Thursday, June 26, 2008

[sehat] Digest Number 8740

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

Messages

1a.

Re: Ty: Menyusui cabut gigi perlukah AB?

Posted by: "tristanathan" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Wed Jun 25, 2008 7:46 pm (PDT)

mbak ria,

mefinal dan ponstan isinya sami mawon.. sama2 asam mefenamat. kemarin saya
baru beliin yang generik buat bapak mertua yang sakit gigi, harganya cuma
3rb aja (sampe bapak mertua ngomel, krn terakhir dia beli yang merk P
harganya 7x lipat, hehehehe..)

kemarin mbak dokter ian sempet singgung soal obat ini, kalo gak salah,
sebisa mungkin hindari, kecuali kalo udah gak mempan dg paracetamol.

di list obat buat bumil dan busui ini
http://www.kellymom.com/health/meds/aap-approved-meds.html#Pain , mefenamic
acid ini gak ada rekemedasinya, alias NR (not reviewed).

yang lainnya... biar drg ratna or drg herni aja yang mbantu ya... :)

salam,
-ria juga-

2008/6/26 Ria Mareti <riamareti@gmail.com>:

>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

2.1.

Bls: [sehat] Batuk

Posted by: "Kiki" kiki@mail.tempo.co.id

Wed Jun 25, 2008 7:52 pm (PDT)

Dear Ibu Melanie,

Saya mau tanya, kalau anak saya baru umur 5 bulan 2 minggu, dan mulai
batuk-batuk yang berdahak begitu, bagaimana solusinya ya.?. Sudah dibawa
ke dokter anak, dan dikasih anti biotic serta obat batuk cair
(triminic). Kebetulan disuruh di uap, tapi kerena mengantri, saya tidak
jadi. Dan trus pulang. Mohon info ya bu. Sebelumnya trimakasih atas
infonya.

Salam,

Bunda Kiki

[Non-text portions of this message have been removed]

2.2.

Re: Bls: [sehat] Batuk

Posted by: "Titin Yunaini" titin_yn@pusri.co.id   bundatiza

Wed Jun 25, 2008 8:04 pm (PDT)

dear mbak kiki

bukan mbak melanie ya tapi sharing aj, gadis kecil kami tiza pertama kali batuk pilek malah umur 1 bln-an krn ketularan emaknya yg ambruk n batuk pilek krn menyusuin terus n kurnag tidur, hiks...alhamdulillah waktu tu dapet kado dari temen buku bunda pertama n mmg sebelum cuti melahirkan dah searching dikit2 ttg kes bebi, so tau kalo batuk pilek nggak da obatnya kecuali asi n kompres kalo panas, obat penurun panas waktu tu dah siap tapi nggak digunakan krn masih bisa diatasi dgn asi n kompres aj walo tembus 39 der cel waktu malam.

so saran saya kalo dedeknya asix, kasih asi sebanyak2nya, batuk berdahak kan pengencernya ya cairan, dibawah 6 bln ya asi, obat2annya nggak usah dikasih ya moms kasihan dedeknya konsumsi obat2an yg perlu apalagi sampe diuapin, kalopu mo diupain dirumah aj, taruh air panas mendidih dalam baskom terus tetesin ma minyak kayu putih r minyak telon, tutup kamar, no ac, deketin dedeknya biar kehirup baunya, tapi hati2 ya, kan lega akhirnya, biasanya tiza kalo diuapin gitu keringatan sampe muntah, tapi seneng krn berhasil keluar dahaknya n tidur pules tu abis muntah. kalo hidung dedeknya bumpet tetesin aj breathy, belum pernah pakek ni krn sampe now cukup ampuh dgn treatment uap dah meler n muntah ngeluarin dahak, alhamdulillah.

awal bulan ni dapet lagi virus batuk n pilek, treatment idem aj, asi n asip yg banyak, kompres air hangat kalo panas, diupain kamar, breathy nggak kepakek, sembuh kurleb 1 minggu tanpa obat apaun, kalo berhasil dicobaan pertama insyaallah lebih PD n lancar tuk ujian selanjutnya...

moga bantu ya moms n maaf kalo ada salah kata

warm regards
titin~bunda tiza (163w1d)

----- Original Message -----
From: Kiki
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thursday, June 26, 2008 9:52 AM
Subject: Re:Bls: [sehat] Batuk

Recent Activity
a.. 35New Members
Visit Your Group
Meditation and
Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Yahoo! Health
Early Detection

Know the symptoms

of breast cancer.

New business?
Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.
.


[Non-text portions of this message have been removed]

2.3.

Re: Bls: [sehat] Batuk

Posted by: "diah.liliyanti" diah.liliyanti@cni.co.id

Wed Jun 25, 2008 8:11 pm (PDT)

dear bunda kiki,

boleh jawab ya meski bukan bu melanie..
waktu join milis kita kan dikirimin file tuh ama moderator coba deh ibu
baca lagi. disitu disebutin kalo batuk termasuk salah satu common
problem n diakibatkan oleh virus. Sembuhnya ya tergantng daya tahan
tubuh anak, bisa 2hari bisa juga ampe 2 minggu. trus dikasi antibiotik n
obat batuk cair ya? kalo menurut saya sich sebaiknya dihentikan aza
pemberian obat-obatnya. ankanya masih asi bu? kalo amsih ya obatnya
asi...asi...asi. diperbanyak intake cairan ya bu.
virus ini bisa juga menular kalo ada orang disekitar yang kena batuk,
coba diperhatikan ya bu....

sori kalo ga berkenan

diah

3a.

Re: Imunisasi lebih cepat 1 hari

Posted by: "Tri Retno" tri.retno@petrochina.co.id

Wed Jun 25, 2008 7:55 pm (PDT)

Interval nya kalau saya lihat di jadwal IDAI itu 2 bulan mbak ria, kalau minimumnya aku gak tau... :-), nah tepat 2 bulan itu tanggal 28 Juni, tapi kemungkinan aku gak bisa mau dimajuin besok 27 Juni...

ok deh...makasi infonya...milis sehat emang MANTAP!!..informasinya cepat dan tepat....

-eno-

----- Original Message -----
From: tristanathan
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thursday, June 26, 2008 9:28 AM
Subject: Re: [sehat] Imunisasi lebih cepat 1 hari

kalau imunisasi, beda 1 hari gak masalah kok.. yang penting diperhatikan
interval minimalnya aja (kalau memang ada.)

anyway... khusus imunisasi ini.. anak2 saya malah udah telat 5th 11bln dan
2th 10bln dari jadwal pemberian vaksin satu ini... :P

-ria-

2008/6/26 Tri Retno <tri.retno@petrochina.co.id>:

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

3b.

Re: Imunisasi lebih cepat 1 hari

Posted by: "Yoyoh K." yoyoh@fim.co.id   yoyoh_112

Wed Jun 25, 2008 9:02 pm (PDT)

sama mbak Ria...
anak saya sudah telat 12 th dan 4 th 11 bln dari jadwal pemberian vaksin ini
alias tidak dianjurkan oleh DSAnya

yo2h

----- Original Message -----
From: tristanathan
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thursday, June 26, 2008 9:28 AM
Subject: Re: [sehat] Imunisasi lebih cepat 1 hari

[Non-text portions of this message have been removed]

4a.

Re: ASI Ekslusif

Posted by: "Sisilia Pujiastuti" caeciliapudjiastuti@yahoo.com   caeciliapudjiastuti

Wed Jun 25, 2008 8:03 pm (PDT)

Dear mbak Dessy,
selamat ya atas kehamilannya.
Memang banyak terjadi, tidak diberikannya ASI secara eksklusif
disebabkan oleh informasi yang kurang. Mbak beruntung sekali ada di
komunitas sehat, karena semua di sini mensupport ASI 100 persen. Jadi
jangan sungkan2 untuk bertanya dan berbagi baik masalah ASi maupun
masalah kesehatan anak.

Yang utama, saat ini mbak harus membangun rasa percaya diri bahwa ASI
mbak pasti akan cukup untuk anak mbak nanti.

Sharing sedikit ya... pada waktu anak saya lahir, saya sama sekali
tidak peduli soal ASI saya keluar atau tidak, yang jelas saya menyusui
anak saya dan dia tampak menghisap, tenang, tidur pulas dan BAK
sering. Saya anggap ASI saya keluar. Itu jadi patokan utama.
Mengkhawatirkan soal keluar atau tidaknya ASi sering menjadi penyebab
utama hambatan produksi ASI. Jadi sekarang yg penting adalah membekali
diri dengan info sebanyak2nya, tentu yg reliable ya mbak..jangan yg
mitos2 hehehe... makan makanan yang bergizi seimbang dan menjaga
selalu kesehatan tubuh.

Untuk informasi lebih detail soal ASI mbak bisa mengikuti kelas ASI
yang diadakan YOP. KLASI YOP bulan juli akan diperuntukkan untuk ibu
hamil, silakan tunggu info selanjutnya di milis ya mbak...

Selain informasi, dengan mengikuti KLASI ibu hamil, kita jadi punya
teman2 'senasib' yang akan menjadi support group yg sangat berguna.
Dari pengalaman, sharing dengan sesama teman senasib ini membuat kita
dikuatkan. ketika ragu, bingung, walaupun teori sudah nglotok di
kepala, kita suka lupa dan nggak pede. Di sinilah teman2 kelompok
kecil ini seringkali sangat membantu. Tentunya untuk lebih besar lagi
dan bermanfaat untuk banyak orang, silakan sharing di milis.

Mudah2an info ini membantu ya mbak... jangan pernah ragu bahwa
mbakbisa memberikan yang terbaik untuk si kecil.

Salam,
Sisil

--- In sehat@yahoogroups.com, Dessi Tri Aryani <dessi_140206@...> wrote:
>

> Yang aku mau tanyakan adalah persiapan apa yang aku harus lakukan
agar aku bisa menyusui secara eklusif dan bagaimana cara merawat
payudara sehingga siap pada saat aku akan menyusui karena puting
payudara aku masuk.
> Jika ada yang tahu dimanakah klinik laktasi yang dapat aku datangi
untuk belajar menyusui dengan baik ?
> Tolong bantuannya,
> Makasih,
> Dessi
>
>
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>

4b.

Re: ASI Ekslusif

Posted by: "Sisilia Pujiastuti" caeciliapudjiastuti@yahoo.com   caeciliapudjiastuti

Wed Jun 25, 2008 8:06 pm (PDT)

Wah, ada yang terlewat.
Jangan pernah mengkhawatirkan soal puting masuk ya mbak... biasanya
hal ini suka bikin kalah perang duluan. Breastfeeding is not
nipplefeeding..ya kan? Nah, sementara, mbak browsing arsip milis soal
flat nipple atau inverted nipple ya... banyak kok yg pernah sharing
dengan kondisi demikian tetap bisa menyusui maksimal.

Happy reading...

Sisil

4c.

Re: ASI Ekslusif

Posted by: "RiT@/CV JKT" rita@lcmjkt-cargolux.co.id   thegreeny27

Wed Jun 25, 2008 10:21 pm (PDT)

Mom to be,

Selamat yahh atas kehamilannya..yg pasti dengan niat memberi ASI sejak
kehamilan sudah merupakan modal yang baik.

Sekedar saran dari pengalaman saya:

a. Begitu tahu hamil, langsung cari artikel tentang ASI dan cara
penyimpanan ASI,memeras ASI,memberikan dll saat bekerja nantinya (kebetulan
saya bekerja mom), artikel tsb langsung saya print dan pelajari sambil bahan
diskusi dengan suami sbg modal awal untuk dapet dukungan suami. Oia kalo mau
artikel ASI bisa japri yah.

b. Yang pasti harus NIAT dan Percaya Diri (PD) yang kuat karena (bukan
maksud nakutin yahh) nantinya akan ada hambatan-hambatan saat memberikan ASI
buat anak kita tapi dengan niat,PD dan ilmu yg kita punya, Insya Allah
hambatan itu bisa diatasi (soal hambatan ini sempet saya tulis di blog saya,
judulnya ASI Mahalll???)

c. Mempersiapkan Payudara untuk ASI dengan cara melakukan pemijatan
saat hamil dan saat menyusui (kebetulan ada gambarnya, kalo mau juga japri
yahh).

d. Cari DSOG,DSA,RS yang mendukung ASI agar bisa IMD,roaming in dan
rqst ASIX selama di RS.

e. Sesuai saran dari sisil bisa juga ikut KLASI/ke klinik laktasi buat
cari dukungan dan belajar menyusui,memeras,dll

f. Dari awal "brainwash" suami/keluarga terutama yang akan menjaga
baby kita (kalo mom bekerja) untuk mendukung ASI.

g. Terakhir tapi penting juga sih buat saya, selain ASI, berikan yg
terbaik juga buat anak kita seperti menjadi orang tua yang RUM, memberikan
MPASI Homemade (tanpa gula garam) untuk MPASI kalo mau artikel juga japri
yah,memberikan Imunisasi sesuai jadwal karena sayang juga anak kita ASI tapi
kalo sakit treatmentnya tidak sesuai alias gampang kasih obat bikin daya
tahan tubuh tidak sempurna dan perjuangan kita kurang komplit (halahhh
bahasanya :D)

SPs/Docs, koreksi yahh kalo ada salah/mau tambahin monggo.

***RiT@, bundana Iz@n**

<http://bundanaizan.multiply.com/> http://bundanaizan.multiply.com/

<http://akurazannaldy.multiply.com/> http://akurazannaldy.multiply.com/

[Non-text portions of this message have been removed]

4d.

Re: ASI Ekslusif

Posted by: "momkavinija" momkavinija@yahoo.co.id   momkavinija

Wed Jun 25, 2008 10:42 pm (PDT)

saya pernh nulis di Mp saya..
khususnya saya tujukan buat ibu2 yg bekerja di luar rumah

(Belajar yuk..) manajemen laktasi untuk ibu bekerja Nov 20, '07 10:58 AM
for everyone
http://oetjipop.multiply.com/journal/item/235/Belajar_yuk.._manajemen_laktasi_untuk_ib
u_bekerja

Setiap wanita (baca ibu) berhak mendapat informasi mengenai manajemen laktasi..

Kenapa demikian?

Karena ASI merupakan makanan utama dan satu-satunya yang terbaik bagi bayi selama 6
bulan pertama dalam kehidupannya yang biasa disebut sebagai ASI ekslusive.

Lalu bagaimanakan dengan ibu bekerja atau yang sering disebut wanita karir ?
Bisakah untuk tetap memberikan ASI ekslusive selama 6 bulan atau bahkan sampai 2
tahun/lebih??

Jawabnya adalah BISA..

Yang diperlukan adalah niat, usaha plus dukungan dari orang-orang sekitar kita.
Walau ada kalanya karena masalah kesehatan yang berarti memang ada ibu baik ibu yang
benar2 tidak bisa menyusui misal karena sakit tertentu atau memang ada gangguan
secara hormonal.

Sejak awal kehamilan anak kedua saya benar-benar berniat memberikan ASI lebih
ekslusive lagi pada bayi saya kelak dibanding dengan anak pertama.
Berbagai usaha saya lakukan mulai dari mencari berbagai informasi perASIan, konsultasi
dengan DSOG, kompromi dengan suami dan kelg besar bahkan yang tidak kalah
pentingnya memberi informasi kepada atasan di kantor tentang niat saya ini.

Awalnya memang berat, yang paling berat adalah mendapat dukungan dari keluarga besar
terutama mama saya.. mama agak sangsi apakah saya bisa membagi waktu antara
pekerjaan, anak yang masih BATITA, si bayi plus apa lagi waktu untuk memerah ASI.

Tantangan kedua adalah dari tempat saya bekerja, mengingat saya bekerja di sebuah
konsultan yang bergerak di bidang lingkungan-manusia-bangunan yang terkadang
mengharuskan saya ke lapangan seharian di mana tidak ada tempat yang layak untuk
memerah ASI, di kantorpun saya hanya berdua dengan bapak boss atau lebih sering saya
sendirian sehingga saya full mengurus segala tetek bengek yang ada di kantor mulai dari
urusan bersih2J, menerima telpon, sampai urusan administrasi plus keperluan boss semua
saya.. jadi jangan harap dehh bisa lama2 meninggalkan meja ada maupun tidak ada
kerjaan karena tugas saya yang utama memang hanya `penunggu' kantor… :-D

Tapi saya tidak menyerah, karena memang saya berniat memberikan yang terbaik untuk
anak saya dan saya yakin bila Tuhan ijinkan apa yang terjadi terjadilah.

Sejak usia kehamilan 3 bulan saya mulai rajin memijat payudara.. dengan pijatan2 ringan
saja karena bila pijatan terlalu keras yang dikuatirkan adalah kontraksi dini, selain itu juga
saya selalu membersihkan putting payudara dari lemak2 atau kotoran lain yang
menempel.

Sejak usia kehamilan 6 bulan saya mulai mengingatkan kepada atasan saya di kantor bila
saya ingin cuti full 3 bulan setelah melahirkan saya juga informasikan bahwa nanti setelah
saya masuk kerja kembali saya ada pekerjaan tambahan untuk memerah Asi setiap 3 jam
sekali demi kebutuhan ASI si bayi saya.
Puji Tuhan atasan saya mendukung dan memang saya benar2 full cuti 3 bulan karena bayi
saya kedua ini lahir lebih cepat dari perkiraan, saya yang rencananya akan cuti pada
pertengahan Des 2006 menjadi cuti pada akhir nop 2006 dan pada awal Maret 2007 saya
baru masuk kembali untuk bekerja.

Tepat pada usia 8 bulan kehamilan saya bayi saya lahir.. walaupun masih 36 minggu puji
Tuhan bayi saya sehat.
Puji Tuhan juga saya tidak mengalami masalah dengan pemberian ASI .. lebih lancar dari
anak pertama, selain itu dengan ASI eklusive membuat pertambahan BB (berat badan) dan
perkembangan bayi premature menjadi optimal
Maka tidaklah heran menginjak 3 bulan usia bayi saya BB sudah lebih dari 2x BB lahirnya.

Satu bulan menjelang saya masuk kerja saya mulai belajar lagi dengan memerah ASI, saya
belajar memerah ASI dengan tangan

Cara memeras ASI dengan tangan (dari berbagai sumber)

* Siapkan cangkir, gelas atau mangkuk yang sangat bersih. Cucidengan air sabun dan
keringkan dengan tissue/lap yang bersih. Tuangkaair mendidih ke dalam cangkir dan
biarkan selama beberapa menit. Bilasudah siap untuk memeras ASI, buang air dari cangkir.
* Cuci tangan dengan seksama
* Letakkan cangkir di meja atau pegang dengan satu tangan lainuntuk menampung ASIP.
* Badan condong ke depan dan sangga payudara dengan tangan
* Letakkan ibu jari sekitar areola di atas puting susu dan jaritelunjuk pada areola di bawah
puting susu.
* Pijat ibu jari dan telunjuk ke dalam menuju dinding dada.
* Sekarang pijat areola di belakang puting susu di antara jari danibu jari. Ibu harus
memijat sinus laktiferus di bawah areola.
* Tekan dan lepas, tekan dan lepas. Pada mulanya tidak ada ASIyang keluar, tetapi setelah
diperas beberapa kali, ASI mulai menetes.ASI bisa juga memancar bila refleks pengeluaran
aktif.
* Peras areola dengan cara yang sama dari semua sisi agar yakin ASI diperas dari semua
segmen payudara.
* Jangan memijat puting susu itu sendiri. Jangan menggerakkan jari sepanjang puting
susu. Menekan atau menarik puting susu tidak dapat memeras ASI. Ini merupakan hal
yang sama terjadi bila bayi mengisap dari puting susu saja.

* Memeras ASI untuk BBLR atau bayi sakit
Ibu harus memeras sebanyak mungkin ASI setiap kali bayi perlu disusui.Bagi BBLR adalah 8
kali atau lebih sehari. Penting untuk memeras sesering dan sebanyak mungkin untuk
mempertahankan pasokan ASI. Bila ibu memeras ASI lebih banyak daripada yang
diperlukan bayi, ASIP dapat diberikan bagi bayi lain yang ibunya tidak dapat memeras
cukup, atau berikan pada BBLR yang ibunya belum keluar ASI.
* Untuk mempertahankan pasokan ASI saat ibu atau bayi sakit Ibu harus memeras ASI
sebanyak dan sesering mungkin yang diinginkan bayi. Berikan pada bayi bila mungkin.

* Menghilangkan bendungan
Peraslah sesering dan sebanyak mungkin yang diperlukan agar payudara tetap nyaman
dan menjaga kelenturan puting susu bagi isapan bayi.
Beberapa ibu mungkin perlu memeras setiap kali sebelum menyusui. Pada ibu yang lain
mungkin hanya perlu memeras satu atau dua kali sehari.
Beberapa ibu mendapatkan bahwa kompres hangat atau pijatan lembut membantu ASI
mengalir.

Kurang lebih 2-3 minggu sebelum saya masuk kerja, saya mulai menyetok ASI perah.
ASI yang sudah diperah saya masukkan ke dalam botol kaca (saya pakai botol kaca bekas
minuman _UC1000_) kemudian saya simpan, berikut cara penyimpanannya :
- PADA SUHU RUANG
Jika ruangan tidak ber-AC, disarankan tidak lebih dari 4 jam Jika ruangan ber-AC, bisa
sampai 6 jam
catatan: suhu di atas harus stabil, misalnya ruangan ber-AC, tidak mati sama sekali
selama botol ASI ada di dalamnya.
- PADA SUHU LEMARI ES
Jika dalam 4 jam ke depan ASI hasil pompa/peras tidak akan diberikan pada bayi, maka
segeralah simpan di lemari es. ASI ini bias bertahan sampai 8 (delapan) hari dalam suhu
lemari es, jika ditempatkan dalam compartment yang terpisah dari bahan makanan lain yg
ada di lemari es tsb.
Jika lemari es Ibu kebetulan tidak memiliki compartment terpisah untuk menyimpan botol
ASI hasil pompa/perasan, maka sebaiknya ASI tersebut jangan disimpan lebih dari 3 x 24
jam.
Ibu juga dapat "membuat" compartment terpisah dengan cara menempatkan botol ASI
dalam container plastik yang tentunya dibersihkan terlebih dahulu dengan
- PADA SUHU FREEZER
ASI hasil pompa/perasan dapat disimpan dalam freezer biasa sampai 3(bulan) lamanya.
Namun Ibu jangan menyimpan ASI ini di bagian pintu freezer, karena bagian ini yang
mengalami perubahan dan variasi suhu udara terbesar.
Jika Ibu kebetulan memiliki freezer penyimpan daging yang terpisah (biasanyadisebut deep
freezer) yang umumnya memiliki suhu lebih rendah dari freezer biasa, maka ASI hasil
pompa/perasan bahkan dapat disimpan sampai dengan 6(enam) bulan di dalamnya.

Dua minggu sebelum saya masuk kerja saya mengajari bayi saya minum ASI perah..
awalnya pakai sendok karena ini yang paling ideal supaya bayi tidak bingung putting tapi
tampaknya bayi saya tidak sabaran dan saya tidak tega juga bila pengasuhnya nantinya
bingung karena menghadapi kerewelannya maka jalan satu2nya ya memberinya ASIperah
dengan dot / botol.
Inipun perlu perjuangan berat karena bayi saya menolah dot.. berbagi merk saya cobakan
akhirnya puji Tuhan ada satu merk dot yang bentuknya penyet aka datar yang cocok
dengan bayi saya puji Tuhan juga bayi saya tidak bingung putting.

Untuk menyajikan ASIperah yang notabene dingin atau beku caranya adalah
- ASI perah diletakkan dalam wadah siap minum direndam dengan air hangat dalam
wadah yang lebih besar (pada mangkok atau waskom)
- Bila ASI perah beku aka sudah masuk ke dalam freezer jangan langsung dicairkan tetapi
12 jam sebelum diberikan ke bayi (sayabisanya malam hari seblm pemberian) diturunkan
dahulu ke rak kulkas bawah baru kemudian bila akan dipakai ASIperah berikut wadahnya
dihangatkan dengan direndam di dalam wadah berisi air hangat.

Ingat ASI perah beku yang langsung dihangatkan akan terjadi perubahan suhu yang
mendadak / drastis sehingga cita rasa ASI berubah menjadi seperti sabun dan bayi
biasanya enggan meminumnya

Di samping itu saya juga menyiapkan cooler box/bag yang akan saya bawa ke kantor
sebagai tempat penyimpanan ASI mengingat di kantor saya tidak ada kulkas..;-(

Seminggu sebelum saya masuk kerja, saya sudah ke kantor walau hanya 1/2 hari . Saya
mencoba meninggalkan bayi saya selama 1/2 hari..pelan2 meninggalkan bayi saya
critanya sekaligus mengajarinya minum ASIperah dari dot dengan pengasuhnya.
Di kantor saya juga mencari tempat aman untuk memerah ASI mengingat di kantor tidak
ada ruang khusus untuk ibu memerah ASI dan ruang meetingnya adalah ruang terbuka.
Puji Tuhan boss berbaik hati mengijinkan saya untuk meninggalkan meja saya per- 3 jam
untuk memerah ASI dan mau meminjamkan toilet yang ada di ruangannya untuk memerah
ASI.. ya gpp.. daripada di toilet umum kantor yang notabene dipake bareng2 dengan
mahasiswa2 mengingat kantor saya adalah bagian dari sebuah Universitas.

Hari pertama masuk kerja… dengan niat yang tulus plus berbekal doa n peralatan perang
mulai dari botol2 kaca, blue ice plus segepok es batu, cooler box aka termos dulu belum
punya cooler bag sihh..hihihi sampai dibilang `jualan es', tissue basah saya yakin saya
bisa.

Puji tuhan SAYA BISA… kurang lebih 3 kali sehari saya memerah ASI..
Dan bayi saya berhasil lulus ASI eklusive selama 6 bln dan kini hampir setahun dia
mendapatkan haknya untuk minum ASI…

Walau memang pernah juga saya seharian hanya bisa sekali bahkan tidak bisa memerah
ASI atau bahakan dengan terpaksa memerah ASI di toilet umum kantor gara2 boss
menerima tamu di ruangannya atau memang karna saya harus ngebut kerjaan yang tidak
bisa ditinggalkan.

Halangan lainnya adalah ketika saya sakit diare yang sangat parah dan harus minum
antibiotik yang tidak boleh diminum oleh ibu menyusui sehingga mengaruskan bayi saya
minum susu formula bebrapa hari.. puji Tuhan lagi2 ini terjadi setelah bayi saya lulus Asi
ekslusive… Tuhan benar-benar baik.

JADI bisa saya SIMPULkan bila Ibu bekerja tetap ingin ASI ekslusive kepada bayinya yang
perlu dilakukan adalah adalah
- niat yang tulus plus positive thinking
- usaha makan dan minum asupan yang bergizi
- minta dukungan dari orang-orang sekitar
- informasikan niatan untuk memberi ASI ekslusive 6 bulan (bahkan terus memberi ASI
sampai 2 tahun)kepada atasan dan rekan kerja di kantor
- atur waktu memerah ASI dengan tepat kurang lebih 2-4 jam sekali untuk memerah ASI
- siapkan peralatan utk memerah ASI
- cari informasi sebanyak-banyaknya tentang perASIan..

Yang tidak kalah pentingnya adalah konsultasi ke KLINIK LAKTASI terdekat – saya sudah
melakukan ini sejak saya hamil dan memang sangat bermanfaat sekali.

Ok, happy breastfeeding yaa!

(Uci - dari berbagai sumber)
http://oetjipop.multiply.com

5a.

Re: (sharing)semangat utk ASIX

Posted by: "Ade Novita" anovita@cbn.net.id   novita_ade

Wed Jun 25, 2008 8:17 pm (PDT)

terima kasih sharingnya ya mba farida, pastinya ibu-ibu menyusui disini semakin semangat untuk dapat memberikan ASI ekslusif dan tetap memberikan ASI sampai dengan 2 tahun atau lebih.

melihat kegigihan Working Mom itu, dengan segala aktifitasnya dia masih berusaha menyempatkan diri memproduksi ASI untuk dia bawa berikan ke bayinya

tidakperlu merasa malu mba... ketika mba gagal memberikan ASI Ekslusif bukan karena mba ingin berhenti memberi ASI tapi karena mba kurang informasi mengenai tips & trick untuk tetap dapat memberikan ASI, salah satunya karena belum join milis

bukankah masih ada kesempatan untuk anak ke3 hehehe siapa tahu

ya paling tidak, pengalaman mba... kenapa cuma sampai 5,5 bulan, mungkin bisa menjadi guru yang baik bagi Ibu menyusui lain agar berhasil tetap terus memberikan ASI.

keep update soal ASI ya mba... dan jangan ragu untuk sharing, karena masih banyak ibu hamil dan menyusui di Indonesia ini yang belum mendapat informasi yang mencukupi.

salam

Ade Novita
----- Original Message -----
From: farida
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thursday, June 26, 2008 8:38 AM
Subject: [sehat] (sharing)semangat utk ASIX

.


[Non-text portions of this message have been removed]

6a.

Re: tanya tentang TB

Posted by: "tristanathan" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Wed Jun 25, 2008 8:50 pm (PDT)

setau saya.. 'durasi' penulara tb gak cuma sebentar kok, butuh periode yang
panjang buat penularan tbc.
jadi gak usah kawatir, anak2 bebas kok bercengkrama dengan neneknya.. tanpa
harus ada kekawatiran tertulat tbc :)

selamat liburan ya mbak...

-ria-

2008/6/25 rinny amellia <rienzen@yahoo.com>:

[Non-text portions of this message have been removed]

6b.

Re: tanya tentang TB

Posted by: "gwenito7@gmail.com" gwenito7@gmail.com

Wed Jun 25, 2008 9:24 pm (PDT)

Halo Mbak Rini,

Sharing dikit yah :) sama2 belajar :)

TBC : penyakit infeksi bakteri Mycobacterium Tuberculosis dan dpt menyerang berbagai organ tubuh: paru2(tb paru), otak(tb menigitis), menyebar ke seluruh tubuh milier(TB tulang)

TB menular dgn cara;
* percikan dahak yg mengandung kuman TBC (batuk,bersin)
*sumbernya: org dewasa dengan basil tahan asam (BTA) positif
*Resiko infeksi tergantung: Konsentrasi BTA dan Lamanya terpapar(interaksi yg lama)
*TIDAK menular lewat makan, minum dan seks

Jadi kalau hanya sekedar jenguk gak ada masalah mbak :)
Kalau memang keluarga nya sudah mulai proses pengobatan dgn asumsi dia benar2 BTA + dlm jangka waktu 2 minggu 90% bakteri tsb akan mati :)

Sekalian coba browse ke www.sehatgroup.web.id tentang TBC yah

So happy holiday :)

Don't worry be happy :)

Semoga berkenan yahhh

Regards,
Sri~ mama Gwen (yg msh belajar juga hehehe)


Sent from my BlackBerry® wireless device from XL GPRS/EDGE/3G network
7a.

(Tanya) Dr Orthopedi --- Urgent

Posted by: "lia hadi" ocha_leea@yahoo.com   ocha_leea

Wed Jun 25, 2008 8:51 pm (PDT)

Dear DR's and SPs ...
 
Ada yg bisa bantu memberikan rekomendasi utk Dr orthopedi di daerah jakarta buat orang dewasa ...
 
Ada satu pertanyaan lagi, RS Ongkomulyo (skrg RS Omni) itu dulunya khusus RS orthopedi ya?
 
 
 
TIA
Lia
 
 

[Non-text portions of this message have been removed]

8a.

Re: ASIX tanpa dukungan keluarga

Posted by: "NdaY" ndaytobing@gmail.com   endaytobing

Wed Jun 25, 2008 8:52 pm (PDT)

Dear Bunda Radit,

Kalau saya biasanya justru lebih banyak mengomporin si suami karena biasanya
si ibu sudah lelah, kurang tidur, jadi seringnya pertahanannya kurang kuat.
Kalau si suami sudah melek info soal ASI, otomatis dia akan mendukung dan
setia memberikan semangat kepada si istri untuk terus memberikan ASI. Buat
saya support suami adalah hal yang paling penting dalam proses pemberian
ASI.

Salam ASI,
nday

On 6/24/08, Dwi Novira Ruslan <bundaraditt@yahoo.com> wrote:
>
> Dear All
> Pagi ini saya miris sekali mendengar cerita teman yang baru masuk setelah
> cuti melahirkan selama 3 bln, dia cerita anaknya sekarang sudah tidak mik
> ASI lagi,awalnya temen saya itu sedang meriang,nah si anak klo nenen
> ngamuk,mungkin rasanya ga enak?sementara si ibu masih berusaha memberikan
> ASI tapi sayang malah disuruh suami dan keluarganya utk kasih sufor aj,krn
> anaknya da ngamuk.Memang sih kata si ibu ASInya sedikit.Tapi dari sedikit
> itu bisa jadi lumayan banyakkan klo si ibu tdk stres dan dpt dukungan
> suami(bkn begitu moms en dok)?Akhirnya sekarang total si ibu tdk menyusui
> lagi,karena sudahh tidak keluar katanya. Duh miris sekali saya
> dengernya,suaminya kurang mendukung pemberian ASIX hanya karena keluarnya
> masih sedikit hiks...hiks :-(
> Maaf kalo bahasanya kurang bagus dan ada yg kurang berkenan
> Salam ASI
> Bundanya Raditt(Alhamdulillah sampai sekarang Radit/17mos masih ASI)
> http://www.keluargaruslan.blogspot.com
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

9a.

account email dibajak Re: [Moderator] Member BANNED  : Moh. Imam

Posted by: "Leslie" nchy@yahoo.com   nchy

Wed Jun 25, 2008 8:59 pm (PDT)

Dear moderator,

sptnya account imel pak Moh. imam dibajak deh, soale banyak juga dr
milis sebelah, yg kirim2 spt ini.
padahal orangnya sndiri tdk pernah mengirim imel tsb.

sptnya ini juga trjadi dgn saya,
saya rasa alamat imel saya dibajak atau terkena virus.
kemarin saya mendapat pemberitahuan dr yahoogroups bahwa imel saya
tdk bisa terkirim ke salah satu alamat imel, pdhl sama sekali saya
tdk pernah mengirimkan imel ke alamat yg dituju itu.

baiknya gimana ya kl spt itu??
mohon petunjuknya donk

Terima kasih

Regards

Leslie

--- In sehat@yahoogroups.com, "Samsul" <samsulna@...> wrote:
>
> Kepada Moh. Imam,
>
> Bersama ini kami sampaikan dg berat hati, bahwa anda kami BANNED
dari Milis
> Sehat, karena telah menyalahi netiket milis SEHAT yg ada:
>
>
> *3. Tidak diperkenankan menggunakan milis untuk beriklan/berjualan
> barang/jasa apapun, secara langsung ataupun tidak langsung,
termasuk
> penjualan barang dengan sistem MLM maupun arisan berantai.
Moderator DAPAT
> LANGSUNG MEM-BAN member yang melanggar atau setidaknya akan
mendapatkan
> peringatan satu kali terlebih dahulu dan apabila masih diulangi
akan DI BAN.
> *
>
> Demikian harap menjadi perhatian bersama. Sekali lagi diharapkan
semua member
> membaca & menaati netiket yg berlaku di milis ini demi kenyamanan
bersama.
>
> Terima kasih,
>
> Moderators
> (Dr Wati-Romzy-Hafizh-Luluk-Vida -Hanny-Gendi-Maureen-Samsul)
_,_._,___
>
>
>
>
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>

10.

Re: curhat under estimate ASIP beku

Posted by: "rya" r.hurriyah@gmail.com   rya43

Wed Jun 25, 2008 9:06 pm (PDT)

mba dina,
jangan nyerah ya kampanye asinya..
saya bisa memahami betul perasaan mba dina yg
kesel bin mangkel saat oranglain menyepelekan dan meragukan kualitas asip.

secara, saya termasuk penerima donor asi juga (hehehe, kebetulan yg sharing
di trans tv tuh aku lho)

memang nggak mudah menerima donor asip, ada perasaan nggak rela kalo bayi
kita "menyusu" pada orang lain yg bukan ibunya.
tapi saya sendiri orang yg berfikir realistis, kalau saya commit mau kasih
yg terbaik buat bayi saya, sementara saya mengalami kesluitan, yah harus
cari alternatif lain yg paling baik dari berbagai alternatif yg ada..

itu yg membuat saya mengenyahkan segala keraguan untuk menerima donor asip.
memang sih, ada ledekan dr temen2 yg tau saya jadi recipient ASIP..ada
gunjingan, dan omongna2 lain yg gak mengenakkan.
kalo mau dibawa ke hati, pasti mangkel kan?

jangankan diledekin krn nerima donor asip.
ditolak saat pengen mendonorkan asip kita juga sakit lho.
ini juga sempet saya alami.

saat dulu stok asi masih berlimpah, sementara kakak saya yg babynya tdk
disusui lagi dg alasan asi gak keluar, waktu saya tawarin malah nolak
mentah2. dan jawab dengan jawaban yg sangat menyepelekan :-(
malah lebih rela menghabiskan 500rb perbulan untuk memenuhi
kebutuhan susu bayinya!!

hmm, memang gak mudah ya kampanye asi.
saya pun masih belajar, kadang bete juga kalo dah semangat kampanye asix,
IMD, asi, donor asi, dan segala ttg asi ke temen, sodara, tetangga yg lg
hamil, baru lahir, punya baby..ternyata berakhir dg kegagalan.
padahal saya selalu bilang: i've been in that situation too..pernah
merasakan susahnya minta IMD, merasakan susahnya berusaha untuk ASIX, cape
dan jenuhnya memeras, membuang stok asip yg berlebih, sampe meminta donor
asip.
hey all, i've been in your shoes, too!!
sekarang pun saya masih berusaha berjuang memenuhi janji saya untuk terus
menyusui anak saya hingga usianya dua tahun lebih.

tapi ya itu tadi..ada yg berhasil, ada yg gagal.

tp balik lagi saya meyakinkan ke diri saya sendiri bahwa "perjuangan" ini
pasti dicatat dan dibalas berlipat ganda oleh Allah.

so, tetep semangat ya...

happy breastfeeding,
bunda faiz (13mos)

--
Regards,

H U R R I Y A H
Pusat Kajian Politik FISIP UI
(Center for Political Studies)
Gedung C, Lt.3 Kampus FISIP UI
Depok, Jawa Barat 16424
Ph. 62-21-786 5879
Fx. 62-21-788 87063

[Non-text portions of this message have been removed]

11.

(tanya) tentang ASI, kehamilan dan kontraksi uterus

Posted by: "novie_safita" novie_safita@yahoo.com   novie_safita

Wed Jun 25, 2008 9:08 pm (PDT)

Dear dokter n SP's

saya sedang mengalami dilema. putra pertama saya baru akan 6 bulan
awal bulan depan, sebelumnya ASIX sampai saya mengetahui saya hamil
lagi 2 minggu lalu. sebelumnya saya suka merasakan perut bawah agak
nyeri seperti mau haid, dan kram perut ini sering sekali terasa
terutama setelah menyusui lama. ketika dikonsultasikan ke spesialis
obgyn, beliau menyarankan untuk memberikan sufor pada si bayi agar
dia tidak terlalu tergantung pada ASI.

Namun setelah dicoba berbagai cara, baik dg dot maupun disuapin pake
sendok, bayi saya minum sufornya ogah2an. (selama ini minum ASInya
langsung dari PD). lalu saya coba ngasi MPASI, sereal beras merah,
makannya lahap sekali. nnamun belakangan kembali ogah2an..makan ga
mau, minum susu juga ga mau. maunya minum ASI saja...

saya jadi bingung, bagaimana sebaiknya ya? sementara nyeri perut saya
masih saja tejadi walaupun sama dokternya sudah dikasih sediaan
progesteron untuk relaksasi uterus (minum 2kali sehari).

saya ingin sekali terus memberikan ASI kepada sang buah hati (sampai
sekarang masih dikasih juga, karena udah ga mau minum sufor), tapi
rada kuatir juga ntar adeknya gimanaa?huhu...

mungkin ada saran dari dokter dan SPs semua? please...

oya satu lagi pertanyyaan saya, tanda2 kontraksi hebat yg berbahaya
untuk kehamilan itu spt apa ya?karena saya kuatir kurang bisa
membedakannya, antara kontraksi biasa dan kontraksi yg "hebat" itu..

terimakasih sebelumnya..

/novie

12.

Re: ASI Ekslusif => Blog ASI

Posted by: "ghozansehat" ghozansehat@yahoo.com.sg   ghozansehat

Wed Jun 25, 2008 9:46 pm (PDT)

woro-woro sekalian.

mohon maaf yah Mod...mudah2an tidak di BAN.

BLOG ASI : http://asiku.wordpress.com/

latar belakang pembuatan blog itu adalah untuk sekedar penyambung lidah
saja.

saya melihat orang2 yg dulu rajin update tulisan...artikel di blognya...atau
dimana saja...kok kurang terurus...mungkin karena sibuk dll...dst.

nah Insya Alloh kl ada umur dan di kasih kesemptan....akan aku masukan semua
hal tentang ASI...baik yg di publish di media maupun yg di milis2.

sekalian mohon ijin jika ada artikel yg saya ambil.......semata2 utk edukasi
saja.....
dan tidak utk di perjual belikan...sumber juga di cantumkan

kl ada yg keberatan...mhon maaf.

catatan : bagian Q&A/ Sharing masih update trs...tergantung waktu
sengang...ini juga baru sekitar 4 hari dikerjakan.

semoga bisa saling melengkapi dari web site asi yg lain yg sudah ada.

btw,
alhamdulillah pesanan CD Breast Crawl dari UNICEF- India sudah sampai rumah
kemarin.....sekedar buat belajar.
nah barang kali ada yg pengin request juga monggo silakan bisa di klik
disini...gratis

http://breastcrawl.org/requestcd.htm

mohon maaf

terima kasih

salam ASI,
bapakeghozan - time is knowledge

----- Original Message -----
From: "Sisilia Pujiastuti" <caeciliapudjiastuti@yahoo.com>
To: <sehat@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, June 26, 2008 10:06 AM
Subject: [sehat] Re: ASI Ekslusif

> Wah, ada yang terlewat.
> Jangan pernah mengkhawatirkan soal puting masuk ya mbak... biasanya
> hal ini suka bikin kalah perang duluan. Breastfeeding is not
> nipplefeeding..ya kan? Nah, sementara, mbak browsing arsip milis soal
> flat nipple atau inverted nipple ya... banyak kok yg pernah sharing
> dengan kondisi demikian tetap bisa menyusui maksimal.
>
> Happy reading...
>
>
> Sisil
>
>

13.

Re: [OOT}  account email dibajak Re: [Moderator] Member BANNED  : Mo

Posted by: "ghozansehat" ghozansehat@yahoo.com.sg   ghozansehat

Wed Jun 25, 2008 9:49 pm (PDT)

memang bisa saja terjadi demikian alias ulah si virus.

dan langkah penyelamatan sudah di lakukan....ban....adalah yg terbaik

salam OOT,
bapakeghozan

----- Original Message -----
From: "Leslie" <nchy@yahoo.com>
To: <sehat@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, June 26, 2008 10:59 AM
Subject: [sehat] account email dibajak Re: [Moderator] Member BANNED : Moh.
Imam

14.

Re: (TANYA) Kulit perut anakku muncul merah-merah & gatal. (was from

Posted by: "Purnamawati" purnamawati.spak@cbn.net.id

Wed Jun 25, 2008 9:49 pm (PDT)

Dear
Boleh ikut urun rembug ya (sebelumnya, thanks buat Ria)
Tujuannya, untuk sama-sama belajar ... gak ada maksud lain

I. Setau saya bayi memang rawan kena alergi, apalagi yang ASI.
------> Maaf, saya tisak setuju
ASI justru mengurangi risiko alergi
kalau bayi ASI eksklusif alergi kan bukan karena ASInya dia alergi

II. Kalau pake susu formula, pasti susu formula nya nggak cocok,
ganti aja merk lain
-----> Saya juga tidak setuju dengan statement di atas ini
Susuformula ... kandungan nya sama kok apapun mereknya
Perbedaan yang ada hanyalah "kosmetis" alias bukan perbedaanprinsipiil

Kalau anak alergi ke satu merek sufor, tentunya akan alergi juga ke merek-merek lainnya

Kalau benar anak alergi sufoir, solusinya susu khusus protein hidrolisat
masalahnya, sekarang ini terlalu mudah melabel anak alergi

III. Ibu menyusui makan sembarangan, ga boleh makan telur, ayam,
cumi2, udang,
------> Tidak pernah terbukti bahwa anak alergi karena asi -makanan ibu yang masuk ke asi

IV. Pada saat ke dokter anak, putra saya dikasih puyer yg racikannya (
berisi anti alergi, anti biotic, dan asam lasictat klo ga salah) jadi
sering BAB karena ada asam2nya.
-----> sudah baca guideline alergi (anakmu alerginya dalam bentuk dermatitis atopi atau urtikaria/hives/biduran?
Mudah kok guideline tatalaksananya

Yang jelas .. BUKAN PUYER
apalagi ada antibiotiknya
Wong gak ada infeksi kuman jahat yang harus dieradikasi
Kasihan kan anakmu ya
apalagi bentuknya campur baur di puyerin
anti alergi? alergi kan seumur hidup .. mau makan anti alergi berapa lama? yang penting kan avoidance
lagipula kebanyakan antilaergi belum diuji klinis safetynya buat kurang dari 2 tahun (kalau boleh tahu .. anti alerginya apa ya?

Saya juga gak paham statement BABnya asam2
Sepertinya membingungkan (lain kali minta bahasa medisnya ya)

asam laktat juga gak perku
kan tubuh kita sudah memproduksi asam laktat

V. .dengan salep yg diberikan dr kulit
-----> maaf lagi
salepnya isinya apa ya?
salep adi atau salep racikan ?

hati2 kebanyakan steroid dll

regards
dan peluk cium buat anakmu
wati



[Non-text portions of this message have been removed]

15a.

Re: buku bunda wati

Posted by: "Putri Asri" putriteoh@yahoo.com   putriteoh

Wed Jun 25, 2008 10:16 pm (PDT)

mbak windi,dyah,ria,nora,fikanita,imelda, makasih infonya ya.
saya nyarinya jg di metropolitan mall bekasi, krn males muter2 langsung ke database. tp emang lg habis kayanya. buku pertama sukses beli dr sana, tp di databasenya pengarangnya adlh dr. purnawati (pantes nemuinnya lama yaa hihi..)
mbak esti, saya japri ya.. makasih sebelumnya :)

putri

----- Original Message ----
From: "sehat@yahoogroups.com" <sehat@yahoogroups.com>
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thursday, June 26, 2008 9:31:33 AM
Subject: [sehat] Digest Number 8739

Milis SEHAT Group
Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Recent okay? From: Moh. Imam
1b.
Re: Recent okay? From: Samsul
2a.
[TANYA] Ngemut Jempol From: Maria Leslie
3a.
Re: Ty: Menyusui cabut gigi perlukah AB? From: Ria Mareti
4.
[Moderator] Member BANNED : Moh. Imam ( mohimams@yahoo.com ) From: Samsul
5a.
Re: buku bunda wati From: Ria Mareti
5b..
Re: buku bunda wati From: Dyah Puspita
5c.
Re: buku bunda wati From: Windi
6a.
Re: Buku Bunda Wati From: salsa billah
6b.
Mungkinkah kena Roseola 2x?? From: laa laa
7.
(Sharing) ibu dan bapak punya alergi ya..? From: Sarria
8.
Tanya : Sunat untuk anak autis From: Quinzy Safiera Maharani
9.
(sharing)semangat utk ASIX From: farida
10a.
Re: (TANYA) Kulit perut anakku muncul merah-merah & gatal. Alergi From: Aestetika Fridayanti
10b.
Re: (TANYA) Kulit perut anakku muncul merah-merah & gatal. Alergi From: tristanathan
11a.
Re: (tanya) diare pd bayi 4.5bln dan pup ada darahnya From: Purnamawati
11b.
Re: (tanya) diare pd bayi 4.5bln dan pup ada darahnya From: lisa_amaliawati
11c.
Re: (tanya) diare pd bayi 4.5bln dan pup ada darahnya From: Puji
12a.
Re: Tanya : Igg Positif From: Purnamawati
13a.
(REPOST) Tatacara Pemesanan Buku Q&A Smart Parents for Healthy Child From: mama dika
14a.
Imunisasi lebih cepat 1 hari From: Tri Retno
14b.
Re: Imunisasi lebih cepat 1 hari From: tristanathan
15.
ASI Ekslusif From: Dessi Tri Aryani
16.
Sakit Tulang From: ariq_novrian17
17.
vaksin japanese encephalitis From: Christine Widjaya View All Topics | Create New Topic
Messages
1a.
Recent okay?
Posted by: "Moh. Imam" mohimams@yahoo.com mohimams
Wed Jun 25, 2008 2:43 pm (PDT)
Recent okay?
In China, I found a website on electronic products and good credit
quality also very good.
Time has come and see us!
www.lxcnd.com
Mail: lxcnd@yahoo. cn
Tel: +86-0377-65571109

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (2)
1b.
Re: Recent okay?
Posted by: "Samsul" samsulna@gmail.com samsul_na
Wed Jun 25, 2008 5:23 pm (PDT)
Dear all,

Pls ignore email below.
JANGAN click webnya, bisa terinfeksi virus.

thanks,
samsul

----- Original Message -----
From: Moh. Imam
To: hastini.handayani@ indonesiapower. co.id ; iqbal@geraidinar. com ; joelfahmi@plasa. com ; mohimam@xl.co. id ; sehat@yahoogroups. com
Sent: Thursday, June 26, 2008 4:43 AM
Subject: [sehat] Recent okay?

Recent okay?
In China, I found a website on electronic products and good credit
quality also very good.
Time has come and see us!
www.lxcnd.com
Mail: lxcnd@yahoo. cn
Tel: +86-0377-65571109

.

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (2)
2a.
[TANYA] Ngemut Jempol
Posted by: "Maria Leslie" maria041100@yahoo.com maria041100
Wed Jun 25, 2008 2:47 pm (PDT)
Dear Mami Matthew,

Anak saya, Sasha (18bln) dulu tiba-tiba juga ngemut jempol, waktu umur 2 bulan. Kayaknya nikmat bener deh, tapi kami ortunya sebal lihatnya. Sudah dialihkan tangannya, bisa balik ngemut jempol seketika. Atau ngumpet-ngumpet di bawah bantal / selimut (waktu umur 4 bulan, dia bisa ambil bantal/selimut untuk nutupin mukanya trus ngemut jempol, kalau kita ambil bantalnya dia senyum-senyum malu kepergok). Tapi saya dan suami tetap konsisten mengalihkan tangannya ke tempat lain kalau mergokin Sasha ngemut jempol. Dikasih empeng, ngga mau, langsung dilepeh. Pusing juga... jempolnya sampai gepeng. ada yang bilang mungkin makannya kurang kenyang (kan ASIX) tapi ya saya cuek aja, tetap ASIX. Ada yang bilang dia kurang nyaman.... Akhirnya saya baca salah satu artikel, daripada ngempeng jempol, lebih baik 'ngempeng' nenen ke saya. Jadilah, kalau dia mulai ngemut jempot (padahal masih kenyang), saya angkat untuk nenen saja... ketahuan kok kalau dia sebenarnya hanya
'ngempeng' nenen, ngga nenen beneran... karena nyedotnya lain.. bukan nyedot kehausan atau kelaparan.

Trus kira-kira umur 7/8 bulan, tau-tau aja berhenti ngemut jempol. Ya dia sadar sendiri juga kali ya... ngapain ngemut jempol. Di artikel itu juga saya baca, biasanya sih memang hanya sampai sekitar 8 bulan. Kalau lebih dari itu masih ngemut jempol (apalagi lebih dari 1 tahun), mesti dicari penyebabnya. ..

Jadi sabar saja.. sambil tetap dicek apakah Matthew cukup kenyang minum susunya.. moga-moga nanti Matthew sadar sendiri untuk berpisah dengan empeng jempol...

Maaf tidak banyak membantu...

Salam,
Maria

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (3)
3a.
Re: Ty: Menyusui cabut gigi perlukah AB?
Posted by: "Ria Mareti" riamareti@gmail.com sarra_22_sarra
Wed Jun 25, 2008 5:14 pm (PDT)
Iya, maaf salah, maksud saya 500mg. Gigi saya sendiri saat di foto, pada
bagian akar warnanya agak lebih gelap & dari bentuk pengkal akarnya jg sudah
tidak bulat, kata dokter mmg ada infeksi. Bgmn ya? apa tidak apa2 AB-nya
diminum? trus bgmn juga dg mefinal, krn kalo operasi gigi kayaknya sih
bakalan sakit.

-Ria-

Pada tanggal 25/06/08, Ratna Sari <ratnasari00@ gmail.com> menulis:
>
> Dear Ibu Ria,
>
> mungkin dosis yang dimaksud bukan 500gr ya? tapi 500 mg
> tolong ditanyakan ke dokter giginya lebih jauh lagi dari pemeriksaan gigi
> geraham ibu.
> apakah ada tanda2 infeksi pada gigi tersebut atau tidak?
> bila tidak, tidak perlu minum AB.
> untuk mefinal/ponstan, bila gigi ibu tidak sakit, obat tersebut tidak perlu
> diminum.
> dan setau saya, ponstan sebaiknya tidak diminum oleh bumil dan ibu menyusui
> (CMIIW).
>
> semoga membantu.
>
> Ratna
>
> 2008/6/25 Sarria <riamareti@gmail. com <riamareti%40gmail. com>>:
>
> > Dear Docs & SPs,
> >
> > Mohon pencerahannya,
> >
> > Saat ini saya sedang menyusui (4m) dan ada masalah dg gigi belakang
> > yang patah shg mahkotanya tinggal setengah, kata dokter harus
> > dicabut, dan harus mengkonsumsi obat sehari sebelum operasi (perlu
> > sayatan di gusi utk mencabut gigi krn mahkota tinggal setengah),
> > obat2 yg di resepkan: Amoxillin 500gr, Ponstan 500gr akhirnya
> > diganti dg Mefinal 500gr krn persediaan di farmasi habis, sebelumnya
> > saya sdh sampaikan ke Dokter bhw saya sedang menyusui.
> >
> > Bgmn ya Dok, apakah obat2 tsb tidak apa2, atau ada saran lain? Saat
> > ini gigi tsb tidak dlm keadaan sakit, hanya saya khawatir nantinya
> > bisa sakit krn ada patahan, takutnya jd media yg baik utk kuman.
> > Sementara klo menunggu slsi menyusui msh lama. Terima kasih,
> >
> > Salam,
> > Ria
> >
> >
> >
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (3)
4.
[Moderator] Member BANNED : Moh. Imam ( mohimams@yahoo.com )
Posted by: "Samsul" samsulna@gmail.com samsul_na
Wed Jun 25, 2008 5:14 pm (PDT)
Kepada Moh. Imam,

Bersama ini kami sampaikan dg berat hati, bahwa anda kami BANNED dari Milis
Sehat, karena telah menyalahi netiket milis SEHAT yg ada:

*3. Tidak diperkenankan menggunakan milis untuk beriklan/berjualan
barang/jasa apapun, secara langsung ataupun tidak langsung, termasuk
penjualan barang dengan sistem MLM maupun arisan berantai. Moderator DAPAT
LANGSUNG MEM-BAN member yang melanggar atau setidaknya akan mendapatkan
peringatan satu kali terlebih dahulu dan apabila masih diulangi akan DI BAN.
*

Demikian harap menjadi perhatian bersama. Sekali lagi diharapkan semua member
membaca & menaati netiket yg berlaku di milis ini demi kenyamanan bersama.

Terima kasih,

Moderators
(Dr Wati-Romzy-Hafizh- Luluk-Vida -Hanny-Gendi- Maureen-Samsul) _,_._,___

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (1)
5a.
Re: buku bunda wati
Posted by: "Ria Mareti" riamareti@gmail.com sarra_22_sarra
Wed Jun 25, 2008 5:28 pm (PDT)
Mba putri, buku bunda wati banyak kok, saya sendiri belinya di trimedia
(group gramedia), tapi sering bgt liat ada dimana-mana, bahkan pernah nemuin
ada di stasiun gambir. Rasanya pesan online lewat gramedia bisa deh mba,
atau barangkali di gunung agung.
Maaf kalo kurang membantu..

-ria-

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (4)
5b.
Re: buku bunda wati
Posted by: "Dyah Puspita" bunda.fayyaz@gmail.com dyah.arum
Wed Jun 25, 2008 5:35 pm (PDT)
Mungkin stok di gramedia yg sedang kosong, Mom.
Soalnya kemaren saya jg mo beli buat kado temen di gramedia pandanaran Semarang juga kosong stoknya.

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (4)
5c.
Re: buku bunda wati
Posted by: "Windi" weandiyess@yahoo.com weandiyess
Wed Jun 25, 2008 6:12 pm (PDT)
Mb Putri,
Kebetulan skitar 3 minggu yang lalu saya dmintain tolong temen-temen saya yang di Surabaya utk beli buku itu, dan saya dapet masing2 3ea buku Bunda Wati yang pertama dan yang kedua di Gramedia Mall Metropolitan Bekasi. Begitu masuk gramedia saya langsung cek di database yg disediakan and FOUND, jadi ga perlu muter2 mncarinya. Selamat mencoba yaa..
Vivat Sehat,
Windi

----- Original Message ----
From: Putri Asri <putriteoh@yahoo. com>
To: sehat@yahoogroups. com
Sent: Wednesday, June 25, 2008 7:44:40 PM
Subject: [sehat] buku bunda wati

dear all,

saya dpt kbr dari temen di makasar, di gramedia sana banyak bgt buku ke-2 bunda wati (Q&A ...) tp saya cari di gramed bekasi kok gak ada ya? ato hanya ada di gramed tertentu? selain gramed, ada di toko buku mana lg ya? geregetan pingin baca euy..
maaf kl udah pernah dibahas di sini..
makasih sebelumnya

putri

MARKETPLACE

____________ _________ _________ __
Yahoo! Groups users, check out this limited time offer from Blockbuster! Rent DVDs free for a month!

Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
Recent Activity
* 41
New MembersVisit Your Group
Yahoo! Health
Memory Loss
Are you at risk
for Alzheimers?
Meditation and
Lovingkindness
A Yahoo! Group
to share and learn.
Change your life
with Yahoo! Groups
balance nutrition,
activity & well-being.
.

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (4)
6a.
Re: Buku Bunda Wati
Posted by: "salsa billah" salsa_billah17@yahoo.com salsa_billah17
Wed Jun 25, 2008 5:38 pm (PDT)
Gampangnya sih mom, pesen ama mbak esti aja, kalau ga salah harganya lebih murah

Nora elpianty
Bunda Sabrina
www.salsabila17. multiply. com

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (4)
6b.
Mungkinkah kena Roseola 2x??
Posted by: "laa laa" lala_felisha@yahoo.com lala_felisha
Wed Jun 25, 2008 6:53 pm (PDT)

Dear bunda and SP's

Dua bulan yg lalu anak saya sudah pernah mengalami roseola, waktu itu usianya baru 8bln, dan Alhamdulillah saat itu saya hanya home treatment saja. Tapi sejak 3hr yg lalu anak saya agak panas yaah sumeng-sumeng aja siyh menurut saya, karena hanya berkisar di 37-38,3 tapi telapak tgn dan kaki sepertinya lbh panas bila saya raba, dan kmrn saya liat di wajah, blkg telinga,perut dan punggung muncul rash lagi saat suhunya di 36,5-37, cm ga sebanyak saat Roseola 2bln yg lalu,
yang tampak jelas bintik2 merahnya adalah di telapak kaki,dan punggung kaki, juga di telapak tangan dan punggung tgn jg di ruas2 jari2nya.
(FYI, teman sepermainan anak saya seminggu yg lalu terkena Roseola, apa virusnya bs menular??).
Sejauh ini kata pengasuh saya dirumah, anak saya masih mau main, makan, minum hanya jd lebih reewel sedikit,mgkn badannya ga enak kali yaah..

Pertanyaannya :
1. Apakah anak saya terkena Roseola lagi? Meski wktu umur 8bln dah pernah kena.
2. Kenapa yang jelas merah2nya/Rash adalah di telapak tgn dan kakinya?
3. Mungkinkah ini campak?tapi suhu badan tidak tinggi, apakah krn anak saya sdh di imunisasi jd panasnya ga tinggi.
4. What shoul i do ?

maaf yaa bunda & SP's jd kepanjangan
-lala-

,___

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (4)
7.
(Sharing) ibu dan bapak punya alergi ya..?
Posted by: "Sarria" riamareti@gmail.com sarra_22_sarra
Wed Jun 25, 2008 5:56 pm (PDT)
Dear SPs,

Pagi-pagi nyampe kantor mau curhat dulu ah.. :)

Semalam Risyadku (4m) imunisasi (Polio, Hib & DPT), seperti biasa
sambil ngobrol2 dg DSAnya, trus ditanya pola BABnya. Waktu aku
bilang risyad BAB seminggu 2x, DSAnya jd lebih serius, so lgs aku
sambung, "tapi ASI Ekslusif lho dok!". Langsung deh disambut dg
mimik yg lebih serius lagi, "ibu dan bapak ada riwayat alergi ya?"
kata DSAnya. Hehehe, dengan santainya saya jawab "engga", suami juga
cuek aja krn uda sering dapet kuliah tambahan dari istrinya atau
dikirimi artikel2 dari milis sehat. "Bu, kalo pada usia 4 bln, pola
BAB bayi seharusnya msh sering, bahkan dalam sehari bisa 3 sampai 4x
BAB, kalopun dia jarang, pasti krn ibu dan bapak ada riwayat
alergi". Fiiiuh.. ini dokter kok nda up to date ya, dalem hati, bisa
pingsan dia kalo tau risyad pernah nda BAB sampai 17 hari dan masih
sehat, segar bugar, ceria, dsb :)

Sebenernya ini kali ke 2 ke DSA ini, 2 bulan lalu waktu imunisasi yg
sama juga begitu, walau sdh ngajak diskusi DSAnya mengenai pola BAB
yg aku dapet dari milis sehat, tapi dokternya tetep keukeuh, malah
naga-naganya mau pemeriksaan alergi lebih lanjut. Makanya semalem
waktu ketemu DSAnya aku cuma senyum2 aja biar cepet selesai, hehehe..
Untung udah kenal milis sehat, kalo engga entah pemeriksaan apa yg
musti dijalani..

Semoga makin banyak orang tua yang smart ya, biar bisa melindungi
anak2nya dari pemeriksaan dan obat2 yg tidak perlu.

Salam,
Mama Risyad

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (1)
8.
Tanya : Sunat untuk anak autis
Posted by: "Quinzy Safiera Maharani" Quinzy.Maharani@Allianz.co.id
Wed Jun 25, 2008 6:13 pm (PDT)
Dear Parents and Docs,

Ada pertanyaan dari teman yang ananknya mau sunat. Si anak tsb autis , sering tantrum dan punya sederet alergi obat dan makanan. Masalahnya anak itu sudah umur 12 tahun. Sebaiknya dibawa ke bedah anak atau bedah umum biasa yah? Trus harus bius total-kah? mengingat anaknya sering ngamuk begitu. Si ortu khawatir juga mengenai pasca sunatnya, 1-2 hari setelahnya bagaimana. Kalau untuk anak normal penanganannya pasti lebih gampang.
Mohon advise-nya. Sekalian dong rekomendasi dokter bedah yang biasa menangani penderita autis.
Ditunggu kabarnya.

Terimakasih

Quinzy S Maharani<?xml: namespace prefix = o ns = "urn:schemas- microsoft- com:office: office" />

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (1)
9.
(sharing)semangat utk ASIX
Posted by: "farida" farida.damanik@bms.com farida_s_d
Wed Jun 25, 2008 6:16 pm (PDT)
Dear SPs,
Saya cuma mau sharing apa yang saya lihat beberapa waktu yang lalu.
Waktu kunjungan ke Thailand dalam rangka kerja ada satu hari dimana kami
dari pagi sampe malam kelilingan ke retailer dan pabrik.
Ada seorang mbak orang sono yang selama perjalanan menenteng tas besar,
dan tiap kali kami singgah di tempat makan dia menghilang dalam waktu
yang lumayan lama.
Ketika sudah malam, selesai makan malam saya penasaran dan bertanya :
kok ngilang terus sih?
Trus dia nyengir dan bilang : it's such a secret...i breastfeed my baby!
Huaah....ternyata selama ngilang dia lagi meres ASI...kebayang gak sih
perjuangan dia sehari itu...bawa2 pompa, termos en cari2 tempat yang
proper utk meres.
Dah gitu minta es ke pelayan restoran.... supaya termosnya tetap dingin.
Waktu saya tanya bayinya umur berapa, dia jawab : 8 bulan!dan masih full
ASI. it's such a honor to me doing so...katanya.
Saya sih terharu...karna mengingat dia adalah staf marketing yang pasti
banyak juga melakukan perjalanan.. .dan tetap menyusui.
Saya jadi malu juga karna saya cuma bisa menyusui bayi saya 5.5 bln
padahal saya orang kantoran..saat itu belum join milis ini jadi masih
kurang pencerahan.
:-(
Salut deh buat ibu-ibu yang berjuang supaya anaknya bisa tetap dapet ASI.

salam ASI
mama nathan & keyra yang tiap anaknya cuma ASI 5.5 bln

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (1)
10a.
Re: (TANYA) Kulit perut anakku muncul merah-merah & gatal. Alergi
Posted by: "Aestetika Fridayanti" AFY@lintasarta.co.id
Wed Jun 25, 2008 6:19 pm (PDT)

Mba Reini,

Setau saya bayi memang rawan kena alergi, apalagi yang ASI.

Kalau anak saya sudah mengalami alergi bentol2 merah 2x. Pada saat umur
1 bulan dan 3 bulan.

Sudah beberapa kali pindah DSA, tetapi tidak menemukan jawaban yang
pasti.

Beberapa analisa dokter anak yg saya dapatkan :

1. Kalau pake susu formula, pasti susu formula nya nggak cocok,
ganti aja merk lain
2. Ibu menyusui makan sembarangan, ga boleh makan telur, ayam,
cumi2, udang,

Dari dokter kulit :

1. Boleh makan yang dilarang tapi jangan dengan jumlah yg besar.
Telur ya 1 aja sehari. Kacang2an juga penyebab gatal
2.. Biasanya ada riwayat alergi dari orang tua

Nah, bingung kan ???

Trus mo makan apa?? Hehehe

Setelah saya tanya mas google, infonya alergi memang sebagai penyakit
warisan, dan dokter di Indonesia masih susah bener2 memastikan. Bisa
pake tes lab mengenai makanan, tapi itupun belum 100% benar sebagai
penyebab.

Pada saat ke dokter anak, putra saya dikasih puyer yg racikannya (
berisi anti alergi, anti biotic, dan asam lasictat klo ga salah) jadi
sering BAB karena ada asam2nya.

Trus dilanjutkan dengan pengobatan luar, menggunakan salep dari dokter
kulit.

Kalau DSA biasanya dia memberi resep salep APOLAR. Bisa beli di apotek.

Alhamdulillah, anak saya sembuh... dengan salep yg diberikan dr kulit.

____________ _________ _________ __

From: sehat@yahoogroups. com [mailto:sehat@yahoogroups. com] On Behalf Of
clodi, mama Lentera
Sent: Tuesday, June 24, 2008 8:55 AM
To: sehat@yahoogroups. com
Subject: Re: [sehat] (TANYA) Kulit perut anakku muncul merah-merah &
gatal. Alergi

kalo diolesin ASI aja gimana?
kemaren dulu Lentera kecil saya, 20mos, pernah merah-merah penyebab ga
jelas
gitu..
trus saya olesin ASI tiap hari (sehabis mandi)...
puji Tuhan nga sampe 2 minggu mulus lagi, loh!
karena setahu saya, ASI kan mengandung antibakteri. ...

maaf kalo kurang berkenan yaa...

2008/6/24 Reini Febriana <reinifebriana@ yahoo..com
<mailto:reinifebria na%40yahoo. com> >:

> Dear moms & moderator....
> Sebelumnya, minta maaf kalo bahasanya agak muter-muter (First time,
> nih....).
> 2 bln yg lalu, Affan (8m11d) timbul merah-merah di bawah pusarnya,
kayak
> pulau (seperti pipi bayi yang kena air susu). Karena baru ganti merk
diapers
> dan affan keliatan baik-baik aja, jadi agak nyantai. Penanganan, stop
minyak
> telon, baby oil dan bedak. Tapi, udah 3 minggu terakhir, affan mulai
> keganggu. Terbukti dengan kebiasaan barunya, suka garuk-garuk. Selain
itu,
> jadi meluas, di dada dan bawah ketiak agak ke belakang. Diapers yg
jadi
> tertuduh udah nggak dipake. Akhirnya sabtu lalu ke DSA. Kata DSA,
terkena
> jamur yang penularannya kontak langsung dengan penderita dan juga
alergi,
> kemungkinan ayam, karena saat pertama kali timbul berbarengan ama
MPASI,
> pake ayam. Oleh DSA diresepin kenantist untuk 5 hari dan salep mycoral
yang
> dipake setelah kenantist abis. Trus, berhenti dulu makan ayam. Sampe
hari
> ini kenantist belum diberikan, coz puyer.... Tapi affan udah keliatan
> tersiksa banget. Mohon saran, nih... Apa boleh salep saya oleskan
tanpa
> menghabiskan kenantist ?
> Makasih...
> luv much, Reini
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>

--
salam manis,

clodi, mamanya Lentera
(mapetitelentera. multiply. com)

[Non-text portions of this message have been removed]

DISCLAIMER:

This e-mail and any attachments to it are intended for the named recipient(s) only. If you are not the named recipient, you should notify the sender immediately, and delete this e-mail from your computer. This e-mail may contain the private views and opinions of the sender and does not constitute a formal view and/or opinion of PT. APLIKANUSA LINTASARTA, unless specifically stated. The contents of this e-mail and any attachments may contain CONFIDENTIAL information. Any dissemination, distribution or copying of CONFIDENTIAL information to other parties without authorization from PT. APLIKANUSA LINTASARTA is strictly prohibited. PT. APLIKANUSA LINTASARTA does not take any responsibility for any damages caused by this e-mail from any virus or communication failure.

============ ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= =======

E-mail ini dan dokumen lampirannya ditujukan untuk digunakan oleh penerima e-mail. Bila anda bukan orang yang tepat untuk menerima email ini segera beritahu pengirimnya dan menghapusnya dari komputer anda. Isi e-mail ini mungkin saja berisi pandangan dan pendapat pribadi pengirimnya dan tidak mewakili pandangan dan/atau pendapat PT. APLIKANUSA LINTASARTA, kecuali bila dinyatakan dengan jelas demikian. Informasi yang terdapat dalam e-mail ini dapat bersifat RAHASIA. Dilarang memperbanyak, menyebarkan dan menyalin informasi RAHASIA kepada pihak lain tanpa persetujuan PT. APLIKANUSA LINTASARTA. PT. APLIKANUSA LINTASARTA tidak bertanggungjawab atas kerusakan yang diakibatkan oleh email ini jika terkena virus atau gangguan komunikasi.

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (5)
10b.
Re: (TANYA) Kulit perut anakku muncul merah-merah & gatal. Alergi
Posted by: "tristanathan" tristanathan.amadeo@gmail.com trinovi
Wed Jun 25, 2008 7:16 pm (PDT)
setau saya apolar itu isinya steroid...
yang saya tau, sebaiknya sebisa mungkin hindari pemakaian steroid, terutama
pada anak..

puyer ya?? kok ngeri ya?? ... :(
memang diagnosa-nya apa? anti alergi dan antibiotic at the same time...
alergi atau bakteri?

beberapa hari ini baca postingan soal alergi dari para smart moms yang punya
pengalaman segudang dg alergi.. saya jadi menyimpulkan ada 2 'obat' buat
alergi (tadinya saya kira cuma satu :D), yaitu.... avoidance dan
sabaaaarrrr. ...

salam,
-ria-

http://www.medicast ore.com/
*APOLAR* *GENERIK * Desonid. *INDIKASI * Dermatitis atopik & kontak,
bermacam-macam bentuk eksim terutama pada anak-anak, psoriasis, gatal-gatal
pada anus/dubur & vulva/pukas (alat kelamin luar perempuan), kemerahan kulit
karena terbakar sinar matahari, dan dermatitis tipe lainnya. *KONTRA
INDIKASI* Herpes simpleks, cacar air, tuberkulosis kulit, dermatitis yang
disebabkan oleh sifilis & ulkus kulit.
Pengobatan pada mata. *PERHATIAN * Pengobatan pada kulit dengan area kulit
yang luas untuk jangka panjang.

http://www.drugdige st.org/DD/ DVH/Uses/ 0,3915,6289|Desonide%2BTopical ,00.html

*What is desonide skin cream, lotion, or ointment?* (Back to
top)<http://www.drugdige st.org/DD/ DVH/Uses/ 0,3915,6289% 7CDesonide% 2BTopical, 00.html#top>
DESONIDE (Desowen(R), Tridesilon) is a corticosteroid. Desonide treats skin
problems that are accompanied by itching, redness, and swelling. Generic
desonide skin cream and ointment are available. Generic desonide skin lotion
is not yet available.

*What side effects may I notice from using desonide?* (Back to
top)<http://www.drugdige st.org/DD/ DVH/Uses/ 0,3915,6289% 7CDesonide% 2BTopical, 00.html#top>
Side effects that you should report to your prescriber or health care
professional as soon as possible:
•lack of healing of the skin condition
•painful, red, pus-filled blisters in hair follicles
•severe burning and continued itching of the skin
•thinning of the skin with easy bruising
Other serious side effects can develop if you use desonide for a long time,
or if you use too much. Contact your prescriber or health care professional
if you notice any unusual effects.

Side effects that usually do not require medical attention (report to your
prescriber or health care professional if they continue or are bothersome):
•burning, itching, or irritation of the skin
•increased redness or scaling of the skin

2008/6/26 Aestetika Fridayanti <AFY@lintasarta. co.id>:

>
> Pada saat ke dokter anak, putra saya dikasih puyer yg racikannya (
> berisi anti alergi, anti biotic, dan asam lasictat klo ga salah) jadi
> sering BAB karena ada asam2nya.
>
> Trus dilanjutkan dengan pengobatan luar, menggunakan salep dari dokter
> kulit.
>
> Kalau DSA biasanya dia memberi resep salep APOLAR. Bisa beli di apotek.
>
> Alhamdulillah, anak saya sembuh... dengan salep yg diberikan dr kulit.
>
> ____________ _________ _________ __
>

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (5)
11a.
Re: (tanya) diare pd bayi 4.5bln dan pup ada darahnya
Posted by: "Purnamawati" purnamawati..spak@cbn.net.id
Wed Jun 25, 2008 6:27 pm (PDT)
dear Lisa
Bagaimana Nisa?
Thanks Dr Veda

Mau ikut menambahkan

1. kalau tinja memang ada darahnya .. HARUS periksa lab
Nah agak aneh nih
biasanya pasien dan di milis, gak berdarah aja periksa lab (padahal gak perlu, pemborosan banget hehehe maaf)
Kalau berdarah ya harus periksa

2. TERAPI
apapun hasil lab nya .. obatnya mengerikan
antibiotiknya sampai 3 (septrin kan kombinasi 2 antibiotik
Padahal, efek samping AB yang tersering kan diare
Vometa? jangan diberi obat anti muntah
wong muntah itu kan refleks yang bagus, membuang racun
yang penting ya asi dan oralitnya

semoga anakmu cepat sembuh
Oh ya
kalau boleh memberikan asupan tambahan ...
lain kali, obatnya jangan tebus dulu ya
kita discuss dulu di milis

kan gak emergency

wati

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (5)
11b.
Re: (tanya) diare pd bayi 4.5bln dan pup ada darahnya
Posted by: "lisa_amaliawati" lisa@triyakom.com lisa_amaliawati
Wed Jun 25, 2008 6:34 pm (PDT)
aduh mba veda, makasih bgt atas quick responsenya.
sbenernya aku jg baca d buku dokter wati ttg gastroenteritis ini. tp
itu stelah aku kasih antibiotiknya -> telat bgt y :(
mknya aku brencana test fecesnya hr ini. tp nama testnya apa? tlg
infonya dong.
btw, nisa jg diare 10x kmaren dan panasnya msh naik turun. td pagi udh
diare 3x lg tp panasnya turun jd 37. trs.. aku jg mo tanya apakah kl
udh terlanjur kasih antibiotik, hrs tetap diberikan sampe 5hr? ato bs
d stop secepatnya?
mohon pencerahannya lg y.
makasih

-lisa-
ibunya Nisa

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (5)
11c.
Re: (tanya) diare pd bayi 4.5bln dan pup ada darahnya
Posted by: "Puji" pu71@sby.dnet.net.id pu71_cc
Wed Jun 25, 2008 6:55 pm (PDT)
Dear mbak Lisa,

Coba share juga pengalaman Dimas (6 mos 3 w) bbrp waktu lalu terkena diare dan "disinyalir" ada darahnya. Saya juga smpt posting ke milis (terutama mo ngucapin trima kasih atas ilmu yg saya peroleh dari milis ini).

Skdr mengulas apa yg disebut diare itu, yaitu bila BAB cair lebih dari 6 kali selama 24 jam.

Klo ada darahnya (mnrt penglihatan terlihat di dlm faecesnya), lbh baik tes faeces. Ini penting sekali utk mengetahui apakah di dlm faecesnya ada darahnya atau hanya warna faecesnya (biasanya berlendir) yg "menyerupai' darah. Kejadian Dimas kmrn juga bgitu. Diare berlendir, ada merah2nya disertai demam (smp diatas 39.5 deg). Saya lgsg tes faeces bgitu melihat ada warna merah spt darah (saya hitung 3 kali warna merah itu menyertai setiap BABnya). Sambil saya lakukan home treatment, saya konsul ke dokter utk melihat kondisi fisik Dimas (lumayan rewel waktu itu). Cek fisik, mnrt DSAnya msh OK (diperiksa dgn meraba & meneliti secara seksama bagian perut). Gak dehidrasi (o, iya, klo diare yg paling penting jaga asupan cairannya agar tubuh tdk dehidrasi). Pulang konsul, gak disanguin obat2an apapun (cuma ditanya apa di rumah punya sediaan paracetamol) . Sambil dipesan, kalau hasil lab sdh keluar, bisa konsul by phone.

Seharian msh BAB bbrp kali (sambil menangis setiap BABnya). Malamnya, konsul hasil lab, Alhamdulillah, ternyata hasilnya tidak ada bakteri dan darah Negative. Jadi warna merah yg saya kira darah itu, ternyata hanya bentuk lendir (warnanya bisa menyerupai darah). Dan malam itu demamnya sdh mulai turun (klo orang Jawa bilang sumer2 ya). Paginya suhu sdh normal. Tetep jaga asupan cairan krn msh bbrp kali BAB (warnanya sdh kembali kuning, tdk hijau spt saat diare). Cuma minum paracetamol 1 kali saat demam tinggi dan Dimas rewel sekali.

Coba tes faeces dulu, ya mbak.
Hasilnya bisa dikonsul kesini. Yg penting jaga asupan cairan buat Nisa.
Smg nisa cpt sembuh.

love,
mbokne B&D

----- Original Message -----
From: lisa_amaliawati
To: sehat@yahoogroups. com
Sent: Wednesday, June 25, 2008 5:46 PM
Subject: [sehat] (tanya) diare pd bayi 4.5bln dan pup ada darahnya

Dear Sp's and Doc's,

Anak saya Nisa (4.5bln)sejak kmaren siang mengalami diare dan
muntah2 disertai dgn deman. Total muntahnya kmaren :4 kali dan
diarenya: 6 kali dgn panas naik turun antara 37.6-38.8. Karena
panasnya sdh melebihi 38.5, maka saya putuskan membawa Nisa k UGD.
Disana saya dikasih obat :
- Nifural sirup
- Septin Sirup
- Tempra Drops
- Vometa Drops
- Lacto .. (sejenis Lacto B)
melihat obat yg segitu byknya, saya putuskan utk memberi Tempra saja
dgn alasan bsk paginya Nisa akan saya bawa k DSA langganan.
Pagi td, panas Nisa naik lagi stelah sempat turun malamnya (36.6)
menjadi 38.7 dan ternyata ketika saya cek pupnya.. ada darah
walaupun hanya sedikit skali.
Stelah saya konsul dgn DSA langganan sambil membawa contoh feses
Nisa (yg ada darah sdikit), DSA menganjurkan utk memberikan Septin
(antibiotik) dan Tempra. Ditambah dgn ZincKid serta Renalyte. Ktika
saya tanya apakah fesesnya perlu di cek k lab/ tdk, kt DSA
kemungkinan besar bhw diare Nisa disebabkan oleh infeksi bakteri
(krn pup nya berlendir dan ada darah sedikit). Akhirnya saya
memberikan obat tsb (Septin, ZincKid, Renalyte dan Tempra) krn panas
Nisa ketika pulang naik lg menjadi 39.5.
Yg ingin saya tanyakan adlh:
1. Saya masih penasaran apakah memang diarenya disebabkan oleh
bakteri/ tdk. Mk saya bermaksud utk melalukan tes lab. Tes apa yg
hrs saya lakukan?
2. Jk memang diarenya disebabkan oleh bakteri, apakah memang perlu
antibiotik? Berhubung Nisa masih 4.5 bln
3. Saat ini saya tetap memberikan ASI ditambah dgn Renalyte. Apakah
tindakan ini benar?
Mohon pencerahannya.
terima kasih

=lisa-
ibunya Nisa

.

------------ --------- --------- --------- --------- --------- -

No virus found in this incoming message.
Checked by AVG.
Version: 7.5.524 / Virus Database: 270.4.1/1517 - Release Date: 6/24/2008 8:41 PM

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (5)
12a.
Re: Tanya : Igg Positif
Posted by: "Purnamawati" purnamawati.spak@cbn.net.id
Wed Jun 25, 2008 6:38 pm (PDT)
Dear Astri
Boleh urun rembug ya .. ada banyak isu yang menarik (sebenarnya mau diposting kemarin)
Bukan untuk membangkitkan cerita masa lalu melainkan untuk bahan pelajaran di masa datang dan untuk orangtua lainnya khususnya yang akan atau sedang hamil

Begini ...

1. Kuning pada bayi baru lahir
Bisa lihat guideline nya di web sehat
Hal yang prinsip adalah
1. umur berapa kuning muncul (yang bahaya kan kalau kuningnya di usia kurang dari 24 jam)
2. keadaan umum si bayi (yang perlu dicermati apabila bayinya prematur, sakit berat misalnya sepsis alias infeksi berat)
3. berapa kadar bilirubinnya saat itu? lihat patokan AAP.. kalau di atas usia 3 hari, kuning baru di terapi sinar kalau kadarnya di atas 15

2. Rawat inap, tatalaksananya
Apa alasan rawat inap anakmu dulu? apa terapinya?
Berapa kadar bilirubiun anakmu? hari ke 6 masih kuning jarang butuh terapi sinar ...
Mengapa lama sekali ya kok sampai 2 minggu ...
katakanlah butuh terapi sinar, biasanya cuma butuh 1 hari maks 2 hari

periksa TORCH ... kalau IgG positif .. antibodi itu biasanya merupakan antibodi ibunya yang masuk ke bayimu melalui plasenta
IgG gak berarti anakmu sakit (btw yang positif apa sih? bukan IGM tokso?)
Kalau pun IgM CMV positif, tapi liver semuanya oke, ya gak butuh terapi apapun
CMV dan rubella kan virus, gak ada obatnya

3. planning selanjutnya
ya gak ada yang perlu dikhawatirkan dan gak perlu periksa TORCH or apapun
yang penting anakmu normal dalam kesehariannya kan

semoga membantu
wati

----- Original Message -----
From: Astrid Arum Sari
To: sehat@yahoogroups. com
Sent: Wednesday, June 25, 2008 12:18 AM
Subject: Re: [sehat] Tanya : Igg Positif

Seperti mbak Mia, aku juga nunggu jawabannya nih..
ada kemungkinan Ig M dateng lagi gak?

Anakku Aya (3 yr) juga pernah mondok di RS selama 2 minggu waktu bayi umur 6 hari karena ketahuan Ig M dan Ig G CMV nya positif trus Ig G Rubella juga positif. Dulu awalnya mondok di RS karena kadar bilirubinnya tinggi. Trus dites TORCH sekalian ama DSA nya, baru ketahuan kalo ada yang positif.
setelah 2 minggu opname, hasil tes TORCH nya Ig M negatif Ig G positif. Sampe sekarang sih belum pernah tes lagi.
Alhamdullilah perkembangannya sampai hari ini bagus.

Regards,
Astrid

----- Original Message ----
From: mia yoanita <miayoanita@yahoo. com>
To: sehat@yahoogroups. com
Sent: Tuesday, June 24, 2008 10:26:26 PM
Subject: Re: [sehat] Tanya : Igg Positif

mau tanya,
ada tidak kemungkinan si IgM ini dateng lagi?

karna anak temenku wktu masih bayi kena toxo... peertumbuhan nya si ok2 aja, tp pas uda SD terdeteksi ada tumor d kepala. Kata dokter, mungkin karna toxo. Bisakah hal itu terjadi?
terus anakku kan pernah IgM nya positif IgG negatif, pda saat baru lahir.(karna saya positif toxo,trs selama hamil d treatment sm DSOGnya). PErlu tes darah lagi gak ya sekarang Adrea 18mos? Agak parno jg ni denger cerita tmn...

plz help

thank,
mia,

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger .yahoo.com

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (10)
13a.
(REPOST) Tatacara Pemesanan Buku Q&A Smart Parents for Healthy Child
Posted by: "mama dika" mama.andika@gmail.com mama_dika
Wed Jun 25, 2008 6:56 pm (PDT)
Dear All,

Bagi rekan-rekan milis yang berkeinginan memiliki bukunya bunda Wati yang ke
dua " Q & A Smart Parents for Healthy Children ", berikut tatacara untuk
pemesanan buku tersebut.

Mohon dibaca baik - baik ya, pemesanan buku tidak akan dilayani jika melalui
JALUM.

Buku dapat dipesan melalui Ibu Esti. Harga buku yang dipesan melalui YOP
adalah Rp 55,000 (tidak termasuk ongkos kirim). NAMUN, pemesanan yang akan
dilayani, hanya yang sesuai peraturan di bawah ini :

1. Pemesanan melalui *jalur pribadi (Japri) *ke email
ehandayani@gmail. com<ehandayani% 40gmail.com>
<ehandayani@gmail. com <http://40gmail. com>>,
dengan mencantumkan jumlah buku yang dipesan dan alamat pengiriman

2. Pada subject email harus dicantumkan : *PESAN BUKU*

3. Kami akan melakukan rekonfirmasi pemesanan, berikut ongkos kirim yang
harus dibayarkan.

4. Setelah menerima rekonfirmasi dari kami, transfer dapat dilakukan melalui
nomer rekening :
BCA cabang GKBI
a/c no. 0061959831
a/n Maria Goretti Trinovi R.

5. Pengiriman buku akan dilakukan setelah pembayaran diterima

JANGAN LUPA menulis "*Pesan Buku*" disubject email dan JANGAN mereply email
ini ke milis atau ke email saya, langsung pesan JAPRI ke
ehandayani@gmail. com <ehandayani% 40gmail.com>
<ehandayani@gmail. com<http://40gmail. com>
>

Pemesanan yang tidak melalui tatacara diatas TIDAK AKAN DILAYANI. Sekali
lagi, mohon perhatikan petunjuk diatas baik2.

Terima kasih atas perhatiannya.

Shinta

--
http://swahyuni. multiply. com

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (4)
14a.
Imunisasi lebih cepat 1 hari
Posted by: "Tri Retno" tri.retno@petrochina.co.id
Wed Jun 25, 2008 7:19 pm (PDT)
Pagi Docs and Smart Parents,

Dila 1,1 thn jadwalnya imunisasi IPD tanggal 28 Juni nanti, tapi karena kemungkinan saya tidak sempat, boleh gak ya imunisasinya tanggal 27 Juni besok? jadi lebih cepat satu hari gitu...

plis infonya...

thanks ya..

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (2)
14b.
Re: Imunisasi lebih cepat 1 hari
Posted by: "tristanathan" tristanathan.amadeo@gmail.com trinovi
Wed Jun 25, 2008 7:28 pm (PDT)
kalau imunisasi, beda 1 hari gak masalah kok... yang penting diperhatikan
interval minimalnya aja (kalau memang ada.)

anyway... khusus imunisasi ini.. anak2 saya malah udah telat 5th 11bln dan
2th 10bln dari jadwal pemberian vaksin satu ini... :P

-ria-

2008/6/26 Tri Retno <tri.retno@petrochin a.co.id>:

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (2)
15.
ASI Ekslusif
Posted by: "Dessi Tri Aryani" dessi_140206@yahoo.com
Wed Jun 25, 2008 7:25 pm (PDT)
Dear All,
Sekarang aku sedang mengandung usia 7 bulan, aku sangat khawatir tidak bisa memberikan ASI ekslusif kepada bayi aku, karena waktu kehamilan aku yang pertama aku cuma bisa memberikan bayi aku 3 bulan ASI ekslusif karena air susu aku sedikit sekali dan aku belum tahu benar cara menyusui yang benar.
Yang aku mau tanyakan adalah persiapan apa yang aku harus lakukan agar aku bisa menyusui secara eklusif dan bagaimana cara merawat payudara sehingga siap pada saat aku akan menyusui karena puting payudara aku masuk.
Jika ada yang tahu dimanakah klinik laktasi yang dapat aku datangi untuk belajar menyusui dengan baik ?
Tolong bantuannya,
Makasih,
Dessi

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (1)
16..
Sakit Tulang
Posted by: "ariq_novrian17" ariq_novrian17@yahoo..com ariq_novrian17
Wed Jun 25, 2008 7:25 pm (PDT)
Pagi dr's n SP's

Sudah hampir sebulan ini tulang diseluruh badan saya sakit semua.
Awalnya mulai dari telapak kaki. Kemudian ada merah2 di badan dan
demam. Kemudian ke dokter, kata beliau saya terkena virus nyamuk
cikungunya. Terus dikasih obat nyeri dan demam. Obat demamnya memang
hanya parasetamol. Selama minum obat, rasanya sakitnya hilang alias
sembuh deh. Tapi kok setelah itu sakitnya ada lagi dan makin sekit
tulang2 di badan saya. Untuk berdiri aja sakit banget apalagi dibawa
jalan. Apalagi sehabis bangun tidur. Tolong dong mungkin ada masukan
sebenernya saya sakit apa ya? apa karena virus itu yang blm tuntas
jadi sakitnya kambuh lagi? dan apakah saya harus kembali berobat ke
dokter lagi atau mungkin ada obat tradisional yang bisa mengobati
sakit tulang?

Terima kasih sebelumnya atas respon dari dr's dan SP's

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (1)
17.
vaksin japanese encephalitis
Posted by: "Christine Widjaya" mommy.timothy@gmail.com mommy_timothy
Wed Jun 25, 2008 7:31 pm (PDT)
Dear Docs dan SPs,

Saya ingin tanya tentang vaksin Japanese Encephalitis di Indonesia.
Saya lihat di jadwal imunisasi yg disarankan IDAI, vaksin ini tidak ada dan
kayaknya jg jarang dibahas di milis ini.
Masalah saya begini: kami disarankan utk memberikan vaksin JE ini kepada Tio
(1th 3w), antara lain karena kami tinggal di daerah suburb.
Vaksin itu diberikan 3 doses, jadi rencananya minggu ini (tgl 20) dan dosis
kedua 1 minggu setelahnya, tgl 27 Juni.

Nah karena kami mau ke Indonesia, dosis ketiga (1 bulan setelah dosis
kedua), kemungkinan harus diberikan di Indonesia.

Pertanyaan saya:

1. apakah vaksin ini sudah umum tersedia di Indonesia?
2. vaksin buatan mana yg beredar di Indonesia? di Thailand sini vaksin nya
buatan Chengdu Institute of Biological Products (China), live attenuated
vaccine SA14-14-2.
3. seandainya pembuat vaksin nya berbeda, apakah boleh diberikan untuk dosis
ketiga?

TErima kasih banyak sebelumnya

SAlam

Christine

[Non-text portions of this message have been removed]

Back to top Reply to sender | Reply to group | Reply via web post
Messages in this topic (1)
Recent Activity
* 35
New MembersVisit Your Group
Meditation and
Lovingkindness
A Yahoo! Group
to share and learn.
Yahoo! Health
Asthma Triggers
How you can
identify them.
All-Bran
Day 10 Club
on Yahoo! Groups
Feel better with fiber.
Need to Reply?
Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.
Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Messages | Database | Polls | Calendar
==========================================================================
" Mailing list SEHAT didukung oleh Hewlett-Packard StorageWorks Division. SEHAT Internet Access & Website didukung oleh CBN Net.
Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : XEROX, Bhumiyamca, Arutmin, HBTLaw dan Ibu Marissa Muliadi yg telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Kunjungi kami di :
http://www.sehatgroup.web.id/
==========================================================================

" SEHAT mailing list is supported by Hewlett-Packard StorageWorks Division. SEHAT Internet Access & Website are supported by CBN Net.
Our biggest gratitude to : XEROX, Bhumiyamca, Arutmin, HBTLaw and Ibu Marissa Muliadi who have consistently sponsored our programme, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Please visit our website at :
http://www.sehatgroup.web.id/
==========================================================================

MARKETPLACE

________________________________
Special offer for Yahoo! Groups from Blockbuster! Get a free 1-month trial with no late fees or due dates.

Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Individual | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

[Non-text portions of this message have been removed]

16.

Tea for 1st trisemester

Posted by: "Mega Pinantie" mega.pinantie@gmail.com

Wed Jun 25, 2008 10:36 pm (PDT)

Dear Doks and SPs..

mau nanya... saya sedang hamil 9 minggu.. dan saya mengalami mual yang
parah, setiap saat, setiap waktu. selama 8 minggu saya sudah nyoba untuk
tidak mengkonsumsi teh sama sekali, tapi udah seminggu terakhir ini, saya
"terpaksa" minum teh 1 hari 1 cangkir untuk mengatasi mual. Itu pun teh
celup biasa dan sengaja saya tidak buat kental, hanya beberapa celup saja
dan ditambah gula sedikit.

pertanyaan saya:
- apakah akan ada pengaruh besar terhadap pertumbuhan janin saya nanti?
karena saya memang tau bahwa teh itu memang mengandung kafein, dan itu
dilarang selagi hamil.
- apakah wajar saya mengalami mual yang parah seperti ini?

- apa ada solusi lain, selain minum teh, untuk mengatasi mual. Secara saya
juga tidak suka dengan jahe..

Segitu dulu deh pertanyaan saya.. Please advice ya, all..
Many thanks...

--
Best Regards,
Mey

[Non-text portions of this message have been removed]

17.

Perkenalan, pertanyaan dan menanggapi ASIX tanpa dukungan keluarga

Posted by: "yuyu_ie" yuyu_ie@yahoo.com   yuyu_ie

Wed Jun 25, 2008 10:37 pm (PDT)

Halo, saya anggota baru, nama Yuyu, baru melahirkan 11 juuni lalu,
seorang putra, saya berusaha berikan ASIX,tp bayi saya merasa kurang
dan ( diselapayudara saya udah kosong. waktu itu saya stress sekali.
di satu sisi ingin menyusui sendiri disisi keluarga ada yang malah
ngomong di sambung pake formula aja, nanti baby nya kuran ggizi lho..
Setelah baca RE: ASIX tanpa dukungan keluarga saya jadi lebih semangat
untukberikan ASI ke baby saya..

Melalui tulisan ini saya ingin menanyakan, berapa lama payudara kita
terisi lagi hingga penuh? anak saya kalo menyusu kedua payudara
kanan&kiri kira2 total setengah jam(disaat menyusu mata merem ngantuk
jadi gak terlalu nyedot), trus kalo mulutnya di sentuh masih tolah
toleh, berarti masih kepengen nyusu kan? tp kalo saya susui lagi
kayaknya ASInya belom ada.. Gimana ya ??? kalo nekat saya susui terus
dengan kondisi payudara kosong, dia jadi kembung, dan nangis marah..
apa yang harus saya lakukan?

saya belom pernah menyusui di payudara kiri trus di payudara kanan
saya keluar ASI sendiri, apakah ini menandakan produksi ASI saya sedikit?

Saya menunggu pencerahan dan dukungan semangat dari semua pendukung ASIX.

Terima kasih.

18.

Re: tanya gula darah

Posted by: "Yeni" yeni@ni-teijinshoji.co.id

Wed Jun 25, 2008 11:09 pm (PDT)

Dear SPs,

Beberapa hari lalu suami saya (41 tahun, berat 65 kg, tinggl 173 cm) di tes gula darah dan hasilnya nilai gula darah 174. Katanya gula darah itu jangan lebih dari 180.
Kalau begitu gula darah suami saya sudah diambang batas.
Padahal suami saya itu bukan perokok, jarang minum kopi, jarang ngemil atau makan yang manis2. makan duren (dia suka sekali duren) hanya sekitar sebulan sekali. Dan makan makanan rumah yang sehat. Seperti sayur, lauk-pauk dll dalam batas wajar.
Hanya saja, ibunya punya penyakit gula dan sekarang sudah meninggal karena penyakitnya itu.

Yang ingin saya tanyakan apa yang menyebabkan kadar gula darah suami saya setinggi itu? apakah karena faktor keturunan? atau karena dia suka makanan seafood atau duren, meskipun dia hanya mengkonsumsi makanan spt ini sesekali saja?
.
Jenis makanan apa yang harus dihindari? karena secara umum suami saya berpola makan yang wajar2 saja. apakah seafood (terutama udang dan cumi2) bisa meningkatkan kadar gula darah? Yang saya tahu seafood itu hanya meningkatkan kadar kolestrol, bukan gula darah.

Mohon saran dan masukannya.

yeni

[Non-text portions of this message have been removed]

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Health

Asthma Triggers

How you can

identify them.

Meditation and

Lovingkindness

A Yahoo! Group

to share and learn.

Moderator Central

Get answers to

your questions about

running Y! Groups.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
==========================================================================
" Mailing list SEHAT didukung oleh Hewlett-Packard StorageWorks Division. SEHAT Internet Access & Website didukung oleh CBN Net.
Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : XEROX, Bhumiyamca, Arutmin, HBTLaw dan Ibu Marissa Muliadi yg telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Kunjungi kami di :
http://www.sehatgroup.web.id/
==========================================================================

" SEHAT mailing list is supported by Hewlett-Packard StorageWorks Division. SEHAT Internet Access & Website are supported by CBN Net.
Our biggest gratitude to : XEROX, Bhumiyamca, Arutmin, HBTLaw and Ibu Marissa Muliadi who have consistently sponsored our programme, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

Please visit our website at :
http://www.sehatgroup.web.id/
==========================================================================
MARKETPLACE

Blockbuster is giving away a FREE trial of - Blockbuster Total Access.

No comments: