Friday, November 4, 2011

[sehat] Digest Number 16417

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1.1.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: aina
1.2.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: vanessa sutopo
1.3.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: aina
1.4.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: aina
1.5.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: Khonic
1.6.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: vanessa sutopo
1.7.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: aina
1.8.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: F.B.Monika
1.9.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: Esti Handayani
1.10.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: fitri.barokah@gmail.com
1.11.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
1.12.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: Inta
1.13.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: Sam
1.14.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: Khonic
1.15.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: ade.novita.juliano@gmail.com
1.16.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: diahfa@yahoo.com
1.17.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
1.18.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: F.B.Monika
1.19.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: aina
1.20.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: aina
1.21.
Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: Esti Handayani
2a.
(Sehat)-bintitan diksh AB From: reginanova@yahoo.com
3a.
CLOSED  == > Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: Sam
3b.
Re: CLOSED == > Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: arel.sha
3c.
Re: CLOSED == > Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn From: aina

Messages

1.1.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Thu Nov 3, 2011 4:52 pm (PDT)



Mba kronic,
Dl abhi jd gitu tu....kl abhi lg mukul...sy blg "abhi TIDAK pukul"...
bukan "tidak boleh" ...tapi "tidak" saja.....kl msh mukul.......misal lagi main, sy hentikan acara mainannya....naahh biasanyaa abs itu nangiss deh...tungguin aja nangissnya smp berenti..aseli berenti loh mba meski lama......stlh itu, br puji "makasi abhi, uda berenti nangiss"...abis itu tany knp td nangiss...

Harus konsisten beneran mba, kl akan tjd berkali2 br ngerti bgt mukul dsb itu tidak baik....daann kudu kuat kuping

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

1.2.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "vanessa sutopo" psycho_laziale@yahoo.com   psycho_laziale

Thu Nov 3, 2011 4:52 pm (PDT)



Salah satu yg susah itu
Penggunaan kalimat airmatif ya..

Saya dan ayahnya konsisten sesedikit mungkin gak menggunakan kata "tidak" atau"jangan"

Tp klo di rumah mertua-ibu waaah jgn ditanya..
Klo kita "time-out" abi, kata eyang uti nya kasihan

Vanessa
*mba aina anak kita sama ya namanya abi hehehe
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
1.3.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Thu Nov 3, 2011 4:55 pm (PDT)



Pak arief, menangis kala ayah nya pergi jg angot2n ....kdg welcome bgt ayahnya kantor..kdg pake nangiss dulu deh....mmg smuanya butuh proses.

*sama2 belajar

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

1.4.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Thu Nov 3, 2011 4:58 pm (PDT)



Mba vanessa, abhi saya abhinaya hehehe - ott

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

1.5.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "Khonic" khonic@gmail.com   khonic_ds

Thu Nov 3, 2011 4:59 pm (PDT)



Mba Aina,
Ponakan saya tau mukul itu tidak baik.. Wong di sekolah dia yg gembar-gembor melarang/ menasehati teman2nya yg suka main pukul kok.

Tp kenapa dirumah seperti itu, itu yg bikin bingung..

Hanya kakak dan art-nya saja yg kena pelampiasannya..

PS: ponakan saya ini laki2 dan kakaknya perempuan.. Jaraknya hanya 13bln. Ortu bekerja 2-2nya..

Khonic
Sent from my Freegift-Berry® supported by my lovely hubby (^__^)
1.6.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "vanessa sutopo" psycho_laziale@yahoo.com   psycho_laziale

Thu Nov 3, 2011 5:04 pm (PDT)



Abhinaya namanya bagus

Kenalkan anakku abimanyu

Vanessa
*maap oot ..lanjutkeun ..sy nyimak lagi
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
1.7.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Thu Nov 3, 2011 5:06 pm (PDT)



Cari perhatian yaa mba kronic..maybe miss his parents....

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

1.8.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Thu Nov 3, 2011 5:09 pm (PDT)



Mba Khonic :
Ponakan saya tau mukul itu tidak baik.. Wong di sekolah dia yg gembar-gembor melarang/ menasehati teman2nya yg suka main pukul kok.
Tp kenapa dirumah seperti itu, itu yg bikin bingung..
Hanya kakak dan art-nya saja yg kena pelampiasannya..

Monik :
Mba yakin kalau ponakan tidak main pukul dan sejenisnya di sekolah? Kalau yakin maka tindakannya di rumah mungkin : strategi cari perhatian, mungkin pelampiasan emosi yg terpendam, mungkin strategi untuk menyampaikan sesuatu yg tidak bisa disampaikan melalui verbal. So bergaul dengan sungguh dengan anak tsb untuk mendapatkan penyebabnya sehingga solusi sesuai dengan penyebab.

F.B.Monika

1.9.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "Esti Handayani" ehandayani@gmail.com   esti_fgj

Thu Nov 3, 2011 5:09 pm (PDT)



Mba,

Pada prinsipnya, tidak ada yang namanya anak nakal. Kalo anak berulah, pasti ada penyebabnya. Entah itu cari perhatian atau dia semakin pintar shg tau mana aja orang2 yang bisa dia jajah.
Nakal itu kan label dr orang dewasa, sekedar memberi nama untuk ketidakmengertian mereka sm perilaku anak2.

Tiap anak itu berbeda dan unik. Apa yg cocok di anak saya, belum tentu cocok untuk anak lain. Jadi, lebih baik kenali anak kita, supaya kita bisa lebih mudah memahami mereka.
Yang penting, jangan menghukum, krn kita bukan hakim. Dan jangan labeli anak dengan label-label negatif.


Esti

Powered by JempolBerry®
1.10.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "fitri.barokah@gmail.com" fitri.barokah@gmail.com

Thu Nov 3, 2011 5:11 pm (PDT)



SPs,

Kalo weaning nenen itu boleh pake kesepakatan gak? Misal saya lg coba weaning Tama 2.3 YO. Saya buat kesepakatan kalo nenen besok dimobil gak setel lagu anak anak. Ehh malah paginya Tama ambil kaset anak2 dimobil trus dibawa turun sambil bilang "ama au nenen, anat2 gak setel"

Fitri
*amazed that kids are so brilliant*
Powered by Telkomsel BlackBerry®
1.11.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Thu Nov 3, 2011 5:19 pm (PDT)



Pagi mbak Fitri
Huaaahahaha, anaknya pinter amat.
Duh, puter otak deh biar gak mati gaya, he2

Q: Kalo weaning nenen itu boleh pake kesepakatan gak?
A: Boleh banget mbak. Dan buat anak pinter kayak anak mbak, ini butuh kecerdasan ekstra sebelum mengajukan kesepakatan, pikirkan kemungkinan dia memilih nenen dan mengorbankan kesenangan yang kita pikir value bargaining powernya lebih tinggi dari nenen, seperti yang sudah terjadi kayaknya, he2.

Selamat jadi negotiator ya mbak. Di dukung dari jauh.

Regards,
Marcella
*cikarang cukup lancar
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
1.12.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Thu Nov 3, 2011 5:20 pm (PDT)



Mba Fitri,

Dulu pas weaning bita saya pake kesepakatan kok ;).

Karena bertahap jadi kesepakatan yang dibuat beda2. Misalnya karena mau berhentiin nenen pas tidur, bita mau bobo sambil nenen atau garuk2 punggung. Kalau mau garuk punggung gak nenen, kalau mau nenen gak garuk punggung.

Saat mau berhentiin nenen di mobil kita sepakat kalau bita minta nenen di mobil kita gak jadi pergi, kalau mau pergi bita gak boleh nenen di mobil. Boleh nenen kalau sudah sampai misalnya. Dan saya akan dan harus nepatin janji, kalau sudah sampai boleh nenen. Dan bertahap selajutnya.

Waktu mau berhentiin nenen malam juga begitu. Kita sepakat boleh nenen dengan durasi waktu misalnya 5 menit. Karena anak2 gak tau yah batasan waktu saya dan bita pasang alarm, nanti alarm bunyi nenen selesai yah.

Begitu terus mba sampai akhirnya bita memutuskan berhenti atas dasar kesepakatan juga: berhenti kalau adik sudah lahir :D.

Cheers, Inta-eh yg diatas itu kesepakatan kan yaaah? Hehehehehehe...
@Intamaesarinta
terkirim dari henponkuh
1.13.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "Sam" samsulna@gmail.com   samsul_na

Thu Nov 3, 2011 5:22 pm (PDT)



Ria, sepertinya perlu banyak undangan ke tetangga sebelah nih ..ntar bagi gelasnya ye..

setuju sama yg lain, kesepakatan lebih cocok dibanding hukuman ...

THanks,
@samsulna - sedang merevolusi mindset sejak ketemu bapak itu..

----- Original Message -----
From: Ade Novita Juliano
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Friday, November 04, 2011 5:47 AM
Subject: Re: [sehat] Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

btw ria.. kapan dong giliran aku yang diperkenalkan dengan bapak itu

salam,
@Ade_Novita

[Non-text portions of this message have been removed]

1.14.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "Khonic" khonic@gmail.com   khonic_ds

Thu Nov 3, 2011 5:28 pm (PDT)



Mba Aina:
Saya juga bilang gitu ke ibunya.. Tp apadaya mama n papanya mesti kerja :( btw saya khonic.. Klo kronic itu bukannya penyakit yg sudah gawat ya (kronis) hehehe.. Maaf oot Ù¼

Mba Monik,
Ortunya yakin mba, krn guru tk-nya sendiri yg bilang.. kadang juga eyangnya nemenin ke tk-nya..
Saya ga tau persisnya bagaimana karena rumah kami agak berjauhan hanya dr cerita kakak saya n eyangnya (mama saya)
Hmmm jadi intinya komunikasi ya mba? Saya sih memang berfikir melampiaskan kekesalan saja... Krn pemukulan ini terjadi klo mereka hanya bertiga saja dirumah (ponakan saya n art-nya)
Kalo lagi acara kumpul2 saya juga ga pernah lihat dia memukul sepupu2nya..

Mba Fitri,
Tama pinter banget hehehe... *maaf ga membantu*

Khonic

Sent from my Freegift-Berry® supported by my lovely hubby (^__^)
1.15.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "ade.novita.juliano@gmail.com" ade.novita.juliano@gmail.com   novita_ade

Thu Nov 3, 2011 5:29 pm (PDT)




Ah si bapak Arief ini emang siap bener ya jadi bapak

Perjanjian tertulis dgn anak ya ga pakai materai, mungkin nanti klo udah teenager :D, kadang pakai cap jempol, pernah cap bintang, pernah juga stiker, skrg ini lg sering pakai cat u finger print

Asasnya kepercayaan, apalagi buat wira & naya yang blum bisa baca

Kalau melanggar ya diajak bicara, kita contohkan minta maaf, sampaikan bahwa kita sedih & kecewa. harapannya mereka juga gitu, jadi tidak perlu menutupi atau berbohong, biar gedenya bisa jadi pemimpin jujur, atau penegak hukum yang adil yaa ketua KPK lah minimal hehehe

Amiinn

@Ade_Novita

1.16.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "diahfa@yahoo.com" diahfa@yahoo.com   diahfa

Thu Nov 3, 2011 5:30 pm (PDT)



Mba ria...
Undangan ke saya kok ga nyampe2 yak..:( apa sy perlu bikin 'rumah' baru ?


Maaf ya mod..oot, bikin panjang trit :D

Salam,
Diah
*belajar banyak dr anak2 (wafa, faza dan ghesta)
Powered by Telkomsel BlackBerry®
1.17.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Thu Nov 3, 2011 5:45 pm (PDT)



Berhubung yang mulai mbak Feby, jadi saya nyapa mbak Feby juga ya, he2

Pagi mbak
Cuma baca dikit thread ini, email mbak Ade, gan Arief,mbak Ria (*krn penasaran bapak2 yang di sebut mbak Ade) dan oom Samsul selain postingnya mbak sendiri.

Sebenarnya udah komplit pakai telur bakso pangsit kerupuk di email mbak Ade.

Cuma, kalau saya baca email mbak Feby saja, karena pertanyaannya general sekali, jadi jawabannya juga bisa kemana2.

Anak mbak kayaknya cocok banget dengan kesepakatan, mulai kurang mempan hukuman, he2. Makanya mbak pusing kalau fokusnya ke hukuman, karena bakal mati gaya dalam hitungan waktu. Anak itu kayak bakteri, gampang mutasi, jadi seperti penemu vaksin, mbak adu cepat dengan kecepatan mutasinya.

Jadi
Mungkin bisa tanya mbak ria, siapa bapak yang kayaknya menginspirasi oom samsul dan ditanya sama mbak ade. Ikuti trend parenting masa kini yang up to date berprinsip rasional dan kasih sayang.

Saya pribadi suka dengan buku2 Ayah Edy, salah satunya buku tentang kesalahan kita sebagai orang tua, yang tanpa disadari, yang membuat perilaku anak kita jadi memusingakan kepala, he2

Selamat belajar mbak.

Regards,
Marcella
*siap2 bekerja,sambil sarapan makan mangga, yang manisnya kayak saya (*eh, asem gak ya ?)


Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
1.18.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Thu Nov 3, 2011 5:58 pm (PDT)



Mpok Cella,

'Bapak' tsb prinsipnya menempatkan diri dari pihak anak walau beliau sudah bukan anak2 lagi..Hehe maaf g ngiklan Bapak tsb n OOT..


F.B.Monika
1.19.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Thu Nov 3, 2011 5:59 pm (PDT)



Bapakne sopo iki??


merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,


aina f.
1.20.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Thu Nov 3, 2011 5:59 pm (PDT)



Mba feby ga muncul2 - sol

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,


aina f.
1.21.

Re: Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "Esti Handayani" ehandayani@gmail.com   esti_fgj

Thu Nov 3, 2011 6:09 pm (PDT)



Mike,

Diskusinya melebar nih...ntar member lain bingung.
Distop aja kali ya, kembali ke jalur nya sehat aja

Esti

Powered by JempolBerry0…3
2a.

(Sehat)-bintitan diksh AB

Posted by: "reginanova@yahoo.com" reginanova@yahoo.com   reginanova

Thu Nov 3, 2011 5:02 pm (PDT)



Malam sps & dr...

Shalom (2thn 5 bln) sering bgt bintitan.Dl sempet tanya2 ke milis & googling ke link kl gak bahaya asal sering dikompres air hangat.hilang timbul sih.anak sering bgt cuci tangan & jaga kebersihan.
Nah skrg kondisi matanya sdh seminggu ini bintitan sebesar buah cherry.td pagi badan demam sekitar 39 tp on off.
Saya akhirnya memutuskan ke klinik mata. Dibekali biolincom (syrup), celestamin (obat alergi syrup) & cendomycos (tetes mata/salep).
Obat sirup sdh coba saya ksh tp shalom gak bs mnm,smp akirnya muntah bnyk. Maklum shalom gak pernah skt/mnm obat/vit. Jd tdpun wkt ngasih pake acara maksa & nangis.
Yg mau ditanyakan apa perlu AB sirup itu?apa ckp dgn tetes mata saja?


Thx
Regina


Powered by Telkomsel BlackBerry®
3a.

CLOSED  == > Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "Sam" samsulna@gmail.com   samsul_na

Thu Nov 3, 2011 6:21 pm (PDT)



Thread nya cukup ya,

Kita bahas masalah kesehatan lainnya.

Thanks,
MODS

3b.

Re: CLOSED == > Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "arel.sha" levenons@gmail.com

Thu Nov 3, 2011 6:36 pm (PDT)



Mohon maaf, tapi saya masih menyimak loh topik soal parenting ini.
Parenting tidak di jalur kesehatan ya?

Kalo soal "si bapak" yang disebut2 di bbrp email, nah..itu..baru deh, gak
usah diterusin lagi.

Arel
*masih ekspek ilmu parenting dari milis*

[Non-text portions of this message have been removed]

3c.

Re: CLOSED == > Ask : hukuman yg mendidik buat anak 5 thn

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Thu Nov 3, 2011 6:38 pm (PDT)



Setuju sm mom arel - sol

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

Recent Activity
Visit Your Group
Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Sell Online

Start selling with

our award-winning

e-commerce tools.

Yahoo! Health

Heartburn or Worse

What symptoms

are most serious?

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: