Monday, October 31, 2011

[sehat] Digest Number 16383

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: [SHARE] ini perjalanan RUMku, apa perjalanan RUMmu... (3) From: Inta
2a.
Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!! From: vanessa sutopo
2b.
Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!! From: Inta
3a.
Re: [URGENT] DEMAM 39 derajat From: foeng_82@hotmail.com
3b.
Re: [URGENT] DEMAM 39 derajat From: Sisilia
4.
Kegagalan Pengobatan Gratis, Salah Siapa? From: eliebunny@yahoo.com
5a.
Re: setelah sutikan DPT3 From: alifah davida
6.
Bls: Bls: Bls: [sehat] Obat utk kulit berjamur dan kering From: Mutiara Santoso
7a.
Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!!, From: a l y n
7b.
Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!!, From: niken qinen
7c.
Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!!, From: vanessa sutopo
7d.
Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!!, From: Pamelia Yulianto
7e.
Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!!, From: a l y n
7f.
Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!!, From: vanessa sutopo
8a.
Re: Obat utk kulit berjamur dan kering From: aina
9a.
Berbagi kebahagiaan From: theresia
9b.
Re: Berbagi kebahagiaan From: Sisilia
10a.
Salep gatal bekas gigitan serangga From: Tabita
11a.
mohon tanggapan From: aina
11b.
Re: mohon tanggapan From: F.B.Monika
11c.
Re: mohon tanggapan From: aina
11d.
Re: mohon tanggapan From: Sisilia
11e.
Re: mohon tanggapan From: aina
11f.
Re: mohon tanggapan From: diahfa@yahoo.com
12.
Fw: [sehat] ASK : #kibulansusu , benarkaaahhh??? From: diahfa@yahoo.com

Messages

1a.

Re: [SHARE] ini perjalanan RUMku, apa perjalanan RUMmu... (3)

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Mon Oct 31, 2011 1:14 am (PDT)



Hahahahaha mba Ella, pake TAMAT. Memang semua butuh proses yah mba, tapi sekali kita belajar, ujian dan lulus rasanya kok gimana gitu, bangganya setengah mati. Selamat yaaah mba udah lulus ujian meRUMkan diri sendiri. Buat saya mah ujian paling susah nih RUM ke diri sendiri.

Cheers, Inta
@Intamaesarinta
terkirim dari henponkuh

2a.

Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!!

Posted by: "vanessa sutopo" psycho_laziale@yahoo.com   psycho_laziale

Mon Oct 31, 2011 1:22 am (PDT)



Campak memiliki trias 3C: coplik spot,coryza,conjungtivitis.

Jika campak anak akan terlihat mata merah berair, pilek hebat (bercak koplik biasanya sulit terlihat)

Masih demam setelah ruam muncul bisa mengandung banyak arti. Tidak sll campak. Ruam campak dg roseola atau rubella pun berbeda penampakannya..

Vanessa
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
2b.

Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!!

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Mon Oct 31, 2011 1:40 am (PDT)



Hihihi seperti biasa jawaban dr. Anto udah yang paling mantap. Sampe berasa disentil juga nih :D.

Kadang suka gemes soalnya kalau ada yang bentar2 ke rumkit. Padahal rumkit gak seaman yang mereka pikir.

Intinya memang satu sih belajar, belajar dan belajar.

Tx for the reminder yah dok.

Cheers, Inta
@Intamaesarinta
terkirim dari henponkuh

3a.

Re: [URGENT] DEMAM 39 derajat

Posted by: "foeng_82@hotmail.com" foeng_82@hotmail.com   relynn1

Mon Oct 31, 2011 1:29 am (PDT)




Sorii lupa rename.. :D

Hi mom sisilia *salah ga yah,

2hr demam cm dikasi panadol sih sama liang teh..

Anak nya hari ini pipis mulu walaupun cm dikit2, gak mau tidur siang, susu msk cm dikit..

Sy barusan nanya mama nya sih kakak ada alergi mknan snack ch*tato dkk.. Masalah nya si adek mkn nya cm bs dihitung yg dia mau mkn.. Klo gak biskuit yah coco crunch (tanpa susu mkn nya)..

Perlu vitamin kah? Krn memang susah mkn nya, nasi cm mau bbrp suap klo lg sehat gak mau mkn daging merah gak suka buah pula..

Sy lumayan panik td siang gendong dia panas skali bdn nya tidur di AC pula.. Susu msh 160cc gak mau dminum.. Kurus skaliii.. Sedih liat nya..

Iyaa sy ubek2 dulu file milis nya.. Makasih dah ingetin..

..

3b.

Re: [URGENT] DEMAM 39 derajat

Posted by: "Sisilia" sisil.mahadaya@gmail.com   caeciliapudjiastuti

Mon Oct 31, 2011 1:35 am (PDT)



Namanya belum ada :)

Saat batpil, mungkin acnya bs dimatikan dulu krn bikin membran hidung terasa makin kering dan tenggorokan bakal ga nyaman jg.

Coba roti, mie, pasta udah? Jgn berharap makan banyak sih emang. Sedikit2 aja tapi sering, lumayan buat energinya.

Ga ada satupun buah/sayur yang dia mau? Bisa juga coba ditanya maunya makan/minum apa.

Kalaupun nggak mau juga, jangan paksa, kondisikan aja selalu ada makanan di deketnya, lumayan kalau mau nyuil2 dan gigit2 sedikit.

Sabar aja ya...

Sisil
@sisilmahadaya

4.

Kegagalan Pengobatan Gratis, Salah Siapa?

Posted by: "eliebunny@yahoo.com" eliebunny@yahoo.com

Mon Oct 31, 2011 1:32 am (PDT)



Doc's n SP sekalian...
(Mohon maaf bila topiknya rada basi...)

IMHO, lebih baik pengobatan gratis itu menjadi hak setiap warga negara regardless dia itu golongan ekonomi mampu atau menengah apalagi miskin.
Karena kalau hanya difokuskan ke salah satu golongan saja koq ya menurut saya itu diskriminatif thd golongan yang lain ya? Misalnya di Indonesia hanya mengcover yg golongan miskin. Bagaimana bila yg golongan menengah dan atas yg sakit sehingga membutuhkan biaya yg tidak sedikit??

Pengalaman membuktikan bahwa penyakit bisa membuat sesorang dan keluarganya jatuh miskin (ga cuman si sakit saja lho yg menderita), yg berarti tambah lagi permasalahan kita, sudah sakit sekarang jatuh miskin pula (misal orang golongan menengah yg perlu HD atau cuci darah tiap bulannya).

Apalagi di Indonesia yg sistem administratifnya belum bagus (bobrok malah), kriteria miskin saja banyak rancu nya dan sering diselewengkan oleh oknum biang korup.

Akan lebih baik bila pemerintah menyelenggarakan asuransi kesehatan untuk setiap warga negaranya seperti halnya di Singapura dan Swiss, guna mengurangi belanja warga negaranya dlm hal kesehatan. Premi asuransi nya diambil sekian persen dari pajak penghasilan setiap bulannya. Produk asuransi nya standar dan sama untuk setiap WN. Jadi ga perlu deh verifikasi dkk itu dan ga ada lagi kejadian orang bermobil dan pakai perhiasan mewah dpt jamkesmas dan verifikatornya didatengin ama pak sopir ambulans. Memotong proses dan mengurangi titik2 korup.

Pengalaman saya wkt masih jadi freelancer, saya bingung bukan kepalang karena saya tidak terjamin asuransi apapun, jadi yah saya harus menyisihkan sebagian dari penghasilan saya wkt itu untuk jaga2 kalau2 jatuh sakit (untungnya tidak pernah sakit yg serius wkt itu). Apalagi biaya RS tuk rawat inap ga murah kan?
Padahal banyak WN kita yg kerjanya freelancer atau wiraswasta yg tidak memiliki asuransi kesehatan. Nah, kalau mereka ini disebut miskin juga tidak bisa, tapi saat sakit, krn mereka tidak bisa bekerja, tidak ada penghasilan sehingga rawan sekali untuk jatuh miskin. Pantas saja bila angka kemiskinan negara kita susah banget berkurangnya.

Ini hanya my trully honest opinion (yang diamini oleh teman sejawat saya yg bekerja di bidang asuransi).

Mohon maaf bila kepanjangan dan tidak berkenan. CMIIW ya SP n Doc...

-Wulan, mamanya Sofia-
Powered by Telkomsel BlackBerry®
5a.

Re: setelah sutikan DPT3

Posted by: "alifah davida" alifah.davida@gmail.com   alifah_davida

Mon Oct 31, 2011 1:44 am (PDT)



Gisel Mom,
Pasti bingung ya kenapa kok tidak seperti suntikan-suntikan DPT sebelumnya
efeknya. Jawabnya karena kan sudah usia 6 bulan, lebih aktif bergerak
dibandingkan ketika usia 2 atau 4 bulan. Otot lebih aktif, sehingga
bengkaknya lebih keliatan dan keras, serta agak lama kembali ke normal.
Semoga tidak cemas lagi.

Regards,

--Alifah--

[Non-text portions of this message have been removed]

6.

Bls: Bls: Bls: [sehat] Obat utk kulit berjamur dan kering

Posted by: "Mutiara Santoso" mutiara.santoso@yahoo.co.id   mutiara.santoso

Mon Oct 31, 2011 1:56 am (PDT)



Dear.. Monika..
Benar juga kata anda.... jadi gak ada salahnya jika sebaiknya tanya kedokter kulit aja supaya aman..... karena saya pake juga karena saran adik saya yang asisten apoteker.... saya senang kok Monika masih mau ingat kan soal ini.... buat yang sedang bermasalah ke dokter kulit adalah yang terbaik...

Salam Hangat,

Mutiara

________________________________
Dari: F.B.Monika <f_monika_b@yahoo.com>
Kepada: Milis Sehat <sehat@yahoogroups.com>
Dikirim: Senin, 31 Oktober 2011 14:27
Judul: Re: Bls: Bls: [sehat] Obat utk kulit berjamur dan kering

----- Pesan yang Diteruskan -----

sehat@yahoogroups.com is not on your Guest List | Approve sender | Approve domain | Approve sehat@yahoogroups.com

 
Dear Mba Mutiara,

"sempat berbekas tapi aku rajin pake PI KANG SHUANG, sembuh tu..jeng)"

Maaf sebelumnya, diskusi di milis berdasarkan atas EBM (Evidence Base Medicine) n RUM (Rational Use of Medicine).
Di luar 2 hal tsb, herbal, ramuan2 dan sejenisnya tidak bisa dijadikan landasan karena hanya berdasarkan testimoni. Side effect dll tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Sekali lagi maaf kalau kurang berkenan.
F.B.Monika

[Non-text portions of this message have been removed]

7a.

Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!!,

Posted by: "a l y n" alyn2805@gmail.com   alyn2805

Mon Oct 31, 2011 1:58 am (PDT)



Maaf ga potek, krn dr hp juga, mau tanya berkaitan dg Mbak vanessa.
Anakku 17m, udah demam dr kemarin, Minggu. Naik turun sampe 39.5.
Ga ada ruam. Cuma pilek hebat, batuk jg, mata berair. Apa ini yg campak juga?
Masih tetap tata laksana demam, kompres hangat, cairan diperbanyak,
berenang air anget, tempra stiap 38.5. Mam-nya semaunya Shenaya aja.
Anaknya ga seceria biasanya, mau bobok tp sering kebangun krn
batuk/idung mampet.
Deg-degan jg ya..

Alyn

On 10/31/11, vanessa sutopo <psycho_laziale@yahoo.com> wrote:
> Campak memiliki trias 3C: coplik spot,coryza,conjungtivitis.
>
> Jika campak anak akan terlihat mata merah berair, pilek hebat (bercak koplik
> biasanya sulit terlihat)
>
> Masih demam setelah ruam muncul bisa mengandung banyak arti. Tidak sll
> campak. Ruam campak dg roseola atau rubella pun berbeda penampakannya..
>
> Vanessa
> Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
>
> ------------------------------------
>
> Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
> - Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal
> FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.
>
> Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland,
> dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami,
> PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>
> "Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
> =================================================================
> Milis Sehat thanks to:
> - AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS
> SEHAT 2011.
>
> Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk.
> who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi
> Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
> "SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.
>
> Kunjungi kami di (Visit us at):
> Official Web : http://milissehat.web.id/
> FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
> Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
> ==================================================================
> Donasi (donation):
> Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
> Bank Mandiri
> Cabang Kemang Raya Jakarta
> Account Number: 126.000.4634514
> ==================================================================Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>

--
a l y n

7b.

Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!!,

Posted by: "niken qinen" nikenqinen@gmail.com   qinen_q9

Mon Oct 31, 2011 2:05 am (PDT)



Mba Alyn...
selain demam kan uda ada gejala lain yg menyertai, yaitu pilek dan batuk.
Jadi demamnya ya karena si bat-pil ini.
Mata berair ini krn pileknya mba (CMIIW)

Salam,
-Niken-

2011/10/31 a l y n <alyn2805@gmail.com>

> **
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

7c.

Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!!,

Posted by: "vanessa sutopo" psycho_laziale@yahoo.com   psycho_laziale

Mon Oct 31, 2011 2:05 am (PDT)



Krn masih 1 hr masih perlu di observasi juga. Demamnya terus2an 39.5 apa naik mendadak? Atau perlahan2? Dikasi parcet turun gak?
Krn ruamnya blm keluar dilihat dl aja, bisa hr ke 3-5 muncul ruam. Mulai dr belakang telinga (dr area badan luar) ke seluruh tubuh, ruam gak muncul serempak tp bs bertahap.

Penanganan sama seperti inf. Viral pd umumnya.
Ibu sdh benar..

Vanessa
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
7d.

Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!!,

Posted by: "Pamelia Yulianto" hidupsehat.pam@gmail.com   pamelia_yulianto

Mon Oct 31, 2011 2:06 am (PDT)



Mb tempra nya setiap diperlukan aja, jgn berpatokan pd suhu sekian

So far udah bagus penanganannya, cm bagian tempra nya aja.. Coba file fever baca lg

Kl kata sy sih Shenaya cc :)

Gws ya..

- p a m e l i a -
"Stop Judging, Start Supporting"

Powered by my children's existance

7e.

Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!!,

Posted by: "a l y n" alyn2805@gmail.com   alyn2805

Mon Oct 31, 2011 2:32 am (PDT)



Maaaff kembali ga potek (ga bisa), krn bukan dr smartphone atau
laptop, ga sempat buka laptop krn anaknya ga mau ditinggalin,
Iya siy, aku jg berpikir CC nih. Cuma memang batpilnya hebat bgt.
Shenaya baru 3x batpil, ini yg ke4 dan pileknya ngucuuurr. Dan baru
kali ini mata spt agak bengkak, dan berair. Cuma diseka lap hangat.

Makasiy semuanya yaa.. Tempra aku kasih stiap demam lewat 38.5 dan
kalau Shenaya rewel. Kebetulan edisi kali ini memang rewel slalu
setiap hangat. Dan turun siy panasnya, spt skrg ini. Lg dikasi
snack2an sm nonton film favoritnya niy, Bug's Life :)
Doakan spy Shenaya ceria dan cerewet spt biasa lagi yaaaa

Alyn

On 10/31/11, Pamelia Yulianto <hidupsehat.pam@gmail.com> wrote:
> Mb tempra nya setiap diperlukan aja, jgn berpatokan pd suhu sekian
>
> So far udah bagus penanganannya, cm bagian tempra nya aja.. Coba file fever
> baca lg
>
> Kl kata sy sih Shenaya cc :)
>
> Gws ya..
>
> - p a m e l i a -
> "Stop Judging, Start Supporting"
>
> Powered by my children's existance
>

--
a l y n

7f.

Re: [URGENT] DEMAM 39.5 DERAJAT uda 3 HARI, PLEASE HELP!!!,

Posted by: "vanessa sutopo" psycho_laziale@yahoo.com   psycho_laziale

Mon Oct 31, 2011 2:38 am (PDT)



Smoga lekas sembuh ya bu.
Namanya diagnosa kan ada diagnosa bandingnya..
Ya bisa common cold, bisa jg viral inf yg lain. Observasi aja dl..
Kita lihat hasil akhir ceritanya gmn
Toh tata laksana tak jauh beda..
Beda pendapat boleh tp waspada sll..

Smg cpt sembuh ya..
Vanessa
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
8a.

Re: Obat utk kulit berjamur dan kering

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Mon Oct 31, 2011 2:08 am (PDT)



Kl sayah yaaa....pengalaman dr suami kmrn yg bdnnya kena jamur, byk dej ga cuma 1 2 3...bolak balik ke 4 dokter, SpKK smua yah...smp bosen suamiku tu...akhrnya dia hindarin smua pencetusnya...hilang deh....

Dia kena jamur hampir 3bln, lama beneerr....

Saran ajah....cocokan gbrnyah dr web , baca pelan2..krn kbykn pencetusnya bermacam...jd tau jamur jenis apa....hindari pemicunyah. Kl ga sreg, br ke dokter utk diskusikan "yg mana nih jenisnya"

Cmiiw

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

9a.

Berbagi kebahagiaan

Posted by: "theresia" theresia_ayu@yahoo.com   theresia_ayu

Mon Oct 31, 2011 2:54 am (PDT)



Dear All Mom,

Waktu berjalan begitu cepat tak terasa sudah 6,5 bulan usia babyku..
mengenang saat2 kelahiran anak pertamaku ini yang Puji Tuhan berjalan begitu cepat dan normal, disaat usiaku sudah memasuki 35th keatas, bahagianya bayi yang kulahirkan sehat.

Niat ak tuk memberi ASI exclusive ternoda oleh pemberian Sufor di RS dan berlanjut kembali ketika 1 kaleng Sufor dibawa kerumah. Payudaraku yang lecet dan mengeluarkan darah ketika diperah membuatku tergoda tuk kembali memberikan Sufor, ditambah lagi pada saat itu ak merasa ASIku tidak mencukup tuk bayiku, namun berkat informasi yang kucari dari bbrp milis, akhirnya ak yakinkan diri bahwa ASIku cukup. Dilihat dari kemontokan babyku aku tidak ragu tuk terus memberikan ASI. Walaupun selama 3 bulan berjalan putingku masih terus lecet tapi niatku tuk memberi ASI hrs terus berlangsung.
Puji Tuhan akhirnya diusia 6,5 bulan ini babyku masih ASI, dan MPASInya sangat lahap.
Terimakasih tuk mba Sisil(Markas Sehat)tuk pelajarannya memerah ASI dengan tangan sekarang aku udah mahir memerah ASI dgn tangan gak perlu pake mangkuk dan gelas lebar mba.., skrg merah ASI lsg dari botol pemerahnya, selesai merah pake mesin lanjut pake tangan :)

Met menyusui para Mama.. Godluck

Salam ASI
Divya Mom

9b.

Re: Berbagi kebahagiaan

Posted by: "Sisilia" sisil.mahadaya@gmail.com   caeciliapudjiastuti

Mon Oct 31, 2011 3:05 am (PDT)



Dear Theresia,

Makasih ya sudah berbagi... Selamat sudah berhasil "memenangkan" pertarungan. Dari yang ketakutan, khawatir, panik... Akhirnya bisa menikmati.
Salam hormat untuk suami dan eyangnya Divya, tim yang hebat, supporter yang luar biasa.

Titip cium buat Divya ya.. Sehat terus.

Sisil
@sisilmahadaya

10a.

Salep gatal bekas gigitan serangga

Posted by: "Tabita" bitha77@yahoo.com   bitha77

Mon Oct 31, 2011 2:58 am (PDT)



Mom yg pinter2,
Mau nanya salap buat bekas gigitan serangga nama ya apa ya,anak sy digigit serangga sampai bengkak,sy cuma kompres air hangat aja untuk hilangin gatalx.tolong bantu obat buat gigitan serangga .
Terima kasih.
Bitha

Powered by Bitha Ihone

Pada 11 Okt 2011, at 11:59, "Endah" <endahgunawan@ymail.com> menulis:

> Maaf, baru sempat buka email via phone, dan gak sempat mengikuti diskusi yg lagi seru di milis ttg vaksin ini.
> Cuma mau berbagi kisah yg sempat saya paparkan saat Pesat Bekasi kmrn :
> 1. Seorang anak usia belasan bulan terkena meningitis akibat Hib. Setelah sembuh, anaknya lumpuh, tdk bisa jalan. Padahal imunisasi Hib-nya sudah lengkap. Usut punya usut, ternyata dia memiliki kelainan imunologi, di mana tubuhnya tidak mampu memproses vaksin sehingga ia tidak memiliki antibodi yang cukup untuk melindunginya.
> 2. Seorang anak usia 8-tahunan, penderita leukemia, meninggal karena komplikasi pneumonia saat ia tertular campak. Belum mendapat MMR karena tdk diperbolehkan
> 3. Seorang bayi usia 1 bulan terkena cacar air yang hebat karena tertular sakit cacar air dari ibunya. Cacar air sendiri baru bisa diberikan vaksinnya setelah usia 12 bulan.
>
> Inti dari kisah nyata tersebut, adalah ada sekelompok anak yang tidak bisa mendapatkan vaksin (karena belum waktunya, atau karena menderita penyakit yang merupakan kontraindikasi vaksin) atau yang kurang beruntung sehingga tidak merespons vaksin.
> Anak2 ini perlu dilindungi oleh masyarakat di sekelilingnya supaya tidak menderita sakit, dengan cara herd immunity. Jadi, yg jadi korban bukan hanya anak2 dari ortu yg berkeras tdk mau memvaksin anaknya, tapi juga anak2 yg memang tidak bisa divaksin. Anak2 dgn gangguan kekebalan tubuh ini malah berisiko tinggi kematian jika tertular penyakit2 tsb.
>
> Mengenai halal dan haramnya vaksin, silakan jalan2 ke website halalnya MUI (halalmui.org), ada berita ttg seminar vaksin halal (silakan browse).
> Ketidakhalalan vaksin bersumber dari penggunaan seed (benih) induk yg dikembangbiakkan menggunakan enzim tripsin yg berasal dari babi.
>
> FYI, seed induk itu selanjutnya dikembangbiakkan lagi berkali2 sehingga mencapai turunan yang kesekian. Nah, dari turunannya itu, baru dibuat vaksin ditambah komponen2 lainnya. Intinya, dalam komponen akhirnya sih tidak mengandung enzim itu lagi.
> Analogi dari salah satu guru besar pediatri adalah seperti sumber air PAM. Sungai atau mata air yang digunakan sebagai sumber air PAM bukan mustahil mengandung komponen babi dari limbah rumah tangga, restoran, dll. Tapi setelah dilakukan pemrosesan, air yang dialirkan oleh PAM tidak mengandung komponen babi tsb (termasuk tidak mengandung logam, bakteri E coli, dll sesuai standar PAM) dan layak kita pakai untuk kita masak.
>
> Di artikel ttg seminar itu pula dikutip MUI memang mengeluarkan fatwa, sepanjang belum ada vaksin yg diproduksi sesuai syariat Islam, maka diperbolehkan menggunakan vaksin yang ada karena kedaruratan.
>
> Mohon maaf jika ada kesalahan penulisan.
>
> Endah
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

11a.

mohon tanggapan

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Mon Oct 31, 2011 3:09 am (PDT)



Dear all,
Sohib sayah bbm, "Holaa,,,klik link ini ya utk mendapatkan informasi tentang buruknya susu sapi terhadap manusia dan bbrp penelitian lainnya dlm bentuk web...http://erykar.posterous.com/rujukan-ilmiah-tentang-kibulan-susu"

Sdh pernah ada yg bahas blm yah??
Rasanya pernah baca sekilas dimanaaa gitu ;p lupa bgt

Sy ga begitu percaya. Tpi mu argumen blm gape hehe
Cmiiw

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

11b.

Re: mohon tanggapan

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Mon Oct 31, 2011 3:14 am (PDT)



Dear Mba Aina,

Coba bongkar arsip,thread #kibulansusu. Ada postingan Mba Dina yang merangkum penjelasan dari dr Agnes n sumber2 lain.

F.B.Monika

11c.

Re: mohon tanggapan

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Mon Oct 31, 2011 3:18 am (PDT)



Siaapp....makasi mba moniq

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

11d.

Re: mohon tanggapan

Posted by: "Sisilia" sisil.mahadaya@gmail.com   caeciliapudjiastuti

Mon Oct 31, 2011 3:18 am (PDT)



Mbak Aina,

Bisa baca2 sumber lain juga buat bahan pertimbangan. Yang jelas memang susu nggak wajib diminum setelah 1 tahun, tp menurut saya juga nggak jahat. Maaf ya kalau ada yg beda pendapat ...

Sy dan keluarga sedia susu skim, tp bukan kewajiban yang harus diminum tiap hari. Susu buat saya teman yang menyenangkan saat utak atik masakan di dapur, plus, susu bisa bikin saya ngopi tanpa gula hehe...

So, kalau memutuskan minum susu, pilih yg susu segar, sebaiknya yang nggak pakai tambahan pemanis dan pewarna.

Selamat baca2 lagi ya mbak...

Sisil
@sisilmahadaya

11e.

Re: mohon tanggapan

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Mon Oct 31, 2011 3:37 am (PDT)



Sebagai tambahan, sumbernya dari sini @erikarlebang....

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

11f.

Re: mohon tanggapan

Posted by: "diahfa@yahoo.com" diahfa@yahoo.com   diahfa

Mon Oct 31, 2011 3:41 am (PDT)



Mba,
Akun twitter itu memang anti susu...sempat ada sdkt perdebatan..*colek mba ade :)
Td sy sdh forward jwbn dr agnes ttg pro kontra susu.

Salam,
Diah
@diahapt

Powered by Telkomsel BlackBerry®
12.

Fw: [sehat] ASK : #kibulansusu , benarkaaahhh???

Posted by: "diahfa@yahoo.com" diahfa@yahoo.com   diahfa

Mon Oct 31, 2011 3:38 am (PDT)



Mba aina, ini sy coba forward email ttg susu,

salam,
Diah

Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: Dina_Bundadanishali <danishapramesvari@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Thu, 29 Sep 2011 16:43:00
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] ASK : #kibulansusu , benarkaaahhh???

repost soal pro cons soal susu...

smoga bisa menjawab kebingungan2 yg ada..

moral of the story: hidup adalah pilihan:)

oh ya satu lagi: Janganlah berlebih2an dalam segala hal..:)

semoga jadi bisa memutuskan bahwa susu bikin osteo hoax apa bukan....:)




---------- Forwarded message ----------
From: dina kurniasari <danishapramesvari@gmail.com>
Date: 2010/1/26
Subject: Fwd: [sehat] Efek Samping Susu Sapi bisa mengakibatkan
pengeroposan tulang"
To: dina.kurniasari@da.com


*Q-A ttg Buku Hiromi Shinya** - Miracle of Enzyme –*

Dari milis sehat@yahoogroups.com - 7 Nov 2009



*Pertanyaan : *

> Dear all,
>
> Saya mo nanya ada yang sudah baca bukunya Hiromi Shinya yang Miracle of
Enzyme ga? Saya belum baca tapi temen saya ribut nyuruh saya menghentikan
minum susu karena malah menyebabkan osteoporosis. Banyak lagi larangannya
seperti makan roti yg pake terigu putih, daging, dll. Pokoknya banyak common
food ternyata efeknya ga bagus buat kita gitu.
>
> Kalau ada yang sudah baca mohon pencerahan.
>
> Maaf kalau tidak berkenan.
>
> Dian
> *nyetok banyak susu UHT di kulkas dan mamanya juga nyetok susu hi-calcium
karena punya penyakit keropos tulang*



* *

*Jawaban :*

Coba jawab ya,

Saya belum baca bukunya, tapi sejak beberapa tahun lalu pro-cons soal susu
ini memang rame dibicarakan dan diperdebatkan. Setelah baca2 dari beberapa
sumber kesimpulan saya sampai sejauh ini sbb:

1. Memang diantara para scholar, masih terjadi perdebatan soal manfaat susu
ini, sebab hasil penelitian mixed, ada yang memang mengatakan susu positif
menurunkan kejadian osteoporosis di usia adolescent ada yang bilang ga
ngaruh. Penelitian yang paling 'heboh' adalah yang membuktikan bahwa negara2
spt Belanda, Amerika, swiss dan finland yang mengkonsumsi susu dalam jumlah
banyak, malah terdapat lonjakan kasus osteoporosis dibandingkan dengan
negara2 yang sedikit/tidak mengkonsumsi susu. Tapi ada yag membantah juga,
krn katanya ini perlu diliat lagi secara genetic dan vit D dari matahari
yang didapat. Yang jelas, kalau susu dikaitkan dengan meningkatnya kanker
dan increase hip fraktur memang terbukti pada orang dewasa. Kalau googling
dengan kata kunci pors cons milk, banyak deh sumbernya.

2. Menurut AAP, susu untuk anak-anak tetap diperlukan, recomendasinya: 0-2
tahun:ASI/ whole milk. Sedangkan diatas dua tahun, sebaiknya minum susu yang
non fat. Untuk yang obes disarankan untuk minum skim milk. Dan untuk yang
tidak bisa minum susu sapi lantaran efek sampingnya, disarankan untuk
menambah asupan kalsium tablet atau dari sayur, buah dll.

Alasannya sederhana: Susu adalah sumber protein dan calsium yang harganya
murah dan rasanya enak buat anak-anak yang belum tergantikan oleh yang lain.

3. Karena kebutuhan calsium per hari bisa diganti oleh makanan lain dengan
mudah, beberapa ahli yang cons sama susu mengatakan untuk lebih baik
mengganti calsium dari susu dengan dari sayuran, buah2an, seperti brokoli,
tahu, kacang2an dll. Alasannya: susu mengandung vit A dan sodium yang malah
menyebabkan calsium keluar dari urine yang malah meninggikan angka
terjadinya hip fracture dan osteoporosis.

4. Osteoporosis dan frakture bisa dicegah dengan: makanan tinggi calsium
dari sayur dan buah, yang lebih penting lagi olahraga, kurangi garam, sodium
dan protein dari binatang.

5. Melihat pros dan cons yang terjadi diantara para scholar, karena calsium
dosis tinggi dibutuhkan hanya hingga masa adolessent (20 tahun), sambil
menunggu hasil penelitian yang lebih shahih, saya pribadi menyimpulkan:
Untuk anak-anak diatas dua tahun-masa remaja, berikan susu low fat, aktif
olagraga, banyak makan sayur dan buah yang mengandung calsium dan vit D spt
brokoli, tempe tahu dll. Untuk dewasa: Kurangi produk garam, sodium dan
protein dari hewan, banyak olahraga, tidak merokok dan minum alkohol.
Kalaupun mau minum susu dan dairy product lainnya, pilihlah yang low fat dan
low sodium.

Begitu dulu ya, semoga membantu untuk memutuskan yang terbaik :-)

Agnes

Sources:

http://www.med.umich.edu/1libr/pa/pa_milk_hhg.htm

http://milk.procon.org/viewanswers.asp?questionID=001317

http://www.osteopenia3.com/Milk-Osteoporosis.html

http://milk.procon.org/viewanswers.asp?questionID=831

http://www.strongbones.org/


Maaf ada hal penting yang terlewat :

Dari AAP: Consuming milk products in moderation is not harmful.

Karena itu saya pribadi menyimpulkan orang dewasa mau minum susu juga ga
berbahaya, asal ga berlebihan dan terutama lagi pilihlah yang low fat, low
sodium. Karena yang diteliti minum susu = meningkatkan osteoporosis itu yang
minum susunya 3 kali sehari, diatas dosis rata-rata yang dianjurkan dalam
sehari.

Agnes



* *

*Pertanyaan :*

Dear mb agnes ada yg mo sy tanyain:

*Yang jelas, kalau susu dikaitkan dengan meningkatnya kanker**
dan increase hip fraktur memang terbukti pada orang dewasa.*

- Yg dimaksud disini kankaer apa mb?
- Hip fraktur itu apa mb?

*Alasannya: susu mengandung vit A dan sodium yang malah**
menyebabkan calsium keluar dari urine yang malah meninggikan angka
terjadinya hip fracture dan osteoporosis.

*

- Tlg dijelasin dgn sederhana knp vit A n sodium bisa menyebabkan kalsium
keluar bersama urine?
- Brp jumlah (mg) batas normal kandungan sodium dlm per sajian susu (200ml)?

*Karena yang diteliti minum susu = meningkatkan osteoporosis itu yang**
minum susunya 3 kali sehari, diatas dosis rata-rata yang dianjurkan dalam
sehari.

*

- Wkt anakku msh asi (selama 2,5thn), sy bisa minum susu UHT low fat ampe 1
liter per hari coz wkt itu anakku kuat bgt nenenx jd kejar setoran.
- Nah kalo kasus ky sy gmn mb, minum susux over dosis tp msh menyusui, apa
msh termasuk org yg meningkat mengalami resiko osteoporosis?

Skrg sy lg hamil 5bln anak ke2, minum susu uht low fat 1x (200ml/250ml)
sehari. Kalo skrg dosisx msh normal. Sapatau babyx ntar ky kakanya nenenx
kuat jd mesti nambah dosis susu uhtnya. Soalx pengalaman wkt nenenin kaka
kalo ngandelin dari mkn 3x + susu uht 1 gelas + jus buah 1 gelas + beberapa
gelas air putih, asix msh kurang.

Thanks
ef



* *

* *

* *

*Jawaban :*

1. Kanker maksutnya kantong kering hehe becanda, maksudnya susu atau dairy
product lainnya diduga meningkatkan resiko terjadinya kanker prostat dan
kanker payudara. Penyebabnya adalah karena dairy product ini mengandung
IGF-I alias Insulin growth factor, hormon pertumbuhan yang suka ada dalam
dairy product.

2.Hip fracture maksudnya patah tulang daerah paha atas (sendi yang
menghubungkan ujung tulang paha dengan panggul). Patah2 tulang ini, ga cuma
terjadi di hip sebetulnya terjadi jg di tulang2 lainnya dan biasanya terjadi
akibat osteoporosis.

3. Vit A dan sodium related dengan hip fracture/osteoporosis Vit A.
Sebetulnya prosesnya beda ya dengan sodium. Kalau vit A, penelitian
menunjukkan adanya hub kuat antara orang yg mengkonsumsi vit A berlebihan
dengan hip fracture. Penyebabnya adalah retinol yang dikandung oleh vit A.
Kelebihan retinol dalam darah akan mempengaruhi proses pembuatan dan
perusakan sel-sel tulang, bs dikatakan si tulang jadi gampang rapuh gara2
kelebihan retinol. Tapi vit A jg kan sangat penting buat tubuh, jd konsumsi
ya secukupnya aja, ga perlu dr suplemen, plg bagus dari sayur dan buah
segar, karena biasanya sayur buah ini mngandung beta karoten yg baru
berubah jadi vit A kalau tubuh memang membutuhkan.

Jadi dicermati lagi aja, apakah susu yang diminum mengandung vit A, dll atau
engga. Klo susu yg saya beli disini stl saya cermati lagi ternyata ngga ada
tuh vit A, kecuali susu yang dengan berbagai rasa. Dairy product disini
sudah dibuat rendah garam, rendah lemak dan ga ditambahin macam2 suplemen
meski mungkin dlm kemasan tertentu ada juga, jd mohon di cek aja. Intinya
sebetulnya bukan hanya vit A dr susu, tp terutama dari suplemen, klo
berlebihan akan berlaku proses seperti diatas tadi.

Sodium
Sebetulnya yang jadi perhatian juga bukan hanya sodium yang ada dalam susu.
Garam yang ada di snack, cips, makanan kaleng dan makanan yg kita makan, yg
tinggi sodium jg akan menyebabkan calsium (Ca) keluar bersama urin.
Kesimpulan ini diambil salah satunya dari penelitian sejumlah wanita yg
disuruh mengkonsumsi garam 4000 mg/hari , ternyata setiap hari dia
mengeluarkan Ca 42 mg dalam urinnya.

kebutuhan garam yg kita perlukan sehari hanya 500 mg saja sehari (1/4 sdt
kira-kira), meskipun sp 1500 masih ditolerir. Tp org Amrik dengan gaya hidup
masa kini yg smua serbab fastfood dan doyan chips dll mereka rata2
mengkonsumsi garam 5000 mg sehari. Karena konsumsi sodium yg tinggi ini maka
dokter2 meningkatkan jg kebutuhan Ca per hari, yg misalnya sehari butuh 800
mg jd 1200 mg, ini maksudnya supaya Ca yg kebuang bersama urin bs
tergantikan.

Gimana prosesnya keluar dari urin?
Ada zat2 tertentu yang kalau hadir bersama Ca akan malah jadi 'kawan', ada
juga yg jadi 'lawan'. Misalnya Ca + potasium, mereka ini berkawan baik,
kalau ada Ca ditambah kawannya itu, Ca akan semakin mudah diserap oleh
darah. Tapi Ca ini 'bermusuhan' sama sodium. Jadi kalau Ca ketemu sodium,
mereka malah bersaing cepet2an mau diserap sama darah, yang ada, si Ca nya
malah kurang bisa diserap sama darah gara2 kehadiran sodium dan malah keluar
lewat urin, kira2 prosesnya begitu mba.

Jadi sekali lagi, intinya bukan hanya sodium dalam susu yg harus dikurangi,
tp jg mengurangi garam dari produk makanan kaleng, junk food, snack dll.
Karena itu sekarang para ahli nutrisi membuat kesepakatan, untuk mencegah
osteoporosis teorinya bukan lagi dengan mengkonsumsi Ca sebanyak2nya, tapi
yang lebih penting adalah menkonsumsi Ca sesuai kebutuhan dan menahan agar
si Ca tetap diserap tubuh dan tidak terbuang melalui urin. Caranya salah
satunya dengan memakan makanan yang tinggi Calsium dan potasium dan
mengurangi asupan sodium. Berhubung di dalam susu dan dairy product selalu
ada sodium, ditambah lagi susu umumnya tinggi lemak dan mengandung growth
hormon, untuk org dewasa, susu bukan lagi menjadi pilihan sumber calsium
utama.

4. Soal menyusui, kebutuhan Ca dan osteoporosis
Sebelumnya kita musti sepakat dulu bahwa yak kita setuju bumil dan busui
butuh asupan Ca dalam jumlah lebih dp normal. Tapi yg perlu diingat sekali
lagi, susu hanya satu dari sekian banyak sumber Ca yg tersedia dlm makanan
lain. Harus diakui bahwa susu memang mengandung Ca, protein dan vit yang
banyak. Tapi mengingat dampak negatif yang dikuatirkan dari susu tadi,
kenapa kita harus menjadikan susu sebagai sumber utama Ca (untuk orang
dewasa)? Seperti yang sudah saya katakan sebelulmnya, susu buat orang
dewasa, sesekali memang ga masalah. Tapi untuk ibu menyusui dan ibu hamil,
menurut saya sebaiknya juga tidak berlebihan minum susu, segelas susu low
fat sehari sudah cukup, ga minum susu pun sebetulnya ga papa, asaaal,
kebutuhan Ca, protein , mineral dan vit nya yakin terganti dari makanan yg
lain. Bahkan suplemen Ca pun kadang dianjurkan dengan catatan harus banyak
minum dan konsultasikan dulu sama dokter Obgynnya. Jd solusi terbaik untuk
menambah asupan Ca buat busui dan bumil menurut saya, minum susu low fat
secukupnya atau dibanyakin minum susu kedelai aja, plus sayur hijau, tahu,
tempe, kacang2an, dll bisa diliat deh makanan lain yg tinggi Ca.

Jadi intinya klo soal berapa banyak susu yang harus diminum? Semua
tergantung tujuan, tujuannya mau meningkatkan konsumsi apa dulu. Kalau mau
meningkatkan asupan Ca, bs dr makanan2 tadi, kalau mau memperbayak
ASI,minum susu kedelai, sayur dan jus buahnya ditambah banyakin lagi aja :-)

Wah koq jawabannya jadi panjang bener, moga membantu dan malah ga bikin
bingung yaa :-)

agnes



mba ria, maaf, kuatir apa yg saya tulis sebelumnya kurang lengkap n bikin
salah tafsir, saya tambahin dikit lagi ya :-)

Untuk anak 0-2 thn,bagaimanapun ASI is the best ya, jd penjelasan saya
sebelumnya itu untuk 0-2 thn plus ASI maksudnya. Tp untuk yang ga bisa pake
ASI sama sekali, untuk 0-1 tahun susu sapi oleh AAP ga dianjurkan, karena
susu sapi tidak mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan untuk bayi. Jadi
anjuran AAP untuk kasus ini adalah minum susu formula khusus bayi yang ada
tambahan zat besinya.

ok gt aja tambahannya :-)



* *

*Pertanyaan :*

Dear SPs,
terutama dokter agnes

masih pengen melanjutkan topik ini boleh ya....
kemarin berdebat dgn teman di kantor yg udah baca buku hiromi shinya
ini...(saya jujur aja blom baca)

menurut teman ini.....dlm buku hiromi shinya.....vitamin A pasti ada dalam
setiap susu karena proses UHT / pasteurissi yang dilakukan jadi Vit A gak
terbatas pada susu yang mengandung rasa saja melainkan semua susu pasti
mengandung vit A dgn begitu...minum susu apapun pasti akan end up dgn
osteoporosis

saya udah coba browsing penjelasan ttg ini, tapi gak nemu ya kecuali di link
yg menyebutkan Hiromi Shinya....

Apakah statement temen saya ini benar?

-risma-



* *

*Jawaban :*

Wah kalo gitu saya harus ke supermarket lagi ya buat bacain ingridient susu
sepertinya biar tambah yakin hehe. Saya ga tau ya mba klo di Indo gimana,
krn saya tinggal di Belanda, dan yg saya liat org sini kan dikit2 research,
dikit2 research, jdnya sy pikir pemerintahnya cukup update dengan
perkembangan keilmuan dan sebisa mungkin segera merubah pelan2. Sebab saya
klo ke supermarket, suka liat segala jenis dairy product yg kandungan garam
dan lemaknya betul2 dikurangin, dan jelas2 tertulis, misal keju, tidak
mengandung 40 % garam dan lemak dr keju biasa, atau yoghurt 0 % lemak, dan
si susu plain yg biasa di minum sm anak saya, ga ada tulisan vit A nya,
sementara yg dikotak2 kecil rasa mcm2 itu suka ada tulisannya. Tapi untuk
jelasnya nanti saya perhatiin lg ya, klo perlu saya kirim surat sm produsen
susunya deh he.

Klo susu = pasti osteoporosis, saya blum berani bilang seperti itu ya, krn
menurut yang saya baca, penelitian masih mixed hasilnya. Apalgi klo susu
diminumnya cuma sesekali, dan pola makan orgnya bagus, vit D cukup, genetik
ga ada, ya belom tentu jg dia kena osteoporosis. klo minum susunya banyak
memang cerita jd lain.

Yang jelas spt yg sudah saya katakan sebelumnya, krn pro cons masih berjalan
terus nih, blum ada kata sepakat dr para ahli, terutama untuk anak-anak,
jdnya pilihan ada pada masing-masing mau pilih yang mana. Klo untuk org
dewasa sy cenderung setuju bahwa susu bukan kebutuhan utama lg untuk
penambah Calsium, dan malah lebih banyak dampak negatifnya kalau diminum
kebanyakan.

Tapi kalau untuk anak2, saya masih pro susu yg low fat. Krn, kebutuhan anak2
dan remaja masih dlm pertumbuhan pesat dan butuh segala macam mineral, vit,
Ca dll, yg semuanya udah dikemas dlm susu yg praktis. Istilahnya susu tuh
one stop shopping. Aplg krn anak masih tumbuh, hormon pertumbuhan yg ada dlm
susu pun memang dibutuhkan oleh mereka. Berhubung anak2 saya masih kadang
pilih2 makan, dan sy ga yakin variasi makanan mereka cukup, sy lebih memilih
kasih susu ke anak saya, itu pun hanya 1 or 2 gelas sehari.

Kesimpulannya mba, kalo kurang yakin coba baca2 lagi aja dan pilih mana yang
palilng sesuai dengan kondisi kita, nanti klo sudah ada hasil pasti dr
peneliti yg mengharamkan susu, baru deh bisa kita bilang pasti dan
menghindarinya. Selama situasi masih begini ya nasib deh kudu banyak2 baca
bacaan yang cover both side dan lalu memilih :-)

just my 2 cents, hope it helps

agnes





*Jawaban :*

Halo mba Risma, melanjutkan topik soal vit A dan susu ya,

karena saya takut dosa hehe kuatir salah kasih info, saya betul-betul tanya
nih ke produsen susu nya, dan maaf ya mba Risma, ternyata dugaan saya salah
(meski ga amat-amat). Si produsen susu low fat yang saya beli menjawab,
dalam produknya terkandung 15,480 mcg/100 ml, berarti sekira 150 mcg/liter.

Tapi dugaan saya betul bahwa mereka mengurangi fortified vit A ini
dibandingkan dengan kandungan vit A yg tinggi pada susu low fat product
amerika.

Jadi, ternyata kandungan vit, mineral dan hormon dalam susu juga tergantung
negara yang memproduksi. Susu whole milk lebih sedikit kandungan vit A nya
dp susu low fat, karena sewaktu proses pengurangan lemak itu, vit A nya
hilang, krn itu produsen menambahkan vit A ke dalam susunya. Dan parahnya,
di Amrik, jumlah vit A yg ditambahkan ini melebihi dosis whole milk asalnya.
Sementara di Eropa, dosisnya lebih sedikit.

Dan menariknya lagi, susu produk Eropa mem-ban bovine growt hormon yang suka
diberikan ke sapi spy produksi susunya bertambah,krn keburukan efek IGFI dll
dampak buruk tambahan hormon ini. Sementara produk susu amerika kebanyakan
adalah hasil susu dari sapi2 yang diberi bovine hormon ini, krn disetujui
oleh FDA. Padahal dampak pemberian hormon ini jg bikin sapi mengalami radang
pada kelenjar susunya makanya dalam pemeriksaan susu suka ditemukan leukosit
dlm jml yg lumayan (klo baca yg cons sama susu suka dibilang susu mengandung
nanah)

So, produk susu Eropa secara umum bisa dibilang lebih aman dp produk Amrik,
tp mohon maaf klo produk Indo saya ga tau, krn ga ada datanya di sources yg
saya baca.

Vit A dan Osteoporosis

Balik ke soal vit A, sebetulnya para ahli sepakat bahwa yang dilarang/
cenderung meningkatkan resiko terjadinya osteoporosis adalah vitamin A yg
diminum secara berlebihan. Jadi sekali lagi, penyebabnya bukan hanya vit A
dari susu, karena vit A jg sebetulnya diperlukan oleh tubuh (untuk kesehatan
mata, tulang dll) dlm jumlah yg sesuai, kalau yg diminum kelebihan, baru vit
A nya protes dan 'berulah'. Malah kalo jumlah vit A yg kita konsumsi kurang
jg berbahaya.

Jumlah vit A yg kita butuhkan rata-rata sehari adalah 500 mcg (tergantung
usia). jadi kalo asumsi minum susu sapi yg saya beli diatas, satu gelas
paling2 cuma dpt 30 mcg, masih sangat aman tinggal ditambah vit A dr makanan
lain.

Yang jadi masalah terutama adalah orang-orang di Amrik/Eropa yg gaya
hidupnya tiap hari makan cereal (mengandung calsium dan vit A) ditambah
susu, ditambah produk dairy , masih ditambah lg dengan suplement vit A dll
yg hasilnya menyebabkan kelebihan dosis calsium dan vit A dalam intake
sehari-hari yg ujungnya jd meningkatkan resiko terjadinya osteoporosis.

Kesimpulannya:
1. Nasehat lama yang sangat bijaksana, kita ga bisa gebyah uyah alias ga
bisa mengeneralisir persoalan bahwa vit A/ susu= osteoporosis, harus diliat
susu dlam konteks apanya dulu, vit A, calsium, jns susunya, kandungan
isinya, produk susu dari negara mana dll.
2. Yang bisa menyebabkan osteoporosis adalah vit A dalam jumlah yang
berlebihan, darimanapun sumbernya, entah susu, kebanyakan makan hati
ayam/sapi, entah suplement, dll. Malah kalau kita kekurangan vit A, bisa
berbahaya krn vit A jg diperlukan oleh tubuh.

Demikian mba Risma, semoga cukup menjelaskan pertanyayannya ya :-)

Agnes

Sources diantaranya:

http://www.niams.nih.gov/Health_Info/Bone/Bone_Health/Nutrition/vitamin_a.as
<
http://www.niams.nih.gov/Health_Info/Bone/Bone_Health/Nutrition/vitamin_a.asp
>

http://findarticles.com/p/articles/mi_m0ISW/is_2003_June/ai_102372138/

http://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/what-should-you-eat/calcium-full-story/index.html#calcium-from-milk

http://en.wikipedia.org/wiki/Vitamin_A

http://en.wikipedia.org/wiki/Milk

http://findarticles.com/p/articles/mi_m0ISW/is_2002_April/ai_84211180/





*Pertanyaan :*

Dear dr Agnes,

Bagaimana dg kebiasaan org2 yg tinggal di sekitar peternakan sapi yg suka
meminum langsung susu hasil perahan sapi ato kambing..? Apakah susu yg tdk
banyak pengolahan akhirnya lebih baik bagi manusia?

Saya peminum susu sejati (sapi maupun soya), pemakan sayur dan buah yg heboh
(kcuali durian dan sawo..krn tdk suka)..
Jadi memang munculnya pendapat terkini seputar gizi yg sering bikin bingung,
tdk berpengaruh banyak pada saya. Namun yg saya khawatirkan, justru
anak-anak, krn sejujurnya tdk mudah mengajak mereka u makan sayur (sebagai
sumber kalsium dan vitamin lainnya)

Makasih sharingnya dok..

Salam,
Elona (ibu 3 anak)





*Jawaban :*

Susu hasil langsung dari perahan sapi or kambing biasa disebut raw milk, ini
juga rame menjadi perdebatan dikalangan para ahli mba, bisa googling dengan
kata kunci raw milk.

Yang pro raw milk bilang, raw milk lebih aman dan sehat karena tidak
dipasterisasi. Mereka yakin proses pasteurisasi membuat enzim, vitamin ,
mineral dll nya rusak, ditambah lagi susu pasteurisasi ditambahain
macem-macem yang tidak sehat. Mereka jg yakin sejak ribuan tahun lalu org
minum langsung raw milk dan ga masalah. Ada jg yang meneliti org yg minum
raw milk ktnya terbukti mengurangi kasus asma dan alergi. Menurut mereka,
asal kebersihan peternakan dan sapi2 ini dijaga, infeksi2 yang dikuatirkan
ga akan terjadi, krn ktnya bakteri yg ada pada susu itu bakteri baik.

Sementara yang contra raw milk (pro susu pasteurisasi) bilang, minum raw
milk itu berbahaya karena bakteri yang terkandung di dalamnya, spt
salmonela, E coli dan listeria menyebabkan infeksi pada manusia dan malah
menyebabkan kematian. Mereka bilang bahwa zat gizi susu pasteurisasi sama
saja dengan raw milk.Dari hasil penelitian ditemukan banyak kasus food
poisone diseases, dan ini membuat FDA dan CDC melarang peredaran raw milk.
Di beberapa negara raw milk malah di ban, hanya diperbolehkan diminum oleh
binatang.

Kesimpulan: Lagi-lagi balik pada keyakinan masing-masing mau pilih yang
mana. Malah ada pasangan suami istri di Amrik yang tadinya minum susu
pasteurisasi, lalu melakukan research ttg raw milk, terus berubah 180
derajat jd lebih memilih raw milk dp susu pasteurisasi yg sudah dikemas di
toko2. Tapi yang percaya sama FDA dan CDC ya tetap bertahan minum susu
pasteurisasi krn dirasa lebih aman.

Moral of the story : hidup adalah pilihan :-)

Agnes

--
Dina Kurniasari
"Semoga semua bayi di dunia mendapat ASI dari ibunya"

--
Dina Kurniasari
"Semoga semua bayi di dunia mendapat ASI dari ibunya"


------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

"Mailing-list SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access&Website.
Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
=================================================================
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access&Website.
Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our programme, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
=========================================================================
Donasi
Rekening YOP
Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
=========================================================================Yahoo! Groups Links



Recent Activity
Visit Your Group
Sitebuilder

Build a web site

quickly & easily

with Sitebuilder.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Yahoo! Health

Early Detection

Know the symptoms

of breast cancer.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: