Thursday, October 20, 2011

[sehat] Digest Number 16300

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: TANYA web milis sehat gak bisa di buka From: Agus Julianto
1b.
Re: TANYA web milis sehat gak bisa di buka From: laura gumay
2a.
Re: MMR dan Hep A From: tristanathan
3a.
Re: Mohon bantuan tt berat badan anak saya. Normalkah? From: nankrist
3b.
Re: Mohon bantuan tt berat badan anak saya. Normalkah? From: anastasia.sabon@yahoo.com
4a.
Bayi saya malas minum :( From: Bunda Dafyisa
4b.
Re: Bayi saya malas minum :( From: Bunda Dafyisa
4c.
Re: Bayi saya malas minum :( From: khonsaa1771@gmail.com
4d.
Bls: [sehat] Bayi saya malas minum :( From: Bunda Dafyisa
5a.
Re: PD tidak bengkak di kehamilan kedua From: greeny_love@yahoo.com
5b.
Re: PD tidak bengkak di kehamilan kedua From: Inta
5c.
Re: PD tidak bengkak di kehamilan kedua From: umialiyah_dzatil@yahoo.co.id
5d.
Re: PD tidak bengkak di kehamilan kedua From: pritha kurniasih
6a.
Re: Bls: [sehat] Mohon bantuan tt berat badan anak saya. Normalkah? From: nankrist
6b.
Bls: Bls: [sehat] Mohon bantuan tt berat badan anak saya. Normalkah? From: Rahma Dewi
7a.
Re: Flek pada paru-paru From: umialiyah_dzatil@yahoo.co.id
8.
Should I be worried? From: lulu_wewet@yahoo.com
9a.
Worried ukuran penis bayi 21m From: Bunda Farhan & Athar
9b.
Re: Worried ukuran penis bayi 21m From: risma
9c.
Re: Worried ukuran penis bayi 21m From: umialiyah_dzatil@yahoo.co.id
10a.
Re: Bls: [sehat] efek antibiotik pada anak From: tika tk
11a.
Re: Panas+sariawan From: missdee
11b.
Re: Panas+sariawan From: siti amatullah mutmainah
12.
[news] Menjadi Pasien Cerdas, Pahami Pengobatan Rasional, Yuk! (2) From: /ghz
13.
tanya Panas dan kelenjar limpha membesar From: Ochie Said

Messages

1a.

Re: TANYA web milis sehat gak bisa di buka

Posted by: "Agus Julianto" first.arasy@yahoo.com   first.arasy

Wed Oct 19, 2011 8:56 pm (PDT)



Saya bisa nih
Kamis, 11.00 wib
Web milis sehat lancar
Saya coba brows database milis lancar.
Coba periksa koneksi nya mba...

Address : http://milissehat.web.id

Powered by doa, usaha dan ikhtiar tiada henti ®
1b.

Re: TANYA web milis sehat gak bisa di buka

Posted by: "laura gumay" lalagumay@gmail.com   lalagumay

Wed Oct 19, 2011 9:40 pm (PDT)



okee....saya coba lagi deh mungkin koneksi internetnya lg lemot...
thank you semua,,,,,

On Thu, Oct 20, 2011 at 10:56 AM, Agus Julianto <first.arasy@yahoo.com>wrote:

> Saya bisa nih
> Kamis, 11.00 wib
> Web milis sehat lancar
> Saya coba brows database milis lancar.
> Coba periksa koneksi nya mba...
>
> Address : http://milissehat.web.id
>
> Powered by doa, usaha dan ikhtiar tiada henti ®
>
> ------------------------------------
>
> Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
> - Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal
> FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.
>
> Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland,
> dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami,
> PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>
> "Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
> =================================================================
> Milis Sehat thanks to:
> - AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
> - PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS
> SEHAT 2011.
>
> Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk.
> who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi
> Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
> "SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.
>
> Kunjungi kami di (Visit us at):
> Official Web : http://milissehat.web.id/
> FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
> Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
> ==================================================================
> Donasi (donation):
> Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
> Bank Mandiri
> Cabang Kemang Raya Jakarta
> Account Number: 126.000.4634514
> ==================================================================Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

2a.

Re: MMR dan Hep A

Posted by: "tristanathan" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Wed Oct 19, 2011 8:59 pm (PDT)



yup.
kalau mau irit kunjungan, mmr-nya 3 bulan kemudian, biar bisa simultan dg
varicella-nya
tapi kalau mau dapet proteksi optimal segera, mmr2 duluan aja, selang 1
bulan dr mmr1

dari cdc:

Measles, mumps, and rubella vaccine (MMR). (Minimum age: 12 months)
• The second dose may be administered before age 4 years, provided at least
4 weeks have elapsed since the first dose.

hep a udah 2x kan?

-ria-

2011/10/20 <polarlander74@yahoo.co.id>

>
> Maksudnya MMRnya diulang 2x dalam interval 1 bulan ya?
>

[Non-text portions of this message have been removed]

3a.

Re: Mohon bantuan tt berat badan anak saya. Normalkah?

Posted by: "nankrist" nankrist@yahoo.com   nankrist

Wed Oct 19, 2011 9:02 pm (PDT)



Mbak,

saya kutip dari imel pak Sativa Huang
http://health.groups.yahoo.com/group/sehat/message/280533
Kenaikan Minimal BB Bayi agar tetap berada di persentil yang sama:
Asumsi
BB lahir bayi Cewek : 3 kg Persentil: 30,2
BB lahir bayi Cowok: 3 kg Persentil: 23,1
(Untuk BB lahir lain, hampir sama)

Kenaikan BB (gram) dari bulan sebelumnya
Cewek Cowok
0 ke1 Bulan 900 1100
1 ke 2 Bulan 850 950
2 ke 3 Bulan 750 800
3 ke 4 Bulan 550 600
4 ke 5 Bulan 450 450
5 ke 6 Bulan 400 400
6 ke 7 Bulan 350 350
7 ke 8 Bulan 250 300
8 ke 9 Bulan 250 250
9 ke 10 Bulan 250 250
10 ke 11 Bulan 250 250
11 - 24 Bulan 200 200
2 tahun ke 3 tahun 200 150
_____

saya ud input data pertumbuhan anak mbak di software who anthro.
dan memang persentil weight to age nya turun trus :
berat lahir (25 agustus 2011) : 3,05 kg persentil 26,6 (warna hijau)
25 september 2011 : 3,5 kg persentil 3,5 (warna kuning)
19 oktober 2011 : 3,85 kg persentil 0,5 (warna merah)

bagaimana dgn pola makan mbak ?
saya pernah posting di milis ini yg intinya pola makan busui sangat mempengaruhi kualitas asi (coba browsing ya).
vitamin booster asi mestinya gak pengaruh, di saya yg ngaruh ke pertumbuhan anak saya : jmlh ml asiP, frekuensi nenen dan pola makan saya.

seperti yg pernah dijelaskan bunda di milis ini (belum bisa browsing, lg lelet banget nih jaringannya),
pertumbuhan di 6 bulan pertama sangat penting.

saran saya :
coba cari donor asi,
setelah selesai nenen, disendokin asip lagi
smbl usaha terus supaya asi mbak banyak dan
cek lagi pola makan mbak.

salam
cy

3b.

Re: Mohon bantuan tt berat badan anak saya. Normalkah?

Posted by: "anastasia.sabon@yahoo.com" anastasia.sabon@yahoo.com   anastasia.sabon

Wed Oct 19, 2011 9:27 pm (PDT)



Makasih ya mbak sudah dihitungin..
Sekarang sudah warning ya dia?
Saya makan sayur dan lauk tiap hari mbak.
Trus minum susu soya karena anaknya alergi susu sapi.
Saya minum jus dan makan buah juga.

Saya jadi takut.
Apakah ada yang mau donor in asi nya untuk anak saya?

Terima kasih,
Anas
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "nankrist" <nankrist@yahoo.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Thu, 20 Oct 2011 04:02:05
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] Re: Mohon bantuan tt berat badan anak saya. Normalkah?

Mbak,

saya kutip dari imel pak Sativa Huang
http://health.groups.yahoo.com/group/sehat/message/280533
Kenaikan Minimal BB Bayi agar tetap berada di persentil yang sama:
Asumsi
BB lahir bayi Cewek : 3 kg Persentil: 30,2
BB lahir bayi Cowok: 3 kg Persentil: 23,1
(Untuk BB lahir lain, hampir sama)

Kenaikan BB (gram) dari bulan sebelumnya
Cewek Cowok
0 ke1 Bulan 900 1100
1 ke 2 Bulan 850 950
2 ke 3 Bulan 750 800
3 ke 4 Bulan 550 600
4 ke 5 Bulan 450 450
5 ke 6 Bulan 400 400
6 ke 7 Bulan 350 350
7 ke 8 Bulan 250 300
8 ke 9 Bulan 250 250
9 ke 10 Bulan 250 250
10 ke 11 Bulan 250 250
11 - 24 Bulan 200 200
2 tahun ke 3 tahun 200 150
_____

saya ud input data pertumbuhan anak mbak di software who anthro.
dan memang persentil weight to age nya turun trus :
berat lahir (25 agustus 2011) : 3,05 kg persentil 26,6 (warna hijau)
25 september 2011 : 3,5 kg persentil 3,5 (warna kuning)
19 oktober 2011 : 3,85 kg persentil 0,5 (warna merah)

bagaimana dgn pola makan mbak ?
saya pernah posting di milis ini yg intinya pola makan busui sangat mempengaruhi kualitas asi (coba browsing ya).
vitamin booster asi mestinya gak pengaruh, di saya yg ngaruh ke pertumbuhan anak saya : jmlh ml asiP, frekuensi nenen dan pola makan saya.

seperti yg pernah dijelaskan bunda di milis ini (belum bisa browsing, lg lelet banget nih jaringannya),
pertumbuhan di 6 bulan pertama sangat penting.

saran saya :
coba cari donor asi,
setelah selesai nenen, disendokin asip lagi
smbl usaha terus supaya asi mbak banyak dan
cek lagi pola makan mbak.

salam
cy




[Non-text portions of this message have been removed]

4a.

Bayi saya malas minum :(

Posted by: "Bunda Dafyisa" bunda.daffyisa@yahoo.com   bunda.daffyisa

Wed Oct 19, 2011 9:06 pm (PDT)



Dear Sps and docs...

Lagi bingung nih sama baby Kayy 4m1w
Memang dari newborn,dia nyusunya ga kuat,ga kaya abangnya yang rakus sama susu,
 belum pernah dalam sejarahnya dia rewel gara2 haus atau lapar,
 anteng banget lah pokoknya...
Cuma, kejadian dalam brp hari terakhir bikin saya ketar ketir
Males minumnya semakin2 aja.
Intake nya dari ASI dan sufor.
BB sekarang 6040g (di timbang 3 hr y.l)
Kebutuhan nya kan berarti sekitar 900ml kan?
ASI saya masih sedikit, kalau di perah setelah menyusui, dapatnya sekitar 5ml
Kalau 2-3 jam ga di perah, keluarnya sekiatr 20-30ml
Kalau 4-5 jam ga disusukan atau di perah dapetnya sekitar 40-50ml
Itu sekedar gambaran ttg ASI saya.
Tambahan sufor yang berhasil masuk biasanya bisa sampai 500ml/ hari
dengan output BAK 6-8kali sehari dan berat badan naik 100g perminggu.

Sudah tiga hari ini, saya kesulitan beri dia tambahan sufor.
Di kasih 30 cc saja sering ga habis, klo habis butuh waktu sampai setengah jam utk ngabisinnya
Total saya hitung dalam 24 jam yg masuk cuma sekitar 200-300ml
Menyusui langsung masih, cuma seringnya untuk ngempeng saja, kalau latch on nya di perbaiki, dia akan tarik kepalanya utk menyesuaikan posisi yg dia nyaman.

Klinis anak baik, masih banyak senyum, dan ngoceh2 sendiri.
Milestone, baru bisa miring2, belum bisa tengkurap sendiri, kepala udah cukup kuat.
Tidak tampak sakit.
Tidur juga ga sebanyak ketika usia 1-2 bulan, tapi pas bangun juga menolak minum susu.
O, ya, pernah mengalami gagal tumbuh usia 1-2 bulan, tapi alhamdulillah sekarang udah kekejar.
 
Sufor dan asip saya beri melalui berbagai media: sendok, pipet dan sloki, berakhir kebuang percuma
Yang mending kalau pakai dot, berhasil masuk ke dalam mulut, tapi seringnya di simpan di pipi alias ga di telan.
kadang2 aja habis. Bisa tuntas 60ml saja, saya udah legaaaaa banget...
Saya juga gunakan selang NGT pas saya menyusui dia dg harapan bisa masuk tambahannya.
Anaknya jadi menolak menyusu.
Kalo selangnya di angkat, baru mau  menyusu lagi.

Yang bikin saya tambah bingung, dari kemaren juga malas menyusu langsung dengan saya.
Semalam, terakhir sufor jam 11 malam 50ml.
Bangun jam 2, saya sodorin PD pas dia masih tidur, dianya geleng2in kepala, menolak, baisanya mah mangap saja.
Saya coba sampai jam 3, masih ga mau.
Saya kasih sufor, sampai jam 5 pagi cuma ngabisin 30 cc.
Saya susui lagi jam 6, msh geleng2
Jam 7 coba sufor lagi, masuk 20cc.
Jam 9 saya susui lagi (harapan saya dia haus nih...) alhamdulillah mau, tapi menolak kalo di perbaiki latch on nya, akhiurnya saya pencet PD supaya ASI nya keluar langsung ke mulutnya dia.

Hanya 10 menit, ga mau ngisap lagi, lanjut tidurrrrr....Tapi belakangan tidurnya gelisah,kaya mimpi ga enak.
Saya perah PD satunya yang belum saya susukan ke dia semenjak jam  6 tadi: dapatnya 20cc.
Ahhhh....ingin nangis sayanya....

Memangnya ada bayi yang malas minum ya?
Saya harus lakukan apa biar dia bisa "bernafsu" untuk minum?

maaf emailnya panjang banget, ga karuan perasaan saya.
Saya ga mau dia gagal tumbuh lagi :(

Mohon advice nya ....

Salam,

Ade
::Bunda Daffa&Kayyisa::

[Non-text portions of this message have been removed]

4b.

Re: Bayi saya malas minum :(

Posted by: "Bunda Dafyisa" bunda.daffyisa@yahoo.com   bunda.daffyisa

Wed Oct 19, 2011 9:25 pm (PDT)



maaf resend, di inbox saya ga masuk...

--- In sehat@yahoogroups.com, Bunda Dafyisa <bunda.daffyisa@...> wrote:
>
> Dear Sps and docs...
>
> Lagi bingung nih sama baby Kayy 4m1w
> Memang dari newborn,dia nyusunya ga kuat,ga kaya abangnya yang rakus sama susu,
>  belum pernah dalam sejarahnya dia rewel gara2 haus atau lapar,
>  anteng banget lah pokoknya...
> Cuma, kejadian dalam brp hari terakhir bikin saya ketar ketir
> Males minumnya semakin2 aja.
> Intake nya dari ASI dan sufor.
> BB sekarang 6040g (di timbang 3 hr y.l)
> Kebutuhan nya kan berarti sekitar 900ml kan?
> ASI saya masih sedikit, kalau di perah setelah menyusui, dapatnya sekitar 5ml
> Kalau 2-3 jam ga di perah, keluarnya sekiatr 20-30ml
> Kalau 4-5 jam ga disusukan atau di perah dapetnya sekitar 40-50ml
> Itu sekedar gambaran ttg ASI saya.
> Tambahan sufor yang berhasil masuk biasanya bisa sampai 500ml/ hari
> dengan output BAK 6-8kali sehari dan berat badan naik 100g perminggu.
>
> Sudah tiga hari ini, saya kesulitan beri dia tambahan sufor.
> Di kasih 30 cc saja sering ga habis, klo habis butuh waktu sampai setengah jam utk ngabisinnya
> Total saya hitung dalam 24 jam yg masuk cuma sekitar 200-300ml
> Menyusui langsung masih, cuma seringnya untuk ngempeng saja, kalau latch on nya di perbaiki, dia akan tarik kepalanya utk menyesuaikan posisi yg dia nyaman.
>
> Klinis anak baik, masih banyak senyum, dan ngoceh2 sendiri.
> Milestone, baru bisa miring2, belum bisa tengkurap sendiri, kepala udah cukup kuat.
> Tidak tampak sakit.
> Tidur juga ga sebanyak ketika usia 1-2 bulan, tapi pas bangun juga menolak minum susu.
> O, ya, pernah mengalami gagal tumbuh usia 1-2 bulan, tapi alhamdulillah sekarang udah kekejar.
>  
> Sufor dan asip saya beri melalui berbagai media: sendok, pipet dan sloki, berakhir kebuang percuma
> Yang mending kalau pakai dot, berhasil masuk ke dalam mulut, tapi seringnya di simpan di pipi alias ga di telan.
> kadang2 aja habis. Bisa tuntas 60ml saja, saya udah legaaaaa banget...
> Saya juga gunakan selang NGT pas saya menyusui dia dg harapan bisa masuk tambahannya.
> Anaknya jadi menolak menyusu.
> Kalo selangnya di angkat, baru mau  menyusu lagi.
>
> Yang bikin saya tambah bingung, dari kemaren juga malas menyusu langsung dengan saya.
> Semalam, terakhir sufor jam 11 malam 50ml.
> Bangun jam 2, saya sodorin PD pas dia masih tidur, dianya geleng2in kepala, menolak, baisanya mah mangap saja.
> Saya coba sampai jam 3, masih ga mau.
> Saya kasih sufor, sampai jam 5 pagi cuma ngabisin 30 cc.
> Saya susui lagi jam 6, msh geleng2
> Jam 7 coba sufor lagi, masuk 20cc.
> Jam 9 saya susui lagi (harapan saya dia haus nih...) alhamdulillah mau, tapi menolak kalo di perbaiki latch on nya, akhiurnya saya pencet PD supaya ASI nya keluar langsung ke mulutnya dia.
>
> Hanya 10 menit, ga mau ngisap lagi, lanjut tidurrrrr....Tapi belakangan tidurnya gelisah,kaya mimpi ga enak.
> Saya perah PD satunya yang belum saya susukan ke dia semenjak jam  6 tadi: dapatnya 20cc.
> Ahhhh....ingin nangis sayanya....
>
> Memangnya ada bayi yang malas minum ya?
> Saya harus lakukan apa biar dia bisa "bernafsu" untuk minum?
>
> maaf emailnya panjang banget, ga karuan perasaan saya.
> Saya ga mau dia gagal tumbuh lagi :(
>
> Mohon advice nya ....
>
> Salam,
>
>
> Ade
> ::Bunda Daffa&Kayyisa::
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>

4c.

Re: Bayi saya malas minum :(

Posted by: "khonsaa1771@gmail.com" khonsaa1771@gmail.com

Wed Oct 19, 2011 9:59 pm (PDT)



Punten bunda dafysa..

Tambahan sufornya untuk apa ya? Apakah mba bekerja?

Maaf malah balik nanya

-elona-
Powered by Telkomsel BlackBerry®
4d.

Bls: [sehat] Bayi saya malas minum :(

Posted by: "Bunda Dafyisa" bunda.daffyisa@yahoo.com   bunda.daffyisa

Wed Oct 19, 2011 10:04 pm (PDT)



Usia 1 dan 2 bulan gagal tumbuh mba, ASI saya memang ga cukup (BB ga naik, BAK jarang)
Sudah coba asi donor sampai usia 2 bulan, setelah itu suami dan keluarga tidak mengijinkan lagi, jd harus tambah pakai sufor untuk terapi FTT nya.

 
Salam,

::Bunda Daffa&Kayyisa::

________________________________
Dari: "khonsaa1771@gmail.com" <khonsaa1771@gmail.com>
Kepada: sehat@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 20 Oktober 2011 11:58
Judul: Re: [sehat] Bayi saya malas minum :(

Punten bunda dafysa..

Tambahan sufornya untuk apa ya? Apakah mba bekerja?

Maaf malah balik nanya

-elona-
Powered by Telkomsel BlackBerry®

------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB          : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links

[Non-text portions of this message have been removed]

5a.

Re: PD tidak bengkak di kehamilan kedua

Posted by: "greeny_love@yahoo.com" greeny_love@yahoo.com   greeny_love

Wed Oct 19, 2011 9:13 pm (PDT)



Mbak tuty..

Toss dulu, cerita mbak ini kasus saya banget nih :)

Hamil anak pertama, dr blm tau hamil aja, PD udah membesar dan kencang sampai melahirkan, trus begitu IMD udah keluar asi.

Hamil kedua, rasanya lembek bgt, gak ada tanda2 yg sy rasakan pas hamil pertama mbak.. Sempet tanya juga pas ketemu mbak Ade novita di markas sehat, kata beliau "normal kok, kan persiapan si payudaranya udah pas hamil pertama dulu" (maaf yah gak pakai link utk pernyataan ini, gak nyari2 lagi waktu itu).

Habis ngobrol itu, saya modal Percaya Diri aja deh.. Gak mikirin/kawatir soal PD yg lembek. Makan seperti biasa, tidak minum susu hamil, vitamin dari dokter juga jarang-jarang minumnya.

ASI saya utk anak kedua baru menetes di hari ketiga setelah melahirkan, sampai sekarang lancar jaya (Puji Tuhan). Anak kedua yg ASIX ini lebih enduuuut daripada anak pertama yang miminya dicampur sufor. Walaupun selalu berasa lembek PD-nya, kalau dipompa selalu lebih dari 100ml per 1 PD (usia bayiku 3 bulan).

Don't worry yah mbak.. Enjoy your pregnancy!

Salam,
Rini (mom JJ)

Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: Tuty Yusra <tutyusra@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Thu, 20 Oct 2011 09:15:39
To: sehat<sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] PD tidak bengkak di kehamilan kedua

Dear Sp's..

Mohon sharing nya sapa tau ada yang pernah mengalami..saat ini sy sedang
hamil anak kedua 34 minggu..yang sy ingin tanyakan kenapa ya PD tidak
bengkak dan kencang (lembek gitu) seperti pada saat hamil pertama? apa itu
wajar dan haruskah sy khawatir dan menambah asupan untuk memperbanyak ASI?
oh iya..anak pertama saya berhenti nenen pd saat umur kandungan saya 3 bulan
(saat itu dia pas 2 thn)..
terima kasih sebelumnya

--
Salam,
Tuty


[Non-text portions of this message have been removed]



[Non-text portions of this message have been removed]

5b.

Re: PD tidak bengkak di kehamilan kedua

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Wed Oct 19, 2011 9:23 pm (PDT)



Saya 2 kali hamil yah begitu mba. Gak usah terlalu khawatir yah. Bita bisa nenen sampai 3thn2bln, dan Alhamdulillah Alluna (11m) masih full asi saat ini.

Cheers, Inta
@Intamaesarinta
terkirim dari henponkuh

5c.

Re: PD tidak bengkak di kehamilan kedua

Posted by: "umialiyah_dzatil@yahoo.co.id" umialiyah_dzatil@yahoo.co.id   umialiyah_dzatil

Wed Oct 19, 2011 9:25 pm (PDT)



Aku dua kali kehamilan anak2ku ga pernah ngerasain PD bengkak, abis lahiran pun 3hari baru ada ASI-nya, Alhamdulillahnya si langsung banyak & langsung netes2, dan bisa berhasil ASIX plus sampe 2th.

Kalo pas nyusuin yang pertama sempet ngerasa penuh & pelu dipompa karena si kaka nyusunya nyantai, pas si dede ga ngerasain penuh soale langsung diabisin sama dia.


Atun
Masi belom sukses nyapih

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
5d.

Re: PD tidak bengkak di kehamilan kedua

Posted by: "pritha kurniasih" pritha.saja@gmail.com   aphrodite_flyhigh

Wed Oct 19, 2011 9:26 pm (PDT)



waa,,sama banget mbak,,
sy hamil 9 minggu,,masih nyusuin,,cm sy kira lembek karena masi nyusuin,,jd
gak sempet mengeras,,hehe..

Regard,,
Pritha-mamaAsha

[Non-text portions of this message have been removed]

6a.

Re: Bls: [sehat] Mohon bantuan tt berat badan anak saya. Normalkah?

Posted by: "nankrist" nankrist@yahoo.com   nankrist

Wed Oct 19, 2011 9:33 pm (PDT)



Bunda Hania,

ud dotlot software who anthro ?
kl ud dotlot, gampang banget sbnrnya
mbak cukup input tgl ukur, data pertumbuhan anak mbak,
setiap kali ngukur harus lgsg diinput di software nya.
nti bisa keliatan grafiknya apakah naik trus, datar atau mlh turun.

cy

--- In sehat@yahoogroups.com, Rahma Dewi <r4hmadewi@...> wrote:
>
> Samaaa....mohon bantuannya juga ya..untuk cara baca GC nya WHO..mpe anak 1 thun gini mas blom ngerti juga (ikut nimbrung ya Mom^^)
>
> Salam hangat,
> Bunda hania (maap g potek) biar nyambung
>

6b.

Bls: Bls: [sehat] Mohon bantuan tt berat badan anak saya. Normalkah?

Posted by: "Rahma Dewi" r4hmadewi@yahoo.com   r4hmadewi

Wed Oct 19, 2011 9:56 pm (PDT)



Hee..blom soalnya g pernah bs donlot (pake kompi kantor soalnyah), g boleh soalny sm IT nya.hee.
Aku liat yg di menu standards trus pilih yg weight for age--> charts--> percentile girl.. pilih print yg Birth to 2 years bener gak si Mom Cy? abis itu aku g tau cara baca anak kita sesuai atau g nya (kan ada garis orange, merah sm hijau tu)...anakku perempuan, BB lahir 3,3 tapi skarang 1 yr kemaren BB nya cuma 8kg, pas 6 bulan si BB nya lebih dari 2x BB lahir dia. 8kg itu stuck dari umur 9 bulan segitu-gitu aja, klo lingkar kpala sm pjg mmang g pernah aku itung.hee

Tks ya Mom, mohon inputannya ^^

________________________________
Dari: nankrist <nankrist@yahoo.com>
Kepada: sehat@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 20 Oktober 2011 11:33
Judul: Re: Bls: [sehat] Mohon bantuan tt berat badan anak saya. Normalkah?

 
Bunda Hania,

ud dotlot software who anthro ?
kl ud dotlot, gampang banget sbnrnya
mbak cukup input tgl ukur, data pertumbuhan anak mbak,
setiap kali ngukur harus lgsg diinput di software nya.
nti bisa keliatan grafiknya apakah naik trus, datar atau mlh turun.

cy

[Non-text portions of this message have been removed]

7a.

Re: Flek pada paru-paru

Posted by: "umialiyah_dzatil@yahoo.co.id" umialiyah_dzatil@yahoo.co.id   umialiyah_dzatil

Wed Oct 19, 2011 9:51 pm (PDT)



Ni aku copas-in scoringnya:
Scoring TB
1. Kontak dengan penderita TB (tidak jelas = 0 poin, hanya laporan keluarga atau kontak dengan penderita yg sudah berobat = 1 poin, kontak dengan penderita TB aktif = 3 poin)

2. Uji Tuberkolin/ Tes Mantoux (negatif = 0 poin, positif = 3)

3. Berat badan anak berdasarkan KMS (dibawah garis merah atau riwayat BB turun atau tidak naik 2bln berturut-turut = 1 poin, secara klinis gizi buruk = 2 poin)

4. Demam tanpa sebab jelas (tidak ada = 0 poin, lebih dari 2 minggu = 1 poin)

5. Batuk berkepanjangan (< 3minggu = 0 poin, > 3 minggu = 1 poin)

6. Pembesaran kelenjar di sekitar leher (ukuran lebih dari 1 cm, jumlah lebih dari 1 buah, tidak nyeri saat di tekan = 1 poin)

7. Pembengkakan tulang/sendi panggul, lutut (bila ada pembengkakan = 1 poin)

8. Foto rontgen (normal = 0 poin, suspect/curiga = 1 poin)

Anak dikatakan positif TB bila skor dari ke-8 parameter di atas adalah MINIMAL 6 POIN.



Atun


Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
8.

Should I be worried?

Posted by: "lulu_wewet@yahoo.com" lulu_wewet@yahoo.com   lulu_wewet

Wed Oct 19, 2011 10:17 pm (PDT)



Dear SP's and docs
Hari senin emma panas 37 derajat. Selasa sudah turun. Saya kasih makan ikan tenggiri dan muncul bercak2. Ikan sdh tdk saya berikan tp bercak masih banyak. Dari hari selasa jg frekwensi pup makin banyak. Bisa 4-5 kali tapi tidak ampas dan berlendir. Anaknya dari kemarin ga mau makan dan rewel.

Pertanyaan saya? Apakah itu alergi? Kalau iya treatmentnya seperti apa ya?
Apakah campak atau roseola? Bulan lalu sdh imun campak,apakah reaksi imunnya?

Mohon pencerahannya ya semuanya

Trims before

Lulu (emma's mom 10m)
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
9a.

Worried ukuran penis bayi 21m

Posted by: "Bunda Farhan & Athar" radya_cute@yahoo.co.id   icha_grtlo

Wed Oct 19, 2011 10:30 pm (PDT)



Dear Sp n Dok's
Sesuai topik, Anak saya farhan mmg sjak newborn batang penisnya keliatan kecil, klo mau pipis or bangun pagi ga keliatan memanjang tapi membesar, kirain wajar2 aj penis bayi bgtu tpi pas minggu kmrn pengasuh anak saya yg kedua bertanya klo farhan sdh disunat krn diliatnya penis farhan kecil saya dan suami mulai kwatir, trus kami konsul ke dsa kta beliau penis seusianya normalnya 1,5cm, dia ngasih rujukan k dsa spesialis hormonal di jkt stlah penis farhan diperiksa.

Duh..apa si farhan penisnya bakal kecil gitu terus yaa?
Terapi hormon tuh gmn? Ntar byk dioleh2in obat dunk
Slain trapi hormon bisa diurut ga? (Ada yg bilang diurut aj biar penisnya ntar gd)

Mohon sharenya yaa saya hrs gmn, thx b4


Icha bunda Farhan (21m) &Athar (36d)







Powered by Farhan&Athar~Berry®
9b.

Re: Worried ukuran penis bayi 21m

Posted by: "risma" bunda_fazil@yahoo.com   bunda_fazil

Wed Oct 19, 2011 10:45 pm (PDT)




Mba,
Gak punya pengalaman yg bisa di sharing soal ini.
Cuma bisa saran mba browsing ttg micro penis.
Ada tabel ukuran penis yg seharusnya klo gak salah, dan ada petunjuk jg kapan dikategorikan micro.
Cocokin dgn kondisi anak mba.

Selain itu browsing jg tentang burried penis...anak2 gemuk biasanya ngalamin ini.

Happy browsing

-risma-

Sent from the bottom of my heart®
powered by believing in You
9c.

Re: Worried ukuran penis bayi 21m

Posted by: "umialiyah_dzatil@yahoo.co.id" umialiyah_dzatil@yahoo.co.id   umialiyah_dzatil

Wed Oct 19, 2011 10:47 pm (PDT)



Aku copas-in jawaban dr. Anto ya....


Malam.. Mba definisi dan ukuran dari mikropenis dari panduan pediatric urplogy euroweb

http://www.uroweb.org/fileadmin/tx_eauguidelines/2009/Pocket/Paediatric_Urology.pdf

Micropenis is defined as a small but otherwise normally formed penis with a stretched length
of less than 2.5 cm ± SD below the mean (Table 1).

Table 1: Length of the penis in boys (according to Feldmann and Smith)

Age Mean ± SD (cm)

Newborns 3.5 ± 0.4

0-5 months 3.9 ± 0.8

6-12 months 4.3 ± 0.8

1-2 y 4.7 ± 0.8

2-3 y 5.1 ± 0.9

3-4 y 5.5 ± 0.9

4-5 y 5.7 ± 0.9

5-6 y 6.0 ± 0.9

6-7 y 6.1 ± 0.9

7-8 y 6.2 ± 1.0

8-9 y 6.3 ± 1.0

9-10 y 6.3 ± 1.0

10-11 y 6.4 ± 1.1

Adults 13.3 ± 1.6

Untuk ukuran testis ada alat namanya orchidometer (cmiiw) ukuran testis berdasarkan usia, terutama pada kasus gangguan pubertas. Mungkin biasa pada dsa endokrin (berhubungan dengan hormone dan pubertas (cmiiw)
Mungkin sekarang lebih ke modifikasi gaya hidup untuk mencapai berat badan yg ideal ya mba.

-anto



Atun

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: "Bunda Farhan & Athar" <radya_cute@yahoo.co.id>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Thu, 20 Oct 2011 05:29:49
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] Worried ukuran penis bayi 21m

Dear Sp n Dok's
Sesuai topik, Anak saya farhan mmg sjak newborn batang penisnya keliatan kecil, klo mau pipis or bangun pagi ga keliatan memanjang tapi membesar, kirain wajar2 aj penis bayi bgtu tpi pas minggu kmrn pengasuh anak saya yg kedua bertanya klo farhan sdh disunat krn diliatnya penis farhan kecil saya dan suami mulai kwatir, trus kami konsul ke dsa kta beliau penis seusianya normalnya 1,5cm, dia ngasih rujukan k dsa spesialis hormonal di jkt stlah penis farhan diperiksa.

Duh..apa si farhan penisnya bakal kecil gitu terus yaa?
Terapi hormon tuh gmn? Ntar byk dioleh2in obat dunk
Slain trapi hormon bisa diurut ga? (Ada yg bilang diurut aj biar penisnya ntar gd)

Mohon sharenya yaa saya hrs gmn, thx b4


Icha bunda Farhan (21m) &Athar (36d)







Powered by Farhan&Athar~Berry®

------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================Yahoo! Groups Links

10a.

Re: Bls: [sehat] efek antibiotik pada anak

Posted by: "tika tk" tika_ktk@yahoo.com   tika_ktk

Wed Oct 19, 2011 10:35 pm (PDT)



Mba Nikka,

Seperti yang dibilang Mba Ria,
Ditegakkan dulu diagnosa nya.
Kalau DSA nya mengatakan infeksi, infeksi apa?

Coba di tanyakan dengan pasti ke DSA nya.. apa Penyebab nya.
Setelah itu selidiki deh mengenai treatment nya.. Apakah memang perlu AB atau Obat?
untuk cek tntang hasil diagnosa nya, minta bahasa medis ke DSA, cek ke mayo..
untuk cek ttg obat2an, cek ke drugs.com. lengkap semua ya link nya yg tadi di kasih sama SPs.

semoga berkenan yaa..

Warm Regards,
Tika

[Non-text portions of this message have been removed]

11a.

Re: Panas+sariawan

Posted by: "missdee" dyah_iu88@yahoo.com   dyah_iu88

Wed Oct 19, 2011 10:37 pm (PDT)



Selamat Siang,
Saya lagi bingung ini, anak saya lagi susahhh banget makannya. tadi pagi aja baru masuk 2 suap nasi dan itu pun dikit sekali. maunya lauknya aja dan itu pun dikit juga baru beberapa suap langsung tidak mau lagi. akhirnya saya ganti dengan roti, tadi sempat 1/2 roti dimakannya. cemilan pun skrg hanya sedikit dimakannya. cuma mau susu dan air putih.hingga siang ini blum masuk nasi dan lauk pauknya.

Kejadian ini dimulai saat hari hari jumat badan anak saya, Raffa (1th 9 bulan) badannya anget dan mulai panas (saya pikir panas karna mungkin kecapean, karena 2 minggu berturut2 kami travelling), diukur dg thermometer suhunya 38,7 akhirnya saya beri sanmol,sampai dengan hari sabtu suhu tubuhnya naik turun hingga sabtu malam suhunya mencapai 39. biasanya klo badannya panas atau sakit batuk pilek saya selalu ingat dan mengikuti saran dari milis sehat, banyak minum air putih dan makan juga istirahat. tapi kali ini anak saya susaaahh sekali, ga mau makan dan minum pun susah, maunya tidur. karena besoknya (minggu malam) kami harus terbang jarak jauh selama 6 jam, jadi saya memutuskan sabtu malam dibawa ke ugd.

sampai disana diagnosanya: panas karena radang tenggorokan. akhirnya saya diberi antibiotik utk radang(saya minumin,karena khawatir besok mau naik pesawat takut klo badannya masih panas) dan puyer racikan (utk batuk pilek-padahal anak saya tidak batuk pilek, jadi ga saya minumin)juga sirup pemanis utk puyernya. utk panasnya ttp saya kasih sanmol klo panasnya 38,5 lebih.

hari senin suhu tubuhnya sudah kembali normal, dan sudah mulai mau minum air putih lagi. tapi saya lihat kok muncul banyak sariawan di bibir atas 2bh, lidah tengah, lidah pinggir, dan di gusi. mngkin sariawan2 ini yang menyebabkan anak saya susahhh banget makannya hingga hari ini ya. nah akhirnya saya buka2 milis sehat dan menemukan topic di bawah, apa mungkin anak saya terkena HMFD/flu singapur?flu singapur itu apa berasal dari singapur ya? soalnya waktu 2 minggu lalu itu sempat kesana, apa kena dari sana? *pertanyaan yg aneh.. :)*
tapi anak saya ga muncul merah2 di tangan dan kakinya. jadi sisa dari radang(katanyaaa..) dan panas adalah si sariawan ini.

Mohon masukannya saya harus bagaimana atau diberi apa untuk membunuh si sariawan ini? dan bagaimana menghadapi anak saya yg tidak mau makan, apa perlu diganti dengan susu pengganti makanan (pedias***)?

Mohon bantuannya sekali...

Terima kasih,
Dyah

--- In sehat@yahoogroups.com, marcella.kasih@... wrote:
>
> Slamet pagi
> Bahas satu2 ya
> Btw, kalau gaya bahasa eike galak bin judes bin jutek, mohon ditimpuk sambil treak : mpoook, loe bertobat napa...! Ok ? Stuju yaks ?
>
> Here goes :
> Q:
> Anak saya 1th 8 bln dr sabtu malam anget bdnnya (kdng hilang,kdng tambah panas)
> A:
> Mending pakai thermometer ukur suhunya jeung, laporan di milisnya jadi lebik akurat, jawabnya relatif lebih yakin, gak tebak2 buak manggis, ok ?
> Sooo, ditunggu update suhu pakai thermometernya, bukan pakai tanganmeter.
>
> Q:
> kemudian keluar bbrp sariawan di lidah,langit2 mulutnya dan di dkt tenggorokannya. Saya pikir HMFD
> A:
> Saya juga mikir ke situ
>
> Q:
> tp di tangan dan kakinya ga ada merah2/bersih.
> A:
> Anak2 saya masing2 sudah 2 kali HFMD, melenting dan merah2 gak wajib muncul, kadang muncul cuma satu dan tersembuyi pulak (ini kasus temennya felix), atau bahkan gak mlenting sama sekali. Tapi sariawannya minta ampun deh.
>
> Q:
> Saya sdh bw ke dokter dan dikatakan ini sepertinya bakteri.
> A:
> Okey....kita lanjut ke berikut dulu
>
> Q :
> Belum lama ini anak tetangga saya jg mengalami hal ini (bdn panas+sariawan) dan kt dokter mrk itu jg bakteri.
> A:
> Tanpa mengurangi rasa hormat pada dsa yang sudah berkecimpung lebih lama dibidang pediatrik dari pada saya yang cuma berenang di milis ini, kok rasanya ada yang janggal ya.
>
> Dokter yth kan gak lihat tuh anak2 langsung. Kok ya berani langsung diagnosa, dan diagnosanya nembak disasaran sempit, anak tetangga kena bakteri.
>
> Dokter yth menebak2 kah ?
> Ehm, sebagai pertimbangan, coba baca deh, posting dr Wati dan dokter2 lain, beberapa kali menulis langkah2 menegakkan diagnosa. Mbak bakal lihat, dipoint mana dokter yth melakukan penyimpangan, he2.
>
> Q:
> Yang saya mau tanya sebenarnya ini sakit apa sih dan apa bnr krn bakteri atau ada penyebab/pencetus lain?
> A:
> Kalau boleh tahu, saat ini kondisi anak gimana ? Mau makan dan minum ? Masih mau main ? Btw, suhunya diukur dulu ya pakai thermometer, trus lihat trend naik turun suhunya.
>
> Menentukan bakteri itu gak segitu mudahnya.
>
> HFMD sendiri kan penyebabbya virus, jadi cukup makan minum yang memadai, istirahat, jangan keluar rumah nanti nularin tetangga lain (*nambah lama tuh lingkaran penularan), trus tunggu sambuh sendiri deh.
>
> HFMD penampakannya emang jelek, tapi penyakitnya sendiri gampang kalah kalau daya tahan baik. Bahkan ada yang cuma sariawan aja, tanpa demam, apalagi melenting. Ini kejadian di anak2 besar di SD yang hasilnya mereka menurari adik2 kelas di kelas 1-3, bahkan nyebrang ke TK. Ini KLB khas sekolah, he2.
>
> Lho kalo beneran bakteri ?
> Naaah, ini bagian mbak blajar yaaa
> Udah baca tanda2 kegawat daruratan ?
> Kalau ada tanda itu, terbang deh ke dokter, ok ?
> Mbak curiga bakteri apa ? Browsing deh, cari tahu tanda emergency buat infeksi bakteri itu. Kalau gak tau keywordnya, toel milis ini, yang hobby kasih keyword banyak deh. Kadang sama link nya skalian sebagai bonus, he.
>
> Q :
> Kalau ada yg anaknya pernah seperti ini share ya
> A:
> Itulah yang saya lakukan diatas, he2
>
>
> Regards,
> Marcella
> *mpok bawel seperti biasaaa
> Sent from my BlackBerry0…3
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>

11b.

Re: Panas+sariawan

Posted by: "siti amatullah mutmainah" amianakbinus@yahoo.com   amianakbinus

Wed Oct 19, 2011 10:52 pm (PDT)



Dikasih yg dingin2 aja mba.. Potongan buah dingin (dibikin sop buah uasiiik tuh), ngulum es batu jg boleh), es krim .. Etc

Dgn catatan anaknya ga alergi dingin yah

GWS,
Ami


Sent from AmiBerry® via Smart 1x / EVDO Network.
12.

[news] Menjadi Pasien Cerdas, Pahami Pengobatan Rasional, Yuk! (2)

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Wed Oct 19, 2011 11:04 pm (PDT)



Rabu, 12 Oktober 2011

Menjadi Pasien Cerdas, Pahami Pengobatan Rasional, Yuk! (2)

Foto: Getty Images

*Tak Perlu Puyer*

Bagaimana dengan puyer? Menurut Dr. Purnamawati S. Pujiarto, Sp. A (K),
MMPed., masyarakat bisa semakin cerdas dan bijak karena di era informasi
ini mereka bisa memperoleh informasi berkualitas (obyektif dan ilmiah)
dengan mudah dan murah. Masyarakat juga sudah paham kenapa anak umumnya
tidak butuh puyer.

Dari sekian banyak alasan untuk tidak mengonsumsi puyer, empat di
antaranya adalah:

1. Puyer membuka pintu lebar ke arah polifarmasi yang tidak rasional.
Contohnya, banyak anggota masyarakat yang paham bahwa penyakit harian
batuk pilek tidak ada obatnya. Batuk bukan penyakit, batuk tidak jahat,
dan tidak mematikan. Batuk justru merupakan mekanisme pertahanan tubuh
untuk membersihkan saluran napas dari segala sesuatu yang menganggunya
(debu, dahak, makanan/minuman yang tesedak). Refleks batuk justru tidak
boleh ditekan.

Masyarakat juga mulai paham bahwa muntah dan diare bukan penyakit,
melainkan suatu refleks protektif untuk membuang segala sesuatu yang
tidak berkenan di saluran cerna kita. Dengan demikian, muntah dan diare
justru tidak boleh dimampatkan, tidak boleh dipaksa dihentikan, dan yang
justru harus dilakukan adalah mengganti cairan dan elektrolit yang
hilang dengan memberikan oralit, selain terus memberikan asi dan cairan
lainnya. Ketika kondisinya tidak membutuhkan banyak obat (hanya butuh 1
bahkan maksimal 2 obat), kenapa harus mengonsumsi racikan yang isinya
banyak obat?

2. Masyarakat sudah semakin paham pentingnya mencari informasi terkini
yang sahih (obyektif), sehingga tatalaksana gangguan kesehatan
diupayakan berbasis bukti (kedokteran berbasis bukti alias evidence/ /
based/ / medicine atau EBM), bukan sekedar berbasis pengalaman atau
berbasis testimoni.

Sebagian besar penyakit ada panduan tatalaksananya dan panduan tersebut
senantiasa di-update sesuai perkembangan ilmu, sehingga senantiasa
berbasis bukti yang kuat dan sahih. Seyogianya, semua pihak (dokter dan
pasien) mematuhi tatalaksana penyakit terkait. Misalnya, ISPA virus
tidak butuh banyak obat, kenapa pula harus diberi banyak obat?

3. Pasien berhak mendapat informasi terkait resep/obat yang mereka
terima. Ada lima komponen informasi terkait obat yang wajib diketahui
pasien, yaitu kandungan aktif, indikasi, kontraindikasi, risiko efek
samping, serta dosis dan cara pakai. Satu obat sekalipun, ketika
dipergunakan dengan tidak benar, bisa menimbulkan efek samping, apalagi
ketika bayi-anak (mereka lebih rentan mengalami efek samping obat)
diberi banyak obat sekaligus.

4. Setiap obat diproduksi di pabrik dengan memperhatikan kaidah proses
pembuatan obat yang baik (good manufacturing practices). Sedihnya, obat
yang diproduksi dan dikemas sesuai aturan (tentunya dengan biaya yang
tidak sedikit), sesampainya di apotek/klinik, dibuka dari kemasan,
kapsulnya dicopot, lalu berbagai obat dicampur atau diblender menjadi
satu. Kita seharusnya dengan kritis mempertanyakan stabilitas obat-obat
tersebut setelah digerus campur baur, apalagi negara kita negara tropis
yang lembap.

*Ajukan Pertanyaan *

Pada saat Anda pergi berkonsultasi ke dokter dan mendapat resep obat,
jangan lupa untuk mengajukan beberapa pertanyaan wajib di bawah ini:
1. Apakah saya (anak saya) benar-benar membutuhkan obat-obatan ini? Kenapa?
2. Apa kandungan aktifnya? Apa indikasinya?
3. Bagaimana kerjanya? Apa kontraindikasi pemberian obat ini? Apa risiko
efek sampingnya?
4. Apakah ada generiknya?
5. Apabila pasien tengah mengonsumsi suatu obat-obatan, tanyakan apakah
akan timbul interaksi antara obat-obat tersebut. Setelah itu, pencarian
informasi bisa dilanjutkan di web yang terpercaya, misalnya www.drugs.com.

*Hasto Prianggoro
*

*http://tabloidnova.net/Nova/Kesehatan/Umum/Menjadi-Pasien-Cerdas-Pahami-Pengobatan-Rasional-Yuk!-2
*

[Non-text portions of this message have been removed]

13.

tanya Panas dan kelenjar limpha membesar

Posted by: "Ochie Said" ochie.said@yahoo.com   ochie.said

Wed Oct 19, 2011 11:08 pm (PDT)



Dear Sps dan doctors,
 
Saya member pasif milis sehat ini, tapi saya banyak belajar dari milis ini
Sekarang ini anak saya Kenza 16,5 th semalem mengeluh sakit daerah paha atas dan kekenjar limpha di daerah (maaf )selangkangan membesar, tadi pagi sebelum saya kekantor dai hanya mengeluh sakit saat jalan tapi tidak ada keluha lain
 
Siang tadi guru sekolahnya telpon katanya Kenza sekarang panas (39.5), dan mengeluh sakit perut kanan bawah, untuk saat ini panasnya baru di kasih paracetamol 500 mg
 
Apa mungkin ini gejala infeksi usus buntu? Saya tinggal di daerah Pamulang dan sampai saat ini belum ketemu dokter yang RUM, Apa Ada saran dari SPs dan dokters harus saya bawa kemana dan dengan dokter siapa?
 
Thanks
Ochie

[Non-text portions of this message have been removed]

Recent Activity
Visit Your Group
Need traffic?

Drive customers

With search ads

on Yahoo!

Yahoo! Health

Asthma Triggers

How you can

identify them.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: