Tuesday, November 8, 2011

[sehat] Digest Number 16442

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: Anak suka sekali air putih (CLOSED) From: vanessa sutopo
1b.
[MODS] [sehat] Re: Anak suka sekali air putih (CLOSED) From: alifah davida
2a.
Re: [sehat] (Share) Hati-hati dengan Dokter Laris dan 'Ces Pleng From: Bong Mi Yun
3a.
Re: Please help.. From: wulan
4a.
Re: [tanya] pewarna rambut amankah unt busui? From: heidy_jo@yahoo.com
4b.
Re: [tanya] pewarna rambut amankah unt busui? From: wulan
5a.
Re: (Tanya) Lepas IUD From: aina
6a.
Re: Keputihan saat pakai IUD Spiral, butuh antibiotik? From: aina
7a.
BAK berwarna merah From: Ibu'e Ryo
7b.
Re: BAK berwarna merah From: shanty.herawaty@gmail.com
8.
(News) Many Hospital Deaths Due to Poor Sanitation: Health Minister From: polarlander74@yahoo.co.id
9a.
(Sharing) badan membiru krn pilek? From: deLLa sabRiNa
9b.
Re: (Sharing) badan membiru krn pilek? From: ChiciErnest
9c.
Re: (Sharing) badan membiru krn pilek? From: wulan
9d.
Re: (Sharing) badan membiru krn pilek? From: rika.corner@gmail.com
10a.
Re: Tanya :Batita Jalan Jinjit From: lilis nurindah sari
11.
Bintil-bintil kecil dibadan From: Ria Standa
12a.
Re: [sehat] (Share) Hati-hati dengan Dokter Laris dan 'Ces Pleng From: heidy_jo@yahoo.com
12b.
Re: [sehat] (Share) Hati-hati dengan Dokter Laris dan 'Ces Pleng From: aku_apni@yahoo.com
13.
Parotitis? From: ypalupi@gmail.com
14.1.
Re: Anak suka sekali air putih From: meiree2605@yahoo.com
15a.
Tanya dr ahli leukemia From: polarlander74@yahoo.co.id
15b.
Re: Tanya dr ahli leukemia From: purnamawati.spak@cbn.net.id
16.1.
Sariawan From: fullofmaya@yahoo.com
16.2.
Re: Sariawan From: chitra.tifanny@gmail.com

Messages

1a.

Re: Anak suka sekali air putih (CLOSED)

Posted by: "vanessa sutopo" psycho_laziale@yahoo.com   psycho_laziale

Mon Nov 7, 2011 4:05 am (PST)



Perasaan saya td dah bilang di closed deh?!

Vanessa
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
1b.

[MODS] [sehat] Re: Anak suka sekali air putih (CLOSED)

Posted by: "alifah davida" alifah.davida@gmail.com   alifah_davida

Mon Nov 7, 2011 4:44 am (PST)



Nah resmi ya semua, ditutup.
Saya kira semua sudah bisa mengambil kesimpulan masing2 yah.

Regards,

--Moderator--

[Non-text portions of this message have been removed]

2a.

Re: [sehat] (Share) Hati-hati dengan Dokter Laris dan 'Ces Pleng

Posted by: "Bong Mi Yun" bongmiyun@gmail.com   bongmiyun

Mon Nov 7, 2011 4:42 am (PST)



Dsa saya salah satu dsa di millis ini, beliau pernah bilang asal kita
ortunya punya senjata yg kuat ngga masalah mau ke dokter manapun.

Tapi suami saya bilang, cape... klo ketemu dokter yg ngga RUM apalagi yg
ngomong rada nyolot... suka bikin kita esmosi jiwa...mending agak jauh
tapi ketemu dokter yg bisa di ajak tango...

Regards,
Mi Yun

3a.

Re: Please help..

Posted by: "wulan" wulan.wuls@gmail.com   wulanokey

Mon Nov 7, 2011 6:19 am (PST)



Mba fira,

Ferritin rendah, tp si dan hb masih normal, berarti msh di tahap deplesi besi ya. Cmiiw. Setau saya, nilai rujukan ferritin anak usia > 1th (maaf saya lupa range nya sampai usia brp), batas rendahnya di 7ng/mL. Please koreksi ya yang lain..

Untuk dosis suplemennya kl mengacu di aap 3-6mg/kg/hari. Idai beda lagi. Silahkan dibaca2 lagi, baiknya gmn ya mba. Di web sehat kan jg ada tuh

Kl dr lahir bb memang sdh di p25, dan skrg msh di kisaran itu rasanya ga perlu terlalu dikhawatirkan mba. Apalagi perawakan ibu bapaknya jg mungil. Gagal tumbuh? Knp berpikir ke sana? Udh pernah baca soal ini blm? Coba deh baca soal failure to thrive

Rgds,
- Wulan -
@wulsnih

4a.

Re: [tanya] pewarna rambut amankah unt busui?

Posted by: "heidy_jo@yahoo.com" heidy_jo@yahoo.com   heidy_jo

Mon Nov 7, 2011 6:25 am (PST)



Maap sebelumnya kalau agak OOT.

Mau tanya apakah aman kalau busui mewarnai rambut yah? Soalnya ini uban udah padat merayap saingan sama big bos yg udah 60th.

So far baby udah 6mo, msh eping unt asip sih. Apakah ada efeknya ke asi? Butuh pencerahan agar tdk salah langkah nih moms.

Thanks unt infonya.

Salam,
Erika
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
4b.

Re: [tanya] pewarna rambut amankah unt busui?

Posted by: "wulan" wulan.wuls@gmail.com   wulanokey

Mon Nov 7, 2011 6:29 am (PST)



Mba erika, coba jalan2 ke kellymom. Di situ dijelaskan tuh aman atau ngganya. Di arsip milis jg ada. Wkt itu saya kasih link nya jg

Rgds,
- Wulan -
@wulsnih

5a.

Re: (Tanya) Lepas IUD

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Mon Nov 7, 2011 6:47 am (PST)



Kalau mau lepas IUD memang harus pada saat lg Haid (tengah/akhir) ya? Alasannya kenapa?
-- Kl lg byk2, beceeekkk mba baskomnyah :p

Kalau ga pas Haid boleh ga?
-- boleee, tpi ngiluuu. Krn pd wkt mens vagina sdg terbuka, jd ga ngilu. kl ga mens, sdkt dipaksa utk dbuka jd ngilu

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

6a.

Re: Keputihan saat pakai IUD Spiral, butuh antibiotik?

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Mon Nov 7, 2011 6:52 am (PST)



Nah apakah memang keputihan itu pasti indikasi ada bakteri jahat yang perlu
antibiotik?
-- nggak, cmiiw

Kl suami nyeri minta dipendekin lg mba

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

7a.

BAK berwarna merah

Posted by: "Ibu'e Ryo" bear_pets@yahoo.com   bear_pets

Mon Nov 7, 2011 7:01 am (PST)



Met malem SP, Mod's and Doc's,

Mohon sharring.. Putri saya Raras (11m) skrg sedang kena Varicella (cacar air). Tertular kakaknya yg 2minggu lalu jg kena Varicella. Pdhl sang kakak, Ryo (2,5thn) smp diisolasi opname dirumkit biar ÄŸ nularin adiknya. Tp ttp aja senin kemarin adiknya demam dan keluar bintik2 berair. Pengobatannya hanya sesekali bedak salisil dan salebz zulfirax (maaf kl sebut merek dan salah ngetik). Masih mandi sekali sehari, krn eyangti-nya ribut aja utk melarang mandi, katanya biar cacarnya tidak makin byk, benarkah bgtu?? Oia, saya mau menanyakan kog BAK Raras berwarna merah ya?? Apa pengaruh dr cacar tsb, ato krn baru pertama x Raras saya kasih buah naga yg dalamnya merah?? Di diapernya merah keruh gitu.. Saya jd khwtr skali.. Mohon infonya..

Terima kasih..

_Rena, ibu'Є Ryo dan Raras_
Sent from hape-ne bibu' RyoRaras on 3
7b.

Re: BAK berwarna merah

Posted by: "shanty.herawaty@gmail.com" shanty.herawaty@gmail.com   keanu_shanty

Mon Nov 7, 2011 7:32 am (PST)



Buah naga mba gak usah kuatir. Bak dan babnya juga pasti berwarna merah, naura juga gtu klo makan buah naga. Trus mengenai cacar air sebenarnya sebelum keluar lesi pertama sudah terjadi masa inkubasi kurleb 14 hari (cmiiw) dan saat lesi mengering pun sebenarnya masi dapat menulari lewat udara (cmiiw). Utk lebih jelasnya ke mayo clinic mba utk kupas tuntas mengenai cacar air. Pengalaman aku sih waktu naura ketularan cacar air dari aku, naura tetep mandi pake air hangat utk menyamankan aja. Asalkan lesinya gak pecah sih gak menularkan ke tempat yg lain. Klo dibandingin aku naura lebih cepat sembuh kurleb 7 hari lah naura sembuh dari cacar. Waktu itu aku sampe 2 minggu lebih sembuhnya. Gak enak banget tersiksa bgt.

Shanty
*jadi inget setelah 2minggu gak masuk kantor gara2 sakit, saat masuk kantor aku menulari bos. Ternyata 2minggu gak cukup utk isolasi diri (⌣́_⌣̀)
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
8.

(News) Many Hospital Deaths Due to Poor Sanitation: Health Minister

Posted by: "polarlander74@yahoo.co.id" polarlander74@yahoo.co.id   polarlander74

Mon Nov 7, 2011 7:05 am (PST)



The Jakarta Globe
November 7, 2011

Many Hospital Deaths Due to Poor Sanitation: Health Minister

by Dessy Sagita

Poor sanitation practices in Indonesian hospitals and health centers
contributes to the high number of deaths in those institutions from
infection, the health affairs minister said on Monday.

Health Minister Endang Rahayu Sedyaningsih said on Monday that
sub-standard cleaning and sanitation practices leave many health care
centers teeming with dangerous bacteria, putting patients, staff and
visitors at risk of contracting potentially life-threatening
infections.

"In advanced nations like the United States, the possibility of
getting an infection at health care centers is only 1 percent," she
said during a seminar on the topic of patient safety and infection
control. "But in Asia, including Indonesia, the possibility is as high
as 40 percent."

She pointed to one startling survey conducted by the Indonesian
Society for Infection Control among doctors and nurses at Cipto
Mangunkusumo General Hospital.

The survey found that just 60 percent of doctors and nurses regularly
washed their hands before touching patients she said.

"This is input for doctors," Endang said. "Doctors might be too busy
or too confident, and assume that they're clean."

Chairul Rajab Nasution, the ministry's director of health education,
said that beginning in 2012 every hospital seeking government
accreditation would have to implement an infection prevention and
control program, which would oblige the institution to ensure certain
sanitation and cleanliness standards were met.

The program would also compel hospitals and health care centers to
adopt hand washing practices that met guidelines set by the World
Health Organization.


Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
9a.

(Sharing) badan membiru krn pilek?

Posted by: "deLLa sabRiNa" boendh4@gmail.com   dee_cium

Mon Nov 7, 2011 7:31 am (PST)



Hai sps.. long time no see.. maaf ya sudah lama sekali saya gak sharing dan
gak ikut bantu sps lain disini.. dan udah lama ga update ilmu nih..
skalinya kirim imel malah beginian.. hehe.. maap yaa.. mohon masukannya..

Sebulan yg lalu.. saat saya dan suami sedang pergi, terjadi sesuatu yg
bikin panik org di rumah.. raina tiba2 lemas dan membiru.. kejadiannya
skitar jam 11 siang, raina baru bangun tidur, lalu dimandikan oleh si mbah
(krn pagi2 bangun sblm sempet mandi kburu tidur lagi, katanya).. saat
dimandikan, raina tampak sangat lemas dan lunglai.. badannya pun tampak
membiru.. langsung si mbah shock dan laporan sama kakak saya yg saya titipi
anak2 di rumah.. raina lgs dibawa ke UGD RS terdekat.. alhamdulillah dokter
langganan tnyata praktek di jam yg sama.. lgs ditangani oleh dokternya..
raina dibangunkan tp tidak sadarkan diri.. lemas dan lunglai sekali..
Menurut keterangan kakak saya dari dokternya, raina sesak nafas krn
kebanyakan lendir di paru2nya.. jadi dia sulit bernafas sehingga badan
lemas lalu membiru..
Oleh dokter diberikan oksigen, lalu di suction lendirnya (entah bagaimana
caranya saya kurang dpt info yg jelas). Dan terlihat sangat banyak sekali
lendir yg dikeluarkan..

Setelah tindakan selesai.. dokter sempat memberi resep namun kakak saya
menolak, krn dia merasa harus konsul terhadap saya sbg ortu raina.. jd
dokternya batal memberi resep.. dan cuma berpesan supaya raina diberi minum
lbh sering..

Saya sedang jauh dari rumah.. saya diberitahu setelah raina sudah pulang ke
rumah.. dan saya sempat berbicara by phone dgn dokternya.. persis seperti
yg kk saya jelaskan.. tp saya lupa bertanya bagaimana dia mengeluarkan
lendir dari paru2 raina..

Yg menjadi pikiran saya sekarang adalah.. Apa yg sebenarnya terjadi? Saat
saya pulang ke rumah, 5 jam setelah kejadian.. Raina tampak biasa saja,
memang tidak seceria biasanya, tp msh behaviour normal sehari2nya, sudah
tidak sesak nafas, msh bergerak baik, bisa diajak bercanda dan tertawa,
walau sedikit batuk dan pilek..

Sungguh msh tanda tanya besar bagi saya.. krn klo saya tanya kk saya, dia
mengaku sangat takut klo raina kenapa2 krn badannya sampe mebiru begitu..
begitu pun klo saya tanya si mbah.. tp masalahnya kedua orang ini memang
terkadang suka sedikit lebay, dikarenakan mereka blm tau ilmu kegawat
daruratan bahkan ilmu ttg common cold..
Krn klo menurut dokternya.. raina cuma "agak membiru" dan lemas.. jd mnurut
saya mgkn ga separah seperti kata kk saya dan si mbah..

Memang sempat terbesit rasa takut.. jangan2 pneumonia.. tp setelah saya
lihat kondisinya saat di rumah.. spertinya hanya common cold biasa.. dan
memang di rmh ada bbrp yg sedang pilek+radang tenggorokan..

Yg saya ingin diskusikan dgn sps adalah.. bukankah sebelum badan membiru,
pasti ada gejala yg mendahuluinya? Misal, sesak nafas? Apa mungkin tiba2
anak pilek badannya membiru tanpa ada gejala lain yg mendahului?
Apakah mungkin dia tersedak dahaknya sendiri lalu sesak nafas dan membiru?
Apakah mungkin gara2 belum sarapan jam 11 jd lemas dan lunglai?

Saya masih yakin.. pasti ada gejala awal yg tidak diperhatikan oleh si mbah
dan kakak saya, tp apakah itu?.. hal itu yg ingin saya garisbawahi utk diri
saya sendiri dan saya beritahukan kepada mereka.. supaya tidak terulang
kembali kejadian horor seperti itu..

Saya curiga sebenarnya raina dehidrasi.. saat dia tertidur di pagi hari
mgkn krn dia dehidrasi jd lemas dan mengantuk.. mgkn si mbah belum
memberikan asip / air putih untuknya pagi itu.. bahkan raina belum sempat
sarapan..

Saya cuma bisa bertanya-tanya dan mengira-ngira sendiri.. dan harus makin
rajin utk update ilmu kepada org rumah dan keluarga yg dititipi anak2.. jgn
sampai keteledoran qta krn tidak tau ilmunya berakibat fatal..

Sekarang.. alhamdulillah anak2 ketularan pilek lagi jd msh umbelan.. hehe..
tp saya pastikan tidak ada tanda gawat darurat yg terlewatkan.. bismillah..
terus observasi!

Lg musim batpil n radang tenggorokan nih.. yuk ah sama2 belajar lg biar ga
panik n anak bisa sehat kembali dgn perawatan yg baik dan benar..

[Non-text portions of this message have been removed]

9b.

Re: (Sharing) badan membiru krn pilek?

Posted by: "ChiciErnest" chici.ernest@gmail.com

Mon Nov 7, 2011 8:09 am (PST)



Hai Della,

Raina demam gak?

Regards,
@chiciernest

9c.

Re: (Sharing) badan membiru krn pilek?

Posted by: "wulan" wulan.wuls@gmail.com   wulanokey

Mon Nov 7, 2011 8:12 am (PST)



Mba della,

Setauku, badan membiru itu penyebabnya bisa macem2. Smoga bkn sesuatu yg serius sih..

Sy kurang tau jg raina knp, tp dokternya jg ga menyebut diagnosa dlm bhs medisnya ya? Mgkn bs dicoba baca soal breath holding spell atau blue spell atau cyanosis? Salah satu ttg cyanosis: www.medicinenet.com/cyanosisturning_blue/symptoms.htm

Rgds,
- Wulan -
@wulsnih

9d.

Re: (Sharing) badan membiru krn pilek?

Posted by: "rika.corner@gmail.com" rika.corner@gmail.com   rika_elfira

Mon Nov 7, 2011 2:21 pm (PST)



Cuma kepikiran breath holding spell
Waktu itu dr. Laksmi pernah share link ini
http://www.rightdiagnosis.com/symptoms/breath_holding/book-causes-20a.htm

Thx&regards,
@rikaelfira
(bunda of talitha alifya "alya"-22m)
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
10a.

Re: Tanya :Batita Jalan Jinjit

Posted by: "lilis nurindah sari" nyonya.zaky@gmail.com   lilo_chantiq

Mon Nov 7, 2011 7:47 am (PST)



Setuju bgt sm yg mba hilda bilang. Coba pakein sepatu mba. It worked
on my daughter. Dulu awal2 pas usia setahun Kei mulai jalan jg jinjit,
ahirnya mamaku saranin pake sepatu. Jd ada sepatu utk di dalem rumah
dan ada yg utk di luar. Sambil pelan2 diajak ngomong sambil kita
peragain jalan yg bener kyk apa di depan Kei. Lama2 bisa lancar tuh
mba napaknya.. :)

Lilis
Mama Keisha 2y3m4d

On 11/7/11, racer imoet <bluebabyracer@yahoo.com> wrote:
> Dear Doc & SP,
>
> Batita saya laki-laki dengan usia 15 bulan, Saat ini sudah bisa berjalan,
> Waktu pertama mulai bisa melangkah sendiri ( usia 12 bulan), posisi telapak
> kaki, masih napak lantai,
> tapi lama2 saya perhatikan sekarang dia suka sekali jalan dengan cara
> jinjit.
> Padahal tidak menggunakan baby walker pada saat latihan jalan.
> Saya coba gugling, ada artikel yang menyampaikan bahwa bisa jadi hal itu di
> sebabkan masalah pada saraf bagian kaki. Saya jadi kepikiran terus, Mohon
> saran dan sharing nya...
>
> Terima kasih,
>
> Salam,
> Mama Raihan
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>

--
Sent from my mobile device

11.

Bintil-bintil kecil dibadan

Posted by: "Ria Standa" riaisria@yahoo.com   riaisria

Mon Nov 7, 2011 8:06 am (PST)



Hi smart parents and docs,

Anak sy 22 bln, sdh ± 1bln blakangan ini timbul bintil2 kecil pada badannya, terutama bagian pinggir tapak tangan, kaki, paha dan muka, awalnya hanya kaki, tp lama kelamaan menjalar kebagian tubuh yg lain. Terutama, bintil2nya terlihat sekali diwaktu pagi dan siang hari. Di mgg ke 2 sdh sy bw ke dkt spesialis kulit, diberikan salep racikan, salep protopic, dan syrup anti alergi dan gatal. Sdh 2x bolak balik dktr kulit tp hasilnya nihil. Anak sy sm skali tdk mau minum obat syrup yg diberikan karna tdk biasa minum obat dr bayi, akibatnya apabila gatal2 dibadannya timbul menyebabkan dia agak terganggu dan rewel. Jd hanya mengandalkan obat luar saja. Saya bingung kenapa ya dgn anak saya? Apa hanya alergi biasa saja kah? Sekedar info, baru 2 bln ini anak sy menyapih asi, dan smp skr tdk ada tambahan susu apapun, ayahnya ada alergi sypun demikian. Makanannya pun sy berikan lbh bnyk yg bersifat organik. Dan utk sementara ini tdk menggunakan kosmetik bayi apapun utk badannya, kecuali sabun mandi s*bamed, dan shampo bayi biasa. Sewaktu msh asi, alergi msh bs diatasi dgn waktu yg singkat, tp kok knp skr lama sekali ya recoverynya?
Kira2 bagaimana ya solusinya? Apakah sy harus konsultasi ke dktr spesialis alergi kah? Dan bagaimana caranya agar anak sy mau minum obat anti gatal dan alergi?segala macam usaha sdh dilakukan, diminum langsung, campur ke air minumannya, ke makanannya, hasilnya dilepeh semua. Mohon pencerahannya.

BR,
Ria S Standa
Twitter: @riastanda
12a.

Re: [sehat] (Share) Hati-hati dengan Dokter Laris dan 'Ces Pleng

Posted by: "heidy_jo@yahoo.com" heidy_jo@yahoo.com   heidy_jo

Mon Nov 7, 2011 8:18 am (PST)



Ngomong2 soal dokter cespleng, ditambah bbrp postingan mengenai cacar air, saya jadi ingin sharing juga.

Saya kena cacar air usia 33. Awalnya demam2 3 hari n hari ke 4 keluarlah bintik2 guatel setengah mati. Krn waktu itu jaman kegelapan, saya ke dokter yg lumayan senior (alias dah lumayan usia), harapan saya wah ni dokter pasti ngertilah obatnya apa.

Pas diperiksa, mulailah kejengkelan timbul. Lha saya aja yg awam dah tau kalo ini cacar air, kok bisa2nya dokter tsb malah tanya "ibu keluhannya apa?" Emang itu cacar dikira jerawat apa...

Yg saya ga tau tuh pengobatannya, makanya saya ke dokter. Kalo tau obat n tata laksananya ya buat apa saya tampil di publik dng wajah bak the beastnya si beauty.
Ujung2nya dikasi AB yg dia ambil dr lemarinya (bukan resep). Apa iya ini obatnyaa???

Pulang ke rumah saya browsing obat n memang mengerikan sih. Saya lupa obatnya apa soalnya lgs kubuang. Ga nyambung samsek sama cacar air. Langsung saya ke rs mm* n adanya cuma dokter pengganti (masih muda bgt). Tapi begitu saya masuk, dia lgs tau 'cacar air ya mbak?', coba kita cek lesinya...

Ga diresepin apa2 cuma asiklofir (maap salah tulis, sejenis itu deh), mandi 2x sehari, jangan garuk2. Dah beres. Again browsing om google lagi n banyak postingan bahwa memang itu obatnya. Kalau di milis sdh pernah dibahas yah obat ini.

Terbukti memang dokter laris cespleng (dalam kasus saya : dokter yg udah senior)tidak semuanya memberikan pengobatan yg benar dan akurat. Kesal rasanya buang2 uang padahal lg sakit. Makanya sejak itu memang saya jd lbh berhati hati krn ternyata tidak semua dokter berhati mulia dan memegang teguh sumpah jabatannya.

Istirahat dan total isolasi 10hari dan balik ngantor lagi.

@ mba Shanty: *jadi inget setelah 2minggu gak masuk kantor gara2 sakit, saat masuk kantor aku menulari bos. Ternyata 2minggu gak cukup utk isolasi diri

Saya : balik ngantor malah dikira abis pulang overseas trip 10 hari n weekend facial makanya muka merah2. Semua pada kabur pas tau aku cacar air. Hahaha.

Maap kalo jadi OOT.

Salam sehat.
Erika
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
12b.

Re: [sehat] (Share) Hati-hati dengan Dokter Laris dan 'Ces Pleng

Posted by: "aku_apni@yahoo.com" aku_apni@yahoo.com   aku_apni

Mon Nov 7, 2011 2:28 pm (PST)



Membaca cerita ini, saya juga punya pengalaman dengan dokter yg laris yg menunggunya lebih lama daripada bertemu dengannya. Waktu itu anak saya berumur 3minggu. Sbg ortu baru yg emang tidak tahu apa2 saya bawa anak saya ke dokter utk cek keadaannya. Waktu itu anak saya pup sampai 12x setiap harinya (anak sy asi). Sy tanya ke dokter yg laris itu, dia blg saya harus jaga makanan dan hati2 ada jamur. Trus dikasi obat. 2 minggu sy kasi obat itu tetap saja pup anak sy seperti itu. Sy dtg lg ke dokter itu dan dikasi obat yg lain tanpa penjelasan apapun. 1 minggu sy kasi obat itu tetap tidak ada perubahan apapun. Dan belakangan sy tau bahwa hal itu wajar kalau anak yg full asi.
Umur 2 bulan anak kena batuk hebat. Batuk tanpa demam dan pilek. Batuk yg sampe mukanya biru dan membuat sy dan keluarga menangis setiap dia batuk. Sy dtg ke dokter tsb. Dia cuma periksa dan langsung kasi obat. Tanpa penjelasan apapun. 1 minggu tidak sembuh sy pergi ke dokter lain yg biasa saja tanpa embel2 prof. Dokter tsb malah tertawa melihat obat2 yg sy tunjukkan dgn dia dan menyindir sy "yah ibu kan berobat dgn profesor dan ga level dgn dokter kampung seperti sy. Haduh saya malu. Dokter itu memberi sy nasihat yg sgt bermanfaat bagi ibu baru seperti sy. Sy lihat juga obatnya yg RUM. Ga lama batuk anak sy reda. Mulai saat itu sy berjanji dlm hati tidak akan ke dokter yg hanya berembel2 prof. tapi harus ke dokter yg benar2 peduli dgn kesehatan anak sy.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: heidy_jo@yahoo.com
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Mon, 7 Nov 2011 16:18:07
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] (Share) Hati-hati dengan Dokter Laris dan 'Ces Pleng'

Ngomong2 soal dokter cespleng, ditambah bbrp postingan mengenai cacar air, saya jadi ingin sharing juga.

Saya kena cacar air usia 33. Awalnya demam2 3 hari n hari ke 4 keluarlah bintik2 guatel setengah mati. Krn waktu itu jaman kegelapan, saya ke dokter yg lumayan senior (alias dah lumayan usia), harapan saya wah ni dokter pasti ngertilah obatnya apa.

Pas diperiksa, mulailah kejengkelan timbul. Lha saya aja yg awam dah tau kalo ini cacar air, kok bisa2nya dokter tsb malah tanya "ibu keluhannya apa?" Emang itu cacar dikira jerawat apa...

Yg saya ga tau tuh pengobatannya, makanya saya ke dokter. Kalo tau obat n tata laksananya ya buat apa saya tampil di publik dng wajah bak the beastnya si beauty.
Ujung2nya dikasi AB yg dia ambil dr lemarinya (bukan resep). Apa iya ini obatnyaa???

Pulang ke rumah saya browsing obat n memang mengerikan sih. Saya lupa obatnya apa soalnya lgs kubuang. Ga nyambung samsek sama cacar air. Langsung saya ke rs mm* n adanya cuma dokter pengganti (masih muda bgt). Tapi begitu saya masuk, dia lgs tau 'cacar air ya mbak?', coba kita cek lesinya...

Ga diresepin apa2 cuma asiklofir (maap salah tulis, sejenis itu deh), mandi 2x sehari, jangan garuk2. Dah beres. Again browsing om google lagi n banyak postingan bahwa memang itu obatnya. Kalau di milis sdh pernah dibahas yah obat ini.

Terbukti memang dokter laris cespleng (dalam kasus saya : dokter yg udah senior)tidak semuanya memberikan pengobatan yg benar dan akurat. Kesal rasanya buang2 uang padahal lg sakit. Makanya sejak itu memang saya jd lbh berhati hati krn ternyata tidak semua dokter berhati mulia dan memegang teguh sumpah jabatannya.

Istirahat dan total isolasi 10hari dan balik ngantor lagi.

@ mba Shanty: *jadi inget setelah 2minggu gak masuk kantor gara2 sakit, saat masuk kantor aku menulari bos. Ternyata 2minggu gak cukup utk isolasi diri

Saya : balik ngantor malah dikira abis pulang overseas trip 10 hari n weekend facial makanya muka merah2. Semua pada kabur pas tau aku cacar air. Hahaha.

Maap kalo jadi OOT.

Salam sehat.
Erika
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links

13.

Parotitis?

Posted by: "ypalupi@gmail.com" ypalupi@gmail.com

Mon Nov 7, 2011 8:29 am (PST)



Dear doc n sp
Torik 19 bln,demamnya on off,msh low fever 37,5 -38 an. Karena sdh berlangsung 3 hari tanpa gejala batpil, lalu sy ke dokter, saya curiga didekat telinga kanannya bengkak, lalu didiagnosa dokter itu parotitis, lalu dikasih ab n parset.
Yg sy mau tanyakan apakah parotitis memang hrs disembuhkan dg ab?
Treatment apa yg harus saya lakukan spy bengkaknya hilang?
Mohon pencerahannya
Terima kasih

Mama torik
Sent from BlackBerry® on 3
14.1.

Re: Anak suka sekali air putih

Posted by: "meiree2605@yahoo.com" meiree2605@yahoo.com   meiree2605

Mon Nov 7, 2011 1:46 pm (PST)



*Ijin ya mods berhub sdh di closed*

Dear all..

Soal prnyataan sya :
"Klo benefit sufor apa ya?mnrut sy sie gak ada. Klo saya, lbh baik air putih drpd sufor bt campuran MPASI nya, lbh baik lg ya teteup ASIP "

->sya hnya menanggapi prnyataan email yg sblum nya mengenai campuran MPASI, mgk kalimatnya trlalu pendek, jd ada yg salah mengartikan
"mnrut sy" -> means : kalo saya, lebih memilih air putih utk campuran MPASI bt baby di bawah 1thn (*buat sy benefit sufor under 1y gak ada, klo supaya dpt nutrisi/kalori/vitamin dr sufor, better+cukup sy rasa dr ASI+MPASI), krna yg sy tahu blm boleh klo pke UHT (or bs jg air kaldu-biar ada gurihnya).
Stlah 1thn pke UHT aja, yg menurut sya UHT itu bkn sufor, tp susu segar yg di-UHT(ultra high temperature) kan.

->saya tidak brmaksud mengecilkan siapapun yg memberi sufor utk anaknya krn alasan apapun, toh anak sya jg ada yg minum sufor kok..

->kalau ada bunda2 yg merasa "tersakiti" dg prnyataan itu, sya mohon maaf yaa. Setiap bunda, pasti punya cerita/pengalaman msg2.

*note 4me : next time hrs lbh jelas maksudnya nie klo nulis di milis ini kyknya, biar tidak salah arti ^^

cmiiw
•mei•

Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
15a.

Tanya dr ahli leukemia

Posted by: "polarlander74@yahoo.co.id" polarlander74@yahoo.co.id   polarlander74

Mon Nov 7, 2011 2:13 pm (PST)



Selamat Pagi,
Mau tanya, ada yg punya rekomendasi dr yg menangani leukemia di Darmais? Ada teman yg baru didiagnosa leukemia agresif. Terima kasih
Bests
Fitri
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
15b.

Re: Tanya dr ahli leukemia

Posted by: "purnamawati.spak@cbn.net.id" purnamawati.spak@cbn.net.id

Mon Nov 7, 2011 2:50 pm (PST)



Dr djumhana
Sol
Wati

Patient Safety, first

16.1.

Sariawan

Posted by: "fullofmaya@yahoo.com" fullofmaya@yahoo.com   fullofmaya

Mon Nov 7, 2011 2:49 pm (PST)



Dear sps n docs,
Menyambung email saya yg bersubject "bintik putih" minggu lalu..
Saya sudah ke dokter. Kata dokter itu bukan oral thrush, tapi sariawan
Dokter kasih saya obat :
Mycostatin (minum)
Lacto-b (bubuk) ini suplemen
Dan kenalog in orabase (utk oles dibibir)

Mycostatin n lacto-b saya kasih. kenalognya tidak.
Tapi kok anak saya gak sembuh2 ya.. Bibirnya juga makin banyak putih2nya.
Saya udah kasih banyak air putih dan buah2an tinggi vit c..
Apa saya harus kasih kenalognya juga?

Thanks utk responnya
-maya-

Powered by Telkomsel BlackBerry®
16.2.

Re: Sariawan

Posted by: "chitra.tifanny@gmail.com" chitra.tifanny@gmail.com

Mon Nov 7, 2011 3:00 pm (PST)



Mba maya,
Sependek pengetahuan saya sariawan penyebabnya virus jd self limitting deases, obat2an nya ga perlu mba.
Perbanyak aja cairan atau yg dingin2 utk menyamankan anak nya spt puding atau es buah.

Maaf kalo ga bantu. Smg cpt sembuh ya.

Salam,
Chitra
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
Recent Activity
Visit Your Group
Drive Traffic

Sponsored Search

can help increase

your site traffic.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Yahoo! Health

Achy Joint?

Common arthritis

myths debunked.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: