Thursday, October 4, 2007

[sehat] Digest Number 7818

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: Balasan: RE: [sehat] TANYA: bakteri tahan asam From: herlina septiarti
1b.
Balasan: Re: Balasan: RE: [sehat] TANYA: bakteri tahan asam From: ATI PRIHATI
2a.
Re: tanya : Resep dokter batuk & pilek From: herlina septiarti
2b.
Re: tanya : Resep dokter batuk & pilek From: Apriyanti
3a.
Re: [TANYA] TBC dan perawatannya From: herlina septiarti
4a.
benjolan di leher From: heru riyanto
4b.
Re: benjolan di leher From: Donny_JES
4c.
Re: benjolan di leher From: Dina Kurniasari
5.
Payudara tetap sakit walau sudah operasi From: idus ahmad
6.
(Tanya) suspect FAM vs menyusui From: inda
7a.
Batuk Pilek Sering? From: Merry Nitalia
7b.
Re: Batuk Pilek Sering? From: TristaNathan Amadeo
7c.
Re: Batuk Pilek Sering? From: Merry Nitalia
7d.
Re: Mata belekan plus batuk pilek From: Melani Yahya
7e.
Re: Mata belekan plus batuk pilek From: TristaNathan Amadeo
7f.
Re: Mata belekan plus batuk pilek From: :) i n d a h :)
7g.
Re: Mata belekan plus batuk pilek From: Melani Yahya
8a.
Re: (tanya) penularan TBC From: yuli sukri
9a.
Thank You! (was: Re: Urgent: Butuh Donor Darah Golongan O+) From: arman_ok
10.
FW:  Fw: Telur Palsu From: Dayu Agung Anggraini
11a.
Re: TANYA: bakteri tahan asam From: gendi
12a.
OOT : Sold  (Was Siapa butuh PRT infal) From: Aisha Diva
12b.
Re: OOT : Sold  (Was Siapa butuh PRT infal) From: Sondang Rotua
13.
tanya : DSA bogor yang barus From: Apriani, Santi
14.
(Tanya) boleh kah bayi 7mos diberi vitamin?? From: Melania Marwan

Messages

1a.

Re: Balasan: RE: [sehat] TANYA: bakteri tahan asam

Posted by: "herlina septiarti" septiarti@gmail.com   cygnutian_blue

Wed Oct 3, 2007 6:04 am (PST)

dear mbak ati,
mau tanya nih. kalau diminta cek dahak karena ada flek paru, berarti ada
kecurigaan TB paru? kuman penyebab TB itu mycobacterium tuberculosa,
termasuk bakteri tahan asam. apakah ada keluhan yang lain mbak? batuk lama
(lebih dari 2 minggu), batuk darah, keringat di malam hari, tidak nafsu
makan, demam dengan suhu tidak terlalu tinggi? tapi kalau memang ayah mbak
ati sakit TB paru tidak perlu tes mantoux. karena kemungkinannya positif
walau tidak sakit TB. diagnosis TB paru dewasa ditegakkan dari perjalanan
penyakit, BTA sputum, Ro thorax dan LED. semoga bisa membantu ya...

lina

[Non-text portions of this message have been removed]

1b.

Balasan: Re: Balasan: RE: [sehat] TANYA: bakteri tahan asam

Posted by: "ATI PRIHATI" atie84_madu@yahoo.co.id

Wed Oct 3, 2007 7:08 pm (PST)

makasih dok atas tanggapannya, tapi yang saya tahu udah berapa lama ini ayahku ngga ada keluhan batuk, demam, atau yang lainnya, tapi kalo masalah nafsu makan emang udah dari dulu makannya agak susah...
Setelah saya tanya2 kemarin, ternyata dia disuruh cek dahak karena selesai MCU tahunan dari kantornya, padahal tahun2 yang lalu hasil rontgen gak ada kelihatan flek di paru2nya dan baru tahun ini aja...
Terus setelah kemarin lapor ke dokter klinik kantornya lagi tentang hasil labnya ayah saya disuruh cek dan consult ke dr. sp. paru di RS. Mi*** K***** G**** dan oleh dr disana langsung diberi obat untuk diminum selama 1 minggu dan disuruh kembali setelahnya, dan harus kontrol setiap bulannya nanti...
Jadi...apakah bisa ditarik kesimpulan kalo ayah saya benar2 positif terkena TB dan apakah mungkin akan ada yang tertular nantinya.
Masalahnya saya tinggal bersama beliau dan saya memiliki anak berusia 4 bulan, ngga mungkinkan kalo saya sampai nglarang ayah saya untuk dekat2 anak saya... :-). Mohon Penjelasannya lebih lanjut dok...

Terima kasih
(maaf OL)

herlina septiarti <septiarti@gmail.com> wrote:
dear mbak ati,
mau tanya nih. kalau diminta cek dahak karena ada flek paru, berarti ada
kecurigaan TB paru? kuman penyebab TB itu mycobacterium tuberculosa,
termasuk bakteri tahan asam. apakah ada keluhan yang lain mbak? batuk lama
(lebih dari 2 minggu), batuk darah, keringat di malam hari, tidak nafsu
makan, demam dengan suhu tidak terlalu tinggi? tapi kalau memang ayah mbak
ati sakit TB paru tidak perlu tes mantoux. karena kemungkinannya positif
walau tidak sakit TB. diagnosis TB paru dewasa ditegakkan dari perjalanan
penyakit, BTA sputum, Ro thorax dan LED. semoga bisa membantu ya...

lina

[Non-text portions of this message have been removed]

---------------------------------
Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo! Answers

[Non-text portions of this message have been removed]

2a.

Re: tanya : Resep dokter batuk & pilek

Posted by: "herlina septiarti" septiarti@gmail.com   cygnutian_blue

Wed Oct 3, 2007 7:23 am (PST)

dear mbak airin,
yang mbak lakukan udah bener kok. obatnya ga usah diberikan. ini diambil
dari medicastore.com semoga bisa membantu

lina

*NIPE* *GENERIK * Per ml : Isotipendil HCl 1 mg, Asetaminofen 120 mg,
Fenilefrin HCl 1 mg. *INDIKASI * Pilek & komplikasinya, rinitis akut &
rinitis alergika, bronkhitis & sinusitis, demam. *KONTRA INDIKASI* Gangguan
hati *PERHATIAN * Diabetes, hipertensi, gangguan tiroid & jantung, dapat
mengganggu kemampuan untuk mengendarai kendaraan atau mengoperasikan mesin.
*EFEK SAMPING* Gugup, kelelahan, insomnia (susah tidur), mengantuk. *KEMASAN
* Tetes untuk anak 15 mL. *DOSIS *
Anak berusia lebih dari 6 tahun : 3-4 kali sehari 2-4 ml.
Anak berusia 1-6 tahun : 3-4 kali sehari 1-2 ml.
Bayi berusia kurang dari 1 tahun : 3-4 kali sehari ½-1 ml.

*MUCOPECT* *GENERIK * Ambroxol HCl. *INDIKASI * Terapi sekretolitik
pada penyakit bronkhopulmoner akut dan kronis yang berkaitan dengan sekresi
dahak abnormal & gangguan pengeluaran dahak. *KONTRA INDIKASI* *PERHATIAN
* Gangguan fungsi ginjal & hati.
Kehamilan, menyusui.
*Interaksi obat* : Amoksisilin, Eritromisin, Doksisilin. *EFEK
SAMPING* Reaksi
alergi, efek pada saluran pencernaan yang bersifat ringan. *KEMASAN * Tetes
15 mg/ml x 20 ml. *DOSIS *
Dewasa & anak berusia lebih dari 12 tahun : 2 kali sehari 4 ml.
Anak berusia 6-12 tahun : 2 kali sehari 3 ml.
Anak berusia 4-6 tahun : 2 kali sehari 2 ml.
Anak berusia 2-4 tahun : 2 kali sehari 1,5 ml.
Anak berusia 1-2 tahun : 2 kali sehari 1 ml.
Anak berusia kurang dari 1 tahun : 2 kali sehari 0,5 ml.

[Non-text portions of this message have been removed]

2b.

Re: tanya : Resep dokter batuk & pilek

Posted by: "Apriyanti" yanti@kalimantan.ptpn13.com

Wed Oct 3, 2007 3:37 pm (PST)

kalo treatmentnya sudah sesuai guideline yg pernah disaranin di Pesat,
kayaknya yg perlu dilakukan hanya observasi dan observasi...obat-2an gak
perlu deh, gak ada obat batpil yg efektif...lagian nipe itu udah gak
direkomen lagi utk anak kan ya (CMIIW ya dok)...
kasi aja makanan yg bergizi dan banyak asupan cairan (asi terutama)...
sedia larutan murni NaCl mana tau idungnya mampet gara-2 pilek...kalo
tidur bantalnya rada ditinggikan biar terasa lega...
waktu ahmad batpil sampe 2 minggu, hanya ngikutin guideline aja
mbak...krn anaknya juga makannya masih kuat dan masih pecicilan.
muntah juga sih...tapi ya gpp...sudah itu lega...kalo demam dimandiin
aja sama air hangat, supaya segeran...

semoga si kecil cepat sembuh ya mbak..
salam
yanti

3a.

Re: [TANYA] TBC dan perawatannya

Posted by: "herlina septiarti" septiarti@gmail.com   cygnutian_blue

Wed Oct 3, 2007 7:54 am (PST)

dear mbak yani,
mau nambahin jawabannya mbak listi nih. salah satu pencegahan penularannya
adalah pengelolaan dahak penderita. jadi, usahakan dahak adik mbak dibuang
dengan baik. di lubang saluran pembuangan kamar mandi dan langsung
disiram. jangan biarkan dahaknya diam lama di udara bebas ya mbak. trus ini
ada bagan bacaan tentang TB milier. semoga bisa membantu ya mbak.
http://www.emedicine.com/med/topic1476.htm dan
http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/000624.htm

lina

[Non-text portions of this message have been removed]

4a.

benjolan di leher

Posted by: "heru riyanto" hr_riyanto@yahoo.com

Wed Oct 3, 2007 5:30 pm (PST)

yth dr Wati.......

anak saya ananda ramadhan (1 th), dileher kanan ada benjol, bulet agak keras
kalo diraba. saya takutnya kelenjar getah beningnya bengkak,
sampai saat ini belum ke dokter, mohon advisnya juga buat temen2 milis
tanks banyak

pa2 nya nanda
heru

__________________________________________________________
Be a better Heartthrob. Get better relationship answers from someone who knows. Yahoo! Answers - Check it out.
http://answers.yahoo.com/dir/?link=list&sid=396545433

[Non-text portions of this message have been removed]

4b.

Re: benjolan di leher

Posted by: "Donny_JES" donny_mojok@yahoo.com   donny_mojok

Wed Oct 3, 2007 6:29 pm (PST)

dr wati sepertinya kasus papanya nanda juga menimpa anak saya Dimas (16bln), soalnya dibawah daun telinga sebelah kiri (dibelakang tulang rahang) juga terdapat benjolan (taunya mulai sekitar umur 2-3blnan) dan juga benjolannya kadang terasa besar kadang juga terasa kecil......dan sampai sekarang saya juga belum memeriksakan ke Dokter anak.......mohon petunjuk

Yanda nya Dimas
Donny

heru riyanto <hr_riyanto@yahoo.com> wrote: yth dr Wati.......

anak saya ananda ramadhan (1 th), dileher kanan ada benjol, bulet agak keras
kalo diraba. saya takutnya kelenjar getah beningnya bengkak,
sampai saat ini belum ke dokter, mohon advisnya juga buat temen2 milis
tanks banyak

pa2 nya nanda
heru

__________________________________________________________
Be a better Heartthrob. Get better relationship answers from someone who knows. Yahoo! Answers - Check it out.
http://answers.yahoo.com/dir/?link=list&sid=396545433

[Non-text portions of this message have been removed]





---------------------------------
Yahoo! oneSearch: Finally, mobile search that gives answers, not web links.

[Non-text portions of this message have been removed]

4c.

Re: benjolan di leher

Posted by: "Dina Kurniasari" dina.kurniasari@astra-honda.com   adin_zahra

Wed Oct 3, 2007 6:59 pm (PST)

saya repost jawaban di milis tentang benjolan dileher

*************************************************************************************************************

Dear Eddy
Benar, itu kelenjar getah bening
Kebanyakan sih akibat seringnya balita mengalami ISPA karena virus (jadi gak
butuh antibiotik)

kalau saya boleh urun rembug
Observasi saja dahulu
Tidak usah ke dokter bedah
Ketika jadwal konsul dengan dokter, kemukakan masalah ini dan diskusikan

wati
***************************************************************
Urun rembug dikit yah Bu....
Sekedar sahring juga dari pengalaman anak saya.

Seperti biasa mohon koreksi poro wini sepuh (dr/sp)

Bukan porsi saya untuk menilai pendapat DSA-nya Ibu...tapi memang betul
demikian adanya.

Ibu Dina...benjolan di belakang kepala, atau pembengkakan kelanjar getah
bening adalah suatu hal yang lumrah/ biasa yang terjadi pada anak sebagai
akibat dari seranagn virus seperti pilek,batuk...etc.
Kelenjar getah bening ini membengkak mengindikasikan adanya pertahanan tubuh
terhadap si virus.

Yang mungkin perlu di curigai adalah, pembengkakan itu bersifat permanan,
ketika diraba nggak kenyal..atau agak keras dikit.....

Jadi Ibu..banyakin ASInya lagi aja terus...dan minum..makan yang sehat.

Insya Allah cepet sembuh

sami2 Ibu.

salam,
bapakeghozan

----- Original Message -----
From: "Dina Kurniasari" <dina.kurniasari@astra-honda.com>
To: <sehat@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, September 05, 2006 8:18 AM
Subject: [sehat] benjolan di kepala bagian belakang>
> nah gimana ini...saya agak2 khawatir nih...
>
> saya mohon pendapat dan sharing...dokter eka, dokter wati...plis second
> opinion...nya...dear all...mungkin ada yang punya kasus kaya anak saya...
>
>
> matur nuwun sblmnnya

Send instant messages to your online friends http://asia.messenger.yahoo.com

==========================================================================
" SEHAT mailing list is supported by Hewlett-Packard StorageWorks Division. SEHAT Internet Access & Website are supported by CBN Net "

Please visit also our website at :
http://www.sehatgroup.web.id/
==========================================================================

Yahoo! Groups Links

----------

IMPORTANT -
The contents of this email and its attachments are confidential and intended only for the individual or entity named above.
Any unauthorized use of the contents is expressly prohibited. If you receive this email in error, please contact us, then delete the email.
Please note that any views or opinions presented in this email are solely those of the author and do not necessarily represent those of the company and should not be seen as forming a legally binding contract without express written confirmation.
Finally, the recipient should check this email and any attachments for the presence of viruses. PT Astra Honda Motor accepts no liability for any damage caused by any virus transmitted by this email.

[Non-text portions of this message have been removed]

5.

Payudara tetap sakit walau sudah operasi

Posted by: "idus ahmad" idus_ahmad@yahoo.co.id   idus_ahmad

Wed Oct 3, 2007 5:55 pm (PST)

Dear Bunda Wati,

Saya idus, usia 45 th, pada desember 2006 saya menjalani operasi payudara sebelah kanan, terdapat tumor jinak sebesar telor puyuh. Mulai dari bulan ke tiga sampai sekarang payudara saya ttp sakit berdenyut terutama setelah melakukan pekerjaan yang banyak menggunakan tangan kanan, Tapi herannya kalau saya menggunakan tangan kanan saya sekarang tidak sekuat dulu, sering pegal dan kram.

Oleh dokter saya diberi vitamin sanotake dan obat penahan sakit, cuma sampai sekarang belum hilang juga.. Oh ya kakak saya juga operasi mastek dengan CA stadium 2 +.

Apakah saya juga kemungkinan besar mengalami sama sprt kakak saya?

Mohon Pencerahan.

Thk.

idus

---------------------------------
Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo! Answers

[Non-text portions of this message have been removed]

6.

(Tanya) suspect FAM vs menyusui

Posted by: "inda" neng_indanya@yahoo.com   neng_indanya

Wed Oct 3, 2007 6:29 pm (PST)

dear all docter & SP

beberapa bulan lalu saya sempat cek ke ahli bedah karena saya curiga
ada benjolan di PD kanan saya. benjolan ini saya dapatkan beberapa
hari setelah saya mulai menyusui baby saya (6 bulan yang lalu).
pada saat konsul ahli bedahnya langsung menyatakan bahwa benjolan
ini bukanlah kelenjar susu melainkan sejenis tumor jinak (FAM).
dulu saya sempat berniat untuk operasi setelah saya menyusui baby
saya selama 6 bulan. tapi setelah lewat 6 bulan niat saya itu
menyurut. ahli bedah tersebut menyarankan untuk melakukan
pengangkatan setelah saya menyapih baby saya.

yang ingin saya tanyakan:
1. apakah tumor ini akan berpengaruh terhadap ASI dan baby saya?
2. mungkinkah FAM berubah menjadi ganas apabila tidak juga diangkat?

mohon infonya ya...
terima kasih sebelumnya...

inda bundakalya
yanglagidilema

7a.

Batuk Pilek Sering?

Posted by: "Merry Nitalia" m_nitnot@yahoo.com   m_nitnot

Wed Oct 3, 2007 6:31 pm (PST)

Dear moms/dr wati,

mungkin ada yang punya pengalaman yang sama atau
referensi obat yang jitu? anak saya gerrarrd 13 bulan,
sering sekali menderita batuk & pilek. bulan kemarin
batuknya berdahak dan sampai harus diterapi uap 3x dan
diberikan obat antibiotik. belum ada sebulan sekarang
batuk berdahak dan pilek lagi kurang lebih sudah
hampir 2 minggu belum sembuh. saya tidak ke dokter,
karena takut nanti diberi antibiotik lagi. saya hanya
beri obat batuk biasa a........n atau h......p namun
masih batuk berdahak. kasihan. mohon untuk sharingnya
apa yang harus dilakukan? saya sudah jemur tiap hari
juga tapi tetap batuk. ditunggu, terima kasih.

__________________________________________________________
Don't let your dream ride pass you by. Make it a reality with Yahoo! Autos.
http://autos.yahoo.com/index.html


7b.

Re: Batuk Pilek Sering?

Posted by: "TristaNathan Amadeo" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Wed Oct 3, 2007 6:57 pm (PST)

mbak merry...

batpil-nya disertai demam gak? kalo gak, boleh dipikirkan ttg kemungkinan
alergi, selama masih bersinggungan dg pencetusnya batpil akan terus ada....

infeksi ataupun infeksi virus, gak bisa dilawan pake obat, apalagi ab.
terapi uap? memang ada gejala asma?
obat batuk biasa? mmm.. memang ada ya?

waktu join milis ini dapet artikel common problem dari mods kan? kalau itu
udah dibaca dg baik, dijamin gak akan berpikiran ttg treatment obat2an....
kalau masih gak yakin, ikutan pesat bisa lebih banyak dapat pemcerahan lebih
banyak :-)

obat yang jitu?
cari penyebab batpil-nya
kalau karena virus.. ya ga bisa pakai obat
kalau karena alergi... ya avoidance, avoidance dan avoidance...

intake cairan diperbanyak, menjaga kelembapan suhu ruangan bisa sedikit
membantu.

-ria

On 10/4/07, Merry Nitalia <m_nitnot@yahoo.com> wrote:
>
>
>
>
>

[Non-text portions of this message have been removed]

7c.

Re: Batuk Pilek Sering?

Posted by: "Merry Nitalia" m_nitnot@yahoo.com   m_nitnot

Wed Oct 3, 2007 7:16 pm (PST)

ok mbak ria, thanx buat inputnya. mungkin aku telusuri
lagi penyebabnya. kalau feelingku sih mungkin karena
pake AC kali ya? kayanya sih dulu pernah baca, tapi
agak lupa juga. minta tolong lagi mungkin kalau masih
ada artikelnya bisa tolong di-email. thanx ya ...

--- TristaNathan Amadeo
<tristanathan.amadeo@gmail.com> wrote:

> mbak merry...
>
> batpil-nya disertai demam gak? kalo gak, boleh
> dipikirkan ttg kemungkinan
> alergi, selama masih bersinggungan dg pencetusnya
> batpil akan terus ada....
>
> infeksi ataupun infeksi virus, gak bisa dilawan pake
> obat, apalagi ab.
> terapi uap? memang ada gejala asma?
> obat batuk biasa? mmm.. memang ada ya?
>
> waktu join milis ini dapet artikel common problem
> dari mods kan? kalau itu
> udah dibaca dg baik, dijamin gak akan berpikiran ttg
> treatment obat2an....
> kalau masih gak yakin, ikutan pesat bisa lebih
> banyak dapat pemcerahan lebih
> banyak :-)
>
> obat yang jitu?
> cari penyebab batpil-nya
> kalau karena virus.. ya ga bisa pakai obat
> kalau karena alergi... ya avoidance, avoidance dan
> avoidance...
>
> intake cairan diperbanyak, menjaga kelembapan suhu
> ruangan bisa sedikit
> membantu.
>
> -ria
>
> On 10/4/07, Merry Nitalia <m_nitnot@yahoo.com>
> wrote:
> >
> >
> >
> >
> >
>
>
> [Non-text portions of this message have been
> removed]
>
>

__________________________________________________________
Luggage? GPS? Comic books?
Check out fitting gifts for grads at Yahoo! Search
http://search.yahoo.com/search?fr=oni_on_mail&p=graduation+gifts&cs=bz

7d.

Re: Mata belekan plus batuk pilek

Posted by: "Melani Yahya" melani.yahya@cognis.com   melani_yahya

Wed Oct 3, 2007 7:19 pm (PST)

Dear sps and dokters,
aku lagi bingung nih, anakku Ben (3 tahun 2 bulan), udah beberapa hari ini
batuk pilek. But kemarin tiba2 matanya banyak belekannya. Belekannya kaya
ingus gitu. Aku pernah baca dari bahasannya dr Apin dulu (berikut aku
copykan) :

Pertama, membedakan antara konjungtivitis akibat virus, bakteri, dan
alergi (saya ambil dari pediatric on call):

1. Bacterial conjunctivitis:- It is seen as a pink eye. It affects both
the eyes usually and leads to thick discharge of mucus from both the eyes.
2. Viral conjunctivitis: - Is a limited condition. It usually affects one
eye and causes excessive tearing. The discharge is usually mild.
3. Allergic conjunctivitis:- It results in excessive tearing from the eyes
and itching & redness in the eyes. It may sometimes be associated with a
runny nose.
4. Opthalmia neonatorum:- Is conjunctivitis in the newborn. It requires
emergency care and the neonatologist (physician caring for the baby)
should be consulted immediately. It has to be treated urgently to prevent
permanent eye damage or blindness. It is usually caused when the infant is
exposed to the germs in the mother's birth canal. Gonococcus, C.
trachomatis and herpes virus are the common causes.

Kalau lihat dari penjelasan di atas sih kayanya anakku kena konjungtivitis
akibat bakteri ya ? Berarti harus dikasih tetes mata antibiotik ? Nama
dagangnya apa ya ? Please kindly advice.

rgds and thanks,
Melani Yahya

[Non-text portions of this message have been removed]

7e.

Re: Mata belekan plus batuk pilek

Posted by: "TristaNathan Amadeo" tristanathan.amadeo@gmail.com   trinovi

Wed Oct 3, 2007 7:36 pm (PST)

mbak melani,

matanya ben merah gak?
soalnya tulisan dr apin nyebutin kalo infeksi bakteri akan seen as a pink
eye.

sharing ya..
ntan juga pernah ngalamin belekan pas batuk pilek, waktu itu kebetulan
lumayan parah batpil-nya + demam juga.
memang gak sampe kaya ingus, tapi cukup tebal dan lengket.
saya masih gak kawatir krn matanya ntan sama sekali gak merah, jadi saya
cuma treatment pakai kapas basah aja, dioleskan satu arah (gak bolak balik).

2-3 hari udah membaik sih.
coba observasi dulu...
docs.. please cmiiw...

-ria

On 10/4/07, Melani Yahya <melani.yahya@cognis.com> wrote:

[Non-text portions of this message have been removed]

7f.

Re: Mata belekan plus batuk pilek

Posted by: ":) i n d a h :)" husnulm@telkom.co.id

Wed Oct 3, 2007 7:44 pm (PST)

Nandaku juga barubaru ini kayak gitu mbak..

mulanya batpil agak lama, trus nyusul kotoranmata "berlimpah"..

alhamdulillah dr masukan dokter n smart parents di milis sehat, sy gak kasih
obat apa2. Krn Nanda gak demam, mata gak merah, lincah n nafsu makan spt
biasa.
Matanya dibersihkan sj sering2 dgn kain/kapas/tisu bersih - kl nempel banget
pake air hangat...
beberapa hari berhenti sendiri..

smg mmbantu


Warm Regards,

i n d a h
Husnul Mufidah
Telkom CIS RO KTI
Flexi : 0411-50indah
-------Original Message-------

From: sehat@yahoogroups.com
Date: Thursday, October 04, 2007 10:19:56 AM
To: sehat@yahoogroups.com
Subject: Re: [sehat] Mata belekan plus batuk pilek

Dear sps and dokters,
aku lagi bingung nih, anakku Ben (3 tahun 2 bulan), udah beberapa hari ini
batuk pilek. But kemarin tiba2 matanya banyak belekannya. Belekannya kaya
ingus gitu. Aku pernah baca dari bahasannya dr Apin dulu (berikut aku
copykan) :

Pertama, membedakan antara konjungtivitis akibat virus, bakteri, dan
alergi (saya ambil dari pediatric on call):

1. Bacterial conjunctivitis:- It is seen as a pink eye. It affects both
the eyes usually and leads to thick discharge of mucus from both the eyes.
2. Viral conjunctivitis: - Is a limited condition. It usually affects one
eye and causes excessive tearing. The discharge is usually mild.
3. Allergic conjunctivitis:- It results in excessive tearing from the eyes
and itching & redness in the eyes. It may sometimes be associated with a
runny nose.
4. Opthalmia neonatorum:- Is conjunctivitis in the newborn. It requires
emergency care and the neonatologist (physician caring for the baby)
should be consulted immediately. It has to be treated urgently to prevent
permanent eye damage or blindness. It is usually caused when the infant is
exposed to the germs in the mother's birth canal. Gonococcus, C.
trachomatis and herpes virus are the common causes.

Kalau lihat dari penjelasan di atas sih kayanya anakku kena konjungtivitis
akibat bakteri ya ? Berarti harus dikasih tetes mata antibiotik ? Nama
dagangnya apa ya ? Please kindly advice.

rgds and thanks,
Melani Yahya

[Non-text portions of this message have been removed]





[Non-text portions of this message have been removed]

7g.

Re: Mata belekan plus batuk pilek

Posted by: "Melani Yahya" melani.yahya@cognis.com   melani_yahya

Wed Oct 3, 2007 7:50 pm (PST)

Dear mbak Ria dan mbak Indah,
matanya Ben sih ngak merah banget. Ada merah sedikit diujung matanya.
Tapi kalo dilihat sekilas sih ngak merah.
N anaknya ngak ada demam sih. Cuma kadang2 bilang gatal aja. Mungkin ngak
enak kali ya.
Terus belekannya di 2 matanya. Ngak cuma 1 doank.
Okay deh aku coba observasi dulu deh sebelum kasih obat.
Thanks a lot atas sharingnya ya.

rgds and thanks,
Melani Yahya

[Non-text portions of this message have been removed]

8a.

Re: (tanya) penularan TBC

Posted by: "yuli sukri" yuli_sukri@yahoo.com   yuli_sukri

Wed Oct 3, 2007 6:50 pm (PST)

nambahin sharing-nya listi....
TBC itu menular.. kalo si penderita minimal berinteraksi minimal 8
jam/sehari dalam jangka waktu yang lama (kalo ga salah 3 bulanan).

Menurut Dr Davide Manissero (WHO) yang pernah presentasi sesi TBC di
Pesat 5.. cara mendiagnosa TB itu salah satunya menggunakan TB
Flower:
kelopak 1 = test mantoux (ini ada kriterianya.. termasuk ketebalan
dan kemerahannya... pernah diposting dr wati).
kelopak 2 = test dahak.
kelopak 3 = rontgen.
kelopak 4 = kontak dengan penderita TB.

kalo dr bambang supriyatno (di TB Day) malah jelasin kalo IDAI punya
tabel score untuk mendiagnosa anak = TB.

Jadi untuk mendiagnosa TB ini bukan semata2 dari hasil rontgen/hasil
test dahak/hasil test mantoux...tapi minimal 4 hal ini.

Penularan TB emang melalui droplet yang keluar dari mulut si
penderita.. tapi.. ya.. itu tadi.. biasanya si penderita ini minimal
8 jam sehari trus selama 3 bulan tinggal bersama.

Insya Allah sih ga pa pa,... dulu saya juga sempet keder.. gara2
bumi pas lebaran "ketemu" sama sepupunya (anak2 juga) yang
didiagnosa TB.

cmiiw ya docs/sps... *terutama gendi.. hehehe....*

rgds,
-yuli-
mamabumi&kiralagisenenghariinidapetundanganperesmianlactationroomdika
ntor
--- In sehat@yahoogroups.com, "Gopina Goham" <alfin.baby@...> wrote:
>
> On 10/3/07, yeye_lucu <yeye_lucu@...> wrote:
> >
> > Yang jadi pertanyaan aku, dia sempet mampir di rumahku sekitar
> > setengah hari (transit aja sambil nunggu tes lab dan rontgen)
dan di
> > rumahku ada anakku (13 bulan)..cuma dia gak kontak sama sekali
sama
> > anakku sih.. apakah ini aman atau adakah kemungkinan penularan?
> > sempat aku baca, penularan TBC nggak semudah flu..tapi tetep
butuh
> > konfirmasi nih ..
> >
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>

9a.

Thank You! (was: Re: Urgent: Butuh Donor Darah Golongan O+)

Posted by: "arman_ok" arman.tjandrawidjaja@gmail.com   arman_ok

Wed Oct 3, 2007 7:08 pm (PST)

Atas nama Hendro sekeluarga, kami menghaturkan terima kasih yang
sedalam-dalamnya kepada semua pendonor darah dan juga semua pihak
yang telah membantu menyebarluaskan berita ini.

Hari Selasa, tgl 2 Oktober 2007 sekitar jam 6.30 malam, telah
terkumpul banyak sekali pendonor untuk Hendro dan akhirnya Hendro
mendapatkan 11 kantong darah. Setelah itu pun masih banyak pendonor
yang datang dan akhirnya mendonor untuk orang lain karena Hendro
telah mendapatkan darah yang cukup. Terima kasih sekali untuk semua
pendonor yang berhati mulia.

Hari Rabu, tgl 3 Oktober 2007, jam 13.10, operasi dilakukan. Jam
15.30 operasi selesai dan berhasil dengan baik. Hendro dirawat di
ICU untuk pemantauan lebih lanjut.

Hari Kamis, tgl 4 Oktober 2007, jam 8.30, kondisi Hendro semakin
membaik dan bahkan seudah diberi makan.

Sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih kepada anda sekalian.
Tuhan memberkati kalian semua.

Best Regards,
Arman

--- In sehat@yahoogroups.com, "arman_ok" <arman.tjandrawidjaja@...>
wrote:
>
> Teman-teman... mohon bantuannya ya...
>
> Anak dari sepupu istri saya, bayi laki-laki berusia 9 bulan,
> mengalamai kebocoran jantung dan akan menjalani operasi besok pagi
> di RS Jantung Harapan Kita.
>
> Sekarang ini dibutuhkan 7 kantong darah golong O+
> So far baru dapet donor 2 orang.
> Jadi mohon bantuannya yang terketuk hatinya untuk mendonor,
ditunggu
> hari ini juga (24 jam) di RS Jantung Harapan Kita, Gedung 2 Lantai
> 7, bagian Rawat Anak
>
> Nama anak: Hendro
> Nama ibu: Mariati
> HP: 085267080078
>
> Mohon bantuannya ya...
> Sebelumnya, kami ucapkan banyak terima kasih...
>
> Regards,
> Arman
>

10.

FW:  Fw: Telur Palsu

Posted by: "Dayu Agung Anggraini" Dayu.Anggraini@vico.co.id

Wed Oct 3, 2007 7:25 pm (PST)

FYI

Makanan Palsu China Menjadi Sorotan di Korea
Anda sulit membedakan keasliannya!

Seorang pekerja tidur di atas krat-krat telur di sebuah pasar grosiran
di Beijing, China. Beberapa media utama di Korea telah memberitakan
proses pembuatan telur-telur tiruan di China, yang mana telah
menggemparkan dan menyebabkan kekhawatiran besar di antara penduduk
Korea. (China Photos/Getty Images)

(Erabaru.or.id) - Baru-baru ini, produk-produk tiruan China telah
menjadi sorotan di Korea. Beberapa media arus utama Korea telah
memberitakan proses pembuatan telur-telur tiruan di China, yang telah
menggemparkan dan menyebabkan kekhawatiran besar di antara penduduk
Korea.

Pada 1-2 September lalu, Munhwa Broadcasting Corporation (MBC)
menayangkan sebuah dokumenter berjudul, "Hidup tanpa produk-produk
buatan China." Acara tersebut menelusuri kehidupan tiga keluarga di
Korea Selatan, AS, dan Jepang yang menolak menggunakan produk-produk
buatan China. Tayangan ini juga berbicara mengenai telur-telur buatan
yang merajalela di China, acara ini telah menarik perhatian publik
Korea.

Menyusul acara tersebut, koran nomor satu Korea, Chosun Ilbo, telah
menerbitkan sebuah artikel berjudul "MBC Special mengekspos telur-telur
tiruan buatan China," melaporkan secara rinci bagaimana telur-telur
tiruan itu dibuat. Dong-A Ilbo, koran Korea lainnya, pada 14 Agustus
2007 juga telah menerbitkan sebuah laporan berjudul "Telur-telur buatan
dari China dibuat dari bahan-bahan kimia telah muncul di pasaran".

Sepersepuluh Harga

Menurut laporan dari Chosun Ilbo, karena peningkatan tajam harga-harga
makanan di China, telur-telur buatan, yang dibuat hanya dari bahan kimia
tanpa bahan alami, telah muncul di Kota Zhengzhou, Provinsi Henan.

Mr. Wang, yang menjalankan sebuah perusahaan yang membuat bahan tambahan
makanan, menjelaskan bagaimana telur-telur tiruan itu dibuat. "'Putih
telur' dibuat dengan melarutkan sodium alginate dalam air. Larutan
tersebut akan terlihat seperti cairan bening yang kental dan sulit
membedakannya dengan putih telur yang sebenarnya.

"'Kuning telur' dibuat dengan menyekop suatu carian dengan pigmen kuning
dan memadatkan serokan cairan tersebut ke dalam larutan kalsium klorida.
Akhirnya, 'putih telur' dan 'kuning telur' dibungkus ke dalam 'kulit
telur' yang dibuat dari kalsium karbonat.

"Jika ditambahkan tepung kanji atau bubuk kuning telur pada 'kuning
telur' tersebut, tekstur dari sebuah telur buatan setelah dimasak hampir
identik dengan telur yang sebenarnya.

Wang mengatakan hanya menghabiskan 0,55 yuan (0,07 dolar AS) untuk
membuat lebih dari 2 butir telur, kurang dari sepersepuluh harga telur
yang sebenarnya di pasaran (0,8 dolar AS.)

Bahan utama dalam telur-telur buatan tersebut adalah bahan tambahan
makanan, getah damar, kanji, pengeras, dan pigmen-pigmen. Konsumsi yang
berlebihan atas bahan-bahan tersebut akan merusak perut dan menyebabkan
gejala-gejala seperti kehilangan ingatan dan keterlambatan mental, dll.

Korea Dikecewakan

Dokumenter khusus dan laporan berita tersebut telah menuai perhatian dan
kegemparan di tengah penduduk Korea. Banyak orang Korea menyatakan bahwa
meskipun produk-produk buatan China seperti pakaian, elektronik, dan
lain-lainnya terbilang murah dan telah membawa kenyamanan bagi hidup
mereka, kualitas dan keamanannya sungguh mengkhawatirkan.

Belum lama ini, berbagai mainan buatan China telah ditarik dari rak-rak
supermarket karena cat pada mainan tersebut mengandung sejumlah logam
berat yang sangat tinggi dan dapat mengancam keselamatan anak-anak.

Kursus Membuat Telur Buatan Diiklankan Secara Online di China

Fakta telur buatan bukanlah hal baru di China. Kursus-kursus latihan
untuk "membuat telur buatan" tersebar luas di Beijing, Provinsi Henan,
Shandong, Hebei dan Guangdong. Seorang wartawan Epoch Times telah
melakukan pencarian di Internet dan menemukan banyak iklan seperti itu.
Kelas-kelas dilakukan dari satu sampai dua hari dan biayanya berkisar
antara 300 sampai 800 yuan (40-100 dolar AS).

Sebuah pusat latihan tertentu di Kota Shangqiu mengajarkan teknik
pembuatan telur buatan dan memberikan cetakan gratis dalam kursus
tersebut. Pusat latihan tersebut menjamin bahwa "Anda sulit dapat
membedakan bentuk dan rasa antara produk kami dengan telur yang
sebenarnya."

Baca liputan tentang Kursus Membuat Telur ini di sini:
http://www.erabaru.or.id/k_23_art_76.html

Apa Makanan Asli di China?

Sebuah pusat riset yang bermarkas di Fengtai, Beijing, menyatakan bahwa
"Perusahaan kami telah menyebarkan teknologi pembuatan telur buatan.
Kami telah melatih lebih dari 70 ribu siswa di lebih dari 20 provinsi di
dalam negeri. Kami juga menyediakan teknologi untuk membuat "anggur
buatan," daging ayam dan daging sapi buatan," dan "membuat permen
beraroma hawthorn (sejenis buah berry berwarna merah) tanpa menggunakan
buah hawthorn."

Menyusul membanjirnya laporan tentang kualitas produk-produk buatan
China baru-baru ini, beberapa warga Korea berseru, "Lalu apa yang dapat
kalian makan di China? Sungguh industri makanan di China dibanjiri oleh
kebohongan dan penipuan, karenanya membuat kepanikan di tengah
konsumen."

Oleh Cui Yingshu, The Epoch Times, 11 Sep 2007
http://en.epochtimes.com/news/7-9-11/59598.html

________________________________

=========================================================
This e-mail, including any attachment is confidential and may be
privileged. Use or disclosure of it by anyone other than an intended
adressee is strictly prohibited. If you are not an intended addressee,
please notify the sender by telephone or e-mail and delete the e-mail
and any attachment from your system.

PT Excelcomindo Pratama Tbk. ("the Company") does not accept any
liability in respect of communication made by its employee which is
contrary to the company policy or outside the scope of the employment of
the individual concerned. The employee responsible will be personally
liable for any damages or other liability arising.
=========================================================

Promo IM2 Broadband 3.5G click
http://www.indosatm2.com/popup.php/promo/3G_popup_brochure

Disclaimer

This is an e-mail from PT Indosat Mega Media intended solely for the
named addressee(s). It is confidential and may contain legally
privileged information. Therefore, any unauthorized use, disclosure or
copying of this information is strictly prohibited.
PT Indosat Mega Media does not accept liability for any email loss or
files damage.

[Non-text portions of this message have been removed]

11a.

Re: TANYA: bakteri tahan asam

Posted by: "gendi" gendij@gmail.com

Wed Oct 3, 2007 7:43 pm (PST)

sedkit memperjelas keterangan dokter ayahnya dan emailnya samsul, yang
dimaksud "flek paru2" itu adalah TBC yang sakitnya disebabkan oleh kuman TBC
dan salah satu cara diagnosis TBC pada orang dewasa adalah dengan melakukan
tes BTA (bakteri tahan asam) sebanyak 3 kali pengambilan sampel dahak, yaitu
pada kunjungan pertama, esok paginya dan kunjungan dokter berikutnya.

tatalaksana TBC adalah dengan mengkonsumsi OAT (Obat Anti TBC) yang
jumlahnya bisa sampai 3-4 obat. lama konsumsinya bisa beragam, bisa 3-6
bulan atau bahkan lebih, biasanya tergantung dari seberapa parah sakitnya.
sebaiknya kalau konsumsi OAT, minta yang sudah kombinasi menjadi 1 obat,
jadi lebih mudah. biasanya selama pengobatan, fungsi hati SGOP SGPT dipantau
untuk melihat kemuungkinan efek sampingnya yg bisa merusak hati.

hal lain yg penting diketahui adalah kuman TBC ditulari oleh penderita SAKIT
TBC ketika bersin atau batuk. jadi sebaiknya semua orang yang satu rumah
dengan ayahnyha juga diperiksa TBC, baik anak2 maupun dewasa. selebihnya
coba baca2 posting TBC yang masuk hari ini.

Regards,
Gendi J - Father of 2

[Non-text portions of this message have been removed]

12a.

OOT : Sold  (Was Siapa butuh PRT infal)

Posted by: "Aisha Diva" aishadiva@yahoo.co.uk

Wed Oct 3, 2007 8:02 pm (PST)

Moms....

Maaf sekali OOT, karena banyak para bunda yang menanyakan dan menelepon saya.
PRT Infal sudah sold yah....data sdh ada 4 kandidat yg sesuai yg akan memakai jasanya, biar YBS yang akan memutuskan siapa yg akan dipilih.

Terimakasih.
Ratih


---------------------------------

From: sehat@yahoogroups.com [mailto:sehat@yahoogroups.com] On Behalf Of Aisha Diva
Sent: Wednesday, October 03, 2007 12:19 PM
To: sehat milis
Subject: [sehat] OOT : Siapa butuh PRT infal ???

Dear Moms...

Setiap Lebaran, aku pasti diminta oleh mantan PRT-ku utk mencarikan siapa yang mau infal tenaganya saat Lebaran nanti.

Berikut deskripsinya :

Nama : Mia
Status : Menikah
Asal : Jawa Timur

Umur : +/- 25 thn
Rumah tinggal : Daerah Pondok Kelapa, Jak Tim

Tarif Infal : Rp. 50.000 / hari (menginap), makan dll dipenuhi calon majikan

Kemampuan : Urus anak, masak, urus rumah

Available : 7 – 20 October 2007 (tergantung kebutuhan) minimal 10 hari.

---------------------------------
Yahoo! Answers - Get better answers from someone who knows. Tryit now.

[Non-text portions of this message have been removed]

12b.

Re: OOT : Sold  (Was Siapa butuh PRT infal)

Posted by: "Sondang Rotua" sondang.rotua@hbtlaw.com   sondang.rotua

Wed Oct 3, 2007 9:11 pm (PST)

Waduh mbak, sayang ya aku tau nya telat.

Dah bener2 ga bisa ya? Kebetulan rumah ku dipondok kelapa juga……..hiks

Sondang Rotua

Hiswara Bunjamin & Tandjung
23rd Floor, Gedung BRI II
Jalan Jend. Sudirman Kav.44-46, Jakarta 10210, Indonesia
Phone: (6221) 574 4010, Fax: (6221) 574 4670 / 71
Email: hbtlaw@hbtlaw.com <HYPERLINK "mailto:hbtlaw@hbtlaw.com"mailto:hbtlaw@hbtlaw.com>
Website: www.hbtlaw.com <HYPERLINK "http://www.hbtlaw.com/"http://www.hbtlaw.com>

This message and any attachments are intended solely for the named addressee. They are confidential and may be covered by legal professional privilege or otherwise protected from disclosure. If you have received this message in error: please delete it and any copy of it from your system, and you must not copy or retransmit this message or any attachment or disclose the contents to any other person. Unless otherwise expressly stated by an authorized representative of our firm, any views, opinions and other information expressed in this message and any attachments are solely those of the sender and do not constitute formal views or opinions of our firm.

_____

From: sehat@yahoogroups.com [mailto:sehat@yahoogroups.com] On Behalf Of Aisha Diva
Sent: Thursday, October 04, 2007 10:02 AM
To: sehat milis
Subject: [sehat] OOT : Sold (Was Siapa butuh PRT infal)

Moms....

Maaf sekali OOT, karena banyak para bunda yang menanyakan dan menelepon saya.
PRT Infal sudah sold yah....data sdh ada 4 kandidat yg sesuai yg akan memakai jasanya, biar YBS yang akan memutuskan siapa yg akan dipilih.

Terimakasih.
Ratih

------------------------------------

From: HYPERLINK "mailto:sehat%40yahoogroups.com"sehat@yahoogroups.-com [mailto:HYPERLINK "mailto:sehat%40yahoogroups.com"sehat@yahoogroups.-com] On Behalf Of Aisha Diva
Sent: Wednesday, October 03, 2007 12:19 PM
To: sehat milis
Subject: [sehat] OOT : Siapa butuh PRT infal ???

Dear Moms...

Setiap Lebaran, aku pasti diminta oleh mantan PRT-ku utk mencarikan siapa yang mau infal tenaganya saat Lebaran nanti.

Berikut deskripsinya :

Nama : Mia
Status : Menikah
Asal : Jawa Timur

Umur : +/- 25 thn
Rumah tinggal : Daerah Pondok Kelapa, Jak Tim

Tarif Infal : Rp. 50.000 / hari (menginap), makan dll dipenuhi calon majikan

Kemampuan : Urus anak, masak, urus rumah

Available : 7 – 20 October 2007 (tergantung kebutuhan) minimal 10 hari.

------------------------------------
Yahoo! Answers - Get better answers from someone who knows. Tryit now.

[Non-text portions of this message have been removed]

No virus found in this incoming message.
Checked by AVG Free Edition.
Version: 7.5.488 / Virus Database: 269.13.39/1045 - Release Date: 10/2/2007 6:43 PM

No virus found in this outgoing message.
Checked by AVG Free Edition.
Version: 7.5.488 / Virus Database: 269.13.39/1045 - Release Date: 10/2/2007 6:43 PM


----------

This email have been scanned by antivirus program

[Non-text portions of this message have been removed]

13.

tanya : DSA bogor yang barus

Posted by: "Apriani, Santi" Santi.Apriani@nutricia.com

Wed Oct 3, 2007 8:10 pm (PST)

Dear all,

Mau tanya nich....

DSA yang bagus di Bogor siapa yah....

Yang pasti yang gak ngeresepin antibiotic, soalnya DSA anakku kalau sakit
selalu kasih antibiotic

Thanks to all,

Santi

PRIVACY: The information transmitted is intended only for the person or
entity to which it is addressed and may contain confidential and/or
privileged material.
Any review, retransmission, dissemination or other use of this information
by persons or entities other than the intended recipient is prohibited.
If you received this in error, please contact the sender and delete the
material from any computer.
Thank you.

[Non-text portions of this message have been removed]

14.

(Tanya) boleh kah bayi 7mos diberi vitamin??

Posted by: "Melania Marwan" melania.marwan@halliburton.com   nia_marwan

Wed Oct 3, 2007 9:10 pm (PST)



Assalammualaikum,

Dear dokter and SPs,

Saat ini anak ku , Ikhsan berusia 7mos dengan berat 8kg dan sedang
mengalami pertumbuhan gigi. Saat ini giginya sudah 6 dan sepertinya
masih ada yang mau keluar lg. Sejak berusia 6 bulan nafsu menyusunya
berkurang jg tidak begitu menyukai makanan solid. Setiap kali diberi
makan hanya masuk 2 ujung sendok bayi. Sebelumnya dia hanya mendapat
ASI. Baru sejak 6 bln aku tambah dengan formula untuk menambah
asupannnya karena belum mau dengan bubur susu. Itupun jg mau sekitar
100cc sekali sehari. Sampai saat ini aku masih memberinya ASI

Yang aku mau tanyakan apakah gizi anaku cukup dan apakah aku perlu
memberinya vitamin? Jika iya biasanya vitamin seperti yg baik untuk
bayi?

Regards,

Melania Marwan

Halliburton | Phone: 7801100-6222 | Fax: 7800782; 78001154

----------------------------------------------------------
This e-mail, including any attached files, may contain confidential and privileged information for the sole use of the intended recipient. Any review, use, distribution, or disclosure by others is strictly prohibited. If you are not the intended recipient (or authorized to receive information for the intended recipient), please contact the sender by reply e-mail and delete all copies of this message.

[Non-text portions of this message have been removed]

Recent Activity
Visit Your Group
Healthy Eating

A Yahoo! Group

for families on

how to eat healthy.

Ads on Yahoo!

Learn more now.

Reach customers

searching for you.

Share Photos

Put your favorite

photos and

more online.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
==========================================================================
" Mailing list SEHAT didukung oleh Hewlett-Packard StorageWorks Division. SEHAT Internet Access & Website didukung oleh CBN Net.
Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : XEROX, Bhumiyamca, Arutmin, HBTLaw dan Ibu Marissa Muliadi yg telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Paket Edukasi Orang Tua Sehat)."

Kunjungi kami di :
http://www.sehatgroup.web.id/
==========================================================================

" SEHAT mailing list is supported by Hewlett-Packard StorageWorks Division. SEHAT Internet Access & Website are supported by CBN Net.
Our biggest gratitude to : XEROX, Bhumiyamca, Arutmin, HBTLaw and Ibu Marissa Muliadi who have consistently sponsored our programme, PESAT (Paket Edukasi Orang Tua Sehat)."

Please visit our website at :
http://www.sehatgroup.web.id/
==========================================================================

No comments: