Tuesday, November 1, 2011

[sehat] Digest Number 16390

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
[news] `SILUMAN' DALAM SISTEM PEMBIAYAAN KESEHATAN From: /ghz
1b.
Re: [news] `SILUMAN' DALAM SISTEM PEMBIAYAAN KESEHATAN From: aina
1c.
Re: [news] `SILUMAN' DALAM SISTEM PEMBIAYAAN KESEHATAN From: niken qinen
2.1.
Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!! From: Alia Fatma
2.2.
Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!! From: Novi Iskandar
2.3.
Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!! From: Mutiara Santoso
2.4.
Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!! From: niken qinen
3a.
Re: [OOT] Lepas spiral dapat obat.==> warning 'zezuatu' From: tristanathan
3b.
Re: [OOT] Lepas spiral dapat obat.==> warning 'zezuatu' From: /ghz
4a.
air hujan From: Luky kristyawati
4b.
Re: air hujan From: melly damayanti
4c.
Re: air hujan From: Mutiara Santoso
5a.
Re: Penyakit apa ya?? From: /ghz
5b.
Re: Penyakit apa ya?? From: siti amatullah
6.1.
Re: (Share) Kejang Demam Kedua Daryn From: WienTha
6.2.
Re: (Share) Kejang Demam Kedua Daryn From: twinkle-little.z@telkomsel.blackberry.com
7a.
Re: Mohon bantuan tt berat badan anak saya. Normalkah? From: purnamawati.spak@cbn.net.id
8a.
Re: ART Mau Operasi Bayi Kembar From: ninik.sinaga@gmail.com
9a.
Tanya hasil feses rutin From: luc14_ika
9b.
Re: Tanya hasil feses rutin From: Inta
9c.
Re: Tanya hasil feses rutin From: luc14_ika
10.
penanganan kadar gula dan kolesterol yg tinggi From: rosshy77@yahoo.com
11a.
[Tanya] Gastritis-kah saya? From: Marcia
11b.
Re: [Tanya] Gastritis-kah saya? From: nia2R
12.
Mata Minus Pada Anak From: ninik.sinaga@gmail.com

Messages

1a.

[news] `SILUMAN' DALAM SISTEM PEMBIAYAAN KESEHATAN

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Mon Oct 31, 2011 9:23 pm (PDT)



Be Smarter be Healthier........

Kecurangan dan cacat moral memicu terjadinya biaya tinggi dalam sistem
asuransi kesehatan.

Memberantas keduanya bisa menekan pembayaran premi.
Suatu hari, Guru Besar FaS kultas Kesehatan Masya rakat Universitas
Indone sia Profesor Hasbullah Thabrany meninjau salah satu rumah sakit
bersalin di kawasan Jakarta Pusat. Setelah berbicara dengan beberapa
pasien, ia merasa ada sesuatu yang janggal.
Pada Minggu, ada 14 proses persalinan yang semuanya dilakukan melalui
bedah caesar."Apakah ini kebetulan? Rasanya, kok, too good to be true,''
katanya.

Hasbullah tercengang oleh pengakuan tiga pasien yang baru diajaknya
berbicara. Mereka mengatakan mengalami lilitan tali pusar. Dalam operasi
caesar, kasus lilitan tali pusar sering tidak disertai dengan
pembuktian. `'Berbeda, misalnya, dengan kasus placenta previa atau jalan
lahir tersumbat ari-ari, bisa dibuktikan,'' ujarnya.
Dia menduga ini merupakan perbuatan curang (fraud) dalam pembiayaan
kesehatan lewat asuransi.
`'Tapi ada kemungkinan tak disadari oleh pasien,'' kata Hasbullah dalam
seminar yang membahas moral hazard dan fraud dalam jaminan dan layanan
kesehatan di Jakarta, pekan lalu.

Pengalaman Hasbullah yang lain, yaitu biaya bedah jantung di RS publik
di Jakarta bisa mencapai Rp 160-200 juta. Sementara itu, di RS swasta di
Penang hanya Rp 55-65 juta. "Apakah ini moral hazard, Fraud, atau sistem
korup?"katanya. Semestinya dilakukan penyelidikan dan audit tentang hak
tersebut.

Dalam dunia asu ransi, fraud didefinisikan sebagai bentuk kecurangan.
Itu bisa dilakukan oleh pasien, dokter, dan tenaga medis atau bahkan
agen asuransi yang membantu nasabah untuk mendapatkan keuntungan yang
bukan haknya. Sementara itu, moral hazard diartikan sebagai perilaku
manusia yang menimbulkan kesalahan. Keduanya adalah tindakan kejahatan,
tapi sayangnya tidak ada sanksi pidana terhadap tindakan tersebut.

Beberapa contoh fraud, misalnya, kolusi dokter dan rumah sakit dengan
industri obat dan industri alat kesehatan. Dugaan itu sangat kuat ke
arah kebenaran, tapi sulit ditindak karena tak bisa dibuktikan. Praktek
kartel juga sering terjadi. Hasbullah mencatat yang terakhir ini sering
terjadi di bidang ortopedi dan bedah toraks.
Pihak medis hanya mau memakai produk yang mereka bawa. Pasien tidak
diberi kesempatan untuk memilih. Harga yang harus dibayar pasien
sekaligus dinaikkan.

Ada lagi kasus di mana pasien diminta melakukan uji laboratorium,
radiologi, atau dirawat di rumah sakit tempat si dokter punya saham.
`'Di Amerika Serikat, hal ini sangat dilarang. Tapi di Indonesia, ini
belum ada aturannya,'' kata Hasbullah. Sebagai perbandingan saja, di
Amerika Serikat dengan aturan hukum yang jelas, dana sebesar US$ 200
miliar untuk belanja kesehatan masuk kategori moral hazard dan fraud.

Padahal, jika kebocoran dari layanan kesehatan sedemikian besarnya,
pihak yang paling dirugikan adalah masyarakat. `'Karena ada biaya tinggi
di kesehatan yang tidak efektif, sehingga pre mi asuransi menjadi tinggi.

Masyarakat akan diru gikan,'' kata Hasbullah. Hasbullah mengutip
berbagai studi di Indonesia. Hasilnya, 15-25 persen tagihan klaim
berpotensi sebagai moral hazard atau fraud.

Moral hazard dan fraud merupakan perbuatan yang pasti menimbulkan biaya
tinggi meskipun legal. `'Pasien atau pihak tenaga medis bisa saja
mengatakan `Biarin saja, toh, asuransi yang membayar','' kata Hasbullah
mengutip pembicaraan mereka.

Karena itu, pasien harus berhati-hati memilah mana perbuatan yang
tergolong fraud atau yang bukan. `'Misalnya, bisa saja yang terjadi
adalah kesalahan tagihan, tapi jadi masalah. Intinya, fraud terjadi bila
ditemui unsur kesengajaan di dalamnya,'' kata ahli forensik patologi dan
staf ahli Menteri Kesehatan, Budi Sampurna. Dia mengakui Indonesia belum
memiliki aturan yang baku tentang masalah itu.

Data dari State of New York Insurance Departement yang dikeluarkan pada
Maret 2011, menurut Budi, pelaku fraud, 56-80 persen dilakukan oleh
penyedia layanan kesehatan dan 10 persen lagi oleh konsumen, yang
diseimbangkan oleh para penyelenggara asuransi.

Masalahnya, kecurangan itu agak sulit dideteksi. Sebab, baru bisa
terlihat setelah satu bulan masa tenggang, sehingga kecurangan itu
sering kali tak bisa dibuktikan. `'Semestinya ada investigasi khusus,''
kata Budi.

Sebenarnya, fraud dan moral hazard tak akan terjadi jika celah
kesempatan yang membuat hal itu terjadi ditutup. Ada beberapa kondisi
potensial yang bisa digunakan pelaku untuk memelintir keadaan menjadi
lebih menguntungkan bagi sebagian pihak. Misalnya, tidak adanya
pengaturan tarif standar untuk layanan medis, obat, dan rumah sakit.
"Tarif yang bervariasi, bahkan untuk kelas yang sama,"' kata Hasbullah.
Lucunya, di Indonesia banyak pihak rumah sakit yang menerapkan tarif
konsultasi, pemeriksaan laboratorium, dan tindakan lain berbeda untuk
tiap kelas layanan.

Sementara itu, di Indonesia, ti dak ada penegakan hukum un tuk pelaku
tersebut. `'Pada akhirnya, pelaku tidak akan je ra, lantas orang lain
juga mengikuti arus perilaku itu," kata Hasbullah. Semakin be sar
lingkungan yang melaku kan tindakan korupsi, sema kin meniadakan
sensitivitas bahwa fraud adalah tindak an korupsi.

Untuk menimbulkan efek jera, Budi mengusulkan agar hukuman yang
diberikan ti dak hanya sanksi uang atau perdata, tapi juga sanksi pida
na. Sebab, kalau hanya sanksi administratif, pelaku tak mera sa
dirugikan. "Karena dia mendapat keuntungan terlebih dulu dan itu
dibiarkan,'' katanya. Sedangkan bagi penyedia layanan medis, efek jera
bisa didapatkan, misalnya, dengan pencabutan izin praktek. UTAMI WIDOWATI

http://epaper.korantempo.com/PUBLICATIONS/KT/KT/2011/11/01/ArticleHtmls/SILUMAN-DALAM-SISTEM-PEMBIAYAAN-KESEHATAN-01112011144003.shtml?Mode=1

1b.

Re: [news] `SILUMAN' DALAM SISTEM PEMBIAYAAN KESEHATAN

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Mon Oct 31, 2011 9:32 pm (PDT)



Sll suka kl prof hasbullah ngajar - sol

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

1c.

Re: [news] `SILUMAN' DALAM SISTEM PEMBIAYAAN KESEHATAN

Posted by: "niken qinen" nikenqinen@gmail.com   qinen_q9

Mon Oct 31, 2011 9:43 pm (PDT)



Ahhhh, jadi ingat seminggu yg lalu.....
Adik saya hrs menjalankan operasi kecil utk mengeluarkan kawat yg ada di
lututnya.
Kawat ini sdh 6 thn ada di lututmya sejak operasi lutut akibat kecelakaan.

Selama 6 thn sejak operasi, adik saya (dan keluarga tentunya) tidak tahu
ttg keberadaan kawat tsb.
Krn mnrrt penjelasan dokter bedah tulangnya pd waktu itu, operasi lututnya
tidak menggunakan logam sama sekali, baik itu kawat atwpun pen.

Kawat itu diketahui ketika adik saya menjalankan general cek up dari
kntrnya.
jreng...jreng...koq hasil rontgen ada kawat.

Singkat cerita, adik dan mama mendatangi dokter tsb. kesimpulannya, kawat
harus dikeluarkan. Operasinya hanya operasi kecil.
Operasi kecil dengan biaya yg besar.
Siapa sangka jika opearsi kecil utk mengeluarkan kawat ini biayanya hampir
mendekati 15jt *pengsan

kasus ini termasuk hazard atw fraud yaaa?

Salam,
-Niken-

2011/11/1 /ghz <ghozan10032005@gmail.com>

[Non-text portions of this message have been removed]

2.1.

Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!!

Posted by: "Alia Fatma" alia.fatma@ymail.com   alia.fatma@ymail.com

Mon Oct 31, 2011 9:25 pm (PDT)



Hi mbak Inta..yg sakit bukan anak saya..tp saya..

Mgkn bs dbaca kembali di reply email saya...anyway thanks utk sarannya ya mbak..saat ini sy sendiri sdg konsul dgn dokter Yoga

warm regards
send Mail on Android

[Non-text portions of this message have been removed]

2.2.

Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!!

Posted by: "Novi Iskandar" iskandar.novi@ymail.com   iskandar.novi@ymail.com

Mon Oct 31, 2011 10:19 pm (PDT)



Dear All,

Syukur kepada Tuhan, anak saya skrg bener2 sudah sembuh tanpa obat apa pun kecuali parcet yah. Padahal kmrn masi demam berkisar di 37.5-38 Celcius. Kmrn saya sudah curiga roseola, eh saya bawa ke DSA nya, katanya bukan karena Roseola tidak menyerang anak di atas 1 taun. Dia bilang ini ada infeksi dan dikasi resep AB. Tp saya tetep ngeyel karna saya baca d milis Roseola menyerang anak dr 6m-3taun.

Tapi AB nya tidak saya belikan, saya mau tunggu sampe hari ini. Dan hari ini bener2 panas turun tanpa parcet dan merah2 nya jd makin banyak! Jadi mmg bener anak saya kena roseola. Jadi waktu merah2 nya kuar itu panas nya tidak lgs turun dan hilang langsung, tp pelan2 lgs turun. Lega rasanya!

Terima kasih buat smua masukan2 nya dan penguatan2 nya. Hidup RUM!!

Novi

________________________________
From: siti amatullah <amianakbinus@yahoo.com>
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, November 1, 2011 7:58 AM
Subject: Re: [sehat] [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!!

 
alhamdulillah, semoga bisa diambil pelajarannya ya..
virus suka misterius memang (colek mpok marcel) ...
anak sy wasktu usia 2thn juga pernah 5 hari demam tinggi 39,5 < tapi tdk ada batpil, pas hari ke5 mau cek darah dah sampe RS, eh lgsg turun.. ga jadi deh :) (belum kenal milist pula..) ..

rgds,
ami
* virus mmg ajib

-

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

2.3.

Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!!

Posted by: "Mutiara Santoso" mutiara.santoso@yahoo.co.id   mutiara.santoso

Mon Oct 31, 2011 10:34 pm (PDT)



Alhamdulillah..maaf kalo waktu itu tidak memberikan bantuan lain selain doa....soalnya belum pernah mengalami seperti itu...... selamat ya Bunda,

salam hangat,
-Mutiara-

[Non-text portions of this message have been removed]

2.4.

Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!!

Posted by: "niken qinen" nikenqinen@gmail.com   qinen_q9

Mon Oct 31, 2011 10:49 pm (PDT)



Congrats ya mba Novi...
satu ujian telah lulus terlewati.
Yuk belajar lagi sama2 disini, sebelum ujian yang lain datan.
Jadi pas ujian nanti uda siap :)

Salam,
-Niken-

2011/11/1 Novi Iskandar <iskandar.novi@ymail.com>

> **
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

3a.

Re: [OOT] Lepas spiral dapat obat.==> warning 'zezuatu'

Posted by: "tristanathan" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Mon Oct 31, 2011 9:25 pm (PDT)



email ini baru masuk di inbox saya, yahoogroups lagi masalah ya?
jd ikutan baca tulisan bunda aira ini, ada satu paragraf yg saya suka :)

*Jangan meyebarluaskan penolakan imunisasi*

Merupakan* tindakan yang kurang bijak bagi mereka yang menolak imunisasi,
menyebarkan keyakinan mereka secara luas di media-media, memprovokasi agar
menolak keras imunisasi dan vaksin, bahkan menjelek-jelekkan pemerintah*.
Sehingga membuat keresahan dimasyarakat. Karena bertentangan dengan
pemerintah yang membuat dan mendukung program imunisasi.

http://celotehsiboenda.wordpress.com/2011/10/25/pro-kontra-hukum-imunisasi-dan-vaksinasi/
-ria-

2011/10/20 /ghz <ghozan10032005@gmail.com>

> **
>
>
> On 10/20/2011 3:12 PM, ezie «boenda Aira» wrote:
> > @onlyzie
> > www.celotehsiboenda.wordpress.com
> >
> >
> ==> Insya Allah kalau lagi gak sibuk saya seperti anjing pelacak.
> ngendus kesana kemari berbagai macam footer :)
>
>
> setelah saya cek footernya ternyata 'zezuatu' banged :)
>

[Non-text portions of this message have been removed]

3b.

Re: [OOT] Lepas spiral dapat obat.==> warning 'zezuatu'

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Mon Oct 31, 2011 10:32 pm (PDT)



On 11/1/2011 11:25 AM, tristanathan wrote:
> *Jangan meyebarluaskan penolakan imunisasi*
>
> Merupakan* tindakan yang kurang bijak bagi mereka yang menolak imunisasi,
> menyebarkan keyakinan mereka secara luas di media-media, memprovokasi agar
> menolak keras imunisasi dan vaksin, bahkan menjelek-jelekkan pemerintah*.
> Sehingga membuat keresahan dimasyarakat. Karena bertentangan dengan
> pemerintah yang membuat dan mendukung program imunisasi.
>
> http://celotehsiboenda.wordpress.com/2011/10/25/pro-kontra-hukum-imunisasi-dan-vaksinasi/
> -ria-
>
>
==> sekedar sharing:

beberapa hari yang lalu saya menulis email ala kadarnya untuk saya
teruskan ke fihak terkait misal ke dokter eddi (dr_eddijunaidi@yahoo.co.id)
saya sendiri kurang tahu posisinya sebagi apa beliau ini, apa divisi
hukum kemenkes atau bukan, email tersebut saya terima dari beberapa orang.
jawaban beliau saya copas :

-------- Original Message --------
Subject: Re: Mohon bantuan Kontak Pengaduan Anti Vaksin
Date: Mon, 24 Oct 2011 09:50:35 +0000
From: dr_eddijunaidi@yahoo.co.id
Reply-To: dr_eddijunaidi@yahoo.co.id
To: /ghz <ghozan10032005@gmail.com>

Sy coba koordinasikan dgn teman2 di kemenkes maupun di IDI. Tk infonya
Powered by Telkomsel BlackBerry®

terus surat yang sama saya teruskan ke :
- kontak@depkes.go.id
- bantuan@lemsedikumkes.com
- primayosephine@yahoo.com

yg terakhir ada masukan seperti ini :

Yth Bpk Ghozan
Perihal email Bapak ttg kontak pengaduan anti vaksin,

Ada baiknya Bpk mengirim surat kpd Menkes (52960661) cc k MKDKI.
Mungkin ini info yg dpt kami berikan. Semoga manfaat.

-----
itu no telpon yah?
saya belum coba telpon...kontak mkdki juga belum tahu.

nah yg dua terakhir ini belum dapat jawaban.

saya pikir mungkin tulisan saya yg asal curhat saja sebagai orang tua,
atau mungkin karena saya sendiri.....jadi dianggap angin lalu.
semoga saja perasaan saya ini salah...dan semoga setelah email
ini....orang tua yang merasa terketuk hatinya demi kebaikan anak bangsa
menuliskan surat yg sama untuk kemudian di alamatkan sesuai email tsb
diatas. bukan karena saya...tapi demi sesama anka bangsa.........semoga.

salam perdjoeangan
bapakeghozan

[Non-text portions of this message have been removed]

4a.

air hujan

Posted by: "Luky kristyawati" uqiku@yahoo.com   uqiku

Mon Oct 31, 2011 9:35 pm (PDT)





mlm....
mau tanya nih.... apa benar air hujan tidak baik untuk kesehatan? maksudnya buat mandi ato sekedar utk mencuci sayuran (maksudnya bukan utk dikonsumsi). jadi ceritanya meski tinggal di kota besar perumahan tempat tinggal temanku ini air pdam belum masuk,jadi orang sekitar perumahan temanku ini memanfaatkan air bujan (yg sudah ditampung dan disaring dgn carbon) utk mandi dan mencuci sayuran/bahan makanan lainnya. utk memasak dan minum mereka tetap memakai air galon yg sdh dijual di pasaran. selain memanfaatkan air hujan, ketika musim kemarau mereka 'terpaksa' memakai air tangki (air yg didapat lewat sumur bor) yg memang dijual dgn harga yg lumayan berat diongkos (klo pake air tangki sebulan bisa habis 1jt an hanya utk memenuhi kebutuhan air saja :((...). mohon sharingnya nih...mgkn ada SP yg punya pengalaman ato informasi seputar masalah di atas. karena temanku ini baru saja dipindah tugaskan dan dia bingung karena punya 2 anak yg masih kecil (3 dan 4
tahun).... ditunggu sharingnya...

makasih...

4b.

Re: air hujan

Posted by: "melly damayanti" emaknya_najma@yahoo.co.id   emaknya_najma

Mon Oct 31, 2011 9:42 pm (PDT)



Air hujan original-nya baik2 saja,

Tp sekarang seprtinya jadi gak baik karena terkait issue global warming,
jadi air hujan saat ini mengandung asam,

Istilanya Acid Rain, karena asam jadi sifatnya korosif banget alias merusak.

Maaf kalo gak bantu banyak,

b/r

Melly-bacem jawaban dari 'greenpeacers'

[Non-text portions of this message have been removed]

4c.

Re: air hujan

Posted by: "Mutiara Santoso" mutiara.santoso@yahoo.co.id   mutiara.santoso

Mon Oct 31, 2011 9:54 pm (PDT)



Sekarang ada PUREIT kan.. bisa dicoba dulu

Maaf kalo tidak bisa banyak membantu dan jawabannya kurang memuaskan...

Salam hangat,
-Mutiara-

[Non-text portions of this message have been removed]

5a.

Re: Penyakit apa ya??

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Mon Oct 31, 2011 9:36 pm (PDT)



On 11/1/2011 11:22 AM, Siti Masitoh wrote:
> Saya mau menanyakan penyakit suami saya, sudah 4 hari ini kalo makan katanya lidahnya ga bisa merasakan pahit,manis,asam pokonya yg ada rasanya gitu begitu juga dg minuman,kira2 itu sakit apa ya?
==> mungkin kangen pengin dimasakin sewaktu dulu baru menikah bu'e :).....
yg itu joke saja yah.
sariawan/aphtae mungkin...atau mungkin radang tenggorokan.....
coba gejala klinisnya apa aja, kan sudsah 4 hari...apa sudah pernah ke
dokter....atau ada hasil lab.......

maaf kl kurang membantu

semoga lekas bvaikan
bapakeghozan

5b.

Re: Penyakit apa ya??

Posted by: "siti amatullah" amianakbinus@yahoo.com   amianakbinus

Mon Oct 31, 2011 9:50 pm (PDT)




dear mba siti
keluhannya selain lidah tdk merasakan rasa, ada lagi?
panas dan dingin msh bisa?

rgds,
ami
---

[Non-text portions of this message have been removed]

6.1.

Re: (Share) Kejang Demam Kedua Daryn

Posted by: "WienTha" Muhammad.athaya@gmail.com

Mon Oct 31, 2011 9:37 pm (PDT)



Mudah-mudahan bermanfaat dan jgn sampe dipraktekkan. Hehehe

»»
Setujuuu ikut aminin mba cici,,amit2 mdh2n ga kejadian lg,,amiiin

Mba hil makasih yaaa ilmunya,lgsg di print ditempel nemenin SOPnya KD ala om sam
*peluk bang ray+daryn+buhil*

Br
Wiwinn
*teteup KD pertama bikin jantung copot,smp suami saking paniknya nangis liat KD slama 7menit :'(*
Powered by AthayArkanaBerry®
6.2.

Re: (Share) Kejang Demam Kedua Daryn

Posted by: "twinkle-little.z@telkomsel.blackberry.com" twinkle-little.z@telkomsel.blackberry.com

Mon Oct 31, 2011 9:39 pm (PDT)



Dear moms,

Boleh ga saya minta link yg isinya ttg sop KD kompleks?

Biar bs sy tempel jg hehehe, kmrn sih sy uda bikin tp mgkn yg sy bkn kurang lengkap :)

Thx
Powered by Telkomsel BlackBerry®
7a.

Re: Mohon bantuan tt berat badan anak saya. Normalkah?

Posted by: "purnamawati.spak@cbn.net.id" purnamawati.spak@cbn.net.id

Mon Oct 31, 2011 9:50 pm (PDT)



Buat yg bingung baca GC :
1. Baca di CDC perihal gc
Bisa juga baca di WHO

2. Ikut pesat
Yg terdekat, pesat bekasi
Menyusul tahun depan pesat tangerang baru sesudah itu pesat13 jakarta

Wati
Patient Safety, first

8a.

Re: ART Mau Operasi Bayi Kembar

Posted by: "ninik.sinaga@gmail.com" ninik.sinaga@gmail.com

Mon Oct 31, 2011 9:53 pm (PDT)



Terima kasih mbak nia,mbak ami,mbak chaisie...utk infonya.

Info terakhir operasi dimajukan hari ini jam 4 krn tensi yg cenderung naik. Signal telepon yg susah dptnya,jd cm bs sms-an utk kasih support.

Semoga operasinya lancar tdk kurang suatu apapun.


Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
9a.

Tanya hasil feses rutin

Posted by: "luc14_ika" luc14_ika@yahoo.com   luc14_ika

Mon Oct 31, 2011 9:57 pm (PDT)



Dear Docs & SP's

Anak saya Gisel (17bulan)BB 9kg, beberapa waktu ini bab nya berdarah. tapi tidak di setiap waktu bab ada darahnya. perilaku anaknya juga masih riang & normal. konsumsi air, buah & sayuran juga banyak. Snack saya kasih sayuran & buah juga.
Pernah sesekali saja bab nya keras & muncul darah segar, tapi saat itu saya perhatikan konsumsi airnya kurang.
Tetapi yang sering bab normal tapi ada bercak darah kering berwarna agak kehitaman.

minggu lalu, akhirnya saya bawa fesesnya untuk dicek ke lab, dengan hasil berikut :

Makroskopis
Warna : Coklat
Bau/konsistensi : Khas/Lunak
Lendir/darah : -/+
keasaman : netral/7
darah samar : +
mikroskopis
leukosit : 0-1
eritrosit : 1-3
amuba/kista : -
jamur: -
telur cacing : -
Pencernaan
amilum : -
lemak : +
serat makanan : +

Mohon masukan dari dokter & para SP.
apa yang harus saya lakukan, perlukah saya ke ahli pencernaan anak?
Terima kasih atas bantuannya.

Salam,
Ika

9b.

Re: Tanya hasil feses rutin

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Mon Oct 31, 2011 10:05 pm (PDT)



Mba Ika,

Darahnya karena konstipasi yah? Udah browsing konstipasi?

Cheers, Inta-sol
@Intamaesarinta
terkirim dari henponkuh

9c.

Re: Tanya hasil feses rutin

Posted by: "luc14_ika" luc14_ika@yahoo.com   luc14_ika

Mon Oct 31, 2011 10:54 pm (PDT)



Mba Inta,

Darahnya bukan karena konstipasi sepertinya.
karena anaknya ngga nangis, dia cuma ngeden biasa, trus bab.
dulu saya pikir konstipasi biasa, tapi seringnya anaknya ngga terlihat susah untuk babnya & rutin juga.

kalo yg dari saya baca konstipasi itu darahnya berwarna merah segar & encer. cmiiw
tapi yg saya perhatikan dari Gisel seringnya darah cenderung agak kering & berwarna agak gelap.

salam,
Ika

--- In sehat@yahoogroups.com, "Inta" <dini.maesarinta@...> wrote:
>
> Mba Ika,
>
> Darahnya karena konstipasi yah? Udah browsing konstipasi?
>
> Cheers, Inta-sol
> @Intamaesarinta
> terkirim dari henponkuh
>

10.

penanganan kadar gula dan kolesterol yg tinggi

Posted by: "rosshy77@yahoo.com" rosshy77@yahoo.com   mommynyaarion

Mon Oct 31, 2011 10:34 pm (PDT)



Dear all,

Lagi sedih banget nih
Kemarin bawa mamak (60thn) periksa darah ke lab kr mamak sering
mengeluhkan tumit kaki yg sakit setiap sehabis bangun tidur.
Awalnya saya berpikir itu asam uratnya yg tinggi, tapi ternyata bukan.
hasil test darahnya sbb:
KOLESTEROL LENGKAP
Kolesterol Total = 224 (rujukan <200)
Kolesterol LDL = 155 (rujukan <100)
Kolesterol HDL = 41 (rujukan >=40)
Trigliserida = 116 (rujukan <150)

Glukosa Puasa = 278 (rujukan 80-100)
Glukosa stlh makan dan puasa 2 jam = 497 (rujukan <140)

Asam Urat = 4.4 (rujukan <5.7)

waduh, sedih banget ni koq sampe setinggi itu?
memang ku akui selama ini pola makan mamak itu sprt batak umumnya harus
nasi dan porsinya banyak.
dulu sih masih aktif bekerja, skrg sdh gak lagi sejak bapak meninggal
setahun yg lalu, paling kegiatannya mengunjungi anak2 cucunya dan skrg
giliranku dikunjungi.
So far, mamak sehat2 dan lincah.

Mohon masukannya donk, kira2 ada dokter yg recommended disekitar bekasi
yg enak diajak konsul bisa menangani beliau?
Trus kl ada daftar pola makan penderita DM, mau juga donk

Terima kasih atas masukannya yah

salam
Rusmina



Powered by Telkomsel BlackBerry®
11a.

[Tanya] Gastritis-kah saya?

Posted by: "Marcia" msahusilawane@gmail.com   msahusilawane

Mon Oct 31, 2011 10:53 pm (PDT)



Dear Docs & SPs,

Hari minggu, perut saya rasanya kembung ga enak & sejak kemarin pagi ulu hati saya sakit sekali, rasanya seperti dipelintir. Badan jadi lemas krn sakit yg luar biasa. Saya usahakan makan tepat waktu, menghindari yang pedas/asem/santan. Sampai siang ini masih tetap terasa sakit :(

Tadi sempat ke klinik dekat rumah, tanpa diinformasikan diagnosa penyakit oleh dokter, rekor tercepat -3 menit diruang periksa-, dibekali obat2an ranitidin, omeprazole, decazym & 10tablet putih kecil (tanpa kemasan) katanya buat istirahat diminum 2x sehari. (???)

Coba browsing GE & gastritis, tapi ragu2 bener atau ga. Butuh pencerahan dari SPs nih...
Ada teman yang menyarankan untuk endoskopi. Memang perlu ya? Apa kegunaannya?

Mohon bantuannya ya...
Mau dianggap enteng tapi rasanya tersiksa banget :((

Thanks.

Regards,
Marcia

Send from my BundaBerry®
11b.

Re: [Tanya] Gastritis-kah saya?

Posted by: "nia2R" niea_152@yahoo.com   niea_152

Mon Oct 31, 2011 10:55 pm (PDT)



Mb,
Sudah cb trace pake symptom checkernya mayoclinic? Coba pake itu dulu.
Ntar beberapa kemungkinan yg muncul baca lagi artikelnya.

Sambil gt parset bisa diminum kalo nyeri bgt. Manajemen streSnya gmn?

-nia-ibunya Razan Ragha
@nieafardina

12.

Mata Minus Pada Anak

Posted by: "ninik.sinaga@gmail.com" ninik.sinaga@gmail.com

Mon Oct 31, 2011 10:56 pm (PDT)



Titipan pertanyaan dr member milis,Alin Pramanti,krn sama2 ga bs browse,jd mhn urun rembugnya,terima kasih.

Dear SPS dan Bunda Wati
Kmrn sy dari dokter mata utk periksa mata minus anak sy, 7 tahun,yg ternyata minus 1 dan diberi oleh" sbb:
1.Cortamine dgn kandungan:
Betamethasone
Dexchlorpheniramine maleate
2.Alegysal dgn kandungan:
Pemirolast
Potassium
3.Cendo minidose
4.Matoflam dgn kandungfan
Natural astaxanthin
Lutein
Zeaxanthin
Mineral
Kami mengharapkan sekali bantuan dan masukan para sps dan dokter disini,terima kasih banyak.

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Health

Achy Joint?

Common arthritis

myths debunked.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Drive Traffic

Sponsored Search

can help increase

your site traffic.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: