Tuesday, October 11, 2011

[sehat] Digest Number 16241

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

Messages

1a.

Re: Imunisasi (lagi)

Posted by: "Erieka" E_prue@yahoo.com   e_prue

Mon Oct 10, 2011 9:14 pm (PDT)



Thanks Dok, semoga bs jd pencerahan dan penyejukkan. Lgsg saved + forwarded ;) -sol- erieka
Powered by •QueenholicShabiiaddict• BlackBerry®
1b.

Re: Imunisasi (lagi)

Posted by: "Elga Soeardi" elgasoeardi@yahoo.com   elgasoeardi

Mon Oct 10, 2011 9:19 pm (PDT)



Makasih doc, lansung save dan ijin copas d note FB..insha allah lbh byk yg trcerahkan

Salam
Elga
@ elgasoeardi Sent from BlackBerry®
1c.

Re: Imunisasi (lagi)

Posted by: "piep71@ymail.com" piep71@ymail.com

Mon Oct 10, 2011 9:42 pm (PDT)




Terimakasih Dr Endah
Informasinya bermanfaat sekali mohon izin menyebar luaskan, smoga Insha Allah banyak yg terbuka tergerak hati dan pikirannya setelah membaca ulasan ini, soal kehalalan dari MUI pada umumnya mereka2 ini sudah tau kalo vaksin yg beredar di Indonesia sdh ada sertifikasi halal dr MUI

Sarica


Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: "Endah" <endahgunawan@ymail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Tue, 11 Oct 2011 03:59:40
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] Imunisasi (lagi)

Maaf, baru sempat buka email via phone, dan gak sempat mengikuti diskusi yg lagi seru di milis ttg vaksin ini.
Cuma mau berbagi kisah yg sempat saya paparkan saat Pesat Bekasi kmrn :
1. Seorang anak usia belasan bulan terkena meningitis akibat Hib. Setelah sembuh, anaknya lumpuh, tdk bisa jalan. Padahal imunisasi Hib-nya sudah lengkap. Usut punya usut, ternyata dia memiliki kelainan imunologi, di mana tubuhnya tidak mampu memproses vaksin sehingga ia tidak memiliki antibodi yang cukup untuk melindunginya.
2. Seorang anak usia 8-tahunan, penderita leukemia, meninggal karena komplikasi pneumonia saat ia tertular campak. Belum mendapat MMR karena tdk diperbolehkan
3. Seorang bayi usia 1 bulan terkena cacar air yang hebat karena tertular sakit cacar air dari ibunya. Cacar air sendiri baru bisa diberikan vaksinnya setelah usia 12 bulan.

Inti dari kisah nyata tersebut, adalah ada sekelompok anak yang tidak bisa mendapatkan vaksin (karena belum waktunya, atau karena menderita penyakit yang merupakan kontraindikasi vaksin) atau yang kurang beruntung sehingga tidak merespons vaksin.
Anak2 ini perlu dilindungi oleh masyarakat di sekelilingnya supaya tidak menderita sakit, dengan cara herd immunity. Jadi, yg jadi korban bukan hanya anak2 dari ortu yg berkeras tdk mau memvaksin anaknya, tapi juga anak2 yg memang tidak bisa divaksin. Anak2 dgn gangguan kekebalan tubuh ini malah berisiko tinggi kematian jika tertular penyakit2 tsb.

Mengenai halal dan haramnya vaksin, silakan jalan2 ke website halalnya MUI (halalmui.org), ada berita ttg seminar vaksin halal (silakan browse).
Ketidakhalalan vaksin bersumber dari penggunaan seed (benih) induk yg dikembangbiakkan menggunakan enzim tripsin yg berasal dari babi.

FYI, seed induk itu selanjutnya dikembangbiakkan lagi berkali2 sehingga mencapai turunan yang kesekian. Nah, dari turunannya itu, baru dibuat vaksin ditambah komponen2 lainnya. Intinya, dalam komponen akhirnya sih tidak mengandung enzim itu lagi.
Analogi dari salah satu guru besar pediatri adalah seperti sumber air PAM. Sungai atau mata air yang digunakan sebagai sumber air PAM bukan mustahil mengandung komponen babi dari limbah rumah tangga, restoran, dll. Tapi setelah dilakukan pemrosesan, air yang dialirkan oleh PAM tidak mengandung komponen babi tsb (termasuk tidak mengandung logam, bakteri E coli, dll sesuai standar PAM) dan layak kita pakai untuk kita masak.

Di artikel ttg seminar itu pula dikutip MUI memang mengeluarkan fatwa, sepanjang belum ada vaksin yg diproduksi sesuai syariat Islam, maka diperbolehkan menggunakan vaksin yang ada karena kedaruratan.

Mohon maaf jika ada kesalahan penulisan.

Endah

[Non-text portions of this message have been removed]

1d.

Re: Imunisasi (lagi)

Posted by: "Endah" endahgunawan@ymail.com

Mon Oct 10, 2011 9:49 pm (PDT)



Maaf Bu Sarica,
MUI belum mengeluarkan sertifikat halal vaksin lho. Silakan dibuka artikel terkait tadi, ini link-nya: http://halalmui.org/index.php?option=com_content&view=article&id=759:mui-vaksin-untuk-imunisasi-harus-halal-&catid=1:latest-news&Itemid=434&lang=en

Endah

1e.

Re: Imunisasi (lagi)

Posted by: "piep71@ymail.com" piep71@ymail.com

Mon Oct 10, 2011 9:58 pm (PDT)




Oh iya dr endah, maaf maksudnya mau menulis mengeluarkan fatwa soal vaksin ini diperbolehkan tapi belum tersertifikasi

Terimakasih
Sarica
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
2a.

Re: Baby 5m masih gumoh + banyak sekali

Posted by: "Ade Novita Juliano" ade.novita.juliano@gmail.com   novita_ade

Mon Oct 10, 2011 9:23 pm (PDT)



mba retno sedih ya.. liat zifa gumoh?

yg bikin sedih apanya nih mba? rewel? atau khawatir apa nih? asi terbuang?

gumohnya kapan dan bagaimana mba? banyak? sering? setiap kali selesai nyusu?

minum ASIP nya banyak juga ya mba.. kira1 kalau 10 botol selama ditinggal
kerja dan 1 botol seperti mba bilang 110 ml, berarti dia bisa dapat 1100 ml
ya...

mantap

biasanya menggunakan apa minum ASIP nya?

trus menyusu langsungnya kira2 berapa kali mba?

dan berapa lama?

pelekatan mulutnya gimana mba?

posisi menyusui gimana?

selesai menyusu sudah disendawakan?

selesai menyusu sudah ditinggikan posisi keala bayinya? atau didudukkan
bersandar ke ayah?

salam,
@Ade_Novita

2011/10/11 retno_fati <retno_fati@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Doc's n SP's..
>
> Mohon info n sharing'y ya..
>
> Baby saya 'Zifa' 5M tgl 8 kmrn, BB lahir 3.4 BB waktu 4M 2W 7.3,
> Alhamdulillah masih ASIX, dari baru lahir sampai sekarang masih gumoh dan
> dalam jumlah yg cukup banyak.. Memang pertumbuhan badannya sih cukup bagus,
> baby'y jg aktif dan ceria.. Tp yang saya takutkan :
> 1. apakah ada efek negatif dari jumlah gumoh yg banyak tsb
> 2. saya sdh tanya ke bbrp dsa kata'y itu hal yg wajar, saya jg sudah tanya
> ke Bunda waktu Pesat 2 bekasi, disarankan untuk atur jadwal pemberian
> minum'y sedikit demi sedikit itu sudah saya lakukan tetapi masih gumoh jg..
> 3. ada jg DSA yang bilang kemungkinan alergi protein susu sapi dan produk
> turunannya.. Saya jg sudah pantang produk2 tsb selama 3 minggu, tetapi anak
> saya masih gumoh jg..(apa masih perlu dilanjutkan ya?)
> 4. Jumlah minum ASI utk baby 5M biasanya brp mili ya? Karena saya pikir
> anak saya minum'y mungkin jg terlalu banyak, dari saya tinggal bekerja di
> umur 2 bln sampai sekarang dalam 1 hari bisa menghabiskan 8-10 botol ASIP
> @90-110 ml, itu diluar malam dan pagi hari yang menyusu langsung dari saya..
> Mohon maaf klo terlalu panjang..
> karena memang lagi bingung n sedih sekali klo ngeliat Zifa gumoh..:(
> Thanx info n sharing'y..
>
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

2b.

Re: Baby 5m masih gumoh + banyak sekali

Posted by: "Ade Novita Juliano" ade.novita.juliano@gmail.com   novita_ade

Mon Oct 10, 2011 9:30 pm (PDT)



sekalian aja deh ya mba..

coba buka link ini http://www.kellymom.com/bf/pumping/milkcalc.html

dan ini http://www.kellymom.com/bf/pumping/milkcalc.html

ini utk tau rata2 bayi mendapat asi perah berapa

trus utk gumoh, buka yang ini

http://kellymom.com/babyconcerns/reflux.html

happy browsing :)

Salam ASI,
@Ade_Novita

[Non-text portions of this message have been removed]

2c.

Re: Baby 5m masih gumoh + banyak sekali

Posted by: "retno fati" retno_fati@yahoo.com   retno_fati

Mon Oct 10, 2011 9:45 pm (PDT)



Iya, mb sedih.. Rewel seh ngga, tapi kasian aja kaya' keran keluar air banyak.. Asi terbuang jg sayang seh.. :) 
Kadang2 jadi mikir juga "Zifa cukup ga ya minum'y.."

Gumohnya hampir setiap hari dan dalam jumlah yg lumayan banyak mb.. Rata2 klo habis menyusu di sore hari sampai malam sebelum tidur yang paling banyak gumohnya..

Klo minum ASIP pakai dot mb, coz Mb'y dah ganti 3x jadi ga sempet ngajarin pake sendok, takut keselek klo ga telaten..

Menyusu langsung biasanya pagi jam 05.30 sekitar 15 menit, malam sekitar jam 8 selama 20 menit terus jam 10 sebelum tidur selama 15-30 menit.. Klo kata suami saya seh lacth on'y sudah bener klo saya liat seh sudah seperti yang mb ade contohin di Pesat 2 Bekasi..:)
Saya jg sudah kasih tau n liat Mb'y klo kasih ASIP dede' harus posisi tegak tidak boleh tidur dan nipple dot masuk seluruhnya..

Selesai menyusu jg selalu disendawakan atau di sandarkan ke badan kita.. Malah waktu baru lahir saya sama daddy'y klo dede selesai menyusu kita tegakkan dulu sampai 1 jam lebih (walaupun sudah sendawa), tapi tetep aja gumoh..:(

Thanx ya mb ade respon'y..
 
Regards
-fati-

>________________________________
>From: Ade Novita Juliano <ade.novita.juliano@gmail.com>
>To: sehat@yahoogroups.com
>Sent: Tuesday, October 11, 2011 11:23 AM
>Subject: Re: [sehat] Baby 5m masih gumoh + banyak sekali
>
>mba retno sedih ya.. liat zifa gumoh?
>
>yg bikin sedih apanya nih mba? rewel? atau khawatir apa nih? asi terbuang?
>
>gumohnya kapan dan bagaimana mba? banyak? sering? setiap kali selesai nyusu?
>
>minum ASIP nya banyak juga ya mba.. kira1 kalau 10 botol selama ditinggal
>kerja dan 1 botol seperti mba bilang 110 ml, berarti dia bisa dapat 1100 ml
>ya...
>
>mantap
>
>biasanya menggunakan apa minum ASIP nya?
>
>trus menyusu langsungnya kira2 berapa kali mba?
>
>dan berapa lama?
>
>pelekatan mulutnya gimana mba?
>
>posisi menyusui gimana?
>
>selesai menyusu sudah disendawakan?
>
>selesai menyusu sudah ditinggikan posisi keala bayinya? atau didudukkan
>bersandar ke ayah?
>
>salam,
>@Ade_Novita
>
>2011/10/11 retno_fati <retno_fati@yahoo.com>
>
>> **
>>
>>
>> Dear Doc's n SP's..
>>
>> Mohon info n sharing'y ya..
>>
>> Baby saya 'Zifa' 5M tgl 8 kmrn, BB lahir 3.4 BB waktu 4M 2W 7.3,
>> Alhamdulillah masih ASIX, dari baru lahir sampai sekarang masih gumoh dan
>> dalam jumlah yg cukup banyak.. Memang pertumbuhan badannya sih cukup bagus,
>> baby'y jg aktif dan ceria.. Tp yang saya takutkan :
>> 1. apakah ada efek negatif dari jumlah gumoh yg banyak tsb
>> 2. saya sdh tanya ke bbrp dsa kata'y itu hal yg wajar, saya jg sudah tanya
>> ke Bunda waktu Pesat 2 bekasi, disarankan untuk atur jadwal pemberian
>> minum'y sedikit demi sedikit itu sudah saya lakukan tetapi masih gumoh jg..
>> 3. ada jg DSA yang bilang kemungkinan alergi protein susu sapi dan produk
>> turunannya.. Saya jg sudah pantang produk2 tsb selama 3 minggu, tetapi anak
>> saya masih gumoh jg..(apa masih perlu dilanjutkan ya?)
>> 4. Jumlah minum ASI utk baby 5M biasanya brp mili ya? Karena saya pikir
>> anak saya minum'y mungkin jg terlalu banyak, dari saya tinggal bekerja di
>> umur 2 bln sampai sekarang dalam 1 hari bisa menghabiskan 8-10 botol ASIP
>> @90-110 ml, itu diluar malam dan pagi hari yang menyusu langsung dari saya..
>> Mohon maaf klo terlalu panjang..
>> karena memang lagi bingung n sedih sekali klo ngeliat Zifa gumoh..:(
>> Thanx info n sharing'y..
>>
>> 
>>
>
>
>[Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>
>------------------------------------
>
>Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.
>
>"Mailing-list SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access&Website.
>Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>=================================================================
>"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access&Website.
>Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our programme, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>
>Kunjungi kami di (Visit us at):
>Official Web : http://milissehat.web.id/
>FB          : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
>Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
>=========================================================================
>Donasi
>Rekening YOP
>Yayasan Orang Tua Peduli
>Bank Mandiri
>Cabang Kemang Raya Jakarta
>Account Number: 126.000.4634514
>=========================================================================Yahoo! Groups Links
>
>
>
>
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

3a.

Re: Imunisasi (lagi) ==> mohon maaf japri

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Mon Oct 10, 2011 9:37 pm (PDT)



On 10/11/2011 10:59 AM, Endah wrote:

FYI, seed induk itu selanjutnya dikembangbiakkan lagi berkali2 sehingga mencapai turunan yang kesekian. Nah, dari turunannya itu, baru dibuat vaksin ditambah komponen2 lainnya. Intinya, dalam komponen akhirnya sih tidak mengandung enzim itu lagi.
Analogi dari salah satu guru besar pediatri adalah seperti sumber air PAM. Sungai atau mata air yang digunakan sebagai sumber air PAM bukan mustahil mengandung komponen babi dari limbah rumah tangga, restoran, dll. Tapi setelah dilakukan pemrosesan, air yang dialirkan oleh PAM tidak mengandung komponen babi tsb (termasuk tidak mengandung logam, bakteri E coli, dll sesuai standar PAM) dan layak kita pakai untuk kita masak.

Di artikel ttg seminar itu pula dikutip MUI memang mengeluarkan fatwa, sepanjang belum ada vaksin yg diproduksi sesuai syariat Islam, maka diperbolehkan menggunakan vaksin yang ada karena kedaruratan.

==> terima kasih penjelasan medisnya bu dokter.

namun mohon maaf.....
dalam islam ada Fiqih Istihalah ada namnya Fiqih Istihlak.
F.Istihalah : berubahnya suatu benda yg najis atau haram menjadi benda
lain yg berbeda nama dan sifatnya
F.Istihlak : bercampurnya benda haram atau najis dengan benda lain yg
suci dan halal yg lebih banyak sehingga menghilangkan sifat najis dan
keharamannya baik rasa, warna
dan baunya.

nah dikalangan ulama zaman dulu saja memahami hal itu bisa berbeda
teergantung sudut pandangnya masing2 (biasanya merujuik ke 4 mazhab besar).
termasuk apa yg dituliskan bu dokter barusan.

contoh sebuah hadist :
imam hanafi, syafi;i dan ibnu hazm membolehkan benda haram utk berobat
dalam kedaan darurat.
sebaliknya imam hambal dan malik mutlak haram.
sementara jum'hur ulama tetap mengharamkan.

betul fatwa mui seperti itu:

1. pengunaan obat2an termasuk vaksin yg berasal darei atau mengandung
benda najis ataupun benda terkena najis adalah haram
2. pemberian vaksin IPV pada anak2 yg menderita immunocompromise , pada
saat ini dibolehkan sepanjang belum ada IPV jenis lain yg suci dan halal .

mengenai meniningitis haji : halal utk haji yg pertama, dan haram utk
haji yg ke 2.

jd semunya memang dalam keadaan dhorurot.

sayangnya banyak masyarakat kita yg belum tahu/pura2 ga tahu/ga mau
tahu tentang hal ini./atau taklid dengan ulama tertentu...ini yg sangat
susah.
ada juga yg masih sinis dengan fatwa MUI.......melihat sejarah
berdirinya MUI sebagi kaki tangan orba...dan ahkhir2 ini konflik dengan
depag terkait dengan lahan 'bisnis' sertifikasi halal makanan, sehingga
banyak fatwa/nasihat yg di anggap angin lalu.......seperti fatwa
rokok...dst.

mohon maaf kl ada salah penulisan bu dokter.

jazakallah waiyakum
wallahu'alam

wassalamualaikum
bapakeghozan

[Non-text portions of this message have been removed]

3b.

Re: Imunisasi (lagi) ==> MOHON MAAF SEBESAR-BESARNYA PLS IGNORE

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Mon Oct 10, 2011 9:39 pm (PDT)



dear sp's

mohon maaf yg sebesar2nya

niatnya diskusi japri.

pls ignore

jgn diperpanjang disini yah....maaf..aduh maaf.....

salamku
bapakeghozan

4a.

Re: Tes Torax ?

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Mon Oct 10, 2011 9:52 pm (PDT)



Heheheh jadi inget sama bita dulu batuk gak sembuh2 gara2 pingpong trus disuruh rontgen terus sama nininya:

Respon saya cuma: senyum2, iya iya,masuk kuping kanan keluar kuping kiri :D.

Maaf gak bantu cuma curhat.

Cheers, Inta
@Intamaesarinta
terkirim dari henponkuh

4b.

Hasil Patologi Tumor Testis Azwar

Posted by: "Ira Wardhani" ira_azwar@yahoo.com   ira_azwar

Mon Oct 10, 2011 10:48 pm (PDT)




Dear Sp.Alhamdulillah sudah keluar Patologi Tumor testis Azwar..hasilnya Teratoma Benign (kista jinak).....menurut dokter, saya mesti bersyukur krn biasanya 90% adalah ganas? (Kayaknya kalo gak salah faham, di artikel emedicine dari dokter Anto---makasih ya dok, tumor testis anak biasanya jinak)....tapi di luar pendapat tadi, saya bersyukur,jadi insya'alloh tidak perlu radiasi atau kemoterapi...cukup observasi saja

Untuk bengkaknya sich masih cukup lumayan....ama memang normal ya ? Kata dokternya memang proses pemulihannya butuh mingguan...
Oh ya , makasih Buat Mbak Monik dan Bunda Wati, akhirnya obat2annya tidak saya teruskan....krn melihat efek sampingnya, dll..kmd kondisi anak saya , dan ingat bahwa sebelumnya dokter mengatakan ini bukan termasuk operasi besar.....
jadi ya Bismillah udah  hampir 2 minggu tanpa obat2an ( gak tahu ini nekat atau apa..rada deg2an juga...sempet gundah iya nggak he he)
Demikian curhat saya...mudah2an Azwar selalu sehat ..itu harapan saya untuk ke depannya

Salam Sehat
IraBunda Azwar

[Non-text portions of this message have been removed]

4c.

Re: Hasil Patologi Tumor Testis Azwar

Posted by: "tristanathan" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Mon Oct 10, 2011 10:50 pm (PDT)



mbak ira, ikut seneng denger update azwar
semoga segera pulih yaaa...

-ria-

2011/10/11 Ira Wardhani <ira_azwar@yahoo.com>

> **
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

4d.

Re: Hasil Patologi Tumor Testis Azwar

Posted by: "angel.encis@gmail.com" angel.encis@gmail.com   indahlife

Mon Oct 10, 2011 10:55 pm (PDT)



Syukurlah.cepet sembuh ya Azwar.-SOL-

Sent from BlackBerry® on 3
4e.

Re: Hasil Patologi Tumor Testis Azwar

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Mon Oct 10, 2011 10:56 pm (PDT)



Hug Mba Ira n Azwar..Ikut Luega...
Semoga luka Sirkum nya juga cepet sembuh n kering ya...

F.B.Monika

4f.

Re: Hasil Patologi Tumor Testis Azwar

Posted by: "nia2R" niea_152@yahoo.com   niea_152

Mon Oct 10, 2011 10:56 pm (PDT)



آَمِيÙ'ـٍـِـنÙ' يَآرَبÙ' آلٌعَآلَمِِيِ
Semoga demikian ya mb ira..ikut seneng dapat kabar baik setelah gempuran berita sedih akhir2 ini..

Hugs utk azwar


-nia-ibunya Razan Ragha
@nieafardina
4g.

Re: Hasil Patologi Tumor Testis Azwar

Posted by: "Inta" dini.maesarinta@gmail.com

Mon Oct 10, 2011 10:57 pm (PDT)



Alhamdulillah yaaah mba Ira. Peluk cium buat Azwar yah.

Cheers, Inta
@Intamaesarinta
terkirim dari henponkuh

4h.

Re: Hasil Patologi Tumor Testis Azwar

Posted by: "siti amatullah mutmainah" amianakbinus@yahoo.com   amianakbinus

Mon Oct 10, 2011 11:04 pm (PDT)



‎​​​‎​​الحمد لله ربÙ' العالمين ..
Smg sehat2 selalu ya azwar ..

Salaam,
Ami


Sent from AmiBerry® via Smart 1x / EVDO Network.
4i.

Re: Hasil Patologi Tumor Testis Azwar

Posted by: "hilda iriany" hilda.iriany@gmail.com   h_iriany

Mon Oct 10, 2011 11:09 pm (PDT)



Alhamdulillah, lega baca updatenya.
Lekas pulih ya Azwar :)

-hilda-

[Non-text portions of this message have been removed]

5a.

[news] Benarkah Vitamin Tak Bermanfaat untuk Tubuh?

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Mon Oct 10, 2011 10:33 pm (PDT)





Benarkah Vitamin Tak Bermanfaat untuk Tubuh?
Senin, 10 Oktober 2011 | 13:12 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta - Apa yang terjadi jika Anda menelan tiga ribu
butir suplemen vitamin selama lima bulan? Ini adalah pengalaman dari
jurnalis Time, John Cloud.

Cloud melakukan eksperimen dengan mengkonsumsi pil vitamin penurun berat
badan, berpantang makan serta melakukan olahraga sesuai saran perusahaan
vitamin di Amerika. Dia mengkonsumsi 22 butir pil per hari, termasuk
beberapa potong protein dan fiber psyllium.

Dokter mengecek kondisi dia, sebelum dan sesudah eksperimen itu
dilakukan. Satu-satunya perubahan yang signifikan adalah level vitamin
D-nya meningkat tajam begitu juga lingkar tubuhnya – hampir lima kilogram.

Eksperimen itu menginspirasi baik komunitas ilmiah maupun kalangan
bisnis di Australia; vitamin adalah sebuah industri yang bernilai
puluhan juta dolar.

Menurut Associate Professor di bidang nutrisi, Samir Samman, dari Sydney
University, bukti terbesar dari penggunaan vitamin pada tubuh manusia
menunjukkan bahwa efektivitasnya masih dipertanyakan. Dia menunjukkan
bukti klinis ketika orang-orang yang mengalami penyakit kardiovaskuler
(berkenaan dengan jantung dan pembuluh darah), yang kemudian diberi
vitamin A, E, C, beta-karotin dan unsur kimia beracun seperti belerang.

"Temuan pertama yang paling penting adalah vitamin tidak mengubah apa
pun, artinya tidak ada kemajuan dari mereka yang mengkonsumsi banyak
vitamin dalam hubungannya dengan penyakit kardiovaskular," kata Profesor
Samman.

Data statistik juga menunjukkan, vitamin dosis tinggi bisa meningkatkan
kemungkinan kematian pasien. Profesor Samman mengatakan hasil eksperimen
Cloud menunjukkan kesimpulan serupa seperti hasil penelitian akademis
mengenai efektivitas vitamin.

"Sedikit informasi yang menjelaskan bahwa vitamin hanya bermanfaat dalam
kondisi tertentu," ujar Profesor Samman. "Jika dalam kondisi sehat dan
cukup makanan bergizi, mengapa harus mengkonsumsi suplemen tambahan?"

Ketua Australian Medical Association, Dr. Brian Morton, memuji
eksperimen Cloud. "Ini mungkin bukan merupakan bukti tes terbaik, tetapi
hasil eksperimen itu bukan hal yang buruk sebagai cara untuk memonitor
seberapa efektif suplemen untuk Anda," ujar Dr. Morton.

"Saya menyarankan, Anda berbicara dengan dokter sebelum mulai
mengkonsumsi vitamin," papar Dr. Morton. "Jika ingin melakukannya
sendiri, catat mengapa Anda melakukan ini dan apa yang Anda inginkan?
Beli vitamin untuk keperluan sebulan dan kemudian rasakan, apakah Anda
merasa lebih baik?"

SYDNEY MORNING HERALD | ARBA'IYAH SATRIANI

http://tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2011/10/10/brk,20111010-360671,id.html

5b.

Re: [news] Benarkah Vitamin Tak Bermanfaat untuk Tubuh?

Posted by: "Yudi" usercourant@gmail.com   usercourant

Mon Oct 10, 2011 10:40 pm (PDT)



Yang jelas, yang pernah saya alami, minum Vit D semacam Red***n rutin tiap
hari (soalnya rasa jeruk jadi enak :D) alhasil malah usus buntu kena dan
harus dipotong :D

2011/10/11 /ghz <ghozan10032005@gmail.com>

>
>
> Benarkah Vitamin Tak Bermanfaat untuk Tubuh?
>

[Non-text portions of this message have been removed]

6a.

Re: Batuk alergi yg belum ketemu pemicunya

Posted by: "siti amatullah mutmainah" amianakbinus@yahoo.com   amianakbinus

Mon Oct 10, 2011 10:39 pm (PDT)



Waaaaaw kereeeen..
Baru baca.. Mencerahkan daku .. Cihiiiy ...

Nuhun pisan teh Ira

Cheers,
Ami
*pst keduluan ceu mon nii nyari tungau naon ini yg bikin bersin2



Sent from AmiBerry® via Smart 1x / EVDO Network.
7a.

Re: Batita 17 bln blm bs berjalan

Posted by: "widatik" wdatik@gmail.com

Mon Oct 10, 2011 10:45 pm (PDT)



Mau ikut sharing juga....anak saya 18 bln juga lum mau jalan, sudah pernah
tiba-tiba jalan antara 10 - 20 m, tapi setelah itu saya belum lihat dia mau
jalan sendiri...padahal juga ga pernah jatuh waktu belajar jalan....dia
lebih suka merangkak...mungkin dia pikir lebih cepat...sekarang ini
kemana-mana kalau ga merangkak ya...tetah tangan satu..( kayak ditutun satu
tangan ) bisa jalan ampe 500 m kalau dituntun..

Saya sempat kuatir juga...karena beberapa kali saya bawa ke fisioterapi
anak..selalu bilang anak saya ada kelainan pada vibrin sebelah kiri..jadi
telapak kaki kiri bengkok keluar ( kalau untuk jalan )...tapi belakangan
saya lihat..kalau dia saya tuntun kakinya lurus-lurus aja keduanya...mungkin
karena dia masih takut jalan...kadang dia berdiri sambil merentangkan tangan
hehe mungkin mau menyimbangankan tubuh hehe,,,,,

Tapi apa hubungannya kelainan vibrin dengan telapak kaki bengkok keluar
waktu jalan ya?katanya vibrin itu syaraf....kaki bengkok keluar karena
tulangnya ....saya makin bingung....

Suwun
Datik

Pada 11 Oktober 2011 10:32, nia2R <niea_152@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Mb,
> Kalo berdiri tanpa dipegang sudah bisa kan?
> Mudah2an hanya ketakutan saja yg dialami anaknya.kalo memang ga bisa
> jalan,utk berdiripun biasanya ga bisa.
> Ponakan saya bisa jalan umur 18bulan.
>
> Tetep stimulasi dan ketika dia bisa jalan sendiri berikan pujian.
>
> Salam
>
> -nia-ibunya Razan Ragha
> @nieafardina
>
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

8a.

Re: madu utk anak 22 bulan

Posted by: "Khonic" khonic@gmail.com   khonic_ds

Mon Oct 10, 2011 10:55 pm (PDT)



Hi mba,
Diatas setahun boleh, kalo saya pake madu asli kayak madu pramuka ada yg khusus buat anak *katanya* (madu dr pohon kapuk randu) tp secara general sih boleh aja madu umum ga harus untuk anak2

Khonic
Sent from my Freegift-Berry® supported by my lovely hubby (^__^)
9.

Stimulasi Motorik Kasar Anak 12m

Posted by: "Yanan" neoyanan@yahoo.co.id   neoyanan

Mon Oct 10, 2011 11:00 pm (PDT)



Dear SpA n' Moms
Apa yang harus dilakukan untuk menstimulasi anak umur 12m10d, belum mau berdiri sendiri walaupun dengan pegangan ('trantanan'), mau berdiri kl dipegang badan atau kedua tangannya, dan berdiri juga belum jejeg (tegak) betul, melangkah masih berat, tidak merangkak tapi merayap sejak +- 7m, sebelumnya malah seringnya guling2 untuk menghampiri sesuatu, belum bisa bangun sendiri dari posisi tidur ke posisi duduk. Apakah ada kemungkinan kurang suatu nutrisi / vitamin (ASIX sampai 6m, stl Itu Mpasi kadang diselingi gtm) skrg bb 9,4 kg,cukup lincah.
Mohon bantuan solusinya, takut kenapa2. Thanks b4.

Anwar

Recent Activity
Visit Your Group
Sitebuilder

Build a web site

quickly & easily

with Sitebuilder.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Yahoo! Health

Healthy Aging

Improve your

quality of life.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

"Mailing-list SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access&Website.
Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
=================================================================
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access&Website.
Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our programme, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
=========================================================================
Donasi
Rekening YOP
Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
=========================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: