Thursday, November 3, 2011

[sehat] Digest Number 16410

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1.
INFO dsa RUM di Padang From: adel kasoema
2.
Masih hangat ==> Fwd: BMJ Table of Contents for 2 Nov 2011=> The RTS From: /ghz
3.1.
Re: [tanya] ott softlens From: lia.kurniawan@gmail.com
4a.
Re: Diare yang mulai bergesar From: Inta
4b.
Re: Diare yang mulai bergesar From: irma-mama zafran
4c.
Re: Diare yang mulai bergesar From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
5a.
[Tanya] Mau Ngadain PESAT di Kantor From: Catur Sri
5b.
Re: [Tanya] Mau Ngadain PESAT di Kantor From: Alia Fatma
6.1.
Re: Tounge Tie From: nankrist
6.2.
Re: Tounge Tie From: Inta
6.3.
Re: Tounge Tie From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
7a.
Di betis anak berusia 3 tahun ada 27 buah paku (sebagian berkarat) From: Hari Rahmi
7b.
Re: Di betis anak berusia 3 tahun ada 27 buah paku (sebagian berkara From: /ghz
8.
Butuh penguatan:mual pada anak 3thn From: milky_lilis@yahoo.com
9a.
Re: Imunisasi campak, MMR dan alergi telur From: asamisunt@gmail.com
10a.
Fw: abo incompatibility From: purnamawati.spak@cbn.net.id
10b.
Re: Fw: abo incompatibility From: nia2R
10c.
Re: Fw: abo incompatibility From: aina
10d.
Re: Fw: abo incompatibility From: vanessa sutopo
10e.
Re: Fw: abo incompatibility From: alifah davida
10f.
Re: Fw: abo incompatibility From: nia2R
11a.
Re: Patah Tulang Menahun From: diyah.pertiwi@telkom.net
12a.
Re: Mohon konfirmasi pemahaman From: Ira Indrawati
13.
Butuh penguatan ank diare :'( From: rezka MommaAZKA
14.
Bls: [sehat] Butuh penguatan ank diare :'( From: 'Ita' Elisabeth Dianita

Messages

1.

INFO dsa RUM di Padang

Posted by: "adel kasoema" lyvi_adel@yahoo.co.id   lyvi_adel

Wed Nov 2, 2011 8:43 pm (PDT)



Dear Sp,
 
mohon infonya dong kalo ada yang tau dsa yang rum di Padang dan sekitarnya.
 
tq
 
salam,
adel

[Non-text portions of this message have been removed]

2.

Masih hangat ==> Fwd: BMJ Table of Contents for 2 Nov 2011=> The RTS

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Wed Nov 2, 2011 8:48 pm (PDT)





-------- Original Message --------
Subject: BMJ Table of Contents for 2 Nov 2011
Date: Wed, 2 Nov 2011 20:39:58 -0700
From: bmj-mailer@alerts.stanford.edu
To: <ghozan10032005@gmail.com>

*In this email*
Editor's choice <#Editor%27s%20choice> | Editorials <#Editorials> |
Letters <#Letters> | News <#News> | Short cuts <#Short%20cuts> | Feature
<#Feature> | Observations <#Observations> | Research <#Research> |
Clinical review <#Clinical%20review> | Views & reviews
<#Views%20%20reviews> | Endgames <#Endgames> | Minerva <#Minerva> |
Fillers <#Fillers> | Corrections <#Corrections> | Obituaries <#Obituaries>

*Editorials*

The RTS,S malaria vaccine
<http://bmj.com/cgi/content/extract/343/oct27_1/d6986?etoc>
Christopher J M Whitty

BMJ 2011; 343:d6986 doi: 10.1136/bmj.d6986 (Published 27 October 2011)
Cite this as: BMJ 2011; 343:d6986

* Editorial

The RTS,S malaria vaccine

1. Christopher J M Whitty
<http://www.bmj.com/search?author1=Christopher+J+M+Whitty&sortspec=date&submit=Submit>,
professor of international health

+ <http://www.bmj.com/content/343/bmj.d6986.extract?etoc#> Author
Affiliations

1.
^1 London School of Hygiene and Tropical Medicine, London WC1B
7HT, UK

1. christopher.whitty@lshtm.ac.uk <mailto:christopher.whitty@lshtm.ac.uk>

Represents scientific progress, but the public health role is not yet clear

The initial results of the phase III clinical trial for
RTS,S---currently the leading malaria vaccine candidate---were recently
announced, 1 amid international media coverage suggesting that the
vaccine could avert millions of deaths and bring the eradication of
malaria closer. 2 3 The large well conducted multicentre trial showed a
50% reduction in the incidence of malaria among young children. 1 This
is broadly in line with initial phase II data, although hopes raised by
the earlier (smaller) study that it might be even more effective in
severe cases were not confirmed. 4 5

This is undoubtedly a major scientific achievement, and is the first
vaccine against a human parasite that has appreciable clinical effects.
Malaria still kills more than 700 000 children in Africa 6---the target
population for this vaccine---and reduces the life chances of many more.
Scientists involved in the development and testing of this vaccine
should be justifiably proud of their achievement. RTS,S incorporates
hepatitis B surface antigens and it also induces good immunity to
hepatitis B. 7

The future impact of this vaccine---which is likely to be licensed by
the end of 2015---on public health is however more difficult to assess.
Although these are only ...

http://www.bmj.com/content/343/bmj.d6986.extract?etoc

The BMJ Group is one of the world's most trusted providers of medical
information for doctors, researchers, health care workers and patients.
www.bmjgroup.bmj.com <http://www.bmjgroup.bmj.com>

This email and any attachments are confidential. If you have received
this email in error, please do not use it in anyway. Please also kindly
notify us immediately by reply and remove it from your system.

Any personal views expressed in this email are those of the individual
and may not represent those of the BMJ Group.

The recipient should check this email and any attachments for presence
of viruses. The BMJ Group accepts no liability for damage caused by any
virus transmitted by this email. Emails sent or received by the BMJ
Group may be monitored, including monitoring for size, traffic,
distribution and content.

BMJ Publishing Group Limited trading as BMJ Group.
A private limited company, registered in England and Wales under
registration number 03102371.
Registered office: BMA House, Tavistock Square, London WC1H 9JR, UK.
Copyright © 2011 by the British Medical Association.

[Non-text portions of this message have been removed]

3.1.

Re: [tanya] ott softlens

Posted by: "lia.kurniawan@gmail.com" lia.kurniawan@gmail.com

Wed Nov 2, 2011 8:48 pm (PDT)



Kelainan sepertinya jd produksi air mata nya memang sedikit, treatment nya klo sm dokter d ksh tetesmata yg kandungannya airmata gt pro*ag*n*t* merknya tp klo ak sih ga pk softlens lg krn takut melukai retina klo udah saking keringnya sm lbh sering ngedip biar mata basah selalu


Lia
*lupa rasanya udah lama ga pk kcmata & softlens

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
4a.

Re: Diare yang mulai bergesar

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Wed Nov 2, 2011 8:49 pm (PDT)



Hehehehe buat saya gak pak, ors tetap no satu, seperti lagi aku anak sehat.

Cheers, Inta-yg abis borong ors sachetan, maap oot
@Intamaesarinta
terkirim dari henponkuh

4b.

Re: Diare yang mulai bergesar

Posted by: "irma-mama zafran" irmayantidwilestari@yahoo.com   irmayantidwilestari

Wed Nov 2, 2011 10:18 pm (PDT)



Ngikut aaaah..kebetulan selama ini lagu itu jadi teman makannya anak saya kl saya suapin dg syair yg saya ubah2 sendiri sesuai suasana hati :D
*ini salah satu favorit saya kl pas papanya masih dirumah saat saya suapin zafran.aku nya diganti nama anak saya tapi yaaa kan ala saya :D*

Zafran anak sehat,tubuhnya kuat
Karena mama-papa rajin dan cermat
Semasa zafran bayi,slalu diberi ASI
Makanan bergizi,dan imunisasi

Berat badannya ditimbang slalu
Tak lupa dicatat di dalam buku

Bila hari sabtu tiba
Papa ajak jalan-jalan
Mama senang,zafran senang
ASI makin lancarrr....

*maklum ibu rumah tangga,senaaaaaaang kl suami ajak jalan2 sekedar usir jenuh mamanya...hihihi*

Salam sehat-bahagia..
Irma *maap OOT&sengaja gak potek :p*


-irma♡mama zafran-
Sent from my whiteberry
Powered by ♡ luvly husby ♡

-----Original Message-----
From: /ghz <ghozan10032005@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Thu, 03 Nov 2011 10:34:58
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Diare yang mulai bergesar

On 11/3/2011 10:24 AM, alifah davida wrote:
> Cuman, kata2 'Ibu'-nya diganti 'ortu' ya Pak-e, sahamnya 50-50, hehehe.
>
=> emangnya mas beye doank yg bisa bikin lagu.
ndak perlu launcing di perancis lah...cukup dimilis ini saja.

Aku anak sehat
Tubuhku kuat,
Karena ayah ibuku bijak dan cermat

Selepas aku lahir
Langsung diberi ASI dan tak lupa Imunisasi

Kalau aku pas demam
ayah memeluku....
tak lupa ibu juga mengkompresku
parasetamol simpan utk kondisi tertentu

Aku anak sehat
tubuhku kuat
karena ayah ibuku rajin belajar

Kalau aku pas sakit
ayah ibuku tampak lebih tenang
sehingga buatkupun lebih rasional...

lanjut mangggg.....

maaf OOT

salam sehat
bapakeghozan





[Non-text portions of this message have been removed]

4c.

Re: Diare yang mulai bergesar

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Wed Nov 2, 2011 10:47 pm (PDT)



Banyak yang bakat komposer ternyata
Tambah OOT

Regards,
Marcella
*bener2 Smart Parents
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
5a.

[Tanya] Mau Ngadain PESAT di Kantor

Posted by: "Catur Sri" catur.sri@gmail.com   catur_steven

Wed Nov 2, 2011 8:52 pm (PDT)



mba'e...cuba email ke M 'Nia sekre'nya YOP...biasanya beliau yg handle utk
urusan2 beginian...

smg sukses PESAT ktr'nya..

catur
*EHS jg di kantor :D*

[Non-text portions of this message have been removed]

5b.

Re: [Tanya] Mau Ngadain PESAT di Kantor

Posted by: "Alia Fatma" alia.fatma@ymail.com   alia.fatma@ymail.com

Wed Nov 2, 2011 9:08 pm (PDT)



Siaappp...terimakasih banyak yaaa...

Doain ya spy berhasil PESAT dkantorku...

Alia

warm regards
send Mail on Android

[Non-text portions of this message have been removed]

6.1.

Re: Tounge Tie

Posted by: "nankrist" nankrist@yahoo.com   nankrist

Wed Nov 2, 2011 9:24 pm (PDT)



jd mikir,
kl diinsisi tnp indikasi yg jelas dan tegas,
masih tetep ada kemungkinan setelah dinsisi tetep sulit menyusui, berat badan sulit naik kan?;
sementara si anak ud telanjur diinsisi (saya gak tau gimana proses insisi, tp ngebayangin bayi dinsisi kok bikin saya kecut ya.
kasian lho bayi merah dioperasi -mau sekecil apapun operasinya-).

jd bener deh,
mending cek dulu yg laen2 (posisi latch on, dll),
insisi jd pilihan terakhir.

anak saya yg pertama jg di bulan pertama sulit menyusu,
bblr (2,25 kg), prematur, 15 hari di rs minum asip pake dot,
untung blm tau ttg TT ;p
ke konselor laktasi, dikasih tau latch on yg bener,
sukses deh nenen.

met berjuang.
cy

--- In sehat@yahoogroups.com, "Sam" <samsulna@...> wrote:
>
> Hmm ...
> dari tadi bolak -balik baca imel2 sebelumnya, bukannya sudah jelas : bukan anti frenotomi, tapi harus ada indikasi yg jelas dan tegas.
>
> Sama dg case lainnya, misal terbukti ada infeksi bakteri ya harus di treatment dg AB tapi harus didukung dg data yg reliable.
>
> Jadi intinya bukan gunting ato tidak, tapi perlu ato tidak.
>
> thanks,
> Samsul

6.2.

Re: Tounge Tie

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Wed Nov 2, 2011 9:32 pm (PDT)



Benar mba Cy,

Kalau saya baca di parents sheet informationnya www.toungetie.co.uk di bagian experts said:
http://www.nice.org.uk/nicemedia/pdf/ip/IPG149publicinfo.pdf

How well the procedure works
What the studies said
One study compared what happened in babies who had the tongue-
tie procedure with babies whose mother had 48 hours of intensive
support from a breastfeeding specialist. Nearly all the mothers of
babies who had the procedure said that breastfeeding had improved
24 hours afterwards (it improved in 19 out of 20 babies). As a
comparison, only 1 mother out of 20 who had support from the
breastfeeding specialist said that breastfeeding improved afterwards.
In one study that followed what happened in 215 babies who had
the tongue-tie procedure, 173 mothers said breastfeeding improved
afterwards. In another study, all 70 mothers said that their babies
could latch on better after having the procedure. And the 53 mothers
who had felt nipple pain said that this improved after their babies
had the procedure.
In a third study, all 36 babies in the study who had the tongue-tie
procedure could move their tongues normally 3 months later.

What the experts said
The experts did not agree about how well the tongue-tie procedure
worked. Some said that it was difficult to tell whether the
improvement in breastfeeding happened as a result of the procedure.

Jadi memang sebaiknya dipelajari lagi deh sebelum memutuskan untuk insisi.

Cheers, Inta
@Intamaesarinta
terkirim dari henponkuh
6.3.

Re: Tounge Tie

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Wed Nov 2, 2011 11:07 pm (PDT)



Memang ada 2 sisi pandang mengenai TT ya ternyata.
Baru bisa ngikutin rada komplit saat ini. Jadi ikutan belajar. Makasih ya semua. Diskusinya saya simpan buat nanti kalau butuh.

Btw, ini pak e ada apa ya? Kok romantis banget hari ini. Ngarang puisi plus lagu.
Ultah perkawinan ya ?
OOT deh ...maap.

Regards,
Marcella
*kenyang
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
7a.

Di betis anak berusia 3 tahun ada 27 buah paku (sebagian berkarat)

Posted by: "Hari Rahmi" hari.rahmi@ericsson.com   cute_dazzling_girl

Wed Nov 2, 2011 9:34 pm (PDT)



Dear all,

Hari ini saya terpana membaca salah satu berita di kompas...Mohon masukan apa hal ini masuk diakal ? Dalam arti bisa dijelaskan secara medis ? Terima kasih

Di betis anak berusia 3 tahun ada 27 buah paku (sebagian berkarat)

KOMPAS.com - Tidak ada yang pernah menyangka, di betis Safirah, bocah berusia 3 tahun di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, itu bersarang puluhan paku dan logam. Ketika ibunya mengetahui keanehan tersebut, dokter pun diminta untuk mengeluarkan benda asing itu dari tubuh sang bocah.

Operasi mengeluarkan paku satu demi satu dari betis Safirah akhirnya sukses dilakukan pada Selasa (1/11/2011) kemarin dalam operasi yang berlangsung dua jam di RSU Andi Makkasau. Dari 27 benda asing yang terdeteksi di dalam tubuhnya, sudah 26 buah yang dikeluarkan.

Masing-masing benda menyerupai paku sebanyak 23 biji, satu biji jarum, dan dua biji logam putih yang bersarang di betis kanan dan kiri. Sedangkan benda lain di bagian punggungnya belum dikeluarkan oleh tim medis karena merupakan daerah rawan yang bisa merusak urat saraf yang berada di wilayah tulang belakang sehingga harus ekstrahati-hati. Jenis benda besi ini masuk di dalam tubuh Safirah sepanjang 2 hingga 6 cm, di bagian betis kanan sebanyak 7 biji dan betis kiri sebanyak 19 biji.

Dokter belum dapat menjelaskan secara medis kondisi yang dialami Safirah. Anggapan sementara, logam-logam tersebut dimasukkan secara sengaja ke tubuh sang bocah. Namun, anehnya, Safirah tak merasakan sakit apa pun. Ibunya sendiri yang merawat sejak kecil membantah anggapan tersebut. Jadi, apa sebenarnya yang terjadi pada diri Safirah, belum ada yang tahu sampai sekarang.

Penulis warga Shamier Parez merekam operasi Safirah di RSU Andi Makassau<http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2011/11/02/safirah-si-bocah-manusia-paku-berhasil-dioperasi/>. Simak laporan lebih lengkapnya di Kompasiana<http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2011/11/02/kondisi-fisik-si-bocah-manusia-paku-mulai-membaik/>.
http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2011/11/02/safirah-si-bocah-manusia-paku-berhasil-dioperasi/

RAHMI SRINA HARI
FA & Reporting Manager

PT Ericsson Indonesia
Wisma Pondok Indah 11th Floor
Jl. Sultan Iskandar Muda VTA, Indonesia
Phone +62 21 7519487
Fax +62 21 7692888
Mobile +62 85 86 400710
hari.rahmi@ericsson.com
www.ericsson.com

[cid:image002.gif@01CC9A1C.7DC0A240]<http://www.ericsson.com/>

This Communication is Confidential. We only send and receive email on the basis of the terms set out at www.ericsson.com/email_disclaimer<http://www.ericsson.com/email_disclaimer>

[Non-text portions of this message have been removed]

7b.

Re: Di betis anak berusia 3 tahun ada 27 buah paku (sebagian berkara

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Wed Nov 2, 2011 9:38 pm (PDT)



On 11/3/2011 11:34 AM, Hari Rahmi wrote:
> Hari ini saya terpana membaca salah satu berita di kompas...Mohon masukan apa hal ini masuk diakal ? Dalam arti bisa dijelaskan secara medis ? Terima kasih
>
=> jawaban saya suatu saat mungkin,wallahu'alam -sol-

8.

Butuh penguatan:mual pada anak 3thn

Posted by: "milky_lilis@yahoo.com" milky_lilis@yahoo.com   milky_lilis

Wed Nov 2, 2011 9:48 pm (PDT)



Dear sps&docs,

Butuh masukan & penguatan nih,uda 2mingguan ini marvel (3Y) tiba2 kehilangan nafsu makannya.biasanya pagi bisa sarapan semangkok misua&jam 10 makan kue2 disaat istirahat sekolahnya,tp selama 2minggu tsb tiba2 mogok sama sekali ga mau makan. Tapi makan siang&malam tidak bermasalah.
Tidak lama kemudian mulai batuk2 berdahak&pilek,dimaklumi karena diplaygroupnya juga semua anak batpil.nafsu makan mulai makin berkurang,tapi aku masi maklum.lama kelamaan makin ogah makan&bikin kurus kering T.T dari kemaren malam-pagi ini kepala sedikit hangat,tapi anak masi pecicilan jadi aku masi agak tenang.
Nah yg jadi masalah,sejak sulit makan itu,kalo disuruh makan paling beberapa suap,abis itu suka kayak mau muntah gitu. Dan tadi pagi sempat muntah sedikit setelah batuk kecil&kayak ada angin gitu.
dan aku sekarang jadi khawatir,apa ini cuma gastro biasa ya?untuk meringankan rasa mual pada anak2 sebaiknya make apa ya? Sedih liat dia yg dulu makan banyak jd susah makan karena mual gitu T.T
Mamaku uda saran ke dokter aja cm kalo cc kan ga ada obatnya&takut malah dikasi puyer2 tp juga khawatir liat dia yg apa2 ga mau dimakan.

Maaf kepanjangan
Lilis
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
9a.

Re: Imunisasi campak, MMR dan alergi telur

Posted by: "asamisunt@gmail.com" asamisunt@gmail.com   floreanwl

Wed Nov 2, 2011 10:02 pm (PDT)



Setau saya yang ga boleh untu yang alergi telur adalah imunisasi influensa .. Cmiiw
Salam
Santy
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
10a.

Fw: abo incompatibility

Posted by: "purnamawati.spak@cbn.net.id" purnamawati.spak@cbn.net.id

Wed Nov 2, 2011 10:27 pm (PDT)



Saya forward ya

Patient Safety, first

-----Original Message-----
From: elsa risfadona <be_chak@yahoo.com>
Date: Wed, 2 Nov 2011 19:53:51
To: <purnamawati.spak@cbn.net.id>
Subject: abo incompatibility

Dear bunda wati,

Mohon maaf saya konsultasinya japri..
Saya melahirkan putra kedua tgl 22 okt 2011 pukul 07.55 am. Proses lahiran lancar, normal dan spontan. Berat bayi 3300 g, panjang 52cm. Bayi sehat nilai (lupa apa..) 9/10.

Keesokan subuhnya (<24h) anak saya dibilang kuning dan diambil darah jam 09.30. Hasilnya keluar pukul 4.30 sore, nilai bili total 8,7 dan bili direk 2,8. Pukul 7pm anak di LT tp terhenti 3 jam karna menangis dan saya susui. Senin pagi (usia 48h) dites darah lagi, bili total naik 12,7 dan direk 3,7. Tengah malam bayi saya dirujuk ke RS, dilajut LT. Esok paginya (usia 72 jam) di tes darah lagi :(.. Hasilnya bili total 13,17 dan direk 0,11, bili neonatus 13,3, gol darah A+. Golongan darah saya O+ dan ada riwyat yang sama dengan anak pertama. Diagnosa dokter abo incompatibility. Dokter bilang terus LT sampai 4x24 jam. Sejak lahir bayi saya susui langsung sambil pumping untuk stok malam. Tanggal 26okt (usia 4d) tes lagi dengan bili total 9,71, direk 0,27, bili neonatus 10,0. Tanggal 28 okt (6d) bili total 11,8, direk 0,38, neonatus 12,2. Dokter sarankan bayi tidak diangkat dari box LT dan disusui pakai asip, LT dilanjut 3x24h. Tanggal 31 okt siang (9d) bayi
boleh pulang dengan nilai bili total 8,25, direk 0,23 dan neonatus 8,3.

Selama dirumah bayi saya susui tiap 2h sambil terus pimping, esoknya dijemur 15 menitan.. Namun secara kasat mata sy lihat bayi masih kuning dan esok paginya (usia 10d) dokter sarankan tes darah lagi. Hasilnya bili total 10,10, direk 1,1. 0. Akhirnya bayi saya LT lagi 4x24h tanpa boleh diangkat (kecuali ganti popok). Hari ini udah 1x24h dari 4x24 h yg disarankan dokter.

Menurut bunda, Kenapa bili total dan direknya naik turun?
Sudahkah treatment LT ini berada di track yg benar? Saya takut efek LT yg lama mempengaruhi organ bayi, namun jika tidak dilakukan LT sy juga khawatir bilinya naik terus sampai nilai yg membahayakan otaknya..

BAB anak sudah kuning sejak hari 9, BAK jernih dan sering, menyusu banyak, nangisnya kuat, emang siang banyak bobo tp malam bangun dan buka mata.

Maaf emailnya panjang namun mohon pencerahannya bunda.. Pleasee..
Terima kasih..


Regards,
Elsa (maaf gak potek, sy tambah khawatir baca email bunda di milis sehat ini..)

Pada Ming, 15 Mei 2011 08:54 PDT purnamawati.spak@cbn.net.id menulis:

>Yuli, and all
>
>1. Kuning yang perlu diwaspadai adalah kuning akibat hemolisis
>Hemolisis adalah suatu kondisi dimana terjadi penghancuran sel darah merah yang berlebihan
>
>2. Hemolisis ini bisa terjadi pada:
>A. Beda rhesus
>B. ABO incompatibility (Nia F, attention, ralat ya istilahnya)
>C. Kekurangan ensim G6PD
>D. Sepsis
>
>3. Jadi kuning yang harus diwaspadai:
>A. Kuning yang terjadi sebelum usia.
> 24 jam
>B. Kuning yang ada faktor risiko.
> hemolisis
>C. Kuning pada bayi prematur
>D. Kuning pada bayi berisiko mis bayi asfiksia, ada infeksi saat lahir
>
>Irma
>Kalau bili 10 usia 2 hari-an, TIDAK perlu terapi sinar
>Hari ke 4 bili 12, JUGA TIDAK perlu terapi sinar
>Coba baca guideline jaundice di web milissehat atau di AAP
>
>Wati
>
>Patient Safety, first

10b.

Re: Fw: abo incompatibility

Posted by: "nia2R" niea_152@yahoo.com   niea_152

Wed Nov 2, 2011 10:33 pm (PDT)



Mb elsa,

Enaknya besok2 ke jalum aja.biar kita semua bisa belajar.
Hari pertama bilinya <10,bukan premie,bukan BLLR,nilai apgar bagus,tdk ada indikasi sepsis. Mustinya malah ga perlu cek bili.

Kalo memang curiga ABO incompatibility,goldar bayinya apa?
Kalo O jg malah gpp.

Breastmilk jg bisa menyebabkan jaundice. Tp ini normal sekali.
Dan kayanya ga perlu bolakbalik cek mb.
Susui aja lebih sering. Pantau BAK,BAB,BB,PB,LK. Selama baik,ga ada yg perlu dikhawatirkan.
Dan biasa hilangnya ga bisa sebentar. Anak ke2 saya menjelang 2bulan.

Coba mb ke artikel jaundice di www.milissehat.web.id

Semoga membantu ya
-nia-ibunya Razan Ragha
@nieafardina

10c.

Re: Fw: abo incompatibility

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Wed Nov 2, 2011 10:35 pm (PDT)



Kl saya, bili br lahir segitu bawa pulang..susui sering2...2 jam sekali....krn naevä bili 11 ta bw plg.....naik turun juga wkt itu, sempat 12, sy lbh gigih lagi nyusuinya...alhamdulillah...bln ini mau 1y.


merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,


aina f.
10d.

Re: Fw: abo incompatibility

Posted by: "vanessa sutopo" psycho_laziale@yahoo.com   psycho_laziale

Wed Nov 2, 2011 10:46 pm (PDT)



nilai bili total 8,7 dan bili direk 2,8.
Pas lahir..

Gol darah bayi A+, ibu 0+..

takut sps bacanya terburu-buru..jd miss ..

Vanessa
*lanjut nyimak
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
10e.

Re: Fw: abo incompatibility

Posted by: "alifah davida" alifah.davida@gmail.com   alifah_davida

Wed Nov 2, 2011 10:48 pm (PDT)



Ikut urun rembuk ya Mbak Elsa
Ada ABO incompatibilty, bayi lahir tanggal 22 oktober, berarti kan umurnya
lebih dari seminggu ya, resiko hemolisis karena ABO incompatibility kan
hanya seminggu sejak lahir, jadi yang ini lewat resikonya.
Kalau menurut saya, karena klinis bagus, menyusui-nya sudah bagus,
bagaimana pertambahan Berat badannya?
Kuning muncul di usia 9 hari, sangat mungkin breastmilk jaundice ya, yang
akan hilang selang antara 3-12 minggu usia bayi. Coba Mbak Elsa browsing
tentang breastmilk jaundice, harmless dan akan hilang sendiri
Harusnya tidak perlu lagi Photo Therapy lagi.

Regards,

--Alifah--

[Non-text portions of this message have been removed]

10f.

Re: Fw: abo incompatibility

Posted by: "nia2R" niea_152@yahoo.com   niea_152

Wed Nov 2, 2011 11:11 pm (PDT)



Mb elsa,

Aq tambahin link utk menguatkan mengambil keputusan

http://pediatrics.aappublications.org/ content/115/3/824/F1.expansion.html

Semoga berguna

-nia-ibunya Razan Ragha
@nieafardina

11a.

Re: Patah Tulang Menahun

Posted by: "diyah.pertiwi@telkom.net" diyah.pertiwi@telkom.net

Wed Nov 2, 2011 11:12 pm (PDT)



Trm ksh atas responnya, dr.Anto.

Saya telah buka2 mayo dan sepertinya kl dr gejala yg dirasakan ART saya hrsnya ke jantung or paru2 ya. Tp mnrt pemeriksaan terakhir di tahun 2009, kondisi jantung dan paru2nya normal. Krn itu kecurigaan selanjutnya ke tulang (kl saya sih lebih cenderung ke psikis sepertinya). Yah, minimal saya jd tau kl tiba2 ada serangan lg hrs seperti apa.

-tiwi-
Powered by Telkomsel BlackBerry®
12a.

Re: Mohon konfirmasi pemahaman

Posted by: "Ira Indrawati" ira.tgh.indrawati@gmail.com   ira_indrawati

Wed Nov 2, 2011 11:13 pm (PDT)



Apa kabar mbak Azimah....

Mau coba urun rembug pertanyaan nomor 1 aja:
1. Benar ya diagnosanya OMA semuanya? Soalnya sepengetahuan saya,
-- gendang telinga robek + keluar cairan, belum tentu OMA, bisa saja OME
(disebut OME with perforated eardrum). Kalau cairan yang keluar adalah
serous/fluid, itu OME. Kalau yg keluar itu pus/nanah, baru diagnosanya OMA.
Ini membedakan treatment yg perlu diberikan (perlu antibiotik atau tidak).

Kalau saya ada pengalaman dgn si bungsu yg sering pilek, terutama waktu
umurnya 3 tahunan kondisi itu amat nyata. Tiada hari tanpa pilek, sampai
agak sulit mengamati kapan dia tidak pilek, ditambah gejala-gejala lainnya
(untuk lihat sharing lengkap, baca "Indikasi Adenotonsillectomy" di arsip
milis).

Kemudian suatu kali dia mengalami sakit telinga dan dokter keluarga kami
(dokter umum) menduga telah terjadi OME yang ada hubungannya dgn kondisi si
bungsu yg terlalu sering pilek itu. Tapi, daripada langsung memvonis bahwa
OME-nya si bungsu karena pilek yg terlalu lama (dan memberi 'obat pilek'),
pak dokter cuma merujuk ke bagian THT untuk dicek apa penyebab pileknya yg
terlalu lama itu (kecurigaan beliau adalah allergic rhinitis, berdasarkan
fakta bahwa kami ini keluarga alergian). Setelah proses yg panjang,
akhirnya memang allergic rhinitis: confirmed. OME: confirmed. Kondisi2
komplikasi lain juga teridentifikasi, misalnya adenoid-tonsil hypertrophy,
mild hearing loss.

Jadi allergic rhinitis itu salah satu risk factor untuk OME.
Kalau pileknya adalah allergic rhinitis, mungkin memang perlu ditangani dgn
obat2an alergi. Argumen 'obat' dalam hal ini mungkin bisa diterima, asalkan
dilihat dulu derajat allergic rhinitis yang dialami anak pada saat itu
(apakah sudah perlu dikontrol? Kalau sangat ringan sepertinya tidak perlu
dikontrol dgn obat2an).
Tapi kalau pileknya cuma common cold biasa, rasanya terlalu cepat
menghubungkan antara pilek itu dgn OMA/OME, dan juga tidak perlu obat
khusus untuk menangani pileknya.

Cerita selanjutnya, belajar menerima dan menangani allergic rhinitis kita
terima sbg kondisi kronis dgn cara sbb:
-- allergic rhinitis harus ditangani dgn obat2 pengontrol yg khas, apabila
sedang dalam kondisi amat mengganggu.
-- setelah lebih terkontrol, cukup laksanakan perawatan harian dan
penghindaran dari alergen yg sudah teridentifikasi.

Semoga membantu,
Ira

2011/11/3 azimah <azi_75@yahoo.com>

> **
>
>
> dear all,
>
> mohon konfirmasi pemahaman ya, saya merasa sering salah nih
>
> 1. tiga anak saya pernah kena Otitis Media Accute yang sampai menyebabkan
> gendang telinga robek dan keluar cairan.
>
> Dokter2 yg saya temui hampir semua mengatakan bahwa OMA terjadi karena
> anak sakit batuk pilek terlalu lama tidak diobati sehingga kuman merambat
> ke saluran eustachius. saya akui, jika batuk pilek saya jarang/hampir tidak
> pernah berikan obat u anak2. dan seringkali anak2 sy sakit batuk pilek
> dalam waktu relatif lama (seringnya hilang timbul). ketika mereka terkena
> OMA, mereka memang sedang/telah menderita batuk pilek kurang lebih sebulan.
> saya tidak memilki counter argument atas komentar dokter2 tsb dan mulai
> berpikir brangkali dokter2 tsb benar.
> karena itu mohon konfirmasi dokters dan Sp-s disini, benarkah demikian?
> jika ya, obat apa selain breathy dan ASI yg dapat diberikan pada bayi dan
> balita yg terkena batpil (terlalu lama?)
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

13.

Butuh penguatan ank diare :'(

Posted by: "rezka MommaAZKA" lopelope_funky@yahoo.com   lopelope_funky

Wed Nov 2, 2011 11:15 pm (PDT)



Azka 13m minggu lalu mulai pilek,

Senin pagi mulai anget sampe yg tertinggi 39,4

Senin siang mulai mencret :( total mencret 5x hari senin,, saya boost cairan yg byk,, aer putih,susu chill mill + pedialite mkn gak nafsu sm skali, ank msh ceria, mau main, bak lbh dr 6x

Selasa, udah ga demam, mulai mencret lg d ats jam 12 sampe sore total 6x, saya berikan susu chill mill,aer putih,dan pedialite, mkn mau,saya berikan bubur polos,pisang sm roti gandum, ank msh ceria,bak lbh dr 6x

Rabu mencret lg d ats jam 12 total bab 7x sampe sore, 3x byk 4x ky yg kl kentut terus kluar kotoran, cairan susu+aer putih,ank msh ceria
Mkn mau menu bubur,pisang,roti gandum,bak lbh dr 6x
Saya test feses hasil ny bgs, g ada darah

Kamis ini d ats jam 12 kembali mencret :'( total baru 2x semoga jgn nambah lg, mkn mau dgn menu bubur+roti gandum

Apa yg harus saya lakukan lg?dr yg saya pelajari,obt diare cm 1,cairan,cairan,cairan

Perlu tdk saya gnt susu khusus utk ank diare utk sementara?

Kl soal diare saya udah trauma krn bbrp bln lalu ank tmn 10m meninggal krn dehidrasi akut krn diare,,


Mohon penguatan nya :'(
sent from mommaazkaberry
14.

Bls: [sehat] Butuh penguatan ank diare :'(

Posted by: "'Ita' Elisabeth Dianita" ita_sehat@yahoo.com   ita_sehat

Wed Nov 2, 2011 11:27 pm (PDT)



Anaknya masih ceria kan Mbak? Mudah2an segera membaik ya..
Coba susunya di stop dulu.. Konsumsi BRATY (banana, rice, apple, toast, yogurt) untuk memadatkan feses nya. Jangan lupa ORS diteruskan.. Test feses kayaknya belum perlu deh.. Selama tidah ada darah, penyebabnya pasti virus.
Cmiiw ya..


salam sehat,
ita (ibuke Saka & Ambar)
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
Recent Activity
Visit Your Group
Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Drive Traffic

Sponsored Search

can help increase

your site traffic.

Yahoo! Health

Healthy Aging

Improve your

quality of life.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: