Saturday, November 12, 2011

[sehat] Digest Number 16487

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: Diagnosa ISPA dan Typus From: F.B.Monika
2a.
Re: Asuransi utk orang tua From: piep71@ymail.com
2b.
Re: Asuransi utk orang tua From: Cherie Hadiwidjaja
2c.
Re: Asuransi utk orang tua From: uyung_honey@yahoo.com
3a.
Wta Keringetan banget From: dewi ck
3b.
Wta Keringetan banget From: dewi ck
4a.
Re: Tolong baca: Hasil lab urin From: Yovita Ananta
4b.
Re: Tolong baca: Hasil lab urin From: azzajelita@yahoo.com
5.
(Ask)rekomendasi dokter penyakit dalam From: Fitri Mahdarina
6a.
Re: busui dermatitis kontak dikasih obat2an ini..minta masukannya.. From: Ira Indrawati
6b.
Re: busui dermatitis kontak dikasih obat2an ini..minta masukannya.. From: Ade Novita Juliano
7a.
Re: Help meee kandidiasis From: diah satrio
8a.
Re: mumpung wik-en mao share my weaning with love ach.... *maap panj From: Inta
8b.
Re: mumpung wik-en mao share my weaning with love ach.... *maap panj From: Qiqie Mama Nayla
9a.
Tanya: Apa maksudnya cacar air keluar di dalam? From: Yeptirani Syari
9b.
Re: Tanya: Apa maksudnya cacar air keluar di dalam? From: risma
10.
Re: UPDATE TERBARU newborn ASI blm keluar From: Ika
11a.
Re: (tanya) Puting 'sariawan', harus diapakan? From: Ade Novita Juliano
11b.
Re: (tanya) Puting 'sariawan', harus diapakan? From: puti stephania
11c.
Re: (tanya) Puting 'sariawan', harus diapakan? From: Ade Novita Juliano
12.
Re: Batuk Alergi From: risma
13.
Campak/roseola/rubella + efeknya buat bumil From: Retna Soraya
14a.
(tanya)biaya usg abdominal From: eviseptiani@gmail.com
14b.
Re: (tanya)biaya usg abdominal From: asamisunt@gmail.com
14c.
Re: (tanya)biaya usg abdominal From: eviseptiani@gmail.com

Messages

1a.

Re: Diagnosa ISPA dan Typus

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Sat Nov 12, 2011 3:52 am (PST)



Dear Mbak Elyta,

Apa indikasi anak tsb di rawat inap? Apakah sesak napas karena ISPA nya / lemas sekali / dehidrasi / hal lain ?
Untuk penegakan diagnosa typusnya berdasarkan apa? Tes Widal / yg lain?
Untuk penurun panasnya Proris , kandungannya Ibuprofen. Sudah tau ya Mba mengenai Ibuprofen vs Paracetamol ?
Mengenai AB lainnya disesuaikan dengan diagnosanya, tapi highlight penegakan diagnosanya pastinya.

F.B.Monika

2a.

Re: Asuransi utk orang tua

Posted by: "piep71@ymail.com" piep71@ymail.com

Sat Nov 12, 2011 3:55 am (PST)




Cerita Soal asuransi kemarin mau buat asuransi buat ibu usia 62th, udah dibuatin ilustrasi 10jt/thn sama al*ia*z kita buat pengennya yg pki rawat inap ternyata kalo usia lebih 55thn gak bisa pki rawat inap cuma masukin salah satu penyakit kritis aja, trus tny temen di pru*d*n*ial rawat inap bisa masuk tp max usia 60th
Akhirnya gak jadi deh

Sarica
2b.

Re: Asuransi utk orang tua

Posted by: "Cherie Hadiwidjaja" cherie.hadiwidjaja@gmail.com   cherie_ph

Sat Nov 12, 2011 4:17 am (PST)



Saya baru aja masukin mama saya di sequ*s krn dia ada program baru
sampe manula usia 65th.kebetulan mama saya skrg 64,5th (kalo di
asuransi udah masuk 65th 6bln sebelum hari ultahnya).memang mahal
sekali 3jt/bln untuk dpt rawat inap kamar 600rb/hr dan biaya lain2
seperti bedah,biaya dokter,dll.tapi mengingat skrg biaya sakit sangat
mahal,dan semua org pasti akan sakit walaupun sdh jaga makan n
olga,maka saya tetap masukin mama saya.ohya,untuk rawat inapnya
dicover sampe 75th.

Regards,
Mqmqnyq K n *iko

*sama sekali bukan agen asuransi ya

On 11/12/11, piep71@ymail.com <piep71@ymail.com> wrote:
>
> Cerita Soal asuransi kemarin mau buat asuransi buat ibu usia 62th, udah
> dibuatin ilustrasi 10jt/thn sama al*ia*z kita buat pengennya yg pki rawat
> inap ternyata kalo usia lebih 55thn gak bisa pki rawat inap cuma masukin
> salah satu penyakit kritis aja, trus tny temen di pru*d*n*ial rawat inap
> bisa masuk tp max usia 60th
> Akhirnya gak jadi deh
>
> Sarica
>
> ------------------------------------
>
> Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
> - Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal
> FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.
>
> Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland,
> dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami,
> PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>
> "Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
> =================================================================
> Milis Sehat thanks to:
> - AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS
> SEHAT 2011.
>
> Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk.
> who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi
> Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
> "SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.
>
> Kunjungi kami di (Visit us at):
> Official Web : http://milissehat.web.id/
> FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
> Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
> ==================================================================
> Donasi (donation):
> Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
> Bank Mandiri
> Cabang Kemang Raya Jakarta
> Account Number: 126.000.4634514
> ==================================================================Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>

2c.

Re: Asuransi utk orang tua

Posted by: "uyung_honey@yahoo.com" uyung_honey@yahoo.com   uyung_honey

Sat Nov 12, 2011 4:33 am (PST)



Sekedar info:

Saya juga baru terima polis orang tua saya yg saat ini berusia 58 thn dari Prudential.

Utk rawat inap dgn menggunakan kartu Pru HS (full cover biaya RS) bisa dicover sampai dengan usia 75 thn. Utk sakit kritis jg bisa dicover s/d usia 85 thn. Besarnya manfaat yg diperoleh n premi yg disetor jg relatif ya, bisa disesuaikan dgn budget n kebutuhan kita kok mba. Jd bisa qta atur geto, he3

Klo mau info detailnya brp manfaat yg diterima n premi yg disetor, bisa japri ke aku aja.

Maaf klo tdk membantu

Regards

Mama Sandi n Nanda

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: Cherie Hadiwidjaja <cherie.hadiwidjaja@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Sat, 12 Nov 2011 19:17:17
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Asuransi utk orang tua

Saya baru aja masukin mama saya di sequ*s krn dia ada program baru
sampe manula usia 65th.kebetulan mama saya skrg 64,5th (kalo di
asuransi udah masuk 65th 6bln sebelum hari ultahnya).memang mahal
sekali 3jt/bln untuk dpt rawat inap kamar 600rb/hr dan biaya lain2
seperti bedah,biaya dokter,dll.tapi mengingat skrg biaya sakit sangat
mahal,dan semua org pasti akan sakit walaupun sdh jaga makan n
olga,maka saya tetap masukin mama saya.ohya,untuk rawat inapnya
dicover sampe 75th.

Regards,
Mqmqnyq K n *iko

*sama sekali bukan agen asuransi ya

On 11/12/11, piep71@ymail.com <piep71@ymail.com> wrote:
>
> Cerita Soal asuransi kemarin mau buat asuransi buat ibu usia 62th, udah
> dibuatin ilustrasi 10jt/thn sama al*ia*z kita buat pengennya yg pki rawat
> inap ternyata kalo usia lebih 55thn gak bisa pki rawat inap cuma masukin
> salah satu penyakit kritis aja, trus tny temen di pru*d*n*ial rawat inap
> bisa masuk tp max usia 60th
> Akhirnya gak jadi deh
>
> Sarica
>
> ------------------------------------
>
> Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
> - Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal
> FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.
>
> Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland,
> dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami,
> PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>
> "Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
> =================================================================
> Milis Sehat thanks to:
> - AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS
> SEHAT 2011.
>
> Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk.
> who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi
> Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
> "SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.
>
> Kunjungi kami di (Visit us at):
> Official Web : http://milissehat.web.id/
> FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
> Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
> ==================================================================
> Donasi (donation):
> Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
> Bank Mandiri
> Cabang Kemang Raya Jakarta
> Account Number: 126.000.4634514
> ==================================================================Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>


[Non-text portions of this message have been removed]

3a.

Wta Keringetan banget

Posted by: "dewi ck" ck_kusumadewi@yahoo.com   ck_kusumadewi

Sat Nov 12, 2011 3:59 am (PST)



Dear all,
Mau tanya, hari ini k muntah2 3x. Yg pertama susu campur bubur n ada buah anggur yg gak tercerna,kedua muntah susu krn baru nen,ke3 air krn hbs minum sm ayahnya. bab 4x berwarna ijo(agak padat 1x saat subuh,bgn tidur bab biasa&bnyk 1x,siang kecipirit ada lendir 2x) suhu badan normal (3 hari lalu sempet 38.5, 2hari)
Keringetan banyak banget (lebih dari biasanya) tiap diseka keringetan lg dr 4 jam yg lalu seperti itu..
Keringetnya knapa ya? Suhu kamar di (26-28 tdk pakai ac)

Thanks ya,
Dewi ck

3b.

Wta Keringetan banget

Posted by: "dewi ck" ck_kusumadewi@yahoo.com   ck_kusumadewi

Sat Nov 12, 2011 4:46 am (PST)



Dear all,
Mau tanya, hari ini k muntah2 3x. Yg pertama susu campur bubur n ada buah anggur yg gak tercerna,kedua muntah susu krn baru nen,ke3 air krn hbs minum sm ayahnya. bab 4x berwarna ijo(agak padat 1x saat subuh,bgn tidur bab biasa&bnyk 1x,siang kecipirit ada lendir 2x) suhu badan normal (3 hari lalu sempet 38.5, 2hari)
Keringetan banyak banget (lebih dari biasanya) tiap diseka keringetan lg dr 4 jam yg lalu seperti itu..
Keringetnya knapa ya? Suhu kamar di (26-28 tdk pakai ac)

Thanks ya,
Dewi ck

4a.

Re: Tolong baca: Hasil lab urin

Posted by: "Yovita Ananta" yovitaananta@gmail.com   yovita

Sat Nov 12, 2011 4:48 am (PST)



Bu Azza,

Kalau dr lab-nya, yg urin, belum saya analisa lbh lanjut ya (pertanyaan saya di email sebelumnya ttg prosedur pengambilan urin-nya blm dijawab :))

Utk darah, trombositnya kurang dr normal, masih mungkin dengue fever walaupun NS-1 negatif, krn di hari ke-4 atau 5 dan seterusnya NS-1 bisa sdh tidak terdeteksi lagi. Tapi mohon konfirmasi lagi ke dr Endah ya, kan yg periksa beliau dan kita tidak mengobati hasil lab, harus digabungkan dgn gejala klinis.

Yovita

4b.

Re: Tolong baca: Hasil lab urin

Posted by: "azzajelita@yahoo.com" azzajelita@yahoo.com   azzajelita

Sat Nov 12, 2011 5:28 am (PST)



Oya maaf dok, pengambilan urine nya pake kantung yg ditempel di penis nya gt sih,trs aku cek per 15menit,lgsg dibawa ke lab dkt rmh,jd ga smp 30mnt ko dok..

Anakku msh mw makan walopun aku ksh bubur aja sementara ini,dan makan ga tlalu banyak,msh mau mnm sari buah,mnm susu sdkt,dan air putih jg msh mau..
Seharian ini ga panas suhu bdn normal sekitar 36..

Ak sdg curiga roseola sih, ada bintik2 di muka dan perut,tp dikit ga tlalu banyak..

Dokter nya blg sih itu virus..

Sy jg msh observasi trs..

Pertanyaannya: jd msh ada kemungkinan dengue yah?

Lalu kalo roseola,treatment nya ga ada kan ya dok?

Thxx
Azza


Sent from my BlackBerry� smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
5.

(Ask)rekomendasi dokter penyakit dalam

Posted by: "Fitri Mahdarina" fitri_arsa@yahoo.com   fitri_arsa

Sat Nov 12, 2011 4:50 am (PST)



Dear all,
Sesuai judul, mohon rekomendasi nya untuk dokter specialis penyakit dalam (kasus ISK) di rs puri indah/siloam kebon jeruk, yang rum n komunikatif tentunya :).
Japri aja ya. Takut menyalahi aturan milis.

Trims sebelumnya

Regards,


F i t r i
Mamanya Arsa

Sent from my ChocoBerry�
6a.

Re: busui dermatitis kontak dikasih obat2an ini..minta masukannya..

Posted by: "Ira Indrawati" ira.tgh.indrawati@gmail.com   ira_indrawati

Sat Nov 12, 2011 4:53 am (PST)



Puntenmbak Gita, cumabisa komentar sedikit (maaf spacebar saya suka
dodol...gakenak banget ngetiknya)
Steroid oral jangan diminum ....risikonya terlalu besar, bahkan bagi yang
bukan busui.
bestalin apaya? kalo antihistamin, cek dulu apakah aman/tidak untuk busui.
kalau aman dan gatal tidaktertahankan,misalnya sampai mengganggu tidur,
boleh diminum.
salep kortikosteroid memang obat lini pertama untuk dermatitis. menurut
saya apa yg diberikan kpd mbak bisa dicoba. maaf ini bukannya menyetujui
salep racikan, tapi kalau kondisi sekarang sudah sangat perlu, sementara
tidak ada salep kortikosteroid yg lain, mungkin yang ada ini bisadicoba
dulu sebelum sempat minta second opinion. daripada tidak diobati
samasekali. minimal salep racikan itu sudah ketahuan isinya.
segera secondopinion yambak.... baca2 dulu referensi terpercaya.
btw, sudah coba kompresdgn larutan garam fisiologis untuk desinfeksi ringan
dan menyamankan rasa sakit di lesi? mungkin bisadicoba.

semoga membantu,
Ira

2011/11/12 gita Nasution <gitamuu@yahoo.com>

> **
>
>
> dear SPs and Docs...
>
> Saya masih menyusui anak(15m)..kebetulan aku dermatitis kontak udah 3x..
> dan ini yg ketiga kalinya..kambuh lg karena masih terpapar alergen curiga
> sabun cuci..
> nah yang ke tiga ini diresepkan
> 1. kenacort tablets 4mg 3x sehari
> 2. bestalin 25mg tablet 1x sehari
> 3. salep racikan : biocream 20gr cream dan kloderma cream 10gr
>
> yg bikin sebel pas aku cek..obat2an ini sangat tidak dianjurkan buat ibu
> menyusui..padahal sudah tanya dokter..dokternya bilang aman..
> gimana yah moms dan dokter..
> antara bimbang mau minum apa enggak..tanganku gatalnya tidak tertahankan,
> bengkak2 sakit sekali...apalagi kalau kena air gatalnya bukan main..
> mohon masukannya..thanks..
>
> Gita
> Ibunya Anakki (15m)
>

[Non-text portions of this message have been removed]

6b.

Re: busui dermatitis kontak dikasih obat2an ini..minta masukannya..

Posted by: "Ade Novita Juliano" ade.novita.juliano@gmail.com   novita_ade

Sat Nov 12, 2011 6:32 am (PST)



Dear Mba Gita,

bagaimana saat ini? mudah2an sudah membaik ya

untuk obat2anya rasanya ga perlu harus seramai itu ya, mungkin nanti para
dokter lebih kompeten untuk berbagi

untuk ibu menyusui sangat penting untuk menanyakan kadar aman obat yang
diresepkan, dapat dibaca pula pada petunjuk penggunaan obatnya

ada beberapa obat yang memang membutuhkan ibu untuk menunggu beberapa waktu
sebelum menyusui

untuk menjaga produksi ASI maka ibu disarankan memerah dan membuang asip
nya bila rentang waktu belum cukup

untuk menjaga kebutuhan ASI bayi, maka ibu dapat meminta pendamping
memberikan asi perah yang telah ada sebelumnya

di situs kellymom dan askdrsears, ada beberapa obat2an yang sudah dibuatkan
list resiko dan manfaat bila digunakan saat menyusui

untuk alergi coba lihat di link ini
http://www.askdrsears.com/topics/breastfeeding/while-taking-medication/allergy-medicines

untuk alergi, penting sekali mba melihat catatan mba. atau mereview apa
pencetusnya, sehingga bisa dihindari dikemudian hari

nanti mungkin teman2 klasi yg membantu mengumpulkan materi ASI dan obat2an
bisa membantu menambahkan :)

semoga cepat sembuh ya

salam,
@Ade_Novita

[Non-text portions of this message have been removed]

7a.

Re: Help meee kandidiasis

Posted by: "diah satrio" diahfa@yahoo.com   diahfa

Sat Nov 12, 2011 5:08 am (PST)



Mba maya,
Ini hasil browsing2 ttg 'thrush in breastfeeding mom'

'Some common signs of a yeast infection in nursing mothers are:

itchy, pink, red, shiny, or burning nipples (may be cracked) (Note that pink, tender nipples can also be a sign of a bacterial infection, or dermatitis, which should be diagnosed and treated by a dermatologist.)

deep, shooting breast pain during or after feedings'

'Your provider may recommend that you apply an antifungal prescription medication cream called Nystatin to your nipples to treat the yeast on your breasts so that you and your baby won't pass the infection back and forth. Or she may recommend applying an over-the-counter antifungal cream like Lotrimin or Monistat to your nipples after every nursing for a week to ten days. If you're still in pain after this treatment, you may be prescribed a more potent antifungal medicine like oral Diflucan.'

To treat your baby's thrush, your pediatrician will likely prescribe Nystatin. You'll "paint" the medicine on the white patches with the enclosed applicator (or your finger) several times a day for ten days. Be sure to give the Nystatin after nursing so the medicine will stay in your baby's mouth longer. It may take a week to clear up the infection

Selengkapnya disini ya mba :
http://www.babycenter.com/0_thrush-in-breastfeeding-moms_8486.bc?page=2

Semoga membantu,

Salam
Diah
@diahapt
8a.

Re: mumpung wik-en mao share my weaning with love ach.... *maap panj

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Sat Nov 12, 2011 5:33 am (PST)



Yeay team yang kompaaak. Selamat yah mbaa, buat team kecilnya yang hebat.

Cheers, Inta
@Intamardwityo
terkirim dari henponkuh

8b.

Re: mumpung wik-en mao share my weaning with love ach.... *maap panj

Posted by: "Qiqie Mama Nayla" deswita.nashwa@gmail.com   rizkie3

Sat Nov 12, 2011 6:24 am (PST)



Senangnya ya mba :)

Nashwa (23m) sebelum adeknya lahir masih nenen walau ASInya udah ga
keluar.. pas di RS pun ikut mancing supaya ASI keluar (langsung naik tempat
tidur dan nenen).. pas ASI dah keluar malah sempet geli ngeliat ada yang
keluar dari PD mamanya, tapi lama2 malah ga mau lepas klo nenen sebelum
tidur..sampai susah dilepasnya.. papanya udah marah2 ga ngebolehin nenen,
tapi nashwa malah makin ngucur air matanya, sambil setengah tertidur,
setengah nangis.. makin ga tega :( udah gitu klo minta nenen nunggu papanya
ga ada.. klo papanya di rumah ga boleh dipanggil.. mamanya jadi serba salah
deh..

salam,
qiqie

[Non-text portions of this message have been removed]

9a.

Tanya: Apa maksudnya cacar air keluar di dalam?

Posted by: "Yeptirani Syari" sehat.syari@gmail.com

Sat Nov 12, 2011 5:38 am (PST)



Ada 1 pertanyaan yang masih belum saya dapat jawabannya walo cari di gugel
sekalipun (ah, mungkin salah keyword kali ya?)

waktu Zee kena varisela, banyak banget nasihat masuk, mulai dari minum air
kelmud, jus daun katuk, mandi air cucian beras, dll..
intinya tujuannya 1, supaya cacarnya cepet keluar semua dan gak keluar di
dalam.

saya bingung, maksudnya cacar keluar di dalam tuh apa?
soalnya bareng sama nasihat itu, saya dikasih tau, kalau cacar sampai
keluar di dalam, bahaya sekali!

for info: para pemberi nasihat gak ada yang tau apa maksudnya cacar air
keluar di dalam dan apa bahayanya (-_-)"
daripada penasaran seumur hidup, mending nanya di sini deh... ^_^

makasih buat jawabannya ^_^

--
Yeptirani Syari, ~Dandanya Zee~
"kalo mo japri, ke *y.syari@gmail.com* ajah... biar gak nyelip :p"

[Non-text portions of this message have been removed]

9b.

Re: Tanya: Apa maksudnya cacar air keluar di dalam?

Posted by: "risma" bunda_fazil@yahoo.com   bunda_fazil

Sat Nov 12, 2011 6:53 am (PST)




Mba yepti,
Keknya sy juga baru tau tuh ada cacar keluar di dalem
Hehehe...

Tp klo gak salah memang shingles varicela bisa muncul di bola mata, di lubang telinga, dll.
Paling ditakutin klo di bola mata krn bisa berakibat kebutaan.
Cmiiw ya sps and docs...

Mungkin itu yg dimaksud ya...

-risma-

10.

Re: UPDATE TERBARU newborn ASI blm keluar

Posted by: "Ika" savitriika@ymail.com   savitriika@ymail.com

Sat Nov 12, 2011 5:49 am (PST)



Dear all SP, Doc,

ASI nya sdh keluar baru saja adik saya kasi kabar..

Makasih smua buat sharingnya, ilmunya,,


Ika
*hepi berat
Sent from my WhiteBerry� smartphone supported by My Luvly Husband
11a.

Re: (tanya) Puting 'sariawan', harus diapakan?

Posted by: "Ade Novita Juliano" ade.novita.juliano@gmail.com   novita_ade

Sat Nov 12, 2011 6:01 am (PST)



Dear Puti

bagaimana sekarang? mudah2an sudah membaik ya..

saat ini, apa saja yang sudah puti lakukan dalam menghadapi salah satu
tantangan ibu menyusui ini?

penyebab tersering puting sakit atau luka adalah kurang tepatnya posisi
pelekatan mulut bayi, coba deh puti perhatikan lagi

lalu saat ini ketika sudah terjadi luka biasanya kesentuh bra/kaos/atau
disusui terasa sakit sekali

rasa sakit saat disusui bisa dibedakan lagi, sakit diawal atau sakit
sepanjang menyusui

karena payudara bagian yang paling sensitif di perempuan, maka efek
psikologis juga menambah rasa sakit ini

namun, sangat penting bagi ibu menyusui untuk t*etap menyusui dan memerah
ASI, karena menunda menyusui akan membuat asi menumpuk dan dapat
menimbulkan masalah baru, yaitu mampet/bengkak.menurunnya produksi ASI*
*
*
*Berikut Tips menyusui ketika puting sakit*

*
*

*
*

*1. **Tips Sebelum menyusui ketika puting sakit*

*a. **Buat diri anda lebih santai/damai/relax, cobalah mengingat hal2
yg memotivasi anda untuk menyusui*

*b. **Pijat lembut payudara anda*

*c. **Kompres hangat, bisa menggunakan handuk hangat, mandi air
hangat, dll*

*d. **Perah asi dan oleskan pada puting dan aerola, ini berguna untuk
melembutkan dan menghilangkan rasa sakit serta menyembuhkan secara perlahan*

* *

*2. **Tips Saat Menyusui ketika puting sakit*

*a. **Tawarkan pada bayi untuk menyusu dari payudara yang tidak
sedang sakit atau terlalu sakit*

*b. **Pastikan pelekatan mulut bayi tepat*

*c. **Coba ubah2 posisi menyusui anda*

*d. **Ketika posisi pelekatan bayi berubah, atau bayi berhenti
menyusu, bantu lepas pelekatan dengan menekan dagu bayi dengan ibu jari
ibu, dan masukanjari kelingking ibu ke mulut bayi*

*e. **Jika bayi terbangun dan ingin menyusu, koreksi pelekatan agar
kembali tepat, atau pindahkan bayi ke payudara yang lain*

*
*

*3. **Tips saat selesai menyusui ketika puting sakit*

*a. **Lihat kondisi puting anda*

*b. **Perah ASI dan oleskan ke puting dan aerola anda, asi hindmilk
atau asi belakang memiliki lemak tinggi yang dapat menyembuhkan luka pada
puting dan ata aerola*

*c. **Biarkan payudara anda terbuka dahulu sambil menunggu kering,
bisa diangin-anginkan*

*d. **Bila menggunakan pelindung dada, maka sering2lah mengganti*

*
*

*4. *hindari**

a. Menggunakan apapun yg dapat mengeringkan puting anda (sabun,
sampo, ramuan2, sikat gigi, handuk kasar

b. menggunakan pompa terlalu kencang, terbaik adalah memerah dengan tangan

[Non-text portions of this message have been removed]

11b.

Re: (tanya) Puting 'sariawan', harus diapakan?

Posted by: "puti stephania" puti.stephania@gmail.com

Sat Nov 12, 2011 6:26 am (PST)



Dear Mba diah dan Mba ade,
Terima kasih atas responnya..

sekarang makin terasa sakit walaupun tidak diapa2kan.
Sementara ini baru saya bersihkan bagian yg seperti sariawannya. Ada
cairan warna putih kekuningan,yang setelah dibersihkan jadi terlihat
ada bolongan kecil di puting.
Saya ga yakin cairan ini apa,krn ga berbau.tp yg jelas lebih kental
sedikit dr asi yg keluar,dan tidak lengket.

Sy perhatikan,mulut anak sy baik2 aja dan perlekatan sejauh ini bagus
(anak sy sudah 14m),hanya memang dia suka menggigit dan menarik puting
saya ketika menyusu.tapi seingat saya,beberapa waktu belakangan ia
sudah jarang melakukan itu,makanya sy bingung kenapa tiba2 terasa
sakit.

Sementara masih saya susui langsung menggunakan PD yg sakit, walaupun
frekuensinya jd lbh jarang.rasa sakitnya berlangsung sepanjang
menyusui,hanya memang lebih sakit ketika awal menyusui (masalahny anak
sy suka cucuk cabut kl lg nyusu,ngajak main lah,terganggu suara
apalah,dst) T_T

oh ya,klinis sy baik2 aja,tidak demam,dst..

Salam,
Puti

11c.

Re: (tanya) Puting 'sariawan', harus diapakan?

Posted by: "Ade Novita Juliano" ade.novita.juliano@gmail.com   novita_ade

Sat Nov 12, 2011 6:39 am (PST)



Dear Mba Puti

memang ya.. kalau bayi sudah besar dan 14 bulan lagi ya.. pastinya makin
penasaran dengan sekitar, ga jarang puting ibu dijepit dan kepalanya
memutar untuk cari tau apa yang ia dengar :)

ibu bisa mensiasati dengan kesigapan ibu jari dan kelingking, dan
berulangkali menjelaskan dengan lembut, untuk meminta bantuan bayi
melepaskan pelekatan lebih lembut.

ini penting untuk menghindari adanya trauma pada bagian tersensitif
perempuan ini :)

saat membersihkan, seperti email saya sebelumnya, usahakan kondisi puting
dan aerola sudah dilembutkan ya... dan hindari menggesek atau memaksa

coba baca2 milk blister disini
http://www.kellymom.com/bf/concerns/mom/nipplebleb.html

salam,
@Ade_Novita

[Non-text portions of this message have been removed]

12.

Re: Batuk Alergi

Posted by: "risma" bunda_fazil@yahoo.com   bunda_fazil

Sat Nov 12, 2011 6:13 am (PST)




Mba dyah,
Klo tiap batuk pilek jd sesak....rasanya besar kemungkinan anak mba asma imho.
Tp utk dpt diagnosa asma, better konsul lbh lanjut ya.

Klo udah pasti asma, memang tiada lain hrs sedia bronkodilator in case sesak.
Dan salah 1 bronkodilator adalah salbutamol.
Salbutamol yg hrs sedia juga yg bentuknya inhaler, jgn yg oral.
Krn efek sampingnya besar, tp tidak tepat pd tujuannya sbg bronkodilator ato pelega saluran bronkus di paru2.

Usul saya konsul utk dapet diagnosa sesaknya...plus baca2 ttg asma di www.ginasthma.com

-risma-

13.

Campak/roseola/rubella + efeknya buat bumil

Posted by: "Retna Soraya" retna_s@bi.go.id   retna_sor

Sat Nov 12, 2011 7:09 am (PST)



Dear all,

Hari kamis malam kmrn, anakku rayhan (16bln) demam,skitar 38 c, abis HT alhamdulillah hari jumat sore udah turun dan kembali normal. Behaviour juga bagus,keringat bnyak keluar. Lega deh jadinya. Eh tp tadi pagi pas mandiin di seluruh badannya ada bintik2 merah tp masih blm jelas. Trus mulai keluar batuk sore tadi
Abis browsing antara campak,roseola dan rubela,kyanya gejala yg paling mendekati adalah rubela. Mohon koreksinya ya..oh ya, skrg ini rayhan sedang tumbuh geraham 2 biji dan gigi di bawah 1.
Satu lagi,kebetulan aku sedang hamil 3 bln dgn hasil TORCH baik IgG dan IgM postif keduanya..kalau memang rayhan kena rubela,apakah bisa membahayakan kehamilanku (krn tertular). Krn baca efek klo diderita bumil bisa mnyebabkan keguguran.
Mohon sarannya utk penanganannya.
Thanks a lot

Regards,
Bunda Rayhan
Sent from my BlackBerry� smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

"This e-mail (including any attachments) is intended solely for the addressee and could contain information that is confidential; If you are not the intended recipient, you are hereby notified that any use, disclosure, copying or dissemination of this e-mail and any attachment is strictly prohibited and you should immediately delete it. This message does not necessarily reflect the views of Bank Indonesia. Although this e-mail has been checked for computer viruses, Bank Indonesia accepts no liability for any damage caused by any virus and any malicious code transmitted by this e-mail. Therefore, the recipient should check again for the risk of viruses, malicious codes, etc as a result of e-mail transmission through Internet.�

14a.

(tanya)biaya usg abdominal

Posted by: "eviseptiani@gmail.com" eviseptiani@gmail.com

Sat Nov 12, 2011 7:27 am (PST)



Dear SP's

Selamat malam semua,
Ada yg punya informasi biaya usg abdominal berapa dan dari hasil usg itu apakah bisa terlihat semua keluhan / penyakit yg mungkin tak terdeteksi melalui periksa fisik oleh dokter?

Salam

Evi
Sent from my BlackBerry� smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
14b.

Re: (tanya)biaya usg abdominal

Posted by: "asamisunt@gmail.com" asamisunt@gmail.com   floreanwl

Sat Nov 12, 2011 7:32 am (PST)



Usg abdominal d lab prod*a 400rb, kalau tidak salah pemeriksaan mencakup ginjal,hati,empedu,limpa.
Kalau mau usg sebaiknya puasa makan 4jam dan meski minum air putih yang banyak..

Cmiiw

Salam
Santy
Sent from my BlackBerry� smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
14c.

Re: (tanya)biaya usg abdominal

Posted by: "eviseptiani@gmail.com" eviseptiani@gmail.com

Sat Nov 12, 2011 7:38 am (PST)



Terimakasih mba santy atas quick responsenya :)

Oia hasil lab itu ditunggu berapa lama ya mba?

Kalau di rscm lebih murah kali ya?

Salam,

Evi
Sent from my BlackBerry� smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Recent Activity
Visit Your Group
Share Photos

Put your favorite

photos and

more online.

Yahoo! Health

Early Detection

Know the symptoms

of breast cancer.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: