Wednesday, October 26, 2011

[sehat] Digest Number 16344

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor From: baskoro ratmowardojo
1b.
Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor From: Sativa Huang
1c.
Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor From: Ratna
1d.
Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor From: Erry W
1e.
Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor From: Elga Soeardi
1f.
Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor From: nia2R
1g.
Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor From: Putri Suhendro
1h.
Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor From: Novi
1i.
Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor From: Ida kusumawaty
1j.
Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor From: Ria Nurekawati
1k.
Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor From: heidy_jo@yahoo.com
1l.
Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor From: nankrist
2a.
Re: Help, Dibohongin DSA, ternyata vaksin tunggal DPat +HIB, dicampu From: Santi Hairunissa
2b.
Re: Help, Dibohongin DSA, ternyata vaksin tunggal DPat +HIB, dicampu From: Santi Hairunissa
2c.
Re: Help, Dibohongin DSA, ternyata vaksin tunggal DPat +HIB, dicampu From: piep71@ymail.com
3a.
Re: Imunisasi Typhoid tapi pernah kena demam Typhoid From: mommyarsa@yahoo.com
3b.
Re: Imunisasi Typhoid tapi pernah kena demam Typhoid From: Elga Soeardi
3c.
Re: Imunisasi Typhoid tapi pernah kena demam Typhoid From: tristanathan
4.
Contoh rare case akibat imunisasi - bukan berarti jangan imunisasi y From: Yudi
5.
Bls: Re: [sehat] (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufo From: 'Ita' Elisabeth Dianita
6a.
Re: Asma dan antibitok From: Sam
7a.
Bls: [sehat] Panas tapi tidak flu From: Elisabeth Dianita
8a.
Share ttg berat badan bayi yang naiknya  seret From: yanti -
8b.
Re: Share ttg berat badan bayi yang naiknya  seret From: Novi
9.1.
Campak From: Nike Yuwardi

Messages

1a.

Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor

Posted by: "baskoro ratmowardojo" baskoro.rw@gmail.com   polar629

Tue Oct 25, 2011 10:53 pm (PDT)



sebelum campur-mencampur/mengoplos ASI dgn sufor, saya sarankan untuk sabar
terus pak... coba ajak istri ikut PESAT setempat. menurut saya, karena istri
yang menghadapi anak sendirian dengan segala kerepotannya, maka perlu
diperkuat oleh lingkungan/komunitas yang positif. dengan ikut PESAT maka
kita dapat bertukar informasi dan kontak yang intens dari sana.

kita (laki2) kan dari pagi sampe sore/malem kan gak megang anak kita disaat
yang paling aktif (dari pagi sampe sore). wajarlah kalo istri terlalu capek.
nah, orang capek biasa untuk mencari jalan pintas.

kalo malam, meskipun gempor pulang kerja, sediakan waktu dan tenaga untuk
mengurus istri dan rumah.

--
Regards,

-Baskoro

[Non-text portions of this message have been removed]

1b.

Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor

Posted by: "Sativa Huang" sativahuang@gmail.com   sativahuang

Tue Oct 25, 2011 10:56 pm (PDT)



Hi, Pak Erry.
Saya coba plot di GC WHO:
Persentil
Lahir 3.5
Sekarang 6.4

Saran saya, sebaiknya plot semua data, dari lahir hingga sekarang tar akan
kelihatan trend-nya gimana, jika konsisten kenaikannya, ada kemungkinan
besar, memang sudah begitu pertumbuhannya, kata dokter di markas sehat
gimana? Tidak ada masalah kekurangan ASI? Sori, pendapat pribadi, kalau ASI
kurang, mestinya dari dulu dicampur sufor kali ya? bukan sekarang. Lagian
sudah mau masuk MPASI, tar bisa sebagian energi bisa dicukupi dari makanan
padat.

Rasanya Pak Erry dan Istri sama tujuannya, demi kebaikan anak, namun dengan
cara yang berbeda aja. Coba buatkan grafik pakai Software Anthro WHO, dan
print, diskusi dengan istri, kasih sogokan, biar jalan. hehehehe.
http://www.who.int/childgrowth/software/en/

Download:
anthro who (PC
Microsoft Netframework

Install netframework dulu.

Salam,

[Non-text portions of this message have been removed]

1c.

Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor

Posted by: "Ratna" ratnaumry@gmail.com   c_ratna_sd

Tue Oct 25, 2011 11:00 pm (PDT)



Ah pak erry, terharu deh. Coba pelan2 istri diajak ngobrol. Being a mom, apalagi merasa terpenjara ga bisa jd diri sendiri, berat. Seharian ngurusin anak, digandolin, apalagi pas anak sakit, sengsara pak. Apalagi kalo ada omongan2 dr org dekat, teman atau keluarga yg ngiming2 hidup akan lbh ringan kalo ditambah sufor. Memang sufor bukan racun. Mungkin istrinya lagi baby blues. Coba tawarkan bantuan. Temani saat memerah, atau ringankan pekerjaan rumah tangganya, kasi istri kesempatan keluar sejenak tanpa baby (tinggalin asip). Jd ga melulu memaksakan harus asi tanpa memberi solusi. Jgn biarkan istri menanggung bebannya sendirian ya, pak. Kan udah keliatan pak erry sayang anak, ayo sayang istri juga. Healthy baby comes from happy mother. Gutlak ya pak.

Ratna • MamaWiLou
1d.

Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor

Posted by: "Erry W" erjoylagi@gmail.com   erry_wijoyo

Tue Oct 25, 2011 11:01 pm (PDT)



Pesat belum. Saya banyak dinas luar kota n istri maunya ditemani ):
Klasi waiting list dptnya lama...skali-kalinya pas dpt, pas tglnya istri lahiran, hehehe.
Surat Al-Baqarah jg sudah, malah mungkin istri jg sdh tau...tp masih menyangkal halus jg tuh, hehehe.
Amiiin...Makasih bwt doa n pujiannya *blushing
Tp bukannya sudah banyk ya? Soalnya saya jg belajar dari ayah2 lainnya

*maaf ga potong ekor

On Oct 26, 2011, at 12:46, "nia2R" <niea_152@yahoo.com> wrote:

> Pak erry,
> Speechless..ga banyak lho bapak2 perduli ASI..*suamiku termasuk yg care lho*
>
> Udh pernah ajak ke Pesat?
> Klasi?
> Atau keluarkan isi surat AL-baqarah soal menyusui..:D
> Insya اَللÙ'هُ pelan2 istri dan mertua bapak di beri kemudahan.
>
>
> -nia-ibunya Razan Ragha
> @nieafardina
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

1e.

Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor

Posted by: "Elga Soeardi" elgasoeardi@yahoo.com   elgasoeardi

Tue Oct 25, 2011 11:03 pm (PDT)



Pak erry..prtama2 saluuuttt jempoll 4
Cerita ini miriiibb dgn yg saya alami waktu anak saya baru lahir. Cerita dikit ya
ASI saya cukup tp tdk berlimpah, suami sangaaaat pro-ASI, saya?? TIDAK! Karena saya merasa scr fisik sangat lelah, meski suami sangat2 membantu begadang, mungkin krn habis lahiran (normal waktu itu) mood jg nda karu2an, posesif sma si bayi,badan sakiiiit semua. Nangis tiap kali nyusuin..Payudara pecah..tp kami brhasil jg ngasih ASIX bukan krn kegigihan suami maksa saya ngasih ASI loh. Tp karena isu E sakazaki di sufor (th 2008)..

Saran saya dikiiit : pahamin pak kondisi gonjang ganjing mood ibu baru hehehe..selagi istri nyusuin pijet2 kek, romantis dikit kek,guyon dikit kek. Siapin kuping buat ngedengerin semuaaaa keluhannya yg kadang gak masuk akal dgn serius dan muka adem.

Mudah2an berhasil ya pak..sing sabaaar *pengalaman pribadi

Salam
Elga
@ elgasoeardi Sent from BlackBerry®
1f.

Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor

Posted by: "nia2R" niea_152@yahoo.com   niea_152

Tue Oct 25, 2011 11:10 pm (PDT)



Saya setuju usul mb ratna.
Sekali2 biarkan istri bebas tugas dr urussan rumah tangga.
Ajak jalan,ngumpul ama sahabat2nya. Atau ajak temen2 di milis utk ketemuan rutin kaya temen2 di ciledug dan di jogja.

Jelasin jg kalo bapak yakin niat istri jg baik.
Coba sampaikan dengan lembut kenapa bpk milih anak tetep dapat ASI.
Dan biarkan istri bapak utk berfikir. Makin di paksa makin nolak :D.

Semoga lancar ya pak. Doa dr kami semua disini

-nia-ibunya Razan Ragha
@nieafardina

1g.

Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor

Posted by: "Putri Suhendro" poet_poetrie@yahoo.com   poet_poetrie

Tue Oct 25, 2011 11:12 pm (PDT)



Jempol buat pak Erry!!!

Kalo perihal teknis sharing info kepada istri ttg pemberian ASI ada buanyaaak tuh pak di milissehat.web.id. Bahkan waktu lagi hot pekan ASI ada banyak pula kisah2 yg cukup mengharukan.

Tapi ...... setau saya kalo sempet sudah terjadi friksi (seperti bapak bilang istri sempet agak emosi dgn kata2 "emang anakku akan kukasih racun") semua info n niat baik itu sementara waktu (dalam waktu dekat2 ini) akan mental dgn sukses. Karena secara otomatis sudah ada block di pikirannya. Sehingga dia (istri) kesulitan mencerna maksud baik bapak, apalagi info2 positif ttg ASI, lebih2 RUM.

Mungkin yang pertama2 harus dilakukan sangat sepele. Misal bapak musti berupaya keras untuk selalu dampingi saat istri sdg menyusui (tentunya pas bapak juga lagi ada di rumah). Bikinin minuman kesukaannya, rajin2 mijetin. Jadi ibu rumah tangga itu berat lho pak. Apalagi kalo istri bapak orang yang aktif. Dan 24 jam selalu berinteraksi dgn sang bayi bisa2 bikin sang ibu merasa jadi rada disfungsional, karena dia juga butuh berinteraksi sehat dgn sesama org dewasa, bersantai2 dgn orang2 dewasa ;-)

Kalo concern istri dia khawatir ASI-nya kurang, gali lagi terus sebetulnya apa yg membuat dia cemas. Khawatir karena timbangan bayi kurang ..... gali lagi terus, dan terus, sampai betul2 tuntas sebetulnya apa saja kekhawatirannya. Lalu bapak juga perlu ungkapkan kekhawatiran2 bapak bila anak tidak ASIX, bila anak tidak di-RUM/RUD. Jadi seyogyanya kedua belah pihak sadar ternyata sama2 menginginkan yang terbaik untuk sang buah hati kan ..... Kalo saya dan suami bargainingnya selalu kita pilih jalan pintas atau kita pilih jalan untuk kemudian hari dan selamanya; kita pilih untuk menyamankan perasaan2 kita sebagai ortu sekarang atau kita pilih demi masa depan kehidupan anak ini kelak. Nah, itu silakan didiskusikan sebagai pilihan bersama

PUTRI

________________________________

[Non-text portions of this message have been removed]

1h.

Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor

Posted by: "Novi" novi.lauw@yahoo.com   novi.lauw

Tue Oct 25, 2011 11:15 pm (PDT)



Bravo pak Erry,
pak erry bener2 inspiring dad :)
memang menyusui itu bukan hal mudah, perlu perjuangan dan usaha yang extra.
pengalaman saya sebagai e-ping mother, rasa jenuh, bosan, cape, malas gak jarang saya alami.
dukungan psikis dari orang terdekat memang yang paling ampuh.

>>>Bahkan istri sempat mengatakan "memangnya aku mau
ngasih racun apa ke anak, kok sampe segitunya dilarangnya"
hehe memang betul apa kata istri bapak, sufor ya bukan racun. ini ada link tentang "alasan medis untuk tidak menggunakan sufor"
http://aimi-asi.org/2011/02/alasan-medis-pengganti-asi/

regards
novi

1i.

Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor

Posted by: "Ida kusumawaty" ida.a.kusumawaty@gmail.com   ida_a_kusumawaty

Tue Oct 25, 2011 11:27 pm (PDT)



Pak Erry, sejauh ini sich saya melihat Bapak masih di jalur yang benar...

Maaf nich Pak, malah balik nanya, menurut pengamatan Bapak, apakah istri
Bapak menikmati proses menyusui (termasuk memerah)? Saya mengalaminya,
proses menyusui buat saya sangat menyenangkan/membahagiakan, tapi memang
harus saya akui rutinitas memerah itu melelahkan. Mengerjakan sesuatu yang
rutin setiap hari (bahkan idealnya setiap 2 jam) capek banget. Kudu bangun
lebih pagi buat merah. Lagi sibuk2nya kerja, dikejar-kejar permintaan data
dari bos, eeh alarm perah pagi bunyi, ya merah dulu deh. Istirahat siang,
abis sholat, makan, merah lagi => sementara teman2 lain bisa jalan2... Sore
abis sholat ashar, dah mulai cape ma kerjaan, eh kudu merah lagi. Ntar
sebelum pulang, merah lagi... Sampai rumah, merah lagi. Memang capek banget,
Pak... tapi semua itu (kalo saya sich) terbayar lunas (bahkan lebih) ketika
melihat tumpukan botol ASIP di freezer. Dan bonusnya, anak saya sehat,
nyaris gak pernah minum obat, gak pernah ke dokter (kecuali imunisasi dan
emaknya pengen nanya2).

Karena istri Bapak di rumah, mungkin proses memerah yang melelahkan itu
(menurut saya lho) tidak terlalu menjadi fokus. Jadikan memerah sekedar
selingan dari proses menyusui langsung. Memang sich idealnya tetap diperah
setelah menyusui langsung untuk menjaga supply.

Kalo menurut Bapak, istri Bapak kurang menikmati proses menyusui, mungkin
bisa diobservasi kira2 apa penyebabnya. Kemungkinan nich ya (belum tentu
benar lho Pak) istri Bapak merasa menyusui/memerah membawa pengaruh buruk
buat tubuhnya, misalnya PD jadi jelek, badan gendut, dll. Pak, semua
perempuan pasti suka dibilang cantik dan seksi. Coba sekali2 Bapak puji
istri Bapak pas lagi menyusui, bilang itu adalah pose dia yang paling seksi!
Difoto kalo perlu, Pak! Kasi makanan2 yang dia suka, bilang gak usah takut
gendut, karena menyusui kan makanan yang kita makan keluar lagi lewat ASI
jadi imbang gitu lho gak bakalan gendut (logika bodoh2an saya sich but
sometimes it works). Kalaupun istri Bapak jadi lebih "berisi", tetep Pak,
bilang semakin "berisi" malah semakin seksi. Bisa juga Bapak bantu pijat
punggungnya, dah belajar kan Pak pijat punggung untuk busui? Intinya buat
istri Bapak senyaman mungkin dan bikin dia bangga dengan profesinya sebagai
ibu menyusui. Pujiannya kudu variatif dan inovatif ya, Pak... jangan sama
terus tiap hari ntar kerasa "gombal"nya.

O iya, satu lagi hal yang sering dilakukan suami saya saat saya masih
menyusui Nayla. Suami saya selalu bangun setiap kali Nayla terbangun malam
karena mo menyusui. Meskipun kadang bangunnya kudu saya tendang dulu
kakinya. Ditemani bangun malam gitu bikin saya bener2 merasa bahwa
perjuangan menyusui bukan semata-mata perjuangan saya tapi juga perjuangan
suami saya.

Salam,
Mama Nayla

2011/10/26 Erry W <erjoylagi@gmail.com>

> **
>
>
> Dear Doc's n Smart parents
>
> Mohon pencerahan dan saran dong...
> Saya ayah dgn 1 org anak perempuan, (anak pertama) usia 5m 3w (29 okt ini 6
> bln). BB lahir 2,54 kg, TB 46 cm. Sekitar 1 minggu lalu timbang BB 6 kg,
> namun maaf tingginya saya lupa.
> Alhamdulillah...Sejauh ini anak kami hampir full ASI, kecuali ada 2 kali
> kejadian tanpa sepengetahuan saya saat itu, istri memberikan sufor dgn
> alasan bayi blm kenyang sehingga rewel, dll. Nah tiba2 kemarin istri saya
> bilang bahwa dia berencana akan memberikan sufor dicampur ASI ketika anak
> kami masuk MPASI di usia 6 bln mendatang. Akhirnya timbul konflik krn istri
> bersikukuh ingin memberikan dgn alasan ASI takut kurang, ingin memulai
> aktivitas usaha, dll (istri sdh tdk bekerja lg). Bahkan istri sempat
> mengatakan "memangnya aku mau ngasih racun apa ke anak, kok sampe segitunya
> dilarangnya". Alasan saya melarang krn saya melihat istri n anak saya sehat,
> jd tdk perlu dicampur sufor. Memang selama ini praktis kegiatan istri saya
> hanya di rumah mengurusi anak kami. Istri pun tdk pernah berhasil menyimpan
> stock ASIP di rmh (maaf...namun selain krn kecapekan, saya melihatnya krn ia
> jg kurang usaha dlm memerah). Namun biarpun bgitu saya merasa asupannya
> cukup, meski ASI yg keluar tdk melimpah, dan sehari-hari perilakunya pun
> aktif, riang n pipinya pun terlihat montok (meski sebagian tetangga blg Alea
> mungil n tdk gemuk). Beberapa kali masalah menjadi semakin runcing krn
> intervensi mertua yg terlalu jauh dlm kehidupan kami. Setidaknya masalah2
> sebelumnya terbukti demikian, bahwa mertua lah yg mendorong anak kami
> diberikan sufor n pengobatan IRUM. Saya sdh pernah mengajak mertua n istri
> ke Dsa utk diskusi, ke markas sehat hingga saya berikan bundel artikel dari
> file milis sehat, dll...namun kayaknya masalah ini tingkat kekambuhannya
> tinggi jd berulang lg, hehehe.
> Mohon pencerahannya, apakah saya salah? Juga mohon masukannya cara apa lagi
> yg mesti saya lakukan lg biar masalah ini dpt diselesaikan n tak kunjung
> berulang, krn sy merasa berdosa jg nih kalo berulang kali menceritakan
> kekurangan istri n mertua sama org lain kyk gini, hehehe. Kalo ada jg
> artikel ttg bagaimana pola asuh n asupan gizi yg baik utk anak usia 6 bln -
> 1 thn, mohon linknya.
> Maaf curhatnya jd menuh2in inbox...
> Salam n semoga terlimpah keberkahan utk semua.
>
> Erry W
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

1j.

Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor

Posted by: "Ria Nurekawati" air_n4w@yahoo.com   air_n4w

Tue Oct 25, 2011 11:34 pm (PDT)



Ee
Sent from my White BoldBerry® smartphone

-----Original Message-----
From: "Novi" <novi.lauw@yahoo.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Wed, 26 Oct 2011 06:15:44
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor

Bravo pak Erry,
pak erry bener2 inspiring dad :)
memang menyusui itu bukan hal mudah, perlu perjuangan dan usaha yang extra.
pengalaman saya sebagai e-ping mother, rasa jenuh, bosan, cape, malas gak jarang saya alami.
dukungan psikis dari orang terdekat memang yang paling ampuh.

>>>Bahkan istri sempat mengatakan "memangnya aku mau
ngasih racun apa ke anak, kok sampe segitunya dilarangnya"
hehe memang betul apa kata istri bapak, sufor ya bukan racun. ini ada link tentang "alasan medis untuk tidak menggunakan sufor"
http://aimi-asi.org/2011/02/alasan-medis-pengganti-asi/

regards
novi




[Non-text portions of this message have been removed]

1k.

Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor

Posted by: "heidy_jo@yahoo.com" heidy_jo@yahoo.com   heidy_jo

Wed Oct 26, 2011 12:01 am (PDT)



Pak erry,

Usia anak bapak beda 1 hari saja dng my Heidy (28 april'11). Lahir 2.98kg, bb 5m10d sudah 7.2kg panjang 66cm.

Saya eping dari heidy umur 2 bln. Pas umur 3 bulan saya tinggal kerja full time 12 jam sehari. Asix sanggup sampai 5 bulan, selebihnya tandem pake sufor. Mula2 100ml sehari, kesini2 sudah 400ml sehari. Jadi 1:1 sama asi. Produksi asi kian menurun seiring meningkatnya stress di kantor dan kurang istirahat juga.

Saya ngerti banget perasaan saat mau kasi sufor pertama kalinya (sempet juga posting email ke milis saking ragu2nya kasi sufor). Justru yg berasa kayak ngasi racun ke heidy itu malah saya sendiri pak. Tapi mau gimana lagi, bukannya saya ga usaha memperbaiki kuantitas asi tapi keadaan memang sulit (jam mompa makin terbatas).

Sempat iriii bgt sama stay home mom yg bisa leluasa nyusui or mompa bahkan kepikiran unt unpaid leave, sayang keadaan ekonomi mengharuskan saya tetap kerja.

Kalau boleh tanya baby pak Erry minumnya sehari brp ml kok sampai harus konsumsi tambahan sufor? Heidy juga ga gemuk kok, montok aja cenderung tinggi. Sehari minumnya 800ml. Kalau memang msh bisa dipaksakan asi ya pake asi aja pak. Semangati istrinya krn asi is the best. Best for baby, best for ur pocket too.

3 hari lagi heidy akan mulai mpasi dan krn asi begitu berharga buat saya, maka unt campuran di mpasinya memang saya berencana pake sufor (jd kalo ga doyan mpasi dan kebuang ga sakit hati). Unt asip lgs tenggak aja ama anaknya.

Beruntung saya ikut milis ini krn jadi bisa meng RUM kan suami yg biasanya ikut aja kata ibunya (batpil minum AB). So far heidy ga pernah sakit samsek kecuali heboh digigit semut semalem.

Memang peran ibu besar sih dlm menentukan bagaimana baby akan dirawat krn sehari2nya memang ibu yg banyak ngurusin (no offense to bapak2 yaaa. Peace) jadi apa ga sebaiknya istri bapak disuruh join milis spy ada penguatan, support dll terutama dalam hal yg berkaitan dng kesehatan baby.

Sampai saat ini saja sistem asip saya kejar setoran. Apa yg dipompa hari ini unt minum besok. Deg2an setengah mati kalo blm mompa.

Mungkin istri bapak jenuh dan kecapean ngurus baby sendirian, apa sdh dipertimbangkan unt ambil art, sekedar bantu2 saja spy istri bisa istirahat juga pak.

Maaf kalau tdk berkenan.

Salam,
Erika
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
1l.

Re: (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufor

Posted by: "nankrist" nankrist@yahoo.com   nankrist

Wed Oct 26, 2011 12:18 am (PDT)



Pak Erry,

saya working mom (baru per Desember resmi jadi sahm),
tapi saya coba menempatkan diri sbg sahm,
saya rasa wajar banget ya kl mungkin istri bapak merasa jenuh dgn aktifitas menyusui, ngurus anak, ngurus rumah 24 jam
(kl working mom di kantor masih bisa browsing2 reply2 imel kyk gini, saya ngerasain kok kl week end bareng anak duuuh susah banget mau reply2 imel).

jujur, aktifitas menyusui memang capek.
setuju yg dibilang sama Ida mama Nayla,
istirahat siang temen2 laen pada keluar makan ngemall,
saya bawa makanan dari rumah buru2 makan trus mompa/meres.
malem seisi rumah ud tidur, saya masih bangun kudu mompa/meres
kadang jam 1 pagi baru kelar.
nenenin walaupun smbl tidur juga tetep melelahkan,
capek lho tidur miring sepanjang malem.

tapi...........menyusui, mompa/meres bisa membahagiakan
kl bisa memahami efeknya, manfaatnya buat anak kita.
sharing :
anak saya yg pertama prematur, bblr, ada kelainan bawaan,
saya berjuang mengatasi stress saya atas kondisinya,
untuk bisa ngasi asi ke si J (saya takut banget stress,kuatir asinya seret. setiap mau stress, buru2 bilang ke diri sendiri "asi bisa naikin IQ si J" jadi semanget lagi; puji TUHAN sukses full asi s.d 9,5 bln dan baru berenti mompa di hut J yg ke 2, walaupun sjk 20 bulan setiap mompa/meres cuman dpt 5-10 ml an/ud nyapih gak mau nenen dari 15 bln, hny saya bertekat walaupun asinya sedikit saya hrs bertgg jwb utk asi 2 thn).
dan saya bersyukur gembira dgn usaha saya karena efeknya oke banget buat si J.

intinya,
coba bapak diskusi lagi dgn istri, manfaat2 pemberian asi.
beri semangat istri bapak untuk mompa/meres,
kl punya stock asip, kan sekali2 istri bapak bisa ngemall, nyalon,
keluar rumah ngilangin jenuh, anaknya di rumah aj sama bapak mungkin yg ngasi asip nya (sebenarnya tgg jawab asi kan bukan hny di istri, tp suami/bapak kan jg bertgg jwb ya ;p mbok ya sekali2 gitu gantian ngurus anak, nyuapin makan/asip, toh bikinnya jg ber 2 -curhat neh-).

cy

>

2a.

Re: Help, Dibohongin DSA, ternyata vaksin tunggal DPat +HIB, dicampu

Posted by: "Santi Hairunissa" santi_hairunissa@yahoo.com   santi_hairunissa

Tue Oct 25, 2011 11:01 pm (PDT)




terimasih para SP, saya yakin sekali itu bukan vaksin combo, karena saya bayar untuk tiga jenis vaksin, dibuku berobat anak saya ada 3 jenis vaksin, dan saya lihat perawatnya membuka 3 bungkus untuk vaksin. vaksin itu polio, infantrix dan hiberix (maaf nyebut merek), jadi sudah pasti DSA itu mencampur. Waktu umur 2, 4 dan 6 bulan, anak saya selalu di vaksin infantrix dan actHIB by sanofi (maaf nyebut merek) dengan di suntik dan polio di tetes. kalo jenis vaksin nya beda dan sistem injeksinya beda, apakah akan ada masalah dengan responsenya ke tubuh anak saya?

[Non-text portions of this message have been removed]

2b.

Re: Help, Dibohongin DSA, ternyata vaksin tunggal DPat +HIB, dicampu

Posted by: "Santi Hairunissa" santi_hairunissa@yahoo.com   santi_hairunissa

Tue Oct 25, 2011 11:10 pm (PDT)



terimakasih para SP, saya yakin sekali itu bukan vaksin combo, karena saya bayar untuk tiga jenis vaksin, dibuku berobat anak saya ada 3 jenis
vaksin, dan saya lihat perawatnya membuka 3 bungkus untuk vaksin. vaksin itu polio, infantrix dan hiberix (maaf nyebut merek), jadi sudah pasti
DSA itu mencampur. Waktu umur 2, 4 dan 6 bulan, anak saya selalu di
vaksin infantrix dan actHIB by sanofi (maaf nyebut merek) dengan di
suntik secara simultan dan polio di tetes. kalo jenis vaksin nya beda dan sistem
injeksinya beda, apakah akan ada masalah dengan responsenya ke tubuh
anak saya?

[Non-text portions of this message have been removed]

2c.

Re: Help, Dibohongin DSA, ternyata vaksin tunggal DPat +HIB, dicampu

Posted by: "piep71@ymail.com" piep71@ymail.com

Tue Oct 25, 2011 11:23 pm (PDT)




Mba santi, biasanya kalo anakku vaksin kertas yg nempel dibotol vaksin ditempelin di buku periksa anakku (buku yg kita bawa pulang) disitu keliatan setauku vaksin apa, merk dan exp date
Maaf gak membantu

Sarica
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
3a.

Re: Imunisasi Typhoid tapi pernah kena demam Typhoid

Posted by: "mommyarsa@yahoo.com" mommyarsa@yahoo.com   mommyarsa

Tue Oct 25, 2011 11:02 pm (PDT)



Mba Elga,

Justru itu mba... Sy jg baca2 klo tyhoid itu menyerang anak diatas 2 taun, dan DSA nya aja sampe bingung...
Gejala wkt itu 3 hr panas klo ga salah sampe 39,9 dercel, muntah2, diare dan klo pup blg sakit sambil pegang perut. Rewel yg pasti... Makanya saya bawa ke lab. Krn udh 3 hari panas.


Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "Elga Soeardi" <elgasoeardi@yahoo.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Wed, 26 Oct 2011 05:52:34
To: Milis sehat<sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Imunisasi Typhoid tapi pernah kena demam Typhoid

Mbak yakin waktu itu anak mbak kena thypoid fever? Coba cocokan dulu gejalanya dgn link ini :

http://www.mayoclinic.com/health/typhoid-fever/DS00538

Thypoid biasanya menyerang anak 2th keatas krn asumsi umur 1th anak msh makan makanan rumahan.
Kalo saya tetap akan memberikan vaksinnya..

Salam
Elga
@ elgasoeardi Sent from BlackBerry®

------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links

3b.

Re: Imunisasi Typhoid tapi pernah kena demam Typhoid

Posted by: "Elga Soeardi" elgasoeardi@yahoo.com   elgasoeardi

Tue Oct 25, 2011 11:19 pm (PDT)



Bener thypoid ato GE mbak?
Kan baru 3 hari ya..demam thypoid itu makin hari makin tinggi dan manteng tinggi di hari ke7 biasanya baru akurat dihari ke 7
Baca2 dulu deh link ttg thypoid fever dari mayo yg saya kasih..
Lalu mbak bs memutuskan sendiri perlu imun lg/tdk, kalo saya sih tetap pilih imunisasi

Maaf ya mbak klo kurang membantu

Salam
Elga
@ elgasoeardi Sent from BlackBerry®
3c.

Re: Imunisasi Typhoid tapi pernah kena demam Typhoid

Posted by: "tristanathan" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Tue Oct 25, 2011 11:23 pm (PDT)



momy arsa,
aku coba browsing juga gak nemu statement yg jelas soal ini.
tapi gak nemu juga statement yg nyebutin kalo ada history thypoid, gak perlu
vaksin ini lagi (spt hal-ya vaksin varicella)
vaksin ini kan juga ada booster rutin setiap 3th.

maaf ya kalo gak menjawab

-ria-

2011/10/26 Maryani <mommyarsa@yahoo.com>

> **
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

4.

Contoh rare case akibat imunisasi - bukan berarti jangan imunisasi y

Posted by: "Yudi" usercourant@gmail.com   usercourant

Tue Oct 25, 2011 11:22 pm (PDT)



Jadi susah bicara & makan setelah vaksin flu. Katanya contoh yang sangat
langka. Bukan berarti jangan imunisasi ya tapi vaksin flu memang diperlukan
di luar sana ya?

http://www.youtube.com/watch?v=v7k0e3kpoxE&feature=related

Buat Bu Santi : tidak bermaksud menakuti ya

[Non-text portions of this message have been removed]

5.

Bls: Re: [sehat] (Sehat) Mohon pencerahan: Istri meminta campur sufo

Posted by: "'Ita' Elisabeth Dianita" ita_sehat@yahoo.com   ita_sehat

Tue Oct 25, 2011 11:35 pm (PDT)



Pak Erry:
Saya banyak dinas luar kota n istri maunya ditemani ):

Ita:
Rasanya ini agak menjawab. Istri bapak tidak mau jauh2 dari bapak..
Sebagai ortu, sy dan suami ingin memberikan yg terbaik untuk anak, baik itu ASI maupun penanganan RUM untuk kesehatannya. Nah kadang sy merasa saya "sendirian" menjalani ini semua karena suami saya sibuk dg pekerjaannya. Maklum, sbg wiraswasta, jam kerja suami tidak menentu. Pernah protes ke suami karena saya merasa kok cm saya yg repot ngurusi anak (ini terjadi saat anak masih newborn dan masih jaman rewel2nya anak), sementara suami "senang2" diluar (padahal kan dia kerja ya, tp kadang sy menganggap dia senang2 di luar karena gak mau repot dengan urusan anak.. Hiks dosa ya saya..).
Sependapat dengan SP yang lain yg "curiga" kalau istri Bapak kena baby blues sehingga perlu perhatian khusus dari bapak. Apalagi istri bapak tidak bekerja sehingga hari2nya kemungkinan "jenuh" dg urusan rumah dan anak, beda dengan saya yang punya "hiburan" lain di kantor.
Mungkin Bapak harus bicara khusus dengan istri, misal keluar rumah makan malam berdua supaya lebih romantis, bicarakan mengenai pengasuhan anak. Tanyakan apa kesulitan istri bapak dan coba cari solusinya bersama. Semoga mendapat pencerahan ya Pak.


salam sehat,
ita (ibuke Saka & Ambar)
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
6a.

Re: Asma dan antibitok

Posted by: "Sam" samsulna@gmail.com   samsul_na

Tue Oct 25, 2011 11:37 pm (PDT)



Nambahin :

- respiratory rate normal utk usia Adina : < 30 / min
- denyut nadi normal : < 110 /min

coba buka packet booknya ginasthma hal 20 utk mengetahui tingkat keparahan asma ( http://www.ginasthma.org/Guidelines/guidelines-resources.html )

ttg obatnya :
Berotec : Fenoterol hidrobromida utk asma
Lasal : salbutamol utk asma
Lameson : methylprednisolone / kortikosteroid utk terapi bermacam kondisi radang, alergi, asma

Kalo memang asma, obat inhaler paling efektif karena langsung masuk ke paru2 dan meminimalkan resiko efek samping.
Saya biasanya pakai Ventolin inhaler ( kandungannya salbutamol juga ) utk hanif. Biasanya sekali semprot sudah ada perbaikan.

Thanks,
Samsul

[Non-text portions of this message have been removed]

7a.

Bls: [sehat] Panas tapi tidak flu

Posted by: "Elisabeth Dianita" ita_sehat@yahoo.com   ita_sehat

Tue Oct 25, 2011 11:50 pm (PDT)



Mbak, kalau dihitung jam, sudah ada 72 jam belum? Karena hitungannya bukan hari ya, tetapi jam.
Nah kalau sudah 72 jam dan belum ada gejala yang lain, mungkin bisa cek urin dulu untuk singkirkan kemungkinan ISK.
 
salam sehat,
ita (ibuke Saka & Ambar)

[Non-text portions of this message have been removed]

8a.

Share ttg berat badan bayi yang naiknya  seret

Posted by: "yanti -" yanti135@yahoo.com

Wed Oct 26, 2011 12:01 am (PDT)



Dear smart parents

Mau curhat nih, My baby girl kok kenaikan berat
badannya seret banget ya. BB waktu lahir 2,7kg dan tinggi 49cm.
Sekarang di
usia 8m15d beratnya baru 6,5kg.
Kenaikan terbesar hanya pada 1 bulan pertama
1,3kg, makin seret waktu saya dah masuk kerja.
Saat ini susu masih full ASI.
Klo makan lumayanlah gak jelek2 amat.
Setelah makan besar sebanyak 3x, ASIP
yang dihabiskan +/-400cc selama saya kerja.
Klo ASI langsung dari saya malam
setiap 2 jam sekali klo tidur, klo masih bangun 1 jam sekali.

Contoh menu
:

Pagi   : 3/4butir kentang kukus + tahu + butter + sayur/buah (tapi
seringnya sayur)
Siang :  Nasi Tim --> Nasi + Ayam/Ikan/daging/Ati + sayur
-> klo ditaro dimangkok porsinya +/- sama dengan makanan pagi.
Sore  : 
Nasi + Ayam/Ikan/daging/Ati + sayur

Klo makan kadang habis kadang nyisa,
tapi habisnya lebih dr 2/3 porsi yang disediakan.
Keju/butter/EVOO sering
saya berikan krn katanya lumayan untuk ngeboot BB.
Karena waktunya terbatas,
cemilan paling biscuit, klo masih sempat dan dia gak ngantuk saya kasih buah
alpukat malamnya.

FYI :
- Anaknya sehat, sejak lahir baru sekali
batuk pilek tapi gak disertai panas.
- Untuk motoriknya dah bisa merangkak
sedikit2, tapi lebih senang bergarak dengan merayap. Klo duduk masih doyong,
tapi sangat senang berdiri dengan pegangan.
- Pernah diresepin vitamin
Apialis tapi jarang dikasih

Saya ada rencana mau ke dr.Damayanti
(hermina) atau Dr. Widodo (Bunda).
Siapa ada penyebab yang membuat berat
badannya seret.

Ada yang bisa share dengan pengalaman yang sama dengan
kejadian ini, maksudnya anaknya makan lahap tp BB seret.
Atau ada yang
awalnya BB seret trs jadi bagus naiknya.

Mungkin juga ada yang bisa share ttg
pengalaman dengan 2 dokter yang akan saya datangi itu. Bagaimana berat badan anak setelah terapi dikedua dokter tersebut.

Thx
Yanti

[Non-text portions of this message have been removed]

8b.

Re: Share ttg berat badan bayi yang naiknya  seret

Posted by: "Novi" novi.lauw@yahoo.com   novi.lauw

Wed Oct 26, 2011 12:11 am (PDT)



dear mbak yanti,

sudah di plot bb dari awal lahir sampai sekarang di growth chart kah?
trend nya bagaimana?
maaf malah tanya.

regards
novi

9.1.

Campak

Posted by: "Nike Yuwardi" Nike.Yuwardi@astragraphia.co.id

Wed Oct 26, 2011 12:17 am (PDT)



Dear doc & sps,

Saya mau tanya, ada anak teman saya (4bl) badannya bintik2 merah setelah demamnya turun gak ada flu tapi disertai batuk, itu gejala apa ya?
apa benar ini yg dinamakan campak. terus pengobatannya apa ya? apa benar tidak boleh mandi dan kenak angin. klo seandainya usia 4 bln sudah terkenak campak apa masih perlu di imunisasi lagi pada usia 9 bln. Terima kasih dan mohon advicenya.

Salam,
Nike

[Non-text portions of this message have been removed]

Recent Activity
Visit Your Group
Sitebuilder

Build a web site

quickly & easily

with Sitebuilder.

Yahoo! Health

Heartburn or Worse

What symptoms

are most serious?

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: