Saturday, October 8, 2011

[sehat] Digest Number 16219

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

Messages

1a.

Re: [news] MENCEGAH GENERASI SAKIT

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Fri Oct 7, 2011 8:08 pm (PDT)



Kl lihat "rekomendasi IDAI 2011" ....itu uda ada dipuskes kah?? Rekomendasi, bkn wajib.

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

1b.

Re: [news] MENCEGAH GENERASI SAKIT

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Fri Oct 7, 2011 8:58 pm (PDT)



On 10/8/2011 10:07 AM, aina wrote:
> Kl lihat "rekomendasi IDAI 2011" ....itu uda ada dipuskes kah?? Rekomendasi, bkn wajib.
>
==> saya tergelitik dengan pamflet yg di buat IDAI pada jadwal imunisasi
th 2011...kalau itu betul....dari IDAI
sebab dapatnya cuma dari internet.

kata2 yang di labelkan disitu 'REKOMENDASI' buat saya mengandung multi
tafsir.
ini menurut pemahamana saya..sekali lagi ini pemahaman saya pribadi loh yah.
boleh dilaksanakan...boleh juga tidak dilaksanakan.

buat saya kata2 rekoemnadasi menjadi sunah mu'akadah/ diutamakan.
dikerjakan tentu akan lebih baik semua imunisasi (kecuali tetap harus di
kritisi PCV).

kenapa tdk seperti dulu : diwajibkan dan dianjurkan...sesuai dengan
amanat uu no 4 th 1984 (perihalk kewajiban imunisasi dasar)
saya khawatir ini dimanfaatkan oleh orang atau kelompok yang bergerak di
anti vaksin.....lah wong idai saja cuma rekomendasi?...misalnya seperti itu

atau idealnya bukan rekomendasi lagi...tapi jadwal keharusan imunisasi

betul semuanya penting
betul masalah klasik sumber pendanaan.
betul masalah kronis korupsi

kan ada gavi...ada unicef....dst.......asal jangan hutang ke
imf....adb..wb...lan konco2ne loh yah...dah lebih dari apbn 2012(1.418T)
alias hutangnya 1652T(nov2010,bappenas)
bisa juga efisiensi program depkes/dinkes..daripada buat iklan di
tv...mending buat program nyata...dst...dsb...dll..apalagi biofarma
sudah sangat luar biasa hebat teknologinya.

yah...sekedar isenng wong pingiran saja.

begitu ibu...
lebih baiknya tentu bisa ditanyalan terlebih dahulu yah.

salam sehat
bapakeghozan

1c.

Re: [news] MENCEGAH GENERASI SAKIT

Posted by: "siti amatullah mutmainah" amianakbinus@yahoo.com   amianakbinus

Fri Oct 7, 2011 9:14 pm (PDT)



Mba aina,
Smua vaksin ada kok di rs pemerintah (ga tau klo rs pemerintah daerah diluar jakarta yah).. Kalau di puskes yg mmg disubsidi pemerintah saja

Rgds,
Ami


Sent from AmiBerry® via Smart 1x / EVDO Network.
1d.

Re: [news] MENCEGAH GENERASI SAKIT

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Fri Oct 7, 2011 9:39 pm (PDT)



Sy lbh suka "diwajibkan" pa'e...ga. Blm bisalah org indo dg "rekomendasi" ....setengah2 jdnya pemerintah tu (rasan saya). Stlh ada kt "wajib" utk para anti imun..heg weh up 2 them.

Akan sayah tanya kan pa'e....mentok2 dtg ke markas sajalah....skalian jd debutan dsana ;p

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

1e.

Re: [news] MENCEGAH GENERASI SAKIT

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Fri Oct 7, 2011 9:47 pm (PDT)



Mba ami, kl RSUD psr rebo uda ada donk yah??

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

2a.

Re: Info jual / sewa freezer murah

Posted by: "dinovianthi@gmail.com" dinovianthi@gmail.com

Fri Oct 7, 2011 8:55 pm (PDT)



Thanks mbak dwiana

Mbak rieke thanks sharingnya
Itu jg kekhawatiranku dgn stok sekarang. Kerjaan ku long hours dan banyak meeting di kantor orang lain yg belum tentu memadai ruang menyusuinya.
Tp aku dah siapin perangkat perangnya.. Apron menyusui hehe.. Bakal tebel2 muka merah di tempat yg kurang memadai

Thanks
-dian-
Sent from my HP Jadull

2b.

Re: Info jual / sewa freezer murah

Posted by: "rini140885@yahoo.com" rini140885@yahoo.com   rini140885

Fri Oct 7, 2011 9:01 pm (PDT)



Mba wulan,

Blm mba, baru mw nabung asip nih. Aku jg lg bingung nih soalnya kulkasnya pintu1, asip bknnya cm tahan 2mgu yah difreezer kulkas pintu 1?

Maap yah ga potek lg

Rinie
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

-----Original Message-----
From: "wulan" <wulan.wuls@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Fri, 7 Oct 2011 11:50:22
To: Sehat<sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Info jual / sewa freezer murah

"Sbntr lg masa cuti lahiran abis..."

Mba rinie, saya penasaran. Sbntr lagi cuti sdh mau habis. Berarti blm mulai nabung asip dong ya?

Rgds,
- Wulan -
@wulsnih


[Non-text portions of this message have been removed]

2c.

Re: Info jual / sewa freezer murah

Posted by: "rini140885@yahoo.com" rini140885@yahoo.com   rini140885

Fri Oct 7, 2011 9:10 pm (PDT)



Mba wulan,

Blm mba, baru mw nabung asip nih. Aku jg lg bingung nih soalnya kulkasnya pintu1, asip bknnya cm tahan 2mgu yah difreezer kulkas pintu 1?

Maap yah ga potek lg

Rinie
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

-----Original Message-----
From: "wulan" <wulan.wuls@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Fri, 7 Oct 2011 11:50:22
To: Sehat<sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Info jual / sewa freezer murah

"Sbntr lg masa cuti lahiran abis..."

Mba rinie, saya penasaran. Sbntr lagi cuti sdh mau habis. Berarti blm mulai nabung asip dong ya?

Rgds,
- Wulan -
@wulsnih


[Non-text portions of this message have been removed]

2d.

Re: Info jual / sewa freezer murah

Posted by: "VIE" home_vie@yahoo.com   home_vie

Fri Oct 7, 2011 9:11 pm (PDT)



Repost ya

BREASTMILK STORAGE GUIDELINESA.
Freshly expressed breastmilk.
Room Temperature  : 4-10 hours
Refrigerator  : 5 to 7 days
Home Freezer : 6 months-20°C
Freezer : 12 months
--------------------------
FAQ Seputar Penyimpanan ASI
BERAPA LAMA ASI HASIL POMPA/PERAS BISA DISIMPAN PADA SUHU RUANG?
Jika ruangan tidak ber-AC, disarankan tidak lebih dari 4 jamJika ruangan ber-AC, bisa sampai 6 jam-catatan: suhu di atas harus stabil, misalnya ruangan ber-AC, tidak mati sama sekali selama botol ASI ada di dalamnya.

BERAPA LAMA ASI HASIL POMPA/PERAS BISA DISIMPAN PADA SUHU LEMARI ES?
Jika Ibu mengetahui bahwa dalam 4 jam ke depan ASI hasil pompa/peras tidakakan diberikan pada bayi, maka segeralah simpan di lemari es. ASI ini biasbertahan sampai 8 (delapan) hari dalam suhu lemari es, jika ditempatkandalam compartment yang terpisah dari bahan makanan lain yg ada di lemaries tsb.Jika lemari es Ibu kebetulan tidak memiliki compartment terpisah untukmenyimpan botol ASI hasil pompa/perasan, maka sebaiknya ASI tersebutjangan disimpan lebih dari 3 x 24 jam.Ibu juga dapat "membuat" compartment terpisah dengan cara menempatkanbotol ASI dalam container plastik yang tentunya dibersihkan terlebihdahulu dengan baik.

BERAPA LAMA ASI HASIL POMPA/PERAS BISA DISIMPAN PADA SUHU FREEZER?
ASI hasil pompa/perasan dapat disimpan dalam freezer biasa sampai 3(bulan) lamanya. Namun Ibu jangan menyimpan ASI ini di bagian pintu freezer, karena bagian ini yang mengalami perubahan dan variasi suhu udaraterbesar.Jika Ibu kebetulan memiliki freezer penyimpan daging yang terpisah(biasanya disebut deep freezer) yang umumnya memiliki suhu lebih rendahdari freezer biasa, maka ASI hasil pompa/perasan bahkan dapat disimpansampai dengan 6 (enam) bulan di dalamnya.

BAGAIMANA CARA MENYIMPAN ASI HASIL POMPA/PERASAN YANG BAIK?
Simpan ASI dalam botol yang telah disterilkan terlebih dahulu- Botol yang paling baik sebetulnya adalah yang terbuat darigelas/beling,namun jika terpaksa menggunakan botol plastik, pastikanlahbahwa plastiknya cukup kuat (tidak meleleh jika direndam dalam air panas)- Jangan pakai botol susu yang berwarna / bergambar, karena adakemungkinan catnya meleleh jika terkena panas- Jangan lupa bubuhkan label setiap kali Ibu akan menyimpan botol ASI,dengan mencantumkan tanggal dan jam ASI dipompa/peras- Simpan ASI di dalam botol yang tertutup rapat (jangan ditutup dengandot,karena masih ada peluang untuk berinteraksi dengan udara)- Jika dalam satu hari Ibu memompa/memeras ASI beberapa kali, bisa sajaIbu menggabungkan hasil pompa/perasan tsb dalam botol yang sama, dengancatatan bahwa suhu tempat botol disimpan stabil, antara 0 s/d 15 derajatCelcius).Penggabungan hasil simpanan ini bisa dilakukan asalkan jangka waktupemompaan/pemerasan pertama s/d terakhir tidak lebih dari 24 jam

BAGAIMANA CARA PEMBERIAN ASI YANG SUDAH DIDINGINKAN KEPADA BAYI?- Panaskan ASI dengan cara:(a) membiarkan botol dialiri air panas (bukan mendidih) yang keluar darikeranATAU(b) merendam botol di dalam baskom / mangkuk yang berisi air panas (bukanmendidih)- Jangan sekali-sekali memanaskan botol dengan cara mendidihkannya dalampanci, menggunakan microwave atau alat pemanas lainnya (kecuali yangmemang di-design untuk memanaskan botol berisi simpanan ASI)- Ibu tentunya mengetahui berapa banyak bayi Ibu biasanya sekali meminumASI. Sesuaikanlah jumlah susu yang dipanaskan dengan kebiasaan tsb.Misalnya dalam satu botol Ibu menyimpan sebanyak 180 cc ASI tetapi bayiIbu biasanya hanya meminum 80, jangan langsung dipanaskan semua. INGATbahwa susu yang sudah dipanaskan tidak bisa disimpan lagi!

BAGAIMANA SAYA MENGETAHUI APAKAH ASI YANG DISIMPAN SUDAH BASI?
Sebenarnya jika Ibu mengikuti pedoman pemompaan/pemerasan ASI danpenyimpanan
yang baik, ASI tidak akan mungkin basi. Kadang memang setelahdisimpan / didinginkan akan terjadi perubahan warna dan rasa, tapi itutidak menandakan bahwa ASI sudah basi. Asalkan Ibu berada dalam keadaanbersih ketika memompa/memeras, menyimpan ASI dalam botol yang steril &tertutup rapat, dalam jangka waktu yang dijabarkan seperti di atas dansaat memanaskan juga mengikuti petunjuk, mudah-mudahan ASI Ibu terjagadalam kondisi yang baik.Dibandingkan susu formula, ASI lebih tahan lama. Pada saat berinteraksidengan udara luar, biasanya yang terjadi bukan pembusukan ASI tetapi lebihmerupakan berkurangnya khasiat ASI, terutama zat yang membantu pembentukandaya imun bayi.


BR
•K's mom•

Sent from my k1mChiBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
2e.

Re: Info jual / sewa freezer murah

Posted by: "Dwiana" dwiana7179@yahoo.com

Fri Oct 7, 2011 10:27 pm (PDT)



Mbak Rini

Waktu sy cuti blm mampu beli kulkas 2pintu jd sy akalin tiap botol ASIP sy bungkus pake plastik. :) mau sewa waiting list jg. Trus tdk menyimpan makanan yg berbau tajam di kulkas&tdk stok sayur atau daging ikan ayam.
Saat mau ksh ke baby sy icip dulu rasanya. Mnrt sy knapa asip di freezer satu pintu cm tahan 2mg karna kan kuatir tercampur bau, sering buka tutup shg suhu tdk stabil.
Cmiiw

Dwiana
*Alhamdulillah akhirnya mampu beli kulkas baru karna tdk muat lagi*

power by RedBerry®
2f.

Re: Info jual / sewa freezer murah

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Fri Oct 7, 2011 10:57 pm (PDT)



On 10/8/2011 12:27 PM, Dwiana wrote:
> Mnrt sy knapa asip di freezer satu pintu cm tahan 2mg karna kan kuatir tercampur bau, sering buka tutup shg suhu tdk stabil.
>
==> maaf nimbrung dikit
betul ibu...
kalau model lama...bunga2 es yg tidak dibersihkan juga mempengaruhi
proses pendinginan, model skg sih sudah ndak ada yah.
sering buka tutup apalagi...listrik juga jd boros...sebab kompresor
terus bekerja mempertahankan suhu yang diinginkan.

salam hemat
bapakeghozan
http://asiku.wordpress.com

3a.

Rentang waktu pemberian vaksin Hep A1 ke A2

Posted by: "Dini Savitri" posh_adam@yahoo.com   posh_adam

Fri Oct 7, 2011 9:57 pm (PDT)



Dear sps, docs,

Mau nanya, jarak pemberian vaksin Hepatitis A yg pertama ke Hepatitis A kedua kan 6 bulan, tapi dsa anak saya bilang 5 bulan juga gak papa. Benarkah? Mohon pencerahannya. Terimakasih.

Regards,
Dini
Mommy Cc & Bee

Peacefully sent from my Angels Berry®
3b.

Re: Rentang waktu pemberian vaksin Hep A1 ke A2

Posted by: "Hilda" hilda.iriany@gmail.com   h_iriany

Fri Oct 7, 2011 10:12 pm (PDT)



6 bulan mba dini.
Sesuai dgn jadwal di IDAI dan CDC.

Hilda

3c.

Re: Rentang waktu pemberian vaksin Hep A1 ke A2

Posted by: "Dini Savitri" posh_adam@yahoo.com   posh_adam

Fri Oct 7, 2011 10:14 pm (PDT)



Makasih mba Hilda, jadi mending saya pas ke bulan 6 nya aja ya, gak usah ngikutin dokternya :)

Regards,
Dini
Peacefully sent from my Angels Berry®
4a.

Terapi wicara u batita

Posted by: "melessa" melessawchandra@gmail.com   melessawijayachandra

Fri Oct 7, 2011 10:18 pm (PDT)



Dear sp's and doc...

Ada anak teman saya sdh usia 3 an tp hny bisa bicara sedikit2 saja, sdh dimasukan PG..skrg hndk Cari tempat u terapi wicara..ada yg bisa bantu??
Lokasinya Jakarta barat..
Thanks

Melessawchandra
Powered by Telkomsel BlackBerry®
4b.

Re: Terapi wicara u batita

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Fri Oct 7, 2011 10:52 pm (PDT)



On 10/8/2011 12:24 PM, melessa wrote:
> Ada anak teman saya sdh usia 3 an tp hny bisa bicara sedikit2 saja, sdh dimasukan PG..skrg hndk Cari tempat u terapi wicara..ada yg bisa bantu??
>
==> sambil nunggu ahlinya, coba urun rembug dikit.
cmiiw.
ini 3an maksdunya 3tahunan kali yah?

sedikit2nya seperti apa ibu...
kl masalah asrtikulasi seiring perkembangannya biasanya tidak terlalu
bermasalah.

saya coba kopas sedikit, mungkin ini kondisi umum.....kan anak unik.

Between Two and Three

Identifies body parts
Carries on 'conversation' with self and dolls
Asks "what's that?" And "where's my?"
Uses 2-word negative phrases such as "no want".
Forms some plurals by adding "s"; book, books
Has a 450 word vocabulary
Gives first name, holds up fingers to tell age
Combines nouns and verbs "mommy go"
Understands simple time concepts: "last night", "tomorrow"
Refers to self as "me" rather than by name
Tries to get adult attention: "watch me"
Likes to hear same story repeated
May say "no" when means "yes"
Talks to other children as well as adults
Solves problems by talking instead of hitting or crying
Answers "where" questions
Names common pictures and things
Uses short sentences like "me want more" or "me want cookie"
Matches 3-4 colors, knows big and little
Activities to Encourage your Child's Language

Repeat new words over and over
Help your child listen and follow instructions by playing
games: "pick up theball, " "Touch Daddy's s nose"
Take your child on trips and talk about what you see before, during
and after the trip
Let your child tell you answers to simple questions
Read books every day, perhaps as part of the bedtime routine
Listen attentively as your child talks to you
Describe what you are doing, planning, thinking
Have the child deliver simple messages for you (Mommy needs you,
Daddy )
Carry on conversations with the child, preferably when the two of
you have some quiet time together
Ask questions to get your child to think and talk
Show the child you understand what he or she says by answering,
smiling, and nodding your head
Expand what the; child says. If he or she says, "more juice", You
say, "Adam wants more juice."

Between Three and Four

Can tell a story
Has a sentence length of 4-5 words
Has a vocabulary of nearly 1000 words
Names at least one color
Understands "yesterday," "summer", "lunchtime", "tonight", "little-
big"
Begins to obey requests like "put the block under the chair"
Knows his or her last name, name of street on which he/she lives and
several nursery rhymes
Activities to Encourage your Child's Language

Talk about how objects are the same or different
Help your child to tell stories using books and pictures
Let your child play with other children
Read longer stories to your child
Pay attention to your child when he's talking
Talk about places you've been or will be going

http://www.ldonline.org/ld_indepth/speech-language/lda_milestones.html

lebih lengkapnya......
apa termasuk speech delay atau bukan.....
bagaimana dengan pendengarannya...dst
coba buka arsip milis sehat...banyak kok bahasan perihal ini.

maaf kl kurang membantu

saras
bapakeghozan

4c.

Re: Terapi wicara u batita

Posted by: "melessa" melessawchandra@gmail.com   melessawijayachandra

Fri Oct 7, 2011 11:07 pm (PDT)



Usia 3,5 th..Pak e...
Bicaranya sepatah2..misal..mama papa..kalau 2 suku kata nga Isa..
Misal mau minum....
Dll

Malah kdg diblg hiperaktif oleh tetangga....

Melessawchandra
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: /ghz <ghozan10032005@gmail.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Sat, 08 Oct 2011 12:52:04
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Terapi wicara u batita

On 10/8/2011 12:24 PM, melessa wrote:
> Ada anak teman saya sdh usia 3 an tp hny bisa bicara sedikit2 saja, sdh dimasukan PG..skrg hndk Cari tempat u terapi wicara..ada yg bisa bantu??
>
==> sambil nunggu ahlinya, coba urun rembug dikit.
cmiiw.
ini 3an maksdunya 3tahunan kali yah?

sedikit2nya seperti apa ibu...
kl masalah asrtikulasi seiring perkembangannya biasanya tidak terlalu
bermasalah.

saya coba kopas sedikit, mungkin ini kondisi umum.....kan anak unik.

Between Two and Three

Identifies body parts
Carries on 'conversation' with self and dolls
Asks "what's that?" And "where's my?"
Uses 2-word negative phrases such as "no want".
Forms some plurals by adding "s"; book, books
Has a 450 word vocabulary
Gives first name, holds up fingers to tell age
Combines nouns and verbs "mommy go"
Understands simple time concepts: "last night", "tomorrow"
Refers to self as "me" rather than by name
Tries to get adult attention: "watch me"
Likes to hear same story repeated
May say "no" when means "yes"
Talks to other children as well as adults
Solves problems by talking instead of hitting or crying
Answers "where" questions
Names common pictures and things
Uses short sentences like "me want more" or "me want cookie"
Matches 3-4 colors, knows big and little
Activities to Encourage your Child's Language

Repeat new words over and over
Help your child listen and follow instructions by playing
games: "pick up theball, " "Touch Daddy's s nose"
Take your child on trips and talk about what you see before, during
and after the trip
Let your child tell you answers to simple questions
Read books every day, perhaps as part of the bedtime routine
Listen attentively as your child talks to you
Describe what you are doing, planning, thinking
Have the child deliver simple messages for you (Mommy needs you,
Daddy )
Carry on conversations with the child, preferably when the two of
you have some quiet time together
Ask questions to get your child to think and talk
Show the child you understand what he or she says by answering,
smiling, and nodding your head
Expand what the; child says. If he or she says, "more juice", You
say, "Adam wants more juice."



Between Three and Four

Can tell a story
Has a sentence length of 4-5 words
Has a vocabulary of nearly 1000 words
Names at least one color
Understands "yesterday," "summer", "lunchtime", "tonight", "little-
big"
Begins to obey requests like "put the block under the chair"
Knows his or her last name, name of street on which he/she lives and
several nursery rhymes
Activities to Encourage your Child's Language

Talk about how objects are the same or different
Help your child to tell stories using books and pictures
Let your child play with other children
Read longer stories to your child
Pay attention to your child when he's talking
Talk about places you've been or will be going

http://www.ldonline.org/ld_indepth/speech-language/lda_milestones.html

lebih lengkapnya......
apa termasuk speech delay atau bukan.....
bagaimana dengan pendengarannya...dst
coba buka arsip milis sehat...banyak kok bahasan perihal ini.

maaf kl kurang membantu

saras
bapakeghozan





------------------------------------

Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

"Mailing-list SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access&Website.
Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
=================================================================
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access&Website.
Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our programme, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
=========================================================================
Donasi
Rekening YOP
Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
=========================================================================Yahoo! Groups Links



4d.

Re: Terapi wicara u batita

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Fri Oct 7, 2011 11:13 pm (PDT)



On 10/8/2011 1:13 PM, melessa wrote:
> Malah kdg diblg hiperaktif oleh tetangga....
>
==> jangan mudah mau dilabel...di iyain aja..sambil mesem dikit.
selebihnyanya monggo di buka arsip milisnya.
kl belum punya account yahoo..silakan bikin dulu wong cuma bentar...tp
manfaatnya..Insya Allah luar biasa
buat buka 'harta karun' milis sehat.

saras
bapakeghozan

5.

[news] 36 Persen Remaja Indonesia Berhubungan Seks

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Fri Oct 7, 2011 11:01 pm (PDT)



/Nasional / Senin, 3 Oktober 2011 09:34 WIB/

*Metrotvnews.com, Jakarta: *Kabar mengejutkan datang bagi para orang tua
yang memiliki anak remaja. Sebuah survei international yang muncul
menjelang Hari Kontrasepsi Dunia menemukan hasil, 36 persen remaja di
Indonesia telah melakukan hubungan seks. Lebih celaka lagi, sekitar 48
persen dari angka itu tidak menggunakan alat kontrasepsi. Mereka rata
rata berumur 17 tahun.

Dalam penelitian ini jumlah remaja yang melakukan seks tidak aman
mengalami peningkatan. Di Prancis terjadi peningkatan 111 persen, 39
persen di Amerika Serikat dan 19 persen di Inggris dalam tiga tahun
terakhir. Hasil penenelitian ini menunjukkan orang muda di seluruh dunia
umumnya melakukan hubungan seks yang tidak aman. Mereka juga memiliki
sedikit pengetahuan terhadap pilihan alat kontrasepsi yang efektif.(BEY)

http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2011/10/03/137070/36-Persen-Remaja-Indonesia-Berhubungan-Seks

[Non-text portions of this message have been removed]

6a.

Re: Obat Antikeguguran Tingkatkan Risiko Kanker pada Anak

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Fri Oct 7, 2011 11:09 pm (PDT)



Dear Mba Erika,

Duphaston :
"PHARMACOLOGICAL ACTION
Dydrogesterone is an orally active progestogen which acts directly on the uterus, producing a complete secretory endometrium in an estrogen-primed uterus.
At therapeutic levels, dydrogesterone has no contraceptive effect as it does not inhibit or interfere with ovulation or the corpus luteum.
Furthermore, Duphaston is non-androgenic, non-estrogenic, non-corticoid, non-anabolic and is not excreted as pregnanediol.

INDICATIONS
Irregular duration of cycles and irregular occurrence and duration of periods caused by progesterone deficiency.
Combined with an estrogenic substance, Duphaston can be applied in secondary amenorrhoea, dysfunctional uterine bleeding and post-menopausal complaints where endogenous progesterone deficiency is implicated.

CONTRA-INDICATIONS
Duphaston should not be given to patients with undiagnosed vaginal bleeding nor to those with a history of thromboembolic disorders."

http://home.intekom.com/pharm/schering/duphastn.html

HTH
F.B.Monika
6b.

Re: Obat Antikeguguran Tingkatkan Risiko Kanker pada Anak

Posted by: "F.B.Monika" f_monika_b@yahoo.com   f_monika_b

Fri Oct 7, 2011 11:14 pm (PDT)



Dear Mba Erika ,

Isoprinosine :

"Indications

Immunomodulator for viral diseases & for immunodeficiency condition"

http://www.mims.com/Indonesia/drug/info/Isoprinosine/

HTH
F.B.Monika

7a.

Re: news : Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) ASI

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Fri Oct 7, 2011 11:11 pm (PDT)



On 10/7/2011 5:58 PM, nankrist wrote:
> Franky mengatakan dalam RPP itu pelaku usaha atau industri wajib memberikan waktu untuk ibu-ibu menyusui bayi atau mengumpulkan susu dan disimpan sementara. Konsekuensinya pelaku usaha wajib menyediakan tempat 'laktasi room' dan lemari es untuk menyimpan susu. Bahkan tak menutup kemungkinan diharuskan menyediakan tempat penitipan bayi serta petugasnya.
>
==> hebat benar sampeyan dah tahu isinya yah pak.......
kasih tahu donk pak apa saja.....
sebab sepengetahuanku SKB 3 menteri , yg diadopsi kedalam RPP Pemberian ASI.
ini saja hanya sebatas himbauan......
lah wong himbauan saja sudah cukup banyak kok perusahan asing yg membuat
ruang menyusui.
idealnya perusahaan dalam negri (swasta/pemerintah) bisa lebih dari
itu.......lah wong utk kepentingan bangsa sendiri...kok yg lebih care
malah bangsa lain......

ini RPP dah lebih dari 7tahun ndak jelas juntrungannya..
mau nunggu apalagi...?!@#$%^&*()_+

terus itu ada penitipan anak segala sampeyan dapat wangsit dari mana toh?

ampun deh

salam asi
bapakeghozan

8.1.

Re: Berhenti mendadak rokok

Posted by: "Antonia Sinta" mamananeth@gmail.com   antonia_sinta

Fri Oct 7, 2011 11:20 pm (PDT)



Dear all...

ikutan sharing juga ya...

Sama seperti dr.Anto sampaikan, ayah dan suami saya juga kepentok dulu :(
Sedih rasanya tapi juga seneng akhirnya gak ada polusi lagi di rumah. Memang
harus ada niat dulu dari smokernya. Entah kepentok, entah memang sudah ingin
'cerai' dgn rokok atau dgn alasan apapun...

Semoga semakin banyak yg 'menceraikan' rokok ya supaya mempunyai kualitas
hidup yang lebih baik. Amin

regards
Sinta

[Non-text portions of this message have been removed]

8.2.

Re: Berhenti mendadak rokok ==> Kecil Kok Perokok

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Fri Oct 7, 2011 11:28 pm (PDT)



numpang curcol....
mohon maaf kl ada yg kurang berkenan.

Kecil Kok Perokok
September 13, 2006

Hmmm…..

Baca di detik.com 3 dari 10 pelajar di Indonesia merokok sebelum umur 10
tahun.

Jakarta - Anak kecil klepas klepus merokok bukan pemandangan asing di
Indonesia. Temuan Global Youth Tobacco Survey (GYTS ) menunjukkan, 3
dari 10 pelajar (30,9%) merokok sebelum berumur 10 tahun. Fakta yang
sungguh memprihatinkan!
Jadi ingat masa kecil Saya yang acak kadul…..ngak karuan juntrungannya.
Kalau ingat itu semua ….malu…..sedih….
Alhamdulillah sekarang sudah sadar dan Alhamdulillah sudah tidak merokok
lagi……sudah 2tahun lebih.
Sejak usia SD sekitar kelas 4-an Saya sudah mulai berani merokok…..
Apa yang pertama Saya rokok adalah batang pohon sariawan yang tumbuh
melilit dipepohonan.
Tiap pulang sekolah siang atau sore bersama teman-teman di kampung pergi
ke kebun/hutan kecil belakang yang letaknya 100m dari rumah untuk
mencari pohon sariawan ini, setelah dapat Saya potong-potong seukuran
rokok kemudian Saya jemur dan setelah itu dihisap bersama-sama teman.
Ngga puas dengan pohon sariawan…..Saya dan teman-teman mencoba merokok
daun pisang yang sudah kering/ klaras yang Saya linting kemudian dihisap
pelan-pelan…karena kalau ngga pelan-pelan bisa tersedak dan rasanya ngga
karuan.
Itu pelajaran rokok ketika masih duduk di bangku SD.
Setelah menginjak SMP…teman mulai banyak lagi……kebiasaan rokok sariawan
dan klaras mulai di tinggalkan, kebetulan mulai SMP Saya harus bekerja
membantu Almarhum Ibu yang berjuang untuk menghidupi Kami ber lima.
Sedikit punya duit Saya beli tembakau dan kertas rokok yang terpisah
yang kemudian dilinting/ gulung sendiri dengan tangan.
Rasanya kok kurang pas….akhirnya Saya coba membeli rokok bungkusan
seperti yang sekarang.
Pertama kali rokok bungkusan yang Saya beli adalah Bentoel Biru, Gudang
Garam Filter dan Ardath.
Itu pelajaran rokok ketika Saya duduk di bangku SMP.
Setelah masuk bangku SMA…temanpun semakin lebih banyak lagi…jenis-jenis
rokokpun makin banyak saja. Saat itupun Saya masih bekerja…..hasilnya
sebagian Saya belikan rokok…….dan dari sinilah mulai mengenal berbagai
macam rokok yang ada seperti sekarang…berlanjut hingga di dunia
kerja…mulai mengenal rokok dari luar negeri yang juga berbagai macam……
Alhasil…boleh dibilang semua rokok sudah Saya coba, kecuali Cerutu yang
harganya tidak terjangkau.
Bahkan suatu ketika Saya pernah merokok daun kecubung yang sudah di
keringkan yang mirip dengan tembakau…..duh……edan bener saat itu.
Kalau ingat itu semua malu…sedih sekali…….
Kalau pas lagi naik angkot….atau jalan di kakilima…..atau belanja
pasar……melihat anak kecil merokok…..kemudian Saya berkaca dalam
diri…..Saya hanya bisa tersenyum….dalam hati "mau jadi apa kamu ini de"……
Yah itulah bagian dari sisi gelap Saya….dan lain dan tak bukan memang
peranan lingkungan sangat mendominasi perkembangan psikologis Saya.
Dulu Saya tidak pernah diperhatikan oleh orang tua…kebetulan Almarhum
Ibu pisah dengan Almarhum Bapak ketika Saya masih kelas 2 SD……Kami
berlima ikut Almarhumah Ibu…..betapa teramat sangat berat kehidupan
Almarhumah Ibu…Saya tahu persis……tapi Saat itu saya belum sadar..maunya
main saja…tidak pernah belajar…padahal jelas-jelas buat makan saja susah
apalagi buat sekolah.
Tapi alhamdulillah….perjuangan Almarhumah Ibu sungguh-sunguh sangat luar
biasa sekali…sehingga Kami bisa sampai lulus dari SMA…..dalam kondisi
lingkungan yang sangat berat…belum lagi masyarakat disitu belum ada yang
sadar akan pendidikan…..rumahpun hanya pakai lampu petromak saja…..
Sungguh sangat luar biasa perjuangan Almarhumah Ibu Saya…….
Ketika Saya ingin berbagi kebahagian bersama Ibunda tercinta……hanya duka
dan penyeselan yang ada.
Yah Insya Allah….dengan menjadi anak yang sholeh….pahala akan tetap
mengalir ke orang tua.
Yah….
Pelajaran yang teramat sangat berharga buat Saya dalam membangun
keluarga…membesarkan anak….bersosialisasi dengan tetangga……dan masih
banyak lagi yang Alhamdulillah telah Saya dapatkan.
Semoga bangsa ini kedepan menjadi bangsa yang mumpuni.
Seandaianya Saya diberi kesempatan….diberi umur panjang…Saya ingin
melihat anak Saya tumbuh dan besar menjadi anak yang sholeh….bermanfaat
buat orang lain…dan tentu bukan perokok.amien ya Rabbal allamin.

http://ghozan.blogsome.com/2006/09/13/kecil-kok-perokok/

9.

HAK KONSUMEN KESEHATAN ==> Agent of Change

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Sat Oct 8, 2011 12:10 am (PDT)



repost....

konteksnya hampir sama...dah mulai musim hujan kayaknya yah...
tadi pagi berangkat nyangkul....sempet basah belum kuyup disiram
gerimis......

----- Original Message -----
*From:* Purnamawati <mailto:purnamawati.spak@cbn.net.id>
*To:* sehat@yahoogroups.com <mailto:sehat@yahoogroups.com>
*Sent:* Tuesday, August 02, 2005 11:41 PM
*Subject:* [sehat] PELANGI 8: sedikit oleh2 - HAK KONSUMEN KESEHATAN

Dear all
selamat malam ... hujan ya sore ... senangnya saya kalau hujan (terutama
ketika hujan sudah tiba di rumah hehehe).
Tadi ikut seminar future nursing karena ada satu pembicara lawyer dari
Ausie yang berbicara tentang consumers' rights ... menarik meski kurang
menggigit mungkin karena beliau belum mengenal Indonesia ... akibatnya
..para perawat kurang menangkap isi dan pesan bahwasanya ... layanan
kesehatan yang berkualitas adalah yang aman .. public protection intinya
Menarik ketika ia berbicara tentang PERAN KONSUMEN DALAM LAYANAN
KESEHATAN .. ada 3 katanya

1. Sebagai COMPLAINANTS (secara kasar ... boleh dibilang bahwa salah
satu tugas konsumen adalah ... MENGAJUKAN KELUHAN ... karena dari
keluhan ini tenaga medis bisa belajar banyak ... tetapi tentunya bukan
asal mengeluh ... tetap harus bijak

2. Sebagai PARTICIPANTS dalam suatu regulatory regime
berpartisipasi di badan pembuat kebijakan, di organisasi profesi ..
misalnya .., asosiasi perawat di Ausie .. menyediakan kursi bagi
konsumen sehingga duduk sama2 membuat kebijakan, standardisasi dll ..
sebagai pengamat lah

3. Sebagai RECIPIENTS OF INFORMATION ... harus mau dan mampu menyerap
informasi .. baik informasi ilmiah kesehatan maupun informasi kebijakan

Nah .. organisasi konsumen kesehatan australia mempunyai one charter of
rights and responsibilities ... ada 8 yang intinya sbb:

1. The right to satisfaction of basic needs - salah satunya adalah kesehatan

2. The right to safety (hak dilindungi akan produk, proses produksi
serta layanan/services yang bisa mengancam kesehatan
Note saya: bagaimana perlindungan terkait produk makanan (pewarna,
pengawet, antibiotikanya???)
Mengapa barang yang diekspor jauh lebih bagus ketimbang barang yang
dipasarkan di dalam negeri?
Industri makanan kita bangga kala produknya bisa masuk di jepang
misalnya meski produknya untuk bangsa sendiri produk kelas 2.

3. The right to be informed ... diberi data dan fakta .. protected
against dishonest or misleading advertising and labelling
Contohnya .. ketika harus menanda tangani surat ijin tindakan (informed
consent) .. harus disertai kesadaran sepenuhnya perihal proses yang akan
dilaksanakan
Note: Persetujuan pasien hanya efektif bila ybs sepenuhnya memahami dan
menyetujui apa yg ditandatangani

4. The right to choose - boleh memilih dari berbagai jenis produk serta
services yang tersedia dengan harga yang kompetitif tentunya serta
jaminan kualitas
Note saya:
1. Boleh minta generik dong
2. Boleh menolak pengobatan ... misalnya ... beberapa bulan lalu curhat
dan sharing orang tua perihal paket konsultasi medis yang mencakup
peresepan yang sudah on line
INI SUNGGUH MELANGGAR ... kita harus tahu obat yang diberikan kepada
kita baik isi, efektivitas maupun risiko efek sampingnya ...
kita berhak meminta waktu berpikir mau tebus atau tidak obatnya

5. The right to be heard -
Note: tugas tenaga medis memang mendengar ...
mendengar merupakan bagian amat penting dalam menegakkan diagnosis
Mendengar di sini juga terkait representasi pihak konsumen di
pemerintahan dan organisasi profesi ketika mereka membuat suatu kebijakan

6. The right to redress
Berhak akan ganti rugu ketika memang dirugikan

7. The right to consumer education

8. The right to a healthy environment

Nah ... selamat merenung
sudahkah kita menjadi konsumen yang menjalankan ke 3 peran kita
sudahkah kita menjalankan kewajiban kita sehingga hak kita terpenuhi

selamat tidur ... dah menjelang dini hari
maaf ya belum sempat buat bunga rampai
love
wati

[Non-text portions of this message have been removed]

Recent Activity
Visit Your Group
Sitebuilder

Build a web site

quickly & easily

with Sitebuilder.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Yahoo! Health

Memory Loss

Are you at risk

for Alzheimers?

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

"Mailing-list SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access&Website.
Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
=================================================================
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access&Website.
Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our programme, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
=========================================================================
Donasi
Rekening YOP
Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
=========================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: