Monday, September 17, 2007

[sehat] Digest Number 7758

Milis SEHAT Group

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Mohon Pencerahan From: primaw@yahoo.com
2a.
Re: {Tanya} Flu disertai pilek & menyusui From: caeciliapudjiastuti
3a.
Re: (Tanya)telapak  kaki anak pecah2 From: Dewi Joris (DHL ID)
4a.
Re: Anak 2, pembantu harus 2? From: Dina Kurniasari
4b.
Re: Anak 2, pembantu harus 2? From: Dini Widiastuti Rustandi
5a.
Re: (INFO) Jangan Berbuka Puasa Pakai KOLAK From: dina putri
6.
[news] Painkiller kills four people From: ghozansehat
7a.
Alergi Pada Bayi From: Erliza Abbas
8a.
Re: salep buat bintitan? From: BKC1038@cc.m-kagaku.co.jp
9.
Fw: Kehalalan Vaksin From: Puspita Megasavira
10a.
Pendaftaran PESAT Tangerang From: pesat tangerang
11.
(need sharing) vaginal birth after caesarian From: diah212
12.
(Tanya) Ibu Hamil dan Cacar From: hendi setiyanto
13a.
Numpang nanya From: Agus Suprantyo
13b.
Re: Numpang nanya From: foxapin11
14a.
Re: Susu UHT Murah From: zulaicha purnawati
14b.
Re: Susu UHT Murah From: ir@
15.
(no subject) From: Rien Vibrian
16a.
Re: FW: (tanya) luka & tetanus From: foxapin11
17.
[TANYA] Kelopak Mata Memerah From: Chitra Tifanny
18.
Fyi..:Peresmian Rumah Sehat Gratis From: ariecewek
19.
(OOT)Kursi roda From: febriyana.arum@tokiomarine.co.id
20.
Fw: seputar susu menjawab... From: :) i n d a h :)
21.
Fwd: [sehat] Fw: Kehalalan Vaksin From: dian hardjanti
22.
(Sharing) Lulus ASI Eksklusif From: didin pratik

Messages

1a.

Mohon Pencerahan

Posted by: "primaw@yahoo.com" primaw@yahoo.com   primaw

Sun Sep 16, 2007 9:56 pm (PST)

Yth.Mods dan Sps.
Supir saya saat ini dirawat di sebuah RS di daerah Petamburan sudah 10 hari.Indikasinya adalah,limpa bengkak dan usus bocor.Sampai hari ini, menurut anaknya dia hanya diinfus dan ada obat maag.

Hari Rabu minggu lalu sudah cek laboratorium lengkap,USG dan belum ada hasilnya.Menurut dokter pada waktu itu,hasil akan diberikan 2 hari setelah cek lab dan USG.

Jumat malam dokter bicara penyakit bisa diketahui bila pasien melakukan CT scan dengan harga Rp. 2,880,000.Keluarga pasien panik dan menangis.

Oya,satu lagi,dokter mendatangi pasien jam 10-11 malam, disaat penunggu (yang sangat awam) sudah lelap.Lazimkah?

Pertanyaan saya,apakah karena pasien orang bodoh,miskin,jadi tidak ada tindakan selama 1 minggu lebih?Hasil lab memang lama prosesnya?

Mohon pencerahan.Maaf,kalau pertanyaan saya terlalu banyak.Terima kasih.

Prima Wulandari

---------------------------------
Boardwalk for $500? In 2007? Ha!
Play Monopoly Here and Now (it's updated for today's economy) at Yahoo! Games.

[Non-text portions of this message have been removed]

2a.

Re: {Tanya} Flu disertai pilek & menyusui

Posted by: "caeciliapudjiastuti" caeciliapudjiastuti@yahoo.com   caeciliapudjiastuti

Sun Sep 16, 2007 9:57 pm (PST)


Mbak Hoesana,
sedang kena common cold ya? Lawannya cuma daya tahan tubuh mbak. jadi
perkuat daya tahan tubuh biar common coldnya cepat selesai. Makan dan
minum cukup dan bergizi, istirahat yang cukup. mudah2an cepat membaik.

nggak usah bingung minum obat apa, karena memang nggak ada obatnya.
Kalau diperlukan bisa minum parasetamol sebagai painkiller. Tapi kalau
masih bisa tahan sih nggak usah ya mbak. Nanti sembuh sendiri kok,
sabar ya...

Sisil

3a.

Re: (Tanya)telapak  kaki anak pecah2

Posted by: "Dewi Joris (DHL ID)" dewi.joris@dhl.com   kristiantidewi

Sun Sep 16, 2007 9:59 pm (PST)

Mbak Felis,

Kayaknya emang solusinya cuman sering-sering diolesin
pelembab/moisturizer ajah. Hobby nyeker nggak papa sih mbak klo
menurutku biar telapak kakinya kuat, anak kampung kan juga hobby nyeker
klo main kemana-mana hehehehehe...cuman kadang klo nyeker itu kita
sebagai ortu suka kuatir klo ntar anak menginjak pecahan kaca or ada
paku yang dibuang sembarangan - kejadian sama Putra saya sih. Jo, hobby
nyeker even siang panas terik kuat aja tuh kakinya nginjak aspal depan
rumah sambil lari-lari riang gembira, akhirnya kejadian dia nginjek paku
payung yang dibuang sembarangan oleh orang di jalanan. Menjerit histeris
deh hehehehehe....tapi abis paku payungnya dicabut trus kakinya dicuci
pake air anget dan sekalian dia nyemplung mandi, udah ketawa tiwi lagi
tuh anak hihihihihi.....sorry jadi ngalor ngidul critanya :-)

Rgds,

Dewi Joris

Executive Secretary

DHL Express/PT. Birotika Semesta

Siemens Business Park Building F

Jl. MT. Haryono Kav. 58 - 60

Jakarta 12780 - Indonesia

Phone : +62 21 7917 8531 (DID)

Fax : +62 21 7919 9177

P Please consider the environment before printing this e-mail

________________________________

From: sehat@yahoogroups.com [mailto:sehat@yahoogroups.com] On Behalf Of
f.annelinde@accenture.com
Sent: Monday, September 17, 2007 10:15 AM
To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] (Tanya)telapak kaki anak pecah2

Dear Sps...

Mohon masukkannya doong. Anakku, usia 2 tahun 3 bulan..hobinya nyeker
alias telanjang kaki...(tp kalo keluar rumah sebisa mungkin aku paksakan
menggunakan alas kaki).

Nah sekarang di jempol kaki kiri dan kanan, seperti agak
terkelupas,seperti kaki orang dewasa yang pecah2, dan akhirnya karena
ada kulit yang terkelupas dia punya hobi baru; duduk sambil narik2 kulit
yg terkelupas itu.

Aku sudah coba kasih krim bayi untuk melembutkan, tapi tidak berhasil.
Ada yang bisa kasih masukkan, sale papa yang kira2 manjur?

Salam,

felis

[Non-text portions of this message have been removed]

4a.

Re: Anak 2, pembantu harus 2?

Posted by: "Dina Kurniasari" dina.kurniasari@astra-honda.com   adin_zahra

Sun Sep 16, 2007 9:59 pm (PST)

dear mba,

kalo saya, anak satu, pembantu sudah 2 .....hiks:)...
secara ayahnya Danisha (23 bln) over protektip...jadi mau ga mau harus 2...
Dulu awal2 habis melahirkan sih saya pikir satu cukup...
Tapi setelah Danish agak gede saya liat kok kasian juga yaa si mba ini....kita takut banget kalo danish sampe ga ke-urus gara-gara dia sibuk sama urusan ke-RTan.....
pagi sudah harus siapin sarapan bersih2, megang danish, masak dll. Kadang dia sempet nyuci baju (manual) malem kalo saya pulang kantor....
Ketika danish semakin aktif (+ over protektipnya si aba:), kita akhirnya memutuskan untuk nambah pembantu harian (pulang ketika kerjaan udah selesai)....job desc-nya adalah nyuci, setrika, ngepel, nyapu
Seiring berjalannya waktu, kita pikir2 rugi juga kalo bayar orang cuma 1/2 hari....mahal banget......
So, akhirnya kita putuskan untuk ambil satu pembantu lagi (nginep)...job desc-nya masih sama =selain jaga anak dan masak...gajinya lebih kecil dari pembantu 1..secara dia lebih junior dan rumah kita kecil banget (kita tgl di apartement)
Tapi akhirnya dua orang asisten ini kerjanya saling mengisi...hal ini sudah saya wanti2 ketika si pembantu ke-2 masuk...ga boleh berantem2an+ga boleh males2an+saling membantu & ga boleh ada yang santai kalo yang lain lagi sibuk....
sudah 1 tahun ini berjalan, dan Alhamdullillah ga pernah ada masalah berarti.....

cuman, karena "rumahnya" imut, jadinya sesak..kebanyakan orang...hehehehe

so, tergantung kebijakan "operasional" keluarga maunya gimana.....

kalo soal gaji, karena saya ngambilnya dari kampung ya gajinya ga se-gedhe- kalo dari agen..kalo dari agen..wuuaahh..bisa bangkrut bandar....heheheh

semoga sharingnya berguna....

love,
Bundanya Danisha

----------

IMPORTANT -
The contents of this email and its attachments are confidential and intended only for the individual or entity named above.
Any unauthorized use of the contents is expressly prohibited. If you receive this email in error, please contact us, then delete the email.
Please note that any views or opinions presented in this email are solely those of the author and do not necessarily represent those of the company and should not be seen as forming a legally binding contract without express written confirmation.
Finally, the recipient should check this email and any attachments for the presence of viruses. PT Astra Honda Motor accepts no liability for any damage caused by any virus transmitted by this email.

[Non-text portions of this message have been removed]

4b.

Re: Anak 2, pembantu harus 2?

Posted by: "Dini Widiastuti Rustandi" dinidendi@yahoo.com   dinidendi

Sun Sep 16, 2007 11:08 pm (PST)

Klo boleh usul, satu pembantu untuk pegang bayi, satu pembantu untuk
pegang kakak dan urusan rumah tangga dihandle berdua. Untuk
mensiasati penambahan biaya, cari pembantu yang bisa masak jadi gak
perlu catering. Menurut saya, ini pos pengeluaran terbesar dalam
rumah tangga yang bisa banget disiasati kalau tau caranya. Dan dengan
2 pembantu, nyuci gak perlu pake mesin shg bisa hemat biaya listrik
dan air (apalagi kalo pake PAM). Itu yang saya terapkan waktu Dafin
baru lahir sedang Danis usia 3th. Sebetulnya malah sejak baru punya 1
anak, pembantu saya sudah 2 orang, krn dihitung2 costnya bila spt
mbak (1 pembantu + catering + cuci pakai mesin), atau pakai tenaga
paruh waktu, gak beda jauh. FYI di cibubur dulu, paruh waktu gajinya
250rb sedang yang nginap 300-400rb.

Tapi, tergantung kesiapan pembantu-nya mbak sekarang.. Kalau dia
merasa sanggup, bisa aja dicoba dulu. Tergantung usia ybs, dan udah
punya anak / senang anak atau tidak... Beda lho "pegangan"nya.. Kalau
dia merasa gak sanggup, jangan dipaksa. Takutnya nanti stress dan
anak-anak yang jadi korban kekesalan :(

Salam,
Dini - mamanya Danisha & Dhafina

--- In sehat@yahoogroups.com, dian <dian@...> wrote:
>
> Dear All
>
> Insya Allah adiknya Naya (2.5th) Januari nanti lahir.
> Saya lagi bingung nich, Naya umurnya baru 2.5th bentar lagi adeknya
> brojol...yang bikin rada-rada bingung mengenai pembantu.
>
> Dikarenakan saya kerja,saat ini di rumah hanya ada 1
pembantu.Kerjaannya Sapu,
> ngepel, bersih-bersih, setrika.Kebetulan nyuci pakai mesin dan ga
perlu masak
> (Ada Catring) dan Jagain Naya, mulai dari makan, minum susu, main,
mandi,dll.
>
> Kalau sudah punya 2 anak, apalagi yang satu masih bayi...apakah
harus punya 2
> pembantu?
> Kalau harus punya 2, tambah pengeluaran lagi dech.Sedangkan di
rumah tidak ada
> sodara atau orang tua yang nemenin.
> Misalnya cukup 1 pembantu, cara pembagian waktu antara Naya, baby
dan kerjaan
> rumah bagaimana?
> Kalau 2 pembantu, Job des masing-masing pembantu pembagiannya
bagaimana?
>
> Mohon Sharingnya
> --
> Dian
> +628128543080
> Outbound Sales
> ------------------------------
> PT SAMUDERA SHIPPING SERVICES
> Container Shipping Division
>
> Kompleks Ruko Yos Sudarso Megah
> Jl. Yos Sudarso No.1 Blok B-15
> Tanjung Priok, Jakarta 14320
> Telp. 021-4302691 (hunting) EXT 6436 , 021-4302675 (direct)
> Fax. 021-43938737
> email : dian@...
>

5a.

Re: (INFO) Jangan Berbuka Puasa Pakai KOLAK

Posted by: "dina putri" kencanamaya@gmail.com   futt_futt

Sun Sep 16, 2007 9:59 pm (PST)

hemm.. sepertinya enak banget kacang ijo pake susu..

btw.. salah ga sih kalo susu formula di simpan di kulkas lalu dihangatkan
lagi??
soalnya anak saya kalau minum susu suka tidak habis.. sayang banget kalau
dibuang..
dan dia ga suka susu UHT plain..
adakah cara lain? please help ya..
thanks so much

dina,
lana's mom
2 ys 6 mos

[Non-text portions of this message have been removed]

6.

[news] Painkiller kills four people

Posted by: "ghozansehat" ghozansehat@yahoo.com.sg   ghozansehat

Sun Sep 16, 2007 10:07 pm (PST)

fyi...

berita ini cukup rame di luar..
kali aja product ini ada di indo.

FENTORA (fentanyl buccal tablet) for cancer pain dari cephalon inc.

Painkiller kills four people

THURSDAY September 13, 2007 (Foodconsumer.org) -- A painkiller known as Fentora indicated for cancer patients killed four people among whom two patients used the medication for headache, The Associated Press cited the manufacturer as reporting Thursday.

The Food and Drug Administration today warned doctors on its website that improper use of Fentora can lead to serious adverse events, including deaths.

All four deaths resulted from improper patient selection, improper dosing, and/or improper product substitution, the manufacturer Cephalon Inc. says. The first two deaths occurred in one who intended to use the drug to commit suicide and the other who administered a high dose of Fentora, the AP reported. None of the four are cancer patients.

The company sent two letters dated September 10 to doctors and healthcare professionals warning them of the potential danger of Fentora if the drug is not used as indicated. In the letter, Jeffrey M. Dayno, M.D. Vice President in Medical Services of the company gave detailed safety information, instruction on patient selection and dosing information.

Fentora was approved by the FDA in September for use only by cancer patients who have already taken morphine or other prescription narcotics for their pain. The active ingredient in Fentora, fentanyl, is similar to morphone, but much more potent.

Fentanyl is classified as a Schedule II controlled substance with an abuse liability similar to other opioid analgesics, the company says in its letters. The similar medications include morphine, oxycodone, hydromorphone, oxymorphone and methadone, all having the highest potential for abuse and risk of fatal overdose due to respiratory depression.

Cephalon warned doctors not to give Fentora to patients who are opioid non-tolerant or suffer acute pain, postoperative pain, headache, migraine, or sports injuries, even if they are suitable for receiving other opioids on an as needed basis. Doctors are advised also not to substitute Fentora on a one-for-one basis for another, older fentanyl drug called Actiq, which is much weaker than Fentora.

The company advised doctors to follow dosing instructions carefully and it says in its letters that for unrelieved breakthrough pain (BTP), patients should NOT take more than 2 FENTORA tablets per BTP episode. And patients MUST wait at least 4 hours before treating another BTP episode with FENTORA.

For more information, visit the FDA website at

http://www.fda.gov/medwatch/safety/2007/safety07.htm#Fentora

source: http://foodconsumer.org/7777/8888/Non-f_ood_Things_27/091305162007_Painkiller_kills_four_cancer_patients.shtml

[Non-text portions of this message have been removed]

7a.

Alergi Pada Bayi

Posted by: "Erliza Abbas" erliza@penelitianhukum.com   erlyabbas

Sun Sep 16, 2007 10:17 pm (PST)

Mbak,
sebelumnya dipastikan dulu apakah alergi susu sapi atau enggak, dan banyak juga yg alergi soya juga. tapi kalau betul alergi susu sapi & cocok dgn soya, coba sampe umur setahun. Kalaupun ponakannya alergi susu sapi, biasanya setelah setahun alergi berangsur hilang.

sebetulnya untuk mengatasi hal ini yg terbaik adalah tetap memberikan asi, biarpun bekerja tapi tetep usaha memperbanyak asi supaya cukup tanpa tambah sufor.

kedua anak saya alergi susu sapi mbak, yg pertama stl 4 bln saya tambah soya krn dulu gak PD asi eks. tp yg ke2 asi sampai setahun (tanpa tambah sufor). umur 6 bln sempet sih dicobain sufor waktu saya pulang kantor telat tp malah bentol2 parah, krn asi msh cukup saya gak kuatir. waktu umur mereka setahun saya cobain UHT dan ternyata alerginya sudah sembuh Alhamdulillah.

erliza

----------------------------------------------------------

Alergi Pada Bayi
Posted by: "Fatma Wati" fatma.kurniawan@gmail.com fatma_kurniawan
Sun Sep 16, 2007 8:16 pm (PST)
Dear Sps,

Mohon maaf kalau sudah dibahas... tapi saya coba search dari arsip Milis
tetap aja susah dapetinnya soalnya keyword Alergi sangat banyak

Ponakan saya Amelia, 4 bulan... sama Bundanya dikasi susu bantu sufor
soalnya Bundanya kerja..
Ternyata Ponakan saya ini mengalami bengkak-bengkak diwajahnya sewaktu
pertama kali minum sufor tersebut.
Sewaktu dichek ke DSA, katanya alergi susu sapi. Akhirnya dianjurkan
Mengkonsumsi susu Soya..
memang setelah mengkonsumsi susu soya tersebut Amelia tidak bengkak-bengkak
lagi wajahnya..

Pertanyaan saya, apakah sudah pasti ponakan saya ini punya bawaan alergi
susu sapi ? jika iya berarti dia nggak mungkin mengkonsumsi susu UHT dong ?
Bagaimana caranya agar kita bisa menghilangkan bawaan alergi tersebut ?
apakah bisa dihilangkan ?

Mohon pencerahan dari Bunda Wati atau yang lain..

Trims sebelumnya ya..

[Non-text portions of this message have been removed]

8a.

Re: salep buat bintitan?

Posted by: "BKC1038@cc.m-kagaku.co.jp" BKC1038@cc.m-kagaku.co.jp

Sun Sep 16, 2007 10:18 pm (PST)

dear mbak kei

sharing ya.. aku anakku bintitan, biasanya ta' pakein salep geramicyn aja,
itu juga klo bintitannya udah sangat merah. klo biasa-biasa aja, aku cukup
sering bersihkan matanya/kompres dan jaga kebersihan tangan si kecil.

dan jgn lupa observe knapa sikecil bintitan,, jd kedepannya biar lebih
care,, (contohnya anakku gk kuat debu, jadi sekarang klo sekolah naek ojeg
aku rajin pakein kacamata, langsung cuci muka, cuci
tangan,,,alhamdulillah.. membantu sekali)

maaf jika tdk membantu

salam,
henny
[ibunya audrey]

[Non-text portions of this message have been removed]

9.

Fw: Kehalalan Vaksin

Posted by: "Puspita Megasavira" mega@sioenasia.com   cute_chantique

Sun Sep 16, 2007 10:21 pm (PST)


Dear All Sp's en Doc's,

Pls pencerahannya atas email dibawah..
ini aku dapet dari teman sekantor...
perasaan dah pernah dapet dulu, dan perasaan ada yg blg ini hoax belaka...

Tapi temenku ga percaya nehhhh..
muohuon dikirimkan artikel yg bisa menguatkan argumen aku...
soale temenku blg "kannnn anak mah ga usah divaksin macem2" walaaahh..

Rgds,
Mega

----- Forwarded by Puspita Megasavira/Indonesia/Sioen on 09/17/2007 11:57
AM -----

Sony
Riyadi/Indonesia/
Sioen To
Maryati
09/17/2007 11:59 Budianto/Indonesia/Sioen@SIOENASIA,
AM Iray
Juniray/Indonesia/Sioen@SIOENASIA,
Lilis S.
Lestari/Indonesia/Sioen@SIOENASIA,
Prianto/Indonesia/Sioen@SIOENASIA,
Sjamsul
Huda/Indonesia/Sioen@SIOENASIA,
Anis
Widyarto/Indonesia/Sioen@SIOENASIA,
Budi
Febrianto/Indonesia/Sioen@SIOENASIA
, Komar
Mubasir/Indonesia/Sioen@SIOENASIA,
Muhammad
Yulianto/Indonesia/Sioen@SIOENASIA,
Riris
Firdiansyah/Indonesia/Sioen@SIOENAS
IA, Mafi
Radianti/Indonesia/Sioen@SIOENASIA,
Ade
Nurhayati/Indonesia/Sioen@SIOENASIA
, Tuti M
Astuti/Indonesia/Sioen@SIOENASIA,
Sunani/Indonesia/Sioen@SIOENASIA,
Refni/Indonesia/Sioen@SIOENASIA,
Nurdiansah/Indonesia/Sioen@SIOENASI
A, Puspita
Megasavira/Indonesia/Sioen@SIOENASI
A, Alex
Asyandra/Indonesia/Sioen@SIOENASIA,
Rangga
Indianto/Indonesia/Sioen@SIOENASIA,
Erwin
Firmansyah/Indonesia/Sioen@SIOENASI
A, Eka
Endahwati/Indonesia/Sioen@SIOENASIA
, Idha
Ratiasih/Indonesia/Sioen@SIOENASIA,
Empong Eva
Ningsih/Indonesia/Sioen@SIOENASIA,
Devi
Kusumaningrum/Indonesia/Sioen@SIOEN
ASIA, Yulia
Eka/Indonesia/Sioen@SIOENASIA
cc
Arif
Syafrie/Indonesia/Sioen@SIOENASIA
Subject
Kehalalan Vaksin









Afwan bila sudah pernah baca

*************************************************************************************************************************************************************************************


Kehalalan Vaksin
# by admin - 12 Feb 07 10:39:40



Kehalalan Vaksin




Vaksinasi adalah aktifitas yang tidak asing lagi pada kalangan ibu-ibu
yang memiliki bayi atau balita. Kegiatan ini sesungguhnya adalah
memberikan suatu zat tertentu pada tubuh si anak baik secara oral atau pun
injeksi. Tujuan dari vaksinasi adalah pembentukan kekebalan tubuh si anak
bayi/balita sesuai dengan vaksin yang disuplai.
Tapi apakah selama ini kita mengetahui dari bahan apa dan bagaimana cara
vaksin untuk bayi atau pun balita kita dibuat? Kita mungkin lebih sering
mempertimbangkan apa reaksi yang harus dipantau dari penggunaan vaksin
tersebut pada bayi atau balita kita. Tetapi sangat sedikit bahkan mungkin
luput dari pantauan kita dari apa vaksin-vaksin tersebut dihasilkan.
Jurnal halal edisi kali ini memaparkan beberapa informasi seputar vaksin
yang digunakan di masyarakat kita, pemaparan ingredien vaksin yang umumnya
digunakan ditinjau dari segi kehalalanya.

Apa itu vaksin dan vaksinasi
Vaksin adalah sebuah senyawa antigen yang berfungsi untuk meningkatkan
imunitas tubuh terhadap virus. Terbuat dari virus yag telah dimatikan atau
"dilemahkan" dengan menggunakan bahan-bahan tambahan lainnya seperti
formalaldehid, thymerosal dan lainnya. Sedangkan vaksinasi adalah suatu
usaha memberikan vaksin tertentu kedalam tubuh untuk menghasilkan sistem
kekebalan tubuh terhadap penyakit /virus tersebut.
Jenis-jenis vaksinasi
Jenis-jenis vaksinasi yang ada antara lain vaksin terhadap penyakit
hepatitis,polio,Rubella,BCG, DPT,Measles –Mumps-Rubella (MMR) cacar air
dan jenis penyakit lainnya seperti influenza. Di Indonesia sendiri praktek
vaksinasi yang hampir selalu dilakukan pada bayi dan balita adalah
Hepatitis B,BCG, Polio dan DPT. Selebihnya seperti vaksinasi MMR adalah
bersifat tidak wajib.
Ada pun vaksinasi terhadap penyakit cacar air (smallpox) termasuk
vaksinasi yang sudah tidak dilakukan lagi di Indonesia.

Vaksin dan sistem kekebalan tubuh
Pemberian vaksin dilakukan dalam rangka untuk memproduksi sistem immune
(kekebalan tubuh) seseorang terhadap suatu penyakit. Berdasarkan teori
antibody, ketika benda asing masuk seperti virus dan bakteri ke dalam
tubuh manusia, maka tubuh akan menandai dan merekamnya sebagai suatu benda
asing. Kemudian tubuh akan membuat perlawanan terhadap benda asing
tersebut dengan membentuk yang namanya antibody terhadap benda asing
tersebut. Antibodi yang dibentuk bersifat spesifik yang akan berfungsi
pada saat tubuh kembali terekspos dengan benda asing tersebut.
Dr. J. Anthony Morris, former Chief Vaccine Control Officer and research
virologist, US FDA mengatakan bahwa ada banyak hal yang membuktikan bahwa
imunisasi pada anak lebih banyak dampak buruknya daripada manfaatnya.
Dr Willian Howard dari USA mengatakan bahwa tubuh telah memiliki metodenya
sendiri untuk pertahanan, yang tergantung pada vitalitas tubuh pada saat
tertentu. Jika vitalitas tubuh cukup, maka tubuh akan bertahan terhadap
seluruh infeksi, tetapi sebaliknya jika tidak maka pertahanan akan lemah.
Sesungguhnya kita tidak dapat mengubah vitalitas tubuh menjadi lebih baik
justru dengan menggunakan berbagai jenis racun (vaksin) kedalam tubuh
tersebut.

Vaksin dan tinjauan kehalalannya
Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang diselenggarakan di Indonesia pada
Agustus tahun lalu,sempat bermasalah dibeberapa wilayah di
Indonesia.Permasalahannya beberapa daerah tersebut (Jawa Barat,Jawa Timur,
Lampung dan Banten)menolak pemberian vaksin polio karena diragukan
kehalalannya. Yaitu dalam proses pembuatan vaksin tersebut menggunakan
ginjal kera sebagai media perkembangbiakan virus, demikian penjelasan dari
Utang Ranuwijaya anggota Komisi Pengkajian dan Pengembangan MUI. Alhasil
keputusan MUI No.16 tahun 2005 mengeluarkan fatwa kehalalan atas vaksin
polio tersebut.
Memang kalau kita mau telaah lebih lanjut, masih banyak sekali jenis-jenis
vaksin yang bersumber dari bahan-bahan yang diharamkan. Seorang pakar dari
Amerika mengatakan bahwa vaksin polio dibuat dari campuran ginjal kera,
sel kanker manusia, serta cairan tubuh hewan tertentu termasuk serum dari
sapi, bayi kuda dan ekstraks mentah lambung babi.
Selain sumber-sumber diatas, beberapa vaksin juga dapat diperoleh dari
aborsi calon bayi manusia yang sengaja dilakukan. Vaksin untuk cacar air,
Hepatitis A dan MMR diperoleh dengan menggunakan fetal cell line yang
diaborsi,MRC-5 dan WI-38.Vaksin yang mengandung MRC-5 dan WI-38 adalah
beberapa vaksin yang mengandung cell line diploid manusia.
Penggunaan janin bayi yang sengaja digugurkan ini bukan merupakan suatu
hal yang dirahasiakan kepada publik. Sel line janin yang biasa digunakan
untuk keperluan vaksin biasanya diambil dari bagian
paru-paru,kulit,otot,ginjal,hati,thyroid, thymus dan hati yang diperoleh
dari aborsi yang terpisah. Penamaan isolat biasanya dikaitkan dengan
sumber yang diperolah misalnya WI-38 adalah isolat yang diperoleh dari
paru-paru bayi perempuan berumur 3 bulan.
Ada suatu kaidah usul Fiqh yang mengatakan bahwa mencegah kemudharatan
lebih didahulukan daripada mengambil manfaatnya. Demikian alas an yang
dijadikan dasar hukum pengambilan keputusan terhadap kehalalan vaksin
polio sekalipun diketahui bahwa vaksin tersebut disediakan dari bahan yang
tidak diperkenankan dalam Islam.
Namun demikian kita tidak bias hanya bertahan pada kondisi darurat,
melainkan juga melakukan usaha untuk perbaikan. Seperti misalnya usaha
yang akan dilakukan oleh PT Bio Farma yang dalam 3 tahun mendatang akan
memproduksi vaksin polio halal. Masih banyak lagi area bagi masyrakat
muslim yang kompeten dalam bidang tersebut, untuk melakukan perbaikan.
Sehingga Indonesia, yang jumlah balitanya cukup banyak (data tahun 2005:
24 juta balita Indonesia) , dimana hamper 90 % nya adalah muslim merasa
aman dan tentram untuk melakukan vaksinasi-imunisasi. Siapa dari kita yang
akan menangkap peluang ini? Wallahualam bisshawab.


KONSEP IMUNISASI HALAL HALALAN THAYYIBAN


1. Memberikan asupan nutrisi atau zat gizi atau makanan tertentu yang
memaksimalkan pembangunan dan pemeliharaan sistem imun atau kekebalan
tubuh manusia.


2. Memberikan asupan nutrisi atau zat gizi atau makanan tertentu yang
meminimalkan dan menghilangkan zat yang bersifat menurunkan kerja sistem
imun atau kekebalan tubuh manusia.


3. Menjauhkan dan menghentikan asupan nutrisi yang bersifat menurunkan
pembangunan dan pemeliharaan sistem imun atau kekebalan tubuh manusia.


4. Tidak memberikan vaksinasi yang mengandung Toksin/Racun bahan berbahaya
yang menjadi ancaman kesehatan manusia.
a. Kimiawi Sintetis
b. Logam Berat (Heavy Metal)
c. Hasil Metaboit parsial
d. Toksin Bakteri
e. Komponen dinding sel


5. Tidak memberikan vaksinasi dan obat-obatan yang mengandung bahan yang
haram secara syari'at.
a. Alkohol dan turunannya, yang bersifat seperti alkohol, yaitu yang
apabila dikonsumsi secara banyak akan memabukkan.
b. Tidak mengandung Darah, daging Babi, dan hewan yang ketika disembelih
tidak menyebutkan nama Allah.
c. Tidak daging yang diharamkan menurut syari'at, contoh: Binatang Buas,
Bertaring, bangkai dll.
d. Tidak dikembangbiakkan di dalam darah hewan apapun, daging babi, dan di
dalam makhluk hidup yang diharamkan menurut syari'at.


6. Membiasakan untuk mengkonsumsi menu makanan sehari-hari yang bersifat
membangun sistem kekebalan tubuh manusia.


7. Membiasakan untuk tidak mengkonsumsi menu makanan sehari-hari yang
bersifat menururnkan sistem kekebalan tubuh manusia. (Diambil dari www
imunisasi halal.com)



10a.

Pendaftaran PESAT Tangerang

Posted by: "pesat tangerang" pesat.tangerang@gmail.com

Sun Sep 16, 2007 10:26 pm (PST)

Dear Smart Parents,

Dengan misi mencerdaskan konsumen kesehatan Indonesia agar dapat
mempersembahkan kehidupan yang lebih baik untuk anak-anak, Yayasan Orangtua
Peduli (YOP), mengadakan seminar setengah hari Program Edukasi Kesehatan
Anak untuk Orangtua (PESAT) di Tangerang.

Dalam seminar yg dibimbing oleh dr. Purnamawati, SpAK, MMPed dan didukung
oleh WHO, kita diajak untuk mulai mengenal pengetahuan yang menyeluruh
tentang kesehatan anak, sebagai bekal orang tua untuk mampu berpikir dan
bertindak secara rasional dalam melihat masalah kesehatan buah hati tercinta
kita.

Dalam rangkaian seminar yg akan berlangsung dari bulan Oktober 2007 sampai
dengan bulan Januari 2008.

Topik - topik yang telah dipersiapkan adalah

Sesi I - 27 Oktober 2007 (08.30 � 14.00 WIB)

*Topik 1 : Common Problems (Muntah, Diare dan Konstipasi)*
Diare, muntah, infeksi telinga adalah beberapa penyakit yang sering diderita
anak-anak. Kebanyakan penyakit langganan anak-anak disebabkan oleh infeksi
virus. Sudah tahukah kita tata laksana yang tepat untuk itu? Does my child
really need drugs? Diskusikan di sini.

*Topik 2 : Seputar Demam *
Tuhan menciptakan mekanisme demam, pasti ada maksudnya. Tahukah kita? Kapan
saat yang tepat untuk memberikan obat penurun demam? Agar tak selalu bingung
dan panik ketika anak demam, ikuti penjelasan tentang demam berikut tata
laksana penanganannya.

*Topik 3 : Antibiotika*
Antibiotik adalah obat yang istimewa, mereka membantu tubuh kita melawan
infeksi bakteri. Pemakaian antibiotik yang tepat, dapat menyelamatkan jiwa
saat kita terancam infeksi bakteri yang serius. Ingus anak sudah berwarna
hijau. Apakah itu pertanda ia perlu diberi antibiotik? "Kalau diresepkan
antibiotik, harus dihabiskan....". Benarkah? Temukan penjelasan tentang
Antibiotika, saat tepat untuk mengkonsumsi dan tata laksana konsumsi
antibiotika, dalam sesi khusus tentang AB ini.

Sesi II - 10 November 2007 (08.30 � 14.00 WIB)

*Topik 1 : ASI*

ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. Mengapa ASI eksklusif 6 bulan? Apa
saja kiat untuk sukses ASI eksklusif? ASI eksklusif dan ibu bekerja.
Mungkinkah? Apa saja problema seputar ASI dan menyusui? Anda akan menemukan
jawabannya dalam diskusi seru di sesi khusus ini. Simak juga pengalaman
seorang breastfeeding father.

**

*Topik 2 : MPASI*

Bagaimana sih cara yang paling baik untuk memperkenalkan makanan padat?
Bingung, anak GTM (Gerakan Tutup Mulut)? Pusing karena anak sedikit atau
susah sekali minum susu? Seperti apa konsep pemberian makan yang baik pada
anak? Bagaimana menerjemahkan piramida makanan dalam pola makan anak
sehari-hari? Temukan kiatnya dalam sesi ini**

*Topik 3 : Tumbuh Kembang*

Banyak anggapan yang beredar di masyarakat kita bahwa anak kecil yang gemuk
pasti sehat & lucu. Dilain pihak anak yang kurus adalah anak yang kurang
gizi & penyakitan. Bahkan tidak sedikit para ibu yang memiliki anak dengan
BB langsing dianggap sebagai ibu yang tidak becus dalam merawat anak. Apa
Betulkah hal ini ?! Apa yang dimaksud dengan "constitutional growth delay"
dan "variation in the normal pattern of growth"? Temukan fakta & realitasnya
secara jelas. Ikuti juga pembahasan tentang growth chart & Body Mass Index,
fungsi & cara membacanya.

Sesi III - 01 Desember 2007 (08.30 � 14.00 WIB)

*Topik 1 : Tata Laksana Bayi Baru Lahir & Kuning pada Bayi Baru Lahir*

Tes apa saja yang dilakukan oleh dokter pada newborn? Perlukah bayi yang
baru saja dilahirkan dimandikan? Bagaimana tata laksana early latch-on? dll
Diskusi ini akan menambah pengetahuan Anda tentang serba-serbi bayi baru
lahir.

**

*Topik 2 : Kegawatdaruratan*

"Bagaimana nih, anak saya tanpa sengaja terkena air panas!", "tolong, anak
saya jatuh, apa yang harus saya lakukan??" Bagaimana cara penanganan yang
tepat, temukan pada sesi ini.

**

*Topik 3 : Common Problem (batuk, pilek)
*Common colds (batuk dan demam) adalah kebanyakan penyakit langganan
anak-anak disebabkan oleh infeksi virus. Sudah tahukah kita tata laksana
yang tepat untuk itu? Does my child really need drugs? Diskusikan di sini.

Sesi IV - 12 Januari 2008 (08.30 � 14.00 WIB)

*Topik 1 : TBC pada Anak*

Flek di paru-paru = TBC, benarkah demikian? Tahukah kita bahwa menegakkan
diagnosa TBC pada anak itu sangat sulit? Diagnosa TB yang berlebihan
berkonsekuensi anak harus rutin minum obat anti TBC yang akan berefek pada
hatinya. Temukan penjelasan yang sebenarnya tentang TBC pada anak di sesi
ini.**

* *

*Topik 2 : Imunisasi dan Penyakit yang dapat dicegahnya*

Apakah perlu imunisasi? Apa itu imunisasi? Apakah imunisasi memberikan
proteksi terhadap berbagai infeksi? Apa itu imunisasi simultan, cacth up??
Adakah bahaya dan efek samping imunisasi? Apakah bahaya tersebut lebih besar
dari kegunaannya?
Tuntaskan keingintahuan Anda dengan menyimak dan berdiskusi pada sesi ini.

**

*Topik 3 : Penggunaan Obat yang Rasional*
Kenapa harus menggunakkan obat secara rasional? Bukankah dokter telah
meresepkan yang terbaik untuk pasiennya? Apakah semua gejala penyakit
membutuhkan obat? (a pill for an ill?) Bagaimana dengan risk and benefit
pada obat? Jangan lewatkan sesi ini untuk mengenal lebih dalam menggunakan
obat secara rasional.

*LOKASI SEMINAR*

Ruang Aula Broadband Lt.1

PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.

Kandatel Tangerang

Gd. Grha Telekomunikasi Jl. Pahlawan Seribu

BSD, Tangerang 15322

(samping Plaza BSD)

*MEKANISME PENDAFTARAN DAN PEMBAYARAN PESAT TANGERANG
*
*PENDAFTARAN PESERTA
*
Calon peserta diharapkan mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran di
bawah ini:

Nama:
Status: Single/Merried
Alamat:
Nomor telepon/Hp yg mudah dihubungi:
Email yg aktif di gunakan: (untuk mengingatkan peserta)
Jumlah Anak:
Usia Anak:
Single/ Couple :
Paket/ Lepasan :

Dikirimkan melalui email berikut ini:

Email: pesat.tangerang@gmail.com (Subject: Daftar Pesat Tangerang)

Perhatian: Bagi calon peserta yg memiliki kemudahan akses internet,
diharapkan dengan sangat untuk mendaftar melalui email.

*WAKTU PENDAFTARAN
*
Pendaftaran SESI I, dibuka sampai dengan tgl 30 September 2007.

(Pembatalan/pemindahan sesi keikutsertaan minimal tgl 17 Oktober 2007. Lebih
dari tgl tersebut tidak akan dilayani panitia)

*PERSYARATAN dan TATA TERTIB
*
Demi kelancaran program edukasi ini, peserta diwajibkan mengikuti
ketentuan berikut ini :
1. Mengikuti seluruh acara paket (kecuali emergency dan lepasan)
2. Datang 30 menit sebelum acara dimulai untuk pendaftaran ulang dan
mengikuti kuis.
3. Tidak membawa anak-anak pada acara ini
4. Membawa bukti transfer pembayaran asli.
5. Membawa fotokopi buku kesehatan anak dan copy resep dokter anak (tidak
wajib bagi yg single). Diserahkan pada waktu pendaftaran ulang.
6. Apabila peserta mengundurkan diri setelah Pesat di mulai dan/atau
ditengah-tengah Pesat, tidak ada pengembalian biaya.
7. Apabila tidak hadir 2 kali berturut-turut otomatis di eliminasi dan tidak
ada pengembalian biaya.

*BIAYA
*
Paket (4 sesi) : Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah)/orang atau
Rp. 350.000,00 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah)/couple

Lepasan (1 sesi) : Rp. 60.000,00 (enam puluh ribu rupiah)/orang atau Rp.
110.000,00 (seratus ribu rupiah)/couple

** Biaya tersebut akan digunakan sebagai pengganti biaya penggandaan
makalah, konsumsi dan seminar kit.

*PEMBAYARAN
*
Pembayaran dilakukan paling lambat tgl 02 Oktober 2007.

Pembayaran dilakukan dengan cara transfer rekening ke nomor rekening di
bawah ini:

BCA cabang GKBI
a/c no. 0061959831
a/n Maria Goretti Trinovi R.

Konfirmasi pembayaran dapat dikirimkan melalui (salah satu):

SMS : 0815 19749966 (Ria); 0815 9937039 (Fanita)
Email : *pesat.tangerang@gmail.com;* fmeli4nty@gmail.com;
trinovi.riastuti@gmail.com (Konfirmasi yang dikirim : nama peserta, transfer
Bank; nama Bank dan No. Rek., jumlah (Rp) dan tanggal transfer)

Perhatian: Apabila tidak menggunakan rekening sendiri, dimohon untuk
mencantumkan nama lengkap calon peserta.

Dimohon dengan sangat untuk memperhatikan dan mengikuti batasan-batasan
waktu pendaftaran dan pembayaran. Diluar waktu tersebut, semua pendaftaran
dan pembayaran akan dianggap tidak sah dan tidak akan diterima panitia.

Pertanyaan mengenai teknis dan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi
panitia di

� Email: *pesat.tangerang@gmail.com*;

� Hp. : 0815 19749966 (Ria) atau 0815 9937039 (Fanita).

Salam SEHAT,

Panitia PESAT Tangerang

[Non-text portions of this message have been removed]

11.

(need sharing) vaginal birth after caesarian

Posted by: "diah212" yuyundkusuma@gmail.com   diah212

Sun Sep 16, 2007 10:33 pm (PST)

Dear SP's,

saya sdg hamil anak kedua usia kehamilan 30 mgg, usia anak pertama 21
bulan, karena cita2 pengen anak banyak neh, krn anak pertama sesar
(krn gagal induksi) anak kedua pengennya normal.
sharing dunk kalo ada Sp's yg bisa lahiran normal setelah operasi sesar?
tks banged infonya, really appreciate it...

Rgds,
Yuyun

12.

(Tanya) Ibu Hamil dan Cacar

Posted by: "hendi setiyanto" hendis_pwt@yahoo.com

Sun Sep 16, 2007 10:47 pm (PST)

Salam Sehat,

Pertama2 perkenalkan saya sebagai anggota baru dari Milist Sehat ini. Dengan bergabungnya di Milist Sehat ini saya harapkan bisa mendapatkan informasi yang sangat berguna bagi saya dan keluarga. Saya telah menikah 6 bulan yang lalu dan saat ini Alhamdulillah Istri saya sudah hamil sekitar 2 bulan.

Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan mengenai kehamilan istri saya. Saat ini Istri saya sedang terkena penyakit Cacar, apakah penyakit cacar ini dapat mengganggu kesehatan janin anak kami? Apakah obat2an yang diberikan oleh dokter (anti virus, anti biotik Amoxcilin dan penambah daya tahan tubuh) memiliki efek terhadap perkembangan janin?

Mohon masukan dan iformasi dari temen2 anggota milist semua. Saat ini saya dan istri menetap di Batam, karena tugas dari perusahaan. Seandainya ada anggota Milist yang juga bertempat tinggal di Batam mungkin bisa melakukan korespondensi via email saya (Japri). Atas masukan dan informasinya saya ucapkan terima kasih.

Salam Sehat,

Hendi Setiyanto



---------------------------------
Tonight's top picks. What will you watch tonight? Preview the hottest shows on Yahoo! TV.

[Non-text portions of this message have been removed]

13a.

Numpang nanya

Posted by: "Agus Suprantyo" agus.sp@kmk.co.id

Sun Sep 16, 2007 10:55 pm (PST)


Dear All,,

Gimana sih cara ngilangin bercak putih di wajah (bukan Panu) ??
aku pernah nyoba ngilangin pake jeruk nipis tapi ga hilang juga,, gimana yaa????

Terimakasih

[Non-text portions of this message have been removed]

13b.

Re: Numpang nanya

Posted by: "foxapin11" arifianto.apin@gmail.com   foxapin11

Sun Sep 16, 2007 11:36 pm (PST)

Pak Agus,

bercak putih di wajah kemungkinannya bisa macam-macam, tergantung
gambarannya. Bisa karena paparan UV, iritasi, dermatitis, jamur, dll.
Harus dilihat langsung oleh dokter. Tidak harus spesialis kulit,
dokter praktik umum juga bisa.

Apin

--- In sehat@yahoogroups.com, "Agus Suprantyo" <agus.sp@...> wrote:
>
>
> Dear All,,
>
> Gimana sih cara ngilangin bercak putih di wajah (bukan Panu) ??
> aku pernah nyoba ngilangin pake jeruk nipis tapi ga hilang juga,,
gimana yaa????
>
> Terimakasih
>
>
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>

14a.

Re: Susu UHT Murah

Posted by: "zulaicha purnawati" zullaicha@yahoo.com   zullaicha

Sun Sep 16, 2007 11:02 pm (PST)

Dear All,

Bukannya U*****a dah ngluarin produk UHT Plain kemasan
bantal. Saya juga sering pake, harganya mm lebih murah
dp UHT kemasan bantal yg lebih dulu kluar.
Tapi....saya pribadi lebih yakin yang diproduksi di
Malang itu (susu bantal R*****d dari Gr*****ld)susu
freshnya 100%. Rasa susunya lebih
terasa.....(Kebetulan kalo jadi aku mo kunjungan
kesana.....doakan jadi ya...).

Dalam dunia industri dairy, kemasan tetra pack mm
lebih mahal dp kemasan bantal. Cost savingnya bisa smp
Rp 150 u/kemasannya sj, belum lagi saving energy selam
proses UHT (berhubungan dg penetrasi panas, jumlah
loading tiap proses, proses sealing pada kemasan
bantal), belum lagi cost saving selama distribusi,
dst........

Nah kalo mo yang lebih murah lagi, kemsannya yang
bantal sj......

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

14b.

Re: Susu UHT Murah

Posted by: "ir@" iranaulita@yahoo.com   iranaulita

Sun Sep 16, 2007 11:19 pm (PST)

Setahu saya susu Realgood itu ada tambahannya. Waktu
saya lihat di kemasan, ada tambahan perasa juga deh,
gak 100 persen susu segar. Thats why aku sekarang
memilih mengonsumsi susu sehat aja, karena
komposisinya hanya susu segar.
CMIIW yaaa

--- zulaicha purnawati <zullaicha@yahoo.com> wrote:

> Dear All,
>
> Bukannya U*****a dah ngluarin produk UHT Plain
> kemasan
> bantal. Saya juga sering pake, harganya mm lebih
> murah
> dp UHT kemasan bantal yg lebih dulu kluar.
> Tapi....saya pribadi lebih yakin yang diproduksi di
> Malang itu (susu bantal R*****d dari Gr*****ld)susu
> freshnya 100%.

http://prajuritkecil.multiply.com

__________________________________________________________
Want ideas for reducing your carbon footprint? Visit Yahoo! For Good http://uk.promotions.yahoo.com/forgood/environment.html

15.

(no subject)

Posted by: "Rien Vibrian" rien_va@yahoo.com   rien_va

Sun Sep 16, 2007 11:03 pm (PST)

Dear Mods,
Ttg Join YM yg saya kirim tadi. Wah maaf ya bukan maksud menuh2in inbox, saya salah pencet. Maunya YM dgn seorang teman di milis eh.. jd keliru ke kirim ke milis. MAaf..Maaf..

Please forgive me..
rien

__________________________________________________________
Fussy? Opinionated? Impossible to please? Perfect. Join Yahoo!'s user panel and lay it on us. http://surveylink.yahoo.com/gmrs/yahoo_panel_invite.asp?a=7

[Non-text portions of this message have been removed]

16a.

Re: FW: (tanya) luka & tetanus

Posted by: "foxapin11" arifianto.apin@gmail.com   foxapin11

Sun Sep 16, 2007 11:46 pm (PST)

Bunda Icha,

Tindakan Bunda sudah tepat: membersihkan luka dan memantau kondisinya.
Tidak perlu khawatir akan kemungkinan infeksi tetanus. Bakteri
Clostridium tetani (penyebab tetanus) hidup di lapisan tanah yang agak
dalam, jenisnya adalah anaerob, tidak dapat hidup justru jika terkena
oksigen. Luka dengan kemungkinan infeksi tetanus biasanya agak dalam
(tidak sekedar merobek lapisan luar/bawah kulit saja, tetapi menembus
jaringan di bawahnya). Benda yang dicurigai menyebabkan infeksi ini
juga biasanya benda yang lama tertanam di dalam tanah, atau berada di
kotoran hewan. Toksin (racun) yang dihasilkan dari spora bakteri ini
dapat menimbulkan tetanus.

Cara membersihkan luka adalah dengan air hangat bersih yang mengalir
sampai ke bagian dalam luka pada kulit, dan jangan langsung ditutup
untuk memperoleh oksigenisasi jaringan luka yang baik. Imunisasi DPT
lengkap dan tepat waktu sesuai jadwal juga memperkecil kemungkinan
tetanus.

Mengenai tanda dan gejala tetanus bisa di-browsing lebih lanjut.

Apin

--- In sehat@yahoogroups.com, "samsul" <samsulna@...> wrote:
>
>
>
>
>
> _____
>
> From: sehat-owner@yahoogroups.com
[mailto:sehat-owner@yahoogroups.com] On
> Behalf Of Dian R.
> Sent: Monday, September 17, 2007 10:29 AM
> To: sehat Moderator
> Subject: (tanya) luka & tetanus
>
>
>
> Dear SPs & Docs,
>
>
>
> Mohon masukannya mengenai luka & tetanus.
>
> Pagi ini saya dapat kabar dari rumah klo pulang sekolah tiba2 anakku
> jalannya pincang dan setelah dilihat telapak kakinya luka seperti bekas
> ketusuk sesuatu.
>
> Karena anakku masih 2.8 th, waktu ditanya jawabnya cuma kaki sakit (tdk
> nangis) tapi ditanya sakitnya karena apa belum bisa nerangin.
>
> Tindakan awal, si mbak aku suruh cuci kakinya dan kasi betadin. Sambil
> pantau kondisinya.
>
> Kira-kira tindakan saya ini benar/tidak ?
>
> Dan terus terang saya agak khawatir dengan penyebab luka tsb
takutnya besi
> yg bisa menyebabkan tetanus.
>
> Mohon pencerahannya mengenai hal ini.
>
> Masukan kondisi bagaimana yg perlu diwaspadai.
>
> Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.
>
>
>
> salam,
>
> Dian
>
> ~bunda icha~
>
>
> --
> Internal Virus Database is out-of-date.
> Checked by AVG Anti-Virus.
> Version: 7.0.300 / Virus Database: 266.0.0 - Release Date: 2/18/2005
>
>
>
> --
> Internal Virus Database is out-of-date.
> Checked by AVG Anti-Virus.
> Version: 7.0.300 / Virus Database: 266.0.0 - Release Date: 2/18/2005
>
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>

17.

[TANYA] Kelopak Mata Memerah

Posted by: "Chitra Tifanny" chitra@sumcosi.com

Sun Sep 16, 2007 11:48 pm (PST)


Dear Doc's & Sp's

Ada titipin pertanyaan dari temenku nih : Anak saya, Adhil (20 bulan)
sudah beberapa hari ini (kira-kira seminggu), mata kanannya (bagian
bawah dalam/kelopak bawah?), terlihat agak membengkak & memerah.
Dua hari yang lalu malah terlihat ada benjolan putih seperti nanah, tapi
tadi malam saya perhatikan sudah tidak ada lagi.
Bola mata normal (putih, tidak kemerahan) dan sepertinya tidak gatal
karena tidak terlihat mengucek-ucek matanya.
Sampai saat ini belum saya obati.
Mohon bantuannya, kenapa ya dengan mata anak saya dan treatment apa yang
harus saya lakukan?
Terima kasih sebelumnya
Tolong bantuan dari doc's & sp's ya
Thanks
Chitra
Bunda Fathir (8.5 months)




[Non-text portions of this message have been removed]

18.

Fyi..:Peresmian Rumah Sehat Gratis

Posted by: "ariecewek" ariecewek@yahoo.com   ariecewek

Sun Sep 16, 2007 11:52 pm (PST)

Udah ada yg pernah dapet info ttg ini?
mungkin bisa dishare prosedur dsb-nya...

=======================
Rumah Sakit Gratis Mentereng di Kawasan Menteng

Setelah 5 tahun berhasil mengelola layanan kesehatan gratis LKC (mau
menyebut rumah sakit sebenarnya, tapi tak dapat ijin dari Depkes),
Dompet Dhuafa menjalin sinergi dana zakat dengan BAZNAS dan Masjid
Agung
Sunda Kelapa mendirikan Rumah Sehat Sunda Kelapa (mau menyebut RS
juga
sebenarnya tapi blm dpt ijin Depkes).

Rumah Sehat, yang terdiri dari lima lantai dengan perlengkapan medis
lumayan lengkap ini menelan dana hampir Rp 4 milyar. Layanan medis
yang
digratiskan untuk warga dhuafa ini memiliki UGD, Poli Umum, Poli
Gigi,
Laboratorium, Apotik, dan perlengkapan USG 2 warna. tenaga kesehatan
terdiri dari 3 dokter umum, 1 dokter gigi, dan 8 paramedis. Waktu LKC
Ciputat didirikan, banyak pihak meragukan klinik gratis 24 jam ini
bisa
bertahan, tetapi alhamdulillah kini beranak dengan berdirinya Rumah
Sehat Sunda Kelapa.

Kali ini, Presiden siap meresmikan layanan kesehatan gratis 24 jam
ini.
Sekaligus Wapres juga hadir sebagai wakil tokoh dan jamaah Masjid
Agung
Sunda Kelapa. Dengan kehadiran RI 1 dan RI 2 ini, harapannya
sederhana.
Agar ada keberpihakan pemerintah pada masyarakat kecil. Juga memberi
pandangan dari sisi lain, bahwa dengan kekuatan dana masyarakat,
sebuah
program untuk rakyat miskin dapat dibuat dengan terhormat dan
bermartabat.

Untuk itu, mengharap dukungan dari rekan-rekan wartawan untuk hadir
pada
launching Rumah Sehat Sunda Kelapa oleh Presiden SBY & Wapres Yusuf
Kalla pada:

Hari/tgl : Jumat, 14 September 2007
Waktu : Usai Sholat Jumat Pukul 13.00
Tmpat : Rumah Sehat Sunda Kelapa, di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jl
Cut
Mutia, Menteng Jakarta Pusat.
Oleh : Presiden SBY & Wapres Yusuf Kalla contac person: Veldy
(08561528001) dr Fachri Mezzi (0811868252)

Semoga kerjasama masyarakat dalam peduli sesama ini, menjadi virus
kebaikan yang menulari setiap insan. Sebagaimana amil Dompet Dhuafa
yang
tak pernah membayangkan dapat kepercayaan publik untuk mengemban
amanah
zakat, infak, dan sedekah. Salah satu wujud peran masyarakat itu,
meski
tak dibolehkan rasanya gatel jika tidak menyebut "Rumah Sakit Gratis
Mentereng di Kawasan Menteng".

19.

(OOT)Kursi roda

Posted by: "febriyana.arum@tokiomarine.co.id" febriyana.arum@tokiomarine.co.id   febriyana_arum

Mon Sep 17, 2007 12:03 am (PST)

Dear all,
Sorry klo ganggu lalin yg padat ya, tp ada temen yg ibunya stroke dan
sangat perlu kursi roda, namun mengingat harganya yg mahal, ada gak sih yg
pnya info atau mau jual 2nd -nya ??
Klo ada , please japri ya..
thanks a lot be4..

Arum

[Non-text portions of this message have been removed]

20.

Fw: seputar susu menjawab...

Posted by: ":) i n d a h :)" husnulm@telkom.co.id

Mon Sep 17, 2007 12:07 am (PST)


foi,

semoga berkenan


-------Original Message-------

From: Seputar Susu
Date: Thursday, September 13, 2007 3:52:33 PM
To: :) i n d a h :)
Subject: seputar susu menjawab...


Terima kasih atas pertanyaan Ibu Indah,


Apakah ini kemasan yang dimaksud oleh Ibu. Jika memang benar, ini memang
salah satu produk Ultrajaya yang diproduksi khusus untuk pesanan dari pihak
institusi tertentu.
Rasa coklat pada produk ini diambil dari bubuk coklat yang terbuat dari biji
coklat, dan khusus kami pesan guna memeberikan rasa coklat pada produk susu
coklat.
Sedangkan susunya tetap berasal dari susu sapi segar / susu murni dan
diproses melalui teknologi UHT, sehingga terjamin isi dan kualitas produknya
selama kemasannya tidak rusak, kembung atau bocor.

Jangan lewatkan forum "Seputar Susu" yang tayang setiap 1 bulan sekali di
majalah Ayahbunda. Selamat menikmati hidup sehat bersama susu UHT.

salam sehat,

seputarsusu@ultrajaya.co.id



----- Original Message -----
From: :) i n d a h :)
To: seputarsusu@ultrajaya.co.id
Sent: Thursday, September 13, 2007 12:52 PM
Subject: Tanya bOleh ?



mbak/mas..

saya dapat addressnya dr milis yg sy ikuti.
Gak papa kan langsung nanya?

Suami saya dapat jatah tiap hari 1 kotak tetra pak Susu Sehat Coklat dari
kantor. Gambarnya sapi doang, bukan seperti gambar di kemasan Susu Ultra yg
biasa .Pertanyaan saya :
susu tsb produksi ultrajaya juga ya ?
sepertinya tdk dijual bebas ?
kl yg rasa coklat apakah berarti susu tdk murni lagi? rasa coklatnya diambil
dr mana? sintetis or ?
Terima kasih banyak atas penjelasannya. :)






[Non-text portions of this message have been removed]

21.

Fwd: [sehat] Fw: Kehalalan Vaksin

Posted by: "dian hardjanti" dhardjanti@yahoo.com   dhardjanti

Mon Sep 17, 2007 12:09 am (PST)

Mbak Mega,
Tulisan ini pernah dimuat pada Majalah Islam Jurnal
Halal (edisi sy lupa) th.2005. Dan tulisan ini bukan
Hoax krn memang diambil dr Majalah tersebut. Tp
mengenai hukumnya mungkin para Sp's dan Doc's ada yg
paham mengenai hal ini.
Saya pribadipun sempat bingung akan memberikan
imunisasi atau tidak tp akhirnya sy tetap memberikan
imunisasi pada kedua anak sy.

Regards,
Dian
Bundanya Fathur dan Fahd

Note: forwarded message attached.
Kehalalan Vaksin

Vaksinasi adalah aktifitas yang tidak asing lagi pada
kalangan ibu-ibu
yang memiliki bayi atau balita. Kegiatan ini
sesungguhnya adalah
memberikan suatu zat tertentu pada tubuh si anak baik
secara oral atau pun
injeksi. Tujuan dari vaksinasi adalah pembentukan
kekebalan tubuh si anak
bayi/balita sesuai dengan vaksin yang disuplai.
Tapi apakah selama ini kita mengetahui dari bahan apa
dan bagaimana cara
vaksin untuk bayi atau pun balita kita dibuat? Kita
mungkin lebih sering
mempertimbangkan apa reaksi yang harus dipantau dari
penggunaan vaksin
tersebut pada bayi atau balita kita. Tetapi sangat
sedikit bahkan mungkin
luput dari pantauan kita dari apa vaksin-vaksin
tersebut dihasilkan.
Jurnal halal edisi kali ini memaparkan beberapa
informasi seputar vaksin
yang digunakan di masyarakat kita, pemaparan ingredien
vaksin yang umumnya
digunakan ditinjau dari segi kehalalanya.

__________________________________________________________
Tonight's top picks. What will you watch tonight? Preview the hottest shows on Yahoo! TV.
http://tv.yahoo.com/

[Non-text portions of this message have been removed]

22.

(Sharing) Lulus ASI Eksklusif

Posted by: "didin pratik" didinpratik@yahoo.com   didinpratik

Mon Sep 17, 2007 12:09 am (PST)

Dear All,

Hari ini anak kami Aidan Azri genap berusia 6 bulan, dan yang paling membahagiakan kami adalah jagoan kami LULUS ASI EKSKLUSIF, alhamdulillah...
Teringat pada saat baby Azri masih di kandungan, banyak teman yang menyarankan ini dan itu yang tentunya bermanfaat, tetapi yang paling mengena di hati kami (and we're really thankful for it) adalah 2 hal ini : Join MILIS SEHAT dan Konsultasi di Klinik Laktasi di St. Carolus. Betapa tidak, di Milis Sehat kami mengenal ELO (Early Latch On), Rooming In, Semakin dibukakannya pengetahuan tentang betapa hebatnya ASI, bagaimana seharusnya orang tua bersikap terhadap penggunaan obat (RUD) dan antisipasi common problems di anak, serta banyak lainnya yang luar biasa berguna. Banyak hal pula yang kami dapatkan di Klinik Laktasi Carolus seperti "Semua anak hewan mamalia senantiasa menyusu kepada induknya, kenapa manusia harus menyusu ke sapi??" atau misalnya "Omong kosong kalo ASI ngga bisa keluar, apalagi buat ibu-ibu muda, yang ada hanya tergantung kepada kekuatan pikiran dan hati yang tenang". Atau bahkan yang lebih mengagetkan lagi "Jangan pernah mengenalkan bayi kepada botol
susu ataupun dot, nanti bayi akan 'bingung puting' – tidak mau menyusu lagi ke ibunya, karena menyusu dari bundanya butuh tenaga 4X lebih besar daripada meyusu ke botol. Kalo ibunya lagi bekerja, pake sendok aja atau training cup" dan masih banyak doktrinasi lainnya yang membuat otak kami serasa di "brainwashed" (dengan hal yang baik tentunya he..he..) Kedua pihak itulah yang membuat kami menjadi 'strong believer' tentang ASI bahkan sebelum bayi kami lahir…
Hari yang dinanti pun tiba – Jagoan kami LAHIR dengan selamat, Alhamdulillah. Meskipun dengan perjuangan yang lumayan berat, seperti bayi diduga kelilit tali puser sehingga keluar bayinya susah, air ketuban harus dipecah dan berwarna hijau keruh, tekanan darah bundanya tiba-tiba naik dan nafasnya harus dibantu oksigen, dan lain-lain yang membuat hati kami menjadi begitu terharu bahagia ketika melihat jagoan kami langsung bisa menyusu ke puting bundanya sesaat setelah lahir walaupun belum dibersihkan. What an amazing moment in our life…. (hal ini memang kami meminta sebelumnya ke dokter kandungan dan suster bahwa kami ingin ELO dan ASI Eksklusif).
Jagoan kami harus segera "menginap" di ICU karena nafasnya terlalu cepat, terindikasi adanya cairan di paru-paru sehingga bayi yang baru lahir dan belum genap berumur sehari itu harus berada di inkubator dengan bayak sekali selang menempel di tubuhnya. Ada selang oksigen di kedua hidungnya, ada selang di mulutnya sampai ke lambungnya, ada selang infus di ujung kaki kanannya, ada alat pendeteksi konsentrasi oksigen di ujung kaki kirinya. Sudah layaknya "manusia robot" di film-film fiksi ilmiah…
Walaupun kami harus merelakan bayi kami tetap di rumah sakit ketika kami pulang ke rumah, tapi itu tidak mengurangi keteguhan hati kami untuk tetap memberikan ASI eksklusif dengan botol demi botol ASI yang kami antar setiap hari ke ruangan ICU. Dan kami begitu puas melihat jagoan kami minum ASI walaupun harus dari suntikan melalui selang ke lambungnya. Tepat seminggu di ICU, akhirnya kami membawa baby azri ke rumah. Tapi yang sangat melegakan hati kami adalah, jagoan kami masih semangat untuk menyusu ASI langsung dari ibunya.
Pada saat yang hampir bersamaan, kami mengikuti seminar PESAT dengan tema yang sangat pas bagi kami yaitu "Tata Laksana Bayi yang baru Lahir". Bunda Wati dengan semangat memberikan begitu banyak pengetahuan, ada juga Mba Luluk dan pembicara yang lain saat itu. Kami jadi tahu "ternyata bayi dijemur dengan badan telanjang itu tidak baik malah akan membuat kulit bayi jadi terbakar" ada lagi "ternyata tidak harus di sinar kalau bayi kuning/jaundice –lihat dulu kadar toleransinya" terus "kiat-kiat jitu untuk menyimpan ASI kala ibu bekerja" dan masih banyak pengetahuan tentang kelirumonologi yang lainnya.
Sebenarnya kami sudah siap-siap dengan kemungkinan kondisi bahwa "Bayi ASI tidak bisa segemuk bayi dengan susu formula" – tetapi kami menenangnkan hati dengan "ah biarlah, yang penting bayi ASI insya Alloh lebih sehat". Baby Azri lahir dengan berat "hanya" 2,9 kg – tetapi setelah 6 bulan jagoan kami sudah hampir 9 kg. Kalo orang bertanya "Wah bayinya gede amat – susunya merk apa?" kami dengan entengnya menjawab "ah, hanya ASI aja kok. Selain hemat, praktis serta sehat lagi he..he..…". bayangkan ketika harga susu formula melonjak baru-baru ini, kami tidak ikut merasakan dampaknya..
Dan ternyata, sampai hari ini alhamdulillan baby azri jarang sakit, ya paling common cold lah– semoga seterusnya jagoan kami sehat-sehat aja. Amin..
Untuk semua kondisi yang membahagiakan ini, kami senantiasa bersyukur atas segala Rahmat-Nya yang tak terhingga..
Saya pribadi salut dan berterima kasih kepada istri tercinta atas keteguhan hati dan kerja kerasnya..ayah & azri love u so much..
Terima kasih untuk Bunda Wati atas segala motivasi dan ilmunya..we really appreciate your effort and spirit,
Juga para moderator Milis Sehat dan para Smart Parents atas sharingnya yang sangat bermanfaat…
Seluruh kru klinik Laktasi RS ST. Carolus, atas dedikasinya yang menakjubkan..
Dan tak lupa, Terima kasih tak terhingga bagi Dokter Laila Nurjannah atas segala bimbingan selama hamil, kesabarannya yang luar biasa dan meyakinkan kami bahwa bisa untuk lahir normal..(dan ternyata bisa dok..)
Dan semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu per satu...
Doakan kami untuk "tetap konsisten" berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi anak (-anak) kami..amin. dan perjalanan masih membentang jauh ke depan....

Mohon maaf apabila sharing ini terlalu panjang..
Ini hanyalah merupakan ekpresi kebahagaiaan kami dan semoga bermanfaat.

Salam,


Didin, Yusse & Baby Azri


---------------------------------
Tonight's top picks. What will you watch tonight? Preview the hottest shows on Yahoo! TV.

[Non-text portions of this message have been removed]

Recent Activity
Visit Your Group
Healthy Eating

on Yahoo! Groups

A place for parents

to share their ideas.

Share Photos

Put your favorite

photos and

more online.

Yahoo! Groups

Get info and support

on Samsung HDTVs

and devices.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
==========================================================================
" Mailing list SEHAT didukung oleh Hewlett-Packard StorageWorks Division. SEHAT Internet Access & Website didukung oleh CBN Net.
Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : XEROX, Bhumiyamca, Arutmin, HBTLaw dan Ibu Marissa Muliadi yg telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Paket Edukasi Orang Tua Sehat)."

Kunjungi kami di :
http://www.sehatgroup.web.id/
==========================================================================

" SEHAT mailing list is supported by Hewlett-Packard StorageWorks Division. SEHAT Internet Access & Website are supported by CBN Net.
Our biggest gratitude to : XEROX, Bhumiyamca, Arutmin, HBTLaw and Ibu Marissa Muliadi who have consistently sponsored our programme, PESAT (Paket Edukasi Orang Tua Sehat)."

Please visit our website at :
http://www.sehatgroup.web.id/
==========================================================================

No comments: