Sunday, October 23, 2011

[sehat] Digest Number 16317

Messages In This Digest (25 Messages)

1.
Re: artikel Bali Post - tatalaksana Diare From: mommyarsa@yahoo.com
2a.
Re: tanya benjolan pada kemaluan batita From: anggita cinantya
3a.
Re: [tanya] ott softlens From: leny kurnia sari
3b.
Re: [tanya] ott softlens From: aina
3c.
Re: [tanya] ott softlens From: novidavidiyanti@yahoo.com
3d.
Re: [tanya] ott softlens From: leny kurnia sari
3e.
Re: [tanya] ott softlens From: -imelda
4a.
Re: (Sharing) Imunisasi Simultan From: Inta
4b.
Re: (Sharing) Imunisasi Simultan From: Hilda
4c.
Re: (Sharing) Imunisasi Simultan From: Sisilia
5a.
Re: CIRI-CIRI PENYAKIT PEMBUNUH NO. 1 From: heidy_jo@yahoo.com
6a.
Re: Sharing Gagal Simultant ama Dokter di Depok From: Inta
6b.
Re: Sharing Gagal Simultant ama Dokter di Depok From: Lukita
7a.
Re: asip mencair From: echy0312@yahoo.com
8a.
Menghadapi anak "manja" From: ferry
8b.
Re: Menghadapi anak "manja" From: Inta
8c.
Re: Menghadapi anak "manja" From: Dini Savitri
9a.
Re: [TANYA] ngukur suhu n ngasi obat k anak From: lifylif@gmail.com
9b.
Re: [TANYA] ngukur suhu n ngasi obat k anak From: Cherie Hadiwidjaja
10a.
Re: ASI sebagai satu satunya vaksin From: heidy_jo@yahoo.com
10b.
Re: ASI sebagai satu satunya vaksin From: Oky Dewinta
11.
asip rasanya pahit, rusak kah..? From: Yani Rustiani
12a.
Re: Tolonga saya gatal2 gak jelas kenapaa... From: vanessa sutopo
13a.
Jantung bayi 1bln terdengar bising From: KikY Virgorita
13b.
Re: Jantung bayi 1bln terdengar bising From: F.B.Monika

Messages

1.

Re: artikel Bali Post - tatalaksana Diare

Posted by: "mommyarsa@yahoo.com" mommyarsa@yahoo.com   mommyarsa

Sat Oct 22, 2011 6:19 pm (PDT)



http://ow.ly/1fgvZH.

» Berita Kesehatan

23 Oktober 2011 | BP

Manfaat Zinc dalam Tata Laksana

Diare Akut pada Anak

DIARE merupakan salah satu masalah kesehatan global baik dalam mortalitas maupun mortalitas pada anak di negara berkembang, termasuk Indonesia. Kejadian diare di dunia sekitar 1,5 miliar per tahun serta menyebabkan 2,5 juta (21%) mortalitas pada anak di bawah umur 5 tahun. Berdasarkan data WHO (World Health Organization), mortalitas akibat diare mencapai 18% dari total kematian anak di bawah umur 5 tahun di Indonesia.

Diare berasal dari bahasa Yunani, yaitu 'dia' artinya terus dan 'rhien' artinya mengalir. Jadi, diare dapat diartikan sebagai buang air besar (BAB) yang berlangsung terus menerus. Pada diare terjadi perubahan konsistensi feses menjadi lembek atau berair serta meningkatnya frekuensi defekasi melebihi biasanya, yaitu lebih dari 3 kali dalam 24 jam. Diare yang berlangsung kurang dari 14 hari disebut dengan diare akut, sedangkan diare yang telah berlangsung 14 hari atau lebih disebut dengan diare kronik atau diare persisten. Apabila diare yang telah berlangsung 14 atau lebih diketahui infeksi sebagai penyebab, diare tersebut disebut dengan diare persisten. Sebaliknya, bila infeksi tidak terbukti sebagai penyebab, diare tersebut disebut dengan diare kronik.

Faktor risiko terjadinya diare pada bayi dan anak adalah tidak mendapat ASI selama 6 bulan pertama kehidupan (ASI eksklusif) dan tidak dilanjutkan sampai umur 1 tahun, kejadian diare sebelumnya, status gizi, kurangnya perawatan ibu, dan sebagainya. Pada anak yang sudah tidak mendapat ASI (disapih) faktor risiko diare akut meliputi sumber air yang tidak bersih, anak diberi makanan yang disimpan pada suhu kamar, serta kurangnya pengetahuan ibu. Sedangkan faktor risiko timbulnya diare persisten pada anak meliputi penanganan diare akut yang tidak adekuat, anak yang sudah disapih, pengetahuan ibu yang kurang, dan malnutrisi.

Diare dapat disebabkan oleh berbagai macam agen infeksi termasuk bakteri, parasit, dan virus. Dari semua agen penyebab diare, virus (terutama Rotavirus) merupakan penyebab diare terbanyak pada anak di bawah usia 5 tahun. Virus (Rotavirus) menyebabkan kerusakan pada sel epitel usus yang pada fase awal dapat meningkatkan sekresi (pengeluaran) air dan elektrolit, kemudian fase lanjut dapat merusak enterosit atau sel usus.

Diare akut dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi yang mengancam nyawa dan penurunan berat badan. Prognosis akan semakin buruk jika diare akut melanjut menjadi diare persisten sebab menimbulkan malabsorpsi, malnutrisi hingga gangguan pertumbuhan.1 Terjadinya diare persisten dapat kita cegah dengan mengobati diare akut dengan cepat dan tepat. Oleh karena itu, WHO dan UNICEF pada tahun 2003 membuat rekomendasi baru penatalaksanaan diare akut pada anak yang telah diadopsi di Indonesia menjadi program Lintas Diare (lima langkah tuntaskan diare).

Program Lintas Diare terdiri dari: (1) Rehidrasi menggunakan oralit rendah osmolaritas atau diberikan infus jika dehidrasi berat. (2) ASI (air susu ibu) dan makanan tetap diberikan sesuai umur anak dengan menu yang sama saat anak sehat untuk mencegah penurunan berat badan serta mengganti nutrisi yang hilang. (3) Zinc diberikan 10-14 hari berturut-turut. (4) Antibiotik jangan diberikan kecuali dengan indikasi seperti diare berdarah atau shigellosis, serta tidak memberikan antidiare. (5) Nasihat pada ibu atau pengasuh: segera mencari pelayanan kesehatan terdekat jika anak menjadi demam, feses berdarah, muntah berulang, makan atau minum sedikit, sangat haus, diare semakin sering, atau kondisi belum membaik dalam 3 hari. Yang penting juga disampaikan pada fase penyembuhan adalah penderita disarankan tetap melanjutkan makan dan bila perlu ditingkatkan untuk mengejar kehilangan berat badan sebelumnya.

Dalam program Lintas Diare di atas, terdapat dua terapi baru rekomendasi WHO dan UNICEF yaitu penambahan pemberian Oralit Osmolaritas Rendah dan zinc. Oralit rendah osmolaritas menunjukan efektivitas lebih baik dari oralit sebelumnya untuk mengatasi dehidrasi, namun tidak menunjukan hasil yang signifikan untuk menurunkan jumlah feses dan durasi diare. Suplementasi zinc memberi manfaat untuk memperpendek lama diare, mengurangi beratnya diare, dan mencegah terjadinya diare 2-3 bulan berikutnya.

Zinc merupakan mikronutrien yang penting dalam tubuh. Zinc tidak disimpan dalam tubuh sehingga konsentrasi zinc ditentukan oleh asupan (makanan), absorpsi (penyerapan oleh tubuh), dan ekskresi (pengeluaran dari tubuh). Zinc diabsorpsi terutama di usus halus bagian atas.1 Faktor yang mempengaruhi absorpsi zinc adalah jumlah zinc yang terdapat pada lumen usus, makanan pemicu absorpsi (seperti: ASI, protein hewani) atau makanan penghambat (seperti: phytate, serat), serta penyakit tertentu yang dapat mempengaruhi absorpsi usus seperti diare. Dalam tubuh manusia terkandung 2 gram zinc dengan konsentrasi paling tinggi pada koroid mata dan spermatozoa.ャ Ekskresi zinc endogen melalui air kencing (urin), keringat, dan paling banyak melalui kotoran (feses).

Secara umum, zinc berperan dalam sintesis enzim, metabolisme asam nukleat, dan sintesa protein. Fungsi zinc lain adalah meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh, memperbaiki struktur dan fungsi usus, serta mempercepat proses regenerasi epitel (pertumbuhan epitel). Beberapa penelitian menunjukan zinc dapat mengurangi sekresi elektrolit pada fase awal infeksi dan mengurangi perkembangan virus pada akhir infeksi. Peran penting zinc tersebut menjadi dasar penambahan zinc pada penatalaksanaan diare. Zinc untuk terapi diare akut tersedia dalam bentuk zinc sulphat, zinc acetate, dan zinc gluconate yang ketiganya menunjukan efektivitas terapi yang sama. Pada saat pemberian terapi zinc sebaiknya tidak diberikan suplemen besi (iron) karena zinc dan besi bila diberikan bersamaan akan berkompetisi dalam penyerapannya, sehingga penyerapan zinc menjadi tidak efektif.

Beberapa penelitian yang dievaluasi WHO dan UNICEF menunjukan terapi zinc dalam penatalaksanaan diare akut tidak menimbulkan efek samping yang fatal serta pemberian terapi zinc jangka pendek tidak mempengaruhi status tembaga (cupper) dalam tubuh secara bermakna. Efek samping terapi zinc yang pernah dilaporkan adalah muntah.

* dr. I Made Darma Yuda, S.Ked./dr. IPG Karyana, Sp.A(K)
Powered by Telkomsel BlackBerry®
2a.

Re: tanya benjolan pada kemaluan batita

Posted by: "anggita cinantya" anggi_1984@yahoo.com   anggi_1984

Sat Oct 22, 2011 6:30 pm (PDT)



Dear Mom Nia,

Semalem udh browsing soal hernia tapi kalo hernia ada gejala lain seperti demam dan bb turun cmiiw. Tapi pada Aimee tidak. Saya cek pagi ini sudah tidak ada Alhamdulillah tapi saya masih penasaran, khawatir muncul lagi. Rencana mau saya bawa ke markas. Terima kasih banyak ya mom.

Regards,

Anggie

[Non-text portions of this message have been removed]

3a.

Re: [tanya] ott softlens

Posted by: "leny kurnia sari" leny1804@yahoo.com   leny1804

Sat Oct 22, 2011 6:45 pm (PDT)



Masa sih Mba? Karena Ga dibersihin sampe infeksi berat gitu??
Soalnya aku termasuk yg males buat ngelepas softlens, jadi bisa berminggu2 Ga lepas softlens (jgn ditiru)


Love 'n Peace

n!@


Sent from my CuteSexyBerry�
powered by My Aat Love

-----Original Message-----
From: mgunawan1978@yahoo.com
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Sun, 23 Oct 2011 00:14:53
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] Re: [tanya] ott softlens

Aduh,jadi pengen sharing n nanya walaupun aku bkn pemakai softlens or kacamata.

Saudara sepupuku juga memakai softlense tp krn sering ga dibersihkan n dicopot,akhirnya matanya infeksi parah dan hampir lg buta. Aku ga tau efeknya apa bisa sampe segitu parah tp pls just be aware.

Akupun sebenarnya ada minus n silindris. Mnrt pemeriksaan alat baru2 ini minus 2.5 n silindris 0.5 tp dr hsl test baca ga ada masalah. Hsl test alat sama spt test alat 8thn yll. Dulu pernah pakai kacamata yg minus 1.75,langsung vertigo. Skrg krn malas n ga keren,ga pake kacamata walaupu kalau ke optik pasti disarankan utk pakai kacamata spy minus n silindris ga nambah.

Mnrt docs and sps gmn? Soalnya tkt juga skrg dah tua. Tks for masukannya.

Rgds
Melinda
Sent from my BlackBerry�
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links

3b.

Re: [tanya] ott softlens

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Sat Oct 22, 2011 6:48 pm (PDT)



Mba nia pake hardlens??
Iya mba nia, kl softlens ga dibersihkn scr berkali akan ada sesuatu tjd pd mata. Mata jg tdk "bebas"m

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

3c.

Re: [tanya] ott softlens

Posted by: "novidavidiyanti@yahoo.com" novidavidiyanti@yahoo.com   novidavidiyanti

Sat Oct 22, 2011 6:51 pm (PDT)



Mba2,

Mw tanya klo hardlens itu dijual bebas spt softlens atau harus ke optik2 n dokter mata yah?
Soalnya saya pake softlens suka kering n burem. Jdnya wlwpun da ditetesin tetep aja kering

BR//Novi
Sent from my BlackBerry�
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
3d.

Re: [tanya] ott softlens

Posted by: "leny kurnia sari" leny1804@yahoo.com   leny1804

Sat Oct 22, 2011 6:55 pm (PDT)



Aku pake nya softlens (eh ini aku bukan ya yg ditanya :D )
Tapi dah 12 th make kaya gitu gpp sih... Harusnya mah emang tiap malem dibuka ya...
Softlens dibuka Dan dicuci itu untuk membersihkan protein yg nempel di softlensnya klo Ga salah, n biar mata seger lagi...



Love 'n Peace

n!@


Sent from my CuteSexyBerry�
powered by My Aat Love
3e.

Re: [tanya] ott softlens

Posted by: "-imelda" imelda.santos@gmail.com   imeldamarliana

Sat Oct 22, 2011 7:00 pm (PDT)



Saya pernah pakai softlens, kayaknya ga cocok buat saya.
1. Mata kering
2. Pernah sampai infeksi

Skrg, ngumpulin uang buat lasik. Buat beberapa yg minusnya dibawah 5, pakai kacamata mungkin nyaman ya...

Buat saya, minus 8 belum silindris-nya. Ga bisa main sama anak dengan tenang... Takut kacamata pecah/baret :d

-imelda
Sent from my smartphone supported by my lovely hubby

4a.

Re: (Sharing) Imunisasi Simultan

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Sat Oct 22, 2011 6:47 pm (PDT)



Iiih Damai mah juaraaaaa, pinter semua muanya...

Mba Windy,

Alluna (11m), vaksin terakhir juga campak, rencananya nanti 12m, mau varicella + hep A (kalau gak salah inget baca dicdc sudah bisa yah, mohon koreksinya). Saya gak ambil PCV.

Barengan nanti sama kakaknya (4y) mau booster varicella dan MMR juga.

Moga2 mulus juga nih kayak Damai ;)

Cheers, Inta

@Intamaesarinta
terkirim dari henponkuh

4b.

Re: (Sharing) Imunisasi Simultan

Posted by: "Hilda" hilda.iriany@gmail.com   h_iriany

Sat Oct 22, 2011 9:23 pm (PDT)



Whoaaaaa kakak Damai keren bener.
Itu asli ga pake nangissss???
Soundingnya sejak kapan?

Bulan depan juga mau simultanin Dɑryn (12m) -- hep A dan varicella. Dokternya sih udh ok simultan. Yg ga ok, harganya ini.. Hehehe. Soalnya skalian mau varicella + typhoid abangnya juga (3.5thn)

Selamat ya kak Damai :) sehat selalu
Hilda
4c.

Re: (Sharing) Imunisasi Simultan

Posted by: "Sisilia" sisil.mahadaya@gmail.com   caeciliapudjiastuti

Sat Oct 22, 2011 9:45 pm (PDT)



Makasih tante2...

Sounding udah lama sejak umur 4 thn sy udah blg kalau nanti pas 5 th akan suntik 3x dan oral, jadi wkt usia 5 thn dia nagih :D sayangnya waktu itu uangnya belum ada :)

Tiap bulan sy minta maaf sama damai kalau mesti mundur, hehe...

Damai nggak nangis sama sekali, walo sempet bergidik sambil nyengir, tp tetep bilang "kakak mau disuntik biar ga sakit"
Beruntung bude bidannya pinter ngajak ngobrol, jd mereka seru sendiri saling cerita.

Moga lancar nanti Ray dan Darryn yaaa tante Hil


Sisil




@sisilmahadaya

-----Original Message-----
From: "Hilda" <hilda.iriany@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Sun, 23 Oct 2011 04:23:11
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] (Sharing) Imunisasi Simultan

Whoaaaaa kakak Damai keren bener.
Itu asli ga pake nangissss???
Soundingnya sejak kapan?

Bulan depan juga mau simultanin Dɑryn (12m) -- hep A dan varicella. Dokternya sih udh ok simultan. Yg ga ok, harganya ini.. Hehehe. Soalnya skalian mau varicella + typhoid abangnya juga (3.5thn)

Selamat ya kak Damai :) sehat selalu
Hilda

[Non-text portions of this message have been removed]

5a.

Re: CIRI-CIRI PENYAKIT PEMBUNUH NO. 1

Posted by: "heidy_jo@yahoo.com" heidy_jo@yahoo.com   heidy_jo

Sat Oct 22, 2011 6:47 pm (PDT)



Wah, sama bgt mba Chichi.

Tanggal2 seginian nih penyakit non medis saya kambuh parah bgt. Kanker : kantong kering.

Hahahaha. SOL.

Erika
Sent from my BlackBerry�
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: "ChiciErnest" <chici.ernest@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Sat, 22 Oct 2011 15:05:39
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] CIRI-CIRI PENYAKIT PEMBUNUH NO. 1

Penyakit non medis saya 'kantong kering' perlu diobatin juga gak tuh?? Oot-SOL


Regards,
@chiciernest


[Non-text portions of this message have been removed]

6a.

Re: Sharing Gagal Simultant ama Dokter di Depok

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Sat Oct 22, 2011 6:51 pm (PDT)



Mba Lukita,

Coba masuk aja dulu ke webnya IDAI. Kalau gak salah saya pernah baca disana soal suntikan simultan.

Maaf gak bantu kasih link.

Cheers, Inta
@Intamaesarinta
terkirim dari henponkuh

6b.

Re: Sharing Gagal Simultant ama Dokter di Depok

Posted by: "Lukita" lukita_purnama_sari@yahoo.com   lukita_purnama_sari

Sat Oct 22, 2011 9:38 pm (PDT)



Dear mba inta en mba nia

Sippp makasih banyak nanti ku baca2 link nya biar next schedule bisa keluarin amunisi yang paten... Heehheheh...
regards,

bundo Nayya dan Nabeel

Sent from my BlackBerry�
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
7a.

Re: asip mencair

Posted by: "echy0312@yahoo.com" echy0312@yahoo.com   echy0312

Sat Oct 22, 2011 6:51 pm (PDT)



Iya mbak monik makasih,kuusahain pake semua aja 24 jam ini,alhamdulillah iparku mau ambil utk ponakanku...
Makasih mbak rini idenya...lgsg dilaksanakan :)

Regards
Desy
Sent from my BlackBerry�
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
8a.

Menghadapi anak "manja"

Posted by: "ferry" sehat@bbuser.org   ferrytjen77

Sat Oct 22, 2011 7:13 pm (PDT)



Dear SP
Gabby putri pertama kami berusia 26 bulan,
Saat ini pertumbuhannya cukup baik dan sedang belajar berbicara dengan benar.

Akhir-akhir ini (1 bulan terakhir), gabby mendadak berubah lebih manja terhadap saya (papanya).
Ceritanya saya bekerja di jakarta pada senin-jumat dan kembali ke bandung pada sabtu-minggu (sejak gaby dikandung).
Otomatis pertemuan dengan keluarga hanya di weekend.

Nah, dihari saya "tiada", gabby biasa saja, makan,mandi dan bermain normal.

Namun,weekend,belakangan,kami kewalahan, karena Gabby menjadi gampang menangis, sukar makan kalau ada saya (mengemut lama) dan pengennya digendong terus, apalagi kalau malam, menjadi sering terbangun dan ingin tidur dengan kondisi digendong.

Nah,apakah ada trik/share dari SP yang juga mengalami kondisi yuang sama?
Semalam terpaksa saya keraskan dengan mengabaikan permintaannya utk tidur digendong (saya pura2 tidur dan berkata papa cape dan ngantuk), gabby akhirnya memang mau tidur sendiri.

Saya khawatir ada pengaruh jangka panjang psikologisnya.

Terima kasih untuk sharingnya

Salam

Ferry
8b.

Re: Menghadapi anak "manja"

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Sat Oct 22, 2011 7:36 pm (PDT)



Pak Ferry,

Kebetulan suami saya juga sering ditugaskan ke luar kota untuk jangka waktu yang "tidak jelas". Biasanya kalau papanya anak2 ada dirumah, mereka main, makan bahkan mandi (khusus Alluna) pun dengan papanya. Mungkin gak Gaby sekedar cari perhatian papanya. Mungkin bisa luangkan waktu dengan jalan2 berdua saja dengan Gaby pak. Ini juga yang bisa dilakukan suami saya kalau pulang. Biasanya ajak bita jalan2 sekedar ngemol aja sih berduaan tanpa mama dan adiknya.

Maaf gak bantu banyak.

Cheers, Inta
@Intamaesarinta
terkirim dari henponkuh

8c.

Re: Menghadapi anak "manja"

Posted by: "Dini Savitri" posh_adam@yahoo.com   posh_adam

Sat Oct 22, 2011 7:43 pm (PDT)



Pak Ferry,

Saya juga menjalani hubungan jarak jauh dengan suami saya selama 4 tahun ini (suami di Surabaya) dan pulang setiap 2/3 bulan sekali (karena nabung cuti, biar agak lama kumpulnya). Anak pertama saya usia 4 th saat ditinggal, & anak kedua saya juga dari kandungan mengalami ini (sekarang anak2 8th & 2.5 th)

Memang kalau papanya pulang anak2 bersikap lebih manja,cari perhatian dll. Tapi sejauh itu wajar, saya gak kuatir, bahkan papanya senang karena berarti anak2nya sayang & gak lupain papanya (papanya suka agak kuatir tentang hal itu).

Apalagi kalau masih belum mengerti, menurut saya sih wajar, sikapnya. Setelah anak mulai besar, dan bisa mengerti, pelan2 dikasih tau kalau papa kerja cari uang untuk sekolah, makan, dll, lama2 mereka akan mengerti kok.

Maaf kalau kepanjangan, sekedar berbagi pengalaman.

Regards,
Dini
mamanya Alicia & Bianca

Peacefully sent from my Angels Berry�
9a.

Re: [TANYA] ngukur suhu n ngasi obat k anak

Posted by: "lifylif@gmail.com" lifylif@gmail.com   lifylif

Sat Oct 22, 2011 7:15 pm (PDT)



Kmrn waktu ke babyshop ada termo yg bentuknya empeng gt,akurat ga sih? Boleh kah pake yg spt itu? Aman kah?
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry� smartphone
9b.

Re: [TANYA] ngukur suhu n ngasi obat k anak

Posted by: "Cherie Hadiwidjaja" cherie.hadiwidjaja@gmail.com   cherie_ph

Sat Oct 22, 2011 8:21 pm (PDT)



Empeng merk munc*in ya,mba?
Ga usah beli krn ga kepake sama sekali :)
Saya punya,skrg udah saya buang...lah mana mau suruh ngemut2 obat yg
(biarpun udah diksh gula pemanis) tetep aja rasanya aneh kan
Save your money buat lainnya aja..hehehe
Hope it helps

Regards,
Mamanya K n Aiko

On 10/23/11, lifylif@gmail.com <lifylif@gmail.com> wrote:
> Kmrn waktu ke babyshop ada termo yg bentuknya empeng gt,akurat ga sih? Boleh
> kah pake yg spt itu? Aman kah?
> Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
>
> ------------------------------------
>
> Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
> - Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal
> FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.
>
> Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland,
> dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami,
> PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>
> "Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
> =================================================================
> Milis Sehat thanks to:
> - AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS
> SEHAT 2011.
>
> Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk.
> who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi
> Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
> "SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.
>
> Kunjungi kami di (Visit us at):
> Official Web : http://milissehat.web.id/
> FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
> Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
> ==================================================================
> Donasi (donation):
> Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
> Bank Mandiri
> Cabang Kemang Raya Jakarta
> Account Number: 126.000.4634514
> ==================================================================Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>

10a.

Re: ASI sebagai satu satunya vaksin

Posted by: "heidy_jo@yahoo.com" heidy_jo@yahoo.com   heidy_jo

Sat Oct 22, 2011 7:29 pm (PDT)



Waduh mba, parah bener temennya.

Saya eping sejak heidy umur 2 bulan dan sampai sekarang puji Tuhan ga pernah sakit sama sekali. Bahkan vaksin dpt pun ga panas.

Pasti itu orang close minded bgt yah.

Erika
Sent from my BlackBerry�
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: Siti Mawaddah <siti.mawaddah@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Sat, 22 Oct 2011 22:35:41
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] ASI sebagai satu satunya vaksin

Mom ezie, terima kasih ya informasinya... Jadi punya bahan deh...

Btw teman saya itu juga agak anti dengan ibu bekerja....
Tapi kalopun terpaksa dia memilih utk cari ibu susu (menyusui langsung ya)
daripada asip....

Yaah kompleks deh...
On Oct 22, 2011 10:11 PM, "ezie �boenda Aira�" <onlyzie@yahoo.com> wrote:

> **
>
>
> Mom, coba bantu yah
> Kebetulan beberapa hari yg lalu saya baru diberikan 'penguatan' ttg vaksin
> setelah dicecer oleh pentolan kontra vaksin *sigh* **jd inget lagi**
>
> So, ini analogi dari seorang teman:
> Dalam ASI tidak ada kuman yg dilemahkan, yang ada adalah imunoglobulin.
> Imunoglobulin ini memang merupakan "penjaga" tp dalam kerjanya. dia ga bs
> langsung menembak musuhnya, dia butuh "kenalan" dulu sm penyakit yg
> menyerang tubuh
>
> Sedangkan vaksin, memberikan musuh yg dilemahkan & jmlhnya sedikit
> u/dikenali oleh tentara. Sehingga jika berhadapan dgn musuh beneran, tentara
> kita udah terlatih krn udh kenal luar dalem musuhnya
> (Cmiiw dok)
>
> IMHO,
> Betapa naif dan jahatnya seseorang yg mengatakan satu2nya vaksin adalah ASI
> dan ga bisa ASIP
> Kalau demikian adanya, kasian dunk anak2 yg ibunya bekerja? Yg ga bs kasih
> ASI langsung sepanjang hari??
> Apa mereka jadi penyakitan krn mengasup ASIP?
>
> Wallahu'alam bisshowab
>
> *capek hati kalo inget kejadian beberapa hari lalu*
>
> Warm regards,
>
>
> @onlyzie
> www.celotehsiboenda.wordpress.com
>
>


[Non-text portions of this message have been removed]



------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links



10b.

Re: ASI sebagai satu satunya vaksin

Posted by: "Oky Dewinta" ky_reez@yahoo.com   ky_reez

Sat Oct 22, 2011 7:34 pm (PDT)



Iyaa aduuh miriis kl baca di FB ada yg nge-post tulisannya si �dokter itu�

Trus pake ditambahin embel2 �alhamdullillah 3 anakku semuanya no vaksin, hanya asi ekslusif� =(
Dan banyak yg pada comment kl anak2nya mereka jg ga ada yg vaksin dan bla-bla-bla..

Sediih, miris, & prihatin sangat =(

Oky
11.

asip rasanya pahit, rusak kah..?

Posted by: "Yani Rustiani" y_rustiani2@yahoo.co.id

Sat Oct 22, 2011 7:33 pm (PDT)



Dear All..

Mohon sharing n pencerahannya..pengen bgt berhasil asix neh utk anak kedua ku usia1bln23hr (anak pertama gatot :(..) namun 2 hr ini nemuin kendala..hiks..
Sejak tgl 2 okt kmrn Alhamdulillah sy sdh stock asip beku sampai dgn skrg (kurleb sdh 2 literan)..tp kmrn 
asip beku yg tgl 3 n 4 okt  yg sdh dicairkan (diturunkan ke kulkas bwh 12 jam sblmnya n dikeluarkan di suhu ruangan 30 mnt sblm dihangatkan dlm warmer) knp rasa n bau nya kok aneh bgt ya..? bayiku nangis n ga mau samsek..pas dicobain emang rasanya aneh gitu tp ga asem cuma pait n ga enak bgt..kira2 knp ya..?
tp sblmnya pnh yg tgl 2 n 3 okt diminumin ga mslh..kmrn mmg sempet mati lampu tp cuma sbntar 1.5 jam n asip beku ga ada yg mencair kok..(kulkas sy 2 pintu)..
Pernah baca artikel ttg asi dgn kadar enzim lipase tinggi pd beberapa ibu..apakah asi sy tmsk demikian..?
berikut sy copas artikelnya ; 
CATATAN KHUSUS – KADAR ENZIM LIPASE YANG TINGGI
Para ibu yang memiliki ASI dengan kadar enzim lipase yang tinggi seringkali menemukan bahwa ASIP mereka sangat berminyak danberbau seperti sabun. Enzim lipase berfungsi untuk menguraikan kandungan lemak dalam ASI – semakin tinggi kadar enzim ini, maka akan semakin cepat sel-sel lemaknya terurai sehingga menghasilkan ASI dengan bau yang sangat khas tersebut. Akibatnya, banyakbayi yang menolak untuk minum ASIP dengan "bau sabun" padahal ASIP tersebut masih sangat layak untuk diminum.
Bagaimana cara mengatasinya? Apabila bayi memang menolak untuk minum ASIP tersebut, maka ASI segar yang baru saja diperah dan belum dimasukkan ke dalam lemari es/kulkas, dipanaskan terlebih dahulu diatas kompor sampai hampir mendidih (70-80ºC saja) setelah itu langsung diangkat/didinginkan sebelum dimasukkan ke dalam lemari es/kulkas. Dengan memanaskan terlebih dahulu seperti ini, maka proses kerja penguraian sel-sel lemak oleh enzim lipase akan dihentikan.
Bagaimana cara mengetahui ASI anda mempunyai kadar enzim lipase yang tinggi?
* Perah ASI anda seperti biasa, lalu biarkan ASI tersebut pada suhu ruangan selama 30 menit. Perah lagi ASI baru, lalubandingkan rasanya antara ASI yang baru saja diperah dengan yang sudah dibiarkan dalam waktu 30 menit tadi.
* Bisa juga bandingkan ASI yang baru diperah (ASI segar) dengan ASIP yang sudah disimpan di kulkas (yang sudah didinginkan).
* Coba juga bandingkan lagi ASI segar dengan ASIP yang sudah dibekukan di dalam freezer.
* Bandingkan lagi ASI segar dengan ASIP dingin atau beku yang sudah dicairkan dan dihangatkan.
Kalau diantara percobaan-percobaan tersebut tidak ada perbedaan rasa (mungkin sedikit berbeda, tetapi tidak terlalu tajam/mencolok perbedaan rasa dan baunya), maka kadar enzim lipase anda tergolong normal.

Mohon bantuannya sebentar lg ngantor..hiks..stock asip kl rasanya pahit semua gimana dong..?
Sekarang lg mo coba asip yg msh di kulkas bwh tgl kmrn (22/10)..mo tau rasanya aneh jg atau ga..

Terima kasih atas sharingnya..

best regards

Yani

[Non-text portions of this message have been removed]

12a.

Re: Tolonga saya gatal2 gak jelas kenapaa...

Posted by: "vanessa sutopo" psycho_laziale@yahoo.com   psycho_laziale

Sat Oct 22, 2011 9:15 pm (PDT)



CTM, Cetirizine aman buat ibu menyusui..

Hindari pencetusnya jika disebabkan alergi.

Vanessa
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry� smartphone
13a.

Jantung bayi 1bln terdengar bising

Posted by: "KikY Virgorita" likurino@gmail.com   likurino

Sat Oct 22, 2011 9:22 pm (PDT)



Dear Docs & Sps

Mohon pencerahannya, keponakan saya usia 1bulan 2hari, diperiksa Dsa denyut jantungnya terdengar bising katanya kemungkinan karena lubang jantungnya belum tertutup sempurna, dan disarankan utk di usg jantungnya..

Saat ini sdg menunggu jadwal dokter spesialis jantung anak utk usg jantungnya..

Kalo ada yg punya info/link mengenai hal ini mohon bantuannya yaaa..

Maturnuwun
-KikY-

Maturnuwun

13b.

Re: Jantung bayi 1bln terdengar bising

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Sat Oct 22, 2011 9:29 pm (PDT)



Dear Mba Kiky,

Salah satunya :

http://kidshealth.org/parent/system/ill/if_heart_defect.html#cat20583

Coba cari2 lagi dengan keyword : Heart murmur, heart defect.

HTH
F.B.Monika

Recent Activity
Visit Your Group
Drive Traffic

Sponsored Search

can help increase

your site traffic.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Yahoo! Health

Heartburn or Worse

What symptoms

are most serious?

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: