Friday, September 5, 2008

[sehat] Digest Number 9003

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
[Tanya] TBC atau Bronchopneumonia? From: Esti Nu
1b.
Re: [Tanya] TBC atau Bronchopneumonia? From: gendi
1c.
(Tanya)Tahi lalat di Kepala (was : sakit kepala) From: vita_CP@yamaha-motor.co.id
1d.
Re: (Tanya)Tahi lalat di Kepala (was : sakit kepala) From: samsul
1e.
Re: (Tanya)Tahi lalat di Kepala (was : sakit kepala) From: vita_CP@yamaha-motor.co.id
2a.
Re: [news] Kandungan Kimia Botol Bayi Berbahaya From: A. Bulan P.
2b.
Re: [news] Kandungan Kimia Botol Bayi Berbahaya From: rita naga
2c.
Re: [news] Kandungan Kimia Botol Bayi Berbahaya From: Kaysha Aziza
2d.
Re: [news] Kandungan Kimia Botol Bayi Berbahaya From: A. Bulan P.
3a.
Bls: [sehat] [news] Kandungan Kimia Botol Bayi Berbahaya From: A. Bulan P.
4a.
Re: Tangan Anak Ruam Merah tanpa Demam From: gendi
4b.
Re: Tangan Anak Ruam Merah tanpa Demam From: Ruby
5.
Tanya: 72 Jam Masih Demam dan Hasil Lab (Was: Anak demam hingga 41 d From: Kurnia Setyaningsih
6a.
Re: 2kali roseola dengan gejala berbeda. mungkin ga? From: Justine Dimpudus
7a.
Re: [TANYA] PRODUK STELATOPIA-INTERBAT BAGUS GA? From: Elisa Djaja Sastra
8a.
Re: (Tanya) Micostatin - obat sariawan untuk anak2, dianjurkan tdk?? From: Sri Hendrayati
8b.
Re: (Tanya) Micostatin - obat sariawan untuk anak2, dianjurkan tdk?? From: Heny Mustikasari Soedjito
9.
Obat fenisil utk gatal-2 DA From: Elisa Djaja Sastra
10.
Obat penambah napsu makan From: Elisa Djaja Sastra
11.
Tuntutan Penarikan Vaksin PCV di India (was:Open letter to WHO from From: tristanathan
12.1.
tanya obat From: gita safitri
12.2.
Re: tanya obat From: boedoet
13a.
Re: Tanya : Apakah perlu ke klinik kesuburan? From: Purnamawati
14.
Tanya:Stl Hamil sering ngompol From: Lea Fransisca
15.
oot:tanya:Knp Kelinci anak saya tiba2 mati ya? From: Lea Fransisca

Messages

1a.

[Tanya] TBC atau Bronchopneumonia?

Posted by: "Esti Nu" estinu@cbn.net.id   kenjitha

Fri Sep 5, 2008 12:53 am (PDT)

Dear Bunda Wati, Smart Doctors and Smart Parents....

saya,Esti, mau tanya mengenai definisi dan segalanya tentang TBC dan
Bronchopneumonia.
Hal ini berkaitan dengan beberapa kejadian yang terjadi dalam keluarga saya.

Awal mula kejadiannya adalah ketika beberapa hari yang lalu keponakan saya
(5 th; 18 kg) yang masih tinggal serumah ternyata terdiagnosis oleh DSA
terkena TBC.
Dia seringkali sakit batuk, lemas, daya tahan tubuhnya menurun dan berat
badannya sulit naik
Dia sudah melalui prosedur:
1. Test Mantoux --> 11,5 mm = positive in border line

2. X-Ray Thorax AP/PA, hasilnya:
-sinus dan diaphragma normal
-infiltrat diparacardial sinistra
-corakan paru kasar
-kalsifikasi pada hilus
-cardio thoracis ratio normal

Kesan:
- Bronchopneumonia sinistra
- sinus paranasal? dan Lab?

3.Test Lab Darah, hasilnya:
Hematologi:
Hemoglobin 13.3 (13.0 - 16.0)
Lekosit 6230 (5000 - 10000)

Hitung Jenis:
Basofil 1 (0-1)
Eosinofil 5 H (1-3)
Neutrofil Segmen 40 L (50-70)
Limfosit 47 H (20-40)
Monosit 7 (2-8)

LED 30 H (0-10)

Oleh DSA, keponakan saya dinyatakan sebagai positive TBC. Dia diberikan
pengobatan selama 6 bulan non-stop dengan kombinasi obat INH dan antibiotik
lainnya

Sejak terdiagnosis, akhirnya oleh DSA diminta semua anak saya (2 orang) dan
anak-anak kakak saya lainnya (2 org) dilakukan uji test Mantoux jg karena
mereka semua memang sering sekali bergantian batuk,pilek dan demam.

Alhamdulillah 3 anak lainnya dinyatakan sehat dan normal.Namun tetap
diberikan obat pencegahan Pyravit (selama 6 bln jg), yang katanya juga
sbagai vitamin.Diminum 1x sehari sebaiknya di pagi hari
--> sudah benarkah pengobatan yang diberikan ini??apakah perlu selama 6
bulan juga sama seperti anak yang terdiagnosis TBC?

Sedihnya ternyata test Mantoux yang dilakukan ke anak saya yang no.2 (usia 2
th; 11 kg) ditemukan test Mantoux-nya positive.
Akhirnya prosedur yang dilakukan untuk anak kedua saya adalah
1. Test Mantoux --> 12 mm = positive

2. X-Ray Thorax AP/PA, hasilnya:
-sinus dan diafragma normal
-infiltrat di kedua suprahiler dan paracardial kiri kanan
-jantung normal

Kesan:
Bronchopneumonia duplex

3. Test Lab Darah, hasilnya:
Hematologi:
Hemoglobin 9.4 L (13.0 - 16.0)
Lekosit 15300 H (5000 - 10000)

Hitung Jenis:
Basofil 1 (0-1)
Eosinofil 2 (1-3)
Neutrofil Segmen 39 L (50-70)
Limfosit 50 H (20-40)
Monosit 7 (2-8)

LED 24 H (0-10)

Hasil-hasil ini baru akan dikonsultasikan kembali ke DSA malam ini.

Namun saya ingin menanyakan beberapa hal, yaitu:
1. Apakah dengan hasil di atas anak kedua saya yang masih berusia 2 tahun
juga terkena TBC?
2. Lalu apa arti dan bedanya TBC dengan Bronchopneumonia Duplex yang
tertulis dalam Hasil X-Ray??
3. Apakah anak saya juga harus menjalani pengobatan selama 6 bulan non-stop
seperti yang dilakukan oleh kakak sepupunya?
4. Apakah ada efek samping dari pengobatan dalam kurun waktu yang lama untuk
anak sekecil dia?
5. Apakah seluruh alat makan minumnya harus melalui proses steril dan
dipisahkan alat makan minumnya dengan sodara2nya lainnya yang sehat?
6. Apakah TBC yang diderita anak bisa menularkan ke anak lain atau ke orang
dewasa sekitarnya?
7. Apakah keponakan dan anak saya ini perlu cari second opinion, terutama
dari DSA Ahli Paru?

Akhirnya DSA memerintahkan saya dan kakak saya untuk memeriksakan seluruh
anggota keluarga kami dengan pemeriksaan X-Ray Thorax bagi orang yang pernah
punya riwayat atau yang tidak punya riwayat demi mencari sumber keluarga
atau terdekat yang mungkin saja sebagai sumber penularan.

Hasil yang didapatkan adalah adik ipar saya- laki-laki usia 28 th (skitar 2
th yll pernah di diagnosis TBC, namun katanya sudah dinyatakan sembuh oleh
dokternya) ternyata oleh DSA dinyatakan masih mempunyai cairan di
paru-parunya juga masih mengidap TBC dan diminta untuk mengulangi proses
pengobatannya.DSA meminta adik ipar saya kembali ke dokter parunya untuk
pengobatan ulang.Memang selama sekitar hampir 3 thn ini adik ipar saya itu
memang tinggal bersama kami walaupun dia hanya datang di saat weekend atau
hari-hari libur saja. Dan sudah pasti dia sering berinteraksi dengan
anak-anak di rumah.Memang walaupun sudah dinyatakan sembuh dia seringkali
terlihat batuk dan berdehem sperti ada sesuatu yang mengganjal dan tidak
nyaman dalam tenggorokkannya.

Berikut hasilnya X-Ray Thorax AP/PA:
- Fibrosis kanan atas dan sinus kanan tumpul
- cor tak membesar

Kesan:
Suspect KP Dextra lama dengan pleuritis kanan

Pertanyaannya adalah:
1. Apakah dia bisa dan masih mengidap TBC, padahal sudah dinyatakan sembuh
stelah berobat 6 bln (Namun saya tidak tahu persis mengenai ketaatannya dan
kepatuhannya dalam mengkonsumsi obat2annya)
2. Apakah ini merupakan TBC yang lama masih belum sembuh atau ada TBCnya
timbul baru lagi?
3. Apakah ini masuk ke dalam kategori multidrug-resistant TB (MDR-TB) ?
4. Berapa lamakah pengobatan ulang yang harus dijalaninya?
5. Apakah ini berarti dia tidak boleh melakukan kontak dengan anak-anak dan
orang dewasa sekitarnya? Bagaimana cara pencegahannya?


Saya mohon dengan sangat respon secepatnya dari dokter-dokter tercinta
maupun SPs agar tidak terjadi overdiagnosis dan salah proses dalam
pengobatannya.
Terima kasih banyak.


Esti
~Bundayangsedangsangatsedihdangalau~

[Non-text portions of this message have been removed]

1b.

Re: [Tanya] TBC atau Bronchopneumonia?

Posted by: "gendi" gendij@gmail.com

Fri Sep 5, 2008 1:19 am (PDT)

saya coba bantu, tapi tidak akan menjawab sesuai urutan pertanyaannya mba.
intinya diagnosa TBC pada anak2 itu sangat sulit. memang diagnosa TBC sering
di awali dengan tes mantoux terlebih dahulu, tapi bukan berarti kalau
positif pasti TBC. masih banyak aspek2 lainnya yg musti dilihat.

selain itu hasil rongent dan tes darah itu bobotnya nilanya kecil untuk
mendiagnosa TBC. cara paling tepat diagnosa TBC pd anak2 yg direkomendasi
oleh IDAI dan WHO adalah pemeriksaan dengan menggunakan skoring sistem. dgn
skoring sistem, dokter akan melihat banyak aspek; berat badan, tes mantoux,
rongent, apakah ada kontak erat dgn penderita TBC dewasa dan lain2, dimana
setiap aspek akan diberi skor. anak dianggap positif bila skornya mencapai 6
atau lebih.

kenapa pake skor? yah itu tadi, krn diagnosa TBC pada anak sangat sulit.

kalau boleh kasih saran, sebaiknya keponakan mba dan juga anaknya mba
sendiri minta 2nd opinion ke dokter ahli paru anak. dan yang musti di ingat,
sumber penularan TBC adalah penderita TBC paru dewasa dan penularan TBC ini
perlu kontak erat yg lama. jadi kalau anak kita di curigai TBC, yg pertama
kita pikirkan adalah apakah ada org dewasa yg sakit TBC atau dicurigai TBC
(dimana gejala TBC paru dewasa adalah batuk2 yg tidak kunjung sembuh) yg
punya kontak erat dgn anak kita.

Regards,
Gendi J - Father of 2

Sumber: Web Site IDAI

Flek Paru? Istilah yang Rancu

Informasi Singkat Tentang Tuberkulosis (TB) Anak

Banyak sekali anak-anak yang divonis sebagai flek paru dan harus menjalani
hukuman minum obat jangka lama, paling tidak hingga 6 bulan. Jika ditanyakan
kepada orangtuanya apa yang dimaksud flek paru. Biasanya orang tua pasien
tidak tahu, Bila ditanya lebih lanjut apakah anaknya mendapat

obat yang membuat air seninya berwarna merah. Jika jawabnya "Ya" kemungkinan
besar yang dimaksudkan sebagal ?flek paru? adalah Tuberkulosis / Tbc paru
atau saat ini disebut TB saja.

Mengapa dokter tidak menyatakan sebagai TB?

Sebagian kalangan di masyarakat beranggapan bahwa TB bukan penyakit yang
bergengsi. Beda misalnya dengan penyakit jantung yang dianggap lebih
?terhormat?, Sebagian pasien tidak berkenan jika dinyatakan Sakit TB.
Khawatir pasien tidak dapat menerima, dokter berusaha menyamarkan

penyakitnya dengan istilah flek paru. Saat ini umumnya pasien sudah
berpikiran terbuka dan dapat menerima jika dinyatakan Sakit TB. Sebaiknya
dokter berterus terang menyatakan Sakit TB tanpa menyamarkan dengan istilah
flek paru yang justru tidak mendidik pasien.

Mengapa disamarkan dengan istilah ?flek paru? ?

Flek berasal dan bahasa Belanda yang artinya ?noda?. Awalnya dari foto
Rontgen paru pasien TB, yang dapat memberikan gambaran bercak-bercak putih
seperti noda pada paru sehingga disebut ?flek?, Istilah flek paru tidak
pernah diajarkan di fakultas kedokteran manapun, dan juga tidak pernah
disebut dalam artikel kedokteran manapun, Istilah ini rancu dan kesannya
kurang menghargai kecerdasan pasien Sama halnya dengan istilah ?panas dalam?
yang laris manis digunakan dalam iklan minuman penyegar. Keduanya sama
sekali tidak mempunyai rujukan di dunia medis.

Apakah semua gambaran "flek" pada paru berarti TB ?

Tidak !!! Semua penyakit di paru (dan itu banyak sekali jenisnya) dapat
memberi gambaran ?flek? yang tidak dapat dibedakan dengan TB. Bahkan orang
sehatpun pada Rontgen parunya akan ada gambaran bercak-bercak putih yang
istilah medisnya infiltrat. Sebagai contoh Mike Tyson jika dironsen juga ada
?flek?nya, tapi dia sama sekali tidak Sakit TB. Jadi tidak bisa mendiagnosis

Sakit TB hanya dari Rontgen saja !

Gambaran Rontgen seperti apa yang menunjukkan adanya TB paru ?

TB paru dapat memberikan gambaran infiltrat yang lebih khusus pada foto
Rontgen, istilahnya gambaran yang sugestif TB. Misalnya gambaran miller
(bercak kecil putih merata di seluruh paru), atau gambaran atelektasis
(gambaran putih padat akibat pengerutan sebagian paru), dll. Sekalipun

gambarannya sugestif TB, foto Rontgen saja tidak bisa dijadikan dasar
tunggal diagnosis TB, tetap harus disertai gejala dan tanda sakit TB, dan
pemeriksaan penunjang lain.

Jadi diperlukan pemeriksaan lain, apakah itu ?

Ya, pertama-tama jika seorang anak dicurigai Sakit TB harus dibuktikan dulu
adanya Infeksi TB (adanya kuman TB dalam tubuh seseorang). Caranya dengan
uji tuberkulin atau yang lazim dikenal sebagai Mantoux test. Jika hasilnya
negatif berarti tidak ada infeksi, dan bila infeksinya saja tidak ada
bagaimana mungkin bisa sakit TB.

Jika hasil uji Mantoux positif apakah berarti sakit TB ?

Belum tentu. Hasil uji Mantoux positif hanya menunjukkan adanya Infeksi TB,
bukan menandakan pasiennya Sakit TB. Jadi harus dibedakan antara Infeksi TB
dengan Sakit TB. Orang dewasa di Indonesia umumnya sudah terinfeksi TB tanpa
sakit TB, sehingga jika dilakukan uji Mantoux pada orang dewasa di Indonesia
maka umumnya akan positif.

Ada yang mengatakan uji Mantoux bisa negatif padahal ada Sakit TB, apa
benar?

Benar. Uji Mantoux dapat memberikan hasil negatif palsu yang disebut anergi.
Anergi dapat dijumpai pada keadaan tertentu misalnya gizi buruk, Sakit TB
yang berat, tifus yang berat, campak, cacar air, menggunakan obat steroid
jangka lama, dan berbagai keadaan lain yang menyebabkan penekanan sistem
imun (kekebalan) tubuh, Jika tidak ada salah satu keadaan tersebut sangat
kecil kemungkinannya terjadi anergi.

Bagaimana dengan pemeriksaan darah ?

Biasanya pemeriksaan darah yang dimaksudkan untuk TB adalah LED (laju endap
darah) dan hitung jenis limfosit, Kedua pemeriksaan ini nilai diagnostiknya
untuk TB rendah, jauh lebih rendah dibanding foto Rontgen, sehingga hanya
digunakan sebagai data tambahan.

Adakah pemeriksaan darah lain untuk TB ?

Ada, yaitu pemeriksaan PCR dan serologis, seperti PAP TB, Mycodot, ICT dll.
Namun semua pemeriksaan itu tidak lebih unggul daripada uji Mantoux, Semua
pemeriksaan itu jika positif juga hanya menunjukkan adanya Infeksi TB, tidak
bisa untuk menentukan ada tidaknya Sakit TB.

Lalu apa bedanya Sakit TB dengan Infeksi TB ?

Jika orang (dewasa atau anak) mengalami Sakit TB akan menunjukkan gejala dan
tanda Sakit TB. Sedangkan jika hanya terinfeksi TB tanpa sakit TB tidak akan
ada gejala dan tanda sakit TB.

Apa gejala dan sakit TB pada anak ?

Gejala dan tanda Sakit TB pada anak sangat luas variasinya, mulal dari yang
sangat ringan sampai sangat berat. Gejala dan tanda yang mengawali
kecurigaan Sakit TB pada anak di antaranya adalah MMBB (Masalah Makan dan
Berat Badan), demam lama atau berulang, gampang / sering tertular sakit
batuk pilek, adanya benjolan yang banyak di leher, diare yang sulit sembuh
dll. TB juga dapat menyerang berbagai organ di seluruh tubuh sehingga bisa
timbul gejala pincang jika mengenai sendi panggul atau lutut, benjolan
banyak di leher, bisa juga terjadi kejang jika mengenai susunan saraf pusat
otak.

Apakah batuk lama atau berulang juga merupakan gejala Sakit TB ?

Batuk lama atau berulang merupakan salah satu gejala utama Sakit TB pada
orang dewasa. Pada anak batuk lama / berulang dapat merupakan gejala Sakit
TB, tapi bukan gejala utama. Pada anak ada penyakit lain yang gejala
utamanya batuk lama / berulang yaitu asma. Banyak kasus asma pada anak yang
keliru divonis TB. Asma dengan TB merupakan dua penyakit yang sama sekali
berbeda namun sering dikelirukan.

Apakah jika ada tersebut berarti sakit TB ?

Belum tentu. Berbagai gejala tadi bukan ?monopoli? Sakit TB, tapi dapat juga
disebabkan oleh berbagai penyakit lain. Itulah sebabnya uji Mantoux sangat
penting untuk menentukan dulu apakah ada Infeksi TB atau tidak, Jika tidak
ada Infeksi TB, berarti berbagai gejala tadi disebabkan oleh penyakit lain.

Sebenarnya apa penyebab TB, apakah penyakit keturunan atau penyakit menular?

TB bukan penyakit keturunan, tapi penyakit menular. TB menupakan salah satu
bentuk penyakit infeksi. Penyakit infeksi adalah penyakit yang disebabkan
masuk dan berkembangbiaknya kuman dalam tubuh seseorang. Kuman adalah
makhluk hidup yang sangat kecil sekali (mikro onganisme = mikroba = jasad
renik) yang hanya dapat dilihat dengan mikroskop. Ada jutaan jenis kuman
salah satu di antaranya adalah kuman TB.

Bagaimana cara penularannya ?

Ada beberapa cara penularan, tapi yang paling sering adalah melalui saluran
respiratonik (pernapasan). Pasien TB dewasa dengan TB paru, jika batuk,
bersin, menyanyi, atau bicara akan menghembuskan ribuan kuman TB ke udara di
sekitarnya. Bila kuman ini terhirup oleh orang lain, maka orang tersebut
dapat terinfeksi.

Apakah jika kita berhubungan dengan pasien TB paru dewasa, pasti akan
tertular ?

Belum pasti tertular. Banyak faktor yang berperan untuk terjadinya infeksi
TB. Faktor sumber penularan, lingkungan, dan faktor daya tahan tubuh.
Tingkat eratnya hubungan (kontak) juga sangat berperan. Makin erat kontak
(dose contact) dan makin lama, makin besar risiko tertular.

Apakah anak yang sakit TB menular dan perlu dipisahkan dari orang lain ?

Tidak ! Yang menular adalah pasien TB paru dewasa, pasien TB paru anak tidak
menular sehingga tidak perlu dipisahkan apalagi dikucilkan. Yang perlu
diingat, jika seorang anak terinfeksi TB, berarti ada orang dewasa sebagai
sumber penularannya yang perlu dicari dan kemudian diobati agar tidak
menulari orang lain lagi.

[Non-text portions of this message have been removed]

1c.

(Tanya)Tahi lalat di Kepala (was : sakit kepala)

Posted by: "vita_CP@yamaha-motor.co.id" vita_CP@yamaha-motor.co.id

Fri Sep 5, 2008 1:30 am (PDT)

Dear Docs n Sps,

semlm kan iseng2 saya pijet2 kepala saya, ternyata ada satu titik dimana
kl ditekan lebih sakit dr yg lain...

sy minta suami cek apa ada luka or jerawat...ternyata suami blg ada titik
hitam spt tahi lalat...

td kan sy dah consult ke dokter klinik kantor...disarankan ke spesialis
kulit....

dokter di klinik cm blg takutnya tahi lalat yg harus diambil.....

saya jd takut.....kira2 ada yg pernah punya tahi lalat yg kl ditekan sakit
ngga ya...?

trus hrs dioperasi or gmn?

kira2 bahaya ngga ya...?

pls masukannnya dong....

makasih bgt sblm n sesudahnya...

--Novita--

[Non-text portions of this message have been removed]

1d.

Re: (Tanya)Tahi lalat di Kepala (was : sakit kepala)

Posted by: "samsul" samsulna@gmail.com   samsul_na

Fri Sep 5, 2008 1:59 am (PDT)

Nov, sakit karena nekannya terlalu keras kali..
setahu ku yg perlu dioperasi kalo pertumbuhannya abnormal dan beresiko berubah jadi tumor ganas.

thanks,
samsul

----- Original Message -----
From: vita_CP@yamaha-motor.co.id
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Friday, September 05, 2008 3:29 PM
Subject: [sehat] (Tanya)Tahi lalat di Kepala (was : sakit kepala)

dokter di klinik cm blg takutnya tahi lalat yg harus diambil.....

saya jd takut.....kira2 ada yg pernah punya tahi lalat yg kl ditekan sakit
ngga ya...?

trus hrs dioperasi or gmn?

kira2 bahaya ngga ya...?

pls masukannnya dong....

makasih bgt sblm n sesudahnya...

--Novita--
.


[Non-text portions of this message have been removed]

1e.

Re: (Tanya)Tahi lalat di Kepala (was : sakit kepala)

Posted by: "vita_CP@yamaha-motor.co.id" vita_CP@yamaha-motor.co.id

Fri Sep 5, 2008 2:07 am (PDT)

ngga sul....ditekannya pelan kok.....disentuh dkt aja sakit.....

kl pertumbuhan abnormal kyk gmn maksudne...?

ada bahasa ilmiahnya ngga...buat bahan browsingan (kl sempet.com).

gw khawatir beneran nih....hiks

thanks,
--Novita--

"samsul" <samsulna@gmail.com>
Sent by: sehat@yahoogroups.com
09/05/2008 03:59 PM
Please respond to
sehat@yahoogroups.com

To
<sehat@yahoogroups.com>
cc

Subject
Re: [sehat] (Tanya)Tahi lalat di Kepala (was : sakit kepala)

Nov, sakit karena nekannya terlalu keras kali..
setahu ku yg perlu dioperasi kalo pertumbuhannya abnormal dan beresiko
berubah jadi tumor ganas.

thanks,
samsul

----- Original Message -----
From: vita_CP@yamaha-motor.co.id
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Friday, September 05, 2008 3:29 PM
Subject: [sehat] (Tanya)Tahi lalat di Kepala (was : sakit kepala)

dokter di klinik cm blg takutnya tahi lalat yg harus diambil.....

saya jd takut.....kira2 ada yg pernah punya tahi lalat yg kl ditekan sakit

ngga ya...?

trus hrs dioperasi or gmn?

kira2 bahaya ngga ya...?

pls masukannnya dong....

makasih bgt sblm n sesudahnya...

--Novita--
.

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

2a.

Re: [news] Kandungan Kimia Botol Bayi Berbahaya

Posted by: "A. Bulan P." abulanp@yahoo.com   abulanp

Fri Sep 5, 2008 12:58 am (PDT)

anak saya tgl 8 bsk berusia 7 bln & slama itu saya memberikan asi eksklusif dgn cara dpompa .. saya mndapatkan botol kaca dari toko bayi LAVIE Bandung, Riau Junction Bandung, Grand Lucky SCBD Jakarta, Suzanna Pondok Indah Jakarta, dan bbrp toko bayi lainnya .. saya sebelum k toko tsb kadang saya tl f dahulu k toko bayi yg menjual botol kaca tsb, anda dpt melihat d buku tlf no2nya .. yg sudah saya temukan adalah botol kaca merk chicco 130 ml, pigeon 120 ml & puku 230 ml .. memang jumlahnya tdk byk spt botol plastik, krn hrganya yg jg relatif sedikit lebih mahal & brgnya yg fragile .. selamat hunting ..

--- Pada Rab, 3/9/08, Melanie Sri Handayani <email.mela@gmail.com> menulis:

Dari: Melanie Sri Handayani <email.mela@gmail.com>
Topik: Re: [sehat] [news] Kandungan Kimia Botol Bayi Berbahaya
Kepada: sehat@yahoogroups.com
Tanggal: Rabu, 3 September, 2008, 7:13 PM

dulu katanya ada yg merek Pigeon..
Tapi pas nyari2, dah ga ada lagi..
klo ada yang tau, pls inform ya SPs..

On 9/4/08, titi_YMKI@yamaha- motor.co. id <titi_YMKI@yamaha- motor.co. id>
wrote:
>
> mau tanya kalo yang kaca beli dimana ya?? terus mereknya apa??kira-kira
> harganya berapa??
> maaf ya banyak nanya......
>
> TITI KUSMARYATI
>
> PT. YAMAHA MOTOR KENCANA INDONESIA
> JL. DR. KRT. RADJIMAN WIDYODININGRAT
> (JL. RAYA BEKASI KM 23 PULOGADUNG)
> JAKARTA TIMUR 13920
> TELP : (021) 4607881
> FAX : (021) 4607848
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>

--
~Mela~

[Non-text portions of this message have been removed]

__________________________________________________________
Nama baru untuk Anda!
Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan @rocketmail.
Cepat sebelum diambil orang lain!
http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/id/

[Non-text portions of this message have been removed]

2b.

Re: [news] Kandungan Kimia Botol Bayi Berbahaya

Posted by: "rita naga" ritanaga@gmail.com

Fri Sep 5, 2008 1:08 am (PDT)

Mba Bulan,
Kalo punya no telp nya bisa japri or mungkin moms lain jg perlu ya? Yellow
pages saya ga tau ngumpet di mana nih..:))
Thanks ya.

2008/9/5 A. Bulan P. <abulanp@yahoo.com>

> anak saya tgl 8 bsk berusia 7 bln & slama itu saya memberikan asi
> eksklusif dgn cara dpompa .. saya mndapatkan botol kaca dari toko bayi LAVIE
> Bandung, Riau Junction Bandung, Grand Lucky SCBD Jakarta, Suzanna Pondok
> Indah Jakarta, dan bbrp toko bayi lainnya .. saya sebelum k toko tsb kadang
> saya tl f dahulu k toko bayi yg menjual botol kaca tsb, anda dpt melihat d
> buku tlf no2nya .. yg sudah saya temukan adalah botol kaca merk chicco 130
> ml, pigeon 120 ml & puku 230 ml .. memang jumlahnya tdk byk spt botol
> plastik, krn hrganya yg jg relatif sedikit lebih mahal & brgnya yg fragile
> .. selamat hunting ..
>
> --- Pada Rab, 3/9/08, Melanie Sri Handayani <email.mela@gmail.com<email.mela%40gmail.com>>
> menulis:
>
> Dari: Melanie Sri Handayani <email.mela@gmail.com <email.mela%40gmail.com>
> >
> Topik: Re: [sehat] [news] Kandungan Kimia Botol Bayi Berbahaya
> Kepada: sehat@yahoogroups.com <sehat%40yahoogroups.com>
> Tanggal: Rabu, 3 September, 2008, 7:13 PM
>
> dulu katanya ada yg merek Pigeon..
> Tapi pas nyari2, dah ga ada lagi..
> klo ada yang tau, pls inform ya SPs..
>
> On 9/4/08, titi_YMKI@yamaha- motor.co. id <titi_YMKI@yamaha- motor.co. id>
> wrote:
> >
> > mau tanya kalo yang kaca beli dimana ya?? terus mereknya apa??kira-kira
> > harganya berapa??
> > maaf ya banyak nanya......
> >
> > TITI KUSMARYATI
> >
> > PT. YAMAHA MOTOR KENCANA INDONESIA
> > JL. DR. KRT. RADJIMAN WIDYODININGRAT
> > (JL. RAYA BEKASI KM 23 PULOGADUNG)
> > JAKARTA TIMUR 13920
> > TELP : (021) 4607881
> > FAX : (021) 4607848
> >
> > [Non-text portions of this message have been removed]
> >
> >
> >
>
> --
> ~Mela~
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
> __________________________________________________________
> Nama baru untuk Anda!
> Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan
> @rocketmail.
> Cepat sebelum diambil orang lain!
> http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/id/
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

2c.

Re: [news] Kandungan Kimia Botol Bayi Berbahaya

Posted by: "Kaysha Aziza" kaysha.aziza@gmail.com

Fri Sep 5, 2008 1:21 am (PDT)

Hi all, Aku pernah beli botol kaca chicco ukuran 130cc 30rb dan 270cc
35rb dari temanku. Dia jual lebih murah dr toko. Katanya dia beli dr
toko temannya. emailnya vira.jk@kaha.com . coba aja dikontak. kali aja
masih ada botol chicconya. :)

--
With love,

Amalia Hasanah

http://amalia79.multiply.com
YM:lia_gonzalez79

2d.

Re: [news] Kandungan Kimia Botol Bayi Berbahaya

Posted by: "A. Bulan P." abulanp@yahoo.com   abulanp

Fri Sep 5, 2008 1:25 am (PDT)

LAVIE : 022 2504905
YENS (dsini biasanya ada & byk) : 022 2038536
utk d jkt maaf tdk ada, anda bs coba tanya k penerangan Suzanna baby shop yg d pondok indah .... gud luck ...

--- Pada Kam, 4/9/08, rita naga <ritanaga@gmail.com> menulis:

Dari: rita naga <ritanaga@gmail.com>
Topik: Re: [sehat] [news] Kandungan Kimia Botol Bayi Berbahaya
Kepada: sehat@yahoogroups.com
Tanggal: Kamis, 4 September, 2008, 8:08 PM

Mba Bulan,
Kalo punya no telp nya bisa japri or mungkin moms lain jg perlu ya? Yellow
pages saya ga tau ngumpet di mana nih..:))
Thanks ya.

2008/9/5 A. Bulan P. <abulanp@yahoo. com>

> anak saya tgl 8 bsk berusia 7 bln & slama itu saya memberikan asi
> eksklusif dgn cara dpompa .. saya mndapatkan botol kaca dari toko bayi LAVIE
> Bandung, Riau Junction Bandung, Grand Lucky SCBD Jakarta, Suzanna Pondok
> Indah Jakarta, dan bbrp toko bayi lainnya .. saya sebelum k toko tsb kadang
> saya tl f dahulu k toko bayi yg menjual botol kaca tsb, anda dpt melihat d
> buku tlf no2nya .. yg sudah saya temukan adalah botol kaca merk chicco 130
> ml, pigeon 120 ml & puku 230 ml .. memang jumlahnya tdk byk spt botol
> plastik, krn hrganya yg jg relatif sedikit lebih mahal & brgnya yg fragile
> .. selamat hunting ..
>
> --- Pada Rab, 3/9/08, Melanie Sri Handayani <email.mela@gmail. com<email.mela% 40gmail.com> >
> menulis:
>
> Dari: Melanie Sri Handayani <email.mela@gmail. com <email.mela% 40gmail.com>
> >
> Topik: Re: [sehat] [news] Kandungan Kimia Botol Bayi Berbahaya
> Kepada: sehat@yahoogroups. com <sehat%40yahoogroup s.com>
> Tanggal: Rabu, 3 September, 2008, 7:13 PM
>
> dulu katanya ada yg merek Pigeon..
> Tapi pas nyari2, dah ga ada lagi..
> klo ada yang tau, pls inform ya SPs..
>
> On 9/4/08, titi_YMKI@yamaha- motor.co. id <titi_YMKI@yamaha- motor.co. id>
> wrote:
> >
> > mau tanya kalo yang kaca beli dimana ya?? terus mereknya apa??kira-kira
> > harganya berapa??
> > maaf ya banyak nanya......
> >
> > TITI KUSMARYATI
> >
> > PT. YAMAHA MOTOR KENCANA INDONESIA
> > JL. DR. KRT. RADJIMAN WIDYODININGRAT
> > (JL. RAYA BEKASI KM 23 PULOGADUNG)
> > JAKARTA TIMUR 13920
> > TELP : (021) 4607881
> > FAX : (021) 4607848
> >
> > [Non-text portions of this message have been removed]
> >
> >
> >
>
> --
> ~Mela~
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
> ____________ _________ _________ _________ _________ _________ _
> Nama baru untuk Anda!
> Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan
> @rocketmail.
> Cepat sebelum diambil orang lain!
> http://mail. promotions. yahoo.com/ newdomains/ id/
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

__________________________________________________________
Nama baru untuk Anda!
Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan @rocketmail.
Cepat sebelum diambil orang lain!
http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/id/

[Non-text portions of this message have been removed]

3a.

Bls: [sehat] [news] Kandungan Kimia Botol Bayi Berbahaya

Posted by: "A. Bulan P." abulanp@yahoo.com   abulanp

Fri Sep 5, 2008 1:04 am (PDT)

Hati-Hati dengan Bahaya Plastik! Pelajari Sebelum Terlambat.
16 Maret, 2008

Sudah banyak orang yang memberi peringatan, rumor, gosip bahkan artikel majalah tentang bahaya plastik. Tetapi tetap saja hanya segelintir orang yang menggubris, peduli atau sampai meneliti lebih lanjut.
Plastik adalah salah satu bahan yang dapat kita temui di hampir setiap barang. Mulai dari botol minum, TV, kulkas, pipa pralon, plastik laminating, gigi palsu, compact disk (CD), kutex (pembersih kuku), mobil, mesin, alat-alat militer hingga pestisida. Oleh karena itu kita bisa hampir dipastikan pernah menggunakan dan memiliki barang-barang yang mengandung Bisphenol-A. Salah satu barang yang memakai plastik dan mengandung Bisphenol A adalah industri makanan dan minuman sebagai tempat penyimpan makanan, plastik penutup makanan, botol air mineral, dan botol bayi walaupun sekarang sudah ada botol bayi dan penyimpan makanan yang tidak mengandung Bisphenol A sehingga aman untuk dipakai makan. Satu tes membuktikan 95% orang pernah memakai barang mengandung Bisphenol-A.
Plastik dipakai karena ringan, tidak mudah pecah, dan murah. Akan tetapi plastik juga beresiko terhadap lingkungan dan kesehatan keluarga kita. Oleh karena itu kita harus mengerti plastik-plastik yang aman untuk kita pakai.
Apakah arti dari simbol-simbol yang kita temui pada berbagai produk plastik?
#1. PETE atau PET (polyethylene terephthalate) biasa dipakai untuk botol plastik yang jernih/transparan/tembus pandang seperti botol air mineral, botol jus, dan hampir semua botol minuman lainnya. Boto-botol dengan bahan #1 dan #2 direkomendasikan hanya untuk sekali pakai. Jangan pakai untuk air hangat apalagi panas. Buang botol yang sudah lama atau terlihat baret-baret.
#2. HDPE (high density polyethylene) biasa dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu. Sama seperti #1 PET, #2 juga direkomendasikan hanya untuk sekali pemakaian.
#3. V atau PVC (polyvinyl chloride) adalah plastik yang paling sulit di daur ulang. Plastik ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap), dan botol-botol. Kandungan dari PVC yaitu DEHA yang terdapat pada plastik pembungkus dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan. PVC berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan.
#4. LDPE (low density polyethylene) biasa dipakai untuk tempat makanan dan botol-botol yang lembek. Barang-barang dengan kode #4 dapat di daur ulang dan baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat. Barang dengan #4 bisa dibilang tidak dapat di hancurkan tetapi tetap baik untuk tempat makanan.
#5. PP (polypropylene) adalah pilihan terbaik untuk bahan plastik terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi. Karakteristik adalah biasa botol transparan yang tidak jernih atau berawan. Cari simbol ini bila membeli barang berbahan plastik.
#6. PS (polystyrene) biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dll. Bahan Polystyrene bisa membocorkan bahan styrine ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Bahan Styrine berbahaya untuk otak dan sistem syaraf. Selain tempat makanan, styrine juga bisa didapatkan dari asap rokok, asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. Bahan ini harus dihindari dan banyak negara bagian di Amerika sudah melarang pemakaian tempat makanan berbahan styrofoam termasuk negara China.
#7. Other (biasanya polycarbonate) bisa didapatkan di tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga. Polycarbonate bisa mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon. Hindari bahan plastik Polycarbonate.
Masih banyak sekali barang plastik yang tidak mencantumkan simbol-simbol ini, terutama barang plastik buatan lokal di Indonesia. Oleh karena itu, kalau anda ragu lebih baik tidak membeli. Kalaupun barang bersimbol lebih mahal, harga tersebut lebih berharga dibandingkan kesehatan keluarga kita.
Pada akhirnya. Hindari penggunaan plastik apapun di Microwave. Gunakan bahan keramik, gelas atau pyrex sebagai gantinya.
Hindari juga membuang sampah plastik terutama yang mengandung Bisphenol-A sembarangan karena bahan tersebut pun bisa mencemari air tanah yang pada akhirnya pun bisa mencemari air minum banyak orang.

--- Pada Rab, 3/9/08, ghozansehat <ghozansehat@yahoo.com.sg> menulis:

Dari: ghozansehat <ghozansehat@yahoo.com.sg>
Topik: [sehat] [news] Kandungan Kimia Botol Bayi Berbahaya
Kepada: sehat@yahoogroups.com
Tanggal: Rabu, 3 September, 2008, 5:30 PM

fyi...

Kandungan Kimia Botol Bayi Berbahaya
Kamis, 04 September 2008 | 12:08 WIB

TEMPO Interaktif , New York: Kalau anda masih memberikan susu bayi dengan botol, sebaiknya kini berpikir ulang. Dalam penelitian di Amerika baru-baru ini, bisphenol A, salah satu bahan kimia yang digunakan untuk membuat botol bayi dan minuman soda dinyatakan berbahaya untuk kesehatan anak-anak dan masih memerlukan penelitan lebih dalam untuk bisa dipastikan aman digunakan.

Tes terhadap hewan telah menunjukkan efek yang berbahaya dari kandungan kimia bahan ini, yang terkenal disebut BPA. The National Toxicology Program melaporkan resiko bahan kimia ini terhadap anak-anak. Orang tua disarankan membatasi penggunaan botol-botol ini dalam keluarga mereka, tapi institusi ini belum merekomendasikan perubahan standar kesehatan Amerika.

Dalam penelitian ini, versi terakhirnya telah dilaporkan sejak April, yang menggarisbawahi perbedaan dengan pernyataan pemerintah mengenai standar keamanan zat kimia ini. Staf dari Administrasi Makanan dan Obat mengatakan bahwa laporan terakhir bulan lalu ada selisih perbedaan keamanan untuk bisphenol A ketika digunakan dalam produk yang kontak dengan makanan.

"Tidak tertutup kemungkinan BPA mempunyai efek terhadap kesehatan manusia," ujar John Bucher, Direktur Toxicology Group. Dalam pernyataannya, Bucher menambahkan bahwa melihat perkembangan pengaruh bisphenol A terhadap hewan, yang mempunyai tingkat sama dengan manusia.

Sementara pada Apri lalu, Kanada menjadi negara pertama yang memastikan label bisphenol A adalah racun dan melarang penggunaannya di botol bayi. Sedangkan Senator dari Partai Demokrat di New York Charles Schumer mengaku akan memperhatikan masalah ini dan mengharapkan bahan kimia ini tidak digunakan dalam produk anak-anak. "Tapi butuh penelitian yang lebih detil dan jelas."

Bisphenol A sendiri sesudah jamak digunakan pada produk botol-botol bayi dan minuman soda. Perusahaan minuman soda menggunakan bahan ini untuk melindungi minuman bersentuhan langsung dengan alumunium.

Bloomberg| Nur Haryanto

http://www.tempoint eraktif.com/ hg/kesehatan/ 2008/09/04/ brk,20080904- 133711,id. html

[Non-text portions of this message have been removed]

__________________________________________________________
Dapatkan nama yang Anda sukai!
Sekarang Anda dapat memiliki email di @ymail.com dan @rocketmail.com.
http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/id/

[Non-text portions of this message have been removed]

4a.

Re: Tangan Anak Ruam Merah tanpa Demam

Posted by: "gendi" gendij@gmail.com

Fri Sep 5, 2008 1:36 am (PDT)

kalau boleh nimbrung, mungkin ankanya kena HFMD (hand foot mouth disease)
yang gejalanya adalah ruam di telapak tangan, kaki dan mulut plus demam.
tapi di artikel yg saya baca, kadang2 tidak semua gejalanya muncul...jadi
bisa saja berupa ruam di telapak tangan saja.

intinya tatalksanan HFMD sama dgn infeksi virus lainnya. perbanyak cairan
dan pemberian obat demam bila diperlukan. silahkan browsing cari postingan2
terdahulu mengenai HFMD.

Regards,
Gendi J - Father of 2

[Non-text portions of this message have been removed]

4b.

Re: Tangan Anak Ruam Merah tanpa Demam

Posted by: "Ruby" lesmana75@yahoo.com   lesmana75

Fri Sep 5, 2008 2:28 am (PDT)

pak gendi..thanks atas infonya

saya udah browsing tentang HFMD / KTM tapi yg sama gejalanya hanya ruam saja..ditelapak tangan dan kaki tidak ada ruam..mulut juga tidak sariawan..suhu badan paling 37 sekian derajat saja....bintik merah tidak melepuh tapi seperti ada bintil2 (bahasanya apa ya..) namun tidak berair.. nafsu makan dan minum tdk masalah..main sperti biasa..ada pilek..
 
masih terus observasi
 
/ruby
ayahnya rizman
--- Pada Jum, 5/9/08, gendi <gendij@gmail.com> menulis:

Dari: gendi gendij@gmail.com

kalau boleh nimbrung, mungkin ankanya kena HFMD (hand foot mouth disease)
yang gejalanya adalah ruam di telapak tangan, kaki dan mulut plus demam.
tapi di artikel yg saya baca, kadang2 tidak semua gejalanya muncul...jadi
bisa saja berupa ruam di telapak tangan saja.

intinya tatalksanan HFMD sama dgn infeksi virus lainnya. perbanyak cairan
dan pemberian obat demam bila diperlukan. silahkan browsing cari postingan2
terdahulu mengenai HFMD.

Regards,
Gendi J - Father of 2

.


__________________________________________________________
Yahoo! sekarang memiliki alamat Email baru.
Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan @rocketmail.
Cepat sebelum diambil orang lain!
http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/id/

[Non-text portions of this message have been removed]

5.

Tanya: 72 Jam Masih Demam dan Hasil Lab (Was: Anak demam hingga 41 d

Posted by: "Kurnia Setyaningsih" kurnia1977@gmail.com   kurnia_s_rachman

Fri Sep 5, 2008 1:42 am (PDT)

Ica,

Tetep jangan panik ya... Duh, ngeliat Faiz demam seperti itu pasti kamu
sangat panik yaa....
Sabar yaa....

Kalau melihat dari hasil urin rutinnya, kelihatannya bukan ISK (CMIIW).
Soalnya leokosit esterase, nitrit dan bakteri negatif.

Coba observasi lagi 1-2 hari ini, kita hanya bisa berharap mudah2an setelah
panas ini, timbul batuk pilek atau timbul ruam (roseola). Mudah2an....

O iya, hari ini suhu badan Faiz ga tiba2 normal kan? Kalau tiba2 normal,
harus curiga DD, tapi kalau tidak, ya kita tunggu kemungkinan lainnya.

Tetap parasetamol dulu dan rendam air hangat ya...

Salam dari jauh, maaf ga bisa bantu banyak yaaa.....
Kurnia. S

[Non-text portions of this message have been removed]

6a.

Re: 2kali roseola dengan gejala berbeda. mungkin ga?

Posted by: "Justine Dimpudus" justine.dimpudus@sanofipasteur.com   jdimpudus

Fri Sep 5, 2008 1:42 am (PDT)

Dear mba,

Putriku juga sudah dua kali kena roseola. Menurut DSAnya memang
mungkin koq roseola berulang. Pertama kali kena, demamnya hanya 1x24
jam. Kemarin ini demamnya manteng hampir 72 jam, udah sempat
dibekali pengantar lab kalau-kalau, untunglah si ruam keburu muncul
begitu demam berkurang....

Rgrds,
Justine-
mamanya Vashtee

--- In sehat@yahoogroups.com, "yvonne_gunawan" <yvonne_gunawan@...>
wrote:
>
> Dear Doctors, parents...
>
> kira2 bulan mei kemarin, anakku kena roseola...gejalanya persis
> seperti yang pernah aku baca di mayoclinic. yaitu panas tinggi
> (hampir 40C) selama 3-4 hari...lalu ketika panasnya turun langsung
> muncul ruam2 gitu..pertama di punggung and dada...besok2nya
menjalar
> sampe muka gitu deh...
>
> nahhhh kemaren ini...waktu hari rabu pagi, dia panas lagi tp
slightly
> doank...maksudnya ga setinggi waktu kena roseola pertama. kira2
38,6
> gitu deh. tp cuma +/- 24 jam. setelah itu panas reda dan timbul
> merah2 di leher depan dan punggung. and lama2 menjalar ke perut.
>
> pertanyaannya, mungkin ga sih roseola lagi? mengingat gejalanya
agak
> sedikit berbeda.maksudnya dari segi panas cuma bentar and ga
tinggi.
> tapi ya sama2 muncul ruam.dan sepertinya agak gatel untuk yg kali
ini.
>
> tadi pagi sih dah telp ke markas sehat. ngomong ama bagian
adminnya.
> dia sih bilang roseola. tp aku ga sempet cerita detail kaya di
email
> ini
>
> memang bisa ya kena roseola berulang?
>
> terima kasih ya untuk tanggapannya. soalnya aku lumayan worry
> nih...jadi biar bisa PD juga kl orang2 rumah kekeh suruh2 ke
dokter.
>
>
> yvonne
> gabe's mom (18m)
>

7a.

Re: [TANYA] PRODUK STELATOPIA-INTERBAT BAGUS GA?

Posted by: "Elisa Djaja Sastra" djajasastra@gmail.com

Fri Sep 5, 2008 1:44 am (PDT)

Hai mba leila...
Saya belionya di surabaya..
Mungkin di sby susah cari yah?
Soalnya menurut Mba widya emang susah cari phyisiogel di jkt..

Oya,
Kemarin saya ke dokter kulit lagi..
Anatar mustela dan physiogel itu beda.,.
Bedanya adalah kalo mustella emang dibuat khusus utk bayi, sedangkan kalo
physiogel untuk dewasa tapi bisa dibuat utk bayi...Perbedaannya disitu aja..

gbu

On 8/29/08, Leila Fatmasari Rahman <LeilaRahman@gmail.com> wrote:
>
> Alo Mbak Elisa,
>
> Makasih buat infonya mengenai Physiogel ya.., saya jadi tertarik
> ingin beli. Tapi saya coba cari di 2 apotek di Cibubur plus Guardian
> kok gak ada ya.., Mbak Elisa belinya di mana ya?
>
> Terima kasih sebelumnya mbak atas infonya
>
> Cheers,
> Leila
>
> --- In sehat@yahoogroups.com <sehat%40yahoogroups.com>, "Elisa Djaja
> Sastra" <djajasastra@...>
> wrote:
> >
> > Dear Mb Widya,
> > Anak saya juga ga cocok pake sebamed..Yang ada bukannya sembuh,
> malah
> > kulitnya makin kering bersisik. Pokoknya parah deh..Akhirnya
> sebamednya saya
> > yang pake deh..hehehe...
> >
> > Minggu lalu saya ke dokter kulit, konsultasi mengenai kulit anak
> saya.
> > Sama dokternya dikasi pelembab Mustella Stelatopia dan sabun
> mandinya dikasi
> > physiogel.
> > Hasilnya kulit anak saya udah jauh mendingan..
> >
> > Tapi kalo mustela anak saya udah habis, saya mau pake creamnya
> physiogel aja
> > deh..Soalnya harga cream mustella lumayan mahal..Sekitar 200
> > ribuan..Sedangkan yg physiogel ga sampe..Menurut dkokternya sih
> sama aja
> > diantara keduanya..
> >
> > Gbu
> >
> >
> > On 8/14/08, widya susanti <widyawang@...> wrote:
> > >
> > > Aduh terima kasih yach untuk mbak Ira dan mbak Dini untuk share
> nya,..
> > > iya yach masa coba2,..tp memang akakn ak sama sebamed ndak cocok
> > > tuh,..pusing nech,..ga tau lg mesti bgmn,..soale pergelangan
> tangan
> > > dan kaki anak ak tuh kulitnyapada pecah2 dan gatal akibat kering
> luar
> > > biasa (kayak tanah ga disiram berbulan2) hiks T_T....
> > >
> > > --- In sehat@yahoogroups.com <sehat%40yahoogroups.com> <sehat%
> 40yahoogroups.com>, "Dini
> Widiastuti
> > > Rustandi"
> > > <dinidendi@> wrote:
> > > >
> > > > Dear mb Widya,
> > > > setuju sama mb Ira, yang penting kita tau kandungan aktifnya.
> Merk
> > > > boleh apa aja, tapiii tetap yang jadi patokan adalah
> kandungannya.
> > > >
> > > > FYI, waktu nyari pelembab DA untuk anak saya, saya ditawari
> suatu
> > > > jenis pelembab dari merk ROC yang muahalnya ampun2. Saya tanya
> > > > kandungan pelembab tsb sama sang SPG, krn anak saya gak cocok
> pake
> > > > pelembab yang mengandung dimethicone. Kebetulan waktu itu
> > > > kejadiannya di Watson - Singapore. Tau apa jawabnya ? Kurleb
> > > > gini,"Banyak orang Indonesia kayak kamu yang saya tawari,
> langsung
> > > > ambil dan beli tanpa pake tanya2 lagi." Nyebelin :D
> > > >
> > > > Saya ngedumel dalam hati,"Emangnya semua orang Indonesia gampang
> > > > diboongin" :D
> > > >
> > > > Belakangan saya browsing, pelembab itu kandungannya alantoin,
> yang
> > > > sama persis isinya dg pelembab Sebamed Soft Cream yang dipake
> anak
> > > > saya dg harga lebih murah. Untung saya gak termakan provokasi si
> > > > SPG :)
> > > >
> > > > Yaaa... memang agak repot ya mbak, browsing kiri kanan cari
> info.
> > > > Tapi lebih baik gitu toh, daripada buang2 uang untuk sesuatu
> yang
> > > > belum tentu cocok ?
> > > >
> > > > Salam,
> > > > Dini - mama 2D
> > > >
> > >
> > >
> > >
> >
> >
> > [Non-text portions of this message have been removed]
> >
>
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

8a.

Re: (Tanya) Micostatin - obat sariawan untuk anak2, dianjurkan tdk??

Posted by: "Sri Hendrayati" srie@plant.tripolyta.com

Fri Sep 5, 2008 1:45 am (PDT)

Tapi anaku juga sedang batuk.
jadi mau dikasih minuman dingin, takut tambah parah batuknya.

----- Original Message -----
From: Heny Mustikasari Soedjito <mailto:heny.mustikasari@gmail.com>
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Friday, September 05, 2008 11:29 AM
Subject: Re: [sehat] (Tanya) Micostatin - obat sariawan untuk anak2, dianjurkan tdk???

Mbak sri...

Ahya (4 yrs) juga pernah sariawan parah... saya sih merasa karena genetis,
nenek dan ayah-nya langganan sariawan, meskipun on-off dan terutama terjadi
kalau kecapean dan daya tahan menurun. dan kalau pas parah sekali, ngomong
aja susah bener. Soal sariawan kayanya dah sering juga dibahas, sharing
pengalamanku aja ya...

kalau ahya sedang sariawan berat, makan pasti susah dunk, mulut pasti nggak
enak, tapi aku coba akalin pakai makanan yang dingin-dingin (kalau dingin
kan nanti lukanya baal sementara) soooo jus buah dingin, puding dingin, es
batu dan es krim jadi andalanku. at least sampai sariawannya membaik dan
sudah bisa makan dengan normal.

obatnya, nggak dikasih apa-apa... kadang emang agak-agak anget, ya maklum
kan sedang infeksi... dan treatment kalau demam seperti biasa, perbanyak
cairan, terutama yang dingin-dingin itu tadi hehehehe. sekarang kadang kalau
bibirnya kering ahya sering bilang... bunda sari-awan, padahal cuman bibir
kering aja, belum bisa bedain ternyata hehehehehe

--
Salam Sehat
Heny M - Bundanya Ahya

[Non-text portions of this message have been removed]

------------------------------------

==========================================================================
" Mailing list SEHAT didukung oleh Hewlett-Packard StorageWorks Division. SEHAT Internet Access & Website didukung oleh CBN Net.

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : XEROX, Bhumiyamca, Arutmin, HBTLaw dan Ibu Marissa Muliadi yg telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Kunjungi kami di :
http://www.sehatgroup.web.id/
==========================================================================

" SEHAT mailing list is supported by Hewlett-Packard StorageWorks Division. SEHAT Internet Access & Website are supported by CBN Net.

Our biggest gratitude to : XEROX, Bhumiyamca, Arutmin, HBTLaw and Ibu Marissa Muliadi who have consistently sponsored our programme, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Please visit our website at :
http://www.sehatgroup.web.id/
==========================================================================
Yahoo! Groups Links

[Non-text portions of this message have been removed]

8b.

Re: (Tanya) Micostatin - obat sariawan untuk anak2, dianjurkan tdk??

Posted by: "Heny Mustikasari Soedjito" heny.mustikasari@gmail.com

Fri Sep 5, 2008 1:51 am (PDT)

Hayo mbakkkkkkk dokumen common problem dah dibaca belum... ehhehee apa lupa?
batuk kan refleks tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari tubuh dari
tenggorokan

minum air justru akan membantu mengencerkan lendir yg biasanya berlebih di
tenggorokan dan menyebabkan refleks batuk
soooo air dingin, air hangat... nggak masalah dunk ya... kalau kita tau
penyebabnya kita nggak akan khawatir berlebihan mbak... ehehehehe

--
Salam Sehat
Heny M - Bundanya Ahya

[Non-text portions of this message have been removed]

9.

Obat fenisil utk gatal-2 DA

Posted by: "Elisa Djaja Sastra" djajasastra@gmail.com

Fri Sep 5, 2008 1:57 am (PDT)

Dear Docs and parents,
Anak saya, Nicole, 5mos, suka garuk-2 dan usap-2 muka dan kepalanya pada
saat tidur malam..
Gara-2 gatelnya itu, seringkali dia tidak bisa tidur nyenyak pada saat malam
hari.

Krena kasian, akhirnya saya dan suami membawa Nicole ke dokter kulit.
Menurut dokter kulitnya, DA si Nicole lagi kambuh..
Beliau menyarankan utk sering-2 kasi pelembab aja ke nicole, biar DA nya ga
kambuh.

Namun, beliau juga memberikan obat fenisil baby drops.
Obat ini bertujuan utk mengurangi gatal di muka Nicole.

Yang ingin saya tanyakan:
1. Apakah obat ini aman dan perlu diberikan ke anak saya?
2. Kenapa yah kok gatalnya nicole itu cuma pada saat malam hari? Kira-2 apa
pemicunya? Menurut dokter kulitnya, mungkin pemicunya adalaah AC. Tapi di
saat siang pun saya juga pake AC, tapi Nicole kok ga garuk-2 dan usap-2 muka
dan kepalanya di siang hari?
3. Apakah usap-2 muka (trus juga gelisah) itu emang habit bayi pada saat
tidur malam? Soalnya saya pernah baca buku katanya tidur bayiitu terdiri dr
REM (rapid eye movement) dan Non REm...Apa dia gelisah (bergerak-2) dan
usap-2 mukanya itu pada sata dia memasuki fase tidur rem???

Mohon sharingnya...
Thanks.
gbu

elisa

[Non-text portions of this message have been removed]

10.

Obat penambah napsu makan

Posted by: "Elisa Djaja Sastra" djajasastra@gmail.com

Fri Sep 5, 2008 2:03 am (PDT)

Dear Docs and Moms,
Satu bulan lagi Nicole bakal makan mpasi utk pertama kalinya.
Ibu saya menyarankan untuk meneteskan vitamin penambah napsu makan, namanya
adeplex (ga tau betul atau ga cara nulisnya), di bubur niocle. Tujuannya
supaya Nicole napsu makan.

Apa pemberian vitamin penambah napsu makan itu perlu?
Bagaimana jika Nicole tidak mau makan mpasi pertamanya???

Thanks.
elisa

[Non-text portions of this message have been removed]

11.

Tuntutan Penarikan Vaksin PCV di India (was:Open letter to WHO from

Posted by: "tristanathan" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Fri Sep 5, 2008 2:07 am (PDT)

Bunda, Doctors dan SPs,

pertama baca email ini, saya sama ngowohnya dengan bapake ghozan (gak tau
gedenan siapa ngowohnya.. :P), apakah vaksin yang dimaksud sama dengan
vaksin yang dijual disini?
info dari om google, ternyata vaksinnya sama dengan yang dijual/ditawarkan
disini..:(
http://www.medindia.net/news/view_news_main.asp?x=12018

penasaran juga karena disini gak bisa buka attachement yang dilampirkan, dan
takut salah persepsi (hehe.. maklum toefl-nya mepet banget..), saya coba
simpulkan apa yang saya dapat dr surat terbuka tsb. kalau salah mohon
dikoreksi ya...

seperti yang esti ungkapkan, DAF-K ini mensinyalir adanya pengaruh kuat dari
si produsen vaksin terhadap WHO, yang dikawatirkan akan membawa pengaruh
negative kepada jutaan nyawa anak di seluruh dunia.

fakta yang mendasari concern mereka adalah:

- buletin WHO tanggal 1 September (note 1)

- menurut penulis, pneumococal conjugate vaccine (PCV) yang telah di rekomen
oleh WHO secara global (note 2) dan juga di india (note 3) tidak mengurangi
pneumonia klinis. vaksin ini mengurangi jenis pneunomia yang sangat jarang
terjadi, saking jarangnya, 1000 ANAK HARUS DIVAKSIN UNTUK MELINDUNGI 4 ANAK
DARI PNEUMONIA!

- dari 4 anak yang kemungkinan telah dilindungi dari pneunomia ini. 2 ANAK
MENGALAMI ASMA KARENA VAKSIN INI

- pneumonia merupakan penyakit infeksi ringan, yang diobati dengan AB, yang
sesuai protokol WHO, biayanya KURANG DARI $1

- sementara itu, asma merupakan seringkali jadi permanen dan membutuhkan
inhalasi berulang dengan bronkodilator dan steroids. asma merupakan kondisi
yang LEBIH BURUK KETIMBANG SATU KALI PNEUMONIA yang bisa diatasai dan
disembuhkan dengan mudah.

vaksin yang gak efektif sebagai tools kesehatan public, sebenarnya sudah
ditunjukan pada penelitian awal. kenyataan bahwa vaksin memberbesar (double)
resiko asma sudah diketahui awal th 2003 (note 4)

yang menjadi pertanyan dasar dari DAF-K adalah: KENAPA DAN BAGAIMANA WHO
MENGAMBIL KEPUTUSAN UNTUK MEMPROMOSIKAN VAKSIN INI?

wuuiiihh.. mudah2an saya gak salah ya docs...
sekarang yang jadi pertanyaan saya...

a. mirip dg concern-nya esti, bagaimana PCV masuk dalam rekomendasi IDAI,
apakah ada penelitian ttg ini?
b. siapa yang akan bertanggung jawab terhadap 2 anak yang mengalami asma
tsb?
c. apakah IDAI berani melakukan gerakan yang sama? menuntut vaksin ini
ditarik dari pasar? ataukah mereka punya bahan pendukung lain?

jadi inget soal teori cost-efectiveness dalam dunia imunisasi, yang pernah
disharingkan oleh bunda dan dr ian. .. hiks... miris ya...

ditunggu komen-nya ya....

salam ngowoh lan prihatin,
-ria-

note:
1. Sona Choudhary & Jacob Puliyel, Incidence of Pneumonia is not
reduced by pneumococcal conjugate vaccine. Bulletin of WHO, 1st
September 2008, Article DOI: 10.2471/BLT.08.054692, WHO bulletin
with links accessed on 2nd September 2008 at:
http://www.who.int/bulletin/volumes/86/08-054692.pdf
http://www.who.int/bulletin/publish_ahead_of_print/en/index.html
2. WHO position Pneumococcal Vaccines', link accessed on 31st
August 2008at
http://www.who.int/vaccines/en/pneumococcus.shtml#position
3. Delhi, Bengaltop charts in pneumonia deaths', Times of India,
26th April 2008, link accessed on 29th August 2008 at
http://timesofindia.indiatimes.com/India/Delhi_Bengal_top_in_pneum
onia_deaths/articleshow/2986886.cms.
4. Keith P. Klugman and others, A Trial of a 9-Valent
Pneumococcal Conjugate Vaccine in Children with and those without
HIV Infection', New England Journal of Medicine, Volume
349:1341-1348 October 2, 2003, Number 14, link
http://content.nejm.org/cgi/content/abstract/349/14/1341

---------- Forwarded message ----------
From: Esti Gunawan <ehandayani@gmail.com>

sebegitu kuatnya produsen sampe 'diduga' bisa menyetir WHO... lalu apa
susahnya menyetir koran-koran dan seminar (yang bahkan sering tanpa
malu-malu menggunakan sponsor dari pihak produsen) di Indonesia?

salam sedih,
Esti
**bersyukur kenal milis sehat, jadi gak perlu jadi korban iklan**

2008/9/5 ghozansehat <ghozansehat@yahoo.com.sg <ghozansehat%40yahoo.com.sg>>

> wah...ini mengenai vaksin pneumokokus yg sering menjadi bahan diskusi
> disini
> yah.....dan juga sering muncul di koran2 nasional....
> kok beda yah isinya........wah...wah...wah....
>
> salam ngowoh,
> bapakeghozan
>
>
http://ghozan.blogsome.com/2008/07/28/kompas-bagimana-ini-pneumokokus-penyebab-utama-kematian-bayi-dan-balita/
>

[Non-text portions of this message have been removed]

12.1.

tanya obat

Posted by: "gita safitri" gitasafitri@gmail.com

Fri Sep 5, 2008 2:51 am (PDT)

Dear all,

Bayi saya (1m 21 d) kn pilek..hidung nya mampet, trus td siang saya kedokter
dan dikasih obat fenistil.. itu kira2 aku ksh gak ya ke bayi ku? mohon
pencerahannya ya.. thx b4.

--
cheers
Mami na Alexa

[Non-text portions of this message have been removed]

12.2.

Re: tanya obat

Posted by: "boedoet" boedoet@gmail.com   intan_utoyo

Fri Sep 5, 2008 3:20 am (PDT)

halo maminya alexa :)
kalau mbak menyimak milis sehat, banyak sekali lho pertanyaan dan sharingan
disini seputar hal yg sama :)
pasti mbak gak baca ya :) ayo dong mulai aktif membaca, karena sedikti
banyak akan sangat berguna untuk keluarga dan anak2 kita :) bair gak salah
langkah...

bayi 1 bulan jangan dikasi obat2an yg gak perlu deh mbak :) kenapa saya
katakan tidak perlu? karena yg pertama, pilek (selesma atau flu) disebabkan
oleh virus, dimana penyakit ini akan sembuh dengan sendirinay sejalan
denganwaktu (tentunya kematian virus akan dipercepat dengan adanya demam dan
daya tahan tubuh si anak itu sendiri)... paling banter yg dibutuhkan adalah
parasetamol (jika anak demam tinggi atau rewel)...

kalau saya cek di medicastore, fenistil ini indikasinay buat alergi dan
gatal2 .... tidak ada indikasi untuk menyembuhkan penyakit yg diakibatkan
oleh virus maupun untuk menghilangkan hidung mampet :)

singkat kata, kalau saya tidak akan memberikan fenistilnay ke anak saya, dan
saya tidak akan membawa anak saya kedokter kalau memang anak hanya pilek/flu
aja :)

untuk hidung tersumbat, cukup teteskan breathy (bisa dibeli bebas di apotik,
harga sekitar 18rb-an CMIIW)...

ok mbak, semoga bisa lebih giat aktif mencari ilmu ya :)

salam sehat...

2008/9/5 gita safitri <gitasafitri@gmail.com>

> Dear all,
>
> Bayi saya (1m 21 d) kn pilek..hidung nya mampet, trus td siang saya
> kedokter
> dan dikasih obat fenistil.. itu kira2 aku ksh gak ya ke bayi ku? mohon
> pencerahannya ya.. thx b4.
>
> --
> cheers
> Mami na Alexa
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

13a.

Re: Tanya : Apakah perlu ke klinik kesuburan?

Posted by: "Purnamawati" purnamawati.spak@cbn.net.id

Fri Sep 5, 2008 2:52 am (PDT)

lebih mahal katanya
wati - sol
----- Original Message -----
From: Aisha Diva
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Friday, September 05, 2008 2:00 PM
Subject: Re: [sehat] Tanya : Apakah perlu ke klinik kesuburan?

Thanks Bunda,

Wah, harganya yg termurah saja sampai puluhan juta ya? moga-2 di rscm tdk semahal itu ya Bun.

Salam,
Ratih

Purnamawati <purnamawati.spak@cbn.net.id> wrote:
Mengapa tidak?
bisa ke harapan kita
bisa ke klinik Yasmin di RSCM
tapi di surabaya lebih murah (siloam ... maaf sebut nama ... 30 juta katanya)

semoga berhasil

wati

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

----------------------------------------------------------

Internal Virus Database is out of date.
Checked by AVG.
Version: 8.0.100 / Virus Database: 270.6.13/1642 - Release Date: 8/29/2008 6:12 PM

[Non-text portions of this message have been removed]

14.

Tanya:Stl Hamil sering ngompol

Posted by: "Lea Fransisca" leafransisca@gmail.com   leafransisca

Fri Sep 5, 2008 3:19 am (PDT)

Dear all,
Mau nanya,saya dulu stl melahirkan anak pertama yg skrg sdh 4 th,kalo batuk keras memang suka ngompol dikit tp kalo batuknya gak keras or cuma bersin aja gak akan ngompol
Skrg saya sedang hamil 5 bln,hampir setiap batuk atau bersin selalu mengompol,jadi tiap hari saya kudu pake diapers.
Itupun celana saya selalu basah&bau pesing,malu2in deh pokoknya.
Apalagi kalo lagi jalan2 ke mall.
Gimana ya solusinya?
mohon pencerahannya
Tks
LEa

[Non-text portions of this message have been removed]

15.

oot:tanya:Knp Kelinci anak saya tiba2 mati ya?

Posted by: "Lea Fransisca" leafransisca@gmail.com   leafransisca

Fri Sep 5, 2008 3:19 am (PDT)

Dear all,
mau nanya,gak penting2 amat sih,cuma penasaran aja.
anak saya punya kelinci angora sdh 2 bln,seminggu terakhir dibuatkan kandang baru yg lebih besar&ditaruh di halaman luar.
Kebetulan di halaman luar saya lagi bikin dak,jadi kotor banyak serbuk kayu dll.
Sama anak saya,serbuk kayunya dimasukin ke kandang kelinci.
saya pikir kalo bukan makannannya tentunya gak akan suka kelincinya.
Besok pagi2 pas saya lihat kelinci saya kok lemes,biasanya kalo dikasih makan lgs cepet berdiri&lahap makannya.
Tp pagi itu dia diem aja.
Saya kira kedinginan,jadi saya masukin ke dlm rumah &saya taruh di deket kompor biar anget.
Tp kelincinya tetep aja lemes,malah tambah lama dia gak bisa menggerakkan kepalanya.
Saya pikir dehidrasi,apalagi dia gak suka makan.
Trus saya bikinin bubur wortel yg ditaruh di kantong plastik u/ di teteskan di mulutnya.
Stl minum wortel dia bisa menggerakkan kepalanya tp stl itu dia malah lgs mati.
Kira2 knp ya bisa spt itu?
Saya mau beli kelinci lagi jadi takut mati lagi,soalnya seminggu sebelumnya 2 kelinci tetangga sberang rumah juga mati.
Ada yg punya pengalaman yg sama?
Tks
Lea

[Non-text portions of this message have been removed]

Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
==========================================================================
" Mailing list SEHAT didukung oleh Hewlett-Packard StorageWorks Division. SEHAT Internet Access & Website didukung oleh CBN Net.
Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : XEROX, Bhumiyamca, Arutmin, HBTLaw dan Ibu Marissa Muliadi yg telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Kunjungi kami di :
http://www.sehatgroup.web.id/
==========================================================================

" SEHAT mailing list is supported by Hewlett-Packard StorageWorks Division. SEHAT Internet Access & Website are supported by CBN Net.
Our biggest gratitude to : XEROX, Bhumiyamca, Arutmin, HBTLaw and Ibu Marissa Muliadi who have consistently sponsored our programme, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Please visit our website at :
http://www.sehatgroup.web.id/
==========================================================================

No comments: