Tuesday, November 1, 2011

[sehat] Digest Number 16394

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (17 Messages)

Messages

1a.

Re: penanganan kadar gula dan kolesterol yg tinggi

Posted by: "rosshy77@yahoo.com" rosshy77@yahoo.com   mommynyaarion

Tue Nov 1, 2011 1:41 am (PDT)



Dear Bapake Ghozane,

Makasih banyak sarannya ya

Mohon doanya yah, biar mamak tetap semangat.
Kadang blio suka nggak cerita kl kita ga pintar2 ngilik2
Sll berusaha handle sendiri

Salam
Rusmina
Powered by Telkomsel BlackBerry®
2a.

Re: [Tanya] Gastritis-kah saya?

Posted by: "Farisda P.M." faris.dr01@yahoo.co.uk   faris.dr01

Tue Nov 1, 2011 1:53 am (PDT)



Mbak Marcia,

Mungkin Maag/Dispepsia/Gastritis (meski istilah gastritis tidak selalu sama dengan maag). Kalau betul maag, mestinya ada perbaikan dengan minum ranitidin atau omeprazole (baiknya sih salah satu aja), kalau decazym (itu enzim pencernaan ya?) rasanya kurang bermanfaat. Plus, perubahan pola makan ya, jadi gak cuman obat.
Tapi kalau keluhan gak membaik dengan obat tersebut dan perubahan pola hidup, terlebih kalau ada gejala lain, mungkin bukan maag. Karena banyak gejala yang menyerupai maag. Kalau demikian, sebaiknya konsultasi ulang, second opinion jg gak papa.

Semoga membantu.

--- In sehat@yahoogroups.com, "Marcia" <msahusilawane@...> wrote:
>
> Dear Docs & SPs,
>
> Hari minggu, perut saya rasanya kembung ga enak & sejak kemarin pagi ulu hati saya sakit sekali, rasanya seperti dipelintir. Badan jadi lemas krn sakit yg luar biasa. Saya usahakan makan tepat waktu, menghindari yang pedas/asem/santan. Sampai siang ini masih tetap terasa sakit :(
>
> Tadi sempat ke klinik dekat rumah, tanpa diinformasikan diagnosa penyakit oleh dokter, rekor tercepat -3 menit diruang periksa-, dibekali obat2an ranitidin, omeprazole, decazym & 10tablet putih kecil (tanpa kemasan) katanya buat istirahat diminum 2x sehari. (???)
>
> Coba browsing GE & gastritis, tapi ragu2 bener atau ga. Butuh pencerahan dari SPs nih...
> Ada teman yang menyarankan untuk endoskopi. Memang perlu ya? Apa kegunaannya?
>
> Mohon bantuannya ya...
> Mau dianggap enteng tapi rasanya tersiksa banget :((
>
> Thanks.
>
> Regards,
> Marcia
>
> Send from my BundaBerry®
>

2b.

Re: [Tanya] Gastritis-kah saya?

Posted by: "Marcia" msahusilawane@gmail.com   msahusilawane

Tue Nov 1, 2011 2:32 am (PDT)



Makasih, mbak...

Masih mengobservasi terus... mengharapkan ada perbaikan.. krn sakit yg kali ini muncul saat pola makan saya baik jadi agak ragu dengan diagnosa maag dari dokter.
Susahnya, bertahun2 coba konsultasi ke banyak dokter dengan keluhan spt ini, semua mentok dengan diagnosa maag.

Regards,
Marcia

Send from my BundaBerry®
2c.

Re: [Tanya] Gastritis-kah saya?

Posted by: "venyyosephine@gmail.com" venyyosephine@gmail.com

Tue Nov 1, 2011 3:08 am (PDT)



Mba Marcia,

Pola makan baik.
Minum kopi ga ?
Stress ga ?

Maap malah nanya.

Kalo sakit sudah smakin tak tertahankan, mungkin bs minta usg ?

CMIIW please SPs.

Thank you.
Veny


Powered by Telkomsel BlackBerry0…3
2d.

Re: [Tanya] Gastritis-kah saya?

Posted by: "Laksmi Purwitosari" laksmipurwitosari@yahoo.com   laksmipurwitosari

Tue Nov 1, 2011 3:28 am (PDT)



Mba,
Apa bukan ini
http://emedicine.medscape.com/article/180389-clinical

Irritable bowel syndrome (IBS)

is a functional GI disorder characterized by abdominal pain and altered bowel habits in the absence of specific and unique organic pathology. Osler coined the term mucous colitis in 1892 when he wrote of a disorder of mucorrhea and abdominal colic with a high incidence in patients with coincident psychopathology. Since that time, the syndrome has been referred to by sundry terms, including spastic colon, irritable colon, and nervous colon.

In the past, irritable bowel syndrome has been considered a diagnosis of exclusion; however, it is no longer considered a diagnosis of exclusion, but it does have a broad differential diagnosis.[1] No specific motility or structural correlates have been consistently demonstrated; however, experts suggest the use of available guidelines can minimize testing and aid in diagnosis.

History
A meticulous history is the key to establish a diagnosis of irritable bowel syndrome. The Rome criteria provide the construct upon which questions are based (see Diagnostic Considerations).

Altered bowel habits
Constipation variably results in complaints of hard stools of narrow caliber, painful or infrequent defecation, and intractability to laxatives. Diarrhea usually is described as small volumes of loose stool, with evacuation preceded by urgency or frequent defecation. Postprandial urgency is common, as is alternation between constipation and diarrhea. Characteristically, one feature predominates in a single patient, but significant variability exists among patients.

Abdominal pain
Descriptions are protean. Pain frequently is diffuse without radiation. Common sites of pain include the lower abdomen, specifically the left lower quadrant. Acute episodes of sharp pain are often superimposed on a more constant dull ache. Meals may precipitate pain, and defecation commonly improves pain. Defecation may not fully relieve pain, however.

Pain from presumed gas pockets in the splenic flexure may masquerade as anterior chest pain or left upper quadrant abdominal pain. This splenic flexure syndrome is demonstrable by balloon inflation in the splenic flexure and should be considered in the differential of chest or left upper quadrant abdominal pain.

Abdominal distention
Patients frequently report increased amounts of bloating and gas. Quantitative measurements fail to support this claim. People with irritable bowel syndrome may manifest increasing abdominal circumference throughout the day, as assessed by CT scan. They may also demonstrate intolerance to otherwise normal amounts of abdominal distention.

Additional symptoms consistent with irritable bowel syndrome
Clear or white mucorrhea of a noninflammatory etiology is commonly reported. Epidemiologic associations with dyspepsia, heartburn, nausea, vomiting, sexual dysfunction (including dyspareunia and poor libido), and urinary frequency and urgency have been noted. Symptoms may worsen in the perimenstrual period, and fibromyalgia is a common comorbidity. Stressor-related symptoms may be revealed with careful questioning (emphasize avoidance of stressors).

Symptoms inconsistent with irritable bowel syndrome
Symptoms not consistent with irritable bowel syndrome should alert the clinician to the possibility of an organic pathology. Inconsistent symptoms include the following:

Onset in middle age or older
Acute symptoms (irritable bowel syndrome is defined by chronicity)
Progressive symptoms
Nocturnal symptoms
Anorexia or weight loss
Fever
Rectal bleeding
Painless diarrhea
Steatorrhea
Lactose and/or fructose intolerance
Gluten intolerance

Semoga Membantu,
Laksmi Purwitosari

[Non-text portions of this message have been removed]

3a.

Re: air hujan

Posted by: "hilda iriany" hilda.iriany@gmail.com   h_iriany

Tue Nov 1, 2011 2:10 am (PDT)



kalo air hujan aja seperti yang disampaikan pa'e, ya gak papa.
kalo pun acid rain, ya pasti udah ancur lah tu tiang telpon dan gardu2
listrik kena asam.

maaf, ini mah hasil analisa asal saya.

-hilda-
*lg mengingat2 keras mata kuliah ttg ini

[Non-text portions of this message have been removed]

4a.

(Ask) rahim nyeri-peranakan turun?

Posted by: "Fitri Mahdarina" fitri_arsa@yahoo.com   fitri_arsa

Tue Nov 1, 2011 2:18 am (PDT)



Dear sp n docs..

Mau nanya (lagi).. beberapa hari terakhir ini perut saya bagian bawah (saya duga ini rahim) keram seperti pms (pdhal belum dan bukan waktunya), kadang linu nyeri nyut"an.. Terutama yg sebelah kiri.. Rasa ga nyaman ini saya notice makin menjadi sejak saya dirumah sejak sebulan yg lalu (sebelumnya saya working mom).. Ditambah beberapa hari lalu saya anyang"an.. :( aduh rasanya ga enak bangett.. Anak saya skr udah umur 15mo,dlu melahirkan melalui cesar.. N dulu pake yang namanya gurita korset dkk memang cuma bertahan 2bulanan.. Abis itu copot total.. :(

Udah beberapa org bilang mngkin 'peranakan saya turun'.. Nah pertanyaan saya, Apa bener bisa terjadi begitu? Apa ada penjelasan medis untuk istilah peranakan (rahim, perut) turun? .. Gimana cara mengatasinya? Saya Pernah denger ada temen yg terpaksa operasi krn 'peranakannya turun'.. (Ga tau bener apa gak).. Apa harus begitu? Ada juga yg bilang harus dipijat :( *kok ga enak semua ya solusi nya..

memang si anak saya ini semenjak saya drumah dia jadi kolokan bangett.. Selalu minta gendong (berat 11kg).. Dan drumah sy juga melakukan pekerjaan rumah yg lumayan menguras tenaga.. Saya pernah dengar kl habis cesar hindari melakukan pekerjaan" yang berat.. Tapi saya pikir khan sudah setahun yg lalu.. Mestinya fisik saya sudah kembali seperti semula dong?.. Atau saya salah ya? ..

Besok saya rencana konsultasi sama dsog.. Tapi sebelum itu saya mau nyari info sebanyak" nya terlebih dahulu.. Kira" pemeriksaan apa yg harus sy lakukan besok.. :( (*takut)Mohon sharingnya .. Terimakasih banyak sebelumnya

Regards,
F i t r i
Mamanya Arsa

Sent from my ChocoBerry®
4b.

Re: (Ask) rahim nyeri-peranakan turun?

Posted by: "hilda iriany" hilda.iriany@gmail.com   h_iriany

Tue Nov 1, 2011 2:25 am (PDT)



Mbak Fitri, coba browse ttg hernia ya.
Maaf tidak bantu banyak.

-hilda-

[Non-text portions of this message have been removed]

4c.

Re: (Ask) rahim nyeri-peranakan turun?

Posted by: "Fitri Mahdarina" fitri_arsa@yahoo.com   fitri_arsa

Tue Nov 1, 2011 2:45 am (PDT)



 "Mbak Fitri, coba browse ttg hernia ya.Maaf tidak bantu banyak"

-hilda-


Hernia? Oh noo :((
Btw Trims ya mb hilda

Regards,

F i t r i
Mamanya Arsa

Sent from my ChocoBerry®
4d.

Re: (Ask) rahim nyeri-peranakan turun?

Posted by: "Dina Kurniasari" danishapramesvari@gmail.com   adin_zahra

Tue Nov 1, 2011 3:29 am (PDT)



Mba fitri, krn ada crita "anyang2en", gmn kalo cek urin rutin?siapa tau ISK?...

Maaf kalo krg membantu ya...
Dina Kurniasari_emake Danisha & Lintang
@Dinadanishali

4e.

Re: (Ask) rahim nyeri-peranakan turun?

Posted by: "yulianto" yuliantosk@gmail.com   anto_sk

Tue Nov 1, 2011 3:44 am (PDT)



dear bu fitri,
istilah medis untuk peranakan turun yg tepat adalah :
prolaps uterine

http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/001508.htm
http://www.mayoclinic.com/health/uterine-prolapse/DS00700

prolaps uterine tidak bisa dipijat.

salam,
-anto-

5a.

Re: [share] Tabahlah Dokter Indonesia

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Tue Nov 1, 2011 2:19 am (PDT)



On 11/1/2011 3:00 PM, Laksmi Purwitosari wrote:

kl dulu ada dr. tjipto, dr sardjito,dr oen, dr karyadi, dr hasan
sadikin, dr soetomo, dr sulianti......sampai titik mdarah penghabisan
sekarangpun saya bangga ada dr wati di milis hebat ini..

tentu perjuangan sekarang berbeda dengan perjuangan doeloe.

ada baiknya para dokter muda membaca kembali sejarah perjuangan para
dokter muda di zamannya.
bagimana dr karyadi tewas pada saat menyelidiki reservoir siranda/tempat
penampunagn air siranda utk kebuthan masyrakat semarang kala itu.
bermula kabar bahwa tentara jepang akan meracuni temnpat panmpungan ini.
dalam baku tembak tesebut dr karyadi terbunuh.....yg kemudian meletuslah
perang 5 hari di semarang.
bagaimana kisah dr oen boen ing membela wongtjilik....dr tjipto ......dr
sulianti suroso...peempuan muda pemberani.....
diantara desing peluru, dentum meriam, pekik kemerdekaan, dan jerit
parau para pejuang yang terluka, seorang dokter muda dengan cekatan
menolong para pejuang digaris depan
beliaulah jg yg mengsulkan pembatsan kelahiran diantara penolakan bukan
saja masyarakat tp negara saat itu.

sekarang perdjoengan terberat adalah 'menaklukan' diri sendiri.

salam djasmerah
bapakeghozan--ku tunggu buku ke 3nya, kapan yah?

5b.

Re: [share] Tabahlah Dokter Indonesia

Posted by: "Laksmi Purwitosari" laksmipurwitosari@yahoo.com   laksmipurwitosari

Tue Nov 1, 2011 3:24 am (PDT)



Betul Pak'E, yang terberat adalah menaklukan diri sendiri, apalagi untuk selalu ikhlas, bekerja hanya untuk ibadah bukan untuk tujuan lain. Banyak godaannya.

Semoga kami yang muda dapat meneruskan perjuangan dokter dokter senior dalam usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat indonesia, khususnya dalam peningkatan derajat kesehatannya, dengan sebaik baiknya menggunakan ilmu yang telah kami miliki, tanpa niatan hanya untuk mensejahterakan diri dan keluarga.

Laksmi Purwitosari

[Non-text portions of this message have been removed]

6a.

Re: [news] `SILUMAN' DALAM SISTEM PEMBIAYAAN KESEHATAN

Posted by: "Laksmi Purwitosari" laksmipurwitosari@yahoo.com   laksmipurwitosari

Tue Nov 1, 2011 2:29 am (PDT)



Pak'E, UU SJSN sudah lebih dulu disyahkan beberapa tahun lalu, kelanjutannya kemarin disyahkan UU BPJPS, implementasinya, sama sama kita tunggu, jangan kayak UU lainnya, perundingan dan pembuatannya makan biaya banyak bahkan sampai berdarah darah, setelah disyahkan, banyak peraturan daerah yang seharusnya berdasarkan undang undang malah dibuat bertentangan.

Semoga Sistem Jaminan Sosial Nasional (universal coverage) segera terlaksana, dan berakibatkan tidak adanya lagi cerita miring pelayanan kesehatan di Indonesia.


Laksmi Purwitosari

[Non-text portions of this message have been removed]

6b.

Re: [news] `SILUMAN' DALAM SISTEM PEMBIAYAAN KESEHATAN

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Tue Nov 1, 2011 2:43 am (PDT)



On 11/1/2011 4:28 PM, Laksmi Purwitosari wrote:
> UU SJSN sudah lebih dulu disyahkan beberapa tahun lalu,
==> yup itu jaman mbak mega...uu no 40/2004...jaman mas beye
mledre....aku msh nyimpen soft copynya.
mesti kudu di demo juga ruu tembakau..ruu asi....

salam prihatin
bapakeghozan

7.

Hamil 35minggu dan ketuban berlebih ( was : bpd tidak sebanding deng

Posted by: "ekawati.astuti@yahoo.com" ekawati.astuti@yahoo.com   ekawati.astuti

Tue Nov 1, 2011 2:42 am (PDT)



Dear all,

Tempo hari saya pernah menannyakan perihal kondisi janin saya yang sedang berumur 33minggu dan lingkar perut ( bpd ) nya jauh lebih kecil dari lingkar kepala ( ac ) sekita 4mingguan sehingga perkiraan berat bayi pun amat sangat kurang.

Kondisi saat ini saya hamil 35minggu dan bpd juga masih selisih 4 minggu yaitu 29minggu sehingga perkiraan berat janin adalah 1,8kg lebih. Tetapi ketuban saya amat sangat berlebih sehingga perut keras,besar dan sesak sampai ke tulang rusuk.

Yang saya mohon pencerahannya, apakah sudah pasti ada kelainan pada janin saya?? Sehingga dia tidak "gemuk2" dan ketuban saya jadi berlebih? Dokter menyarankan minggu depan di usia 36minggu bayi dilahirkan dan dirawat diluar. Apakah betul begitu sebaiknya yg dilakukan ? Alasan dokter krn ketuban yg berlebih takut perut ibunya terlalu meregang,sakit berlebih. Tapi saya memilih menahan perut sampai usia bayi 39-40minggu demi beratnya "cukup". Tapi apakah tidak berbahaya untuk janin saya?

Saya mohon pencerahannya dri sps sekalian yah. Saya benar2 tidak siapp untuk melahirkan anak dibwh 2kg :((. Hasil googling ketuban melimpah hanya mengakibatkan bayi sungsang :(

Salam,
Eka
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
8a.

Re: Bls: Bls: [sehat]bumil batuk + panas

Posted by: "mentari.lunaira@gmail.com" mentari.lunaira@gmail.com   mentari_mayang

Tue Nov 1, 2011 3:45 am (PDT)



Mba lidya,

Kebetulan saya juga sedang hamil 8minggu dan juga batuk parah, kmrn sempat demam...

Badan ngilu, perut sering kram krn kebanyakan batuk dan hidung mampet

Kalau benar2 tidak bisa tidur, saya minum parasetamol mba untuk sekedar menyamankan...

Yang lainnya hanya minum air hangat banyak2

Sekarang tinggal batuknya yang belum selesai...

Mudah2an kakanya cepat sembuh ya

Regards,
Mayang
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
Recent Activity
Visit Your Group
Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Yahoo! Health

Asthma Triggers

How you can

identify them.

Biz Resources

Y! Small Business

Articles, tools,

forms, and more.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: