Wednesday, November 2, 2011

[sehat] Digest Number 16396

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: OOT: Undangan Pembentukan panitia PESAT JOGJA 5 From: cheril mycat
2a.
Re: Just sharing info From: diahfa@yahoo.com
2b.
Re: Just sharing info From: Ika
3a.
Re: Bls: Bls: [Sehat][Tanya] Telapak kaki&tangan Bumil dingin From: Nunu Mahesa
3b.
Re: Bls: Bls: [Sehat][Tanya] Telapak kaki&tangan Bumil dingin From: Inta
4a.
Re: Bls: [sehat] Bintik putih From: diahfa@yahoo.com
5a.
Re: [Tanya] Gastritis-kah saya? From: Laksmi Purwitosari
6a.
Mandi malam utk baby From: Bumba Rafa
6b.
Re: Mandi malam utk baby From: Pamelia Yulianto
6c.
Re: Mandi malam utk baby From: ajenghc@yahoo.com
6d.
Re: Mandi malam utk baby From: Bumba Rafa
7a.
Re: Hamil 35minggu dan ketuban berlebih ( was : bpd tidak sebanding From: yulianto
7b.
Re: Hamil 35minggu dan ketuban berlebih ( was : bpd tidak sebanding From: ekawati.astuti@yahoo.com
8a.
Re: Bls: [sehat] Mempersiapkan kehamilan From: yulianto
9a.
Re: Mata Minus Pada Anak From: Alia Fatma
10a.
Re: Tanya FIFO ASIP From: Sativa Huang
11a.
Re: Bls: [sehat] efek antibiotik pada anak From: Sisilia
12.
Harus ke dokter spesialis apakah? From: yuli1307@yahoo.com
13a.
Re: Penyakit apa ya?? From: Laksmi Purwitosari
13b.
Re: Penyakit apa ya?? From: Laksmi Purwitosari
14a.
Re: Re : campak ulang From: wulan
15a.
Re: Berita duka, salah satu dari Fantastic 4 meninggal dunia From: wulan
16a.
Re: Jumlah Jam Tidur Anak From: hilda iriany
17a.
Re: anak mimisan, dan masih tersisa batuk - perlu humidifier di kama From: Putri
18a.
Re: [TANYA] ruam merah d pipi bayi From: Novi

Messages

1a.

Re: OOT: Undangan Pembentukan panitia PESAT JOGJA 5

Posted by: "cheril mycat" cheril.mycat@gmail.com   ceril_cute

Tue Nov 1, 2011 6:20 am (PDT)



Dear Bunda...terima kasih atas respon dan pengarahannya...berarti saya harus
cari teman2 yg seide dulu nih...nanti saya akan cek arsip milis sehat dulu
mungkin ada temen2 yg berasal dari Bandar Lampung juga...

terima kasih bunda :)

[Non-text portions of this message have been removed]

2a.

Re: Just sharing info

Posted by: "diahfa@yahoo.com" diahfa@yahoo.com   diahfa

Tue Nov 1, 2011 6:25 am (PDT)



Mba ini ada twit brktnya dr kontannews

@KontanNews : Ini jawaban BPOM atas tudingan shampo Johnson & Johnson http://t.co/0PAA6lmb via

Ini jawaban BPOM atas tudingan shampo Johnson & Johnson

JAKARTA. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akhirnya menjawab tudingan produk shampo Johnson & Johnson berbahaya. BPOM memastikan penggunaan Quaternium 15 sebagai bahan pengawet dalam produk bayi tersebut aman.

Kepala BPOM Kustantinah menjelaskan, penggunaan Quaternium dibenarkan seperti tertuang dalam Peraturan Kepala BPOM tahun 2007 tentang Bahan Kosmestik. Menurutnya, kadar penggunaan Quaternium zat yang diizinkan untuk produk shampo bayi maksimum 0,2%.

Selain itu, dia mengatakan penggunaan zat pengawet tersebut juga berlaku di 10 negara ASEAN sesuai dengan ASEAN Cosmetic Directive (ACD). Bahkan, Kustantinah mengatakan negara seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, Australia dan China juga memperbolehkan penggunaan bahan pengawet tersebut.

Hingga saat ini, BPOM mendata ada dua produk Johnson & Johnson yang terdaftar menggunakan Quaternium 15. Namun, Kustantinah mengatakan, kadar Quaternium 15 yang dipergunakan dalam produk itu hanya sebesar 0,05%. "Artinya dibawah kadar maksimal yang diizinkan," katanya kepada KONTAN, Selasa (1/11).

BPOM juga memastikan produk shampo lainnya aman. Sebab, berdasarkan hasil pengujian BPOM dalam lima tahun terakhir, kadar Quaternium-15 dalam produk shampo tidak lebih dari 0,05%. Apalagi, "Saat ini di seluruh dunia tidak ada laporan masalah serius terkait penggunaan Quaternium-15," tandasnya.

BPOM berjanji akan mengawasi pemakaian bahan pengawet tersebut. "Kami akan mengawasi secara terus menerus kosmetika yang beredar termasuk shampo bayi," ujarnya.

Seperti yang diberikan KONTAN sebelumnya, kelompok yang menamakan diri Campaign for Safe Cosmetics menghimbau Johnson & Johnson tak lagi menggunakan bahan-bahan berbahaya yang berpotensi menyebabkan kanker tersebut pada produk sampo miliknya. Menurut keterangan yang diberikan oleh koalisi kelompok kesehatan dan lingkungan, produk Johnson & Johnson mengandung dua bahan kimia yang berbahaya yakni dioxane dan quaternium-15.

Johnson & Johnson sudah membantah tudingan tersebut. Perusahaan kosmetika ini memastikan produknya aman dikonsumsi.

Salam,
Diah
@diahapt


Powered by Telkomsel BlackBerry®
2b.

Re: Just sharing info

Posted by: "Ika" savitriika@ymail.com   savitriika@ymail.com

Tue Nov 1, 2011 6:28 am (PDT)



Makasihh mbaa Diah.. :)

Sent from my WhiteBerry® smartphone supported by My Luvly Husband
3a.

Re: Bls: Bls: [Sehat][Tanya] Telapak kaki&tangan Bumil dingin

Posted by: "Nunu Mahesa" nunumedia@gmail.com

Tue Nov 1, 2011 6:33 am (PDT)



Mbak Inta,
Iiihhh mantap bgt itu menyusui smp Bita usia 3 th, 4 jempoool buat mbak Inta + Bita :)

Mbak Adhya,
Makasih utk sharingnya.... Iyaa, aku jg gak mau dan gak akan paksa Kirana stop nenen sesegera mgkn, weaningnya learning by doing aja lah, blm tegaa soalnya.
Walopun mama mertua sdh melarang sy utk nenenin Kirana lg, sy mah iya-iya aja. InsyaAllah klo sdh waktunya jg akan berhenti sndri :)

Ealaa kok jd curcol, maaaapp....
Maaf jg bahasannya jd ke weaning gini.
(Gak apa2 yaa, utk tambahan ilmu saya jg jdnya)

Cheers,
Nunu
*semangat menyusui walopun lg mual-pusing*

3b.

Re: Bls: Bls: [Sehat][Tanya] Telapak kaki&tangan Bumil dingin

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Tue Nov 1, 2011 7:02 am (PDT)



Hehehehe mba Nunu dan mba Adhya, terima kasih yah. Sebenarnya saya gak sendirian loh. Dimilis ini banyaaaak yang menyusui anak2nya sampai 3 thn lebih dan juga yang tandem nursing.

Mba Nunu kalau sempat ubek2 arsip milis deh, banyak cerita seru disana soal tandem nursing. Saya suka bongkar2 cari inspirasi kalo pas kebetulan lagi butuh penguatan dan pencerahan.

Cheers, Inta
@Intamaesarinta
terkirim dari henponkuh

4a.

Re: Bls: [sehat] Bintik putih

Posted by: "diahfa@yahoo.com" diahfa@yahoo.com   diahfa

Tue Nov 1, 2011 6:36 am (PDT)



Mba kalo memang benar oral thrush pengobatannya dg antijamur, seperti nistatin.

Treatment

See your doctor if you think your baby may have thrush. Some cases go away without medical treatment within a week or two, but the doctor may prescribe an antifungal solution for your baby's mouth. This medication is usually applied by painting it on the inside of the mouth and tongue with a sponge applicator.

And depending on your baby's age, the doctor might suggest adding yogurt with lactobacilli to your child's diet. The lactobacilli are the "good" bacteria that can help eliminate the yeast in your child's mouth.

If your child keeps getting oral thrush, especially if he or she is older than 9 months, talk with your doctor because this might be an indication of another health issue

Salam,
Diah
@diahapt

Powered by Telkomsel BlackBerry®
5a.

Re: [Tanya] Gastritis-kah saya?

Posted by: "Laksmi Purwitosari" laksmipurwitosari@yahoo.com   laksmipurwitosari

Tue Nov 1, 2011 7:27 am (PDT)



Mba Marcia, cari sumber lain yang bahasanya sederhana dengan key word irritable bowel syndrom

Laksmi Purwitosari

[Non-text portions of this message have been removed]

6a.

Mandi malam utk baby

Posted by: "Bumba Rafa" raisyakoe@yahoo.co.id   raisyakoe

Tue Nov 1, 2011 7:35 am (PDT)



Dear docs n sp's
Sesuai subjek diatas,blhkah mandi sblm tidur malam dgn air dingin utk baby?krn anak saya Rafa (21bln) klo abis main pst berkeringat sangat byk,dan dia lbh senang pake air dingin dr pd air hangat.. Adakah pengaruh-nya dgn reumatik?(Ini kt org" jaman dl :D)

Makasih
-aisyah-
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
6b.

Re: Mandi malam utk baby

Posted by: "Pamelia Yulianto" hidupsehat.pam@gmail.com   pamelia_yulianto

Tue Nov 1, 2011 8:36 am (PDT)



Ga ada mb

Kalau org punya rematik akan sangat tidak nyaman mandi air dingin krn sendi2 jd ngilu

Tp kalau ga punya rematik ya no problem

N penyebab rematik bukan mandi air dingin malam2

*brrr... Sll ga biasa dgn istilah 'mandi air dingin' apalagi malem2, mana skr Bdg lg ujan mll ^^ *

- p a m e l i a -
"Stop Judging, Start Supporting"

Powered by my children's existance

6c.

Re: Mandi malam utk baby

Posted by: "ajenghc@yahoo.com" ajenghc@yahoo.com   ajenghc

Tue Nov 1, 2011 8:49 am (PDT)




Mba,
Anakku Raih juga suka mandi malam,aku juga suka mandi malam.Kalo abis pergi keluar seharian suka ngga betah klo belum mandi sebelum bobo :D
Anakku Raih,dari umur sekitar 1thn juga aku suka ajak mandi malem sblm bobo,dan ternyata klo mandi malem sebelum bobo,bobonya jd lebih nyenyak ngga kebangun2 sampe pagi dan paginya lebih seger juga bangunnya hehehehe..
Klo masih bayi atau dibawah 1thn biasanya aku lap-lap gitu sambil ganti baju tidur...
selama ngga ada keluhan sama anaknya,saya rasa ngga apa2 mba :)

Smg berkenan

Ajeng
Bundanya Raih n Ikrar
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
6d.

Re: Mandi malam utk baby

Posted by: "Bumba Rafa" raisyakoe@yahoo.co.id   raisyakoe

Tue Nov 1, 2011 1:37 pm (PDT)



Mbak pam,mbak ajeng..
Makasih quick responnya.. Jd gpp yah mandi mlm,ga ada efek jangka panjang-nya ya?jd lega skrg.. Krn ada yg blg,klo sering mandi mlm bs kena penyakit reumatik nanti di kemudian hari.. :D

-aisyah-
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
7a.

Re: Hamil 35minggu dan ketuban berlebih ( was : bpd tidak sebanding

Posted by: "yulianto" yuliantosk@gmail.com   anto_sk

Tue Nov 1, 2011 7:48 am (PDT)



dear bu eka,
untuk ketuban berlebih bisa cek polyhidramnios
http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/003267.htm

mungkin second opinion dahulu bu eka,

salam,
-anto-

7b.

Re: Hamil 35minggu dan ketuban berlebih ( was : bpd tidak sebanding

Posted by: "ekawati.astuti@yahoo.com" ekawati.astuti@yahoo.com   ekawati.astuti

Tue Nov 1, 2011 9:09 am (PDT)



Dear bapak yulianto ( atau Dr. Anto kah? )

Maaf jika salah tulis... :)

Terima kasih banyak untuk linknya. Brusan 2nd opinion ke dsog lain dan pendapatnya mirip dengan link tsb.

Coba saya baca2 lagi untuk penanggulangannya jika memang amit2 terjadi saat anak saya dilahirkan nanti.

Highly appreciated...

Tks,
Eka

Note : sengaja gak potek untuk filling.. :)

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: yulianto <yuliantosk@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Tue, 01 Nov 2011 21:42:29
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Hamil 35minggu dan ketuban berlebih ( was : bpd tidak
sebanding dengan ac )

dear bu eka,
untuk ketuban berlebih bisa cek polyhidramnios
http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/003267.htm

mungkin second opinion dahulu bu eka,

salam,
-anto-



------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links



8a.

Re: Bls: [sehat] Mempersiapkan kehamilan

Posted by: "yulianto" yuliantosk@gmail.com   anto_sk

Tue Nov 1, 2011 8:02 am (PDT)



dear bu ella,

untuk child spacing sepenuhnya diserahkan kepada orang tua.
namun bila berkenan perlu dipertimbangkan aspek kesehatan (ibu baik
fisik dan mental), bayi (kesiapan keluarga).
alat reproduksi juga memerlukan waktu untuk kembali ke fungsi optimal,
cadangan zat gizi dalam tubuh.

salah satu tujuan Alat kontrasepsi untuk mengatur jarak kehamilan agar
kesehatan ibu terjaga (mengurangi angka kematian ibu), tumbuh kembang
anak optimal.

salam,
-anto-

9a.

Re: Mata Minus Pada Anak

Posted by: "Alia Fatma" alia.fatma@ymail.com   alia.fatma@ymail.com

Tue Nov 1, 2011 8:10 am (PDT)



Hi mbak..

aku sendiri pny pengalaman sm kcmata niy.
Dl pas SMP mata kananku minus 1, yg kiri 1 1/2.
Kmudian krn dl ngerasa risih and ngerasa gk pede pk kcmata..alternatifnya mamaku ksh aku terapi sayuran (minum jus wortel combined sm jus tomat)...baca buku gk blh smbl tiduran/ dlm keadaan lampu gk terang bgt...and jarak ntn tv gk blh terlalu dekat dr posisi duduk..

Walhasil terapi bbrp bln and tes mata lagi...turun minusnya.kanan jd 0,5 kiri jd 1/4.

Smp skrg tuh kacaMata jg gk nempel mulu..tp lebih sering dpake kl pas lg kerja and pake lensa yg bs utk anti radiasi kompi..and smp skrg msh suka mnm jus wortel combined tomat...enak lho..

Semoga membantu ya...and kyknya gk perlu pk obat2an itu deh...;)

Alia

warm regards
send Mail on Android

[Non-text portions of this message have been removed]

10a.

Re: Tanya FIFO ASIP

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Tue Nov 1, 2011 8:14 am (PDT)



Hi Mom,
Kalau menurut perubahan komposisi yang disebutkan di sini, maka saya
berpendapat 'the best (refrigerated <48 hours breast milk) for baby',
the almost expired ones for other family member. :)

Salam,

Storage of human milk and the influence of procedures on immunological
components of human milk.
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10569218

Vitamin C is reduced in human milk after storage.
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11519987

Effects of refrigeration on the bactericidal activity of human milk: a
preliminary study.
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17667732

The antibacterial properties of breast milk
http://thetruthaboutbreastfeeding.com/category/research/storing-breast-milk/

11a.

Re: Bls: [sehat] efek antibiotik pada anak

Posted by: "Sisilia" sisil.mahadaya@gmail.com   caeciliapudjiastuti

Tue Nov 1, 2011 8:21 am (PDT)



Ada mbak Nikka,

Kalau sempat coba deh browsing soal efek sampingnya, termasuk sharing anak2 yg alergi AB di milis ini. Ada yg gatel2, urtikaria, diare, ruam, sampai SJ syndrome.

Oiya, kalau dapatnya puyer berarti ada macam2 obat ya? Berarti bs banyak kemungkinan penyebabnya: alergi sama masing2 obat atau justru efek interaksi obatnya.

Next time, ditolak aja kalau dikasih puyer ya :)

Sisil
@sisilmahadaya

-----Original Message-----
From: "nikka primiastri" <nikka_preem@yahoo.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Fri, 21 Oct 2011 10:56:33
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: Bls: [sehat] efek antibiotik pada anak

Setauku yg bs kubaca, sanprima mbak (krn resepnya puyer). Dia pernah dpt AB tp kyknya bukan itu.. Apa ada anak yg memang sensitif thd satu jenis AB ya?

[Non-text portions of this message have been removed]

12.

Harus ke dokter spesialis apakah?

Posted by: "yuli1307@yahoo.com" yuli1307@yahoo.com

Tue Nov 1, 2011 8:34 am (PDT)



Dear SP's and Docs..
Mohon infonya.. Dibawah pd saya ada benjolan sebesar kacang tanah..
Saya rencana mau cek'up ke dokter..

Yang saya mau tanyalan, dokter spesialis apakah yang cocok dengan masalah saya diatas..

Please infonya..
wassalam,
Yuliastuti | T: @yuli1307
Tue, Nov 1, 2011 / 22:35:41
Powered by DakotaBerry®
13a.

Re: Penyakit apa ya??

Posted by: "Laksmi Purwitosari" laksmipurwitosari@yahoo.com   laksmipurwitosari

Tue Nov 1, 2011 8:34 am (PDT)



Mba siti,
Semoga membantu
Taste Disorders

http://www.nidcd.nih.gov/health/smelltaste/pages/taste.aspx
On this page:

How common are taste disorders?
How does our sense of taste work?
What are the taste disorders?
What causes taste disorders?
How are taste disorders diagnosed?
Are taste disorders serious?
Can taste disorders be treated?
What research is being done?
Where can I find more information?
How common are taste disorders?
Many of us take our sense of taste for granted, but a taste disorder can have a negative effect on a person’s health and quality of life. If you are having a problem with your sense of taste, you are not alone. More than 200,000 people visit a doctor each year for problems with their chemical senses, which include taste and smell.

The senses of taste and smell are very closely related. Some people who go to the doctor because they think they have lost their sense of taste are surprised to learn that they have a smell disorder instead. To learn more about your sense of smell, read the NIDCD fact sheetSmell Disorders.

How does our sense of taste work?
Our ability to taste occurs when tiny molecules released by chewing, drinking, or digesting our food stimulates special sensory cells in the mouth and throat. These taste cells, or gustatory cells, are clustered within the taste buds of the tongue and roof of the mouth, and along the lining of the throat. Many of the small bumps on the tip of your tongue contain taste buds. At birth, we have about 10,000 taste buds, but after age 50, we may start to lose them.

When the taste cells are stimulated, they send messages through three specialized taste nerves to the brain, where specific tastes are identified. Each taste cell expresses a receptor, which responds to one of at least five basic taste qualities: sweet, sour, bitter, salty, and umami. Umami, or savory, is the taste we get from glutamate, which is found in chicken broth, meat extracts, and some cheeses. A common misconception is that taste cells that respond to different tastes are found in separate regions of the tongue. In humans, the different types of taste cells are scattered throughout the tongue.

Taste quality is just one aspect of how we experience a certain food. Another chemosensory mechanism, called the common chemical sense, involves thousands of nerve endings, especially on the moist surfaces of the eyes, nose, mouth, and throat. These nerve endings give rise to sensations such as the coolness of mint and the burning or irritation of chili peppers. Other specialized nerves give rise to the sensations of heat, cold, and texture. When we eat, the sensations from the five taste qualities, together with the sensations from the common chemical sense and the sensations of heat, cold, and texture, combine with a food’s aroma to produce a perception of flavor. It is flavor that lets us know whether we are eating a pear or an apple.

Many people who think they have a taste disorder actually have a problem with smell. When we chew, aromas are released that activate our sense of smell by way of a special channel that connects the roof of the throat to the nose. If this channel is blocked, such as when our noses are stuffed up by a cold or flu, odors cannot reach sensory cells in the nose that are stimulated by smells. As a result, much of our enjoyment of flavor is lost. Without smell, foods tend to taste bland and have no flavor.

What are the taste disorders?
The most common taste disorder is phantom taste perception; that is, a lingering, often unpleasant taste even though you have nothing in your mouth. We also can experience a reduced ability to taste sweet, sour, bitter, salty, and umami, a condition called hypogeusia. Some people cannot detect any tastes, which is called ageusia. True taste loss, however, is rare. Most often, people are experiencing a loss of smell instead of a loss of taste.

In other disorders of the chemical senses, an odor, a taste, or a flavor may be distorted.Dysgeusia is a condition in which a foul, salty, rancid, or metallic taste sensation will persist in the mouth. Dysgeusia is sometimes accompanied by burning mouth syndrome, a condition in which a person experiences a painful burning sensation in the mouth. Although it can affect anyone, burning mouth syndrome is most common in middle-aged and older women.

What causes taste disorders?
Some people are born with taste disorders, but most develop them after an injury or illness. Among the causes of taste problems are:

Upper respiratory and middle ear infections
Radiation therapy for cancers of the head and neck
Exposure to certain chemicals, such as insecticides and some medications, including some common antibiotics and antihistamines
Head injury
Some surgeries to the ear, nose, and throat (e.g., third molarâ€"wisdom toothâ€"extraction and middle ear surgery)
Poor oral hygiene and dental problem.
How are taste disorders diagnosed?
Both taste and smell disorders are diagnosed by an otolaryngologist, a doctor of the ear, nose, throat, head, and neck. An otolaryngologist can determine the extent of your taste disorder by measuring the lowest concentration of a taste quality that you can detect or recognize. You may also be asked to compare the tastes of different substances or to note how the intensity of a taste grows when a substance’s concentration is increased.

Scientists have developed taste testing in which the patient responds to different chemical concentrations. This may involve a simple “sip, spit, and rinse” test, or chemicals may be applied directly to specific areas of the tongue.

An accurate assessment of your taste loss will include, among other things, a physical examination of your ears, nose, and throat; a dental examination and assessment of oral hygiene; a review of your health history; and a taste test supervised by a health care professional.

Are taste disorders serious?
Taste disorders can weaken or remove an early warning system that most of us take for granted. Taste helps us detect spoiled food or liquids and, for some people, the presence of ingredients to which they are allergic.

Loss of taste can create serious health issues. A distorted sense of taste can be a risk factor for heart disease, diabetes, stroke, and other illnesses that require sticking to a specific diet. When taste is impaired, a person may change his or her eating habits. Some people may eat too little and lose weight, while others may eat too much and gain weight.

Loss of taste can cause us to eat too much sugar or salt to make our food taste better. This can be a problem for people with certain medical conditions, such as diabetes or high blood pressure. In severe cases, loss of taste can lead to depression.

Loss of taste and smell can also be a sign of certain degenerative diseases of the nervous system, such as Parkinson’s disease or Alzheimer’s disease. If you are experiencing a taste disorder, talk with your physician.

Can taste disorders be treated?
Many types of taste disorders are curable. For those that are not, counseling is available to help people adjust to their problem.

Diagnosis by an otolaryngologist is important to identify and treat the underlying cause of your disorder. If a certain medication is the cause, stopping or changing your medicine may help eliminate the problem. (Do not stop taking your medications unless directed by your doctor, however.) Some people, notably those with respiratory infections or allergies, regain their sense of taste when these conditions are resolved. Often, the correction of a general medical problem also can correct the loss of taste. Occasionally, a person may recover his or her sense of taste spontaneously. Proper oral hygiene is important to regaining and maintaining a well-functioning sense of taste.

If you lose some or all of your sense of taste, there are things you can do to make your food taste better:

Prepare foods with a variety of colors and textures.
Use aromatic herbs and hot spices to add more flavor; however, avoid adding more sugar or salt to foods.
If your diet permits, add small amounts of cheese, bacon bits, butter, olive oil, or toasted nuts on vegetables.
Avoid combination dishes, such as casseroles, that can hide individual flavors and dilute taste.

[Non-text portions of this message have been removed]

13b.

Re: Penyakit apa ya??

Posted by: "Laksmi Purwitosari" laksmipurwitosari@yahoo.com   laksmipurwitosari

Tue Nov 1, 2011 8:52 am (PDT)



Mba siti,
Banyak referensi memgenai taste disorder
untuk lebih lengkapnya bisa dibaca disini
http://www.aafp.org/afp/20000115/427.html

Laksmi Purwitosari

[Non-text portions of this message have been removed]

14a.

Re: Re : campak ulang

Posted by: "wulan" wulan.wuls@gmail.com   wulanokey

Tue Nov 1, 2011 9:49 am (PDT)



Malam,

Mba bbrp minggu terakhir pin ramai sekali dibicarakan di sini. Coba discroll inboxnya atau cek di arsip milis. Insya Allah semua pertanyaan mbak ada jawabannya

Rgds,
- Wulan -
@wulsnih

15a.

Re: Berita duka, salah satu dari Fantastic 4 meninggal dunia

Posted by: "wulan" wulan.wuls@gmail.com   wulanokey

Tue Nov 1, 2011 9:53 am (PDT)



:'( Turut berduka mba catur.. Innalillahi wainnailaihi rajiun. Semoga yg ditinggalkan diberikan keikhlasan, ketabahan dan kesabaran

Rgds,
- Wulan -
@wulsnih

16a.

Re: Jumlah Jam Tidur Anak

Posted by: "hilda iriany" hilda.iriany@gmail.com   h_iriany

Tue Nov 1, 2011 12:19 pm (PDT)



Nah ini testimoni.
Nyenyaknya karena pake ayunan per dan jarik itu.
Itu tadi schedule Daryn yang masih berjaya pake itu.

Kalo Ray mah udah enggak ya. Dan ga ada acara nap. Skip nap walopun
ngantuk.
Keukeuh maeeeeeen.
Tidurnya kalo saya udah pulang kerja, dikeloni (baca: nenen) -__- ''
Bisa bablas tidur dari jam 6sore sampe 7 pagi.

-hilda-

[Non-text portions of this message have been removed]

17a.

Re: anak mimisan, dan masih tersisa batuk - perlu humidifier di kama

Posted by: "Putri" uut_fight@yahoo.com   uut_fight

Tue Nov 1, 2011 12:46 pm (PDT)



Terimakasih banget jawabannya Mbak Marcella ma Mbak Shinta...
Maaf baru sempat buka komputer lagi. saya heran n kagum sm SPs yg setia terus menjawab pertanyaan di milis Sehat inih. Kalau saya coba deliver email ke hp, mabok ngikutinnya.

Hihi...itu footnote sebenarnya curhat versi pertama, niat diapus,kok ternyata ngikut.

oke,masuk ke topik:
Wah, ternyata Ilmu Alam-ku masih cetek,nih. yaa...cuma mikir-mikir, memang air laut menguap juga ngga nunggu 100dercel sih,ya. kalo naruh air dikiit di kulkas, iya memang jadi berkurang. Tapi kalau di udara terbuka, belum pernah mengamati.

Jadi mba Marcella, kalok naruh air di ember, naruhnya dikiiit aja gitu biar lebih mudah menguap? =D

Mbak Shinta,
Rice cooker klasik itu yg ga bisa buat menghangatkan,yah? okwey,deh. Saya cari ke pasar,ah. yang ini mah mestinya ada.

--- In sehat@yahoogroups.com, marcella.kasih@... wrote:
>
> Huahahahaha
> Mbak, mbok ya footernya masuk ke body aja gitu lho, panjang banget, udah jadi 1 topik sendiri, he2, maap, gak nahan buat gak komen.
>
> Ok, bahas humidifier aja ya
> Pas smp atau sma blajar soal prinsip kesetimbangan kan ya. Review dikit yuk.
>
> Inget air mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah ? Karena apa ? Prinsipnya. Supaya setimbang. Pas sampai di laut, gak bergerak lagi karena sudah stabil posisinya.
>
> Tadi soal posisinya. Sekarang soal wujud airnya. Pernah taruh air di gelas, di kamar, tapi airnya gak banyak, cuma dikit, sedasar gelas aja. Besok pagi, airnya ada gak ? Gak ada kan ? Kenapa, karena menguap.
>
> Tapi, apa mbak menyalakan api dan memanaskan sampai 100C ? Enggak kan ?
>
> Tapi airnya tetap menguap kan ?
>
> Btw, 100C itu titik didih air, definisi mendidih adalah penguapan yang merata di seluruh permukaan (*tulung kureksi bila saya salah).
>
> Jadi, mau air panas atau dingin, proses kesetimbangan bakal terus ternyadi, yang berbeda cuma kecepatan penguapannya saja.
>
> Terakhir, daripada beli humidifier, beli aja ember, btw, kelembaban negara tropis itu tinggi lho, makanya humidifier gak laku, he2, kl ada mahal karena langka. Buka jendela pas subuh dan udara sudah agak sejuk kan bisa jadi pilihan juga.
>
> Semoga bisa tenang tidur dan gak kepikiran gonta ganti air lagi, he2.
>
> Mimisannya, ehm, observasi dulu deh. Lin2 juga hobi mimisan tuh, pembuluh darahnya tipis kayaknya. Master mimisan di milis ini mbak Ria TristaNathan, coba colek beliau deh. Di milis saking banyak yang senasib sampai bisa bikin klub mimisan, he2.
>
> Btw, observasi tanda gawat darurat juga ya.
>
> Regards,
> Marcella
> *udah deket kantor
> Sent from my BlackBerry0…3
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>

18a.

Re: [TANYA] ruam merah d pipi bayi

Posted by: "Novi" novi.lauw@yahoo.com   novi.lauw

Tue Nov 1, 2011 12:58 pm (PDT)





dermatitis atopi?

SOL

regards
novi

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Health

Achy Joint?

Common arthritis

myths debunked.

Sell Online

Start selling with

our award-winning

e-commerce tools.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: