Monday, March 16, 2009

[sehat] Digest Number 9748

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Tanya : dahak dan ingus ada bercak darah From: Jenny Widodo
1b.
Re: Tanya : dahak dan ingus ada bercak darah From: heni_nur
2.
Sharing hsl foto From: nsiwilih
3a.
Re: (TANYA) apakah Virus Salmonela Typhie? Bahayakah? From: Titik Lisapaly
3b.
Re: (TANYA) apakah Virus Salmonela Typhie? Bahayakah? From: tristanathan
3c.
Re: (TANYA) apakah Virus Salmonela Typhie? Bahayakah? From: Titik Lisapaly
3d.
Re: (TANYA) apakah Virus Salmonela Typhie? Bahayakah? From: Esti Gunawan
3e.
Re: (TANYA) apakah Virus Salmonela Typhie? Bahayakah? From: heni_nur
3f.
Re: (TANYA) apakah Virus Salmonela Typhie? Bahayakah? From: tristanathan
3g.
Re: (TANYA) apakah Virus Salmonela Typhie? Bahayakah? From: Dheeadel pink
3h.
Re: (TANYA) apakah Virus Salmonela Typhie? Bahayakah? From: Nita Wala
4a.
Re: MOHON INFO & TIPS SEHABIS CAESA From: eni widya
4b.
Re: MOHON INFO & TIPS SEHABIS CAESA From: noviana susilowati
5a.
Re: Hamil Muda + Penguat kandungan From: Haysnayire Idena
6a.
Tindik Tidak Pas From: Erliani_25
7a.
Re: Butuh Human Milk Fortifier (HMF) From: mita munaf
7b.
Re: Butuh Human Milk Fortifier (HMF) From: Freji Kaylaku
8a.
Pergelangan tangan anak bengkak karena terkilir, harus bagaimana From: lydia
8b.
Re: Pergelangan tangan anak bengkak karena terkilir, harus bagaimana From: heni_nur
8c.
Re: Pergelangan tangan anak bengkak karena terkilir, harus bagaimana From: ivana.oktavia@yahoo.com
9a.
Re: MOHON INFO & TIPS SEHABIS CAESAR From: Leslie
10.1.
Re: diare (Gangguan malabsorbsi) From: alma_santi
10.2.
Re: diare (Gangguan malabsorbsi) From: pesatpadalarang@gmail.com
11a.
Re: Pls help :Antibiotik tepat ato tidak From: ria ariyani
12.
Masalah Gigi From: candra rudy

Messages

1a.

Tanya : dahak dan ingus ada bercak darah

Posted by: "Jenny Widodo" gb_jenny@yahoo.com   gb_jenny

Sun Mar 15, 2009 10:30 pm (PDT)

Dear Doc,

saya mau tanya yach, anak saya (3th) minggu lalu hr snin demam mpe hari kamis baru normal, pas nornal itu matanya jadi merah...dia batuk pileknya parah banget...saya diemin aja, trus hari minggu batuk trus keluar dahak ada campuran darah dikit..hari ini senin, tiap buang ingus ada darah juga...trus keluar dahak banyak dan ada bercak darah juga...
kira kira itu luka di tenggorokan atao apa yach???mohon pencerahannya....
thanks

[Non-text portions of this message have been removed]

1b.

Re: Tanya : dahak dan ingus ada bercak darah

Posted by: "heni_nur" heni_nur@yahoo.com   heni_nur

Sun Mar 15, 2009 11:28 pm (PDT)

mbak jenny, kalau kita lagi flu kan salah satu tandanya ya mata berair, jadi normal kok...

darahnya keik darah segar merah muda gitukah mbak?

kalao ya, hampir sama keik aku, pas dikonsul, katanya itu bisa jadi karena luka /iritasi secara kita batuk2 itu

heni

--- In sehat@yahoogroups.com, Jenny Widodo <gb_jenny@...> wrote:
>
> Dear Doc,
>
> saya mau tanya yach, anak saya (3th) minggu lalu hr snin demam mpe hari kamis baru normal, pas nornal itu matanya jadi merah...dia batuk pileknya parah banget...saya diemin aja, trus hari minggu batuk trus keluar dahak ada campuran darah dikit..hari ini senin, tiap buang ingus ada darah juga...trus keluar dahak banyak dan ada bercak darah juga...
> kira kira itu luka di tenggorokan atao apa yach???mohon pencerahannya....
> thanks
>
>
>
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>

2.

Sharing hsl foto

Posted by: "nsiwilih" nsiwilih@yahoo.com   nsiwilih

Sun Mar 15, 2009 10:54 pm (PDT)

anakku baru aja kena demam kejang kmdn diambil drh dan hslnya byk
yg normal ada bbrp parameter yg diatas normal n mendekati ambang atas, lekosit
mendekati, trombosit diatas, limfosit diatas, LED diatas, kalsium jg diatas. dr
hsl itu dokter meminta diadakan foto, hslnya Cor:CTR<50% pulmo:corakan
bronchovasculer kasar Hillus kanan dan kiri melebar, Diafragma tampak normal,
Sinus Costophrenicus normal
> Kesan : cor: tak membesar
> Pulmo : tampak Bronchitis.
> hsl foto blm dilht ama dsa. tlg pencerahannya

3a.

Re: (TANYA) apakah Virus Salmonela Typhie? Bahayakah?

Posted by: "Titik Lisapaly" mamiliamchiara@ymail.com   mamiliamchiara@ymail.com

Sun Mar 15, 2009 10:57 pm (PDT)

Dear mbak Ria,
Liam sudah kembali lincah dan kembali nafsu makannya sekarang. Batpilnya juga sudah hilang.
Saya hanya  masih merasa khawatir aja, karena menurut hasil lab salmonela typhienya masih diatas batas.
 
Yang dicek adalah Salmonela Typhie, mbak.  Karena waktu Liam panas, dokter takut dia DB atau
Typhus. Katanya sekarang untuk typhus cek darahnya salmonela typhie bukan vidal lagi.
Nah waktu hasil lab 1, hasil salmonela typhienya 3 (normal <2)  , trombosit 151 (normal 150).
Diagnosa sementara bukan DB, bukan typhus, karena tidak ada panas. (panas hanya 1kali kemudian jedah 2hari kemudian panas lagi keesokkan harinya gak lagi, jadi waktu di opname gak ada demam samsek)
hari ke 2 di cek lagi  trombosit menjadi 257, jadi kesimpulan bukan DB, bukan juga typhus, hanya flu biasa.
lusanya disuruh tes lab lagi, kali ini salmonela typhie dan vidal. hasilnya vidal negatif, tapi salmonela masih 3.
 
Walau Liam sudah kembali seperti sedia kala, saya masih khawatir. Salahnya saya tidak tanya dgn rinci sama
dokter. Makanya saya berharap dari milist ini saya dpt pencerahan.
 
Saya masih menunggu pencerahan dari semua SPs dan Docs.
Please help ya....
Makasih banyak.
 Titik , mami Liam & Chiara
check my facebook : titik_glen@Yahoo.com

________________________________
From: tristanathan <tristanathan.amadeo@gmail.com>
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Monday, 16 March, 2009 8:56:56 AM
Subject: Re: [sehat] (TANYA) apakah Virus Salmonela Typhie? Bahayakah?

mbak titik,

gimana kondisi liam sekarang? mudah2an udah jauh lebih baik.
setau saya, salmonella thypi ini adalah bakteri penyebab thypoid fever.
boleh tau tes apa yang dilakukan sehingga dapat nilai positif ini?

apa liam udah pernah dapat vaksin thypoid?
apakah dokternya menyebutkan diagnosa atas sakitnya liam?
diagnosa dalam bahasa medis, sangat menguntungkan pasien, karena akan
mempermudah kita dalam mencari second opinion.

-ria-

On Sun, Mar 15, 2009 at 1:58 PM, Titik Lisapaly <mamiliamchiara@ ymail.com>wrote:

[Non-text portions of this message have been removed]

Stay connected to the people that matter most with a smarter inbox. Take a look http://au.docs.yahoo.com/mail/smarterinbox

[Non-text portions of this message have been removed]

3b.

Re: (TANYA) apakah Virus Salmonela Typhie? Bahayakah?

Posted by: "tristanathan" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Sun Mar 15, 2009 11:06 pm (PDT)

udah pernah imunisasi thypoid belum mbak? SOL

On Mon, Mar 16, 2009 at 12:57 PM, Titik Lisapaly
<mamiliamchiara@ymail.com>wrote:

[Non-text portions of this message have been removed]

3c.

Re: (TANYA) apakah Virus Salmonela Typhie? Bahayakah?

Posted by: "Titik Lisapaly" mamiliamchiara@ymail.com   mamiliamchiara@ymail.com

Sun Mar 15, 2009 11:10 pm (PDT)

Oh iya... saya lupa ...
Liam sudah dapet imunisasi Typhoid waktu bulan Desember 2008.
Titik , mami Liam & Chiara
check my facebook : titik_glen@Yahoo.com

________________________________
From: Titik Lisapaly <mamiliamchiara@ymail.com>
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Monday, 16 March, 2009 12:57:17 PM
Subject: Re: [sehat] (TANYA) apakah Virus Salmonela Typhie? Bahayakah?

Dear mbak Ria,
Liam sudah kembali lincah dan kembali nafsu makannya sekarang. Batpilnya juga sudah hilang.
Saya hanya  masih merasa khawatir aja, karena menurut hasil lab salmonela typhienya masih diatas batas.
 
Yang dicek adalah Salmonela Typhie, mbak..  Karena waktu Liam panas, dokter takut dia DB atau
Typhus. Katanya sekarang untuk typhus cek darahnya salmonela typhie bukan vidal lagi.
Nah waktu hasil lab 1, hasil salmonela typhienya 3 (normal <2)  , trombosit 151 (normal 150).
Diagnosa sementara bukan DB, bukan typhus, karena tidak ada panas. (panas hanya 1kali kemudian jedah 2hari kemudian panas lagi keesokkan harinya gak lagi, jadi waktu di opname gak ada demam samsek)
hari ke 2 di cek lagi  trombosit menjadi 257, jadi kesimpulan bukan DB, bukan juga typhus, hanya flu biasa.
lusanya disuruh tes lab lagi, kali ini salmonela typhie dan vidal. hasilnya vidal negatif, tapi salmonela masih 3..
 
Walau Liam sudah kembali seperti sedia kala, saya masih khawatir. Salahnya saya tidak tanya dgn rinci sama
dokter. Makanya saya berharap dari milist ini saya dpt pencerahan.
 
Saya masih menunggu pencerahan dari semua SPs dan Docs.
Please help ya....
Makasih banyak.
 Titik , mami Liam & Chiara
check my facebook : titik_glen@Yahoo. com

____________ _________ _________ __
From: tristanathan <tristanathan. amadeo@gmail. com>
To: sehat@yahoogroups. com
Sent: Monday, 16 March, 2009 8:56:56 AM
Subject: Re: [sehat] (TANYA) apakah Virus Salmonela Typhie? Bahayakah?

mbak titik,

gimana kondisi liam sekarang? mudah2an udah jauh lebih baik.
setau saya, salmonella thypi ini adalah bakteri penyebab thypoid fever.
boleh tau tes apa yang dilakukan sehingga dapat nilai positif ini?

apa liam udah pernah dapat vaksin thypoid?
apakah dokternya menyebutkan diagnosa atas sakitnya liam?
diagnosa dalam bahasa medis, sangat menguntungkan pasien, karena akan
mempermudah kita dalam mencari second opinion.

-ria-

On Sun, Mar 15, 2009 at 1:58 PM, Titik Lisapaly <mamiliamchiara@ ymail.com>wrote:

[Non-text portions of this message have been removed]

Stay connected to the people that matter most with a smarter inbox. Take a look http://au.docs. yahoo.com/ mail/smarterinbo x

[Non-text portions of this message have been removed]

Messages in this topic (4) Reply (via web post) | Start a new topic
Messages | Database | Polls | Calendar
==========================================================================
" Mailing list SEHAT didukung oleh Hewlett-Packard StorageWorks Division. SEHAT Internet Access & Website didukung oleh CBN Net.
Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : XEROX, Bhumiyamca, Arutmin, HBTLaw dan Ibu Marissa Muliadi yg telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Kunjungi kami di :
http://www.sehatgroup.web.id/
==========================================================================

" SEHAT mailing list is supported by Hewlett-Packard StorageWorks Division. SEHAT Internet Access & Website are supported by CBN Net.
Our biggest gratitude to : XEROX, Bhumiyamca, Arutmin, HBTLaw and Ibu Marissa Muliadi who have consistently sponsored our programme, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Please visit our website at :
http://www.sehatgroup.web.id/
==========================================================================

Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
Recent Activity
*  17
New MembersVisit Your Group
Give Back
Yahoo! for Good
Get inspired
by a good cause.
Y! Toolbar
Get it Free!
easy 1-click access
to your groups.
Yahoo! Groups
Start a group
in 3 easy steps.
Connect with others.
.

__,_.._,___

Stay connected to the people that matter most with a smarter inbox. Take a look http://au.docs.yahoo.com/mail/smarterinbox

[Non-text portions of this message have been removed]

3d.

Re: (TANYA) apakah Virus Salmonela Typhie? Bahayakah?

Posted by: "Esti Gunawan" ehandayani@gmail.com   esti_fgj

Sun Mar 15, 2009 11:13 pm (PDT)

Kemungkinan besar sih bakteri (bukan virus) salmonella typhie itu positif ya
karena imunisasi thypoid itu Mb....

Esti

2009/3/16 Titik Lisapaly <mamiliamchiara@ymail.com>

> Oh iya... saya lupa ...
> Liam sudah dapet imunisasi Typhoid waktu bulan Desember 2008.
>
> Titik , mami Liam & Chiara
> check my facebook : titik_glen@Yahoo.com <titik_glen%40Yahoo.com>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

3e.

Re: (TANYA) apakah Virus Salmonela Typhie? Bahayakah?

Posted by: "heni_nur" heni_nur@yahoo.com   heni_nur

Sun Mar 15, 2009 11:22 pm (PDT)


nha dah jelas kan mbak kena bisa tesnya positip.

sharing saja, keiknya virus jaman sekarang tuh hebat-hebat deh, jadi meski virus gak harus maksimal 72 jam selesai.

Damar (2 year, 5 mo) kemarin demam sampai 7.5 x 24 jam, batuk pilek muntah ....

diperparah selama itu gak ada masuk apa2 blas, kecuali nenen kalau malem. BB turun dari 12 ke 10.5 hiks (timbangan td pagi yah)....

jadi ya kalau ada batpil, rasanya masihmasuk akal demam lebih dr 72 jam ya...

heni

3f.

Re: (TANYA) apakah Virus Salmonela Typhie? Bahayakah?

Posted by: "tristanathan" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Sun Mar 15, 2009 11:24 pm (PDT)

setuju sama esti & heni...

btw, bisa share indikasi rawat inap-nya gak mbak?
apa udah ada tanda dehidrasi?

-ria-

On Mon, Mar 16, 2009 at 12:57 PM, Titik Lisapaly
<mamiliamchiara@ymail.com>wrote:

[Non-text portions of this message have been removed]

3g.

Re: (TANYA) apakah Virus Salmonela Typhie? Bahayakah?

Posted by: "Dheeadel pink" p1nky_chubby@yahoo.com   p1nky_chubby

Mon Mar 16, 2009 12:06 am (PDT)

mau sharing pengalaman yah
 
Tgl 1 maret 2009: demam hingga 39,6 plus nyeri kepala, nyeri sendi mual terapi yang dilakukan hanya intake cairan
Tgl 2 maret 2009: demam masih manteng di 39-40 nyeri kepala hebat, sendi serta mual terapi tetap intake cairan sudah mulai ga bisa masuk makanan
Tgl 3 Maret 2009: demam di suhu 39-40 nyeri kepala hebat, sendi dan mual ga bisa makan juga. intake cairan , cek darah di P****a
hasil cek darah trombosit: 102 Hematokrit 40%, lekosit (maaf lupa karena hasil ada dirumah) Virus Dengue: negatif Widal: negatif
Tgl 4 Maret 2009: demam masih manteng di 39-40 nyeri kepala hebat, dan sendi tidak berkurang serta mual.terapi intake cairan walaupun ga bisa masuk makanan
Tgl 5 Maret 2009:demam manteng 39-40 sakit yang dialami masih sama. terapi intake cairan, jus jambu,sari kurma, P****i. cek lab trombosit sudah 182, dan hematokrit 35%
tgl 6 Maret 2009: demam masih manteng dan nyeri yang dialami masih sama. terapi intake cairan dan masih ga bisa makan
tgl 7 maret 2009:demam masih manteng dan nyeri yang dialami masih sama. intake cairan dan masih ga bisa makan. cek lab semua Ok disuruh istirahat
Tgl 8 maret 2009: demam masih manteng dan nyeri tetap sama . terapi intake cairan
tgl 9 Maret 2009: demam masih manteng dan nyeri tetap sama. terapi intake cairan
tgl 10 maret 2009: demam masih manteng dan nyeri tetap sama. terapi intake cairan
Tgl 11 maret 2009: demam masih manteng dan nyeri tetap sama, karena hanya cairan masuk dan ga masuk makanan akhirnya di rawat di RS T***T. di infus 2 botol sekaligus dikatakan yg 1 untuk menghindari pecah pembuluh darah namun saya menolak semua obat"an kecuali infus. minum sari kurma dan angkak
Tgl 12 Maret 2009: demam hilang, namun nyeri kepala sama sendi masih. infus dan mulai goyah minum paracetamol P****L, sempat diberi antibiotik namun saya buang ke toilet
Tgl 13 maret 2009: demam hilang, nyeri sudah berkurang walaupun masih sesekali. infus mulai dilepas jumat malam
Tgl 14 maret 2009:kembali kerumah dan hanya terapi cairan dan minum sari kurma serta angkak
Catatan: saya kecewa dengan RS tersebut ternyata tanpa sepengetahuan saya mereka memberikan obat via infus untuk mual serta mereka melakukan tes pembiakan darah saya yang membuat biaya menjadi membengkak tanpa persetujuan sebelumnya. memang pada tes lab tersebut ditemukan bakteri sarmonella.
yang ingin saya tanyakan adalah, setelah home treatment saya yg gagal karena hingga dehidrasi perlukan saya AB untuk bakteri sarmonella tersebut kira" AB apa yang saya butuhkan dan berapa dosisnya?seberapa bahayakah bakteri tersebut???
mohon sharing dan pencerahannya
Lia`bundanya Kei yang masih dalam masa pemulihan
 

[Non-text portions of this message have been removed]

3h.

Re: (TANYA) apakah Virus Salmonela Typhie? Bahayakah?

Posted by: "Nita Wala" nitawala@cbn.net.id   nyit2910

Mon Mar 16, 2009 12:44 am (PDT)

Dear All,

Lebih jauh mengenai salmonella, aku copy paste yach dari
http://www.jevuska.com/2008/05/10/demam-tifoid-typhoid-fever

DEMAM TYPHOID

DEFINISI
Demam tifoid pada masyarakat dengan standar hidup dan kebersihan rendah,
cenderung meningkat dan terjadi secara endemis. Biasanya angka kejadian
tinggi pada daerah tropik dibandingkan daerah berhawa dingin. Sumber
penularan penyakit demam tifoid adalah penderita yang aktif, penderita dalam
fase konvalesen, dan kronik karier.. Demam Tifoid juga dikenali dengan nama
lain yaitu Typhus Abdominalis,Typhoid fever atau Enteric fever. Demam tifoid
adalah <http://www.jevuska.com/category/interna/> penyakit sistemik yang
akut yang mempunyai karakteritik demam, sakit kepala dan ketidakenakan
abdomen berlangsung lebih kurang 3 minggu yang juga disertai gejala-gejala
perut pembesaran limpa dan erupsi kulit. Demam tifoid (termasuk para-tifoid)
disebabkan oleh kuman Salmonella typhi, S paratyphi A, S paratyphi B dan S
paratyphi C. Jika penyebabnya adalah S paratyphi, gejalanya lebih ringan
dibanding dengan yang disebabkan oleh S typhi.

PENYEBAB

Demam typhoid timbul akibat dari infeksi oleh bakteri golongan Salmonella
yang memasuki tubuh penderita melalui saluran pencernaan. Sumber utama yang
terinfeksi adalah manusia yang selalu mengeluarkan mikroorganisme penyebab
penyakit,baik ketika ia sedang sakit atau sedang dalam masa penyembuhan.Pada
masa penyembuhan, penderita pada masih mengandung Salmonella spp didalam
kandung empedu atau di dalam ginjal. Sebanyak 5% penderita demam tifoid
kelak akan menjadi karier sementara, sedang 2 % yang lain akan menjadi
karier yang menahun.Sebagian besar dari karier tersebut merupakan karier
intestinal (intestinal type) sedang yang lain termasuk urinary type.
Kekambuhan yang yang ringan pada karier demam tifoid,terutama pada karier
jenis intestinal,sukar diketahui karena gejala dan keluhannya tidak jelas.

Selanjutnya baca aja yach di webnya di jelaskan semuanya kok. kalo moderator
mengijinkan, nanti saya copy paste semuanya.

Nita

[Non-text portions of this message have been removed]

4a.

Re: MOHON INFO & TIPS SEHABIS CAESA

Posted by: "eni widya" widyaeni@gmail.com   ancolria

Sun Mar 15, 2009 11:05 pm (PDT)

Sharing aja,
1 tahun yang lalu saya juga melahirkan cecar. Setelah siuman dari bius
total, saya dipindahkan ke kamar. Tetapi ketika akan dipindahkan, berarti
saya kan harus pindah tempat tidur. Tapi... berpindahnya dari ranjang
pemulihan ke ranjang kamar ternyata harus dilakukan sendiri terutama untuk
mengangkat badan. Suster hanya membantu untuk mengangkat bahu dan kaki saja,
mereka bilang ini harus dilakukan oleh ibu paska cecar agar cepat pulih.

Benar saja, saya hanya terkapar tak berdaya sekitar 10jam, setelahnya saya
diharuskan untuk menggerakkan badan (belajar miring, menyusui bayi sambil
tiduran). Setelah 24 jam saya harus belajar duduk. Sakit? pastilah... tapi
badan memang harus dilatih untuk beraktifitas. Alhamdulillah hari kedua,
saya udah bisa jalan ke kamar mandi sendiri tanpa dipapah (jalan penal
ajah), dan hari ketika saya bisa pulang sambil gendong bayi sendiri.

Itu aja, maaf kalo ada yang salah dan tidak membantu banyak.
salam
eni

[Non-text portions of this message have been removed]

4b.

Re: MOHON INFO & TIPS SEHABIS CAESA

Posted by: "noviana susilowati" noviana_susilowati@yahoo.com   noviana_susilowati

Sun Mar 15, 2009 11:28 pm (PDT)

Ikutan sharing y....

saya operasi cesar 7 bln lalu, sore hari.Setelah cesar, ditempatkan di ruang pemulihan kira2 2jam n dipindah ke ruang biasa. suster pesan spy mulai belajar miring2 saat pengaruh bius hilang. malam itu jg suster membantu u/ belajar miring & dilanjutkan keesokan hari nya. stlh bisa miring, belajar duduk n blh turun dr ranjang u/ jalan. krn gak ada yg menemani, terpaksa belajar sendiri. kata suster, biar lbh cepat pulih. mmg keesokan hari nya, saya sdh boleh plg oleh dokter. di rumah, jg tetap berusaha utk banyak gerak. ternyata pemulihannya mmg lbh cepat dr perkiraan.
jadi....jgn takut buat banyak gerak ya mbak...

c u

novi

________________________________
From: eni widya <widyaeni@gmail.com>
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Monday, March 16, 2009 1:05:16 PM
Subject: Re: [sehat] Re: MOHON INFO & TIPS SEHABIS CAESA

Sharing aja,
1 tahun yang lalu saya juga melahirkan cecar. Setelah siuman dari bius
total, saya dipindahkan ke kamar. Tetapi ketika akan dipindahkan, berarti
saya kan harus pindah tempat tidur. Tapi... berpindahnya dari ranjang
pemulihan ke ranjang kamar ternyata harus dilakukan sendiri terutama untuk
mengangkat badan. Suster hanya membantu untuk mengangkat bahu dan kaki saja,
mereka bilang ini harus dilakukan oleh ibu paska cecar agar cepat pulih.

Benar saja, saya hanya terkapar tak berdaya sekitar 10jam, setelahnya saya
diharuskan untuk menggerakkan badan (belajar miring, menyusui bayi sambil
tiduran). Setelah 24 jam saya harus belajar duduk. Sakit? pastilah... tapi
badan memang harus dilatih untuk beraktifitas. Alhamdulillah hari kedua,
saya udah bisa jalan ke kamar mandi sendiri tanpa dipapah (jalan penal
ajah), dan hari ketika saya bisa pulang sambil gendong bayi sendiri.

Itu aja, maaf kalo ada yang salah dan tidak membantu banyak.
salam
eni

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

5a.

Re: Hamil Muda + Penguat kandungan

Posted by: "Haysnayire Idena" twins.seven@gmail.com   desaranjani

Sun Mar 15, 2009 11:17 pm (PDT)

Tengkyu sharingnya, jadi lega nih :D

On Mon, Mar 16, 2009 at 10:58 AM, <meruarumdalu@yahoo.com> wrote:

> Pak Andy,,
>
> Wkt saya hamil 1 ato 2 bln pertama dikasi obat penguat kandungan krn wkt
> itu ada flek2. Tmn2 saya yg skrg sedang hamil muda diberikan obat itu juga..
>
> Meru
> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>
> -----Original Message-----
> From: Haysnayire Idena <twins.seven@gmail.com>
>
> Date: Mon, 16 Mar 2009 09:03:42
> To: <sehat@yahoogroups.com>
> Subject: Re: [sehat] Re: Hamil Muda + Penguat kandungan
>
>
> Waktu pemeriksaan pertama(kandungan sebulan), emang adarencana naik pesawat
> ke jakarta.Waktu pemeriksaan kedua, ada bercak coklat (seperti darah) di CD
> istri
>
>
>
> 2009/3/16 Hilda <hilda.iriany@gmail.com>
>
> > Pak Andi yang lagi hepi =)
> >
> > Sudah ditanyakan ke dokter apa alasan kuat untuk memberikan obat
> tersebut?
> > Kalo sehat-sehat aja masak disuruh minum obat ya?
> >
> > Coba browse di internet ttg kandungan aktif obatnya, apakah sudah tepat
> > indikasinya dan lihat efek sampingnya.
> >
> > Kalo tidak, Pak Andi dan istri punya alasan kuat untuk menolak diberikan
> > obat tersebut.
> >
> > Maaf kalo kurang berkenan,
> > Hilda
> >
> >
> >
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>
> ------------------------------------
>
> ==========================================================================
> " Mailing list SEHAT didukung oleh Hewlett-Packard StorageWorks Division.
> SEHAT Internet Access & Website didukung oleh CBN Net.
> Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : XEROX, Bhumiyamca,
> Arutmin, HBTLaw dan Ibu Marissa Muliadi yg telah dan konsisten mensponsori
> program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>
> Kunjungi kami di :
> http://www.sehatgroup.web.id/
> ==========================================================================
>
> " SEHAT mailing list is supported by Hewlett-Packard StorageWorks Division.
> SEHAT Internet Access & Website are supported by CBN Net.
> Our biggest gratitude to : XEROX, Bhumiyamca, Arutmin, HBTLaw and Ibu
> Marissa Muliadi who have consistently sponsored our programme, PESAT
> (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
>
> Please visit our website at :
> http://www.sehatgroup.web.id/
> ==========================================================================
> Yahoo! Groups Links
>
>
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

6a.

Tindik Tidak Pas

Posted by: "Erliani_25" erliani_25@yahoo.com   erliani_25

Sun Mar 15, 2009 11:17 pm (PDT)

Hai Bunda Tsabita..
 
Sharing aja niy..
 
My baby Shaza (8M 1D), kemarin ditindiknya hbs lahiran sebelum pulang dr RS.
Ternyata tindik di telinga kirinya jauh banget meleset nya (terlalu pinggir & bawah)..Sempat kesal jg sm bidan nya..Kok bisa siy sampe melesetnya jauh banget gt..
Sempet ragu jg mau di tindik ulang or gak..
Tapi setiap lihat telinga kirinya, rasanya kok gak tega ya..Jadinya aku buka anting2 sebelah kirinya..Karena kelamaan gak pake anting2, jdnya buntu deh bekas tindikan nya.
Setelah sekian lama, akhirnya minggu kmrn, Shaza di tindik lg telinga kirinya..
Alhamdulillah kali ini pas di tengah..
 
Kalo melesetnya cuma dikit siy, kyknya gpp mbak..Kasian jg baby nya klo hrs ditindik2 lg.
Tapi kalo melesetnya jauh bgt siy, tindik lg aja kali ya, hehe..
 
Maaf klo kurang berkenan & gak membantu..
 
-Eci-
 

[Non-text portions of this message have been removed]

7a.

Re: Butuh Human Milk Fortifier (HMF)

Posted by: "mita munaf" meetha_munaf@yahoo.com   meetha_munaf

Sun Mar 15, 2009 11:20 pm (PDT)

Dear Mba Freji,
 
Dl putri kembar saya-alya&kayla juga lahir prematur 31 minggu dikarenakan saya pre eklampsia berat. Pada waktu lahir BB si kembar hanya 1,2 kg (alya) dan 1,6 kg (kayla). Setau saya, jika BB si anak sudah mencapai min 2 kg sudah tidak perlu HMF lagi.
 
Dl si kembar mendapat HMF utk dicampur pada ASI saya hanya sampai BB mereka 1,8 kg.Setelah mereka kuat utk dikeluarkan dari inkubator dan bisa menyusu langsung pada saya, hanya ASI saja yang diberikan. .rasanya seneng banget saat pertama kali saya bisa menyusui langsung mereka..amazing liat mulut2 mungil mereka, seneng banget bisa memeluk mereka langsung..sebelumnya, ASI diberikan melalui selang di inkubator.
 
Memang sepertinya penambahan HMF pada ASI bisa lebih cepat menambah BB nya. Cmiiw ya..entah itu hanya persepsi saya atau bukan, cm saya memutuskan menuruti DSA nya memakai HMF krn terus terang biaya perawatan di NICU sangat berat buat kami..apalagi ada 2 anak yg butuh perawatan lama di NICU.
alya dl dr 1,2 kg hingga 2 kg membutuhkan waktu 1,5 bulan di inkubator sedangkan kayla yg lahir 1,6 kg hingga 2 kg butuh waktu 1 bulan.
 
HMF emang agak susah mencarinya mba, di singapura adanya di RS kandang kerbau dan RE mount elizabeth, tapi harga HMF di RS kandang kerbau jauh lebih murah bisa beda 40% dibanding di mount elizabeth. Dl kami titip pada ortu pasien yang ke singapore utk beli HMF  buat anaknya di NICU.Sebenrnya bisa juga cari HMF di RSIA di jkt, apa teman mba sudah coba cari ke RS hermina atau RS bunda? biasanya kl si anak sudah keluar NICU dan HMF nya masih sisa, biasanya si ortu suka nitip ke suster2 utk menjual pada yg membutuhkan, harganya sih biasanya sesuai harga yg kita beli di singapore..kl dl thn 2007 harga di RS Kandang kerbau utk 1 dus isi 50 sachet sekitar 550rb, sedangkan di mount elizabeth sekitar 900rb an..bedanya lumayan
 
Ada salah satu jurnal yang saya dapat ttg HMF ini
http://pediatrics.aappublications.org/cgi/reprint/114/6/e699
 
Semoga si kembar cepet keluar dr NICU ya mba. Sebenernya kl BB 1,8 kg dah kuat utk dibawa pulang ke rumah asal dah bisa nyusu langsung pada ibunya..jadi gak terlalu lama di NICU..
 
Salam,
 
Mita
http://ayakei.multiply.com
 
 
 
 

[Non-text portions of this message have been removed]

7b.

Re: Butuh Human Milk Fortifier (HMF)

Posted by: "Freji Kaylaku" freji.kaylaku@gmail.com   frejikaylaku

Sun Mar 15, 2009 11:29 pm (PDT)

Mbak Mita,
Makasi banyak info dan sharing nya.
Saya baru aja telpon KK hospital, ada barangnya, harganya SGD75 per dus,
memang mahal sekali ya?
Saya udah tawarin lagi ke temen saya, ga tau masih butuh apa ngga. Saya agak
khawatir karena terakhir kali dia mempertimbangkan sufor sebagai alternatif.
Mudah2an ngga deh, dan baby nya cepat keluar dari RS.

Thanks.

Freji

2009/3/16 mita munaf <meetha_munaf@yahoo.com>

[Non-text portions of this message have been removed]

8a.

Pergelangan tangan anak bengkak karena terkilir, harus bagaimana

Posted by: "lydia" lydiaoktarini@yahoo.com   lydiaoktarini

Sun Mar 15, 2009 11:55 pm (PDT)

Dear all,

Hari minggu kemarin, pergelangan tangan anakku abhi (2thn 3 bln) terkilir setelah main di playland. Pergelangan tangan kanannya bengkak. Saya coba pancing supaya digerakkan, ternyata bisa tapi lemah sekali. Menggenggam juga bisa perlahan-lahan walaupun sambil bilang sakit. Sementara ini tangannya dikompres dan diberi salep Voltadex gel. Semalam tidak demam, tapi rewel sekali. Hari ini juga masih rewel dan susah sekali makan, mungkin dia merasa kurang nyaman.

Mom, saya harus bagaimana ya baiknya. Lanjutkan kompres saja atau bagaimana? Tadi nya saya kepikiran mau bawa ke dokter untuk menghilangkan kemungkinan patah tulang. tapi ada jg yang bilang jangan karena takut pengaruh sinar rontgennya. atau memang perlu dibawa ke tukang urut kah.
Atau baiknya dilanjut kompres 2-3 hari ini dulu, baru ke dokter? Benarkan jaringan otot anak itu maish lentur sehingga terkilir bisa sembuh sendiri? Mohon sharingnya ya..

Mohon maaf nanya via milis, coba browsing, belum ada jawaban yang nenangin hati. Terima kasih.

Salam,
Mama Abhi

[Non-text portions of this message have been removed]

8b.

Re: Pergelangan tangan anak bengkak karena terkilir, harus bagaimana

Posted by: "heni_nur" heni_nur@yahoo.com   heni_nur

Mon Mar 16, 2009 12:14 am (PDT)

3 week lalu Damar juga kesleo kaki kiri mbak.

taunya dr mana?

Dia demam, dan setiap jalan kena kaki kiri pasti jerit2, maunya digendong terusss...

diinget2 sehari sebelomnya loncat2 dari bantal ke kasur sama kakaknya.

Akhirnya aku panggil tukang urut, diurut bentar, siangnya langsung jalan dan demam reda...

dohh gak RUM banget ya hehehhe

heni

8c.

Re: Pergelangan tangan anak bengkak karena terkilir, harus bagaimana

Posted by: "ivana.oktavia@yahoo.com" ivana.oktavia@yahoo.com   ivana.oktavia

Mon Mar 16, 2009 12:59 am (PDT)

Mba Lydia,docs dan sp,
Aku juga lagi bingung ama Jesslyn,nich!Minggu lalu dia juga kan jatuh dari ranjang dan terkilir,dan sempet nanya di milis ini.Sayangnya jawabannya telat keterima,karena aku pagi2 langsung manggil tukang urut.Padahal sp di sini menganjurkan utk tidak memijat anakku,tapi terlanjur,jadi sempet takut kenapa2 juga.Nah,hari Rabu tangan Jesslyn msh kaku,dia bisa beraktivitas tapi kalau berdiri tangannya terlihat pendek sebelah,atas saran ipar dibawa lagi ke shin she ahli patah tulang,dan diurut lagi.Katanya sih memang terkilir.Tapi kalau masih kaku harus dipijat sekali lagi,katanya.Sampai hari ini tangannya sudah bisa ke atas dan beraktifitas lebih baik,tapi kok tetep pendek sebelah,ya?jadi kalau dilurusin gak bisa.Rencananya mau diurut lagi ke shin she,tapi saya kuatir ada apa2.Apa kalau dirontgen berbahaya buat anak?bagaimana,ya?kalau di rontgen apa harus minta pengantar dr DSA?atau saya lebih baik ke shin she aja..Bingung,nich!
Mohon sharring secepatnya..
Mom Lydia,sori gak ngebantu..malah ikut2an nanya..
Trim's sebelumnya,
Ivana
Mommynya Jesslyn & Josephine

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
9a.

Re: MOHON INFO & TIPS SEHABIS CAESAR

Posted by: "Leslie" nchy@yahoo.com   nchy

Mon Mar 16, 2009 12:00 am (PDT)

mo ikutan sharing ya wlpun telat.

saya baru melahirkan dgn caesar tgl 28 feb kmren, ini anak yg kedua, anak pertama juga caesar.
setuju spt mbak Titik bilang, pemakaian gurita or korset membantu dlm proses pemulihan.

saya melahirkan di RS Islam cempaka putih, pd saat mau masuk ruang operasi, suami ditanyain , apa saya punya gurita or korset, soalnya lgs dipasang stlh selesai operasi. malah wkt lahir yg pertama saya kaget, lho kok perut saya sdh dipakein gurita, ternyata emang dpakein ama susternya, dan memang saya jd lebih nyaman, krn prut kita jd tertahan, gak gerak2, secara kl dah lahiran perut kan jd gombyor.
24 jam stlah lahiran saya dah bisa jalan2, awalnya emang sakit, tp ya dipaksakan..soalnya kateter sdh dilepas, mau gak mau kl pengen pipis hrs ke kmr mandi sendiri.
banyak bergerak akan semakin mempercepat penyembuhan.

mungkin kakaknya takut utk bergerak, krn rasa sakit pada saat pertama kali bergerak, tp emang hrs dipaksakan...kl sudah bergerak gak akan lg kerasa sakit kok.

hope it helps, mohon maaf kl kurang membantu..

SALAM

Leslie

--- In sehat@yahoogroups.com, Titik Lisapaly <mamiliamchiara@...> wrote:
>
> Halo,
> saya 2 anak , keduanya caesar. Lahir di RSI Bintaro.
> Lucunya di rumkit ini , saat mau  masuk ruang ops ditanyakan gurita or korset.
> begitu keluar dari ruang ops , kita dah dipakaikan gurita dan korset.

10.1.

Re: diare (Gangguan malabsorbsi)

Posted by: "alma_santi" alma_santi@yahoo.com   alma_santi

Mon Mar 16, 2009 12:30 am (PDT)


Dear smart parent n Docs,
Salam Kenal. Need saran dan info nih. Barusan browse tentang diare di milis ini, tapi kasus anakku sedikit beda. Singkatnya anak ku Rania 11 bulan, barusan balik dari rawat inap di RS selama 5 hari, menurut dokter dari fecesnya tidak ada bakteri dan parasit, namun ditemukan lemak +1, menurut dokter anakku tidak bisa menyerap lemak dengan sempurna.
Akhirnya aku putuskan untuk pulang dan rawat jalan, karena masih saja diare dengan ampas sedikit, obat2an pesanan pulang antibiotik (baktrim) dan sisa elsazym (ensyim) tidak aku minumkan. Dari minggu siang sampai senin malam (pulang dari RS) anakku sudah tidak diare hanya buang air kecil yang banyak, tapi pagi ini, dari jam 6pagi s/d jam 11siang sudah 5 kali diare dengan konsistensi air dan sedikit ampasnya.
Untuk nafsu makan anakku nggak masalah. Dan juga sudah aku bantu pedialite(aku berikan setelah pulang dari RS sampai siang ini).

Gimana ya Mom n Docs?, gimana nanti kalau tambah parah?, apa artinya lemak +1 dengan diare?. Menurut perawat di RS biasanya diare dengan gangguan malabsorbsi lebih lama pulihnya. Mungkinkah anakku alergi dengan antibiotik, karena 2 hari sebelum diare anakku radang dan diberi (calvamox), setelah aku baca efek sampingnya adalah mual dan muntah, anakku plus diikuti dengan diare?

Terima kasih sebelumnya Mom n Docs,
Alma (Mom with 2 kids)

--- In sehat@yahoogroups.com, "yoyoh-FIM" <yoyoh@...> wrote:
>
> Mbak Mutia, coba bantu ya..
> ini ada tatacara penanganan diare yg didapat saat kita jadi member milis sehat
> saya copas dibawah ya...
> untuk vitamin bisa diteruskan dgn yg alami (langsung dari sumbernya)
> mohon maaf bila ga membantu
>
>
> SLIDE 13. DIARRHEA - VOMITING
>
>
>
> Hampir serupa dengan batuk, diare & muntah adalah anugerah terindah yang Tuhan berikan pada manusia. Diare & muntah adalah mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan racun, virus/kuman yang masuk ke dalam tubuh. Diare & muntah itu ibarat alarm tubuh untuk memberitahukan bahwa ada sesuatu yg tidak beres dalam tubuh kita.
>
> Yang perlu dilakukan adalah mencari PENYEBAB nya.
>
> Tidak perlu diberikan obat anti muntah atau obat untuk "mampet"kan diarenya. Obat-obat tsb memang akan mengurangi/menghentikan diare/muntah, tetapi tidak mengobati penyakitnya.
>
> Perbaikan tersebut bersifat "semu". Ibarat bom waktu. Kita terkecoh seolah anak membaik, padahal penyakitnya masih terus berlangsung. Selain itu, obat2 tersebut juga bukan tanpa risiko / efek samping.
>
>
>
> PENYEBAB:
>
>
>
> v >80% penyebabnya pada anak, terutama bayi, adalah virus. Dikenal juga dengan ROTAVIRUS.
>
> v Food poisoning
>
> v Alergi makanan,
>
> v Pemakaian antibiotik.
>
>
>
> TATALAKSANA - CEGAH DEHIDRASI - Minum banyak
>
>
>
> v ASI diteruskan, campur dg Oral rehydration Solution (ORS) seperti pedialit atau oralit.
>
> v Perbanyak minum.
>
> v Bila diare hebat, fokus pada upaya rehidrasi (menjaga agar tidak dehidrasi). Kalau perlu, untuk sementara waktu tidak perlu makan sampai dehidrasi teratasi
>
>
>
> Kapan menghubungi dokter?
>
> v Ada darah di tinja atau tinja berwarna hitam
>
> v Tanda-tanda dehidrasi berat : tidak buang air kecil > 8 jam, bibir kering, air mata kering ketika menangis, skin turgor menurun (jika tangan dicubit, tidak akan kembali seperti semula), mata cekung, abdomen (sekitar perut) cekung, fontanelle (ubun-ubun) pada bayi cekung.
>
> v Luar biasa mengantuk, sulit dibangunkan
>
> v Luar biasa lemas, layu
>
>
>
> PRINSIP:
>
>
>
> v Umumnya tidak perlu diberi antibiotik, antibiotik hanya bila tinja berdarah (butuh evidence/lab). Pada banyak kasus, antibiotik justru akan memperparah diarenya. Belum lagi pemakaian antibiotik tidak pada tempatnya akan menyebabkan infeksi tambahan oleh jamur/fungus/candida
>
> v Jangan minum obat untuk menghentikan diare seperti primperan, motilium, juga tidak perlu minum Kaopectate, smecta, ensim, dsb.
>
> v Pada diare biasa, tidak perlu mengganti susu formula.
>
>
>
> - INGAT - Jangan memberikan obat anti muntah!!!!
>
>
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>

10.2.

Re: diare (Gangguan malabsorbsi)

Posted by: "pesatpadalarang@gmail.com" pesatpadalarang@gmail.com

Mon Mar 16, 2009 12:34 am (PDT)

Mba obatnya asi aja ya.
Cairan bs sup, jus, dst.
Observasi trus ya...
Smg lekas sembuh

Ina
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: "alma_santi" <alma_santi@yahoo.com>

Date: Mon, 16 Mar 2009 07:30:24
To: <sehat@yahoogroups.com>
Subject: [sehat] Re: diare (Gangguan malabsorbsi)



Dear smart parent n Docs,
Salam Kenal. Need saran dan info nih. Barusan browse tentang diare di milis ini, tapi kasus anakku sedikit beda. Singkatnya anak ku Rania 11 bulan, barusan balik dari rawat inap di RS selama 5 hari, menurut dokter dari fecesnya tidak ada bakteri dan parasit, namun ditemukan lemak +1, menurut dokter anakku tidak bisa menyerap lemak dengan sempurna.
Akhirnya aku putuskan untuk pulang dan rawat jalan, karena masih saja diare dengan ampas sedikit, obat2an pesanan pulang antibiotik (baktrim) dan sisa elsazym (ensyim) tidak aku minumkan. Dari minggu siang sampai senin malam (pulang dari RS) anakku sudah tidak diare hanya buang air kecil yang banyak, tapi pagi ini, dari jam 6pagi s/d jam 11siang sudah 5 kali diare dengan konsistensi air dan sedikit ampasnya.
Untuk nafsu makan anakku nggak masalah. Dan juga sudah aku bantu pedialite(aku berikan setelah pulang dari RS sampai siang ini).

Gimana ya Mom n Docs?, gimana nanti kalau tambah parah?, apa artinya lemak +1 dengan diare?. Menurut perawat di RS biasanya diare dengan gangguan malabsorbsi lebih lama pulihnya. Mungkinkah anakku alergi dengan antibiotik, karena 2 hari sebelum diare anakku radang dan diberi (calvamox), setelah aku baca efek sampingnya adalah mual dan muntah, anakku plus diikuti dengan diare?

Terima kasih sebelumnya Mom n Docs,
Alma (Mom with 2 kids)



--- In sehat@yahoogroups.com, "yoyoh-FIM" <yoyoh@...> wrote:
>
> Mbak Mutia, coba bantu ya..
> ini ada tatacara penanganan diare yg didapat saat kita jadi member milis sehat
> saya copas dibawah ya...
> untuk vitamin bisa diteruskan dgn yg alami (langsung dari sumbernya)
> mohon maaf bila ga membantu
>
>
> SLIDE 13. DIARRHEA - VOMITING
>
>
>
> Hampir serupa dengan batuk, diare & muntah adalah anugerah terindah yang Tuhan berikan pada manusia. Diare & muntah adalah mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan racun, virus/kuman yang masuk ke dalam tubuh. Diare & muntah itu ibarat alarm tubuh untuk memberitahukan bahwa ada sesuatu yg tidak beres dalam tubuh kita.
>
> Yang perlu dilakukan adalah mencari PENYEBAB nya.
>
> Tidak perlu diberikan obat anti muntah atau obat untuk "mampet"kan diarenya. Obat-obat tsb memang akan mengurangi/menghentikan diare/muntah, tetapi tidak mengobati penyakitnya.
>
> Perbaikan tersebut bersifat "semu". Ibarat bom waktu. Kita terkecoh seolah anak membaik, padahal penyakitnya masih terus berlangsung. Selain itu, obat2 tersebut juga bukan tanpa risiko / efek samping.
>
>
>
> PENYEBAB:
>
>
>
> v >80% penyebabnya pada anak, terutama bayi, adalah virus. Dikenal juga dengan ROTAVIRUS.
>
> v Food poisoning
>
> v Alergi makanan,
>
> v Pemakaian antibiotik.
>
>
>
> TATALAKSANA - CEGAH DEHIDRASI - Minum banyak
>
>
>
> v ASI diteruskan, campur dg Oral rehydration Solution (ORS) seperti pedialit atau oralit.
>
> v Perbanyak minum.
>
> v Bila diare hebat, fokus pada upaya rehidrasi (menjaga agar tidak dehidrasi). Kalau perlu, untuk sementara waktu tidak perlu makan sampai dehidrasi teratasi
>
>
>
> Kapan menghubungi dokter?
>
> v Ada darah di tinja atau tinja berwarna hitam
>
> v Tanda-tanda dehidrasi berat : tidak buang air kecil > 8 jam, bibir kering, air mata kering ketika menangis, skin turgor menurun (jika tangan dicubit, tidak akan kembali seperti semula), mata cekung, abdomen (sekitar perut) cekung, fontanelle (ubun-ubun) pada bayi cekung.
>
> v Luar biasa mengantuk, sulit dibangunkan
>
> v Luar biasa lemas, layu
>
>
>
> PRINSIP:
>
>
>
> v Umumnya tidak perlu diberi antibiotik, antibiotik hanya bila tinja berdarah (butuh evidence/lab). Pada banyak kasus, antibiotik justru akan memperparah diarenya. Belum lagi pemakaian antibiotik tidak pada tempatnya akan menyebabkan infeksi tambahan oleh jamur/fungus/candida
>
> v Jangan minum obat untuk menghentikan diare seperti primperan, motilium, juga tidak perlu minum Kaopectate, smecta, ensim, dsb.
>
> v Pada diare biasa, tidak perlu mengganti susu formula.
>
>
>
> - INGAT - Jangan memberikan obat anti muntah!!!!
>
>
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>




[Non-text portions of this message have been removed]

11a.

Re: Pls help :Antibiotik tepat ato tidak

Posted by: "ria ariyani" riapane@yahoo.com   riapane

Mon Mar 16, 2009 12:38 am (PDT)

dr. Wati,

Sudah dihentikan AB nyadan merah merahnya langsung hilang.
Terimakasih ya dok.

rgds,

Ria Pane

________________________________

[Non-text portions of this message have been removed]

12.

Masalah Gigi

Posted by: "candra rudy" shen2403@gmail.com   shen2403

Mon Mar 16, 2009 12:42 am (PDT)

Salam sehat untuk semua....

Mo nanya2 masalah gigi anak nih..siapa tahu ada yang mau berbagi pengalaman
atau mungkin kasih solusi.
Anak saya Keshia sekarang sudah 22 Bulan. Tapi giginya baru 12 belum nambah2
lagi.
Padahal dari yang saya tahu sebelum 2 tahun harusnya sudah 20 gigi.
Dulu ketika berumur 7 bulan sama DSA mau dikasih kalsium sih, cuma saya dan
mamanya menolak.
yang ingin saya tanyakan, apakah memang benar sebelum 2 tahun, giginya harus
20.
terus kalo sekarang masih 12 seharusnya apa yang saya treatment kan biar
giginya cepat tumbuhnya.
Atau lebih baik dibiarkan saja, sampai akhirnya nanti tumbuh dengan
sendirinya...
Saya tunggu sharingnya dan solusinya ya...
Salam sehat
Rudi

[Non-text portions of this message have been removed]

Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
==========================================================================
" Mailing list SEHAT didukung oleh Hewlett-Packard StorageWorks Division. SEHAT Internet Access & Website didukung oleh CBN Net.
Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : XEROX, Bhumiyamca, Arutmin, HBTLaw dan Ibu Marissa Muliadi yg telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Kunjungi kami di :
http://www.sehatgroup.web.id/
==========================================================================

" SEHAT mailing list is supported by Hewlett-Packard StorageWorks Division. SEHAT Internet Access & Website are supported by CBN Net.
Our biggest gratitude to : XEROX, Bhumiyamca, Arutmin, HBTLaw and Ibu Marissa Muliadi who have consistently sponsored our programme, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Please visit our website at :
http://www.sehatgroup.web.id/
==========================================================================

No comments: