Friday, November 11, 2011

[sehat] Digest Number 16477

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: BB Bayi Lambat Naik From: Yovita Ananta
2a.
Re: Rejeki kami, maaf : [sehat] Re: pesanan melahirkan 11.11.11 From: ChiciErnest
2b.
Re: Rejeki kami, maaf : [sehat] Re: pesanan melahirkan 11.11.11 From: Cherie Hadiwidjaja
3a.
Re: BMI anak saya underweight From: Yovita Ananta
3b.
Re: BMI anak saya underweight From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
3c.
Re: BMI anak saya underweight From: Sativa Huang
4a.
BB anak saya underweight From: goofypinkku83@yahoo.com
4b.
Re: BB anak saya underweight From: nankrist
4c.
Re: BB anak saya underweight From: gendi
4d.
Re: BB anak saya underweight From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
5a.
Re: mata minus enam tidak bisa melahirkan normal From: milissonly
5b.
Re: mata minus enam tidak bisa melahirkan normal From: Candra Sona Trivita Dewi
5c.
Re: mata minus enam tidak bisa melahirkan normal From: yasmin
6a.
Re: pesanan melahirkan 11.11.11 From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
6b.
Re: pesanan melahirkan 11.11.11 From: eliebunny@yahoo.com
6c.
Re: pesanan melahirkan 11.11.11 From: heidy_jo@yahoo.com
7a.
Re: (Ask) imunisasi hib beda merk gpp kah?? From: /ghz
7b.
Re: (Ask) imunisasi hib beda merk gpp kah?? From: wening2007@yahoo.co.id
7c.
Re: (Ask) imunisasi hib beda merk gpp kah?? From: arel.sha
7d.
Re: (Ask) imunisasi hib beda merk gpp kah?? From: tristanathan
7e.
Re: (Ask) imunisasi hib beda merk gpp kah?? From: /ghz
8a.
Bls: [sehat] UPDATE newborn ASI blm keluar From: Elisabeth Dianita
9a.
Hamil muda From: Naibaho, Khasimah
9b.
Re: Hamil muda From: F.B.Monika
10a.
Re: UPDATE newborn ASI blm keluar From: nikka primiastri

Messages

1a.

Re: BB Bayi Lambat Naik

Posted by: "Yovita Ananta" yovitaananta@gmail.com   yovita

Thu Nov 10, 2011 10:35 pm (PST)



Bunda Zalfana,

Utk anak 1 thn ke atas (dan sudah bukan bayi lagi disebutnya, tp toddler/ batita :)), yg perlu dievaluasi bukan susunya (asi/sufor/uht), tp bagaimana pola makannya, kuantitas + kualitasnya.
Intinya kenaikan BB didapat dr rumus sederhana input - output.
Yg pengaruhi input itu jumlah kalori yg masuk.
Sedangkan output terdiri dr macam: basal metabolic rate, aktivitas, peningkatan penggunaan energi lain baik infeksi (misalnya ISK, TB, dll), maupun non infeksi (misalnya defisiensi besi).

Jd first step: evaluasi jumlah kalori yg masuk, apakah sdh sesuai dgn kebutuhan kalori menurut usia dan BB ideal (secara kasar bisa coba browsing di website2 nutrisi, atau bisa dibantu dietician kalau perlu detail)
Bila input ok, next step adalah cari kemungkinan output yg melebihi input.

Yovita



2a.

Re: Rejeki kami, maaf : [sehat] Re: pesanan melahirkan 11.11.11

Posted by: "ChiciErnest" chici.ernest@gmail.com

Thu Nov 10, 2011 10:36 pm (PST)



Naaahhh inih baru namanya rejeki! Congraattttzzzzz!! Duuhhh lebih hepi denger yg lahir hari ini secara normal yaa... :D

Regards,
@chiciernest

2b.

Re: Rejeki kami, maaf : [sehat] Re: pesanan melahirkan 11.11.11

Posted by: "Cherie Hadiwidjaja" cherie.hadiwidjaja@gmail.com   cherie_ph

Thu Nov 10, 2011 11:14 pm (PST)



Anak pertama saya lahir 5 mei 2005 jam 5pagi lebih 5menit :)
Lahiran normal...masuk RS jam 2 pagi dah bukaan 2 trus jam 5 nongollah
Kanaya (now 6yrs).
Tanggal cantik atau bukan,every baby is a wonderful gift from God....

Regards,
Mamanya K n Aiko

On 11/11/11, ChiciErnest <chici.ernest@gmail.com> wrote:
> Naaahhh inih baru namanya rejeki! Congraattttzzzzz!! Duuhhh lebih hepi
> denger yg lahir hari ini secara normal yaa... :D
>
>
> Regards,
> @chiciernest
>

3a.

Re: BMI anak saya underweight

Posted by: "Yovita Ananta" yovitaananta@gmail.com   yovita

Thu Nov 10, 2011 10:38 pm (PST)



Setuju dgn pak Gendi,
Bagaimana trend pertumbuhan selama ini? Apakah selalu jomplang persentil BB dan TB?
Selain itu, apakah pengukuran tinggi badan sdh dilakukan dgn cara yg tepat? (gampang2 susah soalnya) :)

Yovita

3b.

Re: BMI anak saya underweight

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Thu Nov 10, 2011 10:42 pm (PST)



Eh, ada suhu G, he2, tks ya pak
Kebetulan lagi cari2 masukan soal satu ini. Maklum Lin2 dan Felix masuk spesies kutilang (kurus tinggi langsing)

Cuma appreciate aja
Maaf.

Regards,
Marcella
*argumentasi ke lingkungan sekitar, meditasi dulu kayaknya
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
3c.

Re: BMI anak saya underweight

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Thu Nov 10, 2011 11:08 pm (PST)



>>Hari ini maunya cuma minum susu UHT aja.. Banyak banget. Nasinya cuma mau
nasi putih aja, itupun 3 sendok. Sekarang lagi nangis mau minta susu UHT
lagi. Apa gakpapa ya mom?

Sama-sama Mom.
Jangan-jangan mau tumbuh gigi?

Ngapapa Mom,
Pak or Bu cuma sebuah sebutan. :)

Melanjutin saran Pak Gendi.
Untuk plot di Growth Chart, tinggal masukin data dari lahir hingga
sekarang, nanti akan kelihatan kurva pertumbuhannya. Bisa coba WHO Anthro,
websitenya ada di sini:
http://www.who.int/childgrowth/software/en/

Download:
1. Microsoft Netframework
http://www.microsoft.com/download/en/details.aspx?displaylang=en&id=19

2. WHO Anthro (PC)
http://www.who.int/entity/childgrowth/software/WHO_Anthro_setup.exe

3. User manual:
http://www.who.int/entity/childgrowth/software/anthro_pc_manual_v322.pdf

Install dulu 1 baru 2.

Salam,

[Non-text portions of this message have been removed]

4a.

BB anak saya underweight

Posted by: "goofypinkku83@yahoo.com" goofypinkku83@yahoo.com   goofypinkku83

Thu Nov 10, 2011 10:43 pm (PST)



Mohon maaf sebelumnya, yang saya panggil Mom tadi ternyata Pak Sativa. Baru ngeh setelah baca email balasan dari Pak Gendi.

Luar biasa, bapak bapak ini ilmunya.. Terima kasih atas penjelasannya Pak Sativa dan Pak Gendi.

Btw, saya selama ini selalu happy sama tumbuh kembang anak saya dan tidak pernah stress dengan pola makannya. Karena saya tau, ada waktu dimana mereka menolak makanan asalkan mereka tetap tumbuh dengan baik. Hanya saja saya belum pernah membuat GC nya.

Dan saya akan mulai buat sekarang. Akan tetapi, sepanjang yg saya ingat.. Anak saya sampai dengan umur 1 tahun berkembang pesat baik tinggi maupun BB nya, namun seiring dia bisa jalan, akhirnya tinggi nya saja yg naik terus sedangkan BB nya hanya naik 2,5 kilo dalam 1 tahun 3 bulan. (Umur 1 tahun BB nya sudah 10 kilo, sekarang 2 tahun 3 bulan 12.5 kilo). Oiya tambahan info, anak saya itu full asi sampe 21 bulan. Mulai MPASI di 6 bulan.

Apa ada yg bisa dilihat dari situ pak? Mengingat saya belum pernah bikin GC nya.

Terima Kasih.
Powered by Telkomsel BlackBerry®
4b.

Re: BB anak saya underweight

Posted by: "nankrist" nankrist@yahoo.com   nankrist

Thu Nov 10, 2011 10:50 pm (PST)



Mbak,

saya kutip dari imel bapak sativa ya
http://health.groups.yahoo.com/group/sehat/message/280533
Kenaikan Minimal BB Bayi agar tetap berada di persentil yang sama:
Asumsi
BB lahir bayi Cewek : 3 kg Persentil: 30,2
BB lahir bayi Cowok: 3 kg Persentil: 23,1
(Untuk BB lahir lain, hampir sama)

Kenaikan BB (gram) dari bulan sebelumnya
Cewek Cowok
0 ke1 Bulan 900 1100
1 ke 2 Bulan 850 950
2 ke 3 Bulan 750 800
3 ke 4 Bulan 550 600
4 ke 5 Bulan 450 450
5 ke 6 Bulan 400 400
6 ke 7 Bulan 350 350
7 ke 8 Bulan 250 300
8 ke 9 Bulan 250 250
9 ke 10 Bulan 250 250
10 ke 11 Bulan 250 250
11 - 24 Bulan 200 200
2 tahun ke 3 tahun 200 150
_____

kl dlm 1 thn naik 2,5 kilo yg berarti average per bulan 200 gr,
bagus banget donk, mbak.
btw :
jangan dibandinkan dgn periode 6 bulan pertama,
yg sebulan bisa naik > 500 gr, mbak.
kan mbak ud jelas kenapa beratnya gak naik sepesat awal2 lahir,
karena anak mbak ud jalan aktifitasnya ud banyak gak kyk bayi yg cuman tiduran doang.

walaupun mbak blm bikin gc nya,
saya hampir yakin gc nya pun oke ;p

salam
cy

--- In sehat@yahoogroups.com, goofypinkku83@... wrote:
.... (Umur 1 tahun BB nya sudah 10 kilo, sekarang 2 tahun 3 bulan 12.5 kilo). Oiya tambahan info, anak saya itu full asi sampe 21 bulan. Mulai MPASI di 6 bulan.
>
> Apa ada yg bisa dilihat dari situ pak? Mengingat saya belum pernah bikin GC nya.
>
> Terima Kasih.
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>

4c.

Re: BB anak saya underweight

Posted by: "gendi" gendij@gmail.com

Thu Nov 10, 2011 11:18 pm (PST)



*Dan saya akan mulai buat sekarang. Akan tetapi, sepanjang yg saya ingat..
Anak saya sampai dengan umur 1 tahun berkembang pesat baik tinggi maupun BB
nya, namun seiring dia bisa jalan, akhirnya tinggi nya saja yg naik terus
sedangkan BB nya hanya naik 2,5 kilo dalam 1 tahun 3 bulan. (Umur 1 tahun
BB nya sudah 10 kilo, sekarang 2 tahun 3 bulan 12.5 kilo). Oiya tambahan
info, anak saya itu full asi sampe 21 bulan. Mulai MPASI di 6 bulan.

Apa ada yg bisa dilihat dari situ pak? Mengingat saya belum pernah bikin GC
nya.*

Ketika anak mba usia 1 tahun, BBnya ada di sedikit diatas P50
Sedangkan pas usianya 2 tahun 3 bulan, BBnya ada di sedikit dibawah P50

Karena infonya terbatas, hanya bisa mengira2 saja dan nampaknya sih masih
stabil yah pertumbuhan BB anaknya mba, masih di sekitar P50.
Sudah tahukan maksud dari P50 itu apa?

Benar sekali apa yang dikatakan mba nancy, kita tentunya tidak bisa
harapkan pertumbuhan anak usia 2 tahun sepesat ketika masih bayi.
Kalau mba nanti lihat GC, terlihat tuh garis kurva Lahir hingga 6 bulan
menukik tajam keatas. Lalu setelah itu garis kurvanya semakin landai. Itu
menandakan semakin nambah usia, semakin menurun pula tingkat pertumbuhan si
anak.

Coba bayangkan, bila pola pertumbuhan dari lahir sampai dewasa sama
pesatnya, sudah seberat dan setinggi apa kita sekarang? hehehe
Sebenarnya sekarangpun saya juga masih dalam masa pertumbuhan...tapi tumbuh
ke samping :-P

2 mba cella: ada banyak macam binatang yah kalau kita membahas pertumbuhan,
ada kutilang, tikus (tinggi kurus). ada apa lagi nih?

Regards,
Gendi J - Father of 2

[Non-text portions of this message have been removed]

4d.

Re: BB anak saya underweight

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Thu Nov 10, 2011 11:34 pm (PST)



Pak Sativa, itulah, bapak pas gak ada, yang nyari banyak.
Ini sudah pernah diajari oleh mbak Monik, tapi link2 bapak, yang pasti menolong yang tanya saat ini. Makasih ya pak, jadi inget lagi ilmu dulu2 saya.

Pak Gendi, ada kura darat, kurus ramping dada rata. Lah, bapak ke samping saya apa ya (*cari2 meteran nih)

Sebagai yang senasib, dulu Lin2 yang montok lalu terjun bebas bb nya tapi melonjak tingginya, cuma bisa berpesan, usahakan buat GC, nanti bisa tenangkan diri sendiri, sehingga percaya diri kalau butuh berargumentasi.

Dulu guru besar saya mbak Monik, dia jagoan GC dan imunisasi (*bareng Ria, hafal luar kepala tuh mereka)

Regards,
Marcella
*senang punya banyak guru di sini
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
5a.

Re: mata minus enam tidak bisa melahirkan normal

Posted by: "milissonly" milissonly@yahoo.co.id   milissonly

Thu Nov 10, 2011 10:49 pm (PST)



Hallo mbak, saya minus 7 waktu hamil, cek ke dsog pertama harus cesar krn minus, cek ke dsog ke 2 bisa normal. Akhirnya saya bisa melahirkan secara normal anak kembar saya, jadi tergantung mbaknya yakin atau tidak, dsog juga berpengaruh sih, jadi lebih tenang klo dsognya yakin bs normal.

Ana

5b.

Re: mata minus enam tidak bisa melahirkan normal

Posted by: "Candra Sona Trivita Dewi" ca2n_lho@yahoo.com   ca2n_lho

Thu Nov 10, 2011 11:13 pm (PST)



fyi, saya minus 6 dan bisa melahirkan normal di tahun 2010 yang lalu.
Sebelumnya memang sempat terbersit ketakutan karena ada yang berpendapat wanita berkacamata minus tidak bisa melahirkan normal. jadi saya meyakinkan pendapat dengan datang ke dokter mata. menurut dokter mata tersebut wanita berkaca mata minus tidak masalah melahirkan, yang menjadi permasalahan adalah apabila retinanya terlalu tipis atau tidak kuat. sehingga bukan minusnya yang menjadi masalah tapi tebal tibisnya retina.

Demikian, pls cmiw :)

 
 "KeEp SmIle"

________________________________

[Non-text portions of this message have been removed]

5c.

Re: mata minus enam tidak bisa melahirkan normal

Posted by: "yasmin" ymusi@yahoo.com   ymusi

Thu Nov 10, 2011 11:29 pm (PST)



Mbak, kk ku matanya minus 8 (+ silinder juga). Anaknya 3 semua lahiran normal. Malah anak yg ketiga berat lahirnya 4,1 kg.
Kayaknya sih baek2 aja tuh mbak.

HTH
-yasmin
Powered by Telkomsel BlackBerry®
6a.

Re: pesanan melahirkan 11.11.11

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Thu Nov 10, 2011 10:54 pm (PST)



Duh, mbak Wulan, dengan pengalaman : "Tadinya sudah dijadwalkan tgl 13/9 tapi ortu minta diundur karena tgl sgitu menurut kepercayaan Jawa watak anaknya keras dan susah diatur (halah...). Akhirnya ngalah mundur sehari dari tanggal itu.
Yah, tapi sampai sekarang (dah hampir 2 bln) perut masih terasa sakit di daerah jahitan, apalagi kalo ama Sofia ditendang pas lagi netek. T_T"

Ternyata kita yang muda mesti ngalah sama "yang jualan kalender - istilah mbak Neta", yang kasih bisikan ke orang tua2 kita, daripada konflik ya mbak. Saya ngerti banget sih posisi mbak.

Makanya pas saya sc, karena indikasi, ya gitu juga pertimbangannya, syukurnya gak ketahuan orang tua, jadi terhindar dilema "penjual kalender" tadi.

Soal sakit, kadang ada yang sakit, ada yang gak sakit kayak saya, bersyukur banget, padahal jujur sudah takut luar biasa.

Yang sabar ya mbak
Semoga cepat pergi sakit jahitannya, mayoritas teman kantor senasib sama mbak Wulan, jadi tahu gimana gak enaknya.

Regards,
Marcella
*peluk dari jauh
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
6b.

Re: pesanan melahirkan 11.11.11

Posted by: "eliebunny@yahoo.com" eliebunny@yahoo.com

Thu Nov 10, 2011 11:35 pm (PST)



Mba Cella,

Thank you bgt buat pelukannya niy...
*bales peluk*
Iyah, smoga sakitnya cepet ilang ya...
Kemaren lumayan ngeri lho luka jahitannya coz reaksi alerginya. Tapi ya diambil hikmahnya aja... Masih untung jahitannya di perut...

Btw, besok Senin hari pertama ngantor lagi, SPs punya saran apa yg harus disiapkan nda selain mental??

-wulan, mamanya Sofia-
*masih berat ninggal anak*
Powered by Telkomsel BlackBerry0…3
6c.

Re: pesanan melahirkan 11.11.11

Posted by: "heidy_jo@yahoo.com" heidy_jo@yahoo.com   heidy_jo

Thu Nov 10, 2011 11:44 pm (PST)



Quote : Btw, besok Senin hari pertama ngantor lagi, SPs punya saran apa yg harus disiapkan nda selain mental??

Saya: siapin no telp darurat, cek baby 2 jam sekali, jangan lupa mompa tiap 2 jam di pojokan, datang telat pulang cepat.

Tenang mbaa, 3 bulan sih emang susaaahh ninggalinnya, nanti kalo udah 6 bulan, lebih susaaaaahhh lg ninggalinnya. Musti ngumpet2 kabur ke kantor.

Maaf kalo ga berkenan.

Salam,
Erika
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
7a.

Re: (Ask) imunisasi hib beda merk gpp kah??

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Thu Nov 10, 2011 11:02 pm (PST)



nimbrung dikit yah.

pertanyaan bu wening :

Kalau imunisasi hib1 dan hib2 beda merk gpp kah?? Baby Arka hib1 pakai tetract hib n hib2 pakai hiberix...
Baca2 ðï cdc jadwal imunisasi kok ada bacaan gini : "hiberix should not be used for doses at ages 2,4 or 6 m for the primary series but can be used as the final dose in children aged 12 m trough 4 years"

Jawaban saya :

mengutip yg di posting bu ria. :

Hiberix is licensed for use as the booster (final) dose for Hib
vaccination for children aged 15 months through 4 years (before the 5th
birthday) who have received a primary Hib vaccination series of 2 or 3
doses (depending on the formulation of the primary series vaccines).
ACIP recommends Hib booster dosing at ages 12 through 15 months (/1
<http://www.cdc.gov/mmwr/preview/mmwrhtml/00023705.htm>/). To facilitate
timely booster vaccination, Hiberix and other Hib conjugate vaccines can
be administered as early as age 12 months, in accordance with Hib
vaccination schedules for routine and catch-up immunization (/5/).
Hiberix is not licensed for the primary Hib vaccination series; however,
*if Hiberix is administered inadvertently during the primary vaccination
series, the dose should be counted as a valid PRP-T dose that does not
need to be repeated if it was administered according to schedule (/5/).
In these children, a total of 3 doses will complete the routine primary
series.
*
http://www.cdc.gov/mmwr/preview/mmwrhtml/mm5836a5.htm

==> saya bold dan perbesar.
saya coba artikan ...cmiiw :

jika secara tidak sengaja hiberix diberikan pada jadwal vaksin primer.
maka dosis harus dihitung sebagai dosis PRP-T yang valid yang tidak
perlu diulang jika diberikan sesuai jadwal (5).
Pada anak-anak ini, total 3 dosis akan melengkapi seri primer rutin.

bapakeghozan :
ketidaksengajaan ini tidak ada keterangan apakah berturut-turut
3kali(2m, 4m dan 6m), atau random 2kali, atau random cuma 1kali.
ini membuat saya binggung, namun membaca baris akhir "total 3 dosis akan
melengkapi seri primer rutin"
asumsi saya..ini asumsiloh yah....Hiberix diberikan berturut2 3x pada
jadwal vaksin primer (2m, 4m dan 6m) sudah cukup, tidak perlu sampai 4
kali sesuai jadwal pemberian Hib.

balik lagi kasusnya ibu wening ini sudah terlanjurkan yah :
hib 1 tetrachib ( dtap+hib )
hib 2 hiberix

opsinya kl menurut saya:
hib3 kasih hiberix lagi sesuai jadwal ulangan Hib(intervalkan 2bulan),
jadi tdk ada hib4.

binggung yah...
wong saya yg nulis aja binggung...??????..:)
kok jadi kontra kan hiberix gak direkomen utk vaksin primer, tp kok
ketika 'terlanjur' masih bisa diperbolehkan.
saya belum mencari/membaca alasan tdk di rekomendasikannya hiberix utk
vaksin primer, msh fokus ke kutipan diatas.

wis daripada mumet2
kita tunggu ahlinya

cmiiw

salamku
bapakeghozan--ikutan bu ria sinau lagiiiiiiii

[Non-text portions of this message have been removed]

7b.

Re: (Ask) imunisasi hib beda merk gpp kah??

Posted by: "wening2007@yahoo.co.id" wening2007@yahoo.co.id   wening2007

Thu Nov 10, 2011 11:12 pm (PST)



Nah...noh... Malah bikin bingung jg kan??
But tengkiu eniwei yah bapak e gozan (yg dah sekalian nerjemahin...tauu ajaa deh kl eike puyeng baca2 in english hahahaha )n juga bu Ria dgn link2nya...
Mg2 sebelum jadwal hib3 tgl 23nov bsk sdh ada ahli2 imunisasi yg menjawab kebingungan kita...amiiiiin

Matur tengkiu
Iin aka Wening *yg ndaaaaak tamat2 belajar imunisasi :D
Sent from my BlackBerry® smartphone from my hunnybunny ^_¤
7c.

Re: (Ask) imunisasi hib beda merk gpp kah??

Posted by: "arel.sha" levenons@gmail.com

Thu Nov 10, 2011 11:17 pm (PST)



2011/11/11 /ghz <ghozan10032005@gmail.com>

> **
>
> balik lagi kasusnya ibu wening ini sudah terlanjurkan yah :
> hib 1 tetrachib ( dtap+hib )
> hib 2 hiberix
>

Konfirmasi pak'e, Tetract itu DTP + HiB (bukan DTaP), bukan begitu?

Arel.

[Non-text portions of this message have been removed]

7d.

Re: (Ask) imunisasi hib beda merk gpp kah??

Posted by: "tristanathan" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Thu Nov 10, 2011 11:20 pm (PST)



betul mbak arel
tetrachib = DPT + HiB

-ria-

2011/11/11 arel.sha <levenons@gmail.com>

> **
>
>
> 2011/11/11 /ghz <ghozan10032005@gmail.com>
>
> > **
>
> >
> > balik lagi kasusnya ibu wening ini sudah terlanjurkan yah :
> > hib 1 tetrachib ( dtap+hib )
> > hib 2 hiberix
> >
>
> Konfirmasi pak'e, Tetract itu DTP + HiB (bukan DTaP), bukan begitu?
>
> Arel.
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

7e.

Re: (Ask) imunisasi hib beda merk gpp kah??

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Thu Nov 10, 2011 11:23 pm (PST)



On 11/11/2011 2:17 PM, arel.sha wrote:
> Konfirmasi pak'e, Tetract itu DTP + HiB (bukan DTaP), bukan begitu?
>
thx bu'e -sol-

8a.

Bls: [sehat] UPDATE newborn ASI blm keluar

Posted by: "Elisabeth Dianita" ita_sehat@yahoo.com   ita_sehat

Thu Nov 10, 2011 11:05 pm (PST)



"Bb lahir 3.4kg , bb sewaktu pulang 3.2kg
Menurut ibunya, baby lbh sering pup (kehijauan) drpd pipis, apakah ini normal ya?"

Dulu baby-ku pipisnya pas hari ke 1 s/d 3 juga kurang dari 6. Aku susuin terus, akhirnya di hari ke-4 baru deh pipisnya banyak lebih dari 6 kali. Trus pernah baca, baby ASIX juga akan sering pup terutama saat ASI masih berupa kolustrum.
Trus saat berusaha mengeluarkan ASI, apakah teknik ngeluarin ASI-nya sudah benar? Yang dipencet bukan putingnya ya, tapi area payudara sekitar 1-2 cm di belakang areola (area hitam di sekitar puting).
Bantu menyemangati adiknya ya Mbak, biar adik & baby-nya sama-sama belajar. Kalau perlu kirim bacaan yang berkaitan dengan ASI. Mbak Ika-nya juga belajar deh, biar bisa bantuin adiknya..
O iya, bila perlu, seperti sarannya Mbak pam kemarin, mungkin bisa mengundang Konselor laktasi untuk membantu melihat proses menyusuinya..

salam,
ita (ibuke Saka & Ambar)

[Non-text portions of this message have been removed]

9a.

Hamil muda

Posted by: "Naibaho, Khasimah" Khasimah.Naibaho@Mattel.com

Thu Nov 10, 2011 11:22 pm (PST)




Dear Sps & moms


Mohon sharenya donk yg sudah pengalaman hamil muda ataupun yg memahami tentang itu, Yang momong anak saya lagi mengalami demikian, tapi dia masih pengen kerja dan saya juga butuh dia karena anak saya sudah dekat banget dengan dia, bagaimana ya kiat kiatnya supaya tidak terlalu mual (mabok) apa yang harus di hindari dan apa yg harus di support buat sicalon janin,


Thanks


Bunda Rafa

[Non-text portions of this message have been removed]

9b.

Re: Hamil muda

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Thu Nov 10, 2011 11:52 pm (PST)



Dear Bunda Rafa,

Beberapa tipsnya : makan sedikit2 porsinya dengan frekuensi sering, hindari makanan pemicu mual (pedas, asam,berbumbu 'tajam), cukup istirahat, perbanyak minum (air jahe hangat cukup membantu)..

"Getting over the nausea

During the first trimester of pregnancy (and sometimes into the second and even the third), many women will experience feelings of nausea as their hormone levels change. While nausea in itself is unpleasant, the real problem is when it leads to a decreased appetite so the mom-to-be does not manage to get the nutrition her developing baby needs. In order to regain your appetite, it is important to try to prevent or treat pregnancy nausea. While not every method here may work for you, you need to keep experimenting until you find something that does work so you can get back to eating right for the two of you.

Difficulty:

Moderate

Instructions

Add a teaspoonful of ginger to a morning cup of tea. Ginger is a folk remedy for preventing or curing nausea and many women also report great success in controlling their nausea from drinking ginger ale, eating ginger snaps or sucking on ginger-flavored hard candies.

Eat a few crackers or another high-carbohydrate food before you get out of bed in the morning. Take things very slowly until the carbs have a chance to kick in and raise your blood sugar.

Avoid any foods that seem to trigger your nausea. Greasy or fatty foods are best avoided, but make sure you get adequate protein, about 80 to 100 grams per day.

Tips & Warnings

Eating before you feel hungry can help prevent nausea. An empty stomach can make nausea more intense.

Smelling a lemon or sucking on lemon candies can help keep nausea at bay.

If the nausea becomes so severe it's debilitating, or if you are unable to keep any food down, you need to consult your doctor.

References

The Mayo Clinic: Tips for Dealing with Pregnancy Nausea


F.B.Monika
10a.

Re: UPDATE newborn ASI blm keluar

Posted by: "nikka primiastri" nikka_preem@yahoo.com   nikka_preem

Thu Nov 10, 2011 11:41 pm (PST)



maap mbak, ini cuman sharing cerita teman, teman saya jg gitu.. Susah sekali keluar asi nya. N skrg akhirnya baby nya udah lepas asi sama sekali. :( dia cerita, setelah dipikir2 trnyt kenyotan bayinya ga kenceng krn reflek bayinya kurang n trynt bayinya didiagnosis ada virus di otaknya *maap bukan nakutin*. Cuman mgkn intinya bisa jg krn bayi yg reflek mghisapnya kurang, entah krn apa. Ato memang bayi msh enggan buat ngenyot. dan trnyt teman saya itu punya riwayat ada benjolan di PD nya* saya kurang tau apa ada pengaruhny dg asi*. Saya dulu jg gitu, sampai 2 minggu bayi saya campur sufor. Trus akhirnya dia udah kenyang dg asi dan alhamdulillah lancar. Oia, apa sudah dipijat? Krn pengalaman saya kmrn sangat membantu.
Maap tdk bs membantu bnyk. Hanya sharing semata. Semoga segera ditemukan jalan keluarnya :)

Regard
Nikka
--- In sehat@yahoogroups.com, "Ika" <savitriika@...> wrote:
>
> Dear Sp + Docs semuaaa..
>
> Nanti malam pukul 00.00 tepat 75jam sejak baby adik saya dilahirkan
> Sampe saat ini Asi belum keluar..
>
> Menurut ibu, dipencet putingnya jg blom basah :( dan PD tidak terasa keras
> Dia sdh memijat sambil kompres, maem sayur katuk :) dan rajin menyusui ..baby sdh mau menghisap meski kdg masih disertai lirak lirik dan mendorong2 puting pake lidahnya :(
>
> Untung adik saya masi tetap tenang, ..saya rajin menghubungi dia menanyakan kabar asi nya..semoga tdk bikin dia tambah senewen :)
>
> Keadaan baby ya kadang menangis, tp bisa ditenangkan sambil dicoba susui bisa tidur babynya..apa mungkin sdh keluar asi nya tp adik saya tdk menyadarinya? Entahlah..krn dia blg putingnya dipencet pun tdk ada yg menetes..tp bayi bisa tertidur..tandanya kenyang kan ya...?
>
> Utk donor asi , adik saya menolaknya..
>
> Bb lahir 3.4kg , bb sewaktu pulang 3.2kg
> Menurut ibunya, baby lbh sering pup (kehijauan) drpd pipis, apakah ini normal ya?
>
> Saya sedang ngubek arsip tp belom nemu..semoga adaa yg berkenan membantu..
>
> Jujur saya kepikiran..
> What should i do? Uda benerkah menanti2 asi keluar tnp diberi asi donor? Atau saya harus 'memaksa' adik saya menerima donor dari sepupu saya?
> Seandainya sampe lewat 72jam asi blom keluar juga harus bagaimana? Hiks..
> Tanda kegawatdaruratan newborn kalo tidur terus (letargi) itu susah dibangunkan kan ya? Menurut adik saya sih masih bisa dibangunkan..
>
> Kalo bisa minta link perihal kegawatdaruratan pada newborn ya moms..
>
> Maaf kepanjangan..
>
> -ika- :(
>
>
>
>
>
>
> Sent from my WhiteBerry® smartphone supported by My Luvly Husband
>

Recent Activity
Visit Your Group
Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Yahoo! Health

Asthma Triggers

How you can

identify them.

Share Photos

Put your favorite

photos and

more online.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: