnya sudah ada carries and what are the effects of fluoride on a child?
Bukannya flouride itu ditambah ke air minum juga untuk menjaga kesehatan gigi?


Thanks

Ishna

Sent from my BlackBerry�
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: Lusiana Lioe <lusiana_lioe@yahoo.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Thu, 17 Nov 2011 10:37:21
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] VinaFluor

Dear SP's & Doc's,

Anakku 5Y 6M ke dktr gigi, karena giginya banyak yg karies, dikasih resep VINAFLUOR selama 1 bln dosis 1x sehari, lalu berenti 6 bulan, trus lanjut lagi 1 bulan sampai 3xperiode.

Apakah VINAFLUOR ini aman ya? soalnya setau saya pasta gigi yg dianjurkan kan yg tidak mengandung fluoride karena takut tertelan, nah vinafluor ini kan isinya sodium fluoride.

please sharing ya.... thx :)

Regards,
Lusi


[Non-text portions of this message have been removed]



[Non-text portions of this message have been removed]

8a.

Curhatan bayi kuning

Posted by: "endah oktaviani" si_anak_dajjal@yahoo.com   si_anak_dajjal

Wed Nov 16, 2011 7:30 pm (PST)



Dear docs & SP's..
Lama ga posting disini..sekarang posting karna ada kejadian menggelitik yg terjadi di keluarga saya :)
Begini, tgl.5 Oktober lalu ipar saya (seorang TNI-AD) melahirkan di RS khusus TNI melalui operasi sesar.
Bayinya sehat, gendut, tapi kok susah banget disuruh menyusu. Kerjaannya tiduuur terus.
Alhasil bilirubin naik, 11 koma sekian (saya lupa). Sy bilang wajar,mungkin karna breastmilk jaundice, dan biasanya dengan terapi ASI dan dijemur dirumah kan normalnya cepat hilang dengan sendirinya. (itu saya alamin juga sama anak saya, cuman 2 hari lgs bilirubin normal lagi).

Anehnya sampe lebih dari sebulan bayinya masih kuning, bilirubinnya tetep mentok di angka 10. Saya tanya apa saran dokternya, dijawab begini:
"Dokternya suruh berenti ASI, katanya ASI yang bikin bayinya kuning karna si  bayi menolak ASI ibu"
haa?saya kaget dong. Masa ada ASI yang notabene ciptaan Tuhan bikin anak jd kuning? Lucunya kakak saya nih saking stressnya kaya dihipnotis, sekarang bayinya minum sufor,,,hiks sediiiiih...
Lebih kaget lagi pas tau kalo bayi kakak sy belom diimunisasi apapun sampe sekarang, alesannya karna masih kuning.

Mo nanya nih, apa gada indikasi penyakit lain yg bikin bilirubin bayi terus tinggi? (apa kelainan hati or something..apa perlu semacem tes/screening lainkah?)

Thx infonya,
Endah

[Non-text portions of this message have been removed]

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Health

Heartburn or Worse

What symptoms

are most serious?

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Sitebuilder

Build a web site

quickly & easily

with Sitebuilder.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: