Wednesday, October 19, 2011

[sehat] Digest Number 16293

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1.1.
Re: Need_Info: Tes Bakat Anak lewat Sidik Jari di Bekasi/Jakartabnnm From: Khonic
2.
[news] Jabar - Tren Penyakit Campak Naik From: /ghz
3a.
Re: Contoh Pelayanan kesehatan di USA by Panji Hadisoemarto (Kompasi From: piep71@ymail.com
3b.
Re: Contoh Pelayanan kesehatan di USA by Panji Hadisoemarto (Kompasi From: twinkle-little.z@telkomsel.blackberry.com
3c.
Re: Contoh Pelayanan kesehatan di USA by Panji Hadisoemarto (Kompasi From: heidy_jo@yahoo.com
3d.
Re: Contoh Pelayanan kesehatan di USA by Panji Hadisoemarto (Kompasi From: /ghz
3e.
Re: Contoh Pelayanan kesehatan di USA by Panji Hadisoemarto (Kompasi From: yoga pranata
4a.
Re: [Numpang Curhat] Anak Anemia, No Gula Garam jadi kambing hitam. From: Yeptirani Syari
5a.
Re: Esperson From: tika tk
6.1.
Re: ADB gak ya? (re-send) From: Amanda Kania P
7a.
Re: efek samping vit. Penambah nafsu makan From: lisvi_na@yahoo.co.id
7b.
Re: efek samping vit. Penambah nafsu makan From: Yeptirani Syari
8.
[Repost] Tes Sidik jari -->dari sudut pandang Psikolog From: niken qinen
9a.
Re: FW: [Hukum-Online] Penyebab Harga Obat Mahal - Dokter Raup Fee O From: drjohanwidj
9b.
Re: FW: [Hukum-Online] Penyebab Harga Obat Mahal - Dokter Raup Fee O From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
9c.
Re: FW: [Hukum-Online] Penyebab Harga Obat Mahal - Dokter Raup Fee O From: /ghz
9d.
Re: FW: [Hukum-Online] Penyebab Harga Obat Mahal - Dokter Raup Fee O From: yoga pranata
9e.
Re: FW: [Hukum-Online] Penyebab Harga Obat Mahal - Dokter Raup Fee O From: drjohanwidj
10a.
ikan yang aman dari merkuri From: Abrar Mom
10b.
Re: ikan yang aman dari merkuri From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
10c.
Bls: [sehat] ikan yang aman dari merkuri From: Abrar Mom
11.1.
Re: Ask--dokter kulit From: aina
12.
Imunisasi Rotavirus dan PVC From: LERINA SINAGA
13a.
Re: [OOT] [Tanya] Suhu AC yg sehat & ideal? From: Ida kusumawaty
14.
Bls: [sehat] Imunisasi Rotavirus dan PVC From: 'Ita' Elisabeth Dianita

Messages

1.1.

Re: Need_Info: Tes Bakat Anak lewat Sidik Jari di Bekasi/Jakartabnnm

Posted by: "Khonic" khonic@gmail.com   khonic_ds

Tue Oct 18, 2011 7:57 pm (PDT)



Mba Marcella : Ayu ting2 Hati2 Heraikaaam (*sambil mencincing rok takut keserimpet) --> ngakak abeeesss - sol-makin oot

Khonic

Sent from my Freegift-Berry0…3 supported by my lovely hubby (^__^)
2.

[news] Jabar - Tren Penyakit Campak Naik

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Tue Oct 18, 2011 7:58 pm (PDT)



Penyebaran penyakit campak di Jawa Barat mengalami peningkatan."Sejak
2008 hingga tahun ini ada tren kenaikan penyakit campak,"kata Gubernur
Ahmad Heryawan di Gedung Sate, Bandung, kemarin. Data pemerintah Jawa
Barat mencatat kejadian luar biasa (KLB) penyakit campak di
kabupaten/kota mulai muncul sejak 2009. Pada 2009 tercatat ada enam kali
KLB penyakit tersebut di sejumlah kabupaten/kota dengan 47 penderita.

Pada 2010 tercatat ada 25 kali KLB penyakit campak, dengan total 739
penderita. Tahun ini hingga September, status KLB muncul 35 kali di
sejumlah kabupaten/kota dengan total penderita sudah menembus 950 orang.
Heryawan mengatakan, sebaliknya untuk kasus polio, dalam lima tahun
terakhir tidak pernah lagi muncul. "Makanya, sebelum muncul, kita
antisipasi,"katanya usai membuka kampanye imunisasi campak dan polio
kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Alma Lucyati mengatakan, kendati tren
naik, Jawa Barat belum menyatakan status KLB untuk provinsi."Untuk
mengantisipasi agar tidak KLB, kita cepat intervensi,"ucapnya.

Sementara itu, di Cirebon, petugas diminta mendatangi setiap rumah
penduduk untuk memeriksa apakah bayi di sana sudah mendapatkan imunisasi
campak dan polio."Jangan hanya menunggu,"kata Bupati Cirebon Dedi
Supardi kemarin. AHMAD FIKRI | IVANSYAH

http://epaper.korantempo.com/PUBLICATIONS/KT/KT/2011/10/19/ArticleHtmls/Tren-Penyakit-Campak-Naik-19102011009014.shtml?Mode=1

3a.

Re: Contoh Pelayanan kesehatan di USA by Panji Hadisoemarto (Kompasi

Posted by: "piep71@ymail.com" piep71@ymail.com

Tue Oct 18, 2011 7:59 pm (PDT)




Dear mba zeta
Soal jamkesmas, ART saya punya kartu jamkesmas jg waktu itu suspect Usus Buntu, kemudian periksa pki kartu jamkesmas dan beberapakali kontrol, dia periksa+rongten+kontrol+obat gratis semua tuh mba, kata dia waktu daftar jamkesmas juga ga berbelit2

Sarica
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
3b.

Re: Contoh Pelayanan kesehatan di USA by Panji Hadisoemarto (Kompasi

Posted by: "twinkle-little.z@telkomsel.blackberry.com" twinkle-little.z@telkomsel.blackberry.com

Tue Oct 18, 2011 8:11 pm (PDT)



Mungkin oknum yg di wilayah teman sy itu kali ya mba, yg mempersulit :(
Soalna sptnya temen sy itu sampe kapok mau ngurus jamkes nya.. Tp nanti sy kasi tau lg deh spy diusahakan diurus..sayang kan kalo gak :)

Thx mba
Powered by Telkomsel BlackBerry®
3c.

Re: Contoh Pelayanan kesehatan di USA by Panji Hadisoemarto (Kompasi

Posted by: "heidy_jo@yahoo.com" heidy_jo@yahoo.com   heidy_jo

Tue Oct 18, 2011 8:17 pm (PDT)



Sengaja ga potek...

Makanyaaa jaga kesehatan masing2. Hidup di indo lebih baik ga sakit samsek krn kalo sekalinya sakit malah jadi ladang uang buat mafia kesehatan.

Imho...
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: twinkle-little.z@telkomsel.blackberry.com
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Wed, 19 Oct 2011 02:41:02
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Contoh Pelayanan kesehatan di USA by Panji Hadisoemarto (Kompasiana 18/10/2011)

Ya Allah beda bgt sm pelayanan di indonesiaaaa (ʃ˘̩̩̩_˘̩ƪ)

Sbenernya yg beda in apa ya? Kan sekolahnya jg sama kan? Apa karakter manusianya ya? Kalo di indonesia krn negara berkembang jd lebih materialistis...?

Di indonesia, setiap masuk ugd seringnya ga bs keluar lagi hehe minimal keluar bawa obat2an segambreng.. pdhl diagnosanya blm pasti..

Oiya, sy inget cerita teman sy yg tergolong org tidak mampu, dy tdk mau mengurus jamkes nya krn dia blg " ga ada guna nya" sama aja harus bayar mahaal mana ngurusnya susah, pdhl wkt itu anak nya lg koma berminggu2 di rs :'(

Semoga kita rakyat indonesia dibukakan pikiran dan hati nya untuk lebih peka terhadap sesama n ga mjd pribadi yg materialistis ...

*maaf curcol nya panjang, soalna baru aja menghadapi pelayanan kesehatan yg menyedihkan + disuruh bayaar mahal untuk itu :'( *

Zeta
Powered by Telkomsel BlackBerry®

[Non-text portions of this message have been removed]

3d.

Re: Contoh Pelayanan kesehatan di USA by Panji Hadisoemarto (Kompasi

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Tue Oct 18, 2011 8:17 pm (PDT)



ada yg sudah pernah nontion film sicko garapan micheal moore.
mengungkap kebobrokan sistem pelayann kesehatan di negri paman sam bin nuh.
bisa di cari di youtube atau sedikit bacaan disini :
http://en.wikipedia.org/wiki/Sicko

salamku
bapakeghozan

3e.

Re: Contoh Pelayanan kesehatan di USA by Panji Hadisoemarto (Kompasi

Posted by: "yoga pranata" doyogh@gmail.com   doyogh

Tue Oct 18, 2011 9:24 pm (PDT)



ralat, maksudnya "Pelayanan gratis/mudah/murah TIDAK SELALU = Pelayanan
rasional"

2011/10/19 yoga pranata <doyogh@gmail.com>

> dear all,
>
> sebuah contoh sistem kesehatan yang bagus dibanding sistem kesehatan
> indonesia, hehehehe...
> sebuah contoh pasien yang bagus juga dibanding pasien di indonesia,
> hehehehe...
>
> sayang tidak dijelaskan dasar diagnosis infeksi bakteri *Mycoplasma
> pneumonia* dari mana? karena dari IGD dikatakan penyebabnya virus, kenapa
> tiba-tiba jadi bakteri *Mycoplasma pneumonia*? hasil follow up setelah
> pulang dari dokter berbekal antibiotik juga tidak ada datanya. mungkin si
> penulis tidak menitik beratkan ceritanya pada hal ini yah tapi pada sistem
> kesehatannya, tapi menggelitik aja buat saya.
>
> buat temen-temen sekalian, mohon diingat bahwa "Pelayanan
> gratis/mudah/murah = Pelayanan rasional" seringkali teman-teman kita yang
> punya asuransi atau malah berobatnya gratisan jadi lebih tidak rasional
> karena merasa tidak perlu mengeluarkan biaya kesehatan banyak karena gratis
> atau ditanggung asuransi, jadi semua pemeriksaan yang mungkin tidak
> diperlukan jadi dilakukan cuma karena gratis. begitu pula dengan obatnya,
> cuma karena obatnya ditanggung sama asuransi, maka dibeli aja.
>
> Tetap harus diingat aspek rasionalitasnya. kalau tidak perlu ke dokter ya
> ga usah ke dokter. kalau tidak perlu periksa-periksa ya ga perlu
> periksa-periksa. kalau ga perlu obat ya ga usah minum obat. semoga buat
> temen-temen yang punya asuransi atau biaya kesehatannya ditanggung kantor
> tidak jadi membutakan mata sehingga menjadi tidak rasional cuma karena tidak
> perlu keluar biaya atau gratisan. Hati-hati asuransi bisa jadi pisau bermata
> dua jika kita tidak bijak menggunakannya.
>
> mohon maaf kalo tidak berkenan
>
>
>
> --
> Yoga
> yang lagi sama-sama belajar
> Yayasan Orang Tua Peduli
> www.milissehat.web.id
>

--
Yoga
yang lagi sama-sama belajar
Yayasan Orang Tua Peduli
www.milissehat.web.id

[Non-text portions of this message have been removed]

4a.

Re: [Numpang Curhat] Anak Anemia, No Gula Garam jadi kambing hitam.

Posted by: "Yeptirani Syari" sehat.syari@gmail.com

Tue Oct 18, 2011 8:07 pm (PDT)



Mbak Tari...

idealnya sih anak dikenalin no gulgar tuh sampe dewasa n sampai dia beranak
sendiri, jadi cucu kita juga diajarin no gulgar hehehe..

soalnya tuh, mo dibilang garam banyak mineralnya juga, mineral garam gak
dibutuhkan tubuh kalo pola makan kita sehat sesuai piramida makanan.

buktinya, Zimam gak pernah makan garam kecuali dari keju, dan gak pernah
makan gula kecuali dari nasi dan buah, BB dan TB-nya sesuai growth chart,
artinya kebutuhan gizi, vitamin, mineralnya sudah sangat tercukupi tanpa
konsumsi garam dan gula sekalipun.

tapi kalo aku pribadi, untuk makanan Zimam mungkin aku gak akan masukin
gargul, tapi kalo dia makan di luar dan bergarglu (di atas 1 tahun), aku
akan ijinkan selama dianya mau :p

*tapi katanya anak no gargul jarang mau jajan di luar hehehe.. -impian semua
orang tua tuh..

--
Yeptirani Syari, ~Dandanya Zee~
"kalo mo japri, ke *y.syari@gmail.com* ajah... biar gak nyelip :p"

[Non-text portions of this message have been removed]

5a.

Re: Esperson

Posted by: "tika tk" tika_ktk@yahoo.com   tika_ktk

Tue Oct 18, 2011 8:19 pm (PDT)



Mba Fifie,

Ini keywords nya, tinggal pilih ya disesuaikan dengan maksudnya mba :)

Biduran/kaligata --> Urticaria / Hives
Dematitis --> Dermatitis (ada 2 jenis: Atopic & Seborrheic)

Warm Regards,
Tika

[Non-text portions of this message have been removed]

6.1.

Re: ADB gak ya? (re-send)

Posted by: "Amanda Kania P" amandaunique@yahoo.com.au   amandaunique

Tue Oct 18, 2011 8:23 pm (PDT)




Maaf sampai re-send,krn tkt gk dibaca..
Rencana nanti atau bsk siang mau ktm DSA-nya soalnya :-)

> Dear SPs dan dokter, makasih banyak sudah sempat menjawab.
> Jd dosis terapinya sdh bener ya. 3*5ml/ hr (Fe 3mg/ml).
> Apa saya lanjutkan terapinya dn baru test lab lg setelah 1bln, atau gimana ya?
> Apa saya perlu test RDW,CRP,TIBC krn Rasya suspect Thalassemia?
> Perlu test faeces jg krn mungkin penyebab anemianya kebanyakan susu UHT gk ya? (Sampai sekitar 1,5 bln yg lalu Rasya kdg bs minum UHT 1 ltr sehari).
> Hasil labnya menyarankan analisa Hb maxudnya apa ya?
> Terimakasih
>
>
> Amanda
>

7a.

Re: efek samping vit. Penambah nafsu makan

Posted by: "lisvi_na@yahoo.co.id" lisvi_na@yahoo.co.id   lisvi_na

Tue Oct 18, 2011 8:26 pm (PDT)



Dear Bunda Wati, wah....jelas sekali penjabaran dari Bunda,terima kasih atas koreksinya.sehingga tanggapan bunda bisa saya sampaikan ke suami & mertua saya.langsung saya save Bunda :)

Vina moms Qila.
Powered by Telkomsel BlackBerry®
7b.

Re: efek samping vit. Penambah nafsu makan

Posted by: "Yeptirani Syari" sehat.syari@gmail.com

Tue Oct 18, 2011 9:10 pm (PDT)



saya save dulu buat pegangan kalo2 nanti Zimam GTM parah ^_^

makasih ya bunda Wati..

--
Yeptirani Syari, ~Dandanya Zee~
"kalo mo japri, ke *y.syari@gmail.com* ajah... biar gak nyelip :p"

[Non-text portions of this message have been removed]

8.

[Repost] Tes Sidik jari -->dari sudut pandang Psikolog

Posted by: "niken qinen" nikenqinen@gmail.com   qinen_q9

Tue Oct 18, 2011 8:28 pm (PDT)



http://news.okezone.com/read/2011/05/15/58/457267/sidik-jari

Setelah kasus Otak Tengah, yang akhir-akhir ini sering ditanyakan
kepada saya adalah tentang tes Sidik Jari untuk mengetahui kepribadian
anak.

Saya, yang sudah 43 tahun malang-melintang di dunia psikologi, belum
pernah tahu sebelumnya tentang keberadaan tes tersebut dan tidak mau
ambil pusing. Paling-paling penipuan lagi, pikir saya. Tetapi,
beberapa hari yang lalu anak saya, yang kebetulan juga psikolog,
bercerita kepada saya bahwa dia diajak temannya (baca: dikejar-kejar)
untuk bergabung dengan usaha dia dalam usaha tes Sidik Jari.
"Lumayan," kata temannya itu. Captive market-nya ibu-ibu yang punya
anak kecil dan sekolah-sekolah. Biayanya Rp500.000 per anak.

Sebagai psikolog profesional, anak saya meragukan validitas dan
reliabilitas (keabsahan dan kesahihan) tes itu. Apalagi dengan job dan
statusnya yang sudah mapan dan gajinya yang sudah berlipat-lipat di
atas UMR, dia tidak mau ambil risiko. Karena itu, ia minta pendapat
saya. Saya langsung saja menyatakan bahwa saya pun tidak percaya,
tetapi saya penasaran. Maka saya pun browsing semua jurnal psikologi
(hampir seluruh dunia yang berbahasa Inggris) yang bisa diakses oleh
mesin searcher dari Asosiasi Psikologi Amerika (APA) di mana saya
menjadi salah satu anggotanya.

Hasilnya menakjubkan, sekira 40.000 tulisan yang mengandung kata
"finger print" Langsung saya cari judul-judul yang kira-kira terkait
sidik jari dalam hubungannya dengan bakat, kepribadian, atau
kecerdasan anak.

Hasilnya: NIHIL! Sedangkan kalau saya gunakan kata kunci
Dermatoglyphic (Dermato artinya kulit, Glyphs artinya ukiran, jadi
kulit yang berukiran) ada satu keluaran, yaitu tulisan berjudul
"Neurodevelopmental Interactions Conferring Risk for Schizophrenia: A
Study of Dermatoglyphic Markers in Patients and Relatives", oleh
Avila, Matthew T; Sherr, Jay; Valentine, Leanne E; Blaxton, Teresa A;
Thaker, Gunvant K dalam Schizophrenia Bulletin, Vol 29 (3), 2003,
halaman 595- 605. Jadi tulisan yang satu ini pun hanya tentang
hubungan antara gejala sakit jiwa schizofrenia (dipercaya sebagai
penyakit turunan) dengan pola sidik jari (juga merupakan bawaan).

Sebaliknya, dari Google, saya mendapat banyak sekali keluaran setelah
memasukkan kata kunci "sidik jari", bahkan ada website-nya. Hampir
semua bercerita tentang keilmiahan metode analisis kepribadian dengan
tes Sidik Jari ini. Bahkan ada iklan promo yang menawarkan tes Sidik
Jari "hanya" Rp375.000 per anak. Sisanya adalah testimoni dari
orang-orang yang pernah mencoba tes yang katanya pelaksanaannya sangat
mudah. Sedangkan salah satu kalimat promosi mereka adalah bahwa
"Analisis sidik jari memiliki tingkat akurasi lebih tinggi daripada
metode pengukuran lain. Klaim akurasi 87%". Luar biasa kalau tes itu
benar.

Kalau seorang ibu sudah mengetahui seluruh "rahasia" kepribadian
anaknya melalui sidik jari anak, dia tinggal ongkang-ongkang kaki dan
dia hanya perlu mengatur anaknya sesuai petunjuk hasil tes Sidik Jari,
dan anaknya akan menjadi orang yang pandai, jujur, kreatif, berbakti
kepada orang tua, beriman, bertakwa, dan saleh. Lebih senang lagi
anggota Densus 88. Mereka tidak perlu berpayah-payah lagi. Cukup
dengan memeriksa sidik jari, mereka bisa mengidentifikasi pembom bunuh
diri, menangkapnya, dan memasukkannya ke penjara.

Tetapi, faktanya kan tidak seperti itu. Upaya manusia untuk
mempelajari jiwa sudah berawal sejak zaman Socrates, 400 tahun sebelum
masehi, dan melalui perjalanan sejarah yang panjang sekali, serta
mendapat masukan dari berbagai ilmu, termasuk ilmu faal dan
kedokteran, serta matematika. Wilhelm Wundt baru menyatakan, psikologi
sebagai ilmu yang mandiri pada 1879 di Leipzig, Jerman (versi Amerika
oleh William James di sekitar tahun yang sama di Universitas Harvard).
Pascakelahirannya, psikologi berkembang terus, termasuk mengupayakan
berbagai teknik dan metode untuk mengukur berbagai aspek kepribadian,
termasuk tes IQ, minat, sikap, bakat, emosi, dan seterusnya.

Kemajuannya sangat langkah-demi-langkah, tidak ada yang langsung
meloncat, dan sebagaimana ilmu pengetahuan lainnya, setiap kemajuan,
temuan atau kritik selalu dilaporkan dalam jurnal-jurnal dan
seminar-seminar psikologi seluruh dunia. Karena itulah, langkah
pertama saya adalah mengecek jurnal ilmiah psikologi untuk memastikan
apakah tes Sidik Jari ini termasuk metode yang diakui dalam psikologi
atau tidak. Sementara itu, teknik analisis sidik jari juga sudah
berkembang sejak 1800-an. Pada 1880 Dr Henry Faulds melaporkan tentang
sistem klasifikasi yang dibuatnya untuk mengidentifikasi seseorang.

Pada 1901 teknik yang disebut daktiloskopi ini digunakan di Inggris,
1902 di Amerika digunakan di kalangan pegawai negeri, 1905 di Angkatan
darat AS, dan sejak 1924 mulai dipakai oleh FBI. Tetapi, semuanya
untuk menentukan identitas fisik seseorang. Misalnya, apakah benar
sidik jari yang ditinggalkan pelaku di TKP (tempat kejadian perkara)
perampokan adalah milik si Fulan. Sebelum ditemukan sistem DNA,
daktiloskopi-lah yang menjadi andalan polisi. Namun, di kemudian hari,
teknik analisis Sidik Jari yang awalnya hanya untuk identifikasi fisik
tampaknya berkembang menjadi teknik identifikasi psikis (kejiwaan)
juga.

Ilmuwan Inggris Sir Francis Galton yang masih sepupu Sir Charlis
Darwin adalah penganut teori evolusi. Dia percaya bahwa kepribadian
ditentukan oleh bakat-bakat yang dibawa sejak lahir dan bakat-bakat
itu terukir di sidik jari setiap orang. Maka ia menerbitkan buku
Finger Prints (1888) dan memperkenalkan klasifikasi sidik jari yang
dihubungkan dengan klasifikasi kepribadian. Pasca-Galton tampaknya
dermatoglyphs semakin berkembang dan diyakini sebagai ilmu pengetahuan
yang sahih, lengkap dengan buku-buku, dan jurnal-jurnal "ilmiah"
mereka sendiri. Kalau kita cari di Google, dengan kata kunci
dermatoglyphs akan keluar lebih dari 70.000 informasi, tetapi semuanya
diluar komunitas ilmu psikologi.

Dengan demikian, dermatoglyphs sebenarnya pseudo science (ilmu semu)
dari psikologi. Ilmu semu lain dalam psikologi yang banyak kita kenal
adalah astrologi (banyak di majalah- majalah wanita dan remaja, tetapi
tidak pernah ada di koran SINDO), palmistri (ilmu rajah tangan, yang
ketika saya mahasiswa sering saya pakai untuk merayu
mahasiswi-mahasiswi Fakultas Sastra sambil meraba-raba tangannya),
numerologi (meramal atau menjodohkan orang dengan menggunakan
angka-angka tanggal lahir dsb), tarrot (dengan menggunakan
kartu-kartu), dan masih banyak lagi.

Semua itu mengklaim diri sebagai ilmu, lengkap dengan literatur dan
teknik masing-masing, dan memang tampaknya sahih dan canggih betul
(ada yang putus dari pacar gara-gara bintangnya tidak cocok). Tetapi,
ada satu hal yang tidak bisa dipenuhi oleh semua ilmu semu, yaitu
tidak bisa diverifikasi teorinya. Dalam Astrologi misalnya tidak
pernah bisa dibuktikan hubungan antara singa yang galak dan bintang
Leo. Apalagi membuktikan manusia berbintang Leo dengan sifatnya yang
galak (banyak juga cewek Leo yang jinak-jinak merpati,loh!).

Dalam hal ilmu sidik jari sama saja. Tidak bisa diverifikasi bagaimana
hubungannya antara sidik jari (bawaan) dan sifat, minat, perilaku,
apalagi jodoh dan karier, bahkan kesalehan seseorang yang merupakan
hasil dari ratusan variabel seperti faktor sosial, ekonomi, budaya,
pendidikan, lingkungan alam, dan sebagainya, walaupun termasuk sedikit
faktor bawaan. Pandangan bahwa kepribadian ditentukan oleh faktor
bawaan (nativisme) sudah lama ditinggalkan psikologi.

Teori yang berlaku sekarang adalah bahwa kepribadian ditentukan
pengalaman yang diperoleh dari lingkungan. Karena itu, untuk memeriksa
itu diperlukan proses yang panjang (metode psikodiagnostik,
assessment) dan duit yang lumayan banyak. Karenaitu, saya tidak pernah
menyarankan orang untuk ikut psikotes kalau hanya untuk ingin tahu.
Buang-buang duit. Tetapi lebih sia-sia lagi kalau buang duit untuk tes
Sidik Jari.

SARLITO WIRAWAN SARWONO
Guru Besar Fakultas Psikologi UI

[Non-text portions of this message have been removed]

9a.

Re: FW: [Hukum-Online] Penyebab Harga Obat Mahal - Dokter Raup Fee O

Posted by: "drjohanwidj" drjohanwidj@yahoo.com   drjohanwidj

Tue Oct 18, 2011 8:49 pm (PDT)



dr.Laksmi, saya setuju. Sudah sepuluh tahun praktek, kok gak ada yg nawarin saya kayak gitu. Sudah beberapa lama ini gak didatangi medrep, mereka tahu mana yg potensial, mana yg buang waktu mereka aja.

Farmasi nakal ya pasti ada, dokter nakal tentu saja ada, pasien nakal siapa bilang tidak ada.

Johan Widjaja

9b.

Re: FW: [Hukum-Online] Penyebab Harga Obat Mahal - Dokter Raup Fee O

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Tue Oct 18, 2011 9:04 pm (PDT)



Kelihatannya memang gitu dr John
Mereka gak mau buang waktu buat dokter2 yang tidak mau digoda dan tidak ada potensi tergoda...waktu adalah uang, datang ke dokter yang beriman kuat, suatu kerugian buat mereka...buang waktu identik buang uang.

Berkat berlimpah buat dokter2 di milis ini cuma bisa Tuhan yang beri, kami hanya bisa bersyukur dan mohon agar Tuhan memberikan dokter2 milis rejeki halal berlimpah dan kebahagiaan di dunia dan surga.

Amiiiin.

Regards,
Marcella
*mpok bawel mengoceh
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
9c.

Re: FW: [Hukum-Online] Penyebab Harga Obat Mahal - Dokter Raup Fee O

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Tue Oct 18, 2011 9:15 pm (PDT)



On 10/19/2011 10:49 AM, drjohanwidj wrote:
> Farmasi nakal ya pasti ada, dokter nakal tentu saja ada, pasien nakal siapa bilang tidak ada.
>
==> boleh tahu apa maksudnya pasien nakal pak dokter?
sejuah mana dampaknya untuk masyarakat luas?

terima kasih

salamku
bapakeghozan

9d.

Re: FW: [Hukum-Online] Penyebab Harga Obat Mahal - Dokter Raup Fee O

Posted by: "yoga pranata" doyogh@gmail.com   doyogh

Tue Oct 18, 2011 9:42 pm (PDT)



sad...
fenomena nyata, tapi tentu saja hanya oknum, tidak semua dokter, tapi memang
oknumnya juga banyak.
mohon maaf atas nama para dokter...

kalo dipikir lagi masalahnya njelimet dan berkaitan ama hajat hidup orang
banyak, dengan adanya dokter yang menolak praktek seperti ini seperti dr
laksmi dan dr johan, toh industri ini tetap marak juga dan harga obat tetap
mahal. artinya banyak faktor yang berkontribusi terhadap mahalnya harga
obat, bukan cuma para dokter...ga akan pernah selesai saya rasa selama
pemerintah dalam hal ini departemen kesehatan misalnya belum membuat aturan
yang jelas dan dipatuhi mengenai hal tersebut.

--
Yoga
yang lagi sama-sama belajar
Yayasan Orang Tua Peduli
www.milissehat.web.id

[Non-text portions of this message have been removed]

9e.

Re: FW: [Hukum-Online] Penyebab Harga Obat Mahal - Dokter Raup Fee O

Posted by: "drjohanwidj" drjohanwidj@yahoo.com   drjohanwidj

Tue Oct 18, 2011 9:42 pm (PDT)



Contoh salah satu "nakal" karena sudah dibilang nggak bisa usg 4d karena usia kehamilannya terlalu tua utk diperiksa, ngotot mau foto wajah bayinya, biar bisa dipamerin. lah saya kan jadi tukang potret pas foto bayi dalam kandungan dong, bapakeghozan. Alasan pasien adalah disuruh dr SpOG, apa iya begitu, saya bisa dikemplang IDI kalau datang cuma mau liat muka, kayak kasus Tom Cruise yg beli mesin 4D hanya utk liat anaknya.
Yg bikin pening lainnya adalah kalau ada kelainan kongenital, pasien "nakal" ini pindah dr lain dan bilang saya gak kasih tahu apa-apa.
Puyeng saya, kok iya "nakal" pake boong segala.

salam sejahtera, Johan Widjaja
NB review tentang glenn doman apa boleh saya copas ke milis lain? trims.

10a.

ikan yang aman dari merkuri

Posted by: "Abrar Mom" abrar_mom@yahoo.com   abrar_mom

Tue Oct 18, 2011 9:00 pm (PDT)





Dear doc & sps,

Please info ikan yg aman buat baby 9m.
Mau dikasih salmon ada yg bilang tinggi kandungan merkurinya karena dari laut dalem.
Jadi apa harus ikan air tawar? tp kan kandungan gizi ikan laut lebih banyak.. *bingungggg
kebayang juga sih lautan jakarta gimana pencemarannya..
trims...

[Non-text portions of this message have been removed]

10b.

Re: ikan yang aman dari merkuri

Posted by: "marcella.kasih@indosat.blackberry.com" marcella.kasih@indosat.blackberry.com

Tue Oct 18, 2011 9:09 pm (PDT)



Makannya yang bervariasi aja mbak
Biar gak terakumulasi.
Laut dalam, laut dangkal, air tawar, air payau, siapa tau ? Kecuali kalau tahu pasti rantai distribusinya, tapi, apa bisa buat semua yang dimakan ?

Itu aja yang aja jadi pegangan saya.

Regards,
Marcella
*laut- tercemar, air tawar- dekat industri, telur- flu burung,sayur-pestisida, organik -label sertifikasi bisa dibeli, sapi - mad cow, ayam - akumulasi antibiotik, suplemen - ginjal rusak, laaah....trus mau makan apa dong ?
Sent from my BlackBerry0…3
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
10c.

Bls: [sehat] ikan yang aman dari merkuri

Posted by: "Abrar Mom" abrar_mom@yahoo.com   abrar_mom

Tue Oct 18, 2011 9:21 pm (PDT)



iya juga emang klo mikirin gtu,
jaman sekarang yang organik aja air irigasinya mana kita tau juga klo kena pestisida dari hulu sungainya
oke deh, jadi mengurangi cemas yang berlebihan
maklum, first son..
yup, asal gonta-ganti menu aja ya biar bisa meminimalisir efek negatif 

makasih banyak mbak Marcell...

[Non-text portions of this message have been removed]

11.1.

Re: Ask--dokter kulit

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Tue Oct 18, 2011 9:14 pm (PDT)



Mba risma, siaapplaahh kl begitu..smg cpt dpt pencetusnya...amiinn

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

12.

Imunisasi Rotavirus dan PVC

Posted by: "LERINA SINAGA" lerin_123@yahoo.com   lerin_123

Tue Oct 18, 2011 9:38 pm (PDT)



Dear Moms n Docs,
Anak saya berumur 2 bulan, kemarin baru imunisasi.  Lalu dokter menawarkan imunisasi baru katanya yaitu Rotavirus dan PVC.  Imunisasiny terbilang cukup mahal terutama PVC sebesar 500ribu sekali suntik dan diulang 3 kali.  Pertanyaan saya apakah imunisasi tersebut memang penting sekali kita lakukan? Jika ada yang mengetahui dan berpengalaman mengenai hal ini mohon di share infonya.

Terimakasih untuk infonya.

Salam,
Mama Valerio

Sent from Yahoo! Mail on Android

[Non-text portions of this message have been removed]

13a.

Re: [OOT] [Tanya] Suhu AC yg sehat & ideal?

Posted by: "Ida kusumawaty" ida.a.kusumawaty@gmail.com   ida_a_kusumawaty

Tue Oct 18, 2011 9:38 pm (PDT)



Iya bener Jeng, listrik-nya juga jadi lebih mahal. Kalo ini sich dah berasa
banget tiap bulannya. Sejauh ini sich pengaturannya dari suhu hanya boleh di
kisaran > 24. Tapi setting suhu diatas 24 ini sering diprotes sama teknisi
AC, katanya justru lebih memberatkan kerja AC. Bener gak sich?Dan kalo
hujan, AC harus mati => kan udara dah sejuk. O iya 1 lagi, tanam banyak
pohon besar di halaman rumah, mangga rambutan, dll... Lumayan kalo lagi
panen, hehehe...

Salam,
Mama Nayla

2011/10/17 alifah davida <alifah.davida@gmail.com>

> **
>
>
> Koreksi ya Mama Nayla,
> Bukan saja AC-nya cepat rusak, tapi juga dengan begitu listrik yang dipakai
> jauhhh lebih banyakk, karena AC kan sifatnya bekerja untuk mengatur suhu
> agar sesuai yang diinginkan, nah kalau suhu-nya gak ke-set terus (karena
> ada
> intervensi udara luar terus), gak selesai2 dong kerjanya. Jadi jauh lebih
> boros listrik juga.
>
> Barangkali kalau memang sudah kecanduan AC, ya sedapat mungkin dipakai
> dengan berhemat. Dipakai-nya jarang-jarang, set suhunya ya jangan terlalu
> dingin, tubuh manusia itu fleksibel kok. Cepat menyesuaikan diri terhadap
> lingkungan. Buat anak kecil mungkin agak susah, tapi yang dewasa sepertinya
> bisa kok menderita sedikit. Tips, kalau biasanya suhu 23 misalnya, coba deh
> seminggu naek ke suhu 24, seminggu berikutnya suhu 25 dan seterusnya,
> hidupkan swing-nya, jadi ada efek sejuk kipas angin juga.
>
> " jendela tuh gak
> pernah ditutup meskipun AC nyala. Konsekuensinya: "katanya" AC akan cepat
> rusak karena mesin bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Meskipun
> belum terbukti, tapi logikanya sich bener ya."
>
> Regards,
>
> --
> Regards,
>
> --Alifah--
> 'challenge yourself, being smart never hurt'
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

14.

Bls: [sehat] Imunisasi Rotavirus dan PVC

Posted by: "'Ita' Elisabeth Dianita" ita_sehat@yahoo.com   ita_sehat

Tue Oct 18, 2011 9:44 pm (PDT)



Rotavirus boleh..
PCV (bukan PVC), banyak bahasannya mbak.. Mungkin bisa ubek2 milis. Pake keyword PCV aja..


salam sehat,
ita (ibuke Saka & Ambar)
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Health

Early Detection

Know the symptoms

of breast cancer.

Drive Traffic

Sponsored Search

can help increase

your site traffic.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada:
- Asuransi AIA atas partisipasinya sebagai sponsor PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access &Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to:
- AIA Insurance as sponsor for PESAT Bali 2011
- PT LG Electronics Indonesia as exclusive partner of FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: