Monday, June 7, 2010

[sehat] Digest Number 12381

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: Imunisasi Hib-2  dan Campak jaraknya berapa lama ? From: Titin Yunaini
1b.
Re: Imunisasi Hib-2  dan Campak jaraknya berapa lama ? From: hanny.prasetyo@gmail.com
1c.
Re: Imunisasi Hib-2  dan Campak jaraknya berapa lama ? From: Titin Yunaini
1d.
Re: Imunisasi Hib-2  dan Campak jaraknya berapa lama ? From: Reniasti S
1e.
Re: Imunisasi Hib-2  dan Campak jaraknya berapa lama ? From: Titin Yunaini
2a.
Re: Saya kira saya udah tak berada di "Kegelapan" From: Reniasti S
2b.
Re: Saya kira saya udah tak berada di "Kegelapan" From: CaishieSabrina
2c.
Re: Saya kira saya udah tak berada di "Kegelapan" From: Fransiska
3a.
Re: Demam Bercak di mulut dan blister badan From: inge.leonie@yahoo.com
3b.
Re: Demam Bercak di mulut dan blister badan From: Saleh, Endrawati (PTI - SOR)
4a.
Re: OBAT YANG AMAN UTK BATITA From: Herri Ferdian
4b.
Re: OBAT YANG AMAN UTK BATITA From: Ana Agustina
5a.
Re: need info: bank tali pusar From: pw.apsari@yahoo.com
5b.
Re: need info: bank tali pusar From: spency_chuchu@yahoo.com
6a.
[REMINDER H-5] PESAT 2 DEPOK From: Registrasi Pesat Depok
6b.
Re: [REMINDER H-5] PESAT 2 DEPOK From: Hilda
7.
ASK: Batuk alergi or batuk virus, kesiapan MPASI dan suka gumoh? From: thescorpio24@gmail.com
8.
Share Artikel: Herpangina /Penyakit Virus Coxsackie From: dina kurniasari
9a.
Re: Asi terkontaminasi From: tristanathan
10.
Fw: Benjolan lunak pada kepala & leher anak From: Ria Soraya
11a.
Re: Mengeluarkan lendir... From: inulrodiatuljanah@yahoo.com
12a.
Re: [ASK] sakit mata (lagi dan lagi) From: i_hutauruk
13a.
Re: Vaccine Excipient From: tristanathan
14.
Fajrul...dan Hormon Cortisol From: Naya Rachmi
15.
Biaya MRI From: Alzalea Fariyasti

Messages

1a.

Re: Imunisasi Hib-2  dan Campak jaraknya berapa lama ?

Posted by: "Titin Yunaini" titin_yn@pusri.co.id   bundatiza

Sun Jun 6, 2010 7:56 pm (PDT)



moms...

kalo boleh saran simultan aj tuk hib-2 n campaknya pas imun campaknya di 9m ni...so nggak perlu pusing mikiran jarak interval, lagian hib n campak nggak perlu jarak minimal krn hib vaksin mati campak vaksin hidup, yg perlu jarak minimal 4 minggu antar vaksin hidup.

soal hib, yg pertama umur 7bln ya, kalo di catch up schedule cdc thn '10 sih, kalo imun pertama umur 7 bln-11 bln, yg k-2 minimum jaraknya 4 minggu dari yg pertama n yg k-3 adalah final bisa diumur 12-15 bln, so cukup 3x totalnya.

CMIIW
br
titin~bunda tiza n varo

----- Original Message -----
From: Reniasti S
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Monday, June 07, 2010 9:38 AM
Subject: [sehat] Imunisasi Hib-2 dan Campak jaraknya berapa lama ?

[Non-text portions of this message have been removed]

1b.

Re: Imunisasi Hib-2  dan Campak jaraknya berapa lama ?

Posted by: "hanny.prasetyo@gmail.com" hanny.prasetyo@gmail.com   nyai_loh

Sun Jun 6, 2010 8:06 pm (PDT)



Mabk Titin,


Koreksi dikit yak..


Kalo HIB nya telat, kan masuk ke jadwal catch up tuh yak.. Nah bener kata mbak Titin, jarak minimal nya untuk catch up 4 minggu dr pemberian HIB sebelumnya. Dan kalau masih di bawah 12 bulan, catch up nya memang harus smp HIB 3. Nanti di 15 bulan br dpt booster HIB 4 nya..


Slamat imunisasi..

Cheers,


Sent from my cuteBerry®

-----Original Message-----
From: "Titin Yunaini" <titin_yn@pusri.co.id>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Mon, 7 Jun 2010 09:53:43
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Imunisasi Hib-2 dan Campak jaraknya berapa lama ?

moms...

kalo boleh saran simultan aj tuk hib-2 n campaknya pas imun campaknya di 9m ni...so nggak perlu pusing mikiran jarak interval, lagian hib n campak nggak perlu jarak minimal krn hib vaksin mati campak vaksin hidup, yg perlu jarak minimal 4 minggu antar vaksin hidup.

soal hib, yg pertama umur 7bln ya, kalo di catch up schedule cdc thn '10 sih, kalo imun pertama umur 7 bln-11 bln, yg k-2 minimum jaraknya 4 minggu dari yg pertama n yg k-3 adalah final bisa diumur 12-15 bln, so cukup 3x totalnya.

CMIIW
br
titin~bunda tiza n varo

----- Original Message -----
From: Reniasti S
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Monday, June 07, 2010 9:38 AM
Subject: [sehat] Imunisasi Hib-2 dan Campak jaraknya berapa lama ?

[Non-text portions of this message have been removed]



[Non-text portions of this message have been removed]

1c.

Re: Imunisasi Hib-2  dan Campak jaraknya berapa lama ?

Posted by: "Titin Yunaini" titin_yn@pusri.co.id   bundatiza

Sun Jun 6, 2010 8:20 pm (PDT)



tengkyu mbak hanny...

he..he..kelupaan boosternya ni...dah dikoreksi ya, so...3x imun hib dibawah
1thn + 1x booster..jadwalnya bisa:
hib2 simultan ma campak =9m
hib3 =10m
booster =15-18m

makasih ya koreksinya...
br
titin~bunda tiza n varo

----- Original Message -----
From: <hanny.prasetyo@gmail.com>
To: "Sehat Milis" <sehat@yahoogroups.com>
Sent: Monday, June 07, 2010 10:06 AM
Subject: Re: [sehat] Imunisasi Hib-2 dan Campak jaraknya berapa lama ?

1d.

Re: Imunisasi Hib-2  dan Campak jaraknya berapa lama ?

Posted by: "Reniasti S" reniasti_simatupang@yahoo.com   reniasti_simatupang

Sun Jun 6, 2010 8:54 pm (PDT)



Mba Titin, Mba Hanny..

Thanks buat informasinya.
Trus mau tnya vaksin untuk Hib : Act-Hib dan Hiberix sama gak ya moms?? ato beda produsen aja ? mohon informasinya..

Regards,
reniasti

1e.

Re: Imunisasi Hib-2  dan Campak jaraknya berapa lama ?

Posted by: "Titin Yunaini" titin_yn@pusri.co.id   bundatiza

Sun Jun 6, 2010 9:10 pm (PDT)



sama moms beda produsennya aj, act-hib dibuat sanofi pasteur, kalo hiberix dibuat ma gsk, kemaren2 varo pakek yg hiberix..

br
titin~bunda tiza n varo

----- Original Message -----
From: Reniasti S
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Monday, June 07, 2010 10:54 AM
Subject: [sehat] Re: Imunisasi Hib-2 dan Campak jaraknya berapa lama ?

[Non-text portions of this message have been removed]

2a.

Re: Saya kira saya udah tak berada di "Kegelapan"

Posted by: "Reniasti S" reniasti_simatupang@yahoo.com   reniasti_simatupang

Sun Jun 6, 2010 7:57 pm (PDT)




Hehehehe...

Curcol tuh apa sih mba? curhat ya?
maaf saya belum tau nih.. sering baca di milis tapi nda pernah mudeng..

Regards,
Reniasti

--- In sehat@yahoogroups.com, Fransiska Febriana <mamanya_imam@...> wrote:
>
> Cur Col nih ...
>
> Saya kira saya sudah tak berada di "kegelapan" lagi . Karena saya sangat pede dengan home treatment. Batuk pilek ... pede banget deh.
>
> Tapi ikut Pesat paket dengan tidak paket emang beda! Pesat 10 saya tidak ikut paket, emang sih bisa beli modulnya tapi akan berbeda kalau denger penjelasannya. Pesat 11 saya ikut paket. Lebih mudeng.
>
> Dan ternyata saya masih ada di kegelapan walau dak gelal gelap banget karena saya salah mengartikan catch up schedule imunisasi. Ternyata ada caranya .... oalaahhh....
>
> Nana
> *tau istilah curcol dari milis sehat*
>
>
>
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>

2b.

Re: Saya kira saya udah tak berada di "Kegelapan"

Posted by: "CaishieSabrina" caishiesabrina@yahoo.com   caishiesabrina

Sun Jun 6, 2010 8:11 pm (PDT)



Curhatcolongan artinya

Caishie
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: "Reniasti S" <reniasti_simatupang@yahoo.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Mon, 07 Jun 2010 02:56:18
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] Re: Saya kira saya udah tak berada di "Kegelapan"


Hehehehe...

Curcol tuh apa sih mba? curhat ya?
maaf saya belum tau nih.. sering baca di milis tapi nda pernah mudeng..

Regards,
Reniasti

--- In sehat@yahoogroups.com, Fransiska Febriana <mamanya_imam@...> wrote:
>
> Cur Col nih ...
>
> Saya kira saya sudah tak berada di "kegelapan" lagi . Karena saya sangat pede dengan home treatment. Batuk pilek ... pede banget deh.
>
> Tapi ikut Pesat paket dengan tidak paket emang beda! Pesat 10 saya tidak ikut paket, emang sih bisa beli modulnya tapi akan berbeda kalau denger penjelasannya. Pesat 11 saya ikut paket. Lebih mudeng.
>
> Dan ternyata saya masih ada di kegelapan walau dak gelal gelap banget karena saya salah mengartikan catch up schedule imunisasi. Ternyata ada caranya .... oalaahhh....
>
> Nana
> *tau istilah curcol dari milis sehat*
>
>
>
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>




[Non-text portions of this message have been removed]

2c.

Re: Saya kira saya udah tak berada di "Kegelapan"

Posted by: "Fransiska" mamanya_imam@yahoo.com   mamanya_imam

Sun Jun 6, 2010 8:56 pm (PDT)



Mbak Ria,
Makasih ya atas supportnya, pe er ku lumayan berat nih, menularkan dunia "terang" ke teman-teman

Regards
Nana

--- In sehat@yahoogroups.com, tristanathan <tristanathan.amadeo@...> wrote:
>
> judul emailnya asyik banget mbak, hehe.. bikin saya tertarik buat baca, dan
> ternyata isinya lebih asik lagi :-)
> jadi sekarang masih setengah gelap ya mbak?
> saya dulu juga gitu mbak, tapi setelah rajin sharing dan ngikutin diskusi di
> milis, rasanya gelap makin jauh dibelakang saya
>
> apalagi kalo bisa lulus ujian dengan nilai cum laude (baca: tetep rasional)
> waaah... bener2 terang benderang disekitar saya rasanya :D
>
> semoga sukses menarik teman2 dari kegelapan ya mbak nana
>
> -ria-
>

3a.

Re: Demam Bercak di mulut dan blister badan

Posted by: "inge.leonie@yahoo.com" inge.leonie@yahoo.com   inge.leonie

Sun Jun 6, 2010 7:57 pm (PDT)



Mba,
Coba browse dgn keyword : herpangina..
Kedua anak saya bulan kmrn juga kena penyakit ini.. Beberapa hari lalu, saya sempet share di email dgn thread mengenai kawasaki.
Thx

Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "Saleh, Endrawati \(PTI - SOR\)" <Endrawati.Saleh@valeinco.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Mon, 7 Jun 2010 10:45:59
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] Demam Bercak di mulut dan blister badan

Dear dokter & Sps,

Dah lama skali sy baru posting lagi ,tapi langsung bertanya , tolong
jawaban atau sharing dari para dr & sps yah,

My Boy izzat , udah 3 hari ini sakit,
awalnya sabtu pagi dia loncat2 dan bibirnya kena lantai dan ada luka
sobek sedikit, tapi setelah dibersihkan langsung main lagi, setelah
tidur siang badannya mulai hangat dan mulai lemas tapi masih mau makan,
malam harinya demam tinggi 40der , dikasih prosis alhamdulillah turun
dan dia bisa tidur nyenyak, pagi harinya demamnya naik lagi dan mulai
susah makan karena muncul bintik2 putih di bibir dan sekeliling mulut,
di lidahnya juga ada ruam, di bibir luar juga tumbuh beberapa ruam
merah, pas di cek badannya , ternyata banyak juga ruam di dada, beberapa
di punggung dan perut , banyak juga berkumpul di siku dan lututnya, di
kasih proris lagi demamnya turun dan main lagi, malam senin sudah tidak
demam, tapi senin pagi ini ruam yang di dada mengering dan menghitam,
tapi yang di siku bertambah banyak membesar dan mulai berisi cairan
bening.
Baca2 buku Q & A bunda , kayaknya mengarah ke campak krn ruam muncul
pas masih demam tinggi, tapi baca2 lagi campak muncul kalau masih demam
di hari ke 4, ini baru semalam demam udah muncul ruam,
pas browsing kok ngeri yah dapatnya , malah mengarah ke kawasaki, krn
muncul spt sariawan di mulut dan blister di badan......huaa takut
banget, apalagi pas dibaca kawasaki bisa "menyamar" seperti campak hikk
jadi tambah takut,
Pliss dokter & sps` izzat sakit apa yah, atau ada clue lain yg lebih
bisa menenangkan hati saya.
ditunggu jawabannya yah

Thanks,

Mama Izzat




[Non-text portions of this message have been removed]



[Non-text portions of this message have been removed]

3b.

Re: Demam Bercak di mulut dan blister badan

Posted by: "Saleh, Endrawati (PTI - SOR)" Endrawati.Saleh@valeinco.com

Sun Jun 6, 2010 8:20 pm (PDT)




Dear Mba inge, makasih responnya

Saya sudah baca postingan mba, dan alhamdulillah bisa mengurangi sedikit
kepanikan saya, secara kalau benar izzat kena KD (mudah2an tidak...amit
amit), sy gak tau mo kemana cari second opinion dan pengobatan krn
lokasiku jauuh dari kota.

Rgrds,
Endra

-----Original Message-----
From: sehat@yahoogroups.com [mailto:sehat@yahoogroups.com] On Behalf Of
inge.leonie@yahoo.com
Sent: Monday, June 07, 2010 10:58 AM
To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Demam Bercak di mulut dan blister badan

Mba,

Coba browse dgn keyword : herpangina..

Kedua anak saya bulan kmrn juga kena penyakit ini.. Beberapa hari lalu,
saya sempet share di email dgn thread mengenai kawasaki.

Thx

4a.

Re: OBAT YANG AMAN UTK BATITA

Posted by: "Herri Ferdian" herrifd@gmail.com

Sun Jun 6, 2010 8:02 pm (PDT)



Bu Kunti,
Jadi sariawan biasanya 1 mgg akan sembuh dgn sendirinya ya

Utk bercak putihnya sih dia gk gatal tapi liatnya gk enak aja lumayan banyak
dan ini kayaknya sdh berlangsung lebih dari 3 bulan
Kira-kira kenapa ya? Apakah alergi atau Panu atau ganti kulit hehehe kaya
Reptil ya ganti kulit :p

2010/6/7 <letitiakuw@gmail.com>

> Pak,
>
> Pengalaman saya dan anak saya untuk sariawan biasanya akan sembuh sendiri
> dalam waktu seminggu krn penyebabnya virus n self limiting disease.
> Ada juga sariawan yg disebabkan jamur bisa browsing candidiasis atau oral
> thrus.
>
> Kalau untuk bercak2 putihnya sambil diobservasi pak apakah gatal atau
> tidak.
>
> Cheers,
> Kunti Hayu
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

4b.

Re: OBAT YANG AMAN UTK BATITA

Posted by: "Ana Agustina" fariandani@yahoo.com   fariandani

Sun Jun 6, 2010 9:04 pm (PDT)



Ngga bantu jawab tp malah mau ikutan tanya,

Anak saya dari umur 12Mos juga muncul bercak2 putih di kulitnya, bentuknya seperti panu tp tidak gatal dan tidak ada bintik2 di sekitarnya. Awalnya cuman di dekat kemaluan saja tp lama2 tambah banyak n sekarang sampai ke perut.

Udah beberapa Dsa saya tanyain soal bercak ini, tp mereka ngga memberikan jawaban pastinya kenapa. Kalau alergi sepertinya bukan,krn udah pernah ke Dsa dan dikasih list makanan yg boleh dan tidak tapi bercaknya masih tetap ada.

Kalau ada SPs yang pernah mengalami case yg sama, apakah kondisi ini berbahaya atau tidak? Saya mau ke dokter kulit tapi masih belum sempat krn saya pikir tidak darurat.

Salam,
Ana

5a.

Re: need info: bank tali pusar

Posted by: "pw.apsari@yahoo.com" pw.apsari@yahoo.com   pw.apsari

Sun Jun 6, 2010 8:03 pm (PDT)



Pagi,

Q:ada yang pernah ikut program bank tali pusar (stem cell) atau apa lah itu namanya?

A: kebetulan baru memutuskan mau bergabung dgn salah satu perusahaan, setelah membanding2kan semua perusahaan yg masuk ke indonesia dan mendengarkan semua presentasi dr masing2 perusahaan bank tali pusar.

Q:saya ditawari dari perusahaan C***L***ada yang tau perusahaan sejenis,

A: ada, saat ini yg masuk ke indonesia ada 5 perusahaan, dengan tempat penyimpanan yg berbeda2 tempatnya, ada yg di singapore, taiwan, malaysia dan indonesia

Q :and mohon sharing infonya, metodenya, prosesnya, dan yang pasti harganya ?

A: Sebenernya ini akan sangat panjang kalau dijelaskan, krn saya mendengarkan presentasi dr masing2 perusahaan saja 1 x presentasi bisa sampai 3 jam, tp secara singkat akan sy coba:
Prosesnya : ketika melahirkan darah akan diambil dr tali pusat yg dipotong dan dimasukkan ke dalam tabung / kantung penyimpanan (tergantung paket yg dipilih yg harganya jg berbeda) kemudian setelah itu dibawa ke negara tempat penyimpanan dan disimpan dalam bank darah tali pusar dengan suhu -196 drjt cel *kalau tdk salah .
Harganya tergantung dari paket yg diambil karena ada banyak pilihannya

Q: saya mo ops lahiran 10 hari lagi nih, and baru ngide ttg si stem cell ini... masih sempet gak ya ngurusinnya

A: sangat sempat, tetapi tergantung perusahaannya, kebetulan sepupu saya jg sudah ikut, dan dia baru memutuskan untuk bergabung pada hari H ketika dia akan dioperasi caesar. Kebetulan dia berdomisili di jakarta jadi sangat memungkinkan utk si perusahaan.

Saran saya : karena masih ada waktu, hubungi beberapa perusahaan untuk mendengarkan masing2 presentasi, kalau mendengarkan langsung pasti lebih jelas dan puas, kalau menurut saya, kalau ada rejeki lebih sih worthed banget utk ikut ini, tp kl engga ada ya jangan dipaksakan krn kisaran harga nya cukup tinggi, dr mulai 2200 sing dollar sampe 7250 sing dollar tergantung dr single birth atau twin birth, program proteksi family atau bukan, dan tempat penyimpanan..
Maaf kl kurang jelas ya mbak, ntar kepanjangan, kl masih mau tanya japri aja, ntar saya disangka marketing nya lagi.. ;p

Thank u..
-Sari-
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: marcella.kasih@indosat.blackberry.com
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Mon, 7 Jun 2010 01:36:46
To: <sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] need info: bank tali pusar

Pagiiii,

Q:ada yang pernah ikut program bank tali pusar (stem cell) atau apa lah itu namanya?

A: pernah tanya2, tapi gak jadi, selain mahal, waktu itu EBM nya blom jelas (pas lahirah Lin2, 2004)

Q:saya ditawari dari perusahaan C***L***ada yang tau perusahaan sejenis,
A: ada, tapi lupa namanya apa, ada 1 lagi kok, tapi sama2 dari Singapore

Q :and mohon sharing infonya, metodenya, prosesnya, dan yang pasti harganya ?

A: mahal banget deh kalo buat saya

Q: saya mo ops lahiran 10 hari lagi nih, and baru ngide ttg si stem cell ini... masih sempet gak ya ngurusinnya

A: kayaknya gak sempat deh, koordinasi antar rsnya aja udah 14 hari sendiri, blon atur waktu dari available mreka, pan gak ada di Indonesia, 2004 sih infonya butuh waktu. Maaf kalo skarang udah beda.

Kesimpulan : gak yakin worthed kalau menurut saya pribadi.

Regards,
Marcella
*maaf gak ndukung
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

------------------------------------

"Mailing-list SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access&Website.
Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Kunjungi kami di :
http://milissehat.web.id/
=================================================================
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access&Website.
Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our programme, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Please visit our website at:
http://milissehat.web.id/
=========================================================================
Donasi
Rekening YOP
Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
=========================================================================
Yahoo! Groups Links

5b.

Re: need info: bank tali pusar

Posted by: "spency_chuchu@yahoo.com" spency_chuchu@yahoo.com   spency_chuchu

Sun Jun 6, 2010 8:06 pm (PDT)



Hi mom(mom to be),
Di keluarga mom byk sejarah penyakit yg bs dtreatment dgn darah tali pusat? Klo aku sih kbetulan keluargaku kiri kanan agak bikin deg2an koleksi penyakitnya(diabetes, hipertensi, bbrp jenis kanker, gagal ginjal, jantung, ACA), itu baru yg deket aja(makanya ikut milis sehat). Apalagi aku yg termasuk susah hamil. Jd kupikir mending aku simpen aja cordblood anak2ku. Kebetulan kembar, jd biaya awalnya diitung2 jthnya lbh murah:p
Temenku ada jg yg ditawarkan simpan corblood tp ga ambil krn sejarah ksehatan keluarganya cenderung baik.
Klo masalah waktu yg dah dekat melahirkan, mungkin hrs konfirm ke bank(perusahaan cordblood) lsg. Klo mrk dah biasa kerjasama dgn RS n DSOG pilihan mom, ngaturnya bisa cepet(aku jg dl saat2 trakhir br deal, tp krn RS n DSOGku dah biasa kerjasama dgn bank yg aku pilih, mrk cpt2 aja ngaturnya).
Hth yah...

Lilian
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
6a.

[REMINDER H-5] PESAT 2 DEPOK

Posted by: "Registrasi Pesat Depok" pesatdepok@gmail.com   emailpesat

Sun Jun 6, 2010 8:27 pm (PDT)



Dear Bapak/Ibu Calon Peserta Pesat 2 Depok,

Kami masih membuka kesempatan pendaftaran untuk Bapak/Ibu yang mau ikut
dalam Pesat 2 Depok baik paket atau lepasan.
Kami tunggu pendaftarannya yaaaa...

salam Pesat

an Panitia Pesat 2 Depok

============================================================================================

Dear Smart Parents....
Dalam rangka peningkatan Penyebaran Edukasi ke konsumen kesehatan, YOP
(Yayasan Orang Tua Peduli) dan Alumni PESAT mempersembahkan PESAT 2 DEPOK

Rangkaian Seminar PESAT 2 Depok 2010 terdiri dari 4 sesi pertemuan, dengan
jadwal dan susunan materi sebagai berikut:

* *

*Sesi I (**12 Juni 2010**) :*

Topik 1 : Layanan Kesehatan Terbaik untuk Konsumen, Rational Use of
Medicines (RUM)

Topik 2 : Antibiotik

Topik 3 : MPASI dan Nutrisi yang Tepat untuk Tumbuh Kembang Anak

*Sesi II (31 Juli 2010) :*

Topik 1 : Perawatan Bayi Baru Lahir dan Kuning pada Bayi (Jaundice)

Topik 2 : Common Problems 1 (Diare, Konstipasi, Muntah dan Infeksi
Saluran Kemih)

Topik 3 : Demam, Kejang Demam, Demam Berdarah

*Sesi III (02 Oktober 2010) :*

Topik 1 : Mengenali TBC serta Penyakit Paru lainnya

Topik 2 : Bagaimana Menilai Pertumbuhan & Perkembangan Anak

Topik 3 : Kesehatan Gigi pada Anak

*Sesi IV (30 Oktober 2010):*

Topik 1 : Kegawatdaruratan pada anak serta cara penanganannya

Topik 2 : Common Problems 2 (Batuk Pilek, Asma, Alergi, Otitis Media Akut
(OMA), dan Otitis Media with Effusion (OME))

Topik 3 : Seputar Imunisasi

*Sesi I – **12 Juni 2010** (Lama pelatihan +/- 6 jam)*

* *

*Topik 1 : Layanan Kesehatan Terbaik untuk Konsumen, Rational Use of
Medicines (RUM) *

Bagaimanakah konsep layanan kesehatan yang seharusnya? Dapatkah terjalin
suatu kemitraan yang kuat antara pasien dengan dokter? Siapakah yang
memikul tanggung
jawab layanan kesehatan?Apakah setiap gejala penyakit harus diobati (*a pill
for an ill*)? Perlukah kita mengetahui efek samping dari obat? Apa beda obat
paten dengan obat generik? Apa itu polifarmasi? Dan banyak pertanyaan
lainnya. Jangan sampai ketinggalan diskusi ini agar kita dapat lebih bijak
dan rasional menggunakan obat**

* *

*Topik 2 : An**tibiotik*

*ANTIBIOTICS. NEW THREAT IN YOUR LIFE: ANTIBIOTIC RESISTANCE*
(Antibiotik. Krisis
yang mengancam: bakteri yang sudah kebal/resisten terhadap antibiotik)

Antibiotik adalah obat yang istimewa, mereka membantu tubuh kita melawan
infeksi bakteri. Pemakaian antibiotik yang tepat dapat menyelamatkan jiwa
saat kita terancam infeksi bakteri yang serius.

Ingus anak sudah berwarna hijau. Apakah itu pertanda ia perlu diberi
antibiotik? "Kalau diresepkan antibiotik, harus dihabiskan....". Benarkah?
Temukan penjelasan tentang Antibiotika, saat tepat untuk mengkonsumsi dan
tata laksana konsumsi antibiotika, dalam sesi ini.**

* *

*Topik 3 : **Makanan Pendamping ASI (MPASI) & Nutrisi Tepat Untuk Tumbuh
Kembang Anak***

Bagaimanakah cara yang paling baik untuk memperkenalkan *solid food*? Bingung
ketika anak mengalami GTM (Gerakan Tutup Mulut)? Pusing karena anak sedikit
atau susah sekali minum susu? Seperti apa konsep pemberian makan yang baik
pada anak? Bagaimana menterjemahkan piramida makanan dalam pola makan anak
sehari-hari? Temukan pembahasannya disini

*Sesi II– **31 Juli 2010** (Lama pelatihan +/- 6 jam)*

* *

*Topik 1** **: Perawatan Bayi Baru Lahir** dan** Kuning pada Bayi* *
(Jaundice)***

Tes apa saja yang dilakukan oleh dokter pada *newborn*? Perlukah bayi yang
baru saja dilahirkan dimandikan? Bagaimana tata laksana Inisiasi Menyusui
sejak Dini (IMD) atau *early latch-on*? Dan banyak pertanyaan lainnya.
Diskusi ini akan menambah pengetahuan Anda tentang serba-serbi bayi baru
lahir. Kemudian apa yang menyebabkan kuning pada bayi baru lahir?
Berbahayakah itu? Apakah tes bilirubin mutlak dilakukan pada setiap bayi
baru lahir? Apakah untuk menghilangkan *jaundice in newborn* mutlak
dilakukan penyinaran? Diskusikan pada sesi ini.

* *

*Topik 2 : Common Problems **1 **(Diare, Konstipasi, Muntah** dan Infeksi
Saluran Kemih (ISK)**) *

Diare, muntah, sakit perut, batuk dan pilek adalah beberapa penyakit yang
sering diderita anak-anak. Kebanyakan penyakit anak-anak disebabkan oleh
infeksi virus. Sudah tahukah kita tata laksana yang tepat untuk itu? *Does
my child really need drugs?* Bagaimana cara menghentikan konstipasi berulang
pada anak? Apa gejala ISK dan bagaimana tata laksananya? Diskusikan disini!

* *

*Topik 3 : **Demam, Kejang Demam, Demam Berdarah***

Tuhan menciptakan mekanisme demam, pasti ada maksudnya. Tahukah kita bahwa
demam bukan penyakit, melainkan gejala atau petunjuk adanya suatu penyakit
atau infeksi? Kapan saat yang tepat untuk memberikan obat penurun
demam? Berbahayakah
kejang demam? Apakah tiap kali anak mengalami demam perlu diberi obat anti
kejang? Agar tak selalu bingung dan panik ketika anak demam, ikuti
penjelasan tentang demam dan kejang demam, berikut tata laksana
penanganannya secara rasional.

Bagaimanakah mengetahui gejala demam berdarah sejak dini? Apakah jumlah
trombosit yang turun berarti positif demam berdarah? Dan bagaimana tata
laksana penanganan demam berdarah? Semua akan dibahas panjang lebar di sesi
ini.

*Sesi III– **2 Oktober 2010** (Lama pelatihan +/- 6 jam)*

*Topik 1 : **Mengenali TBC & **Penyakit Paru Lainnya** ** *

Flek di paru-paru = TBC, benarkah demikian? Tahukah kita bahwa menegakkan
diagnosa TBC pada anak itu sangat sulit? *Overdiagnosed of
TB*berkonsekuensi anak harus rutin minum obat anti TBC yang akan
berefek pada
kesehatan hatinya. Apa yang dimaksud dengan *Pneumonia, bronchopneumonia dan
bronchitis?* Temukan penjelasan yang sebenarnya pada sesi ini.

*Topik** **2** **: Bagaimana Cara Menilai Pertumbuhan Anak & Perkembangan
Anak*

Orangtua cenderung menghabiskan banyak pikiran dan energi untuk urusan berat
badan (BB) anak. Apakah anak gemuk itu pasti sehat? Dan apakah anak yang
cenderung langsing/kurus itu pasti kurang gizi? Bagaimana cara membaca *growth
chart* yang benar? Apa itu *Body Mass Index (BMI)* dan apa fungsinya? Mari
kita menilai pertumbuhan anak dengan bijak

Seorang anak tidak hanya bertambah berat badan (BB) dan tinggi badan (TB)
saja, tetapi ia juga mengalami perkembangan emosi dan intelektual. Bagaimana
menilai perkembangan anak dengan bijak dan obyektif? Bagaimana memberikan
stimulasi dini yang tepat pada anak? Bagaimana sebaiknya menangani perilaku
tantrum (*temper tantrum*) pada anak? Dan masih banyak lagi yang dapat Anda
diskusikan bersama narasumber pada sesi ini.

* *

*Topik 3 : **Kesehatan Gigi pada Anak** *

Kapan sebaiknya anak mulai dibawa ke dokter gigi? Bagaimana membersihkan
gigi anak dengan baik dan benar? Kapan ya anak perlu pasta gigi? Tahukah
Anda bahwa kesehatan gigi susu akan mempengaruhi gigi tetap anak kelak?
Temukan jawabannya di sini**

* *

* *

*Sesi IV– **30 Oktober 2010** (Lama pelatihan +/- 6 jam)*

* *

*Topik **1** : **Kegawatdaruratan pada Anak **dan Cara Penanganannya***

"Bagaimana nih, anak saya tanpa sengaja terkena air panas!". "Tolong, anak
saya jatuh, apa yang harus saya lakukan?". "Anakku mimisan, bagaimana ya
menghentikannya?" Bagaimana cara penanganan yang tepat untuk keadaan gawat
darurat seperti ini pada Anak? Temukan pada sesi ini.**

* *

*Topik 2 : **Common Problems 2 (Batuk Pilek, **Asma**, **Alergi**, Otitis
Media Akut (OMA), Otitis Media with Effusion (OME))***

Alergi dan asma adalah beberapa penyakit yang sering diderita anak-anak. Apakah
setiap anak pilek dengan napas "grok" berarti asma? Bagaimana membedakan
pilek dengan asma? Apakah OMA dan OME itu?Bagaimana gejalanya? Kebanyakan
penyakit anak-anak disebabkan oleh infeksi virus. Sudah tahukah kita tata
laksana yang tepat untuk itu? Diskusikan disini!

* *

*Topik **3 **: **Seputar** Imunisasi***

Bagaimana kerja vaksin dalam melindungi tubuh? Apakah imunisasi ada efek
sampingnya? Apa yang dimaksud dengan *catch-up immunization*? Apa itu
imunisasi simultan? Dan banyak lagi. Semuanya akan dikupas tuntas di sini.

*Waktu & Tempat*

*Jam : 08.00 WIB*

*Tempat : Kampus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia,
Depok **(detil
akan diberitahukan lebih lanjut)*

* *

*PEMBICARA*

Pembicara PESAT terdiri dari : pembicara tetap dan pembicara tamu.

* Pembicara tetap :

*Dr. Purnamawati S Pujiarto, Sp.Ak, MMPed*

Mantan staf pengajar di FKUI, aktif menyelenggarakan kegiatan seminar,
*radio
talkshow*, dan membina Milis SEHAT
(sehat@yahoogroups.com<sehat@yahoogroups..com>)
dan situs kesehatan (http://milissehat.web.id) dengan satu tujuan,
mencerdaskan konsumen kesehatan Indonesia agar dapat mempersembahkan
kehidupan yang lebih baik untuk anak-anak.**

* Pembicara Tamu :

Pembicara tamu ini berasal dari kalangan medis, baik akademisi maupun
praktisi, dan non medis yaitu dari orangtua *(Smart Parents).*

* *

*PERSYARATAN dan TATA TERTIB*

Demi kelancaran program edukasi ini, peserta diwajibkan mengikuti ketentuan
berikut :

1. Mengikuti seluruh acara paket (kecuali situasi emergency dan peserta
lepasan)

2. Datang 30 menit sebelum acara dimulai untuk pendaftaran ulang dan
mengikuti kuis.

3. Diharapkan tidak membawa anak-anak pada acara ini

4. Membawa bukti transfer pembayaran asli di Sesi 1 (bagi peserta
paket) atau di sesi tertentu yang diikuti (bagi peserta lepasan).

5. Membawa fotokopi buku kesehatan anak dan/atau copy resep dokter anak
(tidak wajib bagi yang single/belum memiliki anak), diserahkan pada waktu
pendaftaran ulang.

6. Apabila peserta mengundurkan diri setelah PESAT dimulai dan/atau di
tengah-tengah PESAT, tidak ada pengembalian biaya.

7. Apabila tidak hadir 2 kali berturut-turut otomatis dieliminasi (bagi
peserta paket) dan tidak ada pengembalian biaya.

* *

*Tatalaksana Pendaftaran PESAT 2 Depok*
Calon peserta mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran dibawah ini

FORMULIR PENDAFTARAN PESAT 2 Depok

__________________________________________________________

Nama:
Status: Single/Married

Alamat:
Nomor telepon :
Email :
Jumlah Anak:

1.

2.dst
Usia Anak:

1.

2. dst

Mendapatkan info Pesat dari :

Daftar sebagai peserta PESAT 2 DEPOK : Paket/Lepasan (Sesi ………),
Perorangan/Pasangan*

__________________________________________________________

Dikirimkan melalui email berikut ini:
Email: pesatdepok@gmail.com<http://h/1w2bzdmg6e9mc/?v=b&cs=wh&to=pesat.tangerang%40gmail.com>(Subject:
nama anda, daftar Paket/Lepasan- Sesi.....; Perorangan/Pasangan)

*WAKTU PENDAFTARAN
*Pendaftaran dibuka 3 Mei - 10 Juni 2010

*BIAYA***

* Keikutsertaan keseluruhan 4 Sesi (Paket) :

- Peserta perorangan : Rp. 320.000,- per orang

- Peserta pasangan/suami–istri: Rp. 560.000,- per pasangan

*Keikutsertaan hanya per sesi acara :

- Peserta perorangan : Rp. 90.000,- per orang

- Peserta pasangan/suami-istri: Rp. 170.000,- per pasangan

**Biaya tersebut akan digunakan sebagai pengganti biaya penggandaan makalah,
konsumsi dan seminar kit.

*PEMBAYARAN*
Periode Pembayaran 5 Mei – 5 Juni 2010

Pembayaran Ke Rekening :
*BCA KCP Depok*
a/c No. 4219053166
a/n Rifa Kurnia

*Mandiri KCP Kelapa Dua*

a/c No. 1290005068974**

a/n Dian Oktina

Konfirmasi pembayaran dapat dikirimkan melalui (salah satu):

SMS : Rifa 0818-848 545, Dian 0816-1159510
Email : pesatdepok@gmail.com<http://us.f515.mail.yahoo.com/ym/Compose?To=pesatdepok@gmail.com>
**

(Konfirmasi yang dikirim : nama peserta, Nominal transfer sesuai nomor urut)

Perhatian: Apabila tidak menggunakan rekening sendiri, dimohon untuk
mencantumkan nama lengkap calon peserta.

Dimohon dengan sangat untuk memperhatikan dan mengikuti batasan-batasan
waktu pendaftaran dan pembayaran. Diluar waktu tersebut, semua pendaftaran
dan pembayaran akan dianggap tidak sah dan tidak akan diterima panitia.

Pertanyaan mengenai teknis dan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi
panitia di

·Email: pesatdepok@gmail.com
<http://us.f515.mail.yahoo.com/ym/Compose?To=pesatdepok@gmail.com>

· Hp. : Dian 0816-1159510

Rifa 0818-848545
Hafidz 021-92751451

Salam PESAT,
Panitia PESAT 2 Depok

http://pesatdepok.blogspot.com/2010/05/sesi-i-pesat-depok-salah-satu-pembicara.html

[Non-text portions of this message have been removed]

6b.

Re: [REMINDER H-5] PESAT 2 DEPOK

Posted by: "Hilda" hilda.iriany@gmail.com   h_iriany

Sun Jun 6, 2010 8:35 pm (PDT)



Dear panitia pesat depok,
Mohon maaf, bisakah diinfokan tinggal berapa seat lagi seperti biasa yang diumumkan di pesat 11 jakarta?
Thanks.
-hilda-

7.

ASK: Batuk alergi or batuk virus, kesiapan MPASI dan suka gumoh?

Posted by: "thescorpio24@gmail.com" thescorpio24@gmail.com   kaysan19

Sun Jun 6, 2010 8:34 pm (PDT)



Dear Sp's and Docs,

1) Anakku 5 bln belakangan aga suka terbatuk2, namun bukan yang terus2an tanpa henti. Tp dia ngoceh dikit ga lama batuk2. Trus bgn tidur aga batuk2. Nanti keseruan main dia terbatuk2 lg (tanpa dahak).
Bersin sesekali stlh itu terbatuk2 lg. Abis minum susu agak "grok grok" nafasnya stlh itu hilang.
Tidak ada demam , tidak ada hidung meler. Minum susu jalan dan anak aktif bgt.
Apakah itu bisa dibilang batuk2 krn alergi atau virus ya? Br2 ini emang dia smpt pas aku mandiin terhirup air sdkt (tersedak), pernah aku posting jg di milis pas kejadian itu :(.
Ada hub-nya ga ya dgn dia jd batuk2 skr?

2) Anakku dr lahir sampai dia 5 bulan ga pernah yg namanya gumoh/muntah abis nyusu. Plg hanya "burp" saja. Mau dia habis minum trus tengkurap, tetep ga gumoh'an.
Naa br2 ini dia jd gampang gumoh/muntah knapa ya? Apa krn dianya smakin aktif ga bisa diam?

3) Usia mulai MPASI itu hrs tepat 6 bulan atau bs flexibel kurang/lebih? Brapa tenggat wkt tolerirnya? Krn aku pratiin kok anakku suka ngecess kalo deket org makan trus suka ngecap2 sendiri kaya ngunyah2, liurnya jd byk bgt. Aku pura2 sodori sendok kecil kaya buka mulut mau makan. Apa itu ciri2 mau MPASI atau memang usianya ngeces/ suka kunyah2 mulut sendiri?
Kalau dia bener siap MPASI apa hrs tetap nunggu 12 hari lg smp dia genap 6 bulan?

Mohon pencerahannya ya Smart Parents and Docs. Mhn maaf pertanyaannya awam bgt ya. Terima kasih


Salam,
Mom Vee
​SÑ"ит Fяoм мy ‎​BÑ"яяyJavÑ"®
PowÑ"яÑ"d вy TELKOMSEL
8.

Share Artikel: Herpangina /Penyakit Virus Coxsackie

Posted by: "dina kurniasari" danishapramesvari@gmail.com   adin_zahra

Sun Jun 6, 2010 8:39 pm (PDT)



coba posting artikel soal herpangina..

jujur baru ngeh ada penyakit ini..thx buat mba inge yg kemaren share..

penasaran trus browse2...nemu artikel ini yg enak dibaca karena *in bahasa.*
...:)

mayan tercerahkan, karena kalo ga baca soal herpangina takut kesaru ama
HFMD/kawasaki

semoga berguna

http://www.pppl.depkes.go.id/catalogcdc/Wcab1b5619a965.htm

Penyakit Virus Coxsackie

*1. **Identifikasi *

Faringitis vesikuler (herpangina) adalah penyakit akut yang sembuh sendiri
tanpa pengobatan, penyakit virus yang ditandai dengan serangan tiba-tiba,
berupa demam, sakit tenggorokan disertai lesi pada faring berukuran 1 – 2 mm
berbentuk papulovesikuler berwarna abu-abu dengan dasar eritematus dan
berkembang secara perlahan menjadi lesi yang sedikit lebih besar. Lesi ini
yang biasanya muncul pada dinding anterior faucium dari tonsil, palatum
molle, uvula dan tonsilnya sendiri, muncul sekitar 4 – 6 hari sesudah mulai
sakit. Penyakit ini tidak fatal. Kejang demam terjadi pada sekitar 5% dari
kasus.

*Stomatitis Vesikuler dengan eksantem* (penyakit tangan, kaki dan mulut)
berbeda dengan faringitis vesikuler dimana pada penyakit ini lesi pada mulut
lebih menyebar dan bisa timbul pada permukaan buccal pada pipi dan gusi dan
pada kedua sisi lidah. Lesi papulovesikuler yang muncul dan bertahan 7
hingga 10 hari muncul dalam benuk eksantem terutama pada jari telapak tangan
dan telapak kaki kadang-kadang lesi berbentuk makulopapuler muncul pada
bagian pantat.

Penyakit ini sembuh dengan sendirinya tanpa diobati. Kasus fatal pada
anak-anak walaupun pernah terjadi namun sangat jarang.

*Faringitis limfonoduler* *akut,* berbeda dengan faringitis vesikuler, pada
penyakit ini lesi nampak jelas, timbul, terpisah, modul berwarna putih
hingga kekuningan dikelilingi oleh zona eritema berukuran sekitar 3 hingga 6
mm. Biasanya lesi muncul di uvula, dinding tonsil bagian anterior dan
dinding posterior faring tanpa eksantem.

Stomatitis yang disebabkan oleh virus herpes simpleks perlu dibedakan karena
pada infeksi virus ini lesi lebih besar, lebih dalam, lebih sakit dan
biasanya muncul di mulut bagian depan. Penyakit ini jangan dikacaukan dengan
stomatitis vesikuler yang disebabkan oleh virus stomatitis, biasanya
menyerang hewan ternak dan kuda, orang yang terserang biasanya pekerja yang
mengolah produk susu, mereka yang bekerja di peternakan dan dokter hewan.
Penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak, domba dan babi jarang menular
kepada petugas laboratorium yang menangani virus namun manusia dapat menjadi
pembawa mekanis dari virus dan menjadi sumber KLB pada binatang. Virus
secara serologis tidak dapat dibedakan dengan virus coxsackie B-5 yang
menyebabkan penyakit vesikuler pada babi yang bisa ditularkan kepada
manusia.

Sindroma penyakit yang disebabkan oleh jenis virus coxsackie yang lain dapat
dibedakan lebih jelas pada waktu KLB. Virus bisa diisolasi dari spesimen
yang diambil dari lesi dan nasofaring serta tinja yang ditanam pada kultur
sel dan atau yang disuntikkan kepada tikus. Karena banyak serotipe bisa
memberikan gejala penyakit yang sama dan antigen yang umum dipakai untuk
pemeriksaan kurang tersedia, maka prosedur diagnostik secara serologis tidak
dilakukan secara rutin kecuali virus dapat diisolasi untuk digunakan pada
tes serologis.

*2. **Penyebab penyakit*

Untuk *faringitis vesikuler*, penyebabnya adalah virus coxsackie grup A,
tipe 1 – 10, 16 dan 22. Untuk *stomatitis vesikuler*, penyebabnya adalah
virus coxsackie grup A terutama tipe A16 dan tipe 4, 5, 9 dan 10; grup B
tipe 2 dan 5 dan yang jarang terjadi adalah enterovirus 71. Untuk *faringitis
limfonoduler akut*, penyebabnya adalah virus coxsakie grup A, tipe 10.
Enterovirus lain kadang-kadang dapat sebagai penyebab munculnya
penyakit-penyakit ini.

*3. **Distribusi penyakit*

Untuk faringitis vesikuler dan stomatitis vesikuler tersebar diseluruh dunia
keduanya muncul sporadis dan dalam bentuk wabah, insidens tertinggi terjadi
pada musim panas dan awal musim gugur terutama menyerang anak-anak dibawah
10 tahun, tetapi kasus dewasa (terutama pada dewasa muda) tidak jarang
terjadi. KLB terbatas dari faringitis limfonoduler akut pada anak-anak bisa
terjadi pada musim panas dan awal musim gugur. Penyakit-penyakit ini sering
muncul sebagai KLB pada anak-anak (misalnya di tempat penitipan anak, tempat
bermain anak-anak usia pra-sekolah (3-5 tahun))

*4. **Reservoir – *manusia

*5. **Cara penularan*

Kontak langsung dengan *discharge *hidung dan tengorokan serta tinja dari
orang yang terinfeksi (yang mungkin tanpa gejala) dan melalui droplet yang
menyebar melalui udara, tidak ada bukti bahwa penyakit ini disebarkan oleh
seranga, air, makanan atau melalui limbah.

*6. **Masa inkubasi* – biasanya 3 – 5 hari untuk faringitis vesikuler
dan stomatitis vesikuler, 5 hari untuk faringitis limponoduler

*7. **Masa penularan – *penularan terjadi* *selama periode akut dan
mungkin berlangsung lebih lama lagi semasih virus ini bisa ditemukan pada
tinja, biasanya berminggu-minggu.

*8. **Kerentanan dan kekebalan*

Semua orang rentan terhadap infeksi ini. Kekebalan spesifik mungkin
terbentuk baik karena infeksi tanpa atau infeksi dengan gejala klinis,
lamanya kekebalan bertahan tidak diketahui. Serangan kedua bisa terjadi pada
grup A virus coxsackie dari tipe serologis yang berbeda.

*9. **Cara – cara Pemberantasan*

*A. **Tindakan pencegahan*

Mengurangi kontak antara orang ke orang, bila memungkinkan dengan cara
mengurangi kepadatan manusia dan memperbaiki ventilasi. Budayakan perilaku
hidup bersih dan sehat antara lain kebiasaan cuci tangan dan tindakan
higienis lain di rumah.

*B. **Pengawasan penderita, kontak dan lingkungan sekitar***

1) Laporan kepada instansi kesehatan setempat. Laporan wajib diberikan
jika terjadi wabah, kasus individual tidak perlu dilaporkan. Kelas 4 (lihat
tentang pelaporan penyakit menular)

2) Isolasi : Lakukan tindakan kewaspadaan enterik

3) Disinfeksi serentak : Lakukan disinfeksi terhadap
*discharge*hidung dan tenggorokan. Cuci atau buang barang-barang yang
terkontaminasi.
Berikan perhatian khusus kepada setiap orang untuk mencuci tangan secara
tepat jika menangani discharge, tinja dan benda-benda yang terkontaminasi.

4) Karantina : tidak dilakukan

5) Imunisasi kontak : tidak dilakukan

6) Investigasi kontak dan sumber infeksi : kecuali untuk mendeteksi
kasus tambahan pada kelompok-kelompok tertentu atau pada anak-anak
prasekolah.

7) Pengobatan spesifik : tidak ada

*C. **Upaya – upaya penanggulangan wabah ***

Beritahukan kepada dokter praktek swasta bahwa telah terjadi peningkatan
insiden penyakit ini, disertai dengan penjelasan mengenai onset dan gejala
klinisnya. Lakukan isolasi terhadap kasus yang terdiagnosa dan terhadap
semua anak-anak yang demam, dan terhadap mereka yang diagnosanya masih belum
diketahui dengan perhatian serta kewaspadaan spesifik diberikan terhadap
sekret saluran pernafasan dan tinja.

*D. **Implikasi bencana** : *tidak ada**

* *

*E. **Tindakan internasional* : Manfaatkan Pusat kerjasama WHO

Jenis - jenis

Virus coxsackie merupakan anggota kelompok enterovirus dari keluarga *
Picornaviridae* sebagai penyebab dari kelompok penyakit yang akan
dibicarakan pada bab ini seperti wabah mialgia, konjungtivitis enteroviral
hemoragika dan meningitis (lihat uraian setiap penyakit ini di dalam bab
masing-masing) dan karditis yang disebabkan oleh virus coxsackie (lihat
bawah). Virus ini menyebabkan penyakit yang menular pada bayi baru lahir dan
ada bukti keterkaitan infeksi virus ini dengan *Juvenile Onset Insulin
Dependent Diabetes*.

*FARINGITIS VESIKULER ENTEROVIRUS
*( Herpangina, faringitis aftosa)

*STOMATITIS VESIKULER ENTEROVIRUS DENGAN EKSANTEM
*( Penyakit tangan, kaki dan mulut )

*FARINGITIS LIMFONODULER ENTEROVIRUS
*( Faringitis limfonoduler akut, Faringitis vesikuler )

--
Dina Kurniasari
kerlip-kerlip.blogspot.com
"Semoga semua bayi di dunia mendapat ASI dari ibunya"

[Non-text portions of this message have been removed]

9a.

Re: Asi terkontaminasi

Posted by: "tristanathan" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Sun Jun 6, 2010 8:49 pm (PDT)



mbak lily

sependek yg saya tau, waktu paruh adalah durasi atas reaksi obat yang
dikonsumsi, waktu yang dibutuhkan sampai konsentrasi jumlah obat didalam
tubuh/darah berkurang sampai setengahnya (MKJK docs)

tergantung jenis obatnya mbak, makanya bunda tanya jenis obat apa yg
dimaksud.

-ria-

2010/6/6 Lily Haryanto <taly.8906@yahoo.com>

[Non-text portions of this message have been removed]

10.

Fw: Benjolan lunak pada kepala & leher anak

Posted by: "Ria Soraya" ria_soraya82@yahoo.com   ria_soraya82

Sun Jun 6, 2010 8:55 pm (PDT)



dear SPs and docs,
ada seorang teman saya yang sedang kebingungan karena menemukan benjolan lunak di kepala dan leher anaknya.
karena saya sendiri belum punya informasi ttg hal itu, makanya saya berinisiatif meneruskan imelnya ke milis ini dan berharap ada diantara SPs and docs yang bisa berbagi informasi ttg hal ini.
berikut imelnya, mohon sharing informasinya yah...
 
terima kasih,
.:cece mamana neisha:.
 
 
______________________________________________
From:    Astri Wirolesna 
Sent:   Monday, June 07, 2010 9:58 AM
To:     Ibra Ufauwid; Dian Amalia; yanrizky.trisaptinawati@tower-bersama.com; Suroiyah Suroiyah; Alifah Davida; Ria Soraya; Elfira Elfira XE; Deasy Sitopu XS; Fitri Barokah; Setianingrum Sari; Ni Gusti Dewi; Relima Merlian Erfina
Subject:        Benjolan lunak pada kepala & leher anak
 
Dear Mommies,
 
Kemarin aku ke DSA, karena merasa ada benjolan kecil (agak lunak, kalo dipegang gerak2) di kepala kiri & kanan bagian bawah Qeea.
 
Sadarnya sih udah lama, tapi sepertinya semakin membesar.. karena mau tahu itu apa, aku ama suami cek ke DSA sub spesialis syaraf. Menurut dr. Setyo Handryastuti di Klinik Anakku BSD, itu kelenjar getah bening, tapi semestinya berukuran kecil dan tidak membesar.. dia khawatir ada infeksi dan coba menerapkan obat untuk memperkecil kelenjar itu (obatnya belon di tebus sih, tapi syrup apa lupa namanya).
 
Naah ternyata setelah diperiksa di bagian leher kanan ada juga kelenjar getah bening (yang ini luput dari pengawasanku) besarnya seperti kelereng, lunak dan goyang2 kalo di raba. DSA curiga kalo ini adalah kelenjar TBC dan obat yg dikasih pun mestinya berbeda. Dia saran terapkan dulu obat yg memperkecil kelenjar getah beningnya itu, tapi kalo tidak membaik, Qeea harus cek darah dan di test lab apakah benar ada TBC nya..
 
Kira2 ada yg punya informasi soal kelenjar getah bening/ kelenjar TBC serta penanggulangan yg aman buat bayi tak? Minta doong sebelun terlalu banyak dilalui obat & tes lab.
 
Thanks yaaa,
// Wina

[Non-text portions of this message have been removed]

11a.

Re: Mengeluarkan lendir...

Posted by: "inulrodiatuljanah@yahoo.com" inulrodiatuljanah@yahoo.com   inulrodiatuljanah

Sun Jun 6, 2010 8:57 pm (PDT)



Dear mb hilda,mb widi n mb ayu...


Thx bgt bwt penguatannya..memang kunci nya harus xtra sabaaarrr :) karna sediiih bgt liat nya sampe reweel É' Ï Я É' bilang "udah-udah" kl lg batuk n berusaha ngeluarin dahaknya hiks :(

Hari ini É' Ï Я É' dah bab mencret n berwarna hijau 2x..sepertinya lendirnya keluar lwt feces,,dan skr harus tambah lagi xtra cairannya biar g dehidrasi..
Tetap semangaaaat n sabaaaarrr :D

Tuk mb widi..oks infonya langsung deh baca2 bronchiolistis :)



Best regards

♍έ♈

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
12a.

Re: [ASK] sakit mata (lagi dan lagi)

Posted by: "i_hutauruk" i_hutauruk@yahoo.com   i_hutauruk

Sun Jun 6, 2010 8:59 pm (PDT)



Dear Mbak Intan,

Saya pernah jg sakit mata (conjunctivitis?) ketularan dr anak2, smp bengkak sekelilingnya jg spt habis ditonjok org, rasanya pusing bgt, perih, etc.

Saya jg tdk ke dokter mata, tp cek di mayo clinic ttg cara pengobatannya. Saya kasih obat tetes mata chloramphenicol setiap 4-5 jam, trus cuci mata dng air garam (atas rekomendasi dokter mata), Puji Tuhan 3 hari kemudian mulai berkurang dan sembuh. Bisa juga ditetesin saline tear drops.

Saran saya, cuci tangan setiap habis memegang mata, krn penyakit ini menular.

Hope it helps,
Imelda

13a.

Re: Vaccine Excipient

Posted by: "tristanathan" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Sun Jun 6, 2010 9:00 pm (PDT)



mbak dwi,

makasih buat link-nya ya
tapi karena inggris yang pas2an, saya jd kagok sendiri dg statement mbak
dibawah ini :-)

kalao pengertian saya, yang gak disebut 'thimerosal' dalam kandungan vaksin
dalam tabel 2, memang gak ada thimerosal sama sekali, alias thimerosal free
sementara thimerosal yang pake *, tetep ada thimerosalnya, dalam jumlah
yang sangat kecil (<0.3 mcg) sehingga bisa dikategorikan sebagai thimerosal
free. saking sedikitnya kandungan thimerosal dalam kandungan vaksin tsb

jadi memang sebagian vaksin benar2 thimerosal free (spt MMR, thypim,
varicela, hep b, dsb)

mohon koreksi kalau saya keliru

-ria-

2010/6/4 Dwiyanti Maharani <dwiyanti.maharani@yahoo.com>

>
>
> Yang sedikit mengejutkan buat saya, selain bahan2 yang dipakai untuk
> membuat vaksin ternyata "aneh-aneh", ternyata thimerosal free bukan berarti
> bebas thimerosal seperti di bagian keterangan:
> *Where "thimerosal" is marked with an asterisk (*) it indicates that the
> product should be considered equivalent to thimerosal-free products. This
> vaccine may contain trace amounts (<0.3 mcg) of mercury left after
> post-production thimerosal removal, but these amounts have no biological
> effect. JAMA 1999;282(18) and JAMA 2000;283(16)
>
> Salam,
>
> Dwi
>
> Reference:
>
> http://www.cdc.gov/vaccines/pubs/pinkbook/downloads/appendices/B/excipient-table-2.pdf(dijelaskan per vaksin dan brand)
>
> http://www.cdc.gov/vaccines/pubs/pinkbook/downloads/appendices/B/excipient-table-1.pdf(dijelaskan per bahan)
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

14.

Fajrul...dan Hormon Cortisol

Posted by: "Naya Rachmi" nayadian@yahoo.com   nayadian

Sun Jun 6, 2010 9:08 pm (PDT)



Dear All

Sabtu kemarin saya cek up fajrul ke siloam, pasca operasi diketahui bahwa hormon cortisolnya (morning) rendah 2.9 seharusnya minimal 6.20.
cortisol rendah ini disebabkan karna tumornya pada waktu itu ada disekitar hormon cortisol ini
sharing donk...kalau cortisol rendah dampaknya apa buat anak, dan bagaimana cara menaikan hormon tersebut.

Rgds,
Dian

[Non-text portions of this message have been removed]

15.

Biaya MRI

Posted by: "Alzalea Fariyasti" fariyasti@yahoo.com   fariyasti

Sun Jun 6, 2010 9:21 pm (PDT)



Dear SP and Dokter,

Mohon infonya kira-kira biaya MRI skrg brp yah? trus apakah hasil MRI di masing-masing RS sama? kalau beda yang mana yg lebih akurat?

Tks,
Far

[Non-text portions of this message have been removed]

Recent Activity
Visit Your Group
Stay on top

of your group

activity with

Yahoo! Toolbar

Sell Online

Start selling with

our award-winning

e-commerce tools.

Ads on Yahoo!

Learn more now.

Reach customers

searching for you.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
"Mailing-list SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access&Website.
Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : HBTLaw, PT.Intiland, dan PT. Permata Bank Tbk. yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Kunjungi kami di :
http://milissehat.web.id/
=================================================================
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access&Website.
Our biggest gratitude to: HBTLaw, PT. Intiland, and PT. Permata Bank Tbk. who have consistently sponsored our programme, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Please visit our website at:
http://milissehat.web.id/
=========================================================================
Donasi
Rekening YOP
Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
=========================================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

No comments: