Sunday, November 6, 2011

[sehat] Digest Number 16430

Messages In This Digest (16 Messages)

Messages

1a.

Re: bisakah demam krn digigit serangga?

Posted by: "pw.apsari@yahoo.com" pw.apsari@yahoo.com   pw.apsari

Sun Nov 6, 2011 1:19 am (PST)



Mbak Angel,

waktu anak saya umur 11bulan pernah kena roseola juga, awalnya sy ga curiga roseola krn demamnya juga cuma 37.8, paling tinggi 38.5 dercel mbak. Taunya hari ke 4 lgs keluar merah2 stlh demamnya turun, keluar merah2nya sampai 4 hari abis itu hilang ga berbekas.
Mau tumbuh gigi juga rasanya engga deh yg skrg. Meler juga engga, panasnya naik turun, makanya saya takut apa krn digigit binatang itu.. Huhu.
Makasih ya mbak.

Sari
-----Original Message-----
From: angel.encis@gmail.com
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Sun, 6 Nov 2011 08:57:11
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] bisakah demam krn digigit serangga?

37,8 masih suhu tubuh normal.belum bisa diblang demam.roseola biasanya suhu tinggi manteng di 39dercel setelah itu turun dan muncul rash.ISK harus kultur urine dulu.

Angel
Emaknya encis n twinnies inside

[Non-text portions of this message have been removed]

1b.

Re: bisakah demam krn digigit serangga?

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Sun Nov 6, 2011 1:24 am (PST)



Dear Mba Sari,

Suhu tsb masih kategori low grade fever. Gigitan serangga memang ada kemungkinan menyebabkan demam :

"Most reactions to insect bites are mild, causing little more than an annoying itching or stinging sensation and mild swelling that disappear within a day or so. A delayed reaction may cause fever, hives, painful joints and swollen glands. You might experience both the immediate and the delayed reactions from the same insect bite or sting. "

Dan mungkin juga ada infeksi yg lain. Sementara observasi dulu, bila rewel sekali parcet, perbanyak cairan, kompres hangat, di tempat bekas gigisan seranga bisa dikompres dingin (es bungkus lap).

F.B.Monika

1c.

Re: bisakah demam krn digigit serangga?

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Sun Nov 6, 2011 1:27 am (PST)



Dear Mba Sari,

Suhu tsb masih kategori low grade fever. Gigitan serangga memang ada kemungkinan menyebabkan demam :

"Most reactions to insect bites are mild, causing little more than an annoying itching or stinging sensation and mild swelling that disappear within a day or so. A delayed reaction may cause fever, hives, painful joints and swollen glands. You might experience both the immediate and the delayed reactions from the same insect bite or sting. "

Dan mungkin juga ada infeksi yg lain. Sementara observasi dulu, bila rewel sekali parcet, perbanyak cairan, kompres hangat, di tempat bekas gigisan seranga bisa dikompres dingin (es bungkus lap).

F.B.Monika

1d.

Re: bisakah demam krn digigit serangga?

Posted by: "pw.apsari@yahoo.com" pw.apsari@yahoo.com   pw.apsari

Sun Nov 6, 2011 2:42 am (PST)



Mbak Monik,

Iya mbak makasih ya mbak, ini juga lagi diobservasi, behaviour alhamdulillah masih mau main, makan masih masuk meski stengah porsi makan biasa, UHT masih doyan bgt, nenen juga terus2an, BAB agak mencret sudah 3x hari ini, muntah 1x, panas masih naik turun, tetap ga ada batpil.
Yang bikin pusing sbenernya org rumah hehe, disuruh minumin macem2, dr parcet, anti alergi, sampe kopi juga disuruh minumin :( huhuhu
Paling rada rewel dan kalo lagi dateng gatelnya yg digigit serangga itu nangis2 deh dia sambil garuk2 :(

Makasih ya mbak monik.

Sari

2.1.

Re: (TANYA) baby 6bln, start MPASI 5hr tidak BAB

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Sun Nov 6, 2011 1:26 am (PST)



Mba Erika,

Berpergian bisa juga homemade kok. Beberapa kali berpergian mulai dari sekedar ngemol atau pulang kampung dengan waktu perjalanan 4-12 jam tetap homemade. Agak ribet memang tapi makanan anak justru terjamin.

Anak saya yang besar pun sampai saat ini (4y) masih selalu bawa bekal setiap pergi kemanapun. Entah sekedar buah atau nasi + lauk pauknya. Yg jelas kalau air putih sih a must bring item :D.

Soal takaran yah, hehehehe saya sih gak pernah mau ribet dengan takaran, bisa abis waktu saya buat nakar makanan anak saya. Yang paling penting adalah pemberian makanan yang bervariasi sesuai piramida makanan atau myplate.

Cheers, Inta
@Intamaesarinta
terkirim dari henponkuh

2.2.

Re: (TANYA) baby 6bln, start MPASI 5hr tidak BAB

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Sun Nov 6, 2011 1:27 am (PST)



Betul pak Sativa,

Hanya saja kenapa beli yang instan kalau bisa homemade?

Cheers, Inta-sol
@Intamaesarinta
terkirim dari henponkuh

2.3.

Re: (TANYA) baby 6bln, start MPASI 5hr tidak BAB

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Sun Nov 6, 2011 1:28 am (PST)



Mba Cherie,

Bedakan oat dengan gandum yah. Oat memang bergluten, tapi sedikit sekali kandungannya. Beda dengan gandum. Oia, oat itu tidak sama yah mba dengan gandum, mereka dua tanaman yang berbeda.

Hanya yang saya heran, kenapa sih orang kita takut banget sama gluten? Sudah baca2 kah soal gluten?

Cheers, Inta
@Intamaesarinta
terkirim dari henponkuh

2.4.

Re: (TANYA) baby 6bln, start MPASI 5hr tidak BAB

Posted by: "rezka MommaAZKA" lopelope_funky@yahoo.com   lopelope_funky

Sun Nov 6, 2011 1:42 am (PST)



Mba inta,,
Saya sempat ngmg di suatu forum kl ank saya konsumsi oat utk sarapan,, di kombinasi dgn sayur ato pun buah,,

Di blg kl menu yg saya berikan itu gak merujuk kepada makanan sehat alami,, jujur saya sempat bingung jg,, tp akhirnya saya berkesimpulan,, mgkn pandangan org tntg oat ini memang berbeda2 :)
salam from mommaazkaberry

2.5.

Re: (TANYA) baby 6bln, start MPASI 5hr tidak BAB

Posted by: "Cherie Hadiwidjaja" cherie.hadiwidjaja@gmail.com   cherie_ph

Sun Nov 6, 2011 2:37 am (PST)



Mba Inta,bukan saya yg komen masalah oat/gandum.kalo saya prinsip,
semua bahan makanan asal diberikan tidak berlebihan,semuanya baik lah
untuk anak2 kita.prinsip saya sama ama mba Inta,mpasi yg
mudah,murah,ga bikin puyeng...

On 11/6/11, rezka MommaAZKA <lopelope_funky@yahoo.com> wrote:
> Mba inta,,
> Saya sempat ngmg di suatu forum kl ank saya konsumsi oat utk sarapan,, di
> kombinasi dgn sayur ato pun buah,,
>
> Di blg kl menu yg saya berikan itu gak merujuk kepada makanan sehat alami,,
> jujur saya sempat bingung jg,, tp akhirnya saya berkesimpulan,, mgkn
> pandangan org tntg oat ini memang berbeda2 :)
> salam from mommaazkaberry
>
>

2.6.

Re: (TANYA) baby 6bln, start MPASI 5hr tidak BAB

Posted by: "heidy_jo@yahoo.com" heidy_jo@yahoo.com   heidy_jo

Sun Nov 6, 2011 2:38 am (PST)



Kemaren sempet lihat cereal gerber ini di Total bua* segar selintas aja sih mbaa, kayaknya sekitar 50rb an. Emang lumayan mahal sih.

Besok saya lihat lg deh sambil istirahat makan siang.

Erika
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: "vanessa sutopo" <psycho_laziale@yahoo.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Sun, 6 Nov 2011 08:25:49
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Re: (TANYA) baby 6bln, start MPASI 5hr tidak BAB

Sayang

Iron fortifed cereal macam wetbix atau gerber mahal bagi sebagian orang, dan gak semua daerah ada..

Semua berpulang ke ortu baby..
Masih banyak jalan ya pak mnj roma.
jika gak sreg ya gak ush dipaksakan buat pake iron fortified cereal..(Btw td pak sativa kasi komposisi gerber, ko aku gak baca ada bhn pengawet,pewarna,pemanis?..klo gak ada berarti derajatnya tanpa pengawetnya sama kaya tepung gasol dong atau oat?)

Vanessa
*brp si pak ancer2 harga tu cereal?
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links

2.7.

Re: (TANYA) baby 6bln, start MPASI 5hr tidak BAB

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Sun Nov 6, 2011 2:57 am (PST)



Eaaaaa salah namaaaa, iya maaf mba cherie maksudnya tadi ke mba Rezka. Tapi udah dijelaskan kok sama mba Rezka.

Maaf sekali lagi maaf :)

Cheers, Inta-jitak kepala
@Intamaesarinta
terkirim dari henponkuh

3a.

Re: Dosis obat

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Sun Nov 6, 2011 1:31 am (PST)



Mba Azza,

Kalau gak mempan bukan salah obatnya dong, tapi memang infeksinya belum hilang tuh. Sudah baca2 soal demamkah di filenya moderator? Sama loh tatalaksana demam buat kita yang dewasa.

Cheers, Inta
@Intamaesarinta
terkirim dari henponkuh

3b.

Re: Dosis obat

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Sun Nov 6, 2011 1:42 am (PST)



Dear Mba Azza,

Menambahi Mba Inta, dosis nya :

Nyeri ringan – sedang, demam, per oral, DEWASA 0,5 – 1 g tiap 4-6 jam, maksimal 4 g sehari;

Selengkapnya baca di :
http://milissehat.web.id/?p=330


F.B.Monika
4.

Night terror was: Re: [sehat] Test

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Sun Nov 6, 2011 1:41 am (PST)



Mba Eliza Manda,

Coba gugling dengan key word night terror.

Subjectnya saya ganti yah, soalnya isinya melenceng jauh.

Cheers, Inta
@Intamaesarinta
terkirim dari henponkuh

5a.

Re: dua balita meninggal pasca PIN

Posted by: "thescorpio24@gmail.com" thescorpio24@gmail.com   kaysan19

Sun Nov 6, 2011 2:11 am (PST)



Hi sps , docs,

Td dr twitter saya mendapat link artikel ini, sptnya sehub. dgn kabar 2 balita yg meninggal pasca PIN.

Apa ada yg bisa klarifikasi jg? Mengingat kok bisa kebetulan 2 bayi tersedaknya bebarengan?

Aku copas ya link beserta artikelnya:

http://m.kompas.com/news/read/2011/11/06/12125222/Dua.Bayi.Meninggal.Tersedak

Dua Bayi Meninggal Tersedak Tablet
| Glori K. Wadrianto | Dibaca : 3461 kali
Minggu, 6 November 2011 | 12:12 PM

BANDUNG, KOMPAS.com - Biro Pelayanan Sosial Dasar Setda Provinsi Jawa Barat menyatakan meninggalnya dua balita dari Bekasi bernama Hanif M Husnaya (3) dan Isma Nur Fauziah (3) bukan karena diberi vaksin dalam program pekan imunisasi nasional tahap III.

"Berdasarkan investigasi dari Tim Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI), dua balita yang di Bekasi dan Kabupaten Bekasi itu meninggal dunia bukan karena divaksin imunisasi," kata Biro Pelayanan Sosial Dasar Setda Provinsi Jawa Barat Riyadi di Bandung, Minggu (6/11/2011).

Ditemui usai melaksanakan Shalat Idul Adha di Lapangan Gasibu, Riyadi menuturkan, kedua balita itu meninggal dunia karena tersedak obat panas atau parasetamol yang diberikan usai kedua balita tersebut divaksin imunisasi campak oleh petugas.

"Jadi begitu selesai diberikan vaksin campak, ada kemungkinan si anak yang diberikan vaksin campak suhu tubuhnya tinggi atau panas. Nah, untuk menghindari itu semua makanya diberi parasetamol. Berdasarkan keterangan Tim KIPI, si ibu itu saat memberikan parasetamol kepada anaknya tidak digerus tapi langsung diminum begitu saja, jadi si anak itu tersedak obat sehingga berujung kepada kematian," ujar Riyadi.

Oleh karena itu, kata Riyadi, untuk tidak mengulang kejadian serupa terulang kembali maka pemberian obat parasetamol kepada anak yang telah diberikan vaksin campak akan diganti dari tablet menjadi sirup.

Menyikapi kejadian tersebut, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan vaksin campak dan polio yang diberikan dalam pekan imunisasi nasional tahap III tidak menyebabkan kematian. "Vaksin tidak membuat orang meninggal, yang namanya vaksin campak dan polio itu kan untuk kesehatan. Kalau kemudian ternyata meninggal ya sudah waktunya meninggal. Jadi jangan dihubung-hubungkan terlalu jauh," kata Heryawan.

Menurutnya, tingkat partisipasi masyarakat dalam mengikuti program pekan imunisasi nasional tahap III di Jawa Barat hingga saat ini sudah mencapai 95 persen. "Alhamdulilah sudah 95 persen, lima persen lagi itu kan ada Tim Buru Sergap. Kita optimis pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional Tahap III di Jawa Barat ini bisa 100 persen," ujar Heryawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Alma Lucyati menambahkan, kejadian dua balita bernama Hanif M Husnaya (3) dan Isma Nur Fauziah (3) yang meninggal dunia di Bekasi, dengan program Pekan Imunisasi Nasional Tahap III diibaratkan seperti dua rel kereta api. "Ini seperti dua rel kereta api. Pertama, ini memang proses kematian alamiah atau takdir. Kedua, ada proses ilmiah yang berlangsung di tubuh anak yang diberikan vaksin," kata Alma.

Menurut Alma, Dinas Kesehatan Jawa Barat tidak memiliki wewenang untuk melakukan investigasi penyebab kematian dua bocah tersebut. "Dinkes tidak berwenang, yang berwenang itu KIPI. Pemerintah pusat membentuk KIPI salah satunya ialah untuk menangani kasus seperti yang di Bekasi itu," katanya.

Sumber : Antara
​SÑ"ит Fяoм мy ‎​BÑ"яяyJavÑ"®
PowÑ"яÑ"d вy TELKOMSEL
5b.

Re: dua balita meninggal pasca PIN

Posted by: "angel.encis@gmail.com" angel.encis@gmail.com   indahlife

Sun Nov 6, 2011 2:29 am (PST)



IMHO ya,mba.
Menurutku kok penyebab kematiannya aneh.aku setuju sama heryawan ini.ga ada hubungan antara imunisasi dengan kematian kedua bayi tersebut.
Dan yang ga masuk akal adalah sejadul2nya tim KIPI kalo mo dikasih parcet pasti dalam bentuk sirup.bukan dalam bentuk tablet seperti yang diberitakan.
Sedikit cerita ya.encis ikut PIN juga tuh tapi sama petugasnya sejauh mataku memandang ga ada satupun petugas yang ngasih parcet tuh.jadi memang sudah tau KIPI campak dan polio seperti apa ya.

Angel
Emaknya encis n twinnies inside

Recent Activity
Visit Your Group
Sell Online

Start selling with

our award-winning

e-commerce tools.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Yahoo! Health

Achy Joint?

Common arthritis

myths debunked.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: