Friday, October 7, 2011

[sehat] Digest Number 16211

Messages In This Digest (25 Messages)

Messages

1a.

Re: Bayiku Pemalas Sekali... T_T

Posted by: "nankrist" nankrist@yahoo.com   nankrist

Thu Oct 6, 2011 11:44 pm (PDT)



mbak Yeptirani Syari,

masuk ke yahoogroups,
pilih groups sehat,
ada kotak Search, input disitu keyword nya.

saya coba pake keyword "screening zat besi:
banyak banget lho imel yg keluar.

jangan payah donk untuk anak.
harus kreatif ;p

salam
cy

--- In sehat@yahoogroups.com, Yeptirani Syari <sehat.syari@...> wrote:
>
> diriku paling payah kalo disuruh ngubek arsip. nyari tulisa dr. anto tentang
> screening adb susah sekali T_T
>
> kalau boleh, dibantu donk, linknya gitu.. atau keywordnya..
>
> saya sudah nyoba: "screening zat besi" "screening adb" "screening besi anto"
>
> gak dapet juga T_T
>
>
>
> --
> Yeptirani Syari, ~Dandanya Zee~
> "kalo mo japri, ke *y.syari@...* ajah... biar gak nyelip :p"
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>

2a.

Re: Tarif di Markas

Posted by: "nankrist" nankrist@yahoo.com   nankrist

Thu Oct 6, 2011 11:48 pm (PDT)



selain dsa dr E dan dr Y,
kl "kepepet" -didesak suami or 2 dokter itu gak pas jdwl prakteknya-,
saya mah lbh demen ke markas yg baru dokter umum saja.

emang kenapa ya kl baru dokter umum saja ?
kl sekedar cc doang -yg sebnrnya gak perlu ke dokter, tp toh masih bnyk yg panik buru2 ke dokter-,
dokter umum aj mah fine, gak perlu ke dsa.

cy

> 2011/10/7 ira yusnita <ira.yusnita@...>
>
>
> > *biar yang new gak merasa ketipu, di sana bukan dsa ya, baru
> >
> > dokter umum saja*.
> >
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>

2b.

Re: Tarif di Markas

Posted by: "Bertha" berthawn@yahoo.co.id   berthawn

Fri Oct 7, 2011 12:01 am (PDT)





--- In sehat@yahoogroups.com, "Lydia Amrina" <l_amrina@...> wrote:
>
> Dear Sp,
> Ada yg tau tarif dokter dan imunisasi di markas sehat ?
> Lalu, dokter di markas bisa juga utk dewasa kan moms ?
> Tolong info ya
>
> Salam
> Lydia
> *Bunda Abyna & Lubna*
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>

2c.

Re: Tarif di Markas

Posted by: "Bertha" berthawn@yahoo.co.id   berthawn

Fri Oct 7, 2011 12:02 am (PDT)




maaf mau tanya,

dokter di markas, maksudnya apa ya ?
dokter siapa saja yg ada di sana ?

maaf, anggota baru nich,

makasih,
bertha

--- In sehat@yahoogroups.com, "Lydia Amrina" <l_amrina@...> wrote:
>
> Dear Sp,
> Ada yg tau tarif dokter dan imunisasi di markas sehat ?
> Lalu, dokter di markas bisa juga utk dewasa kan moms ?
> Tolong info ya
>
> Salam
> Lydia
> *Bunda Abyna & Lubna*
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>

2d.

Re: Tarif di Markas

Posted by: "gina" gina_fiskal@yahoo.com   gina_fiskal

Fri Oct 7, 2011 12:36 am (PDT)




maaf mau ikutan sharing ttg markas ya,

saya seneng bgt bisa nemuin tempat kya gini dimana pasien bisa two tanggo sama dokter, tapi mungkin ada sedikit masukan buat pengelola, entah ada perubahan sistem atau bagaimana, dulu 2010 dan awal2 tahun 2011, saya daftar via telp dan biasanya dikasih nomer antrian dan rata2 tidak jauh melesat dari jam yang di tentukan.
tapi belakangan sepertinya berubah, setiap saya kesana walaupun saya sudah dpt nomer antrian tapi sepertinya nomer antriannya ga berlaku, karena siapa yg dtg duluan dia yg dilayani, seperti contoh kmrn sabtu saya daftar dan di ksh jadwal bertemu dr jam 5 sore, tapi ternyata ketika saya datang jam 5 saya masih harus menunggu kurleb 8 orang lain, dimana kalau saya hitung2, mungkin 2-3 jam lagi saya harus menunggu giliran.
Saya sempat komplain pada salah satu petugas disana, tapi dia bilang mungkin saya tidak daftar ke dia, agak aneh si karena bukannya dengan siapapun saya daftar harusnya sama saja ya :)
sebenernya sih ga masalah kalau ternyata sistemnya jadi first come first service, namun mungkin tidak usah di sebutkan jam berapa perkiraannya bertemu dengan dokternya kali ya, biar ga merasa kecewa.
mudah2an bisa jadi kritik yg membangun ya untuk ke depannya, karena saya juga maklum markas sehat skrng banyak bgt penggemarnya, jadi harus sabar juga hehehehe

cheers,
Gina

2e.

Re: Tarif di Markas

Posted by: "nankrist" nankrist@yahoo.com   nankrist

Fri Oct 7, 2011 12:57 am (PDT)



Setuju dgn mbak Gina.

bulan agustus 2011 (kl gak salah tgl 20 or 21 agustus),
saya bawa bayi saya untuk imunisasi 4 bulan di markas sehat.
sms diminta datang jam 2.30 siang,
saya sampe di markas jam 14.30 kurang 10 menitan.

sampe di markas ud banyak orang yg ngantri lebih dari 5 orang.
(pdhal dulu2 mah paling cuman 2-3 orang)
bolak balik nny, tp dijawab tunggu saja.
akhirnya anak saya baru ketemu dr apin jam 17.30 an.
lumayan luamaa untuk bayi nunggu 3 jam gitu.

pas pulang tny lagi,
dijawab skrg berdasarkan kedatangan.
jd lain kali datang pagian ajah.

he3, buat masukan aj ya.
kasian ajah pasien yg bayi/anak2 apalg ada resiko ketularan penyakit kan kl ditumpuk gitu.

urutan giliran jadi pertimbangan juga sih :
- pas hamil, dsog nya sebnrnya pasiennya banyak
tp susternya ngaturnya ok banget, jd sehari seblmnya
misal disms "ibu dpt giliran jam 6-7 sore".
kl lewat jam 6 blm sampe, ditelp.
jadi diitung bener2 sama susternya, seorang pasien kira2 brp lama.
selama 9 bulan kontrol, saya nunggu giliran paling cuman 2-3 orangan ajah kecuali si dokter ada operasi mendadak.
enak di ruang tunggu nya jg gak riweh.

- pernah jg bawa anak kontrol di rs.
disini tnyt giliran pasien by perjanjian dan bisa jg gak pake perjanjian.
konsekuensinya, kl ada 2 orang datang bersamaan 1 perjanjian,
1 lg gak pake perjanjian,
yg didahuluin yg perjanjian.
kl yg perjanjian ud keluar ruangan dan datang lagi pasien 1 lagi yg juga dgn perjanjian, ya yg gak pake perjanjian kudu nunggu lagi.
hi3, jd pernah datang jam 9 dpt giliran baru jam 12 (kagak tau boo kl mesti janji dulu).

sekedar saran masukan boleh ya;p
salam
cy (*gak potek*)

--- In sehat@yahoogroups.com, "gina" <gina_fiskal@...> wrote:
>
>
> maaf mau ikutan sharing ttg markas ya,
>
> saya seneng bgt bisa nemuin tempat kya gini dimana pasien bisa two tanggo sama dokter, tapi mungkin ada sedikit masukan buat pengelola, entah ada perubahan sistem atau bagaimana, dulu 2010 dan awal2 tahun 2011, saya daftar via telp dan biasanya dikasih nomer antrian dan rata2 tidak jauh melesat dari jam yang di tentukan.
> tapi belakangan sepertinya berubah, setiap saya kesana walaupun saya sudah dpt nomer antrian tapi sepertinya nomer antriannya ga berlaku, karena siapa yg dtg duluan dia yg dilayani, seperti contoh kmrn sabtu saya daftar dan di ksh jadwal bertemu dr jam 5 sore, tapi ternyata ketika saya datang jam 5 saya masih harus menunggu kurleb 8 orang lain, dimana kalau saya hitung2, mungkin 2-3 jam lagi saya harus menunggu giliran.
> Saya sempat komplain pada salah satu petugas disana, tapi dia bilang mungkin saya tidak daftar ke dia, agak aneh si karena bukannya dengan siapapun saya daftar harusnya sama saja ya :)
> sebenernya sih ga masalah kalau ternyata sistemnya jadi first come first service, namun mungkin tidak usah di sebutkan jam berapa perkiraannya bertemu dengan dokternya kali ya, biar ga merasa kecewa.
> mudah2an bisa jadi kritik yg membangun ya untuk ke depannya, karena saya juga maklum markas sehat skrng banyak bgt penggemarnya, jadi harus sabar juga hehehehe
>
> cheers,
> Gina
>

3.1.

Re: Berhenti mendadak rokok

Posted by: "yoga pranata" doyogh@gmail.com   doyogh

Thu Oct 6, 2011 11:49 pm (PDT)



dear all....

tanpa bermaksud pesimis, terkadang sekeras apapun usaha kita untuk
mengingatkan orang yang kita cintai, at the end of the day mereka harus
"kepentok" dulu baru bisa mencapai titik balik untuk tidak merokok.

kalo aja temen-temen bisa lihat apa yang saya lihat setiap harinya di rumah
sakit...bukan kematian akibat rokok yang bikin saya miris, tapi "siksaan"
menuju kematian tersebut...berbulan-bulan berbaring di rumah sakit terpasang
ventilator karena parunya rusak, diambil darah hampir tiap hari,
ditusuk-tusuk, dipasang alat-alat, ga bisa ketemu keluarga,
dioperasi...buntut-buntutnya meninggal juga...mending langsung meninggal aja
kan?

--
Yoga
yang lagi sama-sama belajar
Yayasan Orang Tua Peduli
www.milissehat.web.id

[Non-text portions of this message have been removed]

3.2.

Re: Berhenti mendadak rokok

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Thu Oct 6, 2011 11:58 pm (PDT)



Dr yoga,
Yups betuuull skali....mdh2n suami sy ga hrs kepentok dl.

*msh ttp usaha

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

4a.

Re: Steve Jobs, Kanker Pankreas, Rokok dan Diabetes

Posted by: "Cherie Hadiwidjaja" cherie.hadiwidjaja@gmail.com   cherie_ph

Thu Oct 6, 2011 11:56 pm (PDT)



Menyambung artikel tentang penyebab Kanker Pankreas,saya baru membaca
bahwa ternyata Steve Jobs adalah vegetarian sejak masih muda.bahkan
sempat menjadi fruitirian (bener ga sih tulisannya?hanya makan
buah2an). Steve Jobs sangat ketat menjaga makanan keluarganya,hanya
makan produk buah dan sayur dari kebun sendiri. Saya sangat kagum dgn
sepak terjang Steve Jobs.RIP.

Regards,
Mamanya K n Aiko

On 10/6/11, cut maha ratu <maharatu.maharsya@gmail.com> wrote:
> Mbak Rahmi,
> Boleh minta link artikel ini mbak kalau ada..?
> Terima kasih ya..
>
>
> Sent from XL BlackBerry®
>
> ------------------------------------
>
> Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada PT LG Electronics Indonesia atas
> partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.
>
> "Mailing-list SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access&Website.
> Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland,
> dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami,
> PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
> =================================================================
> "SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access&Website.
> Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk.
> who have consistently sponsored our programme, PESAT (Program Edukasi
> Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>
> Kunjungi kami di (Visit us at):
> Official Web : http://milissehat.web.id/
> FB : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
> Twitter : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
> =========================================================================
> Donasi
> Rekening YOP
> Yayasan Orang Tua Peduli
> Bank Mandiri
> Cabang Kemang Raya Jakarta
> Account Number: 126.000.4634514
> =========================================================================Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>

4b.

Re: Steve Jobs, Kanker Pankreas, Rokok dan Diabetes

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Fri Oct 7, 2011 12:03 am (PDT)



jd,missing link apa yah kira2 yg bikin ke ca pankreas....

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

4c.

Re: Steve Jobs, Kanker Pankreas, Rokok dan Diabetes

Posted by: "hilda iriany" hilda.iriany@gmail.com   h_iriany

Fri Oct 7, 2011 12:18 am (PDT)



Silahkan mba Aina:
http://www.mayoclinic.com/health/pancreatic-cancer/DS00357/DSECTION=causes
It's not clear what causes pancreatic cancer.

> jd,missing link apa yah kira2 yg bikin ke ca pankreas....
>
> -hilda-

[Non-text portions of this message have been removed]

4d.

Re: Steve Jobs, Kanker Pankreas, Rokok dan Diabetes

Posted by: "aina" aina.anwar@yahoo.com   aina.anwar

Fri Oct 7, 2011 12:24 am (PDT)



Mba, hilda...Harus concern sm ciri2nya kl begitu...bnr2 silent killer

merci beaucoup
wassalamu'alaikum wr wb,

aina f.

4e.

Re: Steve Jobs, Kanker Pankreas, Rokok dan Diabetes

Posted by: "/ghz" ghozan10032005@gmail.com

Fri Oct 7, 2011 12:46 am (PDT)



On 10/7/2011 2:03 PM, aina wrote:
> jd,missing link apa yah kira2 yg bikin ke ca pankreas....
>
>
mungkin url ini bisa menjelaskan :
http://scienceblogs.com/insolence/2011/10/steve_jobs_and_pancreatic_cancer_two.php

salamku
bapakeghozan

5a.

Re: Hamil 8bln BPD tidak simetris dengan AC :((

Posted by: "pritameani syafa'at" yazieta@yahoo.co.uk   yazieta

Fri Oct 7, 2011 12:02 am (PDT)



Saya jadi buka hasil USG-nya Uma (12 bulan) sekitar UK 30 minggu. Seinget saya, antara BPD dan AC kadang-kadang selisih. Yang saya temukan, BPD 31w3d, AC 29w3d, berarti selisih 2 minggu, kan.

Saya pernah divonis kemungkinan janin tidak bisa dipertahankan ketika pertama kali kontrol kehamilan. Hal yang bisa saya (kami) lakukan adalah berdoa, berikhtiar, dan pasrah. Juga, mengajak ngobrol Dedek di dalam perut. Selama dua minggu (masa penentuan) saya makan banyak, bawaannya makan mulu .... Alhamdulillah, sekarang janin itu telah berumur 12 bulan, sehat dan lincah.

Berpikir positif, makan secukupnya (banyak), ajak ngobrol Dedek di dalam perut, hypnobirthing. Cari 2 nd opinion juga, ya. Semoga bisa lahir pada waktunya. Ibu jangan terlalu khawatir, Dedek di dalam bisa merasakan. Percayakan sama Tuhan, tubuh Ibu, dan Dedek. InsyaAllah diberikan yang terbaik.

Good luck.
 
Salam
-Prita-

________________________________

[Non-text portions of this message have been removed]

5b.

Re: Hamil 8bln BPD tidak simetris dengan AC :((

Posted by: "nankrist" nankrist@yahoo.com   nankrist

Fri Oct 7, 2011 12:10 am (PDT)



kl baca di :
http://www.drdidispog.com/2008/07/membaca-hasil-usg.html
BPD = Biparietal Diameter
Ukuran diameter tulang pelipis kiri dan kanan

sedangkan baca di
http://yuwielueninet.wordpress.com/2009/01/20/akurat-deteksi-kelainan-janin-dengan-usg/
Bipariental diameter (BPD) adalah pengukuran lingkar kepala. BPD bisa diukur pada usia kehamilan di atas 12 minggu. Saat usia 13 minggu, lingkar kepala janin sekitar 2,4 cm, lalu meningkat hingga sekitar 9,5 cm.

berarti ini berhub dengan lingkar kepala yg tidak sesuai dgn usia kandungan ya ?
nyari hasil usg2 anak saya kemarin blm ktemu.
biasanya sih emang gak persis sama, tp di hasil usg mbak jauh ya selisihnya.

untuk persiapan -bukan nakut2in-
coba browsing "Microcephalus"

saran :
- coba second opinion ke dsog fetomaternal (referensi : dr azen salim)
- tanyakan ke dsog apakah ada kemungkinan lahir prematur ?
- jika ada kemungkinan lahir prematur, perlukah disuntik penguat paru2.
2 anak saya disuntik penguat paru2, yg pertama akhirnya lahir prematur, yg kedua puji TUHAN lahir cukup bulan.

semangat ya, mbak.

salam
cy

5c.

Re: Hamil 8bln BPD tidak simetris dengan AC :((

Posted by: "Ratna" ratnaumry@gmail.com   c_ratna_sd

Fri Oct 7, 2011 12:28 am (PDT)



Coba second opinion aja mbak. Saya pas hamil wina 36w dibilang dsog saya baru 31w, jelas2 tiap bulan kontrol sama beliau. Akhirnya minggu ke 37 pindah dsog, itupun dibilang 'emang agak kecil bu, siap2 bblr'. Ternyata wina lahir pas due date (fullterm 40w) bbl 2.9kg, tb 54cm. Langsing tinggi, kebaca di usg kecil. Semoga ga ada yg serius ya.

Ratna • MamaWiLou
5d.

Re: Hamil 8bln BPD tidak simetris dengan AC :((

Posted by: "nankrist" nankrist@yahoo.com   nankrist

Fri Oct 7, 2011 12:29 am (PDT)



utk air ketuban berlebih
bisa google.com dgn keyword
polihidramnion/ hidramnion

cy

5e.

Re: Hamil 8bln BPD tidak simetris dengan AC :((

Posted by: "ekawati.astuti" ekawati.astuti@yahoo.com   ekawati.astuti

Fri Oct 7, 2011 1:02 am (PDT)



Dear Mba Chitra,

Pada hari yang sama sudah 2nd opinion di USG 3D rujukan dengan dokter lain. hasil BPD vs AC tetap sama. Dan komentar dokter ke 2 ini hanya bilang "belum" gemuk. Tidak ditemukan adanya kelainan. Gerakannya aktif sekali sampai agak susah diukur, dan saat didengarkan mesin pengukur detak jantung anak saya makin keras menendang2.

Dear Mba Ratna dan Mba Prita,

Mirip ya mba, cuma kalau anak saya ini selisihnya 3-4 minggu BPD vs AC. Saya juga jadi ngumpulin hsil USG temen2 yang saya tau bb bayi lahir "agak" rendah. Dan ada teman yang mirip dan anaknya normal, sehat dan kmrn berhasil saya brainstorm ASIX sampai skrg sudah 8bln. Iya hati kecil saya yakin anak saya kuat karena hamil kedua ini aktivitas saya bener2 deh, pas mau ketauan telat pun saya sempat2nya cycling di ubud segala :_((. Makasi mba utk sharingnya.

Dear Mba Cy,

Kemarin sih penjelasan dokter lingkar kepala 31w tapi lingkar perut 27w. Jadi dianggap tidak simetris dan "agak" kecil. Dicurigai plasentanya gak maksimal. Tapi kenapa bru skrg ya? Saya lagi buka2 link nya mba.
Betul, skrg saya sedang baca2 ttg lahir prematur. Karena kmrn kok enak banget dokternya bilang kalau nnti terpaksa dikeluarin ( dikeluarin ya bahasanya bukan dilahirkan lohhh... grrr $#%%@^$# ) ya gak bs diapa2in krn masih terlalu kecil. Padahal saya ada baca2 ada yg lahir 6 bln itu pun dicoba di inkub dulu walopun amit2 ternyata hanya bertahan 1bln :_((

Salam,
Eka

6a.

Re: Penularan Tampek

Posted by: "imelda_mumbunan@yahoo.com" imelda_mumbunan@yahoo.com   imelda_mumbunan

Fri Oct 7, 2011 12:45 am (PDT)



Dear Mas Samsul,MbaChici n Mba Niken terima kasih u komentarnya, mungkin aq harus cek dulu dgn mbanya pd saat bgmn muncul ruam merah dikulitnya....

Many thanks,
Mels
Sent from BlackBerry® on 3
7a.

Re: Mohon penguatan - anak demam 39,8  ga turun2

Posted by: "wulan" wulan.wuls@gmail.com   wulanokey

Fri Oct 7, 2011 12:45 am (PDT)



Khas nya roseola demam justru tinggi mba. Wkt anak saya kmrn jg gitu, demam merambat naik di hari pertama, mentok 40 koma di hari ke 2 dan 3. Udh lbh dr 72 jam, pas mau siap2 brgkt tes urin, muncul ruam. :). Sabar ya, ga ada yg bs dilihat jg kl blm 72 jam. Selain itu berikan parcet jk sangat diperlukan saja spy perjalanan panasnya bisa dibaca.

Kl saya, setiap anak sakit ada diary nya. Jd pny medical record sendiri. Ketika demam, selalu saya catat suhunya berapa, kl dikasih parcet krn sdh sangat rewel jg saya catet brp takarannya dan jam berapa. Jg dicatat perubahan apa yg terjadi, misal mulai ga mau makan sama sekali, frekuensi pipis berkurang, dll. Rempong sih, tp kl at the end hrs ke dokter, mudah nyampeinnya ke dokter. Dan setelah anak sembuh, bs dipelajari lg buat ke depannya.

Rgds,
- Wulan -
@wulsnih

8a.

(Tanya) Infeksi kronis mengarah ke TBC?

Posted by: "Theresia" peachberry_07@yahoo.com   peachberry_07

Fri Oct 7, 2011 12:46 am (PDT)



Dear Mba Ami n Shanty,

Sblmnya thx atas respondnya yaaa.
@Mba Ami: Marsha umur 1y9m mba. Sy ud plot n sblm usia 10m msh dipersentil 20, tp stlh itu lgsg drop smp dipersentil 5-10. (Born:3.07kg; 10m:8kg; 12m: 8.6kg; skrg:9.3kg).

@Mba Shanty: ISPA itu diagnosa pertama sblm cek darah n Ige (alergi) n stlh kluar hasil didiagnosa HiperReactanBronchitis (HRB), jd tes mantoux. Tnyata hsl mantoux negatif, jd diagnosanya Batuk Kronis Berulang, mknya diksh obat2an begitu.

Smp skrg se aku ga ksh obatnya ke Marsha, mo make sure dl tuh obat.

Thx bgt ya
Theresia
*senengnya skrg Marsha ud mo mkn byk n aktif bgt lagi ;)
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
9.1.

Re: Mastitis akut

Posted by: "Rini" febrini_s@yahoo.com   febrini_s

Fri Oct 7, 2011 12:47 am (PDT)




Selamat sore,

dr. Anto, skrg nanahnya sudah bersih, sama dokter bedah disuruh kompres dgn NaCl untuk membersihkan nanahnya, yg merembes keluar dari bekas lukanya skrg hanya ASI-nya saja. Sementara ini saya tidak menyusui dari payudara yg sakit, hanya dari yg sehat saja. Terima kasih link-nya dok, nanti akan saya baca dan pelajari.

Mama Zafran, mbak Ana, mama 2R, terima kasih ya atas dukungannya, jadi bikin saya semangat untuk tetap menyusui anak saya meskipun resikonya proses penyembuhannya jadi lebih lambat.

Mbak Ita, percayalah mastitis itu jauh lebih sakit daripada lecet2 puting yg sampai berdarah2 karna saya sudah ngalamn dua2nya (Lecet puting waktu awal2 menyusui). Jadi tetep semangat ng-ASI ya, mbak meskipun sakitnya gak ketulungan...

Mbak Rini-mama Jer & Jean (kembaran saya. hehehe...)
cerita yg mbak alamin makin menguatkan saya karna saya juga ngalamin yg persis sama. dari teriak2 dan nangis2 pas bayi nenen krn sakitnya luar biasa, nangis2 juga ketika bengkaknya makin parah dan mau keluar nanahnya, sampai nangis2 ketika dokter bilang saya harus stop ngasih ASI. Nggak tega kalo ngeliat mukanya Vanessa,ngebayangin dia harus ngelanjutin hidup dengan mimik sufor (agak lebay bahasanya. hehe...). setiap cerita ke orang kalo saya disuruh nyapih vanessa yg baru 3 bulan, saya pasti mo nangis lagi. Pokoknya 3 minggu yg penuh drama deh...
Sakitnya rasanya lebih sakit dari waktu melahirkan krn dialaminnya sampe 2 minggu. saya juga habis painkiller sehari 4 porsi, satu porsi terdiri atas panadol sama farpain. lebih stres lagi waktu ngeliat nanah keluarnya mancur2 sementara lubang pada luka makin membesar dan bertambah banyak (ada 4-5 lubang) krn saya tidak diinsisi tapi nanahnya saya keluarkan sendiri di rumah, baru besoknya saya ke dokter dan disuruh kompres dengan NaCl. Kuantitas ASI pun drop, yg tadinya sekali memerah bisa dapat 100-an ml hanya dari 1 pd, langsung drop menjadi setetes dua tetes, kayaknya karna stres dan kesakitan. Jadi tambah stres krn sudah makan Molocco, daun bangun2, segala macam sayuran dan jus, kacang hijau, minum air putih berliter2, tetep aja produksi asi minim padahal selama sakit hanya bisa mengandalkan asi dari 1 payudara. Akhirnya berat badan bayi saya turun dan rewel krn kelaparan terus, terpaksa kasih sufor. Sudah seminggu ini Vanessa minum sufor tapi masih saya campur dengan ASIP dari pd yang sehat.
Saya juga beruntung dapet suami hebat. Di saat saya kesakitan dan sibuk ngurusin nanah, dia bawain makanan untuk saya ke kamar, ngurusin bayi termasuk ganti popok, bikinin sufor dan memandikannya. Rasanya jadi makin cinta sama suami.
Skrg saya makin yakin untuk tidak stop asi setelah baca pengalaman mbak, karna saya makin yakin tetap bisa sembuh walaupun mungkin lebih lama. Apalagi sekarang asi saya sudah mulai normal lagi kuantitasnya jadi sedikit2 sufornya mau saya kurangi supaya bisa full asi lagi seperti 3 bulan pertama. Saya ikhlas sakit lebih lama demi bisa menyusui sambil mesra2an dengan Vanessa lagi nantinya. Apalagi tadi saya cek ke dokter bedah lagi dan katanya jaringan baru sudah mulai tumbuh dan lukanya sudah menyempit. Meskipun beliau tetap merekomendasikan saya untuk stop asi-nya krn asi masih rembes dari bekas luka. Makasih banyak ya mbak atas sharing pengalamannya. Jadi makin optimis...

Maaf kalau curhat saya tidak penting dan kepanjangan. Hanya ingin sharing saja koq.

Regards,

Rini - Ibunya Vanessa

10a.

Re: 2 Hari Menjelang PESAT Bali

Posted by: "yulianto" yuliantosk@gmail.com   anto_sk

Fri Oct 7, 2011 12:48 am (PDT)




semoga semua berjalan lancar,
dan proses edukasi kesehatan terus berjalan,

salam,

-anto-

11a.

Re: bayi umur berapa hari bisa mendengar

Posted by: "nia2R" niea_152@yahoo.com   niea_152

Fri Oct 7, 2011 12:56 am (PDT)



Mba,
Pas lahir nilai apgarnya berapa?
Lahir cukup bulan?BB berapa?ada masalah kah ketika ibu mengandung?
Proses lahir bagaimana?

Coba pancing derngan suara kerincing pas dia lg ga tidur.

-nia-ibunya Razan Ragha
@nieafardina

12.

(News) RSU Soetomo, 11 Anak Meninggal Akibat Difteri

Posted by: "Ratna" ratnaumry@gmail.com   c_ratna_sd

Fri Oct 7, 2011 1:02 am (PDT)




From : http://www.jtv.co.id/jtvnews2.php?urut=2330

--
RSU Soetomo, 11 Anak Meninggal Akibat Difteri

Surabaya - Jumlah penderita difteri yang dirawat di RSU dr Soetomo mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. Sejak Januari hingga pekan ini, sudah ada 325 anak yang dirawat karena difteri. Padahal, tahun lalu hanya ada 304 kasus saja.

Bahkan sejak awal tahun 2011 hingga sekarang, sudah ada 11 anak penderita difteri yang dirawat rumah sakit milik Pemprov Jatim ini meninggal dunia.

"Mayoritas pasien meninggal dunia karena mengalami gagal jantung akibat serangan racun yang dikeluarkan bakteri Corynebacterium Diphtheriae," kata dr Dominicus Husada SpAK, Kamis (6/10/2011).

Kepala Divisi Infeksi dan Pediatri Tropik Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSU dr Soetomo ini menganggap jumlah pasien anak meninggal akibat penyakit difteri sangat tinggi.

Pihaknya heran tingginya angka kematian serta pasien yang menjalani rawat inap hanya terjadi di Jawa Timur. "Di Jakarta saja kasus difteri terbilang jarang. Ini jadi pertanyaan mengapa jumlah kasusnya begitu besar di Jawa Timur," ungkapnya.

Padahal, kata Dominicus, difteri mudah dicegah dan dideteksi dini agar tidak mengakibatkan kematian. Oleh karena itu, pihaknya meminta instansi terkait masalah ini lebih serius dalam memerangi difteri.

"Jika tidak, jumlah penderita dari tahun ke tahun akan makin banyak. Tidak hanya jumlah pasien yang meningkat. Ada kemungkinan, jumlah yang meninggal juga meningkat. Ini harus diperhatikan secara khusus," pungkas Dominicus.[puji/newsjtv]

--

Prihatin, sangat.

Ratna • MamaWiLou
Recent Activity
Visit Your Group
Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Yahoo! Health

Heartburn or Worse

What symptoms

are most serious?

Biz Resources

Y! Small Business

Articles, tools,

forms, and more.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Milis SEHAT mengucapkan terimakasih kepada PT LG Electronics Indonesia atas partisipasinya sebagai Sponsor Tunggal FAMILY FUN DAY MILIS SEHAT 2011.

"Mailing-list SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access&Website.
Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
=================================================================
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access&Website.
Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our programme, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
=========================================================================
Donasi
Rekening YOP
Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
=========================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

No comments: